Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Panduan Pengiriman Artikel dan Komentar di SABDA Space

Untuk menulis atau mengirim artikel blog maupun komentar, Anda harus terlebih dahulu masuk (login) dengan menuliskan akun (account) dan sandi lewat atau kata sandi (password) Anda.

Apabila Anda kehilangan sandi lewat Anda, silakan klik "Permohonan kata sandi baru" yang terdapat dalam kotak "Login pengguna". Halaman baru akan muncul. Tuliskan nama pengguna yang telah Anda daftarkan sebelumnya, berikut alamat e-mail Anda. Informasi kata sandi baru akan segera dikirimkan ke alamat e-mail Anda tersebut.

A. Panduan Pengiriman Artikel

  1. Klik "buat isi" yang terdapat di kolom kiri, lalu pilih "artikel blog". Setelah itu, akan muncul halaman baru berupa formulir pengiriman artikel.
  2. Isilah formulir tersebut secara lengkap.
  3. Tuliskanlah judul untuk artikel yang hendak Anda kirimkan/pasang di SABDA Space.
    • Jangan lupa pula untuk memilih kategori tulisan Anda. Bila Anda menilai tulisan Anda tidak dapat dikategorikan ke dalam kategori yang tersedia, silakan membiarkan pilihan pada <tidak ada>.
    • Masukkan kata kunci (keywords) untuk artikel Anda. Kata kunci ini akan muncul di bagian "tags in keywords". Kata kunci ini juga akan menjadi identitas artikel Anda setelah kategori. Oleh karena itu, bila artikel Anda memang tidak termasuk dalam kategori manapun, artikel Anda dapat dikenali melalui kata kunci tersebut. Misalnya, Anda menulis artikel mengenai komputer, kata kuncinya bisa "software", "hardware", internet, PC, dan lain-lain.
    • Masukkan atau tulislah isi artikel Anda di bagian "Badan/Isi Utama". Anda dapat memanfaatkan fasilitas "rich-text" agar tulisan Anda terlihat indah. Namun, bila Anda memang lebih nyaman dengan kode-kode HTML, silakan klik "disable rich-text".
  4. Setiap artikel yang akan dipasang di SABDA Space akan ditampilkan dalam bentuk singkat. Oleh karena itu, bila Anda ingin memotong artikel Anda di tempat yang Anda inginkan ikuti langkah berikut.
    • Nonaktifkan "rich-text" dengan mengklik "disable rich-text".
    • Masukkan kode HTML <!--break--> di bagian yang ingin Anda potong.
    • Tempat di mana Anda meletakkan <!--break--> merupakan batas artikel yang akan ditampilkan di halaman utama.
  5. Untuk melihat hasil tulisan, klik tombol "Lihat contoh hasil". Bila ternyata Anda yakin artikel tersebut sudah layak dikirim/dipasang, silakan klik "Kirim".
  6. Bagian "Trackbacks" dapat Anda gunakan untuk memasukkan "trackbacks URL" artikel-artikel lain, terutama yang tidak berasal dari situs blog yang sama.

B. Panduan Mengirim Komentar

  1. Pilihlah artikel yang ingin Anda komentari.
  2. Ketika artikel itu telah sepenuhnya terbuka dalam satu halaman, di bawah artikel itu akan muncul formulir "Beri komentar baru".
  3. Tentukanlah subjek dari komentar Anda.
  4. Tuliskanlah komentar Anda di kotak "Komentar". Bila Anda tidak terlalu memahami kode-kode HMTL, tulislah artikel Anda sebagaimana biasanya.
  5. Setelah selesai, klik "Lihat komentar" dan halaman baru pun akan muncul.
  6. Di halaman "Lihat komentar" tersebut, terdapat pula kotak "Komentar" yang sudah dilengkapi dengan "rich-text" sehingga Anda dapat memperindah komentar Anda dengan memanfaatkan alat-alat yang tersedia.
  7. Setelah selesai, silakan klik lagi "Lihat komentar" atau "Kirim" untuk langsung mengirimkan komentar Anda.

C. Panduan Membalas Komentar

  1. Tentukanlah komentar dari suatu artikel yang hendak dikomentari.
  2. Perhatikanlah sudut kiri bawah dari boks komentar yang hendak dikomentari tersebut, lalu kliklah "balas".
  3. Setelah itu, akan muncul halaman baru yang menampilkan formulir penulisan komentar yang serupa dengan formulir untuk mengomentari artikel.
  4. Lakukanlah langkah-langkah sebagaimana penulisan komentar. Selesaikan semua yang harus dilakukan, lalu kliklah "Kirim" untuk mengirimkan komentar Anda itu.
  5. Komentar Anda akan ditampilkan tepat di bawah komentar yang Anda komentari itu, dengan posisi agak menjorok ke dalam. Apabila komentar Anda dikomentari lagi, posisinya pun akan lebih menjorok ke dalam lagi.