Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

SABDA SPACE

smile's picture

Apakah Sabda Space itu? Sabda space hanya sebuah website, atau situs yang bisa dikunjungi oleh semua orang, khususnya umat kristiani.

Lebih spesifiknya?

Sebuah komunitas untuk blogger Kristen

Bagaimana untuk terlibat didalamnya? Jika ingin sekedar membaca, tidak perlu registrasi.

Jika ingin terlibat dan menjadi satu partisan?

Dengan Register dulu tentunya.

Apakah dikenakan biaya ?

Oh, NO NO NO…. FREE alias GRATIS kok…

Tapi bila ingin menjadi dermawan, atau pun donator, bisa juga disalurkan ke : Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

SIMPLE , MUDAH, SEMUA BISA MASUK DIDALAMMNYA.

Apakah isi dari Sabda Space tersebut?

Apakah selalu berkutat dalam masalah, agam, iman dan kepercayaan?

Standart apakah yang dipakai dalam komunitas tersebut?

Sabda Space adalah komunitas blogger Kristen, dari namanya saja sudah bisa dikenali, bahwa disinilah tempat kristiani dalam mengekspresikan diri dan  membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan kekristenan.

Apakah benar?

Ternyata tidak, disini boleh mengekspresikan apapun, hanya saja harus mematuhi kebijakan yang telah dibuat oleh Admin, untuk lebih jelasnya bisa dibaca disini

Walaupun sebenarnya niat tujuan awalnya adalah  : yang rindu menuangkan aspirasi kreatifnya (dalam bentuk blog) untuk memperkaya aplikasi prinsip iman Kristen dalam kehidupan sehari-hari

Dari tentang iman berkembang sampai ke masalah yang menyerempet politik, cinta, sampai kuliner.

Apakah dilarang? Tentu saja tidak, selagi mengerti akan kebiijakan yang telah dibuat yang dijadikan sebagai pedoman dalam berblogger disini.

Sabda Space yang terkenal dengan nama pasar klewer, terdiri dari ribuan anggota, dan sudah memasuki rangking ke 15.000 sebagai situs yang banyak dikunjungi orang didunia, khususnya di Indonesia.

 

Apakah semuanya dari Indonesia? Tentu juga tidak.

 

Banyak partisan yang berasal dari luar Indonesia, yang  tentunya mereka adalah warga Indonesia yang tinggal dinegara lain, yang rindu menuangkan aspirasinya.

Disini juga bisa dikatakan komunitas pencipta, bukan komunitas sekedar copy paste, dan komunitas penjiplak.

Apakah yang terjadi di Sabda Space?

Bagaimanakah orang yang tergabung didalamnya?

Seberapa dalamkah blogger ini membahas dan menginspirasikan sesuatu yang bisa dikonsumsi banyak pembacanya?

Pertama tama masuk dalam bloger ini, dengan mengklik sesuatu yang bersifat rohani, bersifat komunitas,yang tentu saja rohani kekristenan, dan sejenisnya.

 

Maka akan muncul salah satu pilihannya yaitu Sabda Space ini.

 

Masuk pertama kalinya tentu hanya sebagai pembaca, dan hanya sebagai tamu, yang akhirnya menjadi tertarik yang kemudian berubah kearah menjadi anggota dengan melakukan proses registrasi.

Setelah meregistrasikan, kita bisa melihat,membuat, memberikan komentar akan apa yang kit baca.

Dari awal, ketidaktahuan, menjadi penasaran, dan akhirnya berpartisipasi,pasti mengalami sebuah proses yang panjang.

Awal masuk, belum terbiasa, yang didalammnya beda dari komunitas kerohanian lainnya.

 

Disini, mengajarkan, bahwa kebenaran, dan standar alkitab adalah sebagai standar teringgi yang bisa dipakai seseorang dalam membuat blog, ataupun memberikan komentarnya terhadap sebuah blog.Tapi bila ingin membuat blog yang bersifat sosial budaya pun tidak dilarang, asal saja, benar benar dibuat dengan baik, dan benar, yang bisa membangkitkan aspirasi dan semangat lainnya untuk bisa sama sama dalam berkarya dalam bentuk tulisan.

 

Berawal dari ketidak tahuan, yang lama kelamaan menjadi pengetahuan. Berawal dari rasa iseng menjadi keseriusan. Yang berniat serius pun akan menjadi lebih serius, karena disini, tidak ada basa basi yang membudaya. Setiap orang punya karakter dan cara yang berbeda dalam mengekspresikan diri, dalam mengkomentari sesuatu, yang menunjukan jatidiri,

Siapakah saya, dan siapakah kamu?

Apakah yang kamu tulis dan apakah yang saya tulis?

Benar kah kamu, atau Bebal kah kamu?

Pandaikah kamu, atau tololkah kamu?

Yang salah ditegur,diajar, dihajar, dan akhirnya digebukin rame rame.

Untuk apa? Agar bisa menjadi lebih benar, dan tidak bebal lagi.

Karena apa?

Apakah semuanya perlu ditegur, dihajar, dan digebuk?

 

Ternyata tidak semuanya. Hanya Hal Hal yang menyangkut akan kebenaran alkitablah yang mendapatkan perlakuan seperti itu.

Pertama tama kaget dan bingung? Komunitas apakah ini? Apakah mereka salah memberikan Judul? Ataukah mereka tipe dari orang orang yang merasa paling benar?

Tentu saja IYA.

Kata iya disini, akan terlontar dari orang yang berpikiran picik. Yang berpikiran tidak berkembang, dan berpikiran bebal.

 

Bisa kita bayangkan bila kesalahan yang dibuat didiamkan? Apakah jadinya kehidupan seseorang dengan suatu prinsip yang salah? Maka Munculah jiwa ksatria dari para blogger untuk melakukan pengajaran, dengan pertama kali menegur… yang kemudian mengajar, menghajar, dan sampai menggebuk, bila diperlukan.

Apakah maksud dari  semua kata yang berbau seperti kekerasan tersebut?

 

Jangan Kaget, itu semua istilah yang biasa dipakai dalam Sabda Space atau pasar klewer ini. Mau dagangan laku? Tentu dagangan nya harus enak dimakan, enak dipandang, enak dipakai, dan bila dagangannya tidak enak? Tentu akan ditegur, bila busuk? Tentu akan dihajar, dan digebukin beramai ramai, karena bisa bikin orang sakit, tapi apa faedahnya semua?

 

MENYAJIKAN YANG BAIK,DEMI BERTUMBUHNYA IMAN DAN KEPERCAYAAN KITA AKAN TUHAN MELALUI ALKITAB, ATAUPUN PENGETAHUAN KITA AKAN HAL LAINNYA DALAM SEMUA ASPEK KEHIDUPAN SECARA BENAR.

 

Masuk dalam Sabda Space atau biasa disingkat dengan SS, membuat yang mentah menjadi matang? Apakah dengan membeli buku? TENTU TIDAK

Apakah dengan membeli vcd / dvd  untuk bisa mengetahui akan pengajaran yang benar tentang alkitab atau hal lainnya? JUGA TIDAK.

Semuanya didapatkan secara Free alias Gratis, yang ibaratnya seperti home school, atau pun kuliah universitas terbuka.

Apakah pengajarnya memenuhi standar?

Siapakah mereka? Mereka bukan siapa siapa.Apa yang harus diikuti dan didengarkan, kalau dari pengajar sendiri bukan siapa siapa?

 

Itu tentu saja akan dipikirkan oleh yang masih baru didalam SS ini, ataupun juga yang memiliki pengetahuan sempit, dengan langsung memutuskan sesuatu tanpa mempertimbangkan, dan menyelidikinya terlebih dahulu.

 

Para pengajar disini adalah orang yang punya kesibukan, yang rela meluangkan waktunya bagi orang lain, dalam memberi pengajaran akan kebenaran dari alkitab. Mereka tidak dibayar, mereka tidak mendapat honor, tidak mendapat amplop, atau bahasa tanpa BASA BASI nya adalah tanpa mendapatkan DUIT / UANG.

 

Apakah yang mereka cari? Nama? Kepopularitasan?

Mungkin pertama kali iya,...( ketika baru bergabung,untuk sebagian orang ) , tapi selanjutnya adalah memenangkan jiwa melalui pengajaran yang benar.

 

Apa yang dibahas, apa yang dinaikan dalam sebuah blog, yang kadang bersifat kontoversial bagi pembaca yang awam, semata mata mereka lakukan, karena mereka berkewajiban untuk memberitahu akan kebenaran yang sesungguhnya yang tentu saja bersatndar pada alkitab.

Tapi  apa pengaruhnya?

Pengaruhnya mengundang pendapat pro dan kontra.

Pendapat positive maupun negative

Mendapatkan pujian dan juga bisa cemoohan

Tapi apakah mereka gentar ,atau bahkan mundur?

TENTU SAJA TIDAK

Mereka makin maju, dan maju pantang mundur, sampai kebenaran terungkap.

Ekspresi kadang mengundang 1001 pertanyaan?

Tapi kebenaran tetaplah kebenaran, yang harus diperjuangkan samapi titik darah yang penghabisan.

 

Belajar dan terus belajar, mencari kebenaran melalu pembahasan. Bukan membahas pepesan kosong dan melakukan debat kusir. Membuat blog yang bisa memberikan info buat orang lain, yang bisa menimbulkan semangat untuk berekspresi dan semangat untuk memunculkan aspirasi kreatifnya demi kemajuan bersama.

 

Membuat Blog hanya untuk popularitas dan mengharapkan hanya sekedar untuk laku dan banyak dikunjungi oleh banyak orang, tanpa suatu standar yang benar, yang isinya hanya mendeskreditkan orang tanpa bukti yang jelas, tanpa pengetahuan yang pasti,seperti yang serius padahal hanya bualan tak pasti yang tak berbobot, dan hanya sekedar ngeblog, hanya sekedar asal nulis, merupakan perbuatan

 

ORANG BODOH YANG BERLAGA PINTAR, atau ORANG BEBAL YANG BERLAGAK SOK TAHU.

 

Sabda Space adalah suatu tempat pembelajaran dari yang belum tahu menjadi tahu, dari yang belum mengerti menjadi mengerti, tempat pengajar mengajar, dengan pengajaran, dengan penghajaran, maupun sampai penggebukan, yang menghasilkan tunas tunas kuat yang berakar kokoh, yang ibarat pendidikan, bila lulus nanti bisa menjadi sukses dengan apa yang didapatkannya, karena semuanya mengajarkan kebenaran, ketelitian, daya pikir yang penuh kreasi dan aspirasi, iman dan kepercayaan, demi kemajuan pribadi kearah yang baik dan lebih baik serta menjadi pribadi sukses yang tahu apakah itu kebenaran sejati.

 

Jangan buang waktu percuma hanya untuk menyesatkan jiwa, dan jangan buang waktu percuma untuk sesuatu yang tak berarti yang akhirnya menunjukkan kebodohan diri sendiri, karena Hidup hanya sekali,pergunakanlah hidup dengan baik,dengan terus berkarya,menjadi berkat buat orang lain, menjadi pengikut Yesus yang sejati, dengan mengungkapkan kebenaran yang sejati pula.

