Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Nama sakral 'YAH'.

Alkreak's picture

Seiring kita semua sudah hampir memasuki akhir jaman, sebaiknya diupayakan was-was mengenai nama Tuhan yang kita ucapkan. Was-was dikarenakan sangat penting menggunakan nama yang kekal eksistensinya semenjak bumi diciptakan. Nama sakral itu diucapkan 'YAH' yang artinya 'YAH menyelamatkan'.

Berhubung kita umumnya menggunakan nama panggilan Tuhan atau Allah, nama tsb merupakan pengalihan dari wujud nama Tuhan yang sebenarnya, yaitu 'YAHUVEH' (God) dan 'YAHUSHUA' (Jesus). Nama Jesus merupakan terjemahan sebanyak 3 kali.  Pada mulanya nama 'YAHUSHUA' dari bahasa Ibrani dirubah ke dalam bahasa Yunani yaitu Iesus, dan setelah itu menjadi Jesus yang merupakan sebutan paling dikenali oleh seluruh dunia.
 

Di kemudian hari panggilan nama Jesus takkan terkaruniai oleh roh kudus seiring melantunkan nyanyian pujian, berdoa, penyembuhan, dan pemberkatan. Hal ini akan terjadi karena iblis menggunakan kedok nama tsb sebagai juru selamat, sehingga berkat-berkat yang mengalir dari roh kudus tak bisa sampai karena salah penyebutan nama. (2 Korintus 11:14 And no wonder, for Satan himself masquerades as an angel of light."> 14 Maka tidak mengherankan, karena Iblis pun menyamar sebagai malaikat terang.) And no wonder, for Satan himself masquerades as an angel of light.">

Ini wujud roh kudus.(Gal 5:22-24 22 Tetapi buah Roh adalah kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 23 kelemahlembutan dan pengendalian diri. Menentang hal-hal seperti itu tidak ada hukum. )

Pergunakanlah YAHUSHUA HA MASHIACH saat ini juga.

http://www.yahshuah.com/bkjy.html

http://www.yahuwah-is.net/Files/yahushua.html

hai hai's picture

@Alkreak, Berapa Tinggi Ilmu Anda

Alkreak, anda tahu kenapa Kristian H. Sugiyarto dan Pdt.Teguh Hindarto MTh TIDAK menulis di SABDA Space? Saya lupa siapa namun salah satunya pernah memberitahu saya bahwa alasannya adalah kerena di SABDA Space huruf-huruf Ibrani tidak MUNCUL.

Tahukah anda? Keduanya pernah mendaftar di SABDA Space. Mungkin saja itu adalah orang lain yang menyamar sebagai keduanya. Itu sebabnya saya tidak bisa memastikan bahwa yang mendaftar adalah keduanya.

Saya pernah menantang hampir semua DEDENGKOT KAUM NAMAIS (penyembah NAMA) untuk BERDEBAT lewat Email juga menantang mereka berdebat di SABDA SPACE. Sayang sekali, ternyata baik Kristian H. Sugiyarto maupun Pdt.Teguh Hindarto MTh tidak lebih dari TONG KOSONG yang HANYA berani BERBUNYI di kandang sendiri dan ketika ketemu orang yang tidak tahu bahwa dirinya tidak tahu.

Alkreak, Berapa Tinggi Ilmu Anda? Berapa banyak yang anda ketahui tentang nama YHWH, Elohim dan Yesus Kristus? Anda punya HANDAI TAULAN Kaum NAMAIS (penyembah NAMA) yang anda anggap pengetahuannya HEBAT? silahkan ajak ke SABDA Space, katakan kepada MEREKA, hai hai SIAP mengajari mereka PENGETAHUAN sejati tentang nama YHWH, Elohim dan Yesus Kristus.

Guna menunjukkan kepada adan bahwa saya tidak MEMBUAL dan tidak MENYOMBONG silahkan KLIK DI SINI untuk membaca beberapa blog saya yang MENGULITI ajaran KAUM NAMAIS helai demi helai seperti menguliti bawang bombai sehingga kelihatan JELAS bahwa semua yang mereka yakini dan ajarkan SESAT karena bertentangan dengan ajaran Alkitab.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@Alkreak, Tolong Jangan Salah Faham

Saudara Alkreak, tolong jangan salah faham ya. Saya senang anda menjadi anggota Komunitas Blogger Kristen SABDA SPACE. Saya senang anda MENULIS tentang ajaran-ajaran YHWH di SABDA SPACE karena melalui komentar-komentar pada tulisan anda saya PUNYA kesempatan untuk menunjukkan kesalahan TEOLOGI NAMAIS.

Saya menulis komentar tersebut di atas agar anda sejak semula mendapat pengetahuan yang BENAR dan lengkap tentang komunitas blogger Kristen SABDA SPACE. Demikian, bila suatu saat nanti anda BERTOBAT, maka anda tidak bisa menyalahkan hai hai atau blogger-glogger lainnya karena hai hai sudah memberitahu anda kondisi KOMINITAS blogger Kristen SABDA Space.

Saya senang anda bergabung di sini. Saya tidak pernah membenci KAUM NAMAIS (penyembah NAMA), itu sebabnya saya secara serius mempelajari ajaran Alkitab tentang nama-nama Sang Pencipta dan mengajarkannya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Alkreak's picture

no hard feelings

Namais hal baru bagi saya. Saya menggunakan nama 'YAH' selama 3 tahun karena penggunaan kata 'Allah' dan 'Tuhan' sangatlah tak mungkin menurutku, karena dari segi 'Spiritual Awareness' yg kumiliki mengesahkan nama pencipta selain kata 'YAH' sudah dikontaminasikan selak-beluknya roh-roh jahat. Tapi saya senang sekali Saudara Hai-hai mau membantuku untuk menelusuri kata sakral ini untuk diungkapkan mengapa begitu penting buatku seiring dunia hampir mendekati akhir menurutku. Memang tak ada yang tahu sih kapan terjadinya. Terima kasih ajakannya untuk menilik nama sakral ini. Tetapi kupelajari dulu referensinya......

Samuel Franklyn's picture

Satu lagi penganut takhyul muncul

Satu lagi penganut takhyul muncul. Coba baca dulu ini:

http://www.sabdaspace.org/takhayul_nama_yhvh

sandman's picture

YAHWEH - YAHAVAH - YAHAVEH - YAHAVIH - YAHAVOH - YAHAVUH

.... Yahweh is not the name of the true Jewish God. This name was invented modernly by Benedictine Gilbertus Genebrardus between 1550-1567. Genebrardus became the champion of the Samaritan Bible's name for God. He extracted YaBe, changed the "B" to a "V" and produced YaVe, which as we can see is the same thing of the gnostics and neo-platoist Clement--Iao-ve, Epiphanius--Iave, Theodoret--Iabe! By adding the "h" he formed YaHveH and at last YaHweH as it is now spelled. It is interesting to note that not in Clement, Origen, Epiphanius, or Theodoret, was there an attempt to reconcile these names of pagan gods with a tetragrammation name of YHVH. Genebrardus did not try his hand at alphabet soup concerning the name of God until he translated the works of Origen and there he found the name of God issue and modernized the spelling. What has plagued this name Yahweh is the "Yah" portion that cannot be separated from paganism.....

kutipan di atas bisa di baca  DISINI

__________________

PlainBread's picture

Tuhan tak seharusnya bernama

Nama diberikan untuk membedakan antara satu dengan yang lain, di dalam kelompok yang sama: Nama orang, nama jalan, nama negara, nama planet, nama galaksi.

Tapi Tuhan? Siapakah yang masuk ke dalam kelompok Tuhan kecuali Tuhan sendiri?

Makanya ketika Musa bertanya tentangNya, Dia menjawab,"Aku adalah Aku." Tidak ada Tuhan selain Tuhan.

tonypaulo's picture

jadi memanggil Tuhan dengan... ?

plain :

Nama diberikan untuk membedakan antara satu dengan yang lain, di dalam kelompok yang sama: Nama orang, nama jalan, nama negara, nama planet, nama galaksi.

Tapi Tuhan? Siapakah yang masuk ke dalam kelompok Tuhan kecuali Tuhan sendiri?

Makanya ketika Musa bertanya tentangNya, Dia menjawab,"Aku adalah Aku." Tidak ada Tuhan selain Tuhan.

tony :

jadi kalau mau memanggil Tuhan dengan apa?

eh..eh...eh?

atau berdoa dalam nama siapa?

kenapa YESUS KRISTUS menjadi nama yang PENTING?

belajarlah memahami Alkitab dengan baik dan benar, jangan suka buat suatu alur pemahaman yang aneh dan fallacy...

 

salam

 

 

PlainBread's picture

Aku adalah Aku

Cuma Tuhan yang benar2 Tuhan yang ketika ditanya siapa namaNya, menjawab "Aku adalah Aku." Aneh? Iya, ditanya nama malah ngejawab begitu. Musanya aja oon karena nama digunakan untuk membedakan beberapa hal yang sejenis.

I am that I am. Ehyeh Asher Ehyeh. Ego eimi ho on. Gak ada nama, karena Dialah Tuhan satu2nya, tiada yang lain.

Mau elu bilang pemahaman gue aneh dan fallacy, silakan aja :) Gue bukan kaya elu yang risau sama image orang2 tentang diri gue.

Alkreak's picture

God is timeless

Just to remember, all name can be interfered by deception, only his name boundless has no time.

PlainBread's picture

Adam sebenarnya bukan nama

Anda tentu tau kisah taman Eden.

Adam adalah manusia satu2nya saat itu, belum ada Hawa. Apakah dia bernama? Tidak. Apakah Tuhan memberi dia nama? Tidak. Bahkan kata "Adam" sendiri sebenarnya bukan nama, karena artinya adalah "manusia".

Apakah sang Adam tidak kepikiran kenapa dirinya tidak bernama, sementara dia menamai segala binatang?

Kej 2:20 Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Ada kaitan erat antara nama dengan jumlah anggota di dalam suatu grup. Ketika grup itu cuma terdiri dari satu anggota, untuk apa diberi nama? "Manusia itu" (baca: Adam) memberi nama, TETAPI baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia. Ini bukan ngomongin kekasih atau pacar, tetapi ngomongin orang lain selain Adam.  "sepadan dengan dia" = bukan binatang, dan juga bukan Allah. Yang dia temui di dalam taman Eden hanyalah binatang yang levelnya lebih rendah, dan Allah yang levelnya lebih tinggi.

 

Karena hal itu, Tuhan Allah mengambil salah satu rusuk si "Manusia itu" dan menjadikannya manusia lain.

Apakah Tuhan menamakan manusia kedua? Tidak.

Siapa yang memberi nama? Si "manusia itu" memberi nama kepada manusia yang kedua, yaitu CHAVAH alias HAWA.

Kenapa diberi nama Chavah, apakah Kain sudah lahir di situ? Belum.

Apakah setelah manusia kedua itu dijadikan, si "Manusia pertama" itu langsung menamainya? Tidak.

"Manusia itu" menamai manusia kedua dengan kata CHAVAH karena Tuhan berfirman bahwa si CHAVAH akan mengandung:

Kej 3: 16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."

...

Kej 3:18 Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.

 

Dari situ si "Manusia itu" tahu, bahwa manusia kedua akan menjadi sumber/ibu dari segala yang hidup. CHAVAH berarti = Hidup/Living.

 

Jadi apa hubungannya dengan nama Allah? Karena kita akan menggunakan prinsip2 yang sama dalam pe-nama-an.

Siapa yang menamakan "Manusia itu" dengan nama Adam? Tidak ada, karena itu bukan nama.

Siapa yang menamakan Allah dengan "Aku adalah Aku"? Tidak ada, karena itu bukan nama.

Apakah ada manusia lain selain "Manusia itu" di taman Eden? Tidak ada, atau tepatnya belum ada.

Apakah manusia pertama yang memberi nama ke manusia kedua, atau manusia kedua yang memberi nama kepada manusia pertama? Jelas yang hirarkinya lebih tinggi menamakan yang hirarkinya lebih rendah. "Manusia itu" menamakan manusia kedua dengan sebutan CHAVAH. Yang pertama memberi nama kepada yang kedua, bukan sebaliknya.

 

Jadi bagaimana Allah memiliki nama jika segala sesuatunya belum diciptakan? Siapa yang memanggil Dia dengan nama-Nya jika tidak ada malaikat, tidak ada manusia, tidak ada segala sesuatunya?

Dan anda berkata nama Tuhan itu boundless has no time? 

"Aku adalah Aku" bukanlah nama. Allah berkata itu karena pertanyaan Musa salah sasaran:

Kel 3: 13 Lalu Musa berkata kepada Allah: "Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? --apakah yang harus kujawab kepada mereka?"

Kel 3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."


"Alfa dan Omega" bukanlah nama. Karena dari sejak point Alfa (di mana segala ciptaan belum ada), Dia sudah ada di situ. Nama tidak diperlukan jika tidak ada siapa pun di sana kecuali Diri-Nya:

Wah 1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

tonypaulo's picture

lihat kamus bahasa Ibrani

H121 ??? 'a?da?m aw-dawm'
The same as H120; Adam, the name of the first man, also of a place in Palestine: - Adam

H120 ,???, 'a?da?m aw-dawm'
From H119; ruddy, that is, a human being (an individual or the species, mankind, etc.): - X another, + hypocrite, + common sort, X low, man (mean, of low degree), person...

