Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Petunjuk Memasukkan Gambar atau Foto di Blog Anda

Rusdy's picture

Blog ini ditulis bagi yang ingin memasukkan gambar di blognya (contoh: untuk pak/bung/non/bu John A)

 

Latar Belakang

Sebelum saya beritahu langkah-langkahnya, mungkin akan membantu jika kita tahu bagaimana sebuah gambar bisa masuk ke web-page. Maksudnya, kalau di komputer, jika anda memiliki sebuah foto, tentunya foto tersebut tersimpan di hard-disk anda (atau media lainnya). Nah, kalau di dunia maya, bagaimana mereka menyimpan gambarnya?

Nah, di dunia maya, jelas-jelas fotonya harus disimpan di dunia maya juga dong Sealed. Contoh, kalau kita klik-kanan sebuah gambar di sabdaspace, akan muncul window seperti ini:

 Sabda Icon

Dari 'location' di atas, kita bisa lihat, gambar tersebut disimpan di http://... dst dst. Naaaaaah, sama juga di sabdaspace, kalau kita mau menampilkan sebuah gambar di blog, gambar tersebut harus tersimpan di dunia maya juga.

1. Memiliki Gambar/Foto di Dunia Maya

Kalau gambar/foto yang anda ingin masukkan sudah berada di dalam dunia maya, wah, gampang sekali, langsung ke langkah ketiga saja. Kalau ingin memasukkan gambar/foto pribadi, duh, ini rada susah nih. Untuk menyimpan gambar/foto di dunia maya, ada beberapa alternatif. Flickr, Photobucket, Fotki, Picasa, (kalo boleh nyolong ilmu dari sefu hai, yang mana dari sesepuh waskita, ternyata juga bisa pake adsbb) dan terlalu banyak lainnya. Kalau saya sendiri memiliki account di Picasa, bukan lebih baik/buruk, hanya karena saya sudah memiliki mail account di situ, jadi sekalian saja. Bagi yang belum memiliki online album, silahkan pilih sendiri deh. Saya hanya bisa merekomendasikan flickr bagi yang memiliki yahoo account, atau Picasa bagi yang memiliki Google account. Setahu saya friendster juga memiliki fasilitas ini, tapi berhubung saya sudah tidak punya friendster account, jadi ta' tau deeee. Nah, kalo boleh dari ilmunya sefu hai, yang mana boleh nyolong dari sesepuh waskita, ternyata pake adsbb adalah alternatif tergampang saat ini (harap menggunakan syarat penggunaan tapinya, yang akan saya sebut di point-2, paragraf terakhir)

2. Mengetahui Alamat Internet Gambar Anda

Nah, ini mungkin yang paling tersulit jika anda belum pernah melakukannya, karena setiap provider memiliki cara yang berbeda-beda. Saya hanya bisa memberi contoh dari Picasa saja saat ini. Saya berasumsi anda sudah memiliki Picasa online album. Nah, setelah
meng-upload foto anda, dan melihat tampilan foto anda kembali di Picasa:

 Picasa


Alamat internet foto anda bisa ditemukan di "Link to this photo", lalu di bagian "HTML to embed in website". Nah, ada beberapa komplikasi. Alamat ini sebenarnya tidak bisa langsung digunakan oleh blog seperti sabdaspace ini (karena sabdaspace tidak menyediakan HTML writer). Kita harus menyeleksi, yang mana 'alamat album', dan yang mana 'alamat foto'. Cara membedakannya? Ada 2 macam alamat, yaitu 'a href' dan 'img src':

HTML structure

Contoh link di atas akan sama tampilannya jika anda menggunakan flickr, atau image hosting yang lain. Masalahnya, ketika anda menggunakan image hosting, biasanya terikat syarat penggunaan, yaitu: jika anda me-link foto ini dari luar (contoh: dari sabdaspace), anda harus menggunakan link ke image hosting tersebut. Maksudnya? Ikuti saja deh langkah-langkah berikut:


3. Memasukkan Gambar ke blog Sabdaspace

Di sabdaspace sendiri, anda butuh klik yang:

Image

Lalu, akan muncul tampilan seperti ini:

Sabda

 

4. Memasukkan link ke gambar/foto

Nah, kalau anda mau me-link foto anda (jadi foto itu akan me-link ke album anda ketika di-klik), yang biasanya merupakan syarat penggunaan dari image host, anda bisa mengklik gambar anda yang sudah dimasukkan ke sabdaspace (foto anda akan tampil setelah anda klik 'Insert'), lalu klik link (yang ada gambar rantai). Nah, untuk link ini, anda butuh memasukkan alamat album anda. Di Picasa, alamat album ini ditentukan di 'a href' yang sudah saya kemukakan di poin-2. Untuk image hosting yang lain, biasanya prosedurnya sama

 

Terus terang, prosesnya cukup rumit, jadi kalau ada pertanyaan, silahkan saja!

 

Selamat mencoba! 

 

John Adisubrata's picture

Thanks, Brother!

Hi Rus,

Thanks banget atas keterangannya di atas. Keren deh cara-cara menjelaskannya, komplit banget, ... patut dicontoh oleh para guru sekolah. Jangan-jangan kamu juga punya bakat mengajar kayak guru teladan kita, Josua Manurung. Hanya, ... bakatnya masih terpendam.

Sekali lagi terima kasih, entar aku coba untuk memasang fotomu di SABDA Space, waktu kamu dateng bezoekin kami. He He He!

Syalom,

John Adisubrata

Daniel's picture

Rusdy jadi Admin?

Wah, komplit dan jelas banget...

Gimana kalo si Rusdy ini kita angkat rame2 jadi Admin aja?

Ada yang setuju, teman2? Yang gak setuju diem aja ya... Sealed

Priska's picture

Trus adminnya kemana?

Om Daniel, kalo' Ko Rusdy jadi admin... trus Pak Adminnya dikemanain donk?

Jangan githu donk.... kasian kan adminnya.... :P 

__________________

"I can do all things through Christ who strengthen me"

Rusdy's picture

Admin Lengser ke Prabon

Waduh, nanti adminnya lengser ke prabon dong? Innocent

(duh, gawat nih kalo pak John udah bisa pasang poto, kalo potoku dipajang, dunia bisa gempar nih Tongue out)

erick's picture

he he he

Ga gempar lagi,... Hi hi hi,.. bisa liat photo pak John, bonus Rusdi.... Pak John cepetan .... ga sabar nih :)
__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

hai hai's picture

Rusdy Admin

Lha selama ini kan si rusdy sudah berprilaku sebagai admin? Mengayomi dengan bijaksana.

Eh ternyata dia bukan admin toh? Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

John Adisubrata's picture

Hansip

Kalau Rusdy diangkat jadi Admin, aku setuju saja. Khan enak, punya koneksi di dalam yang bisa bantu-bantu kalau ada kesulitan atau pertanyaan-pertanyaan.

Lalu ... Hai Hai kita angkat jadi apa nih? Gimana kalau kita anjurin jadi Kepala Hansip SABDA Space aja? Sekarang namanya Satpam, yah?

Habis dia senengannya melekan terus!

Syalom,

John Adisubrata

mantofa's picture

to:Rusdy. Gimana cara mu ?

Gimana caramu memasukkan gbr2 dari layar komputer, seperti tabel gbr2 smile dan petunjuk2 dlm program komputer ? Ada referensi buku ?