Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Pertanda apakah ini?

gee's picture

Suatu ketika terlihat seorang pria muda sedang berada di pinggir pantai sedang memandangi pemandangan pantai yang indah.

Tetapi hanya sekejap saja dia menikmati pemandangan itu. Tiba-tiba langit berubah menjadi mendung lalu disusul dengan awan yang merubah semua langit menjadi gelap.

Dan kejadian itupun disusul dengan gelombang ombak pantai yang menjadi besar dan ganas. Tiba-tiba dari dalam laut muncul seekor naga hijau yang sangat besar dengan raut mukanya yang sangat beringas. Naga tersebut kemudian terbang mengelilingi angkasa kian kemari.

Tak lama kemudian turun dari langit pasukan berkuda. Penunggangnnya mengenakan jubah serba putih, tangan kanannya membawa pedang dengan posisi seperti akan memenggal kepala manusia, sedangkan tangan kirinya memegang pelana kudanya yang berwarna putih. Semua serba berwarna putih berkilauan. Semua pasukan berkuda itu mengelilingi seluruh bumi. Dari utara ke selatan, barat ke timur.

Begitu terkejutnya akan pemandangan yang dilihatnya, pemuda itu diam terpaku seolah terhipnotis dan tak dapat berbicara sedikitpun.

Pemandangan itu cukup memakan waktu kurang lebih satu jam. Kejadian yang sangat menakutkan kembali terjadi seluruh air di laut berubah menjadi darah. Setelah itu sang naga kembali masuk ke dalam laut, dan pasukan berkuda langitpun kembali naik ke langit. Lalu semua menjadi normal lagi seperti sedia kala.

Pemuda itupun akhirnya sadar kembali dari ketegangannya setelah menyaksikan peristiwa tersebut. Sampai saat ini pemuda itupun tidak tahu akan arti penglihatan tersebut.

 

kasih adalah karunia sejati

 

okulasi's picture

@gee:mimpi kalee

itu sebenarnya penglihatan atau mimpi bos?

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

gee's picture

@okulasi: memang mimpi

Semua yang Gee ceritakan murni mimpi, tapi sampai sekarang masih bingung artinya. Kalau ada yang bisa bantu nerjemahin arti mimpi Gee itu akan lebih baik.

Coba saja kalau Yusuf penafsir mimpi masih hidup sampai sekarang terus buka konsultasi mimpi online asik juga.

Karena mimpi juga memiliki arti.

 

kasih adalah karunia sejati

5p Arta's picture

@gee

Kayaknya lebih cocok baca di kitab wahyu saja. Agak sama.

--------------------------------------------------------------

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

PlainBread's picture

Mimpi?

Kenapa HARUS mengartikan mimpi? Kalo memang si pemberi mimpi MAU anda mengerti arti mimpi yang diberikan, dia yang akan membuat anda mengerti.

Mimpi, nikmati saja. Mau ada atau tidak ada artinya.

Mimpi, nikmati saja. Mau terjadi atau tidak terjadi.

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

gee's picture

@5p Arta: Kitab Wahyu

iya, Gee juga ga tau, kenapa hampir mirip ya.

Memang Gee baca Kitab Wahyu.... tp agak pusing di buatnya, pernah baca terjemahannya... kalo ga salah 3-4 buku tapi isinya beda2, akhirnya jadi bingung sendiri.

Ga cuma itu, pernah juga membaca terbitan majalah keluaran GPDI, tapi masih bingung juga, akirnya tutup buku, tutup majalah, terus bobok

 

kasih adalah karunia sejati

gee's picture

@PB: lebih enak

Ya kalo bisa ada yang bisa menerjemahkan mimpi kan lebih enak lagi.

Ada yang bilang mimpi adalah bunga tidur, ada yang bilang mimpi adalah hadiah dari Tuhan, ada yang bilang mimpi adalah hasil dari kegiatan kita sehari-hari, mana yang benar ya?

Bener2 bikin bingung

 

kasih adalah karunia sejati

PlainBread's picture

Beli buku primbon aja

Beli buku primbon aja kalo mau menafsirkan mimpi, atau berlatih jurus menafsirkan 1001 mimpi hahaha.

