Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

PERSEPULUHAN - Alkitabiah tapi TIDAK INJILI

Jerry Elim's picture

Mengapa gereja masih memungut persembahan persepuluhan dari jemaatnya hingga saat ini? Bukankah persepuluhan adalah ketetapan TUHAN yang dikhususkan bagi kaum Lewi - termasuk para imam - untuk membalas jasa pelayanan mereka di dalam Kemah Pertemuan (Tabernakel) di tengah-tengah sebelas suku Israel, saudara-saudara mereka sendiri?

Alkitab Perjanjian Lama mencatat bahwa perpuluhan merupakan suatu ketetapan untuk selama-lamanya turun temurun bagi bani Lewi - hingga saat ini. Lalu.... bagaimana “hak istimewa” itu telah berpindah tangan ke dalam gereja Kristen? Lebih ironis lagi, entah bagaimana kronologisnya, “upah pelayanan Tabernakel” ini telah dimonopoli oleh salah satu jawatan pelayanan gerejani atas nama TUHAN, baik “hak untuk memungut” juga “hak untuk menikmati” hasilnya.
 
Pertanyaan berikut, apakah Yesus yang adalah satu-satunya kepala gereja telah melegitimasi dan mendelegasikan “hak pungut persepuluhan” tersebut kepada jawatan tertentu saja dan mengabaikan jawatan-jawatan pelayanan lainnya - yang notabene dipilihNya sendiri dan diberikannya pada gereja untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan?

Dimanakah dasar pijak Injili dari mereka yang mengklaim diri sebagai “Lewi dan Israel rohani?” Apakah gereja Yesus Kristus telah diindentikkan dengan Kemah Pertemuan bangsa Israel? Jika demikian, adalah sesuatu yang lumrah jika Yesus pun berhak menerima persepuluhan dari persepuluhan sebagai persembahan khusus yang dipungut dari para “Lewi-gerejani” seperti yang diterima oleh Imam Harun, pemimpin tertinggi Tabernakel. Anda pun pasti tidak keberatan karena Yesus Kristus adalah pemegang jabatan Imam Besar sepanjang masa menurut peraturan Melkisedek. Nah, bila sudah begini maka akan timbul pertanyaan bernada konyol, “ATM Bank manakah yang dapat digunakan untuk mentransfer dana tersebut langsung ke rekening Yesus?” Sebab jika tidak segera “disetor” maka bisa terjadi manipulasi berbau korupsi oleh oknum-oknum jawatan tertentu yang ujung-ujungnya pasti merugikan misi ekspansi Kerajaan.
 

billy chien's picture

@jery

jery wite:Sebab jika tidak segera “disetor” maka bisa terjadi manipulasi berbau korupsi oleh oknum-oknum jawatan tertentu yang ujung-ujungnya pasti merugikan misi ekspansi Kerajaan.
 

chien:jerry, kamu persepuluhan nga? .... Tuhan nga maksa seseorang persepuluhan atau tidak itu termasuk kehendak bebas mu, tapi coba deh baca lagi di maleakhi, ada tertulis jelas tentang persepuluhan.... dengan apakah manusia menipu ALLAH? kita manusia khan..... mau "disetor"/ nga itu dosa masing masing yang penting niat persepuluhan kita di mata Tuhan udah di "setor" ,GBU

__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

whoislikegod's picture

Jerry, selalu jadi perdebatan

Salam Jerry,

masalah perpuluhan selalu jadi bahan perdebatan. Mari kita berbincang dari sisi alkitab.

dasar perpuluhan yang terkenal ada di Maleakhi 3:10:

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan,

supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku

dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Ayat tersebut dibuka dengan perinta 'bawalah'

Apa yang dibawa? persepuluhan

Kemana? Rumah perbendaharaan

Untuk apa? Supaya 'penghuni' rumah Tuhan bisa makan.

masalahnya apakah masih relevan di PB?

Luk. 11:42 Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Yesus menghardik orang Farisi tentang kasih dan keadilan. Yesusmelihat kecenderungan Parisian adalah melakukan yg tampak tapi tidak untuk yang tersembunyi. Dan dilihat dari apa yang Yesus katakan pada bagian akhir dari ayat ini maka Yesus menganjurkan bahwa yang kelihatan dilakukan demikian juga yang tersembunyi. Dalam ayat ini yang kelihatan adalah persepuluhan, yang tersembunyi adalah kasih dan keadilan.

Dalam praktek gereja sekarang ini memang sulit mengatakan siapa yang termasuk pihak Lewi. tapi perintah persepuluhan adalah supaya ada makanan di dalam rumah Allah yang sekarang ini disebut gereja dalam arti 'bangunan' bukan gereja dalam arti tubuh Kristus. Rumah dalam Mal 3:10 itu ditulis Bayith, artiannya adalah bangunan rumah atau kuil. Jadi persepuluhan adalah untuk penghuni gereja. Nah masalahnya siapakah penghuni gereja?

Konteks alkitab tentang persepuluhan adalah untuk Lewi. lewi adalah penghuni gereja.  Saya ambilkan ayat dari PB saja

Ibr 7:9 Maka dapatlah dikatakan, bahwa dengan perantaraan Abraham dipungut juga persepuluhan dari Lewi, yang berhak menerima persepuluhan,

Lewi adalah kaum yang dikhususkan sebagai pengelola. dan pengelola dalam gereja adalah gembala dan stafnya yang secara khusus hidupnya mengelola gereja.

 ·siapa seperti Allah?·

 

 

__________________

·siapa seperti Allah?·

adelina's picture

penghuni gereja

menurut aku, penghuni gereja yang dimaksud biar makan adalah:

para pastur, suster, biarawan/ti (karena mereka tidak digaji), dan umat/jemaat itu sendiri yang hidupnya susah (sangat miskin sehingga makan pun sulit)

 

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. Amin.

the blue's picture

perpuluhan....

@adelina: Saya setuju dengan pendapat anda. bukan hanya kepada pengurus gereja perpuluhan diserahkan. bayangkan jika kita berada disuatu tempat yang tidak memiliki geduung gereja bahkan anda adalah satu2nya pengikut kristus kemana persembahanmu akan kamu berikan?

kepada orang  yang tidak punya... sebab jika kita melakukannya kita telah melakukannya buat Kristus.

__________________

Kasih Setia-Nya Kekal...

Jerry Elim's picture

ALASAN untuk TIDAK LAGI MENAGIH PERSEPULUHAN DALAM GEREJA

SEBAIKNYA ANDA SELESAIKAN DULU MEMBACANYA BARULAH MENANGGAPI... OK...?

                     PERSEPULUHAN, ALKITABIAH TAPI TIDAK INJILI

Kata persepuluhan atau perpuluhan atau sepersepuluh dalam aplikasinya telah diajarkan gereja kepada jemaat. Walau belum ada kata sepakat dari para Teolog, Gembala, Ketua Jemaat, Pastor, Bishop dan atau mereka yang berkompeten di dalamnya tentang standarisasi perhitungan baku, –rumus perhitungan persepuluhan secara nasional atau globa– jemaat atau perorangan telah dengan taat dan setia melakukannya.
 Implementasi perhitungannya sangat bervariasi tergantung pada apa yang sering diajarkan gereja dan pemahaman pribadi. Ada orang yang menyisihkan perpuluhan dari seluruh pemasukan bruto atau apa saja yang diperolehnya, baik dengan berjerih payah maupun yang diterima sebagai suatu hadiah atau pemberian gratis – dalam bentuk materil seperti uang, sandang, pangan, papan. Ada yang agak ekstrim “berlebihan” pemahamannya, menghitung perpuluhan dari waktu – (1/10 x 24 jam) – dalam sehari. Masih ada lagi yang spektakuler, luar biasa, telah lebih dahulu menyetor perpuluhannya sebelum mendapat upah kerjanya atau hasil atas usahanya. Mereka yang lain menghitung perpuluhan dari Kredit Berjangka yang baru saja diluluskan proposalnya oleh bank “Anu”. Sementara itu ada sekelompok orang malah kebingungan dengan berkat-berkat jasmaniah material yang tidak sempat tercatat karena melimpahnya sehingga wajib atau harus menyisihkan “lebih” – dengan dasar hitungan kira-kira – berlebelkan tindakan iman untuk persepuluhannya. Perhitungan perpuluhan “kira-kira” ini ada untung-buntungnya. Jika “kira-kiranya” lebih besar dari total pemasukan maka pihak penerima diuntungkan sedangkan pemberinya jadi tekor saldo. Sebaliknya, jika perkiraannya lebih kecil dari seluruh pendapatan maka giliran pihak penerima yang kebingungan, mengira dan merasa – biasanya mulai curiga – kalau si pemberi salah hitung, –lebih lunak dari “tidak jujur”– ada masalah keuangan atau ada apa ya…? Sedangkan pihak pemberinya tetap merasa bahwa itu adalah suatu kewajiban sebagai anggota jemaat yang taat. Paling radikal, ada satu-dua jemaat Tuhan yang melakukan kebalikkannya – 90% untuk “perpuluhan” dan 10% untuk dirinya. Wow …. Mencengangkan dan sekaligus membingungkan.
 

Lebih dari lima tahun mempersiapkan materi penulisan dengan mengadakan penyelidikan pustaka, melakukan observasi di tempat-tempat pelayanan, menerima beberapa informasi lisan dari para praktisi. Dan pada akhir tahun 2005 (kurang lebih dua bulan sebelum pergantian tahun) saya benar-benar terdorong untuk memulai karya tulis rohani ini setelah disodorkan dua pertanyaan yakni, “apakah masih relevan memberi persepuluhan di masa Perjanjian Baru atau zaman gereja hingga sekarang? Bukankah itu (persepuluhan) hanya diberlakukan untuk keduabelas suku bangsa Israel dalam Perjanjian Lama atau Taurat Musa ketika mengadakan ibadah berjemaah dalam Tabernakel?” Pertanyaan ini dengan hati-hati disampaikan oleh seorang ibu, teman sepelayanan interdenominasi gereja (nama sengaja tidak dicantumkan, untuk menjaga privasi). Pertanyaan kedua saya dapati ketika mengisi sebuah kuesioner penelitian dari mahasiswa pasca sarjana, Samuel Zakka,SE.MM. dengan judul “PARADIGMA JEMAAT MASA KINI TENTANG PERSEPULUHAN” (ketika karya tulis rohani ini dalam tahap perampungan beliau telah menyelesaikan program pasca sarjana teologinya) yang antara lain mempertanyakan :
 Mohon pendapat Bapak/Ibu tentang cara menghitung PERSEPULUHAN yang sebenarnya menurut logika, sesuai beberapa alternatif berikut :
a. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak).
b. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak tetapi setelah dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya).
c. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
d. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak).
e. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak tetapi sebelum dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya.
f. 10% dari gaji/pendapatan (setelah dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
 Setelah turut mengedarkan dan ikut mengamati pengisian kuesioner penelitian ini, saya dapati bahwa dari sekian banyak pertanyaan yang harus dijawab, pertanyaan yang terkutip di atas paling membingungkan dan mendapat tanggapan sangat variatif karena memang belum ada kesepakatan ataupun ketetapan hukum dalam kelembagaan gereja baik secara denominasi maupun interdenominasi.


 

Saya akan lanjutkan penjelasannya setelah mendapat tanggapan Anda...

Jesus cares...

supardi's picture

Persepuluhan

menurut pendapat saya tidak ada cara yg tepat menghitung persepuluhan, dan emang saya gak pernah pusing menghitungnya.

