Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Masturbasi Itu Dosa?

garamdunia's picture

Amat disayangkan bahwa topik seksualitas tidak terlalu banyak didiskusikan (bisa dibilang hampir tidak pernah) di kalangan kristen, karena hal ini dianggap tabu, untuk suami-istri saja atau banyak alasan lainnya. Masalahnya, di dalam pengalaman saya, apalagi di kalangan muda-mudi, mereka sangatlah ingin mengetahui apa pandangan Alkitab di dalam hal ini. Contohnya saja, salah satu kegiatan tambahan di sekolah saya (pada jaman dahulu kala ;) ), pendalaman alkitab, jarang sekali yang meminatinya, tetapi, ketika topik seksualitas muncul, kelas ini langsung penuh! Pesertanya pun sangat aktif dalam berdiskusi dan bertanya.

Mengapa topik ini begitu menarik perhatian? Apakah memang ini hanyalah bagian dari naluri manusia yang sudah dari sananya? Atau dari evolusi? Sudah saya paparkan di tulisan yang sebelumnya asal muasal seksualitas ini menurut Alkitab. Tetapi, di artikel ini, ada satu hal spesifik yang ingin saya lebih bahas lebih lanjut: masturbasi.

Apakah masturbasi itu dosa?” merupakan mayoritas pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta pendalaman alkitab pada waktu itu. Tentunya, pertanyaan ini ditulis di secarik kertas, dan dikumpulkan, lalu hanya pertanyaan yang paling banyak sajalah yang dibahas waktu itu. Tidak ada yang punya nyali untuk mempertanyakan hal ini secara langsung pada waktu itu. Terus terang saja, saya sama sekali tidak ingat apa yang saya pelajari dari diskusi ini (sudah terlalu lama ;) ), tetapi topik ini selalu hangat, bahkan sampai sekarang!

Untuk mendapat jawaban yang ‘Alkitabiah’, tentunya kita hanya dapat berdasarkan pada Alkitab, bukan pada perkataan atau analisa si ‘A’, ‘B’, atau tokoh terhormat lainnya, termasuk presiden (dan termasuk saya sendiri tentunya)!!! Berdasarkan prinsip ini, ada beberapa fakta dari Firman Tuhan yang perlu dipertimbangkan dalam hal masturbasi:

  1. Seks diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan yang baik dan untuk dinikmati oleh sepasang suami istri (Kejadian 1:27,31 dan Kejadian 2:24)
  2. Alkitab tidak memiliki tulisan langsung mengenai hal masturbasi. Akibatnya, Alkitab tidak mendukung ataupun melarang hal ini. Marilah kita berhati-hati dalam melarang hal-hal yang Alkitab pun tidak menyebutnya.
  3. Pengajaran langsung dari Yesus sendiri: “jika ada orang yang memandang perempuan dengan pikiran penuh hawa nafsu, orang itu sudah berbuat zina dengan perempuan itu dalam pikirannya” Matius 5:28
  4. “"Segala sesuatu diperbolehkan” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun. Jangan seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain” 1 Korintus 10:23-24

Kesimpulan, bukan masturbasi itu sendiri yang menyebabkan dosa, tetapi mengapa seseorang melakukannya:

  • Jika seseorang melakukannya karena nafsu birahi yang dibangkitkan dari orang lain  yang bukan istri (atau suaminya), melalui gambar-gambar maupun hanya imajinasi, menurut Matius 5:28, ini merupakan perbuatan dosa
  • Jika seseorang melakukannya dengan tujuan mengontrol hawa nafsu, baik sebagai seorang bujang (atau perawan), ataupun karena si suami atau si istri yang sedang berpergian dalam jangka waktu yang lama, ini menjadi masalah ‘kebebasan orang percaya’ (Roma 14, 1 Korintus 10:23-33)

Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk mengundang sesama pengikut Yesus, untuk tidak membebani sesama dengan perintah-perintah atau larangan yang bahkan tidak pernah disebut di dalam Alkitab. Pada saat yang sama, kita sebagai pengikut Yesus, tidak mencari alasan ’saya boleh kok melakukan hal ini karena ini itu‘, melainkan mencari kepentingan orang lain terlebih dahulu.

Josua Manurung's picture

IYA! masturbasi itu adalah DOSA!!!

Waduh... garam dunia...

kalau tulisanmu dibaca oleh anak-anak sma-smp ke bawah...

bisa bahaya akibatnya...

Roma 4 dan 1 Korintus 10 itu tidak berkaitan langsung dengan dosa masturbasi....

BACA KEJADIAN 38:1-10

Sebuah kisah tentang Onan...

asal kata onani atau masturbasi... itu saja sudah cukup jelas....

itu saja sudah ada di Alkitab ... JANGAN BILANG BELUM JELAS!!!

dan bahkan Allah menghukum mati dia....

jangan seperti Dokter Boyke yang bilang itu sah-sah saja dan sehat... dia kan dari Kedar dan Nebayot.... bukan Israel.... bagi Kedar dan Nebayot mungkin sah-sah saja bermasturbasi setiap hari... bahkan beristri lebih dari 2...

Bagi kaum muda pria dan wanita... jika saudara berpelayanan lebih baik saudara jauhi dosa yang satu ini... bertobatlah sekarang... Bukankah ketika melayani TUHAN menginginkan Kekudusan Hati dan tubuh kita... jasmani dan rohani...

Ikut Tuhan memang tidak gampang... tidak, tidak diberat-beratkan...

kalau tidak mau susah dan menahan keinginan daging ya....

silahkan saja...

 

 

TUHAN Memberkati.

__________________

BIG GBU!

charis kai eirene's picture

pasti dosa......

saya sangat setuju dengan garam dunia

Tuhan memberi kita akal bahkan yang lebih penting lagi..... Roh Kudus.... yang akan menerangi hati nurani dan akal kita untuk menilai sesuatu itu membangun atau tidak... dosa atau tidak.....

jika saudara punya pengalaman dengan masturbasi (  saya pernah ), dengan sangat pasti.... setelah melakukannya maka saya akan merasa tidak nyaman, meskipun saat melakukannya ada kenikmatan luar biasa, tapi selalu diakhiri dengan rasa bersalah.... tidak ada yang tau saya melakukannya ( bahkan sampai sekarang orang tidak pernah tau itu ), tidak ada yang dirugikan dengan saya melakukannya..... artinya tidak ada alasan bagi saya untuk merasa bersalah atau berdosa..... hanya satu alasan yang pasti..... saya telah mengecewakan Tuhan, mencari "kenikmatan" dalam daging dengan cara saya sendiri.

rasa bersalah itu selalu diikiuti dengan keengganan untuk bersekutu dengan Tuhan ....... hanya satu alasan mengapa manusia enggan bahkan takut bersekutu dengan Tuhan .... DOSA....

soal onan..... saya pikir itu bukan onani yang menjadi permasalahan disana, ini soal membangkitkan keturunan dan soal ketidaktaatan pada perintah Tuhan dan soal kerendahan hati.... kita harus lihat konteksnya dengan menyeluruh, bahkan Tuhan menghukum mati onan bukan karena dia onani tapi karena tidak mau taat pada perintah Tuhan......bukan begitu pak josua??

mauliate buat garam dunia yang mengangkat topik ini,

i really appreciate it

God Bless

 

Pengunjung's picture

JOSHUA, YANG SOPAN!

Komentarnya yang sopan! Huruf kapital semua! Tanda seru semua! Kenapa harus emosi melihat ada yang menanyakan soal yang memang jarang dibahas secara transparan ini! Kelakuan anda jadi tidak beda sama FPI
Josua Manurung's picture

PENGUNJUNG YANG TERHORMAT!!!

Kepada saudara Pengunjung yang terhormat...

maaf sebelumnya...

tapi...

anda juga tidak sopan....

memberikan surat kaleng... tanpa nama... tidak/tanpa diverifikasi...

mana yang lebih tidak sopan.... saya atau anda...

 

ps: sesuai request anda, tanda seru sudah dikurangi jadi 4, dan tidak huruf kapital semua... hahaha... I love you!!!

 

TUHAN Memberkati.

__________________

BIG GBU!

garamdunia's picture

Masturbasi itu dosa?

Pak Josua, maaf bila saya berbeda pendapat dengan anda dalam hal ini.

- Dalam hal Onan, Kejadian 38:1-10, konteksnya adalah:

“Lalu berkatalah Yehuda kepada Onan: “Hampirilah isteri kakakmu itu, kawinlah dengan dia sebagai ganti kakakmu dan bangkitkanlah keturunan bagi kakakmu.” Tetapi Onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya keturunannya nanti, sebab itu setiap kali ia menghampiri isteri kakaknya itu, ia membiarkan maninya terbuang, supaya ia jangan memberi keturunan kepada kakaknya” Kejadian 38:8-10

Di dalam konteks cerita Onan, dia dihukum mati oleh Tuhan karena ‘gagal’ memenuhi perintah ayahnya, Yehuda, bukan karena masalah masturbasi.

Untuk anak-anak SMA dan SMP, bahkan semua orang, seperti yang sudah saya katakan, tujuan artikel ini adalah untuk mengundang anda untuk membacanya sendiri dari Alkitab, tentang masturbasi ini sendiri. Karena, seringkali masalah legalitas menjadi batu sandungan para kaum muda. Terlalu banyak perintah-perintah yang beredar di kalangan kristen adalah hasil dari ‘kebudayaan’ semata, bukan dari Alkitab itu sendiri.

Saya tidak mempunyai masalah untuk mengatakan “Masturbasi itu Dosa”, bahkan kenapa berhenti di situ, “Wanita berpakaian lebih tinggi dari lutut itu dosa”, dan banyak lain sebagainya. Tapi, yang saya ingin diskusikan di sini adalah: baca sendiri Firman Tuhan dan berdoalah dengan pimpinan Roh Kudus, dengan rendah hati dan terbuka akan perintah Tuhan dan larangan-larangannya.

Jangan percaya saya, presiden, atau orang lain, tapi percayalah pada Firman Tuhan! Karena itu adalah kuasa dari Allah!

Kesimpulan: saya tetap berbeda pendapat dengan Pak Josua dalam hal ini, tetapi bukan berarti saya mengatakan kalau kita percaya “masturbasi itu dosa” itu salah. Tidak sama sekali!

Kalau kita sudah membaca Firman Tuhan dengan rendah hati, dan meminta pimpinan Roh Kudus dalam pengertian FirmanNya, dan merasa memang “masturbasi itu dosa”, percayailah itu segenap hatimu dan jangan melakukannya! Tetapi, saya sudah membacanya sendiri (saya sudah membaca Alkitab dari Kejadian-Wahyu dua kali, bahkan mendiskusikan dengan banyak orang kristen lainnya, baik pastor maupun sesama, bahwa tulisan yang saya tulis di atas adalah pandangan banyak orang kristen.

Saya tekankan lagi: saya tidak ingin memecah pengikut Tuhan dalam masalah hal ini, biar Tuhan sendiri yang mengutuk saya bisa hal ini terjadi. Tetapi, marilah kita baca Firman Tuhan itu dengan hikmat, dan mengetahui apa yang terpenting dalam mengikut Yesus!

Aries Yunarta's picture

Masturbasi sudah jelas dosa

Saudara2 yang terkasih dalam Kristus.

Pertama - tama saya senang dengan judul tulisan ini karena akhirnya ada seseorang yang berani mengangkat masalah ini. Dan saya sangat ingin menyatakan pendapat saya ini.

 

Menurut saya dan beberapa rekan masturbasi itu jelas2 dosa, kenapa? Karena ketika seseorang melakukan masturbasi(baik pria maupun wanita) pastinya memiliki hasrat seksual kepada seseorang(atau beberapa orang), benar tidak?

Nah dari hal ini saja, kita sudah dapat menggambil kesimpulan bahwa masturbasi itu adalah sebuah dosa, karena dalam Matius 5 : 28 Tuhan Yesus secara langsung berkata :

"Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya."

 Walaupun dalam ayat itu ditujukan untuk pria tetapi hal itu jg berlaku untuk wanita loh. Ingat ya, hasrat seksual itu timbulnya dari pandangan lalu menginginkannya.

Secara singkat saya merumuskan seperti ini.

 memandang -> menginginkan -> masturbasi = salah satu bentuk berzinahan

GBU All Smile

__________________

Jesus Love Me and You

Josua Manurung's picture

MARI KITA BICARA! HAL INI BUKAN TABU!!!

Syalom... aduuh... jangan panggil saya bapak... saya belum setua itu...

untuk pengunjung : kenali saya dulu baru boleh komentar... jangan lempar batu sembunyi tangan! Ini topik besar dan berdampak besar di masa depan...

maaf saya agak vulgar sedikit...

ketika Onan "menghampiri" isteri abangnya yang sudah meninggal itu...

apakah yang dia pikirkan saudara... garamdunia atau saudara rusdy apa ini namanya... :)

ketika dia sedang bercumbu itu... maaf...

apa yang ada di kepalanya onan? Tidak mungkin dia sedang memikirkan tentang perjalanan ke Dokter gigi bukan? atau dia memikirkan tentang menggoreng ikan dan terkena minyak panas...?

Jadi ketika Onan sedang melakukan hal tersebut... dia berfantasi dengan membayangkan wanita lain yang sudah diset dikepalanya dan diatur oleh nafsu dan keinginan dagingnya sendiri... dan saudara sudah menulis sendiri... Alkitab sudah menulis... " setiap kali ia menghampiri istri kakaknya itu... " .... setiap kali... berarti lebih dari satu-dua kali saudara.... "ia membiarkan maninya terbuang"... perhatikan ayat-ayat selanjutnya...

dan itu merupakan kekejian bagi TUHAN...

Jika TUHAN sudah mengatakan itu suatu yang keji... apakah itu bukan dosa saudara?

masalah legalitas menjadi batu sandungan untuk kaum muda?

mari saya ceritakan satu hal... Ketika dahulu ada perang Vietnam... dimana Vietnam berperang melawan Amerika... Amerika memakai taktik yang licik ketika mereka mengetahui bahwa mereka kalah dengan taktik perang gerilya Vietnam... lalu agen-agen rahasia Amerika tersebut menyebarkan majalah-majalah pornonya ke seluruh kota-kota besar di Vietnam... para pemuda Vietnam tentu saja girang... selama ini belum ada terbitan buku syuurr seperti itu... lalu lihatlah .... Tidak sampai 3 tahun... jumlah prajurit yang mau ikut berperang menurun drastis... angka siswa yang bersekolah menurun tajam... karena otak dan pikiran mereka sudah kacau oleh pornografi... menjadi candu, saudara... dan suatu hal yang mustahil kalau nanti anda katakan apa hubungannya antara pornografi dengan masturbasi... saya rasa kita sudah paham dan mengerti...

Onan dihukum mati karena Tuhan melihat hati Onan! dia sama jahatnya dengan kakaknya yang juga dihukum mati Tuhan... Lalu kadang saya tersenyum geli... melihat anak-anak muda jaman sekarang, asyik bercerita tentang vcd/dvd porno... menontonnya bersama-sama.... lalu esok paginya bercerita di depan saudara-saudara yang lain tentang film tersebut... sepulang dari gereja! Bayangkan!... mau ke mana nasib bangsa ini jika kita mengatakan masturbasi itu bukanlah dosa!!!

Sebagai orang muda pria... saya juga pernah mengalaminya... memang pada masa itu adalah masa-masa yang sulit... khususnya bagi kaum pria... tapi wanita juga... ( coba baca : surat dari Ilona, sebuah buku tentang seorang remaja putri yang ingin terbebas dari dosa masturbasi ). Saat muda itu dimana hormon tubuh meningkat... dan juga banyak tontonan-tontonan di tv yang syur... ( makanya ayo kita berdoa untuk tayangan-tayangan malam itu supaya bisa dirubah...) pasti sulit sekali untuk tidak melakukan masturbasi... saya mengerti arah tulisan dari garamdunia... bung mau mengatakan seperti ini:

walaupun kita sudah jatuh dalam dosa, bukan berarti Tuhan menolak kita, tinggalkan dosamu dan kembalilah ke Jalan-Nya... sesalilah dosamu di hadapan Tuhan dan akuilah kesalahanmu, bertobatlah dan minta ampun... dan jangan melakukan kesalahan yang sama... ketika kita berdosa bukan berarti kita malah menjadi jauh dari Tuhan... iblis mengecoh kita dengan rasa bersalah dan rasa berdosa ... dan memang itu tujuannya si jahat yaitu menjauhkan anak-anak muda itu dari hadirat Tuhan dengan memuaskan keinginan dagingnya...

tapi kalau terjatuh terus menerus bagaimana? tanya anak muda di tempat bung...

artinya keinginan daging anak muda itu lah yang menjadi batu sandungannya

bukan tentang iman kepada YESUS!

bukankah syarat mengikut Kristus Yesus ada 3: Pikul Salib, Sangkal diri, Ikut Yesus kemana saja... dan itu tidak bisa ditawar-tawar lagi bung... Tuhan berkata jangan hangat-hangat kuku... pilih satu: panaskah iman mu atau dingin ? jangan hangat bung... tidak boleh kata Tuhan Yesus...

Justru kita di sini untuk mengembalikan lagi pandangan-pandangan yang dianggap "benar" ke jalurnya... walaupun itu pendapat pendeta,pastor bahkan Paus sekalipun... apakah mereka tidak mungkin salah? Selama mereka menjadi manusia ... pasti mereka dapat berdosa... walaupun mereka sudah hatam Alkitab lebih dari sepuluh kali sekalipun.... TUHAN MENILAI HATI! bukan sekedar perbuatan... saya rasa banyak yang sependapat dengan saya... ini sepertinya memang tabu.... tapi tidak sebenarnya... mari kita lihat dari sisi yang berbeda... dimana kita sebagai orang-orang tua berikutnya... mewariskan nilai-nilai Kristen yang baik dan benar bagi generasi selanjutnya .

Sependapat atau tidak sependapat bukan masalah utamanya... yang menjadi masalah adalah kita harus menyamakan visi bahwa masturbasi itu memang dosa! Jangan bawa topik yang sama ke retret-retret atau seminar anak muda misalnya dan berkata masturbasi itu tidak jelas dosa atau tidak atau seperti ini :

"Alkitab tidak memiliki tulisan langsung mengenai hal masturbasi. Akibatnya, Alkitab tidak mendukung ataupun melarang hal ini. Marilah kita berhati-hati dalam melarang hal-hal yang Alkitab pun tidak menyebutnya."

 

Saudara Garam dunia tolong dikaji lagi kalimatnya... ini berbahaya...

Masturbasi Itu Dosa and that's it!!! No compromise to sin!

 

BIG GOD BLESS YOU!!!

 

 

__________________

BIG GBU!

Waskita's picture

Salam,

Salam,

Menarik, saya coba membaca artikel di atas sekali lagi dengan hati-hati. Ketika kemudian saya membaca komentar-komentar yang ada saya cuma bisa tersenyum. Karena yang kalian debatkan sebenarnya sudah jelas di tulis dan dipaparkan dalam Artikel itu.

Pendapat Saudara Aries Yunarta bahwa masturbasi itu dosa dengan alasanya, di artikel tersebut sudah diuraikan. Untuk Saudara Josua, belum jelas bukan berarti garam dunia setuju atau mensahkan. Penjelasan anda mengenai kisah Onan, menurut saya anda terlalu berani bermain dengan asumsi. Jangan terlalu cepat menyimpulkan. Coba baca sekali lagi.

Buat Garam dunia, selamat mencari kebenaran itu ...

http://kristiannovianto.blogspot.com

__________________

kalau saya tida ada di rumah, cari saya di sini

Marcus's picture

Gimana kalo Mimpi Basah

Kalau lihat dari penjelasan tentang Onan tadi saya ingin tanya bagaimana dengan mimpi basah dosa gak?

Terus kalau saya onani tapi membayangkan istri saya dosa gak?

orang udik's picture

Pengalaman pribadi

Ini pengalaman pribadi saya, ikut sharing yah….

Saya bertugas di luar kota dan bertemu istri sebulan sekali, dan sepengetahuan saya yang dangkal, daripada berselingkuh lebih baik saya melakukan martubasi…, tapi itu DULU..!

Menurut saya masturbasi memberi kelegaan/kepuasan (kalo boleh diberi range nilai) 1…, tapi setelah selesai… perasaan bersalah 100. Setiap selesai melakukannya, malam hari saya tidak berani berdoa (karena merasa kotor dan tidak layak), begitu juga hari2 berikutnya, sampai hari minggu saat mengaku dosa saya baru agak lega.

Dan setelah saya renungkan, kalo memang tidak salah (berguna), mis: untuk mencegah selingkuh (saat melakukannya saya membayangkan istri sendiri, bukan wanita lain), kenapa saya merasa tidak layak ? Kenapa saya tidak berani berdoa sebelum tidur ? Even just to say “Thank U Lord” tak bisa terucapkan. Saya membandingkan dengan hubungan suami-istri yang normal sebagaimana biasa bersama istri, malam hari sebelum tidur kami tenang berdoa, tanpa merasa kotor.

Hasrat sex adalah ‘Nafsu’, dan kita harus (yah harus) bisa mengalahkannya! Caranya mungkin dialihkan dengan olahraga, baca firman atau menulis sehingga tidak terlalu fokus pada pikiran itu (klise yah… tapi mudah2an bisa berguna).

Kalau terbiasa menuruti nafsu yang satu, nafsu2 lain biasanya menyusul, dan akhirnya tante ’luci’ Laughing(fer)  akan senang dan dekat2 kita.

So.. kalahkan nafsu itu dalam nama Tuhan Yesus, dengan limpahan Kasih-Nya, hal-hal (nafsu) begitu tidak akan cukup berarti untuk mengganggu kita. 

Saya pribadi tidak akan pernah melakukan masturbasi lagi! Bukan sok suci atau gagah2an, tapi saya punya jurus ampuh, yaitu : saya ‘TELAH’ berjanji kepada Tuhan tidak akan melakukannya lagi (karena saya merasa itu salah).

Jadi kapan2 kalau ‘nafsu’ itu datang menggoda, saya tau pasti, saya tak akan kalah! Karena saya lebih takut kepada Tuhan. Kepuasan sesaat itu berarti saya melanggar janji. Ingkar kepada sesama aja udah berat….apalagi pada-Nya, not in a million years !

Jadi kalo orang udik seperti saya boleh urun pendapat, masturbasi itu dosa karena bait suci haruslah senantiasa kudus di depan Tuhan. Peace all..... Gbu !

garamdunia's picture

Masturbasi di Alkitab

Hmmm... ternyata topik ini lebih kontroversial daripada yang saya harapkan. Seperti yang 'Waskita' komentarkan di atas, terus terang saya tidak bisa menanggapi tulisan dari saudara Josua dan Aries lebih jauh, karena sudah tercangkup di artikel dan komentar saya di atas.

Untuk saudara 'udik', seperti yang sudah saya tuliskan pula, bila menurut hati nurani saudara hal tersebut adalah 'dosa', maka ini memang menjadi dosa:

"tidak ada sesuatu yang najis dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis" Roma 14:14

Untuk saudara Marcus, inilah tujuan saya menulis artikel dalam hal ini:

"Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk mengundang sesama pengikut Yesus, untuk tidak membebani sesama dengan perintah-perintah atau larangan yang bahkan tidak pernah disebut di dalam Alkitab. Pada saat yang sama, kita sebagai pengikut Yesus, tidak mencari alasan ’saya boleh kok melakukan hal ini karena ini itu‘, melainkan mencari kepentingan orang lain terlebih dahulu"

Sekali lagi, saya yakin semua dari kita yakin yang terpenting dari mengikut Tuhan (alasan mengapa kita diselamatkan): untuk menyembahNya di dalam kebenaran FirmanNya dan RohNya. Marilah, kita bersama-sama berlari dan saling menguatkan di perlombaan rohani ini untuk mencapai tujuan akhir bersama-sama.

Josua Manurung's picture

baik...

baik... tapi saya tidak akan berlari dengan dosa seksual atau dosa apa pun itu...

jika ada saudara yang bebal?

pertama bawa dia di bawah empat mata,

belum juga... bawa dia ke sidang jemaat,

masih bebal juga...

serahkan dia pada iblis...

 

doakanlah saya saudara semua

supaya tidak berdosa lagi...

 

TUHAN Memberkati.

__________________

BIG GBU!

panjul's picture

seru juga

seru juga perdebatan diatas, saya jadi kagum sama pencetus ide ini. pertama-tama saya ingin menyatakan bahwa berdebat itu baik, tapi kalo saya lihat ada yang kelihatannya kesal, mari kita sikapi setuju atau tidak setuju dengan kepala dingin.

saya kira merupakan persetujuan bersama bahwa setiap opini yang muncul disini patut dihargai, bukan untuk dipatahkan (kalah atau menang)

mari kita mentafsirkan firman Tuhan dengan lebih penuh kasih yang mau terus berkomentar silahkan saja, saya kira saudara yang posting artikel pertama pasti setuju. perluas wawasan kita dengan berbagi ilmu dan pengalaman yang tentu saja berdasar dan tidak memojokkan. Tuhan memberkati

clara_anita's picture

absolut???

Wah jadi tambah menarik nih... Kalau boleh ikut berpendapat begini: Saya percaya di dunia ini tidak ada hal yang 100 persen absolut... implikasinya, batasan antara benar dan salah itu tipissss sekali, dan kadang malah batasan itu membaur hingga sulit membedakan antara mana yang benar dan yang salah. Persoalannya, dalam pandangan saya, bukanlah mencari mana yang benar dan yang salah. Saya sependapat dengan "orang bedosa" kalau ini bukan masalah "menang" atau "kalah". Soal dorongan seksual, kita memang dikaruniaia hal itu sejak lahir, sebagai satu piranti untuk mempertahankan keberlangsungan hidup jenis kita. Tapi ingat berkat sebaik apapun kalau tidan dimanajemen dengan baik, ya bisa menjadi kutuk. . . Nah soal yang satu ini, parameternya kadang bias dan ndak jelas. Terus bagaimana dong....? Kembalilah ke hati nurani yang suci dan bersih. dan pada akal sehat yang dapat mempertimbangkan dengan kepala dingin tanpa dibumbui emosi ataupun prinsip-prinsip absolut yang kaku. . . GBU
Josua Manurung's picture

lho... memangnya kita sedang berdebat? ;)

lho... bagaimana memulainya... saya jadi merasa tidak enak ini... ternyata banyak yang salah sangka... iya cara ngomong saya ya seperti itu... saya ini aslinya pejabat... peranakan jakarta-batak... hahaha... dan mungkin orang melihatnya jadi terlalu gamblang... untuk para bloggers semua... saya minta maaf kalau kedengaran kasar... saya bukan orang yang senang untuk berdebat, saya tidak sedang mencari menang atau kalah atau ingin mematahkan pendapat orang lain... saya menghargai 100% pendapat orang lain... yang benar lho ya... hahaha... :)

semua bloggers sudah saya anggap seperti saudara sendiri jadi kalau pembahasannya agak seru yaa... menurut saya itu bagus.... anggap saja kita sedang rapat seru seperti di gereja masing-masing... atau sedang membicarakan sesuatu yang seru dengan anggota keluarga yang lain di rumah... ini lho sebenarnya yang ingin saya pertanyakan kepada saudara garam dunia, mungkin poinnya tertinggal... ""Alkitab tidak memiliki tulisan langsung mengenai hal masturbasi. (ini saya sepakat) Akibatnya, Alkitab tidak mendukung ataupun melarang hal ini." ( ini saya bingung ) ini inti persoalan yang sangat mengganggu bahkan sampai terbawa mimpi lho... di perkumpulan pemuda juga sudah pernah saya bawakan makalah ini... Bagaimana kalau di Alkitab juga tidak tertulis tentang hal-hal lain yang kita tahu itu notabene salah misalnya: exctasy, mariyuana, homoseksual, lesbian... yang saya tahu kata-kata itu tidak tertulis di Alkitab... apakah kita juga tetap akan berkata : ..., Alkitab tidak mendukung ataupun melarang hal ini."

baiklah jika Alkitab memang tidak menuliskannya secara jelas... Alkitab adalah kumpulan dari Firman Tuhan ... tapi apakah begitu pendapat dari Firman Tuhan Yang Hidup ... saya setuju dengan pendapat saudara garamdunia yang mengatakan kita tidak bisa memberi peraturan-peraturan tentang ini boleh dan itu tidak boleh... kesannya memang kita ini menjadi seperti kaum Farisi dan Saduki yang membuat peraturan yang bertele-tele toh sebenarnya mereka pun melanggarnya... tetapi ada baiknya kita dapat sekedar mengingatkan saudara-saudara kita yang lain tentang mana yang baik dan mana yang tidak baik di mata Tuhan...saya percaya ROH KUDUS yang ada di dalam hati kita masing-masing yang akan menunjukkan mana yang baik dan yang buruk...

sekali lagi... jika tulisan saya terkesan seru dan hangat itu semata karena Roh itu menyala-nyala di dalam saya... mari nyalakan Roh Kudus di dalam hati kita...

BIG GOD BLESS YOU!!!

__________________

BIG GBU!

Aries Yunarta's picture

Wah...

Sebelumnya saya minta maaf jika komentar saya sebelumnya menyinggung saudara garamdunia. Saya sebenarnya tidak bermaksud begitu, saya menulis komentar tersebut karena saya agak "terganggu" dengan kalimat :

 "Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk mengundang sesama pengikut Yesus, untuk tidak membebani sesama dengan perintah-perintah atau larangan yang bahkan tidak pernah disebut di dalam Alkitab."

Yang terdapat pada artikel saudara. Jadi saya memberikan komentar tersebut, karena saya benar-benar takut kalau2 yang membaca artikel saudara adalah orang-orang yang belum memiliki iman yang teguh atau yang belum dewasa dalam iman. Karena kalimat tersebut bisa menjadi pegangan/alasan mereka untuk melakukan hal2 yang tidak baik yang tidak secara spesifik di tulis dalam Alkitab. Tentunya saudara tidak menginginkan hal tersebut bukan?

Sekali lagi saya minta maaf bila saudara tersinggung. Karena maksud saya yang sebenarnya adalah sebagai sesama anak Tuhan, kita bisa saling bertukar pikiran dan mengomentari satu sama lain, tentunya dengan maksud membangun iman bersama-sama.

GBU ALLLaughing

__________________

Jesus Love Me and You

garamdunia's picture

Tidak tersinggung

Wah, saya memang tidak tersinggung kok. Memang tujuan blog sabdaspace.org ini untuk bertukar pikiran mengenai ajaran Firman Tuhan, bukan begitu? Jadi kita bisa saling mengkoreksi?

Sekali lagi, tujuan saya tetap sama, dan memang setiap orang berada di skala yang berbeda di dalam hidup kekristenan. Mungkin memang seharusnya saya tidak mengemukakan topik yang kontroversial di publik, kalau memang menjadi batu sandungan:

"Pada saat yang sama, kita sebagai pengikut Yesus, tidak mencari alasan ’saya boleh kok melakukan hal ini karena ini itu‘, melainkan mencari kepentingan orang lain terlebih dahulu"

Josua Manurung's picture

sebenarnya...

sebenarnya topiknya tidak kontroversial, menurut saya biasa-biasa saja dan itu sudah suatu hal yang lumrah untuk dibicarakan... karena bagaimana kita bisa melakukan konseling untuk orang lain jika kita tidak tahu pasti apa yang kita bicarakan... yang membuat kontroversial itu justru di dalam pemilihan kata-katanya.... itu yang memicu pertama sekali... karena seperti ada yang mengganjal di dalam hati... dan ingin mengatakan bahwa sebenarnya itu salah dan sebagai saudara tentu saja saya tidak ingin ada saudara-saudara lain yang tersandung dan jatuh... begitu lho... bapak garam dunia.....

 

TUHAN Memberkati.

__________________

BIG GBU!

garamdunia's picture

Alkitab dan Tidak di Alkitab

Menanggapi saudara Josua dalam hal spesifik:

"Bagaimana kalau di Alkitab juga tidak tertulis tentang hal-hal lain yang kita tahu itu notabene salah misalnya: exctasy, mariyuana, homoseksual, lesbian... yang saya tahu kata-kata itu tidak tertulis di Alkitab... apakah kita juga tetap akan berkata : ..., Alkitab tidak mendukung ataupun melarang hal ini.""

Exctasy dan mariyuana memang tidak disebut, maka hal ini menjadi kontroversial kalo diperdebatkan lagi ;) , tetapi Alkitab sangatlah jelas dalam hal mengapa kita melakukannya. Contoh: kalau sampai dengan melakukannya menjadi batu sandungan kepada orang lain, tidak mengasihi sesama, jelas-jelas hal ini menjadi 'dosa'.

Homoseksualitas dan lesbian jatuh di kategori 'tidak bermoral' di Roma 1:26-27, dan Imamat 18:22 ;)

Sekali lagi, kita semua setuju seperti yang anda sudah katakan:

"...kita dapat sekedar mengingatkan saudara-saudara kita yang lain tentang mana yang baik dan mana yang tidak baik di mata Tuhan...saya percaya ROH KUDUS yang ada di dalam hati kita masing-masing yang akan menunjukkan mana yang baik dan yang buruk... "

Josua Manurung's picture

Honour GOD with your body

just want to share...

1 Corinthians 6 :15, 18-20

"Don't you know that your bodies are part of the body of Christ?

Don't be immoral in matters of sex.

That is a sin against your own body in a way that no other sin is.

You surely know that your body is a temple

where the Holy Spirit lives.

The Spirit is in you and is a gift from GOD.

You are no longer your own.

GOD paid a great price for you.

So use your body

to honour GOD.

 

BIG GOD BLESS YOU!!!

__________________

BIG GBU!

gangga saputra's picture

talking about masturbating, talking about my old sin

shaloom ^^ wah wah ga sengaja nemu website ini hmmm perkenalkan nama saya gangga ^^ saya besar sebagai orang kristen, dari kecil dah ke gereja loh ^^ hahahah tapi bener2 baru menjalani hidup sebagai orang kristen itu baru kira2 1 tahun yang lalu .. hmmmm dibaptis tuh taun 2004 tapi masih sering jatoh2 ^^ g besar bukan sebagai anak baik2, lingkungan di luar gereja saya banyak yg bukan kristen dan meskipun kristen banyak yang hanya sekedar kristen KTP jadi soal seks begini dah jadi santapan sehari2. G mulai melakukan onani ketika saya duduk di bangku smp tepatnya kelas 1 smp. waktu itu g ama temen2 lagi mendiskusikan hal ini, dan waktu sepakat pengen nyoba .. mmm alhasil .. jujur untuk pertama kali sangat berkesan menyenangkan ... dan itu membuat saya ketagihan.. bahkan sampai tahap dimana saya harus terus melakukannya, kalo ngga, wuih kepala rasanya beraaaaaaat banget and ga bisa konsen .. yg ada dikepala jorok mulu ... liat cewe berpakaian lengkap aja langsung dianggap telanjang, n mulai berfantasi aneh.. g ngerasa cape banget, padahal dah sering bertobat dan minta ampun berkali2 tapi dasar yang namanya iblis .. dia benar2 raja penipu .. g berulang kali jatuh ... bang garamdunia salah satu yang ada dikepala g waktu beronani itu yah kata2 seperti "onani itu gak dosa asal gak mikirin cewe laen, ini cuma buat ngelampiasin aja.." alhasil gue onani lagi tapi setelah melakukannya g tetep merasa bersalah n dosa banget... g tau kenapa g merasa seperti ini .. karena roh kudus yang ada didalam kita itu menegur kita .. dan saya sangat percaya kalo Tuhan pada saay itu pasti menangis sedih sekali ... sekarang saya sudah berhenti.. tapi apa iblis berhenti?? jawabannya jelas tidak .. dia bakal terus nyerang dan bahlan semakin kita menolak, maka serangannya akan semakin dasyat.. g ampe ga berani liat gambar cewe seksi ato yg berpose agak menantang.. soalnya dah pasti itu bakal dipake iblis buat nyerang g (dirty mind strike back) .. nah berikutnya kamar mandi and kamar tidur .. itu yang jadi tempat menakutkan ketika g sedang diserang ...soalnya ditempat itu g bener2 dapet privasi and ga ada yg bisa liat .. jadi apapun yg kita kerjain, dah pasti ga ada yg tau .. so i pray a lot in this places ... nah trus gimana?? g sering kali ditegur sama Tuhan .. "Gangga, Aku menciptakan seks bukan sehina ini, tapi semuanya untuk kemuliaan Bapa, dimana saat itu suami dan istri menjadi satu ... Seks itu kudus dan bukan kenikmatan sendiri .." seperti bang garamdunia sendiri bilang "Seks diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan yang baik dan untuk dinikmati oleh sepasang suami istri (Kejadian 1:27,31 dan Kejadian 2:24" pada saat kita melakukan masturbasi, yg kita pikirkan adalah diri kita sendiri dalam mencapai kepuasan .. nah apakah kita memikirkan kemuliaan Tuhan?? so pasti tidak, yg kita pikirkan hanya diri sendiri .. g berumur 13 tahun ketika melakukan onani pertama kali .. sekarang umur saya 24 ... dan masih berjuang untuk benar2 bisa bebas dari dosa ini ... sekarang g dah berenti tapi pikiran kotor masih sering datang, g ampe harus menampar ato nyubit ato tiba2 ngapain untuk menghilangkan pikiran itu ..Thanks Lord buat terus ngingetin g ^^ our great Father ^^ Segala sesuatu yg diciptakan oleh Tuhan itu baik dan memang sangat baik, TAPI jika digunakan untuk kemuliaan Tuhan.. kalo untuk diri sendiri ... emang diri kita ini siapa ampe merasa berhak untuk ikut "dimuliakan" .. so friends just a warning, iblis sangat pandai memainkan pikiran kita.. dia bisa memutar balikan isi alkitab, sesuatu yang buruk bisa dia putar balikan menjadi sesuatu yang sangat baik dengan kahalusan yang sangat sempurna sampai kita tidak menyadarinya .. bang garam dunia maaf yah kalo g gak sependapat soal masturbasi ini .. coz g dah ditegur langsung and it's a big sin .... meski dengan alasan apa pun .. g dah berani berdebat hal ini ama Tuhan.. i believe.. apa yg kita tabur itu yg kita tuai .. dan satu lagi melakukan onani itu sama saja dengan mengkhianati pasangan kita sendiri... meski kita beralasan daripada selingkuh... hahahahaha dengan onani kita berarti selingkuh .... pada saat selingkuh yg ingin kita puaskan adalah hasrat seks kita (jangan pura2 deh soal ini hahahah yg pada doyan selingkuh >,<) dan itu dah jelas.. apa bedanya coba ama onani .. all about ourself ... bang garamdunia kita sama2 berdoa minta Tuhan tunjukin yang terbaik, karena jawaban yang paling benar itu tetap datang dari Tuhan .. So friends hati-hati ama tipu daya si iblis ok, inget waktu kita tinggal bentar lagi, Tuhan tar lagi datang, jangan ampe kecolongan ... All for Jesus Glory .. Amen ... Tuhan berkati semua ^^ maaf maaf kalo g belum daftar ato lom terverivikasi tapi dah berani nulis2 ^^
garamdunia's picture

Percayalah pada Roh Kudus

Untuk saudara Gangga Saputra, selamat datang di komunitas ini, senang sekali mengetahui semakin banyak orang mengikuti Tuhan dengan serius. Saya berdoa agar anda tetap setia melayaniNya sampai akhir.

Menanggapi komentar saudara Gangga:
""onani itu gak dosa asal gak mikirin cewe laen, ini cuma buat ngelampiasin aja.." alhasil gue onani lagi tapi setelah melakukannya g tetep merasa bersalah n dosa banget... g tau kenapa g merasa seperti ini .. karena roh kudus yang ada didalam kita itu menegur kita"

Ya benar, seperti yang sudah saya kemukakan di komentar saya sebelumnya, kita menyembah Tuhan melalui kebenaran FirmanNya dan Roh Kudus. Jikalau Roh Kudus telah menegur saudara melalui hati nurani anda akan hal ini, yakinilah itu.

Sama juga dengan para pembaca lain yang kebetulan membaca topik ini, bacalah topik ini dari Firman Tuhan dengan sikap rendah hati (bukan bermotivasi 'melegalitaskan' segalanya), dan percaya kepada Roh Kudus melalui hati nurani anda (dan banyak doa), dan yakinilah itu.

"Jangan seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain" 1 Korintus 10:24

y-control's picture

wah

waduh duh bos, blog yang judulnya masturbasi, komennya itu banyak banget. panjang-panjang lagi.. ada yang bergaya essay, puisi, ada juga yang bentakan.. ck ck ck soal seks dimana-mana memang laris
__________________

Bersedih lebih baik dari pada tertawa, karena muka muram membuat hati lega (Pengkhotbah 7:3)

Wong ndeso's picture

Which one?

Bagus2, ternyata banyak saudara2 yang sedang dan terus berjuang ngejaga kekudusan buat Allah. Manakah yang boleh dan tidak boleh, manakah yang dilarang dan tidak dilarang? Kalau boleh ngasi koment, Indikasinya adalah : Renungkanlah sejenak apakah dengan melakukan itu Tuhan tersenyum atau malah menangis?, dengan apa yang kita lakukan itu apakah kita akan menjadi lebih baik? Karena kita tidak bisa mengabdi pada 2 Tuan, karena apabila kita mengikuti yang satu, yang lain akan dikecewakan, 2 Tuan yaitu Allah dan dunia saling bermusuhan. Masturbasi adalah keinginan dari dunia. Setuju semua nggak ? Yaa, akhir kata Utamain Tuhan diatas segalanya, diatas nafsu2 kita, diatas keinginan2 kita, Saya juga lagi belajar dan berjuang buat hal itu, doain ya. Thanks, GBU always
dennis santoso a.k.a nis's picture

capeee deh...

kalo gini gaya kalian diskusi, kapan indonesia mau diselamatkan? maksud gue; we, as christian, harusnya jadi "terang dunia" alias "contoh". lha, kalo diskusi soal urusan sepele kayak masturbasi aja kayak gini "aura" nya, mana mungkin para "sodara sepupu" kita tertarik untuk jadi "sodara kandung"? please deh... salut buat bung "garam dunia" n "waskita". thank's god masih ada orang kristen yang menarik. keep up the good work ^^)
Josua's picture

saya mengutip dennis

saya mengutip dennis menulis:

masih lebih bagus orang yang ikut berpartisipasi ke dalam komunitas apa pun, dan berusaha untuk mempengaruhi "orang yang dianggap tersesat", tapi ternyata gagal, daripada orang yang sekedar melihat sesuatu yang jelek, tapi hanya menghela napas, berdoa (atau menyumpah, u named it), dan pergi.

 

GBU!

dennis santoso a.k.a nis's picture

eksplisit aja jos - apa sih maksud lo? gelap nih gue...

to josua,

jos, lo ngutip omongan gue yang nyindir elo gara2 gue ga suka lo mempertanyakan pada Yesus tentang kapan jakarta kena tulah. terus terang jos, anggep gue bego n super idiot plus gendeng deh, tapi maksud lo apa sih? ngomong eksplisit aja, ga usah pake segala macem perumpamaan, kutipan, dll.

terus terang aja bro, gue udah muak ama gaya lo yang sok "martir". udah man, kalo ada maksud sesuatu, omong eksplisit aja.

gue ini bego lagi, kagak ngartos (baca: ngerti) deh segala macem sindiran mah. kadang disindir pun gue suka ga sadar hahahaha, jadi mending lo omong eksplisit aja supaya gue ngerti dan kita bisa diskusi lagi. gampang kan?

kalo lo omong eksplisit ntar gue terangin deh kenapa sikap gue terkesan mendua antara post ini dengan post soal mujizat nya si Hai. gue pikir sih lo dah ngerti, tapi gaya lo nyindir2 menunjukan bahwa kita sama2 bego kayaknya hahahahaha :))

y-control's picture

OOT: bakal seru gak yah?

nah lo, selamat berkenalan dengan pemimpin klasemen sabdaspace hehehe..

sebelum ini saya bisa dibilang males banget login dan ngeblog bahkan baca2 postingan panjang-panjang yang soal doktrin2 di sini. tapi hari ini saya buka komen-komennya sudah mulai lucu-lucu deh hehe.. bahkan ada user cermin lagi (selain waskita-waskami, kini ada joshua-bin nun). Meski ga suka ikut berpolemik, lucu juga blog ini dah jadi kayak forum atau malah milis.. have fun ya guys (mungkin lebih asik kalo ada user cewe yang ikut komen2 juga neh)

__________________

Bersedih lebih baik dari pada tertawa, karena muka muram membuat hati lega (Pengkhotbah 7:3)

dennis santoso a.k.a nis's picture

OOT: bakal seru gak yah? SERU dong :-)

iya nih, lebih asik kalo ada cewek2 hehehe *sok imut mode ON*
Josua's picture

kita???

kita...?

elo aja kali...

ya udah deh kita deh... :)

hahaha... it takes two to do tango...

ooh... jadi itu masalahnya... kalau tentang Jakarta kena tulah...

itu sudah pasti...:)

I pray for that... to let everyone... including me... in Jakarta feel close again to]

Jesus... but maybe we will be the last...

 

you see after NAD Aceh - dengan pengusiran-pengusiran orang-orang Kristen disana...

 

DIY Yogya - yang mengagung-agungkan Nyi Roro Kidul dan segala sesajen

mereka...

 

Bali - dengan segala sex bebasnya

 

Daerah pesisir pantai - dengan semua warung remang-remangnya...

 

Jakarta - dengan segala kejahatannya...

 

ok... we are tryin to solve the problem in here...

I know you upset with me... i know you don't like me (muak)

well i'm not... I love you then as my bro in Jesus...

I just think that we should respect another denominations...

hai said Gereja Katolik, Pentacost, Charismatic, HKBP... yes we should...

but if you want to blame them because of the way they represent the praise...

and then hai started to judge them too...

with pengkhotbah tepu-tepu and pendoa alam roh 

i don't buy that... I'm not agree.. I feel sad...

all the Christians must stay in One Hand of LORD GOD JESUS,

One Holy Spirit, never becoming separated...

that's my point... it's simple...

and then you speak about the mayapadaprana...

ooo.. it's not appropriate though...

they teach tenaga dalam, meditasi, pencerahan when people get into trouble...

instead of praising The LORD GOD...

that's all bro...

 

we love you...

 

GBU! 

 

maaf jika tidak sesuai dengan topik pembahasannya... 

dennis santoso a.k.a nis's picture

nah kalo gini kan gampang

nah kalo gini kan gampang toh ...

nih satu2 yah:

[1] soal "One Holy Spirit, never becoming separated...".

gue rasa ini bullshit man, at least di indonesia sih cuma idiom doang. soalnya yah gitu, dikit2 kesinggungan kayak elo gitu hehehehe. gue rasa sih kalo dah beneran bersatu, kita bisa diskusi yang penuh keterus-terangan kayak yang sekarang kita lagi lakukan. it's a good progress and i really appreciate it.

[2] soal "about the mayapadaprana"

man, gue join di milis itu buat cari tau, sebenernya apa sih yang mereka percaya, dan apa yang membuat mereka bisa percaya. so far, gue masih gelap, dan masih baca2 terus tanpa pernah comment apa pun disana. sun tzu bilang, buat ngalahin musuh, lo harus tau apa yang dia percaya. jadi lo bisa predict kira2 apa argumen nya.

mungkin disini lo bilang, "oh itu serahin aja ama Roh Kudus" ... well, itu bagian lo deh, gue sih emang kurang kadar RK nya so gue prefer pendekatan langsung aja. toh kita kan setubuh kan kata lo, jadi ga ada bedanya kan lo yg doa n gue yg maju.

gue ada temen satu di kantor, hindu bali, lagi entah napa deket belakangan ini, n gue pengen banget dia kenalan ama si Akang kita itu. makanya gue join tuh milis tenaga dalem :))

anyway, posting gue soal milis itu berfokus pada si mang ucup. semangatnya mantep man. terlepas dari benar salah ajaran dia, gue terkuatkan karena ada orang kristen indo yang berani mati kayak gitu. lagian, gue satu "aliran" ama dia, sama2 belajar jurus dewa mabuk :))

gitu deh jos ^^)

Josua's picture

monggo...

monggo... kalo mau tahu kekuatan musuh silahken... :) tapi jangan bermain api ya... hahaha... kalau sudah berasa "panas" saya rasa itu sudah cukup... :) mereka itu bisa meditasi sampai terbang gitu... hahaha... ehh... ga percaya ya... saya sudah mencobanya... kita akan duduk bersila... menenangkan pikiran... lalu meditasi pun dimulai dengan suara khas pembawa acaranya... lalu entah kenapa... tenaga dalam itu mengalir begitu saja... yang tadinya kita kesemutan selama sejam... setelah lewat sejam kita tidak akan cape lagi... bahkan bisa berjam-jam... kalo sampe tingkat tertentu... kita bisa terbang dalam posisi bersila... sekitar berapa senti gitu... yah... itu dulu sudah saya tinggalkan... tapi tehnik meditasinya masih bisa dipakai untuk latihan teater di gereja saya... tapi suara-suara itu digantikan dengan doa dan Roh Kudus... begitu... maaf kalau ada pembaca pengikutnya yang tersinggung... mencuri tehnik sedikit... :) GBU!
Josua's picture

Roh Kudus bekerja

1) Let's say it is idiom... but tidak sepenuhnya betul, saya tahu ada persekutuan oikumene yang indah di daerah rempoa... PWKPR... dan saya rasa di Jakarta itu tidak hanya satu... ada yang dari Katholik, GKJ, GPIB, GKI, HKBP, Tiberias... tapi mereka rukun dan sangat indah terlihat... tapi si jahat tidak suka itu... mulailah dibuat permusuhan-permusuhan dan intrik... gampang tersinggung... dan gampang nyinggung, sakit hati... puasss...puass... hahaha... jadi seperti tukul ini...

2)oowww.. pasti temen kantornya cewe tuh... hehehe... maju terus pantang mundur... kalau sudah dekat sekali... coba ajak dia ke gereja... kalo mau ... itu memang jodoh... kalo dia nggak mau... yah... wassalam... :)

Yenti's picture

Wow....

Wow...saya baru melihat ternyata banyak sekali komentar tentang topik ini= Masturbasi. Kebetulan baru baca topik ini.Kalau dibaca komentar-komentar di atas, ternyata seperti ada pengakuan dosa juga yah.... yah kayak bentuk kesaksian gitu:). Kadang-kadang saya pun jadi bingung, komentar yang ditujukan dalam sabdaspace ini lebih bertujuan ke arah mana ?? Ke arah artikel atau kemana ?? Soalnya kecenderungan yang saya lihat malah lebih mengarah seperti balas-balasan antara satu koment dengan koment yang lain:p Ok kembali ke topik. Kalau ditanya mengenai masturbasi, aku lebih berprinsip kalau hal ini adalah dosa. Sebenarnya pertanyaan ini seh sama seperti : apakah merokok itu diperbolehkan? apakah berciuman saat pacaran itu diperbolehkan ? apakah menyontek itu diperbolehkan? cuma temanya yang sedikit berlainan saja. Intinya : Tubuh kita dalah Bait Allah yang kudus. Biarlah kita boleh hidup kudus sesuai dengan yang Tuhan inginkan. Emang terlalu teoritis kali yah.. apalagi buat para cowok2 yang punya keinginan Sex yang besar dibandingkan dengan wanita. BERSANDAR PADA TUHAN DAN MENDISIPLINKAN DIRI - ada kekuatan dan keinginan dari diri sendiri untuk melepaskan diri dari semuanya itu.
udel's picture

ngomong dosa gampang.. tapi

ngomong dosa gampang.. tapi bagaimana yang udah terikat masturbasi... ditengking setannya? atau diskusikan? atau di komentari? bagaimana kalo dibahas cara lepasnya..? kasihan yang terikat, tapi ndak tahu cara lepasnya.. kata garamdunia... "Jangan seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain" 1 Korintus 10:24 ada yang pernah ikut pelajaran inner healing ga ya? coba deh! kayaknya semua orang perlu deh.. =) Gusti Yesus berkahi kito sedoyo...
novanto's picture

Penyakit Kelamin Akibat

Penyakit Kelamin Akibat Onani Siapa bilang onani nggak menimbulkan masalah secara fisik. Sejumlah kuman dan bakteri siap menyergap. Apa rasanya kalo "mahluk" asing itu masuk ke uretra? Topik onani kerap jadi bahan pertanyaan para cowok. Nyatanya, menurut Dr. Sjaiful Fahmi Daili, SpKK, hampir sembilan puluh persen cowok pernah melakukan onani. Banyak yang menganggap bahwa onani adalah cara penyaluran yang paling aman. Padahal belum tentu. Malah, onani bisa juga menjadi faktor pemicu terjadinya penyakit . Bentuknya mungkin nggak seganas penyakit yang terjadi akibat sembarangan berhubungan seks. Penyakit yang muncul akibat onani biasanya adalah infeksi dan alergi. Penyebabnya antara lain kalo teknik onani yang dilakukan rada "nyeleneh". Misalnya penis ditekan, dipencet, atau digesek keceng banget. Tapi bisa juga lantaran kebersihan tubuh khususnya alat kelamin, kurang terjaga. Umpamanya tangan nggak dicuci dulu. Atau abis onani nggak langsung dibersihin, dan lain sebagainya. Lainnya, kalo pake alat bantu yang nggak steril. Atau pake pelumas yang nggak cocok sama kulit. INFEKSI Infeksi bakal terjadi kalo penis lecet dan bakteri atau kuman masuk ke luka tersebut. Namanya juga bergesek, peluang timbulnya lecet pada permukaan yang tergesek jelas besar. Repotnya, saat onani "keterampilan" tangan sering lepas kontrol. Karena merasa keenakan dan nyaman, tangan pun bergerak hebat. Sementara. Akibatnya kulit penis tambah lecet. Ditambah lagi kalo menggunakan alat bantu yang kurang terjaga kebersihannya. Begitu lecet, bakteri dan kuman yang ada di tangan atau alat bantu bakal langsung mengintervensi. Proses "pindah rumah" bakteri dan kuman ini saat onani relatif tanpa hambatan. Dalam waktu singkat mereka bisa menjelajah seluruh area penis. Sebab saat ereksi semua pembuluh darah di penis akan melebar. Artinya semakin membuka peluang bakteri dan kuman memasuki "kawasan" tersebut. Tanda-tanda terjadinya infeksi, permukaan kulit penis yang lecet akan memerah dan jadi borok. Malah kalo infeksinya parah, borok bisa sampe bernanah. Selain itu akan terjadi pembengkakan. Bisa juga infeksi ini diikuti dengan rasa perih saat kencing dan badan panas-dingin. Kalo udah sampe begini, kudu lebih waspada lagi. Soalnya berarti ada indikasi masalah di saluran kencing (uretra). Kenapa begitu, karena kuman atau bakteri juga bisa menembus lubang kencing yang terdapat di ujung penis. Dari sinilah awal, masuknya "mahluk" asing itu ke saluran kencing (uretra). Peradangan di saluran kencing juga bisa terjadi karena pada saat menggesek, tekanan yang dilakukan oleh tangan terlalu kencang. Sehingga uretra akan tergencet. ALERGI Timbulnya alergi penyebabnya nggak lain karena penggunaan bahan-bahan pelumas. Kayak minyak, cream, atau gel yang nggak cocok dengan kulit. Sehingga menimbulkan peradangan di kulit kemaluan. Reaksi alergi bisa berbentuk bengkak ataupun gatel. Awalnya, biasanya ditandai dengan kulit yang memerah. Nggak lama setelah itu kulit membengkak. Terus timbul bintik-bintik merah. Bintik-bintik ini penyebarannya merata, alias nggak cuma timbul pada daerah tertentu. Kalo alerginya makin berat, pada bintik-bintik tersebut bakalan mengeluarkan cairan. Klimaksnya adalah keluarnya nanah. Rasanya, jangan ditanya lagi. Bisa bikin kamu kayak cacing kepanasan. PENGOBATANNYA Buat infeksi luar cara ngobatinnya biasanya cukup diolesi salep antibiotik. Sementara kalo terjadi borok basah (bernanah) mungkin perlu dikompres. Sedang bila infeksinya terjadi di saluran kencing, cara pengobatannya adalah meminum obat antibiotik. Nah, kalo udah terlalu berat, obat yang dikasih dokter biasanya macem-macem. Dari salep sampe obat minum. Cara ngobatin alergi juga hampir mirip. Untuk memberantas alergi, dokter-dokter ahli penyakit kelamin bakal ngasih salep dan obat antialergi. Pengobatan kedua penyakit ini nggak makan waktu lama. Paling sekitar empat atau lima hari. Tentu "korban" onani kudu mengikuti aturan pakai, plus menuruti anjuran untuk nggak beronanidulu sampai sembuh. (ayu, berdasarkan wawancara dengan Dr. Sjaiful Fahmi Daili, SpKK)
huanita's picture

minta saran

Hi..kenalin aqu junita, tapi aqu lebih senang dengan panggilan huanita.Aqu tinggal di Pekanbaru dan lagi kuliah diteknik kimia, oh ya aqu orang batak asli. Ngak sengaja masuk kesini en baca email2 yang dah masuk, aqu sangat tertarik dengan topik "masturbasi" ini dan menurut aqu "masturbasi itu dosa". Dulunya aqu juga pernah melakukan (sejak aqu SMP walau tidak begitu sering, sampe SMA. Aqu berhenti setelah aqu sadar bahwa aqu jijik untuk melakukannya karna itu yang aqu rasakan setelah selesai berfantasi)dan sekarang aqu punya adik junior cowok yang udah terikat dengan onani sejak SMP juga(dia dari Depok). Pertama-tama dia takut dan malu untuk cerita tapi akhirnya dia jujur. Sejak itu sebagai kakak rohani bagi dia aqu berdoa untuk dia sadar dan sampai dia merasa jijik untuk melakukannya karna aqu tahu ketika kita benar2 mengasihi Tuhan ada perasaaan jijik untuk melakukan masturbasi tersebut dan memberi saran agar dia lebih mencari pribadi Tuhan serta mencari kegiatan yang dapat mengalihkannya dari melakukan itu. Dari teman2 cowok yang dah masuk bisa ngasih saran ngak ama aqu?? Aqu sangat berharap ada masukan dari kalian2 but sebelumnya thanks ya dah mau baca sekaligus tuk masukannya. Huanita, God Bless...
penny_saras's picture

MASTURBASI?? HMMM....

Wow...rame banget deh komentar-komentarnya...saya sampe nggak tau mo komentar apa. Tapi yang saya tau, masturbasi dosa deh terlepas dari motivasi apapun yang menjadi latar belakang terjadinya "kegiatan asik" tersebut. Beberapa teman cowok yang dengan jujur pernah cerita ke saya, mereka sebagian besar ngerasa "bersalah" sehabis ngelakuin "kegiatan asik" tersebut. Gak beda ama yang udah ditulis Gangga (Feel guilty). Trus dikit ngomentarin Bang Josua ma Dennis : "Buseeet...sampe segitu-gitunya. Btw...asik juga diskusinya. Pake ngotot-ngototan tapi ujung-ujungnya GBU...Indah banget....Moga-moga emang bener-bener tulus ucapan GBU-nya...hehehe". Buat yang lain...JLU!! Keep fire in Christ!!! Eh ya...Met Natal juga yah...kan udah Desember nih...
Pengunjung's picture

Perkataan dan ajaran Yesus..

Hmm.. Kalau bicara soal masturbasi memang menarik.. Kalau sepengetahuan Saya ketika membaca alkitab, Yesus tidak pernah bersabda mengenai hal-hal yang bersifat 'bebas'.. Semua yang dikatakan Yesus dalam alkitab sama seperti ajaran Nabi2 terdahulu.. Yesus memegang hukum taurat, bukan memperbaharuinya! Mengenai ayat2 Korintus, dsb.. Yang anda kutip diatas, itu semua bukan perkataan Yesus! Siapakah pencetus ayat2 itu? Siapa lagi kalau bukan Paulus! Yap! Dia.. Sekarang, yang melarang makan babi siapa? Yesus. Yang memperbolehkan siapa? Paulus. Yang menyuruh sunat siapa? Abraham, Musa, Daud, Yesus, and also prophet Muhammad.. Yang membatalkan perintah sunat siapa? Paulus! Yang menyuruh menyembah satu Tuhan siapa? Yesus.. ULANGAN 4:35 Ucapan Yesus:”Maka kepadamulah ia itu ditunjuk, supaya diketahui bahwa Tuhan itu Allah, dan kecuali Tuhan Yang Esa tiadalah yg lain lagi”. Yang memnuhankan Yesus siapa? Paulus(lagi!) Padahal Yesus berkata, MATIUS 7:21 “Bukannya tiap2 orang yg menyeru aku Tuhan,Tuhan, akan masuk ke dalam kerajan sorga, hanyalah orang2 yg melakukan kehendak Bapaku yg disorga”. Siapa yang melaksanakan perintah Tuhan yang Esa? Muslim yang BAIK,bukan FPI loh!! Haha.. Yang menuhankan Yesus? Upss.. Maybe yg sedang membaca ini.. Anyway.. kalau kalian mau membaca jelas apa mau Tuhan, janganlah kalian membaca apa kata Yesus kemudian dibandingkan dengan apa kata Paulus! Karena pasti akan bertentangan(kontradiksi).. Padahal khan kitab kalian uda berkali-kali 'tambal-sulam' alias direvisi.. Mungkin pada akhirnya nanti Saya yakin, apa kata alkitab akan terus berkurang karena di tambal-sulam sampai tipisss bgtt.. It's okey! Yg penting khan iman! Ya gak? Satu lagi, mengenai polygami.. Polygamy itu sudah ada sejak zaman Nabi Abraham bung! Baca sejarah kalau tak percaya.. Polygamy salah? Tergantung orangnya! Sama saja seperti anda bertanya, nikah itu salah? Pasti jawabannya, tergantung orangnya.. Kalau niatnya baik, dan MAMPU ya fine2 aja.. Kalo maksain mampu, ya jelas buruk! Masalah kependudukan saat ini, hanya bisa ter "obati" dengan adanya jalan polygamy.. Baca survey penduduk di dunia sekarang, khusunya amerika, penduduknya lbh byk wanita atau pria? 2 juta lebih banyak wanita! Sekarang kalau seandainya setiap pria menikah dng 1 istri disana, masih ada 1 juta wanita tak menikah! Bagaimana solusinya? Pasrah ama nasib? Berzinah? Salah apa mereka? Mereka juga punya hak untuk disayangi sbg istri, dilindungi, dinafkahi lahir dan batin.. Satu lagi syarat polygami, ADIL!!(Kalau gak bisa WAJIB monogami) Mengenai singgungan mengenai Israel, kalian itu buta atau memang bodoh sieh?(maaf) Kenapa kalian justru membela Israel? Apa kalian tidak tahu kalau Israel itu menjajah Palestina? Salah apa Palestina sampai harus dizalimi Israel? Kalian tahu, berapa banyak ibu2, anak2, dikirim roket ama orang Israel? Kalau orang Palestina menyerang TENTARA Israel jelas wajar! Wong dia dijajah kok.. Kalian tahu, ibu2 gak salah apa2 ditimpukin batu ama orang Israel? Anak2 ditembak ama tentara Israel? Palestina dibunuh perlahan-lahan dengan PENAHANAN sumber daya pangan bagi mereka, kalian tahu? Lalu kenapa kalian membela Israel? Kenapa kalian justru memusuhi agama yang menghormati Yesus?? Percaya atau tidak, kalian semua telah ter"bohongi" oleh Yahudi Zionis di Israel, lucu rasanya kalau Kristen dan Yahudi bersatu melawan Islam.. Padahal yang anti Yesus siapa? Percayalah, maksud mereka begitu hanya ingin menikam dari belakang.. Tujuan dasar mereka, menguasai dunia dengan sistem Zionisasi.. Percayalah.. PELAJARI! Salam sejahtera dari saudara 'sepupu' mu umat Islam.. Semoga damai dari Allah beserta mu..
wisely's picture

Jangan Masturbasi Di sini

Wah Pengunjung, saudara sepupuh, Kalau mau mastubrasi jangan di sini dong!!
N/N's picture

Masturbasi itu dosa

Menurut saya, masturbasi itu dosa dan merupakan dosa hawa nafsu. Orang yang melakukan masturbasi sama saja melakukan perbutan zinah karena melakukan seks di luar nikah. Dan Firman Tuhan tidak memperbolehkan manusia untuk melakukan hubungan seks di luar nikah.
robert's picture

Ingat sodom dan Gomora...

Jangan discuss terlalu mendalam. Ingat saja kisah Sodom dan Gomora. Di sana Tuhan menghukum dengan dasyat. Cuma satu hal ja yang yang baik adalah melakukan perbuatan itu sesudah kahwin. Sebab Tuhan memberkati dan menguduskan hanya dalam perkahwinan yang sah.
LieL's picture

Setuju dengan penulis

Kebanyakan orang beranggapan dengan mengesampingkan perbuatan (masturbasi) dan melihat 1 langkah sebelumnya, yaitu pikiran/hati/motivasi, adalah seperti mengampangkan dosa, bermain2 dengan dosa, kompromi dengan dosa, terlalu liberal, seolah2 Tuhan itu super asik, dll sejenisnya. Padahal sesungguhnya ini jauh lebih mengerikan daripada sekedar 'mendosakan' perbuatan mastubasi yg dikatakan dosa. Masalahnya adalah adakah orang yg bisa bermasturbasi tanpa berpikiran kotor? Mungkin ada, tapi itu hanya kemungkinan kecil yg mungkin ditimbulkan oleh faktor lain, misalnya makan makanan atau minuman yg secara ga sengaja meningkatkan er*ksi.

Saya rasa kebanyakan orang terjebak dengan perbuatan seseorang, kemudian lupa kalo Yesus mengajarkan yg jauh berbeda, membenci saja sudah membunuh, memikirkan saja sudah berzinah, menginginkan saja sudah mencuri. Mati2an mengatakan masturbasi dosa, mati2an menjauhi masturbasi tapi sering memikirkan prono & dalam hati ingin melakukan, itu sama saja. "Muliakanlah Allah dengan tubuhmu!", kemudian makan babi terus, makan kambing terus, makan junk food terus, itu sama saja. "Lihat Sodom & Gomora, Tuhan jijik!", kemudian berlomba2 mencari ketenaran di rumah ibadah, menampilkan sosok yg dipandang baik namun palsu, merendahkan diri di atas gunung batu, itu sama saja.

Apa yg kelihatan memang mudah untuk dinilai, tetapi bagi saya apa yg tidak kelihatan itu lebih mengerikan. Tidak ada manusia yg sama sekali tidak berdosa.

anakgaul's picture

masturbasi jelas tidak boleh

Jelas masturbasi itu tidak boleh karena didalam Matius 5:28,"Barangsiapa yang memandang perempuan serta mengingingkan sudah berzinah didalam hati. Jadi jelas ketika masturbasi pasti ada pikiran seksual/kotor didalam diri kita.

Melvin Silitonga's picture

kalo nggak pake ngayal?

Gimana kalo masturbasi tapi gak pake ngayal2 tentang lawan jenis, apakah masih dosa? 

__________________

Di dalam Dia tersembunyi segala Harta Hikmat dan Pengetahuan
God bless u
Melvin

ResLiberta's picture

sambil meditasi

gimana caranya supaya pikiran nggak ngayal?

pake meditasi? ngosongin pikiran?

kundalini dong, bukan masturbasi

 

__________________

Dari jurang yang dalam aku berseru kepadaMu, ya Tuhan! Tuhan, dengarkanlah suaraku!

Melvin Silitonga's picture

Masturbasi itu apa?

Ada yang bisa masturbasi tanpa ngayal, dia cuma fokus aja pada tindakan dan efek yang ditimbulkan, bukan pada apa yang dihayalkan.

Karena inti utam dari  masturbasi itu sendirikan adalah terlepasnya hasrat yang dilakukan oleh diri sendiri tanpa bantuan orang lain.. tul gak? 

__________________

Di dalam Dia tersembunyi segala Harta Hikmat dan Pengetahuan
God bless u
Melvin

Antonomous's picture

Memang masturbasi tanpa

Memang masturbasi tanpa fantasi bisa terjadi. Tapi seberapa sering fantasi itu masuk to our mind pada saat masturbasi itu dilakukan. Ini merupakan kesempatan bagi iblis untuk memberikan umpan kepada kita.

Dia memberikan kesempatan kepada kita untuk membenarkan pikiran tentang itu, dan kemudian pelan-pelan menyusupkan fantasi itu walaupun mungkin hanya sekejap.

Lebih baik menghindari hal-hal yang berbahaya/ bermain api daripada menantangnya. Serangan iblis seringkali datang bukan pada saat kita siap, tapi saat kita tidak sadar/ lemah.

Lebih baik pikiran kita diarahkan ke hal-hal lain yang lebih bermanfaat dan minta bimbingan dari Dia selalu, berdoa untuk boleh dihindarkan dari cobaan. Keeratan hubungan dengan Dia inilah yang akan membuat pikiran kita enggan untuk berkompromi dengan ajakan iblis atau kedagingan kita yang pada akhirnya akan membuat kita menyesal apabila kita melakukannya.

Josua Manurung's picture

ya sudahlah...

jadi lucu... kalau membaca komen_komen yang sudah lampau...

masturbasi - mengeluarkan air mani  , bahasa Alkitabnya "lelehan"... ada di Imamat 15....

selamat membaca....

dosa atau tidak dosa silahkan anda yang menilai sendiri... free will... :)

jadi jangan bilang masturbasi - mengeluarkan lelehan tidak pernah disebut di Alkitab... belum lengkap saja kali membaca Alkitabnya.....  :)

@dennis: perdebatan kita dulu seperti lagu... darah muda... kang oma... :)

@hai: nulis panjang-panjang amat bro... sampai pegel ngeliatnya... :)

 

BIG GBU!

__________________

BIG GBU!

dennis santoso a.k.a nis's picture

buset

buset jos, gue malah udah lupa pernah ikut comment disini... blog tahun berapa nih? :D

btw, lo kemane aja jos? kapan kita masturbasi bareng lagi kayak dulu? :D

Josua Manurung's picture

maaf udah gak lagi....

malu sama umur....

masa debat terus kaga berhenti....

betul ga ko hai-hai...

hehe...

 

BIG GBU!

 

__________________

BIG GBU!