Maaf, Gee, saya tidak bisa menjawab anda. Masa2 saya mencari arti mimpi sudah lewat.  Dulu waktu saya aktif di karismatik, saya dilatih untuk mencatat mimpi yang saya dapat, hal pertama yang harus dilakukan setelah bangun tidur. Lama2 jadi terbiasa, bahkan sampe sekarang. Belum lagi ketika saya masuk kuliah, dan belajar human development, human perception dan fungsi otak. Pelan2 saya menyadari, dan didukung oleh beberapa buku dan penelitian, bahwa mimpi adalah salah satu dari sedikit hal di dalam perkembangan manusia yang belum mampu dibuka oleh ilmu pengetahuan. Bahkan anjing pun bisa bermimpi. Ngapain Tuhan kasih mimpi ke anjing? *angkat bahu*

Prinsip saya sekarang cuma satu: Kalo memang Tuhan yang memberikan mimpi [gak jelas], Tuhan juga yang bertanggung jawab untuk membuat saya bisa memahami mimpi tersebut. Kalo memang itu Tuhan, pastinya Tuhan punya tujuan dalam melakukan sesuatu, termasuk memberikan mimpi.

Kalo kita gak, ya berarti bukan dari Tuhan. Mungkin bunga tidur, mungkin seperti kata Ayub, mimpi adalah hasil dari manusia yang sibuk, atau kemungkinan2 lain yang banyak dikatakan di luar sana.

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

bintang seven's picture

gee

gee mimpi ya? yg gw mau tanyain mimpi itu basah gak? klo mimpi basah berarti gee udah mulai gede...orang yg gede gak hidup dlm mimpi tp hidup dlm kenyataan...alkitab itu kenyataan...sama seperti orang pusing, klo baca alkitab terus pusing minum bintang tujuh klo gak mempan ya udah mending tidur ambil liat fotonya dewi sandra pasti gak mimpi yg aneh2...jgn coba2 mimpi ambil mikirin alkitab...ih seraaaam....

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

gee's picture

@bintang seven: oh dewi sandra

mimpinya Gee ga basah lo, bangun2 masih kering kok.

Aduh kalo bisa jangan dewi sandra dong, soalnya udah menjanda 2 kali. Ada yang lainnya ga? Soalnya nanti musuhku ada 2, glen fredly sama ? syahputra.

Enakan kalo yang belum menjanda sama sekali, seperti dian sastro, sandra dewi.

Emangnya bisa bintang tujuh bikin Gee tidur? gmn caranya?

 

kasih adalah karunia sejati

 

bintang seven's picture

@gee

gee pertanyaan anda sangat sangat sukar, perlu tenaga extra utk menjawabnya nih...nanti saya mimpi dulu baru bisa tak kasih kabar. gak bgt deh.

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

smile's picture

Gee : arti mimpi anda...

Bisa banget Gee....

MIMPI GEE ( pemuda itu )

Suatu ketika terlihat seorang pria muda sedang berada di pinggir pantai sedang memandangi pemandangan pantai yang indah.

Tetapi hanya sekejap saja dia menikmati pemandangan itu. Tiba-tiba langit berubah menjadi mendung lalu disusul dengan awan yang merubah semua langit menjadi gelap.

Dan kejadian itupun disusul dengan gelombang ombak pantai yang menjadi besar dan ganas. Tiba-tiba dari dalam laut muncul seekor naga hijau yang sangat besar dengan raut mukanya yang sangat beringas. Naga tersebut kemudian terbang mengelilingi angkasa kian kemari.

Tak lama kemudian turun dari langit pasukan berkuda. Penunggangnnya mengenakan jubah serba putih, tangan kanannya membawa pedang dengan posisi seperti akan memenggal kepala manusia, sedangkan tangan kirinya memegang pelana kudanya yang berwarna putih. Semua serba berwarna putih berkilauan. Semua pasukan berkuda itu mengelilingi seluruh bumi. Dari utara ke selatan, barat ke timur.

Begitu terkejutnya akan pemandangan yang dilihatnya, pemuda itu diam terpaku seolah terhipnotis dan tak dapat berbicara sedikitpun.

Pemandangan itu cukup memakan waktu kurang lebih satu jam. Kejadian yang sangat menakutkan kembali terjadi seluruh air di laut berubah menjadi darah. Setelah itu sang naga kembali masuk ke dalam laut, dan pasukan berkuda langitpun kembali naik ke langit. Lalu semua menjadi normal lagi seperti sedia kala.

Pemuda itupun akhirnya sadar kembali dari ketegangannya setelah menyaksikan peristiwa tersebut. Sampai saat ini pemuda itupun tidak tahu akan arti penglihatan tersebut.

 Gee...mimpi itu bisa ditafsirkan,...
Saya hanya bisa mengartikannya ala smile :
Anda akan mengalami suatu perubahan besar dalam hidup anda...perubahan itu bisa berarti kenaikan atau kemunduran karir anda,...

Bisa juga berarti karir anda hancur atau mengalami kesiksesan...Darah itu melambangkan kelangsungan hidup,...jadi yang anda impikan itu menyangkut akan kehidupan anda sendiri...

Sekarang yang harus dilakukan adalah menyipakan mental anda untuk menerima semuanya itu, karena hal itu pasti datang dalam sekejap...kenapa saya katakan dalam sekejap? karena jika tidak tentu mimpi itu tidak akan anda alami saat anda bermimpi, mungkin akan anda alami yang akan datang...

Naga itu adalah suatu hal basar,..jika warnanya hijau, mungkin tidak berhubungan dengan suatu yang tidak baik,..hijau itu melambangkan keasrian,kesuburan,...tapi karena namanya naga,..tidak ngapa ngapain pun sudah kelihatan beringas,...beringas dalam artian akan menghancurkan anda, atau mnyukseskan anda,..tapi sekali lagi,..karena hijau,...sepertinya anda akan mndapat kesuksesan atau keberhasilan...

Sekedar imajinasi n\dan pnafsiran smile saja,..hihihi....bukan melnggunakan ilmu pncabut sukmanya pndeta mantan dukun D toni( sebelum bertobat)

 

Sincerely
smile

 

Penakluk sejati adalah orang yang dapat mnaklukan dirinya sendiri

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

unyil's picture

@gee, tafsiran mimpi

Gee, salam kenal.

Mimpi Gee adalah cermin kondisi jiwa Gee.

Gee sedang mengalami perubahan mendasar dalam cara menjalani hidup, cara memandang hidup ini. Gee sudah memutuskan untuk melakukan perubahan itu bahkan tengah menjalaninya.

Perubahan itu ternyata membawa dampak yang lebih besar dari yang Gee bayangkan. Perubahan itu ternyata membawa tekanan yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Dalam perjalanan perubahan itu, Gee menyimpan kekhawatiran. Khawatir kalau-kalau perubahan yang Gee lakukan itu adalah pengaruh Iblis. Gee menyimpan kekhawatiran kalau-kalau Gee salah mengambil langkah dan telah jatuh dalam tipu daya Iblis.

Dalam ketakutan/kekhawatiran itu, Gee mencoba menguatkan hati dan tetap berharap, karena Gee yakin Gee melakukan hal yang benar.

Gee berharap bahwa pada akhirnya keputusan Gee benar dan Tuhan menolong Gee. Karena Gee melakukannya sesuai Firman, menurut Gee. Gee berhadap semuanya akan kembali normal.

Bagaimana lebih tepat tafsiran Unyil atau tafsiran Smile?

(to: Smile, hihihihi...)

 

__________________

Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan.

gee's picture

@PB: Judulnya apa?

PB...Gee semakin penasaran nih, judul buku primbonnya apa ya?

Trus kalau mau belajar menafsirkan 1001 mimpi dimana alamatnya?

Gurunya pasti pinter memprogram mimpi tuh. Pingin mimpi yang seperti apa aja pasti bisa, wow keren.

 

kasih adalah karunia sejati

PlainBread's picture

Primbon

PB: Beli buku primbon aja kalo mau menafsirkan mimpi, atau berlatih jurus menafsirkan 1001 mimpi hahaha.

Gee, setau saya kalo ada kalimat diakhiri dengan ketawa artinya gak serius. Jadi jangan diseriusi yah :)

Saya tau kata primbon itu dari film Unyil, si Pak Raden karakter di film Unyil yang sering ngomongin primbon. Selain itu, kadang saya liat ada buku menafsir mimpi di beberapa toko buku. Jadi kalo emang Gee masih penasaran, pergi saja ke toko buku.

Semoga nanti Gee gak nanya ya, di mana PB bisa kenalin Gee dengan Pak Raden :)

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

gee's picture

@smile dan unyil, kalian hebat

@smile

Gee senang dengan hasil tafsir mimpinya Smile, tapi kurang mantap artinya, masih ngambang.

Kalau iya bilang iya, kalau tidak bilang tidak, jangan mudah2an. Kalau kayak gini kan pasiennya bisa kabur, heheheh....

@unyil

Didalam tafsiran mimpi punya Unyil, Gee merasa tersanjung, wah tersanjung banget.

Soalnya ini adalah peperangan antara Gee melawan iblis. Tapi Gee suka sama tafsiran Unyil.

@untuk keduanya

Cara Smile menafsirkan mimpi begitu detil, dari ukuran hingga warna, tapi masih ada yang kurang.

Maksudnya kurang yakin dalam penyampaian jawaban pastinya.

Sedangkan Unyil, tafsiran mimpinya bisa bikin bulu kuduk berdiri semua.

Dan pointnya saya suka tafsiran mimpi dari Unyil. Untuk Smile jangan kecewa ya....

Tapi kalau hasil dari tafsiran mimpi Smile dan Unyil digabungkan, hasilnya luar biasa, kalian bisa coba.

Tapi kalian berdua hebat2 dari cara menafsirkan mimpi. Bagaimana kalau membuka tafsir mimpi online?

 

kasih adalah karunia sejati

unyil's picture

@gee, primbon tafsir mimpi tidak diperlukan

Gee, tidak usah cari buku primbon, ini ada yang gratis.

Primbon sakti versi Unyil terdiri dari dua bait. Bait pertama adalah syair mantera mengenali musuh, bait kedua adalah syair jurus penakluk.

Musuh orang kristen cuma ada dua. Musuh kedua adalah Iblis dengan segala tipu dayanya. Musuh utama adalah diri sendiri atau sering disebut sebagai keinginan daging, keinginan mata, keangkuhan hidup. Menaklukkan diri sendiri adalah perjuangan.

Bertemu dengan sahabat-sahabat yang memiliki komitmen perjuangan sama, kemudian hidup dalam  komunitas itu, adalah satu cara untuk membuat perjuangan lebih menyenangkan. Kalau tiba di titik-titik yg meletihkan, takhta kasih karunia Bapa surgawi selalu terbuka untuk memberikan pertolongan.

Gee, selamat berjuang.


Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki. Gal 5:19-26

__________________

Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan.

hai hai's picture

@gee, Ha ha ha ha

gee, mang pemuda itu sempat melihat jam? sehingga tahu kurang lebih satu jam? Mang dia pernah dihipnotis sehingga tahu kondisinya saat itu seperti kena hipnotis?

Gee, pemuda itu perlu dikasihani. Dia sedang menipu diri, karena berharap jadi nabi.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

Gee : saya berimajinasi Ko Hai : bukankah Gee

Gee,..kenapa smile selalu tidak mengatakan ya adalah ya, tidak adalah tidak?
Karena smile bukanlah ahli nujum yang dapat melihat masa depan.
Jika smile memastikan, apakah bedanya smile dan tukang ramal dan ahli nujum?

Untuk Ko Hai,...masa sih orang mimpi bisa dikatakan sedang menipu?

Bukankah Gee sudah mengatakan :
Semua yang Gee ceritakan murni mimpi, tapi sampai sekarang masih bingung artinya. Kalau ada yang bisa bantu nerjemahin arti mimpi Gee itu akan lebih baik.

 

sincerely
smile

 

Penakluk sejati adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

smile's picture

PB : mhn penjelasan

PlainBread menulis :

Pelan2 saya menyadari, dan didukung oleh beberapa buku dan penelitian, bahwa mimpi adalah salah satu dari sedikit hal di dalam perkembangan manusia yang belum mampu dibuka oleh ilmu pengetahuan. Bahkan anjing pun bisa bermimpi. Ngapain Tuhan kasih mimpi ke anjing? *angkat bahu*

jika memang tidak bisa dibuka oleh ilmu pengetahuan, jadi seyogyanya kita bisa mengartikan mimpi kita berdasarkan imajinasi kita bukan?

Dan smile sangat penasaran darimana PB bisa tahu kalau anjing itu bermimpi,..karena manuisa saja tidak bisa diteliti, apalagi anjing...?
Mohon penjelasan , TYM

 

sincerely,
smile

*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

PlainBread's picture

@Smile REM

Tentu scientists gak menyewa para pakar dunia roh untuk memasuki dunia roh binatang sehingga bisa mengambil kesimpulan bahwa anjing bermimpi.

Dalam psikoanalisis, seseorang yang bermimpi bisa ditandai dengan timbulnya REM (Rapid Eye Movement) dari si orang yang sedang tidur. Anjing ternyata juga begitu. Mereka punya REM.

Anda pernah liat anjing mimpi lagi lari2 terus nabrak tembok gak? Ini saya kasih linknya di youtube, anjing ini namanya Bizkit, sampe pernah ditayangin di CNN. People around the world laughs, we love Bizkit.

 

jika memang tidak bisa dibuka oleh ilmu pengetahuan, jadi seyogyanya kita bisa mengartikan mimpi kita berdasarkan imajinasi kita bukan?

Wow wow ... don't go too fast, Smile, ntar bisa nabrak :)

Mengartikan sesuatu itu jaman klenik. Sekarang jamannya mencari tau, apa, kenapa, bagaimana. Kalo itu saja tidak didapat, bagaimana bisa mencari "arti". Kalo orang sekarang liat mobil lari dengan kecepatan 300 km/jam, pasti akan ditanya, kok bisa, kenapa, bagaimana caranya, dll? Tapi kalo mobil butut bisa dibawa balik ke jaman klenik, itu mobil pasti dikasih dupa sama menyan, karena di"arti"kan sebagai barang sakti.

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

smile's picture

PB : tidak ada yang bicara klenik

Pb , imajinasi tanpa otak ,logika dan rasio pun tak akan bisa muncul...
Jadi yang kita bicarakan sama sekali bukan klenik.Dan maaf, saya tidak nabrak lagi,..karena saya memang tidak mau nabrak dua kali,..Jadi, saya berharap anda yang jangan nabrak,....ok...

 

sincerely,
smile

*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

PlainBread's picture

@Smile Saya yang bicara Klenik

Tentu kalo ada 1001 jurus menafsir mimpi, lalu ada orang2 yang mengartikan mimpi, trus ada yang bilang  jadi seyogyanya kita bisa mengartikan mimpi kita berdasarkan imajinasi kita bukan, saya bilang itu klenik.

Namanya klenik yah gak butuh dasar, gak butuh penjelasan masuk akal. Itu sesuai dengan kamus bahasa Indonesia.

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

okulasi's picture

@pb: hal klenik di sekitar kita

Anda tahu burung prenjak bukan?(prinia familiaris)

seekor burung kecil dengan suara yang merdu seperti namanya..prenjak..prenjak..prenjak...dst mungkin karena bunyinya itulah maka burung ini dinamai prenjak

oleh orang jawa burung prenjak dijadikan sebuah pertanda atau semacam alarm bahwa  bila ada burung prenjak mendatangi rumah seseorang dan berbunyi maka itu berarti sebentar lagi akan ada tamu .Saya mengamati hal ini cukup lama ,keakuratannya si prenjak ini mencapai diatas 90%.   tapi sayang burung ini sekarang jarang dijumpai secara liar di alam bebas.tetapi dengan semakin sedikitnya populasi burung ini keakuratannya semakin tinggi(mencapai 100%) dalam memberikan 'early warning system'  tentang kedatangan si tamu dari yang empunya rumah

bukankah hal diatas tidak berdasar (klenik)

saya menganggap hal hal klenik yang demikian adalah sebuah satu bidang ilmu dimana kita belum dapat menjangkaunya( alias otak kita kagak nyampe)biar gak keliatan bodoh lantas mengatakan hal itu adalah klenik.

hehehehehe

 

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

PlainBread's picture

Ilogical vs Beyond Logic

saya menganggap hal hal klenik yang demikian adalah sebuah satu bidang ilmu dimana kita belum dapat menjangkaunya( alias otak kita kagak nyampe)biar gak keliatan bodoh lantas mengatakan hal itu adalah klenik.

Saya setuju dengan anda. Orang sering menggeneralisir semua yang tidak dimengerti sebagai klenik. Makanya saya sering membedakan antara ilogical dan beyond logic. Keduanya sebenarnya tidak sama, walaupun tampak sama. Walks like a duck, talk like a duck, it is a duck!, it could be a platypus.

Nah sebelum sampai ke poin tersebut, mari kita mundur ke belakang.

Ada sesuatu yang terjadi, yaitu mimpi. Dalam hal ini adalah mimpi gee yang dituliskan dalam blog ini. Saya tidak mengatakan bahwa mimpi gee ini adalah benar atau salah. Saya pun pernah menulis blog tentang mimpi di sini. Tapi saya tidak berusaha mencari tahu artinya. Masa di mana saya mencari2 tahu sesuatu yang misteri sudah lewat di hidup saya.

Nah, kebiasaan orang umumnya adalah MENCARI TAU ARTI mimpi. Menurut saya kebiasaan tersebut datang karena orang cenderung ingin mencari jawaban. Teman saya pernah bilang,"orang kristen adalah orang yang punya semua jawaban". Tentu dia bilang ini dalam nada sarkasme. Bahwa orang yang mendapat jawaban adalah lebih (levelnya, puas, bahagia) daripada orang yang gak mendapatkan jawaban. Bahwa hidup itu equal dengan jawaban. Kalo gak ada jawaban, kayanya gak hidup. Siapa bilang? Justru orang2 yang melampaui masa2 mencari jawaban, malah menikmati pertanyaan2 yang tidak terjawab dan tidak berusaha mencari jawaban2 lagi.

 

Makanya saya bilang di atas biarlah mimpi itu menjadi mimpi, kalau memang mengganggu, catatlah. Kalo Tuhan yang memberikan mimpi itu, pasti Tuhan juga yang akan membuat kita memahami mimpi itu. Sama seperti seorang bapak yang memberi teka teki kepada anaknya, apakah bapak yang baik akan membiarkan anaknya mati kesal dan kebingungan karena gak menemukan jawaban dari teka teki tersebut? Tentu tidak.

