Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

PERPULUHAN SEBAGAI WUJUD KASIH KEPADA ALLAH

josh putra's picture

Dalam PL ada banyak ayat mengenai persembahan perpuluhan, mengacu pada sejarahnya, perpuluhan itu dimulai dari jamannya Abaraham.

Kejadian 14 : 17 – 20 :  peristiwa Abram memberikan sepersepuluh
14:17 Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja.
14:18 Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.
14:19 Lalu ia memberkati Abram, katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi,
14:20 dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluhdari semuanya
 
Lalu dalam Kejadian 28 : 22 : Yakub berjanji memberikan perpuluhan
Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."
 
Kemudian perpuluhan di wajibkan bagi bangsa israel karena merupakan perintah Tuhan  (Imamat 27:30-34)
27:30 Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.
27:31 Tetapi jikalau seseorang mau menebus juga sebagian dari persembahan persepuluhannya itu, maka ia harus menambah seperlima.
27:32 Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN.
27:33 Janganlah dipilih-pilih mana yang baik dan mana yang buruk, dan janganlah ditukar; jikalau orang menukarnya juga, maka baik hewan itu maupun tukarnya haruslah kudus dan tidak boleh ditebus."
27:34 Itulah perintah-perintah yang diperintahkan TUHAN kepada Musa di gunung Sinai untuk disampaikan kepada orang Israel.
 
Dalam Bilangan 18:21,24 Tuhan juga memberikan petunjuk kemana dan kepada siapa orang Israel memberikan perpuluhan.
18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.
 
18:24 sebab persembahan persepuluhan yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN sebagai persembahan khusus Kuberikan kepada orang Lewi sebagai milik pusakanya; itulah sebabnya Aku telah berfirman tentang mereka: Mereka tidak akan mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel."
Namun ayat yang paling terkenal dan sering di khotbahkan tentunya terdapat dalam Maleakhi 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
 
Dari ayat-ayat diatas saya mencoba menyimpulkannya dalam beberapa point :
1.       Perpuluhan dimulai pada jaman Abraham, diteruskan pada Yakub kemudian menjadi peraturan bagi bangsa Israel.
2.       Persembahan Perpuluhan adalah milik Tuhan dan dipersembahkan ke rumah Tuhan.
3.       Tuhan memberikan aturan setiap Persembahan Perpuluhan yang diserahkan ke Rumah Tuhan diberikan pada Orang Lewi karena mereka hidup dari melayani dan tidak mendapat tanah sebagai milik pusaka.
4.       Bagi orang Israel Persembahan Perpuluhan adalah kewajiban, jadi mau ga mau, suka ga suka, rela ga rela tetap harus diberikan ke rumah Tuhan
5.       Tapi bagi orang yang setia memberikan persembahan perpuluhan itu, Tuhan berjanji akan membukakan tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat sampai berkelimpahan.
 
Bagaimana sejarah persembahan perpuluhan menurut PB? Rupanya dalam konkordansi hanya ada 2 ayat saja yaitu :
Matius 23:23 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.
 
Lukas 11:42 Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.
 
Dari 2 ayat kita mendapat gambaran bahwa Tuhan Yesus pada waktu itu sedang mencela orang-orang Farisi karena mereka munafik, mereka memang memberi perpuluhan (dari hasil ladang berupa rempah-rempah) tapi justru mengabaikan yang terpenting dari hukum Taurat.
Tuhan Yesus menyampaikan secara tersirat bahwa PERPULUHAN TETAP DILAKUKAN TAPI YANG TERPENTING DARI HUKUM TAURAT JUGA JANGAN DIABAIKAN.
Kalau kita bicara yang terpenting dari hukum Taurat tentunya mengacu pada 10 HUKUM yang di ringkas oleh Tuhan Yesus pada Matius 22 : 34 - 40
22:34 Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka
22:35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:
22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
 
Jadi sebenarnya Tuhan Yesus memberikan satu pengertian yang lebih mendalam bagi kita yang hidup dalam PB.
Orang  Israel dalam PL MEMBERI KARENA PERATURAN, kita yang hidup dalam PB MEMBERI KARENA DIDASARI OLEH KASIH KEPADA ALLAH.
Kalau orang orang Israel dalam PL memberikan sepersepuluh dari penghasilannya, kita yang hidup dalam PB seharusnya bisa memberi lebih... karena itulah wujud kasih kita kepada Allah.
Bahasa ngawurnya kira-kira gini : orang yang terpaksa aja ngasih 10%, masa yang ngakunya mengasihi Tuhan ngasihnya kurang dari 10%....
 
Nah kalau sudah mengerti dan siap memberi sekarang mekanismenya bagaimana?
1.       Kemana perpuluhan diberikan ? tentunya dipersembahkan ke Rumah Tuhan dalam hal ini gereja
2.       Di gereja perpuluhan itu dipakai untuk apa? Diberikan kepada hamba-hamba Tuhan yang melayani sepenuh waktu (dalam PL : Orang Lewi)
3.       Bagaimana kita bisa menyisihkan persepuluhan untuk persembahkan? Mis : seorang pegawai/karyaran gajinya disisihkan 10% untuk perpuluhan, seorang pengusaha menyisisihkan devidennya 10% untuk perpuluhan, pedagang menyisihkan 10% dari keuntungannya, berlaku juga untuk bunga bank, penjualan tahan, rumah, mobil, dll, selama ada keuntungannya, disisihkan 10%.
jesusfreaks's picture

@josh : kayaknya gak menambah wawasan

Gw tertarik dengan kesimpulan no.2.

Kalau full timer disuatu gereja ada berapa orang ya ?

rata-rata gereja berapa umatnya ya ?

rata-rata perpuluhan per umat berapa ya ?

 

kenapa tempat bergereja saya yang sekarang, gak begitu aturannya ya ?

kalau aturannya kayak kamu itu, mereka bisa kaya mendadak donk ?

wah jadi tertarik jadi full timer ?!?!?!

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

josh putra's picture

Kalau full timer disuatu

Kalau full timer disuatu gereja ada berapa orang ya ?

tergantung gereja tersebut, gereja besar full timernya banyak, gereja kecil ya sedikit

rata-rata gereja berapa umatnya ya ?

saya belum pernah mensurveinya

rata-rata perpuluhan per umat berapa ya ?

tergantung gerejanya, jemaat banyak perpuluhan banyak, jemaat sedikit perpuluhan sedikit begitu pada umumnya

 

kenapa tempat bergereja saya yang sekarang, gak begitu aturannya ya ?

setahu Anda bagaimana aturannya, mungkin sebaiknya dijelaskan sehingga kita bisa berdiskusi

kalau aturannya kayak kamu itu, mereka bisa kaya mendadak donk ?

kenapa kita berpikir Hamba Tuhan ga boleh kaya?

apakah Hamba Tuhan harus kurus, berpenampilan lusuh dengan muka yang memelas, kemana-mana naik angkot, dsb?

BUKANKAH HAMBA-HAMBA TUHAN ADALAH PARA PAHLAWAN IMAN YANG BERSEDIA MEMBERIKAN SELURUH HIDUPNYA UNTUK MELAYANI TUHAN! sudah selayaknyalah mereka juga mendapat penghargan yang istimewa.

lagipula, perpuluhan adalah milik Tuhan, jadi karena kasih kita kepada Tuhan, berilah perpuluhan itu dengan kerelaan hati tanpa memikirkan apakah orang lain nantinya jadi mendadak kaya.

di Alkitab ada cerita tentang elkana yang setiap tahun datang kesilo mempersembahkan korban ke rumahTuhan yang di imani oleh imam Eli. elkana tau kalau anak-anaknya berbuat salah dengan mengambil korban bakaran itu untuk dimakannya sendiri (keuntungan pribadi) tapi elkana tetap saja datang ke silo setiap tahun dan mempersembahkan korban - karena ia mempersembahkannya untuk Tuhan.

wah jadi tertarik jadi full timer ?!?!?!

wahhhh bagus itu lebih banyak full timer, akan lebih banyak lagi jemaat terlayani, dan injil akan semakin cepat tersebar... dan anda akan menjadi pahlawan-pahlawannya Allah melayani sepenuh waktu sepanjang hidup... bukankah itu luar biasa.....

hai hai's picture

Josh Putra, Tulisan ....

josh putra tulisan yang baik, namun anda melupakan suku Lewi. Apakah mereka juga memberi perpuluhan? Untuk siapa perpuluhan suku Lewi? Bagaimana rumah Ibadah membiayai dirinya? apa tanggung jawab rumah Tuhan atas orang miskin, janda, anak yatim dan pengembara?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

josh putra's picture

hai hai anda....

hai hai anda luar biasa tulisan dan komentarnyanya ga abis-abis.

saya belum menyelidiki apakah suku lewi juga memberi perpuluhan, mungkin anda menyimpan jawabannya, tolong bagikan supaya jadi berkat.

saya punya keyakinan setiap rumah Tuhan/gereja memiliki program bantuan untuk orang miskin, janda, anak yatim, penginjilan, dll

hai hai's picture

Josh, Saya Sedang Membujuk M23

Terima kasih untuk pujiannya.

Josh Putra, sebenarnya saya sedang membujuk M23 untuk ikut nimbrung mengunggah tulisannya tentang PERPULUHAN. Dia sudah melakukan penelitian yang lengkap tentang hal itu.

Semoga dia dia mau menurunkannya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

josh putra's picture

007?

m23? apakah semacam 007? hahaha

mudah-mudahan saja ada melengkapi tulisan ini.

M23's picture

@josh putra

Saudara Josh, kalau seperti 007, wah keren tuh; tapi tulisan saya kayak bajunya kay pang cu dan tongkatnya masih dari besi bukan dari kayu. hehehehe

 

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

Samuel Franklyn's picture

Kita tidak hidup dibawah Hukum Taurat

Matius 23:23
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Lukas 11:42
(42)  Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Jelas sekali Tuhan Yesus menuntut orang Farisi melakukan apa yang mereka ajarkan yaitu hukum Taurat. Masalahnya apakah kita hidup dibawah hukum Taurat atau tidak?

Matius 5:17
 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Banyak orang memakai ayat ini untuk menyatakan hukum Taurat masih berlaku. Apakah benar demikian?

Galatia 3:1-14
(1)  Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu? Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu?
(2)  Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil?
(3)  Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?
(4)  Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? Masakan sia-sia!
(5)  Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?
(6)  Secara itu jugalah Abraham percaya kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.
(7)  Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham.
(8)  Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu segala bangsa akan diberkati."
(9)  Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.
(10)  Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat."
(11)  Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman."
(12)  Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.
(13)  Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"
(14)  Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Roma 8:1-5
(1)  Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.
(2)  Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.
(3)  Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging,
(4)  supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.
(5)  Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.

Dalam Perjanjian Baru kita tidak lagi hidup menurut hukum Taurat melainkan hidup menurut Roh. Inilah inti PB yaitu hidup dibawah bimbingan Roh Kudus didalam kasih. Bukan hidup dibawah peraturan ini dan itu dari hukum Taurat.

Perpuluhan menekankan persentase dan kepada siapa harus diberikan. Sedangkan persembahan kasih yang diajarkan dalam PB menekankan sukacita dalam memberi dan mengasihi dengan cara memberi. Seseorang bisa saja memberi tanpa kasih tapi bukan itu yang diinginkan dalam PB.

Dalam kenyataannya setelah saya menyadari fakta ini maka saya memberi jauh lebih banyak dibandingkan di waktu saya menjalankan persepuluhan. Tuhan juga mengatur kepada siapa saya harus memberi sehingga saya lihat sendiri bahwa pemberian saya itu bermanfaat buat mereka. Pemberian kasih menjadi hal yang menyenangkan dan bukan hanya kewajiban.

hai hai's picture

Perpuluhan, KORBAN dan Persembahan

Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu? Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu? Galatia 3:1

Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil? Galatia 3:2


Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging? Galatia 3:3

Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? Masakan sia-sia! Galatia 3:4

Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil? Galatia 3:5

Secara itu jugalah Abraham percaya kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran. Galatia 3:6


Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham. Galatia 3:7

Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu segala bangsa akan diberkati." Galatia 3:8

Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu. Galatia 3:9

Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat." Galatia 3:10

Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman." Galatia 3:11


Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya. Galatia 3:12

Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" Galatia 3:13


Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu. Galatia 3:14


Hukum Taurat adalah Sepuluh Perintah Allah.

Pada jaman Perjanjian Lama, orang Israel berusaha MENAATI hukum TAURAT agar DIBENARKAN di hadapan Allah. Namun alkitab mencatat, bahwa IMAN-lah yang membenarkan orang-orang Perjanjian Lama.

Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil? Galatia 3:5

Secara itu jugalah Abraham percaya kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran. Galatia 3:6

Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham. Galatia 3:7

Di Dalam Perjanjian Baru, orang DIBENARKAN karena IMAN, bukan karena MENAATI hukum TAURAT.

Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman." Galatia 3:11

Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya. Galatia 3:12

Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" Galatia 3:13


Apakah ayat-ayat tersebut di atas tidak cukup GAMBLANG mengajarkan sehingga muncul orang-orang yang MERASA berhikmat lalu mengajarkan bahwa orang Kristen BIBENARKAN karena IMAN dan PERBUATAN? Apabila ayat-ayat tersebut cukup GAMBLANG mengajarkan, kenapa MASIH menganggap ajaran MANUSIA dibenarkan karena IMAN dan PERBUATAN adalah ajaran Alkitab? Kenapa pula MENGEJEK orang-orang yang mengajarkan bahwa orang Kristen dibenarkan karena IMAN tidak memahami ajaran Alkitab?

Samuel Franklyn menulis:
Dalam Perjanjian Baru kita tidak lagi hidup menurut hukum Taurat melainkan hidup menurut Roh. Inilah inti PB yaitu hidup di bawah bimbingan Roh Kudus di dalam kasih. Bukan hidup di bawah peraturan ini dan itu dari hukum Taurat.

Samuel Franklyn, bagaimana kita tahu bahwa roh Kudus membimbing kita? Kita tahu tahu dengan IMAN. Bagaimana kita tahu apa yang Roh Kudus ingin kita lakukan? Dengan membaca Alkitab. Apa yang Roh Kudus ingin kita lakukan? Mengasihi Allah dan mengasihi sesama manusia. Bagaimana caranya? Sepuluh Perintah Allah adalah NORMA utamanya.

Perpuluhan menekankan persentase dan kepada siapa harus diberikan. Sedangkan persembahan kasih yang diajarkan dalam PB menekankan sukacita dalam memberi dan mengasihi dengan cara memberi. Seseorang bisa saja memberi tanpa kasih tapi bukan itu yang diinginkan dalam PB.


Perpuluhan adalah milik Tuhan. Perpuluhan bukan KORBAN atau PERSEMBAHAN. KORBAN diberikan untuk menebus dosa. Persembahan diberikan untuk mengucap SYUKUR.  KORBAN dan PERSEMBAHAN diberikan setelah MENGEMBALIKAN yang menjadi milik Tuhan.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Milik Tuhan dan milik manusia

Kalau sudah berbicara milik Tuhan maka semuanya adalah milik Tuhan. Nggak ada yang  milik manusia. Manusia cuma di pinjamkan saja sama Tuhan. Dalam PB jemaat menyadari benar hal ini makanya jemaat PB memberi bahkan sampai melampaui kemampuan mereka.

2 Korintus 8:1-5
(1)  Saudara-saudara, kami hendak memberitahukan kepada kamu tentang kasih karunia yang dianugerahkan kepada jemaat-jemaat di Makedonia.
(2)  Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.
(3)  Aku bersaksi, bahwa mereka telah memberikan menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka.
(4)  Dengan kerelaan sendiri mereka meminta dan mendesak kepada kami, supaya mereka juga beroleh kasih karunia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus.
(5)  Mereka memberikan lebih banyak dari pada yang kami harapkan. Mereka memberikan diri mereka, pertama-tama kepada Allah, kemudian oleh karena kehendak Allah juga kepada kami.

Apakah mereka memberi karena Tuhan mengatur berapa persen yang harus mereka beri dan kepada siapa mereka memberi? Tidak.  Dasar pemberian mereka bukanlah aturan melainkan sukacita keselamatan dan pengabdian yang tulus kepada Tuhan. Kalau mereka memberi dasarnya untuk mentaati aturan Tuhan tentu ayat-ayat diatas tidak akan dituliskan. Inilah teladan jemaat mula-mula yang harus diajarkan dan diteladani.

Galatia 5:6
Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.
 

hai hai's picture

Perpuluhan BUKAN Pemberian

Samuel Franklyn, nampaknya anda tidak paham juga. Allah menyatakan bahwa 10% adalah MILIKNYA yang tidak diberikanNYA kepada manusia. Perpuluhan bukan persembahan.

Perpuluhan bukan KORBAN

Perpuluhan bukan PERSEMBAHAN

Perpuluhan bukan MEMBERI

Perpuluhan adalah mengembalikan MILIK Allah yang tidak diberikanNya kepada seseorang.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Tidak ada ajaran perpuluhan dalam PB

Hai-hai setahu saya tidak ada ajaran perpuluhan dalam PB. Anda berpendapat 10% adalah milikNya. Bagaimana kalau anda berikan ayat-ayat PB yang mendukung hal ini. Saya sudah membaca buku perpuluhan milik Russell Earl Kelly, Ph.D yang berjudul Should the Church Teach Tithing? Buku ini adalah disertasi Russel untuk mendapatkan gelar doktor teologia dari Covington Theological Seminary. Dalam buku jelas dijabarkan bahwa persepuluhan adalah fondasi keuangan dari pelayanan dalam PL. Tanpa persepuluhan pelayanan dalam PL tidak bisa berfungsi. Kenapa? Karena suku Lewi diharuskan melayani mezbah Tuhan dan tidak diberikan ladang oleh Tuhan jadi hidup mereka di tunjang oleh perpuluhan. Tidak demikian dalam PB. Sama sekali tidak ada larangan bagi seorang pelayan Firman untuk bekerja mandiri. Kalau memang dilarang tentulah itu dicontohkan dalam kehidupan Paulus dan diajarkan oleh Paulus. Dalam PB semua orang adalah imam dan mereka memberi kepada Tuhan secara langsung. Bagaimana cara kita memberi kepada Tuhan? Dengan memberi kepada orang miskin. Ini sudah dijelaskan dalam perumpamaan kambing dan domba. Dalam PB tidak ada Firman yang mengatur persentase penghasilan yang harus diberikan. Akan tetapi jelas terlihat bahwa jemaat memberi secara luar biasa. Jemaat juga memberi kepada pelayan Firman tapi tidak ada pengaturan persentase yang diberikan.

dennis santoso a.k.a nis's picture

joke dari temen

Perpuluhan adalah mengembalikan MILIK Allah yang tidak diberikanNya kepada seseorang.

kayaknya inilah kenapa ada joke begini: "gue lempar aja ke atas duit perpuluhan ini, kalo Allah ambil maka jadilah seperti itu, tapi kalo duitnya turun lagi, maka itu artinya Allah berkenan memberikannya kepada gue".

hahahaha... rupanya joke itu didasari pemikirin yang alkitabiah yah, kekekeke... :-D

---let's get a bit serious---

gue berpendapat bahwa bentuk modern dari perpuluhan saat ini adalah kewajiban untuk terikat kepada negara melalui NPWP. sucks.... tapi yah begitulah. gimana menurut lo hai?

hai hai's picture

Tidak Ada Ayat Yang Mengakhiri Perpuluhan di PB

Samuel Franklyn, adakah ayat-ayat di dalam Perjanjian Baru yang mengajarkan bahwa kita tidak perlu MENGEMBALIKAN milik Allah yang tidak diberikanNya kepada seseorang?

