Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Paleo-diet

victorc's picture
Shalom, selamat sore saudaraku. Kita semua pasti sering mendengar tentang berbagai metode diet sehat. Ada berbagai metode yang ditawarkan di berbagai media, mulai dari yang ilmiah, semi-ilmiah, bahkan yang tidak ilmiah sama sekali. 
Ada yang menjanjikan hasil yang fantastis dalam kurang dari 14 hari, namun ada yang lebih realistis misalnya menurunkan berat badan hingga 5 kg ber bulan. Dan metodenya pun bermacam-macam, ada OCD, detoks, liposuction, dan ada juga yang menggunakan akupunktur.(3)(4) Anda cukup cari majalah populer apa saja dan pasti ada ulasan tentang diet.

Trending topic
Pokoknya, diet seakan menjadi trend hangat khususnya di kota-kota besar di mana semua orang terobsesi untuk memiliki bentuk tubuh ideal bak dewa-dewi dalam mitologi Yunani kuno. Yang pria ingin "six pack", yang perempuan ingin tubuh langsing mirip para model dan aktris film. Padahal di Perancis, pemerintah mulai mempertimbangkan peraturan yang melarang para desainer untuk mempekerjakan para model super langsing yang secara medis justru sangat tidak sehat.(6)
Demikian juga dengan saya, beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk melakukan sesuatu dengan berat badan saya yang sudah beberapa tahun ini lebih mirip gorila ;-)
Memang ada penurunan sedikit akhir-akhir ini. Namun saya ingin hasil yang lebih konsisten. Ada seorang kenalan yang menawarkan resep yang (konon) manjur untuk menurunkan berat badan, namun kapsul tersebut mesti dibeli dengan harga ratusan ribu rupiah per botol. Dan bahkan dengan harga itu, tampaknya tidak ada jaminan bahwa tidak akan ada efek sampingnya. Bukankah kita sering mendengar ada produk-produk kimia pelangsing perut tapi setelah dicoba berakibat buruk ke fungsi hati (lever) atau ginjal? Jadi saya enggan menggunakan produk-produk pelangsing instan tersebut.
Lalu di tengah kejumudan itu, secara kebetulan saya menemukan sebuah buku yang sangat menarik, kabarnya berdasarkan riset selama lebih dari 30 tahun, namanya metode Paleo-Diet.(1)

Gagasan dasar Paleo-Diet (2)
Metode Paleo-Diet digagas dan diteliti oleh Loren Cordain, PhD, dan kabarnya berdasarkan riset intensif selama lebih dari 30 tahun. Metode ini juga kerap disebut diet penghuni gua (caveman's diet). Diet ini terdiri dari sayuran, ikan, buah, kacang-kacangan yang sesuai dengan diet nenek moyang kita pada zaman Paleolitik.
Menurut buku Paleo Answer(1), melalui metode diet Paleo ini dapat dicapai penurunan berat badan secara signifikan hanya dalam 7 hari. 
Sekadar ilustrasi, berikut ini adalah contoh menu sarapan pagi yang disarankan dalam buku Paleo Answer selama 7 hari:
- minggu: telur aduk goreng omega 3 dalam minyak zaitun, dengan jeruk dan teh herbal
- senin: banana blast smoothie dan telur yang diperkaya omega 3
- selasa: omelet so cal dan buah kiwi
- rabu: semangkuk apel, wortel, kismis, dan telur omega 3
- kamis: salmon, bawang hijau, dan omelet jamur. Serta segmen tangerin dan teh herbal
- jumat: dada kalkun panggang tetesi minyak zaitun dan basil serta apel yang diiris, serta air dengan perasan jus lemon segar
- sabtu: melon mania smoothie serta halibut direbus dingin.
Tentunya menu untuk diet di atas bisa disesuaikan dengan menu di bulan ini bagi yang berpuasa.

Diskusi
Meski pemaparan metode Paleo-Diet cukup meyakinkan dan tampaknya didukung dengan data-data dan observasi yang (konon) ilmiah, namun saya kira ada metode diet lain yang juga cukup kuno dan pernah diujicobakan pada 3 pemuda Israel. Dan mereka akhirnya menjadi para penasihat raja yang cerdas, handal dan terpercaya, walaupun mereka adalah orang-orang buangan. 
Bagaimana kisahnya?

    11  Kemudian berkatalah Daniel kepada penjenang yang telah diangkat oleh pemimpin pegawai istana untuk mengawasi Daniel, Hananya, Misael dan Azarya:  
    12  "Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum;  
    13  sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu."  
    14  Didengarkannyalah permintaan mereka itu, lalu diadakanlah percobaan dengan mereka selama sepuluh hari.  
    15  Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk dari pada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja.  

Jika Anda berminat untuk mencoba menerapkan puasa Daniel tersebut, silakan ikuti beberapa tips yang diberikan di (7). Intinya adalah, Anda hanya boleh makan sayur dan buah-buahan dan minum air putih selama diet Daniel tersebut.
Sejujurnya, saya belum mencoba metode diet 21 hari seperti dalam Kitab Daniel pasal 1 dan saya juga belum berhasil menurunkan bobot saya menjadi kurang dari 80. Namun setidaknya bagian abstrak sebuah laporan di Biomedcentral ini cukup menarik untuk disimak:

*Background: The Daniel Fast involves dietary modification similar to a purified vegan diet. Although improvements in several health-specific biomarkers have been noted with this plan, the removal of animal products results in a significant reduction in both dietary protein and saturated fatty acid intake, which results in a loss of lean body mass and a reduction in HDL-cholesterol.

*Methods: We assigned 29 men and women to either a traditional or modified Daniel Fast for 21 days and measured anthropometric and biochemical markers of health pre and post intervention. The modified Daniel Fast was otherwise identical to the traditional plan but included one serving per day of lean meat and dairy (skim milk), providing approximately 30 grams per day of additional protein.

*Results: Compared to baseline, both plans resulted in similar and significant improvements in blood lipids, as well as a reduction in inflammation.

*Conclusions: Modification of dietary intake in accordance with either a traditional or modified Daniel Fast may improve risk factors for cardiovascular and metabolic disease. (12)

Penutup
Meskipun belum konklusif, namun artikel singkat ini kiranya dapat sedikit membantu memperjelas berbagai informasi seputar metode diet yang sehat, khususnya dengan membandingkan dua metode kuno yaitu diet Paleo dan diet Daniel. Semoga berguna bagi pembaca sekalian.**

Versi 1.0: 19 mei 2017, pk. 10:52
Versi 1.1: 8 juni 2017, pk. 17:43
VC

**Note: terimakasih buat seorang sahabat di HK yang mendorong saya agar lekas menyelesaikan artikel  ini.

Referensi:
(1) Loren Cordain. The Paleo Answer: rahasia diet purba. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2015. 
(2) Eric Manheimer. First systematic review of Paleo diet. Url: http://thepaleodiet.com/first-systematic-review-of-the-paleo-diet/
(3) http://hariansehat.com/tata-cara-melakukan-diet-ocd-agar-berhasil/
(4) http://wolipop.detik.com/read/2012/04/27/153822/1903451/849/dengan-akupunktur-berat-badan-bisa-turun-1-kg-tiap-minggu
(5) https://www.liposuction.com/
(6) http://www.bbc.com/news/world-europe-35130792
(7) Tips for the Daniel Fast. Url: http://www.lynwoodbc.org/Websites/lynwood/images/The_Dawning/Daniel_Fast_Info.pdf
(8) http://www.webmd.com/diet/a-z/paleo-diet
(9) http://ultimatepaleoguide.com/files/2012/05/Paleo-Diet-Food-List-PDF.pdf
(10) http://daniel-fast.com/
(11) http://danielfastresearch.com/?page_id=17
(12) http://lipidworld.biomedcentral.com/articles/10.1186/1476-511X-12-114
__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.