Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

predestinasi???

siska yuliana's picture

Ada sebagian orang yang terima doktrin predestinasi, ada juga yang enggak. Kalau Tuhan memilih sebagian untuk diselamatkan, dengan demikian berarti Allah juga menentukan sebagian tidak diselamatkan. berarti Allah ga adil donk??? konsekuensi logisnya ya gitu... tapi Alkitab juga tidak pernahmengatakan bahwa ada yang ditentukan masuk neraka. jadi qta ga bisa duga2.

Terus kalau manusia yang berhak menentukan untuk percaya kepada Allah atau tidak, berarti keselamatan tergantung pada manusia, bukan lagi sepenuhnya berdasarkan anugerah Allah. menjadi beralih pada usaha manusia...

Terus, gimana donk??? Alkitab dengan jelas berkata bahwa keselamatan anugerah semata bukan usaha manusia. sedikitpun tidak, jangan ada yang memegahkan diri (efesus 2:8-9). dengan demikian, penulis memegang doktrin predestinasi. Alkitab juga berkata tentang predestinasi atau pemilihan (Rm. 8:29). tetapi jika mempercayai presedtinasi, berarti Allah jahat, tidak adil donk???

Penulis memegang doktrin predestinasi tunggal...Tuhan memilih, tapi juga berkenan menyelamatkan semuanya. Tuhan ga pernah merancangkan sesutu yang jahat ..ga usah pusing....karena ada banyak hal di dalam dunia ini yang bertentangan dan ga masuk akal tapi nyatanya ada. misalnya: Cahaya..cahaya adalah partikel dan gelombang. cahaya bisa tembus kaca, padahal partikel...anehkan???ini dualisme yang belum  bisa ditemukan ilmuan....mencari Allah dengan pemikiran qta, sama denganseorang yang membawa air laut dalam ember untuk menunjukan samudera...ga mungkin...

__________________

amazing grace....

galatia220's picture

percaya Tuhan memilih mereka

percaya Tuhan memilih mereka dan yang menuntun mereka keluar dari mesir tapi sekali lagi tidak semua dari mereka masuk ke tanah perjanjian. Karena apa? saya harap kita pelajari bersama-sama. Yang masuk ketanah perjanjian siapa aja yang keluar dari mesir (bukan yang lahir dipadang gurun tapi dari mesir)? Kenapa cuma mereka bahkan musa cuma bisa melihat doank? Tuhan Allah memilih (debu dan tanah) trus menetapkan (membentuk manusia dari debu dan tanah) trus dikasih kehendak bebas untuk memilih (buah pengetahuan baik dan jahat atau pohon kehidupan Kristus). itu aja pemahaman saya tentang ini. namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.... Galatia 2:20
__________________

namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan
Kristus yang hidup di dalam aku.... Galatia 2:20

mas_bule's picture

Apakah predestinasi Alkitabiah?

Roma 8:29-30 memberitahu kita, “Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.” Efesus 1:5 dan 11 mengatakan, “Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, … karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan—kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya” Banyak orang yang memiliki rasa tidak suka yang keras terhadap doktrin predestinasi. Namun doktrin predestinasi adalah doktrin Alkitabiah. Kuncinya adalah berusaha memahami apa arti predestinasi, secara Alkitabiah. Kata-kata yang diterjemahkan sebagai “ditentukan/dipredestinasikan” dalam ayat-ayat di atas berasal dari kata Bahasa Yunani “proorizo” yang memiliki pengertian “ditentukan sebelumnya,” “ditetapkan,” “diputuskan sebelumnya.” Jadi predestinasi adalah Tuhan menentukan terjadinya hal-hal tertentu sebelum hal-hal itu terjadi. Apa yang Tuhan tentukan sebelumnya? Menurut Roma 8:29-30 Tuhan menentukan orang-orang tertentu untuk menjadi sama dengan AnakNya, dipanggil, dibenarkan dan dimuliakan. Pada hakekatnya, Tuhan menentukan orang-orang tertentu untuk diselamatkan. Berbagai ayat Alkitab menyebut orang-orang yang percaya pada Kristus sebagai orang-orang pilihan (Matius 24:22, 31; Markus 13:20, 27; Roma 8:33; 9:11; 11:5-7, 28; Efesus 1:11; Kolose 3:12; 1 Tesalonika 1:4; 1 Timotius 5:21; 2 Timotius 2:10; Titus 1:1; 1 Petrus 1:1-2; 2:9; 2 Petrus 1:10). Predestinasi adalah doktrin Alkitab yang menyatakan bahwa Tuhan dalam kedaulatanNya memilih orang-orang tertentu untuk diselamatkan. Keberatan yang paling umum mengenai doktrin predestinasi adalah bahwa ini tidak adil. Mengapa Tuhan memilih individu-individu tertentu dan bukan yang lainnya? Hal yang penting untuk diingat adalah bahwa tidak ada seorangpun yang layak untuk diselamatkan. Kita semua telah berdosa (Roma 3:23) dan pantas untuk menerima hukuman kekal (Roma 6:23). Sebagai hasilnya adalah adil kalau Tuhan membiarkan kita semua melewatkan kekekalan di neraka. Sebaliknya, Tuhan memilih untuk menyelamatkan beberapa dari antara kita. Pilihan Tuhan untuk menunjukkan kemurahan pada beberapa orang bukan berarti tidak adil terhadap yang lainnya. Tidak seorangpun pantas mendapat apapun dari Tuhan, karena itu tidak seorangpun yang berhak untuk keberatan kalau mereka tidak mendapatkan apa-apa dari Tuhan. Contohnya barangkali adalah saya memberikan uang kepada 5 dari antara 20 orang. Apakah 15 orang yang tidak menerima uang akan kesal? Mungkin. Apakah mereka berhak untuk kesal? Tidak. Karena saya tidak berutang sepeserpun kepada mereka. Saya hanya memutuskan untuk bersikap murah hati terhadap beberapa orang. Jikalau Tuhan menentukan siapa yang akan diselamatkan, tidakkah itu akan mengurangi kebebasan kita untuk memilih dan percaya kepada Kristus? Alkitab mengatakan bahwa kita memiliki kehendak bebas untuk memilih – yang kita perlu lakukan hanyalah percaya kepada Yesus Kristus dan kita akan diselamatkan (Yohanes 3:16; Roma 10:9-10). Alkitab tidak pernah menggambarkan Tuhan menolak siapapun yang percaya kepadaNya atau mengusir orang yang mencari Dia (Ulangan 4:29). Entah bagaimana persisnya, dalam rahasia Tuhan, predestinasi sejalan dengan orang ditarik kepada Tuhan (Yohanes 6:44) dan percaya untuk diselamatkan (Roma 1:16). Tuhan mempredestinasikan siapa yang akan diselamatkan, dan kita mesti memilih Tuhan untuk diselamatkan. Kedua fakta ini adalah sama benarnya. Roma 11:33 menyatakan, “O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!” GBU, Mas Bule
edy's picture

JAWABAN

KALO VERSI PREDESTINASI JAWABANNYA TUHAN YG MENETAPKAN YG NYAMPE DAN YG TDK NYAMPE KE TANAH PERJANJIAN. KALO JAWABAN FREE WILL KRN KEHENDAK MANUSIA ITU YG MAU TAAT DAN TIDAK TAAT. KALO JAWABAN SAYA : ITU URUSAN TUHAN DENGAN YG BERSANGKUTAN. HA HA HA GBU
king heart's picture

@edy : bukan jawaban itu

Kok jawabnya gitu, pilih mana dong?
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

edy's picture

PILIH

 

 BUKAN URUSAN SAYA. TANYA AJA SENDIRI SAMA YG BERSANGKUTAN.

GBU

king heart's picture

@edy

Gimana sih, yang ditanya situ kok, pilih yang mana pilihan mas edy bukan yang lain ?
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

edy's picture

@ king heart

 

oh saya sih nggak dua - duanya yg penting destinasinya tuhan yesus.

GBU

king heart's picture

@edy

kalo gitu tahukah anda destinasi Tuhan Yesus itu mengarah ke mana, atau jealsnya apa sih yang didestinasi Tuhan Yesus itu?
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

edy's picture

@King heart

 

Yg saya maksud destinasinya saya  adalah Tuhan. GBU

king heart's picture

@edy

ya semua yang di sini destinasinya kalo ditanya ya Tuhan, apa gak ada yang lebih jelas? Maksudnya gini lho destinasinya kalo ke Tuhan itu, masa abstrak gitu sih? Contoh nih kalo ditanya mau makan apa ? makan nasi campur,.............yang isinya itu ada tempenya, ada ayamnya, ada ininya, ada itunya dll ini versi edy, ya kalo versi yang lain bisa campur beling, rumput dll gitu maksudnya

jangan berlindung lagi Tuhan yang di Alkitab lho karena itu juga bisa abstrak dan absurd , gak jelas gitu karena bermacam alasan. berani gak jelasin lebih panjang lebar, clear dan membumi ? 

 

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

edy's picture

@ King heart

 

Kalau bagi saya sudah jelas dan tidak abstrak.

Bagi saya tidak bisa dicontohkan dengan nasi campur.

Biarlah yg lain punya versi sendiri.

GBU

king heart's picture

@edy

nah kalo jelas ,mestinya ya dijelasin dong, tak bisa hanya tidak setuju ini itu tapi yang setuju yang mana gak pernah diomongin masa mesti ditanyakan kepada rumput yang bergoyang
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

edy's picture

@ King heart

 

anda baca aja di pepesan kosong.

GBU

king heart's picture

@ edy

sudah ku duga

GBU too

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

gkmin's picture

ditentukan untuk binasa.. free will?

Yohanes 17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. saya percaya ada bahwa predestinasi dan freewill sama-sama ada, tidak semua predestinasi, atau semua freewill.. Wahyu 3:20 -->>free will kisah Saulus menjadi Paulus -->> predestinasi, karena Saulus tidak pernah meminta/memilih jadi pelayan Kristus, tetapi "terpaksa" menjadi pelayanNya.

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

jesusfreaks's picture

@siska : TUHAN MAHA ADIL

Kok susah banget sih memahami predestinasi. Siska tahu gak, SEJAK HAWA & ADAM BERDOSA, MAKA KITA SEMUA PASTI UNTUK BINASA KEKAL. Bersyukurlah, Tuhan mau memberikan anugerahnya. SIALNYA, TUHAN TIDAK BERIKAN KE SEMUA ORANG. Sehingga terlihat Kurang Adil.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

siska yuliana's picture

To: jesus freaks by siska

mank predestinasi buat pusing, tapi bagiku Tuhan ga pernah rancangkan yang jahat. sebenarnya kesalahan bukan pada Tuhan, tapi pada diri qt manusia yang terbatas. ga mungkin otak kita mampu tampung semua tentang Allah dan segala sesuatu. logika qt ga sampe.agustinus bertobat waktu melihat seorang anak yang mengisi air laut pada sebuah kelapa. ga mungkin. kelapa begitu terbatas. begitulah gambaran logika qt dgn logika Tuham yng bisa qt ketahui cm yang dinyatakan oleh Tuhan ja. selebihnya akan kita ketaui klu uda mati..he3. yang jelas aq percaya ja dengan imanm God is good. ga mgkn merancangkan masuk neraka, meskipun ada ayat yang seolah-olah bicara demikian. itu hanya menunjukan kurangnya pengetahuan qt. klu Allah yg luar bisa itu bisa qt baca dan ketahui semua, bagaimana bisa disebut Allah yang katanya luarbiasa dan Maha2?terkadang qt menghakimi TUHAN pencipta qt??siapa qta??qt manusia ciptaannya?bisaka bejana protes kepada sang penjunan yang membentuknya??apakah dasar kita menghakimi Allh tidak adil??apakah kita merasa lebih bijak dari Allah, sehingga menurut qta pertimbangan qtalah yang terbaik. seharusnya begini??? GBU ^-^
__________________

amazing grace....

jesusfreaks's picture

@SISKA : LAKUKAN YANG TERBAIK

Tuhan memang baik, pasti baik... Syukurlah kalau Siska yakin Tuhan Sudah memilih Siska. lakukanlah yang terbaik... Saya cuma BERPENGHARAPAN TUHAN memilih saya. TAPI BAGI SAYA, GAK JADI SOAL TUHAN PILIH SAYA ATAU TIDAK. saya cuma berusaha melakukan yang terbaik buat TUHAN, sekalipun saya masuk neraka. itulah PREDESTINASI... Shalom,

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

siska yuliana's picture

to:JF...thx ya.....

Menurutq kenapa aq yakin aq diselamatkan dan dipilih???karena Roh Kudus sendiri bersaksi di dalam hatiq bahwa aq anak Allah...yang aq tau wktu aq percaya ma Tuhan Yesus saat itulah aq tau Ia memilihq.Aq ga ragu..justru bersyukur...kalo emank bener Tuan pikiha aq mgkn 1 dari 1000 orang untuk diselamatkan, itu bener2 anugerah terindah yang ga kan bisa q balas sekalipun dengan nyawaq. Tapi dalam hatiq yakin, tidak pernh Tuhan menentukan seoorang pun untuk binasa. karena Ia itu baik...
__________________

amazing grace....

bintang seven's picture

@ siska yuliana dimana letak nya pertobatan dlm dktrn predestina

sis emang bener predestinasi bikin pusing, apalagi menyangkut kedaulatan dan kehendak Allah dimana si pencetus j.calvin berkata mengenai mengapa Allah menghendakinya kita tidak boleh maju dan bertanya hal itu krn Alkitab tidak memberi tahu kita. padahal masih banyak yg ingin diketahui manusia spt aq ini.

salah satunya yg ingin kutanyakan ama siska di blog ini kalau predestinasi begitu penting dimanakah letaknya pertobatan dlm doktrin ini? jarang di mentioned tuh.

klo situ pusing tolong ditanyain donk ama yg lbh senior.ok

 

 

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

king heart's picture

Calvin bukan pencetus predestinasi

@bintang seven,

Sebagai masukan Calvin bukanlah pencetus mula mula predestinasi karena Agustinus dan Martin Luther juga memegang dan percaya akan doktrin ini. Hanya Calvin lebih sistematis dan menyeluruh membahas doktrin ini dan selanjutnya para Calvinislah yang membakukan doktrin ini menjadi TULIP yang sangat melegenda bahkan kontroversial ??? sehingga ketika orang membicarakan predestinasi selalu ( termasuk anda ) merujuk kepada Calvin

Pertobatan bukannya tak pernah disebutkan dalam blog yang bayak beredar beserta tanggapan yang ada pro maupun kontra, namun jelas sekali bahwa ketika dipilih ( predestinasi ) atau karena kehendak bebasnya ( Arminian ) kemudian  ia selamat semua mesti melalui jalur pertobatan

GBU

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

bintang seven's picture

@kingheart predestinasi ilmu atau firman tuhan?

king heart makasih buat komennya nggak gw cuma  mo tanya dari banyak blog n tulisan2 calvinisme hanya mencantumkan kedaulatan Allah dlm pemilihan dpt disingkat spt ini: keselamatan kita dikerjakan oleh Allah Tritunggal yaitu Bapa memilih, anak mati untuk menebus dosa dan Roh Kudus menjadikan kematian itu efektif.

