Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

MUJIZAT DAN KEBAKTIAN KESEMBUHAN ILLAHI

kristian's picture

Kristian hobi membaca,tapi kristian tidak mampu mengingat apa dan dimana bacaan itu.karena terlalu banyak sumbernya.jadi ijinkanlah TIAN membuat definisi mujijat berdasarkan apa yang terjadi di hidup TIAN.bila salah tolong di luruskan,bila benar boleh di amin kan.
MUJIJAT adalah bentuk pertolongan TUHAN yang sebelumnya tidak kita pikirkan dan sesudah terjadi tidak bisa kita pikirkan.
MUJIJAT bisa di alami oleh siapapun,dan tanpa sarana apapun Tuhan SANGGUP adakan mujijat.
misalnya : kalo kita sakit parah,dokter sudah angkat tangan dan bahkan kita sudah di vonis umur kita tinggal beberapa bulan....NAMUN......bila kita berseru meminta tolong pada Tuhan,terlepas dari kita berdosa ato tidak (menurut saya tidak ada manusia tidak berdosa)dan KALO TUHAN BERKEHENDAK untuk memberi mujijat kesembuhan maka MUJIJAT KESEMBUHAN PASTI kita terima.apa syaratnya....?????TERGANTUNG KEHENDAKNYA!

MENURUT KRISTIAN....

****PENDETA TIDAK MEMPUNYAI KARUNIA MUJIJAT
****PENDETA TIDAK MEMPUNYAI KARUNIA KESEMBUHAN
****MINYAK URAPAN TIDAK MEMPUNYAI KHASIAT APAPUN
****KKR TIDAK MEMPUNYAI KUASA MENYEMBUHKAN

MENURUT KRISTIAN......

****PENDETA HANYA UTUSAN TUHAN UNTUK MEMBERI TELADAN HIDUP
****PENDETA HANYA UTUSAN TUHAN UNTUK MENGAJAR FIRMAN TUHAN
****PENDETA HANYA UTUSAN TUHAN UNTUK MENGCOVER JIWA YG LEMAH.
****MINYAK URAPAN AKAN JADI BERHALA
****KKR ADALAH FELLOWSHIP UNTUK KITA MENINGGIKAN NAMA TUHAN.

Tanpa mencari Pendeta A to Z,kalo Tuhan ingin kita sembuh ya sembuh!
Tanpa ikut KKR A to Z,kalo Tuhan ingin nyatakan mujijat dimanapun dan kapanpun BISA TERJADI.

Marilah kita menyembah Tuhan secara utuh,jangan karena berharap mujijatNYA aja.
Bukankah oksigen yang kita hirup secara gratis ini adalah BENTUK MUJIJAT dariNYA!

berikut adalah kesaksian pribadi saya.
Beberapa waktu yang lalu,saya mengalami bokek,TIDAK ADA SEORANGPUN YANG TAU!duit di kantong cuma ada LIMA PULUH RUPIAH.waktu itu pas hari minggu pagi,
saya ke gereja untuk beribadah seperti biasa.
waktu kolekte,saya cuma berkata dlm hati,BAPA....Engkau tau,cuma ini yang aku punya.aku juga masih punya KEBUTUHAN,
tapi aku tau ENGKAU BAPA YANG BAIK.saya tidak berdoa,TUHAN AKU TIDAK PUNYA DUIT,AKU KLAIM JANJI2 MUJIJAT BERKATMU UNTUKKU.
Setelah LIMAPULUH RUPIAH itu saya masukkan,pulang gereja TIDAK TERJADI HUJAN UANG.tetap BOKEK!namun malam menjelang tidur,seseorang yang saya kenal datang mencari saya,sebelumnya
kami tidak ada komunikasi karena kesibukan masing2.
tujuan dia datang cuma satu MEMBERI SAYA UANG 100ribu.
mungkin bagi orang lain nominalnya KECIL.tapi bagi saya itu adalah MUJIJAT TUHAN YANG BESAR!

Pernah juga seseorang yang saya kasihi sakit parah,parah sekali,bolak balik opname.waktu itu doa saya simple,
BAPA...aku minta mujijat kesembuhanMu SECARA TOTAL pada orang tercintaku ini,tapi bila memang Engkau tidak berkehendak memberi MUJIJAT KESEMBUHAN,panggilah pulang dalam kasihMu.
waktu saya berdoa itu hari sabtu pagi,orang yang saya cintai sudah berangsur "membaik" tapi saya menilai bukan MUJIJAT karena belum sembuh TOTAL.
kamis dinihari,orang yang saya cintai masuk ICU.dan jam 8 pagi.BAPA memanggilnya pulang.saya kehilangan,tapi saya tidak menangis.karena itu adalah KEHENDAK BAPA.

IMMANUEL-GBU-

hai hai's picture

Kristian dan Uang Rp. 100.000

Kristian, apa alasan orang itu memberi anda uang Rp. 100.000? Siapa dia?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kristian's picture

@Pak hai hai.

orang tersebut adalah sahabat saya,dia tidak banyak kata waktu memberi saya uang,dia cuma bilang KEBETULAN ada duit lebih,dan dia berbagi dg saya.simple sekali jawabannya.

hai hai's picture

@Kristian, Mujizat = KKN?

Saudara Kristian, Orang lain jauh lebih baik, jauh lebih mengenal kita dibandingkan yang kita pikir.

Banyak orang Kristen menyangka bahwa MUJIZAT adalah bukti bahwa dia dikasihi Allah dan MUJIZAT adalah ALASAN untuk BERSYUKUR kepada Allah. Mujizat adalah BUKTI bahwa dia Kristen sejati. Mujizat adalah bukti kedewasaan dan kekuatan IMAN.

Itu sebabnya ketika saya mengajak mereka untuk MEMAHAMI apa DEFINISI mujizat yang benar dan menunjukkan bukti-bukti mujizat yang bukan mujizat. Banyak sekali orang yang MARAH dan saya yakin jauh lebih banyak yang walaupun diam, namun kekeh jumekeh menentang kebenaran di dalam tulisan saya.  Kebenaran di dalam tulisan-tulisan saya tersebut membuat mereka terpaksa menjadi  orang Kristen BIASA. Bukan orang Kristen SAKTI mandraguna. Untuk membaca tulisan-tulisan saya anda dapat klik di sini dan di sini dan di sini.

Sebagai orang Kristen, kita tidak boleh hidup di dalam ilusi. Kita harus hidup di dunia NYATA. Perintah Allah kepada manusia adalah "TAKLUKKANLAH bumi dan BERKUASALAH atas binatang-binatang." apa MAKNA perintah tersebut? MAKNANYA adalah setiap MANUSIA harus BERTARUNG untuk menjadi PENGUASA DUNIA!

Sebagai warga negara kita Benci apa yang disebut KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme), namun sebagai orang Kristen, kita MENGEJARNYA. Aneh bukan? KKN walaupun diberi nama MUJIZAT dan diagul-agulkan oleh banyak orang Kristen, tetap saja KKN. Dan mereka menyebut dirinya TIANZI (Anak-anak Allah).

Ada seorang anak raja yang menyangka dirinya pasti menjadi juara Taekwondo karena bapaknya yang menyelenggarakan pertandingan dan menyediakan medali bagi para pemenang. dia minta kepada bapaknya agar menjadi juara dan menerima medali kemenangan. "Bukankah permintaan saya demi kemuliaan bapak? Bukankah bapak akan merasa bangga bila saya menjadi juara Taekwondo?"

Anak raja itu lalu melanglang buana dari arena ke arena di seluruh komplek istana dan lembaga-lembaga pemerintahan untuk bertarung. Dengan bangga dia menengking semua lawan di dalam nama bapaknya. Tentu saja anak raja itu menjadi juara dengan mudah dan merasa dirinya siap menghadapi pertarungan sebenarnya di PASAR Klewer.

Di pasar Klewer barlaku hukum, Yang paling  baiklah yang menjadi juara.  Anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi pada anak raja tersebut ketika dia menghadapi Denis pada pertarungan pertama? Pertandingan yang lucu. Karena Denis akan menghadapinya sambil membacakan Novel untuk istri tercintanya.

Ketika menghadapi Josua bin Nun, pantatnya akan babak belur dihajar karena josua menganggapnya anak nakal. apa yang terjadi ketika dia menghadapi JF? Nampaknya selain anak nya, raja itu pun akan GOBLOK-GOBLOKIN.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

@kristian mukjizat yg mudah dilupakan

jika pengertian mukjizat spt yg anda contohkan bukankah orang2 bukan kristen juga mengalaminya? dapat uang/rejeki atau kesembuhan? shg waktu akan mudah melupakannya, dan ingin mengganti dg mukjizat yg lbh besar.

menurut saya mukjizat yg kristiani adalah : sesuatu ketika anda mengalaminya, setelah itu anda tak mau digeser dari iman anda kepada Kristus, walau apapun yg terjadi.

kawan gereja saya yg seorang bekas napi dan sebelumnya terkenal pembunuh berdarah dingin selalu menangis ketika bercerita ttg bgmana kristus memanggilnya, ia berkata meskipun keluarga saya menarik saya ke agama yg dulu bagi saya tak ada yg lebih mengasihi dan mengerti saya spt Kristus mengerti saya.

nenek saya mungkin tak pernah mengalami sakit lalu sembuh, tapi ketika muda ia sering dikirimi majalah rohani oleh bibi dan semakin percaya pada kasih Kristus dan baginya cuma membaca majalah adalah mukjizat sebab krn hal itu imannya tidak bergeser dari Kristus.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

kristian's picture

@bintang seven......

Shallom.....

emang sih,pengertian mujijat banyak macamnya,dan saya juga sangat setuju dengan pengertian anda.kejadian yang saya tulis tentang uang,walaupun orang menganggap kebetulan,namun bagi saya pribadi itu adalah mujijat.

Saya sangat setuju dgn pengertian anda.bukankah saya juga menulis di atas,marilah kita menyembah Tuhan,bukan hanya berharap mujijatNya aja,sekalipun DIA mampu melakukannya.

ini adalah sharing saya....saat ini saya memasuki tahun ke 7 bergumul dengan satu permohonan.hingga saat ini,TUHAN BELUM ADAKAN MUJIJAT!

saya pernah di khianati orang tercinta saya.rasanya sakiiiit sekali

saya pernah di lupakan dan di tinggalkan oleh orang yang pernah saya tolong rasanya kecewaaaaaaa sekali.

saat ini pekerjaan saya tiap hari berhadapan dengan bahaya,rasanya takkkkuuuuut sekali.

secara manusia saya menyerah,tidak kuat meneruskannya dan pernah terlintas untuk mengakhiri hidup.NAMUN............karena MUJIJAT....

(seperti definisi anda,walau apapun yang terjadi)....saya tidak mau geser iman saya pada KRISTUS.

mujijat bkn dlm bentuk uang atau kesembuhan,tapi bisikan hati yang selalu berkata JANGAN TAKUT.......AKU(TUHAN YESUS)selalu menyertaimu dalam setiap langkahmu.

bisikan itu membakar semangatku untuk menjalani tantangan hidup ,memikul salib dengan selalu berusaha melakukan kehendakNYA. 

Saya juga pernah ditantang untuk "BAHAGIA",hidup berkelimpahan bertolak belakang dgn keadaan saya yg sekarang.syaratnya cuma satu,saya di suruh tinggalkan KRISTUS.namun saya MENOLAKNYA!bkn utk sok2an

bintang seven....seperti contoh teman anda yang mantan napi itu.....

kasih KRISTUS adalah segalanya di atas segalanya.

sayapun sudah berketetapan hati,meskipun sampai aku mati pergumulanku tidak membuahkan mujijat atau kemenangan.

saya selalu berdoa,meminta ROH KUDUS menolongku supaya sampai akhir hidupku aku konsisten dgn komitmentku.

KOMITMENTKU ADALAH : sampai tarikan nafasku yang terakhir,aku ingin menyembah ALLAH BAPA DALAM NAMA PUTRANYA YANG KUDUS,TUHAN YESUS KRISTUS DAN MENJADIKAN ROH KUDUS SEBAGAI PENOPANG rohku

PENOLONG jiwaku,dan PENGHIBUR hatiku. AMIN.

 IMMANUEL-GBU-

pwijayanto's picture

mukjizat

setuju sama lintang pitu eh bintang seven..

kalau mukjizat seperti yang kristian ceritakan, itu bisa saja dianggap kebetulan...

tanpa doa pun itu bisa terjadi.

dulu ketika saya pertama kali kerja, saya berharap dapat membeli sepeda motor baru, sebagai "modal" kerja saya. ternyata, 2 hari sebelum hari pertama saya masuk kerja, orang tua saya membelikan mobil. Mukjizat...

suatu ketika saya berangan-angan pingin ganti dengan mobil kijang model tertentu. eh.. suatu ketika di sebuah sore ada orang butuh uang untuk membayar utang yang jatuh tempo di bank, menawari mobil kijang persis dengan yang saya angan-angankan, setelah negosiasi di sore itu, terjadi kesepakatan tukar tambah dengan mobil saya yang lama.  Mukjizat? tidak ada rencana tukar tambah mobil di sore itu, bahkan mobil sy yang lama baru saja selesai saya cat-kan, maunya saya rawat dan saya pakai untuk waktu yang agak lama, hari berikutnya adik saya ke bank melunasi utang pemilik kijang itu, sebagai pembayaran mobil ybs..

ketika pakai kijang (saya sering bepergian sendirian), ternyata lama-lama kalau lewat jalan tanjakan, tenaganya kurang bagus, saya berangan-angan, nanti suatu ketika kalau sudah ada uang tambahan, saya akan beli sedan great corolla.

tiba-tiba, waktu sedang kuliah, saya ditelpon adik saya, "Mas, aku belikan corolla twin cam ya..., nanti kijangnya biar dipakai ayah...".  (corolla twin cam adalah generasi sebelum great corolla) tanpa pertimbangan yang sulit, saya juga tidak melihat sedannya seperti apa (waktu itu saya di jogja, adik saya di semarang, sedang mencari mobil buat ayah saya, padahal rencananya mau beli pick-up), saya menyetujui 'usul' adik saya.  Mukjizat?

Saya sekarang sedang berangan-angan pingin ganti mobil lagi, dan berharap dapat mukjizat lagi ha ha ha.....

Saya beberapa kali datang ke KKR Kesembuhan Ilahi, dan saya melihat dengan mata sendiri, bagaimana orang disembuhkan secara ajaib. Mukjizat?

Oh ya..., tiba-tiba istri saya hamil lagi... Mukjizat ya..... (teman saya sudah 4 tahun menikah belum punya anak lho.....)

Dunia ini penuh mukjizat.....

Pagi ini saya bangun dan ternyata tangan saya gerakkan ke kiri ke kanan, tidak menyentuh dinding peti mati.  Saya masih hidup, bentar lagi mau mandi, sarapan dan berangkat kerja.  Itu semua juga mukjizat....

salam, www.pwijayanto.net .

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

kristian's picture

@Pak Pwijayanto.....

Shallom.........

anda boleh saja berkata apa yang saya alami adalah kebetulan,tanpa doa

itu bisa terjadi.tapi bagi saya pribadi hal tsb adl mujijat ! tolong baca baik2 blog diatas,saya TIDAK BERDOA MINTA DUIT/MUJIJAT!saya pun,tdk kontak pada sahabat saya,sahabat sayapun manusia normal yang gak punya ilmu telepati kayak dukun,sahabat saya juga tidak mendapat bisikan roh kudus

(tolonglah tian....tian lagi bokek....)semua terjadi secara KEBETULAN yang berdampak MUJIJAT!waktu dia beri uang itu,kami cuma berbincang 10menit,sekedar basa basi dan menanyakan kabar.dia beri saya uang,saya tanya kenapa? dia jawab KEBETULAN ada duit lebih dan SENGAJA mencari saya untuk berbagi dgn saya.setelah saya terima,saya ucapkan terima kasih,Tuhan memberkatimu.saya TIDAK BILANG ke dia....aduh sahabatku,

kamu datang pada saat yang tepat,kamu adalah jawaban doaku,kamu adl burung gagaknya nabi elia.kamu adl mujijat Tuhan,dll,dsb.

saya hanya ucap kata TERIMAKASIH....

Soal MUJIJAT KKR yang anda lihat dgn mata kepala sendiri......

Saya bukan orang yang tidak percaya mujijat,SAYA PERCAYA MUJIJAT,

I BELIEVE IN MIRACLE!

namun saya mengimani mujijat itu 100%dari Tuhan.bukan pendeta yang mimpin KKR.dan tidak ada 1pendetapun yang memiliki karunia kesembuhan.termasuk PASTOR BENNY HINN yang kesohor itu.

kalopun ada yang mengakui BENNY HINN atau pendeta lokal yang hobi bikin KKR KESEMBUHAN adlh nabi jaman sekarang,itu adl pengakuan yang bisa mendorong pendeta tsb menjadi orang pertama yang masuk neraka,dan yang mempopulerkannya menjadi orang kedua masuk neraka.

KENAPA.......??????karena banyak orang berbondong bondong ikut KKR,mencari pendeta tsb,berharap "TUHAN MEMAKAI"pendeta tsb utk menyembuhkan.menurut saya itu akan berdampak sbb :

kalo org tsb "SEMBUH/DPT MUJIJAT"orang tsb pasti disuruh naik ke panggung utk testimony,kemudian org tsb sepulang dari KKR pasti testimony ke handai taulannya begini....wah pendeta "dipakai Tuhan"

untuk memberi aku mujijat.dari satu mulut menyebar ke mulut lain.buntut2 nya ,yang lebih populer adl pendetanya,BUKAN TUHANNYA!

dampak kedua adl : kalo org tsb ikut KKR TIDAK MENDAPAT MUJIJAT/KESEMBUHAN,pasti pendeta dan konco2nya. menyalahkan seperti yang Pak.hai2 bilang...masih ada dosa lah,kurang iman lah,ada kepaitanlah,dll,dsb.

seperti yang pernah disaksikan pak hai hai dlm salah satu blog nya (saya kan sudah bilang,karena terlalu banyak yang saya baca,saya lupa judul blognya)

saya menghadiri suatu KKR KESEMBUHAN.dideret belakang kursi saya ada seorang pria keterbelangan mental yang pake kursi roda.seusai praise and whorship di naikkan,acara puncak yang di tunggupun tiba,yaitu "MUJIJAT"

kristian MELIHAT DENGAN MATA KEPALA SENDIRI.

para usher,mengelilingi laki2 lumpuh,cacat mental itu,mereka pake jurus tengking menengking dlm NAMA YESUS.sesudah itu...........ASTAGA.............

mereka memaksakan laki2 tsb untuk berjalan.(demi pengakuan ada mujijat dlm KKR kaleeee)dalam hati saya kasihan melihat laki2tsb berteriak teriak kesakitan jatuh bangun.

namun saya gak bisa lakukan apapun selain kasihan.karena orang tuanya menyetujui anaknya "tersiksa".

setelah jurus tengkingannya tidak berkuasa,para usher meninggalkannya begitu saja dan cari mangsa lain.

saya pribadi,dulu hobi ikut KKR dan juga berharap mujijat.tapi setelah saya ngerti,saya ubah fokus saya ikut KKR TIDAK BERHARAP MUJIJAT.

tapi murni utk PRAISE N WHORSIP sesudah itu pulang.

skrgpun saya jarang ikut,karena malas,pasti berdesak-desakan.

 

IMMANUEL-GBU-

 

pwijayanto's picture

@kristian.., ya memang....

memang payah orang-orang 'pelayan Tuhan' (usher) yang maksa Tuhan dengan doa teriak-teriak, maksa si sakit 'bangkit', padahal kalau TUhan tidak berkenan, ya tetap saja tidak ada perubahan...

sama halnya dengan yang ngusir setan pakai teriak-teriak, seakan-akan setan/roh jahatnya TULI.

tapi memang, perlu kita akui bahwa kadang mukjijat itu "disalurkan" via hamba Tuhan tertentu...

teman saya berdoa untuk mengusir hantu dari sebuah rumah... hantunya tidak mau pergi..

beberapa waktu yang lain saya ajak teman saya yang lain,.. hantunya langsung ngacir....

skrgpun saya jarang ikut,karena malas,pasti berdesak-desakan.

saya juga malas kalau desak-desakan, terakhir saya datang ke KKR, duduk dibelakang panggung, bisa duduk santai, sambil melihat semua jalannya acara.... tidak berdesak-desakan seperti yang didepan panggung. cuma butuh sedikit "keberanian" untuk berjalan menuju ruangan/tempat dibelakang panggung....

salam, www.gkmin.net .

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

kristian's picture

@Pak Pwijayanto....

Shallom....

Anda menulis .....tapi memang,perlu kita akui bahwa kadang mujijat itu
"disalurkan"via hamba Tuhan tertentu.....

SAYA HANYA MENGAKUI TUHAN YESUS MELAKUKAN MUJIJAT HEART TO HEART!

TIDAK PAKE SALURAN PENDETA SIAPAPUN!

Anda menulis teman anda berdoa mengusir hantu,hantunya gak ngacir,
teman anda yang lain bisa buat hantu ngacir

Saya percaya setan,iblis,demit,hantu dan konco2nya itu ada di dunia kita.

tapi sebagai anak2 ALLAH,kita diberi otoritas untuk bisa mengalahkannya,

kita tidak perlu takut membabi buta(terus2an takut tanpa bertindak)ato panggil "orang"untuk usir hantu.karena kita sendiri BISA USIR dia pergi.

saya menulis karena saya PERNAH mengalami!saat saya sendiri,pernah ada rasa ketakutan pada hal2 mistik(krn takut adl naluri manusia).

sangat mencekam,dan tdk ada satu manusiapun di sisi saya.

yang bisa saya lakukan adl BERDOA pada BAPA di dalam NAMA TUHAN YESUS,

supaya ketakutan dan bayang2 hantu dan konco2nya itu lenyap.

dan.....ALLAH memang selalu teruji bisa di andalkan,secara perlahan,

ketakutanku sirna,ku gantikan dengan kata2 FIRMAN yang aku ingat!

sebenarnya banyak kesaksian2 hidupku yang bisa di share kan,

namun saat ini saya masih terikat dosa yang saya buat secara sadar.

jadi  saya ingin membereskannya terlebih dahulu supaya tidak jadi batu sandungan.

 

IMMANUEL-GBU-

 
pwijayanto's picture

@kristian.., maksud saya...

.....tapi memang,perlu kita akui bahwa kadang mujijat itu "disalurkan" via hamba Tuhan tertentu.....

maksud saya.., misalnya, kalau ada orang sakit, khan kita ya nggak bilang, "silakan berdoa sendiri"..bukankah kita akan mendoakan orang itu, dan saat itu kita jadi "saluran" mukjizat Tuhan.

ketika ada teman yang bermasalah karena sering diganggu hantu di mobilnya, saya ya nggak bilang, "silakan atasi hantu itu sendiri... kamu khan juga percaya pada Tuhan Yesus...." (ya saya mengambil inisiatif, menjelaskan kepadanya tentang 'setan', kemudian saya ajak berdoa dan saya doakan)

ketika anak saya diganggu roh jahat, ya saya yang ambil inisiatif mendoakannya, hingga roh jahat itu pergi.  Masa saya biarkan, itu khan urusan anak saya dengan Tuhan.

Nah.. ketika diri kita sendiri yang "membutuhkan", apakah semua kita atasi sendiri, bukankah kita kadang minta teman lain untuk mendoakan kita juga?!

 

sebenarnya banyak kesaksian2 hidupku yang bisa di share kan,

namun saat ini saya masih terikat dosa yang saya buat secara sadar.

jadi  saya ingin membereskannya terlebih dahulu supaya tidak jadi batu sandungan.

Ikutlah acara "Pria Sejati" (Men's Camp), mungkin ada pelajaran disana yang dapat bermanfaat buat anda.  Seorang teman, setelah ikut Camp Pria, mau mengakui telah bertahun-tahun mencuri air PDAM, walau didenda oleh PDAM, tapi itu membebaskannya dari rasa bersalah selama bertahun-tahun.

salam, www.gkmin.net .

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)