Kita gak perlu hitung berapa persembahan yg pantas yg harus kita setor. Bukankah hidup kita ini MILIKNYA?????, dg demikian semua yg ada pada kita adalah MILIKNYA, Bukan hanya gaji/penghasilan kita  tetapi apa yang ada pd kita adalah MILIK KEPUNYAANYA , baik waktu, tenaga dan semua yg kita miliki. Jadi gak perlu hitungan yg rumit. serahkan semua padaNYA. dan semua yg ada pada kita hanya sebuag sarana supaya kita bisa jalankan kehenakNYA.

hai hai's picture

@Jerry Elim, Perpuluhan

Mengapa gereja masih memungut persembahan persepuluhan dari jemaatnya hingga saat ini? Bukankah persepuluhan adalah ketetapan TUHAN yang dikhususkan bagi kaum Lewi - termasuk para imam - untuk membalas jasa pelayanan mereka di dalam Kemah Pertemuan (Tabernakel) di tengah-tengah sebelas suku Israel, saudara-saudara mereka sendiri?



Alkitab Perjanjian Lama mencatat bahwa perpuluhan merupakan suatu ketetapan untuk selama-lamanya turun temurun bagi bani Lewi - hingga saat ini. Lalu.... bagaimana “hak istimewa” itu telah berpindah tangan ke dalam gereja Kristen? Lebih ironis lagi, entah bagaimana kronologisnya, “upah pelayanan Tabernakel” ini telah dimonopoli oleh salah satu jawatan pelayanan gerejani atas nama TUHAN, baik “hak untuk memungut” juga “hak untuk menikmati” hasilnya.

Nona, nampaknya anda memiliki pemahaman tentanng perpuluhan yang salah.

PERPULUHAN adalah SEPERSEPULUH bagian hasil BUMI yang tidak diberikan oleh Allah kepada manusia. Itu sebabnya manusia HARUS mengembalikannya kepada Allah.

Bagian Allah itu lalu digunakan untuk memenuhi kebutuhan suku Lewi. Sementara Bagian Allah dari suku Lewi digunakan untuk memenuhi kebutuhan para Imam. Diantara Perpuluhan yang dikumpulkan dari bangsa Israel, Allah memilih bagiannya sendiri untuk korban persembahan.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

billy chien's picture

@shalom pak hai

billy:Pak Bengcu ulas abis dong tentang persepuluhan yang benar dan sesuai dengan alkitab, ditunggu loh....


__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

hai hai's picture

@ Billy, Sebelum Membahas Perpuluhan

Billy, setelah melalui diskusi yang panjang tentang perpuluhan, akhrinya saya menarik kesimpulan bahwa diskusi tersebut tidak akan membawa hasil sebelum orang-orang Kristyang diajarkan oleh Kristus atau Hukum Taurat BATAL karena kematian Kristus seperti yang diajarkan oleh Paulus.

Bila diskusi tersebut sudah selesai baru saya akan mengunggah tulisan tentang Persepuluhan.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

whoislikegod's picture

Jerry Elim

dua pertanyaan yakni, “apakah masih relevan memberi persepuluhan di masa Perjanjian Baru atau zaman gereja hingga sekarang?

saya sudah menjawab di komentar saya pertama. Bagaimana tanggapan Anda?

Sebelum menjawab pertanyaan Anda kedua saya hanya ingin memberi dasar ayat apa yang Sdr. Hai Hai tulis. Yaitu: dari Israel memberikan kepada Tuhan perpuluhan yang disebut persembahan khusus yang kemudian oleh Tuhan diberikan kepada Lewi. oleh Lewi perpuluhan tersebut diambil sepersepuluh untuk Tuhan yang juga disebut persembahan khusus Lewi. Persembahan khusus dari Lewi ini oleh Tuhan diperintahkan untuk diberikan kepada imam. Anda dapat membaca ini di Bil 12:21-28. Dari sini pun bisa dilihat bahwa perpuluhan besarnya 10% dari yang didapat. Mengenai perpuluhan pada Im 27:30-32 maka Anda akan melihat bahwa perpuluhan dari hasil tanaman demikian juga ternak dan jumlahnya juga sepersepuluh. Jika Anda bertanya gimana praktek dewasa ini maka saya akan menjawab bahwa perpuluhan adalah 10% dari penghasilan Anda tanpa dikurangi apa-apa, baik pajak ataupun angsuran apapun.

Gimana kalau tekor? besar pasak daripada tiang?

Haha.. itu pinter pinternya manusia. dan itu praktek licin bagai belut. Contoh: gaji saya: 20 juta. seharusnya perpuluhan saya 2 jt tapi karena saya beli mobil dan rumah dengan angsuran @4 juta maka perpuluhan saya tinggal 1,2 jt itu pun belom dipotong pajak. Apalagi saya sengaja ikut asuransi investasi dan perlindungan. Oya tagihan kartu kredit saya. Juga saya ikut kebugaran serta clubbing. wah wah... yang bener aja??? Anda kembalikan dulu milik Tuhan baru sisanya Anda pakai untuk ini, itu dan inu.

Im 27:30 Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

Jerry Elim's picture

STANDAR PERHITUNGAN PERSEPULUHAN

Glory haleluya...

Mohon pendapat Bapak/Ibu tentang cara menghitung PERSEPULUHAN yang sebenarnya menurut logika, sesuai beberapa alternatif berikut :
a. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak).
b. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak tetapi setelah dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya).
c. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
d. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak).
e. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak tetapi sebelum dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya.
f. 10% dari gaji/pendapatan (setelah dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
 

Ingat.... PPN 10% yang diwajibkan negara pada rakyatnya punya standar perhitungan tetapi apakah gereja punya standar perhitungan persepuluhan yang harus dipatuhi oleh jemaat?

Pertanyaan berikut buat Anda-anda yang telah berjuang hingga titik nalar yang penghabisan.. hehehehe cuman bercanda..

Bagaimana Anda bisa buat korelasi antara LEWI dalam TABERNAKEL dengan Pelayanan LIMA JAWATAN dalam GEREJA? Apakah GEREJA dan TABERNAKEL identik dalam menerapkan persepuluhan? Lalu, mengapa hanya satu jawatan dalam gereja saja yang berhak menerima persepuluhan dan 4 jawatan lainnya tidak? Mana landasan ayat dalam PB?

Perhatikan lagi bro2. Kalo dalam PB, LEWI pun harus menyisihkan 1/10an dari /10an yang diterimanya untuk para IMAM. Nah... saudara-saudaraku yang terkasih dalam Yesus Kristus...., SIAPAKAH YANG TELAH DILANTIK SEBAGAI IMAM OLEH TUHAN YESUS untuk memperlengkapi pelayanan dalam gereja dan BERHAK MENERIMA 1/10AN DARI LEWI?

ATAS DASAR AYAT MANAKAH (PL-PB) ANDA TELAH BERANI MENGKLAIM BAHWA JAWATAN YANG SELAMA INI MEMUNGUT /10AN DARI JEMAAT ITU ADALAH PARA LEWI?

Semoga Anda dengan tulus hati dan iman yang murni pada Yesus Kristus dapat menjawabnya sesuai KEBENARAN ABSOLUT  INJIL YESUS KRISTUS. Ok....?

Semoga bro2 n sist2 tidak naik PITAM n TENSI darah....

Lebih cepat lebih baik jika dalam Kebenaran Sejati Injili.

Jesus cares...

whoislikegod's picture

Jerry

Ingat.... PPN 10% yang diwajibkan negara pada rakyatnya punya standar perhitungan tetapi apakah gereja punya standar perhitungan persepuluhan yang harus dipatuhi oleh jemaat?

Gereja tidak punya standar perhitungan. Alkitab punya standar perhitungan, 1/10 dari hasil tanah. Kalo Anda mengerti ini maka tidak perlu 6 alternatif yg anda sugguhkan.

SIAPAKAH YANG TELAH DILANTIK SEBAGAI IMAM OLEH TUHAN YESUS untuk memperlengkapi pelayanan dalam gereja dan BERHAK MENERIMA 1/10AN DARI LEWI?

ATAS DASAR AYAT MANAKAH (PL-PB) ANDA TELAH BERANI MENGKLAIM BAHWA JAWATAN YANG SELAMA INI MEMUNGUT /10AN DARI JEMAAT ITU ADALAH PARA LEWI?

saya belum menemukan PB yang mengatakan bahwa Yesus melantik siapa Lewi dan siapa Imam. Anda ingin pembaca mengklaim bahwa 1 diantara 5 jawatan yaitu gembala adalah imam? Kalau praktek gereja sekarang berani mengklaim siapakah imamnya dan siapakah Lewinya sehingga berhak atas perpuluhan maka anda mengatakan tidak sesuai alkitab dan oleh sebab itu perpuluhan batal/tidak berlaku?? Maleakhi 3 mengatakan tentang perpuluhan adalah supaya ada makanan di rumahKu. Seharusnya perpuluhan dikembalikan tanpa memikirkan siapa yang berhak. Seharusnya tapi ini masalah uang, semua orang doyan.

Bagaimana Anda menyikapi Ibr 7:5-9?

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

billy chien's picture

Perpuluhan aja kog repot

jerry:ATAS DASAR AYAT MANAKAH (PL-PB) ANDA TELAH BERANI MENGKLAIM BAHWA JAWATAN YANG SELAMA INI MEMUNGUT /10AN DARI JEMAAT ITU ADALAH PARA LEWI?

billy:PERTANYAAN ANDA MIRIP INI:  ATAS DASAR AYAT MANAKAH (PL-PB) ANDA TELAH BERANI MENGKLAIM BAHWA MEROKOK DILARANG ALKITAB

NB:NYAMBUNG NGA YA , EHEHEHEH KALO DI SPBU SIH ADA TERTULIS, JBU

__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

hai hai's picture

Jerry Elim, Lupakan Dulu ...

Jerry Elim, lupakan dulu cara menghitung perpuluhan dan cara membelanjakannya karena keduanya adalah hal mudah dan bukan masalah utama.

Tentang perpuluhan, anda harus YAKIN dulu apakah itu PERSEMBAHAN atau ITU milik TUHAN yang tidak diberikan kepada manusia?

Apabila perpuluhan adalah milik Tuhan maka kita harus mengembalikannya. Namun apabila perpuluhan adalah PERSEMBAHAN kenapa Firman Tuhan mencatat bahwa itu adalah MILIK Tuhan?

Kenapa orang Kristen tidak melakukan sunat lagi? Karena Alkitab mengajarkan dengan gamblang bahwa sunat sudah tidak perlu dilakukan lagi karena sudah diganti dengan baptis.

Kenapa orang Kristen tidak memberi korban hewan lagi? Karena Alkitab dengan gamblang mengajarkan bahwa Kristus adalah korban penebus dosa dan cukup untuk semua orang percaya.

Kenapa kita tidak merayakan Sabat pada hari Sabtu namun hari Minggu? Karena Alkitab mengajarkan dengan gamblang bahwa Kristus sudah mengubah hari SABAT dari Sabtu ke Minggu. Pada hari SABTU Dia BEKERJA menebus manusia, pada hari MINGGU Dia berhenti dari pekerjaan penebusan-Nya.

Kenapa kita tidak menebus anak sulung lagi? Karena Alkitab mengajarkan dengan gamblang bahwa Kristus sudah menebusnya.

Anda lihat, semua Hukum Taurat yang tidak dilakukan lagi oleh orang Kristen, terjadi karena adanya AMANDEMEN di perjanjian baru.

Nah, adakah ayat-ayat Alkitab yang mengamandemen Perpuluhan?  Bila tidak ada, anda tidak boleh menghentikannya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

orgindo's picture

Kayakny

Hem, kayaknya di dalam perjanjian baru, Yesus masih mengajar tentang perpuluhan. Apa yang milik kaisar, kembalikan kepada kaisar, apa yang milik TUhan, kembalikan ke TUhan.

Nah, pertanyaan nya mudah, bagi anda, apakah 10% tersebut, itu milik Tuhan atau tidak? Kalau anda merasa 10% itu tidak perlu anda berikan, yang simpan aja. Toh, keselamatan anda bukan berdasarkan berapa yang anda berikan ke pada Tuhan, krn in the end, semua itu berasal dari Allah. Dan  bila anda berfokus pada 10% tersebut, diskusi ini bisa masuk perangkap legalisme, tidak ada endingnya.

Berikan perpuluhan kepada Tuhan dengan gratitude, bukan terpaksa. Kalo misalny anda melakukannya dengan terpaksa, toh, Tuhan sendiri tidak perlu uang kita.

Samuel Franklyn's picture

Kewajiban keuangan

Lagi-lagi mengutip ayat diluar konteks. Yesus bukan mengajarkan perpuluhan dalam ayat tersebut melainkan pajak dan kewajiban keuangan seseorang. Kalau kita bicara mengenai milik Tuhan maka semuanya milik Tuhan karena semuanya diciptakan oleh Tuhan. Tapi ada yang namanya kewajiban keuangan/financial obligation.

Buat saya kewajiban keuangan itu bisa dibagi menjadi :

  1. Kewajiban keuangan buat diri sendiri. Kita perlu uang untuk membayar makanan, pakaian dan tempat tinggal.
  2. Kewajiban keuangan buat keluarga. Kita harus memelihara keluarga kita dengan baik. Menyediakan makanan, pakaian dan tempat tinggal buat mereka.
  3. Kewajiban keuangan buat pemerintah. Kita membayar pajak kepada pemerintah buat infrastruktur umum seperti jalan dan perlindungan lewat polisi, pemadam kebakaran dan militer.
  4. Kewajiban keuangan buat pekerjaan Tuhan. Kita memberi dengan sukacita untuk mendukung mereka yang melayani pekerjaan Tuhan. Kita juga memberi buat orang miskin, janda dan yatim piatu.

Dalam PL kewajiban keuangan diatur dengan ketat karena itulah ada persepuluhan. Sesuai dengan istilahnya maka persepuluhan itu harus 1/10 tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Juga diatur bahwa persepuluhan itu harus dari hasil bumi yaitu ternak dan hasil pertanian. Persepuluhan dalam PL tidak berupa uang.

Dalam PB kewajiban keuangan tidak diatur dengan ketat. Orang percaya diharuskan memberi kepada orang yang mengajar Firman tapi tidak diatur berapa besar pemberian tersebut. Orang percaya juga diharuskan memberi kepada orang miskin, janda dan yatim piatu. Tapi karena pemberian ini tidak diatur persentasenya maka tidak bisa disebut persepuluhan.

Jadi tolong pakai istilah persepuluhan dengan benar. Kalau misalkan kita pakai istilah seenak udel sendiri bukankah itu berarti kita menghina Firman? Firman ditulis dengan istilah dan ungkapan yang tepat dan terinci jangan seenaknya merubah istilah yang digunakan dalam Firman.

billy chien's picture

@SF

SF:Dalam PL kewajiban keuangan diatur dengan ketat karena itulah ada persepuluhan. Sesuai dengan istilahnya maka persepuluhan itu harus 1/10 tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang.

Billy: Pak, alsannya apa kog nga boleh lebih? seumpama ada yang memberi 20% bagaimana?...apa nga termasuk persepuluhan? atau dianggap persembahan syukur? trims...

__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

Samuel Franklyn's picture

Istilah Firman itu terinci

Istilah Firman itu terinci. Kalau misalkan 20% maka itu tidak bakal disebut persepuluhan oleh Firman. Itu akan disebut perduapuluhan atau pemberian.

Wahyu 22:18-19
(18)  Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.
(19)  Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

Kalau kita menyebut 20% adalah persepuluhan bukankah kita akan kena hukuman seperti yang disebutkan Tuhan diatas?

smile's picture

@pak SF

Pak SF menulis :

Dalam PB kewajiban keuangan tidak diatur dengan ketat. Orang percaya diharuskan memberi kepada orang yang mengajar Firman tapi tidak diatur berapa besar pemberian tersebut. Orang percaya juga diharuskan memberi kepada orang miskin, janda dan yatim piatu. Tapi karena pemberian ini tidak diatur persentasenya maka tidak bisa disebut persepuluhan.

nah itu juga berlaku buat pedagang yang tidak punya petugas accounting kali ya pa...kalo sudah begini,...bayar pajak pun ya ga jelas pastinya,...apalg mereka ada yang berdagang turun temurun, dan semua yang termasuk didalamnya adalah keluarga.

Kepastian berapa besarnya,menurut saya perpuluhan itu hanya kita sendiri yang tahu.Jika berkata bohong dan lebih banyak tidak jujurpun, tanggung jawab mental kita kepada Tuhan yang akan kita pertanggungjawabkan. Biasanya masalah itu kita jelas menyadarinya, akan tetapi kalo sudah menyangkut masalah uang,...ya semua pasti mencari pembenarannya masing - masing, tinggal tergantung hati kita, kepada Yesus, bagaimana memberikan apa yang menjadi milik Tuhan, dan menerima apa yang Tuhan beri buat kita, dan perpuluhan itu juga sama dengan prinsip tabur tuai.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

@ SF, Perpuluhan BUKAN Persembahan

Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?" Matius 22:17

Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah." Matius 22:21

Samuel Franklyn,yang ditanyakan oleh orang Farisi dan dijawab oleh Kristus adalah KEWAJIBAN. Sesuatu baru bisa disebut KEWAJIBAN bila ada STANDARDNYA.

Membayar PAJAK adalah kewajiban warga negara. STANDARDNYA jelas dan TEGAS! YAng tidak melakukannya disebut MELANGGAR.

Kewajiban keuangan buat pekerjaan Tuhan. Kita memberi dengan sukacita untuk mendukung mereka yang melayani pekerjaan Tuhan. Kita juga memberi buat orang miskin, janda dan yatim piatu.

Yang anda tulis tersebut di atas BUKAN kewajiban karena TIDAK ada standardnya. Itu namanya sukarela, artinya suka-suka sesuai kerelaan masing-masing.

Sebelum mendiskusikan kembangnya kita harus sepakati dulu pokoknya.

Menurut saya itulah yang anda lupakan ketika mempelajari perpuluhan. Seperti yang sudah saya tulis berulang kali.Anda harus paham dulu bahwa PERPULUHAN bukan PERSEMBAHAN. Itu sebabnya disebut PERSEMBAHAN KHUSUS. Perpuluhan adalah mengembalikan MILIK Tuhan yang tidak diberikan-Nya ke manusia kepada TUHAN. Itu sebabnya PERPULUHAN disebut KEWAJIBAN. 10% TIDAK lebih TIDAK kurang.

Memberi kepada Tuhan apa yang Tuhan TIDAK berikan kepada manusia disebut PERPULUHAN.

Memberi kepada Tuhan untuk menebus sesuatu dari Tuhan disebut KORBAN TEBUSAN.

Memberi kepada Tuhan apa yang Tuhan berikan kepada manusia disebut PERSEMBAHAN.

Memberi kepada Tuhan karena SUDAH berjanji untuk memberikannya disebut NAZAR.

Nah, Samuel Franklyn amri kita melakukan diskusi secara sistematis  dan menggunakan definisi yang benar.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@Orgindo, Pandangan Yang Sangat Tajam

Orgindo, pandangan yang sangat tajam! Saya jarang sekali menemukan orang-orang Kristen yang menggunakan ayat yang anda gunakan untuk mengajarkan perpuluhan. Bahkan di pasar Klewer ini andalah orang pertama yang menulisnya.

Namun, ayat tersebut benar-benar tepat!

Orang-orang yang menolak perpuluhan menyatakan bahwa memberi itu adalah pernyataan kasih bukan KEWAJIBAN. Namun anda mengajarkan bahwa YEsus mengajarkan tentang KEWAJIBAN memberi kepada Allah. Kewajiban itu adalah Perpuluhan.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Jerry Elim's picture

Apakah Gereja telah MENEMUKAN KATA SEPAKAT PERHITUNGAN /10AN?

Glory haleluya...

Mohon pendapat Bapak/Ibu tentang cara menghitung PERSEPULUHAN yang sebenarnya menurut logika, sesuai beberapa alternatif berikut :
a. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak).
b. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak tetapi setelah dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya).
c. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
d. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak).
e. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak tetapi sebelum dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya.
f. 10% dari gaji/pendapatan (setelah dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
 

Gereja tidak punya standar perhitungan. Alkitab punya standar perhitungan, 1/10 dari hasil tanah. Kalo Anda mengerti ini maka tidak perlu 6 alternatif yg anda sugguhkan. 

Saya harapkan Anda whoislikegod dalam menjawab pertanyaan harus liat konteksnya ya... Perpuluhan diterapkan oleh gereja trus kalo Anda katakan Gereja tidak punya standar perhitungannya....ya jangan berani terapkan persepuluhan dong... Lalu Anda katakan Alkitab punya standar perhitungannya dari hasil tanah.... ok itu baik bung... tapi APAKAH ANDA dan SETIAP ANGGOTA JEMAAT di GEREJA ANDA adalah PETANI atau mereka yang penghasilannya dari PENGOLAHAN TANAH?

Bapak-bapak n ibu-ibu n bro2 n sist2.... coba simak baek2 jawaban ngambang dari whoislikegod ini :

saya belum menemukan PB yang mengatakan bahwa Yesus melantik siapa Lewi dan siapa Imam. Anda ingin pembaca mengklaim bahwa 1 diantara 5 jawatan yaitu gembala adalah imam? Kalau praktek gereja sekarang berani mengklaim siapakah imamnya dan siapakah Lewinya sehingga berhak atas perpuluhan maka anda mengatakan tidak sesuai alkitab dan oleh sebab itu perpuluhan batal/tidak berlaku?? Maleakhi 3 mengatakan tentang perpuluhan adalah supaya ada makanan di rumahKu. Seharusnya perpuluhan dikembalikan tanpa memikirkan siapa yang berhak. Seharusnya tapi ini masalah uang, semua orang doyan.

Kalo Anda BELUM menemukan ayat referensi dalam PB memang WAJAR DEMKIAN karena ANDA TIDAK AKAN PERNAH MENEMUKANNYA.

INGAT...! TOPIK SAYA ADALAH "PERSEPULUHAN - ALKITABIAH TAPI TIDAK INJILI"

Saya tidak pernah mengatakan bahwa PERSEPULUHAN itu tidak ada dalam ALKITAB tapi yang saya TEKANKAN bahwa PERSEPULUHAN itu TIDAK INJILI artinya apa-apa yang tercatat dalam PL  tentang /10-an tidak lagi TERDAPAT dalam PB.

Yang Anda kutip dalam PB itu BUKANLAH AJARAN YESUS KRISTUS pada para RASUL-NYA tetapi merupakan JAWABAN ATAS PERTANYAAN JEBAKAN yang disodorkan oleh FARISI dan AHLI TORAH, para musuh-Nya.

Bacalah ALKITAB SESUSAI KONTEKSnya bro.

