Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

(Khusus suami) 7 langkah menghindari perselingkuhan

hiskia22's picture

Tulisan ini saya tujukan untuk suami - suami yang kemungkinan mempunyai niat untuk selingkuh.

3 alasan kenapa seorang suami tidak selingkuh :

1. Takut akan Tuhan.

2. Takut ketahuan.

3. Belum ketemu wanita penggoda.

Mau tidak mau, suka tidak suka, hampir semua rumah tangga mengalami ancaman perselingkuhan. Dan tidak bisa dipungkiri, perselingkuhan paling banyak dilakukan oleh pihak suami.

Berikut ini akan saya tuliskan 7 langkah menghindari perselingkuhan, agar rumah tangga kita menjadi rumah tangga yang luar biasa di mata manusia dan di mata Tuhan.

1. Pertetapkan di dalam hati bahwa selingkuh itu adalah dosa ( Ibrani 13 : 4 )

13:4 Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah. 



2. Pikirkan akibatnya ( Galatia 6 : 7 - 8  ;  Amsal 6 : 27 - 33 )
 

6:7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. 

6:8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu. 

6:27 Dapatkah orang membawa api dalam gelumbung baju dengan tidak terbakar pakaiannya? 

6:28 Atau dapatkah orang berjalan di atas bara, dengan tidak hangus kakinya? 

6:29 Demikian juga orang yang menghampiri isteri sesamanya; tiada seorangpun, yang menjamahnya, luput dari hukuman. 

6:30 Apakah seorang pencuri tidak akan dihina, apabila ia mencuri untuk memuaskan nafsunya karena lapar? 

6:31 Dan kalau ia tertangkap, haruslah ia membayar kembali tujuh kali lipat, segenap harta isi rumahnya harus diserahkan. 

6:32 Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri. 

6:33 Siksa dan cemooh diperolehnya, malunya tidak terhapuskan. 

 

3. Hati - hati ( 1 Korintus 10 : 12 )

10:12 Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh! 

    Hati - hati :

    a. Hindari menerima curhat / memberi curhat kepada lawan jenis.

    b. Waspadai perjalanan dinas ke luar kota / ke luar negeri seorang diri.

    c. Adakan jam - jam doa pribadi secara rutin.

 

4. Jaga pikiran / berfikir positif  ( Filipi 4 : 8 )

4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. 

 

5. Larikan diri dari godaan  ( Kejadian 39 : 10 - 12 )

39:10 Walaupun dari hari ke hari perempuan itu membujuk Yusuf, Yusuf tidak mendengarkan bujukannya itu untuk tidur di sisinya dan bersetubuh dengan dia. 

39:11 Pada suatu hari masuklah Yusuf ke dalam rumah untuk melakukan pekerjaannya, sedang dari seisi rumah itu seorangpun tidak ada di rumah

39:12 Lalu perempuan itu memegang baju Yusuf sambil berkata: "Marilah tidur dengan aku." Tetapi Yusuf meninggalkan bajunya di tangan perempuan itu dan lari ke luar. 

 

6. Dekatkan diri dengan Tuhan ( Yakobus 4 : 7 - 8 )

4:7 Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! 


4:8 Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati! 

 

7. Silahkan klik di sini

GBU all

__________________

GBU

jesusfreaks's picture

@hiskia22 : ALASAN SELINGKUH

Mana lebih banyak alasannya :

Tidak Selingkuh atau Selingkuh.

Kalau alasan selingkuh lebih banyak, gimana donkkk.

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hiskia22's picture

@ JF

Menurut saya :

1. Alasan tidak selingkuh...Itulah yang diharapakan.

2. Alasan selingkuh....berarti tidak memegang komitmen ketika mengucapkan janji pernikahan.

Tetapi karena dasarnya manusia itu cenderung berbuat dosa...dan dunia ini sudah rusak terutama karena perbuatan cabul...( Wahyu 19 : 2 )

19:2 sebab benar dan adil segala penghakiman-Nya, karena Ialah yang telah menghakimi pelacur besar itu, yang merusakkan bumi dengan percabulannya; dan Ialah yang telah membalaskan darah hamba-hamba-Nya atas pelacur itu." 

maka alasan untuk selingkuh lah yang lebih banyak...
 

Menanggapi pertanyaan anda, saya hanya bisa menjawab :

" Apa mau di kata... semua kembali kepada diri masing - masing."

GBU

__________________

GBU

jesusfreaks's picture

@hiskia22 : ayat itu TIDAK MERUJUK

ayat yang lo sajikan SEBENARNYA TIDAK MERUJUK KEPADA HUBUNGAN SUAMI ISTRI ANTAR MANUSIA. MELAINKAN MERUJUK KEPADA HUBUNGAN MANUSIA DENGAN TUHAN.

 

anyway, tetap nyambung...

JANGAN SELINGKUH, BAIK TERHADAP ISTRI KITA MAUPUN TUHAN.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sandman's picture

Shalom, Saya coba sedikit

Shalom,
Saya coba sedikit mengeluarkan pendapat saya, mohon maaf jika ada yang salah dan mohon diberikan petunjuk.  New comer nich.. ( jangan sambut welcome to the jungle yah JF.)
 
Pernah denger lagu jagalah hati?  ini sebagaian dari liriknya ..
 