Apabila perpuluhan hanya SEBATAS membiayai tata ibadah dan kehidupan suku Lewi, tentu cara Allah menyatakannya akan berbeda.
 
Namun Allah menyatakan dengan GAMBLANG bahwa perpuluhan Adalah MILIK Allah. Tidak mengembalikan milik Allah berarti MENCURI milik Allah.

Anda benar, setiap orang Kristen adalah IMAM bagi dirinya sendiri itu sebabnya kepada beberapa orang teman yang bertanya, bolehkah dia menggunakan PERPULUHAN untuk membiayai hidupnya dan keluarganya yang kekurangan.

Saya selalu mengatakan, Itu milik Allah semua hamba Allah berhak menggunakannya. Silahkan minta izin kepada Allah untuk menggunakannya namun ketahuilah bahwa itu adalah milik Allah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Persepuluhan itu bagian dari hukum Taurat

Persepuluhan itu bagian dari hukum Taurat. Dan hukum Taurat jelas sudah digenapi oleh Yesus Kristus sehingga kita tidak lagi perlu melakukan hukum Taurat. Dari teladan jemaat di PB saya lihat mereka memberikan lebih dari 1/10. Jadi jelas yang mereka lakukan bukan persepuluhan. Ingat istilahnya persepuluhan jadi harus tepat 1/10 baru bisa disebut persepuluhan. Saya lihat dalam Kisah Para Rasul jemaat yang kaya menjual rumah, menjual tanah untuk bisa memberi kepada jemaat yang miskin. Saya yakin nilai tanah dan rumah lebih dari 1/10 kekayaan mereka. Jemaat yang miskin juga memberi bahkan lebih hebat dari jemaat kaya. Saya anggap lebih baik teladan jemaat PB ini yang kita angkat dan ajarkan.

Mari kita lihat kata persepuluhan dalam PB

Matius 23:23
(23)  Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Lukas 11:42
(42)  Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Konteks kedua ayat ini sama: Yesus menegur kemunafikan orang Farisi karena mereka membayar perpuluhan tapi tidak punya keadilan, belas kasihan dan kesetiaan. Konteks ayat ini juga adalah hukum Taurat sedangkan orang percaya tidak hidup menurut hukum Taurat tapi hidup menurut Roh.

Kata persepuluhan muncul lagi dalam kitab Ibrani:

Heb 7:5-17
(5)  Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, menurut hukum Taurat, untuk memungut persepuluhan dari umat Israel, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham.
(6)  Tetapi Melkisedek, yang bukan keturunan mereka, memungut persepuluhan dari Abraham dan memberkati dia, walaupun ia adalah pemilik janji.
(7)  Memang tidak dapat disangkal, bahwa yang lebih rendah diberkati oleh yang lebih tinggi.
(8)  Dan di sini manusia-manusia fana menerima persepuluhan, dan di sana Ia, yang tentang Dia diberi kesaksian, bahwa Ia hidup.
(9)  Maka dapatlah dikatakan, bahwa dengan perantaraan Abraham dipungut juga persepuluhan dari Lewi, yang berhak menerima persepuluhan,
(10)  sebab ia masih berada dalam tubuh bapa leluhurnya, ketika Melkisedek menyongsong bapa leluhurnya itu.
(11)  Karena itu, andaikata oleh imamat Lewi telah tercapai kesempurnaan--sebab karena imamat itu umat Israel telah menerima Taurat--apakah sebabnya masih perlu seorang lain ditetapkan menjadi imam besar menurut peraturan Melkisedek dan yang tentang dia tidak dikatakan menurut peraturan Harun?
(12)  Sebab, jikalau imamat berubah, dengan sendirinya akan berubah pula hukum Taurat itu.
(13)  Sebab Ia, yang dimaksudkan di sini, termasuk suku lain; dari suku ini tidak ada seorangpun yang pernah melayani di mezbah.
(14)  Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku itu Musa tidak pernah mengatakan suatu apapun tentang imam-imam.
(15)  Dan hal itu jauh lebih nyata lagi, jikalau ditetapkan seorang imam lain menurut cara Melkisedek,
(16)  yang menjadi imam bukan berdasarkan peraturan-peraturan manusia, tetapi berdasarkan hidup yang tidak dapat binasa.
(17)  Sebab tentang Dia diberi kesaksian: "Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek."

Kalau dibaca dalam konteks maka ayat-ayat ini bukan berbicara kita harus melakukan persepuluhan. Ayat-ayat ini berbicara bahwa keimamatan Yesus Kristus adalah keimamatan berdasarkan keimamatan Melkisedek yang lebih hebat dan menggantikan keimamatan Lewi.

Setahu saya dalam PB maka kata persepuluhan cuma muncul dalam 3 kitab diatas dan konteksnya bukan menyuruh jemaat melakukan persepuluhan. Konteksnya adalah teguran kepada orang Farisi dan ahli Taurat karena mereka tidak melaksanakan hukum Taurat secara utuh dan keimamatan Yesus yang menurut Melkisedek lebih besar dan menggantikan keimamatan Lewi.

Nah silahkan memberi saya pencerahan lebih lanjut.

ground's picture

@hai-hai;setujulah..

Haihai, saya sepakat dengan semua komenmu soal perpuluhan ini.  Tapi kenapa gak direspons lagi komen si SF ini, biar dia paham? Atau memang dia sudah paham...? :)

(The proof of the pudding is in the eating)

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

Samuel Franklyn's picture

@ground: Jangan malas

Jangan malas. Kalau kamu masih berpendapat bahwa persepuluhan itu bagian dari PB maka mungkin kamu harus bikin blog post tersendiri yang menunjukkan dengan jelas bahwa persepuluhan itu bagian dari PB. Persepuluhan adalah bagian dari hukum Taurat supaya suku Lewi bisa melaksanakan tugas imamatnya. Dalam PB kita mendukung mereka yang melayani Firman tapi tidak lewat persepuluhan melainkan tiap jemaat memberikan dukungan keuangan sesuai dengan kemampuan dan kerelaan masing-masing. Yang miskin boleh memberi dibawah 1/10 sedangkan yang kaya boleh memberi diatas 1/10. Ini jelas bukan persepuluhan. Kalau kita berpegang pada Firman maka persepuluhan haruslah tepat 1/10 sedangkan bukan demikian praktek dalam PB.

ground's picture

@Sf;

Sf, sebenarnya penjelasan Haihai sudah sederhana dan mudah. Masalahnya kamu tidak membedakan mana 'kewajiban' dan mana yang kerelaan hati. Sedang berpikir apa saya mau bikin blog seperti ini lagi...sebab Haihai sudah menjelaskan dengan baik. Entah kalo saya dapat sisi lainnya...

(The proof of the pudding is in the eating)

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

hai hai's picture

@ SF dan Ground - PERPULUHAN

Terima kasih Ground, sudah mengingatkan. Ground, sebenarnya bukan tidak memberi respon lagi namun sedang berpikir keras bagaimana cara menjelaskan agar Samuel Franklyn memahami kesalah pahamannya. Saya memahami perpuluhan seperti yang saya tulisan di bawah ini.

Samuel Franklyn, nampaknya anda tidak paham juga. Allah menyatakan bahwa 10% adalah MILIKNYA yang tidak diberikanNYA kepada manusia. Perpuluhan bukan persembahan.

Perpuluhan bukan KORBAN

Perpuluhan bukan PERSEMBAHAN

Perpuluhan bukan MEMBERI


Perpuluhan adalah mengembalikan MILIK Allah yang tidak diberikanNya kepada seseorang.

Ketika berbicara tentang perpuluhan kita harus memisahkannya menjadi dua hal:

  1. Apa itu perpuluhan
  2. UNTUK apa perpuluhan digunakan

PERPULUHAN adalah milik Allah yang TIDAK diberikan kepada manusia, itu sebabnya manusia harus MENGEMBALIKANNYA kepada Allah.

Di dalam Perjanjian Lama Perpuluhan digunakan untuk mencukupi kebutuhan Suku Lewi sementara perpuluhan suku Lewi digunakan untuk mencukupi kebutuhan Imam. Bagian terbaik dari perpuluhan berupa ternak digunakan untuk korban kepada Allah.

Adalah SALAH besar bila ada yang menganggap perpuluhan DIADAKAN oleh Allah untuk menunjang kehidupan suku Lewi dan para Iman. Perpuluhan itu MENGEMBALIKAN milik Allah kepada Allah, bukan PERSEMBAHAN untuk menunjang kehidupan suku Lewi dan para Imam.

Apa yang terjadi setelah Pernjanjian Baru? Kita tidak memberi KORBAN lagi kepada Allah baik dalam bentuk hewan maupun hasi panen, karena Korban Kristus sudah MENGGENAPINYA. Namun, Apakah Kristus juga menggenapi Perpuluhan? Tentu saja tidak karena perpuluhan bukan HUTANG atau PERSEMBAHAN namun MENGEMBALIKAN milik Allah yang TIDAK diberikan-Nya kepada manusia.

Memang benar, segala ciptaan adalah milik Allah. Namun bukankah Perjanjian Lama mengajarkan bahwa Allah memberikan semuanya kepada manusia kecuali PERPULUHAN? Apakah Perjanjian Baru mengajarkan bahwa Allah MENGUBAH ketetapan-Nya dengan memberikan SEMUANYA sehingga manusia TIDAK nggak perlu mengembalikan PERPULUHAN kepada-Nya?

Ada tiga hal di dalam Perjanjian Lama:

  1. Perpuluhan
  2. Korban
  3. Persembahan Syukur

Korban digenapi oleh Kristus itu sebabnya manusia Perjanjian Baru tidak perlu memberi korban lagi. Persembahan syukur semakin berlimpah karena Orang Kristen bersyukur atas korban Kristus dan anugerah keselamatan. Bagaimana dengan PERPULUHAN? Apabila yang dipahami Samuel Franklyn benar, bahwa Perpuluhan SUDAH berakhir bukankah itu berarti Persembahan syukur juga BERAKHIR di jaman Perjanjian Baru?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Hukum Taurat adalah suatu sistem hukum

Hai-hai setelah mempelajari Firman maka pemahaman saya hukum Taurat adalah suatu  sistem hukum. Dalam suatu sistem hukum maka tidak bisa kita bilang satu bagian masih berlaku dan bagian lain tidak. Kalau suatu sistem hukum dibatalkan maka itu dibatalkan sebagai suatu keseluruhan dan bukan sekedar diganti sebagian demi sebagian.

Yesus bukan membatalkan hukum Taurat sebagai suatu sistem hukum lalu menggantikannya dengan sistem hukum lainnya. Yang dilakukan Yesus adalah membatalkan sistem hukum dan menggantikannya dengan DiriNya sendiri.

Efesus 2:15
(15)  sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Kolose 3:10
(10)  dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

Di PL seseorang harus mentaati hukum Taurat dengan sempurna untuk memperoleh keselamatan dan dia harus mematuhi keseluruhan sistem hukum tersebut. Kalau ada 1 perintah terkecil sekalipun dalam hukum Taurat yang dilanggar atau tidak dilakukan maka akan dianggap gagal. Tidak demikian dengan PB. Dalam PB keselamatan itu tidak lagi berbasis hukum tapi berbasiskan Yesus Kristus. Dalam PB orang Kristen tidak melanjutkan semua hukum Taurat.

Bicara milik Allah maka sebenarnya dalam PB prakteknya bukan lagi dalam kerangka pikir: Ini milik Allah dan harus dikembalikan kepada Allah sedangkan yang ini milik saya dan boleh dipakai sesuai mau saya. Kerangka pikirnya adalah kita ini sudah ditebus jadi semua milik kita adalah milik Allah juga. Lalu dalam prakteknya bisa kita lihat dalam teladan di Kisah Para Rasul. Jadi praktek pemberian dalam Kisah Para Rasul yang harus jadi patokan kita dan bukan praktek PL. Saya menentang pemikiran bahwa praktek di PB itu harus melanjutkan praktek PL. Bukankah hal ini sudah di ajarkan gamblang oleh Yesus dengan perumpamaan kirbat anggur baru harus digunakan menampung anggur baru dan kain lama tidak bisa ditambal dengan kain baru?
 

ground's picture

@haihai & sf;jauh sebelum h.Taurat..

Perpuluhan bukan sekedar dari hukum Taurat NAMUN jauh sebelum hukum taurat itu, yaitu dimulai semenjak Abraham memberikan perpuluhan kepada Melkisedek. Tepat......sepersepuluh dari apa yang dimiliki Abraham!

Kej.14:20:"...dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya. "

Dan itu diulangi lagi di Ibr.7:6-9"Tetapi Melkisedek, yang bukan keturunan mereka, memungut persepuluhan dari Abraham dan memberkati dia, walaupun ia adalah pemilik janji.  Memang tidak dapat disangkal, bahwa yang lebih rendah diberkati oleh yang lebih tinggi.  Dan di sini manusia-manusia fana menerima persepuluhan, dan di sana Ia, yang tentang Dia diberi kesaksian, bahwa Ia hidup.  Maka dapatlah dikatakan, bahwa dengan perantaraan Abraham dipungut juga persepuluhan dari Lewi, yang berhak menerima persepuluhan, .."

Di Luk.11:42, Yesus tidak membatalkan persepuluhan melainkan menegaskannya dengan mengatakan "tetap melakukannya dan tidak mengabaikan yang lainnya".

Jadi, tidak ada alasan kuat bahwa persepuluhan sudah berhenti karena itu cuma bagian hukum Taurat. Tidak, persepuluhan adalah hal yang dilakukan Abraham yang jauh sebelum hukum Taurat.

SF, kamu harus bedakan mana yang hukum taurat dan mana yang bukan di PL. Karena PL tidak cuma berisi Hukum Taurat saja.

(The proof of the pudding is in the eating)

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

yosefsurya's picture

@ground, sunat juga dilakukan sebelum hk taurat......!!

Kej 17 :10  Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;

 

Udah hajatan blum?? Kemaren anak tetangga saya br hajatan loh..

Mau?.......Mau?......Mau?....

ground's picture

@yosef;...

wah soal sunat ni, saya agak kagok bicara di blog ini, kan jadi OOT. Oh ya, sudah bereslah soal itu, tapi bukan krn hkm.tauratlah....

Oh ya, sunat masih kalah lama dibandingkan persepuluhan lho...:)

(The proof of the pudding is in the eating)

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

hai hai's picture

@ Ground & SF, Saya Mengunggah Blog Baru

Ground dan SF, saya mengunggah sebuah blog baru untuk melanjutkan diskusi tentang apakah Hukum Taurat BATAL atau TIDAK? Untuk membacanya silahkan klik di sini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

erwin tujiyanto's picture

matius 5 : 20 untuk PL atau PB ?

 Matius 5 : 20 ; Maka Aku ( Thn Yesus ) berkata kepadamu : Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk kedalam kerajaan sorga. Ko Samuel, untuk siapakah perkataan Thn Yesus tersebut?  Untuk umat PL atau umat PB ?

Samuel Franklyn's picture

Silahkan baca kelanjutannya

Silahkan baca kelanjutannya dalam Matius 5. Kalau dibaca dengan benar maka lanjutannya maka yang dimaksud lebih benar adalah bicara motivasi dan bukan tindakan.

erwin tujiyanto's picture

Motivasi ?

Ko SF motivasi supaya tidak sombong atau membanggakan diri bukan? Yang saya soroti bukan masalah motivasinya,  tetapi di jaman  Tuhan Yesus  peraturan  persembahan  persepuluhan  masih ada.

Samuel Franklyn's picture

@ET: Jaman Tuhan Yesus jaman peralihan

Jaman Tuhan Yesus adalah jaman peralihan. Sebelum Tuhan Yesus mati maka Taurat jelas masih berlaku tapi begitu Tuhan Yesus mati dan bangkit maka mereka yang percaya kepadaNya ikut serta mengalami kematian dan kebangkitanNya sehingga Taurat tidak lagi berlaku buat mereka.

Galatia 2:16-21
(16)  Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat.
(17)  Tetapi jika kami sendiri, sementara kami berusaha untuk dibenarkan dalam Kristus ternyata adalah orang-orang berdosa, apakah hal itu berarti, bahwa Kristus adalah pelayan dosa? Sekali-kali tidak.
(18)  Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat.
(19)  Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus;
(20)  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
(21)  Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.

Nah sudahkah kamu disalibkan dengan Kristus? Kalau sudah maka Taurat tidak berlaku lagi dalam hidupmu.

Roma 7:1-4
(1)  Apakah kamu tidak tahu, saudara-saudara, --sebab aku berbicara kepada mereka yang mengetahui hukum--bahwa hukum berkuasa atas seseorang selama orang itu hidup?
(2)  Sebab seorang isteri terikat oleh hukum kepada suaminya selama suaminya itu hidup. Akan tetapi apabila suaminya itu mati, bebaslah ia dari hukum yang mengikatnya kepada suaminya itu.
(3)  Jadi selama suaminya hidup ia dianggap berzinah, kalau ia menjadi isteri laki-laki lain; tetapi jika suaminya telah mati, ia bebas dari hukum, sehingga ia bukanlah berzinah, kalau ia menjadi isteri laki-laki lain.
(4)  Sebab itu, saudara-saudaraku, kamu juga telah mati bagi hukum Taurat oleh tubuh Kristus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia, yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, agar kita berbuah bagi Allah.

 

erwin tujiyanto's picture

Taurat

Bung SF kayaknya saudara melebihi Tuhan Yesus, sehingga bisa menentukan bahwa Taurat tidak berlaku. Bung SF sebaiknya saudara menulis tidak berlakunya Taurat, supaya saya bisa menanggapinya. Diskusi ini klo kita teruskan akan keluwar jalur dari pembahasan yang dibicarakan di tempat ini.

Samuel Franklyn's picture

@ET: Sudah ada yang menulis

Sudah ada yang menulis mengenai Yesus menggenapi dan membatalkan hukum Taurat disini:

http://www.sarapanpagi.org/menggenapi-dan-membatalkan-taurat-vt545.html

Yesus menggenapi dan membatalkan hukum Taurat sih salah satu pelajaran fundamental kekristenan yang sudah saya pelajari tidak lama sesudah saya bertobat. Apa perlu dibahas lagi pelajaran fundamental ini ?

erwin tujiyanto's picture

SF saya bertanya

Bung SF saya mengajukan  pertanyaan untuk saudara, Apakah mebaca Alkitab PL dan PB ? Beranikah saudara merobek kitab PL didepan jemaat sebagai tanda bahwa Hukum Taurat sudah tidak berlaku? KLo berani kapa dan dimana saya kepengen datang melihat.

Samuel Franklyn's picture

@ET: Jangan emosi

Jangan emosi. Baca dulu link yang saya berikan sebelum memberikan tanggapan. Soal robek merobek bukankah Tubuh Yesus sudah terobek untuk membatalkan PL dan memulai PB.

henso's picture

@ SF dan ET : usul...

Saya usul agar definisi membatalkan disepakati dulu.

Saya juga tunggu jawaban SF perihal membatalkan PL.

Karena definisi SF membatalkan adalah aturan ibadahnya, sementara prinsip moral masih berlaku. Begitu kan ?

Masalahnya :

Dimana Alkitab menceritakan prinsip moral masih berlaku dan aturan ibadah dibatalkan?

Aku lagi tulis tentang pembatalan hukum torat. Mudah mudahan lebih fokus.

Samuel Franklyn's picture

@Henso: Kenapa kamu nggak mau baca link yang aku kasih?

Kenapa kamu nggak mau baca link yang aku kasih? Baca dulu. Di link itu jelas kok. Hukum PB adalah prinsip kasih alias prinsip moral bukan lagi aturan ini itu. Di link itu semua sudah jelas ayat-ayatnya. Penulis link diatas aku duga adalah seorang sarjana theologia karena penjelasannya didukung oleh analisa mendalam Firman.

dennis santoso a.k.a nis's picture

baca dong link nya

ini kayaknya ga ada yang baca link yang dikasih SF yah? di link itu, om bagus pramono yang dikenal dengan nick "sarapan pagi" udah berbusa2 menjelaskan definisi "dibatalkan" nya itu kayak apa...

erwin tujiyanto's picture

SF : Makna Matius 5 : 18

Di dalam link yang SF sodarkan untuk saya baca ada tetulis seperti ini : Untuk mengartikan makna Matius 5 : 18, sebaiknya juga dibaca ayat-ayat sesudahnya, tentang "iota" yang di permasalahkan, adalah berhubungan dengan hal-hal yang akan segera digenapi Yesus Kristus dalam pelayanannya didunia ini, untuk itulah Ia berkata "satu iota-pun tidak akan dibatalkan sebelum semuanya terjadi" Maksud dari "semuanya terjadi" ini adalah berkaitan dengan hal-hal yang akan segera digenapi oleh Tuhan Yesus Kristus, yaitu kematianNya dan kebangkitanNya yang dengan sendirinya akan menggenapi Hukum Taurat.

Saya akan buka Matius 5 : 17-19, inilah Firman Tuhan Yesus untuk kita ; "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku ( Tuhan Yesus ) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkansegala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga."

Di dalam Matius 5 : 18  tersebut ada kalimat "semuanya terjadi''. maksud dari kalimat itu adalah lenyapnya langit dan bumi bukan masalah kematian dan kebangkitanNya. Di ayat 17 Tuhan Yesus bersabda bahwa Ia datang untuk menggenapi, dan kalau kita baca Matius 5 : 20-48 jelas disitu apa maksut pengenapan hukum Taurat. Jadi jangan dipelintir-pelintir Firman Tuhan.

Samuel Franklyn's picture

@ET: Bacanya nggak komplit

Kamu baca link tersebut tidak komplit. Kalau kamu cuma baca Matius maka kamu memang nggak bakal yakin bahwa yang dimaksud "semuanya terjadi" itu adalah kematian Yesus Kristus. Makanya bacanya yang komplit. Kalau Firman dibaca terus maka ada ayat demikian

Efesus 2:15
(15)  sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Jelas tertulis bahwa kematian Yesus Kristus sebagai manusia membatalkan hukum Taurat. Apa kamu anggap Firman yang disampaikan Rasul Paulus di Efesus ini cuma plintiran doang? Tolong dijawab. Omongan Rasul Paulus ini pelintiran atau benar dari Tuhan?

erwin tujiyanto's picture

SF : Efesus 2:5

Bung SF di dalam Efesus 2 : 15 terjadi penggenapan. Dari Efesus 2 : 15 ada tertulis " untuk menciptakan keduanya  menjadi satu manusia baru di dalam  diri-Nya( Tuhan Yesus). Yang dimaksud "keduanya" adalah perintah dan ketentuan di dalam hukum Taurat. Maksudnya Tuhan Yesus mengenapi.

Bung SF jangan diartikan tulisan Rasul Paulus bertentangan dengan perintah Tuhan Yesus. Kita harusnya mencocokkan apa yang di tulis Rasul Paulus itu ke perintah Tuhan Yesus. Jadi Rasul Paulus tidak memlintir. Mungkin erwinkah yang memlintir?

erwin tujiyanto's picture

SF, maaf saya hampir emosi

Bung SF...saya memang mengasih tantangan seperti itu, supaya saya yakin bahwa hukum Taurat memang sudah tidak berlaku. Tapi ngomong-ngomong bung SF membaca PL tidak?

Samuel Franklyn's picture

@ET: Saya baca PL

Saya baca PL walaupun lebih jarang dari baca PB. Perbandingannya sekitar 1 banding 3.

erwin tujiyanto's picture

Hamba Tuhan?

Josh putra menulis : Bukankah hamba-hamba Tuhan adalah para pahlawan Iman yang bersedia memberikan seluruh hidupnya untuk melayani Tuhan! Sudah selayaknyalah mereka juga mendapat penghargaan yang istimew.

Kalau mereka benar-benar hamba Tuhan tentunya mereka akan jujur melaksanakan perintah Thn. Saya pernah membaca laporan keuanggan suatu gereja yang menerapkan persembahan persepuluhan. Uang hasil persembahan persepuluhan tersebut digunakan untuk kegiatan yang tdk semestinya. Tercatat di laporan tersebut pengeluwaran untuk : pembangunan gereja, bayar listrik gereja, beli aqua, transport dll.  Jadi Ko Josh tolong lihat dan cek untuk siapakah persembahan persepuluhan di gereja ko ko? Seorang hamba Tuhan memang layak mendapatkan penghargaan istimewa, tapi bila membodohi jemaat apakah itu hamba Tuhan ?

josh putra's picture

karena nila setitik rusak susu sebelanga

salam kenal erwin

itu saya ibaratkan seperti KARENA NILA SETITIK, RUSAK SUSU SEBELANGA.

siapa saja pernah melakukan kesalahan, tak terlepas hamba Tuhan sekalipun. apa lagi yang berhubungan dengan uang/harta.

selalu saja ada orang yang berbuat salah, namun apa bila anda melihat atau mendengar ada salah satu hamba Tuhan di sebuah gereja melakukan penyelewengan seperti yang anda tulis, bukan berarti semua hamba Tuhan yang lain di gereja manapun telah menyeleweng.

tetapi saya setuju dengan anda apabila ada hamba Tuhan yang membodohi jemaat tentunya tidak dapat di beri penghargaan bahkan tidak layak disebut hamba Tuhan

jesusfreaks's picture

@josh : YANG INKONSISTEN

SEBENARNYA PERPULUHAN ITU MILIK SIAPA SIH.

KAMU BILANG MILIK TUHAN, KOK BUAT FULLTIMER.

APA TUHAN BAGI RATA SAMA FULLTIMER YA ?!?!?!

KENAPA GAK DIKASIH KE TUHAN AZA...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

josh putra's picture

thank untuk masukkannya

 

kita berdiskusi untuk mendapatkan hasil terbaik okay...

saya sudah tulis dalam blog saya :

bilangan 18:24 sebab persembahan persepuluhan yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN sebagai persembahan khusus Kuberikan kepada orang Lewi sebagai milik pusakanya; itulah sebabnya Aku telah berfirman tentang mereka: Mereka tidak akan mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel."
Dari ayat-ayat diatas saya mencoba menyimpulkannya dalam beberapa point :
1.       Perpuluhan dimulai pada jaman Abraham, diteruskan pada Yakub kemudian menjadi peraturan bagi bangsa Israel.
2.       Persembahan Perpuluhan adalah milik Tuhan dan dipersembahkan ke rumah Tuhan.
3.       Tuhan memberikan aturan setiap Persembahan Perpuluhan yang diserahkan ke Rumah Tuhan diberikan pada Orang Lewi karena mereka hidup dari melayani dan tidak mendapat tanah sebagai milik pusaka.
4.       Bagi orang Israel Persembahan Perpuluhan adalah kewajiban, jadi mau ga mau, suka ga suka, rela ga rela tetap harus diberikan ke rumah Tuhan
5.       Tapi bagi orang yang setia memberikan persembahan perpuluhan itu, Tuhan berjanji akan membukakan tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat sampai berkelimpahan.

thx untuk masukkannya

jesusfreaks's picture

@josh : FULL TIMER ?!?!

FULL TIMER KAYAK MANA YA ?!?!

24 jam sehari TIAP HARI

atau 24 jam seminggu

terus siapa yang dilayani ? TUHAN ATAU JEMAAT ?

pembagian waktunya bagaimana ? 12 jam buat TUHAN, 12 jam buat jemaat.

ATAU bagaimana ya ?

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

josh putra's picture

full timer

kata full timer anda sendiri yang menulis dan bertanya pada komentar anda di atas. jadi saya rasa anda yang menuliskan, berarti anda sudah mengetahui artinya.

saya rasa kata 'full timer' sudah tidak asing lagi bagi orang kristen yang mengacu kepada hamba Tuhan dan apa yang dilakukannya.

jesusfreaks's picture

@josh : payah lo

Soal full timer, Jelas jelas lo tulis dalam blog lo. Gw cuma mentranslate ke bahasa inggris. Ayo baca lagi. Mengenai ini penting brow, Tuhan kita bukan cuma Tuhan yang baik tapi juga KEJAM. Silahkan bandingkan pelayanan orang lewi dengan hamba TUHAN sekarang. Jangan cuma mau perpuluhannya, tapi tugasnya gak jelas. Bukan gw mempertanyakan ? Bukan gw iri ? Bukan gw gak ikhlas ? Tapi apa milik TUHAN yang TUHAN minta ke gw HARUS sampai ke TUHAN. Jangankan sepersepuluh, seperlima gw akan berikan kehamba Tuhan, asalkan model lewi. Gw rasa gw layak marah dan TUHAN pastipun marah, kepada "lewi-lewi" palsu.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Aries Yunarta's picture

Perpuluhan tetap berlaku

Kayaknya ud lama bgt ngak pernah nulis di SS apalagi komen, login aja males.

Tapi krn topik yg satu ini bener2 "mengundang" hasrat untuk di komen-in, jd terciptalah komen ini.

Menurut saya Perpuluhan itu tetap berlaku sampai sekarang, krn khususnya di denominasi gereja saya (ngak tau denominasi lain), para hamba Tuhan yg FULLTIMER (minjem istilah nih) ngak memiliki penghasilan apa-apa selain perpuluhan (sama spt orang Lewi pada PL). Memang ada persembahan, tapi itu biasanya untuk operasional gereja (listrik, air, perawatan gereja, dll). Klo sampai jemaat ngak ngasih perpuluhan, bisa - bisa para hamba Tuhan "puasa terpaksa" (hal ini sering terjadi bagi para hamba Tuhan yg merintis di daerah).

NB : para hamba Tuhan itu jg memberi perpuluhannya kepada majelis daerah(MD) lalu ke MD memberi perpuluhan ke majelis pusat(MP), dan biasanya di gunakan untuk membiayai acara - acara yg diadakan oleh MD dan MP.

 

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

erwin tujiyanto's picture

aries ?

Saudara Aries Kayaknya persembahan persepuluhan saudara 1/2 salah deh. Coba aries baca yang NBnya. Persepuluhan bukan untuk seperti itu, tapi ngomong2 acara2nya MD dan MP apa ya ?

Aries Yunarta's picture

@erwin

Komen saya itu berdasarkan aturan di denominasi gereja saya tapi klo ada yg salah, boleh tau yg salah yg mana ya, tolong petunjuknya!

Biasa acara2 yang diadakan MD atau MP itu adalah, Natal & Paskah bersama, KKR bersama Pemuda & Remaja, Pelatihan & seminar bersama bagi guru2 sekolah minggu, dll. Selain untuk acara2 itu biasanya dana yg ada jg di gunakan untuk membiayai Sekolah - sekolah Alkitab.

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

erwin tujiyanto's picture

Lihat sejarah.

Bung Aries, Tuhan memerintahkan mengumpulkan persembahan persepuluhan pasti ada sebabnya. Sekarang coba bung Aries buka sendiri didalam Alkitab tentang persembahan persepuluhan. Pada intinya Tuhan melatih kita melalui persembahan persepuluhan untuk peduli terhadap sesama kita yang kurang beruntung. Kalau sudah ilmunya tinggi kita pasti mempunyai pemahaman seperti bung Samuel memberi pasti lebih dari 10%.  Setelah membaca sejarah persepuluhan, tolong bung Aries renungkan apakah kegiatan-kegiatan MD dan MP layak menerima persembahan persepuluhan ? Atau 1/2 layak ? atau malah tidak layak sama sekali ?

Aries Yunarta's picture

@erwin, Saya liat Firman Tuhan

Sejujurnya saya ngak bukanlah orang yg tepat jika ditanya layak atau tidak, krn saya bukanlah Tuhan yg dapat menentukan layak atau tidak. Tetapi selama itu dipergunakan untuk melakukan kegiatan yang positif di dalam Tuhan, menurut saya "Why not?"

Terlepas dari layak atau tidak layak, saya hanya sedapat mungkin mengikuti perintah Firman Tuhan untuk memberikan Persepuluhan, urusan mereka mau mempergunakan untuk apa itu urusan mereka dengan Tuhan. Toh mereka pastinya lebih tau Firman Tuhan daripada saya.

Jikalau saya tidak memberi persepuluhan hanya karena khawatir disalah-gunakan, berarti saya hanya menjalankan Firman Tuhan dengan sekehendak hati saya saja.

 

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

erwin tujiyanto's picture

Kembali ke dasar

 Tentang persembahan persepuluhan sebaiknya kita kembali menelusuri kenapa perintah itu sampai diturunkan Thn. Dan saya tidak setuju klo persembahan persepuluhan semua dikasih k hamba Thn. Nanti klo ada saudara saya yang yatim dan saudara saya yang janda kekurangan tidak ada yang mbantu. Bung Aries sepertinya bung tidak menuruti Firman Thn deh, tapi menuruti perkataan Hamba Tuhan.

Aries Yunarta's picture

@ Erwin

Sejauh yang saya telusuri Firman Tuhan, persembahan persepuluhan itu dikhusus kan untuk Tuhan dan Tuhan memberikannya kepada hamba Tuhan untuk dikelola. Klo untuk saudara kita yg berkekurangan ya namanya bukan persepuluhan, dan itu tidak boleh di ambil atau di potong dari persepuluhan.

Jika anda mengangap saya hanya menuruti kata Hamba Tuhan, ya terserah anda, tapi menurut saya anda jg tidak mengikuti Firman Tuhan dan hanya menuruti keinginan sendiri.

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

josh putra's picture

setuju aries

saya setuju dengan anda aries....

memang kita perlu memperhatikan pada hamba Tuhan dan orang-orang kekurangan

ferdyn's picture

PERPULUHAN..?

2 Timotius 3:5

"Secara LAHIRIAH mereka MENJALANKAN IBADAH MEREKA, tetapi pada hakekatnya mereka MEMUNGKIRI KEKUATANNYA"

 

Maleakhi 2:8

"Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu MENIPU Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai PERSEMBAHAN PERSEPULUHAN dan PERSEMBAHAN KHUSUS"

Amsal 3:9-10

"Muliakanlah Tuhan dengan HARTAMU dan dengan HASIL PERTAMA dari SEGALA PENGHASILANMU,maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh SAMPAI MELIMPAH-LIMPAH, dan bejana pemerahanmu akan MELUAP dengan air buah anggurnya"

Maleakhi 3:10-12

"Bawalah SELURUH PERSEMBAHAN PERSEPULUHAN itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada pesediaan makanan di rumah-Ku, dan UJILAH AKU, firman Tuhah semesta alam, apakah Aku tidak membukakan tingkap-tingkap langit dan MENCURAHKAN BERKAT KEPADAMU SAMPAI BERKELIMPAHAN"

Matius 10:8

"Kamu telah MEMPEROLEHNYA dengan CUMA-CUMA, karena itu BERIKANLAH pula dengan CUMA-CUMA"

 

 

erwin tujiyanto's picture

Lihatlah !

Saudara Aries  ini  yang menjadi dasar  saya,  Ulangan 26 : 12 ;  Apabila tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu, maka haruslah engkau memberikannya kepada orang lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan didalam tempatmu dan menjadi kenyang. Saudara Aries tolong tunjukkan ayat sebelah mana didalam Alkitab yang menunjukkan bahwa persembahan persepuluhan bukan hak anak yatim, janda, orang asing. Apakah perintah Tuhan di Ulangan 26 : 12 itu sudah dibatalkan ? klo sudah dibatalkan siapa yang membatalkannya? Persembahan persepuluhan bukan mutlak hak hamba Tuhan. Persembahan persepuluhan dipakai oleh Tuhan untuk melatih saya, supaya saya peduli terhadap sesama. 

Pendeta bisa salah, gereja terbukti pernah salah, Tuhan Yesus tidak pernah salah.

Aries Yunarta's picture

Saya melihat

Di Ulangan 26 : 12, juga disebutkan "tahun yang ketiga", bisakah anda menjelaskan maksudnya??

Apakah perintah Tuhan di Ulangan 26 : 12 itu sudah dibatalkan ? klo sudah dibatalkan siapa yang membatalkannya?

Saya ngak tau, sebab urusan Tuhan untuk membatalkan perintahnya ato ngak. Yang saya tahu ada penggenapan dari perintah itu dalam Maleakhi 3: 10

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

nah kata - kata yang saya bold dlm Maleakhi 3 : 10 itu lah yang menjadi dasar saya mengatakan perpuluhan itu untuk hamba Tuhan. Tapi lihat ada juga ditulis disana "supaya ada persediaan makanan didalam rumah-Ku", kalimat ini saya artikan,  setiap orang (entah itu anak yatim, janda, orang miskin, dll) yang mau datang ke Rumah Tuhan, para hamba Tuhan wajib memberi mereka makan ketika mereka lapar. Jadikan bisa di bilang perpuluhan itu jg di nikmati oleh orang-orang selain hamba Tuhan.

 

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

bintang seven's picture

@josh putra per10

gw rada miris aja baca judulnya nih josh kok wujud kasih kita pada Allah berbentuk persepuluhan ya.... apa klo gak ngasih perpuluhan kita gak mengasihi Allah? identik bgt dg materi lagi.... gw paling males klo ada hamba Tuhan yg ampe kotbah ttg perpuluhan ampe berseri... alias berualang2  kayak ketauan motivasinya berbicara perpuluhan. tp gw percaya josh motivasinya lurus... pendeta dimana josh?

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

the blue's picture

Perpuluhan bukti kasih kita?

Kalau saya melihatnya sebagai sebagian kecil dari bukti kesetiaan kita. Masih ingat dengan apa yang dikatakan Yesus: berikanlah yang menjadi milik kaisar dan berikanlah apa yang menjadi milik Allah.

Perpuluhan masih berlaku, dan seperti yang Yesus katakan Ia hanya menggenapi dengan keadilan, belas kasihan dan kesetiaan. Itulah tugas kita!

dan satu lagi kalau dengan memberikan perpuluhan (nb: Milik TUHAN) kita tidak mampu, bagaimana lagi kita bisa memberikan seluruh hidup kita untuk TUHAN. Perpuluhan itu seperti latihan...

kalau ada yang mau dikoreksi, silahkan langsung aja... ditunggu..

__________________

Kasih Setia-Nya Kekal...

erwin tujiyanto's picture

Rumah perbendaharaan?

Menutut pendapat saya arti kata rumah perbendaharaan dalam maleakhi tidak serta merta menunjuk ke Hamba Tuhan. Bendahara atau pengelola keuanggan,  bisa yayasan yatim piatu dan yayasan yang bergerak dibidang sosial lainnya.

Saya ada cerita, waktu saya disemarang berteman dengan orang kristen yang termasuk taat dalam membayar persepuluhan. saya bertanya sama teman saya tadi, untuk apa uang persepuluhan itu, dia menjawab tidak tau yang penting baginya membayar persembahan persepuluhan ke gereja.

Pada suatu hari saya dan teman saya lagi duduk ngobrol, jam waktu itu menunjukkan +- pukul 8 pagi. Disaat asik ngobrol melintas didepan kami anak kecil usia 9 tahunan. Bukan berangkat kesekalah tetapi dia asik main, saya bertanya kepada anak kecil itu kenapa tidak sekolah? Anak kecil itu menjawab bahwa dia memang tidak bersekolah. Karena penasaran saya menanyakan alamat rumahnya, dia menunjuk suatu rumah yang memang kelihatan dari pandangan kami. Beberapa hari berikutnya kami berkunjung kerumahnya, ayah anak itu punya penyakit gula kronis dan napas. Ibunya bekerja sebagai tukang cuci, selain itu anak yang 9 thn itu masih mempunyai adik kecil.

Setelah mengenal anak kecil dan orang tuanya, kami berdiskusi lankah apa yang bisa kita ambil. Dan keputusannya teman saya menggangkat anak kecil itu menjadi anak asuhnya. Teman saya memotong uang persepuluhan menjadi 2 bagian : 1 ke gereja, yang lain ke anak kecil itu, walau pun kami dan anak kecil itu berbeda keyakinan.

king heart's picture

Bagaimana kalau......

@ET,

Jika perpuluhan 100 % diserahkan ke gereja, dan untuk membantu anak kecil itu mengambil dari sisa toal uang dikurangi perpuluhan pasti lebih bagus lagi bukan ?

Tinggal kerelaan dan kecukupan sisa uang untuk kebutuhan hidup sebulan yang mesti direnungkan lagi

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

erwin tujiyanto's picture

Kerelaan...

Bung King heart.....Saya mempunyai pandangan persembahan persepuluhan yang tercatat didalam Ulangan 26 : 12. Pengunaan persembahan persepuluhannya pun saya menggacu pada Ulangan 26 : 12 tersebut. Saya sangat berharap ada gereja yang mengelola persembahan persepuluhan saperti yang tercatat didalam Ulangan 26 : 12.

Bung KH... Saya pernah maneliti beberapa gereja yang menerapkan persembahan persepuluhan, hasilnya sungguh sangat mengecewakan. Ternyata gereja sekarang rampok yang berteriak rampok kepada jemaatnya. Persembahan persepuluhan yang dikumpulkan dari jemaat dipakai sesuka hati oleh pendetanya. Semua jemaat tidak ada yang berani bertanya karena mempunyai pemandangan bahwa hamba Tuhannya lebih tau tentang Firman Tuhan.

Bung KH... Saya ada cerita lagi : Sewaktu saya berada didaerah puncak, cianjur , Jawa barat, saya mampunyai teman yang memilika anak asuh 3 orang. Setiap hari teman saya tinggal satu rumah dengan ke 3 orang anak asuhnya. Dia mendapatkan anak itu dari seorang pelacur. Maksut saya begini, ada seorang pelacur yang hamil dan melahirkan anak, anak inilah yang diangkat jadi anaknya. Pelacur tersebut setelah bersalin terus pergi, jadi teman saya yang mengurus bayi tersebut. Sekarang anak itu lumayan besar....ada yang SMP, ada yang SD dan TK. Ada hal yang terlewatkan, teman saya tadi masih mempunyai beberapa anak asuh yang tidak serumah dengan dia.

Persembahan persepuluhan adalah salah satu pusat latian bagi saya dan teman2 saya untuk mengasihi sesama. Dari 10% tidak rela menjadi  10 % yang rela untuk menuju 100% kehendak Tuhan Yesus.

jesusfreaks's picture

@ERWIN : GW UDAH ROBEK PL

Jangankan robek, malah diinjak injak. Gw ada tulis blognya TENTANG SIPENGINJAK ALKITAB, COBA LO BACA DEH. Hukum taurat memang sudah tidak berlaku lagi sebagai hukum kewajiban atau hukum perbuatan. Yang berlaku adalah hukum hati, hukum kesadaran.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

erwin tujiyanto's picture

JF ente lebih ngaco dari SF

JF memahami ajaran Tuhan Yesus memang tidak butuh orang2 pinter, klo terlalu pinter malah keblinger. JF kapan ngrobeknya biyar saya abadikan.JF mengenal hukum hati dari mana?

henso's picture

@ all : mendingan bicara di "CARA MENGELOLA PENERIMAAN ..."

Dari pada ribut disini, mengapa tidak ribut di blog yang berjudul

"CARA MENGELOLA  PENERIMAAN PERPULUHAN".

Bukan promo, tapi biar fokus gitu loh.

Aku mau koment disini jadi bingung, soale temanya wajib apa nggak, larinya ke penggunaan. Kan jadi amburadul.

Nah pokoke menurut aku perpuluhan itu adalah "kewajiban Kasih". Kewajiban sebagai konsekuensi kasih.

josh putra's picture

@all

setelah membaca ulang seluruh komentar diatas, saya punya pandangan pada umumnya kita senang menulis blog tapi tidak terlalu suka membaca blog lain dan komentar lain secara mendetil dan menyeluruh, sehingga komentarnya keluar dari pokok pembahasan dan menjadi bias

 

DAN-DAN's picture

Dari anak-ibadah menjadi hati...

Saya sebagai penggemar BebekPanggang sangat "jahat" kepada para bebek... Saya mempunyai cita2 beternak bebek agar bisa makan bebekPanggang tiap hari. Walaupun saya merawat bebek2 tersebut sampe gemuk2, apa bisa dikategorikan saya mengasihi bebek2 saya ya? kan saya merawat mereka hari demi hari untuk tujuan dibunuh dan dimakan... ihhhhh ngeri juga kalo saya jadi bebek...untung saya bukan bebek jadi masih bisa cuek dan menikmati BebekPanggang kesukaan saya...

Nah sekarang gini nih teman2, saya minta komentar nya yah, bagaimana dengan yang ini:  soal PERPULUHAN.

1.Hukum TAURAT sudah digenapi oleh YESUS sendiri, jadi muncul istilah HUKUM KASIH yang artinya TAURAT itu bukan dihilangkan tapi digenapi yang dihilangkan adalah KUK nya, karena YESUS sudah menggenapi nya sehingga kita sekarang berasa di bawah HUKUM KASIH yang menggantikan TAURAT sebagai HUKUM AMAL-IBADAH (yang walaupun alkitab mengatakan tidak ada orang yang bisa melewatinya, makanya dateng YESUS). Jadi semua "kewajiban" amal-ibadah itu artinya menjadi lebih dalam lagi yaitu dengan "hati".  sampai sini setujuuuu?????

2.Nah tapi ada beberapa tatacara yang alkitab menulis memang di substitusikan dengan hal laen, seperti: acara potong2 kambing domba diganti dengan acara potong bebek...ehhhhh salahhh... diganti dengan Darah Yesus maksutnya. Jadi kita gak perlu potong kambing domba lagi.

Trus sunat itu diganti sama Baptis.

Nahhhh...tapi menurut pandangan saya ada hal2 yang tidak diganti dalam prakteknya tapi di perdalam makna nya, seperti:

Berzinah dalam taurat ialah hal badani, tetapi Yesus memperdalam esensi nya menjadi zinah itu juga bisa di dalam hati, ya tho??? tapi apa perintah "JANGAN BERZINAH (secara badani)" itu menjadi tidak sahhhh??? menurut saya tetep sah dan harus dipatuhi, karena zinah secara badani itu juga ZINAH!!!!

Nahhh...lanjuuuuttttt. PERPULUHAN juga saya anggap tidak pernah di omongankan di dalam alkitab bahwa itu sudah tidak perlu lagi di lakukan. Kalo PERPULUHAN itu dulu miliknya TUHAN, maka sekarang juga masih saya anggap miliknya TUHAN. trus bedanya dimana????????

Bedanya: dulu itu memang dilakukan sebagai AMAL-IBADAH yang dianggap harus dilakukan, dan juga seperti upacara potong bebek...ehhhh salaaahhh...potong kambing domba dan upacara2 atau hal2 laen yang memang point2 nya dihitung UNTUK MENYELAMATKAN. Nah sekarang saya beranggapan: meskipun PERPULUHAN itu miliknya TUHAN tapi itu sudah bukan lagi untuk MENYELAMATKAN atau TIDAK. Tetapi kita selamat karena PERCAYA YESUS, nah dengan PERCAYA YESUS kita melakukan PERPULUHAN bukan dengan hati yang takut gak masuk surga, tetapi dengan hati yang mengasihi dan bersukur kepada YESUS.

seperti begini: Kita bisa selamat masuk surga itu karena PERCAYA YESUS atau karena BERBUAT BAIK???? jawab nya: PERCAYA YESUS. Tapi faktanya ada beberapa ayat alkitab PB yang menyatakan orang yang masih melakukan dosa ini itu tidak masuk surga. Timbul pertanyaan: jadi gimana, apa ayat itu saling bertentangan????

Saya berpendapat bahwa kita berbuat KASIH itu karena BUAH dari IMAN kita kepada YESUS. Itu bukan hasil usaha kita tapi bantuan ROH KUDUS. Jadi kalo ada orang bilang PERCAYA YESUS tapi masih melakukan kejahatan, saya akan bertanya: jangan2 anda PERCAYA YESUS hanya maen maen saja dan tidak dengan sepenuh hati, buktinya adalah tidak adanya BUAH dari kepercayaan itu.

Nahhhhh...bila saya korelasikan dengan PERPULUHAN yang katanya adalah MILIK TUHAN jadi WAJIB di berikan adalah begini:

PERPULUHAN sebagai milik TUHAN, tetapi TUHAN tidak memaksa untuk kita memberikannya karena itu semua adalah PILIHAN dari HATI kita ( kalo jaman taurat, itu harus karena salah satu syarat memenuhi amal-ibadah untuk bisa masuk surga). Jadi sekarang mau mengembalikan milik TUHAN atau tidak...yaaaaaaa tersererah hati masing2. kalo memang kita percaya dan beriman bener2 sama TUHAN YESUS yahhh berarti kita akan dengan sukacita mengembalikan milik TUHAN. Jadi yang menyelamatkan bukan PERPULUHAN nya tapi YESUS.

ada yang punya pandangan laen????? saya tunggu teman temannnnnnnn...dadahhhhhhhhhhhh

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

saya suka bebek panggang...

cilas's picture

Wah bagus sungguh

Wah bagus sungguh perbincangan ini......

Kita semua yang ada disini sudah dilahirkan kembali ya....

Mengenai perpuluhan? sesiapa diantara kamu dengan setia memberi perpuluhan? Artinya tidak pernah miss? Ada sesiapa dengan berani mengatakan ia telah dengan penuh memberi perpuluhan ? ya kalau kita miss sekali saja itu maknanya kita tidak setia bukan....sebab perintah itu kudus...

Mungkin ada diantara saudara yang 100 persen telah melakukan? Tidak mungkin bukan? Perintah Tuhan itu kudus? Sebaliknya kita hidup dalam daging bertentangan dengan Hukun Taurat dan perintah Tuhan....

Siapa yang memiliki Roh kudus memikirkan hal-hal Roh....apakah hal-hal Roh itu....Orang buta memimpin orang buta pasti kedua-duanya masuk longkang berarti Orang berdosa memimpin orang berdosa menjadi tidak berdosa tidak mungkin berlaku...kedua-duanya pasti masuk neraka.....Hanya Orang Kudus bisa memimpin orang berdosa menjadi Kudus dan bisa masuk Surga....Ini lah pekerjaan Roh....apa gunanya kita menolong orang kalau jiwa orang itu belum selamat....alangkah baiknya kalau kita dapat menyelamatkan Jiwa-jiwa orang menjadi benar walaupun kita tidak mampu menolong dalam bentuk wang....Kerna kita Orang Benar kita bisa melakukan kedua-duanya bukan.....Tetapi orang berdosa tidak akan pernah melakukan kebaikan

hai hai's picture

Cilas, Ha ha ha ha ha ...

Cilas, apa yang akan anda lakukan ketika melihat seorang wanita tua terseok-seok mengangkat sebuah tas yang berat? Ha ha ha ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

cilas's picture

hai hai, Ha ha ha ha

Pada anda apa yang anda buat pada  wanita tua seperti itu di sekililing/kawasan/negara anda....anda sentiasa dikelilingi oleh banyak lagi perkara-perkara lagi sedih dari itu bukan....jadi menurut anda bagaimana anda melihat semua itu apa yang anda lakukan?

Karena Di Surga, Yang Terbesar adalah Anak-anak....kita adalah Anak-anak Allah....yang lebih penting ialah kita harus memberitakan kabar gembira iaitu keselamatan yang pasti kepada semua orang.....anda akan melihat orang yang penuh kesusahan di luar tetapi sebenarnya penuh kesenangan di dalam hatinya....bagaimana dengan itu....

hai hai's picture

@ Cilas, Ketika Mereka Lapar

Saudara Cilas, ketika Lima ribu orang itu lapar, Yesus berhenti kotbah dan memberi mereka makan.

Menolong orang itu tidk tergantung pada keselamatan jiwanya namun tergantung pada kesulitan yang dihadapi orang itu. Bila mereka lapar berilah mereka makan, setelah kenyang, kita bisa berteman, setelah berteman, kita bisa bisa berbicara berbagai hal tanpa dia menaruh prasangka. Saat itu, kita bisa cerita tentang Injil dengan bebas.

Namun anda benar. apa gunanya menyelamatkan tubuh mereka tanpa memperhtaikan keselamatan jiwa mereka? Bila kita hanya memberi mereka makan, maka mereka akan memuji kita sebagai orang baik. Setelah memberitakan Injil kepada mereka barulah kita bisa bermegah, karena sudah berusaha menyelamatkan jiwa mereka.

Namun bila hanay memberitakan Injil tanpa membantu mereka untuk menjalani kehidupan sehari-hari, itu juga tidak benar. Bantu mereka menghadapi hidup dan bantu mereka menggapai surga, itu baru sempurna.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DAN-DAN's picture

@CILAS, Pak CILAS apa salah tempat?

Pak CILAS, apa anda salah tempat yah? kok saya bingung membaca tulisan anda itu?

Mis atau gak mis perpuluhan, dan tulisan2 bapak CILAS laen nya itu gak ada kaitan nya sama obrolan di sini pak...

saya bingung, jadi memandangnya seperti ini: ada 2 orang berbincang2 tentang bagaimana cara membuat BebekPanggang yang enak. Trus anda ngomong gini...tenang tenangggg...siapa di sini yang pernah kena kolesterol makan BebekPanggang? nahhh...daripada Kolesterol mendingan ngomongin tentang Kolesterol dari BebekPanggang atau mendingan ngmongin  AyamPanggang aja, rendah kolesterol.

lahhhhhhh...orang lagi ngomong gimana cara buat BebekPanggang yang enak kok. Itu sudah bukan soal kolesterol atau engga. Kolesterol ntar ada obrolannya sendiri.

Apa saya yang jadi bingung sendiri yah setelah membcara komentar pak CILAS??? hehehe

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

saya suka bebek panggang...

cilas's picture

@hai hai @ Dan Dan

Pada Bro DAN DAN maaf ya kalau sekiranya saya atau pertuturan saya tiada dalam perhidmatan...boleh kiranya saya memberi pendapat sedikit sahaja lagi ya....bro DAN DAN pengemar bebek panggang ya, saya juga

Saya juga setuju dengan Hai hai karana itu saya mengatakan diawal pos saya "Kerna kita Orang Benar kita bisa melakukan kedua-duanya bukan"

Kita bisa menolong orang ....tetapi kita juga  tahu bahawa orang berdosa/orang jahat/orang yang tidak mengenal Tuhan juga melakukan hal seperti yang demikian...tetapi kita anak-anak Allah bisa menyelamatkan jiwa-jiwa orang yang terhilang, yang tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan orang karena Kita adalah anak-anak Allah...kita adalah tentera-tentera Allah

Maaf sekali lagi kalau sekiranya saya salah tempat untuk berbicara ya....salam semua

smile's picture

kalau menurut pendapat

kalau menurut pendapat saya,...

Hukum kasih yang diajarkan Yesus itu telah mencakup semua hukum taurat,Yesus yang menggenapinya.(seyelah saya membaca link yang diberikan pak SF)Hanya saja yang lama itu diperbaharuinya, karena inti ajarannya adalah Kasih, seperti ke2 ayat dibawah ini.

Matius 5:18
Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi

Matius 5:19
Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Hukum taurat termasuk dalam kasih, hukum kasih tidak semuanya ada dihukum taurat ( karena sudah diperbaharui oleh Yesus sendiri)

 

Dengan hormat, kalau salah tolong diberitahu....biar ga keblinger...

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

israel_jeha's picture

S .F .Support untuk anda,H.Taurat expired ???..Ha..?

H.Taurat adalah sistim Hukum adalah benar,terdiri 613 butir hukum yaitu 298 larangan n 315 ketetapan semua harus dilakukan tidak boleh minus 1 sekalipun ini prinsip! Selidiki n hitung atau cari2 buku referensi Moody Hand Book or cari diperpustakaan SAAT-Malang or STTB-Bandung....banyak,asal rajin nyari.Masalah Perpuluhan sudah jd perdebatan panjang-lihat koment2 diblog,malah ada yg komentar sobek PL dan........,menurut penelitian sy secara kasar ada baiknya kita bagi 2 yaitu doktrin gereja ,artinya memang itu ajaran gerejanya. Yang satu lagi doktrin Alkitab ini yg dapat kita sama2 gali dgn prinsip hermeunitika yaitu memperhatikan latar belakang struktur kitab,terutama Maleakhi juga KESINAMBUNGAN DARI P.L. SAMPAI P.B.,Mendalami n menyimpulkan 10 Perintah Tuhan n tahu bahwa Taurat itu dpt disimpulkan didalam 3 HUKUM--->1.Hukum moral,2.Hukum Sipil, 3.Hukum ibadah ,setelah itu kita cari diKitab Injil ,Taurat expired lihat Lukas16:18  HA....yg mana expired????1,2 or yg ke3 ,khan taurat gak hilang benar tp diringkas Mat.22:34-40 nah kalo gak hilang buat siapa donk HUKUM TAURAT itu????? Hmm.....LiHat  1Tim 1:8-11 juga perhatikan judul yg diberi oleh L.A.I. maaf yg tahu alkitab dikit2 harap tidak memberi komentar kecuali yg pernah tahu pahitnya PPL+PPB.PL1,2 +PB 1,2 -->9sks ini sebagiansurvey buat ambil PHD gak sombong khan !!Hi..Hi...Hi..GBU