Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

PERPULUHAN

Lian Aldora's picture

Praktek persepuluhan yang disalah-gunakan oleh para pendeta tertentu banyak terjadi, Ada berita mengejutkan dimana ada pendeta di suatu gereja yang mewajibkan jemaatnya memberikan persepuluhan dan menuntut 40%-nya diberikan kepadanya dengan alasan seharusnya ia menerima 110%, karena bani Israel yang tinggal 11 suku mempersembahkan 11X10% menjadi 110% kepada imam Lewi! ,

Ada pendeta yang mengingatkan jemaatnya bahwa mereka tidak akan dilayani bila tidak memberikan persepuluhan, ada yang meminta lihat pembukuan usaha anggota jemaatnya apakah sudah memberikan persepuluhan atau belum. Ada pendeta yang ikut mengantar transaksi jual beli sapi anggotanya dan langsung meminta 10% uang penjualan itu,

ada pendeta yang mengumumkan bahwa bila jemaat memberikan persepuluhan maka itu memutihkan cara-cara apapun yang dipakai untuk mendapatkan uang yang dipotong itu (money laundering).

ada yang mengunakannya jalan-jalan ke luar negeri; ada pula Pendeta yang menekankan persepuluhan namun pembantu yang tinggal di gereja itu tidur di lantai tanpa kasur.Praktek persepuluhan seperti contoh di atas yang disalah-gunakan oleh para pendeta tertentu banyak terjadi.  (sumber Herlianto)Karena itu ada baiknya kita melihat apa dan bagaimana sebenarnya persepuluhan itu sendiri.  Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang perpuluhan: 

History Perpuluhan. Istilah perpuluhan dalam Bahasa Ibrani “  Ba`aser  yang berarti  mengambil atau memisahkan yang ke sepuluh dari penghasilan.  Istilah ini dipakai untuk menunjukkan bahwa di dalam kepemilikan orang Isreal terdapat milik Allah yaitu yang ke sepuluh.  Sedangkan dalam PB, istilah Perpuluhan dalam bahasa Yunani “dekate” yang berarti  sepersepuluh atau persepuluhan.

Jejak Persepuluhan: Jejak persepuluhan pertama Abraham  sebagai nenek moyang bangsa Israel, ketika ia memberikan tumpukan teratas dari hasil kemenangan peperangan kepada Melkisedek (Kejadian 14:18-19).  Dalam tahap ini “ma`aser” Abraham belum didasarkan atas dasar kewajiban untuk memberi pada Allah sebagai suatu hukum tetapi ini merupkan kewajiban lazim, semacam pajak sukarela yg diberikan pada raja dari hasil kemenangan dalam peperangan. (ensiklopedia gereja). Jadi Perpuluhan dalam tahap ini sebagai pajak wajib hasil kemengan peperangan.Perpuluhan sebagai Nasar. hal ini dipraktekkan oleh Yakub (Kejadian 28:20-22).Praktek inipun belum didasarkan atas hukum dan ketetapan Allah. Artinya Allah belum menetapkan persepuluhan sebagai hukum wajib yg berhubungan dengan perintahNya. Perpuluhan sebagai hukum keagamaan dari Allah (Imamat 27:30,32)  Dalam hal ini perpuluhan dipahami dengan dua arti: Pertama; perpuluhan sebagai kewajiban mutlak yg menyangkut prilaku keagamaan yg bermuara pada ketaatan pada hukum Allah.  Kedua: menunjuk pada tekanan jumlah kepemilikan Allah yaitu 10% dari semua penghasilan. Jenis dan Bentuk Persepuluhana. 

  1. Persepuluhan Milik Orang Lewi (Imamat 27:30) kenapa disebut persepuluhan milik orang lewi? (Bilangan 18:21). Persepuluhan ini adalah bagian untuk orang2 lewi sebagai milik pusaka Allah yang mempunyai tugas dalam Bait Allah.
  2. Persepuluhan Pesta. (ulangan 12;10-11,17-18). Disebut demikian karena dipersembahkan oleh orang Israel untuk kegiatan pesta keagamaan untuk memelihara hari-hari besar bagi mereka dimana Allah menentukan namaNya ditegagkan disetiap suku.(Ulangan 12:5). Ada tiga ketentuan dalam perpuluhan ini:-   Persepuluhan Pesta harus diserahkan oleh orang Israel ke tempat dimana nama Allah ditegakkan   dan diam di sana (Ulangan 14:23).-  persepuluhan ini bermula dari peraturan tiap laki-laki Yahudi yg berusia di atas 12 tahun mengikuti perayaan tiga masa; paskah, pondok Daun, dan pentakosta.-  Persepuluhan ini dimakan di hadirat  Allah dengan bersukaria (Ulangan 14:23-27).
  3. Persepuluhan Sosial.( Ulangan 14:28-29).  Ada bebebrapa ketentuan pokok untuk perpuluhan jenis ini:
    Pertama,  diberikan satu kali dalam 3 tahun.  Kedua, d
    iberikan dari hasil tanah dalam tahun yang ke tiga dan disimpan di dalam kota dimana orang  Israel berada.  Ketiga harus dimakan bersama orang lewi, janda, anak yatim piatu, orang asing.  Hal ini dilakukan sebagai wujud tanggung jawab social orang yahudi terhadap sesame manusia dalam kotanya. 

 

Bentuk Persepuluhan.( Imamat 27:30-31)

  1. Bentuk Natura.-  Hasil benih tanah seperti; gandum, padi-padian, jelai adas manis, jintan, selasih dan ingu.-  Persepuluhan hasil buah pohon, buah anggur, ara, kurma, delima dsb.-  Persepuluhan lembuh sapi, kambing, domba atau binatang piaraan. 
  2. Pengganti Natur (imamat 27:30-31). Beberap aturan mengenai perpuluhan penganti Natur ini: Pertama; Perpuluhan dalam bentuk uang hanya berlaku sebagai penebus persepuluhan Natura dari hasil benih di tanah dan buah pohon-pohon. Kedua, Persepuluhan dalam bentuk uang ditambah seperlima (20%)dari harga nominal jenis yang ditebus sehingga hitungannya menjadi 30%.Persepuluhan dalam bentuk uang tidak dapat dipakai untuk menebus jenis persepuluhan nature dari jenis lembuh, sapi, domba, kambing. 

Penggunaan Perpuluhan dalam PL.

  1. Untuk Orang Lewi. (Bil 18:21)Sebagai jaminan hidup kaum lewi, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, sebagai ganti warisan yg mereka tidak terima dan sebagai jaminan hidup para imam (Bilangan 18:26-28).
  2. Penggunaan persepuluhan Pesta.Digunakan untuk pemeliharaan hari-hari besar teruama hariraya paskah, pondok daun dan pentakosta.
  3. Penggunaan Persepuluhan Sosial. (Ulangan 14:28-29)Perpuluhan ini dilakukan sebagai alat pemenuhan tanggungjawab social financial mereka terhadap orang Lewi, orang asing, anak yatim piatu dan Janda.   Dengan melihat pembahasan di atas dapat dikatakan bahwa perpuluhan yang sering disampaikan di mimbar-mimbar Gereja hanya menekankan salah satu dari tiga bentuk perpuluhan (perepuluhan orang lewi) saja.  sedangkan bentuk lainnya tidak pernah ditekankan.  ini namanya penyampaian yang tidak adil.
hiskia22's picture

@ lian

apakah perpuluhan di gereja itu perlu? kalau di Gereja saya perpuluhan dikatakan deklarasi iman.Iman buat apa? tergantung dari pribadi orang.....ada mungkin iman biar diberi berlipat kali ganda...ada mungkin iman memberi buat Tuhan...ada mungkin iman memberkati Gereja...ada mungkin iman harus memberi yang terbaik....dll.....tetapi Gereja saya tidak pernah memaksa harus membayar perpuluhan...yang ada hanya deklarasi iman di dalam perpuluhan itu. Apakah itu salah? Dan selama ini setahu saya, tidak pernah ada penyimpangan. Kalaupun toh ada, itu urusannya sama dengan Tuhan...Mohon pencerahannya....GBU
__________________

GBU

Lian Aldora's picture

perpuluhan dan penyimpangan

perlu tidaknya perpuluhan di gereja saya rasa cukup jelas dalam artikel di atas. syukurlah karena gereja anda tidak ada penyimpangan masalah perpuluhan. kota dimana saya tinggal yang terdiri dari berbagai denominasi ada yang menyalah gunakan perpuluhan, itu adalah urusan mereka dengan Tuhan. saya tidak pernahmengotak-atik pemahaman mereka.  saya setuju perpuluhan tidak boleh dipaksa karena perpuluhan itu adalah deklarasi iman.  Orang yang sungguh2 beriman akan memberikan persepuluhan sebagai pengakuannya akan kepemilikan Allah pada apa yang ia miliki.
hiskia22's picture

@ Lian

Thanx infonya...GBU

__________________

GBU

jesusfreaks's picture

@LIAN : Deklarasi Iman atau kebo dicucuk hidung

Dear lian,

 

perpuluhan deklarasi iman, ayatnya dimana ya ?

kamu pernah dengar katanya GKMIN, bahwa iblis membawa KEBENARAN YANG SETENGAH-SETENGAH (half truth).

 

jikalau kamu hendak mengangkat perpuluhan dalam diskusi ini, silahkan berkiblat pada alkitab.

jangan kamu asal setuju-setuju aza, kayak kebo di cucuk hidungnya.

 

 

Shalom,

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Lian Aldora's picture

kebenaran yg stengah2/ jangan kamu asal

dear freaks

melihat dari apa yg anda komentari saya bisa memaklumi anda, jadi saya sarankan kamu harus belajar lebih banyak. sebab anda sendiri tidak tahu apa yang anda katakan, anda sebenarnya mengatai diri anda sendiri sebagai kerbo yang dicucuk hidungnya. jangan mencaplok saja pendapat orang, "katanya GKMIN" Jangan marah ya....

guang ming's picture

histori perpuluhan penjelasannya kok mirip sebuah definisi

Di dalam tulisan di atas ada poin Hisori perpuluhan dan dalam penjelasannya mirip sebuah sebuah penjelasan terminologi.

Kalau gitu saya pingin tanya, siapakah yang mengajarkan perpuluhan pertama kali, kapan sesorang memulainya?

 

Alkitab sering membuatku banyak bertanya dan sering tidak mendapatkan jawaban yang pas

__________________

Alkitab sering membuatku banyak bertanya dan sering tidak mendapatkan jawaban yang pas

Lian Aldora's picture

Alkitab Sering.....

Bung guang,

"Alkitab sering membuat banyak bertanya dan sering tidak mendapat jawaban yang pas" bung Guang koreksi dulu pemahaman anda tentang Alkitab!!!!!!

Nray's picture

perpuluhan lagi.........

bicara soal perpuluhan memang ga selesai2. banyak hamba Tuhan menekankan perpuluhan adalah haknya Tuhan, kalau kita tidak mengembalikan berarti kita memakan hak nya Tuhan, kita menjadi pencuri, hidup kita tidak akan diberkati,dll ,dll

Lalu kalo sudah memberi perpuluhan....berarti 90% milik siapa?......

Wah....urusan dengan Tuhan jangan pakai persen2an lah.....

yang sebenarnya adalah apa yang kita miliki semua adalah milik Tuhan, Dia memberi kesempatan kepada kita untuk boleh menikmatinya.

makanya jangan suka itung2an sama Tuhan, 10%, 30%, 50%. 60% itu semua adalah cara manusia untuk memanipulasi berkat dari Tuhan

berikan aja yang TERBAIK buat Tuhan, ga usah di hitung2 berapa milik Tuhan berapa milik kita.

Josua Manurung's picture

perpuluhan di Gereja saya...

Saya juga banyak mendengar penyalahgunaan perpuluhan...

ini sama parahnya... dengan orang yang tidak pernah memberikan perpuluhan...

persembahan perpuluhan cikal bakalnya mungkin dari jaman Adam... ingat tidak ketika Kain dan Habil mempersembahkan yang terbaik untuk TUHAN... hanya saja Kain tidak mempersembahkan yang terbaik...

perpuluhan di Gereja saya tidak pernah disinggung secara gamblang... kalau orang mau kasih ya kasih... tidak ya tidak... tidak ada pemaksaan dari Pimpinan Jemaat...jadi seperti Ucapan Syukur...

tapi menurut saya perpuluhan itu perlu... menurut kerelaan, kemampuan dan sukacita hati kita masing-masing tanpa keterpaksaan... 

masalahnya kita jadi seperti kerbau dicucuk hidung...

ayolah sesama brotherhood of kerbau... sesama penjual daging kerbau di pasar klewer.....  mengapa harus dipusingkan...  peace be still ....hehehe...

 

TUHAN KUASA!

BIG GBU!

__________________

BIG GBU!

king heart's picture

@lian adora

bung yohanes, saya agak bingung baca tulisan anda kemudian juga coment anda mengenai perpuluhan, di artikel anda tuliskan sebagai kewajiban tapi ketika menulis komentar anda tuliskan sebagai deklarasi iman, kelihatannya jadi agak bertentangan gitu.

Anyway, menurut saya perpuluhan adalah kewajiban kita sebagai orang yang mengaku percaya kepada Tuhan untuk mengembalikan milik Tuhan  memang di sini terkait deklarasi iman namun bukan sebagai iman yang meminta / mengharapkan kembali berlipat ganda melainkan sebagi ungkapan rasa syukur atas anugerah yang Tuhan telah berikan kepada kita.

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

jesusfreaks's picture

@lian : kamu ditanya apa, jawabnya lain ?

Dear lian,

 

soal kata gkmin Iblis adalah Bapa kebenaran yang setengah-setengah, itu bukan saya setujui asal - asalan, sayapun pernah menulisnya hanya saja, gkmin membuatnya simple.

 

silahkan baca disini :

http://www.sabdaspace.org/siapakah_pelacur_besar

 

dalam tulisan saya itu, iblis menjajakan kebenaran kayak pelacur menjajakan cinta.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

josia_sembiring's picture

Kalau jemaat ideal adalah

Kalau jemaat ideal adalah jemaat mula-mula. Konsep kesejahteraannya adalah semua menjual hartanya untuk dipakai bersama (Baca kisah Rasul 4). Jadi siapa yang punya harta akan menjualnya untuk dibagi-bagikan sesuai keperluannya sehingga semuanya tidak berkekurangan. Masalahnya karena rasa puas dari manusia2 zaman sekarang terlalu tinggi sehingga hartanya yang berlebih pun dirasa belum bisa memuaskannya. Kalau hal demikian terjadi, mustahil akan menjual BMW-nya untuk mencukupi kebutuhan jemaat :).
 
Persepuluhan sendiri saya tidak setuju. Lebih setuju konsep diatas karena pemberian itu erat kaitannya dengan kasih. Kasih itu erat kaitannya dengan sukacita. Jadi kalau orang mau memberi semestinya dengan sukacita. Dan paling sempurna adalah menjual semuanya dan membagikannya dengan sukacita :)   (Jadi ingat kisah orang kaya yang disuruh Tuhan Yesus menjual semua hartanya )
 
Dan untuk konsep jemaat mula-mula, saya belum menemukan sistem tersebut di zaman ini (saat sekarang). Atau mungkin ada yang pernah tahu suatu komunitas yang menerapkan sistem managemen jemaat mula-mula?
 
Persepuluhan secara konsep/ide erat kaitannya dengan kemakmuran dan keperluan hidup manusia (kalau di Israel adalah suku lewi)
 
Dan konsep itu tetap dibawa oleh Murid2 Tuhan Yesus tapi dengan metode yang berbeda namun esensinya sama yaitu kemakmuran dan keperluan hidup manusia.
 
Salam