sejauh ayat2 yg ada gak ada dan bahkan mungkin gak lebih dari 1% yg mencantumkan pertobatan seolah2 itu hanyalah embel2 dlm doktrin predestinasi, padahal predestinasi adalah doktrin soteriology yg agung dr TULIP.  embel2 yg mungkin makin lama makin terlupakan oleh calvinisme jaman sekarang.

kalau saya boleh mengajukan pertanyaan lebih suka mana anda?

pertama saya bersyukur orang itu akhirnya sadar dan bertobat kepada Tuhan dia sekarang meninggalkan dosanya berbaikan dg orang tuanya dan musuh2nya. sungguh ia telah hidup baru.

kedua saya bersyukur pada Tuhan krn orang itu akhirnya menerima doktrin predestinasi, bahkan telah sanggup mengajarkannya pd orang lain, ia memiliki iman yg reformed dan bergereja di gereja yg beraliran calvinis.

sehingga saya mengatakan predestinasi sebuah ilmu atau firman Tuhan yg berguna ? 2 tim 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

maksud saya supaya orang yg memegang paham ini lebih efektif dlm menjalankan dan mengajarkannya, jika predestinasi adalah sebuah barang andalan dlm berteologi, sebuah jimat, sebuah ilmu, sebuah pedang tajam tapi tidak mengena dlm hati orang sehingga tidak menghasilkan pertobatan dan kerinduan pada Allah jangan menegakkan kepala anda krn keanggunan doktrin ini, lebih baik doktrin ini dibuang krn tak lebih dr sampah di dalam hati manusia.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

jesusfreaks's picture

@bintang 7 : MENYATAKAN DAN MENDIDIK

Bagaimana pendapatmu soal MENYATAKAN KESALAHAN DAN MENDIDIK ORANG DALAM KEBENARAN ? Siapa bilang orang jadi tidak bertobat ? Siapa bilang orang jadi tidak rindu ? Doktrin predestinasi MEMANG SIAL BUAT YANG TIDAK TERPILIH ? Ya mau diapain lagi, NASIB OH NASIB... Gw gak yakin terpilih, tapi ya mau diapain lagi, NASIB OH NASIB...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

bintang seven's picture

@jf

jf  jika anda mengatakan seseorang bukan pilihan dari mana anda tahu hal itu? karena john calvin dan pengajar calvinisme pun tak mengajarkannya. edwin palmer dalam bukunya 5 poin calvinis mengatakan hal tersebut tidak mungkin diketahui oleh orang, bahwa ia bukan orang pilihan sampai ia mati, sehingga kita tidak boleh mengabaikan orang itu sampai ia mati dimana ada kesempatan kita hrs tetap mengabarkan injil padanya entahkah ia menolak nya sebelumnya.

jika anda mengetahui nya saya heran, dan jika anda meledek orang yg belum menerima injil dimanakah kasih dan kesabaran anda?

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

king heart's picture

Predestinasi itu bagian dari Firman Tuhan

Predestinasi dicetuskan bukan dari hasil pemikiran manusia di luar Firman Tuhan melainkan konklusi dari penafsiran akan Firman Tuhan berkenaan dengan doktrin Keselamatan.

Doktrin predestinasi menggambarkan kedaulatan mutlak Allah akan keselamatan yang merupakan 100 % anugerah Allah karena manusia yang berdosa tak akan mampu berpaling / kembali kepada Tuhan. Pemilihan Allah akan keselamatan harus dan mutlak melalui / dengan sarana pertobatan. Seseorang yang bertobat dan beriman kepada Yesus yang telah mati untuk menebus dosa manusia tidak lepas dari buah pekerjaan Roh Kudus yang sebelumnya telah memberi bibit iman di dalam hati manusia.

Pemilihan merupakan anugerah di dalam kedaulatan Allah dan respon manusia terhadap anugerah itu adalah melalui bertobat atas dosanya dan beriman kepada Yesus yang pengerjaannya dilakukan oleh Roh Kudus

1:4Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
1:5Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,
1:6supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya.
1:7Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,
1:8yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.

 

GBU

 

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

bintang seven's picture

@ king heart predestinasi

saya setuju dg ayat2 yg saudara kingheart sampaikan, tp klo pernyataan saya di atas panjang mungkin anda lupa menjawab mengenai mana yg anda pilih dr tipe 2 orang diatas.

klo boleh saya tanya satu lagi kepada kingheart jika seseorang masuk surga karena telah dipredestinasi Allah lalu bagaimana dg orang yg masuk neraka apakah krn telah ditetapkan demikian atau karena ia berdosa atau karena hal yg lain. terima kasih

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

king heart's picture

@bintang seven

Pada dasarnya semua orang termasuk saya sedang berjalan menuju ke neraka karena dosa. Ketika dalam antrean menuju ke neraka, kemudian Tuhan menunjuk dan menetapkan dari beberapa orang yang antre tersebut untuk diselamatkan dan dibawa ke jalur lain untuk antre menuju ke surga. Itulah predestinasi.

Problemnya bukan memilih yang ini selamat yang ituberdosa dan dihukum, melainkan memilih dari para pendosa untuk diselamatkan sesuai dengan kedaulatan dan rahasia Allah.

Tanpa dipilih, manusia berdosa itu tak mampu mencari Allah. Ketika dipilih manusia berdosa dibentuk supaya hidupnya kudus dan tak bercacat di hadapan Tuhan

Efesus 1:4Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

GBU

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

bintang seven's picture

@kingheart & acc: heran gw

ketika menjelaskan injil pd orang lain haruskah anda menjelaskan sebagian akan diselamatkan dan sebagian akan ditolak? yg bagi saya memungkinkan reaksi orang yg sebetulnya dapat dihindari spt acc.  karena wajar acc bertanya apakah adam, daud yg jatuh dosa, yudas iskariot, raja saul di set sejak awal untuk jatuh dan binasa. dan saya rasa itu adalah kewajiban anda menjelaskannya bukan menuduhnya bebal, hal tersebut sangatlah logis. padahal krn penjelasan anda ini lah anda mendorong orang untuk menjelaskan kesulitan2 calvinis ini.

saya mengagumi guru reformed pak tong, dlm bukunya dosa keadilan dan penghakiman ia menjelaskan pertanyaan mengenai orang binasa, mereka binasa adalah karena mrka berdosa bukan karena ditetapkan untuk binasa, hal inilah yg disebut pengajaran yg sehat, jika ada orang yg ditetapkan binasa maka tidak ada jalan bagi orang itu bagaimanapun ia berusaha pasti binasa, ttp jika dikatakan berdosa maka ia masih dapat bertobat dan diinjili yg mungkin diterimanya dan ditolaknya. yg saya mau tanyakan mengenai orang yg ditetapkan binasa kingheart bagaimana jika orang itu adalah bapak dan ibu saudara?????

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

king heart's picture

@bintang seven : gw heran lu heran, ternyata......

Saya heran ternyata anda tidak membaca tulisan saya, di mana di tulisan saya manusia ditetapkan untuk binasa ?

Kesimpulan tulisan saya itu adalah manusia dipilih dan ditetapkan untuk diselamatkan bukan untuk dibinasakan. Manusia dibinasakan karena dosa dosanya sekali lagi dosa dosanya. Manusia yang dipilih dan ditetapkan untuk diselamatkan melaluinya hanya melalui pertobatan dan percaya kepada Yesus..... hanya melalui pertobatan dan percaya kepada Yesus.

