Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

SMS Massal untuk Gereja

Purnawan Kristanto's picture

Saya ingin berbagi informasi tentang SMS massal. Saat ini saya sedang mengembangkan sebuah sistem informasi massal menggunakan SMS untuk GKI Klaten. Dengan sebuah software gratisan, maka saya dapat mengirimkan ratusan SMS dalam sekali klik, secara serentak. Saya mengembangkan isitem informasi ini untuk gereja dan tim tanggap bencana. Kegunaannya macam-macam, tapi terutama untuk penyampaian info darurat. Misalnya, jika ada salah seorang membutuhkan donor darah, maka saya dapat mengirimkan SMS pemberitahuan ke ratusan orang. Juga bermanfaat untuk mengirimkan undangan acara atau pemberitahuan layatan.
Bagaimana dengan pulsanya? Saya menggunakan nomor 3. Dengan membayar Rp. 550,-/hari, saya bisa mengirimkan SMS dengan jumlah tak terbatas ke semua operator dari pukul 08.00-18.00. Alternatifnya adalah menggunakan AXIS yang gratis 10.000 SMS.
Jika Anda terlibat dalam organisasi dengan jumlah anggota yang banyak, silakan gunakan sistem ini. Alat-alat apa saja yang dibutuhkan?

1. Komputer dengan slot USB
2. HP Siemens C55 atau Nokia seken (Saya merekomendasikan Siemens C55 karena murah dan handal)
3. Kabel data+driver
4. Nomor perdana+pulsa (3, AXIS atau XL)
5. Software SMS massal yang bisa diunduh gratis di sini

Cara pemasangan:
1. Unduh Gili Software dan install di komputer
2. Pasang nomor perdana ke HP dan colokkan ke komputer menggunakan kabel data.
3. Instal driver yang diminta
4. Jalankan program Gili
5. Masukkan nomor kontak
6. SMS massal siap beroperasi

Catatan:

  1. Harap tidak sembarangan memasukkan nomor HP seseorang. Minta persetujuan lebih dulu apakah dia bersedia menerima kiriman SMS Anda.
  2. Software ini berpotensi disalahgunakan untuk penipuan. Jangan sampai Anda tergoda untuk melakukannya.
  3.  Teman saya menggunakan Sony Ericsson W880i dan BERHASIL.
  4. 4.Kekurangan sistem ini, tidak dapat mengakomodasi jemaat yang belum punya HP. Sebaiknya sistem ini tidak buru-buru meninggalkan sistem informasi yang lama. Posisikan dulu sebagai pelengkap. Namun dengan semakin murahnya harga HP, sepertinya di setiap keluarga minimal sduah ada satu HP.

 

FAQ
1. Apa bedanya SMS Massal dengan SMS Broadcast yg dilakukan perusahaan2 dgn sandi nama perusahaannya?
Program ini sebenarnya tidak ubahnya dengan pengiriman manual menggunakan HP biasa. Bedanya, jika kita mengirimkan SMS kepada 100 nomor, maka kita harus memencet ratusan kali untuk mengirimkannya. Dengan program ini, maka kita cukup memencet satu kali. Software ini tidak dapat untuk MASKING (menganti nomor pengirim dari numerik menjadi alfanumerik). Jadi yang tampil di penerima SMS tetap nomor HP yang digunakan. (Mengingat banyaknya penipuan yang menggunakan masking ini, beberapa provider mulai memperketat penggunaan nomor masking. Dengan masking, seseorang bisa mengirim pesan yang seolah-olah berasal dari INDOSAT, TELKOMSEL dan lain-lain untuk menipu).
2. Apa pemasangannya harus minta ijin ke operator?
Tidak perlu. Yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan diri pada program promo SMS yang paling murah.

3. Apa bisa menerima pesan balik dari yg dikirimi?

Bisa. Karena masih tercantum nomor pengirim, maka jika di-reply, maka pesan akan terkirim ke nomor kita. Pesan yang masuk dapat dibaca dan disimpan di komputer sehingga inbox HP tidak menjadi penuh.
 
4. Kalau sudah tidak ada promosi berarti beban per sms-nya kena tarif normal?
Itu tergantung provider yang bersangkutan. Contohnya, pengiriman SMS pada 3 (Tri), jika dilakukan di atas pukul 18.00 s/d pukul 8 pagi, akan dikenakan tarif Rp. 50,-/SMS. Bisa saja promo ini berakhir, tapi melihat persaingan antar operator yang sudah mengarah ke kanibalisme, ada kecenderungan bahwa tarif SMS akan semakin murah, atau setidak-tidaknya tidak akan naik. Jika sebuah nomor menghentikan promos SMS murah, kita bisa berganti menggunakan operator selular lain yang tarifnya lebih kompetitif. Risikonya, kita harus memberitahu semua penerima SMS tentang perubahan nomor ini.
 
Beberapa aplikasi yang sudah saya gunakan di GKI Klaten:
  1. Mengundang jemaat pada acara-acara yang diadakan oleh gereja. Program ini bisa menggantikan undangan kertas.
  2. Sebagai reminder acara. Kadang jemaat lupa kalau diundang pada acara tertentu. Maka beberapa jam sebelumnya dikirimkan pengingat acara. Cara ini cukup berhasil untuk meningkatkan angka kehadiran jemaat.
  3. Memberikan penghiburan. Setiap hari, minimal ada satu ayat Firman Tuhan yang dikirimkan ke jemaat.
  4. Masih dalam rencana: mengirimkan alamat bacaan alkitab hari ini, yang diambil dari daftar bacaan Alkitab setahun.
  5. Pengiriman berita darurat. Jemaat bisa mengirimkan berita ke nomor layanan SMS, selanjutnya akan disebarkan ke seluruh jemaat. Misalnya: info jika ada jemaat yang sakit dan butuh dukungan doa, jika ada jemaat yang meninggal, jika ada jemaat yang butuh golongan darah.
  6. Bermanfaat sebagai Early Warning System (Sistem Peringatan Dini). Misalnya, terjadi kerusuhan di sebuah kota atau bencana alam, maka jemaat dapat mempersiapkan diri lebih baik. Namun info EWS ini perlu diverifikasi sebelum disebarkan. Contoh lain, level air di hulu sungai sudah mencapai titik kritis. Maka jemaat yang berada di hilir dapat diinformasikan segera.
  7. Ucapan selamat ulangtahun. Setiap hari dikirimkan nama-nama jemaat yang hari itu ulangtahun. Info ini dikirimkan ke semua jemaat, sehingga mereka bisa ikut mengucapkan selamat ultah. Dampaknya tercipta kehangatan di antara jemaat. Kekurangannya, jemaat yang berulangtahun akan ditodong ramai-ramai untuk makan-makan (ini guyon saja).

 

 

 
__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

PlainBread's picture

SMS asyik

Saya pernah baca tahun 2003-an, jumlah sms di Australia yang dikirimkan/diterima dalam tahun tersebut mencapai lebih dari 5 MILYAR sms. Gak tau deh sekarang berapa, kemungkinan besar jumlahnya lebih banyak dari tahun tersebut. Sementara di amrik setiap hari, sms dikirimkan/diterima lebih dari 2 1/2 MILYAR sms (kalo gak salah data 2 tahun lalu).

Tahun lalu kalo gak salah bulan Juni-Juli, ada hearing di kongres Kanada yang membahas masalah sms. Profesor Srinivasan yang terkenal di seluruh dunia sebagai ahli telkom, berargumen bahwa biaya sms yang dikeluarkan oleh perusahaan penyedia jasa sebenarnya sedikit sekali (sekitar 0.3 sen per dollar amrik atau 30 perak rupiah!) sementara kenyataannya biaya sms yang dibayar oleh konsumen sebesar 100 kali lipatnya! Jadi si peyedia jasa sebenarnya untung lebih dari 97 %.

Enaknya kapitalisme (baca: pasar bebas) begitu, akhirnya ada perusahaan2 provider yang berani kasih tawaran sms gratis unlimited karena melihat celah pasar di mana gak sedikit konsumen yang mengeluh soal biaya sms yang mesti dibayar. Tapi gak enaknya sampai itu belum terjadi, harus ada sosialisme (baca: lembaga2 perlindungan konsumen) yang cukup kuat untuk bertarung melawan perusahaan2 tersebut mewakili konsumen.

bintang seven's picture

ke depannya.

ke depannya, apakah tidak mungkin trick masking dr numerik ke alfabetical akan bocor pak? sekarang aja dah byk yg ketipu dg trik spasi penampilan asal pengirim provider. apalagi klo software peretasnya dah ada yg bisa bikin.

hal yg baik kan perlu jg dilindungi, spy hacker2 yg makin pintar, gak bisa masuk dan menggangu.

emang repotnya klo provider gonta ganti program murahnya, bisa gonta ganti kartu. dan paling gak hrs ada yg ngerti komputer digereja paling gak urusan instal menginstal, krn krn urusan make programnya yg dah jadi gak akan kesulitan.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Samuel Franklyn's picture

@bintang seven: Tidak sesederhana itu

ke depannya, apakah tidak mungkin trick masking dr numerik ke alfabetical akan bocor pak? sekarang aja dah byk yg ketipu dg trik spasi penampilan asal pengirim provider. apalagi klo software peretasnya dah ada yg bisa bikin.

Tidak sesederhana itu. Pengiriman SMS dengan nama pengirim alphabet hanya bisa dilakukan dengan kerja sama dengan operator. Saya tahu akan hal ini karena saya belajar spesifikasi SMS secara mendalam soalnya saya buat aplikasi yang memanfaatkan SMS. Lewat software memang kita bisa kirim SMS dengan header nama pengirim dalam bentuk alphabet. Akan tetapi semua SMS yang dikirim dengan menggunakan handset telepon akan selalu melalui SMS Center. Nah di SMS Center SMS macam begini akan di blok. Lain halnya dengan content provider yang jualan konten SMS. Mereka deposit sejumlah besar uang ke provider lalu mereka di kasih akses ke SMS Center lewat jaringan. SMS Center membedakan antara SMS yang dikirim lewat udara (OTA/Over The Air) dengan SMS yang dikirim lewat jaringan. Kalau kita mau mengirim SMS dengan nama pengirim alphabet maka kita harus hack jaringan si provider dan kirim SMS lewat jaringan. Akan tetapi ini biasanya cuma akan bisa berlangsung dalam waktu singkat. Provider umumnya punya software proteksi jaringan yang lumayan jadi dalam waktu singkat IP address kita akan ketahuan dan itu artinya lokasi kita ketahuan. Kalau lokasi sudah ketahuan maka itu berarti polisi sudah meluncur ke TKP. Mengirim SMS dengan nama pengirim alphabet bukan perkara gampang macam asal pakai software tinggal pencet gaya script kiddies. Hal ini bisa dilakukan akan tetapi butuh skill hacking yang lumayan, cuma bisa dilakukan dalam waktu singkat dan si pengirim harus siap-siap segera kabur dari lokasi.

bintang seven's picture

thx sf

SMS Center membedakan antara SMS yang dikirim lewat udara (OTA/Over The Air) dengan SMS yang dikirim lewat jaringan. Kalau kita mau mengirim SMS dengan nama pengirim alphabet maka kita harus hack jaringan si provider dan kirim SMS lewat jaringan.

ok thx buat info nya yg diatas. klo suatu perusahaan udah kerjasama ama operator, bukankah sms center operator dah ngiket kerjasama ttg konten yg akan perusahaan itu buat, ambil contoh lah sms bola ya ttg bola, gak ada unsur judi dan sara, tp klo ada anak buah perusahaan itu yg nakal n gunain buat tujuan keuntungan berbahaya jg ya.

apa udah ada kasus di indonesia ttg hacking jaringan operator? klo yg gw pernah denger si hack ttg kartu atm, canggih bener, yg gw curiga si hacker gak jauh2 dr orng dalam penyedia jasa mesin atm, hinnga dia ngerti bener, hrs pasang kamera utk mendpt pin si user atm, gak tau klo soal ngehack provider.

thx sebelumnya.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Samuel Franklyn's picture

@b7; Hack ATM

apa udah ada kasus di indonesia ttg hacking jaringan operator? klo yg gw pernah denger si hack ttg kartu atm, canggih bener, yg gw curiga si hacker gak jauh2 dr orng dalam penyedia jasa mesin atm, hinnga dia ngerti bener, hrs pasang kamera utk mendpt pin si user atm, gak tau klo soal ngehack provider.

Hack ATM di barat itu nggak canggih lagi. Ilmu untuk ngehack ATM sudah di demokan bahkan diajarkan caranya belum lama ini di Black Hat Conference

http://www.pcworld.com/article/202140/atm_hack_gives_cash_on_demand.html

Bahkan untuk hack ATM nggak perlu pasang kamera. Cukup install firmware yang sudah di hack. Langsung tuh seluruh isi ATM bisa dikuras habis. Nggak usah tahu nomor pin nasabah. Parah kan? He he he.

Sebenarnya masalah hacking orang Indonesia banyak yang jago. Hacking itu nggak sulit kok asal mau tekun belajar dan bereksperimen. Yang sulit itu menyembunyikan jejak hacking. Dengan kata lain hackingnya itu mudah tapi musti kabur nggak bisa tenang-tenang dan berasumsi hack kita nggak bakal bisa di ketahui orang.

Purnawan Kristanto's picture

Software ini tidak bisa untuk

Software ini tidak bisa untuk masking. Seperti kata SF, tidak mudah sekarang ini untuk mengirim dengan cara masking (memanipulasi nomor pengiriman menjadi alfa numerik).

Software ini secara sederhana dapat dikatakan mengambil alih tugas jari dalam mengirimkan SMS dalam jumlah banyak.

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan