Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Kristen tauhid tidak akui Trinitas

Penonton's picture

Salam para pembaca,

 

 

Para pembaca yang budiman, pernahkah anda mendengar tentang Kristen Tauhid?

Bagi yang belum, biarlah kiranya penonton mencoba menjelaskannya untuk anda sekalian.Berhubung masalah ini saling berkaitan satu dengan yang lain, dan juga sedang menjadi topik hangat di komunitas maya di Indonesia.

Apa sih yang disebut dengan Kristen Tauhid?

Apakah ada gereja yang menjalankan tata cara ibadah secara kristen Tauhid di Indonesia?

Apakah mereka syah dimata hukum?

Biarlah kiranya melalui kesempatan ini, kita akan mencoba mengulasnya bersama-sama...

Para pembaca yang budiman, Kristen Tauhid adalah sebuah aliran atau kelompok yang berbeda dengan kebanyakan aliran Nasrani.Perbedaan yang paling mendasar antara Kristen Tauhid dan aliran Nasrani lainnya adalah dari pada ketidak-percayaan Kristen Tauhid kepada Doktrin Trinitas.

Berdasarkan kesaksian salah seorang yang pernah mengikuti kebaktian secara Kristen Tauhid, kita dapat mengetahui beberapa hal menarik yang menjadi ciri khas Kristen Tauhid.

Seperti kebanyakan penganut Islam, dalam kebaktian mereka (Kristen Tauhid) juga mengucapkan sejenis sahadat.Mereka memanggilnya dengan sahadat kristiani.

Mereka mengucapkan laillahailallah Isarukhallah. "yang merupakan shahadat Kristiani, artinya tiada Tuhan selain Allah, Isa adalah roh Allah".

Di Semarang anda dapat menemukan sebuah gereja dengan tata cara penyembahan secara Kristen Tauhid atau UNITARIAN.Gereja tersebut mempunyai nama Gereja Jemaat Allah Global Indonesia atau disingkat dengan JAGI.Gereja tersebut berada dibawah pimpinan Pendeta Aryanto Nugroho sebagai pengajar doktrin kontra Trinitas.

Selain menetapkan hari sabtu sebagai hari untuk beribadat, gereja tersebut juga cukup banyak menarik minat pengunjung.Tidak banyak yang dapat dilihat dari sebuah Gereja Kristen Tauhid , jika hanya sekedar dilihat dari luar. Anda harus turut dalam tata cara kebaktian mereka untuk dapat menyadari perbedaan-perbedaan yang mereka miliki.

Sebagai tambahan, aliran Kristen Tauhid telah disahkan oleh Bimas Kristen Departeman Agama RI pada tahun 2000 lalu.

Di Indonesia aliran kristen Tauhid kembali membuat gebrakan dan serangan kepada aliran-aliran besar lainnya (Katolik, Protestan, Reform, dan semua yg mengakui doktrin Trinitas) setelah FransDonald menuliskannya dalam sebuah buku.

Pemikiran yang memprotes dasar iman Kristiani tentang Allah dan Yesus ini dituangkan oleh Frans Donald dalam buku Allah dalam Al Kitab dan Al Quran. Buku tersebut juga dikatakan mendapat sambutan yang luar biasa dari Pendeta Dr Tjahjadi Nugroho, MA. Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia sebagai buku yang menggebrak dasar-dasar kepercayaan injil yang paling dasar.

Di dalam persatuan Uniterian Internasional (yang sering memakai lambang yg mirip dengan lampu teplok minyak), kita juga akan menemukan doktrin-doktri sejenis, mirip dengan yang terdapat dalam buku-buku Frans Donald.

Di Indonesia pada khususnya, orang-orang Kristen Tauhid sering kali disangka sama dengan aliran Saksi Yehova.

Orang-orang Kristen Tauhid juga memainkan peranan di dalam kelompok lintas agama di Indonesia (oleh karena doktrin mereka yang memungkinkan mereka berjalan bersamaan tampa saling bertabrakan dengan kaum muslim).

Mungkinkan Kristen Tauhid bakal menjadi seperti cerita Ahmadiah di Indonesia?

Untuk sementara waktu, tidak ada tanggapan dari organisasi gereja tentang sesat atau tidaknya Kristen Tauhid.Organisasi pusat Gereja di Indonesia seperti biasanya terkesan lambat dalam menyampaikan pendapat ataupun sekedar mengambil tindakan pencegahan, demi menghindari bentrokan antara ormas-ormas kristen.

Banyak pihak-pihak yang sedang menyoroti perkembangan golongan Kristen Tauhid yg dirasakan sebagai gerakan arus bawah yang benar-benar bisa menggoyahkan pondasi kepercayaan iman dasar ke-Kristenan.

Dalam blog-nya penonton dapat menyimpulkan bahwa Kristen Tauhid di Indonesia tentunya mempunyai dasar-dasar argumentasi yang tidak dapat dipandang dengan sebelah mata.

Frans Donald sendiri (yang juga dikenal sebagai tulang punggung kristen Tauhid), telah menuliskan sebuah surat terbuka kepada Pdt Stephen Tong, sebagai sanggahan beberapa komentar Pdt Tong terhadap aliran Kristen Tauhid.

Dalam blog tertulis jug dapat dengan jelas terlihat dasar-dasar argument mereka (Kristen Tauhid), yang dengan jelas telah menolak kebenaran Doktrin Trinitas.

Terlepas daripada keberadaan Kristen Tauhid yang dipercaya dapat meredam bentrokan antara Kristen dan Islam, penonton berpendapat bahwa aliran tersebut masih banyak perlu melewati proses pengujian.

Oleh karenanya maka penonton akan mencoba menuliskan masukan-masukan dan juga perkembangan-perkembangan berita tentang hal-hal yang menyangkut Kristen Taulid, dalam bentuk tulisan bersambung dalam kolom komentar.

Biarlah kiranya sepenggal informasi penonton, dapat menjadi masukan bagi para pembaca sekalian,juga agar kiranya kita dapat semakin waspada dalam menyadari kehadiran doktrin-doktrin baru yang telah berada di tengah-tengah masyarakat.

 

 

 

 

 

__________________

xxx

king heart's picture

Perlu pencerahan ke dalam gereja

Salam Penonton,

Memang kelihatannya penganut Kristen Tauhid sedang giat giatnya melakukan "injil" propaganda mereka, mengharapkan PGI turun tangan untuk sekedar mencap sesat kepada mereka atau melarang kegiatan mereka sudah bukan zamannya lagi dan terbukti tak pernah efektif. Semakin ditekan semakin mereka eksis ( lihat kasus Saksi Yehova, Mormon ) atau lihat perlakuan agama sebelah terhadap Ahmandiyah yang saya yakin tak akan berhasil. Simpati pasti lebih banyak ditujukan kepada mereka.

Salah satu langkah yang lebih efektif mungkin dengan menjelaskan / mencerahkan jemaat tentang doktrin Trinitas yang dianut gereja Kristen. Sebagai contoh ketika sedang marak Davinci Code, banyaknya seminar seminar, PA di gereja gereja ternyata sangat efektif dan membangun serta menguatkan dari kebingungan yang melanda sebagian besar jemaat. Hasilnya kontroversi Davinci Code pun berlalu dengan sukses.

Bayangkan seorang Tjantana Jusman yang mengaku seorang hamba Tuhan dari gereja Pantekosta jelas jelas menolak doktrin Trinitas, lihat di www.geocities.com/thisisreformedfaith/artikel/sabelianisme2.html. Tjantana Jusman lumayan banyak menulis buku berkenaan dengan 'doktrin' gereja dan ia bersama James Gwee ( marketing consultant yang sangat dikenal di Indonesia ) bekerja sama juga menulis buku marketing dihubungkan dengan kehidupan bergereja. JIka di dalam lingkngan gereja sendiri saja ternyata masih banyak kesimpang siuran sulit diharapkan kita bisa efektif menangkis "tembakan" orang Kristen Tauhid tsb

Dari debat yang telah berlangsung antara Pdt Budi Asali dengan Frans Donald dkk, kemenangan tidak berpihak kepada Frans Donald dkk. Namun pertempuran tampaknya tak selesai sampai di situ. Seperti tulisan anda sekarang Frans Donald menantang Stephen Tong untuk berdebat, saya yakin tujuan besar mereka adalah membuat mereka bisa semakin dikenal dan terkenal jika tantangan debat ini dilayani.

Bukan mengecilkan perjuangan Pdt Budi Asali ketika setuju berdebat dengan mereka, tetapi bisa dilihat bahwa ternyata sekalipun Pdt Budi Asali memenangkan debat itu kenyataannya meeka masih berani berkoar kemana mana, menulis buku yang tetap dengan klaim semula yaitu menentang Trinitas. Untuk intern kita sendiri memang hasil debat itu ( yang direkam dalam VCD ) sangat baik untuk diamati, ditelaah dan untuk memperdalam pengertian dan keimanan kita.

Ya lebih baik kita menjadi kafilah yang berlalu,biarkan saja anjing menggongong, percuma memberikan mutiara kepada seekor babi.

GBU

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

king heart's picture

tambahan

Untuk tambahan mengenai berita debat antara pdt Budi Asali dan Frans Donald ( yang ternyata tak berbicara apa apa selama debat ) bisa di klik di http://www.timorexpress.com/index.php?act=news&nid=25449 GBU
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Penonton's picture

@King heart : setuju

Dear king heart,

 

Terima kasih atas komentar yang anda berikan.

Saya pribadi memang merasakan fenomena Kristen tauhid sarat dengan sebuah rencana propaganda.

Mereka berusaha agar popularitas mereka dapat segera terangkat.Mereka juga berusaha membuktikan kepada masyarakat bahwa mereka merupakan golongan yang mulai menancapkan giginya di tengah masyarakat.

Untuk sementara waktu memang belum banyak yang dapt kita pelajari tentang golongan mereka.Informasi dan agenda mereka juga kebanyakan masih terbatas hanya untuk kalangan tertutup saja.Kebanyakan tindak-tanduk mereka juga masih berkecimpung sebatas aktifitas di dunia maya (internet).

Akan tetapi, biarlah melalui kejadian di pasar klewer....

Kita dapat segera menarik hikmat dan segi positif daripada sekedar terkejut dan tidak siap, ketika menghadapi "serangan" di kemudian hari.

Cepat atau lambat, mereka pasti akan mencoba kembali untuk menyerang dasar-dasar iman kepercayaan yang mempercayai kebenaran doktrin Tri Tunggal. Mereka akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mempertanyakan tentang dasar-dasar doktrin Tri-Tunggal, dan juga tentunya aliran-aliran yang mengakui doktrin Tri-tunggal.

Biarlah pasar klewer menjadi sadar, dan bangun dari tidurnya.

Siaga dan bersiap-siap untuk dapat menjawab serangan ideologi yang akan datang di kemudian hari.

Terima kasih.

 

From OZ....far...far...away..

__________________

xxx

austerus's picture

Info Bagus

Ya, bagus juga info2 dari www.timorexpress.com/index.php?act=news&nid=25449
. Juga perlu disimak dalam fransdonald.blogspot hal pembelaan FD dari kaum Islam yang menghina Alkitab, banyak hal bisa kita ambil untuk mementahkan Al-Quran. Simak juga di kristentauhid.blogspot. Sebenarnya di tubuh 3nitas sendiri ada beberapa tafsir mengenai 3nitas. Lagipula ke Sorga tidak perlu "cap" 3nitas, kemudian PASTi ke Sorga. Apa sarat masuk Sorga menurut JESUS ?

Saya prihatin... banyak pengikut JESUS tercerai berai. Beda pendapat itu sebenarnya wajar aja, karena sidik jari kita beda semua. Suami istri yang beda pendapat TIDAK harus cerai.

 Yang dipermasalahkan dari kristen tauhid berinti dari Allah Bapa, Allah Putra, Allah Roh Kudus, dan sebenarnya banyak sekali umat kristen dan katolik yang tidak setuju dengan hal tsb. Bagi saya pribadi sebutan Allah 1 2 3 ada benarnya juga, dan juga yang diusahakan kristen tauhid ada benarnya juga. Lagi pula fokus kita tidak di hal tsb karna tidak menjamin masuk Sorga.

Di Kristen Tauhid juga YESUS sebagai Lord dan Mesias bagi kita. Dan mereka juga memperjuangkan Isa Almasih di forum "ruki" (Islam gariskeras pimpinan Abu Bakar Baasyir) serta di forum Islam lainnya.

Jangan sembarang menuduh dan ekstrim dulu. Yang harus kita sadari :

1. Sidik jari kita atak ada yang sama. Allah menciptakan atau mengijinkan keragaman itu sebenarnya untuk apa ?

2. Pengikut JESUS bagai "tubuh" kristus, punya tugas masing2. Si tangan menyalahkan tugas dan kerjaan si kaki dan lain sebagainya; malah "kisruh" dan tubuh kristus tidak terbangun.

3. Kita harus mengetahui dan menghayati apa itu hak asasi manusia.

4. Adanya kesalahan LAi dalam terjemahan2, menambah kusut hal alkitab. Dan mereka sebenarnya berjasa meredam kemarahan Islam hal TUHAN & Tuhan.

Ini data yg pernah saya dapatkan :

Apa yang kami percayai secara ringkas adalah:1. Kami percaya kepada Bapa, sebagai satu-satunya Allah. YHWH (Yahweh) adalah namaNya. Dialah satu-satunya yang ada dengan sendirinya.2. Kami percaya kepada Yesus Kristus, anak Allah yang hidup, permulaan dari ciptaan Allah, yang telah dilahirkan dari perawan Maria, hidup, disalibkan dan dibangkitkan Allah pada hari ketiga, dan diangkat Allah menjadi Tu(h)an (Lord) dan Kristus (Mesias).3. Kami percaya pada Alkitab, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, penuntun hidup dan moralitas, termasuk di dalamnya ke-10 perintah Allah yang diringkaskan oleh Yesus menjadi hukum kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama manusia.4. Kami percaya pada Injil, kabar baik, bahwa manusia yang berdosa telah mendapatkan pengampunan dari Allah, dan bahwa maut tidak berkuasa untuk selama-lamanya karena ada kebangkitan orang mati.5. Kami percaya adanya Roh Kudus yaitu roh kebenaran dan kuasa Allah sendiri yang dijanjikan Yesus untuk menjadi penolong dan penopang orang benar.6. Kami percaya akan tugas orang beriman untuk menjadi saksi Kristus melalui perubahan kehidupan yang mewujudkan kasih dan hukum Taurat, dan bahwa baptisan air dengan diselamkan adalah lambang komitmen perubahan manusia lama menjadi manusia baru.7. Kami percaya bahwa agama adalah hubungan pribadi antara Allah dan manusia, dan bahwa Allah akan menyelamatkan orang yang bersih tangannya dan bersih hatinya, dan bahwa Allah memelihara semua orang beriman tanpa dibatasi sekat-sekat institusi manusia, dan bahwa agama harus ditegakkan tanpa kekerasan dan pemaksaan.

 

Salatiga, 4 Juni 2008Aryanto NugrohoDepartemen Publikasi Pimpinan Pusat Gereja JAGIary.nugroho@yahoo.com

 

Dan bila ada tambahan hal lainnya yang bisa kalian sumbangkan untuk saya belajar, sangat baik ditulis utk pelajaran kita semua. Tulisan yang membangun. 

 

Dunia ini terlalu kotor.

__________________

Dunia ini terlalu kotor.

Penonton's picture

@austerus: salah satu pendukung Kristen Tauhid?

Salam para pembaca,

 

Pertama-tama Penonton hendak mengucapkan terima kasih kepada para pembaca yang budiman yang telah meluangkan waktu untuk dapat menuliskan komentar balasan ,demi memperlengkapi informasi-informasi yang berhubungan dengan Kristen Tauhid.

Beberapa hari terahir pasar klewer memang sempat disibukan dengan oknum yang mencoba membuat onar di pasar klewer.Oknum tersebut selalu berganti-ganti nama atau "nick name" dalam menjalankan aksinya. Meskipun demikian hal'nya penonton akan  tetap berusaha untuk mengingat setiap nama samaran yang dipergunakan oleh orang yang sama.UangMakan sebagai nick-name yang pertama kali digunakan,ternyata juga menggunakan nick name BuayaGereja, Sembuh, dan juga nama-nama lainnya yang mungkin tidak kita sadari.

Para pembaca yang budiman, pasar klewer secara tidak langsung telah menjadi tempat pelampiasan kemarahan dan kekecewaan daripada orang-orang kristen Tauhid.

Belum lama berselang, telah terjadi perdebatan antara Kristen Tauhid Vs Reform Injili (penganut doktrin Tri-tunggal).Untuk informasi lengkapnya, silahkan baca komentar saudara King Heart di atas.

Perdebatan yang berahir dengan keunggulan penganut doktrin Tri-tunggal telah membuahkan rasa kecewa dan amarah bagi beberapa pendukung Kristen Tauhid.Itulah sebabnya muncul beberapa sosok yang mencaci maki orang-orang secara membabi buta, oleh karena rasa kecewa yang dimiliki'nya.

Si pembuat onar melampiaskan rasa kecewa'nya di pasar klewer dengan cara membuat onar dan mencaci-maki para pengunjung serta pedagang, oleh karena beranggapan bahwa pasar klewer penuh dengan orang-orang pendukung aliran Reform Injili.

Ha ha ha...setelah membaca komentar ini tentunya para pembaca bisa mengerti keseluruhan gambar keadaan yang terjadi di klewer beberapa hari terahir.

Saya sendiri secara jujur, selalu merasa geli, ketika menyadari kenyataan yang sesungguhnya.

Sosok Uangmakan sebagai si pembuat onar tidak hanya membuat onar di pasar klewer saja. Uangmakan juga melampiaskan amarahnya di blog pribadi Frans Donald.

Bahasa yang kasar dan penuh dengan caci maki, adalah gaya bicara/penulisan seorang Uangmakan.Kemungkinan Uangmakan adalah seorang Tiong-Hoa yang mempunyai fanatisme yang berlebihan terhadap aliran kristen Tauhid.Frans Donald sendiri, kemungkinan besar malah mempunyai gaya penulisan dan tutur kata yang jauh lebih sopan jika dibandingkan dengan seorang UangMakan ( ho..ho..ho...).

Ok deh, sampai lupa untuk memberikan komentar kepada Austerus...

Sdr Austerus, setelah beberapa kali memperhatikan sosok UangMakan, penonton mulai dapat membedakan gaya penulisan ataupun gerak-gerik si UangMakan.

Tahukah anda bahwa anda sangat mirip dengan sosok UangMakan?

Apakah anda kenal dengan seorang UangMakan (semoga nggak kenal deh.....malu-maluin kenal dengan orang yang seperti itu...he he he)?

Penonton merasa heran dengan tulisan komentar anda yang seakan-akan mempromosikan aliran Kristen Tauhid.

Apakah Kristen Tauhid memang sedang membutuhkan propaganda demi mendongkrak popularitas mereka (tidak usah menjawab, jika anda tidak mengetahui jawabannya)?

Hmmm......?????

 

From OZ....far...far...away..

__________________

xxx

jesusfreaks's picture

@penonton : KU TUNGGU MAKIAN BUAT FRANS DONALD

Ya kita lihat saja nanti, siapa tahu ada SEPERGURUAN FRANS DONALD, ATAU SIAPA TAHU FRANS DONALD SENDIRI NYASAR KE PASAR KLEWER INI... mari kanggg, kita berdebat. o iya penonton, PR kamu tuh...bikin tulisan tentang FRANS DONALD, kalau perlu lo maki - maki...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

blessed's picture

@JF: Loh, kan udah ....

la itu pertanyaan penting-penting itu .... he he he he ....

kok tiba-tiba hari ini udah gak nongol lagi ya? 

Kemarin di shoutbox malah lengkap tuh, satu orang berkepribadian tiga. ada FD, PHB, UM ... mereka ribut sendiri bertiga di shoubox ... hi hi hi hi ... padahal cuma si UM yg ngefans berat sama FD :) 

 

@penonton, asyik nih baca tulisan Anda .... jadi pengen tahu lagi ....

 

Penonton's picture

@JesusFreak: siap-siap buat menahan serangan...

Dear Jf,

 

Jesusfreak, bagaimana jika klewer digunakan oleh orang-orang Kristen Tauhid sebagai sarana propaganda?

Saya rasa, mereka tertarik dengan klewer oleh karena klewer merupakan sebuah web-site dengan ranting yang tinggi.

Kekhawatiran penonton bukan tidak beralasan lho.....

Coba lihat saja Frans Donald sudah berani membuat surat tantangan terbuka kepada Pdt Stephen Tong dalam blog pribadinya.

Mungkin yang selanjutnya adalah menggunakan klewer sebagai media propaganda, sekaligus pemicu perdebatan masal dalam komunitas Kristen di Indonesia.

Pada saat isu-isu sensitif di lempar ke dalam arena perdebatan, maka bersiap-siaplah untuk menanti kobaran api perdebatan.

Pada saat mereka datang dan melakukan serangan terhadap dasar-dasar iman kepercayaan kita, kamu Jesusfreak  dan juga para pedagang yang terbeban bagaikan benteng-benteng pertahanan yang bertugas untuk menjaga iman kepercayaan kita agar tidak kebobolan dan di-obok-obok oleh doktrin-doktrin sesat.

Siapkah jika Frans Donald mampir ke klewer dan menantang berdebat dengan Jesusfreak?

 

 

From OZ....far...far...away..

__________________

xxx

Penonton's picture

@JF: gak perlu dimaki-maki

JF,

 

Kayaknya gak perlu sampe pake kata-kata makian deh....

Bahasa yang Frans Donald  terapkan dalam tulisan di blog pribadinya terkesan cukup sopan dan mengikuti tata cara sopan santun penulisan yang benar.

Jadi nggak mungkin donk kita memulai mencaci maki seseorang yang menggunakan tutur kata yang sopan dalam etika berdiskusi, kecuali jika memang kita "diserang" duluan....

Kayaknya untuk sementara ini penonton tidak berpikir untuk mencaci maki seseorang di pasar klewer....

Belajar tahan emosi brother....

Sayang emosi dibuang-buang...he he he

 

From OZ....far...far...away..

__________________

xxx

Purnawan Kristanto's picture

@Penonton:Kristen Tauhid=Ortodoks Syria?

Dear Penonton, Setelah membaca tulisan Anda, saya teringat dengan gerakan yang dilakukan oleh Bambang Noorsena, Yusuf Roni, Hamran Amri, baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama. Sebagai eks pemeluk muslim, mereka menyadari bahwa salah satu ganjalan tehadap hubungan antara Islam dan Kristen adalah masalah tauhid tadi, yaitu Allah yang esa. Di kalangan muslim, mereka masih keberatan dengan konsep trinitas dalam konteks Allah yang berjumlah tiga. Sajauh yang saya tahu, Tauhid itu artinya "menyembah satu Allah dan Allah yang satu." Mereka berpikir daripada selalu mencari perbedaan antar agama, mereka berusaha mencari titik temu (melting point) antar dua agama ini. Pencarian mereka sampai pada kesimpulan, bahwa ada titik temu antar tiga agama di dunia yaitu Islam, Kristen dan Yahudi, yaitu sama-sama berasal dari Abraham. Dari sinilah kemudian dikembangkan konsep-konsep yang berusaha mencari pemahaman bersama. Di Indonesia, gerakan seperti ini berkembang di antaranya pada gereja Ortodoks Syria. Kalau kita melihat, praktik ibadah mereka mirip sekali dengan cara ibadah kaum Muslim. Mereka membaca kitab suci dalam bahasa Aram (bahasa yang digunakan Yesus) dan cara membacanya dengan mengaji (dilagukan). Gerakan ibadahnya juga seperti orang yang sholat. Tradisi seperti ini tidak meniru agama Islam, karena sudah ada di antara gereja purba sebelum muncul agama Islam. Karena praktik-praktik ibadah dan pemahaman seperti ini, kemudian muncul kecurigaan di antara agama Kristen [Protestan dan Katolik] dan Muslim. Bagi orang Kristen, aliran mereka 'kurang kristiani' karena ada unsur 'islam'-nya, tapi di kalangan Islam juga ditolak karena menyembah Isa Allahisallam. Meski begitu, di kalangan Islam/Kristen yang moderat-liberal dan kalangan akademis, konsep ini mendapat tempat tersendiri. Yusuf Roni dan Bambang Noorsena sering diundang ke kampus IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Kalau ke Yogya, mereka dikawal mahasiswa IAIN. Ketika Bambang Noorsena selesai mengajikan Doa Bapa Kami dalam bahasa Aram, yang mirip dengan bahasa Arab, secara spontan mahasiswa-mahasiswa IAIN menyanhut secara spontan: "Aaaaamiiiiiiin", seperti ketika mereka menanggapi doa imam saat salat. Setelah itu, mereka bertepuk tangan riuh. Nah, apakah yang dimaksud Penonton sebagai Kristen Tauhid itu juga seperti yang dikembangkan oleh Bambang Noorsena, Yusuf Roni dan Hamran Ambri? Mohon pencerahan

Purnawan Kristanto

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

hai hai's picture

Trinitarianisme VS Unitarianisme

Tentang Allah Tritunggal Alkitab mengajarkan keberadaan TIGA Allah yang ada secara ESA. Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus. Allah Bapa bukan Yesus Kristus juga bukan Roh Kudus. Yesus Kristus juga bukan Roh Kudus. Allah Bapa dan Yesus Kristus serta Roh Kudus ada dan berkarya secara ESA. Untuk memahami ajaran ini lebih lanjut, silahkan klik di sini. 

Gereja Ortodok, Bambang Noorsena dan Almarhum Hamran Amrie mengajarkan bahwa hanya ada satu Allah. Allah yang SATU itu ada di dalam tiga status yaitu Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus. Ketika di rumah, saya adalah seorang AYAH, ketika di jalan saya adalah SUPIR dan ketika di kantor saya adalah seorang KARYAWAN adalah perumpamaan yang umumnya digunakan untuk menjelaskan doktrin Tritunggal. Allah Bapa adalah Yesus Kristus dan Roh Kudus. Kepercayaan ini disebut unitarianisme atau Sabelianisme.

Gereja Pentakosta dan Bethel mengajarkan Allah Bapa namanya Yesus, Allah Anak namanya Yesus dan Allah Roh Kudus namanya Yesus. Hanya ada satu Allah, namanya Yesus, itu sebabnya ketika membaptis, mereka hanya membaptis dalam nama Yesus, bukan dalam nama Bapa Putera dan Roh Kudus. Doktrin tritunggalnya disebut “Hanya Yesus” atau Jesus Only. Kepercayaan ini juga disebut unitarianisme atau Sabelianisme.
  
Kristen Tauhid sama seperti saksi Yehova, mereka menolak doktrin Allah Tritunggal dengan mengajarkan:

1.    Hanya ada satu Allah yaitu Allah Bapa, Yahwe, Yehova.
2.    Yesus Kristus adalah malaikat yang diangkat menjadi Tu(h)an atau (Lord).
3.     Roh Kudus bukan Allah, bukan pribadi, hanya kekuatan atau tenaga dari Allah.

Dalam filsafat Unitarianisme adalah doktrin yang mengajarkan bahwa Allah itu SATU. Secara umum, doktrin ini dianut oleh agama Yahudi dan Islam serta sebagian orang Kristen.  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Gereja Bethel tidak mengajarkan Unitarianisme

Hai hai berkata:

"Gereja Pentakosta dan Bethel mengajarkan Allah Bapa namanya Yesus, Allah Anak namanya Yesus dan Allah Roh Kudus namanya Yesus. Hanya ada satu Allah, namanya Yesus, itu sebabnya ketika membaptis, mereka hanya membaptis dalam nama Yesus, bukan dalam nama Bapa Putera dan Roh Kudus. Doktrin tritunggalnya disebut “Hanya Yesus” atau Jesus Only. Kepercayaan ini juga disebut unitarianisme atau Sabelianisme."

Hai hai pernyataan ini saya anggap fitnah dan pernyataan tidak benar. Saya pergi ke Gereja Bethel Nafiri Allah di Grenvil dan pendeta saya yaitu Yosia Abdi Saputra jelas-jelas mengajarkan Trinitas. Dia mengajarkan Allah itu adalah tiga pribadi yaitu Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus. Walaupun tiga pribadi akan tetapi mereka tidak terpisahkan sehingga tetap Allah yang Esa. Tolong pernyataan generalisasi kamu ini diralat. Kalau kamu tidak percaya omongan saya maka silahkan datang ke Gereja Bethel Nafiri Allah di Grenvil dan menuduh langsung muka dengan muka ke Yosia bahwa dia mengajarkan unitarianisme.

hai hai's picture

SF, Suruh Dia Belajar Dulu

SF, kenapa anda tidak bertanya kepadanya saja? Ceritakan padanya bahwa  saya menuduh  Gereja Pentakosta dan Bethel mengajarkan doktrin Jesus Only.  Setelah anda bertanya, belum terlambat untuk kembali lagi dan menuduh saya menyebar fitnah kawan.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Tidak perlu bertanya

Saya tidak perlu bertanya soalnya saya dengar sendiri Pdt Yosia berbicara diatas mimbar. Masak perlu bertanya lagi sesuatu yang sudah diajarkan diatas mimbar dan ini juga bukan hanya diajarkan oleh Pdt. Yosia. Sebelum saya ke GBI Nafiri Allah di Grenvil maka saya berjemaat di GBI Lakeside, Bogor karena sebelum tinggal di Jakarta maka saya tinggal di Bogor. Pdt Lakeside adalah Pdt Sutadi Rusli. Anda bisa baca sendiri pernyataannya yang menolak pengajaran Yesus Only di link berikut http://www.gbi-bogor.org/index.php?option=com_content&task=view&id=272&Itemid=27 . Apa saya perlu bertanya lagi ke Pdt Rusli sesuatu yang sudah dipajang terang-terangan di situs Internet GBI Lakeside.
hai hai's picture

Anda Juga Tidak Perlu Bertanya

Bila anda merasa tidak perlu bertanya kepada mereka, kenapa anda merasa perlu bertanya kepada saya? Bukankah saya juga mengajarkannya dengan jelas? Dan saya tegas menyatakan yang saya ajarkan itu benar!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Aries Yunarta's picture

Kesombongan ala hai hai STRIKES AGAIN

Entah beruntung atau sial orang yang menjadi Gembala Sidang (Pendeta) dari saudara hai hai. 

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

hai hai's picture

Mereka Beruntung ...

Mereka Beruntung Aries karena punya teman diskusi yang seru dan lucu. Megnenai doktrin tritunggal yagn dianut gereja anda, saya tidak akan banyak bercerita, anda yang harus mencari tahu sendiri.

Apabila saya menulis tentang hal itu di sini, maka akhirnya waktu saya akan habis untuk membahas doktrin-doktrin gereja atau denominasi. Saya sedang mempersiapkan sebuah blog di tempat lain dengan judul "Gereja Kita" di sanalah saya akan membahas tentang doktrin-doktrin gereja. Sementara itu, silahkan mencari tahu. Saya sudah serving Internet, dan banyak informasi di sana. Salah satu yang menurut saya baik untuk anda kunjungi adalah situs ini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Aries Yunarta's picture

wah berarti blog nya pasti panjang bener tuh

Kenapa saya bilang panjang karena di Indonesia ada banyak bgt Denominasi Gereja (setahu saya yang menganut aliran Pentakosta aja ada lebih dari 10, blom aliran yang lain)

 

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

hai hai's picture

Itu Blog Pribadi

Itu blog pribadi, di sana saya yang menjadi Tu(h)an. Di sana akan dibahas tentang sejarah gereja-gereja yang ada di Indonesia, sejarahnya, doktrinnya, gembalanya. Saat ini sedang dipersiapkan. di indonesia ada labih dari 100 denominasi.   

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Ang Che Chen's picture

@ hai hai, mau nanya Allah versimu

Ko hai hai...

menurut kamu,

1. beda apa nda Allah di perjanjian lama dengan Roh Kudus/Roh Allah di perjanjian baru...

2. Malaikat TUHAN dan Malaikat Allah, sama apa nda dengan Allah sendiri di perjanjian lama, soalnya ditulis dengan huruf besar.. sementara yg lain ada ditulis pake huruf kecil malaikat Allah.., dst

kalo nda beda apa bedanya  Malaikat TUHAN dan Malaikat Allah dan malaikat TUHAN dan malaikat Allah sendiri..

3. Melkisedek apakah sosok Yesus di perjanjian lama ?

maaf numpang tanya minta wawasan dan juga referensi buat nulis ntar di ICN juga,

kalau ada blogger lain ada input tolong dibantu... 

 

jesusfreaks's picture

@ACC : tolong sebutkan ayat2nya biar di bantu...

Dear ACC,

 

saya mau coba bantu, tolong kamu sebutkan ayat2nya dimana aza.

 

Shalom, 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Ang Che Chen's picture

@hai hai dan jf. ntar kubuat blog nya

bro n sist..

ntar kubuat blognya minta partisipasinya yah...

 

hai hai's picture

Ang, Mustahil Menjawab ...

Ang Che Chen, bila saya jawab pertanyaan anda dengan singkat, maka akan menimbulkanbanyak salah faham dan diskusi berkepanjangan. Baiknya anda bikin blog dan kita diskusikan hal itu. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Anda terlalu pukul rata

Setelah saya search di Internet saya baru paham kenapa anda menganggap Gereja Pentakosta dan Bethel mengajarkan doktrin Jesus Only. Rupanya memang benar bahwa pada tahun 1940-1970 terjadi perpecahan di kalangan Gereja Pentakosta dan Bethel yang di dokumentasi di link ini: http://www.alkitab.or.id/wsh/0kt00/GerejaPentakosta.htm Dan salah satu penyebabnya adalah ajaran Jesus Only

Tapi saya tetap menganggap pernyataan anda terlalu pukul rata. Kalau saja pernyataan anda adalah sebagian Gereja Pentakosta dan Bethel mengajarkan ajaran Jesus Only maka pernyataan anda benar.

hai hai's picture

Silahkan minta maaf!

Bukankah saya minta anda untuk bertanya kepada pendeta anda? Itu sejarah denominasi, bila saya yang cerita nanti dibilang menjerang gereja. Yang tidak Jesus Only walaupun menggunakan nama patekosta, bukan pantekosta lagi. Saya tidak pukul rata, namun berbicara tentang fakta dan sistematis.

Misal. Saya adalah pendiri gereja hai hai dengandoktrin Jesus Only. Sejak awal Jesus Only, anda datang dan bergabung. Suatu saat anda tidak mau Jesus only. Anda keluar dan mendirikan gereja hai hai, dan tidak mau disebut Jesus Only? tidak bisa. Karena sejak semula hai hai adalah Jesus only!

Saya tidak menyebar fitnah dan saya tidak menyerang denominasi. Siapa yang sudah kadung menuduh saya menyebar fitnah dan menyerang gereja, silahkan minta maaf!     

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Lagi-lagi masalah istilah

Baiklah. Saya minta maaf. Lagi-lagi perbedaan persepsi kita adalah masalah istilah. Pemahaman istilah anda terus terang berbeda total dengan pemahaman istilah saya. Tapi saya akui saya memang salah karena tidak riset lebih dahulu sejarah denominasi. Tapi sebaiknya lain kali pakai istilah yang lebih tepat yaitu pakai istilah denominasi dan bukan gereja. Sebab kalau gereja bisa disalah artikan sebagai 1 gereja lokal.
dennis santoso a.k.a nis's picture

GRP buat sam

kalau di forum lain atau di kaskus, post yang beginian pasti gue kasih GRP... nice one sam :)
hai hai's picture

Bila Saya Sebut

Anda dimaafkan kawan! Bahkan sebelum anda menuduh, anda sudah dimaafkan.

Bila saya beritahu sejak awal, anda tidak akan belajar lalu mengajar. Sekarang kita semua suda belajar.   

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@SF : kayaknya sering memahami istilah...kidding

Reminder : kayaknya kamu sering salah memahami istilah ya...

 

hehehe...kidding loh... 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Ini karena saya lebih banyak berurusan dengan mesin

Ini karena saya lebih banyak berurusan dengan mesin dan bukan orang. Jadi pemakaian istilah yang presisi dan sangat fokus adalah keharusan dalam pekerjaan saya. Di komputer beda 1 titik pun program tetap salah dan program tidak jalan. Sedangkan hai hai kemungkinan besar adalah business man yang banyak berurusan dengan orang sehingga pemakaian istilah hai-hai sangat flexibel. Tapi nggak apa-apa saya memang perlu belajar menulis untuk manusia di SS ini dan bukan untuk mesin. Lagipula mempelajari persepsi dan cara pikir hai hai cukup menarik.
hai hai's picture

Saya Sengaja ...

Samuel Franklyn, saya sudah menjelaskan alasan saya menggunakan kata Pentakosta dan Bethel tanpa memerincinya. Untuk menggugah rasa ingin tahu orang-orang tentang hal yang selama ini tidak diketahui.

tentang definisi, bukankah sejak menulis blog "Akut Tidak Percaya Mujizat" saya sudah mempermasalahkannya namun hanya sedikit yang memahaminya. Itu sebabnya hingga hari ini blog itu masih ramai menuai kecaman.

Hal kedua saya ingin menekankan bahwa teori "Satu anggota banyak tubuh" itu tidak punya nila KEBENARAN sama sekali. Denominasi itu lebih dari satu tubuh banyak anggota.  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Denominasi memang menyimpang dari Firman

Denominasi memang menyimpang dari Firman. Dalam Firman selamanya cuma ada gereja lokal dan nggak ada denominasi. Tapi terjadinya denominasi tetap dalam pengaturan Tuhan. Denominasi memudahkan pengajaran menyimpang meluas dengan cepat. Sedangkan kalau semua gereja lokal masing-masing berdiri secara independen maka penyebaran ajaran sesat akan terlokalisasi hanya di sebagian kecil gereja lokal.

Dari pengamatan saya maka akhir-akhir ini makin banyak terbentuk gereja lokal independen yang tidak tergabung ke denominasi manapun. Saya mengamati banyak gereja lokal di Australia sudah seperti ini. Hubungan antar gereja lokal hanyalah hubungan pribadi antar gembala dan jemaat sedangkan masalah doktrin dan disiplin terpisah penuh antar gereja lokal.

Soal "satu tubuh banyak anggota" memang banyak orang yang susah memahami karena tidak bisa membedakan Tubuh Kristus yang bersifat rohani universal dan organisasi gereja yang bersifat lokal dan konkrit.

Penonton's picture

@ko Hai: baru tahu nih

Kepada ko Hai,

 

Ko Hai, saya sejujurnya baru tahu lhooo bahwa aliran Bethel mempunyai doktrin seperti yang dijelaskan oleh ko Hai.Kalau aliran Pentakosta memang saya pernah membacanya beberapa tahun yang lalu, akan tetapi khusus untuk Bethel, saya baru mendapat kepastian setelah membaca komentar ko Hai.

gereja Bethel

" ilustrasi Gereja Bethel"

 

Memang benar bahwa banyak gereja-gereja yang seakan-akan "menyembunyikan" doktrin-doktrin mereka dari pada jemaat.

Hal tersebut tentunya sering menimbulkan kebingungan dan salah paham, seperti yang baru saja terjadi kepada Sdr Samuel F.

Ko Hai, kembali menyinggung tentang aliran Kristen Tauhid di Indonesia yang terkenal sangat agresif, saya penonton hendak menanyakan pendapat ko Hai sebagai seorang Kristen.

Pdt Stephen Tong pernah mengeluarkan komentar yang menyatakan bahwa Kristen Tauhid adalah SESAT.

Apakah ko Hai mengetahui, akan pernyataan tersebut?

Apakah orang-orang yang mendukung Reform Injili seharusnya se-ia se-kata dengan pendapat Pdt.Stephen Tong dan menganggap SESAT Frans Donald dan alirannya?

Setelah orang-orang Unitarian (Frans Donald dan kawan-kawan) dikalahkan dalam debat terbuka beberapa waktu yang lalu, mereka ternyata masih saja menerbitkan buku-buku yang berisikan doktrin Unitarian.

Mereka bahkan masih saja menggunakan dasar argument yang sebenarnya telah dipatahkan dalam debat terbuka tersebut.

Apakah hal tersebut bisa dianggap sebagai sah, dalam kode etik berdiskusi?

Bukankah mereka seharusnya, mencari bahan argument baru yang belum pernah atau masih belum bisa disanggah oleh lawan-lawan debat mereka?

Bisakah ko Hai memberikan sedikit komentar tanggapan dalam konteks hubungan pembelaan iman kepercayaan Kristen yang berkaitan dengan perdebatan antara Unitarian Vs Trinitarian?

Apakah yang seharusnya dilakukan oleh sekelompok orang-orang yang "kalah" dalam perdebatan terbuka di muka umum?

Apakah mereka bisa/boleh terus menuliskan materi yang sebenarnya telah dipatahkan dalam perdebatan tersebut secara berulang-ulang?

Mohon pencerahannya...

Terima kasih.

From OZ....far...far...away..

__________________

xxx

hai hai's picture

Budi Asali Sentinel Sejati

Penonton, memang banyak hal tentang gereja yang tidak diketahui oleh jemaatnya dan jemaat sering terlalu cepat MARAH dan langsung menuduh orang lain salah tanpa mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi.

Saya belum pernah mendengar Pdt. Dr. Stephen Tong menyebut nama Kristen Tauhid, akan tetapi MENJAMIN bahwa semua orang yang menyebut dirinya Reformed atau Reformed Injili sepakat bahwa ajaran Kristen Tauhid SESAT karena bertentangan dengan ajaran Alkitab. Bila anda menemukan orang yang menyebut dirinya Reformed atau Reformed Injili namun menganggap ajaran Yesus hanya MALAIKAT dan Roh Kudus hanya TENAGA bukan ajaran sesat, maka orang  tersebut sedang membual.

Di dalam Kekeristenan, orang-orang SESAT selalu YAKIN bahwa mereka BENAR. Mulanya mereka yakin telah menemukan MISTERI yang tersembunyi di dalam Alkitab. Dengan keyakinan demikianlah mereka lalu menyusun ajarannya dan mengais-ngais ayat-ayat Alkitab guna mendukungnya. Mereka lalu menyerang dengan penuh keyakinan bahwa gereja sudah berdosa karena selama ini sudah dibutakan sehingga tidak memahami ajaran yang benar. Dengan JUMAWA mereka mengagul-agulkan Alkitab adalah STANDARD kebenaran dan pengetahuan mereka atas Alkitab yang tak terlawan.    

Pada awalnya mereka sukses besar mengalahkan jemaat awam lugu dalam diskusi dan mempengaruhi mereka untuk mengakui bahwa pemahaman SESAT itu benar-benar Alkitabiah. Kesuksesan mereka semakin besar ketika mengalahkan pengkotbah-pengkotbah yang malas namun pemarah. Selanjutnya, majulah para pengkotbah alam roh dengan gelar sepanjang kereta namun entah kapan kuliahnya. Bukankah kita semua tahu bahwa para pengkotbah alam roh umumnya lebih suka belajar secara MISTIK seolah Alkitab adalah buku tafsir 1001 mimpi. Saya sudah sering melihat pengkotbah yang maju ke ajang debat dengan keyakinan bahwa Roh Kudus akan memberitahu mereka apa yang harus dikatakan, BABAK belur. Banyak yang putus asa lalu TENGKING kiri kanan depan belakang atas bawah dalam nama Yesus. Mereka benar-benar dipermalukan karena mereka memang memalukan! Benar-benar MENYEBALKAN! Alih-alih bertobat, pangkotbah alam roh demikian justru merasa bangga telah diberi kesempatan memanggul salib, dipermalukan demi nama Kristus.

Pdt. Budi Asali adalah SENTINEL (penjaga perbatasan) sejati. Banyak orang yang menganggap pekerjaannya sia sia, karena tidak paham dengan apa yang dilakukannya. Frans Donald dkk KEOK! Anda bisa memesan VCDnya atau menunggu tulisan-tulisan selanjutnya tentang pertarungan tersebut. Kaum Namais, teman-teman Gkmin juga KEOK!  Anda bisa melihat transkrip perdebatan pak Budi dengan teman-teman Gkmin, Teguh Hindarto (klik di sini), dengan Yakub Sulistyo (klik di sini).

Apakah Frans Donald, Teguh Hindarto dan Yakub Sulistyo dan para pengikutnya merasa KEOK? TIDAK! Mereka merasa DI DZOLIMI atau DITINDAS! Coba anda baca penilaian Gkmin tentang salah satu debat itu dengan klik di sini.

Mereka tidak mencari kebenaran! 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Aries Yunarta's picture

@Mr. hai hai

Oleh karena kemurahan Tuhan, saya ditempatkan di gereja beraliran Pentakosta (bisa diliat di data penguna saya). Di gereja, saya tidak pernah diajarkan bahwa Yesus adalah malaikat yang di angkat Allah, atau Roh Kudus hanyalah kekuatan Allah.

Gembala Sidang saya selalu mengajarkan bahwa Allah mempunyai 3 pribadi yaitu : Bapa, Anak dan Roh Kudus. Memang kami sering menyebut Allah Bapa dengan sebutan Papi Yesus atau Papi JC (Jesus Christ), itu dikarenakan kami tahu bahwa walaupun Allah mempunyai 3 pribadi, tapi Ia adalah SATU ( Tritunggal ). Jadi jika Allah Anak bernama Yesus, maka menurut saya sih Allah Bapa juga bernama Yesus.

Gembala Sidang kami juga ketika mambaptis ataupun melakukan pemberkatan (pernikahan, kelahiran, dsb) selalu berkata "Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus, yaitu Yesus Kristus Allah kami yang hidup ........"

Jadi Pliss jangan mengeneralisasai, dan menghakimi hanya karena sebagian ada yang tidak benar, serta tidak sealiran dengan anda.

 

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

hai hai's picture

@ Aries, Pelajarai Sejarah dan Doktrin Gereja Anda

Aries, Pelajari sejarah dan doktrin gereja anda baik-baik. diskusikan dengan gembala anda, bila dia juga tidak tahu, tanyakan kepada padanya, siapa yang tahu? Atau mungkin di Internet ada informasinya.

Saya tidak menghakimi sama sekali, hanya menceritakan doktrin yang dianut oleh denominasi Pentakosta. apa yang diajarkan oleh pendeta anda, belum tentnu doktrin gereja anda.

Mungkin anda sedikit memahami, ungkapan saya ini, "Gereja akan menyatu ketika orang Kristen kembali ke Alkitab!" Apa yang diajarkan pendeta anda, ternyata berbeda dengan doktrin yang dianut gereja anda. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Aries Yunarta's picture

Doktrin yang mana??

Gereja Aliran Pentakosta itu banyak Denominasinya (yang tentunya Doktrinnya beda-beda), maksud anda Denominasi yang mana nih yang menganut unitarian? 

Saya sudah cukup belajar sejarah tentang doktrin gereja saya dari Gembala Sidang saya tentunya,  dan Tidak pernah ada sejarah nya gereja saya atau gereja yang satu denominasi dengan saya mengajarkan hal2 yang anda tuduhkan?

Lagi pula anda tahu dari mana Ada doktrin seperti itu di gereja aliran Pentakosta?, bisa berikan buktinya supaya lebih otentik dan lebih mudah di bahas.

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

hai hai's picture

Bagaiman Cara Dia Menjelaskan ...

OK, Aries, anda sudah belajar dengan baik. Nah, sekarang, mari kita ingat-ingat kembali, bagaimana cara para gembala anda menjelaskan tentang Allah Tritunggal? Perumpamaan apa yang umumnya mereka gunakan? Matahari? Telur? air Teh?  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Aries Yunarta's picture

Ngak pernah pake perumpamaan tuh

Seingat saya Gembala Sidang saya tidak pernah pake perumpamaan dalam menerangkan ke Tritunggalan Allah.

Beliau hanya mengajarkan bahwa Allah memiliki 3 pribadi yaitu Bapa, Putera, dan Roh Kudus, meskipun memiliki 3 pribadi Allah tetaplah SATU makanya itu disebut Tritunggal.

 

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

edy's picture

@ Hai

 

Ini sudah menyerang denominasi, tolong diralat komentnya karena ini tidak benar, demi kebersamaan kita mohon diralat.

WARNING.

GBU

 

 

hai hai's picture

@ Edy

Saya menyerang denominasi? Menyerang dari hongkong? Saya hanya memberi tahu doktrin yang dianut gereja. Meralatnya? Meralat dengan apa bila yang saya katakan adalah kebenaran?

Lebih baik saya dimusuhi oleh semua orang dari pada meralat kebenaran dengan DUSTA.   

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dennis santoso a.k.a nis's picture

salam kenal edy

salam kenal edy,

daripada cuma menyatakan hai2 menyerang denom tertentu, mending kamu bela denom apapun itu dengan bukti2 yang bisa membuat hai2 mingkem. itu lebih gentle.

om sam mencontohkan usahanya di link ini dan saya rasa usaha om sam ini lebih bermutu untuk kelangsungan diskusi/debat di blog ini.

gimana menurut kamu? :)

jesusfreaks's picture

@nis : Hebat kalau bisa ngerayu edy...

Nis,

kalau edy, dengar kata2mu, gw salut... 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Penonton's picture

@Purnawan Kristanto: kemiripan dalam tata ibadah..

Kepada Pak Purnawan,

 

Pak Purnawan maaf saya baru sekarang membalas komentar anda.

Beberapa hari terahir saya memang berusaha untuk dapat mencari informasi yang bisa menjelaskan tentang Kristen tauhid di Indonesia.

Kristen Tauhid atau Unitarian di Indonesia berpusat di kota Semarang, dengan jumlah nggota sekitar 45-100 lebih (perkiraan).Selain daripada nama gereja dan nama Pendeta, tata cara ibadah yang mereka jalankan masih merupakan sebuah misteri bagi yang belum pernah mengikutinya secara langsung.

Masalah Kristen Tauhid mendadak mencuat ke permukaan setelah terjadinya perdebatan terbuka antara Kristen Tauhid Vs beberapa aliran gereja yang mendukung doktrin  yang pro Tri-Tunggal.

Saya kurang paham apakah ini semua merupakan sekedar sebuah skenario propaganda yang mereka (kristen Tauhid) lakukan, atau memang mereka benar-benar sedang berusaha mencari masukan (dengan mengadakan debat terbuka).

Kelompok Unitarian di Indonesia untuk sementara waktu  telah mempunyai "image" sebagai kelompok yang agresif dan terkesan tegar tengkuk.

Mereka tetap menulis buku-buku dan menyebarkan argument mereka, meskipun semua argument dan pertanyaan mereka telah 'dipatahkan" dalam debat terbuka antara Tim Unitarian (Donald Cs) VS Tim Trinitarian ( Pdt Budi Asali Cs).

Bung Purnawan , catatan perdebatan antara Donald dan kawan-kawan Vs Pdt Budi Asali dapat di-akses dengan mudah melalui  media internet sebagai bahan perbandingan.Perdebatan yang terjadi di antara ke-2 belah kubu juga berlangsung dengan cara perdebatan melalui Internet (selain debat terbuka secara temu muka).

Para pembaca juga dapat mempelajari catatan perdebatan tersebut, sebagai sebuah pelajaran yang berharga, untuk dapat membantu mendewasakan kedewasaan iman kepercayaan kita.

Kiranya komentar saya ini, dapat sedikit menjawab pertanyaan yang anda ajukan.

Mohon maaf jika kiranya penonton belum dapat menuliskan lebih banyak informasi mengenai Kristen Tauhid.

Tulisan-tulisan dan informasi tambahan akan terus ditambahkan di kemudian hari, agar para pembaca dapat dengan mudah membacanya di kemudian hari.

Terima kasih.

 

From OZ....far...far...away..

__________________

xxx

Purnawan Kristanto's picture

@Penonton:Tx

Kepada Penonton 

Terimakasih untuk informasinya. Ini termasuk hal yang baru bagi saya. Saya akan waspada jangan sampai ajaran ini menyelusup di gereja kami. Meski begitu nampaknya, Anda belum menjawab pertanyaan saya tentang keristenan Ortodoks Syria. Tapi tak apa lah, dari penjelasan koh Hai Hai saya sudah sedikit bisa menduga-duga

 Purnawan Kristanto

“If any man wishes to write in a clear style, let him be first clear in his thoughts; and if any would write in a noble"

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

Penonton's picture

@Pak Purnawan K: sama-sama

Dear Pak Pur...

 

Pak Pur, saya akan mencoba mencari bahan-bahan mengenai Kristen Ortodok Siria yg anda butuhkan.Setelah saya dapatkan akan saya tulis di blog komentar sebagai tambahan materi referensi.Tolong bersabar untuk sementara waktu Pak Pur...

Untuk sementara mungkin Pak Pur bisa membaca bahasan dari tulisan Sdr hai-hai.

Terima kasih juga untuk balasan komentar yang anda tuliskan.

Semoga dengan tulisan-tulisan yang memuat informasi tentang kristen tauhid/Unitarian, kita dapat semakin waspada terhadap bidat-bidat serta ajarannya.Biarlah sikap waspada dapat ditularkan kepada anggota jemaat di gereja anda.

Keep Alert pak Pur.....Tuhan lindungi anda selalu...

 

From OZ....far...far...away..

__________________

xxx

whoislikegod's picture

Bukan Allah tapi Tuhan

Salam kenall PK

masalah kristen tauhid bisa anda baca di buku 'Bukan Allah tetapi Tuhan'. mungkin bisa jadi pencerahan karena di situ dibahas pandangan mereka mengenai tauhid.

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

DEDE WIJAYA's picture

@ whoislikegod Anda Kristen Tauhid?

Kristen Tauhidkah anda? sebenarnya tdk ada bidat2 baru yg ada bermunculan nama2 baru dari bidat2 lama, yaitu Kristen Tauhid=Unitarian Universalism=Bidat Arianisme.

Frans Donald, Ellen Kristi, Pdt.Tjahjadi Nugroho, adalah para bidat yg menolak Ketuhanan Yesus dan Tuhan Tritunggal.

saya ganti saja ya :"Bukan Allah tapi TUHAN: bukan TUHAN tapi YAHWEH"

Baca Artikel tanggapan saya thd Bidat Unitarian di SINI, SINI, dan SINI

dede wijaya

__________________

dede wijaya

whoislikegod's picture

salam kenal Dede

hahaha.... apakah saya unitarian atau trinitarian???? semoga dengan saling mengenal, Anda bisa menggolongkan saya tauhid atau tritunggal. senang mengenal Anda. trima kasih untuk linknya. saya harus banyak baca di SS ini karena saya adalah orang baru. semoga bisa diterima oleh seluruh warga SS dan juga oleh Dede sendiri...

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

DEDE WIJAYA's picture

@ whoislikegod Anda Kristen Tauhid?:)

Welcome in SS blog. semoga menjadi berkat bagi anda, dan semolga kehadiran anda juga menjadi berkat bagi kita sekalian. Wah disuruh tebak-tebak manggis nech gue?:) I hope anda percaya Tuhan Tritunggal. Mampir deh ke artikel2 blogku, siapa tahu jadi berkat bdan nambah wawasan juga.GBU

dede wijaya

__________________

dede wijaya

austerus's picture

Sebaiknya Buat Tabel

Agar kita semua tidak sesat menurut "mereka", sebaiknya ada yang bikin tabel perbedaan berbagai aliran skrg ini. Biar jelas lebih terperinci dan tidak semrawut. Dunia ini terlalu kotor.
__________________

Dunia ini terlalu kotor.

jesusfreaks's picture

@austerus : ngapain Yesus turun ke dunia ?

Tidak bisa tidak, Yesuslah jalan, kebenaran dan hidup. Bukan tanpa alasan. Apa syaratnya masuk sorga ? Tidakkah syaratnya menyentuh trinitas, PERCAYA YESUS. Apakah austerus mau berkata ada jalan lain menuju Bapa, selain lewat Yesus. Yang benar aza bro. Dan soal HAM, gw paling benci HAM. Orang kristen seharusnya tidak memiliki HAM lagi.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

austerus's picture

Wartawan kena tuduhan

Hati2lah dalam menuduh. Byk orang yg mau melerai/meredakan perkelahian, eh... malah dipentingi rame2, kan sungguh salah kaprah. Ada negosiator netral diantara yg sengketa, eh... malah ditembak. Jadi... kita harus waspada thdp ISI di dlm si "penonton" yang terkenal sebagai provokasi & pemfitnah di SS. Dunia ini terlalu kotor.
__________________

Dunia ini terlalu kotor.

hai hai's picture

Mereka Bukan Musuh

Orang-orang Kristen yang menganut faham “satu tubuh banyak anggota” umumnya percaya bahwa yang terpenting adalah membawa orang menjadi Kristen lalu membinanya menjadi orang baik. Orang baik adalah orang yang mengakui Yesus Krsitus ssebagai Juruselamat dunia dan mengasihi sesama manusia dengan menaati hukum ke lima hingga sepuluh. Sepintas lalu ajaran demikian nampak benar dan sesuai dengan ajaran Alkitab. Namun mereka lupa bahwa Allah menuntut lebih dari itu. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Yohanes 4:24 Menyembah Allah dalam Alethea atau kebajikan (kebenaran) atau righteousness atau De berarti menyembah Allah 100% sesuai dengan kebajikan Allah. Agar dapat melakukannya manusia harus mengenal Allah dengan benar dan memahami firmanNya dengan benar. Apakah perdebatan tentang doktrin atau ajaran akan membawa perpecahan di dalam gereja yang AM, ESA dan KUDUS? Menurut saya, selama itu dilakukan dengan menjadikan Alkitab sebagai STANDARD kebenaran dan selama itu dilakukan untuk mencari kebenaran Alkitab, maka itu adalah USAHA untuk mempersatukan gereja yang AM, ESA dan Kudus. Apabila semua orang Kristen memahami Alkitab dengan benar, mustahil gereja terpecah belah. Para rasul sudah memberi contoh kepada kita ketika mereka berdebat tentang sunat dan tradisi agama yang lainnya. Bolehkah kita menyebut orang yang tidak sepaham dengan kita sebagai orang SESAT atau PEMBUAL? Menurut saya hal itu sah-sah saja, selama kita tidak hanya asal tuduh namun menyajikan bukti-bukti yang jelas dan tegas atas tuduhan SESAT dan PEMBUAL. Haruskah kita membenci dan memusuhi orang-orang yang tidak sepaham dengan kita? TIDAK! Yang harus kita lakukan adalah tidak berkompromi namun tetap bertepa selira (tenggang rasa, toleransi). Orang-orang yang tidak sepaham dengan kita, di mata kita adalah orang-orang yang tidak memahami Alkitab dengan benar, BUKAN musuh kita. Bukankah Alkitab BAHKAN mengajarkan bahwa kita tetap harus mengasihi musuh-musuh kita? Kita mengajarkan kebenaran, bukan memerangi musuh kita. Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

raba's picture

jalan melebar

ayat mana yang JESUS menginginkan muridNya bersatu utk membuktikan bahwa mereka muridNya ?

Bila kita perhatikan karakter para rasul pun berbeda-beda juga.

Lagian hanya khayalan bila semua hanya 1 tipe.

jesusfreaks's picture

@penonton : kayaknya ada yg keroyokan

Dear penonton, Kayaknya ada yg manggil teman2nya. Bagus nih, kesempatan buat belajar n bertobat. Cuma mereka ngalor ngidul ngurusin personal bukan diskusi.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Penonton's picture

hasil pantauan jejak kaki si pembuat onar.

Salam para pembaca,

 

Penonton kali ini akan kembali menuliskan hasil pantauan telusuran jejak-jejak si pembuat onar yang sempat membuat heboh pasar klewer beberapa hari yg lalu.

Para pembaca yang budiman, kejadian kekacauan yang terjadi di klewer beberapa hari yang lalu ternyata tidak terlepas daripada beberapa kejadian yang tengah menjadi buah bibir di komunitas dunia maya.

Berdasarkan hasil pantauan sementara, dapat dipastikan bahwa kejadian yang menimpa pasar klewer juga sempat dialami oleh beberapa blog media Kristen di dunia maya.Beberapa website tersebut mendapat "serangan" dari oknum misterius yang membawa doktrin Unitarian sebagai dasar argument mereka.

Satu hal yang menarik selama melakukan telusuran jejak sang pembuat onar, adalah ditemukannya fakta-fakta lapangan yang malah semakin memperkuat dugaan sementara.

Dalam usahanya mencari identitas asli si pembuat onar atau dari kelompok manakah sebenarnya mereka berasal, telah membuat penonton  menemukan beberapa hal menarik yang sangat mungkin merupakan sebuah mata rantai yang saling kait-mengait.

Jika kita ingin mengetahui alasan seseorang pembuat onar (untuk begitu membenci orang-orang reform Injili ataupun orang-orang yang mendukung doktrin Tri-Tunggal) salah satunya adalah dengan berusaha menelusuri kejadian yang diperkirakan merupakan "pemicu" rasa benci tersebut.

Hasil pantauan penonton akhirnya sampai pada sebuah titik terang ketika menjumpai nama  Dede Wijaya (salah satu bloger klewer).Sdr dede Wijaya yang sempat memberikan komentar kepada Frans Donald dalam menanggapi hal tersebut, merupakan tokoh kunci sentral dalam masalah ini, terutama dalam membantu penonton untuk dapat memahami gambar keseluruhan dan duduk perkara yang sebenarnya.

Saudara Dede Wijaya dalam komentarnya (25 Aug 2008) memberikan tanggapan tentang tulisan Sdr Alfred Esra atas  dimuatnya tulisan Frans Donald di harian Timex  dengan judul "Benarkah Yesus itu Tuhan?"

Singkat kata, komentar Sdr Alfred Esra tersebut membuahkan sebuah tantangan oleh Frans Donald kepada pendukung doktrin Tri-tunggal agar mau melakukan sebuah debat terbuka yang kemudian menjadi asal muasal debat antara Tim Unitarian ( Frans Donald, Aryanto Nugroho, Beni, SI, Oktino) VS Tim Trinitarian (  Pdt Budi Asali dan kawan-kawan ).Acara tersebut dimoderatori oleh seorang Muslim Drs.H.Sahid HM dan juga dihadiri beberapa wakil dari komunitas Kristen pendukung doktrin Tri-Tunggal maupun pendukung Unitarian.

Adapun hasil sementara perdebatan berpihak kepada TimTrinitarian yang dengan mudah menekuk argument-argument Tim Unitarian.

Nah berhubung bukan hanya sekali Tim Unitarian mengalami kekalahan dalam berdebat secara terbuka, maka sangat mungkin mereka begitu membenci Pdt Budi Asali dan kawan-kawan dan berusaha melakukan hal-hal tertentu untuk dapat melampiaskan kekesalan mereka.

Para pembaca yang budiman, debat antara Tim Unitarian Vs Tim Trinitarian bukan hanya berlangsung sekali saja. Data-data hasil perdebatan dapat diakses secara mudah bagi para pembaca yang berminat untuk membacanya.Para pembaca dapat menilainya sendiri, manakah yang benar-benar anda percayai.

Tujuan penonton membeberkan semua ini adalah bukan demi propaganda kaum Unitarian atau propaganda Dede Wijaya serta golongan tertentu.

Penonton berkeinginan agar klewer tidak digunakan untuk kepentingan pihak-pihak tertentu yang mempunyai agenda terselubung yang juga didukung dengan taktik adu domba agar memecah belah kesatuan komunitas Kristen pada umumnya.

Biarlah kiranya tulisan ini dapat memberikan gambaran dan pencerahan bagi para pembaca.

 

 

 

 

 

From OZ....far...far...away..

__________________

xxx

jesusfreaks's picture

@raba : BERBEDA JELAS

Dear raba, Keberbedaan jelas. Tapi murid yesus mempunyai SATU PANDANGAN TENTANG TUHAN, TENTANG CARA MENYEMBAH TUHAN, TENTANG CARA HIDUP SETURUT KEHENDAK TUHAN.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

gkmin's picture

saya sudah baca http://www. mediaabra. blogspot.com/

saya sudah baca di media abra,

disitu ada tulisan yang diakhiri dengan :
Salatiga, 4 Juni 2008
Aryanto Nugroho
Departemen Publikasi Pimpinan Pusat Gereja JAGI
ary.nugroho@yahoo.com

wah... kalau nggak salah, ini teman kuliah saya dulu di FE UKSW, sy satu angkatan lebih dulu.

Agak kaget juga ternyata dia di JAGI, setahu saya dulu dia Advent.
terlepas dari perbedaan pandangan dengan dia, saya salut dengan kegigihannya memperjuangkan keyakinannya.

sedikit yang akan saya komentari dari tulisannya, mungkin tidak menjadi soal dan jika diperdebatkan akan jadi panjang lebar nggak karuan:

Salah satu acuan ketauhidan adalah "Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau (Bapa), satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus" (Yohanes 17:3)."

Ayat itulah yang pernah membuat seorang pendeta Kristen (Rudy Rodolf Otto Foortse) masuk Islam, dan kalau nggak salah itu juga yang dipakai oleh Mokoginta untuk menggiring orang kepada "Allah" yang tauhid itu.

Lha saya itu tidak percaya pada Allah..., tapi pada Yesus (Yeshua), YHWH, dan Roh Kudus, jadi maaf... jika "Allah" dipertahankan untuk berdiskusi, akan sangat sulit buat saya.

Ganti Allah di Yohanes 17:3 itu dengan Tuhan atau Elohim, baru nanti kita sepakati, Tuhan kita itu YAHWEH atau ALLAH,
atau mau dianggap sama ALLAH=YAHWEH? Eit.... jangan coba2 menyamakan Allah dengan Yahweh, orang Muslim tidak akan berani bersyahadat "Aku bersaksi tiada Tuhan selain Yahweh".

Jadi..., bagi saya, mau tauhid, mau unitarian, mau trinitas, mau sabelian, yang perlu disepakati dulu, Tuhannya itu YAHWEH atau ALLAH.
Saya sangat tidak nyaman dengan konsepsi Yesus adalah anak Allah, lha... Yesus sudah mati, Allah baru populer... Itu hanya dapat diterima jika kita memaksakan istilah "Allah" untuk mengganti "YAHWEH"

maaf... itu pandangan saya, mungkin tidak fokus pada masalah tauhid dan unitarian, tapi kalau istilah "Allah" "Tuhan" dan "YAHWEH" saja masih simpang siur, ya... akan semakin membingungkan,

Menurut Anda, siapa sebenarnya ALLAH itu, silakan baca Allah yang mana?

MAAF seandainya OOT, tapi itulah sebagian dari "pemikiran" saya mengenai Tuhan.

jadi bagi saya, Kristen Tauhid menjadi valid kalau tauhidnya kepada YAHWEH bukan kepada ALLAH.

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

gkmin's picture

@hai-hai, jangan asal menuduh....

@hai-hai Gereja Pentakosta dan Bethel mengajarkan Allah Bapa namanya Yesus, Allah Anak namanya Yesus dan Allah Roh Kudus namanya Yesus. Hanya ada satu Allah, namanya Yesus, itu sebabnya ketika membaptis, mereka hanya membaptis dalam nama Yesus, bukan dalam nama Bapa Putera dan Roh Kudus. Doktrin tritunggalnya disebut “Hanya Yesus” atau Jesus Only. Kepercayaan ini juga disebut unitarianisme atau Sabelianisme. setahu saya Pantekosta dan Bethel, tidak begitu... memang ada aliran Jesus Only, kalau gak salah itu alirannya Pak Posma Situmorang, bisa dikontak di Wisma Gembala, 021-3909607 / 021-39096076 (salah satu benar) atau di posma_rm@yahoo.com

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

hai hai's picture

GKmin, Jangan Samakan Saya Dengan Diri Sendiri

GKmin, jangan samakan diri saya dengan anda. Saya tidak pernah asal nuduh tanpa fakta dan tidak pernah asal promosi keyakinan tanpa dasar Alkitab.

Anda boleh saja meletakkan keyakinan pada DUGAAN Alkitab PB ditulis dalam bahasa Ibrani, pengalaman pribadi, mimpi mimpi dan suara-suara nggak karu karuan yang katanya dari bapa. Hai hai tidak melakukan hal demikian.

Kepada teman-teman Pentakosta dan Bethel, bila tidak percaya doktrin Jesus Only, silahkan tanya kepada gembalanya masing-masing.

Anda tahu sekarang bahwa bukan hanya tepuk tangan, nangis dan bahasa roh? 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@PENONTON : PEGANG KUAT YOHANES 4 : 23

Dear Penonton, yang penting kamu pegang kuat. Yohanes 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Debat JALAN, PENYEMBAHAN JALAN. SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & YESUS KRISTUS.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

GAK PERLU DI RALAT

Gak perlu di ralat... Silahkan Para Gembala Seluruh Gereja, mengungkapkan pengenalannya akan TRINITAS.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@SF : Undanglah pendeta Anda ke SS

Dear SF, undanglah pendeta Anda ke SS ini. biar dia sendiri yang membuat sanggahan. paling gak jelas jadinya, siapa tahu gw tertarik jadi jemaatnya. Shalom,

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Pengakuan Iman Gereja Bethel Indonesia

Pengakuan Iman Gereja Bethel Indonesia:

http://bpdgbi-jabar.org/p-iman.php

Jelas-jelas tertulis: "Allah yang Maha Esa itulah Allah Tritunggal yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus, tiga pribadi di dalam satu."

Sudah jelas bahwa Gereja yang saya datangi saat ini tidak mengajarkan doktrin Jesus Only. Buat apa saya undang pendeta saya ke SS? 

Silahkan kalau kamu mau undang. Nih situs web gereja saya:

http://www.nafiriallah.org/

Disitu ada alamat emailnya. Silahkan kamu undang sendiri. Di situs web gereja saya memang tidak ada pengakuan imannya tapi pasti sama dengan pengakuan iman situs diatas. 

jesusfreaks's picture

@ALL : Hayooo Siapa yang belum di selam & berbahasa asing ?

Berikut contoh pengakuan dari GBIS : Pengakuan. Gereja Bethel Injil Sepenuh adalah tubuh Kristus dengan Tuhan Yesus Kristus sebagai Kepala sesuai dengan Firman Allah yang hidup dan tidak berubah sampai selama-lamanya yaitu Alkitab yang terdiri dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru ( Ulangan 7:6; Matius 16:18; Efesus 4:15 dan I Korintus 3:11 ) menyimpulkan pengakuan percaya dalam 12 pokok kebenaran yang tersebut dibawah ini : 1. Kami percaya bahwa Alkitab itulah Firman Allah yang hidup. 2. Kami percaya bahwa Allah Yang Maha Esa itu Tritunggal adanya. 3. Kami percaya bahwa Tuhan Yesus Kristus itu Anak Allah yang hidup. 4. Kami percaya bahwa semua manusia sudah terhilang dalam dosa. 5. Kami percaya bahwa manusia hanya dapat diselamatkan jika mereka dijadikan baru di dalam Tuhan Yesus Kristus. 7 6. Kami percaya bahwa tiap-tiap orang yang sudah bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus harus menerima baptisan secara selam. 7. Kami percaya bahwa tiap-tiap anak Tuhan yang menerima baptisan Roh Kudus harus disertai dengan tanda lidah asing. 8. Kami percaya bahwa tiap-tiap anak Tuhan harus hidup dalam kesucian. 9. Kami percaya bahwa tiap-tiap hamba Tuhan harus mempunyai karunia Roh Kudus dalam pelayanan pekerjaan Tuhan. 10. Kami percaya bahwa tiap-tiap orang beriman dapat disembuhkan dari segala penyakitnya oleh kuasa doa dalam nama Tuhan Yesus Kristus. 11. Kami percaya bahwa Perjamuan Suci itulah tanda kasih Allah kepada kami, yang harus sering dilakukan. 12. Kami percaya bahwa Tuhan Yesus Kristus akan datang kembali sebagai Mempelai GerejaNya dan Raja atas segala raja untuk memerintah seluruh dunia.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@aries : TAHU BEDANYA PRIBADI vs KEPRIBADIAN

Kalau ikuti pemahamanmu, maka jadinya bukan PRIBADI, tapi KEPRIBADIAN. Yang namanya PRIBADI, ya berdiri sendiri. nah kalau KEPRIBADIAN, ya bisa ganda, triple, kwartet...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Aries Yunarta's picture

jawaban buat JF

 Yang namanya PRIBADI, ya berdiri sendiri.
nah kalau KEPRIBADIAN, ya bisa ganda, triple, kwartet...

 Saya sangat setuju dengan pendapat anda ini.

Klo anda menggangap bahwa pemahaman saya  adalah bahwa Allah Anak dan Allah Roh Kudus adalah kepribadian lain dari Allah Bapa, berarti anda terlalu cepat mengambil kesimpulan. Karena yang saya tulis Pribadi Allah maksudnya adalah Individu Allah yang berbeda satu sama lain(perannya). Tetapi ketiga Pribadi itu Adalah Tetap SATU Allah, makanya disebut Tritunggal. 

Tri = tiga

Tunggal = satu 

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

enak's picture

Setuju 3tunggal

Sependapat dengan JF, namun banyak juga yang menafsirkan lain2. Kalo nggak 3tunggal seperti yg disampaikan JF, wah... kacau deh karya Allah. Tapi... kenapa walaupun doktrin 3tunggal udah "besar", lalu kenapa dunia ini makin kacau rusak ?
jesusfreaks's picture

@aries : "MEMILIKI" atau "TERDIRI"

Dear aries berikut yang kamu tulis : Beliau hanya mengajarkan bahwa Allah memiliki 3 pribadi yaitu Bapa, Putera, dan Roh Kudus, meskipun memiliki 3 pribadi Allah tetaplah SATU makanya itu disebut Tritunggal. kamu menggunakan kata "memiliki", seharusnya "terdiri".

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Aries Yunarta's picture

Saya memang bukan ahli bahasa

Jika JF ingin mengganti peryataan saya dari kata "memiliki" menjadi "terdiri". Itu boleh - boleh aja, krn bagi saya yg bukan ahli bahasa ini, artinya ngak jauh berbeda.

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

jesusfreaks's picture

@enak : KRISTEN CUMA 1

Dear brother, KRISTEN CUMA 1, KAMU MAKI AZA YANG BIKIN KRISTEN KRISTEN LAIN...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

gkmin's picture

trinitarian, sabelianisme, tauhid, jesus only, saksi yehova. dll

beberapa tulisan saya, silakan lihat-lihat: satu pribadi atau 3 pribadi? Mengapa 3 ? Seandainya Tuhan tidak hanya satu Saksi Yehova, Jesus Only, Mesianik atau Kristen "biasa"

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

gkmin's picture

Silakan siapa yang masih mau adu argumentasi dengan hai-hai...

hai2 Kepada teman-teman Pentakosta dan Bethel, bila tidak percaya doktrin Jesus Only, silahkan tanya kepada gembalanya masing-masing. Anda tahu sekarang bahwa bukan hanya tepuk tangan, nangis dan bahasa roh? ya saya tahu, bahwa MENURUT hai-hai, Bethel dan Pantekosta menganut ajaran Jesus Only. Menurut saya, yang menganut ajaran Jesus Only itu kelompoknya Posma Situmorang di Wisma Gembala, saya punya beberapa brosur dari mereka... saya tidak tahu gerejanya apa, tetapi saya punya teman2 di Salatiga dari Pantekosta dan Bethel, bukan penganut Jesus Only. hai2 Apakah Frans Donald, Teguh Hindarto dan Yakub Sulistyo dan para pengikutnya merasa KEOK? TIDAK! Mereka merasa DI DZOLIMI atau DITINDAS! Coba anda baca penilaian Gkmin tentang salah satu debat itu dengan klik di sini. Mereka tidak mencari kebenaran! Ah... siapa yang merasa di dzolimi atau ditindas? ini khan masalah perbedaan pendapat dan keyakinan saja. Saya tidak merasa demikian. Sudah tahu kisah Pdt. Yakub Sulistyo? saya tahu dia tidak merasa di dzolimi/ditindas, tapi memang dia didzolimi/ditindas beneran... Malam2 diusir dari pastori gereja, mau mendirikan gereja dihambat oleh pendeta2 lain, diadu sama Laskar Jihad. Saya punya teman majelis di sebuah gereja di salatiga, gara-gara percaya yahweh bukan allah, diberhentikan dari pekerjaannya mengasuh sebuah tempat pendidikan kristen, juga diberhentikan dari jabatannya sebagai majelis, dan sekarang pindah ke GKJ, satu gereja dengan saya. Jadi, didzolimi/ditindas, bukan hanya PERASAAN saja, melainkan benar2 terjadi. Oh ya.., tahu kisah Ali Mahkrus yang bekas FPI itu? Gara-gara dia percaya Yahweh dan tidak lagi percaya pada Allah, dia tidak lagi diundang kesaksian di gereja2, jadi kalau sekarang Ali Mahkrus tidak tampil lagi, bukan karena kembali ke Muslim, namun karena tidak lagi menyebut Allah. Mencari kebenaran? he he he.. sudah jelas Yesus (Yeshua) berkata: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup....", cari kemana lagi? @penonton Ko Hai, saya sejujurnya baru tahu lhooo bahwa aliran Bethel mempunyai doktrin seperti yang dijelaskan oleh ko Hai.Kalau aliran Pentakosta memang saya pernah membacanya beberapa tahun yang lalu, akan tetapi khusus untuk Bethel, saya baru mendapat kepastian setelah membaca komentar ko Hai. ya itu khan jarene hai-hai, tapi sah-sah saja jika anda percayai... hai2 Saya tidak menghakimi sama sekali, hanya menceritakan doktrin yang dianut oleh denominasi Pentakosta. apa yang diajarkan oleh pendeta anda, belum tentnu doktrin gereja anda. Apakah yang anda 'ajarkan' juga pasti benar? dan yang dipahami/diajarkan pendeta Bethel dan Pantekosta pasti salah? hai2 Saya menyerang denominasi? Menyerang dari hongkong? Saya hanya memberi tahu doktrin yang dianut gereja. Meralatnya? Meralat dengan apa bila yang saya katakan adalah kebenaran? Lebih baik saya dimusuhi oleh semua orang dari pada meralat kebenaran dengan DUSTA. bukan memusuhi, namun mempertanyakan lebih lanjut, apakah memang benar bahwa yang anda sampaikan adalah kebenaran? Apakah bahwa Bethel dan Pantekosta menganut Jesus Only, itu sebuah kebenaran? Jika ternyata banyak gereja Bethel dan Pantekosta yang pendeta/gembalanya tidak 'Jesus Only", apakah itu berarti gereja itu salah nama? atau salah ajaran? (saya mengakui, anda sangat pintar berkata-kata dan berargumentasi, sehingga membuat kadang lebih baik diam saja sambil melihat-lihat dengan senyum2, ada lagi pengujung klewer ini mau terus terang mengakuinya????

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

hai hai's picture

Latihan Jadi Promotor?

Latihan jadi promotor ya mas? Mungkin bila dicantumkan bayarannya bakalan ramai! 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DEDE WIJAYA's picture

@ Hai2 tt Jesus Only

Gereja yg menganut Jesus Only (Bapa, Anak dan Roh Kudus itu satu pribadi, jadi BAPA=ANAK=ROH KUDUS, 1 Tuhan, 1 Pribadi) yaitu GSPdI Gereja Serikat Pantekosta di Indonesia. Ajaran ini dianut oleh Pdt. Tjantana Jusman yg memopulerkannya lewat buku dan VCD Rahasia Allah.

GPdI dan Bethel tdk menganut ajaran JESUS ONLY, maybe orang perorangan dari setiap sinode ini ada yg menganut. Namun tdk dalam Pengakuan Iman Sinode mereka.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

Nature Boy's picture

ALLAH ITU ESA...MNURUT KRITEN TAUHID

TUHAN ITU ESA...

pmahamannya kristen tauhid...

Allah mnghmbuskn sbagian dr diriNya k dlm maryam...

nah mariam  melahirkn ank manusia tp dgn roh Allah...

mreka mnymbah roh Isa tapi tidak mnymbah jasmaniNya..

krn dlm quran Isapun mlarangnya.......(sblm Ia selesai mlaksanakan tugasNya)

roh yg ada dlm Isa adlh anak Allah...sdgkn jasmaninya anak manusia...

tp stlh Isa akan wafat untuk mnjlnkn tugasNya yaitu bhwa Ia hrs mati.....

Ia brkata " seka ajarannrang anak manusia akan dipermuliakan"

bahwa sebagaimana waktu Ia bngkit dr kmatian n naik k syurga...

tubuh dan rohNya mnyatu dan dipermuliakan...YAITU anak Allah dan anak manusia....

dan Ia bngkit k syurga u/ brsatu kmbali dgn Allah

mnjadi suatu ksatuan yang Esa......dan Ia mmberikn Rohul Kudus bagi mreka yang prcaya dan berharap padaNya......

dan disitu yg dmksd org Kristen sbg trinitas.......

itu pmahaman org Kristen tauhid.....

apakh salah..tlg diberi pnerangan bagi pmahaman ini jika salah...

dan orang muslim yg mngetahuiNya pun bgt....mreka mnjunjung Isa...da tau bhwa Isa akn mnjd hakim di akhir zaman...

Nabi Muhhamad pun brdoa pd Isa anak Maryam u/ pmbelaannya di akhir zaman...tp sayangnya hal ini jarang dibritau/diajarkn pd jemaah muslim umumnya

whoislikegod's picture

@ ALL. rendah hatilah wahai semua...

Bukan saya bersembunyi di balik kebesaran Tuhan yang memang Maha Besar. tapi saya hanya mengingatkan bahwa kita manusia mencoba membahas tentang ke-Allah-an. Bukannya salah sih... tapi janganlah kita anggap bahwa kita mampu mengerti tentang Allah 100%.

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·