Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Masalah kitab Ulangan 34 : 5-8 (tentang kematian MUSA)

ayunk23's picture

hallo sahabat-sahabat Sabda space. perkenalkan saya pendatang baru disini... senang rasanya seandainya kehadiran saya disini dapat diterima oleh rekan2, membuat tali persahabatn yang baik, serta dapat saling berbagi ilmu, pengalaman, dan hikmah dengan saya yang bodoh ini..

saya mempunyai permasalahan ketika saya membaca Alkitab pada kitab ULANGAN pasal 34 ayat 5 -8 begini bunyinya :

(5) Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN.

(6) Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini.

(7) Musa berumur seratus dua puluh tahun, ketika ia mati; matanya belum kabur dan kekuatannya belum hilang.

(8) Orang Israel menangisi Musa di dataran Moab tiga puluh hari lamanya. Maka berakhirlah hari-hari tangis perkabungan karena Musa itu.

yang mempercayai bahwa kitab Taurat itu adalah tulisan Musa sebagai petunjuk untuk kaumnya. sebagai mana tertulis dalamkitab Ulangan 31 : 24

"Ketika Musa selesai menuliskan perkataan hukum Taurat itu dalam sebuah kitab sampai perkataan yang penghabisan,Ketika Musa selesai menuliskan perkataan hukum Taurat itu dalam sebuah kitab sampai perkataan yang penghabisan"

masalahnya adalah adanya keganjilan yang saya temui disini yaitu, apakah mungkin kitab Ulangan 34 : 5-8 diatas itu adalah tulisan MUSA ? sebabnya saya bertanya begitu karena rasanya ada kejanggalan jika ayat2 itu ditulis oleh MUSA. sebab bagaimana mungkin seseorang yang masih hidup, dapat menceritakan kisah kematianya ? jika pun MUSA sudah meninggal, mungkinkah orang yang sudah meninggal dapat menulis kisah kematian ini ? 

Itulah satu masalah yang saya alami saat ini, saya berharap banyak rekan-rekan yang mau memberi pencerahan pada masalah saya ini

terima kasih

__________________

ayunk23

Novi Kurniadi's picture

Penulis kitab Taurat

Hai...
Penulis kitab Ulangan setahu saya bukan hanya Musa.
Tapi Musa adalah penulis utamanya.

Lalu siapa yang turut menuliskan kitab Taurat tersebut?

Saya bukan ahli yang bisa menjawab dengan tepat. Kamu harus cari buku atau artikel di internet mengenai sejarah Alkitab. Lebih tepatnya, pelajari Teologi Prolegomena.

Namun saya menduga bahwa Yoshua turut berperan dalam penulisan kitab Taurat. Sebab dialah asisten Musa semasa hidup dan orang yang kemudian menggantikan Musa menjadi pemimpin bangsa Israel.

Semoga jawaban saya bisa menolong.

 

Tuhan memberkati Smile

__________________

Novi Kurniadi

mujizat's picture

Penulis kitab Taurat

Memang mungkin sebagian orang berpendapat bahwa kitab Ulangan 100% ditulis oleh Musa, namun saya lebih setuju pendapat sdr Novi K, dan saya berpendapat bahwa kitab Ulangan disusun berdasarkan tulisan-tulisan nabi Musa yang mencatat perkataan TUHAN, sebagian besar di Kemah Pertemuan.

Suku Lewi bertugas mengajar bangsa Israel tentang Hukum2 TUHAN, sehingga besar kemungkinan kalau Kitab Ulangan disusun oleh orang-orang Lewi selaku pengajar, di bawah Musa.

Jika susunan kitab Ulangan MURNI tulisan Musa, maka sebagai contoh, bentuk kalimatnya akan seperti berikut:

Inilah perkataan-perkataan yang aku ucapkan kepada seluruh orang Israel di seberang sungai Yordan, di padang gurun, di Araba-Yordan, di tentangan Suf, antara Paran dengan Tofel, Laban, Hazerot dan Di-Zahab. (Ulangan 1:1)

padahal ayat tersebut berbunyi:

Inilah perkataan-perkataan yang diucapkan Musa kepada seluruh orang Israel di seberang sungai Yordan, di padang gurun, di Araba-Yordan, di tentangan Suf, antara Paran dengan Tofel, Laban, Hazerot dan Di-Zahab. (Ulangan 1:1)

Jadi, menurut hemat saya, kitab Ulangan disusun oleh seseorang sebagai salinan tulisan nabi Musa PLUS pengantar dan keterangan-keterangan, namun hal tersebut secara substansial ataupun secara HAKIKAT tidak menyimpang dari isi pesan Firman Tuhan.

Shaloom.

__________________

 Tani Desa

ayunk23's picture

penulis kitab Taurat

Terima kasih....

komentar dari sdri Novi Kurniadi dan Muzijat dapat saya terima dan memang itu sama dengan interpretasi saya semula bahwa kitab Ulangan tidaklah 100% tulisan Musa. namun sebagai mana telah saya tulis diatas tentang Ulangan 31:24

"Ketika Musa selesai menuliskan perkataan hukum Taurat itu dalam sebuah kitab sampai perkataan yang penghabisan"

juga dalam keluaran (Keluaran17:14)

"Allah menyuruh Musa menulis sebuah kitab"

dari sini saya berinterpretasi pula bahwa yang dimaksud taurat itu adalah sebuah kitab yang ditulis oleh Musa, bukanlah Taurat yang kita kenal sekarang terdiri dari 5 buah kitab yang ada dalam Bible yaitu Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan.

sebetulnya dapatkah anda menjelaskan yang manakah sebuah kitab hukum Taurat yang ditulis Musa itu ?

__________________

ayunk23