Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

foto

Purnawan Kristanto's picture

Foto-foto Inspiratif

Akhir-akhir ini  saya sedang kesengsem dengan hobi fotografi. Bulan Agustus 2010, saya memutuskan untuk membeli kamera DSLR jenis entry level (bahasa lugasnya: "Yang paling murah"). Ini adalah mimpi puluhan tahun yang menjadi nyata.

Tahun 1993, saya mengambil mata kuliah Fotografi yang diajar oleh Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Udoro. Sejak itu, saya kesengsem dengan dunia potrek-memotrek. Sayangnya, karena perekonomian saya berada sedikit di atas garis kemiskinan, saya tidak tega menuntut dibelikan kamera oleh orangtua. Lagipula biaya pembelian film dan cetak masih terbilang mahal bagi saya. Biaya beli film, cuci dan cetak satu rol saja setara dengan uang jadup (jatah hidup) selama sebulan. Untuk menyiasatinya, maka saya selalu menawarkan diri menjadi seksi dokumentasi di berbagai kepantiaan. Salah satunya saya pernah jadi fotografer Kejuaraan Catur Mahasiswa tingkat Asean.

ebed_adonai's picture

Bencana Lahar Dingin Merapi...

Maksud hati hari ini mau ke Jogja, tapi batal, karena jalanan diblok sehubungan dengan aliran lahar dingin Merapi yang menerjang jalan raya Jogja-Magelang dan kawasan pemukiman penduduk di daerah Salam. Kecapekan muter-muter cari jalan alternatif, saya berhenti. Iseng-iseng saya ambil beberapa gambar.

Purnawan Kristanto's picture

Cara Pintas Memasang Gambar di SS

Ada ungkapan, gambar dan foto bisa mewakili lebih dari seribu kata-kata. Keindahan sebuah pantai akan tergambar dengan jelas lewat selembar foto. Kemeriahan dan kegembiraan sebuah jemaat yang merayakan Natal bisa kita rasakan dengan melihat hasil jepretan foto.
Demikianlah, begitu vitalnya foto bagi dalam blog. Coba bayangkan betapa menjemukannya sebuah blog yang tidak dihiasi foto sama sekali. Lebih jauh lagi, fungsinya tidak sekadar mempermanis penampilan saja, tetapi foto juga mengisi kekurangan yang tidak bisa diisi oleh kata-kata. Jika Anda ingin menunjukkan kerusakan akibat gempa bumi, Anda cukup menunjukkan puing-puing rumah yang ambruk. Itu sudah menunjukkan kedahsyatan dari guncangan gempa tersebut.
ebed_adonai's picture

Antara Aku, Kau, Bunglon, dan Mesin Fotokopi...

Pada suatu siang yang cukup panas di Magelang, putri saya kebetulan melihat seekor bunglon (chamaeleo chamaeleon) sedang nangkring di teras rumah, dan dengan heboh dia langsung masuk ke dalam sambil bengak-bengok memanggil saya,” Pak! Pak! Ada bunglon!