Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Sistem Kasta Alam Semesta

hai hai's picture

“Mengenal diri sendiri dan mengenal musuh, seratus kali berperang, seratus kali menang. Mengenal diri sendiri namun tidak mengenal musuh, seratus kali berperang, seratus kali belum tentu menang. Tidak mengenal diri sendiri dan tidak mengenal musuh, seratus kali berperang, seratus kali kalah perang.” Itulah ajaran Sunzi yang paling terkenal. Untuk menyembah Allah dengan benar anda harus mengenal Allah dengan benar. untuk mengalahkan Iblis anda harus mengenal iblis dengan benar. Ada tiga bahkan empat hal yang harus dikenal dengan benar agar manusia dapat menjalani hidup berkelimpahan. Allah, Malaikat, Iblis dan manusia, itulah keempat hal itu. Saya menyebutnya Sistem Kasta Alam Semesta.

Sistem Kasta Alam Semesta Theologia Alam Roh

Alkitab memang mengajarkan tentang sistem kasta alam semesta atau kedudukan Allah, manusia, Malaikat dan Iblis di dalam alam semesta ini namun yang diajarkan oleh Alkitab selain tidak jelas juga tidak lengkap. Itu sebabnya Allah lalu membangkitkan para pengkotbah alam roh untuk memyampaikan wahyu baru tentang misteri sistem kasta alam semesta kepada jemaat.

Pengkotbah mantan dukun awalnya adalah pemuja Iblis. Sebagai pemuja Iblis mereka tahu persis semua rahasia iblis dan roh-roh jahatnya. Markas besarnya, kesaktiannya, bala tentaranya baik yang roh maupun yang manusia dan cara mereka menyerang manusia juga jurus ampuh untuk mengalahkan Iblis dan bala tentaranya. Sebagian pengkotbah mantan dukun juga mengajarkan tentang keberadaan arwah-arwah orang mati yang gentayangan. Walaupun tidak berasal dari Alkitab dan bukan wahyu baru dari Allah, namun informasinya dijamin 100% benar. Benar karena berasal dari Iblis sendiri dan telah teruji oleh pengkotbah mantan dukun, baik selama menjadi dukun maupun setelah menjadi orang Kristen.

Pengkotbah arwah adalah pengkotbah alam roh yang percaya adanya arwah-arwah gentayangan di dunia ini. Mereka mengaku memiliki kemampuan untuk mengenali arwah-arwah manusia yang gentayangan di dunia bahkan merasuki tubuh manusia. Mereka juga berkuasa untuk memberitakan Injil kepada arwah-arwah tersebut dan menyerahkan mereka kepada Malaikat untuk diajak ke sorga.

Pengkotbah alam roh, adalah orang-orang yang mengaku mampu ngobrol dengan Allah seolah ngobrol dengan teman. Dengan kemampuan demikian mereka menganggap diri memiliki pengetahuan jauh melampaui apa yang tercatat di dalam Alkitab. Itu sebabnya mereka berani mengoreksi ajaran Alkitab, baik dengan mengedit kata-katanya maupun menafsirkannya sesuai dengan wahyu (rhema) yang mereka terima. Pengkotbah alam roh senantiasa mengajarkan bahwa Alkitab adalah Firman Allah yang harus dijadikan standard untuk menguji ajaran-ajaran Kristen di dunia ini. Namun, ketika ajaran mereka tidak lulus ujian Alkitab, mereka akan membela diri dengan menuduh orang lain sedang menyebar fitnah dan menantang untuk melihat buah-buahnya. Yang mereka maksudkan dengan buah-buah adalah jumlah orang yang pernah mendengar kotbah mereka dan jumlah buku yang berhasil mereka jual.

pengkotbah alam roh yang mantan dukun disebut juga pengkotbah mantan dukun sedangkan yang percaya pada peginjilan arwah disebut juga pengkotbah arwah. Saya menyebut ajaran para pengkotbah alam roh sebagai Theologia Alam Roh. Tentang sistem kasta alam semesta inilah yang mereka ajarkan:

Sistem Kasta Alam Semesta Perjanjian Lama – Theologia Alam Roh

Iblis adalah malaikat yang memberontak. Dia mengajak sepertiga malaikat bersamanya. Atas kemurtadannya itu Allah lalu membuang Iblis dan roh-roh jahatnya ke dunia. Sejak itulah Iblis menjadi musuh Allah dan selalu berusaha untuk memusnahkan ciptaan Allah, terutama manusia.

Ketika Allah menciptakan Adam dan Hawa iblis berusaha merebutnya, caranya adalah dengan membujuk mereka melanggar perintah Allah. Adam dan Hawa tergoda maka sejak itulah Iblis berkuasa atas manusia. Allah lalu mengusir Adam dan Hawa dari taman Eden maka sejak itulah manusia hidup menderita di dunia.

Karena melanggar perintah maka manusia dikutuk Allah. Banyak orang Kristen yang salah faham, mereka percaya bahwa dikutuk Allah berarti dihukum oleh Allah. Pendapat demikian salah. Allah yang mahakasih mustahil menyakiti manusia. Iblis dan roh-roh jahatnyalah yang menyiksa manusia. Dikutuk Allah artinya dibiarkan oleh Allah untuk disiksa dan dikuasai Iblis. Kutukan Allah diwariskan dari generasi ke generasi, ada yang hingga generasi keempat ada pula yang sampai generasi kesepuluh.

Iblis berkuasa untuk memberikan harta, kedudukan dan ilmu kesaktian kepada manusia yang menyembahnya. Namun semuanya tipuan belaka. Ada tumbal atau kutuk yang harus dibayar untuk semua harta, kedudukan dan kesaktian itu. Kutuk itu umumnya berupa penderitaan yang harus ditanggung oleh anak cucunya. Bentuknya bisa berupa kemiskinan, sakit, gila, tidak memiliki kehendak bebas, mandul, jahat bahkan mati muda. Kutukan Iblis juga diwariskan dari generasi ke generasi, umumnya hingga generasi ketujuh.

Manusia juga bisa mengutuk sesama manusia bahkan mengutuk dirinya sendiri, namanya Kutuk Sumpah Serapah. Ketika seorang manusia mengeluh, “Mati aku!” Itu berarti dia sedang mengutuk dirinya untuk segera mati, itu berarti dia sedang menyerahkan dirinya kepada Iblis untuk dibunuh. Kutukan manusia yang paling dasyat adalah kutukan yang diucapkan ketika seseorang sedang marah. Ketika seorang ibu merasa sakit hati pada anak perempuannya dan memaki, “Gak ada lelaki yang mau sama gadis seperti kamu!” Itu berarti dia sedang mengutuk anaknya untuk tidak menikah, akibatnya, anaknya mustahil menikah, bilapun menikah, tidak akan bahagia. Itulah cara kutuk sumpah serapah bekerja, jadi berhati-hatilah ketika mengutuk, bila harus mengutuk, mengutuklah dengan bijaksana, karena kutuk sumpah serapah sangat dasyat dan tidak terpatahkan.

Ketika seorang janda miskin merasa sakit hati karena anaknya mencela masakannya tidak enak, dan memaki, “kamu pikir ibumu kaya?” bila anaknya mengiyakan, maka kutuk itu akan berlaku, janda miskin itu akan menjadi kaya karena sumpah serapahnya sendiri. Ketika seorang ayah mendapati anaknya menghabiskan hartanya untuk berjudi dan memaki, “Haram jadah!” yang artinya, “Anak haram!” maka dia sedang mengutuk anaknya menjadi anak haram. Cepat atau lambat anaknya akan menjadi anak haram. Saya tidak tahu bagaimana hal itu bisa terjadi, namun itulah yang akan terjadi, sebab itulah yang diajarkan tentang sumpah serapah.

Neraka adalah tempat untuk menghukum orang-orang berdosa yang telah mati. Banyak orang menyangka bahwa Neraka adalah tempat Allah menghukum orang-orang berdosa. Pemikiran demikian salah! Allah yang mahakasih mustahil menyiksa manusia. Iblis adalah raja Neraka. Di neraka Iblis dan roh-roh jahatnya menyiksa manusia-manusia berdosa. Allah menghukum manusia berdosa di neraka, artinya Allah membiarkan manusia berdosa di siksa Iblis di Neraka.

Semua manusia berdosa adalah milik Iblis. Mereka akan disiksa selama hidupnya lalu di disiksa di neraka setelah meninggal. Tidak ada manusia yang mampu melepaskan diri dari cengkraman Iblis apalagi mengalahkan Iblis. Semua manusia akan hidup menderita dan masuk neraka setelah mati.

Iblis adalah penguasa dunia, dia mengendalikan dunia dan manusia-manusia kepunyaannya dari alam gaib dengan sistem pemerintahan yang sangat tertata. Setiap benua, negara, pulau, kota, desa, ada roh penguasanya. Roh-roh penguasa itu disebut roh teritorial. Selain roh-roh teritorial itu, para roh juga terbagi dalam legion-legion menurut kesaktiannya masing-masing. Ada legion santet, legion pelet, Legion susuk, legion jimat, legion gendam, legion hipnotis, legion voodo, legion ilmu kebal, legion ilmu ramal, legion ilmu terawang bahkan mungkin ada juga legion ilmu KUDU. Para roh juga terbagi menurut jenis dosa. Ada roh homoseksual, roh lesbian, roh zinah, roh birahi, roh malas, roh dusta, roh judi, roh bloon, roh keras kepala, roh otak dengkul, roh keledai liar, roh ngantuk, roh bebal, bahkan mungkin ada pula rohani dan rohaya serta rohana.

Itulah Sistem Kasta Alam Semesta Perjanjian Lama. Ketika Iblis berdosa, Allah kehilangan hak ciptaNya! Allah menciptakan malaikat, namun ketika malaikat itu berdosa, dia menjadi musuh Allah dan Allah tidak berkuasa lagi atasnya. Allah menciptakan manusia, namun ketika manusia itu berdosa, dia menjadi milik Iblis dan Allah tidak berkuasa lagi atasnya. Ketika manusia berdosa, Allah kehilangan hak ciptanya. Jangan bertanya, “kenapa bisa demikian?” Karena itu mengandalkan akal namanya. Allah tidak suka orang yang mengandalkan akalnya!

Sistem Kasta Alam Semesta Perjanjian Baru – Theologia Alam Roh

Allah adalah Allah, itu sebabnya kita menyebutnya Allah. Karena kasihNya Allah lalu mengutus Yesus Kristus ke dunia. Yesus Kristus hidup sebagai orang miskin namun sepanjang hidupNya melakukan banyak mujizat dan menunjukkan kuasaNya atas penyakit dan roh-roh jahat. Dia mati disalib namun bangkit pada hari yang ketiga, naik ke Surga pada hari keempat puluh kemudian mencurahkan Roh Kudus kepada murid-muridNya pada hari kelima puluh. Dia berjanji akan membaptis para pengikutnya yang disebut orang Kristen. Melalui kematian dan kebangkitanNya, Yesus menggenapi dua hal utama yang ditugaskan oleh Allah Bapa kepadaNya. Pertama, mengalahkan Iblis. Kedua, menebus manusia dari Iblis.

Iblis adalah Iblis, itu sebabnya dia disebut Iblis. Walaupun Allah sudah menebus manusia darinya namun Iblis pura-pura tidak tahu dan sama sekali tidak mau melepaskan manusia dari cengkramannya. Walaupun Yesus Kristus sudah mengalahkannya, namun dia tetap berprilaku sebagai penguasa dunia. Karena prilaku iblis yang demikian itulah maka walaupun manusia sudah ditebus dan Iblis dikalahkan, namun manusia tetap hidup menderita dan dikuasai Iblis.

Allah itu mahakasih juga mahasabar, itu sebabnya Dia tetap membiarkan Iblis untuk berkuasa. Namun Allah juga mahaadil dan mahatahu, itu sebabnya Dia menemukan jalan untuk membebaskan manusia dari cengkraman Iblis. Walaupun Iblis menganggap dirinya hebat karena dapat menipu Allah dan Yesus Kristus, namun sesungguhnya baik Allah maupun Yesus Kristus tidak tertipu sama sekali, itu sebabnya Ketika masih di dunia, Yesus Kristus sudah mengajarkan bagaimana caranya merampok jiwa manusia dari Iblis serta cara untuk mengalahkan Iblis.