Perhatikan dengan seksama Ibrani 7:

7:11 Karena itu, andaikata oleh imamat Lewi telah tercapai kesempurnaan -- sebab karena imamat itu umat Israel telah menerima Taurat -- apakah sebabnya masih perlu seorang lain ditetapkan menjadi imam besar menurut peraturan Melkisedek dan yang tentang dia tidak dikatakan menurut peraturan Harun?
7:12 Sebab, jikalau imamat berubah, dengan sendirinya akan berubah pula hukum Taurat itu.

7:13 Sebab Ia, yang dimaksudkan di sini, termasuk suku lain; dari suku ini tidak ada seorang pun yang pernah melayani di mezbah.
7:14 Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku itu Musa tidak pernah mengatakan suatu apa pun tentang imam-imam.
7:15 Dan hal itu jauh lebih nyata lagi, jikalau ditetapkan seorang imam lain menurut cara Melkisedek,
7:16 yang menjadi imam bukan berdasarkan peraturan-peraturan manusia, tetapi berdasarkan hidup yang tidak dapat binasa.
7:17 Sebab tentang Dia diberi kesaksian: "Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek."
7:18 Memang suatu hukum yang dikeluarkan dahulu dibatalkan, kalau hukum itu tidak mempunyai kekuatan dan karena itu tidak berguna,
7:19 -- sebab hukum Taurat sama sekali tidak membawa kesempurnaan -- tetapi sekarang ditimbulkan pengharapan yang lebih baik, yang mendekatkan kita kepada Allah.


 

Tolong dipahami bahwa PERSEPULUHAN yang diTETAPKAN TUHAN bagi KAUM LEWI itu adalah UPAH mereka dan itu merupakan bagian dari HUKUM TAURAT atau PERSEPULUHAN adalah HUKUM TAURAT.

Perhatikan referensinya : Bilangan 18:

18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.
18:30 Lagi haruslah engkau berkata kepada mereka: Apabila kamu mengkhususkan yang terbaik dari padanya, maka bagi orang Lewi haruslah hal itu dihitungkan sebagai hasil tempat pengirikan dan hasil tempat pemerasan anggur;
18:31 kamu boleh memakannya di setiap tempat, kamu dan seisi rumahmu, sebab upahmulah itu, untuk membalas pekerjaanmu di Kemah Pertemuan.

Ibrani 7:
 

7:5 Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, menurut hukum Taurat, untuk memungut persepuluhan dari umat Israel, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham.
7:9 Maka dapatlah dikatakan, bahwa dengan perantaraan Abraham dipungut juga persepuluhan dari Lewi, yang berhak menerima persepuluhan,
7:10 sebab ia masih berada dalam tubuh bapa leluhurnya, ketika Melkisedek menyongsong bapa leluhurnya itu.

Semoga saudara-saudari dalam Yesus Kristus TUHAN Allah kita dapat memahaminya.

Saya sangat mengharapkan tanggapan yang logis-teologis Injili khusus untuk masalah PERSEPULUHAN.

Saya masih punya usul menarik PENGGANTI PERSEPULUHAN sesuai dengan INJIL YESUS KRISTUS.

Jesus cares...


 

whoislikegod's picture

Jerry, sepakat?

Lalu Anda katakan Alkitab punya standar perhitungannya dari hasil tanah.... ok itu baik bung... tapi APAKAH ANDA dan SETIAP ANGGOTA JEMAAT di GEREJA ANDA adalah PETANI atau mereka yang penghasilannya dari PENGOLAHAN TANAH?

Menurut Anda gereja harus mencari kesepakatan atau hidup menurut alkitab? Jika Anda berkata apakah anggota gereja Anda adalah petani atau pengolah tanah berarti kita TIDAK PERLU BAYAR PAJAK? Karena kita hidup di bawah kepresidenan bukan kekaisaran!

Yang Anda kutip dalam PB itu BUKANLAH AJARAN YESUS KRISTUS pada para RASUL-NYA tetapi merupakan JAWABAN ATAS PERTANYAAN JEBAKAN yang disodorkan oleh FARISI dan AHLI TORAH, para musuh-Nya.

Bacalah ALKITAB SESUSAI KONTEKSnya bro.

Yang makro diperhatikan jadi yang mikro diabaikan? ya ya....

Tolong dipahami bahwa PERSEPULUHAN yang diTETAPKAN TUHAN bagi KAUM LEWI itu adalah UPAH mereka dan itu merupakan bagian dari HUKUM TAURAT atau PERSEPULUHAN adalah HUKUM TAURAT.

Perhatikan referensinya : Bilangan 18:

Tolong dipahami juga siapa yang mengupah?

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

billy chien's picture

@jerry

billy:makin panas ....apa sih "persepuluhan" itu? nanya langsung aja pada sumbernya "YESUS" pasti dia menjawab....amin


__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

Jerry Elim's picture

PERSEPULUHAN BUKAN AJARAN TUHAN YESUS

Glory haleluya...

Mohon pendapat Bapak/Ibu tentang cara menghitung PERSEPULUHAN yang sebenarnya menurut logika, sesuai beberapa alternatif berikut :
 

a. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak).
b. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak tetapi setelah dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya).
c. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
d. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak).
e. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak tetapi sebelum dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya.
f. 10% dari gaji/pendapatan (setelah dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
 

Tolong jawab dulu pertanyaan di atas. Jangan menyimpang untuk cari pembenaran diri yang hanya spent the time.

Harap dalam memberikan tanggapan LIAT KONTEKSnya, PERHATIKAN SISTEMATIKANYA dan sokong dengan ayat referensinya. Jangan pelampiasan emosi yang subyektif belaka.

Pembahasan2 dalam forum ini juga di baca oleh "orang luar". Marilah kita berdiskusi dengan ketenangan intelektual sebagai wujud penguasaan diri atas dasar iman kristiani. Ok...? Hati mungkin bisa panas karena tersinggung tapi pikiran harus tetap jernih.

Salah satu cara membuktikan kualitas iman Anda adalah melalui DISKUSI TEOLOGIA INTERAKTIF dalam forum rohani ini.

Milikilah PIKIRAN KRISTUS supaya diskusi ini tetap dalam koridor Injil Yesus Kristus dan tetap sehat.

Jesus cares...

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

bullsh*t of the day

Salah satu cara membuktikan kualitas iman Anda adalah melalui DISKUSI TEOLOGIA INTERAKTIF dalam forum rohani ini.

ini BULLSH*T of the day, hahahaha.... >:-D

sandman's picture

@Nis

diskusi teologia yang interaktif teh seperti apa sih?? *culun* mode ON

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

dennis santoso a.k.a nis's picture

gabung di sisi penonton?

iya san... yok duduk bareng di sisi penonton buat melihat contoh diskusi teologia yang interaktif dari om jerry...

mungkin maksudnya yang banyak nubuat san... tadi hai2 dinubuatin jadi setan, terus kali ntar bakal ditengking, dsb... gitu kali maksudnya san...

tapi... ga tau juga san... itu asumsi aja... mari kita saksikan sama2 :-)

smile's picture

Jerry Elim = perpuluhan = kejujuran

Jerry Elim salam kenal...

Perpuluhan adalah belajar jujur, pada diri sendiri terlebih dahulu, baru memberi buat Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, dan membayar kepada negara apa yang menjadi hak negara.

Referensinya :

KEJADIAN 

30:33 Dan kejujuranku akan terbukti di kemudian hari, apabila engkau datang memeriksa upahku: Segala yang tidak berbintik-bintik atau berbelang-belang di antara kambing-kambing dan yang tidak hitam di antara domba-domba, anggaplah itu tercuri olehku.
 

MAZMUR

37:37 Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan

Just love to share....

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

Jerry Elim, Keras Kepala

Jerry Elim mengajarkan bahwa Perpuluhan itu Alkitabiah namun TIDAK Injili. Alkitabiah karena tercatat di dalam Alkitab namun tidak Injili karena tidak berlaku lagi pada zaman Perjanjian Lama. - Koreksi - Harusnya PErjanjian Baru

Kenapa Perpuluhan tidak Injili? Karena Jerry Elim TIDAK bisa menentukan DASAR perhitungan perpuluhan.

Anda mau tahu pendapat saya tentang argumentasi demikian? Hanya satu kata: TOLOL!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Jerry Elim's picture

ANDA TELAH MEMBUKTIKAN KUALITAS IMANMU

Glory haleluya...,

Saudara Hai-hai... yang ADUHAI... MALANGNYA...

Bila Anda selalu mengatakan yang terbesar di sorga adalah Anak-anak..., SEHARUSnya Anda BERSIH, TULUS dan LEMBUT seperti Anak-anak dalam BERTUTUR dan BERKOMENTAR.... bro.
 

Tetapi ternyata Anda telah berubah menjadi SETAN yang suka memaki-maki karena TIDAK MAMPU BERDISKUSI. Iman Anda lagi BERMASALAH DAN SAKIT. SEGERALAH DIOBATI... BRO. JIKA TIDAK MAKA SAYA SANGSI APAKAH ANDA MASIH BISA MELIHAT SORGA?

KATA "TOLOL" YANG ANDA TULISKAN PADA FORUM ROHANI INI TIDAKLAH PANTAS BAGI ANDA SENDIRI YANG MENGKLAIM DIRI SEBAGAI ANAK-ANAK SORGA.
 

Dear all in Jesus Christ...

Janganlah kotori forum rohani Kristen ini dengan ungkapan-ungkapan kedagingan yang menodai maksud mulia forum ini diadakan.

Semoga ADMIN memperhatikannya....

 

Jesus cares....
 

whoislikegod's picture

Jerry, obati Hai Hai

Benar Jerry Hai Hai memang perlu diobati.

Kemarin DALAM ROH saya melihat Hai Hai sedang berjalan di HONGKONG. Saya melihat di dadanya tertembus 3 panah hitam dari Iblis tapi Hai Hai masih berjalan. Lidahnya terjulur dan bercabang 2. Lalu saya mendengar suara bahwa kalo kamu mau melihat Hai Hai sembuh dan panah tersebut hilang maka engkau harus berpuasa 3 hari 3 malam. Menengking setiap hari sampai panah tersebut berguguran.

Saya sebenarnya kasihan tapi bingung mau kasihan sama siapa karena berkata TOLOL adalah makian sedangkan berkata 'berubah jadi SETAN'?

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

dennis santoso a.k.a nis's picture

setan (beneran) ketawa

Saya sebenarnya kasihan tapi bingung mau kasihan sama siapa karena berkata TOLOL adalah makian sedangkan berkata 'berubah jadi SETAN'?

"berubah jadi SETAN" adalah nubuatan, kayaknya.... hahahaha >:-D

sandman's picture

@nis..

emang bisa yah ganti margi? dari SE  ANG jadi  SE  TAN

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

GODARMY's picture

@jerry elim

jerry elim perpuluhan itu hukumnya wajib, kamu tinggal di indonesia ya bayar pajak sama pemerintah , kalau kamu mau ikut kerajaan surga ya kamu ikuti aturan sorga, lebih baik saya kasih kamu ayat di pb (Ajaran Yesus) buat direnungkan:)...:

Ibrani: 7
7:1. Sebab Melkisedek adalah raja Salem dan imam Allah Yang Mahatinggi; ia pergi menyongsong Abraham ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, dan memberkati dia.
7:2 Kepadanyapun Abraham memberikan sepersepuluh dari semuanya. Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem, yaitu raja damai sejahtera.
7:3 Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.
7:4 Camkanlah betapa besarnya orang itu, yang kepadanya Abraham, bapa leluhur kita, memberikan sepersepuluh dari segala rampasan yang paling baik.
7:5 Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, menurut hukum Taurat, untuk memungut persepuluhan dari umat Israel, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham.
7:6 Tetapi Melkisedek, yang bukan keturunan mereka, memungut persepuluhan dari Abraham dan memberkati dia, walaupun ia adalah pemilik janji.
7:7 Memang tidak dapat disangkal, bahwa yang lebih rendah diberkati oleh yang lebih tinggi.
7:8 Dan di sini manusia-manusia fana menerima persepuluhan, dan di sana Ia, yang tentang Dia diberi kesaksian, bahwa Ia hidup.
7:9 Maka dapatlah dikatakan, bahwa dengan perantaraan Abraham dipungut juga persepuluhan dari Lewi, yang berhak menerima persepuluhan,
7:10 sebab ia masih berada dalam tubuh bapa leluhurnya, ketika Melkisedek menyongsong bapa leluhurnya itu.

jika kamu tanya tentang pilihan kamu di atas saya jawab pilihan kamu yang A, yaitu pendapatan awal bulan sebelum dipotong apapun berikan pada Tuhan dan selebihnya baru dipotong ini itu:), kalo kamu tanya lagi gimana bila gak cukup buat diri sendiri saja kurang? saya jawab saya sudah melakukan perpuluhan sejak saya masih melarat dan kurang bahkan, jadi tidak ada alasan bagi yg kekurangan untuk tidak mulai belajar memberi perpuluhan, percayalah bahwa Tuhan itu tahu segala kekurangan kita, Dia akan bertanggung jawab memelihara kita. apakah kamu percaya ayat ini?:

Matius: 6
6:25. "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?
6:26 Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?
6:27 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?
6:28 Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal,
6:29 namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.
6:30 Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?
6:31 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?
6:32 Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.
6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
6:34 Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."


jika kamu percaya ayat ini baguslah:)

semoga kamu dapat merenungkan komen terakhirku ini:)

 

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

mike's picture

jerry elim dan hai hai

-Jer kata kata kamu 100% saya setuju buanget ,sangat2 tidak baik sebagai anak2 Tuhan berdiskusi pakai kata2 itu.

-Tapi maklumlah kita memang kalau udah ketemu yang tolol ya mau ngomong apa lagi .anggaplah kata2 tolol dari hai hai sebagai ungkapan ke akrab-an...He he he

whoislikegod's picture

Hai Hai, dia sedang kumpulin pendapat

Salam sobat Hai Hai...

Coba Anda perhatikan komentar Jerry Elim, maka Anda akan mendapati ada yang diulang dalam setiap komentarnya yaitu pertanyaan mengenai 6 alternatif. Dia tampaknya mendesak untuk pembaca memilih antara a s/d f. Mungkin sedang membantu temannya untuk pengisian quesioner atau dia sedang membuat suatu tulisan tapi jelas sekali komentarnya sangat mendesak untuk menjawab. Anda bisa melihat bahkan saking frustasinya sampai di hi-lite. Setelah dapat pendapat dari Klewer maka langsung tinggal printout atau pencet Printscreen, buka program Paint dan Paste maka jadilah... Ha ha ha... sayang ga ada yang terpancing. Itulah sebab dia membaca tapi tidak menyimak...

Hai hai saya menunggu blog Anda untuk uraian tentang Taurat digenapi atau dibatalkan, antara Yesus dan Paulus. Bagi-bagi info ya.. bukankah itu masuk dalam kategori menabur dan saya yakin Anda akan menuai atas usaha Anda berpuluh tahun...

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

smile's picture

Dimulai dari saya, WILG

ya udah kita jawab aha, bro....kuisionernya :

Mohon pendapat Bapak/Ibu tentang cara menghitung PERSEPULUHAN yang sebenarnya menurut logika, sesuai beberapa alternatif berikut :
 

a. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak).
b. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak tetapi setelah dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya).

c. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
d. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak).
e. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak tetapi sebelum dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya.
f. 10% dari gaji/pendapatan (setelah dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).

 

Tolong jawab dulu pertanyaan di atas. Jangan menyimpang untuk cari pembenaran diri yang hanya spent the time.

jawabannya C

Pendapatmu? ditunggu...ayo yang lainnya,......WILG...

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

sandman's picture

Smile..

Coba perhatikan questionernya point2nya.. ada yang janggal gak??

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

whoislikegod's picture

sandman, ikut ah

aku bingung san... tapi kalo pendetanya JE ya aku maunya:

sisa pendapatan di akhir bulan setelah aku pakai x 10% (alternatif baru)

ayo Dennis dan King gimana?

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

dennis santoso a.k.a nis's picture

ikut deh

gue ga bayar perpuluhan :-)

bayarnya pajak NPWP (itu pun karena dipaksa kantor)

*eh itu ada gak di kuesionernya yah?*

smile's picture

PEMBATALAN KOMEN...Bisa ga bisa...DIANULIR AJA

MAAFFFFFFFFFFFFFF....

karena kuisionernya bikin bingung, maka saya menarik jawaban diatas, dan DIANULIR...saja...anggap aja tidak ada yah Jerry Elim...mungkin harus dibaca 2 hari 2 malam, baru bisa berkoment....

daripada dibilang tidak bisa menghitung,....mending semua komenku saya batalkan,....sampai nanti .

 

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

sandman's picture

@Smile...

Emang Maen Bola bisa diarnulir GOLnya.. ha ha ha

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

smile's picture

sandman....

ya, karena seperti yang saya bilang, itu kalimat yang dibolak dan balik, pernyataan dan pertanyaan kan harus benar benar dibaca lagi, buat blog dengan pernyataan, dan akhirnya ujungnya pertanyaan, dan masih menyisakan PR,...kalo jawab asal lagi, kan nanti dibilang orang kristen gak tau ngitung kok bilang masalah perpuluhan, dikasih pilihan kuistioner, hasilnya NOL BESAR...

Makanya dikuliti dulu kata katanyam,,baru siap siap main bola lagi,..emangnya MU/ AC MILAN? huahahaha

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

sandman's picture

WILG...

Tesiskah? skrispsikah? atau laennyakah? kah.. kah... kah... *tertawa mode baru*

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Jerry Elim's picture

ORANG KRISTEN BELUM TAHU HITUNG TAPI BERI PERSEPULUHAN ?

Dear all in Christian Faith...,

Saya terheran-heran plus merasa aneh and irasionil melihat orang-orang Kristen memberi persepuluhan tapi TIDAK TAHU CARA HITUNGNYA.

Saya sudah buat kuesioner untuk meneliti masalah ini dan salah satu soal yang saya tuliskan dalam kuesioner adalah :

Mohon pendapat Bapak/Ibu tentang cara menghitung PERSEPULUHAN yang sebenarnya menurut logika, sesuai beberapa alternatif berikut :
 
a. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak).
b. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak tetapi setelah dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya).
c. 10% dari gaji/pendapatan (sebelum dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
d. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak).
e. 10% dari pendapatan (setelah dikurangi pajak tetapi sebelum dikurangi angsuran pinjaman dan potongan lainnya.
f. 10% dari gaji/pendapatan (setelah dikurangi pajak dan angsuran hutang/ lainnya).
 

Untuk pertanyaan ini saja (di atas, red) para GEMBALA JEMAAT, KETUA JEMAAT, PENDETA dan para anggota Jemaat memberi jawaban yang sangat variatif (TIDAK ADA KESAMAAN CARA NGITUNGNYA).

Dan pertanyaan tersebut telah saya sodorkan pada forum terhormat ini tapi ternyata jawaban nol (hingga kini belum juga dijawab) bahkan jawaban yang diberikan adalah "TOLOL" dari bro or sist  "HAI-HAI". LUAR BIASA.... IMANNYA.

Saya jadi sedih bila kekristen memiliki iman yang melompat dalam kegelapan alias tidak bisa dipertanggungjawabkan secara intelektual.

Padalah hal yang saya tahu TUHAN YESUS adalah INTELEKTUAL SEJATI yang TIADA TARANYA. NAMUN SAYANG..... pengikutNYA .......

Maaf... bro and sist. untuk PERSEPULUHAN - ALKITABIAH TAPI TIDAK INJILI adalah judul buku saya yang telah menghabiskan waktu hampir 10 tahun hingga penerbitannya. Saya obeservasi lapangan dan kepustakaan kurang lebih 5 tahun; menulis 2 tahun dan 2 tahun lagi saya melakukan evaluasi dan menerima tanggapan (pro-kontra) dari jemaat kristen untuk memperbaikinya.

Apapun tanggapan yang terlontar dalam forum ini telah menunjukkan betapa mengakarnya pengajaran PERSEPULUHAN yang memang TIDAK INJILI.

INJIL YESUS KRISTUS mengajarkan bentuk persembahan yang jauh lebih besar (secara nominal) dan berkualitas (secara rohaniah) daripada kewajiban memberi PERSEPULUHAN yang secara HUKUM adalah MILIK PARA LEWI (BANGSA ISRAEL-YAHUDI) hingga saat ini dan hanya berlaku dalam TABERNAKEL (tempat ibadah orang Yahudi)

JEMAAT MULA-MULA TELAH MEMPRAKTEKKAN PERSEMBAHAN YANG DIAJARKAN INJIL YESUS KRISTUS SEHINGGA GEREJA TELAH BERTUMBUH DAN BERKEMBANG KESELURUH DUNIA HINGGA SAAT INI.

Seharusnya gereja mengikuti PENGAJARAN YESUS KRISTUS dan BUKAN NGOTOT MENGAJARKAN TAURAT milik bangsa YAHUDI yang dipraktekkan dalam TABERNAKEL.

INGAT...TIDAK ADA ORANG YANG DIBENARKAN KARENA MELAKUKAN TORAH. (ROMA 3:28). DALAM KITAB GALATIA TERTULIS :

3:23 Sebelum iman itu datang kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu telah dinyatakan.
3:24 Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman.
3:25 Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun.
3:26 Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.

Jika Anda ingin menanggapi penjelasan saya..., tanggapilah sebagai orang Kristen yang memiliki kualitas iman yang dapat diandalkan dan bukan asal bunyi karena emosi yang meledak-ledak.

Jesus cares...


 

 

king heart's picture

@jerry elim

Wah saya kagum anda berobservasi hingga hampir 10 tahun, tapi hanya segini saja hasilnya ? Coba tanya kepada Hai hai yang memaki tolol coba tanya observasinya akan Alkitab lebih dari 20 tahun lho

Jika waktu menjadi penentu mari kita lihat paparan teologis si Setan dan si Tolol ...

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

whoislikegod's picture

wahai penulis

Ini adalah komentar yang ditulis oleh Dennis Santoso:

Salah satu cara membuktikan kualitas iman Anda adalah melalui DISKUSI TEOLOGIA INTERAKTIF dalam forum rohani ini.

ini BULLSH*T of the day, hahahaha.... >:-D

Anda tahu bahwa BULLSH*T yang ditulis oleh Dennis tersebut adalah mengacu kepada Alkitab, ini ayatnya:

Rom 10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Jerry kayaknya saya akan lebih membaca buku yang penulisnya DENNIS SANTOSO ketimbang JERRY ELIM. Kasiannnnnnnnnn.....

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

king heart's picture

@jerry elim

Wah saya kagum anda berobservasi hingga hampir 10 tahun, tapi hanya segini saja hasilnya ? Coba tanya kepada Hai hai yang memaki tolol coba tanya observasinya akan Alkitab lebih dari 20 tahun lho

Jika waktu menjadi penentu mari kita lihat paparan teologis si Setan dan si Tolol ...

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Jerry Elim's picture

"SIAPA SEPERTI ALLAH" YANG EMOSIONAL...?

Dear all... in Jesus Christ...

What a pitty..., peserta forum rohani ini telah terpancing keluar dari topik utama PERSEPULUHAN. 

Tidak sportif dalam membahas dan lebih mengarah pada penyerangan pribadi. Forum ini sepertinya telah menjadi MARKAS AGRESOR bertameng ayat-ayat Alkitab. LUARRRRR BIASSSS aje deh.... hohohoho.

Diskusinya telah berubah jadi "PERANG SALIB" pake nama Tuhan berpeluru ayat-ayat Alkitab. Assyiiiik juga nih....

Sampe-sampe si manusia yang menggunakan gelar kehormatan "whoislikegod" jadi ikut-ikutan emosi bin kalap mengikuti jejak si aduhai bin "hai-hai".

Apakah dengan menyampaikan kebenaran Injil Yesus Kristus aku telah menjadi musuh saudara-saudari yang mengaku iman timbul dari pendengaran akan Firman Kristus?  Oooppsss..... Jangan marah-marah lagi ya anak-anak sorga..... hohohohoho hihihihi

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

 

Jesus cares.....

 

John Doe's picture

Emang Susah...

Jerry Elim,

emang nggak enak banget jadi orang miskin. Pusing terus masalah duit buat bayar ini itu termasuk bayar perpuluhan. Orang kaya nggak bakal mikir kalo ngeluarin duit buat bayar ini itu termasuk bayar perpuluhan. Apalagi sampe nyari ayat-ayat pendukung di alkitab or injil.....

hahahahaha....

sandman's picture

@john Doe

Kata sapa orang kaya gak pusing memberikan perpuluhan, mereka pusing lebih-lebih dari orang miskin, coba tanyakan aja berapa sulitnya melepas uang 10jt sebagai perpuluhan...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

John Doe's picture

@sandman

Itu bukan pusing, tapi pelit. Orang pusing coz gak punya duit buat bayar, orang pelit coz gak mau keluar duit buat bayar.

hehehehehe....

 

mike's picture

King heart and whoislikegod salah bersikap

-Maaf ya bukan bela Jerry Elim tapi saya rasa cara kamu membela hai2 dan menyerang jerry aku rasa kurang benar

hai hai's picture

@ Jerry Elim, Memang TOLOL

Bila Anda selalu mengatakan yang terbesar di sorga adalah Anak-anak..., SEHARUSnya Anda BERSIH, TULUS dan LEMBUT seperti Anak-anak dalam BERTUTUR dan BERKOMENTAR.... bro.

Jerry Elim, tidak tahukah anda bahwa karena saya BERSIH, TULUS dan LEMBUT seperti Anak-anak dalam BERTUTUR dan BERKOMENTAR.... itu sebabnya saya memberitahu anda bahwa argumentasi anda tentang perpuluhan itu TOLOL. Anda mau membaca kembali komentar saya tersebut? Baiklah saya akan mengutipnya kembali:

Kenapa Perpuluhan tidak Injili? Karena Jerry Elim TIDAK bisa menentukan DASAR perhitungan perpuluhan.


Anda mau tahu pendapat saya tentang argumentasi demikian? Hanya satu kata: TOLOL!

Jerry Elim, masalahnya tidak terletak pada kata TOLOL yang saya tulis namun pada argumentasi anda yang TOLOL.

Apabila hendak melakukan polling maka anda harus menghubungi Admin karena menurut Policy blogger tidak boleh melakukan pooling. Apabila hendak melakukan diskusi tentang Perpuluhan, maka anda harus melakukannya dengan cara yang benar, bukannya kekeh jumekeh mengajukan argumentasi yang saya katakan TOLOL tersebut.

KATA "TOLOL" YANG ANDA TULISKAN PADA FORUM ROHANI INI TIDAKLAH PANTAS BAGI ANDA SENDIRI YANG MENGKLAIM DIRI SEBAGAI ANAK-ANAK SORGA.

Dear all in Jesus Christ...

Janganlah kotori forum rohani Kristen ini dengan ungkapan-ungkapan kedagingan yang menodai maksud mulia forum ini diadakan.


Anda benar, kata TOLOL memang tidak pantas bagi diri saya sendiri itu sebabnya saya tidak pernah menyebut diri saya TOLOL atau menyebut argumentasi-argumentasi saya TOLOL.

wow ... TOLOL adalah ungkapan kedagingan? Wow ...Jerry Elim, anda dapat wahyu baru? Wahyu dari hongkong?

INJIL YESUS KRISTUS mengajarkan bentuk persembahan yang jauh lebih besar (secara nominal) dan berkualitas (secara rohaniah) daripada kewajiban memberi PERSEPULUHAN yang secara HUKUM adalah MILIK PARA LEWI (BANGSA ISRAEL-YAHUDI) hingga saat ini dan hanya berlaku dalam TABERNAKEL (tempat ibadah orang Yahudi).

Jerry Elim, pernyataan tersebut di atas adalah pernyataan TOLOL! Saya katakan TOLOL karena tidak ada ayat-ayat Alkitab yang mendukung ajaran demikian. Saya katakan TOLOL karena ajaran demikian bertentangan dengan ajaran Alkitab. Apabila anda merasa pernyataan anda tersebut tidak TOLOL, maka ajukanlah argumentasi anda. Menuduh atau memaki saya setan tidak akan membuat pernyataan anda tersebut menjadi PINTAR.

Anda mau belajar tentang perpuluhan? Anda mau mengajar tentang perpuluhan? Anda mau menguji pemahaman anda dan pemahaman para blogger di sini tentang perpuluhan? Anda mau diskusi tentang perpuluhan? Mulailah dengan DEFINISI apa itu perpuluhan. Lalu lanjutkanlah dengan MEMBUKTIKAN bahwa Perpuluhan sudah tidak berlaku lagi pada jaman Perjanjian Baru.

Sudah 10 tahun belajar tentang perpuluhan namun NGGAK bisa menghitung perpuluhan dengan cara yang benar sesuai ajaran Alkitab? Benar-benar ....... ! Apa yang anda pelajari selama 10 tahun ini? 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Jerry Elim's picture

SUSAH YA... BAYAR PERPULUHAN.. BRO.?

Mr. John Doe,

Anda rupanya mancing timbulnya argumen baru lagi. Kewajiban bayar perpuluhan itu perintah kepada KAYA RAYA dan juga MISKIN RAYA; ndak pandang bulu bro.... nanti di omelin ame "whoislikegod" n teman-teman sekutunye...bosnye bro DENNIS SANTOSO (dikit-dikit dilaporkan ke sang BOS) hihihihihihi

Rame jadinya kalo bos jadi GUSAR bin MURKA.... hehehehe tapi saya yakin tidak khan Bos ....? Biar anak-anak yang  ndak mau ke sorga aje yang tensinya naik-naik. Bosnya harus TENSI RENDAH dong.... iye... kan? geeerrrrrr.... minum dulu COCA COLA ya Bosss....

Jadi gimana "si miskin" John Doe, apa yang harus anda berikan kepada para Lewi dan Imam yang "punya " gereja? Ehh bro John D. kalo duit ndak punya, "persembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang kudus dan berbau harum di hadapan TUHAN karena itulah yang berkenan kepadaNYA".... ok?

Tolong baca 2 Korintus 9:6-13. Itulah yang Injil catat bagi para pengikut YESUS KRISTUS yang setia. LEBIH DARI SEKEDAR SEPERSEPULUH.

TUHAN YESUS memberkati juga mereka baru bisa memberi sepersepuluh dari hasil tanah. Karena kita adalah anak-anak TUHAN YESUS KRISTUS.

Jesus cares....

John Doe's picture

Saya nggak berpikir kalo

Saya nggak berpikir kalo perintah perpuluhan itu cuman ke orang kaya aja. Yang mikir & memunculkan argumen baru itu kan kamu, bukan saya. Tapi saya juga setuju sama kamu kalo kita persembahkan tubuh kita sebagai persembahan yang kudus.

Saya cuman mikir, kalo kamu miskin terus ya pasti bingung soal penggunaan duit termasuk buat bayar perpuluhan. Orang kaya nggak bakal mikir itu duit buat siapa, yang penting udah bayar. Toh duitnya juga masih banyak dan ntar bakal diberkati lagi coz terlebih berkat memberi daripada menerima.

Mo sampe kapan miskin terus? hehehehe...

 

Mey-Mey's picture

Gitu aja masih blm paham?

Aduh aduh... gitu aja masih blm paham apa yang mr. John maksd

sini deh gw artiin lagi pake kata sehari2, mungkin smuanya ngomong pd

pake bahasa formal sampe kayaknya menyumbat penyampaian ke pemikiran lu or TS, sapa gw lupa namanya, wakakaka

Maksdnya si Mr. Jonh itu

bukan real orang kaya or real orang miskin dalam perumpamaan sih Mr, John

walopun orang yang banyak duid (orang tajir) masih mikir2 kayak lu, itu namanya orang miskin (seperti yang jhon paparkan diatas)

tapi jika orang yang emg pny sdkit uang (orang kere) masih bisa memberikan perpuluhannya, itu disebut orang kaya. Walopun udeh ga pny duid, tapi masih bisa memberikan apa yang dia punya itu ke Tuhan, hidupnya orang tersebut akan di pelihara olehNYA.

Ngerti ga sampe disini? kalo ga ngerti... waduh...cape deh..

Jerry Elim's picture

SI "ANAK SORGA" HAI-HAI SEPERTI KEBAKARAN JENGGOT

Dahsyat men....,

Si aduhai lagi KEBAKARAN seperti ungkapan bijak "KAMBING KEBAKARAN JENGGOT". Anda perlu unit pemadam kebakaran... hahahahaha kasian de lu si aduhai yang tensinya lagi tinggi.... bin KORSLET/ARUS PENDEK. hihihi..... marah ni ye... emosi ya KAKEK Hai-hai...

Ingat cuman anak-anak yang periang dan tidak mendendam. Nah bagaimana dengan amarah bin angkara murka Anda si aduhai "hai-hai"?

Ternyata Anda sangat TEMPRAMENTAL. hihihihi kapan dingin bro "hai-hai"

Apakah dokter Anda telah siap disampingmu? Awas... stroke itu sulit disembuhkan bro Hai-hai.

Salam hormat buat seluruh penghuni Blogger. Semoga Anda semua sehat-sehat saja. Ini bukan masalah ke SORGA or NERAKA. Ini adalah wacana yang saling mengisi dan memperlengkapi pemahaman teologia kita.

Mari tunjukkan bahwa kita adalah pengikut Yesus Kristus yang senantiasa memasyurkan dan memuliakan namaNya. Ok....?

Jesus cares....

Jerry Elim's picture

OoooH... BRO. JOHN DOE, KAYA RAYA....?

@John Doe... si Kaya karena persepuluhan....

Saya cuman mikir, kalo kamu miskin terus ya pasti bingung soal penggunaan duit termasuk buat bayar perpuluhan. Orang kaya nggak bakal mikir itu duit buat siapa, yang penting udah bayar.

Ingat, bukan limpahan materi menjadi ukuran diberkati broer... Anda keliru....

Ada begitu banyak orang Kristen membayar persepuluhan tetapi TETAP MISKIN. Anda mau katakan bahwa Anda lebih tulus dan lebih baik dari mereka sehingga mereka tak kunjung menjadi kaya seperti Anda yang limpah dengan recehan? Terlalu naif....

Bro ada orang-orang yang rajin memberi persepuluhan dari hasil yang tidak halal dan kehidupan rohani yang tidak sesuai dengan Injil Yesus Kristus.

Bro. John Doe yang dikasihi Yesus Kristus, bila kehidupan kerohanian kita tidak lebih baik dari ahli Taurat dan Farisi yang lebih rajin bawa persepuluhan (adas, jintan dan sayuran pun dihitung) maka percumalah iman Kristiani kita.

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Jesus cares.... all of u.

whoislikegod's picture

JE oh JE

Gimana Anda bisa tahu saya emosional? Anda baca track saya? Yang bisa tahu saya emosional adalah kalau saya tulis saya emosi atau diteropong secara roh. Anda pakai kata 'hihi hoho' untuk menutupi bahwa Anda tidak emosional??

Saya menyangkutkan Dennis karena saya ingin Anda mempertanggungjawabkan tulisan Anda bahwa diskusi teologia interaktiv adalah bukti kualitas iman. Yang bener aja JE. Jujur saya belum pernah terpikir dan terbersit sedikitpun bahwa diskusi teologia interaktiv bisa menimbulkan kualitas iman. Seolah Anda yakin bahwa jika Anda menang debat maka berarti kualitas iman Anda adalah aduhai. Yesus pernah bertanya apakah Dia masih mendapati iman ketika datang kembali. Beranikah Anda menanggap ucapanNya dengan jawaban diskusi teologia interaktiv. Anda paham maksud pertanyaan Yesus??? Saya tunggu jawaban Anda untuk Dennis. Saya kenal Dennis? Tidak! Kopdar barang sekalipun belum. Ingat JE bahwa Anda berencana menerbitkan buku bahkan Anda BERANI untuk:

Saya masih punya usul menarik PENGGANTI PERSEPULUHAN sesuai dengan INJIL YESUS KRISTUS.

FANTASTIS JE, saya salut dengan AKSI NEKAD Anda. Anda berani bilang Hai Hai memaki dengan 'TOLOL', kira2 kategori apa buat ucapan Anda dengan menyebutkan bahwa dia SETAN? Kalau Hai-Hai disebut Tuhan adalah anakNya dan biji mataNya lalu Anda menyebut dia SETAN terus??? NEKAD sekali JE sang Penulis. Tidak sekalipun akan saya ungkapkan bahwa manusia adalah SETAN apalagi dia adalah peyembah Tuhan. Tidak sekalipun!

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

Jerry Elim's picture

TERIMAKASIH BUAT "MARKAS AGRESOR"

Glory haleluya...

Saya menyampaikan banyak terima-kasih untuk saudara-saudara yang sudah naik PITAM karena topik PERSEPULUHAN -ALKITABIAH TAPI TIDAK INJILI.

Anda telah "membantu" mempopulerkan buku saya nanti karena DEBAT KUSIR pada forum ini.

Terimakasih yang sebesar-besarnya karena telah MENGKRITISI pribadi saya dengan ungkapan-ungkapan KASIH yang telah menunjukkan siapa, dan bagaimana iman para peserta forum ini.

Memang saya telah berhasil membangkitkan/menimbulkan ketegangan saraf para pemikir Kristen sejati.

MOHON MAAF.... KEPADA SELURUH ANAK-ANAK SORGA dan kepada ADMIN yang mungkin telah kecolongan karena topik "BERACUN" ini.

Jangan dilanjutkan DEBAT KUSIR ala PREMAN JALANAN ini.

Glory haleluya....

Jesus cares....

bygrace's picture

@Jerry Elim : sayang sekali

Topik persepuluhan ini bukanlah topik "beracun". Jika kita baca-baca topik lain di SS ini, banyak yang lebih panas, bahkan sampai 'berdarah-darah'.

Sayangnya, JE juga menanggapi gaya komentar kawan-kawan di SS ini dengan cara yang juga 'memancing-mancing'. Alih-alih memaparkan pemikiran dan argumentasi, JE malah sibuk melayani 'style' komentator SS. Kalau memang tidak suka dengan cara diskusi komentator, toh bisa didiamin saja - tak usah ditanggapi, toh ini blog JE.

Saya berharap JE dapat menjelaskan tuntas 'alternatif persepuluhan' yang Injili. Soalnya, saya juga termasuk yang bertanya-tanya seberapa 'wajib hukumnya' aturan perpuluhan itu bagi orang Kristen. 

Daripada bersoal-soal panjang lebar, mengapa tidak langsung jelaskan saja usulan JE tentang persepuluhan alternatif dan Firman Tuhan yang mendasarinya ? Ataukah tulisan ini memang cuma sekedar preview dan promosi untuk buku JE ? I hope not.

dennis santoso a.k.a nis's picture

jerry TOLOL

setuju dengan bygrace.... jerry, kamu TOLOL sekali kalo menyangka bahwa apa yang kamu sebut sebagai debat kusir ini bisa menaikkan oplah buku kamu. gue sebut kamu TOLOL minimal karena tiga alasan:

  1. jerry, ini bukan debat kusir. ini adalah acara ngenyek dan kamulah objek buat diinjak2nya. kesombongan kamu, maksud gue. kamu ga sadar akan hal ini dan malah merasa ini debat kusir? buset dah....
  2. bygrace memberitahu kamu dengan halus dan tersirat tapi biarlah gue si babi ini ngasih tau kamu secara eksplisit.... topik ini adalah topik "ecek2" dan "pertempuran" nya pun baru cuma lucu2an. kalo yang begini aja udah bisa memunculkan sisi tolol kamu, gue bener2 heran kalo ada yang mau baca buku tulisan seorang tolol yang bahkan ga mampu mengontrol lidahnya.
  3. saking kelabakan, kamu menduga2 tentang adanya konspirasi antara whoislikegod dengan gue... buset dah, bener kata dia, kita bahkan tidak saling mengenal.

gue ga peduli kalo lo anggap gue kasar atau ga beriman atau penyembah setan atau setan sekalipun, buat gue, kamu bener2 TOLOL dan buku apapun yang kamu tulis patut diragukan kualitas isinya.

mike's picture

marah sama orang tolol itu tolol.

he he memang sekalipun tahu marah sama orang tolol itu totol tapi bukan suatu yang aneh karena kita selalu nyolot kalau lihat orang totol.

Pak JE seandainya saya lihat buku bapak di toko buku maka paling banyak saya membaca sepintas tanpa membelinya tapi setelah melihat cara bapak berbicara di SS mungkin saya ngak akan membukanya apalagi membacanya apalagi membelinya.

phrack's picture

@ Jery Elim bin cakep

 

Yg laen jgn cemburu ye... emang dia sih yg keliatan cakep yg laen pada nutup diri... qqq termasuk g jg.. mo narsis jg pantes.. fotogenik..

perpuluhan ya hmmm,... seru juga tuh kynya coz banyak juga yg pusing cara ngitungnye termasuk gue... bakal byk yg baca deh... tapi jgn lupa hasil royalti bukunye dibalikin ke nyang di-Atas... nanti dibukunya ditambah kata2 sudah observasi 10 tahun dan telah teruji di SS yg terkenal keras ini..  pasar bebas bloger Kristen.. pasti tambah banyak yg baca...

jadi menurut gue mending ka JE ngulas dulu ap yg akan ditulis jadi buku ato keyakinan perpuluhan yg Ka JE pegang.. jangankan cuma Ka JE, penulis yg bukunye best seller aj keok disini.. makanye kalo bisa sampe gk 'keok' 

Ka JE kaget ye dibilang TOLOL krn dikehidupan nyata blom prnh.. qqq laen emang sama dunia maya...

Sekarang apa bener pernyataan ini:

Kenapa Perpuluhan tidak Injili? Karena Jerry Elim TIDAK bisa menentukan DASAR perhitungan perpuluhan.

Kalo ya jgn tersungging dulu anggap ini 'masukan' yg sapa tau bisa sangat berharga & mahal. Orang banyak pada cari masukan kok.. jadi mending diladenin dgn tanya kaya "knapa TOLOLnye? suka2 gue donk!!!! Karduz luh!!! GBU"

qqq.. bcanda.. kan lebih enak jd gak 'misskomunikasi' jdnya. Lebih jelas gitu keselnye.. gak cuman nyindir trus nyengir..

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

dennis santoso a.k.a nis's picture

salute phrack :-)

salut phrack, kayaknya minimal ini kali kedua gue melihat lo sangat care ama blogger lain. somehow gue merasa lo dan hai2 setipe, sama2 care ke orang yang manapun. sungguh pengen gue tiru... salute!

phrack's picture

semoga ditiru byk orang

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

Jerry Elim's picture

BUKUNYA SUDAH BEREDAR DI KOTA ANDA.... SILAHKAN CARI...!!!

Dear friends, para blogger kebakaran jenggot...,

Apa pun ocehan kotoran dr si Pink Pig Dennis Santoso telah cocok dengan dengan kata Alkitab :

Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan BABI yang mandi kembali lagi ke kubangannya."

Anda semua adalah PECUNDANG yang bersembunyi di balik gambar-gambar. Kasian deehh.... Anda-anda begitu TAKUTnya menunjukkan WAJAH ASLI karena KEKERDILAN JIWA.

BANCI PUN MASIH BERANI TUNJUKKAN WAJAHNYA TAPI SAYANG..... ANDA LEBIH DARI PENGECUT.
 

Semoga Jiwamu tetap TRUS bersembunyi di balik gambar.

Forum ini telah TERCEMAR dengan hadirnya para BLOGGER RENDAHAN kelas TERI..... yang BISANYA BERSEMBUNYI BIN NGUMPET.

BAGAIMANA ANDA BISA JADI SAKSI KRISTUS KALO DI DUNIA MAYA AJA ANDA SUDAH TAKUT SETENGAH MATI..... ANDA ADALAH PENYUSUP BERTOPENG DALAM FORUM INI.

SAYA TANTANG ANDA UNTUK TAMPILKAN WAJAH ASLI DAN KITA BERDEBAT YANG SEHAT DAN SPORTIF. OK....?

TAPI SAYA PASTIKAN BAHWA PARA PENGECUT INI TIDAK AKAN BERANI.... KARENA BERJIWA KERDIL DAN KARBITAN.....

hahahaha..... SI DENNIS SANTOSO lagi membara.... ya....? Yuk cari ES BALOK untuk DINGINKAN. MINTA TOLONG DONG AME PARA PENGECUT LAINNYA UNTUK KOMPRESSSSSS.......

ADUH HAI-HAI.......

EH SAUDARA...... SEJELEK APA PUN ANDA..... SAYA, JERRY ELIM TETAP MENGASIHI MU DENGAN KASIH YESUS KRISTUS lhooo....

YUK BRI KOMENTAR YANG LEBIH PANAS LAGI .......

Jesus cares.....

 

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

panas? boleh boleh...

membara? hahaha, anggap aja begitu deh... ayo mampir ke rumah gue, klik profil gue dan lo akan temukan alamat cluster gue, sampe sana, tanya aja ke satpam di mana rumah dennis si babi ini, dan kita akan bertemu (kalo kamu mau).

Purnawan Kristanto's picture

@Jerry

Jerry, Anda sedang meludah melawan angin.

 


 

Visit my new personal blog

 

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

hai hai's picture

@Mas Wawan, Another ...

Mas Wawan ini another kodok kinthel. Ha ha ha ha ha ha ... Tidak sulit bukan untuk membongkar rahasianya? Just satu sentilan maka dia pun ketahuan kinthelnya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

sandman's picture

Hai-hai dan mas wawan...

Another Ongol-ongol..

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Purnawan Kristanto's picture

Ongol-ongol

Kalau di tempatku ongol-ongol itu makanan enak. Terbuat dari singkong, bentuknya bulat memanjang. Ditaburi parutan kelapa.  Kalau dimakan, terasa kenyal dan alot. Cocok untuk olahraga mulut

 


 

Visit my new personal blog

 

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

Jerry Elim's picture

MANA PHOTO LO YANG ASLI BUKAN GAMBAR BABI YANG LAGI BINGUNG?

Glory haleluya...

BOS DENNIS SANTOSO yang UDAH GAK SENTOSA LAGI dalam forum ini...,

Saya capek telusuri profil lo..., paling sama aje gambarnya THE PINK PIG yang lagi BELO karena BENGONG tanggapi PERSEPULUHAN - ALKITABIAH TAPI TIDAK INJILI. Iya khan...iya khan...? Ya paling ya..iya..iyalah....

TERNYATA MASIH TETAP PENCUNDANG BIN PENGECUT....

WAJAH ASLI LO DITUNGGU DI SINI BRO. DENNIS SANTOSO dan juga teman-teman lo yang SOK JAGOAN itu.

TAMPILKAN DONG WAJAH ASLI LO...LO YANG KATENYE BLOGGER2 JAGOAN.

KIRIMKAN FOTO-FOTO ASLI DARI WAJAH-WAJAH KERDIL N KARBITAN DI FORUM INI. KALO BERANI..... BERANI...? BERANI...?

LANGSUNG BALAS YA..... DENGAN KATA-KATA INDAH YANG LEBIH MENUNJUKKAN JIWAMU YANG SEMAKIN KERDIL DAN KARBITAN ITU.

Ingat.... ini...!!!  AKU TETAP MENGASIHIMU DENGAN KASIH YESUS KRISTUS, TUHANKU yang mungkin juga bisa jadi TUHANmu, bro Dennis, CS.

Jesus cares...,

dennis santoso a.k.a nis's picture

sekali dodol tetep TOLOL... eh?

dodol... di profile gue ada link web pribadi, klik aja disitu, dodol TOLOL :-p

ps

1. gue juga ga liat foto asli lo.

2. gue ga butuh kasih dari elo.

Mey-Mey's picture

nanti kalo liat poto, malah

nanti kalo liat poto, malah jadi jatuh cinta gimana tuh? awalnya benci jadi cinta

kata orang tua jaman dulu, bencin dan cinta itu tipis banget loh, hahahahha

awal saling maki,

kedua saling liat poto,

ketiga saling ga bisa tidur

keempat malah ada benih2 cinta tanpa disadari

dan selanjutnya terserah kalian....heheheh


sory sory, oot dikit yeee

billy chien's picture

@denis

billy:mulai lagi deh....cape deh...


__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

dennis santoso a.k.a nis's picture

@billy

kalo cape yah istirahat, tidur contohnya... gue sih ga cape ;-)

Jerry Elim's picture

LHO...LHO... SI BABI MINTA LIAT FOTO....? NAKSIR KALIYEE

Dear Dennis, CS...

INI UDAH JAMAN EDAN..... KALO ORANG TOLOL MINTA PHOTO ASLI PARA BLOGGER ITU MANUSIAWI LHO.... TAPI KALO SI PINK "DENNIS" PIG MINTA FOTO....? APA KATA DUNIA....? Hehehehehe......

Eh temen-temen ENTE yang laen mane....?

MASIH SEMBUNYI.....? TAKUT.....? KALO JIWA ELO...ELO KERDIL BIN KARBITAN ya...... ITULAH FAKTANYE.....

YUK..... UMBARKAN NAFSU ANGKARA MURKA MU DI SINI....

KALO BERANI......!! BERANI....? BERANI....? SAYA TUNGGU YA....

TOPIK ANGET, PANAS BIN MENDIDIH INI JAUH LEBIH MENARIK DARIPADA PERSEPULUHAN-ALKITABIAH TAPI TIDAK INJILI. HEHEHEHEHEHE.

LEBIH CEPAT MENDIDIH LEBIH BAIK...... LANJUTKAN..... PARA BLOGGER PICISAN BIN PICIKAN....

Aku tetap mengasihimu dengan kasih Yesus Kristus, TUHANku ...., tapi mungkin bisa jadi juga TUHAN-mu, kalo elo-elo mau.... iya khan....?

Jesus cares....

dennis santoso a.k.a nis's picture

BERKELIT

hahaha, gue baru tau bahwa jurus seorang pemberani adalah BERKELIT... hahaha, gpp deh, mending jadi pengecut yang tidak berkelit daripada pemberani yang muter2 kalo ngomong.

ga ada integritas gini mau jualan buku? yah... semoga laku deh.

Jerry Elim's picture

SI ADUHAI "HAI-HAI"... WHERE R U? HIDE COS AFFRAID OR AFFAIR?

Dear friend, blogger Picisan bin Picikan...,

 Anda bersembunyi dimana? Sorga....? Waduh jangan duluan dong.... nanti para malaikat pada JANTUNGAN liat Anda yang lagi MERAH PADAM karena DENDAM KESUMAT ama si Jerry Elim....

Anda lagi NGUMPET DIMANE aje? Tunjukkan wajah asli lo.... jangan cuman berTOPENGKAN gambar anak-anak. Kasian de luuuu.... Jiwamu memang suka bersembunyi di balik gambar anak-anak. KERDIL DAN KARBITAN....

Yuk..... beri komentar yang menunjukkan KEKERDILAN JIWAmu ADUHAI "HAI-HAI". Kapan lu jadi DEWASA ROHANI..... Dari cara Anda bertutur menunjukkan umur Anda telah dewasa walaupun fotomu anak-anak. Tapi sayang..... rupanya ANDA DIPAKSA DEWASA HASIL KARBITAN. Sehingga jiwa Anda MERINTIH karena KEPAHITAN menanggapi kenyataan hidup ini.

Apapun keadaan jiwamu si Aduhai "hai-hai" Yesus Kristus, TUHAN-ku tetap mengasihimu sehingga aku pun tetap mengasihimu.... anak-ku "hai-hai"

Bila Anda menjadi semakin MARAH maka MAKIN NYATALAH KEADAAN JIWAMU YANG KARBITAN DAN SEMAKIN KERDIL AJE....

Jesus cares....

y-control's picture

judul? penerbit?

halo, jerry elim..
bukunya diterbitin penerbit mana? apa judulnya?

liat shoutbox donk..

 

Don't Swallow the Press

__________________

Bersedih lebih baik dari pada tertawa, karena muka muram membuat hati lega (Pengkhotbah 7:3)

billy chien's picture

bertobatlah

billy: bertobatlah kerajaan alah sudah dekat,....


__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

billy chien's picture

@hai

billy: hehehe saran pak hai hai, ganti gambar aja deh biar puas para pelanggan setia anda huahahaha,,.... gambar aja juga bisa jadi masalah....Cabe deh


__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

Mey-Mey's picture

dari Perpuluhan sampe minta poto

jadi bingung neh, kok jadi OOT, masih satu topik sama perpuluhan kan?

kenapa pada minta tukeran poto?

kalo mo poto2, ajak ajak donk.... narsis.com wakakakakkaa

kalo topik perpuluhannya udeh selesai ya udeh bikin tread baru ttg tukran poto aja gimana?

antowi's picture

Tukang OOT

Mungkin karena jawara - jawara OOT ada di sini ya....

__________________

Semut,bangsa yang tidak kuat, tetapi yang menyediakan makanannya di musim panas, Amsal 30:25

smile's picture

JERRY ELIM

Jerry Elim!!!

Emang kamu juga pajang foto asli kamu?

Kalo sampai IYa...baca juga dong sikapmu, yang dipampang itu kan foto wanita,...pantaskah wanita berkata seperti itu?...sebagai orang yang fotonya kamu pampang.Orang bisa berpikiran negatif tentang kamu,...mungkin saja kamu mau menghancurkan reputasi dari penulis buku,....dan bisa saja kamu juga orang lain, atau bukumu belum terbit sama sekali, atau kamu minta ilmu untuk finishingnya buku kamu? semua juga bisa berprasangka.Tapi buat apa??????

Dari awal mereka telah memampang gambar mereka, dan juga telah melakukan kopi darat, apakah harus lapor kamu, yang baru aktif di SS ini dalam hitungan hari? Yang kamu perdebatkan tulisannmu, kok jadi menantang ini dan itu? Kalau kamu merasa paling benar ya diajari dong dengan sikap kamu yang ga seperti suam suam kuku dan suka srigala berbulu domba.

Dari awal kata katamu, Glory haleluya, Jesus cares, tapi kata kata SETAN mu yang mulai dulu dari awal,...

kalau merasa benar, ya terangkan versi kamu. Kamu minta kuesioner, tapi maksa dan marah, marah, TULISANMU dari awal kan berupa pernyataan, dan akhirnya pertanyaan,...mana kesimpulanmu? Kamu bangga dengan tulisanmu? buktikan dan jabarkan dong. Jangan kamu yang punya jiwa debat kusir pinggir jalan,....

merasa Menang? NOT YET!!!!

Apa yang kamu mau jelaskan selanjutnya? MEMAKI dan BERKATA seenak JIDATNYA?

 

SMILE

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

billy chien's picture

@smile

billy: Nih Jerry cowo apa cewe? sadis kali ....


__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

israel_jeha's picture

Apa tanggapan anda para Admin n Hai Hai...........

Membaca berbagai komentar ttg Taurat n Perpuluhan,apa tanggapan para Admin maupun Rohaniwan yg pernah mengecap pendidikan dibidang Teologi? Komentar yg bisa dilontarkan adalah DEBAT KUSIR yg tak ada akhir,Baca aza koment2nya ;lebih banyak ide2subyektif,walau ada Firman Tuhan,tp tidak pada konteksnya,akibat "pelajaran" yg didapat dr Gereja masing2 gak percaya?coba perhatikan kotbah2nya ,buat penelitian kecil baru buat kesimpulan.Hamba2Tuhan yg lulusan STT apapun! kalau sudah masuk system "gereja" tertentu,dapat dipastikan pendapatnya pasti berbeda ttg Hermeunitik yg dulu dipelajari secara Penafsiran Kontekstual.prinsip Induktif n prinsip2 Exegesa. Sy menawarkan usulan,bahkan pernah sy kirimkan komentnya ttg Perpuluhan ,dibagi 2 doktrin yaitu Pengajaran "gerejanya ttg perpuluhan,dan satu lagi pengajaran Alkitab ttg Perpuluhan dgn prinsip2 Hermeunitik -Exegetis,nah tolong dipikirkan ttg hal ini .sayang khan Forum ini kalau koment2nya tidak berbobot n tidak mencerdaskan jemaat spy piawai menghantar Firman Tuhan yg Orthodox.Dari ke 2 doktin ini Perjanjian Baru sbg.kelanjutan PL ttg Perpuluhan ,prinsipnya MEMBERI DGN SUKACITA  2Kor.9:6-8, baca judul yg diber LAI. Hai..Hai barjuang lebih keras lagi,yah namanya Pelayanan ,kadang2 dah tulus ....Eeh gak dihargai..Hik..Hik,tp ada Reward dr T.Jesus !!!!!!! GBU...ALL