Adam sebenarnya bukan nama ?

kalau mau lebih mendalam, ada baiknya lihat-lihat kamus yang ada di Alkitab online, DARIPADA AMBIL SUATU KESIMPULAN DARI PEMAHAMAN YANG SEADANYA DAN ASBUN

 

salam

 

PlainBread's picture

@Tony Itu namanya derivatives

Nama yang diturunkan dari kata origin yang bukan nama. Nama Yesus dari mana? Nama Adam dari mana? Nama Susilo dari mana?

1. Jesus: Jehovah is salvation.

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai nama tersebut? Bukan. Karena sebelumnya ada orang terkenal di PL yang memakai nama yang sama, nama yang memiliki arti: Yoshua (YHVH is my salvation).

2. YHVH, Yehovah

Apakah nama ini muncul tiba2 di awal penciptaan di awal kitab kejadian? Tidak. Ini berasal dari frase "Aku adalah Aku",

Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

Bagaimana mungkin nama ini diklaim sebagai nama asli Allah, sementara nama YHVH merupakan derivatives atau turunan dari Ehyeh asher ehyeh?

 

3. Susilo Bambang Yudhohyono

Apakah kata susilo sebagai first name SBY merupakan nama asli dalam arti diciptakan oleh ortu beliau? Bukankah kata tersebut derivates dari kata susilo atau susila dan sudah dipakai banyak orang jauh sebelum beliau lahir?

 

4. Adam: Manusia

Orang sering mengira bahwa kata Adam baru muncul pertama kali di Kej 4:25

Adam bersetubuh pula dengan isterinya, lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, sebab katanya: "Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel; sebab Kain telah membunuhnya."

Benar kalo pake alkitab bahasa Indonesia. Padahal dengan bahasa aslinya, sudah disebutkan di Kej 1:26:

Berfirmanlah <0559> Allah <0430>: "Baiklah Kita menjadikan <06213> manusia <0120> menurut gambar <06754> dan rupa <01823> Kita, supaya mereka berkuasa <07287> atas ikan-ikan <01710> di laut <03220> dan burung-burung <05775> di udara <08064> dan atas <08064> ternak <0929> dan atas <05921> seluruh <03605> bumi <0776> dan atas <05921> segala <03605> binatang melata <07431> yang merayap <07430> di bumi <0776>."

 

0120 = manusia =

Kata: Mda 'adam
Pengucapan: aw-dawm'
Asal Kata: from 0119
Sumber: TWOT - 25a
Jenis Kata: n m
Dalam AV: man 408, men 121, Adam 13, person(s) 8, common sort + 07230 1, hypocrite 1

 

 

kalau mau lebih mendalam, ada baiknya lihat-lihat kamus yang ada di Alkitab online, DARIPADA AMBIL SUATU KESIMPULAN DARI PEMAHAMAN YANG SEADANYA DAN ASBUN

Justru menurut saya anda cuma asal comot dari kamus. Pelajarilah kamus tersebut dan etimologi kata Adam tersebut dan di mana kata tersebut dipakai di dalam alkitab.

Soal asbun, silakan anda ngomong apa aja. Saya ingatkan, anda sudah menetapkan banyak standar ke orang2 di SS, jangan anda melanggar standar yang anda buat ke orang lain. Anda tau istilahnya itu apa untuk orang2 yang menetapkan standar tinggi ke orang lain tapi dia melanggarnya sendiri.

tonypaulo's picture

KRISTUS adalah nama?

plain :

Nama yang diturunkan dari kata origin yang bukan nama. Nama Yesus dari mana? Nama Adam dari mana? Nama Susilo dari mana?

tony:

aturan darimana nama yang diturunkan dari kata "origin" bukan nama? anda ahli bahasa Ibranikah? jangan asbun, dalam bahasa Ibrani dan Yunani ada kata yang artinya bukan arti tunggal

 

plain :

1. Jesus: Jehovah is salvation.

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai nama tersebut? Bukan. Karena sebelumnya ada orang terkenal di PL yang memakai nama yang sama, nama yang memiliki arti: Yoshua (YHVH is my salvation).

tony:

inilah bukti anda tidak memahami Alkitab, karena mungkin membacanya saja anda jarang

Luk 1:31  Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
 

dan tidak pernah ada dalam Alkitab yang bernama Yesus Kristus selain Yesus Kristus, jangan asbun

G2424, Ι?ησου?ς, Ie?sous, ee-ay-sooce' : Of Hebrew origin [H3091]; Jesus (that is, Jehoshua), the name of our Lord and two (three) other Israelites: - Jesus.

yang lebih parah anda tidak memahami bahwa KRISTUS (MESIAH/JURUSELAMAT) ITU BUKAN NAMA ITU GELAR ATAU SALAH SATU STATUS TUHAN YESUS

jadi hanya ada satu YESUS KRISTUS, YESUS yang adalah KRISTUS. walau banyak nama YESUS di bumi ini sesudah dan sebelum YESUS KRISTUS

 

plain :

2. YHVH, Yehovah

Apakah nama ini muncul tiba2 di awal penciptaan di awal kitab kejadian? Tidak. Ini berasal dari frase "Aku adalah Aku",

Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

Bagaimana mungkin nama ini diklaim sebagai nama asli Allah, sementara nama YHVH merupakan derivatives atau turunan dari Ehyeh asher ehyeh?

 

tony:

muncul tiba2? darimana anda bisa menyimpulkan muncul tiba2? itu alur yang dibangun, Alkitab itu ditulis oleh seseorang yang diilhami ROH KUDUS, jadi bukan muncul tiba-tiba

nah yang sering saya diskusikan dengan SSY mengenai nama YHWH adalah itu nama TUHAN ALLAH dalam BAHASA IBRANI, yang pengunaannya juga disesuaikan dengan kondisi bangsa Israel, ketika jaman Kasih Karunia lewat KRISTUS YESUS, nama TUHAN ALLAH lebih universal, namun ada PENJELASAN YANG TEGAS

ALLAH BAPA, YESUS KRISTUS dan ROH KUDUS

identitas TRITUNGGAL itulah yang dikenal sebagai TUHAN yang universal

 

plain:

3. Susilo Bambang Yudhohyono

Apakah kata susilo sebagai first name SBY merupakan nama asli dalam arti diciptakan oleh ortu beliau? Bukankah kata tersebut derivates dari kata susilo atau susila dan sudah dipakai banyak orang jauh sebelum beliau lahir?

tony:

?

ga nyambung

 

plain :

4. Adam: Manusia

Orang sering mengira bahwa kata Adam baru muncul pertama kali di Kej 4:25

Adam bersetubuh pula dengan isterinya, lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, sebab katanya: "Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel; sebab Kain telah membunuhnya."

Benar kalo pake alkitab bahasa Indonesia. Padahal dengan bahasa aslinya, sudah disebutkan di Kej 1:26:

Berfirmanlah <0559> Allah <0430>: "Baiklah Kita menjadikan <06213> manusia <0120> menurut gambar <06754> dan rupa <01823> Kita, supaya mereka berkuasa <07287> atas ikan-ikan <01710> di laut <03220> dan burung-burung <05775> di udara <08064> dan atas <08064> ternak <0929> dan atas <05921> seluruh <03605> bumi <0776> dan atas <05921> segala <03605> binatang melata <07431> yang merayap <07430> di bumi <0776>."

 

tony:

kan sudah saya jelaskan Adam itu memilik dua arti menurut KAMUS BAHASA IBRANI (bukan arti tunggal)

arti pertama adalah : manusia

arti kedua (sekaligus) adalah : nama manusia pertama

kalau anda mau protes, silahkan protes ke pembuat kamus bahasa Ibrani, silahkan ajukan "gugatan" anda kepada mereka, kalau anda merasa "lebih tahu" tentang sistem linguistik bahasa Ibrani

tapi saya percaya anda tidak akan "sekonyol" itu

 

 

tony :

kalau mau lebih mendalam, ada baiknya lihat-lihat kamus yang ada di Alkitab online, DARIPADA AMBIL SUATU KESIMPULAN DARI PEMAHAMAN YANG SEADANYA DAN ASBUN

plain :

Justru menurut saya anda cuma asal comot dari kamus. Pelajarilah kamus tersebut dan etimologi kata Adam tersebut dan di mana kata tersebut dipakai di dalam alkitab.

Soal asbun, silakan anda ngomong apa aja. Saya ingatkan, anda sudah menetapkan banyak standar ke orang2 di SS, jangan anda melanggar standar yang anda buat ke orang lain. Anda tau istilahnya itu apa untuk orang2 yang menetapkan standar tinggi ke orang lain tapi dia melanggarnya sendiri.

 

tony:

saya asal comot dari kamus? kamusnya menyatakan demikian, anda merasa lebih tahu dari yang membuat kamus? jangan konyol

saya menetapkan standar yang tinggi? itu kan hasil imajinasi anda saya, masa saya harus bertanggung jawab atas semua hasil imajinasi anda?

sudah jelas di kamus bahasa Ibrani kata 'Adam" memiliki dua arti, manusia dan/atau nama pertama dari manusia pertama. TITIK

jadi kalau anda bilang ADAM BUKAN NAMA MANUSIA, TIDAK DEMIKIAN MENURUT KAMUS BAHASA IBRANI, TITIK.

kalau mau anda paksakan juga, yah sudah terserah anda saja

 

salam

 

PlainBread's picture

@Tony Menjilat ludah sendiri

Tony: yang lebih parah anda tidak memahami bahwa KRISTUS (MESIAH/JURUSELAMAT) ITU BUKAN NAMA ITU GELAR ATAU SALAH SATU STATUS TUHAN YESUS

Yang saya pakai adalah kata Yesus sebagai contoh dan saya bandingkan dengan nama Yoshua di PL yang memiliki kesamaan arti. 

Tapi karena anda mau cari2 kesalahan, anda merasa bahwa anda berhasil menemukan kesalahan saya. Anda memang suka nitpicking ya :) Tapi anggaplah bahwa saya tidak paham bahwa Kristus itu adalah gelar, bukannya yang paling mengenaskan adalah anda karena sudah membuat judul komen seperti ini:

saya mau "mengunakan" nama YESUS KRISTUS saja boleh?

Silakan jilat ludah anda sendiri. Saya tidak akan menanggapi bagian2 lain dari komentar anda :)

Ketika anda menggunakannya, itu gpp. Tapi ketika orang lain menggunakannya, anda mempersalahkan orang tersebut.

Ketika anda bilang orang lain harus ini dan itu dengan standar anda, itu sepertinya sudah jadi hobby anda. Tapi ketika anda melanggar standar anda, buat anda gpp. Berlaku ke orang lain tapi gak berlaku ke anda? :)


Sekali lagi, silakan jilat ludah anda sendiri. Saya yakin anda sudah sering melakukannya sehingga ketika melakukannya untuk kesekian kalinya anda sudah tidak menyadarinya.

 

PlainBread's picture

@Tony Menjilat ludah sendiri

yang lebih parah anda tidak memahami bahwa KRISTUS (MESIAH/JURUSELAMAT) ITU BUKAN NAMA ITU GELAR ATAU SALAH SATU STATUS TUHAN YESUS

Yang saya pakai adalah kata Yesus sebagai contoh.  Tapi karena anda mau cari2 kesalahan, anda merasa bahwa anda berhasil menemukan kesalahan saya. Anda memang suka nitpicking ya :) Tapi anggaplah KALAU saya tidak paham bahwa Kristus itu adalah gelar, bukankah yang paling mengenaskan adalah anda karena sudah membuat judul komen seperti ini:

saya mau "mengunakan" nama YESUS KRISTUS saja boleh?

Orang lain bilang "nama Yesus Kristus" anda langsung menyerangnya, tapi anda ternyata juga melakukannya hahahaha.

Silakan jilat ludah anda sendiri. Saya tidak akan menanggapi bagian2 lain dari komentar anda :)

 

Ketika anda menggunakannya, itu gpp. Tapi ketika orang lain menggunakannya, anda mempersalahkan orang tersebut.

Ketika anda bilang orang lain harus ini dan itu dengan standar yang anda buat, anda sudah bertindak sebagai hakim karena sudah memperhatikan orang dengan teliti dengan standar2 anda. Tapi ketika anda melanggar standar2 anda, buat anda gpp.

Kalo itu bukan munafik, namanya apa? :)


Sekali lagi, silakan jilat ludah anda sendiri. Saya yakin anda sudah sering melakukannya sehingga ketika melakukannya untuk kesekian kalinya anda sudah tidak menyadarinya.

tonypaulo's picture

plain silahkan telan kata2 jilat ludah

plain :

yang lebih parah anda tidak memahami bahwa KRISTUS (MESIAH/JURUSELAMAT) ITU BUKAN NAMA ITU GELAR ATAU SALAH SATU STATUS TUHAN YESUS

Yang saya pakai adalah kata Yesus sebagai contoh.  Tapi karena anda mau cari2 kesalahan, anda merasa bahwa anda berhasil menemukan kesalahan saya. Anda memang suka nitpicking ya :) Tapi anggaplah KALAU saya tidak paham bahwa Kristus itu adalah gelar, bukankah yang paling mengenaskan adalah anda karena sudah membuat judul komen seperti ini:

saya mau "mengunakan" nama YESUS KRISTUS saja boleh?

Orang lain bilang "nama Yesus Kristus" anda langsung menyerangnya, tapi anda ternyata juga melakukannya hahahaha.

tony:

inilah akibat anda hanya mencari kesalahan2 saja

perhatikan baik-baik

yang lebih parah anda tidak memahami bahwa KRISTUS (MESIAH/JURUSELAMAT) ITU BUKAN NAMA ITU GELAR ATAU SALAH SATU STATUS TUHAN YESUS

dengan

saya mau "mengunakan" nama YESUS KRISTUS saja boleh?

saya sudah jelaskan sebelumnya

Jadi hanya ada satu YESUS KRISTUS, YESUS yang adalah KRISTUS. walau banyak nama YESUS di bumi ini sesudah dan sebelum YESUS KRISTUS

Act 4:10

(ITB)  maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati--bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu.

KRISTUS itu bukan nama, kalau hanya berdiri sebagai KRISTUS saja, KRISTUS itu artinya mesias, juruselamat, yang diurapi

kalau hanya KRISTUS, jelas itu bukan nama

tapi kalau sudah YESUS KRISTUS itu adalah Nama atau identitas seseorang (tunggal), YESUS yang diurapi, YESUS yang adalah MESIAS, YESUS yang adalah Juruselamat manusia

dan mengapa saya sampaikan

yang lebih parah anda tidak memahami bahwa KRISTUS (MESIAH/JURUSELAMAT) ITU BUKAN NAMA ITU GELAR ATAU SALAH SATU STATUS TUHAN YESUS

karena anda sebelumnya menyampaikan

plain : Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai nama tersebut? Bukan.

Karena sebelumnya ada orang terkenal di PL yang memakai nama yang sama, nama yang memiliki arti: Yoshua (YHVH is my salvation).

plain :

Silakan jilat ludah anda sendiri. Saya tidak akan menanggapi bagian2 lain dari komentar anda :)

 tony :

silahkan telan kata jilat ludah anda sendiri, kalo pemahaman ga seberapa ga perlu sok tahu

 

oh iya bisa anda pertangung jawabkan perkataan anda dibawah ini

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai nama tersebut? bukan

 

atau mau anda jilat kata2 anda kembali?

salam

 

PlainBread's picture

@Tony Baca pake prasangka ya begini hasilnya

Coba baca baik2 kalimat saya, secara penuh ya -bukan ditebali sesuai yang anda inginkan-

1. Jesus: Jehovah is salvation.

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA TERSEBUT? Bukan. (itu yang anda tebali -pb) Karena sebelumnya ada orang terkenal di PL yang memakai nama yang sama, nama yang memiliki arti: Yoshua (YHVH is my salvation).

 

"Nama tersebut" itu mengacu ke mana, ke "Yesus Kristus" ATAU ke "Yesus"? Kalo anda baca kalimat sebelumnya dan sesudahnya, anda pasti tau saya mengacu ke YESUS. 

Sebelumnya: Jesus: Jehovah is salvation

Sesudahnya: Bicara soal Yoshua di PL

Tapi karena otak anda sudah picek, anda berpikir saya melakukan kesalahan. Tony, jangan samakan orang lain seperti anda. Orang lain kalo nulis mikir dulu, tidak seperti anda.

Ayo, cari lagi kesalahan saya yang lain :)

tonypaulo's picture

belajar menyusun kata2 dulu ya

Coba baca baik2 kalimat saya, secara penuh ya -bukan ditebali sesuai yang anda inginkan-

plain : 

1. Jesus: Jehovah is salvation.

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA TERSEBUT? Bukan. (itu yang anda tebali -pb) Karena sebelumnya ada orang terkenal di PL yang memakai nama yang sama, nama yang memiliki arti: Yoshua (YHVH is my salvation).

 

"Nama tersebut" itu mengacu ke mana, ke "Yesus Kristus" ATAU ke "Yesus"? Kalo anda baca kalimat sebelumnya dan sesudahnya, anda pasti tau saya mengacu ke YESUS. 

Sebelumnya: Jesus: Jehovah is salvation

Sesudahnya: Bicara soal Yoshua di PL

Tapi karena otak anda sudah picek, anda berpikir saya melakukan kesalahan. Tony, jangan samakan orang lain seperti anda. Orang lain kalo nulis mikir dulu, tidak seperti anda.

Ayo, cari lagi kesalahan saya yang lain :)

 

tony:

kalau mau ngeles dan membebaskan diri dari tanggung jawab yah silahkan , itu hak asasi anda, tapi jangan terlalu pede bicara karakter

1. Jesus: Jehovah is salvation.

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA TERSEBUT? Bukan. (itu yang anda tebali -pb) Karena sebelumnya ada orang terkenal di PL yang memakai nama yang sama, nama yang memiliki arti: Yoshua (YHVH is my salvation).

saya sudah bahas kok sebelumnya

walau banyak nama YESUS di bumi ini sesudah dan sebelum YESUS KRISTUS

baca pakai prasangka?

belajar merangkai kata-kata yang benar supaya artinya benar, kalau tidak belum bisa, yah tahan diri anda untuk tidak menyampaikan sesuatu yang anda sendiri tidak pahami benar

kalau anda saja yang tidak bisa merangkai kata2 dengan baik

 

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA TERSEBUT?

dalam kalimat itu ada kata "YESUS KRISTUS" yang bisa diartikan sebagai nama

yang benar adalah

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA YESUS

 

belajar menyusun kata2 dulu ya

 

salam

 

 

PlainBread's picture

@Tony Anda lulus SD nyogok?

 

Tony: Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA TERSEBUT?

dalam kalimat itu ada kata "YESUS KRISTUS" yang bisa diartikan sebagai nama

yang benar adalah

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA YESUS

 

belajar menyusun kata2 dulu ya

 

PB:: Tony, kata TERSEBUT setahu saya sudah diajari di SD, adalah kata ganti untuk menunjuk kata yang sudah disebut sebelumnya.

Kata ganti TERSEBUT berasal dari kata TER + SEBUT. Jadi kata itu sudah disebutkan sebelumnya, makanya pake kata ganti (mis: tersebut, itu, ini, dia, beliau, mereka).

Kapan saya menyebut kata Yesus? Ketika saya ketik: JESUS: (Jehovah is My salvation). - dan mungkin anda akan bilang "itu kan JESUS, bukan YESUS" hahaha-

Jadi jangan nyuruh saya belajar nyusun kata2 dulu ya, ini bukan kali pertama anda membuktikan ke orang2 kalo anda seperti orang yang lulus SD dengan nyogok tapi sok taunya minta ampun.

tonypaulo's picture

kok bawa2 SD? jangan semakin konyol lah

plain :

PB:: Tony, kata TERSEBUT setahu saya sudah diajari di SD, adalah kata ganti untuk menunjuk kata yang sudah disebut sebelumnya.

Kata ganti TERSEBUT berasal dari kata TER + SEBUT. Jadi kata itu sudah disebutkan sebelumnya, makanya pake kata ganti (mis: tersebut, itu, ini, dia, beliau, mereka).

Jadi jangan nyuruh saya belajar nyusun kata2 dulu ya, ini bukan kali pertama anda membuktikan ke orang2 kalo seperti orang yang lulus SD dengan nyogok.

 

tony:

baik saya ikuti logika anda, siapakah nama TERSEBUT dari Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA TERSEBUT?

jelas YESUS KRISTUS, karena anda memotong kalimat dan anda kasih nomor pula (aturan darimana lagi?)

1. Jesus: Jehovah is salvation.

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA TERSEBUT? Bukan. (itu yang anda tebali -pb) Karena sebelumnya ada orang terkenal di PL yang memakai nama yang sama, nama yang memiliki arti: Yoshua (YHVH is my salvation).

dari kalimat diatas ada dua yang dapat mewakili NAMA TERSEBUT

1. Jesus

2. Yesus Kristus

anda belajar kan di SD untuk menyusun kata2 dengan baik, agar maksud yang ingin anda sampaikan bisa dimengerti dengan baik? termasuk aturan pengunaan kata ganti dalam satu aturan tata kalimat

kalau  kalimat anda bisa diartikan menjadi dua pengertian Jesus dan Yesus Kristus, kok anda menyalahkan orang lain?

sampaikan saja bahwa yang anda maksudkan adalah Jesus bukan Yesus Kristus

dan tidak bisa anda pungkiri bahwa kalimat dibawah ini

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA YESUS

LEBIH JELAS DARIPADA

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA TERSEBUT? Bukan

 

masih pede bicara SD nyogok? ini sih tipe argumen anak abg plain, anda sudah berumur, harusnya ada yang "lebih" berbobot daripada bawa2 SD...

 

 

salam

 

PlainBread's picture

@Tony Anda konyol makanya layak

Tony:

kalau  kalimat anda bisa diartikan menjadi dua pengertian Jesus dan Yesus Kristus, kok anda menyalahkan orang lain?

 

PB: Anda liat donk sikap dan gaya anda dalam MENAFSIRKAN kalimat SAYA. Jelas saya menyalahkan anda. Bukankah anda yang SERAMPANGAN dan ASBUN dalam MENAFSIRKAN kalimat saya SENDIRI? Dan anda menuduh saya ASBUN? Menunjuk jari ke muka orang lain, jari2 yang lain menunjuk ke wajah anda. Itulah PERILAKU dan KARAKTER anda.

 

Setelah anda mendatangi komen2 saya (apa ada di BLOG ini saya menanggapi komen2 anda dengan cara seperti anda lakukan ke saya? Bahkan menanggapi pun tidak),

Setelah saya hadapkan anda dengan komen2 saya di atas karena anda TIDAK SOPAN dengan MAIN TUDUH dan SERANG dengan bilang soal asbun, fallacy, aneh,

Lalu anda BERTANYA KENAPA saya menyalahkan ANDA?

Hehehehe.

 

Hey, Tony. Bukankah ini sudah menjadi POLA atau PATTERN yang BERKALI2  anda BUAT? Setelah anda anggap pemahaman orang lain ngawur, aneh, fallacy,

dan setelah anda BALIK dikerasi dengan CARA YANG SAMA yang anda lakukan ke saya, anda ujung2nya BERTANYA kenapa ANDA DISALAHKAN?

 

Tony:

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA YESUS

LEBIH JELAS DARIPADA

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA TERSEBUT? Bukan

 

PB: Oh jadi anda ganti ya? Sebelumnya anda bilang "...yang benar adalah..." menjadi "... LEBIH JELAS DARIPADA ...." . Kalo buat anda itu memang KURANG JELAS, mendingan anda BERTANYA BAIK2 daripada SOK TAU.


 

Tony: masih pede bicara SD nyogok? ini sih tipe argumen anak abg plain, anda sudah berumur, harusnya ada yang "lebih" berbobot daripada bawa2 SD...

PB: Yang tidak berbobot itu anda. Setelah berkali2 anda menCOBA mengkoreksi, bahkan MENGGANTI kata2 sendiri (lihat di atas soal ".. yang benar adalah .." anda ganti menjadi: "... Lebih jelas daripada ..."), bukankah memang tepat perkataan saya bahwa anda seperti orang yang LULUS SD dengan nyogok, karena mempermasalahkan mengenai kata TERSEBUT yang saya tulis setelah tidak berhasil menyerang saya?

Argumen anak ABG? Bahkan anak ABG pun gak bakal mau mempermasalahkan kata TERSEBUT. Jadi anda bukan lagi ABG, tapi memang seperti orang yang lulus SD pake nyogok-. Jelas kan KENAPA saya berkata bahwa anda seperti itu? Semoga jelas.

dReamZ's picture

emang gelar = nama ya?

kyaknya si plain ngomongin nama de, tiba2 si tony ga nyambung ma gelar :p ngomongin gelar mah itu uda topik yang berbeda. Tony mang suka ga bisa ngeliat inti dari tulisan itu apa, malah fokus ama detail n ngelupain intinya apa :p

tonypaulo's picture

yang ga nyambung itu siapa ?

dreamz :

kyaknya si plain ngomongin nama de, tiba2 si tony ga nyambung ma gelar :p ngomongin gelar mah itu uda topik yang berbeda. Tony mang suka ga bisa ngeliat inti dari tulisan itu apa, malah fokus ama detail n ngelupain intinya apa :p

 

tony:

saya juga masih ngomongin nama dreamz, nama yang berkaitan dengan gelar ditinjau dari latar belakang budaya dalam Alkitab

saya kasih buktinya ya dreamz

Act 13:1
(ITB)  Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus.

niger itu bukan nama, tapi sebutan

(KJV+)  NowG1161 there wereG2258 inG2596 theG3588 churchG1577 that wasG5607 atG1722 AntiochG490 certainG5100 prophetsG4396 andG2532 teachers;G1320 as(G5037 G3739) Barnabas,G921 andG2532 SimeonG4826 that was calledG2564 Niger,G3526 andG2532 LuciusG3066 of Cyrene,G2956 andG5037 Manaen,G3127 which had been brought up withG4939 HerodG2264 theG3588 tetrarch,G5076 andG2532 Saul.G4569

G3526, Νι?γερ, Niger, neeg'-er Of Latin origin; black; Niger, a Christian: - Niger.

jadi saya masih dreamz anggap ga nyambung?

atau karena faktor terlalu subyektif? mudah2an tidak

 

JLU

 

tonypaulo's picture

saya jadi kasihan...

Tony:

kalau  kalimat anda bisa diartikan menjadi dua pengertian Jesus dan Yesus Kristus, kok anda menyalahkan orang lain?

 

PB: Anda liat donk sikap dan gaya anda dalam MENAFSIRKAN kalimat SAYA. Jelas saya menyalahkan anda. Bukankah anda yang SERAMPANGAN dan ASBUN dalam MENAFSIRKAN kalimat saya SENDIRI? Dan anda menuduh saya ASBUN? Menunjuk jari ke muka orang lain, jari2 yang lain menunjuk ke wajah anda. Itulah PERILAKU dan KARAKTER anda.

 

Setelah anda mendatangi komen2 saya (apa ada di BLOG ini saya menanggapi komen2 anda dengan cara seperti anda lakukan ke saya? Bahkan menanggapi pun tidak),

Setelah saya hadapkan anda dengan komen2 saya di atas karena anda TIDAK SOPAN dengan MAIN TUDUH dan SERANG dengan bilang soal asbun, fallacy, aneh,

Lalu anda BERTANYA KENAPA saya menyalahkan ANDA?

Hehehehe.

 

tony:

bicara fakta saja bukan gosip

apa yang anda tulis itu yang saya bahas

kalau anda bertele-tele tidak karuan seperti ini saya jadi kasihan kepada anda, apalagi anda orang dengan latar belakang Psikologi bicara karakter secara sembarangan?

anda terlalu menterpurukan diri anda sendiri, itu yang membuat saya kasihan, tapi itu urusan anda, saya hanya merasa kasihan saja

 

plain :

Hey, Tony. Bukankah ini sudah menjadi POLA atau PATTERN yang BERKALI2  anda BUAT? Setelah anda anggap pemahaman orang lain ngawur, aneh, fallacy,

dan setelah anda BALIK dikerasi dengan CARA YANG SAMA yang anda lakukan ke saya, anda ujung2nya BERTANYA kenapa ANDA DISALAHKAN?

 

tony:

mana faktanya? mana buktinya?

 

Tony:

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA YESUS

LEBIH JELAS DARIPADA

Apakah Yesus Kristus adalah orang pertama yang memakai NAMA TERSEBUT? Bukan

 

PB: Oh jadi anda ganti ya? Sebelumnya anda bilang "...yang benar adalah..." menjadi "... LEBIH JELAS DARIPADA ...." . Kalo buat anda itu memang KURANG JELAS, mendingan anda BERTANYA BAIK2 daripada SOK TAU.

 

tony :

apa beda signifikan antara ESENSI  yang benar adalah dan lebih jelas daripada?

susah untuk ngerti?

kalau anda sendiri yang tidak bisa menyusun kata-kata dengan baik sehingga memuat pemahaman yang sesuai dengan maksud anda

tidak perlu anda mencari kesalahan orang lain, simple kok, koreksi saja kalimat anda dengan "maksud saya" kemudian anda koreksi kalimat anda

tidak sulit kok

 

Tony: masih pede bicara SD nyogok? ini sih tipe argumen anak abg plain, anda sudah berumur, harusnya ada yang "lebih" berbobot daripada bawa2 SD...

PB: Yang tidak berbobot itu anda. Setelah berkali2 anda menCOBA mengkoreksi, bahkan MENGGANTI kata2 sendiri (lihat di atas soal ".. yang benar adalah .." anda ganti menjadi: "... Lebih jelas daripada ..."), bukankah memang tepat perkataan saya bahwa anda seperti orang yang LULUS SD dengan nyogok, karena mempermasalahkan mengenai kata TERSEBUT yang saya tulis setelah tidak berhasil menyerang saya?

Argumen anak ABG? Bahkan anak ABG pun gak bakal mau mempermasalahkan kata TERSEBUT. Jadi anda bukan lagi ABG, tapi memang seperti orang yang lulus SD pake nyogok-. Jelas kan KENAPA saya berkata bahwa anda seperti itu? Semoga jelas.

 

tony:

saya lulus SD nyogok? anda punya bukti?

kalau tidak punya bukti, belum bisa mengerti juga kenapa saya sebut argumen anda ini (yg bawa2 SD) adalah argumen anak ABG?

sulit yah untuk mengerti?

saya jadi kasihan

 

salam

 

Alkreak's picture

Aiaiai

Argumen Plain bagus juga.

Gen 2:15 YAHWEH mengambil manusia itu dan menempatkannya di Taman Eden untuk bekerja dan mengurusnya.

Dari sini kita dapat mendapat penjelasan bahwa Adam sudah diberikan sebuah tujuan oleh Tuhan sebagai pengurus taman Eden. Perlu dicermati status Adam masih ‘pure’ tak berdosa alias sempurna karena Tuhan sempurna.

Adam diciptakan sesuai rupa dia Kej 27 Maka YAHWEH menciptakan manusia itu menurut rupa-Nya,

Arti dari sebuah tujuan:

Purpose is trying, try again, and never know what you found. God was born in a very special way, in a very special place for a very special purpose. Remember man purposes but God disposes. God in his mercy lend grace for purpose; without purpose curse shall come upon me.

Purpose is giving to other people by exploding the hidden enery in our system. Purpose is a yielding principle for justifying the job to be done for the price paid. Purpose has services to God and Public duties that are proven to be essential to the country. Purpose nourishes success, were commitment, integrity and hard works are required in life. Purpose is criterion for being wise. (Sorry Inggris)

Untuk mengurus seluruh kehidupan yang ada di taman Eden, Adam memberikan nama kepada masing-masing makhluk hidup yang ada saat itu. Nama digunakan karena dengan nama, makhluk hidup mempunyai arti dari apa itu hidup. Arti dari hidup datang dari Tuhan. Jika arti hidup kita diberikan lain dari Tuhan, sama saja tidak bertujuan dan artinya sama dengan yang Anda bilang, tidak bernama.

Tuhan adalah GELAR, spt:Tuan. YAHWEH adalah NAMA. Jadi gelar dan nama sangat berbeda.

Jadi kesimpulannya:

Makhluk hampa nama karena tidak bertujuan semenjak tujuan diperoleh melalui Yesus. Untuk memperoleh tujuan seseorang harus menerima Yesus Kristus sbg juru selamat dan dosa-dosa asal kita terhapus.

Maka itu didatangkanlah Yesus Kristus/YAHUSHUA HA MASHIACH sebagai pendokrak tujuan hidup sesuai di pasal ini:

Yohanes 15:5 5 Akulah pokok anggur, kamu adalah ranting-rantingnya: Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, banyak buah kesaksian yang sama: selain dari Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Karena dosa berasal dari bisikan serpent di taman Eden Gen 3:05 "Karena Tuhan tahu bahwa ketika kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Tuhan.

“kamu akan menjadi seperti Tuhan.” Inilah yang dinamakan dosa, kita semua memiliki dosa untuk menjadi seperti Tuhan, sama seperti Lucifer atau serpent tsb yang akhirnya menjadi kutukan.

Tuhan mengutuk Adam dan Eva di kitab Kel 16-19.

Jadi karena nature kita untuk menjadi seperti Tuhan, kita terjerumus ke dalam rapuhnya harapan dan tujuan binasa. Maka satu2nya cara minta keselamatan dari YAHUSHUA artinya YAH menyelamatkan.

Semoga penjelasanku dapat dipahami oleh Saudara PlainBread & tonypaulo.

PlainBread's picture

@Alkreak Taxonomy

Anda melihat nama sebagai purpose, tapi saya melihat pemberian nama sebagai taxonomy. Dalam kaidah taxonomy, nama diberikan untuk MEMBEDAKAN dengan unit atau spesies lainnya, terutama dalam kerabat yang sama. Misalnya:

Oryza Sativa: Kita tahu ini adalah bahasa latin (linnaean taxonomy) dari tumbuhan Padi. Oryza mengacu kepada genus, Sativa mengacu kepada species.

Dari sini bisa dipecah lagi menjadi genomes, misalnya Oryza Sativa Yu J, Wang J, Lin W, Li S, Li H

Dengan saya mengatakan Allah tidak bernama, menurut saya akan membuka tabir Tritunggal. Pada saat belum dilakukannya penciptaan, pada saat sebelum Alfa/Awal, Allah tidak perlu menamakan diriNya sendiri. Ketiga oknum Tritunggal, walaupun satu, tetapi juga berbeda.Tapi biarlah menurut saya itu terlalu jauh dibahas di sini.

 

Allah tidak bernama adalah penghormatan yang saya berikan kepada-Nya. Karena Dia tidak memiliki genus, tidak memiliki species, apalagi genomes. Allah adalah Allah, tiada yang lain. Allah tidak memerlukan nama untuk membedakan diriNya dengan ilah atau berhala2 yang tentunya adalah ciptaan manusia dan thus tidak bisa dibandingkan dengan Dia.

 

ps: Walaupun begitu, saya menghormati perbedaan pendapat antara saya dengan anda. Kalau menurut anda Tuhan memiliki nama, saya tahu itu cara dan keyakinan anda dalam menghormati-Nya juga.

Alkreak's picture

Ok

Terima kasih PlainBread. Penafsiran ttg nama bagus. Tetapi bagiku nama artinya terang dan Yah terang bagi aku. .....Allah menurutku ada maknanya, tapi biarlah masing-masing memiliki keyakinan untuk memuliakan nama Tuhan.

dReamZ's picture

alkreak, apa hubungannya berkat ga nyampe ma nama yg ada tujuan?

klao lo anggap nama penting karna suatu nama mengandung tujuan. Gw masi bisa nangkep. Tapi yang gw ga nangkep kalo dihubungin ama statement lo yang di blog elo: berkat-berkat yang mengalir dari roh kudus tak bisa sampai karena salah penyebutan nama

Apa gw salah nangkep ya, koq kesannya batasin kuasa Tuhan di nama aja sih? kalo emang nama penting karna itu mengandung tujuan, tapi bukannya itu penting untuk manusia aja ya. kalo Tuhan bukannya beda yah. Tuhan itu kan sifatnya absolute yang eksistensi n kuasanya ga tergantung ama sapapun. Dia bkal tetep exist, mau manusia ga ada jg ga bkal ada efeknya ma Tuhan. Trus koq jd kesannya karna salah nama trus ga ada berkat, emang nama Tuhan yg punya power? nama Tuhan ato Tuhannya? IMO klao Tuhan itu Tuhan yang absolute so bukan nama Dia tapi Tuhannya yg punya power ntuk ngasi berkat.. dunno se...

 

Alkreak's picture

@dreamz

Aktivitas UFO meningkat. Entah ancang-ancang apa yang akan mereka lakukan , ttp kemungkinan mereka engga sembunyi-sembunyi lagi di masa yang akan datang yaitu 'Great Tribulation kitab Wahyu 13. Mungkin akan terjadi spt yang ada di film War of the worlds.

Setan mau kita menggunakan nama Jesus secara tak langsung nama itu dipake untuk mengibuli kita-kita yang. Tetepi setan tak mau kita menggunakan nama yang mengandung YAH.

Itu tujuan saya membuat blog mengenai nama sakral.

Huanan's picture

ngak paham...

Alkreak:  Tetepi setan tak mau kita menggunakan nama yang mengandung YAH.

Darimana anda bisa tahu bahwa setan tidak mau kita menggunakan nama yang mengandung YAH ?. apakah ada ayat yang mengatakannya demikian? apakah setan membisikannya ke telinga anda :P :)

Kalau kita lihat di kitab PB, setan takut begitu mendengar nama Yesus. Mengenai penyataan anda diatas ":Setan mau kita menggunakan nama Jesus secara tak langsung nama itu dipake untuk mengibuli kita-kita." mungkin anda bisa menjelaskannya lebih lanjut artinya ?

GBU

 

__________________

Huanan

Alkreak's picture

.....not this time

Huanan: mungkin anda bisa menjelaskannya lebih lanjut artinya ?

Untuk saat ini mungkin saya masih belum bisa menjelaskannya. Knp? Karena tak bisa dijelaskan hanya dengan sekedar kata-kata...... Tapi saya membuat blog ke-2, karena berhubungan dengan pertanyaan tsb.

Ini blog ke-2 saya.

dReamZ's picture

alkreak, koq kyaknya ga nyambung ya? ato gw yg lemot ya

blog lo yang ke 2 kyaknya ga nyambung ama pertanyaannya huanan.

gw jg pengen tau jawabannya pertanyaannya huanan apaan, coz jawabannya bukannya jd berhubungan jg sama pertanyaan gw yg diatas ke lo ya...

erick's picture

Anda membuka luka pertarungan lama dgn Kiem

Sungguh, komen ini membuka luka pertarungan lama dengan Kiem.

Mohon maaf Kiem hingga saat ini saya masih berpegang teguh bahwa Adamlah manusia pertama yang dicipta Tuhan di dunia.

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

Alkreak's picture

Thank you

erick: saya masih berpegang teguh bahwa Adamlah manusia pertama yang dicipta Tuhan di dunia.

Engkau tak sendiri.

tonypaulo's picture

ga perlu anda tambah2in SENDIRI

pb:

Cuma Tuhan yang benar2 Tuhan yang ketika ditanya siapa namaNya, menjawab "Aku adalah Aku." Aneh? Iya, ditanya nama malah ngejawab begitu. Musanya aja oon karena nama digunakan untuk membedakan beberapa hal yang sejenis.

I am that I am. Ehyeh Asher Ehyeh. Ego eimi ho on. Gak ada nama, karena Dialah Tuhan satu2nya, tiada yang lain.

 

tony:

kalau saya memberikan pernyataan saya adalah saya,. bukan berarti saya tidak mempunyai nama

dan tidak ada keterangan tambahan bahwa setelah TUHAN ALLAH menyatakan "AKU ADALAH AKU." dan AKU tidak mempunyai NAMA, jadi ga perlu anda tambah2in SENDIRI

Exo 3:14  Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadam

Act 4:12

(ITB)  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

(KJV+)  NeitherG2532 G3756 isG2076 there salvationG4991 inG1722 anyG3762 other:G243 forG1063 there isG2076 noneG3777 otherG2087 nameG3686 underG5259 heavenG3772 givenG1325 amongG1722 men,G444 wherebyG1722 G3739 weG2248 mustG1163 be saved.G498

G3686, ο??νομα,onoma,on'-om-ah : From a presumed derivative of the base of G1097 (compare G3685); a “name” (literally or figuratively), (authority, character): - called, (+ sur-) name (-d).

1Jn 5:7  Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.

 

pb:

Mau elu bilang pemahaman gue aneh dan fallacy, silakan aja :) Gue bukan kaya elu yang risau sama image orang2 tentang diri gue.

 

tony:

memang ada saya sampaikan saya perduli?

kalau tidak pernah, tidak perlu berlebihan

 

salam

tonypaulo's picture

ga perlu anda tambah2in SENDIRI

pb:

Cuma Tuhan yang benar2 Tuhan yang ketika ditanya siapa namaNya, menjawab "Aku adalah Aku." Aneh? Iya, ditanya nama malah ngejawab begitu. Musanya aja oon karena nama digunakan untuk membedakan beberapa hal yang sejenis.

I am that I am. Ehyeh Asher Ehyeh. Ego eimi ho on. Gak ada nama, karena Dialah Tuhan satu2nya, tiada yang lain.

 

tony:

kalau saya memberikan pernyataan saya adalah saya,. bukan berarti saya tidak mempunyai nama

dan tidak ada keterangan tambahan bahwa setelah TUHAN ALLAH menyatakan "AKU ADALAH AKU." dan AKU tidak mempunyai NAMA, jadi ga perlu anda tambah2in SENDIRI

Exo 3:14  Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadam

Act 4:12

(ITB)  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

(KJV+)  NeitherG2532 G3756 isG2076 there salvationG4991 inG1722 anyG3762 other:G243 forG1063 there isG2076 noneG3777 otherG2087 nameG3686 underG5259 heavenG3772 givenG1325 amongG1722 men,G444 wherebyG1722 G3739 weG2248 mustG1163 be saved.G498

G3686, ο??νομα,onoma,on'-om-ah : From a presumed derivative of the base of G1097 (compare G3685); a “name” (literally or figuratively), (authority, character): - called, (+ sur-) name (-d).

1Jn 5:7  Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.

 

pb:

Mau elu bilang pemahaman gue aneh dan fallacy, silakan aja :) Gue bukan kaya elu yang risau sama image orang2 tentang diri gue.

 

tony:

memang ada saya sampaikan saya perduli ttg image diri anda?

kalau tidak pernah, tidak perlu berlebihan

 

salam

PlainBread's picture

@Tony Maksa

Musa bertanya namaNya, dan Tuhan menjawab "Aku adalah Aku".

Lalu anda maksa nyambung ke ayat Kis 4:12. Emangnya saat Musa bertanya siapa namaNya, Tuhan saat itu bilang "Coba buka Kis 4:12!" Jawabannya sudah diberikan saat itu, sewaktu Musa bertanya epadaNya. Cuma anda saja yang cuma main nyambung2in ayat  :)


 

Tony: memang ada saya sampaikan saya perduli ttg image diri anda?

kalau tidak pernah, tidak perlu berlebihan

Memangnya ada saya bilang bahwa anda peduli dengan image saya? :)

Kalo orang lain ngomong, anda langsung menerapkan banyak standar ke orang tersebut ya. Tapi kalo anda ngomong kalo orang itu asbun, fallacy, aneh, buat anda itu tidak esensial gak apa2. Yang penting orang lain yang harus esensial dan presisi, kalo anda tidak menuruti standar anda yang anda kasih ke orang lain, anda gak peduli. Karakter memang sukar berubah :)

 

 

tonypaulo's picture

udah asbun nyalahin orang lagi?

plain: Musa bertanya namaNya, dan Tuhan menjawab "Aku adalah Aku". Lalu anda maksa nyambung ke ayat Kis 4:12. Emangnya saat Musa bertanya siapa namaNya, Tuhan saat itu bilang "Coba buka Kis 4:12!" Jawabannya sudah diberikan saat itu, sewaktu Musa bertanya epadaNya. Cuma anda saja yang cuma main nyambung2in ayat :)

 

tony: karena memang pengetahuan Alkitab anda memprihatinkan, namun sok tahu sulit untuk mengerti bahwa "Aku adalah Aku" dan apa ada keterangan yang disampaikan kepada Musa bahwa "Aku tidak bernama"?

yang asbun itu anda tapi anda nyalahin orang lain, kalau tidak pernah ada keterangan tambahan yang disampaikan kepada Musa selain "Aku adalah Aku" maka tafsir anda yang "mistis" itu tentang Allah yang tidak bernama itu "gaib" sifatnya

tidak terjelaskan secara baik lewat penjelasan Alkitabiah, bahkan lewat penjelasan rasio.

 

Tony: memang ada saya sampaikan saya perduli ttg image diri anda?

kalau tidak pernah, tidak perlu berlebihan

Plain :

Memangnya ada saya bilang bahwa anda peduli dengan image saya? :)

Kalo orang lain ngomong, anda langsung menerapkan banyak standar ke orang tersebut ya. Tapi kalo anda ngomong kalo orang itu asbun, fallacy, aneh, buat anda itu tidak esensial gak apa2. Yang penting orang lain yang harus esensial dan presisi, kalo anda tidak menuruti standar anda yang anda kasih ke orang lain, anda gak peduli. Karakter memang sukar berubah :)

 

tony :

silahkan baca komentar anda sebelumnya

 

pb:

Mau elu bilang pemahaman gue aneh dan fallacy, silakan aja :) Gue bukan kaya elu yang risau sama image orang2 tentang diri gue.

 

tony:

saya tidak perduli dengan image orang tentang diri saya, atau tentang diri anda, sama sekali

dan ketika anda bicara pemahaman ALKITAB APAPUN JUGA ITU ADALAH HAL ESENSIAL BAGI SAYA, kalau anda mau bercerita tentang apapun yang tidak berhubungan dengan ALKITAB, benar itu tidak esensial buat saya...dan tidak penting subtansinya

dan anda bicara karakter?

banyak definisi-definsi anda yang "gaib", jangan2 karakter yang anda maksudkan disini adalah "karakter gaib"?

urusi saja diri anda sendiri, karakter anda sendiri, sudah baik atau belum?

 

salam

 

 

tonypaulo's picture

udah asbun nyalahin orang lagi?

plain: Musa bertanya namaNya, dan Tuhan menjawab "Aku adalah Aku". Lalu anda maksa nyambung ke ayat Kis 4:12. Emangnya saat Musa bertanya siapa namaNya, Tuhan saat itu bilang "Coba buka Kis 4:12!" Jawabannya sudah diberikan saat itu, sewaktu Musa bertanya epadaNya. Cuma anda saja yang cuma main nyambung2in ayat :)

 

tony: karena memang pengetahuan Alkitab anda memprihatinkan, namun sok tahu sulit untuk mengerti bahwa "Aku adalah Aku" dan apa ada keterangan yang disampaikan kepada Musa bahwa "Aku tidak bernama"?

yang asbun itu anda tapi anda nyalahin orang lain, kalau tidak pernah ada keterangan tambahan yang disampaikan kepada Musa selain "Aku adalah Aku" maka tafsir anda yang "mistis" itu tentang Allah yang tidak bernama itu "gaib" sifatnya

tidak terjelaskan secara baik lewat penjelasan Alkitabiah, bahkan lewat penjelasan rasio.

 

Tony: memang ada saya sampaikan saya perduli ttg image diri anda?

kalau tidak pernah, tidak perlu berlebihan

Plain :

Memangnya ada saya bilang bahwa anda peduli dengan image saya? :)

Kalo orang lain ngomong, anda langsung menerapkan banyak standar ke orang tersebut ya. Tapi kalo anda ngomong kalo orang itu asbun, fallacy, aneh, buat anda itu tidak esensial gak apa2. Yang penting orang lain yang harus esensial dan presisi, kalo anda tidak menuruti standar anda yang anda kasih ke orang lain, anda gak peduli. Karakter memang sukar berubah :)

 

tony :

silahkan baca komentar anda sebelumnya

 

pb:

Mau elu bilang pemahaman gue aneh dan fallacy, silakan aja :) Gue bukan kaya elu yang risau sama image orang2 tentang diri gue.

 

tony:

saya tidak perduli dengan image orang tentang diri saya, atau tentang diri anda, sama sekali

dan ketika anda bicara pemahaman ALKITAB APAPUN JUGA ITU ADALAH HAL ESENSIAL BAGI SAYA, kalau anda mau bercerita tentang apapun yang tidak berhubungan dengan ALKITAB, benar itu tidak esensial buat saya...dan tidak penting subtansinya

dan anda bicara karakter?

banyak definisi-definsi anda yang "gaib", jangan2 karakter yang anda maksudkan disini adalah "karakter gaib"?

urusi saja diri anda sendiri, karakter anda sendiri, sudah baik atau belum?

 

salam

 

 

PlainBread's picture

@Tony Anda pikir Tuhan Gak Nyambung seperti anda?

tony: karena memang pengetahuan Alkitab anda memprihatinkan, namun sok tahu sulit untuk mengerti bahwa "Aku adalah Aku" dan apa ada keterangan yang disampaikan kepada Musa bahwa "Aku tidak bernama"?

 

Musa bertanya: 

"Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? --apakah yang harus kujawab kepada mereka?" (Kel 3:13)

 

Tuhan menjawab:

Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu." (14)

 

Ditanya nama-Nya, Tuhan SUDAH menjawab. Peristiwa tanya jawab sudah selesai di saat itu. Tapi anda melompat ratusan halaman ke Kitab Kisah Rasul. Sudah maksa, gak nyambung pula :)

Anda sudah menuduh orang lebih jago daripada yang nyusun kamus, eh ini anda malah mau mencoba MENGKOREKSI jawaban Tuhan kepada Musa saat itu dengan memberikan ayat lain. Hahahahaha.

 

 

Tony: dan ketika anda bicara pemahaman ALKITAB APAPUN JUGA ITU ADALAH HAL ESENSIAL BAGI SAYA, kalau anda mau bercerita tentang apapun yang tidak berhubungan dengan ALKITAB, benar itu tidak esensial buat saya...dan tidak penting subtansinya

dan anda bicara karakter?

 

PB: Berkaca dulu sebelum menjatuhkan vonis. Tuhan sudah menjawab Musa, anda malah kasih koreksi atau adendum dari kitab lain. Esensial bagi anda? Emangnya sapa anda? Ketua Front Pembela Kristen? Ketua PGI? Salah satu dari 12 rasul? Penyusun kamus bahasa Ibrani? Pemilik hak prerogatif tafsiran alkitab? Hahahahaha. Sekarang anda ngerti kan kenapa saya bilang anda melanggar standar anda sendiri :) Yup, saya bicara karakter.

tonypaulo's picture

Anda yang memutilasi saya yang ga nyambung?

tony: karena memang pengetahuan Alkitab anda memprihatinkan, namun sok tahu sulit untuk mengerti bahwa "Aku adalah Aku" dan apa ada keterangan yang disampaikan kepada Musa bahwa "Aku tidak bernama"?

 

Musa bertanya: 

Plain

"Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? --apakah yang harus kujawab kepada mereka?" (Kel 3:13)

 

Tuhan menjawab:

Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu." (14)

 

Ditanya nama-Nya, Tuhan SUDAH menjawab. Peristiwa tanya jawab sudah selesai di saat itu. Tapi anda melompat ratusan halaman ke Kitab Kisah Rasul. Sudah maksa, gak nyambung pula :)

Anda sudah menuduh orang lebih jago daripada yang nyusun kamus, eh ini anda malah mau mencoba MENGKOREKSI jawaban Tuhan kepada Musa saat itu dengan memberikan ayat lain. Hahahahaha.

 

tony:

tertawalah sepuas hati...ditengah kedangkalan anda memahami sesuatu

kan berulang kali saya sampaikan, dan nampaknya nalar anda terlalu buntu untuk memahaminya

baiklah saya gunakan argumen dari anda saja, kalau tidak bisa mengerti juga jangan dipaksakan

ini argumen anda

Tuhan menjawab:

Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu." (14)

apakah ada tambahanya yang menyatakan AKU TIDAK BERNAMA ?

kalau tidak ada tambahan, mengapa anda tambah2in?

lalu kenapa Musa bisa menulis di ayat 15 :

Exo 3:15  Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

siapa juga mau mengkoreksi jawaban TUHAN kepada Musa, sudah JELAS ANDA HANYA MEMUTILASI PEMAHAMAN HANYA SAMPAI DI AYAT 13 sedangkan di ayat 15 Tuhan menjelaskan

itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

 

plain :

PB: Berkaca dulu sebelum menjatuhkan vonis. Tuhan sudah menjawab Musa, anda malah kasih koreksi atau adendum dari kitab lain. Esensial bagi anda? Emangnya sapa anda? Ketua Front Pembela Kristen? Ketua PGI? Salah satu dari 12 rasul? Penyusun kamus bahasa Ibrani? Pemilik hak prerogatif tafsiran alkitab? Hahahahaha. Sekarang anda ngerti kan kenapa saya bilang anda melanggar standar anda sendiri :) Yup, saya bicara karakter.

tony:

telan kata2 anda sendiri? karakter gaib? baca alkitab itu lengkap satu perikop dan artikan secara lengkap jangan memutilasi seenaknya saja secara sembarangan

bicara karakter? masih pede?

dan siapa yang MELOMPAT-LOMPAT? di ayat 13 dan 14 ADA AYAT 15 yang MENJELASKANNYA

 

salam

 

 

PlainBread's picture

@Tony Ayo Cari Lagi kesalahan saya :)

Anda SEDIKIT lebih maju dalam mencari kesalahan orang hahaha.

Tony:

Exo 3:15  Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

siapa juga mau mengkoreksi jawaban TUHAN kepada Musa, sudah JELAS ANDA HANYA MEMUTILASI PEMAHAMAN HANYA SAMPAI DI AYAT 13 sedangkan di ayat 15 Tuhan menjelaskan

itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

 

Jadi menurut anda, nama Allah itu siapa?

1. "AKU ADALAH AKU" (Dari ayat 14), atau:

2. "TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu" (dari ayat 15)

-- Sebelum anda bertanya apakah itu namanya, liat baik2 susunan kata dan kalimatnya: "Beginilah kaukatakan ....: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak, Allah Yakub,telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku". Yang saya tebali, itulah "nama"-Nya.

 

Anda kan tadi pake kamus Ibrani untuk cari kesalahan saya. Nah anda mendingan cari kata Ibrani apa yang dipake dalam kata "nama" di situ. Mari saya bantu. Kata yang dipake adalah SHEM:

  Mv shem
Pengucapan: shame
Asal Kata: a primitive word [perhaps rather from 07760 through the idea of definite and conspicuous position
Sumber: TWOT - 2405
Jenis Kata: n m
Dalam AV: name 832, renown 7, fame 4, famous 3, named 3, named + 07121 2, famous + 07121 1, infamous + 02931 1, report 1, misc 10
Jumlah: 864
Definisi:
 1) name
    1a) name
    1b) reputation, fame, glory
    1c) the Name (as designation of God)
    1d) memorial, monument

 

Kata "nama" disitu bukanlah berarti itulah namanya, melainkan itulah REPUTASI ALLAH sebagai Tuhan Abraham, Ishak, dan Yakub (lihat definisi 1b). Itu sebabnya ketika orang2 Israel menyebut "Ha SHEM", mereka tahu itu mengacu ke pribadi tertentu yaitu Allah Abraham Ishak dan Yakub. Apakah HaShem adalah NAMA? Silakan bayangkan sendiri: 

A: "Siapa NAMA anda?"
B: "NAMA".

tonypaulo's picture

ini bukan tentang anda plain, ini tentang Alkitab

plain :

Anda SEDIKIT lebih maju dalam mencari kesalahan orang hahaha.

Tony:

Exo 3:15  Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

siapa juga mau mengkoreksi jawaban TUHAN kepada Musa, sudah JELAS ANDA HANYA MEMUTILASI PEMAHAMAN HANYA SAMPAI DI AYAT 13 sedangkan di ayat 15 Tuhan menjelaskan

itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

 

tony :

kesalahan orang? kesalahan pemahaman dan penafsiran terhadap alkitab yang saya sampaikan

tentang anda atau siapapun, itu bukan urusan saya, itu urusan anda dengan TUHAN

oh iya mari benahi dulu yang ini belajar bertanggung jawab

 

plain

Ditanya nama-Nya, Tuhan SUDAH menjawab. Peristiwa tanya jawab sudah selesai di saat itu. Tapi anda melompat ratusan halaman ke Kitab Kisah Rasul. Sudah maksa, gak nyambung pula :)

Anda sudah menuduh orang lebih jago daripada yang nyusun kamus, eh ini anda malah mau mencoba MENGKOREKSI jawaban Tuhan kepada Musa saat itu dengan memberikan ayat lain. Hahahahaha.

 

tony:

1. siapa yang melompat ke ratusan halaman?

2. siapa yang maksa dan ga nyambung?

3. siapa yang mengkoreksi jawaban Tuhan kepada Musa?

mari bereskan dulu tuduhan-tuduhan anda kepada saya, atau setidanya klarifikasikan bahwa yang anda sampaikan itu tidak sesuai dengan fakta dari argumen yang saya sampaikan

maka dengan senang hati saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan dan keingintahuan anda tentang Alkitab

 

salam

PlainBread's picture

Tentang Alkitab? Hehehehe

JUDUL Tony: Ini bukan tentang anda, plain ini tentang alkitab

PB: Trus anda merasa sebagai apanya alkitab sampe bisa bilang bahwa pemahaman SAYA aneh dan fallacy? 

Trus ketika anda di atas mengetik bahwa hal tersebut adalah "ESENSIAL BAGI ANDA", anda yakin ini bukan tentang saya, anda, tapi tentang alkitab? Hehehe

Apakah anda adalah pemegang lisensi penafsiran alkitab sehingga pemahaman yang berbeda dengan anda, anda bilang sebagai pemahaman yang aneh dan fallacy?

 

Tony: siapa juga mau mengkoreksi jawaban TUHAN kepada Musa, sudah JELAS ANDA HANYA MEMUTILASI PEMAHAMAN HANYA SAMPAI DI AYAT 13 sedangkan di ayat 15 Tuhan menjelaskan

PB: MemutilasiSudah saya jelaskan tuh di atas tentang ayat 15. Saya fokus ke ayat 14 karena memang itulah yang saya bahas. Malah anad yang terus2 cari kesalahan setelah tidak berhasil menyerang pemahaman saya tentang ayat 14, anda mencoba dengan ayat 15 :hehehehe )

Ngomong2 kenapa gak pake kata memotong aja daripada memutilasi? Mengingatkan akan teman saya yang pake kata "utensil" yang sering dipake bangsawan2 Inggris padahal ada kata yang lebih sederhana lagi yaitu "silverwares" (sendok, garpu, pisau) yang lebih dimengerti banyak orang :)

 

Tony: kesalahan orang? kesalahan pemahaman dan penafsiran terhadap alkitab yang saya sampaikan tentang anda atau siapapun, itu bukan urusan saya, itu urusan anda dengan TUHAN

PB: Bukan urusan anda? Lalu ngapain anda MEMULAI dengan merespons komen saya pertama di BLOG ini dengan bilang pemahaman saya aneh dan fallacy? Apa ini BLOG ANDA? Oh iya ini bukan blog anda. Bahkan yang punya blog pun merespons saya dengan baik.

Dan anda lagi2 menjilat ludah. Kalo memang bukan urusan anda, ngapain anda repot mengatakan pemahaman saya aneh dan fallacy? Atau anda merasa anda adalah pembela Tuhan seperti yang anda pernah tulis di blog anda sehingga anda merasa lelah?

 

 

Tony: mari bereskan dulu tuduhan-tuduhan anda kepada saya, atau setidanya klarifikasikan bahwa yang anda sampaikan itu tidak sesuai dengan fakta dari argumen yang saya sampaikan

maka dengan senang hati saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan dan keingintahuan anda tentang Alkitab

 

PB: Bereskan? Anda yang MEMULAI kok dengan merespons komen saya di BLOG INI (bukan Blog anda kan ya?) dengan bilang pemahaman saya aneh dan fallacy, kok minta saya membereskan? 

Kalo anda mau tau KENAPA saya berkata seperti itu, GAMPANG, tinggal scroll up aja. Setiap kali saya mengatakan sesuatu TENTANG anda, saya selalu menuliskan alasan2nya.

 

 

Tony: maka dengan senang hati saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan dan keingintahuan anda tentang Alkitab

 

PB: Anda dengan senang hati mau mencoba menjawab semua pertanyaan dan keingintahuan saya tentang alkitab? Hahahaha.

Begini neh kalo udah merasa punya pemahaman yang paling bener sendiri :)

Gak deh, Tony. Dengan melihat perilaku anda di SS ini termasuk merespons komen2 dan blog2 saya, semoga tidak ada orang kristen yang menjadikan anda sebagai sumber jawaban dan pemahaman mengenai alkitab. Kasian nantinya mereka. 

Dan satu lagi, ingat kata2 anda: "Itu bukan urusan saya, itu urusan anda dengan Tuhan." Jadi jangan nganggap anda punya PENGETAHUAN dan PEMAHAMAN paling benar soal Tuhan atau alkitab sampe BISA menuliskan seperti ini:

maka dengan senang hati saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan dan keingintahuan anda tentang Alkitab

 

Huahauhauahauhauhauahua.

 

tonypaulo's picture

yah sudah jangan terlalu dipaksakan juga

JUDUL Tony: Ini bukan tentang anda, plain ini tentang alkitab

PB: Trus anda merasa sebagai apanya alkitab sampe bisa bilang bahwa pemahaman SAYA aneh dan fallacy? 

Trus ketika anda di atas mengetik bahwa hal tersebut adalah "ESENSIAL BAGI ANDA", anda yakin ini bukan tentang saya, anda, tapi tentang alkitab? Hehehe

Apakah anda adalah pemegang lisensi penafsiran alkitab sehingga pemahaman yang berbeda dengan anda, anda bilang sebagai pemahaman yang aneh dan fallacy?

 

tony:

anda tidak penting sama sekali buat saya, kalau anda mau menyesatkan diri sendiri silahkan itu hak anda, tapi kalau anda sok tahu tentang tafsir ALKITAB namun kenyataaan anda salah total tentang itu, bukankah saya punya hak untuk menyatakan pendapat

bahwa pemahaman anda tentang alkitab adalah aneh dan mengandung banyak fallacy

susah untuk mengerti hal sesederhana ini?

tentang anda itu urusan anda, urus saja sendiri

 

Tony: siapa juga mau mengkoreksi jawaban TUHAN kepada Musa, sudah JELAS ANDA HANYA MEMUTILASI PEMAHAMAN HANYA SAMPAI DI AYAT 13 sedangkan di ayat 15 Tuhan menjelaskan

PB: MemutilasiSudah saya jelaskan tuh di atas tentang ayat 15. Saya fokus ke ayat 14 karena memang itulah yang saya bahas. Malah anad yang terus2 cari kesalahan setelah tidak berhasil menyerang pemahaman saya tentang ayat 14, anda mencoba dengan ayat 15 :hehehehe )

Ngomong2 kenapa gak pake kata memotong aja daripada memutilasi? Mengingatkan akan teman saya yang pake kata "utensil" yang sering dipake bangsawan2 Inggris padahal ada kata yang lebih sederhana lagi yaitu "silverwares" (sendok, garpu, pisau) yang lebih dimengerti banyak orang :)

 

 

tony:

mari bicara yang anda tulis saja

ini yang anda tulis

Ditanya nama-Nya, Tuhan SUDAH menjawab. Peristiwa tanya jawab sudah selesai di saat itu. Tapi anda melompat ratusan halaman ke Kitab Kisah Rasul. Sudah maksa, gak nyambung pula :)

lalu kenapa anda bertingkah semakin konyol untuk menjadi editor saya? dan memang pengertian mutilasi ayat lebih presisi dibanding memotong ayat, memotong ayat bisa diartikan 1 Tim 2a (itu biasa dilakukan), sedang memutilasi ayat itu artinya menafsirkan ayat secara sembarangan dan fallacy

susah buat anda bisa paham?

lebih konyol lagi ketika anda mau berkelit saya mau menjelaskan ayat 14 tanpa mau memperhatikan konteks ayat 15

PENJELASAN AYAT 14 ANDA ITU PALSU (FALLACY)

ayat 14 tidak bisa bermakna apapun tanpa anda memperhatikan keseluruhan perikop secara kontens dan kontekstual

masa harus diberitahu hal sesederhana ini?

 

Tony: kesalahan orang? kesalahan pemahaman dan penafsiran terhadap alkitab yang saya sampaikan tentang anda atau siapapun, itu bukan urusan saya, itu urusan anda dengan TUHAN

PB: Bukan urusan anda? Lalu ngapain anda MEMULAI dengan merespons komen saya pertama di BLOG ini dengan bilang pemahaman saya aneh dan fallacy? Apa ini BLOG ANDA? Oh iya ini bukan blog anda. Bahkan yang punya blog pun merespons saya dengan baik.

Dan anda lagi2 menjilat ludah. Kalo memang bukan urusan anda, ngapain anda repot mengatakan pemahaman saya aneh dan fallacy? Atau anda merasa anda adalah pembela Tuhan seperti yang anda pernah tulis di blog anda sehingga anda merasa lelah?

 

tony:

saya merespon tafsiran anda mengenai ayat Alkitab yang PALSU, tentang diria anda itu urusan anda

saya merasa pembela TUHAN? anda cenanyang atau dukun? untuk lebih pastinya silahkan anda tanya langsung sama TUHAN, apa saya menjadi pembela DIA atau tidak

ARGUMEN ANDA TENTANG AYAT ALKITAB SERING SAYA TEMUI ANEH DAN SEMBARANGAN

susah ngertinya?

 

Tony: mari bereskan dulu tuduhan-tuduhan anda kepada saya, atau setidanya klarifikasikan bahwa yang anda sampaikan itu tidak sesuai dengan fakta dari argumen yang saya sampaikan

maka dengan senang hati saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan dan keingintahuan anda tentang Alkitab

 

PB: Bereskan? Anda yang MEMULAI kok dengan merespons komen saya di BLOG INI (bukan Blog anda kan ya?) dengan bilang pemahaman saya aneh dan fallacy, kok minta saya membereskan? 

Kalo anda mau tau KENAPA saya berkata seperti itu, GAMPANG, tinggal scroll up aja. Setiap kali saya mengatakan sesuatu TENTANG anda, saya selalu menuliskan alasan2nya.

 

tony:

seperti biasa setelah menuduh dan tidak bisa membuktikan tuduhannya ngeles dengan bermacam alasan, tipikal kok yang seperti in

bisa anda tunjukan alasan2 anda? dan bukankah alasan2 anda sudah saya patahkan semuanya? dan buktikan alasan anda hanya sesuatu yang non-sense dan tidak rasional?

susah ngertinya?

 

Tony: maka dengan senang hati saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan dan keingintahuan anda tentang Alkitab

 

PB: Anda dengan senang hati mau mencoba menjawab semua pertanyaan dan keingintahuan saya tentang alkitab? Hahahaha.

Begini neh kalo udah merasa punya pemahaman yang paling bener sendiri :)

Gak deh, Tony. Dengan melihat perilaku anda di SS ini termasuk merespons komen2 dan blog2 saya, semoga tidak ada orang kristen yang menjadikan anda sebagai sumber jawaban dan pemahaman mengenai alkitab. Kasian nantinya mereka. 

Dan satu lagi, ingat kata2 anda: "Itu bukan urusan saya, itu urusan anda dengan Tuhan." Jadi jangan nganggap anda punya PENGETAHUAN dan PEMAHAMAN paling benar soal Tuhan atau alkitab sampe BISA menuliskan seperti ini:

maka dengan senang hati saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan dan keingintahuan anda tentang Alkitab

 

tony:

bukankah anda bertanya pertanyaan yang hanya dapat dijawab jika alkitab dimengerti dengan baik?

kalau anda tidak mau, tidak perlu bertele-tele, saya juga tidak mau memaksakan juga

dan memang pemahaman saya jauh lebih baik tentang ALKITAB dibandingkan anda, kan sudah sering saya membuktikan kekeliruan tafsiran dan argumen anda tentang Alkitab, itu FAKTANYA

bukan berarti saya menganggap diri paling benar dan paling tahu, karena sampai saat ini saya masih belajar dari orang lain dan pembimbing rohani saya tentang Alkitab

ga bisa ngerti juga?

 

Exo 3:15  Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

anda masih ngotot TUHAN tidak bernama? TUHAN itu saja sudah NAMA dari yang MAHA KUASA

ga bisa ngerti juga?

yah sudah jangan terlalu dipaksakan juga

 

salam

PlainBread's picture

@Tony Yang maksa itu anda

tony: anda tidak penting sama sekali buat saya, kalau anda mau menyesatkan diri sendiri silahkan itu hak anda, tapi kalau anda sok tahu tentang tafsir ALKITAB namun kenyataaan anda salah total tentang itu, bukankah saya punya hak untuk menyatakan pendapat

bahwa pemahaman anda tentang alkitab adalah aneh dan mengandung banyak fallacy

susah untuk mengerti hal sesederhana ini?

tentang anda itu urusan anda, urus saja sendiri

 

pb: Tidak penting, menyesatkan diri, itu hak saya, tapi anda merasa saya sok tahu dan salah total, sehingga anda punya hak untuk menyatakan pendapat? Hahaha. Silakan ya, tapi anda gak rela. Merasa jadi pembela Allah sih, terserah tapi gak rela. Tapi ngomongin fallacy ya.

"Silakan, tapi ...." itu fallacy. Anda nyadar gak hal itu? Itu namanya bukan silakan tulus, tapi gak rela.

Yup, anda punya hak menyatakan pendapat2 anda. Saya gak pernah melarang anda.

 

Tony: bukankah anda bertanya pertanyaan yang hanya dapat dijawab jika alkitab dimengerti dengan baik?

PB: Tony, anda pernah tau atau dengar istilah pertanyaan retoris? Masa setiap saya bertanya saya harus kasih tau mana yang benar bertanya mana yang retoris? Kan nanti anda yang malu kalo orang2 liat anda ternyata tidak pintar, tidak sesuai dengan image yang anda bangun selama ini. Kalo saya mau benar bertanya, jelas gak mungkin ke anda. Jangan geer donk.

 

Tony: dan memang pemahaman saya jauh lebih baik tentang ALKITAB dibandingkan anda, kan sudah sering saya membuktikan kekeliruan tafsiran dan argumen anda tentang Alkitab, itu FAKTANYA

PB: Orang bisa ngeklaim apa aja tapi klaim gak menjadikan pendapat orang tersebut benar. Mau anda klaim pemahaman anda tentang alkitab JAUH LEBIH BAIK dari siapa pun juga, emang gue kaya elu, gak rela? Gih sono klaim apa aja soal pemahaman elu tentang alkitab. Jilati dan nikmatilah kebanggaan anda soal pemahaman anda itu mengenai alkitab. Apalagi bilang itu sebagai FAKTA. Anda berdebat dengan saya, lalu anda mengangkat diri sendiri sebagai juri dan hakim? Hahahahaha.

 

Tony:

Exo 3:15  Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

anda masih ngotot TUHAN tidak bernama? TUHAN itu saja sudah NAMA dari yang MAHA KUASA

 

PB: Udah saya jelasin di atas. Lagi2 anda tidak bisa membaca dengan baik atau anda menolak untuk membacanya. Memangnya nama Allah itu adalah "TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub"? Panjang ya namaNya hahahaha.

Seperti yang saya bilang di atas, SHEM bukan saja diartikan sebagai nama tapi juga diartikan sebagai reputasi. Itulah reputasi Tuhan bangsa Israel: Tuhannya nenek moyang mereka, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub. Setau saya cuma gereja2 orthodox dan sigagog yang pendeta dan imam2nya memanggil Tuhan dengan reputasi yang saya tebali itu.

TUHAN itu nama? Wong itu terjemahan dari bahasa asli PL kok. Kalo nama kenapa diterjemahin menjadi TUHAN, kenapa gak dibiarkan apa adanya dari bahasa aslinya? Yesus itu nama original? Kalo nama original kenapa ditransliterasi dari bahasa aslinya? 

Kalo anda pake argumen2 kaya gitu, anda cuma membuktikan bahwa kaum NAMAIS, kaum pemanggil nama YESHUA, kaum pemanggil nama YAHWEH, memiliki argumen2 yang benar dan valid. Yang ada anda malah berkomentar kepada pemilik blog ini menanyakan apakah boleh pake nama "YESUS KRISTUS" yang merupakan nama transliterasi. 

Dan anda mo ngomongin soal pemahaman anda tentang alkitab? Hahahaha.

tonypaulo's picture

lihat kronologis dan faktanya saja

fakta pertama ; anda menulis

Tuhan tak seharusnya bernama

kenyataannya

Exo 3:15  Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

apa yang anda tulis tidak sesuai dengan fakta,

apalagi anda menulis

SHEM bukan saja diartikan sebagai nama tapi juga diartikan sebagai reputasi.

artinya argumen yang anda sampaikan sebelumnya bertentangan dengan argumen anda berikutnya

 

fakta kedua ; anda menulis

Adam sebenarnya bukan nama

tapi dilain kesempatan anda mengerti

SHEM bukan saja diartikan sebagai nama tapi juga diartikan sebagai reputasi.

ketika saya sampaikan

ADAM bukan saja diartikan sebagai nama tapi juga diartikan sebagai manusia

anda menolak pengertian yang saya sampaikan

dan bisa anda jawab kalau

Tuhan tak seharusnya bernama

memanggil nama Tuhan itu dengan panggilan apa?

dan berdoa dalam nama siapa?

kenapa orang KRISTEN berdoa DALAM NAMA TUHAN YESUS KAMI BERDOA AMIN

 

saya ringkas ajukan dua fakta itu, yang lain mengenai tuduhan2 anda kepada saya tidak perlu saya bahas2

 

salam

PlainBread's picture

@Tony Susilo Bambang Yudhoyono

Anda belum jawab pertanyaan2 saya di atas. Belum jawab kok malah beraninya nanya terus2an. Main fairlah kalo memang anda orangnya fair. Semua bantahan anda sudah saya jawab, dan anda terus2an bertanya.

Ini saya ulang lagi pertanyaan saya:

 

1. Kenapa nama YHWH diterjemahkan menjadi TUHAN? Bukankah nama tidak bisa diterjemahkan?

2. Kenapa nama YEHOSHUA atau YESUA dalam bahasa Aramaic ditransliterasi menjadi IESUS dalam bahasa Greek, atau JESUS dalam bahasa Inggris atau YESUS dalam bahasa Indonesia? Bukankah nama tidak seharusnya ditransliterasi? Apakah karena nama Bambang dalam nama lengkapnya SBY susah diucapkan oleh orang bule, lantas nama tersebut seharusnya ditransliterasi menjadi BENGBENG?

Tony: saya ringkas ajukan dua fakta itu, yang lain mengenai tuduhan2 anda kepada saya tidak perlu saya bahas2

PB: Bagus. Elu yang mulai elu yang akhiri. Elu maen keras, gue juga bisa maen keras. Elu jual gue beli. Elu tanya baek2, gue juga bisa jawab baek2. Dan saatnya sekarang anda menjawab pertanyaan2 saya. Gantian, ok? :)

Huanan's picture

Pentingkah ?

Alkreak: Pergunakanlah YAHUSHUA HA MASHIACH saat ini juga.

Begitu pentingkah nama Tuhan di mata manusia ?

__________________

Huanan

Alkreak's picture

Penting

PlainBread: Makanya ketika Musa bertanya tentangNya, Dia menjawab,"Aku adalah Aku." Tidak ada Tuhan selain Tuhan.

Kurasa nama diperlukan untuk mengetahui siapa dan apa tujuan kita diciptakan oleh sang pencipta dan apa peran kita agar tidak terjebak dengan sang penyesat. Tanpa nama semua sia-sia mengingat kitab2 spt Malachi 1:11, Acts 9:15, Acts 15:14 dan Ex 3:13-15 ttg Musa.

Ex 3:13-15
13 Moses said to God, "Suppose I go to the Israelites and say to them, 'The God of your fathers has sent me to you,' and they ask me, 'What is his name?' Then what shall I tell them?"14 God said to Moses, "I AM WHO I AM. This is what you are to say to the Israelites: 'I AM has sent me to you.'" 15 God also said to Moses, "Say to the Israelites, 'The Lord, the God of your fathers — the God of Abraham, the God of Isaac and the God of Jacob — has sent me to you.' This is my name forever, the name by which I am to be remembered from generation to generation.

Hainan

Sangat penting karena Lebih baik untuk mendapat rahmat melalui YAHUSHUA yang merupakan nama aslinya dibandingkan dengan nama yang diganti oleh manusia.

PlainBread's picture

Sebelum segala sesuatunya diciptakan

Apakah Tuhan bernama sebelum segala sesuatunya diciptakan? 

Anggaplah sudah ada Tritunggal sebelum segala sesuatunya diciptakan, dengan kata apakah mereka memanggil satu sama lainnya?

Anggaplah mereka memangil satu sama lainnya (Tritunggal) dengan sebuah nama khusus, apakah menurut anda kata tersebut tersusun dalam abjad2 latin, Ibrani, atau apakah? 

Atau mungkin bahasa malaikat di mana abjadnya berbeda dengan abjad bahasa manusia?

Atau mungkin Tuhan memiliki bahasa sendiri di samping adanya bahasa malaikat dan bahasa manusia?

 

 

Sangat penting karena Lebih baik untuk mendapat rahmat melalui YAHUSHUA yang merupakan nama aslinya dibandingkan dengan nama yang diganti oleh manusia.

Yahushua adalah nama transliterasi dari bahasa Ibrani. Bahasa Ibrani atau aramaik merupakan pecahan dari bahasa manusia pra-Babel, sebelum akhirnya manusia memiliki banyak bahasa. Apakah Sang Alfa dan Omega bisa dibatasi oleh suatu bahasa dari ribuan bahasa lainnya, dibatasi oleh beberapa abjad untuk memanggil diriNya?

Siapakah nama Tuhan sebelum segala sesuatunya diciptakan? 

Atau kalau terlalu rumit, siapakah nama Tuhan sebelum peristiwa menara Babel?

Alkreak's picture

He is the First and Last

PlainBread: siapakah nama Tuhan sebelum peristiwa menara Babel?

Nama yang digunakan adalah ‘YAHWEH’.

Jika bahasa asli yang berasal dari Tuhan terpecah-pecah spt yang terjadi di peristiwa menara Babel masih menjadi misteri sampai saat ini. Bahasa membeludak berkisar 72 bahasa kalo perkiraannya Wikipedia. Tetapi nama sakral telah ada sejak Adam dan kita keturunan sebagaimana diciptakan dari rupa sang pencipta. (Bisa dilihat dari chart ini.)

Maka dipastikan bahasa asli sekaligus tertua adalah Ibrani Kuno atau disebut juga bahasa orang Semit/Bahasa Kanaan. Bahasa Hebrew  modern yang dipergunakan saat ini berubah karena penambahan, pengurangan, pengadaptasian dari bahasa Ibrani asli atau purba. (Referensinya dari sini.)

What men today call the Hebrew language was, in its original form, the language that Adam spoke in the garden of Eden. For this reason it could be referred to as man’s language. It was the language spoken in Noah’s day, though with a growing vocabulary. In still further expanded form, it was the basic language that survived when Jehovah confused mankind’s speech at the Tower of Babel. (Gen. 11:1, 7-9) Hebrew belongs to the Semitic group of languages, of which it is the family head. It appears to be related to the language of Canaan in Abraham’s time, and from their Hebraic branch, the Canaanites formed various dialects. At Isaiah 19:18 it is referred to as “the language of Canaan.” Moses in his time was a scholar, learned not only in the wisdom of the Egyptians but also in the Hebrew language of his forefathers. For this reason he was in a position to read ancient documents that came into his hands, and these may have provided a basis for some of the information he recorded in what is now known as the Bible book of Genesis.

http://www.coc1.com/arabisraeliamericanconflict/lesson2.htm

Bahasa Ibrani yang asli tidak mempunyai huruf harakat atau hidup.

In Ancient/Biblical Hebrew word meanings were more generalized. One Hebrew word can have a wide meaning. In Modern Hebrew more precise meanings of a word are made by adding different nikkudot to separate out the different meanings. For instance the Hebrew word "AYL" originally meant "a strong one" and is spelled with three letters; aleph-yud-lamed. In order to divide out more precise meanings of the word, different nikkudot have been added. The word "ayil" is a ram (strong one of the flock), "ayal" is a stag (strong one of the forest) and "eyal" is strength.

http://www.ancient-hebrew.org/1_faqs.html#vowels1

Gen 1:27 27 So God created man in his own image, in the image of God he created him; male and female he created them.

Manusia diciptakan menurut rupa dia, tak ada yang mau diciptakan selain rupanya.

Hanya dengan nama ini saja tak bisa diganggu dari roh-roh jahat karena Adam, Noah, Abraham, Musa memanggil Tuhan dengan nama yang tepat, maka setan tak berdaya menghadapi nama yang sebenarnya itu.

                     He is the First and Last

hai hai's picture

@Alkreak, Anda PEMBUAL

ku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri. Keluaran 6:3

Alkreak, bila yang anda ajarkan benar, bukankah itu berarti YHWH adalah PEMBUAL? KArena YHWH mustahil membual itu berarti anda adalah PEMBUAL.

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Alkreak's picture

O tidak....




hai hai: ku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri. Keluaran 6:3

Alkitab versi Indonesia atau bahkan spt New International, English Standard bisa bermacam-macam penafsirannya.

Dengan menggunakan program PC Study Bible V5, hasilnya:

3 I appeared to Abraham, to Isaac and to Jacob as God Almighty, but by my name the Lord  I did not make myself known to them. (New International Version)

Tapi bandingkan dengan ini,

And I appeared unto Abraham, unto Isaac, and unto Jacob, by [the name of] God Almighty, but by my name JEHOVAH was I not known to them.

(http://www.scripture4all.org/OnlineInterlinear/Hebrew_Index.htm)

As rendered by most major translations, the statement is viewed as contrasting two different ways of referring to God - El Shaddai (God Almighty), and Yahweh, the personal and usually covenant-related name for God. Although the contrast is clear, the exact sense is not. Hence two translations of the sentence are possible:

   1. I appeared to Abraham, Isaac and Jacob as El Shaddai, and by my name Yahweh I was not known to them.
   2. I appeared to Abraham, Isaac and Jacob as El Shaddai, and by my name Yahweh was I not known to them?

 

http://www.oldtestamentstudies.net/languages/exodus6_3.asp?item=12&varia...

 

Lebih percaya versi bahasa Hebrew yang asli atau versi terjemahannya?



hai hai's picture

@Alkreak, Anda Sedang Membual?

Alkreak, anda sedang membual atau sedang ngelindur?

ku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri. Keluaran 6:3

Alkreak: Lebih percaya versi bahasa Hebrew yang asli atau versi terjemahannya?

Izinkan saya bertanya, apa perbedaan antara bahasa Ibraninya dan bahasa Indonesianya?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Alkreak's picture

take it easyy....

hai-hai:apa perbedaan antara bahasa Ibraninya dan bahasa Indonesianya?

Apa itu pertanyaan?????

hai hai's picture

@Alkreak, Itu Pertanyaan

Benar itu pertanyaan.

ku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri. Keluaran 6:3

Alkreak: Lebih percaya versi bahasa Hebrew yang asli atau versi terjemahannya?

Izinkan saya bertanya, apa perbedaan antara bahasa Ibraninya dan bahasa Indonesianya?

Maksud saya adalah APA perbedaan Keluaran 6:3 dalam bahasa Indonesia dan bahasa Ibrani? apa maksud anda dengan kalimat di bawah ini?

Alkreak: Alkitab versi Indonesia atau bahkan spt New International, English Standard bisa bermacam-macam penafsirannya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Alkreak's picture

Answer

ku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri. Keluaran 6:3

3 I appeared to Abraham, to Isaac and to Jacob as God Almighty, but by my name the Lord  I did not make myself known to them. (New International Version)

Tuhan lebih bersifat Subjektif.

And I appeared unto Abraham, unto Isaac, and unto Jacob, by [the name of] God Almighty, but by my name JEHOVAH was I not  known to them. (Authorised Version)

Objektif

Artinya berbeda, tidak hanya dari Authorised Version, tapi juga bisa dari KJV, NKJV atau World English

Because:

1. I appeared to Abraham, Isaac and Jacob as El Shaddai, and by my name Yahweh I was not known to them.
 2. I appeared to Abraham, Isaac and Jacob as El Shaddai, and by my name Yahweh was I not known to them?

Ada 2 versi yang berbeda yang berbeda dari terjemahan paragraf keluaran 6:3 oleh lembaga penerjemah.

Ada perbedaan antara terjemahan yang asli dan terjemahan yang palsu atau salah.

 

hai hai's picture

@Alkreak, Anda Benar-Benar Pembual

ku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri. Keluaran 6:3

Alkreak, anda benar-benar PEMBUAL. apa pun versi terjemahannya, Keluaran 6:3 menyatakan hal yang sama:

Sang pencipta menyatakan diri-Nya kepada Abraham, Ishak dan Yakub dengan nama El Shaddai. Kepada Musa Dia menyatakan diri dengan nama YHWH. Kepada Abraham, Ishak dan Yakub dai tidak pernah menyatakan diri dengan nama YHWH.

Anda MEMBUAL ketika mengajarkan:

PlainBread: siapakah nama Tuhan sebelum peristiwa menara Babel?

Alkreak: Nama yang digunakan adalah ‘YAHWEH’.

Alkreak: Manusia diciptakan menurut rupa dia, tak ada yang mau diciptakan selain rupanya.

Alkreak, izinkan saya bertanya, atas dasar apa anda mengajarkan:

Alkreak: Hanya dengan nama ini saja tak bisa diganggu dari roh-roh jahat karena Adam, Noah, Abraham, Musa memanggil Tuhan dengan nama yang tepat, maka setan tak berdaya menghadapi nama yang sebenarnya itu.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Alkreak's picture

Saya hanya membagi kesaksian...

hai hai: Sang pencipta menyatakan diri-Nya kepada Abraham, Ishak dan Yakub dengan nama El Shaddai. Kepada Musa Dia menyatakan diri dengan nama YHWH. Kepada Abraham, Ishak dan Yakub dai tidak pernah menyatakan diri dengan nama YHWH.

Lalu ini apa:

El Shaddai is identified with Yahweh

Anda MEMBUAL ketika mengajarkan:

PlainBread: siapakah nama Tuhan sebelum peristiwa menara Babel?

Alkreak: Nama yang digunakan adalah ‘YAHWEH’.

Alkreak, izinkan saya bertanya, atas dasar apa anda mengajarkan:

Alkreak: Hanya dengan nama ini saja tak bisa diganggu dari roh-roh jahat karena Adam, Noah, Abraham, Musa memanggil Tuhan dengan nama yang tepat, maka setan tak berdaya menghadapi nama yang sebenarnya itu.

Answer:

Gen 1:3 And God said, "Let there be light," and there was light.

Karena pendekatan spiritual tidak sekedar kepercayaan dan untuk percaya seseorang harus mengalaminya sendiri. Saya sendiri juga sudah mengalami dan merasakan. Contoh: Untuk menulis nama sakral saya tak boleh sembarangan atau sia-sia. Ingat dengan 10 perintah Tuhan?

Alkreak: Manusia diciptakan menurut rupa dia, tak ada yang mau diciptakan selain rupanya.

Karena Tuhan adalah ‘terang’, Lucifer ‘Gelap’.

1 John 1:5 5 This is the message we have heard from him and declare to you: God is light; in him there is no darkness at all.

Ketika memanggil nama Tuhan, kita butuh ‘terang’ agar diri kita selamat karena ‘Light and Darkness cannot exist together’.


1 Cor 4:5 Therefore judge nothing before the appointed time; wait till the Lord comes. He will bring to light what is hidden in darkness and will expose the motives of men's hearts.

Kita butuh nama sebenarnya. Nama sakral tidak pantas diganti dengan yang lain.

Proverbs 18:10 The name of Yahweh is a strong tower: the righteous runneth into it, and is safe.

Psalms 33:21 For our heart shall rejoice in him, because we have trusted in his holy name.

 

Sumber: http://www.eliyah.com/nature.html

tonypaulo's picture

saya mau "mengunakan" nama YESUS KRISTUS saja boleh?

Alkreak :

Kita butuh nama sebenarnya. Nama sakral tidak pantas diganti dengan yang lain.

 

tony:

Act 4:10  maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati--bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu.
Act 4:11  Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan--yaitu kamu sendiri--,namun ia telah menjadi batu penjuru.
Act 4:12  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

saya mau "mengunakan" nama YESUS KRISTUS saja boleh?

Alkreak's picture

Boleh saja sih

saya mau "mengunakan" nama YESUS KRISTUS saja boleh?

Boleh-boleh saja sih untuk sekarang karena nama dari Yesus Kristus asalnya memang berasal dari huruf sakralnya Ibrani sehingga kekuatannya masih ada. Hanya saja untuk di yang akan datang wujud Yesus Kristus dapat dijelma oleh roh penyesat, karena kita hanya mengenal dari nama dan wujud penampilan saja. Maka dari itu kekuatan yang bukan sebenarnya sudah dikuasai dan berbahaya.

Bukankah jaman ini banyak yang mengaku-ngaku menjadi Jesus Christ atau Yesus Kristus.
Sejarah perubahan nama Jesus

http://www.judaismvschristianity.com/how_the_name.htm

tonypaulo's picture

atau memang alkitab kita "berbeda"?

alkreak :

Boleh-boleh saja sih untuk sekarang karena nama dari Yesus Kristus asalnya memang berasal dari huruf sakralnya Ibrani sehingga kekuatannya masih ada. Hanya saja untuk di yang akan datang wujud Yesus Kristus dapat dijelma oleh roh penyesat, karena kita hanya mengenal dari nama dan wujud penampilan saja. Maka dari itu kekuatan yang bukan sebenarnya sudah dikuasai dan berbahaya

 

tony:

huruf sakral?

memang pernah ada di alkitab yang menyatakan ada huruf sakral?

Yesus Kristus akan datang sebagai roh penyesat? memang ada di Alkitab?

atau memang alkitab kita "berbeda"?

anda seorang SSY kah?

 

alkreak:

Bukankah jaman ini banyak yang mengaku-ngaku menjadi Jesus Christ atau Yesus Kristus.

tony:

kalau ada yang mengaku2 YAHWEH, apa lantas nama YAHWEHmenjadi "invalid"? apa bedanya dengan nama YESUS KRISTUS?

 

salam

 

sandman's picture

@Alkreak Suamiku?

Kalau manggil Sang Pencipta, sang Khalik dengan sebutan Suamiku boleh gak?

__________________

Alkreak's picture

Siapa

Siapa sang Khalik?

sandman's picture

@alkreak siapa?

yang anda sebut yah itu.

__________________

Alkreak's picture

terserah

Mungkin kamu coba saja dulu. Saya engga berani ikut campur masalahmu.

sandman's picture

@alkreak kenapa gak berani?

Kok gak berani, itu perintah loh ^ ^... he he he.

__________________

Alkreak's picture

lakukan saja apa yg kamu mau.

Tak ada yang memerintah atau memaksa kamu.