Namun pertobatan itu juga merupakan peran aktif  Roh Kudus yang mengerjakannya di dalam hati manusia sehingga ia bertobat. Maka dari itu keselamatan manusia itu merupakan anugerah Allah juga. Saya percaya hal ini karena manusia tidak mungkin mengerjakan dengan kekuatan sendiri keselamatannya karena ia terbelenggu dosa. ACC menolak poin ini, menurutnya manusia masih mampu dengan kekuatannya sendiri ( istilah dia free will ) untuk bertobat dan percaya kepada Yesus.

Ketika menginjili orang mengapa perlu dijelaskan predestinasi, ibarat bayi semstinya ia minum susu mengapa harus diberikan makan nasi, mengapa doktrin yang begitu kompleks ini harus dijelaskan terlalu dini sedangkan hal ini menjadi polemik yang tak pernah berujung dikalangan orang Kristen bahkan para teolog.

Predestinasi itu perlu dijelaskan dan dimengerti oleh orang Kristen yang mau mengerti lebih dalam lagi akan Firman Tuhan namun bukan untuk orang Kristen baru atau bahkan dalam penginjilan. Anda saja yang saya percaya bukan orang Kristen baru dalam membaca tulisan saya bisa mengintrepetasikan yang berbeda, apalagi orang yang sedang diinjili

Kata kunci untuk keselamatan hanya ada pada Bertobat dan Percaya kepada Yesus...................... Masalah siapa yang mengusahakan keselamatan itu persoalan yang lain lagi

Kata kunci untuk kebinasaan hanya ada pada Dosa yang ada pada diri manusia itu sendiri dan Penolakannya akan Yesus sebagai satu satunya jalan keselamatan. Lain tidak

GBU

 

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Ang Che Chen's picture

@ king heart... tunjukkan mana buktinya

king heart .. to the point..

kapan saya mengatakan manusia bisa diselamatkan dgn kekuatannya sendiri..

di mana tulisan saya yg mengatakan manusia bisa diselamatkan dengan kekuatannya sendiri..

mana tulisan demikian..?

 

Ang Che Chen's picture

@JF.. Adam dan keturunannya yg "apes"

Dear JF..

saat Adam dan keturunannya jatuh dalam dosa dan pelanggaran apakah semua itu sudah di "set"/diatur atau ditetapkan/ diperdestinasikan sebelum mereka terlahir?

waktu Adam dan Hawa jatuh dan diusir.. itu karena pilihan mereka atau semua harus terjadi agar apa yg sudah 'ditetapkan'/dirancangkan  sebelum dunia diciptakan bisa berlangsung mulus?

Waktu Daud jatuh dalam dosa perzinahan dan pembunuhan thd Uria.. apakah itu juga "skenario" dari awal bahkan sebelum Daud diciptakan .. bukan kah ada tertulis hari hari yg akan dialami oleh Daud...juga termasuk saat ia berzinah dan menjadi otak pelaku pembunuhan berencana?

siapakah "pencipta/penggagas" dari teori sadis ini... ?

atau kah jangan jangan John Calvin "sang  Amrozi" abad pertengahan yg lalu yg punya hak menghabisi lawan lawan ideologinya seperti yg ia lakukan dengan membakar hidup hidup Michael Servetus?

 

king heart's picture

@ACC : tak salah hai hai megatakan anda bebal !!

ACC,

Sepertinya anda tidak membaca atau tidak mau membaca tulisan hai hai mengenai predestinasi yang ditanggapi oleh deta di pasar Klewer beberapa waktu lalu. Dari komentar anda meminjam kata kata hai hai tampak jelas anda tidak mengerti dan tak mau mengerti mengenai apa itu predestinasi. Predestinasi adalah pemilihan manusia supaya ia selamat dan kemudian dibentuk dibentk Tuhan supaya kudus dan tak bercacat dihadapanNya. Predestinasi bukanlah pemilihan manusia supaya ia berdosa atau jatuh dalam dosa atau seperti robot yang hanya mengikuti kehendak tuannya

Di

www.in-christ.net/30_kritik_terhadap_gereja_dan_gembala#comment-1324

tulisan anda yang sarkastik terhadap Calvin dan kemudian ditanggapi secara sangat baik oleh iah iah tampaknya tidak enyurutkan langkah anda untuk menulis yang sejenis di sini meskipun di sana anda mengaku khilaf dan minta maaf. Jangan jangan anda bukan khilaf tapi kilap maksudnya mengkilap ha ha ha

GBU

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Ang Che Chen's picture

@King heart.. usul anda saya pertimbangkan

Dear KH..

bisa bantu tunjukkan di mana link tersebut perdebatan antara hai hai dan Deta...

saya belum baca soalnya...yg saya ingat dulu saya ada kasih komentar ttg pedebatan Deta dan vantillian..

terus saya mau nanya...apa maksud Anda menulis demikian

Jangan jangan anda bukan khilaf tapi kilap maksudnya mengkilap ha ha ha

 

king heart's picture

Lihat di sini

Dear ACC :

Anda bisa lihat di : http://www.sabdaspace.org/taman_eden_misteri_predestinasi_dan_freewill

Mengenai khilaf dan kilap, bukankah di in-christ.net anda meminta maaf dan mengatakan khilaf akan tulisan anda sebelumnya makanya jika ternyata di sini tulisan itu anda ulangi sekalipun dengan redaksional yang berbeda ( yang anda katakan khilaf ) maka kesimpulan saya anda meminta maafnya bukan karena khilaf tapi yang lain ...........barangkali kilap he he he

GBU

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Ang Che Chen's picture

@king heart.. saya tunggu di kotak ijo

sialhkan mampir di kotak ijo.. jgn hit n run

 

jesusfreaks's picture

@ACC : BACALAH BAPA SORGAWI MENGASIHI LUCIFER

Dear ACC, Apa sih spesialnya Adam ? Apa sih spesialnya Manusia ? Apa sih rancangan TUHAN sebelum IA menciptakan dunia ? Silahkan Baca blog saya yg judulnya : BAPA SORGAWI MENGASIHI LUCIFER.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Ang Che Chen's picture

@JF.. ntar aku baca dulu

Dear JF..

ntar aku mau baca dulu..

tadi maksudnya aku mau nanya kamu kenapa nulis nda yakin dipilih...

jesusfreaks's picture

@ACC : BACALAH BAPA SORGAWI MENGASIHI LUCIFER

Dear ACC, Apa sih spesialnya Adam ? Apa sih spesialnya Manusia ? Apa sih rancangan TUHAN sebelum IA menciptakan dunia ? Silahkan Baca blog saya yg judulnya : BAPA SORGAWI MENGASIHI LUCIFER.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Ang Che Chen's picture

@JF .. kepanjangan capek baca...

bisa kasih intinya langsung saja... kok njelimet yah...agak bertele tele..

pointnya saja langsung?

fransiskushandoko's picture

AKU KOK BINGUNG NIH

salam kasih dalam Kristus,

           Saudara saudaraku, dengan melihat isi tulisan yang sudah saya baca, kok tiba tiba saya bingung ya ? bukannya gak ngerti komentar demi komentar yang ada, tapi haruskah kita  saling menghujat, dan memusuhi satu sama lain demi memaksakan kehendak kita dengan mengatasnamakan Alkitab yang suci.

           Disini saya tidak ingin berdebat (yg gak sehat) tapi saya ingin bersahabat dengan teman teman yang lebih pandai dari saya mengenai  keinginan Allah melalui alkitab. tolong beri kan saya kisah kisah yang menyejukkan, bukan menyakitkan dan menyedihkan.

           saya seorang Kristen yg (belum) sejati. dan saya selalu berdoa pada Tuhan agar selalu mengampuni saya orang berdosa ini.  salam kenal kepada semua saudaraku dimanapun berada, ini adalah sekedar tulisan perkenalan. mohon maaf jika ada kata yang salah dan tidak sesuai dengan teman teman sekalian dan saya masih harus banyak belajar dari teman sekalian.