 

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

whoislikegod's picture

gara-gara Hai Hai

pertanyaan saya:

mengapa SS kok bisa dibilang pasar Klewer?

saya masuk ke sini gara2 Hai Hai, kenapa? karena dapat info dari teman tentang DT. Wah jadi baca dan tertarik. TY Hai-Hai atas gravitasinya

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

smile's picture

@whoislikegod

Hai whoislikegod...

Anda salah satu teman saya untuk sharing, membuat saya mau belajar, walau kadang bingung, dan jadinya malam ga bisa tidur sampe pagi mikirin yang dishare kan.Maklum, kerjaan udah free semua, jadi otak yang ga bisa nganggur, jadi mikirin yang perlu dipikirin.

Saya kaget tentunya melihat tulisan Ko Hai Hai tentang Si bekas dukun itu. Tapi,..saya coba cari salah nya juga gak saya temui, dari situ saya mulai tertarik, siapa yang benar, dan siapa yang salah, siapa yang bisa jadi pengajar, dan siapa yang seharusnya diajar...

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

whoislikegod's picture

@smile, kok ga dijawab?

pertanyaan saya kok ga dijawab?

napa kok SS dibilang  pasar Klewer?

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

smile's picture

pasar = I know..., Klewer = not Yet

Ko hai menulis :

Selamat bergabung di komunitas blogger Kristen Sabdaspace. Komunitas ini juga sering menyebut dirinya pasar Klewer, di mana anda dapat membuka counter (blog) dan menjual produk ORIGINAL anda serta membeli apa saja yang dibutuhkan. Ketika melakukan tawar menawar, kita menjadikan Alkitab sebagai standard harga satu-satunya. -----

Menurut saya :

Pasar kan tempat terjadinya transaksi jual beli, tawar menawar, mencari, menemukan, dsb...maka disebut pasar, yang didagangkan apa? sudah dijawab diatas oleh yang ditulis ko Hai Hai...

Kalo KLEWER...nyerah deh,...whoislikegod.belum tahu jawabannya...yang jelas bukan berasal dari BI EYD...kan?. coba cari di KBBI, sampe mabok juga ga akan ketemu.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

sandman's picture

@smile googling...

Ketik Klewer tekan search.. masa gak ketemu??

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

smile's picture

Pasar klewer

Pasar Klewer Solo [Klewer Market]

 

SELAMAT DATANG

 

WWW.PASAR-KLEWER.COM

 

Toko online yang menyediakan berbagai macam pakaian dengan harga grosir. Menjual berbagai macam batik, mulai hem dan blouse batik, katun, sanwash, semi sutra, sutera, abaya, baby dol, daster, bahan batik, mukena, seragam batik dan lain-lain.

ini toh pasar klewer?

Jadi ingat omomgamnya pak SF, mau kenal Yesus, kudu juga tau tentang yahudi, bahasa nya, dll nya...

DITEKANKAN, bukan promosi, lho, karena sudah dicoret, kalo tetap ada yang membacanya sebagai iklan, ya berarti matanya kurang jeli dan peka.

@sandman = maaf saya lagi error, kenapa juga ga googling...thank bro...

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

joli's picture

@Smile.. pasar klewer

kayaknya pernah nulis tentang pasar klewer neh.. klik disini

 

smile's picture

Pasar klewer = pasar yang dagangannya kleweran...Ic..Ic..Ic

Hai Joli..

Ternyata pasar klewer adalah pasar yang dagangan nya digantung sehingga jadi kleweran, yah?

pasar klewer banyak premannya...

yang bagusnya lagi mereka semua bersenjata, dan senjatanya harus seragam,yah...kalo ga nanti ditusuk sama yang lain...heheheh...

santai dalam bersikap, tapi jeli dalam membahas,...itulah anda yang saya kenal sejauh ini, menurut kacamata saya bselama bergabung di pasar Klewer SS ini...dan semoga saja Kopdar nanti, di Solo, bisa ikut, jadi bisa kenal anda dan keluarga.(enak ada tuan rumahnya, acara pasti seru abis,...)

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

dennis santoso a.k.a nis's picture

buset... ckckck :-)

buset... ckckck :-)

dari banyak kali gue membaca tulisan blogger soal SS, baru satu ini yang rasanya puanjuaaaaaaaaaaang tenan.... tante yulia bener2 perlu ngasih fee nih buat si smile, hahahaha :-)

Samuel Franklyn's picture

Smile boleh dikasih fee asalkan ...

Smile boleh dikasih fee asalkan jumlah donatur ke YLSA bertambah banyak karena tulisannya ini. He he he.

smile's picture

@Pak SF

Hai Pak SF

Saya belajar banyak dari anda. Anda adalah salah satu dari suhu yang saya kagumi disini.

Pertama mengenal anda kaget, tapi makin melihat dan memperhatkan semua tulisan dan komen anda saya jadi malu dan sadar akan ketololan dan kebebalan saya. Dan Itu yang membuat saya betah ada disini. Saya siap selalu ditegur, diajar, dihajar, bahkan digebukin, yang semuanya itu justru buat saya makin tahu, apakah itu kebenaran, so..Thank u Pak SF, siap menerima pengajaran nya yang lain...

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Samuel Franklyn's picture

@Smile: Saya cuma orang biasa saja

Saya cuma orang biasa saja. Yah saya memang kasar, sembrono dan kadang-kadang agak angkuh juga. Tapi saya berusaha jujur. Itu saja. Saya juga masih bodoh dan masih sering di gebuk Tuhan. Cuma sudah tidak sesering waktu muda saja. He he he.

smile's picture

Prinsip padi dan kejujuran

Setuju Pak SF, satu hal yang saya lupa tuliskan, kejujuran, itu suatu hal yang saya dapatkan dari anda, dan saya juga belajar untuk selalu menerapkannya bukan hanya dipasar ini, tapi dalam kehidupan saya.