Mari kita balik lagi ke soal klenik:

Smile menuliskan seperti ini: jika memang tidak bisa dibuka oleh ilmu pengetahuan, jadi seyogyanya kita bisa mengartikan mimpi kita berdasarkan imajinasi kita bukan?

Bukankah para dukun bekerja dengan cara seperti itu? Kalo ini hasil karya seni, yah sah2 si pembuat atau bahkan si audience untuk mengartikan sesuka hati mereka. Gak ada hal benar salah. Wong subject to any interpretation kok.

Tapi apakah sesuatu yang diberikan Tuhan (mimpi, karunia, firman, dll) bisa diartikan terserah orangnya? Saya jawab: Tidak. Menurut saya hal2 demikian bukanlah art, melainkan ilmu pasti. Karena kalo tidak demikian, orang akan berada di dalam kebingungan. Yang satu bilang A, yang lain bilang B. Yang mana sebenarnya Tuhan maksudkan? Atau mungkin, ... Tuhan memang gak ada di dalamnya  sehingga Tuhan juga gak bisa dibawa2 atau dilibatkan?

 

Banyak yang tampak klenik di jaman dahulu bisa dijelaskan di jaman sekarang. Ketika Yesus berkata kamu liat langit gelap, kamu tau akan ada hujan, bisa baca2 tanda dll dan di hubungkan soal akhir jaman, bukankah itu sekarang bisa dijelaskan di jaman sekarang terjadinya hujan seperti apa? 2000 tahun yang lalu, hal tersebut kemungkinan besar masih berupa klenik karena gak ada yang namanya weather forecast dan mesin pemantau cuaca.

Begitu juga dengan mimpi. Jangan karena jika memang tidak bisa dibuka oleh ilmu pengetahuan, jadi seyogyanya kita bisa mengartikan mimpi kita berdasarkan imajinasi kita bukan? Buat saya itu klenik.

Soal burung prenjak, mungkin suatu hari akan ada yang meneliti kenapa dan bagaimana itu bisa sampai terjadi. Beyond recent logic? Yes. Illogical? No.

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

okulasi's picture

@pb:emang kamu bisa bedain?

plainbread:

Saya setuju dengan anda. Orang sering menggeneralisir semua yang tidak dimengerti sebagai klenik. Makanya saya sering membedakan antara ilogical dan beyond logic. Keduanya sebenarnya tidak sama, walaupun tampak sama.

okulasi :

dari kata kata anda kelihatannya anda mempunyai kemampuan untuk membedakan ilogical dan beyond logic.kalu anda bener bener bisa mohon petunjuknya boleh ..(bagaimana cara membedakannya).

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

PlainBread's picture

@Okulasi: Membedakan

Saya terus terang gak bisa kasih petunjuk ke anda, karena saya gak punya rumusannya (kalo juga ada rumusannya).

Anda pernah baca buku Blink dan buku Think? Kedua penulis buku itu lebih mampu menjelaskannya daripada saya, dan memberikan puluhan dan ratusan kasus. Ada yang butuh sikap skeptis, ada yang butuh intiuisi, ada yang perlu diamati dulu (proses), dll.

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

PlainBread's picture

@Okulasi: Membedakan

Saya terus terang gak bisa kasih petunjuk ke anda, karena saya gak punya rumusannya (kalo juga ada rumusannya).

Anda pernah baca buku Blink dan buku Think? Kedua penulis buku itu lebih mampu menjelaskannya daripada saya, dan memberikan puluhan dan ratusan kasus. Ada yang butuh sikap skeptis, ada yang butuh intiuisi, ada yang perlu diamati dulu (proses), dll.

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

gee's picture

@PB: berubah wujud

PB sori baru bisa OL hari ini. PB kapan kamu berubah wujudnya? Gee kaget melihatnya.

Gee, setau saya kalo ada kalimat diakhiri dengan ketawa artinya gak serius. Jadi jangan diseriusi yah :)

Bukan maskud Gee nertawakan sarannya PB lo, tapi Gee geli, karena Gee ga begitu percaya begituan, kenapa ya sampai sekarang Gee susah percaya sama yang begituan? Gee juga ga tahu.

Semoga nanti Gee gak nanya ya, di mana PB bisa kenalin Gee dengan Pak Raden :)

Gee tahu jawabannya. Pak Raden pasti tetangga Unyil kan, terus Unyil ngenalin ke PB, betul begitu?

Dalam psikoanalisis, seseorang yang bermimpi bisa ditandai dengan timbulnya REM (Rapid Eye Movement) dari si orang yang sedang tidur. Anjing ternyata juga begitu. Mereka punya REM.

PB dalam hal ini Gee setuju. Kita bisa lihat mata manusia ketika tidur di akan bergerak (bola matanya) jika dia mimpi. Pasti anjing juga sama kan, soalnya Gee sendiri dulu pernah punya anjing. Tapi anjing bisa ngigau apa tidak ya?