Jagalah hati jangan kau kotori
Jagalah hati lentera hidup ini
Jagalah hati jangan kau nodai
Jagalah hati cahaya Illahi
 
Hati-hati dengan hati
Hati-jangan kau nodai
Hati-hati dengan hati
Hati-jangan kau kotori
 
kalau Kita cari di mbah google lirik jagalah hati, maka jika Kita cermati anda akan temukan bagaimana si pengarang lagu menyarankan kita untuk menjaga hati, tapi ada yang kurang menurut pendapat saya si pengarang tidak menyatakan bagaimana caranya.  Kita buka Alkitab sebagai standard mutu ( hehehe )
 
Lukas 11 : 34
Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu.


2 samuel 2:2
"Sekali peristiwa pada waktu petang, ketika Daud bangun dari tempat pembaringannya, lalu berjalan-jalan di atas sotoh istana, tampak kepadanya dari atas sotoh itu seorang perempuan sedang mandi; perempuan itu sangat elok rupanya."

Inilah awal dari perzinahan daud dengan Betsyeba, politik tingkat tinggi daud.
 
 
 
 
 
 
 
 
Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.
__________________

jesusfreaks's picture

@sandman : WELCOME TO THE...

hahaha...

kayaknya pengarang lagu ini, tergolong kristen atau sering baca amsal (hehehe...)

coba baca amsal 4 : 23

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sembilan's picture

oot

bro hizkia, sorry kalo oot

tujuannya untuk para suami, kok gambarnya yg selingkuh malah perempuannya? hehe

sandman's picture

@sembilan: Hebat

Pengamatan anda sangat tajam salute..

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

sembilan's picture

@ sandman

saya tidak mengamati, cuma melihat saja hehe

hiskia22's picture

@sembilan

he...he...he...saya baru nyoba aja...soalnya gimana sih masukkin gambar ke artikel...thx ya....

Niru pak pur kalo nulis artikel...kok selalu ada gambarnya...he...he...he...

entar gue ganti... ( Kalau ada gambar yg lain )....

kalo enggak....anggap aja laki2 yg gandeng tangan udah punya istri....trus selingkuh ama istri orang....kalo gitu gimana bro???

Masuk ga kira - kira?

GBU

__________________

GBU

hiskia22's picture

@sandman

salam kenal...

GBU

__________________

GBU

sembilan's picture

@ hizkia

sip, masuk bro...

ga usah diganti gambarnya, siapa saja bisa selingkuh, cuma memang laki2 lebih gampang memperbesar kesempatannya hahaha....

hiskia22's picture

@ sembilan

O iya...salam kenal juga....thnx banget ya koreksinya....dan masukannya...

GBU

__________________

GBU

sembilan's picture

salam balik

buat prajurit penjaga kedaulatan negara dan hidup kekristenan!

Liesiana's picture

Cara menghindari perselingkuhan

Mau tahu caranya menghindari perselingkuhan.... ya jangan selingkuh

firman's picture

Cara yang paling ekstrim>>>

Di  sunat aja sampai keakar- akarnya, ha.ha.ha

sandman's picture

@Liesiana

betul emang caranya menghindar yaitu jangan lakukan selingkuh, tapi permasalahnya terkadang kita gak sadar bahwa kita itu sedang selingkuh. Kalau anda baca kisah daud dan uria serta betsyeba, cermati kapan daud tahu bahwa dia telah melakukan dosa.

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

henso's picture

Sebab tidak selingkuh

Nimbrung neh.

Menurut saya ada sebab ke 4 tidak selingkuh :

mungkin tidak mampu selingkuh, misalnya impoten.

Bukan hanya suami yang selingkuh, soalnya laki-laki kalo selingkuh juga sama cewek kan?

Menurut saya cuma ada 3 langkah tidak selingkuh :

1. Jangan selingkuh

2. Jangan selingkuh

3. Jangan selingkuh

Kalau mau ditambah jadi banyak juga boleh, tinggal copy paste saja.

Mikhael Romario's picture

selingkuh

Selingkuh itu kalo nggak sampe  ketahuan. Kalo ketahuan bukan selingkuh namanya, tapi berzinah.

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

henso's picture

Setuju!!!!!

Betul itu....

Selingkuh itu kalo ketahuan, kalo gak ketahuan namanya zinah. Dua-duanya dosa besar.

 

joli's picture

@hizkia.. lelaki selalu punya cara

Kata om Hai-hai, lelaki selalu punya cara... kalau sudah ada mau-nya selalu aja bisa cari cara..

meski kita punya 1001 cara mencegahnya, kalau lelaki punya mau dia akan buat cara yang ke 1002, .... 1009,.. 100000.. meski ditakut-takuti tentang Tuhanpun..

di alkitab daud contoh.. dia punya segala cara untuk dapatkan betsyeba..

dan anehnya lagi anak dari selingkuhannya yang dipilih menjadi raja penggantinya, dipilih untuk bangun bait suci pula..  aneh..

 

sandman's picture

@Joli Kok Aneh...

dan anehnya lagi anak dari selingkuhannya yang dipilih menjadi raja penggantinya, dipilih untuk bangun bait suci pula..  aneh..

 

Bukan selingkuhan kali, kan udah ketahuan dan hamil.. trus

2 sam 11: 27b

Perempuan itu menjadi isterinya dan melahirkan seorang anak laki-laki baginya. Tetapi hal yang telah dilakukan Daud itu adalah jahat di mata TUHAN.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

hai hai's picture

Joli, KUTUK Anak Haram

Kutuk anak haram akan menguasai hingga generasi kesepuluh. Itulah yang diajarkan oleh Pdt. Gilbert Lumoindong dan pengkotbah alam lainnya. Nah, Allah menyiapkan kisah Salomo agar kita dapat mengolok-olok para pengkotbah alam roh itu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak