Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Pemahaman Alkitab

Tante Paku's picture

Iblis Senang Teror, Yesus Suka Humor

Untuk melawan Tuhan dan pengikut-Nya, Iblis akan berbuat apa saja  walau dia sudah DILEMPARKAN ke bumi. Iblis sangat bernafsu menjadi penguasa dunia yang terpisah dari Tuhan, Iblis sang penyesat, Iblis sang penentang, Iblis sang pemfitnah adalah maha jahat yang akan menebarkan TEROR kepada setiap manusia agar manusia berbuat dosa dan mengikutinya.

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 15 (Benih Iblis)

     IBLIS sepertinya tidak diciptakan oleh Tuhan Allah, namun Iblis rupanya ingin menjadi Allah, padahal Tuhan Allah menciptakan Adam untuk menjadi ilah atas dunia ini. Sering orang mempertanyakan sifat belas kasihan Allah ketika Adam berbuat dosa tanpa bisa mencegahnya. Apakah ketika Tuhan Allah menciptakan manusia untuk menghancurkan ciptaanNya yang lain di dunia ini? Karena Adam telah mempergunakan kehendak bebasnyalah ia memilih berbuat dosa daripada mentaati perintah Tuhan Allah dan karenanya ia telah menuai apa yang diperbuatnya. Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan . Karena apa yang ditabur    orang, itu juga yang akan dituainya (Galatia 6:7).

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 14 (Nafas Hidup)

Spoiler: Highlight to view

     ADAM diciptakan oleh Tuhan Allah menjadi "ilah" atas dunia dan manusia senantiasa menjadi dan akan terus menjadi ciptaan tertinggi dari Tuhan Allah, dari semua ciptaan dan makhluk di surga dan di bumi. Adam, yang bahasa ibraninya Adamah, karena berasal dari tanah, adalah nama kolektip yang akhirnya menjadi nama diri manusia pertama itu. Itulah kreativitas dan cinta yang telah diungkapkan Allah dalam manusia, berbagai jenis tumbuhan, binatang, dan lingkungan, yang masih dapat dilihat oleh kita sampai saat ini. Adam adalah gambar Allah dan rupa Allah adalah kesempurnaan makhluk hidup yang disebut manusia. Manusia dilukiskan begitu khusus hasil dari kerjasama Allah yang tertuang dalam ayat di bawah ini.

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 12 (Peran Iblis Dalam Pengkhianatan Yudas)

     SEJAK awal sejarah kehidupan manusia tidak bisa lepas begitu saja pada peperangan, utamanya peperangan antara YANG BAIK dan YANG JAHAT. Yang baik adalah Allah, yang jahat adalah Iblis, penolakan Iblis untuk mematuhi Allah adalah awal peperangan itu, bukan berarti Iblis adalah lawan yang sepadan dengan Allah, tetapi Iblis berusaha membujuk manusia untuk ikut memberontak perintah Allah, karena Iblis tahu bahwa manusia adalah ciptaan yang paling dikasihi-Nya. Oleh sebab itu kita tidak bisa begitu saja mengabaikan tipu muslihat Iblis, supaya Iblis jangan beroleh keuntungan atas kita, sebab kita tahu apa maksudnya.(2 Kor. 2:11).

 

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 11 (Anak-Anak Allah)

     

     SAYA rasa tidak ada ruginya dalam melihat berbagai pendapat tentang Iblis maupun Malaikat, walau banyak orang tidak suka membahas masalah yang dianggap banyak kotroversinya. Banyak penafsir yang menganggap para "anak-anak Allah" dalam Perjanjian Lama adalah penghuni sorgawi alias para malaikat, utamanya dalam Kitab Kejadian 6:1-7 sebagai malaikat berdosa karena kawin dengan anak-anak perempuan di bumi, suatu perilaku seksual yang hina dan sangat dibenci Allah, karena disamakan
seperti Sodom dan Gomora (Yudas 1:7). Lalu bagaimana pendapat yang menolak "anak-anak Allah" pada Kejadian 6:1-7 sebagai malaikat, melainkan menunjuk kepada manusia?