Tentu kalo ada 1001 jurus menafsir mimpi, lalu ada orang2 yang mengartikan mimpi, trus ada yang bilang  jadi seyogyanya kita bisa mengartikan mimpi kita berdasarkan imajinasi kita bukan, saya bilang itu klenik.

Aduh PB... Gee setuju dengan REM kenapa tiba-tiba PB berbalik arah ke klenik?

Smile menuliskan seperti ini: jika memang tidak bisa dibuka oleh ilmu pengetahuan, jadi seyogyanya kita bisa mengartikan mimpi kita berdasarkan imajinasi kita bukan?

Saya paham maksud Smile. Maksud Smile kita bisa nermain-main dengan imajinasi kita. Karena imajinasi adalah salah satu yang diberikan oleh Allah untuk kita. Selama masih dalam koridor yang pantas, dan tidak mengada-ada.

Imaginasi adalah salah satu pemicu dalam meraih cita-cita ke depan. PB bisa melihat film THE SECRET. Disitu akan dijabarkan secara detil bagaimana kita akan menggunakan imajinasi kita dalam mencapai tujuan. Kalau menurut PB yang diajarkan oleh THE SECRET itu adalah klenik atau bukan?

 

kasih adalah karunia sejati

 

 

PlainBread's picture

@Gee Word-Faith Movement: Mencampurkan imajinasi dan TUHAN

Aduh PB... Gee setuju dengan REM kenapa tiba-tiba PB berbalik arah ke klenik?

Smile menuliskan seperti ini: jika memang tidak bisa dibuka oleh ilmu pengetahuan, jadi seyogyanya kita bisa mengartikan mimpi kita berdasarkan imajinasi kita bukan?

Saya paham maksud Smile. Maksud Smile kita bisa nermain-main dengan imajinasi kita. Karena imajinasi adalah salah satu yang diberikan oleh Allah untuk kita. Selama masih dalam koridor yang pantas, dan tidak mengada-ada.

Karena sebelumnya anda mengatakan soal:

1. enaknya kalo ada yang MENERJEMAHKAN mimpi

2. apakah mimpi itu bunga tidur, DARI TUHAN, dll

Kalo memang anda pengennya dapat tafsiran (bukan terjemahan) mimpi alias gak mau dapet yang BENAR, yah silakan aja bermain2 dengan imajinasi. Saya cuma bilang itu klenik karena begitulah cara kerjanya. Saya gak melarang orang melakukan permainan imajinasi. Tapi apakah MENERJEMAHKAN MIMPI, apalagi mimpi yang disangkut pautkan dengan TUHAN, juga bisa memakai imajinasi? Apakah menafsirkan isi alkitab juga tidak apa2 pake imajinasi di mana setiap orang punya imajinasi berbeda2? Makanya di SS ada istilah jurus tafsir 1001 mimpi, karena gak sedikit orang menafsirkan isi alkitab dengan sesuka hati mereka.

Kalo anda bilang di blog anda,"Silakan tafsirkan mimpi saya ini sesuai dengan imajinasi kalian masing2", nah itu malah memperjelas. Tapi karena sebelumnya anda bilang soal dari Tuhan, soal menerjemahkan mimpi, tentulah saya berusaha menjelaskan pendapat saya bagaimana mimpi dari segi science, bagaimana mimpi kalo memang dari Tuhan, itu adalah tanggung jawab Tuhan untuk membuat orang paham.

 

Imaginasi adalah salah satu pemicu dalam meraih cita-cita ke depan. PB bisa melihat film THE SECRET. Disitu akan dijabarkan secara detil bagaimana kita akan menggunakan imajinasi kita dalam mencapai tujuan. Kalau menurut PB yang diajarkan oleh THE SECRET itu adalah klenik atau bukan?

Saya sudah nonton filmnya dan baca bukunya. Buat saya THE SECRET adalah entertainment. Buat saya THE SECRET sudah dari dulu diajarkan orang2, sudah BUKAN THE SECRET lagi :) Makanya waktu saya nonton filmnya bersama beberapa teman, semboyan film itu yang diucapkan sambil membisikkan "the secreeeeeet ..." dengan suara yang misterius, membuat kami tertawa. Kenapa bukan rahasia lagi? Karena bahkan di kekristenan sudah ada grup atau denominasi yang mengajarkan hal2 seperti itu jauh sebelum film dan bukunya dibuat.

Di kekristenan, ada kelompok yang dinamakan Word-Faith movement Polanya adalah ambil ayat yang jadi landasan imajinasi, goal, atau mimpi, lalu ucapkan sering2. Anda tau kan kalo pengajaran ini ditentang oleh banyak gereja? Anda tau kan alasannya kenapa?

