Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Logika Keselamatan Kristen - Yesus Kristus adalah Tuhan & Manusia

Debu tanah's picture
Alkitab mengajarkan, untuk menyelamatkan umat manusia, Allah telah mengutus Anak-Nya dalam diri Yesus Kristus. Yesus Kristus, Juru Selamat manusia adalah Allah yang menjelma menjadi manusia. Yesus adalah Tuhan dan (sekaligus) manusia. Yesus Kristus adalah pencipta yang menjelma menjadi manusia ciptaannya yang darahnya dicurahkan untuk menghapus dosa ciptaan. Kenapa Allah harus repot-repot turun ke dunia, dilahirkan, tumbuh sebagai manusia, kemudian menderita dan disalibkan untuk menyelamatkan manusia? Karena itu lah satu-satu nya jalan, ini juga ajaran Alkitabnya orang Kristen.
 
Rahasia keselamatan orang Kristen adalah bahwa Yesus sang Juru Selamat manusia adalah Tuhan dan manusia.  Pertanyaannya, bagian mana dari Yesus yang manusia dan bagian mana dari Yesus yang disebut Allah, apakah Yesus adalah perpaduan antara Allah & manusia atau 100% Allah yang mengenakan “tubuh manusia” ?
 
Ayat-ayat  Alkitab yang eksplisit berkata bahwa Yesus adalah manusia, antara lain:
 
Roma 1:3 tentang Anak-Nya, yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud,

I Yohanes  4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,

II Yohanes  1:7 Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

Yohanes  1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

I Petrus
1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Istilah “Anak domba” dalam 2 ayat terakhir adalah merujuk sama dengan manusia, bukan merujuk kepada ke-Allah-an Nya. Dalam perjanjian lama, darah anak domba dikorbankan sebagai korban penghapus dosa manusia.
 
Ayat-ayat yang eksplisit berkata bahwa Yesus adalah Tuhan:
 
Matius
16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga

Roma 1:4 dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita.

Roma  10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
 
Allah Menjelma menjadi Manusia
 
Untuk memahami kenapa Allah harus menjelma menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia, cobalah menjawab dua pertanyaan berikut ini:

1.    Dapatkah Allah menciptakan manusia baru yang tanpa dosa (yang bukan Tuhan yang menjelma menjadi manusia) untuk dikorbankan untuk menghapus dosa?
2.    Dapatkah Yesus itu hanya Tuhan saja (tanpa menjelma menjadi manusia) menghapus dosa manusia? Dapatkah Allah mengampuni tanpa ada manusia Yesus sebagai Anak Domba yang dikorbankan?
 
 
 
Korban Binatang Penghapus Dosa?
 
Dalam ibadah orang Israel dalam Perjanjian Lama, untuk mengampuni dosa umat Israel, imam mengorbankan binatang di atas mezbah.
 
Keluaran  30:10 Sekali setahun haruslah Harun mengadakan pendamaian di atas tanduk-tanduknya; dengan darah korban penghapus dosa pembawa pendamaian haruslah ia sekali setahun mengadakan pendamaian bagi mezbah itu di antara kamu turun-temurun; itulah barang maha kudus bagi TUHAN."

Tetapi dari Alkitab Perjanjian Baru kita tahu bahwa darah binatang dalam Perjanjian Lama tidak benar-benar menghapus dosa:
 
Ibrani
10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa.
.....................
10:11 Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sama, yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa.


Sekarang kita bahas, apa yang bisa menghapus dosa, ayat 5 berkata:

Ibrani 10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: "Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki -- tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku --.

Dalam bahasa Inggris:

10:5 For this reason, when Christ was about to come into the world, he said to God: "You do not want sacrifices and offerings, but you have prepared a body for me.

Ayat di atas berkata bahwa korban manusialah yang dapat menghapus dosa manusia. Prinsip ini dijelaskan dengan sangat gamblang dalam Kitab Roma:

Roma
5:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.
5:16 Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran.
5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus


Karena manusia telah berdosa maka, dosa manusia hanya bisa dihapuskan dengan korban MANUSIA lain dengan tubuh yang sama tetapi tidak melakukan dosa untuk dihukum menggantikan manusia yang berdosa itu.

I Petrus 1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

I Yohanes  3:5 Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa.



Kemanusiaan dan Ketuhanan Yesus Kristus


Yesus adalah manusia dan Tuhan, tubuh Yesus adalah manusia, tetapi jiwa/roh nya adalah Anak Allah. Namun Yesus Kristus bukan manusia biasa yang melakukan dosa (berbuat dosa), Alkitab jelas mengajarkan bahwa Yesus tidak berbuat dosa. Tetapi Alkitab mengajarkan Yesus adalah Allah yang mengosongkan diri-Nya di dalam daging / tubuh manusia berdosa (= “SARX”, Yunani ). 

Lantas bagaimanakah posisi Allah – Manusia dalam diri Yesus Kristus? Kita mengetahui bahwa manusia terdiri dari tubuh dan jiwa/roh. Menurut Alkitab, beginilah komposisi Manusia- Allah dalam diri Yesus Kristus:


Yesus Kristus = Tubuh Manusia Berdosa + Anak Allah
 
1. Tubuh tanpa jiwa / roh = daging manusia yang berdosa = Sinful flesh = SARX, Yunani (Ibrani 4:15, Ibrani 10:5, Roma 8:3)
 
2. Anak Allah sebagai Jiwa/Roh (Yohanes 8:23, Filipi 2:7)
Ibrani  4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.
 
Ibrani 10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: "Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki -- tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku --.
 
Yohanes 8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.
 
Namun demikian Yesus BUKAN tubuh manusia tanpa jiwa/roh yang dirasuki oleh Roh Tuhan, karena bila demikian maka Yesus tidak lebih dari robot. Tetapi istilah Alkitab: Yesus Kristus adalah Allah yang telah mengosongkan diri-Nya = MENJADI SAMA dengan manusia. (Filipi 2:6-8)

Filipi
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
 
Dengan kata lain Anak Allah memposisikan diri sebagai manusia, tubuh manusia Yesus sama dengan tubuh kita, tetapi bedanya dengan kita, ke-Allah-an Nya itu menjamin manusia Yesus tidak berbuat dosa.

Cara Yesus Menyelamatkan Manusia

Bagaimanakah (kematian) Yesus bisa menyelamatkan manusia?

Roma  8:3 Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging,

Yesus Kristus adalah Anak Allah yang berinkarnasi ke dalam daging (Yunani “SARX” = tubuh manusia berdosa), Anak Allah mengosongkan diri-Nya, artinya menjadi sama dengan manusia dan berlaku sebagai manusia. Ayat di atas jelas berkata bahwa tubuh Yesus SAMA seperti tubuh kita yang dikuasai oleh dosa, hanya tidak berbuat berdosa. (Ibrani 4:15). Kemudian Bapa menjatuhkan hukuman atas dosa di kayu salib !

Ibrani  4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.


Bandingkan dengan ayat berikut:

I Petrus
1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
Perhatikan, apakah Roma 8:3 yang berkata tubuh Yesus serupa dengan daging yang dikuasai dosa kontradiksi dengan 1 Petrus 1:19 yang berkata bahwa darah Kristus yang tak bernoda dan tak bercacat?

Darah adalah lambang “kehidupan”, kehidupan Yesus adalah kehidupan Anak Manusia yang tak bernoda dan tak bercacat di hadapan Allah, Yesus taat kepada Bapa hingga mati di kayu salib! Walaupun tubuh Yesus sama dengan kita yaitu daging yang dikuasai dosa karena dia keturunan perempuan, namun Roh Kudus memelihara agar kehidupan-Nya tak bernoda dan tak bercacat, dengan kata lain Yesus tidak melakukan dosa! (I Yoh 3:5)

I Yohanes  3:5 Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa.


Dalam menyelamatkan manusia berdosa, Yesus melakukan 2 hal:
1.    Menerima hukuman Allah atas dosa (Roma 8:3)
2.    Melakukan tuntutan hukum Taurat

Dalam menyelamatkan manusia, Anak Allah harus menjelma ke dalam tubuh manusia yang berdosa, karena manusia tidak berdaya melakukan tuntutan hukum Taurat karena kelemahan daging, Anak Allah menjadi sama dengan manusia (= keturunan perempuan, Roma 8:3) dan melakukan tuntutan hukum taurat dengan tidak melakukan dosa sehingga darahnya tidak bernoda dan bercacat (1 Petrus 1:19) sehingga layak menjadi Anak Domba penghapus dosa manusia.


Kesimpulan

1.    Allah tidak pernah berniat menciptakan manusia yang sempurna (tanpa kelemahan), karena bila demikian maka Anak Allah tidak perlu datang ke dunia. Dengan kelemahan manusia, justru membuka jalan bagi Allah untuk menyatakan diri-Nya bahkan menjadi satu dengan manusia sebagai satu-satunya jalan untuk menyelamatkan manusia.

2.    Yesus Kristus (baca: Allah menjelma menjadi manusia) adalah satu-satunya jalan keselamatan bagi umat manusia, karena manusia tidak mampu melakukan tuntutan Allah. Anak Allah menjelma menjadi manusia yang telah berdosa itu dalam diri Yesus untuk menerima hukuman atas dosa untuk menggantikan manusia dan melakukan tuntutan Allah.


Note:
Tulisan ini terutama saya dedikasikan kepada mereka yang sedang mencari jalan keselamatan.
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

guestx's picture

istilah, logika dan ideologi

good job...i like it (ryanti cartwright mode on).
 
gw baca blog deta ini stlh baca-baca tulisan dan komentar di blog smile dan blog yang dikasi dennis dikomentarnya di blog smile  itu.
 
napa gw "beragama kristen" ?  gw biasanya punya jwban yg rada pnjang, tp dgn tulis deta ini gw lbh mudah merangkumkan : krn  gw ikut logika/ideologi kristen.
__________________

------- XXX -------

PlainBread's picture

Gue jadi kristen

Gue jadi kristen karena kedua ortu kristen. Kalo kedua ortu gue memeluk ajaran TAO, mungkin gue akan ikut mereka juga. Kalo ortu saya beragama Islam, mungkin saya akan jadi seperti Ulil yang dari JIL atau Gus Dur, tidak fundamentalis tapi agak moderat. Tapi untungnya saya tidak terlahir beragama Islam.
 
Kadang ngebayangin juga gimana kalo ortu saya Hindu atau Tao atau Bahai Faith, akan jadi seperti apa saya, mungkin karakter dan kepribadian saya akan berbeda dengan saya yang sekarang ini.
guestx's picture

siapa kristen?

gw jg jadi kristen krn ortu kristen. entah itu namanya takdir, yg jelas eksistensi gw di muka bumi ini dimulai di lingkungan kristen dan jadilah gw kristen. stlah gw dewasa dan bisa mikir sendiri, sbnarnya gw bisa saja brenti jd kristen. entah krn gw bego, ato krn punya kelembaman, ato krn gak dapat hidayah, ato krn predestinasi (whatever it means) gw msh sampe skrng keterusan jd kristen.
 
org bilang gw kristen krn ktp gw di kolom agama masih tertera kristen.
 
org bilang gw kristen krn 'beribadah' (whatever it means) di gereja.
 
gak tau kapan, brngkali org gak tau apa isi field agama di ktp gua, org gak liat kemana gw pergi 'beribadah' hari sabtu atau minggu, tp kalo ditanya apa yg gw yakini ttg surga ato hidup kekal atau keselamatan, dan gw njawabnya kayak yg ditulis deta ini, most probably i'm a christian.
 
s'lama logika gw ttg keselamatan spt yg ditulis deta, keknya gw terpaksa harus tetap menyandang label kristen. (gw pake istilah 'terpaksa', krn skrang ini "label kristen" gak bgitu berkonotasi positip) 
 
tapi, biar gw msh tercatat kristen scr administratif kependudukan dan keanggotaan gereja, kalo logika gw ttg keselamatan udah berubah, sbenarnya gw dah gak kristen lagi. mnrt gw, bnyk org yg (scr fromalitas) bukan kristen  suka yesus ato suka ngutip ngutip alkitab, yg bedakan seorang emang kristen ato bukan adalah penerimaan ato penolakan ttg konsep keselamatan spt yg ditulis deta ini. nah, kalo ada yg bilang dia kristen, tp punya konsep keselamatan yg lain, itu gw bingung, brarti gw msh goblok soal2 beginian...
 
gw sih brhrp tulisan kyk punyanya deta ini bisa jd starting point tuk bisa jelasan siapa itu kristen. kdang2 org udah berbusa2 debat ttg x,y,z mgnai suatu 'perilaku org kristen', padahal yg dimaksud siapa itu kristen aja msh blum tentu sepaham.
__________________

------- XXX -------

lapan's picture

copas guestx =p

gw ngaku kristen bukan krn ortu kristen. entah itu namanya takdir, yg jelas pendidikan gw di muka bumi ini dimulai di sekolah kristen dan jadilah gw hanya mempelajari kristen. stlah gw dewasa dan bisa mikir sendiri, sbnarnya gw bisa saja brenti jd kristen. entah krn gw bego, ato krn punya kelembaman, ato krn gak dapat hidayah, ato krn predestinasi (whatever it means) gw msh sampe skrng keterusan ngaku dan milih agama kristen.
 
gw bilang gw kristen tp ktp gw di kolom agama masih tertera budha
 
gw bilang gw kristen tp gw gak 'beribadah' (whatever it means) di gereja.
 
heheheh
sorry guestx, pinjem kata2mu =p
 
mnrt gw perbedaan kristen atau bukan gak bisa diputuskan dari menolak atau menerima logika keselamatan seperti itu. untuk orang lain, pastinya dia akan berkata sama seperti deta dan guestx.
 
XXX menulis: Manusia hanya bisa selamat dengan meneladani Yesus. Tidak perlu tau Yesus itu siapa, tidak perlu denger Injil sbnrnya. Kalo hidup dia meneladani Yesus yaitu menerapkan kasih, mo marah2 atau mo nyanyi2 dalam prakteknya, pokoknya orang tu dah selamat deh.
 
Kemudian gw berkata: yg bedakan seorang emang kristen ato bukan adalah penerimaan ato penolakan ttg konsep keselamatan spt yg ditulis XXX ini. nah, kalo ada yg bilang dia kristen, tp punya konsep keselamatan yg lain, itu gw bingung, brarti gw msh goblok soal2 beginian...
 
mnrt gw Kristen adalah salah satu dari agama. Orang yang beragama Kristen ya yang mengaku sebagai beragama Kristen. Yang bukan ya yang agama Budha, Islam, Hindhu, dsb =p
 
Soal apakah dia benar-benar meneladani dan mempraktekan ajaran agamanya, itu urusan lain. Tapi dia ttp Kristen selama dia ngaku/merasa agama kristen. Mo dia pembunuh, munafik, pencuri, dsb. Cmn bukan kristen yang baik/ gak religius/ gak alim aja. heahahaha
__________________

imprisoned by words...

guestx's picture

8, gw masih goblok ttg hal-hal yg begini

 ha..ha..ha..terasa lucu membaca kata-kata gw dipakai di konteks org lain. bisa aja elo, pan. walo beda background dgn gw, somehow gw rasa elo pun sah-sah aja menyebut diri sendiri kristen. 
 
emang rumit buat definisi. krn itu, gw brtanya : siapa kristen?  gw nih masih cari-cari definisi kristen = murid ato pengikut yesus, bukan kristen sbg agama. 
 
elo benar,8, kristen adalah salah satu dr agama (in this sense, kristen statusnya SAMA dgn agama lain, gak ada istimewanya). tp, kristen jg adalah ajaran ato aliran pemikiran. stiap ajaran ato aliran pemikiran punya kekhususan yg membedakannya dgn yg lain; kalo gak beda, maka harusnya ya gak perlu ada. nah, prbedaan (distinction) itu, tanpa harus bilang bhw itu lebih benar atau lebih hebat dr yg lain, yg gw harap bisa dijadikan dasar utk menyusun definisi siapa itu yg masuk golongan kristen (sbg pengikut ajaran).
 
gw pengen ada definisi biar kalo ada diskusi spt "org kristen itu sebaiknya begini atau begitu, org kristen gak kelihatan kristen kalo begini atau begitu" jelas batasnya siapa yg dimaksud dgn kristen itu. lha, kalo tiap org yg bilang 'gw kristen krn gw bilang gw kristen' hrs dimasukkan ke dalam definsi kristen, maka akan sangat absurd utk mendiskusikan apapun ttg kristen, tmasuk yg ditulis deta di blognya ini. definsi ato kriteria ini bukan dimaksudkan utk menonjolkan keunikan atau kehebatan. (spt gw bilang, di dunia nyata di negeri ini sekarang ini, gw merasa banyak ruginya menyandang label kristen). 
 
8, gw gak bgitu paham ttg pendapat XXX. yg diteladani dr yesus itu apanya? kasihnya yg bgmn? kalo gw nih, jujur aja, gw gak perlu yesus hanya utk jd org baik (mnrt definisi manusia), gw gak perlu yesus hanya utk jd org yg peduli pd org lain, banyak guru moral lain yg bisa mengajarkan itu dan bisa dijadikan teladan. bejibun org yg gak prcaya yesus, bahkan gak prcaya tuhan, jauuuuuh lbh baik dan menunjukkan kepedulian yg jauuuh lbh tinggi pd sesama manusia dibandingkan org2 yg katanya pengikut yesus (a.k.a kristen ya?). gw butuh yesus krn gw gak sanggup memenuhi standar kebaikan/kesempurnaan yg dituntut Sang Pemilik Surga utk masuk ke rumahNya, tapi konon gw berkesempatan masuk ke sana kalo gw prcaya pada yesus yg udah menyediakan jalan keselamatan  melalui kematian dan kebangkitanNya. itulah injil ato logika keselamatan yg gw pikir coba dijelaskan deta di blognya ini.
 
nah, kalo XXX bilang orang tu dah pasti selamat walo tak kenal yesus, walo tak pernah dengar injil asal meneladani yesus, ya ...mbuhlah, gw gak ngerti, karena logika gw beda dgn logikanya dia.  kalo tnyata di akhir zaman tnyata pndapat XXX yg benar dan gw keliru, ha..ha..ha..kan gw udah bilang gw masih goblok ttg hal-hal yg begini. peace...
__________________

------- XXX -------

lapan's picture

guestx, si XXX itu sebenarnya

hanya tokoh rekaan, anonymous hahahaha
 
gw cmn mau kasi contoh aja ada logika lain dalam kristen yang akan sama masuk akalnya untuk penganut logika itu dan bisa aja dia menerapkan aturan yang lo pake sebagai penanda kristen dan bukan kristen.
 
heheheheh
 
aslinya teori XXX itu ngasal aja kok, gw cuman berusaha mencari logika yang belum mapan (setahu gw) supaya gak nyinggung keyakinan keselamatan orang lain, berhubung gw masih goblog ttg hal-hal yang begini (pinjem istilahmu lagi =p)
 
 
__________________

imprisoned by words...

Huanan's picture

pilih kristen...

Kalo gw ikut Kristen karena HANYA melaluiNYA kita boleh keselamatan (Yoh 14:6). Dan Kristen tuh uniknya , Tuhan yang datang ke dunia fana ini mencari kita, bukan kita yang datang mencariNYA (15:16)
 
Tapi kalo memang bener2 mau menjadi kristen yg sejati dan dewasa rohani, kayaknya ngak gampang, mesti pikul salib, menanggalkan hasrat2 dunia (kedagingan),dll. bertahan terus dgn iman yang konsisten kepadaNYA , yg nyata2 bagi gw ngak mudah...  Ada orang yg sudah dimerdekakan masih berpotensial terbelenggu dgn keinginan duniawi.
bintang seven's picture

deta

Lantas bagaimanakah posisi Allah – Manusia dalam diri Yesus Kristus? Kita mengetahui bahwa manusia terdiri dari tubuh dan jiwa/roh. Menurut Alkitab, beginilah komposisi Manusia- Allah dalam diri Yesus Kristus:

Yesus Kristus = Tubuh Manusia Berdosa + Anak Allah

tanya: waktu Yesus lapar, haus, tidur. sisi manakah dari Yesus itu yg lapar, haus? jika Ia adalah Allah dan manusia, mengapa KeAllahannya dikalahkan oleh sisi kemanusiaannya?

2. siapa bilang Yesus itu menanggung dosa umat manusia utk mengganti hukuman manusia yg berdosa?

Tetapi kalau kita menerima hukuman dari Tuhan, kita dididik ,  supaya kita tidak akan dihukum bersama-sama dengan dunia.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Debu tanah's picture

B7

[ tanya: waktu Yesus lapar, haus, tidur. sisi manakah dari Yesus itu yg lapar, haus? jika Ia adalah Allah dan manusia, mengapa KeAllahannya dikalahkan oleh sisi kemanusiaannya? ]

Filipi
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

[2. siapa bilang Yesus itu menanggung dosa umat manusia utk mengganti hukuman manusia yg berdosa? ]

Alkitab yang bilang:


Ibrani 10:12 Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah
 
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

bintang seven's picture

deta

deta 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
 
yg dikosongkan adalah rupa Allah NYA donk, setelah itu baru dia mengambil rupa manusia/tubuh, tp hakekat Allah NYA kan gak ditinggalin sama sekali. jadi gak benar itu Yesus itu diofitisme, Allah plus manusia. krn manusia punya sifat, dan Allah itu bukan manusia,sifat dan kemahaannya bisa bercampur baur. Allah tidak  tidur, tp Yesus tidur, manusia tidak bisa mengubah air jadi anggur, tp Yesus bisa krn dia allah. gimana kalau waktu pesta air jd anggur itu yesus ngantuk terus mau tidur? KE ALLAHANNYA DIkalahkan kemanusiaannya?
 
 yg benar Yesus adalah Allah 100%, dlm artian waktu ngantuk, dia Allah, waktu sedih dia Allah, siapa yg mau mengatur Allah tidak bisa ngantuk dan tidur??
 
2. ayat yg elo tunjukin gak menunjukkan Yesus menanggung HUKUMAN umat manusia.
 
Yesus bilang Dialah pokok anggur yg benar, dan Bapa/Allah adalah pengusahanya, deta Yesus mati bukan utk menanggung HUKUMAN  kita, IA mati untuk MENUNJUKKAN bagaimana nasib manusia jika tak MENGIKUTNYA, jika tak percaya padaNYA dan jika tak dilahir barukan oleh Air dan Roh.
 
deta tunjukkan dalil elo sekuat2nya bhw kematian Yesus utk menanggung HUKUMAN kita? setiap manusia akan menanggung hukumannya atas perbuatanNYA masing2.
 
31:6 Pada rantingnya diam bersarang segala burung yang di udara, di bawah cabangnya segala binatang di hutan, melahirkan anaknya; dan semuanya bangsa besar duduk bernaung di bawahnya. 31:7 Ia elok karena besarnya dan karena cabangnya yang panjang-panjang; karena akarnya julur-jalar sampai di air yang berlimpah-limpah. 31:8 Pohon-pohon aras di dalam taman Allah tidak akan dapat menyainginya, juga pohon sanobar tidak akan dapat menyamai ranting-rantingnya, dan pohon berangan tidak dapat dibandingkan dengan cabang-cabangnya. Segala pohon-pohon yang di taman Allah tiada yang dapat disamakan dengan dia mengenai keelokannya.
 
setelah lahir baru paling gak kita bukan anak2 adam lagi, artinya terhindar dr hukuman YG SAMA DG adam/pohon yg satu itu. adam=pohon mengingatkan gw akan perkataan Firman tuhan,  mustahil pohon ara menghasilkan semak duri, MUSTAHIL MATA AIR YG PAHIT MENGELUARKAN AIR YG MANIS, anak adam/bukan anak Allah mustahil melakukan kebaikan, krn itu pasti dihukum SAMA SPT KEPALANYA/POHONNYA/MATA AIRNYA YAITU ADAM, Yesus mati, IA adalah pohon yg baru, POHON YG TAAT PADA KEHENDAK ROH. siapa yg dicangkok ke pohon itu terlepas dr hukum dunia. kematian Yesus adalah contoh dr kematian atas anak2 adam/daging.
 
Yesus mati bukan menanggung hukuman  manusia, tp IA menjadi kan dirinya sbg pohon yg baru, yg berkenan pada Allah, adam sudah ditebang. 
 
siapa yg mau mengejar HIDUP haruslah menyalibkan daging dan segala keinginannya, itulah yg dikenan Allah, itulah yg Yesus salibkan: DAGING!!  itulah yg hrs kita lakukan dg segenap hati, walau kita tak lagi dikejar hukum yg mematikan, namun sbg anak2 Allah kita dididik utk hidup spt Yesus hidup utk mematikan daging dan mengikuti kehendak ROH. yg berbuah akan dibersihkan spy ia berbuah lebat lagi.
 
salam.
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Debu tanah's picture

B7 (2)

[ yg dikosongkan adalah rupa Allah NYA donk, setelah itu baru dia mengambil rupa manusia/tubuh, tp hakekat Allah NYA kan gak ditinggalin sama sekali. jadi gak benar itu Yesus itu diofitisme, Allah plus manusia. krn manusia punya sifat, dan Allah itu bukan manusia,sifat dan kemahaannya bisa bercampur baur. Allah tidak  tidur, tp Yesus tidur, manusia tidak bisa mengubah air jadi anggur, tp Yesus bisa krn dia allah. gimana kalau waktu pesta air jd anggur itu yesus ngantuk terus mau tidur? KE ALLAHANNYA DIkalahkan kemanusiaannya? ]
Emang kenapa kl ke-AllahanNya dikalahkan kemanusiannya?  Gpp kan?   Namanya jg MENGALAH = mengosongkan diri-Nya. Bila seorang Raja pura-pura (menyamar) menjadi pengemis boleh dong? Yesus  “menyamar” menjadi manusia, mengambil rupa sebagai manusia.
 
Kenapa Allah harus menjadi manusia? Kata Alkitab untuk melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh manusia biasa yg berdosa. (Roma 8:3)

Alkitab mengajarkan Yesus itu 100% Allah dan 100% manusia. Dalam blog di atas saya jelaskan bahwa jiwa/roh Yesus itu = Anak Allah dan tubuh Yesus itu 100% tubuh manusia (yang berdosa).
 

[ 2. ayat yg elo tunjukin gak menunjukkan Yesus menanggung dosa umat manusia. ]

 
Dalam perjanjian lama imam besar mengorbankan binatang di atas mezbah untuk MENGHAPUS DOSA umat Israel. Melalui Alkitab Perjanjian Baru kita tahu bahwa ibadah orang Israel dalam PL adalah gambaran apa yang Yesus Kristus alami. Yesus memang harus mati untuk membereskan dosa manusia.
 
Roma  8:3 Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging,
 
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

bintang seven's picture

konsekwensi

Alkitab mengajarkan Yesus itu 100% Allah dan 100% manusia. Dalam blog di atas saya jelaskan bahwa jiwa/roh Yesus itu = Anak Allah dan tubuh Yesus itu 100% tubuh manusia (yang berdosa).
 
setiap pernyataan ada konsekwensinya, klo presiden bilang harga premium akan naik 20%, berarti kan pertamax gak naik tuh. wajar klo ada yg nanya gimana dg pertamax dan solar pak?? saat bilang alkitab mengajarkan Yesus itu 100% manusia dan 100%Allah, dan bhw keallahannya dikalahkan kemanusiannya  gw mau tanya lagi nih: apa alkitab pernah bilang begitu yah??
 
konsekwensi dr pernyataan deta adalah ada Allah dlm diri Yesus dan ada sifat manusia dlm diriNYA, manusia itu lahir dr manusia, lahir dr benih laki2 dan perempuan, stp manusia punya ayah dan ibu yg melahirkannya, manusia itu dibilang semuanya telah berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah, manusia itu bisa berdusta. adakah Yesus itu telah berdosa? krn deta bilang didalam Yesus ada 100 persen manusia. adakah Yesus itu lahir dari benih laki2 dan perempuan krn kata deta didalm diri Yesus ada persentase sampai 100 bhw Yesus itu manusia.
 
yg paling parah waktu sisi manusia dan ALlah ada didalam diri Yesus, alkitab bilang Allah itu bukan manusia.

Allah bukanlah manusia,  sehingga Ia berdusta   bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal  .   Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara   dan tidak menepatinya?

bisakah perkataan Yesus meleset krn ada 100% manusia dlm diri Yesus? bisakah IA berfirman dan tidak terjadi? mengerikan juga.
 
terus deta bilang kan gak papa kemanusiaannya mengalahkan keallahannya, waktu yakub bergumul dg Allah, yakub bergumul sampai pagi, gak aneh klo Yesus yg digambarkan deta itu Yesus yg disorder mentality, Dia bergumul dg daging manusiaNYA spy Roh Allah NYA menang, dan kadang2 kemanusiannya menang krn deta bilang yah namanya jg mengosongkan diriNYA. benar2 kacau.
 
bagi gw Yesus itu 100% Allah, dia bukan anak maria dan Yusuf krn tidak dilahirkan dr benih mereka, dia 100% Allah, cuma bedanya dia dulu bertahta di sorga, sekarang diberi tempat yg namanya daging/tubuh manusia. spy apa? untuk menghukum dosa dan memusnahkan iblis yg berkuasa atas maut. bukan menanggung hukuman manusia spt deta bilang. krn manusia memang akan dihukum tp anak2 Allah akan diselamatkan.
 
:
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Debu tanah's picture

@ B7 (3), konsekuensi dan antikristus

[ bagi gw Yesus itu 100% Allah, dia bukan anak maria dan Yusuf krn tidak dilahirkan dr benih mereka, dia 100% Allah, cuma bedanya dia dulu bertahta di sorga, sekarang diberi tempat yg namanya daging/tubuh manusia. spy apa? untuk menghukum dosa dan memusnahkan iblis yg berkuasa atas maut. bukan menanggung hukuman manusia spt deta bilang. krn manusia memang akan dihukum tp anak2 Allah akan diselamatkan. ]

Alkitab berkata bahwa Yesus adalah manusia, salah satu ayat yang eksplisit:

 
II Yohanes  1:7 Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.
 
Karena elu berkata bahwa Yesus 100% Allah (SAJA), make menurut ayat di atas konsekuensinya elu adalah salah satu dari ANTIKRISTUS itu !

Menurut gue, Yesus adalah 100% Allah DAN 100% manusia (Anak Allah menjelma menjadi MANUSIA) adalah kunci dari keselamatan Kristen.

 
1.    Yesus haruslah manusia untuk bisa membereskan dosa dalam manusia, untuk melakukan yang tidak bisa dilakukan manusia karena kelemahan daging (Roma 8:3)
 
2.    Yesus haruslah Allah untuk menjamin manusia Yesus tidak melakukan dosa karena kelemahan dagingnya itu.
 
Nangkap sampai di sini? Jangan ke mana2 dulu.
 
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

bintang seven's picture

deta anthropos dan sarx

gak akan lari kok gw det, kecuali elo usir..heheh...
 
coba elo baca kalimat gw lg: bagi gw Yesus itu 100% Allah, dia bukan anak maria dan Yusuf krn tidak dilahirkan dr benih mereka, dia 100% Allah, cuma bedanya dia dulu bertahta di sorga, sekarang diberi tempat yg namanya daging/tubuh manusia.
 
ada 2 kata di Perjanjian Baru yg berbeda tp diterjemahkan sama2 manusia.
 
1.sarx
2.anthropos
 
Anthropos=manusia.
sarx=daging.
 
II Yohanes  1:7 Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.
 
kata manusia diatas diterjemahkan dari sarx/daging. jadi klo elo nangkep maksudnya, yg disebut penyesat itu yg tidak mengakui Yesus Kristus, Anak Allah datang DALAM DAGING. ayat itu tidak bilang yg sesat adalah yg tidak mengakui Yesus Kristus DATANG DARI ANTHROPOS/MANUSIA, krn memang Yesus Kristus TIDAK DATANG DR ANTHROPOS alias benih yusuf dan maria. itulah konsekwensi pengakuan elo, bhw Yesus itu adalah benih yusuf dan maria.
 
mari mempersempit lg deta, kita bicara daging, apa bedanya manusia ama kuda? elo punya daging, begitu pula kuda, elo punya ruwach/roh begitu jg kuda, daging elo adalah dr benih emak ama bapak elo, maka elo disebut anthropos/manusia, daging kuda dr benih emak ama bpk kuda, daging Yesus gimana? tidak dr benih maria dan Yusuf, tp dr Roh Allah, itu sebabnya dia adalah Allah 100% dan bukan manusia 100% tp Allah yg diberi tubuh sama spt manusia. dlu Dia bertahta di sorga tp sekarang dia ada di dalam daging, itulah sebabnya Dia berkata sebelum abraham ada, aku telah ada, tp IA baru menyatakan DIRI NYA dlm daging dlm rupa seorang hamba.
 
masih mengakui Yesus itu manusia 100%? konsekwensi nya elo sedang mengajarkan bhw daging Yesus itu adalah benih maria dan Yusuf.
 
 gw sesat ya? baca lagi, gw mengakui kok Yesus Kristus itu DATANG DLM SARX, tp gw gak mau lancang bilang dia 100% manusia, malah gw menjelaskan apa maksud sarx dan keallahannya tuh.
 
salam ya det.
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Debu tanah's picture

@ B7 (4), Yesus adalah Anthropos

[ coba elo baca kalimat gw lg: bagi gw Yesus itu 100% Allah, dia bukan anak maria dan Yusuf krn tidak dilahirkan dr benih mereka, dia 100% Allah, cuma bedanya dia dulu bertahta di sorga, sekarang diberi tempat yg namanya daging/tubuh manusia. ]

[ ayat itu tidak bilang yg sesat adalah yg tidak mengakui Yesus Kristus DATANG DARI ANTHROPOS/MANUSIA, krn memang Yesus Kristus TIDAK DATANG DR ANTHROPOS alias benih yusuf dan maria. itulah konsekwensi pengakuan elo, bhw Yesus itu adalah benih yusuf dan maria. ]
 
Kenapa memisahkan Anthropos dan sarx? Apa ada anthropos yang bukan sarx? Sebelum manusia berdosa iya, tetap setelah berdosa, semua anthropos tubuhnya menjadi sarx. Tidak mengakui Yesus menjelma sebagai Anthropos (yang tubuhnya menjadi sarx) sama dengan tidak mengakui Yesus sebagai manusia (dan ini ajaran ANTIKRISTUS). Dengan kata lain hanya mengakui bahwa Yesus 100% Allah dan bukan manusia (ANTHROPOS yg tubuhnya menjadi SARX) bukan ajaran Alkitab, tetapi ajaran ANTIKRISTUS !

Roma  5:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.

Kata “ORANG” dalam frasa “satu orang, yaitu Yesus Kristus” diterjemahkan dari kata ANTHROPOS, jadi sangat jelas bahwa Yesus adalah “ANTHROPOS” juga.

Manusia (ANTHROPOS) bukan karena berasal dari pertemuan benih laki-laki dan perempuan, karena bila demikian maka HAWA bukan manusia (ANTHROPOS) dong? Demikian juga Yesus juga bukan manusia (ANTHROPOS), bila benar manusia hanya bisa dihasilkan dari pertemuan benih laki-laki dan perempuan. Selain Hawa, Yesus adalah manusia 100% kedua yang BUKAN berasal dari pertemuan benih laki-laki & perempuan.Ingat kata suhumu: "kebenaran yg tidak konsisten bukanlah kebenaran" !

 
Alkitab mengajarkan bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah yang menjelma menjadi manusia (ANTHROPOS yg tubuhnya menjadi SARX ) 100%. Kenapa? Karena Yesus adalah keturunan Abraham (Galatia 3:16) dan keturunan perempuan (Kejadian 3:15).
 
Salam ya B7, btw udah minum obat sakit kepala?
 
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

n4th4n_andy's picture

@b7 ..interupsi sbntar

baca lagi pelan"
 
II Yohanes  1:7 Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia( sarx ). Itu adalah si penyesat dan antikristus.
 
IMO .. penyesat itu yg gk mengakui bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia ( CMIIW )
 
sorry my mistake .. jd ini inti Opini lu ya :
B7 :   baca lagi, gw mengakui kok Yesus Kristus itu DATANG DLM SARX, tp gw gak mau lancang bilang dia 100% manusia, malah gw menjelaskan apa maksud sarx dan keallahannya tuh.
 
siipp   ssiiip ..
 
 
 
 
__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Debu tanah's picture

@ n4t4an

Baru ya di SS, semoga betah
 
Bila ada ide atau wangsit silakan sumbang komentar di blog ini..
 
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

5p Arta's picture

Betul....antikristus adalah

Betul....antikristus adalah mereka yang tidak mengakui bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia.  Bukan terlahir dari benih manusia.
 
GB
__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

bintang seven's picture

deta

Kenapa memisahkan Anthropos dan sarx? Apa ada anthropos yang bukan sarx? Sebelum manusia berdosa iya, tetap setelah berdosa, semua anthropos tubuhnya menjadi sarx.
 
bicara POHON, wajar kita ngomongin batang, buah, ranting, daun, kambium, fotosintesis, tanah, sampai ke akar2nya, krn itulah yg BERSANGKUT PAUT DG hal POHON.
 
Bicara manusia  wajar ngomongin sarx , tp belum sampai ke kambium dan fotosintesisnya. ngomongin pohon aja bisa lebar kemana2 apalagi soal Yesus dan manusia. baru bicara daging elo menyimpulkan bhw manusia scra salah, bhw manusia adalah HARUS dari benih laki perempuan, bukan itu maksud gw, MAKSUD GW ITU apakah SARX nya Yesus itu juga dari BENIH YUSUF DAN MARIA?? dan elo belum menjawabnya tp gw disuruh minum obat sakit kepala? haha...sorry gw biasanya minum obat sakit kepala kalo dompet gw udah kosong haha....
 
deta adam itu artinya manusia , dia dijadikan ditaman eden dr debut tanah BUMI, lalu dr eden dia diusir ke BUMI/dunia, keturuan adam disebut anak2 manusia di bumi, elo tau gak di kej 1 dibilang adam itu hrs beranak cucu dan menguasai bumi, dia gak disuruh beranak cucu dan menguasai di eden, dia cuma disuruh mengusahakan taman itu.
anak cucu adam itu manusia, apakah Yesus anak cucu adam? apakah Yesus kristus BERASAL dr bumi? apakah ia BERASAL dr benih maria dan yusuf yg adalah dr bumi yg adalah anak cucu adam? YESUS JELAS MENYANGKALINYA.
 
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini. Yohanes 8:23
 
Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa. 1 Korintus 15:50
 
Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Yohanes 17:14
 
Yesus juga menyangkali maria adalah ibu kandungnya, Tubuh/SARX Yesus bukan dr benih maria tp DARI PEREMPUAN BERSELUBUNG MATAHARI DG BULAN DIBAWAHNYA. yup benar tp perempuan berselubung matahari itu bukan gereja jg bukan maria.
 
dg mengatakan bhw YESUS ITU TELAH MENJADI MANUSIA 100%, elo justru menyuruh Yesus menarik kata2nya lagi donk? elo menyuruh Yesus menjilat MUNTAH nya sendiri? gak kuat gw klo yesus di persen2 gitu, bhw manusia itu dr bawah, bhw manusia itu dr adam, dr benih laki2 dan perempuan, dilahirkan oleh wanita, walau ada manusia pengatara allah, deta itulah yg bersangkut pauT dg manusia, ITULAH ceritanya,   Allah tidak BERUBAH JENIS MENJADI MANUSIA. tp ALLAH telah menjadi daging menjadi pengantara itulah yg diajarkan alkitab .
 
deta, manusia itu adalah salah satu JENIS MAKHLUK HIDUP. menjadi manusia, pastilah dilahirkan dr benih manusia, dr bumi krn dagingnya adam kan diambil dr debu tanah dibumi, keturunan adam=berasal dr bumi. itulah persoalannya, APAKAH YESUS dari BENIH manusia? APAKAH YESUS JENIS MANUSIA?? apakah IA dr bumi?? BUKAN IA adalah LOGOS YG MENJADI DAGING. IA gak berubah JENIS tuh krn adanya daging.
 
Karena aku bukan menerimanya dari manusia,  dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan  Yesus Kristus.
 
 
Pertanyaannya apakah ketika menjadi daging, logos BERUBAH JENIS menjadi MANUSIA, DR BUMI,, dr benih adam, maria? kalau iya, kenapa Yesus menyangkaliNYA? elo yg berpandangan 100% manusia lalu menambahkan IA juga adalah Allah 100 %, pandangan yg malu2 kucing, akhirnya memalukan diri sendiri.
 
kalaupun yesus krn daging disebut anthropos, tp IA bukan anthropos dr bumi,dr adam, atau maria, ia adalah anthropos sang pengantara Allah. anthropos sang pengantara ALlah yg ESA, YG SATU2NYA, one of a kind, yg menjadi tebusan. tebusan bagi kerajaan baru.
 
deta apakah yesus anthropos dr bumi, dr benih maria dan yusuf?
 

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Debu tanah's picture

@ B7 (5), (tubuh) Yesus anthropos dari bumi

[ Pertanyaannya apakah ketika menjadi daging, logos BERUBAH JENIS menjadi MANUSIA, DR BUMI,, dr benih adam, maria? kalau iya, kenapa Yesus menyangkaliNYA? elo yg berpandangan 100% manusia lalu menambahkan IA juga adalah Allah 100 %, pandangan yg malu2 kucing, akhirnya memalukan diri sendiri.]

[ kalaupun yesus krn daging disebut anthropos, tp IA bukan anthropos dr bumi,dr adam, atau maria, ia adalah anthropos sang pengantara Allah. anthropos sang pengantara ALlah yg ESA, YG SATU2NYA, one of a kind, yg menjadi tebusan. tebusan bagi kerajaan baru. ]

Memalukan diri  sendiri? Diskusi koq dibilang memalukan diri sendiri? Gue saranin elu jangan tiru deh gaya suhu lu Hai hai dalam berdiskusi karena ilmu lu masih seujung kuku bila dibandingin ama suhu elu itu! Kl suhu lu begitu gue maklumi deh. Hehe..

Dalam blog gue menulis:

Yesus Kristus = Tubuh Manusia Berdosa + Anak Allah

1. Tubuh tanpa jiwa / roh = daging manusia yang berdosa = Sinful flesh = SARX, Yunani (Ibrani 4:15, Ibrani 10:5, Roma 8:3)
 
2. Anak Allah sebagai Jiwa/Roh (Yohanes 8:23, Filipi 2:7)
 
Apa yang kurang jelas? Sepertinya perbedaan kita hanya ini:
 
1.    Gue berkata bahwa tubuh Yesus adalah keturunan perempuan = tubuh manusia (Anthropos)

2.    Elu berkata bahwa tubuh Yesus bukan keturunan Maria, species baru mungkin? Silakan dijawab.
Sekarang gue perjelas bahwa (tubuh) Yesus adalah ANTHROPOS dari bumi. (sebenernya gue heran, kenapa harus diperjelas, manusia (anthropos) ya dari bumi lah, emang ada anthropos yang bukan dari bumi? Waktu Yesus dikandung Maria oleh pekerjaan Roh Kudus, Allah TIDAK menciptakan manusia (ANTHROPOS) species baru, ingat Allah telah menciptakan manusia (ANTHROPOS) pada hari ke enam penciptaan, ingat Allah telah berhenti mencipta kata suhu mu Hai hai, dan dia bener dalam hal ini, tapi soal mujizat emang beliau ngaco bin ngawur deh, hahaha…
 
Yesus secara daging adalah keturunan Maria, sama seperti HAWA adalah keturunan ADAM. Yesus secara daging haruslah ANTHROPOS keturunan dari Maria, walaupun Yesus bukan hasil pertemuan antara benih laki-laki. Sama dengan HAWA adalah ANTHROPOS “keturunan”  dari ADAM walaupun HAWA bukan hasil benih laki2 dan perempuan. Yesus BUKAN species baru, justru
Yesus haruslah ANTHROPOS yang sama dengan tubuh manusia pertama, supaya bisa membereskan dosa dalam daging ANTHROPOS / Adam pertama.
 
Alkitab jelas berkata bahwa (tubuh) Yesus adalah keturunan Daud (Roma 1:3),  keturunan Abraham (Galatia 3:16) dan keturunan perempuan (Kejadian 3:15). Keturunan ya keturunan, Alkitab jangan ditafsir dengan jurus seribu satu mimpi, Alkitab hanya perlu dipahami dengan akal budi, bukan dengan dengkul ya, apalagi dengan jurus hermeneutika ala PAKAR KETOLOLAN. Hehehe..

 
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

bintang seven's picture

deta jgn nekad

Sekarang gue perjelas bahwa (tubuh) Yesus adalah ANTHROPOS dari bumi.
 
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini." Yohanes 8:23
 
DETA, Apa elo buta?, dia menyangkali bhw IA berasal dari bawah, dr bumi dr dunia ini, elo bukan cuma buta tp elo nekad setengah mati. Apakah ada antropos bukan dr BAWAH? ADA,  cuma orang buta bin nekad kayak elo terlalu terburu2.
 
1 timotius 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,
 
2:6 yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan.
 
 
kok Yesus itu manusia yg esa?, kenapa Yesus gak menyamakan KEMANUSIANNYA DG YG LAIN? harusnya deta berteriak protes ama paulus, lus elo salah nulis, "MANUSIA BUMI ITU ADA BYK BUKAN ESA, ada abraham, daud dan maria, juga deta, JEnisnya ada banyak dan Yesus satu diantaranya!!" itu kata deta lho,,,,hahahha..
 
 1:31dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. 1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
 
Yesus=manusia dari Atas, Anak Allah Yang Mahatinggi, yg dikandung dlm RAHIM- rahim anak dara maria, sang pengantara Allah, manusia dari atas, yg makanannya bukan dari roti saja, tp dari setiap Firman yg keluar dari mulut ALlah. YG ibunya adalah perempuan berselubung matahari dg bulan dibawahnya.
 
Yesus secara daging adalah keturunan Maria, sama seperti HAWA adalah keturunan ADAM. Yesus secara daging haruslah ANTHROPOS keturunan dari Maria,
 
Benar2 nekad, apa daging Yesus sama spt adam, apa dagingNYA, diambil dari debu tanah di bumi juga? gw dah bilang bhw dagingNYA itu pun adalah dari PEREMPUAN BERSELUBUNG MATAHARI DG BULAN DIBAWAHNYA. Maria tidak mengandung janinYesus tp mengandung rahim, spy perempuan berselubung matahari dg bulan dibawahnya, memperanakkan Yesus Kristus. Perempuan berselubung matahari dg bulan dibawahnya ADALAH DARI ATAS.
 
LALU elo RESAH gimana dg daud, abraham yg lalu dibilang adalah keturunan scra daging Yesus? ya pasti lah, krn walau dagingnya serupa, tp CUMA YESUS pengantaraNYA bukan abraham, yg mendapat janji dari DIA, bukan jg daud yg dikarunia tahta dari sang LOGOS sendiri. itulah ARTINYA gambaran yg akan datang, bapa leluhur!!
 
gw gak boleh berdiskusi spt hai hai ya deta? terus elo boleh ngomong ke gua: Alkitab hanya perlu dipahami dengan akal budi, bukan dengan dengkul ya, ilmu lu masih seujung kuku bila dibandingin ama suhu elu itu! Kl suhu lu begitu gue maklum.
 
deta gw gak boleh berdiskusi dg gaya itu, tp bukannya elo tuh yg lagi menggunakan kata2 bergaya hai2?? lucu loe det....cuma sayang otaknya kosong, langkahnya terburu2, dan gayanya selangit, keterlaluan!!
 
 
 

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Debu tanah's picture

@ B7 (6), nekad

[ DETA, Apa elo buta?, dia menyangkali bhw IA berasal dari bawah, dr bumi dr dunia ini, elo bukan cuma buta tp elo nekad setengah mati. Apakah ada antropos bukan dr BAWAH? ADA,  cuma orang buta bin nekad kayak elo terlalu terburu2.]

Di awal elu berargumen bahwa tubuh Yesus adalah SARX dan bukan ANTHROPOS ingat? Trus gue sudah tunjukkan bahwa Yesus juga ANTHROPOS, sekarang elu berdalih bahwa ada ANTHROPOS dari atas? Hahahaha… lucu banget..

Yang namanya manusia ya dari bawah dari debu tanah, tidak ada manusia yang berasal dari atas. Ini jelas argument yang nekad bin ngawur. Hahaha..

[Benar2 nekad, apa daging Yesus sama spt adam, apa dagingNYA, diambil dari debu tanah di bumi juga? gw dah bilang bhw dagingNYA itu pun adalah dari PEREMPUAN BERSELUBUNG MATAHARI DG BULAN DIBAWAHNYA. Maria tidak mengandung janinYesus tp mengandung rahim, spy perempuan berselubung matahari dg bulan dibawahnya, memperanakkan Yesus Kristus. Perempuan berselubung matahari dg bulan dibawahnya ADALAH DARI ATAS. ]

Wow, soal PEREMPUAN BERSELUBUNG MATAHARI DG BULAN DIBAWAHNYA, baiknya elu nulis blog tersendiri deh nanti kita bahas kembali.. Btw kl gak salah topic ini kan ada tulisan suhu lu si Hai hai ya? Wah elu sudah berhasil disesatkan oleh beliau? Saran gue jangan ikuti menafsir Alkitab ala hermeneutika PAKAR KETOLOLAN deh!  Hahaha…

Sekarang kita focus pada manusia Yesus yang kata elu dari atas. Yesus adalah Anak Allah yang menjelma menjadi manusia (ANTHROPOS yang tubuhnya telah menjadi SARX).

Ibrani  2:17 Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa.

dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya

Siapa saudara-saudara Yesus? Manusia berasal dari debu tanah, berasal dari bawah, maka (tubuh) Yesus juga berasal dari bawah. Tolong jangan  lupakan Alkitab eksplisit berkata Yesus adalah Anak Manusia, keturunan Abraham, keturunan Daud, keturunan perempuan, anak Maria !

Tentang ayat Yohanes 8:23 & Yohanes 17:14 jelas Yesus sedang bicara tentang ke-Allahan-Nya, masa sih hal sederhana gini aza elu gak ngerti ? Jangan mikir yang terlalu jauh deh…
 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

bintang seven's picture

deta

Di awal elu berargumen bahwa tubuh Yesus adalah SARX dan bukan ANTHROPOS ingat? Trus gue sudah tunjukkan bahwa Yesus juga ANTHROPOS, sekarang elu berdalih bahwa ada ANTHROPOS dari atas? Hahahaha… lucu banget..
 
iya krn gw pengen tau elo tau gak anthropos yg dari atas itu esa sbg pengantara, ternyata bagi elo anthropos itu semua berasal dr bumi termasuk Yesus, ibarat burung merpati, sayapnya ada 2 baru dia bisa terbang, elo sayapnya cuma 1 patah2 lagi, sayap nya yg satu bhw Yesus bilang dia bukan dr dunia, dan paulus bilang SATU lah manusia yesus kristus itu elo lupain, gak jadi deh terbang menikmati langit biru.
 
adam itu bukan anthropos dari atas walau dia dijadikan di taman eden, krn ia beranak cucu di bumi dan dagingnya kan di ambil dari debu tanah dibumi, kata kejadian: adam diusir KE TEMPAT DIA BERASAL, DARIMANA IA DIAMBIL. Yesus bilang Aku tidak berasal dr dunia.
 
Jangan mikir yang terlalu jauh deh…
GAK KOK gw mikir cuma sejauh yg alkitab tulis.
 
Siapa saudara-saudara Yesus? Manusia berasal dari debu tanah, berasal dari bawah, maka (tubuh) Yesus juga berasal dari bawah.
 
belum loe jawab tuh det, siapa saudaranya yesus? jgn angkat ayat klo loe gak tau.
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Debu tanah's picture

@ B7 (7), masalah timing

[ iya krn gw pengen tau elo tau gak anthropos yg dari atas itu esa sbg pengantara, ternyata bagi elo anthropos itu semua berasal dr bumi termasuk Yesus, ibarat burung merpati, sayapnya ada 2 baru dia bisa terbang, elo sayapnya cuma 1 patah2 lagi, sayap nya yg satu bhw Yesus bilang dia bukan dr dunia, dan paulus bilang SATU lah manusia yesus kristus itu elo lupain, gak jadi deh terbang menikmati langit biru. ]

Ini masalah TIMING.

 
Yang elu maksud dalam 1 timotius 2:5 adalah setelah Yesus mati dan bangkit. Sedangkan yang kita debat sekarang adalah SEBELUM Yesus mati dan bangkit. Baca juga komentar gue ke Sammy.

Pengantara antara Allah dan manusia adalah IMAM BESAR

 
IBRANI
5:8 Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya,
5:9 dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya,
5:10 dan Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah, menurut peraturan Melkisedek.
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

lapan's picture

@Deta, maaf interupsi sebentar

Ibrani 2:14-16:
2:14 Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka , supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;
 
2:15 dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut.
 
2:16 Sebab sesungguhnya, bukan malaikat-malaikat yang Ia kasihani, tetapi keturunan Abraham yang Ia kasihani.
 
Deta, ada sedikit pertanyaan, untuk ayat ke-17, seberapa sama ya?
 
Apakah Yesus bisa berdosa, sebelum dan sesudah kebangkitan-Nya?
 
__________________

imprisoned by words...

Debu tanah's picture

@ Lapan, sama tubuhnya

[ Deta, ada sedikit pertanyaan, untuk ayat ke-17, seberapa sama ya?
 
Apakah Yesus bisa berdosa, sebelum dan sesudah kebangkitan-Nya? ]

Ibrani
2:17 Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa.

Pertama, sama tubuhnya dengan kita (= SARX) karena Yesus adalah keturunan Maria, yaitu pada waktu sebelum mati dan bangkit, dengan tujuan untuk menjatuhkan hukuman atas dosa. (Roma 8:3)

 
Ke dua, mengambil posisi sebagai manusia (mengosongkan diri-Nya), di dunia Yesus mewakili manusia untuk melakukan tuntutan Allah yang tidak dapat dilakukan manusia biasa karena tidak berdaya karena daging.
 
Alkitab bilang Yesus tidak berbuat dosa, sebelum dan sesudah mati/bangkit (I
Yohanes  3:5, Ibrani  4:15). Bila Yesus melakukan dosa maka Yesus gagal melakukan tuntutan Allah dan Dia tidak bisa menjadi pengantara manusia dengan Allah dan tidak bisa menjadi juruselamat manusia.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

lapan's picture

@Deta & B7, sedikit pertanyaan ttg Yesus

Deta: Yesus >> Allah 100% dan manusia 100%
B7: Yesus >> Allah 100% yang mengambil rupa manusia
 
Dari jawaban Deta, Yesus sama dengan manusia itu sampai taraf badannya aja (daging dan darah >> sarx)
 
Kalo gw liat, sebenarnya kalian udah sepakat. 
 
Deta: Roma 5:15 >> dibilang seorang manusia (dari kata anthropos)
B7: itu manusia jenis lain.
 
Permasalahannya karena B7 bikin istilah baru...
 
Yang menentukan ungkapan "Allah 100% manusia 100%" HARUS dipahami sebagai gonta ganti hakekat atau adu kuasa keilahian dan kuasa kemanusiaan itu siapa sih?
 
Tampaknya kalian udah sepakat kalau Yesus adalah Allah.
Kalian juga uda sepakat kalau Yesus sama dengan manusia (kita) itu hanya tubuhnya.
 
Sedikit pertanyaan...:
Tentu kita semua sepakat Yesus TIDAK berdosa.
Tapi apakah Yesus BISA melakukan dosa? Kalo gw sendiri berpendapat gak bisa. Karena Dia kan Allah. Tapi kalo gitu kok iblis mencobai Dia ya? Apa karena iblis gak tau Yesus = Allah? 
__________________

imprisoned by words...

Debu tanah's picture

@ Lapan, bisa berdosa

Kl dilihat dari sisi manusianya, maka Yesus mungkin / bisa berbuat berdosa karena tubuh Yesus adalah daging. Tetapi ke-Allahan-nya itu menjamin Yesus tidak berbuat dosa.
 
Sama dengan kita lho (secara teoritis):
 
I Yohanes  3:9 Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Debu tanah's picture

@ Lapan, bisa berdosa

Kl dilihat dari sisi manusianya, maka Yesus mungkin / bisa berbuat berdosa karena tubuh Yesus adalah daging. Tetapi ke-Allahan-nya itu menjamin Yesus tidak berbuat dosa.
 
Sama dengan kita lho (secara teoritis):
 
I Yohanes  3:9 Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

minie's picture

Tunduk pad Allah

Yak 4:7
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis,  maka ia akan lari dari padamu!
lapan's picture

@Deta, tanya lagi

1 Yohanes:
3:4 Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.
 
3:9 Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.
 
Bukankah menurut ayat tersebut kalau orang yang lahir dari Allah maka gak bisa berbuat dosa? Bagaimana dengan Yesus? 
 
__________________

imprisoned by words...

Debu tanah's picture

@ Lapan, siapa yg tidak melakukan dosa lg?

Saya berpedapat semua manusia selama masih di dunia maka dia masih melakukan dosa. Gimana pendapat kamu dan apa argumentasinya?
 
Tentang Yesus memang dari aspek kemungkinan. Kl ditanya apakah Yesus ada kemungkinan melakukan dosa? Jawabnya: secara manusia iya, karena daging nya. Nyatanya Yesus menderita karena pencobaan bukan?

Ibrani  2:18 Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai.
 
Tetapi secara ke-Allahan Yesus tidak bisa melakukan dosa, ini yang menjamin manusia Yesus tidak melakukan dosa.
 
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

lapan's picture

@deta, kemanusiaan Yesus

Gw juga sependapat dengan lu kalau orang selama hidup di dunia masih bisa melakukan dosa, dan kemungkinan besar banget dia masih akan melakukan dosa.
 
Tapi ada ayat yang bilang seperti itu menurut kamu gimana? Apa maksudnya lahir dari Allah? Kenapa 1 Yohanes bilang gak ada bibit dosa dan gak bisa berbuat dosa ya?
 
Lalu tentang Yesus, seberapa manusia Yesus? Kalau dari Ibrani 2:14-17 kan Yesus yang sama dengan manusia hanya daging dan darah. Apakah pemahaman ini benar? Kamu juga menulis:
sama tubuhnya dengan kita (= SARX)
 
Apakah sifat dan kelemahan rohani manusia juga dimiliki Tuhan Yesus? 
 
Tuhan bisa berdosa. >> Kalimat ini tentu secara logika aja udah salah bukan? 
__________________

imprisoned by words...

bintang seven's picture

deta

iya deta, timing emang perlu jg diperhatikan, klo gw gak salah paulus kan dipanggil waktu Yesus Kristus dah naik ke sorga, jd mustahil Dia bercerita ttg manusia Yesus, dari pengalaman nya krn IA tidak disana sbg muridNYA, waktu Yesus Hidup bukan?
 
anthropos Yesus tidak dr benih maria, tp DARI ATAS, Ia waktu hidup mengaku aku bukan dr dunia ini, ia mengaku aku telah ada sebelum abraham, yohanes menulis firman itu telah menjadi daging dan diam diantara kita, kitab ibarani mengatakan, IA telah mengosonkan diri, dan direndahkan sedikit dibawah malaikat. bagaimana mungkin yg dari bawah, yg dari bumi, yg diambil dari debu tanah, yg dilahirkan dari benih laki2 dan perempuan dapat memberkati yg di atas. HUKUMYA adalah yg DARI ATAS MEMBERKATI yg dibawah. itulah imam besar yg turut merasakan kelemahan2 kita.
 
yg diatas memberkati yg dibawah.
 
7:6 Tetapi Melkisedek, yang bukan keturunan mereka, memungut persepuluhan dari Abraham dan memberkati dia, walaupun ia adalah pemilik janji. 7:7 Memang tidak dapat disangkal, bahwa yang lebih rendah diberkati oleh yang lebih tinggi.
 
deta jika ada unsur bumi dr Yesus, sedikit saja, entah dagingNYA diambil dr debu tanah, entah benih maria, pantaskah IA memberkati kita dan dijadikan IMAM besar menggantikan melkisedek? pantaskah Yesus itu dikatakan berasal dr BAWAH, yesus itu manusia bumi 100%? melkisedek itu tidak berbapak dan beribu, harinya tak berkesudahan, orang besar!!, adakah melkisedek dilahirkan benih perempuan? TIDAK, Apakah Yesus itu tidak besar spt melkisedek yg adalah gambaranNYA?apakah Yesus berbapak dan beribu (maria dan Yusuf, mpy leluhur abraham,daud?) Tidak!! IA dari Atas, itulah jaminan pastiNYA. IA pantas!!
 
mengapa sekonyong2 lu bilang bhw Yesus anak maria dan 100% manusia bumi? YG benar DARI ATAS=dagingnya pun dicipta oleh Allah yg Maha tinggi itulah sebabnya lukas 1 bilang IA adalah anak yg mahatinggi tp IA telah ada sebelum abraham ada, hanya mengosongkan diriNYA dan menjadi daging.
 
salam.
 
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

SAMMY SIGA's picture

kalo pemahaman saya

Salam Deta n B7
 
Nimbrung share ya.
 
Saya sependapat ato sepemahaman dengan B7.
 
Analoginya kira2 begini :
 
Di bumi, semua pintu (baca: manusia) adalah terbuat dari kayu (baca: debu tanah, ciptaan). Karena ga puas terhadap kualitasnya yang paling lama cuma tahan (berumur) sekian puluh tahun, (bagian ini ga begitu esensi buat dianalogikan)  di Sorga ada emas (baca: Tuhan Yesus, Pencipta) yang memutuskan turun ke dunia untuk menjelma menjadi pintu (manusia) dengan kualitas umur  ratusan malah ribuan tahun.
 
Nah, untuk pintu (manusia) yang dari sorga ini, apakah dia terbuat dari kayu (baca: debu tanah)? Mudah dijawab: Tidak. Bahannya adalah emas (Pencipta.)
 
Itulah pemahaman saya.
Segitu aja.
Meminjam TP: Semoga bermanfaat.
__________________

Debu tanah's picture

@ Sammy, manusia alamiah vs rohaniah

Yesus sebelum mati, tubuhnya sama persis dengan kita. Setelah Yesus mati kemudian bangkit, Yesus mengenakan tubuh yang baru.
 
Roma  8:3 Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging,
 
I Korintus
15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
15:46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.
15:47 Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.
15:48 Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga.
15:49 Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorgawi.

 
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

bintang seven's picture

deta 2

deta, kalau boleh sedikit share ttg timing jauh di kitab kejadian, Yesus itu katanya adam kedua, adam mati krn makan pohon pengetahuan yg baik dan jahat, setelah adam memakan buahnya, pohon pengetahuan itu SEPERTINYA MATI, krn Alkitab tidak pernah menceritakannya lg, selain di kitab kejadian, pohon itu tak pernah disebut2 lg. Tuhan Allah yg menumbuhkan pohon itu ditaman eden, adakah IA ingin tahu, bagaimana rasanya mati? JIKA ingin merasakannya, bukankah IA harus polos spt adam, yg tidak SEMPURNA spt diriNYA sendiri (TUHAN Allah), bagaimana rasanya, makan buah pohon itu? bukankah pengetahuanNYA harus DIKOSONGKAN?
 
Pohon yg sudah mati, buahnya pahit, spt pokok pohon itu, tp ALlah ingin yg manis, yg dicipta olehNYA adalah YG BAIK, YG SANGAT BAIK, bukankah  lalu pohon baru HARUS dibuat?, KRN anak2 adam pasti PAHIT BUAHNYA, krn IA tahu dan berkata: dapatkah rumput duri menghasilkan buah ara?
 
supaya buah2 baru YG manis rasanya ada, IA harus menumbuhkan POHON BARU. bukankah pohon baru harus ditanam? ,  BUKANKAH POHON YG AKAN DITANAM MEMERLUKAN BENIH? pohon yg baru itu benihnya adalah FIRMAN TUHAN, bukan DEBU TANAH atau benih laki2 dan perempuan. bukan darah dan daging TP dirinya sendiri, darah dan dagingNYA sendiri yaitu FIRMAN TUHAN, BENIH YG KEKAL YG SUPER DUPER DEH....
 
Yesus dan adam, pokok anggur yg lama, dan pokok anggur yg baru. buah yg pahit dan buah yg menyukakan. itulah kehendak Allah YG HARUS DIGENAPI.
 
Pengantara adalah penengah/pemberi jalan antara 2 Pihak, ketika seorang bersalah pengacara adalah penengah hukum antara terdakwa dan hakim. Jika ada ketetapan MATI, adakah jalan utk menyelamatkan yg dihukum Mati? Tidak, yg sudah divonis mati, akan menjalaninya, adam sudah divonis mati, tp didalamnya TERKANDUNG KETURUNAN /umat manusia, bagaimana nasib keturunan adam yg lain?
 
yg lain? jika mereka mengerti, sang pengantara adalah spt pengacara yg menjelaskan HUKUM dan segala konsekwensinya, IA hidup menjadi pengantara, tp IA jg pembela, setelah naik ke sorga IA membela kita, kenapa? krn IA tahu MEREKA TAK TAHU APA YG MEREKA LAKUKAN, IA telah merasakan kelemahan2 kita.
 
imam besar berbicara ttg yg dari atas memberkati yg dibawah, melkisedek adalah imam besar yg memberkati abraham sbg penerima janji, abram memberi sepersepuluh dari hasil rampasan terbaik, mengapa melkisedek menerima nya? bukan kah itu hasil rampasan? imam besar menerima sepersepuluh dari hasil rampasan terbaik!!
 
gak usah dipikirn deta, cuma share. spt kata tp semoga bermanfaat walau tak sependapat.
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

bintang seven's picture

sammy siga

iya pintu bumi yg dari kayu bentuknya kotak persegi panjang berwarna coklat, sedangkan, pintu emas dari surga juga kotak dan coklat, serupa. tp kalaupun ada yg menganalogikan pintu surganya jg dari kayu, maka bedanya adalah sama2 kayu tp yg satu dr pohon emas  dr atas dibuat oleh yg mahatinggi, yg satu dr bumi. serupa. tapi kayu gak dijadiin pintu disorga, krn semuanya pintunya terbuat dari emas, kayu tidak mendapat tempat di sorga, cuma analogi.
 
thx
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

mujizat's picture

DETA, apakah Allah juga tidak sempurna?

Deta:
Kesimpulan

1.    Allah tidak pernah berniat menciptakan manusia yang sempurna (tanpa kelemahan), karena bila demikian maka Anak Allah tidak perlu datang ke dunia. Dengan kelemahan manusia, justru membuka jalan bagi Allah untuk menyatakan diri-Nya bahkan menjadi satu dengan manusia sebagai satu-satunya jalan untuk menyelamatkan manusia.

Muji:

Bagaimana dengan ayat ini:

Kejadian 1:26

26  Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Kalau manusia diciptakan menurut gambar-Nya, dan jika menurut Anda, manusia diciptakan tidak sempurna, apakah itu berarti bahwa Allah juga tidak sempurna? Ataukah itu hanya sebatas bentuk tubuh saja?

Bukankah rencana Allah untuk menurunkan Yesus ke dunia baru tercetus setelah terjadinya dosa pertama?

Dan,... bukankah sebelum terjadinya dosa pertama itu, Allah sudah terbiasa bercengkerama dengan manusia di taman Eden?

Mohon pencerahannya.

Salam,

__________________

 Tani Desa

Debu tanah's picture

@ Mujizat, ciptaan

[Kalau manusia diciptakan menurut gambar-Nya, dan jika menurut Anda, manusia diciptakan tidak sempurna, apakah itu berarti bahwa Allah juga tidak sempurna? Ataukah itu hanya sebatas bentuk tubuh saja? ]

Alkitab jelas berkata bahwa BAPA itu sempurna.

Yang namanya ciptaan ya terserah pada penciptanya dong ya? Faktanya kita tidak sempurna, buktinya berdosa. Mahluk ciptaan yang hampir sempurna yaitu malaikat juga tidak sempurna, masih bisa berdosa juga.
 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

mujizat's picture

@DETA, apakah itu bukan kesempurnaan yang menjerumuskan?

Shalom,
Kalau menurut Muji, dosa Adam & Hawa justru dimulai dari "kesempurnaan" mereka, dalam hal ini adanya kemampuan untuk memiliki kehendak (keinginan). Bapa memiliki keinginan, dan manusia (ciptaan-Nya) juga memiliki keinginan. Contoh aplikasi: ingin menikmati buah terlarang (keinginan daging) dan ingin seperti Allah kalau ucapan Ular benar, yang mana "keinginan" itu mereka sudah miliki sebelum berbuat dosa.
 
Muji rasa, justru "kesempurnaan" manusia yang ketika itu disalah gunakan untuk melawan perintah Allah.
 
Seekor kambing (tanpa akal budi, tanpa keinginan yang neko-neko) dan banyak spesies tingkat rendah lainnya justru tidak dianggap berdosa di bawah kondisi ketidaksempurnaan mereka.
 
Salam, 
__________________

 Tani Desa

guestx's picture

apakah "sempurna" itu ?

Deta :
Faktanya kita tidak sempurna, buktinya berdosa. Mahluk ciptaan yang hampir sempurna yaitu malaikat juga tidak sempurna, masih bisa berdosa juga. 
 
 
Muji :
 Kalau menurut Muji, dosa Adam & Hawa justru dimulai dari "kesempurnaan" mereka
 
membaca komen muji ini, gw jadi merenung "apa artinya sempurna?"
 
Alkitab :
Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik (Kej 1:31)
 
ayat di atas  tertulis setelah penciptaan manusia, berarti manusia juga termasuk "sungguh amat baik".
 
"sempurna" di level ciptaan kayaknya beda dengan "sempurna" pada level pencipta. "sempurna" pada level makhluk hidup beda dengan "sempurna" pada level bukan makhluk hidup. "sempurna" pada level manusia beda dengan "sempurna" pada level kambing. 
 
nilai "sungguh amat baik" yang diberikan Allah bagi masing-masing dan seluruh ciptaanNya adalah pernyataan kepuasan Allah akan karyaNya. in a way, ciptaanNya tersebut adalah sempurna sebagai ciptaan. 
 
 
gw kurang paham kalo dibilang manusia (yang pertama diciptakan) itu tidak sempurna dengan alasan bisa berdosa. kalo ini argumennya, gw bisa beranggapan bhw Allah jg tidak sempurna karena di alam ciptaanNya terdapat apa yang disebut sebagai dosa itu.
 
__________________

------- XXX -------

Debu tanah's picture

@ Guestx & Mujizat, kesempurnaan

Kita adalah mahluk yang DINAMIS bukan statis. Katakanlah waktu diciptakan kita pada level NOL.
 
Manusia bisa berdosa (level NEGATIF) dan makan buah kehiduoan (level POSITIF).
 
Setelah berdosa manusia juga masih dinamis juga, dari keadaan berdosa (level negatif), manusia masih bisa mencapai level NOL kembali (ditebus) bahkan mencapai level POSITIF sesuai kehendak Allah.
 
Bukankah perubahan yang terjadi membuktikan bahwa kita tidak sempurna waktu diciptakan? Bahkan Yesus sebagai manusiapun dikatakan Alkitab awalnya TIDAK SEMPURNA:
 
IBRANI 5:9 dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya,
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...