Atau bagaimanakah orang dapat memasuki rumah seorang yang kuat dan merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu? Sesudah diikatnya barulah dapat ia merampok rumah itu. Matius 12:29

Ayat tersebut di atas mengajarkan cara untuk merampok jiwa manusia dari Iblis. Anda tidak memahaminya? Tentu saja tidak paham sebab anda bukan pengkotbah alam roh yang biasa ngobrol dengan Allah seolah ngobrol dengan teman. Nampaknya, ayat tersebut sengaja di samarkan agar Iblis tidak mengetahuinya. Saya tidak tahu siapa yang pertama kali menemukan misterinya namun saya tahu misteri itu dari pengkotbah mantan dukun, Ev. Daud Tony yang menjuluki dirinya Sang Penginjil Api dan Pdt. Gilbert Lumoindong MTh yang memakai gelar, Nabi Indonesia Yang Terbesar. Ternyata ayat tersebut di atas lengkapnya begini:

Atau bagaimanakah orang dapat memasuki rumah seorang yang kuat (roh jahat) dan merampas harta bendanya (tubuh, jiwa, dan roh orang yang dirasuki) apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu? Sesudah diikatnya barulah dapat ia merampok rumah itu (pelayanan pelepasan). Matius 12:29 – Versi Alam Roh

Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. I Yohanes 4:4

Jangan khawatir bila anda tidak suka dengan istilah merampok jiwa, karena pengkotbah alam roh sudah menggantinya dengan istilah PEPERANGAN ROHANI. Pengkotbah biasa hanya mengajarkan orang Kristen untuk memberitakan Injil. Hal itu karena mereka tidak tahu kebenarannya atau takut kepada Iblis dan roh-roh jahatnya. Memberitakan Injil saja tidak cukup. Tuhan Yesus mau kita merampok jiwa-jiwa dari si Iblis. Kita harus meluruk ke alam gaib, mengikat roh teritorialnya, merampok jiwa-jiwa lalu melakukan pelayanan pelepasan.

Walaupun pemberitaan Injil di Indonesia marak luar bisa namun hanya sedikit orang yang bertobat. Hal itu terjadi karena alam gaib di Indonesia terlalu berkuasa sehingga hanya sedikit orang yang memiliki kehendak bebasnya. Tanpa kehendak bebas, pemberitaan Injil akan sia-sia. Walaupun banyak orang melakukan peperangan rohani di Indonesia, namun alam gaib tetap sangat berkuasa. Hal itu terjadi karena selama ini peperangan rohaninya tidak dilakukan dengan strategi yang benar. Kita harus berani berperang karena Roh yang ada di dalam kita lebih besar dari roh-roh yang ada di dunia ini, namun kita harus melakukannya dengan strategi yang benar agar dapat memperoleh hasil maksimal.

Serangan terbaik di dunia adalah serangan mendadak dengan segenap kekuatan ketika musuh lengah atau tidak menyangka. Itulah yang harus kita lakukan dalam peperangan rohani. Roh teritorial di Indonesia adalah Gadis Selatan. Walaupun mengaku rumahnya di Samudera Indonesia namun sesungguhnya, markas besarnya ada di udara, antara Parang Tritis, Yogyakarta dan Solo. Iblis dan roh-roh jahatnya bekerja dua puluh empat jam, mereka tidak pernah tidur. Dengan kondisi demikian, bagaimana kita dapat menyerang tanpa diketahui? Caranya muda bila kita tahu kekuatan diri sendiri dan kekuatan musuh.

Setiap orang yang terlibat di dalam peperangan rohani pertama-tama harus mengikat roh-roh jahat yang ada di udara. “Dalam nama Yesus, semua roh jahat di udara menjadi buta!” Dengan tengkingan demikian, maka semua roh-roh jahat di udara akan menjadi buta sehingga kita bebas melakukan persiapan. Ada tiga team yang harus dipersiapkan yaitu.

Team PENGIKAT akan bertugas untuk mengikat roh-roh teritorial dan bala tentaranya. Team ini beranggotakan orang-orang yang mendapat anugerah “Pujian dan Doa”. Selain mengikat roh-roh jahat mereka juga harus memuji Tuhan dengan hebat. Pujian selain berfungsi sebagai aba-aba bagi malaikat untuk menyerang alam gaib, juga membuat malaikat semakin kuat, di samping itu, pujian juga akan menggetarkan bahkan menghancurkan pintu-pintu alam gaib.

Team PERAMPOK akan bertugas untuk merampok jiwa-jiwa yang dikuasai Iblis. Anggota inti team ini adalah pengkotbah yang memiliki kuasa kotbah dan kuasa penyembuhan serta kuasa mengusir Setan. Melalui kebaktian penyembahan dan penyembuhan serta pelepasan, mereka akan memberitakan Injil, menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan, dengan demikian, akan banyak orang dimenangkan bagi Kristus.

Team PELAYANAN & PELEPASAN akan bertugas untuk melayani orang-orang yang dimenangkan secara pribadi. Anggota team ini haruslah orang-orang yang memiliki kuasa melayani dan kuasa iman. Orang-orang ini akan membimbing para petobat baru untuk mengerti hak-hak orang Kristen dan cara iblis menyerang, mengakui dosa, mematahkan kutuk dan memutuskan ikatan dengan Iblis, mengusir roh jahat, menumpas barang dan ilmu tumpas, mengklaim janji-janji Allah. Para anggota team pelayanan dan pelepasan inilah orang-orang yang dimaksudkan oleh ayat di bawah ini.

Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." Markus 16:17-18

Sayang sekali, hingga saat ini masih banyak orang Kristen yang masih mengeraskan hatinya dan tidak mau menerima kebenaran Theologia Alam Roh. Alih-alih mendukung peperangan rohani mereka justru menuduh para pengkotbah alam roh membual. Mereka menutup mata akan jumlah buah-buah yang dihasilkan karena lebih suka memahami Alkitab dengan akal budinya dari pada mendengar suara Tuhan. Sementara itu, banyak gereja-gereja yang walaupun sudah mengerti Theologia Alam Roh, namun masih egois dan menganggap diri sendiri paling diberkati dan dipenuhi Roh Kudus, mereka lebih suka berperang rohani sendiri-sendiri daripada berperang rohani bersama-sama.

Iblis dan roh teritorial serta roh-roh jahat tidak bisa mati, namun mereka bisa diikat dan diusir, caranya adalah dengan menengking mereka dalam nama Yesus. Menengking artinya berteriak dengan penuh wibawa. Bila anda menengking, “Iblis, aku mengikatmu dalam nama Yesus!” maka Iblis akan terikat. Bila anda menengking, “Iblis, dalam nama Yesus, jadilah buta!” maka Iblis tidak akan melihat anda. Bila anda menengking, “Iblis, Dalam nama Yesus, keluar!” Maka Iblis akan keluar.

Roh manusia tidak akan menurut ketika ditengking dalam nama Yesus. Apabila roh seorang dukun merasuki seseorang maka percuma menengkingnya dalam nama Yesus. Yang harus anda lakukan adalah menengking roh jahat yang menjadi sumber kesaktian dukun itu. “Aku ikat roh jahat yang menjadi sumber kekuatan dukun ini di dalam Yesus!” itulah yang harus anda lakukan, dengan mengikat roh jahat itu, maka dukun itu akan kehilangan kesaktiannya. Dia bisa mati, paling sedikit menderita luka dalam yang sangat parah.

Begitupun dengan arwah orang mati, percuma menengkingnya di dalam nama Yesus, dia tidak akan pergi, anda harus menginjilinya, setelah dia bertobat maka malaikat akan menjemputnya ke sorga.

Memang benar, Alkitab hanya mengajarkan bahwa orang Kristen memiliki kuasa untuk mengusir Setan. Secara tersembunyi Alkitab juga mengajarkan bahwa manusia mampu mengikat Setan di dalam nama Yesus. Alkitab sama sekali tidak mengajarkan bagaimana cara menghadapi roh orang hidup dan arwah orang mati yang gentayangan. Namun bukankah Allah memang menyembunyikan misteri itu untuk dibuka pada waktunya? Pada saat Alkitab ditulis, Iblis dan roh-roh jahat belum sesakti sekarang demikian juga roh-roh gentayangan belum sebanyak sekarang. Itu sebabnya kebenaran itu belum dibukakan.

Ada orang yang bertanya kepada saya, “Theologia Alam Roh hanya mengajarkan untuk mengikat roh-roh jahat namun tidak mengajarkan untuk melepaskan ikatan yang telah dibuat, bukankah itu berarti roh-roh yang diikat itu tetap terikat?” Pertanyaan yang bagus. Memang selama ini tidak diajarkan untuk melepaskan ikatan yang telah dibuat, namun sebenarnya ikatan itu secara otomatis terlepas ketika kita menengking, “Dalam nama Yesus Keluar!” Bagaimana mungkin Iblis atau roh-roh jahat itu keluar bila mereka masih terikat bukan? Coba bayangkan, anda adalah pimpinan perusahaan, suatu hari office boy menghadap anda. Anda memberi perintah agar dia duduk! Bukankah dia akan duduk dengan manis? Setelah urusannya selesai, anda memberi perintah, “Lanjutkan pekerjaanmu!” Office boy itu akan berdiri lalu keluar dan melanjutkan pekerjaannya sesuai perintah anda. Hanya orang gila yang akan mendebat anda dengan mengatakan bahwa apa yang anda lakukan salah. Seharusnya anda membatalkan perintah menyuruh office boy itu duduk dengan memerintahkannya berdiri.

Ada orang Kristen yang walaupun bukan sarjana Theologia namun mengaku belajar Alkitab dengan baik dan benar, dia mengejek prilaku orang-orang kristen alam roh dengan pertanyaan, “Bukankah roh jahat yang terikat jauh lebih aman dari pada yang keluar dan bebas merasuki manusia lainnya? Kenapa harus mengusir roh jahat bila mampu mengikatnya?” Saya menyuruh orang itu berdoa minta Roh Kudus mengajarnya agar bisa mengerti Firman Allah dengan baik. Dia kekeh jumekeh minta agar pertanyaannya di jawab. Tuhan menggerakkan hati saya dengan belas kasihan, maka saya mengutip sebuah ayat buatnya.

Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." Matius 16:19

Saudara, apakah anda mau masuk surga sambil nenteng-nenteng roh jahat? Apakah anda mau roh jahat ikut masuk surga karena anda masih mengikatnya? Ketika mendengar kutipan ayat tersebut dan penjelasan saya, orang itu tertawa ngakak lalu ngeloyor pergi. Prilaku yang tidak sopan, namun saya berdoa agar Allah mengampuninya karena dia tidak tahu apa yang dilakukannya.

Walaupun Tuhan Yesus sudah mengalahkan Iblis dan menebus manusia dari Iblis, kenapa masih banyak orang Kristen yang tidak menjalani hidup berkelimpahan? Hal itu terjadi karena:

1. Dia tidak tahu bahwa dia memiliki kuasa
2. Ada dosa yang belum diakui
3. Ada kutuk yang belum dipatahkan
4. Ada roh jahat yang belum di usir
5. Ada arwah yang belum diinjili
6. Ada jimat dan ilmu yang belum ditumpas
7. Alam gaib yang terlalu KUAT menguasai suatu daerah
8. Tidak menggunakan kuasa yang dimilikinya
9. Tidak memiliki iman yang cukup untuk melakukan mujizat

Setelah Allah menebus manusia dari Iblis dan Yesus Kristus mengalahkan Iblis, maka manusia memasuki Sistem Kasta Alam Semesta Perjanjian Baru. Iblis tetap menguasai manusia, namun sekarang manusia mampu menyerang bahkan mengalahkan Iblis, caranya adalah dengan melakukan peperangan rohani.

Sistem Kasta Alam Semesta Menurut Alkitab

Allah menciptakan malaikat untuk melayaniNya. Malaikat memiliki kehendak bebas. Mereka bebas memilih tuannya. Salah satu malaikat menjadi sombong dia lalu memilih dirinya sebagai tuan dan membujuk sepertiga malaikat lainnya untuk mempertuan dirinya. Allah lalu menghakimi malaikat itu. Berdosa! Itulah keputusannya. Hukumannya adalah dibuang ke bumi hingga saatnya dibuang ke Neraka. Iblis atau Setan, artinya penantang atau penentang Allah adalah gelarnya. Sejak itulah malaikat itu dikenal dengan nama Iblis atau Setan. Dia berjalan keliling seperti singa yang mengaum-ngaum untuk mencari mangsa yang dapat ditelannya.

Apakah Allah menciptakan Iblis? Benar, apabila yang anda maksudkan adalah makluk yang menyandang gelar Iblis. Juga benar bila yang anda maksudkan adalah gelar yang diberikan kepada malaikat yang mengkhianati Allah. Kenapa banyak Theolog yang mengajarkan bahwa Allah tidak pernah menciptakan Iblis? Karena mereka kawatir anda akan menuduh Allah tidak sempurna karena menciptakan makluk jahat.

Apakah Allah menciptakan dosa? Benar apabila yang anda maksudkan adalah kata dosa. Kenapa banyak Theolog yang mengajarkan bahwa Allah tidak pernah menciptakan dosa? Karena mereka kawatir anda akan menganggap dosa adalah makluk padahal dosa adalah sebuah kata untuk menyebut perbuatan yang melanggar kehendak Allah.

Kenapa Allah tidak langsung memusnahkan Iblis dan roh-roh jahatnya atau melemparkan mereka ke Neraka? Kenapa Allah membuang mereka ke bumi? Saya tidak tahu! Bila tetap harus menjawab, maka jawaban saya adalah, “Mungkin Allah masih menikmati pelayanan mereka walaupun mereka berdosa. Itu sebabnya Alkitab mencatat bahwa Allah membiarkan Iblis mencobai manusia.”

Allah menciptakan manusia untuk mewakiliNya mengendalikan dunia. Pada mulanya Allah menciptakan Adam dari tanah liat lalu menghembuskan nafas ke hidungnya. Ketika Adam kesepian Allah lalu menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam untuk menjadi penolongnya yang sepadan. Manusia menerima mandat Allah untuk menjadi Penguasa Dunia, menaklukkan alam dan berkuasa atas semua binatang. Menaklukan alam dan berkuasa atas binatang adalah sebuah perjuangan.

Allah menempatkan manusia di taman Eden dan memberi perintah agar tidak memakan buah pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Allah mengancam, bila perintahNya dilanggar, maka manusia akan mati. Adam dan Hawa memiliki kehendak bebas. Mereka bebas memilih, TAAT atau MATI!

Iblis menggunakan kesempatan itu untuk mencobai Adam dan Hawa. Alkitab mencatat bahwa yang berbicara dengan Hawa adalah ular, namun Alkitab juga mencatat bahwa yang menggoda Hawa adalah Iblis. Apa yang sesungguhnya terjadi? Apakah ular yang berbicara dengan Hawa adalah ular jadi-jadian atau Iblis yang menjelma menjadi ular? Atau itu adalah ular sejati yang dapat berbicara? Atau itu adalah ular yang dirasuki Iblis? Kenapa Iblis tidak tampil dalam wujudnya sendiri? Bukankah para pengkotbah alam roh yang mengaku pernah bertemu dengan Iblis mengajarkan bahwa Iblis itu ganteng?

Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?" Kejadian 3:1

Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu. Kejadian 3:14

Apabila ular yang berbicara dengan Hawa adalah ular jadi-jadian atau jelmaan Iblis, maka kita mau tidak mau harus percaya bahwa Ev. Daud Tony dulu memang memiliki ilmu untuk menjelma menjadi harimau dan banyak dukun lain yang mampu menjelma menjadi babi. Namun Kejadian 3:1 dan dengan tegas mengajarkan bahwa ular itu bukan jelmaan Setan. “Ular adalah binatang yang paling cerdik dari segala binatang” Kalimat itu adalah jaminan bahwa ular yang berbicara dengan Hawa adalah ular sejati. Bila itu adalah ular jadi-jadian alias iblis, maka kalimat yang akan digunakan di dalam ayat tersebut adalah “malaikat” bukan “binatang” dan “ternak”.

Ular adalah binatang, walaupun cerdik namun ia tetap binatang yang tidak memiliki akal budi dan tidak bisa berbahasa manusia. Ular tidak memiliki kemampuan juga tidak memiliki alasan untuk mencobai manusia. Alkitab mencatat, Iblis selain bisa merasuki manusia juga mampu merasuki binatang. Roh-roh jahat, Legion, pernah meminta Kristus untuk merasuki babi. Kenapa Iblis tidak memperlihatkan dirinya ketika menggoda Hawa? Kenapa dia harus merasuki ular untuk mencobai manusia? Mungkin hal itu dilakukan karena dia tidak memiliki kemampuan untuk menampakkan diri kepada manusia?

Walaupun Adam dan Hawa melanggar perintah Allah namun manusia tidak pernah kehilangan mandat sebagai penguasa dunia. Apabila yang diajarkan oleh theologia alam roh benar, karena Adam dan Hawa berdosa maka Iblis menjadi penguasa dunia dan berkuasa atas jiwa manusia, mustahil Allah memberikan perintah tersebut di bawah ini kepada nabi Nuh.

Lalu Allah memberkati Nuh dan anak-anaknya serta berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi. Akan takut dan akan gentar kepadamu segala binatang di bumi dan segala burung di udara, segala yang bergerak di muka bumi dan segala ikan di laut; ke dalam tanganmulah semuanya itu diserahkan. Kejadian 9:1-2

Sistem Kasta Alam Semesta yang diajarkan Alkitab sangat berbeda dengan yang diajarkan Theologia alam roh. Di dalam sistem kasta alam semesta Alkitab, Alam menunjukkan kedasyatannya sementara manusia mengemban mandat untuk menaklukkannya. Binatang menunjukkan keliarannya sementara manusia mengemban mandat untuk berkuasa atasnya. Alam, binatang dan manusia dignakan digunakan oleh Allah untuk menguji manusia. Ketika Allah menguji atau menghukum, Iblis memanfaatkannya untuk mencobai manusia.

Kebenaran Alkitab Atau Theologia Alam Roh

Handai taulan sekalian, saya bukan penganut Theologia Alam Roh, bahkan secara sistematis saya menentang mereka. Hal itu saya lakukan karena menemukan ajaran-ajaran mereka yang bertentangan dengan ajaran Alkitab. Sebagai orang Kristen kita percaya Alkitab adalah standard kebenaran karena Alkitab adalah firman Tuhan. Semua ajaran Kristen tidak boleh bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Namun sebagai orang Kristen kita harus menghakimi dengan adil dengan menjadikan Alkitab sebagai standard kebenaran. Itu sebabnya ketika menentang Theologia Alam Roh, saya, selain mengutip ajarannya juga menyebutkan dengan jelas sumbernya dan siapa yang mengajarkannya, agar semua orang yang membacanya dapat mengujinya sendiri, termasuk orang-orang yang ajarannya saya kutip.

Menurut kisah, pada saat raja Darius berkuasa, sekitar 600 tahun sebelum masehi, di kerajaan Persia bangkit seorang nabi yang bernama Zarathustra. Agama yang diajarkan olehnya disebut Zoroaster. Dia mengajarkan, pada mulanya adalah Ahura Mazda. Ahura Mazda adalah dewa kebajikan, kebaikan dan terang. Ahura Mazda memiliki musuh yang sepadan, namanya Anggara Mainyu. Ahura Mazda dan Anggara Mainyu berperang sejak kekal dan akan terus berperang hingga kekal. Keduanya berperang untuk memperebutkan manusia.

Pada pertengahan akhir abad ketiga, seorang Persia yang menggunakan nama Many, menyatukan ajaran agama Zoroaster, Babilonia, Budha, Hindu, Kristen dan agama-agama lainnya yang ada saat itu. Ajarannya dikenal dengan nama Manicheisme dan berkembang pesat di Mesopotamia, Babilonia, Turkisten, bahkan hingga ke India, Tiongkok dan Tibet. Ajaran utama Manicheisme disebut dualisme kosmos, yaitu adanya dualisme BAIK dan JAHAT yang bertarung dari kekal hingga kekal untuk memperebutkan manusia.

Agustinus yang oleh kaum Katolik disapa Santo Agustinus (387-430) ketika bertobat pada umur 31 tahun, selama 10 tahun terlibat dalam gerakan Manicheisme. Suatu malam dia tidak bisa tidur. Untuk mengurangi perasaan gerahnya dia berjalan-jalan di taman. Ketika sedang asyk menikmati keindahan malam sambil menatap bintang-bintang gemerlapan di langit. Tiba-tiba muncul sebuah kesadaran dibenaknya. Apabila benar ada dua makluk adikodrati yang sama saktinya bertarung, kenapa ada keindahan yang terus terjaga dan ada hukum alam yang terus berulang? Pasti ada suatu kekuatan yang menjaga semua hal itu. Pasti ada suatu kekuatan yang tidak tertandingi yang senantiasa menjaga agar benda-benda langit tetap ada pada tempatnya, matahari terbit pada waktu dan arah yang tetap. Itu saduran bebas kisah Agustinus. Itulah awal mula Agustinus menaklukkan diri dan mempelajari Alkitab dengan cara yang benar, itulah awal mula dia lalu menjadi seorang Theolog besar.

Pada hakekatnya theologia alam roh didirikan di atas kepercayaan Manicheisme, kepercayaan Zoroasterisme, kepercayaan adanya dualisme kosmos. Adanya dua makluk adikodrati yang bertarung hingga kekal. Pertarungan antara Allah dan Iblis memperebutkan alam semesta dan manusia. Allah berusaha menjaga alam semesta dan menyelamatkan manusia sedangkan Iblis berusaha menghancurkannya. Allah berusaha membuat manusia menjadi baik sedangkan Iblis berusaha membuat manusia menjadi jahat. Allah berperang melalui Roh Kudus, malaikat dan orang Kristen sementara Iblis menggunakan roh-roh jahat.

Walaupun berusaha menyangkal namun ajaran para pengkotbah alam roh dari hari ke hari semakin tegas menunjukkan belangnya. Mereka tidak mengajarkan ajaran Alkitab namun ajaran Manicheisme, ajaran Zoroasterisme. Ketika roh jahat mengejawantah (manisfestasi), manusia menjadi jahat ketika Roh Kudus mengejawantah, manusia menjadi baik. Ketika dipenuhi Roh Kudus, manusia menjadi baik, ketika dipenuhi roh jahat manusia menjadi jahat. Untuk mengikatkan diri kepada Allah anda harus menuntut janji-janji-Nya sedangkan untuk melepaskan diri dari Iblis anda harus menyangkalnya. Untuk mendapatkan sesuatu dari Allah anda menggunakan iman sementara untuk menolak sesuatu dari Iblis anda menengkingnya dalam nama Yesus. Itu bukan ajaran alkitab namun ajaran Sesat.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

Ujian dan pencobaan

Alam akan menunjukkan kedasyatannya sementara manusia mengemban mandat untuk MENAKLUKKANNYA.

Binatang akan menunjukkan KELIARANNYA sementara manusia mengemban mandat untuk BERKUASA atasnya.

Wow betapa hebatnya manusia.. Allah menciptakan manusia untuk mewakiliNya mengendalikan dunia..

Allah MENGUJI manusia. Iblis MENCOBAI manusia.
Iblis memanfaatkan UJIAN yang diberikan Allah kepada manusia.


Thanks hai2.. dari tulisan diatas jadi dapat mengerti.. dari satu kejadian yang sama bisa menjadi ujian sekaligus pencobaan..

Dan terlebih dari itu, ternyata semua diawali dari insiatif Allah Sang Pencipta.. dan tetaplah Allah yang menjadi PUSAT dari segala yang ada dan yang akan ada..

hai hai's picture

Tulisan Yang Paling Sering Diedit

Nona Joli,
Sistem Kasta Alam Semesta, sekali kita memahaminya dengan benar, maka selanjutnya kita akan lebih mudah memahami hal-hal lainnya dengan benar. Ketika menggoda Hawa, menggoda Yesus dan menggoda gereja, Iblis selalu memulainya dengan MENGACAUKAN sistem kasta alam semesta.

Tanggal 3 September 2007 ketika mengunggah tulisan Gambar dan Rupa Allah, saya berjanji akan menulis sebuah blog dengan judul Sistem Kasta Alam Semesta dan mengunggahnya ketika blog tersebut diklik 200 kali. Pada saat itu pengunjung pasar Klewer masih sedikit, untuk mendapatkan 200 hit itu butuh berhari-hari.

Nampaknya saya saya terlalu menganggap enteng thema itu. Sejak itu saya sudah belasan kali menulisnya, namun  tidak pernah menghasilan sebuah tulisan yang cukup memuaskan dalam arti cukup komprehensif  isinya dan cukup komunikatif sehingga mudah dipahami oleh para pembaca. Tulisan ini bukan yang terbaik, namun inilah tulisan terbaik tentang Sistem Kasta Alam Semesta yang mampu saya tulis. Semoga bermanfaat buat kita semua.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Sedikit masukan buat Hai hai

Tulisan yang sangat lengkap Hai hai..

Tapi ada hal yang akan menimbulkan salah paham, karena Hai hai tidak jelas membuat sub judul sehingga akan membingungkan pembaca untuk membedakan:

1. mana yang pendapat pengkotbah Alam Roh,
2. mana yang Pendapat sesuai Alkitab (menurut Hai hai)

Bagi pembaca yang sudah mengetahui pendapat Hai hai, karena sudah membaca tulisan Hai hai yang lain, dapat segera membedakannya, tetapi saya yakin para pembaca baru akan bingung / terjadi salah paham lho Hai..

Contoh:

Hai hai menulis:

Allah itu mahakasih juga mahasabar, itu sebabnya Dia tetap membiarkan Iblis untuk BERKUASA. Namun Allah juga mahaadil dan mahatahu, itu sebabnya Dia menemukan jalan untuk membebaskan manusia dari cengkraman Iblis. Walaupun Iblis menganggap dirinya hebat karena dapat menipu Allah dan Yesus Kristus, namun sesungguhnya baik Allah maupun Yesus Kristus tidak tertipu sama sekali, itu sebabnya Ketika masih di dunia, Yesus Kristus sudah mengajarkan bagaimana caranya MERAMPOK manusia dari Iblis serta cara untuk MENGALAHKAN Iblis.



Deta komentar:

Saya tahu tulisan di atas (dan tulisan selanjutnya dibawah sub judul ini) adalah pendapat pengkotbah Alam Roh, tetapi Hai hai menulis dibawah sub judul Sistem Kasta Alam Semesta Perjanjian Baru, tentu hal ini akan membingungkan pembaca, karena akan mengira bahwa tulisan dibawah sub judul ini adalah menurut Perjanjian Baru.

Kemudian pada bagian awal tidak ada pengantar yang mengatakan bahwa Hai hai menentang ajaran para pengkotbah alam roh / mantan Dukun, sehingga pembaca baru juga tidak akan mengerti bahwa Hai hai menentang mereka.

Itu aja hai…


__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Thanks Deta!

Terima aksih atas pujiannya debu tanah. Juga terima kasih atas usulannya. Saya akan mengeditnya. Sesuai usulan anda. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

KEN's picture

Emang Komplit

Tapi keren abis nih tulisan, jadi komplit, usul dijadikan buku ttg tulisan Anda jadi gak pak hai? Kalo jadi kan saya bisa ikut usul pake kartas apa, sampulnya model apa gitu, hehehe, biar keren pas diselip di rak buku hehehe. 

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

jesusfreaks's picture

@hai2 : LINGKARAN SETAN

1. Untuk apa Bapa menciptakan manusia ? Untuk mengendalikan dunia. Yakin bro ?! Kenapa harus ditempatkan ditaman eden dulu ? Kenapa gak langsung ditempatkan di dunia ? 2. Untuk apa Bapa menciptakan dunia ? Walaupun tulisan ini menarik, tapi masih ada yg ORA GATHUK. Gak pas ? Bahkan jauh dari pas.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Taman Eden Adalah Sekolah

Untuk apa Allah menciptakan manusia?

Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Kejadian 1:26


Kenapa harus ditempatkan di taman eden dulu? Kenapa gak langsung ditempatkan di  dunia?


Saat ini banyak pengkotbah yang yakin bahwa taman Eden adalah sorga, itu sebabnya di dalam kotbah-kotbahnya mereka sering sekali menyatakan, setelah berdosa, manusia terbuang dari sorga. Pengkotbah demikian umumnya percaya bahwa umat Allah akan kembali ke taman Eden. Dengan keyakinan demikian, tentu saja mereka akan kesulitan untuk memahami beberapa ayat-ayat Alkitab tentang sorga.

Saya percaya bahwa taman Eden adalah sebuah taman yang dibuat oleh Allah di Bumi. Taman Eden adalah bagian dari bumi, bukan alam lain apalagi Sorga. Tujuan Allah menempatkan Adam dan Hawa di taman Eden adalah untuk BELAJAR dan BERLATIH menjadi PENGUASA dunia. Adam dan Hawa belajar, mereka lulus dengan predikat: BERDOSA!

Untuk apa Bapa menciptakan dunia?

Untuk dikuasai manusia dan untuk memenjarakan Setan dan roh-roh jahatnya. Nah, JF, dari sini anda bisa mulai jualan lagi.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Mengenai taman Eden

Hai-hai saya setuju mengenai taman Eden ada dibumi. Cuma mungkin kesulitan utamanya adalah lokasinya dimana? Di sisi lain berdasarkan Firman juga maka selain Eden ada juga taman Firdaus.

Luk 23:43
(43)  Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."
2Co 12:4
(4)  ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia.
Rev 2:7
(7)  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

Di taman Firdaus terdapat juga pohon kehidupan seperti yang terdapat di taman Eden. Mungkinkah ini yang menyebabkan terjadi kerancauan pemahaman?

hai hai's picture

Pohon Kehidupan Bukan Pohon Sakti

Anda benar Samuel Franklyn. Taman Eden bukan Taman Firdaus, namun banyak orang yang rancu akan hal tersebut. Taman Eden adalah sebuah taman di bumi, memiliki wujud dan bentuk. Sementara taman firdaus adalah sebuah taman yang ada di alam roh.

Menurut saya kerancuan itu muncul karena berita terakhir tentang taman Eden yang tercatat di Alkitab adalah:

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil. Kejadian 3:23

Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan. Kejadian 3:24

Sementara berita tentang taman Firdaus seperti yang anda kutip:

Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus." Luk 23:43

ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia. 2 Korintus 12:4

 
Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah." Wahyu 2:7

Sama seperti anda, menurut saya, POHON kehidupanlah yang membangkitkan kerancuan itu. Saya belum pernah mengadakan penelitian Alkitab secara mendalam tentang taman Firdaus, itu sebabnya tidak berani menulis banyak tentang hal itu. Namun cukup sering mempelajari taman Eden.

Di taman Eden ada dua pohon di tengah taman. Yang pertama adalah pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, yang kedua adalah pohon kehidupan. Awalnya saya mengira kedua pohon itu adalah pohon sakti yang menghasilkan buah-buah sakti. Namun setelah mempelajarinya secara seksama, ternyata kedua pohon itu sama sekali tidak sakti. Kedua pohon itu adalah SIMBOL perjanjian antara Allah dan manusia.

Menurut saya, sejak manusia diusir, tidak ada lagi orang yang mengelola taman Eden. Taman itu pasti berubah menjadi belantara dan dengan berlalunya waktu entah menjadi apa lagi. Dan kedua pohon itu, pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat serta pohon kehidupan, juga sudah lama mati.       
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

edy's picture

POHON KEHIDUPAN SAKTI

BARANG SIAPA YG MEMAKAN TUBUH DAN MEMINUM DARAH YESUS KRISTUS AKAN MEMPEROLEH HIDUP YG KEKAL.

POHON KEHIDUPAN = YESUS KRISTUS TUHAN.

jesusfreaks's picture

@hai2 : taman eden atau taman DI eden

Dear Brother,

kita berdua sama-sama menghormati & meyakini PENULISAN ALKITAB DIBAWAH BIMBINGAN ROH KUDUS.

Berdasarkan hal itu juga, gw meyakini PENTERJEMAHAN ALKITAB JUGA DIBAWAH BIMBINGAN ROH KUDUS.

Soal taman eden, gw udah pernah tulis, cuma mungkin lo "melewatinya".

lo bisa baca disini ( kalau tertarik ):  http://www.sabdaspace.org/eden_bukan_bagian_dari_bumi

 

oke...kembali ke soal penterjemahan.

Kejadian 2:8. Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.

perhatikan frase "taman "DI" Eden", tentu saja dengan ilmu membaca saya akan mengartikan adanya sebuah taman di eden. atau tepatnya ada sebuah taman disebelah timur eden.

--------- 

Kejadian 2:9 Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

perhatikan juga frase : pohon "DARI" bumi.

kembali lagi saya menggunakan kemampuan bahasa sederhana saya, maka saya mengartikan TUHAN MEMILIH-MILIH POHON YANG MENARIK & YANG BAIK UNTUK TUMBUH JUGA DI TAMAN DI SEBELAH TIMUR EDEN.

----

Nah pertanyaannya : Dimanakah  Eden ?

Jawaban gw, Eden berada pada tempatnya. Eden turun ke Bumi, tapi bukan bagian dari Bumi.

masuk akal tidak ? mungkin tidak masuk akal.

tapi jikalau kita memperhatikan adanya pohon kehidupan, maka itu identik dengan Yerusalem Baru.

Wahyu 2:7 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

Wahyu 22:2 Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa.

Wahyu 22:14 Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu.

Wahyu 22:19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

----- 

Hai2 berkata : Tujuan Allah menempatkan Adam dan Hawa di taman Eden adalah untuk BELAJAR dan BERLATIH menjadi PENGUASA dunia. Adam dan Hawa belajar, mereka lulus dengan predikat: BERDOSA!

JF berkata : pantas saja Anda sering berkata ALLAH memiliki selera humor.

hahaha...ayolah bro, jawabanmu terlalu polos untuk seorang hai2.

diciptakan jadi penguasa dunia, tapi dunia akan dihancurkan...

jikalau predikat lulusnya : TIDAK BERDOSA!

apa yang terjadi bro ???

------

iya lah, gw jualan lagi... 

Untuk sebuah pertobatan, ALLAH MELAKUKAN BANYAK HAL-HAL GILA... 

entah itu pertobatan malaikat yang jatuh...

entah itu pertobatan manusia yang jatuh...  

 

Shalom, 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Taman di Eden

JF, saya sudah baca tulisan anda yang berjudul “Eden Bukan Bagian Dari Bumi” Walaupun ada beberapa hal yang tidak saya setujui dari tulisan tersebut, namun saya tidak memberi komentar karena belum pernah melakukan penelitian Alkitab secara mendalam atas kitab wahyu. Apabila saya memaksa diri untuk memberi komentar, itu namanya KEBLINGER. Namun Tulisan anda tersebut sangat menarik, sayang nggak ada yang menawar, itu sebabnya di dalam komentar saya mengatakan, anda bisa mulai jualan lagi. Selain menjual blog anda yang itu, juga bisa jualan blog lainnya tentang lucifer.

Anda benar, taman Eden adalah sebuah taman di Eden atau di sebelah timur Eden. Ada pengkotbah yang manafsirkan Eden = sebelah timur. Mereka lalu menyimpulkan bahwa taman itu ada di sebelah timur (dunia). Tanpa mengurangi rasa hormat, namun menurut saya penafsiran demikian tidak logis.

Anda menafsirkan bahwa Taman itu ada di Eden dan Eden bukan bagian dari bumi berdasarkan ayat di bawah ini.

Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Kejadian 2:9 

Bukankah anda menafsirkan bahwa Allah memilih pohon-pohon yang baik dari bumi untuk di tanam di taman itu? Jf, salah satu alasan kenapa penerjemahan Alkitab harus diperbarui adalah karena bahasa selalu berubah dari generasi ke generasi. Saat ini, kata “Jalang” dipahami sebagai orang yang melampiaskan nafsu birahinya sembarangan, padahal pada jaman Chairil Anwar, kata itu dipahami sebagai “orang bebas” atau freeman. Kata “Sundal” saat ini dipahami sebagai pelacur, padahal awalnya kata itu adalah nama untuk bunga yang saat ini dikenal sebagai “sedap malam”.

Apa perbedaan bumi dan dunia? Bumi adalah tanah tempat kita berpijak. Sedangkan dunia adalah sebuah planet di mana manusia hidup. Itu sebabnya kita mengenal istilah bola dunia, bukan bola bumi. Juga kita mengenal lagu, kalau kau suka hati injak bumi, bukan injak dunia. Coba anda perhatikan kalimat di dalam Kejadian 2:9 tersebut di atas. “Lalu TUHAN Allah MENUMBUHKAN berbagai-bagai pohon dari bumi”. Untuk memenuhi penafsiran anda, maka kalimat itu seharusnya berbunyi, “Lalu TUHAN Allah MENANAM berbagai-bagai pohon dari bumi”. Ketika para penerjemah LAI membuat kalimat tersebut maksudnya adalah Allah menumbuhkan berbagai tumbuhan dari TANAH. Terjemahan itu menurut saya akurat, sesuai dengan bahasa Ibrani-nya. Coba anda baca terjemahan bahasa Ingrisnya.

And out of the ground made the LORD God to grow every tree that is pleasant to the sight, and good for food; the tree of life also in the midst of the garden, and the tree of knowledge of good and evil. Genesis 2:9 - NKJV  
 
Nah, JF, hanya sejauh itu saya berani menaggapi tulisan anda. Tentang ayat-ayat dari kitab Wahyu, saya tidak berani memberi komentar karena belum menelitinya secara mendalam.

Wah jawaban saya terlalu polos? Namun itulah yang saya pahami. Ketika Adam dan Hawa lulus dengan predikat BERDOSA, manusia harus melanjutkan sekolahnya di luar taman Eden. Semuanya sudah terjadi, kita bisa saja berandai-andai bila Adam dan Hawa tidak berdosa. Namun menurut saya yang terbaik adalah kita melakukannya. Apabila kita mau menaklukkan diri untuk dipimpin Roh Kudus, maka kita akan mengelola dunia ini seperti Adam dan Hawa yang tidak berdosa.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Tulisan bagus

Allah berkuasa atas segalanya. Allah menciptakan dunia lalu memberikan wewenang atas dunia kepada manusia. Itulah sebabnya kenapa di dunia ini ada begitu banyak penderitaan dan tragedi. Karena manusia terlanjur jatuh dalam dosa dan akibatnya hukuman atas dosa masuk dalam dunia dan hidup manusia. Allah bukannya tidak mau menolong manusia tapi Allah sudah melakukan semua yang bisa dilakukannya. Puncaknya adalah Allah memberikan Roh Kudus untuk tinggal dalam setiap manusia yang menerima penebusan Yesus Kristus sehingga panggilan Yesus sebagai Immanuel digenapi.
hai hai's picture

Melihat, Mengendalikan dan Menjalani

Samuel Franklyn, terimakasih atas pujiannya.

Banyak orang Kristen yang yakin, apabila Adam dan Hawa tidak melakukan dosa, maka di dunia ini tidak akan ada penyakit, bencana alam, binatang predator dan kematian. Menurut saya walaupun Adam dan Hawa tidak melakukan dosa, penyakit, bencana, binatang predator dan kematian tetap ada namun manusia akan memandangnya dengan cara berbeda dan menanganinya dengan cara berbeda.

Saya percaya, dosa tidak mengubah alam, tumbuhan dan binatang, namun dosa hanya MENGUBAH manusia. Menjadi Kristen berarti diberi kesempatan untuk hidup di dunia ini dengan CARA yang benar. Roh Kudus akan membimbing orang Kristen untuk melihat dunia, mengendalikan dunia dan  menjalani hidup dengan cara yang benar. hingga saat ini kebanyakan orang Kristen baru memulainya dalam aspek MORAL. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Adam dan Hawa berbeda jauh dengan kita

Kalau menurut pemikiran Watchman Nee maka Adam dan Hawa berbeda jauh dengan kita.

Kutipan dari tulisan Watchman Nee The Latent Power of The Soul :

""Friends, have you ever thought how immense the earth is? Suppose a master asks a servant to manage two houses. He makes the appointment on the basis of the latter’s ability to take care of them. No one servant is able to handle all the houses located on a given lane, for he cannot do what is beyond his ability. A hard master may demand his servant to do a little more than his duty requires, but never will he demand his servant to undertake anything beyond his ability. Would God, then, ask Adam to do what he was incapable of doing? We can therefore conclude that if Adam was capable of managing the earth, his prowess was most certainly superior to ours today. He had power, ability, and skill. He received all of these abilities freshly from the Creator.


Although we may not rate Adam’s power as being a billion times over ours, we can nonetheless safely reckon it to be a million times over ours. Else he would not have been able to perform the duty commanded him of God. As for us today, though, if we were required to merely sweep a lane three times daily, we would not be able afterwards to straighten our back. How then could we possibly rule the earth? Yet Adam not only ruled the earth but he also had dominion over the fish of the sea, the birds of the heavens, and every living thing on the earth. To rule is not just to sit by doing nothing. It requires management and work. From a seeing of this we should recognize the superior power which Adam in fact possessed. It far exceeds our present situation.""

Anda benar. Kalau Adam dan Hawa tidak berdosa maka saya yakin yang namanya bencana alam itu pasti sanggup ditangani oleh Adam karena Allah pasti memberikan Adam kemampuan untuk mengelola seisi dunia.

 

hai hai's picture

Watchman Nee Nggak Logis

"Friends, have you ever thought how immense the earth is? Suppose a master asks a servant to manage two houses. He makes the appointment on the basis of the latter’s ability to take care of them. No one servant is able to handle all the houses located on a given lane, for he cannot do what is beyond his ability. A hard master may demand his servant to do a little more than his duty requires, but never will he demand his servant to undertake anything beyond his ability. Would God, then, ask Adam to do what he was incapable of doing? We can therefore conclude that if Adam was capable of managing the earth, his prowess was most certainly superior to ours today. He had power, ability, and skill. He received all of these abilities freshly from the Creator.

Kawan, pernahkah anda memikirkan berapa besar dunia ini? Ketika seorang tuan memerintahkan pelayannya untuk melayani dua rumah, dia tentu memberikan penugasan itu dengan mempertimbangkan kemampuan sang pelayan untuk menjalankan tugasnya. Tidak ada pelayan yang dapat menunaikan tugas yang melampaui batas kemampuannya. Tuan yang kejam akan memaksa pelayannya bekerja keras namun tidak akan mampu memaksa pelayannya untuk melakukan pekerjaan diluar kemampuannya. Mungkinkah  Allah memerintahkan Adam untuk melaksanakan tugas yang mustahil dia lakukan? Tidak mungkin. Dengan demikian maka kita dapat menyimpulkan: Jika Adam mampu mengelola dunia, maka KEMAMPUANNYA pasti lebih hebat dari kemampuan kita. Dia memiliki kekuatan, kemampuan dan keahlian. Dia menerima semua kemampuannya itu langsung dari Allah.

Although we may not rate Adam’s power as being a billion times over ours, we can nonetheless safely reckon it to be a million times over ours. Else he would not have been able to perform the duty commanded him of God. As for us today, though, if we were required to merely sweep a lane three times daily, we would not be able afterwards to straighten our back. How then could we possibly rule the earth? Yet Adam not only ruled the earth but he also had dominion over the fish of the sea, the birds of the heavens, and every living thing on the earth. To rule is not just to sit by doing nothing. It requires management and work. From a seeing of this we should recognize the superior power which Adam in fact possessed. It far exceeds our present situation."

Mungkin kemampuan Adam tidak jutaan kali lebih hebat dari kita, namun pasti kemampuannya ribuan kali lebih hebat dari kita. Itu sebabnya dia mampu mengemban tugas dari Allah. Coba bayangkan, setelah mengepel lantai tiga kali sehari, kita pasti akan kesulitan untuk berdiri tegak. Bagaimana kita mampu mengendalikan dunia? Adam bukan hanya memerintah dunia, namun dia juga harus berkuasa atas ikan-ikan di laut, burung-burung di udara dan semua binatang yang melata di atas tanah. Berkuasa itu bukan hanya duduk di tahta tanpa melakukan apapun, namun harus mengendalikan dan bekerja keras.  Dengan mempertimbangkan semua itu, maka kita harus mengakui kehebatan Adam. Kemampuannya jauh di atas kemampuan kita semua.
 
Samuel Franklyn, saya pernah membaca tulisan The Latent Power of The Soul dari Watchman Nee, namun ketika ingin membacanya lagi berdasarkan link yang anda berikan, tidak bisa. Jadi saya hanya membalas komentar anda berdasarkan kedua paragraf yang anda kutip.

Saya sama sekali tidak setuju dengan pendapat Watchman Nee, bahwa untuk menjadi PENGUASA dunia Adam harus memiliki KEKUATAN, KEMAMPUAN dan KEAHLIAN ribuan bahkan jutaan kali dari kemampuan kita. Saya percaya bahwa Adam hanya manusia biasa seperti kita, bahkan pengetahuan dan teknologi yang diketahuinya jauh di bawah manusia generasi ini.

Menurut saya, Watchman Nee terlalu bombastis dan mengawang-awang ketika menceritakan apa yang harus Adam lakukan sebagai penguasa dunia. Menurut saya apa yang harus Adam lakukan sebagai penguasa dunia adalah Wuwei (mandarin, tidak melakukan apa-apa), membiarkan dunia bertumbuh kembang sesuai KODRATNYA. Yang harus dilakukan Adam adalah memahami kodrat dari masing-masing ciptaan.

Menurut saya, yang harus dilakukan Adam sangat sederhana, yang harus dia kendalikan adalah lingkungannya, istri, anak-anak dan alam sekitarnya. Mustahil membayangkan Adam dari tahtanya memerintah seluruh dunia. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Adam berbeda dengan kita paling tidak dari segi umur

Menarik sekali. Memang pemikiran Watchman Nee itu hanya penafsiran saja. Tapi saya tetap yakin bahwa Adam memang berbeda dengan kita paling tidak dari segi umur. Adam dan beberapa keturunan dibawah Adam umurnya mencapai 900-an tahun. Sedangkan manusia modern saat ini yang mencapai umur 100-an tahun sedikit dan mungkin hampir tidak ada yang mencapai umur 200-an tahun. Saya juga tidak pernah dengar ada orang berumur 300-an tahun pada saat ini. Pasti ada perbedaan fisik kan antara Adam dan kita berdasarkan fakta umur Adam adalah 900-an tahun? Bagaimana pemikiran anda?
hai hai's picture

Umur Manusia Di Dalam Sejarah

Samuel Franklyn, anda benar, bila kita melihat catatan Alkitab, maka semakin modern, umur manusia nampaknya semakin pendek. Seorang teman yang ilmuwan pernah bercerita ketika saya bertanya kepadanya, “Apa yang menyebabkan penuaan organ tubuh?” Dia bilang, oksigen. Menurutnya, oksigenlah yang membuat organ tubuh aus. Berikut ini adalah hasil iseng-iseng uthak athik tentang umur manusia.

 

 

 

 

Tahun

No.

Nama

Umur

Lahir

Mati

1

Adam

930

1

931

2

Set

912

131

1043

3

Enos

905

236

1141

4

Kenan

910

326

1236

5

Mahalaleel

895

396

1291

6

Yared

962

461

1423

7

Henokh

365

623

988

8

Metusalah

969

688

1657

9

Lamekh

777

875

1652

10

Nuh

950

1057

2007

11

Sem

600

1559

2159

12

Arpakhsad

438

1659

2097

13

 Selah

433

1694

2127

14

Eber

464

1724

2188

15

Peleg

239

1758

1997

16

Rehu

239

1788

2027

17

Serug

230

1820

2050

18

Nahor

148

1850

1998

19

Terah

205

1879

2084

20

Abram (Abraham)

175

1949

2124

21

Iskak

180

2049

2229

22

Yakub

147

2109

2256

 

 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Turunya umur dan banjir Nuh

Kalau berdasarkan tabel yang anda berikan maka penurunan umur manusia terjadi secara drastis sesudah Nuh. Kalau teori teman ilmuwan anda itu benar maka kemungkinan besar terjadi perubahan pada kadar oksigen di bumi pada saat banjir Nuh.
Samuel Franklyn's picture

Ternyata bukan Adam yang berbeda tapi atmosfir bumi

Saya kemarin search mengenai hipotesa bahwa atmosfir bumi berubah sesudah banjir Nuh. Ternyata sudah ada yang menulis mengenai hal ini. 

http://www.kjvbible.org/windows_of_heaven.html

Kalau berdasarkan tulisan diatas maka atmosfir bumi jauh lebih kaya oksigen dan tekanannya 2 kali lipat saat ini sebelum banjir Nuh. Akibatnya manusia bertumbuh lebih lama dan umurnya lebih panjang. Jadi besar kemungkinan apa yang anda katakan benar. Adam tidak berbeda dengan kita secara fisik. Tapi atmosfir bumi yang berbeda jauh sebelum banjir Nuh.

KEN's picture

Pak hai, Sekedar Bertanya

Menurut kitab Kejadian 3:17

Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah "tanah" karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari "tanah" seumur hidupmu:

Bolehkah saya juga mengartikan kutuk = dosa?

Bukankah, "tanah" yang dimaksud adalah "bumi" itu sendiri, maksud saya "tanah = bumi", "bumi = tanah", jadi penyakit kita dsb nya itu "ada", karna Allah mengutuk tanah=bumi? Oleh sebab itu dalam nubuatan Yesaya tentang Yesus berkata bahwa (nanti, dari zaman Yesaya),

Yesaya Yes 53:4

Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

 

Itu berarti, penyakit (dosa) kita itu ditanggung oleh Yesus Kristus (menggantikan Pohon Pehidupan)?

Mohon maaf, hanya sekedar bertanya, jika Anda sulit atau tidak mengerti maksud saya, lewatkan saja pak.

 

Itu berarti, jika Adam dan Hawa memakan "Pohon Kehidupan" maka Adam dan Hawa menuruti perintah Allah dan sudah tentu Allah tidak akan mengutuk "tanah = bumi" karena Adam. Tapi kenyataannya Adam memakannya, jadi Allah mengutuk "tanah = bumi" dan karna dosa pelanggaran itu maka Allah mengutuk, karna kutukan itu "ada penyakit" dsb nya. Jika tidak memakannya, maka tidak melanggar dan tidak berdosa dan tidak dikutuk dan tidak berpenyakit dsb nya. Kuncinya ialah "Pohon Kehidupan", karna pelanggaran, "Pohon Kehidupan" dihalau karna pelanggaran kita, dan manusia tidak mampu menanggung dosa pelanggaran dan penyakit dsb nya sendiri di hadapan Tuhan, oleh karnanya harus Tuhan sendiri yang menanggung dosa dan penyakit dsb nya kita melalui Yesus Kristus yang pengganti "Pohon Kehidupan" yang dihalau Allah di zaman Adam. Harap maklum, bahasa pasar, hehehe.

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

hai hai's picture

Tanah Tidak Dikutuk Tuhan

 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: Kejdian 3:17

Ken, menurut saya, kebanyakan orang Kristen salah memahami ayat tersebut di atas. Mereka memahaminya sebagai Allah MENGUTUK tanah karena Adam dan Hawa berdosa. Padahal yang benar adalah Tanah itu TERKUTUK karena Adam dan Hawa yang telah berdosa.

Saya sederhanakan: Jangan berpikir bahwa karena Adam dan Hawa berdosa, lalu Tuhan mengutuk tanah yang subur menjadi tidak subur. Bukan itu yang terjadi. Yang AKAN terjadi adalah tanah yang SUBUR akan menjadi tidak subur karena dikelola oleh manusia yang sudah berdosa. Hal itu terjadi karena SALAH kelola!

Mari kita ambil contoh pembalakan (penebangan hutan) di Indonesia. Semua orang tahu bahwa hutan yang ditebang harus ditanami kembali bila tidak, maka di generasi yang akan datang tidak ada lagi hutan yang bisa ditebang. Di samping itu, tanah yang gundul akan memicu bencana. Namun para pemegang HPH itu walaupun tahu, pura-pura tidak tahu. Kenapa karena mereka orang-orang berdosa. Mereka pikir, yang penting duitnya banyak, yang lain biarin aja. Setelah hutan ditebang, tanah menjadi terkutuk! Setelah tanah menjadi terkutuk, maka bencana melanda.

Yesaya 53:4 berbicara tentang upah dosa, MURKA Allah, tidak ada hubungannya dengan penyakit. Saya setuju dengan pemahaman kamu ken.

Waktu SD, beberapa kali ayah saya mengancam akan mengusir saya bila saya tidak patuh. Saya tidak takut sama sekali dengan ancamannya. Saya tidak takut karena saya yakin bila diusir saya sanggup hidup sendiri, tidak akan mati kelaparan. Saat itu saya hidup di sebuah kampung di sebuah Kecamatan di Sukabumi. Sungai dekat rumah kami penuh dengan ikan dan udang, sawah penuh dengan belut. Saya bisa menangkap semuanya dengan tangan kosong. Banyak tumbuhan liar yang bisa saya makan daunnya, umbinya, buahnya. Dengan mudah saya bisa membangun sebuah pondok untuk tinggal.

Apa yang terjadi sekarang? Semuanya sudah hilang. Kenapa hal itu terjadi? Karena banyak orang yang merasa pinter lalu menangkap ikan dengan listrik, racun dan bom. Sungai menjadi terkutuk karena manusia berdosa.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dany's picture

nambah wawasan.

halo om hai,,wah coment saya lambat neh om.
tulisan om hai,nambah wawasanku ttg kasta alam.terkadang memang banyak orang mau maju berperang tanpa memahami strategi lebih dulu.
om,,mau nanya,,?? knapa om hai tdk menuangkan tulisan om hai ke dalam bentuk buku.???
oke gitu aja om hai..
slamat berkarya,,,maju trus dalam melayani..sampai tuhan datang..


get your freedom free..gbu
hai hai's picture

hai hai Menulis Buku

Hallo Denny, terima kasih untuk pujiannya. Silahkan komentar kapan saja. Saya selalu memantau tulisan-tulisan saya, jadi walaupun itu tulisan lama, silahkan beri komentar.

Memahami sistem kasta alam semesta memang penting. Ketika menggoda manusia umumnya Iblis melewati 7 Langkah. Langkah pertamanya selalu dimulai dengan mengacaukan sistem kasta alam semesta. Untuk mengetahuinya lebih detil, silahkan baca 7 Langkah Iblis menggoda Hawa (silahkan klik di sini), 7 Langkah Iblis menggoda Yesus (silahkan klik di sini) dan 7 Langkah Iblis menggoda Gereja (silahkan klik di sini)

Menerbitkan buku memang sudah terpikirkan, namun sebenarnya menulis di pasar Klewer lebih seru karena unsur interaktifnya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : selera humor lo bagus juga...

hai2 berkata : Menurut saya walaupun Adam dan Hawa tidak melakukan dosa, penyakit dan kematian tetap ada. JF berkata : berdasarkan selera humor lo diatas, gw asumsikan penyakit & kematian ini juga dialami manusia (dalam keadaan tidak berdosa) bagaimana penyakit itu bisa ada, bagaimana kematian itu bisa ada ? Semua saya yakin dalam keadaan tak berdosa itu berarti manusia TATA PADA KEHENDAK BAPA. kenapa bisa sakit, kenapa bisa mati ? Apakah TUHAN membuat guidance yang rancu ?!?!

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Misalkan hai hai kena kanker getah bening

JF, semoga Tuhan menjauhkan hari hari demikian dari hidup kita. Misal, dokter bilang saya kena kanker getah bening, umur saya paling lama tinggal setahun lagi. Semua orang merasa kasihan kepada saya. Apa alasannya? Saya menderita, apa yang membuat saya menderita? Apa alasan saya menderita? Menderitaberarti menanggung beban yang tidak menyenangkan. Coba lu kasih gua alasan. Dan mari kita lihat dimana sela-sela humornya. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@SF : Argument SALING KONTRADIKTIF

SF berkata : Itulah sebabnya kenapa di dunia ini ada begitu banyak penderitaan dan tragedi. Karena manusia terlanjur jatuh dalam dosa dan akibatnya hukuman atas dosa masuk dalam dunia dan hidup manusia. SF juga berkata : Anda benar. Kalau Adam dan Hawa tidak berdosa maka saya yakin yang namanya bencana alam itu pasti sanggup ditangani oleh Adam karena Allah pasti memberikan Adam kemampuan untuk mengelola seisi dunia. ----- Koment pertama, Hukuman atas dosa (yaitu PENDERITAAN & TRAGEDI) masuk dalam dunia dan hidup manusia. Koment kedua, dalam keadaan TIDAK BERDOSA tetap ada BENCANA ALAM. Bukankah bencana alam itu tragedi yang merupakan hukuman atas dosa ? bukankah bencana alam itu penderitaan yang merupakan hukuman atas dosa? LAH KOK BISA ADA HUKUMAN JUGA PADAHAL TIDAK ADA DOSA ?!?! saya bingung...

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Bencana alam bukan hukuman atas dosa

Bencana alam bukan hukuman atas dosa. Misalkan gempa. Apakah gempa terjadi karena dosa? Ya nggak toh. Gempa terjadi karena pergeseran lempengan bumi. Bencana alam itu sesuatu yang alamiah.
Debu tanah's picture

SF, ngomong-ngomong soal bencana..


Terlepas bahwa bencana alam bersifat alami atau tidak alami akibat ulah manusia, Allah memang mengijinkan bencana alam membunuh banyak manusia!

Ada bencana alami yang akibat ulah manusia membangun tidak sesuai prosedur maka banyak timbul korban jiwa. Ada bencana yang tidak alami, misalnya banjir akibat ulah manusia, bencana yang tidak alami ini juga banyak membunuh manusia. Bahkan manusia yang tidak ada sangkut pautnya dengan ulah segelintir orang yang menebang hutan sembarangan.

Apakah kelaparan dan penyakit menular juga bisa disebut alami? Dalam Alkitab ada contoh bahwa bencana adalah hukuman Allah pada manusia:

1 Raja raja

17:1 Lalu berkatalah Elia, orang Tisbe, dari Tisbe-Gilead, kepada Ahab: "Demi Tuhan yang hidup, Allah Israel, yang kulayani, sesungguhnya tidak akan ada embun atau hujan pada tahun-tahun ini, kecuali kalau kukatakan."

18:2 Lalu pergilah Elia memperlihatkan diri kepada Ahab. Adapun kelaparan itu berat di Samaria.
18:18 Jawab Elia kepadanya: "Bukan aku yang mencelakakan Israel, melainkan engkau ini dan kaum keluargamu, sebab kamu telah meninggalkan perintah-perintah TUHAN dan engkau ini telah mengikuti para Baal



II Samuel 24:13 Kemudian datanglah Gad kepada Daud, memberitahukan kepadanya dengan berkata kepadanya: "Akan datangkah menimpa engkau tiga tahun kelaparan di negerimu? Atau maukah engkau melarikan diri tiga bulan lamanya dari hadapan lawanmu, sedang mereka itu mengejar engkau? Atau, akan adakah tiga hari penyakit sampar di negerimu? Maka sekarang, pikirkanlah dan timbanglah, jawab apa yang harus kusampaikan kepada Yang mengutus aku."



Mungkin ada diantara kita yang menafsirkan bahwa kasus diatas adalah kasus khusus, sedangkan bencana kelaparan dan penyakit menular / bencana2 yang lain adalah alami?

Menurut saya, terlepas apakah ada bencana yang alami dan akibat perbuatan manusia, Allah mengijinkan bencana itu membunuh banyak manusia.

Kita tentu wajib mengelola sumber daya alam dengan bertanggung jawab, supaya tidak terjadi bencana alam. Tetapi bila terjadi bencana (yang alami dan tidak alami akibat perbuatan manusia) maka Allah memang membiarkan/mengijinkan banyak manusia yang binasa dan itu berdasarkan pertimbangan hikmat Allah yang adil.


Kesimpulan: Penderitaan manusia dijinkan Allah terjadi karena manusia telah jatuh kedalam dosa. Apakah ini hukuman? Menurut saya ya, sekaligus anugerah supaya manusia mencari Allah untuk menemukan keselamatan!

Apakah Allah adil membiarkan bencana? Silakan baca SINI

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Liesiana's picture

apa maksudnya......

Karena ikut andil dalam peristiwa jatuhnya Adam dan Hawa, maka Tuhan mengutuk ular. Kej. 3:14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu. Ular adalah binatang yang walaupun cerdik, tetapi tetap saja tidak punya pikiran. Mengapa ular ikut-ikutan dikutuk Tuhan. Ular mau diperalat Iblis untuk menjatuhkan manusia apakah ular mau dengan sengaja, ular kan binatang. Setelah dikutuk, berarti keadaan ular berlainan dengan sebelum dikutuk. Aku tidak mengerti.......
Liesiana's picture

Taman Eden

Dijelaskan di Kejadian bahwa di Taman Eden ada Sungai yang terbagi menjadi 4 cabang, antara lain adalah sungai Efrat dan Tigris. Nama sungai ini juga ada didaerah negara Iran. Apakah sungai yang sama seperti yang tertulis di Alkitab. Aku juga tidak jelas......
hai hai's picture

Kutukan Terhadap Ular

Nona, pertanyaan yang sangat tajam! Saya yakin, banyak orang memikirkannya namun entah mengapa jarang sekali menanyakannya. Saya sudah bolak-balik membaca kisah taman Eden dan berdoa agar Roh Kudus membuka pikiran saya untuk memahami, namun nampaknya sampai sekarang belum ngerti juga. Ada pengkotbah yang mengajarkan bahwa sebelum dikutuk, ular memiliki kaki, setelah dikutuk Allah dia kehilangan kakinya. Ajaran demikian tentu saja tidak masuk akal. Saya yakin kutukan Allah kepada ular sebenarnya adalah KUTUKAN atau NUBUATAN bagi Iblis. Namun hingga saat ini saya belum mampu memahami kebenarannya. Bila ada yang telah memahaminya, please, mengajarlah! Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

Mencari Taman Eden

Ada beberapa ilmuwan yang mendedikasikan hidupnya untuk mencari taman Eden. Bila tidak salah, teori mereka dituangkan dalam bentuk Film dokumenter yang dijual dalam bentuk VCD. Saya memilikinya, namun tidak menemukannya ketika mencari, mungkin film itu ada di perpustakaan wisma kupu-kupu.

Para ilmuwan tersebut mengeluarkan teori bahwa Taman Eden itu ada di sekitar Irak.  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

KEN's picture

Kutukan Terhadap Ular

Saya juga sering merenungkan ayat yang satu ini, untuk pemahaman saya, mungkin agak konyol tentang kutukan terhadap ular adalah ular pada awal diciptakan Tuhan pada dasarnya memang tidak berkaki, mungkinkah Tuhan memberikan kesempatan khusus hanya buat ular satu-satunya (tapi saya tidak setuju dengan teori evolusi ya) untuk berevolusi dari tidak berkaki jadi berkaki nantinya, nah, oleh karna kutukan hukum evolusi buat ular itu batal deh. Jadinya, berjalanlah ular dengan badannya seumur-umur.

Tapi, saya juga pernah membaca sekilas tentang ular bahwa, ular itu berkaki, tapi kaki itu halus dan kecil dan kuat dan terdapat disekujur tubuhnya bertumpuk seperti kaki-kaki ulat lainnya (perhatikan kaki ulat seribu, contoh saja), tapi tidak dapat dilihat mata telanjangnya manusia.

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

king heart's picture

@ ko hai hai : Urun komentar aja

Apa tidak mungkin kutuk kepada ular itu bukan langsung kepada ular itu melainkan kepada iblis dalam rupa ular. karena bukankah Yesus juga diumpamakan seperti ular    ( mengacu kepada musa yang membuat ular tembaga ). Yesus jg menasehati para muridnya untuk cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Jika mengacu pada ini semua kelihatannya ular merupakan bintang yang netral, penggambarannya bisa untuk kebaikan maupun untuk kejahatan. Mohon pencerahannya.

GBU

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

jesusfreaks's picture

@hai2 : sekalian tanya

Soal eden, Seandainya Eden bagian dari bumi, untuk apa TINDAKAN PENGUSIRAN? Soal getah bening. Kayaknya kita salah persepsi. Menurut gw sebelum hawa n adam jatuh, gw asumsikan manusia HIDUP HANYA BERDASARKAN PETUNJUK TUHAN. Jadi MUSTAHIL SAKIT, MUSTAHIL MATI, BERARTI PETUNJUK TUHAN YANG RANCU. Lalu bagaimana MANUSIA TAK BERDOSA ITU MENGATASI KEMATIAN ? Lalu bagaimana dunia yang dikelola MANUSIA TAK BERDOSA ? Akankah kehidupan kekal ada di 2 tempat, yaitu Sorga dan Dunia.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@ JF, Sekalian Jawab

Soal eden, Seandainya Eden bagian dari bumi, untuk apa TINDAKAN PENGUSIRAN?

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadaian 3:22

Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil. Kejadian 3:23


Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan. Kejadian 3:24

 
Menurut gw sebelum hawa n adam jatuh, gw asumsikan manusia HIDUP HANYA BERDASARKAN PETUNJUK TUHAN. Jadi MUSTAHIL SAKIT, MUSTAHIL MATI, BERARTI PETUNJUK TUHAN YANG RANCU.

Apakah ketika memberi nama  hewan-hewan Adam juga mendapat petunjuk Tuhan? Petunjuk Tuhan seperti apakah yang mendasarihidup Adam dan Hawa?

TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. Kejadian 2:15


Bukan untuk hidup berdasarkan petunjuk lho bung!

Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu. Kejadian 2:19

Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia. Kejadian 2:20

Apakah manusia melakukannya atas petunjuk Allah? Atas dasar apa anda bilang manusia mustahil sakit dan mustahil mati? Dasar dari Hongkong?

Lalu bagaimana MANUSIA TAK BERDOSA ITU MENGATASI KEMATIAN?

Kematian siapa yang harus diatasi bung?

Lalu bagaimana dunia yang dikelola MANUSIA TAK BERDOSA? Akankah kehidupan kekal ada di 2 tempat, yaitu Sorga dan Dunia.

Saya tidak tahu bung, karena menurut Alkitab semua manusia telah berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Saya hanya tahu, setelah mati nanti kita akan hidup di surga atau di Neraka, tergantung pilihan Allah.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : pi ye to mas

Ora ga thuk ngaku gathuk. Katanya pohon kehidupan cuma simbol ? Kok alasannya diusir pohon kehidupan. Ngawur kok pe de.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@ JF, Ngawur?

Mas JF,  kok dibilang ngawur? yang menafsirkan bahwa manusia diusir karena pohon kehidupan kan anda sendiri? Saya sich percaya inilah alasan Tuhan mengusir Adam dan Hawa.

Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.Kejadian 3:23

Wah, nampaknya anda yang terlalu Pe De. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@SF : Pemahaman bahasamu ?!

Apakah banjir, bencana alam ? YA DAN TIDAK. Kamu harus ralat lagi tuh, kata bencana itu ora gathuk.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@hai2 : sistem kasta ora gathuk

Bagaimana lo membuat kesimpulan sistem kasta. TUHAN-MALAIKAT-IBLIS-MANUSIA. Kenapa gak TUHAN-MALAIKAT-IBLIS-ADAM HAWA-MANUSIA ?! Kenapa gak TUHAN-MALAIKAT-IBLIS-MANUSIA TAK BERDOSA-MANUSIA BERDOSA ? Lo selalu nantang di uji, maka gw akan uji habis - habisan tulisan lo yg ora gathuk ini ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@ JF, Sistem Kasta Alam Semesta

Sistem Kasta Alam Semesta

Allah
Malaikat
Manusia
Binatang

Tidak ada lainnya lagi.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@liesiana : pohon ara dikutuk

Gak usah jlimet memahami alkitab. Soal ular dikutuk jadi gak punya kaki, bandingkan dgn yesus mengutuk pohon ara. Soal alasannya, pasti ada! Tapi lo cari ya! Atau supaya lo gak cari2, lo pahami aza DAULAT TUHAN.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@hai2 : sunzi ora gathuk

Ada satu hal yg belum dikatakan sunzi. TIDAK MENGENAL DIRI SENDIRI, TAPI MENGENAL MUSUH. Apakah hasilnya ? 50-50 atau... Lalu apa maksud lo dgn kata musuh itu ? Ada orang datang ke Yesus, siapakah sesamaku ? JF datang ke Hai2, siapakah musuhmu ? Apakah tulisan kastamu untuk mengenal musuh ? Sekali lagi, siapakah musuhmu ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@hai2 : sunzi ora gathuk

Ada satu hal yg belum dikatakan sunzi. TIDAK MENGENAL DIRI SENDIRI, TAPI MENGENAL MUSUH. Apakah hasilnya ? 50-50 atau... Lalu apa maksud lo dgn kata musuh itu ? Ada orang datang ke Yesus, siapakah sesamaku ? JF datang ke Hai2, siapakah musuhmu ? Apakah tulisan kastamu untuk mengenal musuh ? Sekali lagi, siapakah musuhmu ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@ JF, Sunzi Mang Gak Ngomong

JF, Sunzi sudah lama meninggal, mustahil bertanya apa pendapatnya tentang ungkapan

Tidak mengenal diri sendiri tapi megnenal musuh.

Namun  bila anda tanya pendapat saya, maka saya akan katakan bahwa orang yang mengaku kenal musuhnya namun tidak kenal diri sendiri, adalah seorang pembual.

Musuh di dalam kalimat Sunzi itu jelas artinya orang yang dibenci sehingga ingin diperangi. Musuh hai hai banyak, tapi biarlah dia menyimpan daftar namanya. Bila perlu bantuan dia pasti akan teriak minta tolong.

Tulisan sistem Kasta alam Semesta jelas dimaksudkan agar para pembaca tahu, perbedaan sistem kasta alam semesta versi Alkitab dan versi Theologia alam roh. Dengan demikian mereka dapat memilih yang ingin mereka pilih.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : mencipta iblis n dosa

Mungkin cara pandang lo dgn teolog ora gathuk. Tapi gw lebih cenderung LO YANG ORA GATHUK. Simple aza : APAKAH DEFINISI MENCIPTAKAN ? Ada tulisan gw, MANUSIA BUKAN CIPTAAN 100%. Itu gambaran definisi ciptaan gw.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Dicipta atau Dirakit?

Apakah Allah menciptakan Iblis? Benar, apabila yang anda maksudkan adalah makluk yang menyandang gelar Iblis. Juga benar bila yang anda maksudkan adalah GELAR yang diberikan kepada malaikat yang mengkhianati Allah. Kenapa banyak Theolog yang mengajarkan bahwa Allah tidak pernah menciptakan Iblis? Karena mereka kawatir anda akan menuduh Allah tidak SEMPURNA karena menciptakan makluk JAHAT. Bukankah dengan jawaban demikian, mereka berkesempatan untuk menjelaskan kisah malaikat mengkhianati Allah secara lengkap?

Apakah Allah menciptakan DOSA? Benar apabila yang anda maksudkan adalah kata DOSA. Kenapa banyak Theolog yang mengajarkan bahwa Allah tidak pernah menciptakan DOSA? Karena mereka kawatir anda akan menganggap DOSA adalah MAKLUK. Bukankah dengan jawaban demikian, mereka berkesempatan untuk mengajarkan bahwa DOSA adalah sebuah KATA untuk menyebut PERBUATAN yang MELANGGAR kehendak Allah?


Itulah yang saya tulis di dalam blog saya tentang dosa dan Iblis.

Menciptakan = Creatio at nihilo = membuat sesuatu dari tidak ada

Dengan definisi demikian maka manusia memang bukan CIPTAAN namun BUATAN. Allah membuat manusia dari tanah, lalu meniupkan nafas hidup ke hidungnya. Jadi bisa dikatakan manusia itu dibuat atau dirakit.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : apa yg terjadi dg pembual

JIKALAU BEGITU, BERAPA KALI KEMENANGAN SEORANG PEMBUAL ? Iblis, bapa segala pembual. Masuk kategori mana ya ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Pembual Akan Dibungkam dan Dipermalukan

Ada tiga bahkan empat hal yang harus DIKENAL dengan BENAR agar manusia dapat menjalani HIDUP yang BERKELIMPAHAN. Allah, Malaikat, Iblis dan manusia, itulah keempat hal itu. Saya menyebutnya Sistem Kasta Alam Semesta.

Itulah yang saya tulis di blog saya. Bagi penganut tiga hal, maka Iblis disamakan dengan malaikat karena jenisnya sama. Bagi penganut empat hal, Iblis dan malaikat dipisahkan.

Pada mulanya pembual akan berjaya, namun dia akan dipermalukan dan dibungkam ketika bualannya ketahuan.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : kasta bicara level

Kasta bicara soal comparison, atau level atau tingkatan. Mana lebih tinggi, MALAIKAT ATAU MANUSIA ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Kasta = Level

Malaikat VS manusia. SEcara kualitas manusia lebih rendah, namun dalam hal kemuliaan manusia menang.

Namun Engkau telah membuatnya untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat, segala sesuatu telah Engkau taklukkan di bawah kaki-Nya." Sebab dalam menaklukkan segala sesuatu kepada-Nya, tidak ada suatu pun yang Ia kecualikan, yang tidak takluk kepada-Nya. Tetapi sekarang ini belum kita lihat, bahwa segala sesuatu telah ditaklukkan kepada-Nya. Ibrani 2:7-8

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

Malaikat dan manusia..

Untuk mengetahui level malaikat dan manusia, jadi kepingin nanya :

Untuk apakah Allah menciptakan malaikat? ---> malaikat lucifer memberontak..
Untuk apakah Allah menciptakan manusia? ---> manusia (adam dan hawa) memberontak..

Teringat film robot.. terminator.. robot Terminator T-101 (Arnold Schwarzenegger) membawa misi melindungi John dan Kate. Juga ada Terminatrix, T-X (Kristanna Loken),membawa misi membunuh John.
Terminator T-101 generasi awal, kemudian dibuat Terminatrix, T-X generasi yang jauh lebih canggih..
T-X mampu dengan mudah mengubah diri menyerupai manusia yang disentuhnya. T-X mampu memerintah mesin-mesin dengan telepati, juga mengubah tangannya menjadi senjata api mematikan

Membayangkan Allah menciptakan malaikat dan manusia..
Allah menciptakan malaikat (ciptaan generasi pertama) dengan segala karakternya.. namun masih ada yang memberontak..
Allah menciptakan manusia (ciptaan generasi kedua) dengan segala karakternya termasuk free will-nya.. namun masih memberontak juga..

Menurut cara berpikir saya.. pastilah manusia lebih unggul dari pada malaikat, dia kan generasi yang lebih baru, tentu penciptanya sudah menambah menu dan vitur-vitur yang lebih canggih..
Kira-kira vitur-vitur apa yang di tambahkan oleh sang pencipta ya..

Mengapa sang pencipta melakukan kesalahan yang kedua kalinya? malaikat bisa memberontak dan manusia kok masih memberontak juga ya?

Balik lagi ke pertanyaan :
Untuk apakah Allah menciptakan malaikat?
Untuk apakah Allah menciptakan manusia?


Virus pikiran liar JF.. menyebar nih.. joli jadi ketularan..

@JF.. jangan jawab manusia diciptakan untuk lucifer ya.. cari alternatif lain..

@Hai-hai.. cepetan ya nulis manusia dan malaikatnya..

Debu tanah's picture

Joli, Emang JF menularkan virus?

Joli menulis:

Mengapa sang pencipta melakukan kesalahan yang kedua kalinya? malaikat bisa memberontak dan manusia kok masih memberontak juga ya?

 

Deta komentar:

Hehe... Emang JF nularin Virus ya Joli?

Hihi, Joli udah wanti-wanti aja, tahu kalo JF pasti akan menjawab begitu.

 

Mengenai, untuk apa Allah menciptakan manusia pernah saya tulis di sini

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

joli's picture

Deta.. juga ketularan virus?

Dear Deta..

Sudah baca untuk apa allah menciptakan manusia versi deta "Mengapa allah menciptakan manusia"

Deta : Allah menciptakan manusia karena Allah MEMBUTUHKAN manusia, Allah membutuhkan manusia untuk mengekspresikan diri-Nya

Mosok sih Deta? or Deta juga ketularan virus pikiran liar?

KEN's picture

Allah Tidak Membutuhkan Manusia

  Deta : Allah menciptakan manusia karena Allah "MEMBUTUHKAN" manusia, Allah membutuhkan manusia untuk mengekspresikan diri-Nya.

 

KEN komen:

Hati2 loh dengan kata "Allah membutuhkan manusia" ini, karena cenderung salah asumsi. Ah, Tuhan butuh gua ini, jadi kepedean dan lupa diri dan kurang ajar sama Tuhan, contoh kurang ajarnya: apa2 menuntut Tuhan, Ah, Tuhan gak adil, tetangga gua kaya, kenapa gua miskin 7 turunan? Ah, Tuhan gak ada kasih dan gak Maha kuasa, kalo Tuhan kasih dan Maha kuasa, kenapa ada yang masuk neraka dan kenapa gak semua masuk surga? Kenapa manusia semakin lama semakin jahat? Kalo manusia yang berasumsi seperti ini, jangan pernah berpikir bahwa 'Allah membutuhkanmu". Pantaskah?

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

Debu tanah's picture

Joli & Ken, Allah "membutuhkan" manusia

Saya memang mengatakan bahwa Allah membutuhkan manusia.

Faktanya, Allah menciptakan malaikat yang adalah hambaNya, emang apa gunanya hamba? Ya melayani Tuannya bukan?

Faktanya, Allah menciptakan manusia yang adalah hambaNya menurut rupa dan gambar Allah supaya manusia menyerupai AnakNya: Yesus Kristus.

Emang ada tujuan lain Allah menciptakan manusia?

 

Dimana-mana Tuan "membutuhkan" layanan para hambanya, tapi tidak berarti Tuan tersebut tidak bisa hidup tanpa hambanya bukan?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Joli, Deta, Ken Bersabar Ya?

Joli sang provokator, Deta sang tukang kompor dan ken juga, toong bersabar ya? Saya memang menulis sebuah blog tentang Manusia dan Malaikat. apa beda manusia dan malaikat? Kenapa manusia dan iblis memberontak? Kenaap manusia diberi kesempatan kedua sedang iblis tidak ada kesempatan kedua sama sekali? Mungkinkah Iblis bertobat?