Semoga semakin bisa meneladani prinsip padi yang semakin tua semakin berisi, semakin tua semakin merunduk

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

smile's picture

Hai dennis santoso

Hai ds.......

Salam Kenal... sekali lagi...

Saya keSS karena sekedar mampir, dan jadi mau tau, dari yang TOLOL bin Goblok, jadi belajar, dan menyadari ketololan saya dan keGoblokan saya.

Belajar dari suhu suhu disini, yang bikin saya jadi melek. Saya Ga Malu dibilang GOBLOK dan TOLOL oleh orang yang memang jauh lebih pandai dari saya, toh tujuan mereka semata mata hanya membuat agar saya menjadi lebih pintar. Pertama kali saya kaget, dan sempat merasa aneh. kenapa komunitas kristen kok seperti ini, akhirnya saya sadar, walau kadang yang namanya emosi masih terlintas begitu saja bila melihat seseorang mengatakan seenaknya. Tapi saya bangga menjadi orang TOLOL yang mau belajar untuk tidak TOLOL diantara sekumpulan orang orang pandai, daripada menjadi orang pandai yang melulu disekitar orang TOLOL, bahkan BEBAL.

Saya juga menyadari ekspresi setiap orang yang berbeda dalam setiap pengajaran dan setiap perkataannya, yang saya yakin tujuannnya adalah mulia.

Saya juga belajar hati hati, dan teliti, walau kadang masih suka ada kesalahan.Pekerjaan saya menganalisis suatu pembangunan proyek, dan didaerah kekuasaan saya, saya termasuk decision maker, tapi disini? Saya hanya ibarat pasir dari sebuah padang pasir yang begitu besar, menjadikan saya menjadi seorang yang mawas diri, dan belajar menjadi lebih bijaksana. Saya juga sependapat dengan istilah time is money, yang dalam hal disini saya menyebutnya, sayangilah waktu, jangan membuang waktu untuk hal yang percuma. Kita semua pernah tersandung, dan jatuh, akan tetapi, hanya orang BODOH  bin TOLOL bin GOBLOK lah yang jatuh berkali kali ke lubang yang sama. DON'T wasting Your Time For USELESS.

Kita semua juga pernah merasakan lahir baru, dan merasa merdeka dengan mengikuti Yesus, hanya saja sangat disayangkan bila mengikuti Yesus menjadikan kita menjadi merasa yang paling benar, dan KEBLINGER, tidak mau ditegur, diajar, dihajar, ataupun digebukin.Iman tanpa perbuatan hakekatnya adalah mati, dan iman tanpa pengetahuan pun laksana kopi tanpa gula.

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Purnawan Kristanto's picture

Smile, lebih bijak

Selamat smile. Dengan menyadari diri sebagai orang yang masih bodoh, maka engkau telah selangkah menjadi lebih bijaksana.

Smile to world, and the world will smile back to You

 


“Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang berkomentar kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.”

Wawan

 

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

smile's picture

SNIPER - ONE SHOOT ONE KILLED

Salam kenal Pak Wawan...

Terimaksih pa,...Saya belajar keras di SS ini, dan salah satu yang saya ambil dari anda, yang saya tiru ( boleh ya pa..) adalah keefisienan kata kata anda yang bermakna dalam. Kalau lihat seorang tentara, anda seperti seorang sniper Rusia dengan AK 47 Druganov sniper nya, atau seorang sniper tentara US dengan M14 SNIPER Riflenya, ONE SHOOT ONE KILLED...Saya banyak belajar dari anda, Pa, karena anda salah satu suhu yang saya kagumi di SS ini.

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

 

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Miyabi's picture

@Smile: Anda betul

Malah ada yang sampai menghapus blognya dan ga pernah komen atau menulis blog di sini lagi. Meski kadang ID nya tampak log in.

Pak Wawan emang tobb

_____________________________________

There is nothing new under the sun.

__________________

".... ...."

whoislikegod's picture

smile, one shot two kill

mas ini musim paceklik, jadi musti one shot two kill. jangan pakai AK47 mas sebab kalo salah pencet tombol dari semi jadi full automatic maka yang keluar banyak peluru. Gimana kalo pakai revolver aja atau mau mantab magnum. kalo yang gampang baretta. ha ha ha... senang juga sharing dengan Anda.. maju terus yaah saudaraku.....

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

smile's picture

@Miyabi Natsuyaki

Wah, Miyabi akhirnya muncul juga,...

Setiap orang disini punya karakter, dan yang jadi masalah kalau karakternya adalah karakter yang dableg. Kalo tengil, tapi emang bisa, kan harus diperhitungkan juga, seperti Romedhal yang keliatan tengil, tapi dijuluki the Fast hand, dan sudah layak jadi master  of Fasthand...

Begitu juga dengan Miyabi, yang memberikan komen berdasarkan suatu standar yang digunakan, membuat suatu perdebatan tidak jadi debat kusir, ala warung kopi.

Saya juga mengambil yang baik dari semua penghuni SS termasuk anda,...

BTW, setiap kali saya melihat gambar anda saya selalu membayangkan anda sebagai Miyabi sungguhan, sehingga kadang saya berpikir, ih.... keren amat nih cewe...hehehe...

Dan juga pernahkan anda bayangkan, jika ketika kita sedang kesal dengan seseorang di SS ini, bisa tertawa sendiri saat melihat tampilannya, seperti kadang saya saat belajar dari ko Hai Hai, suka terlintas gambar anaknya ko Hai Hai sebagai ko Hai Hai, dan berkata dalam hati, anak kecil lagi main, kok bisa ngajarin saya yah?  atau liat foto pak SF, yang sedang senyum, ketika saya berbeda pendapat dan kesal,saya jadi ketawa juga melihat senyumnya,..kok saya bisa kesal dengan orang yang sedang tersenyum manis itu yah,..atau juga melihat foto anak Pak wawan, yang pake kacamata kerennya, wow, anak sekecil itu udah jadi sniper jempolan, atau liat Hiskia22, yang ada foto anak cewe nya, jadi mau ketawa, anak secantik itu bisa buat blog,..yang bagus sekali isinya, atau whoislikegod yang lagi bengong, imut imut, tapi bisa sharing dengan saya,...atau juga membayangkan GODArmy, yang dibenak saya tentara, kok gambarnya warna warni, tentara nya ga garang..hehehe, atau melihat Dennis santoso, yang bisa bisanya berkomentar padahal cuma seekor babi lucu gendut lagi, enak untuk dimakan,juga bintang seven yang bisa sharing dan mengajari saya, padahal dia seorang anak kecil yang lucu, montok dan menggemaskan, pake topi lagi......atau juga sandman yang cool dengan foto barunya,dan masih banyak lagi yang buat saya kadang lupa...dan dengan cepat, saya berkata pada diri saya sendiri,...HUSSS!!!!! itukan gambar doang, itukan foto anak anak mereka, atau ponakan mereka,...eh iya, baru tersadar.....heheheheh hua hahahahaha

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

kOMUNITAS bLOGGER kRISTEN sabdasPACE.

Smile, tulisan yang bagus! Anda tinggal di mana? Anda harus hadir saat kopdarnas di Solo nanti. Bila anda tinggal di Jakarta mungkin kita bisa berangkat bersama-sama nanti. Saya sedang memikirkan bila para blogger Jakarta berangkat ke Solo bersama-sama pasti seru suasananya. Mungkin kita harus mulai koordinasi, siapa saja yang akan pergi lalu kita pikirkan bersama-sama sarana transportasi yang akan digunakan. Lupakan masalah biayanya karena setelah tahu jumlah orangnya kita bisa berhitung lalu memikirkan dan menemukan jalannya. Together we work better bukan?

Smile, saya melihat bagaimana orang-orang Kristen di gereja saling basa-basi lalu saling memaki dengan bahasa-bahasa yang katanya rohani:

"Dasar Farisi!"
"Nggak dipenuhi Roh Kudus!"
"Semoga Tuhan Menengkingmu!"
"Ahli taurat!"
"Tuhan ampunilah dia!"
"Semoga anda mendapat pencerahan!"
"Rasionalis!"
"Mengandalkan Akal!"
"Saya mengasihimu walau engkau berdosa!"
"Semoga anda bertobat!"
"Anda ada dalam jerat setan!"

Di tambah lagi dengan saling memaki dengan mengutip ayat-ayat Alkitab. Coba anda perhatikan mata orang-orang yang mengucapkan kata-kata rohani demikian. Penuh kebencian dan sakit hati serta penghinaan.

Saya juga mendengar kotbah dan membaca tulisan para pengkotbah alam roh yang memaki-maki pemeluk agama lain seenak jidatnya:
 
"Penyembah berhala!"
"Penyembah Setan!"
"Penyembah patung!"
"Tolol!"
"Goblok!"
"Bodoh!"
"Pengikut Iblis!"
"Terkutuk!"

Saya juga melihat bagaimana orang-orang Kristen ketika cekcok dengan orang bukan Kristen baik di dalam meeting sehubungan dengan pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Saya juga melihat bagaimana orang-orang Kristen memarahi karyawan dan anak buahnya.

Saya juga melihat bagaimana gaya orang Kristen ketika bergaul dengan teman-teman non Kristen lainnya atau dalam suasana yang katanya non rohani.

Coba anda perhatikan pilihan kata-kata yang digunakan oleh orang-orang yang menegur saya karena menganggap gaya bahasa saya tidak kristiani. Perhatikan lagi pilihan kata-kata mereka ketika saya menekan balik. Mengenaskan bukan?

Orang Kristen harus punya satu gaya dalam segala situasi dan kondisi. Orang Kristen tidak boleh hidup dengan dua standard. Orang Kristen harus jujur dan manusiawi. Orang Kristen harus hidup wajar.

Smile, ada banyak alasan orang masuk SABDASpace. Namun, saya adalah salah satu orang yang masuk SABDASpace dengan sebuah MISI dan VISI yang jelas serta Rencana dan strategi yang matang. Itu sebabnya saya hanya menulis di situs-situs YLSA. Silahkan klik di sini untuk mengetahui impian saya tentang komunitas ini.

Gaya bahasa dan gaya penulisan saya dan beberapa blogger lain memang membuat banyak orang merasa JENGAH dan CURIGA bahkan SALAH SANGKA pada awal mereka membacanya. Kami sengaja menggunakan gaya bahasa dan gaya penulisan demikian bukannya tanpa alasan. Ketika MENOHOK kami tidak tedeng aling-aling. Ketika menyatakan kesalahan kami tidak kenal belas kasihan. Ketika menegur nggak pernah nanggung. Tiada dusta di antara kita. Itulah prinsip blogger-blogger seperti kami.

Kepada orang-orang yang mencela gaya bahasa dan gaya penulisan kami, saya hanya ingin memohon. Cobalah untuk memahami tulisan-tulisan kami tanpa prasangka.

Kepada orang-orang yang setelah cukup lama ada di dalam komunitas ini dan masih mencela gaya bahasa dan gaya penulisan kami, saya hanya ingin memohon. Cobalah untuk melihat kehidupan anda sendiri akhir-akhir ini. Coba perhatikan cara anda berkomunikasi dengan handai taulan. coba perhatikan cara anda berdiskusi dan berdebat di dalam meeting, coba perhatikan cara anda memarahi karyawan dan anak buah coba perhatikan cara anda menanggapi makian dari orang lain bahkan makian dari tuan dan pimpinan anda serta teman-teman. coba perhatikan cara anda berkomunikasi bahkan berdebat di dalam gereja. coba perhatikan cara anda memandang sesama manusia.

SAYA YAKIN, ADA YANG BERUBAH!

kOMUNITAS bLOGGER kRISTEN sabdasPACE. Ini adalah sebuah komunitas yang NYATA. Apa yang kita hadapi di sini adalah apa yang kita hadapi di dalam kehidupan nyata. Itulah yang membuat komunitas ini begitu NYATA dan kita terlibat dan terikat sepenuhnya. Di dalam komuntias ini kita berani tampil apa adanya. Di dalam komunitas ini kita BEBAS berlatih membina diri untuk menjadi diri yang lebih baik lagi tanpa takut dicela dan diejek. Di dalam komunitas ini kita bebas memacu diri tanpa takut gagal. di komunitas ini kegagalan bukan dosa namun hanya pertanda bahwa caranya salah, itu sebabnya kita bebas mencoba cara lainnya. Di komunitas ini ketololan bukan kutuk namun sebuah batu penjuru yang akan memberitahu kita cara meninggalkan kebodohan dan menjadi bijaksana. Di komunitas ini kita bebas melampiaskan kemarahan dan kejengkelan namun setelah semuanya berlalu kita bisa kembali untuk membaca apa yang kita tulis dan merenungkannya diam-diam.Di komunitas ini kita belajar MENJUAL ide dan menghadapi orang-orang yang salah faham atau tidak sepaham. Di komunitas ini kita belajar memahami ide orang lain dan menunjukkan ketidak sepahaman kita.

ANDA TIDAK AKAN MAJU KARENA TIDAK PERNAH SALAH!

ketika salah, tidak ada orang di komunitas ini yang RELA berpura-pura bahwa kita benar hanya sekedar untuk dipuji baik. Ketika secara naluri kita menyangkali kesalahan kita, kita bisa kembali diam-diam membaca apa yang kita tulis lalu memikirkannya dan diam-diam menyadari kesalahan itu dan memperbaikinya. mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, di komunitas ini nggak ada orang yang RELA membuang waktunya untuk mengingat-ingat kesalahan kita apalagi mengungkit-ungkitnya.    

Di Komunitas ini setiap orang bebas memacu diri untuk menjadi orang yang lebih mudah untuk dicintai!

Komunitas Blogger Kristen SABDASpace. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

GODARMY's picture

smile

gud job deh bro blog yg membangun:)

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

smile's picture

@GODARMY...Always Love TO share with u

GODARMY...menyadari dan cepat berkaca diri dengan kesungguhan, akan lebih baik daripada diam berdiri dengan kesombongan, akhirnya jatuh...

Saya juga banyak belajar dari anda...dan yang jelas, saya ingin berkata kepada kalian semua, ini saya....yang mau belajar....

Thank bro,..biar makin hari, makin bertumbuh dipasar ini....

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

smile's picture

new Photo from the Old picture

wah....foto baru menggantikan gambar lama...Jadi ingin mengikuti jejakmu...bro..

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

smile's picture

It Is My Honour

Wah senengnya, dapet kunjungan dari satu suhu SS yang terhebat diantara yang terhebat...Saya banyak belajar dari Komunitas ini, dengan sangat banyak belajar dari Ko hai hai tentunya. seperti :

 

Saya belajar berbicara dengan gaya bahasa saya sendiri, saya belajar seteliti mungkin dalam menyusun sesuatu, ( walau masih aja suka ada yang kelewat,...masih dalam proses), saya juga belajar menerangkan sesuatunya dengan tuntas.Bila tidak mengerti diam, dan belajar. Bila mengerti dan memahami, boleh berkata kata, agar tidak menjadikan istilah mulutmu harimau mu menerkam saya sendiri.Dan yang terakhir, saya belajar menjadi Konsisten dengan mengetahui terlebih dahulu siapa saya dan baru bisa menilai siapa kamu....Thank u very much....

 

Saya juga berpendapat sama, banyak basa basi yang sering diucapkan, teguran yang bukan membuat orang yang ditegurnya menjadi melek, tapi yang menegurpun sendiri merem.Hanya menegur tak membangun, ibarat seperti jika seorang jatuh hanya dibilang "ADUH KASIHAN,JATUH...HATI HATI YA..." tanpa mendekati dan menolong.

Seperti sudah pernah saya katakan sebelumnya, saya merasa disini hanya sebutir pasir, dari sebuah gurun pasir yang begitu luas.

Saya tidak biasa dengan penekanan, dan maaf saya biasa selalu menekan, dan selalu berkata  "KAMU DENGAR !",  bukan saya berkata " COBA KAMU DENGARKAN SAYA...."

Saya menganggap saya lah pengontrol dan decision maker, tapi disini, kembali saya menjadi diam, dan kaget, bahwa saya bukan lah apa apa di sisi lain dari sebuah dunia, yang dinamakan pasar klewer ini.

 

Masuk dengan merasa ini AKU..... dan akhirnya menjadi ini, aku, yang bukan sipa siapa, yang belum melakukan apa apa dan belum mengerti apa apa.

Ibaratnya, pakaian yang saya kenakan itu harus rela saya lepaskan (walaupunibaratnya saya berpakaian tuxedo ), karena ibaratnya dipasar ini, satu yang menjadi MOU antar anggotanya adalah ketelanjangan diri, jadi bila saya mau masuk dan diterima, ya saya juga harus telanjang..

 

Tujuan saya masuk pertama kali adalah ingin melihat, maaf kemunafikan orang orang kristen, dalam sebuah komunitas...yang lama kelamaan jadi berubah, karena saya merasa malu seperti menelanjangi diri sendiri.

 

Saya suka sekali membaca, dan senang sekali mempelajari sesuatu, dari siapapun itu, bila baik dan berguna, pasti akan selalu teringat dalam benak saya.Masuk dalam komunitas ini, membuat saya menjadi tahu, bahwa kekurangan saya ini masih banyak, dan biasanya saya menegur, sekarang ditegur, biasanya saya menantang, ini ada yang sok jago menghadapi saya...Semua itu hanya sesaat saya hanyut kedalamnya.

 

Karena tidak mau jadi orang BEBAL, saya pun harus mau berubah untuk menyelamatkan diri saya sendiri.Lebih Baik jadi orang TOLOL tapi mau belajar, karena dengan belajar bisa jadi pandai, daripada saya menjadi orang BEBAL, karena saya yakin, BEBAL itu sangat susah mengobatinya.

 

Ciri orang yang beradab ialah dia sangat rajin dan suka belajar, dia tidak malu belajar daripada orang yang berkedudukan lebih rendah darinya
Confucius
 
 
Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh.
Confusius
 
 
Orang-orang yang melontarkan kritik bagi kita pada hakikatnya adalah pengawal jiwa kita, yang bekerja tanpa bayaran.
Corrie Ten Boom

 

Seperti Ko Hai Hai bilang, Di komunitas ini kita belajar memahami ide orang lain dan menunjukkan ketidak sepahaman kita. Itu yang saya selalu ingat sampai saat ini, dan bisa menunjukkan ketidaksepahaman itu dengan pembahasan, debat, dengan mempunyai narasumber yang jelas,yaitu ALKITAB.

 

Sama seperti Yesus datang untuk orang berdosa, kita pun datang untuk yang tidak mengerti, dan bukan Yesus datang untuk menyelamatkan orang munafik, sama seperti kita yang juga datang memberi pengertian  bukan kepada orang BEBAL.

 

Saya benar benar belajar memahami apakah itu Sabda Space? Sehingga saya bisa bertumbuh dan aktif didalamnya, sebagai subyek, bukan sebagai obyek semata.

 

Saya juga berharap dan mengaminkan apa yang ko Hai Hai cita citakan, menjadi nyata, demi kemajuan kita bersama.Hanya saja jika sesorang niatnya tulus, dan yang masuknya pun tulus, maka bila ditegur akan cepat sadar, tapi apabila kita menghadapi seseorang yang tidak bisa cepat sadar, mungkin alangkah baiknya, kita mau terus mengajar dan tak bosan menghajar, agar bisa jadi berkat buat orang lain...

 

Kalo ketemunya sama yang kekeh jumekeh ( maaf bahasanya ko Hai Hai banget ) alias BEBAL bin DABLEK ya ga tau lagi harus diapain...Semua diserahkan sama suhu suhu aja deh,...seperti SNIPER yang DI SNIPER tadi siang....(maaf Ya Pak Wawan)..Mungkin judulnya Suhu juga manusia....hehehe

 

Saya belajar menahan diri untuk tidak memberikan dan ikut komen, bila yang dihadapinya bukan orang yang tidak mengerti, tapi orang BebaL.

 

Dari tadi saya menuliskan berulang ulang BEBAL BEBAL dan BEBAL, karena alangkah menyebalkannya menghadapi kebebalan, daripada ketololan.

 

Akhir kata terimaksih buat pengajarannya, membukakan mata hati, dan mata bathin saya,...sehingga saya bisa melek, dan engga merem terus.Dan jangan bosan untuk menegur,mengajar, menghajar, dan menggebuk bila saya salah...karena saya takut menjadi BEBAL,...

 

NB : Saya belum tahu, Ko Hai Hai bisa ikut, atau engga, karena tergantung schedule mulainya kapan, karena ini sedang nunggu proses tender,...jadi, kalo waktunya oke, saya pasti ikut, asik banget bisa berangkat rame rame dari Jakarta.

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

 

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

@Smile, Blogger Paling Top

Wah senengnya, dapet kunjungan dari satu suhu SS yang terhebat diantara yang terhebat...Saya banyak belajar dari Komunitas ini, dengan sangat banyak belajar dari Ko hai hai tentunya. seperti:

Smile, setiap kali memperkenalkan diri saya selalu bilang, "Nama saya hai hai, bukan blogger paling HEBAT namun blogger SABDASpace yang paling top. Saya paling top karena paling rajin ngeblog."

Bila ditanya, siapa blogger yang lebih hebat dari hai hai? Saya selalu jawab, "Yang lebih hebat banyak namun yang paling rajin ngeblog ya hai hai!"

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

ga buka SS sehari, kayak setahun,...ketinggalan ribuan kilometer

Ya, tuh Ko Hai Hai... kemaren kan mati lampu,...dari siang ampe sore,...pas lampu udah nyala buka internet gak bisa, lampu indicator "internet"  dimodem nya gak nyala,jadi seharian puasa deh gak buka SS,...

Gak bisa pergi ke pasar klewer, banyak baju dan kain batik baru,katanya...

Makanya mau rajin ngeblog ...ikutin jejak suhu...yang terhebat di SS...hehehe

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

vicksion's picture

blog oh blog,...

Nimbrung ya,...

SS, merupakan sarana saya belajar banyak bgt, selain share dan mengeluarkan uneg2.

Mulanya agak kaget emang, tapi setelah baca n baca lagi, jadi tau maksudnya apa.

Eh, gw belajar tentang kejujuran tanpa basa basi. Keras tapi bersahabat. garang tapi bukan garong,......

 

Tulisan koh Hai:  Saya bermimpi 10 tahun yang akan datang, para pengkotbah berbahasa Indonesia akan menguji kotbahnya di pasar Klewer sebelum mengkotbahkannya di mimbar gereja.

Beneran tuh om,... Jadi gak sembarangan lagi kalo mau kotbah sekarang. he he he

Thanx buat blog nya smile,...

whoislikegod's picture

vick, 10 th yad

10 yad orang ga akan kotbah dengan diuji di psk (pasar klewer maksudnya) dulu. sebab kalo kotbah alkitabiah malah ga dapat duit.

Ingat akan satu hal bahwa kotbah alkitabiah itu malah tidak alkitabiah menurut 1Tim 4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.

yang sesat makin sesat yang kudus makin kudus yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

smile's picture

Sama sama belajar Vicksion...

Setuju bro,...ga telanjang ga diterima, yang munafik ketahuan muna nya, yang BEBAL itu yang susah...kalo sudah BEBAL, biasanya jadi keBLINGER dan cape deh ngurusnya.

Makanya kudu siap :

1.DITEGUR

2.DIAJAR

3.DIHAJAR

4.DIGEBUK

5.DIGEBUKIN rame rame...

semoga aja 10thn kedepan seperti yang ko Hai Hai cita citakan dan mungkin seharusnya menjadi cita cita kita bersama, Sabda Space yang beken dengan nama Pasar Klewer jadi situs komunitas kristen no satu berbahasa Indonesia didunia....Amen

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

vicksion's picture

yup,..

asal gak di "kompas" aja ama preman nya.. he he he


smile's picture

Kok Kompak yah hari ini....

Ngomong ngomong hari ini pada bersamaan ganti tampilan yah,...Saya, Pak Wawan dan GODARMY...kompak ya jo....

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

GODARMY's picture

preman

akhirnya gua pakai foto asli biar tau tampang preman di pasar klewer ini hahaha....bye deh smile off dulu beberapa hari ....have a job:)

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

smile's picture

foto preman kok kayak bintang Film Hongkong? dari Hongkong?

Oke bro... tapi kudu ditambahin dibawah gambarnya " SUDAH JINAK, tidak GALAK LAGI" heheheh..have anice work...success bro

btw,...premannya masak kayak anggota  EF - SE, bukan ditakuti, ntar pada minta tanda tangan semua bro,...preman dari hongkong? huahahaha ( hongkong nya ko Hai Hai...)

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

vicksion's picture

beda

Beda beda tipis ama andi lau,..... wkwkwkwkwkw

whoislikegod's picture

gua pikir...

Leon Lai

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

smile's picture

@whoislikegod

jangan bilang bilang bro, itu adiknya Leon Lai,...

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

smile's picture

kurang satu lagi : Sandman dan Billy octora..

Tambahan,...Sandman dengan gambar barunya...

Billy dengan logo barunya...

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

jesusfreaks's picture

@smile : SEKALI LAGI...WELCOME TO THE JUNGLE...

WELCOME TO THE JUNGLE !!!

hehehe...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

smile's picture

Tamu istimewaku...JF

JF, JF dan JF....

Maaf banget neh,...kemaren seharian internet ngadat,..lampu internetnya di alatnya gak nyala,....stress deh seharian, gak bisa buka SS... pake smart leletnya minta ampun, tobat....gak tahan, jadi terpaksa ga buka SS..

wah, wah, wah....Permisi nih, udah dipersilahkan masuk...Sebenarnya saya menunggu banget kedatangan anda di blog saya...

Mau sekalian minta ampura ( kata orang jawa begitu ) Dulu kesel banget liat gaya mu... Tapi ya itulah SS dan welcome to the junglenya...( yang JF banget)

Tak kenal maka tak sayang,..Disini saya sudah siap, minta diajar, jangan sungkan sungkan ya,Bro..salah monggo, mau ditegur, dihajar, atau digebukin,...siap, mental dan hati,menuju Indonesia BISA....Gak pake Bebal bebalan bro,...

Sekali lagi...I coming to the jungle...

oh ya, kalo masalah nama yang ditanyakan di blog Billy, octora, artinya october bergelora, bukan ya bro...hehehe...

Buat masukan, anaknya Melly Goeslow kan namanya  Anakku Lelaki Hoed...kasih nama yang benar benar punya arti bro,..semoga lancar, yah...sampai JF lahir...amen

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

 

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

antisehat's picture

thank you...

thank you sabdaspace... muah... muah...

___________________________ 

giVe tHank’s wiTh gReaTfull heArt

www.antisehat.com

 

smile's picture

@antisehat

aloooow bro,...

Pas nya julukna buat elo, Huang fei Hung bro, jago silat ama tabib juga,...hehehe, inikan dunia persilatan rohani....

antisehat yang sangat perduli kesehatan,..thast u...

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

GODARMY's picture

@vick smile wilg

hayoo...ketahuan ngerasani aku ya:D

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

whoislikegod's picture

GodArmy, ngrasani?

Jangan-jangan memuja...

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

vicksion's picture

#$%^%$#$%%,......

AMPUN AMPUN AMPUN,.......

Bukan gw, tapi si SMILE dan WILG itu,..... ( biasalah ciri khas manusia, melempar tanggung jawab, he he he)

GODARMY's picture

@wilg

gitu ta  bro soalnya baru kali ini ada yg muji tangkiu :D

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

GODARMY's picture

@vick

:D santai aja deh bro dah tau kok wkwkwkwk.....

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

smile's picture

Foto Leon Lai waktu masih remaja,..(kata Vick lho...ha..hah..ha)

Sayang ga bisa diunggah gambarnya kekoment ini...

 

Tuh bener kata Vick kan?

itukan foto Leon Lai waktu masih remaja.....

Bener ga?

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

GODARMY's picture

smile:D

leon lai apaan emang gua mirip ya hahaha....

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

smile's picture

MIRIP bro...

lho, bukannya emang sama? mirip brooo

 

Hanya ingin belajar dan menjadi benar, itu saja.

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"