Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

MEMAHAMI MALEAKHI 1:11-12

Debu tanah's picture

Sebab dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, dan di setiap tempat dibakar dan dipersembahkan korban bagi nama-Ku dan juga korban sajian yang tahir; sebab nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, firman TUHAN semesta alam. Tetapi kamu ini menajiskannya, karena kamu menyangka: "Meja Tuhan memang cemar dan makanan yang ada di situ boleh dihinakan!" (Maleakhi 1:11-12).

Apakah maksud dari Maleakhi 1:11-12 ? Apakah ayat di atas berlaku bagi Perjanjian Lama saja atau Perjanjian Baru juga?

Maleakhi jelas sedang menyampaikan TEGURAN Allah kepada bangsa Israel lahiriah yang telah beribadah kepada Allah dengan cara yang pura-pura dan tidak menghormati Tuhan!

Teguran-teguran itu antara lain:
1.    Bangsa Israel melakukan ibadah dengan mempersembahkan korban binatang yang buta, timpang dan sakit (Maleakhi 1:8)
2.    Orang Israel yang tidak setia kepada isterinya. (Maleakhi 2:15)
3.    Orang Israel tidak membayar persembahan persepuluhan dan persembahan khusus (Maleakhi 3:8).
4.    Orang Israel berkata adalah sia-sia beribadah kepada Tuhan (Maleakhi 3:14-15)

Apa maksud bahwa nama Tuhan besar di antara bangsa-bangsa dan bahwa mereka mempersembahkan korban yang tahir?

Maleakhi jelas sedang MENYINDIR bahwa Israel yang adalah umat pilihan tetapi tidak memelihara Taurat / janji Allah, tetapi bangsa lain yang tidak diberikan Taurat / janji Allah secara khusus malah MENGHORMATI Tuhan !

MENAFSIRKAN Maleakhi 1:11-12 bahwa seperti yang dilakukan oleh beberapa Teolog di SINI mungkin adalah TOLOL, tetapi “MEMAHAMI” ayat tersebut seperti di SINI, bahwa ada bangsa lain yang diberi JANJI KESELAMATAN selain janji Allah kepada bangsa Israel adalah LEBAY, kalau tidak bisa disebut SUPER TOLOL !! Karena akan lebih banyak ayat-ayat lain dalam Alkitab yang secara eksplisit menentang “PEMAHAMAN” super tolol tersebut!

Orang Israel sebagai bangsa belum mengenal Yesus Kristus sebagai mesias (tidak mengakui Perjanjian Baru). Jadi Maleakhi 1:11-12 berbicara kepada bangsa Israel selama matahari masih terbit dan terbenam di bumi (selama belum kiamat)! Allah tidak pernah menolak bangsa Israel lahiriah, jadi Maleakhi 1:11-12 tetap akan berbicara kepada bangsa Israel sejak kitab ini ditulis sampai hari kiamat, hingga akhirnya mereka bertobat menerima mesias yaitu Yesus Kristus.

Maleakhi 3:6 Bahwasanya Aku, TUHAN, tidak berubah, dan kamu, bani Yakub, tidak akan lenyap.
 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@ Debu Tanah, GENIUS

Debu tanah, blog yang Ruuuuaaarrrr Biasa!!

Maleakhi jelas sedang MENYINDIR bahwa Israel yang adalah umat pilihan tetapi tidak memelihara Taurat / janji Allah, tetapi bangsa lain yang tidak diberikan Taurat / janji Allah secara khusus malah MENGHORMATI Tuhan!

wow nampaknya anda benar-benar memahami Maleakhi dengan baik.

Kok bangsa-bangsa lain bisa membesarkan nama Allah dengan memberi korban bakaran yang tahir ya? Siapa yang ngajarin mereka untuk membesarkan nama Allah, bukan berhala alias ilah lain? Siapa yang ngajarin mereka tentang korban yang tahir? Siapa yang ngajarin mereka cara mempersembahkan korban yang benar ya? Untuk apa mereka mempersembahkan korban yang tahir ya? Kenapa mereka TAAT memberi korban yang tahir kepada Allah ya? Oh ya, bangsa-bangsa itu cuman ada di sekitar Israel atau ada juga yang nun jauh dari Israel? Apakah bangsa-bangsa itu boleh disebut bangsa-bangsa yang TAKUT akan Allah?

MENAFSIRKAN Maleakhi 1:11-12 bahwa seperti yang dilakukan oleh beberapa Teolog di SINI mungkin adalah TOLOL, tetapi “MEMAHAMI” ayat tersebut seperti di SINI, bahwa ada bangsa lain yang diberi JANJI KESELAMATAN selain janji Allah kepada bangsa Israel adalah LEBAY, kalau tidak bisa disebut SUPER TOLOL !! Karena akan lebih banyak ayat-ayat lain dalam Alkitab yang secara eksplisit menentang “PEMAHAMAN” super tolol tersebut!

Debu tanah yang GENIUS (dibaca genius, bukan jenius). Boleh tolong jelaskan, super tololnya kenapa? Tolong dong tunjukkan ayat-ayat yang secara eksplisit menentang pemahaman super tolol tersebut.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai hai, terima kasih atas pujiannya!

Halo Om, selamat siang? Udah gak capek kan? Hehehe… bagus lah..

Terima kasih atas pujian anda. Saya sampai terharu bok! Hahaha…

Wah, pertanyaan anda banyak banget sih? Katanya saya genius, bukannya sudah jelas dalam blog saya di atas?