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 10 (Cerita Malaikat Ketika Di Bumi)

 

     ROH KUDUS salah satu sifatnya adalah kudus.Seseorang untuk dengan tepat mengenali pimpinan Roh Kudus jiwanya harus penuh air kehidupan rohani, untuk itu jangan biarkan roh dalam jiwa tidak peka dalam menangkap input dari pandangan dan suara yang kudus. Banyak pengikut Kristus mengalami kesulitan dalam menangkap kenyataan surgawi karena mereka telah membiarkan kepekaan rohaninya tumpul oleh sebab pengaruh POLUSI DUNIAWI. "Polusi" yang bisa menghambat kemampuan untuk mengerti kebenaran rohani. Kita sering memilih mengisi pikiran dengan berbagai produk duniawi yang serba seram yang dikabarkan berbagai bentuk "kekasaran" media, hingga menyumbat saluran hati dimana Roh Kudus hadir.

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 8 (Perbandingan Malaikat Dan Iblis)

  

     PENDIRIAN yang kuat tanpa didasarkan pada sesuatu yang konkrit serta membiarkan keyakinan kuat tidak terinformasi dan percaya begitu saja pada apapun yang telah dikatakan seseorang dalam HAL AGAMA, jika kita tidak membahas dan menelitinya, kita akan tetap dalam keadaan pikiran yang tidak terdidik. "Karena itu perhatikanlah supaya terang yang ada padamu jangan menjadi kegelapan." (Lukas 11:35). Kebanyakan orang sering terlalu menutup diri tanpa mau memahami bahwa setiap manusia memiliki SEORANG MUSUH dalam jiwa kita. Musuh itu menginginkan kita tetap tidak perduli terhadap IBLIS, karena jika kita menyelidikinya, kita akan menemukan tipu dayanya. Hanya Allah yang paling toleran, penuh kasih dan baik dalam seluruh sejarah, Allah yang ada pada Alkitab. Tapi kenapa Iblis diciptakan?

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 7 (Iblis Itu Luciel Atau Lugila?)


 

      LUCIFER ternyata sudah mengakar kuat sebagai nama Iblis di seantero penafsir Alkitab di dunia ini sebelum ia diusir dari surga. Yeyasa l4:12 menjadi ayat bukti bahwa Bintang Timur, putera Fajar yang diterjemahkan menjadi Lucifer adalah malaikat yang memberontak dan akhirnya disebut Iblis. Bahkan ada illusi nekat untuk mengatakan bahwa malaikat Lucifer nama aslinya malaikat Luciel, sama seperti Gabriel, Mikael dan bisa ditambah lagi malaikat-malaikat versi Talmud, yaitu malaikat Rafael, Uriel, Chamuel, Jophiel dan Zadkiel. Nama malaikat yang sering berakhiran "el" mengandung arti Allah atau milik Allah. Mungkin suatu saat ada penafsir yang mempunyai illusi lebih nekat akan mengatakan bahwa Iblis ketika singgah di bumi Indonesia berubah menjadi malaikat LUGILA. Karena tindakannya sering membuat gila maka sering dikatakan LUGILE. Betapa kagetnya malaikat LUGILA ketika mengetahui bahwa malaikat LUCIEL ternyata cantik, ditambah dengan sering memakai perhiasan batu permata yang serba kemilau made in Eden, maka nekatlah LUGILA untuk memperkosanya, dan lahirlah banyak LUGELO.

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 6 (Tentang Malaikat)

 

     KETIKA saya masih anak-anak sering mendengar cerita bahwa dalam hidup kita selalu bersama dengan 2 malaikat yang bersemayam di hati, yang satu malaikat baik dan satunya malaikat jahat. Malaikat baik tugasnya mencatat segala sesuatu tindakan kita yang baik-baik juga mengingatkan serta melarang bila kita akan melakukan perbuatan jahat, sebaliknya malaikat jahat bertugas mencatat kelakuan-kelakuan kita yang jahat serta selalu mendorong kita untuk melakukan perbuatan-perbuatan jahat. Nah, catatan ke dua malaikat itulah yang nanti akan  MENJADI PERTIMBANGAN apakah akan masuk sorga atau neraka. Cerita tersebut selalu kuingat hingga mampu membuatku untuk was-was bila akan melakukan perbuatan-perbuatan yang jahat, toh perbuatan jahat memang selalu mengasyikkan hingga sering membuat  terlena untuk melakukannya dan melupakan cerita tentang 2 malaikat yang bersemayam di hati itu.

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 5 (Iblis Bukan Kain Anak Adam)

     MENYELIDIKI seluk beluk Iblis memang tidak bisa lepas dari Kitab Kejadian, karena Kitab ini adalah landasan dari semua cerita di dalam Perjanjian Lama dan berlanjut ke Perjanjian Baru. Banyak penafsir yang mencoba menjawab bahwa Iblis adalah malaikat dengan mencomot beberapa ayat untuk mendukung penafsirannya itu. Untuk itu perlu mempelajari siapa saja malaikat-malaikat itu? Apa saja tugas malaikat-malaikat itu? Tapi sebelum menyelidiki tentang malaikat, perlu saya mencoba menjawab beberapa penafsir yang mengatakan bahwa Iblis adalah Kain, anak pertama Adam dan Hawa.

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 4 (Kerub Dan Serafim Bukan Malaikat)

  

     PENGERTIAN bahwa Bintang Timur pada Kitab Yesaya 14:12 adalah Lucifer alias Iblis adalah pendapat yang tidak konsisten dengan ajaran Alkitab. Bila konsisten tentu semua kata Bintang Timur dalam Alkitab menunjuk pada sosok Lucifer atau Iblis, bukannya memilih sesuka hati atau mencocok-cocokkan seperti memilih sepatu saja, Firman Tuhan adalah Firman yang konsisten tidak mungkin bertentangan begitu tajam dalam kalimat yang sama. Sepertinya penafsir yang memaksakan kehendak bahwa Yesaya 14:12,  bintang timur adalah Iblis, memakai metode penafsiran dogmatis.

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 3 (Lucifer Bukan Iblis)

 

     MENCARI Iblis bukan dimaksudkan kita membutuhkan Iblis, melainkan berusaha memahami ketetapan Allah, mengapa Allah menciptakan Iblis kalau menginginkan manusia hidup dalam damai sejahtera? Ada yang mengatakan, buat apa mencari Iblis, bukankah lebih baik mencari Allah? Yang mengatakan tersebut sepertinya tengah berbicara dengan seorang Atheis, padahal tidak semua orang Atheis. Yang mengatakan tersebut seolah-olah sudah tahu Tuhan dengan benar hingga menyarankan untuk mencari Tuhan, padahal pengetahuannya tentang Tuhan barangkali hanya
sekedar copy paste dari pendapat orang yang dikagumi hingga tak perlu lagi untuk mengujinya.

Tante Paku's picture

Mencari Iblis 2 (Pengetahuan Adam)

 

 MENELUSURI jejak-jejak Iblis tidak lepas dari Kitab Kejadian, karena Genesis (Kejadian) berasal dari kata yang berarti DILAHIRKAN. Dari kata yang sama itu mendapatkan  kata-kata GENETIC (berkaitan dengan asal-usul), CONGENITAL (bawaan sejak lahir), dan GENEALOGY (silsilah). Namun mempelajari Kitab Kejadian tidaklah mudah, para teolog pun banyak yang berbeda pendapat, apalagi orang awam, termasuk saya. Namun dengan tanpa prasangka saya berusaha membaca dengan hati-hati, baik lewat blog-blog di SS ini maupun lewat SABDA Alkitab yang sangat mempermudah dalam pencarian kata atau ayat. Namun sangat disayangkan dalam SABDA Alkitab belum ada  BAHASA ARAM, yang rasanya cukup penting untuk kita ketahui, karena bahasa tersebut adalah bahasa sehari-hari yang sering digunakan Yesus maupun tokoh yang ada dalam Alkitab lainnya.

Tante Paku's picture

Membenci Ajaran Yesus Pada Lukas 14:26

      DIBANDINGKAN Kitab Matius, Markus, atau Yohanes, Kitab Lukas di dalam Perjanjian Baru adalah kitab terpanjang serta paling tebal, dan cocok disifatkan sebagai KITAB RIWAYAT HIDUP. Dokter Lukas termasuk bukan pengikut Yesus yang awal, maksudnya ia baru menjadi orang Kristen pada masa Rasul Paulus, bertahun-tahun setelah masa hidup Tuhan Yesus.