Tuhan, ampunilah saya orang berdosa.

__________________

Tuhan, ampunilah saya orang berdosa.

dennis santoso a.k.a nis's picture

welcome fransiskus handoko

terlepas dari isi blog ini (karena saya malas membacanya), disini (sabdaspace) emang begitu. karena kamu orang baru maka ijinkan saya bertindak sebagai usher dan menerangkan cara kami mengasihi seseorang disini.

tulisan ini mungkin akan dibantah oleh yang lain nya, tapi tidak apa, karena begitulah yang memang seharusnya terjadi di suatu komunitas yang hidup di negara demokrasi.

ketika kami mengasihi seseorang, kami akan mencela dia. beberapa dari kami malah akan sok usil hanya demi menarik perhatian seseorang dan sukur2 bisa lebih mengenalnya. disini pepatah bahwa "tak kenal maka tak sayang" diterapkan sampai titik penghabisan, dimana pada fase tertentu sebelum titik penghabisan itu tercapai, biasanya seluruh emosi akan tumpah ruah.

ketika mengasihi, kami terbiasa menerapkan ayat "besi menajamkan besi dan orang menajamkan sesamanya". ibarat gesekan besi, wajar kalo suasana menjadi panas. dalam suasana panas, kita bisa melihat mana yang ketika "pipi kanan nya digaplok, akan memberi pipi kirinya" dan mana yang malah jadi walk-out sembari memaki2 bahwa disini adalah kumpulan orang farisi lah, fasik lah, ahli taurat lah, tidak jantan lah, dsb. buah dari pribadi seseorang akan langsung kelihatan dengan mudah ketika orang itu di-stress-test.

jadi begitulah, selamat datang dan semoga bertahan :-)

jesusfreaks's picture

@ACC : MANUSIA ALAT PETOBAT LUCIFER

Dear ACC, Dalam tulisan tersebut, adam dan eden, adalah alat petobat untuk lucifer n pengikutnya. Karena TUHAN MENGASIHI Lucifer dan pengikutnya. Nah manusia, bukannya jadi alat, manusia malah ikut-ikutan memberontak terhadap TUHAN. Lalu fokus pertobatan berubah ke manusia. Lalu TUHAN mempersiapkan manusia-manusia pilihan (predestinasi) untuk jadi alat petobat. Hingga akhirnya TUHAN mengeluarkan SENJATA PAMUNGKAS, ANAKNYA.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Ang Che Chen's picture

@ JF... Bapa mengasihi lucifer... hehehe

Dear Jf.. to the point kalo emang Bapa mengasihi Lucifer ngapain pengikut pengikutrnya "dihajar" habis sama Yesus dan murid muridNya..

coba baca tentang penguasa dunia di blok ICN tentang Lucifer yg ditendang keluar.

pernah kah ada tertulis Allah mengasihi malaikat malaikatnya..lebih daripada kasihNya pada manusia?

kalo sampe ada tertulis  baik explicit maupun implicit : Allah mengasihi malaikat lebih dari manusia kutraktir kamu makan di mana saja kamu mau....

kalo Allah mengasihi Lucifer kenapa Ia tdk memberi kesempatan kedua, ketiga dst?

 

 

jesusfreaks's picture

@ACC : KAMU GAK BACA BAIK-BAIK YA

Kan saya sudah bilang fokus sudah berubah, dari lucifer n pengikutnya ke manusia. Kamu memang gak paham predestinasi. Kesempatan sudah diberikan, sekarang giliran TUHAN memilih.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@ ACC, Kenalilah Musuhmu

Ang Che Chen, bila anda tidak mengenal diri sendiri dan tidak mengenal musuh, maka seratus kali berperang seratus kali kalah. Itulah yang diajarkan oleh Sunzi (Suntzu). Di dalam diskusi, bila anda tidak mengenal diri sendiri dan mengenal lawan diskusi, maka seratus kali diskusi anda akan seratus kali mempermalukan diri.

Ang Che Chen, bila anda hendak menyerang doktrin predestinasi maka yang harus anda lakukan adalah mempelajari doktrin tersebut dengan benar dan memahaminya, bukannya asal mengutip tulisan-tulisan yang asal menyerang doktrin predestinasi.

TUDUHAN doktrin predestinasi mengajarkan bahwa Adam dan Hawa sudah DITETAPKAN oleh Allah untuk BERDOSA adalah tuduhan membabibuta dan maaf, BODOH.

Predestinasi mengajarkan bahwa Allah Memilih setelah manusia MEMILIH.

Allah memilih untuk menyelamatkan Adam dan Hawa setelah keduanya memilih untuk MATI.

Untuk memahami ajaran Predestinasi, silahkan baca tulisan saya berikut ini dan ini. Baacalah tulisan utama dan komentar komentarnya, agar anda dapat memahaminya dengan benar.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Ang Che Chen's picture

ok ko hai.. saya pelajari dulu yah..

dear hai hai

ok ko hai.. saya pelajari dulu yah..

hai hai's picture

Silahkan Ang Che Chen

Silahkan mempelajarinya dengan baik Ang Che Chen, saya berdoa, semoga Roh Kudus membimbing anda agar memahami ajaran Predestinasi Alkitab dengan benar.

Ketahuilah, bila anda memahami ajaran Alkitab dengan benar, maka kehidupan sebagai orang Kristen akan mudah untuk dijalani.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

king heart's picture

@hai hai : mau tanya.....

Ko hai hai,

anda mempersilahkan ACC mempelajari predestinasi, mengapa tidak disarankan ia keluar dari dasar sumur dulu     ha ha ha ha

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Ang Che Chen's picture

@ king heart ayo muncul di kotak ijo

@ king heart ayo muncul di kotak ijo

hai hai's picture

King heart, Bangkit Dulu Baru Keluar

Kingheart belajar adalah satu-satunya jalan untuk mengerti. Setelah mengerti dia akan melesat keluar bagai meteor. Bila hal itu terjadi mungkin saya tidak akan sanggup lagi untuk melayaninya diskusi dan menjadi muridnya yang rendah hati.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

king heart's picture

@hai hai : setuju big brother

Koh hai hai saya pribadi melihat ACC merupakan seorang yang cukup rendah hati dan mau belajar cuma kelihatannya agak reaktif. Semoga di lain waktu kita boleh belajar banyak pada ACC

ACC panggil saya muncul di kotak ijo,lha bodohnya saya, saya gak ngerti maklum gak mudeng babar blas, sudah gitu kotak yang ijo itu di layar monitor saya berwarna biru muda emang sih agak hijau. Ingat orang madura aja, kalo biru mereka katakan ijo kalo ijo mereka sebut biru ha haha ha

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

hai hai's picture

Terkadang Dia Menyebalkan

dia memang menyebalkan kalau sedang angot. Ceroboh dan asal ngetik serta sok mau tarung. Tapi secara keseluruhan dia OK dan lucu. Ha ha ha ha ha ....  Semoga dia bosen nongkrong di dalam sumur dan melesat seperti meteor dech.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

king heart's picture

@ACC : kayak orang nantang berkelahi

ACC,

benar saya gak lihat tulisan anda mengundang saya di 'kotak ijo' itu makanya telat responnya. Saya sempat agak kaget anda tulis di atas kayak orang nantang berkelahi he hehe he............. mau lari sembunyi.

Mungkin sedikit gambaran kenapa saya komentari tulisan anda yang kelihatannya seperti saya 'dendam' dg anda dan menyerang pribadi anda meskipun hal itu jauh dari pikiran saya. Saya merasa anda tidak fair membahas / mengomentari tentang predestinasi dikaitkan dengan pribadi Calvin. Jika membahas predestinasi kenapa tidak fokus ke masalah itu kenapa harus melebar kepada pribadi "pencetus" nya ( sekalipun semestinya Calvin bukan pencetus mula mula doktrin predestinasi ). Nukankah mutiara di mulut anjing tetap sebagai mutiara ?

Jika pembahasan mengenai biografi Calvin barulah komentar atas pribadi, karya dan "perbuatan" nya bolehlah disorot habis.

Cukup fair bukan ?

Sorry,pribadi  saya gak bermaksud menyinggung anda dengan perkataan bebal ( hanya pinjam istilah koh hai hai aja .... ). Kalo ternyata kata bebal itu tidak cocok buat saya yang tulis ya tidak akan saya ulangi....

GBU

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

bintang seven's picture

@kingheart lanjut

sori agak sibuk nih eh kingheart nyambung lagi dikit biar gw bisa belajar predestinasi juga moga2 lo gak capek ya, gw rada bingung dg ayat ini:

Yoh 17:12 selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam namaMU,yaitu namaMU yg telah Engkau berikan kepadaKU, Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam kitab suci.

bukankah anda mengatakan kebinasaan tidak ditentukan tolong dijawab ayat ini thx

 

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

king heart's picture

@bintang 7 :

BIS Yoh 17:12Sewaktu Aku masih bersama mereka, Aku sudah menjaga mereka dengan kekuasaan nama Bapa--nama yang Bapa berikan kepada-Ku. Aku sudah menjaga mereka dan tak seorang pun dari mereka hilang, kecuali dia yang memang sudah seharusnya hilang; supaya dengan itu terjadilah apa yang tertulis dalam Alkitab.

New KJV 17:12"While I was with them in the world, I kept them in Your name. Those whom You gave Me I have kept; and none of them is lost except the son of perdition, that the Scripture might be fulfilled.

Bible in Basic english17:12While I was with them I kept them safe in your name which you have given to me: I took care of them and not one of them has come to destruction, but only the son of destruction, so that the Writings might come true.

Dari perbandingan ayat yang sama dari beberapa terjemahan, hanya di Alkitab TB yang menuliskan adanya penetapan kebinasaan. Ayat itu diartikan kebinasaan manusia adalah karena pilihannya bukan penetapan Allah. Allah hanya menetapkan siapa yang akan dipilihNya

GBU

 

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

bintang seven's picture

@ kingheart

TB: Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

BIS:Ketika orang-orang bukan-Yahudi mendengar hal ini, mereka merasa senang dan bersukacita atas pesan yang disampaikan oleh Paulus; dan semua orang yang ingin memperoleh hidup kekal, percaya.

jika sebaliknya ayat ini dipergunakan dg alkitab BIS bukankah tidak ada yg ditentukan atau dipilih ke surga? karena anda menjawab pertanyaan saya dg pola spt ini.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

king heart's picture

New KJV Kis 13:48Now when

New KJV Kis 13:48Now when the Gentiles heard this, they were glad and glorified the word of the Lord. And as many as had been appointed to eternal life believed.

Bible in Basic English Kis13:48And the Gentiles, hearing this, were glad and gave glory to the word of God: and those marked out by God for eternal life had faith.

Revised Webster Version Kis13:48And when the Gentiles heard this, they were glad, and glorified the word of the Lord: and as many as were ordained to eternal life believed.

 

Bandingkan dengan ayat ayat di atas juga, bagaimana anda menafsirkannya ?

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

bintang seven's picture

@kingheart sip

gw merasa rugi klo gak percaya predestinasi tapi gw kerap mempertanyakan doktrin ini jika doktrin ini diajarkan kemudian menghasilkan cara pikir negatif seperti: pasif karena bagaimanapun yg selamat tetap selamat dan yg binasa akan binasa karena sudah ditentukan sebelumnya karena itu santai aja. seseorang jadi mudah menyerah menginjili orang lain krn dia pikir nih orang pasti reprobate. cuma itu aja kekhawatiran gw ttg pengajaran predestinasi. dan calvin benar bahwa Tuhan menyelamatkan sebagian dlm rencana kekalnya dan bukan semua orang karena tak semua orang percaya pada injil!! dan saya berpendapat orang yg dipilih akan merespon injil dg baik. hanya saya agak kurang setuju dg kata ditetapkan tapi lebih condong dipilih dan dibiarkan thx. lain waktu kita sambung lagi ok gbu bro.
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

king heart's picture

@bintang7

Jangan mempertimbangkan suatu ajaran / doktrin dar ekses negatif yang dibuat oleh manusia yang mempercayai ajaran / doktrin itu dengan cara berpikir yang salah. Apakah 10 Perintah Allah itu harus dihapuskan karena bangsa Israel yang memegangnya dan menjadikannya suatu tradisi yang bahkan akhirnya membuat Yesus tersalib ? Bukankah manusia sebagai pelakunya yang mesti mengoreksi diri apakah dia mematuhi ajaran dengan benar ? Saya juga masih banyak belajar dan bergumul tentang predestinasi ini sekalipn saya yakin doktrin ini merupakan doktrin yang alkitabiah. Banyak pertanyaan pertanyaan yang senantiasa berkelaebat di benak saya mengenai predestinasi ini. Senang berdikusi dengan anda bintang7, saya selalu menantikan anda GBU Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

orang-biasa's picture

Pertanyaan

Predestinasi mengajarkan bahwa Allah Memilih setelah manusia MEMILIH. --- hai hai Efesus 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. --- King Heart Yang bener yg mana, Allah itu memilih "setelah manusia memilih" ato "sebelum dunia dijadikan"?
hai hai's picture

@ Orang-biasa, SOLA SCRIPTURA

Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya. Efesus 1:4-6 Penganut doktrin predestinasi percaya: Ada orang yang diciptakan untuk masuk surga ada pula orang yang diciptakan untuk masuk neraka. Itulah tuduhan yang selalu dilontarkan kepada para penganut doktrin predestinasi, itu pula tuduhan kepada John Calvin. Tuduhan itu ada BENARNYA, karena pada awalnya pemahaman John Calvin memang demikian. Pemahaman demikian pulalah yang membuat kaum REFORMED tidak melakukan PENGINJILAN pada mulanya. Namun setelah bertambah tua dan bijaksana, akhirnya John Calvin menyadari bahwa pemahamannya SALAH. Walaupun MENGOREKSI ajarannya namun ajaran sebelumnya sudah kadung diterima oleh banyak orang Kristen sebagai kebenaran. INTI dari Theologia REFORMED adalah SOLA SCRIPTURA, Hanya Alkitab. Alkitab adalah STANDARD kebenaran. Ajaran para Theolog adalah PEMAHAMAN mereka akan ajaran Alkitab bukan standard kebenaran itu sendiri. Itu sebabnya, ajaran para Theolog harus DIUJI dari generasi ke generasi. Kita menghormati Martin Luther dan John Calvin sebagai Bapak Reformasi. Namun, kita tidak pernah MENGAKUI bahwa keduanya MUSTAHIL SALAH didalam memahami ajaran Alkitab. Hal yang sama juga berlaku bagi para Theolog lainnya. Memang hingga saat ini ada orang-orang yang karena kurang memahami KONSEP Theologia Reformed menganggap bahwa Theolog PUJAANNYA mustahil salah memahami ajaran Alkitab sehingga menganggap ajaran Theolog itu 100% benar. Tentu saja KEYAKINAN demikian bertentangan dengan konsep SOLA SCRIPTURA. Allah MEMILIH setelah manusia MEMILIH! Itulah inti ajaran Predestinasi Alkitab. Dengan pemahaman demikian, bagaimana kita memahami kalimat di dalam Efesus 1:4? Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan Bukankah sebelum dunia dijadikan Allah belum menciptakan manusia? Bukankah sebelum diciptakan mustahil manusia MEMILIH? Saya memahami kalimat tersebut di atas demikian. Allah mahatahu. Umumnya orang Kristen memahami MAHATAHU sebagai TIDAK ada yang tidak diketahui. Karena Allah mahatahu, maka itu berarti tidak ada yang TIDAK diketahuiNya. Menurut saya pemahaman demikian SALAH. Menurut saya, Allah MAHA bila dibandingkan dengan ciptaanNya, namun Allah menjadi TIDAK MAHA ketika membandingkan DIRINYA dengan DIRINYA SENDIRI. DIRI Allah membatasi KEMAHAAN Allah. Sebelum MEMILIKI IDE menciptakan alam semesta, Allah TIDAK tahu sama sekali apa alam semesta itu. SEBELUM memiliki ide menciptakan manusia, Allah sama sekali tidak tahu apa itu manusia. Ada yang memahaminya demikian: Ketika IDE menciptakan manusia muncul dalam benak Allah, pada saat itulah Dia tahu segala SESUATU tentang manusia. Pada saat itulah DIA tahu bahwa semua manusia MEMILIH untuk menjadi Allah dari pada memilih menjadi PETA TELADAN Allah. Berdasarkan PENGETAHUAN itulah Allah memilih. Itu sebabnya dikatakan, "Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan." Saudara orang-biasa, hingga saat ini itulah pemahaman saya. Apakah pemahaman saya itu BENAR? Saya hanya mampu mengatakan bahwa sebelum memiliki pemahaman lain, atau sebelum ada orang yang menyatakan bahwa pemahaman saya itu salah dengan memberikan argumentasi yang logis dengan didukung ayat-ayat Alkitab, maka saya MEMILIH untuk hidup dengan PEMAHAMAN saya tersebut. Namun bila ada orang yang menyatakan bahwa pemahaman saya itu salah dengan MENGAJARKAN pemahaman yang lebih logis dengan didukung ayat-ayat Alkitab, maka saya AKAN memegangnya sebagai ajaran yang benar. Bukankah dengan demikian saya menjadikan akal budi saya sebagai standard kebenaran? TIDAK! Akal budi saya hanya sarana untuk memahami ajaran yang benar. Alkitablah standard kebenarannya. Saya memutuskan untuk menjadi orang Kristen akhir tahun 1981. Saya YAKIN bahwa saya menjadi orang Kristen karena SAYA memutuskan untuk menjadi orang Kristen. Suatu hari seorang pengkotbah mengajarkan bahwa saya menjadi Kristen bukan karena SAYA memutuskan untuk menjadi Kristen namun karena Allah MEMILIH saya untuk menjadi Kristen. Karena pengajaran itu saya lalu mempelajari Alkitab untuk MEMBUKTIKAN apakah KEYAKINAN saya yang benar atau AJARANNYA yang benar? Karena menemukan KENYATAAN bahwa ajarannya lebih konsisten didukung oleh ayat-ayat Alkitab, maka saya pun mengubah KEYAKINAN SAYA. Keyakinan saya bukan standard kebenaran, Alkitablah standard kebenaran itu. Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

orang-biasa's picture

Bila memang "SOLA SCRIPTURA"...

Bila memang "SOLA SCRIPTURA",  dimana dalam kitab suci terdapat perkataan:

"Allah MEMILIH setelah manusia MEMILIH!"?

 

hai hai's picture

Orang Biasa, Anda Harus Belajar Dulu

Wah, orang biasa, nampaknya anda harus belajar dulu apa yang dimaksudkan dengan SOLA SCRIPTURA. Setelah anda belajar baru kita lanjutkan diskusi kita.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

orang-biasa's picture

wah, anda memang ngaco!

wah, anda memang ngaco!

anda sendiri yg mengatakan "SOLA SCRIPTURA" dan "Keyakinan saya bukan standard kebenaran, Alkitablah standard kebenaran itu.", tapi ketika diminta menunjukkan dimana dalam "SCRIPTURA" terdapat perkataan "Allah MEMILIH setelah manusia MEMILIH!" yg anda katakan sebelumnya, anda malah menyuruh orang belajar dulu!

maksudnya apa itu? kalo memang tidak dapat menunjukkan, bilang saja tidak dapat.

 

dan penjelasan anda yg panjang2 sebelumnya itu, sama sekali tidak menjawab pertanyaan sederhana, yg bener yg mana:

1. kata si hai2 - "Allah MEMILIH setelah manusia MEMILIH!" 

2. kata king heart - efesus 1:4 "Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya"?

anda tidak bisa mengerti kata "kapan"?

ato anda menganggap "setelah manusia memilih" itu sama dengan "sebelum dunia dijadikan"?

s**t, mbulet kaya iblis!

 

matius 5:37 "Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat." --- Yesus

 

 

hai hai's picture

@Orang Biasa, Allah Ada Di Mana?

Orang biasa, saya menasehati anda untuk belajar sebab pemahaman anda tentang SOLA SCRIPTURA. Anda memahami Sola Scriptura sebagai harus tercatat di dalam Alkitab KATA PERKATA.  Pemahaman anda tersebut salah TOTAL.

Kawan, keahuilah, mengejek saya tidak akan membuat pemahaman anda tentang sola scriptura menjadi benar. anda harus belajar dengan benar agar dapat memahaminya. Selamat belajar kawanku.

Saya ada menulis dua tulisan guna membahas Predestinasi. Anda dapat membacanya di sini dan di sini untuk mengujinya.

Orang biasa, tentu saja saya mengerti arti kata KAPAN. Allah menciptakan langit dan bumi, itulah sebabnya kita mengenal kata "DI MANA." Allah menciptakan WAKTU, itulah sebabnya kita mengenal kata "KAPAN."

Allah ada di mana? Allah tidak ada di mana-nama. Allah ada sejak kapan? Allah tidak ada di kapan-kapan.

Semoga sekarang anda tahu bahwa saya nggak ngaco.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

orang-biasa's picture

Ha ha ha, Allah ada dimana? Sungguh, saya tidak tahu.

Ha ha ha, bung hai2, Allah ada dimana? Saya tidak tahu. Mungkin sedang ke Blok M ato jalan2 ke pasar klewer, tapi sungguh lho saya tidak tau. Tapi, saya rasa Dia bisa jaga diri kok. ha ha ha....

Mengenai Sola Scriptura, mudah saja kok, kalo tidak berasal dari satu ayat, sebutkan saja ayat2nya, supaya dapat dipelajari. Jangan anda katakan di "sana" ato di "sini". Nanti kalo orang membaca kesana-kesini, anda mengatakannya memata2i untuk mencari kelengahan si hai2. (he he cape de...)

Sekarang, kalo anda benar2 tidak ngaco, baiklah kembali ke topik dan jawablah dengan tidak bertele2 pertanyaan sederhana ini:

Kapan sebenernya Allah itu memilih?

1. "setelah manusia memilih", seperti yg anda katakan, ato

2. "sebelum dunia dijadikan", seperti yg dikatakan king heart, ato

3. mungkin menurut anda point 1 = point 2

Tentu akan menyenangkan bila anda dapat menjawab to the point.

hai hai's picture

@ Orang Biasa, Semoga Anda Mengerti

Orang biasa, semoga anda mengerti jawaban saya. Karena dari humor anda bahwa Allah mungkin sedang ke blok M, nampak jelas sekali bahwa anda tidak mengerti. Bila anda mengerti, anda tidak akan bertanya lagi, sebab dari komentar saya sebelumnya semua pertanyaan anda sudah terjawab.

Baiklah saya akan menjawab pertanyaan menurut gaya anda.

Kapan Allah Memilih?

Allah memilih setelah manusia memilih, hal itu dilakukan sebelum dunia dijadikan.

Anda bingung dengan jawaban saya? Untuk menjawab pertanyaan anda itu mudah, untuk membimbing agar anda mengerti itu yang sulit. Di Klewer sebaiknya anda belajar untuk memahami, bukan belajar untuk menjawab soal PILIHAN GANDA.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

orang-biasa's picture

@hai2 - its gonna be a long story

bung hai2,

kalo yg anda maksud, 

Allah memilih setelah manusia memilih, hal itu dilakukan sebelum dunia dijadikan.

itu terjadi dalam benaknya Allah, maka ini juga mungkin akan menjadi cerita yg panjaaaang, karena masalahnya tentang predestinasi ato freewill, yg perdebatannya mungkin masih belum selesai2 sampe sekarang.

kalo saya mungkin lebih memilih untuk mengurus diri saya, memperhatikan bagaimana saya hidup, berkenan ato tidak, layakkah di hadapan Tuhan, daripada mikirin "Allah ada dimana". Itulah maksud humor saya. Allah bukanlah urusan saya. Diri sayalah yg menjadi tanggung-jawab saya. "Saya ada dimana" itulah yg penting.

bye

 

hai hai's picture

@orang biasa, Hidupilah HIDUP Anda

Orang biasa, jalanilah hidup anda sendiri bila anda menikmatinya. Namun jangan mencela orang lain yang menjalani hidup tidak sesuai dengan cara anda menjalani hidup. Alkitab adalah standard kebenaran, dengan Alkitablah kita menghakimi ajaran orang lain, bukan dengan KEYAKINAN kita.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

orang-biasa's picture

@hai2: anda menimbulkan perdebatan baru.

sayang sekali, anda tampaknya juga suka kurang memahami maksud orang. dimana di blog ini saya mencela hidup orang lain? mengapa menimbulkan perdebatan baru yg tak perlu?

ps. disini hanya 1 pertanyaan, di yg lain: 1 ayat.

hai hai's picture

@Orang Biasa, Silahkan Baca Kembali Komentar Anda

Orang biasa, silahkan baca kembali judul dan isi komentar-komentar anda. Bila anda mengajak saya untuk diskusi dengan Alkitab sebagai standard kebenaran, maka saya akan menemani anda. Namun bila anda menjadikan KEYAKINAN anda sebagai standard kebenaran, maka mustahil kita melakukan diskusi. Itu sebabnya saya katakan, bila anda inginmenjalani hidup dengan keyakinan anda, silahkan, namun jangan mencela orang yang tidak hidup dengan cara demikian.

Bila hendak menimbulkan perdebatan baru, maka saya akan bertanya, dari mana anda menyimpulkan bahwa debat predestinasi dan freewill belum selesai? Bila hendak menimbulkan perdebatanbaru, saya akan bertanya, "Anda percaya predestinasi? Predestinasi seperti apa yang anda yakini? Bila tidak percaya predestinasi, ajaran seperti apa yang anda yakini?"

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

orang-biasa's picture

@hai2: Semua menggunakan alkitab

 @Hai2, bukankah semua yg tidak sependapat  juga menggunakan alkitab sebagai standar keyakinannya? Bukankah karena tidak sependapat itu jadi ada diskusi? saya hanya tidak merasa telah mecela hidup seseorang, apalagi berdasarkan keyakinan saya. mencela hidup seseorang itu termasuk hal yg tdk saya sukai, apalagi dari jauh. anda merasa telah saya cela "hidup" anda? well, sorry kalo begitu.

ttg predestinasi & freewill. o, sudah selesaikah perdebatan antara mereka? bukankah masing2 kelompok masih punya pendapat yg berbeda?

yg saya yakini? mungkin lain kali saja. tapi kelihatannya tidak sama dengan anda.

hai hai's picture

@ ORang Biasa, Diskusinya Sudah Selesai

Karena sama-sama mengunakan Alkitab sebagai standard kebenaran, bukankah seharusnya kita tidak perlu merasa kuatir? Karena siapapun yang menang di dalam diskusi tersebut, nama Allah yang tetap dimuliakan.

Anda tidak kenal saya, mustahil anda memiliki kapasitas untuk mencela hidup saya. Yang dapat anda lakukan hanya menilai tulisan saya. Sudah sejak lama saya tidak menggantungkan hidup saya pada pujian maupun celaan. Kepada yang memuji, saya mengucapkan terima kasih dan menguji apakah pujiannya benar? Kepada yang mencela saya tidak menaruh rasa benci. Namun memikirkan dengan hati terbuka. apabila saya benar, namun mereka tetap mencela saya, itu tandanya ada sesuatu yang salah. Sesuatu itu mungkin dari cara saya berprilaku, mungkin pula masalah dari orang yang mencela saya.

Anda punya hati yang tulus untuk menegakkan kebenaran ajaran Alkitab. Anda juga memiliki hati yang lapang untuk menerima kebenaran. Di samping itu anda juga seorang yang berpikir panjang dulu sebelum bertindak. Semua itu nampak gamblang dalam tulisan anda dan cara anda menanggapi tulisan saya.

Diskusi tentang predestinsi selesai, karena tidak ada hal-hal yang baru yang diungkapkan. Dalam debat demikian, umumnya hanya terjadi pengulangan -pengulangan. Adu kutip dan adu ayat. Menurut saya, itu bukan diskusi tentang predestinasi namanya, namun diskusi tentang apa pendapat orang lain tentang predestinasi.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

predestinasi yg complex

hai n orang biasa mencermati ide tulisan anda memang predestinasi adalah hal yg complex dan adu ayat pasti tak diindahkan dan tetap tidak mungkin memuaskan nalar kita karena alkitab juga tidak memuaskan nalar kita ttg predestinasi, kata paulus apakah Allah tidak adil? mustahil!!dah selesai oleh sebab itu pilihan dalam predestinasi dikatakan ahlinya sebagai sesuatu yg luuuuuuuuaaaas krn menyangkut kehendak Allah yg tak mungkin gagal =(rencana Allah yg gak mungkin gagal) rencana yg cuma ada dikantong Allah siapa dapat membukanya? no one kita hanya dapat menerimanya, jadi yg menerima predestinasipun harus merekonstruksi nalarnya agar dapat menerima Allah yg memilih.
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

orang-biasa's picture

@hai2: anda telah belajar

 @hai2,

anda telah belajar, mungkin banyak, mungkin jauh lebih banyak dari orang banyak. yg saya kuatirkan hanyalah, jika dalam sepak terjang anda itu, anda akan jadi seperti pendekar mabuk yg nendang2 ke kanan ke kiri mengenai "orang2 biasa". saya kira, itu tidak dikehendaki Tuhan yg telah mengajar anda banyak.

sayapun mungkin sudah belajar, walopun jalan kita mungkin berbeda. KMJ itu sudah lama... sekali.

hai hai's picture

@ Orang Biasa, Semoga Tuhan...

Orang biasa, semoga Tuhan menjauhkan saya untuk menjadi pendekar mabuk yang asal nendang. Saya beruntung karena di pasar Klewer ini banyak teman-teman yang selalu mendukung saya baik dengan menguji tulisan saya sebelum dimuat, maupun memberi ide-ide untuk tulisan baru dan menegur ketika saya mulai kasar. Dan yang terutama, saling mendoakan.

Jamaat adalah faktor terpenting demi tegaknya gereja dan ajaran sejati Alkitab. jemaat harus belajar Alkitab dengan benar. Jemaat harus menegakkan ajaran Alkitab yang benar. Bukankah jemaat demikianlah yang diharapkan oleh Allah?

Gereja interaktif, itulah yang saya rindukan.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak