Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Saul

victorc's picture

Teks: 1 Samuel 16:14-16, 23

    14  Tetapi Roh TUHAN telah mundur dari pada Saul, dan sekarang ia diganggu oleh roh jahat yang dari pada TUHAN.  
    15  Lalu berkatalah hamba-hamba Saul kepadanya: "Ketahuilah, roh jahat yang dari pada Allah mengganggu engkau;  
    16  baiklah tuanku menitahkan hamba-hambamu yang di depanmu ini mencari seorang yang pandai main kecapi. Apabila roh jahat yang dari pada Allah itu hinggap padamu, haruslah ia main kecapi, maka engkau merasa nyaman." 
    23  Dan setiap kali apabila roh yang dari pada Allah itu hinggap pada Saul, maka Daud mengambil kecapi dan memainkannya; Saul merasa lega dan nyaman, dan roh yang jahat itu undur dari padanya.  

Shalom, selamat pagi saudaraku. Tahun lalu sekitar awal juni, saya dan dua orang teman sekantor diutus untuk mengikuti pelatihan Baca Gali Alkitab di STT Amanat Agung, Kedoya, Jakarta. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Scripture Union Indonesia. 
Secara umum pelatihan tersebut sangat menarik dan memperluas cakrawala kami mengenai bagaimana menggali Alkitab secara teliti. Sebagian hasil BGA terhadap beberapa teks sudah saya tuangkan dalam beberapa artikel blog.
Di antara bahan ceramah yang menarik adalah Roh Allah dalam PL, disampaikan oleh Dr. Yonky Karman dari STT Jakarta. Beliau membahas bagaimana Roh Allah diuraikan secara beragam dalam PL. Namun yang paling mengusik pikiran saya adalah ketika beliau membahas tentang Saul.

Saul dan roh jahat
Dalam 1 Samuel versi LAI 1974 ada setidaknya 5 ayat yang menyebut tentang roh jahat yang daripada Tuhan, 4 di antaranya seperti dikutip di atas. Ayat-ayat tersebut kabarnya seringkali memicu perdebatan di antara para teolog dan ahli biblika, misalnya: bagaimana mungkin Tuhan mengutus roh jahat? Untuk lebih jelasnya, lihat referensi di bawah.
Ternyata tidak hanya dalam kisah Saul, Alkitab menceritakan bahwa Tuhan mengirimkan roh jahat. Dalam kisah Abimelekh, Tuhan juga mengirimkan semangat jahat kepadanya dan juga kepada orang-orang Sikhem, sehingga mereka bertengkar:

"maka Allah membangkitkan semangat jahat di antara Abimelekh dan warga kota Sikhem, sehingga warga kota Sikhem itu menjadi tidak setia kepada Abimelekh," (Hakim-hakim 9:23).

Selain semangat jahat, dalam teks lain juga disebutkan bahwa Tuhan dapat mengeraskan hati Firaun sehingga Musa dapat mendemonstrasikan kuasa Tuhan:

"Tetapi Aku akan mengeraskan hati Firaun, dan Aku akan memperbanyak tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang Kubuat di tanah Mesir." Kel. 7:3

Frasa "mengeraskan hati Firaun" disebut tidak kurang dari 7 kali dalam kitab Keluaran, jadi pasti penulis kitab ini memiliki maksud khusus untuk menekankan hal ini.
Tampaknya mesti diakui bahwa ayat-ayat di atas adalah problematik. Namun karena saya bukan ahli PL, saya tidak berpretensi dapat menjawab semua problematika tersebut. Untuk diskusi yang lebih lengkap tentang Roh Allah dalam PL, silakan lihat bahan seminar Dr. Wonsuk Ma (2). Namun jika Anda bertanya tentang roh jahat dalam PL, saya hanya menemukan beberapa literatur yang tepat (1)(3)(4).
Singkat cerita, dalam ceramahnya pak Yonky Karman* menyatakan bahwa dalam edisi Alkitab revisi yang sedang dikerjakan oleh LAI, ungkapan "roh jahat dari Tuhan" yang problematis ini diusulkan oleh beliau untuk diganti dengan ungkapan lain yang kurang mengundang masalah, yaitu: "kuasa jahat yang berasal dari Tuhan."
Sekitar bulan Juni tersebut, mungkin bukan kebetulan bahwa saya juga sedang memeriksa kitab I Samuel untuk Alkitab Yang Terbuka  (AYT).** Setelah mempertimbangkan pemaparan pak Yonky, akhirnya saya juga mengusulkan ungkapan yang kurang problematis untuk ayat tersebut dalam Alkitab versi AYT.
Kini, Alkitab versi AYT telah tersedia versi Appsnya dan dapat diunduh secara gratis di http://android.sabda.org

Versi 1.0: 12 agustus 2016, pk. 23:58
VC

Note:
*terimakasih atas beberapa kali kesempatan berdiskusi dengan Dr. Yonky Karman.
**terimakasih atas kerjasama tim AYT.

Referensi:
(1) Robin Routledge. http://www.biblicalstudies.org.uk/pdf/eq/spirit_routledge.pdf
(2) Wonsuk Ma. Roh Allah dalam Perjanjian Lama. Seminar Pentecostal Lectureship, May 2016.
(3) http://d284f45nftegze.cloudfront.net/krubie/The%207%20Types%20of%20Evil%20Spirits.pdf
(4) Andrew Olu Igenoza. Url: http://www.biblicalstudies.org.uk/pdf/sbet/04-1_039.pdf
(5) http://www.nelsonmemorialumc.org/Nelson%20Memorial_files/Casting%20Out.pdf

__________________

"If You Want to Walk on Water, You've Got to Get Out of the Boat‎." - John Ortberg

The Second Coming Institute