Banyak hal datang dari Allah. Tapi kalo dimanipulasi atau diselewengkan, tetap saja tidak baik.

Ada juga satu grup kekristenan yang rutin berLATIH nubuatan, yaitu berdoa dan berbahasa roh, lalu mengucapkan ayat2 alkitab atau kata2 yang terdengar sebagai wisdom, sebagai nubuatan. Kalo terjadi sukur, kalo gak terjadi yah namanya juga LATIHAN. Tapi apakah memang itu benar berdasarkan pengajaran kristen?

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

gee's picture

@hai hai: hohoho

gee, mang pemuda itu sempat melihat jam?

Bagaimana pemuda itu bisa melihat jam, bukankah dia diam terpaku melihat pemandangan yang sangat menegangkan itu.

sehingga tahu kurang lebih satu jam?

Pemuda itu bisa mengatakan kurang lebih 1 jam, karena semua perubahan yang dibutuhkan memang agak lama, dari proses - pelaksanaan - penyelesaian.

Pemuda itu menggunakan majas hiperbola (bukan jenis penyakit lo), jadi hanya perkiraan waktu saja.

Mang dia pernah dihipnotis sehingga tahu kondisinya saat itu seperti kena hipnotis?

Apakah Hai hai tidak pernah tidur, apakah Hai hai tidak pernah melamun, apakah Hai hai tidak pernah meraskan kantuk yang sangat berat. Jika Hai hai pernah mengalami semua itu pasti tahu rasanya dihipnotis.

Gee, pemuda itu perlu dikasihani. Dia sedang menipu diri, karena berharap jadi nabi.

Sebelum pemuda itu bermimpi, pemuda itu tidak pernah berpikir ingin menjadi seorang nabi. Memang menjadi nabi ada enaknya, juga ada tidak enaknya.

Enaknya: bisa komunikasi langsung dengan Allah, selalu menjadi nomor satu diantara yang lainnya, terjamin pasti masuk sorga.

Tidak enaknya: banyak godaannya. Karena nabi juga manusia biasa, bisa juga dengan mudahnya jatuh dalam dosa.

Intinya sama sekali tidak pernah bercita-cita menjadi seorang nabi, karena tanggungannya besar sekali. Lebih baik menjadi manusia biasa yang dibenarkan oleh iman.

 

kasih adalah karunia sejati

gee's picture

@unyil: ga percaya

Saya senang akan penjelasan Unyil. Saya sampai sekarang ga percaya sama yang begituan.

TRIMS

 

kasih adalah karunia sejati

gee's picture

@okulasi: gimana kalau burung gagak?

kasih adalah karunia sejati

okulasi's picture

@gee:gagak pertanda orang mati

kalau mengenai burung gagak sebagai pertanda adanya orang meninggal duniasepanjang pengamatan saya hal ini tidak selalu terjadi jadi tingkat akurasinya kuarng lebih  hanya  50 %.selain itu area yang dikitari oleh burung gagak itu sangat luas mungkin kalu dilihat dari bawah bisa dilihat dari satu kecamatan atau mungkin lebih karena saya tidak bisa mengira ira daya jangkaunya pada ketinggian terbang burung gagak tersebut .jadi bila dalam satu kecamatan ada 10 orang meninggal maka itu bisa digunakan pertanda bagi mereka semua jadi kemungkinannya sangat besar,lain dengan burung prenjak yang hanya  per rumah saja yang dideteksi.

Tapi jika anda menanyakan kepada saya apakah itu ilogical (klenik) atau beyondlogic maka saya akan menjawab hal itu adalah beyondlogic.

saya mempunyai prinsip bahwa   tidak ada istilah ilogical atau klenik semua itu adalah beyondlogic.Jadi kita tinggal menunggu saja kapan akan diberi pencerahan mengenai hal itu.

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

okulasi's picture

@gee:atau si pembuat sumur

Atau ada juga ceritaaa mengenai burung gagak yang sedang membuat sumur di angkasa.pertanda hari akan hujan

kalau yang ini saya tidak koment.

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

PlainBread's picture

@Okulasi Sayang anda gak komen

Di atas anda bilang semuanya itu anda kelompokkan sebagai beyond logic, bukan klenik. Baru saja saya mau tanya, cerita buat sumur di angkasa itu apakah menurut anda beyond logic juga? Tapi saya baca kalo anda tidak komen. Gak jadi nanya deh :)

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

okulasi's picture

@pb: bom atom

karena saya udah lihat dari jauh kalu kamu sudah siap siap membombardir gue ..jadi saya ngacir duluan.

........hehehehe

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU