Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Natal Sekolah Minggu

Love's picture

Sekolah minggu mungkin merupakan organisasi yang paling sibuk saat bulan Desember tiba. Bagaimana tidak, sejak bulan November guru-gurunya sudah mulai rapat sana sini untuk menentukan acara Natal, hadiah-hadiah, pementasan, kostum, dana, dan lain-lain.

Tahun ini, seperti tahun-tahun biasanya, sekolah mingguku tidak mengadakan acara yang spektakuler atau acara yang besar-besaran. Tidak ada panitia Natal, tidak ada kesibukan mendekor ruangan Natal, atau mencari persewaan kostum-kostum Natal. Tetapi bukan berarti kami tidak memaknai Natal dan tidak mengajak anak untuk antusias merayakan Natal. Bukan itu maksud kami. Kami hanya ingin mengajak mereka larut dalam keserdehanaan seperti yang terjadi lebih dari 2000 tahun yang lalu. Keserdehanaan bukan dalam hal tidak mengeluarkan banyak uang, tetapi bagaimana di masa Natal anak-anak tidak lelah dengan seabreg latihan atau agar anak-anak tidak bingung harus menggunakan baju baru di acara Natal sekolah minggu. Dimana kita mengarahkan mereka kepada makna Natal yang sebenarnya.

Tahun ini, kami ingin anak-anak memaknai kasih yang ada dalam peristiwa kelahiran Yesus. Sepanjang bulan Desember ibadah sekolah minggu tentu saja mengangkat kisah-kisah Natal dan menyanyikan lagu-lagu Natal. Jadi perayaan Natal sekolah minggu kami bukan hanya sekali dalam bulan Desember, tetapi tiap ibadah sekolah minggu.

Selain ibadah, dalam setiap ibadah ada kegiatan-kegiatan Natal. Minggu pertama anak-anak kelas besar diminta untuk membuat puisi Natal yang bertemakan kasih Natal, Anak-anak kelas kecil diajak untuk mewarnai gambar peristiwa kelahiran Yesus. Sebelum kegiatan dimulai terlebih dahulu disampaikan melalui pelajaran bahwa kedatangan Yesus adalah bukti kasih Allah pada manusia.

Minggu kedua anak-anak diajar menyatakan kasih mereka kepada orang lain dengan cara membuat kartu Natal. Kartu Natal tahun ini akan ditujukan kepada Bapak Gembala. Puisi yang sudah dibuat bisa dipindahkan ke dalam kartu Natal tersebut. Sedangkan untuk anak kelas kecil setiap guru harus berupaya terlebih dahulu dengan membuat kartu yang sudah jadi lengkap dengan gambar yang siap diwarnai dan tulisan selamat hari Natal di dalamnya. Lebih seru lagi jika mereka diminta membubuhi tanda tangan mereka. Pastilah dengan serius atau dengan gaya layaknya orang dewasa mereka akan mencari model tanda tangan mereka untuk dibubuhi di kartu tersebut.

Minggu ketiga, setelah pelajaran disampaikan dalam kelas terpisah anak-anak kelas besar maupun kecil diajak untuk menceritakan kembali arti Natal bagi mereka. Bagi anak-anak yang belum sekolah mereka boleh menyanyikan satu lagu Natal.

Minggu keempat, tidak ada ibadah sekolah Minggu karena digabung dengan perayaan Natal gereja kami. Saat ini saat yang ditunggu-tunggu. Mereka akan mementaskan drama Natal yang sudah dilatih setiap hari minggu sore sepanjang bulan Desember. Dramanya tidak ada hafal menghafal dialog jadi lebih mudah bagi mereka untuk melakonkan. Bukan hanya kelas besar saja loh yang berperan, tetapi juga kelas kecil, bahkan yang belum sekolah pun tidak mau ketinggalan. Hari itu juga akan menjadi hari yang dinantikan karena ada pembagian hadiah Natal tentunya.

Tanggal 31 Desember, rangkaian perayaan Natal di sekolah minggu kami ditutup dengan cerita mengenai sukacita Natal. Dalam kesempatan itu pula kami mengajak anak-anak bersukacita dengan bertukar hadiah satu sama lain atau roll kado. Anak-anak membawa kado seharga Rp. 2000,00 per anak dan nantinya akan ditukarkan dengan kado lain dari teman-temannya. Isi kado harus ada ucapan selamat Natal dan sebuah ayat untuk memasuki tahun yang baru.

Nah gitu deh perayaan Natal di sekolah minggu gerejaku. Gimana dengan yang lain? Perayaan Natal di sekolah minggunya kegiatannya apa aja? Sharing donk biar jadi masukan buat kita-kita di tahun-tahun mendatang ….

Oh iya, tolong kritik dan sarannya untuk metode perayaan Natal di sekolah minggu yang sudah saya sharingkan di atas ya ..... thanks before

Selamat Natal semuanya. Tuhan memberkati!

Cebastianus Dani S's picture

tolong AKU...

banyak yach acaranya. tapi boleh dong saya minta dikirimkan drama natal yang dipentaskan pada perayaan Natal..... Atas Bantuannya saya mengucapkan terima kasib. NB: kirim saja ke alamat e-mail saya.
Love's picture

To: Cebastianus -- Drama Natal

Halo Cebastianus,

Kalau mau dapetin beberapa naskah drama Natal untuk anak sekolah minggu,

silakan masuk ke http://pepak.sabda.org/

Di kolom pencarian (search) Anda ketikkan saja 'drama Natal', maka Anda akan melihat beberapa naskah drama Natal. Biasanya saya ambil ide juga dari situ.

Moga bermanfaat,

selamat persiapan natal ya Laughing

 

 

 

fitzgerald 's picture

drama natal

terimakasih banyak kpd semua anak Tuhan yg sdh mencoba menyusun drama2 natal sehingga sy salah satu orang yang tertolong.

 

Tuhan memberkati 

Josua Manurung's picture

saya tidak akan berkomentar...

saya tidak akan mengomentari Natal mu Love... karena sebagai sesama GSM kita sudah merasakan betapa lelahnya mengajar anak2 itu sampai hari H... dimana ada yang cuek saja, baru datang seminggu sebelum Natal atau pas Perayaan Natalnya... sementara orangtua yang tidak mau mengerti dan selalu mengajak anak-anaknya ARISAN ke tempat keluarga....

tapi coba bayangkan... itu semua terbayar... ketika lagu Malam Kudus dinyanyikan dan lilin-lilin kecil satu per satu dinyalakan.....

Malam Kudus...

sunyi senyap...

Dunia terlelap...

 

Pasar Klewer ndak bikin Natal Bersama? Bersama anak-anak pengemis dan tukang kresek... bersama tukang becak atau tukang ojek... bersama tukang sayur atau tukang daging... tapi yang umat Kristiani loh ya...

Selamat bekerja Love... Selamat menjelang Natal semuanya...

BIG GBU!

__________________

BIG GBU!

Rusdy's picture

Natal Klewer

"Pasar Klewer ndak bikin Natal Bersama? Bersama anak-anak pengemis dan tukang kresek... bersama tukang becak atau tukang ojek... bersama tukang sayur atau tukang daging... tapi yang umat Kristiani loh ya..."

Wah, ide bagus tuh bung Jos! Sapa yang mampu meng-organisirnya yah?

erick's picture

saya mau!

Pendaftar pertama! Laughing
__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

Love's picture

Pengen Cepet Natalan

Josua, baca komentermu yg katamu bukan komentar ini bikin aku pengen cepet-cepet masuk dalam bulan perayaan Natal itu.

Natal memang harus setiap hari ada di hati, tetapi nuansa istimewa perayaan kelahiran juru selamat, yang selalu ada di bulan Desember membuatku merindukannya saat ini.

Setuju juga nih ada natalan pasar klewer. Di mana ya enaknya? di markas admin sabdaspace?  dimana sih tempatnya?? ;)

 

 

 

 

dea's picture

lagu natal terbaru

mau minta bantuan buat lagu lagu natal untuk Sekolah minggu yang terbaru.. thx buat bantuannya.. Gbu
hai hai's picture

Hadiah Natal Terbaru

Love, saya juga mau minta bantuan dong untuk hadiah Natal terbaru. Saya belum punya dana untuk membeli hadiah Natal buat istri saya. Tolong bantuin dong, please!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pengunjung's picture

minta dong puisi natal yang

minta dong puisi natal yang bagus ya.. untuk ibdah pohon trg ASM.. boleh ya..
Love's picture

Puisi Natal

Halo pengunjung, silakan cek disini ya puisi Natalnya :)

Met natal :)) 

  1. Aneka Puisi Natal
    http://pepak.sabda.org/pustaka/030345/
    24-12-2003 | Bahan Mengajar
  2. Aneka Puisi Natal
    http://pepak.sabda.org/pustaka/040646/
    25-11-2004 | Bahan Mengajar
  3. Aneka Puisi Natal
    http://pepak.sabda.org/pustaka/050983/
Love
Peter Simon Sebastian's picture

Pasar Klewer ndak bikin

Pasar Klewer ndak bikin Natal Bersama? Bersama anak-anak pengemis dan tukang kresek... bersama tukang becak atau tukang ojek... bersama tukang sayur atau tukang daging... tapi yang umat Kristiani loh ya..."

Aku mau nanya, kenapa harus sama yang umat kristiani?  Umat non-Kristen juga membutuhkan keselamatan yang datangnya dari Yesus?  So, ga papa donk kalo Natalan bareng anak pengemis, tukang kresek, tukang becak, tukang ojek, tukang sayur, tukang daging, tapi yang bukan Kristen...  sambil PI, membagikan kasih Tuhan buat mereka...

Gmn?

aprilia dwi kartika's picture

drama natal'nya dunx..

bagus bgt..

 

saya suka sekali bisa mjd tambahan ilmu buat saya guru sekolah minggu,,,

saya mo dunx drama natal'nya..ttg kasih,kirim di emailQ ea,,

 

thx n GBu

intan0804's picture

Kreasi Acara Natal

sy sedikit terbantu untuk mencari ide menyambut natal tahun ini dengan membaca ini...

 

ada nda ide gerak dan lagu yang cocok untuk ditampilkan di perayaan natal SM...