HAI:
Kok bangsa-bangsa lain bisa membesarkan nama Allah dengan memberi korban bakaran yang tahir ya? Siapa yang ngajarin mereka untuk membesarkan nama Allah, bukan berhala alias ilah lain? Siapa yang ngajarin mereka tentang korban yang tahir? Siapa yang ngajarin mereka cara mempersembahkan korban yang benar ya? Untuk apa mereka mempersembahkan korban yang tahir ya? Kenapa mereka TAAT memberi korban yang tahir kepada Allah ya? Oh ya, bangsa-bangsa itu cuman ada di sekitar Israel atau ada juga yang nun jauh dari Israel? Apakah bangsa-bangsa itu boleh disebut bangsa-bangsa yang TAKUT akan Allah?

DETA:

Kl maksud anda benar-benar membesarkan nama Allah, ya tidak ada satu bangsa pun yang bisa melakukkannya. Allah itu BESAR karena Dia itu memang BESAR. CIPTAAN tidak bisa MEMBESARKAN nama pencipta-Nya ! Hehehe..


Siapa yang ngajarin? Ya Allah dong! Kan Allah SUMBER segala sesuatu!
Bangsa-bangsa itu yang tercatat dalam Alkitab, antara lain Niniwe, Mesir, kerajaan Nebukadnezar, dll.


Mungkin maksud anda yang NUN JAUH itu TIONGKOK ya? Kok gak tutup botol saja Om? Hehe.. Menurut anda? Bukankah anda yang MEMPELAJARI KITAB TIONGKOK kuno? Silakan di bagikan di Sabda ini! Perjanjian Keselamatan seperti apa PERSIS nya yang anda maksudkan Allah berikan kepada bangsa lain (Tiongkok) itu ? Bagaimana POSISI-nya terhadap perjanjian dengan Israel?

(Saya memberi kesempatan pada anda memberikan referensi dari kitab mana saja, karena anda tidak MAMPU memberikan referensi dari Alkitab! Hehehe...)

Tentang ayat yang eksplisit menentang AJARAN SUPER TOLOL itu? Silakan baca blog saya yang satu, baca SINI dan penjelasan Pniel pada blog anda ! Bagi saya yang GENIUS ini (baca genius) ya cukup jelas, gak tahu bagi anda yang SUPER Txxxx ! Hehehe…

Atau kalo anda memang anda tidak sudi baca blog saya, ya silakan baca seluruh ALKITAB tanpa prasangka dan tidak sepotong-sepotong, eh jangan lupa MOHON BIMBINGAN ROH KUDUS !! Hahahaha... Maaf ya saya pakai kamus anda !

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, Anda Benar-Benar GENIUS

Wow ... Debu Tanah, terima kasih untuk jawabannya. Izinkah saya bertanya lagi berdasarkan jawaban anda.

Siapa yang ngajarin? Ya Allah dong! Kan Allah SUMBER segala sesuatu!
Bangsa-bangsa itu yang tercatat dalam Alkitab, antara lain Niniwe, Mesir, kerajaan Nebukadnezar, dll.


Maksud anda Allah secara pribadi mengajari bangsa-bangsa tersebut? Atau Dia mengajari lewat orang Israel?

Apakah bangsa Mesir memberikan korban bakaran yang tahir?

Apakah Nebukadnezar memberikan korban bakaran yang tahir?

Apakah Niniwe memberi korban bakaran yang tahir?

Maukah anda menyebutkan beberapa contoh lagi agar saya dapat memahaminya lebih jelas?

Tentang bangsa Tiongkok atau bangsa yang lebih jauh lagi kita tunda dulu ya, karena anda menganggapnya super tolol, untuk apa kita membahasnya bukan? Kita bahas dulu yang anda ajarkan.

Tentang ayat-ayat yang ekspisit juga kita tunda dulu.Kita bahas dulu ajarananda yang GENIUS di blog ini.

Oh, ya ada beberapa pertanyaan saya pada komentar sebelumnya yang belum anda jawab, izinkan saya menanyakannya kembali.

Untuk apa mereka mempersembahkan korban yang tahir ya?

Kenapa mereka TAAT memberi korban yang tahir kepada Allah ya?

Apakah bangsa-bangsa itu boleh disebut bangsa-bangsa yang TAKUT akan Allah?

NB:
Yang dimaksudkan dengan "mereka" dalam pertanyaan saya adalah bangsa-bangsa lain itu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, Allah berbicara dengan bermacam-macam cara


Hahaha.. lucu juga Om kita ini, udah ketahuan trik anda itu sebenarnya. Tp gpp lah saya bermurah hati, tapi sedikit aza ya Om? Saya tidak suka debat kusir soalnya.

HAI:
Maksud anda Allah secara pribadi mengajari bangsa-bangsa tersebut? Atau Dia mengajari lewat orang Israel?


DETA:
Allah pribadi juga bisa dan lewat malaikat juga bisa, kenapa ndak? Allah berbicara dengan bermacam-macam cara kan? Salah satunya lewat bangsa Israel juga bisa. Tentu sebelum Israel ada, Allah tidak mungkin berbicara lewat bangsa Israel kan?


Dalam Alkitab aza ada kisah Allah berbicara kepada manusia melalui seekor KELEDAI ! Jadi jangan menutup kemungkinan cara Allah berbicara dong.

HAI:
Apakah bangsa Mesir memberikan korban bakaran yang tahir?
Apakah Nebukadnezar memberikan korban bakaran yang tahir?
Apakah Niniwe memberi korban bakaran yang tahir?
Maukah anda menyebutkan beberapa contoh lagi agar saya dapat memahaminya lebih jelas?


DETA:
Oh, anda mempermasalah tata ibadah: harus ada korban bakaran toh? Bukan imannya?


Saya tidak tahu, karena tidak tertulis dalam Alkitab. Contoh dalam Alkitab secara eksplisit yang bukan Israel mempersembahkan korban bakaran adalah Ayub dan Naaman.


Karena disembuhkan Naaman bermaksud beribadah kepada Allah Israel dengan mempersembahkan korban bakaran kepada TUHAN. Dari perkataan Elisa kita tahu bahwa TUHAN berkenan kepada perbuatan Naaman walau masih sujud menyembah dalam kuil Rimon karena mendampingi rajanya.


2 RAJA-RAJA
5:17 Akhirnya berkatalah Naaman: "Jikalau demikian, biarlah diberikan kepada hambamu ini tanah sebanyak muatan sepasang bagal, sebab hambamu ini tidak lagi akan mempersembahkan korban bakaran atau korban sembelihan kepada allah lain kecuali kepada TUHAN.
5:18 Dan kiranya TUHAN mengampuni hambamu ini dalam perkara yang berikut: Apabila tuanku masuk ke kuil Rimon untuk sujud menyembah di sana, dan aku menjadi pengapitnya, sehingga aku harus ikut sujud menyembah dalam kuil Rimon itu, kiranya TUHAN mengampuni hambamu ini dalam hal itu."
5:19 Maka berkatalah Elisa kepadanya: "Pergilah dengan selamat!"



Kita dapat menyimpulkan bahwa Yusuf dan orang Israel di Mesir sebelum ditindas juga mungkin tidak mempersembahkan korban bakaran kepada Tuhan! Itu pula sebabnya waktu Musa akan membawa Israel, Musa berkata kepada Firaun:

KELUARAN
5:3. Lalu kata mereka: "Allah orang Ibrani telah menemui kami; izinkanlah kiranya kami pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya, untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami, supaya jangan nanti mendatangkan kepada kami penyakit sampar atau pedang."


Demikian juga dengan orang Israel di pembuangan di kerajaan Nebukadnezar juga mungkin tidak bisa mempersembahkan korban bakaran kepada Allah, saya tidak tahu dengan cara apa ibadah pengganti ini dilaksanakan.



HAI HAI:
Tentang bangsa Tiongkok atau bangsa yang lebih jauh lagi kita tunda dulu ya, karena anda menganggapnya super tolol, untuk apa kita membahasnya bukan? Kita bahas dulu yang anda ajarkan.
Tentang ayat-ayat yang ekspisit juga kita tunda dulu.Kita bahas dulu ajarananda yang GENIUS di blog ini.
Oh, ya ada beberapa pertanyaan saya pada komentar sebelumnya yang belum anda jawab, izinkan saya menanyakannya kembali.
Untuk apa mereka mempersembahkan korban yang tahir ya?
Kenapa mereka TAAT memberi korban yang tahir kepada Allah ya?

Apakah bangsa-bangsa itu boleh disebut bangsa-bangsa yang TAKUT akan Allah?
NB:
Yang dimaksudkan dengan "mereka" dalam pertanyaan saya adalah bangsa-bangsa lain itu.


DETA:
Segitu dulu ya, sekarang giliran anda. Saya tahu tidak akan memuaskan anda, karena tujuan anda adalah MEMBELA teori anda gimana pun caranya. Tapi itukan tugas anda membuktian teori anda, kenapa harus saya yang pusing, iya gak? Hahaha…


Oh ya Om, jangan ditunda lagi menjawab pertanyaan saya tentang dari mana referensi anda bahwa Allah memberi janji keselamatan kepada bangsa Tiongkok! Bukankah anda yang datang dengan konsep anda itu. Kenapa tidak dipertanggung jawabkan? Nanti terlanjur banyak yang sesat gimana om?


Hayo gimana ?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

DETA, Itu yang Namanya GENIUS?

HAI:
Apakah bangsa Mesir memberikan korban bakaran yang tahir?
Apakah Nebukadnezar memberikan korban bakaran yang tahir?
Apakah Niniwe memberi korban bakaran yang tahir?
Maukah anda menyebutkan beberapa contoh lagi agar saya dapat memahaminya lebih jelas?

DETA:
Oh, anda mempermasalah tata ibadah: harus ada korban bakaran toh? Bukan imannya?

Debu tanah yang mulia, bukankah blog anda membahas Maleakhi 1:11-12? Bukankah ini tulisan anda?

Maleakhi jelas sedang MENYINDIR bahwa Israel yang adalah umat pilihan tetapi tidak memelihara Taurat/janji Allah, tetapi bangsa lain yang tidak diberikan Taurat/janji Allah secara khusus malah MENGHORMATI Tuhan!

Debu Tanah yang GENIUS, izinkanlah hai hai yang menurut anda super tolol ini bertanya.

Anda NGELES atau sudah PIKUN? Jangan-jangan ini yang anda sebut DEBAT KUSIR?

DETA:

Saya tidak tahu, karena tidak tertulis dalam Alkitab. Contoh dalam Alkitab secara eksplisit yang bukan Israel mempersembahkan korban bakaran adalah Ayub dan Naaman.

Debu Tanah yang mulia, benarkah yagn saya kutip ini tulisan anda?

Siapa yang ngajarin? Ya Allah dong! Kan Allah SUMBER segala sesuatu!
Bangsa-bangsa itu yang tercatat dalam Alkitab, antara lain Niniwe, Mesir, kerajaan Nebukadnezar, dll.

Debu tanah, ini bukan ngeles apalagi debat kusir namun siapa tahu kalimat ini berguna bagi anda.

Bila tahu katakan tahu, bila tidak tahu katakan tidak tahu, itulah yang disebut tahu.

Apabila anda tidak tahu bangsa-bangsa lain yang mempersembahkan korban bakaran yang tahir kepada Allah karena  tidak tertulis dalam Alkitab,  kenapa MENGAJARKAN bahwa bangsa-bangsa yang dimaksudkan Maleakhi 1:11 adalah Niniwe, Mesir, kerajaan Nebukadnezar, dll? Bukankah anda bilang hal itu tercatat di dalam Alkitab?

Debu Tanah, tolong, izinkan hai hai yang menurut anda super tolol ini mengajukan pertanyaan.

Apakah anda dalam kondisi sehat jasmani dan rohani ketika menulis blog anda dan ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan saya? Apabila anda memang dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, bolehkah saya memberitahu anda bahwa menyangkal ajaran sendiri itu perbuatan tidak terpuji yang bisa membuat anda disebut TOLOL dan menjilat MUNTAH sendiri?  Bolahkah saya menasehati anda bahwa kita tidak bisa menegakkan kebenaran dengan mengajarkan ajaran yang bertentangan dengan ajaran Alkitab karena bisa diebut TOLOL? Bolehkah saya menasehati anda sekali lagi, Ketika merasa diri kurang pinter, sebaiknya jangan menganggap orang lain SUPER TOLOL kerena itu namanya mempermalukan diri sendiri?  

HAI:
Maksud anda Allah secara pribadi mengajari bangsa-bangsa tersebut? Atau Dia mengajari lewat orang Israel?

DETA:
Allah pribadi juga bisa dan lewat malaikat juga bisa, kenapa ndak? Allah berbicara dengan bermacam-macam cara kan? Salah satunya lewat bangsa Israel juga bisa. Tentu sebelum Israel ada, Allah tidak mungkin berbicara lewat bangsa Israel kan?

Dalam Alkitab aza ada kisah Allah berbicara kepada manusia melalui seekor KELEDAI ! Jadi jangan menutup kemungkinan cara Allah berbicara dong.

Debu tanah, semoga anda yakin dengan apa yang anda tulis di atas. Israel HANYA salah satu CARA Allah berbicara dengan bangsa Lain.  Alkitab sama sekali tidak mengajarkan bahwa Allah hanya berbicara dengan bangsa Israel karena Allah juga berbicara dengan bangsa lain.

Bila anda tertarik untuk mempelajari cara memahami Maleakhi 1:1-14 dengan baik, silahkan klik di sini. Perlu saya ingatkan bahwa itu adalah tulisan hai hai yang menurut anda SUPER TOLOL. 
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, GENIUS

Hahaha… kl soal debat kusir anda MEMANG JAGO nya! Maaf kl saya sudah mengecewakan anda! Saya gak pernah ngaku GENIUS, anda lah yang menuduh sembarangan!


Terima kasih atas PERHATIAN anda menanyakan kesehatan saya. Saya sehat jasmani dan rohani waktu menulis blog ini.


Namanya OPINI ya bebas toh. BIla tidak berkenan bagi anda ya wajar, wong berseberangan dengan blog anda toh?  Hehehehe…  Tidak terlintas dalam pikiran saya bahwa anda akan setuju. Sama sekali tidak! Saya hanya berharap para pembacalah yang menilai tulisan saya, demikian juga dengan tulisan anda. Saya hanya pedagang di sini, demikian juga anda!

Tetapi perlu saya ingatkan sekali lagi, saya yakin suatu saat anda akan berterima kasih pada saya:


Bila tulisan anda banyak HIT dan sedikit KOMENTAR itu TIDAK BERARTI bahwa tulisan anda sudah benar ya om! Itu pikiran yang KELIRU sama sekali. Sebaiknya anda bercermin dulu pada Alkitab dan kenalan anda yang NORMAL imannya ya! Hahahaha…

 

HAI:
Bila tahu katakan tahu, bila tidak tahu katakan tidak tahu, itulah yang disebut tahu.


DETA:
TEPAT kata anda itu. Kl anda tidak tahu, jangan bilang tahu, jangan sembarangan mengajarkanADA DUA JALAN KESELAMATANseperti dalam blog anda itu! Hahahaha…

Waktu ditanya janji seperti apa yang diberikan kepeda bangsa itu? Malah ngeles ke mana-mana? Mengalihkan topik pembicaraan? Weleh-weleh... anda memang GENIUS om ! Hahaha...

Sebaiknya anda ikuti saran Irael Jeha itu. Belajar Teologi pada orang yang benar. Jangan otodidak, tapi sembarangan!

 




HAI:
Bila anda tertarik untuk mempelajari cara memahami Maleakhi 1:1-14 dengan baik, silahkan klik di sini. Perlu saya ingatkan bahwa itu adalah tulisan hai hai yang menurut anda SUPER TOLOL.

DETA:
Maaf saya tidak tertarik belajar PELAJARAN SESAT lebih lanjut, saya sudah baca blog anda Jilid 1 dan 2, saya sudah menangkap maksudnya, TIDAK ada hal yang baru dibanding jilid 1 nya!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, Semoga Anda Paham!

Debu tanah, ini blog anda! Bukankah anda harus bertangung jawab atas tulisan anda? Ha ha ha ha .... Saya paham! Anda mewujudkan tanggungjawab itu dengan menuduh saya sembarangan. Karena ini blog anda, bukankah anda bertanggungjawab untuk menjawab semua pertanyaan dan celaan atas blog anda secara sistematis dan gamblang? Ha ha ha ha ... Saya paham! Anda menganggap blog ini hanya OPINI belaka. Karena opini ya suka-suka. Kalau setuju monggo, kalau nggak setuju ya minggat.

Debu tanah yang terhormat, tanpa mengurangi rasa hormat, izinkanlah saya menunjukkan bahwa walaupun anda mengaku selama ingi ngeblog mengikuti jejak saya, namun sebenarnya yang anda ikuti adalah jejak dari hongkong karena nampak gamblang sekali, blog saya mengajarkan KEBENARAN, itu sebabnya saya melayani semua komentar dengan baik sementara blog anda hanya OPINI yang kalau disetujui, monggo, kalau nggak disetujui ya emang dipikrin? Ho ho ho ho ho ... Izinkan, saya memberi nasehat, bagaimana bila disetiap blog anda ditulis: "NB: Ini hanya opini!"

Ah ... Sudahlah! Saya minta maaf karena salah sangka! Maaf debu tanah, saya menganggap OPINI anda sebagai AJARAN anda tentang kebenaran Alkitab. silahkan beropini.

Nampaknya anda seperti biasanya, nggak baca dengan teliti lalu menarik kesimpulan. Atau karena saya yang anda anggap super tolol ini memang kurang pandai menulis sehingga anda tidak paham. Baiklah saya jelaskan sekali lagi.

Ada bangsa lain di luar bangsa Israel yang TAKUT akan Allah. Mereka beribadah kepada Allah dan mempersembahkan korban yang tahir. Allah menggembalakan mereka dengan tongkat kemurahan. Allah memiliki perjanjian dengan mereka. Dengan Israel sebagai contoh maka kita dapat menyimpulkan bahwa perjanjian itu adalah perjanjian keselamatan. Mari kita mencari, siapa tahu setelah tongkat kemurahan dipatahkan, jejak-jejaknya masih terpelihara sehingga kita dapat mengikutinya. Di mana kita mencari jejak itu? Di dalam kitab-kitab suci agama-agama manusia.Apa yang menjadi standard untuk mengujinya? Alkitab! Alkitab Perjanjian Lama? BUKAN! Ajaran utama Kekristenan dan ajaran utama Parjanjian lama.

Bangsa tersebut harus menyembah Allah tritunggal. apa standardnya? Ajaran tritunggal Alkitab Perjanjian Baru.
Bangsa tersebut harus memberi persembahan yang tahir. Standardnya adalah Persembahan tahir bangsa Yahudi.

Sampai hari ini saya belum menyampaikan hasil pengujian terhadap bangsa Tiongkok kuno karena kita belum sepakat bahwa bangsa-bangsa lain itu memang ada. Itu sebabnya saya hanya FOKUS pada diskusi, apakah Alkitab MEMANG mengajarkan keberadaan bangsa-bangsa lain itu?

Untuk apa menguji ajaran agama Tiongkok kuno bila ternyata Alkitab mengajarkan bahwa bangsa-bangsa lain itu TIDAK ada? Apabila Alkitab mengajarkan bahwa bangsa-bangsa lain itu tidak ada untuk apa saya menunjukkan kepada anda hasi pengujian saya atas ajaran agam Tiongkok kuno? Mungkin yang anda katakan benar, saya super tolol, namun nampaknya saya belum cukup super tolol untuk mempermalukan diri dengan mengajarkan bahwa bangsa Tiongkok adalah salah satu bangsa-bangsa lain itu sementara Alkitab mengajarkan bahwa bangsa-bangsa lain itu tidak ada. Gendeng po?

Semoga kali ini anda paham! 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ HAI, OPINI VS OPINI


HAI:
Ah ... Sudahlah! Saya minta maaf karena salah sangka! Maaf debu tanah, saya menganggap OPINI anda sebagai AJARAN anda tentang kebenaran Alkitab. silahkan beropini.

DETA:
Tentu saja opini (pendapat). Apa yang kita paparkan sebetulnya sudah pernah dibahas oleh orang lain sebelum kita. Tidak ada yang baru. (Kecuali ajaran yang sesat ya om ! Hahaha). Itu sebab saya menyebut tulisan ini adalah pendapat saya, yang bisa sama dengan “ajaran” orang lain yang lebih pakar dalam hal itu, sekaligus bisa tidak sama dengan ajaran lainnya yang bertentangan.


Oh, anda menyebut tulisan anda adalah AJARAN ORIGINAL anda kan? (Saya tetap menyebutnya opini anda!) Hahaha… Itu sebab anda TERLALU BERSEMANGAT menemukan  penafsiran-penafsiran baru yang anda sebut PEMAHAMAN yang ASAL BEDA itu. Sebenarnya anda itu lebih cocok jadi INVENTOR saja om, bukan blogger atau theolog jalanan!


Boleh-boleh saja lah, tapi ya jangan ngotot gak jelas gitu dong! Ditanya kok malah ngeles gak jelas gitu.


HAI:
Untuk apa menguji ajaran agama Tiongkok kuno bila ternyata Alkitab mengajarkan bahwa bangsa-bangsa lain itu TIDAK ada? Apabila Alkitab mengajarkan bahwa bangsa-bangsa lain itu tidak ada untuk apa saya menunjukkan kepada anda hasi pengujian saya atas ajaran agam Tiongkok kuno? Mungkin yang anda katakan benar, saya super tolol, namun nampaknya saya belum cukup super tolol untuk mempermalukan diri dengan mengajarkan bahwa bangsa Tiongkok adalah salah satu bangsa-bangsa lain itu sementara Alkitab mengajarkan bahwa bangsa-bangsa lain itu tidak ada. Gendeng po?

DETA:
Gitu toh. Tidak heran anda NGEYEL nya ampun-ampunan alias SUPER NGEYEL. Gaya diskusi anda sangat BERINGAS, tak kurang beberapa blogger sudah KAPOK sehingga kabur dari sini. Terakhir Pniel juga nyaris hengkang dari Sabda. HEBAT sekali anda.

Oke lah.Sekarang ANGGAP saja anda MENANG dalam debat tentang “ADA DUA JALAN KESELAMATAN”, anggap bahwa tidak ada yang MAMPU mengcounter argument anda yang SUPER NGEYEL itu. Karena saya yakin SEMUA ORANG sudah KAPOK mengcounter ajaran anda bahwa “ADA DUA JALAN KESELAMATAN”: bahwa ada bangsa lain yang diberi janji keselamatan! Dengan demikian anda tentu menganggap anda SUDAH BENAR kan? Anda menyimpulkan bahwa Sabda sudah sepakat bahwa memang “ADA DUA JALAN KEBENARAN”! Bahwa ADA BANGSA yang anda maksudkan itu, langsung saja bahwa TIONGKOK adalah bangsa tersebut!
 

LALU APA?


Sekarang silakan anda TUNJUKKAN AJARAN BARU anda itu, LENGKAP dengan referensinya, supaya kami semua bisa melihat AJARAN BARU anda itu. Perjanjian keselamatan macam apa yang anda maksud diberikan oleh Allah kepada bangsa TIONGKOK, selain yang diberikan kepada Israel??


Saya persilakan Om !! Kami siap BELAJAR !! Bila anda masih ngeles dan gak jelas maka saya akan menyebut anda GENDENG !!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, Opini Cing, opini ...

Debu Tanah, anda bebas beropini. Saya tidak akan melawan opini anda.  Namun izinkn saya bercerita kepada blogger-blogger lainnya.

Handai taulan sekalian, mungkin anda masih ingat cerita saya yang ini. Baiklah saya mengutipnya kembali.

Suatu hari seorang pencuri tertangkap basah ketika mencuri ayam. Dia lalu dihajar habis-habisan oleh pemilik ayam itu. Ketika masyarakat datang untuk melihat apa yang terjadi, pemilik ayam itu menceritakan kejadiannya. Tentu saja pencuri itu menyangkal tuduhan itu. Dia bahkan menuduh bahwa pemilik ayam itu kejam, pelit, sombong dan pikirannya kotor karena sembarangan menuduh orang lain mencuri dan memukul orang. Dia lalu berkata, "Saya tidak mencuri ayam!" Tentu saja pemilik ayam itu kesal karena pencuri itu memutarbalik fakta. "Lalu kenapa kau masuk dan menangkap ayam saya? Bukankah itu mencuri namanya?" Sambil mengejek, pencuri itu berkata, "Pikiran anda busuk, katanya orang Kristen kok pikirannya busuk? Saya menangkap ayam anda hanya mau mencabut bulunya untuk kilik kuping tahu?"


Tadinya saya pikir kisah tersebut hanya terjadi di hongkong nggak tahunya terjadi di SABDASpace juga tho? Maling pinter itu banyak, namun maling yang pinter dan lucu itu ya .... Opini Cing, opini masak nggak tahu opini?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Hai hai GENDENG !

Lho piye toh, wong saya sudah MENGALAH kok belum mau menjawab pertanyaan saya, gimana ini?

 

Baru aza saya mau pergi survei, ngintip Sabda, eh ada komentar Om Hai.

 

Oke saya pergi survei dulu Om, sambil nyanyi:

Hai hai gendeng, Hai hai gendeng !!  Ha ha ha ha..

 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

billy chien's picture

@hai GENIUS?


hai:Debu tanah yang GENIUS (dibaca genius, bukan jenius). Boleh tolong jelaskan, super tololnya kenapa? Tolong dong tunjukkan ayat-ayat yang secara eksplisit menentang pemahaman super tolol tersebut.

pak biasanya anda 2 the p0in, kali ini kog pake khiasan?

trus GENIUS tuh singkatan / artinya apa? (nga nyambung ma topik)

salam JBU&m

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

Debu tanah's picture

@ Billy, KIASAN

Halo Billy apa kabar? Thanks sudah mampir ke lapak saya ini ya!

Siapa bilang Om Hai selalu tutup botol? Bila kamu membaca blog-blog DAN Kkomentar2 beliau, beliau itu memang orang yang sangat TINGGI sense of humour nya. Saya sangat salut pada beliau ini! Lihat sendirikan baik dalam blog-blog maupun komentar2 nya beliau sangat sering TERTAWA (baca “menertawakan” orang lain).


Saking tingginya sense of humour beliau, hanya beliau SENDIRI saja yang tertawa, sedangkan kebanyakan  orang yang ditertawakan itu sudah KABUR alias MELARIKAN DIRI !!

Note: Bila SEMUA orang itu sudah kabur, mudah disimpulan maka beliau akan TERTAWA sendiri saja.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@billy, Gaya Bahasa Rohani

Billy, saya sedang mencoba untuk menggunakan gaya bahasa yang katanya rohani dan dewasa oleh orang-orang seperti Kiem dan debu tanah. Anda lihat sendiri kan? Si debu tanah tetap aja nggak happy!

Masalahnya bukan pemilihan katanya namun apa yang ada di BENAK orang yang membacanya. apapun pilihan katanya bagaimanapun gaya bahasanya, kalau benaknya hanya mau menang sendiri ya begitulah.

Ada maling, ketangkep basah lalu digebukin. Maling itu merasa dirinya BENAR karena orang-orang yang gebukin dia salah. Dia membela diri dengan berkata, "Gua memang maling, lagi APES aja ketangkap. Tapi lu lu pada nggak boleh gebukin gua dong, itu kan bukan perbuatan cinta kasih?"

Genius kalau dibaca jenius artinya pinter banget. Genius kalau dibaca Genius, bukan jenius tidak berarti pinter banget.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

billy chien's picture

@hai

Genius kalau dibaca jenius artinya pinter banget. Genius kalau dibaca Genius, bukan jenius tidak berarti pinter banget.

hahahahaha, ada vocab baru genius >< jenius

hehehehe ada ada aza pak hai hai neh

salam JBU&M

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

israel_jeha's picture

@Deta !itu pemaparan Umum,belajar jg "Baru" donk...!

           Pemaparan Deta adalah umum,mengikuti struktur penulisan kitab  Maleakhi n dapat ditambahkan 1lagi yaitu Maleakhi sbg nabi P.L mau sembunyi sambil menunjuk TuuH lihat !Perintis jalan Tuhan,dihari Tuhan yg dahyat ---> yg dimaksud adalah Yohanes Pembaptis. Dan siap2 masuk ke Perjanjian Baru.Ini hal umum.......,biasa,gak aneh!Tp ada tafsiran yg aneh,

           Lama,sy mengamati penafsiran yg "lain" ttg kitab Maleakhi tsb,ber hari2! sambil berpikir ,Ada Hermeunitika "Baru" nih,STT mana n siapa dosennya? Begitu ada 2 orang menulis blog termasuk Deta maka sy komentari.........Ada Hermeunitika "Baru" ,tafsiran baru......N siap2 bikin Agama Kristen "Baru"

            Ada cukup banyak akhir2 ini yg melakukan penafsiran "Aneh" apa gejala Post Modernisme????Penafsiran seEnak Udel

han han's picture

Israel_jeha:beri sumbang sih.

 Ada cukup banyak akhir2 ini yg melakukan penafsiran "Aneh" apa gejala Post Modernisme????Penafsiran seEnak Udel.

Jeha menurut aku kamu sudah banyak pengalaman dan punya pengetahuan yang cukup dan penafsiran yang baik dan ngak liar

Karena itu;

Ada baiknya anda lebih tegas menyatakan sikap terhadap Tulisan yang se Enal Udel itu.

Cont:

Hai2 adalah salah satu yang kadang2 se enak udel nya sendiri .ngak usah tanggepin kalau dia ngajak debat kusir .tapi nyatakan dengan kalimat yang jelas bahwa ada kesalahan dari penfsirannya yang seenak udelnya.

 

jesusfreaks's picture

@hai2 : kenapa Allah masih mencipta

Kenapa ya Allah masih mencipta hingga sekarang. Tahukah Anda APA YANG MASIH DICIPTAKAN ALLAH SAMPAI SEKARANG ? Kalau anda tahu, Anda Pintar. Kalau gak tahu, ya gitu deh.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

israel_jeha's picture

@ han han ,belajar teologi secara otodidak,dijamin NGAWUUUR..

  Pengakuan yg jujur yg pernah saya baca disalah satu blog SS ini,yg menyatakan SAYA BUKAN THEOLOG.cuma jemaat biasa!!! Bagus ! jemaat awam memang seharusnya piawai menjelaskan Alkitab yg umum,apalagi menjelaskan injil kepada orang yg belum percaya kpd.T.Jesus.

  Tatkala jemaat tsb mau melangkah lebih jauh,menggali alkitab,tanpa mentor yg mendampingi hampir dpt dipastikan ,SALAH PENAFSIRAN.Sedang  yg kuliah formal sajapun malah sudah jd Pendeta or Dosen dgn gelar Mth bisa TERSESAT !

   Belajar otodidak/informal harus didampingi oleh yg formal,itupun harus diperhatikan,apa yg mau diperdalam?Sebab rimba theologi begitu luas! Dikampus,seorang dosen mengampu mata kuliah sesuai dgn spesialisasi yg dia miliki

    Saran saya,kepada saudara yg memberikan pengakuan jujur tsb,apalagi anda Kritis,suka menulis ,yah Kuliah lg deh !!Supaya jangan jd maling yg ketangkap,digebuki,khan sayang ....N jangan ngomong :Ahh,lg APEESS !!

     Han Han segitu dulu sumbangsih saya,insyaallah ada perkembangan yg baik,supaya SS lebih berbobot n anti kata2 TOLOL(ciri kristen bukan)

Debu tanah's picture

@ Israel Jeha, ngomongin siapa sih?

Halo Israel Jeha,

Kamu itu ngomongin siapa sih? 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

alfian's picture

Maleakhi 1:11-12 dan Wahyu Umum.

Hai Hai bertanya...

Kok bangsa-bangsa lain bisa membesarkan nama Allah dengan memberi korban bakaran yang tahir ya? Siapa yang ngajarin mereka untuk membesarkan nama Allah, bukan berhala alias ilah lain? Siapa yang ngajarin mereka tentang korban yang tahir? Siapa yang ngajarin mereka cara mempersembahkan korban yang benar ya? Untuk apa mereka mempersembahkan korban yang tahir ya? Kenapa mereka TAAT memberi korban yang tahir kepada Allah ya? Oh ya, bangsa-bangsa itu cuman ada di sekitar Israel atau ada juga yang nun jauh dari Israel? Apakah bangsa-bangsa itu boleh disebut bangsa-bangsa yang TAKUT akan Allah?

Apabila bangsa Israel saat itu bertanya kepada Allah, "Bangsa mana yang membesarkan nama-Mu dan memberi korban persembahan tahir kepada-Mu? "

Menurut saya bangsa manapun yang melakukan itu adalah bangsa yang meresponi wahyu umum dari Allah.

Manusia tercipta sebagai makhluk yang bersifat agama (sense of divinity) dan sekaligus bersifat kebudayaan. Sdr Hai Hai dalam blognya menulis, bangsa Tiongkok kuno mengajarkan, bahwa manusia adalah makhluk cintakasih (ren), makhluk susila (li), makhluk hikmat (zhi) dan makhluk keadilan (yi). Hal itu berarti secara naluri setiap manusia akan mengembangkan kodrat kemanusiaannya tersebut.

Kedua sifat (agama dan kebudayaan) pada diri manusia ini menjadikannya lebih tinggi dari semua ciptaan yang lain. Secara naluri manusia akan terus bergumul untuk mengembangkan kedua sifatnya tersebut membentuk nilai-nilai yang ia yakini kebenarannya bagi kemaslatan hidup. Itu sebabnya kedua sifat manusia tersebut menjadi pembentuk esensi kemanusian yang membedakannya dari makhluk-makhluk ciptaan lainnya.

Dengan kedua sifat inilah, bisa saja 'bangsa-bangsa' sebagaimana yang disebutkan dalam Maleakhi 1:11-12 hanya meresponi sebatas wahyu umum dari Allah saja. Dan Allah 'membenarkan' mereka yang melakukan hal tersebut. Tetapi, apakah ini cukup bukti dan alasan bahwa Allah juga 'menyelamatkan' mereka?

Meminjam pernyataan Pdt. Stephen Tong, bahwa wahyu umum Allah waktu diresponi oleh manusia secara eksternal akan menjadi kebudayaan. Wahyu umum Allah waktu diresponi oleh manusia secara internal akan menjadi agama. Karena manusia sudah jatuh di dalam dosa, maka semua manusia tidak mungkin memberikan respon yang sesuai dengan aslinya. Karena manusia sudah jatuh di dalam dosa, manusia tidak mungkin menginterpretasi dengan akurat, maka terjadi penyimpangan pendapat antara agama dan agama. Konklusi yang berbeda-beda di dalam pemikiran agama-agama adalah akibat dari kejatuhan. Tetapi itu hanyalah tentang wahyu umum dan respon manusia terhadapnya. Semua paparan wahyu umum yang diberikan Tuhan melalui alam ciptaan-Nya ini tidak akan dapat membawa orang non Kristen untuk bisa melihat sasaran akhir dari semua penyataaan tersebut, yaitu kemuliaan Tuhan. Hal ini hanya dapat dilihat dan dilakukan oleh orang Kristen.

Hanya sampai di wilayah wahyu umum belumlah cukup. Kita perlu masuk ke dalam wilayah wahyu khusus. Wilayah ini hanya bisa dilihat oleh orang percaya pilihan-Nya. Wahyu khusus sendiri memiliki dua cakupan, yaitu: 1) Kitab Suci Alkitab; dan 2) Kristus yang menjadi inti terpenting dari berita Alkitab.

Nah, inilah pemahaman tambahan dari saya pribadi atas Maleakhi 1:11-12! Bagaimana dengan anda?

 

I love my autistic son, Kefas!

__________________

I love my autistic son, Kefas!

hai hai's picture

@Alfian, Wahyu ...

Wahyu = Pengetahuan tentang Allah.

Wahyu Umum = Pengetahuan tentang Allah yang diceritakan oleh alam semesta

Wahyu Khusus = pengetahuan tentang Allah yang diceritakan oleh Allah

Saudara Alfian, menurut saya wahyu umum hanya akan bermuara kepada pengenalan: Allah itu ADA.

Apa itu wahyu khusus? Selama ini banyak orang Kristen yang MEYAKINI bahwa Alkitab adalah satu-satunya wahyu khusus di dunia. Keyakinan demikianlah yang menjadi dasar keyakinan ngawur lainnya yaitu, hanya Israel yang selamat, hanya melalui Perjanjian Lama manusia bisa selamat.

Sesungguhnya Alkitab bukan satu-satunya Wahyu namun satu-satunya wahyu resmi.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

israel_jeha's picture

@ Deta ! Koq ,nanya2 gitu! Maksud loe........

          Deta saya menulis di coments diSS dgn sopan n halus, paling tidak untuk memberi contoh deh......n  berharap yg terkena mudah2an sadar dan segera mengadakan perbaikan ,walau diam2.

           Biar bagaimanapun dia itu khan saudara kita,malah sy perhatikan banyak kebaikan2,kritis n juga menguasai sebagian besar FT,man untuk diskusi perlu perlengkapan lagi.Kalau dia minat belajar lg n punya gelar S1 umum,bisa ambil M.A. in apologetika.

           Deta ! kenapa saya tidak menunjuk langsung orang tsb? Alasan pertama ,sudah saya jawab diatas, yg ke dua,yg saya pikirkan ,kalau 1 hari jumpa darat n saling berkenalan, n sama2 tahu n Tahu sy siapa n pernah mengecam seseorang,Apa pendapat umum? Khan tidak mendatangkan berkat.....begitu ,Deta...ok ! begitu sj coments saya GBU

         

 

arigato's picture

Mau S cendol kek....

 

Mau gelar S1 / S2 / S3 / S4 / S5 / S cendol/ S Teh/ S Susu kek.........MBA/ MBO/ MU/ MCity/  M susu kek, apa mesti ngak bisa keliru........ sedangkan jadi rasul aja masih bisa keliru apalagi yg namanya S1/2/......S1000000000000000000

Tuh kasus rasul petrus yg diomelin ama Kristus, rasul petrus yang ditentang ama rasul paulus, awal-awal bapa gereja, kasus penjualan pengakuan dosa, kasus Calvin dlllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

Ngak semuanya pemahaman yang ada sekarang harus disetujui................. Semuanya itu kan hanya kesepakatan aja dalam arti kata pemahaman mu=pemahaman ku.