Tulisan itu awalnya dipicu oleh tulisan si JF Allah mengasihi Lucifer yagn berisi kemungkinan Lucifer bertobat.

Jadi tunggu aja dech. Juga tulisan lainnya, kenapa orang Kristen menderita? Judulnya Hukuman, Ujian & Pencobaan. Tulisan kedua ini dipicu ketika mendengar khabar dari Nosid bahwa Mox sakit. 

Jadi tolong, bersabarlah. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : kasta bicara level

Kasta bicara soal comparison, atau level atau tingkatan. Mana lebih tinggi, MALAIKAT ATAU MANUSIA ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

dedyriyadi's picture

Malaikat atau Manusia

Dalam kisah Yakub, Dia (manusia) berhasil mengalahkan malaikat Allah.

Dalam kisah penciptaan disebutkan Manusia dibuat serupa dan segambaran dengan (citra) Allah.

Dengan dua hal ini, menunjukkan bahwa Manusia lebih "unggul" dari Malaikat.

Tetapi, alkitab juga mencatat bahwa kehadiran / keberadaan malaikat selalu "dihubungkan" dengan Allah.  "Kedekatan" inilah yang selalu membuat sepertinya ada perbedaan atau perbandingan manusia dan malaikat.

Kesetaraan manusia dan malaikat pernah diungkapkan oleh Yesus sendiri ketika ditanya mengenai hari Tuhan itu. Yesus menjawab "tidak ada seorangpun (orang = manusia) tahu, malaikat-malaikat di surga pun tidak, dstnya"

Masih dalam Alkitab disebutkan juga bahwa Yesus setelah mengalami pencobaan dari Iblis dilayani oleh malaikat-malaikat. Meskipun kita semua tahu Yesus adalah Allah, tetapi dalam kasus ini, Allah itu sedang dalam rupa manusia.

Ada yang bisa memutuskan manusia lebih tinggi dari malaikat atau sebaliknya?

Saya pribadi berpendapat keduanya tidak bisa dibandingkan atau disejajarkan karena tugas dan fungsinya berbeda. 

galatia220's picture

Allah, Manusia, dan Malaikat

Allah = Tuan Pemberi Firman Malaikat = Utusan / Hamba / Penerima & Penyampai Firman Manusia = Utusan / Hamba / Penerima & Penyampai Firman Alkitab mencatat kelak kita akan hidup seperti malaikat-malaikat disurga. itu aja pendapat gw. Mana lebih tinggi, MALAIKAT ATAU MANUSIA? Alkitab dalam firman Tuhan mencatat, yang lebih tinggi harus melayani yang lebih rendah. Kedudukan mana lebih tinggi di surga hanya pantas bagi siapa yang telah disediakan oleh Bapa.
__________________

namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan
Kristus yang hidup di dalam aku.... Galatia 2:20

KEN's picture

Manusia Lebih Tinggi Daripada Malaikat

Kenapa saya bisa memberi judul itu? Karna pemahaman saya adalah, malaikat diciptakan langsung dalam keadaan kekal, sekali berdosa tak bisa ditebus lagi, itu hukumnya, sedangkan manusia masih ada kesempatan kedua, dan setelah manusia mengenakan tubuh kekal seperti malaikat, maka kedudukan manusia setelah di surga akan lebih tinggi daripada malaikat.

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

jesusfreaks's picture

@hai2 : yg masih samar ngawur ?

Kamu menjlimetkan diri atau gak mudeng. Mustahil gak mudeng. Kenapa diusir ? Kamu jawab dgn ayat, saya tangkap karena pohon. Ternyata salah. So kenapa diusir, untuk mengendalikan dunia, apa eden bukan dunia, apa tanah di eden dg di dunia beda ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

BobForever's picture

Theologia Alkitab VS Theologia Alam Roh

dear hai2, menurut saya Theologia Alkitab lebih ALKITABIAH dari pada Theologia Alam Roh yang sepertinya tidak sepenuhnya bersandar kepada ALKITAB. saran saya buat hai2 untuk ke depan biar jualan Theologia Alkitab aja dan ngga usah lagi jadiin Theologia Alam Roh yang jelas2 ngga ALKITABIAH komoditas buat jualan di pasar klewer ini. saya singgah di pasar klewer ini cuma buat nyari jualannya hai2 tentang Theologia Alkitab. sama seperti hukum taurat ngga fungsi lagi setelah ada kasih karunia, buat apa lagi kita ngelakuin hukum taurat sepanjang kita saling mengasihi. perintah Tuhan YESUS sebelum naik ke surga supaya kita saling mengasihi, saya mengasihi hai2, hai2 juga mengasihi saya, saya mengasihi orang lain, orang lain juga mengasihi saya, saya mengasihi Tuhan YESUS, Tuhan YESUS juga mengasihi saya SAMA seperti Tuhan Yesus mengasihi BAPA di SURGA, BAPA di SURGA juga mengasihi Tuhan YESUS. JESUS is the CHRIST who love all of us
hai hai's picture

BobForever, Mustahil

Saudara Bobforever, terima kasih untuk sarannya. Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon maaf bermilyard maaf, saya tidak akan pernah memenuhi saran anda tersebut. Namun, di pasar Klewer anda bebas untuk membeli hanya yang anda suka.

Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Lukas 17:3


Menurut saya, setiap orang Kristen adalah sentinel (penjaga), pertama-tama kita harus menjaga diri dari serangan-serangan ajaran yang salah. Kedua kita harus memberitakan ajaran yang benar. Ketiga kita harus menegur saudara-saudara lain yang berbuat dosa. Keempat, mengampuni orang-orang yang bertobat.

sama seperti hukum taurat ngga fungsi lagi setelah ada kasih karunia, buat apa lagi kita ngelakuin hukum taurat sepanjang kita saling mengasihi. perintah Tuhan YESUS sebelum naik ke surga supaya kita saling mengasihi, saya mengasihi hai2, hai2 juga mengasihi saya, saya mengasihi orang lain, orang lain juga mengasihi saya, saya mengasihi Tuhan YESUS, Tuhan YESUS juga mengasihi saya SAMA seperti Tuhan Yesus mengasihi BAPA di SURGA, BAPA di SURGA juga mengasihi Tuhan YESUS.

Saudara Bobforever, pantasan anda menasehati saya untuk tidak jualan hal-hal yang berbau theologia alam roh, rupanya anda hendak memonopoli penjualannya ya? Mungkin saya salah, namun, setahu saya hanya para pengkotbah alam roh yang mengajarkan bahwa sejak ada kasih karunia, melakukan hukum taurat tidak perlu lagi. Apabila yang anda ajarkan itu benar, maka semua orang Kristen boleh membuang Alkitabnya masing-masing, sebab tidak sulit untuk menghafal satu kalimat, “Marilah kita saling mengasihi!” Di samping itu, pasar Klewer ini akan menjadi situs paling aneh di dunia, karena isinya hanya satu kalimat, “Marilah kita saling mengasihi!” Sementara gereja akan menjadi tempat paling aneh di dunia, karena lagu lagu dan kotbahnya hanya berisi satu kalimat, “Marilah kita saling mengasihi!”
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

BobForever's picture

Saling Mengasihi

dear hai2, pemahaman saya setelah membaca Sistem Kasta Alam Semesta adalah bahwa Theologia Alkitab yang paling benar (ALKITABIAH), sedangkan Theologia Alam Roh sama seperti yang ada pada : Ams. 14:12 Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut. saya menyukai tulisan hai2 tentang Theologia Alkitab karena mengkokohkan serta membangun pemahaman iman saya tentang Tuhan YESUS dan Karya KeselamatanNYA, yang saya sarankan buat hai2 adalah supaya hai2 lebih banyak lagi nenulis tentang Theologia Alkitab. di pasar klewer ini yang saya cari dan beli cuma Theologia Alkitab aja, yang lain ngga dech, apalagi yang namanya Theologia Alam Roh. di pasar klewer ini juga saya ga jualan, soalnya saya ngga punya bakat jualan. Rm. 13:10b karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat. pemahaman saya tentang kasih dan hukum taurat adalah bahwa apabila saya mengasihi sesama sama seperti saya mengasihi diri saya, maka saya sudah melakukan semua hukum taurat yang tidak lain adalah ungkapan saya juga yang mengasihi BAPA di Surga. menurut saya, apabila kita mematuhi perintah Tuhan YESUS : Yoh. 13:34 - 35 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi." Yoh. 15:12 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. kita tidak akan menjadi paling aneh di dunia, karena makna saling mengasihi itu yang ada di dalam Tuhan YESUS dan Karya KeselamatanNYA. JESUS is the CHRIST who love all of us
hai hai's picture

BobForever, Penjelasan Kasih

Kasihilah Tuhan, Allahmu dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Kasihilah sesamamu manusia seperti engkau mengasihi dirimu sendiri.

Itulah perintah Allah. Bagaimana caranya? Atau apa maksudnya mengasihi Allah? Alkitab menjelaskannya. Pertama, Hanya Allah satu-satunya yang HARUS disembah. Kedua, jangan menyembah Allah dalam wujud dan rupa. Ketiga, Jangan menyembah Allah sembarangan. Keempat, sembahlah Allah pada waktu dan tempat yang tepat.

Nah, BobForever, itu Perintah pertama hingga perintah keempat dari Sepuluh Perintah Allah dalam bahasa sehari-hari yang saya pahami.

Apa maksudnya mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri? Bagaimana caranya? Alkitab menjelaskannya, itulah hukum ke enam hingga ke sepuluh dari Sepuluh Perintah Allah. Silahkan anda mempelajarinya sendiri.

Ketika menulis tentang Theologia alam roh, saya tidak maksudkan agar orang-orang Kristen  hidup dengan cara demikian. Saya menunjukkan kesalahan mereka agar orang-orang Kristen tidak menganutnya bahkan menentang perkembangannya karena ajaran itu bertentangan dengan Alkitab.

Saat ini banyak pengkotbah yang mengajar dari mimbar ke mimbar. Ada hamba Allah yang mengajarkan ajaran yang benar namun banyak pengkotbah alam roh yang mengajarkan Theologia alam roh sebagai kebenaran Allah. Banyak jemaat bertanya-tanya, mana yang benar? Theologia alam roh atau kebenaran Alkitab diajarkan oleh para hamba Allah?

Para hamba Allah menjawab, Theologia alam roh salah. Jemaat bertanya, di mana salahnya? Bukankah Theologia alam roh jauh lebih banyak mengutip ayat-ayat Alkitab? Di samping itu juga nampak lebih logis dan mudah diterima akal manusia? Hamba Allah diam! Dan mereka terus mengajarkan kebenaran Alkitab.

Jemaat bertanya kepada para pengkotbah alam roh, ajaran mana yang benar? Pengkotbah alam roh, bilang, Theologia alam roh yang benar, lihat buah-buahnya. Mereka lalu menyombongkan jumlah orang yang pernah mendengar kotbah mereka dan merasa nyaman. Mereka juga menyombongkan mujizat kesembuhan yang mereka buat tanpa bukti sama sekali. Di samping itu, mereka terus-menerus membual tentang wahyu baru yagn mereka dengar lagnsung dari Tuhan. 

Saya hanya seorang Kristen Tionghua yang berusaha belajar Alkitab dengan cara yang benar di bawah bimbingan Roh Kudus. Roh Kudus membuka akal budi saya untuk mengerti ajaran Alkitab. Ketika menguji Theologia alam roh, Roh Kudus juga membuka pemahaman saya untuk menemukan kesalahan-kesalahan mereka. Dengan pengetahuan demikian, apa yang harus saya lakukan? Saya berdoa dan saya berkata, “Bila Tuhan berkenan, maka saya akan mengajarkan apa yang saya pahami kepada orang Kristen lainnya.  Saya lalu mengajarkan apa yang saya pahami tentang ajaran Alkitab. Saya juga mengajarkan apa yang saya ketahui tentang kesalahan-kesalahan Theologia alam roh. Bahkan saya mengajarkan kebenaran Alkitab sambil menelanjangi kesalahan Theologia alam roh. Itulah yang saya lakukan hingga saat ini kawan.

BobForefer, saya merasa GENTAR ketika anda menyebut apa yang saya tulis sebagai Theologia Alkitab. Karena saya sesungguhnya hanya menulis tentang apa yang saya pahami tentang ajaran Alkitab. Apa yang saya pahami itu sangat sedikit dibandingkan keseluruhan ajaran Alkitab. Apa yang saya tulis tidak layak disebut Theologia Alkitab, karena itu hanya sebagian kecil dari keseluruhan ajaran Alkitab.

Saya berjanji akan lebih banyak mengunggah tulisan-tulisan tentang ajaran Alkitab, sebab itulah tujuan saya menulis. Namun, percayalah kepada saya, ketika menulis tentang Theologia alam roh, saya tidak sedang mengajarkannya namun sedang menyatakan kesalahan mereka.

Bobforever, maafkan saya bila gaya penulisan saya membuat anda merasa tidak nyaman! 
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

BobForever's picture

Keep Posting

dear hai2 keep posting, pasar klewer forever! JESUS is the CHRIST who love all of us
jesusfreaks's picture

@hai2 : lo belum jawab ?

Koment gw dg judul : MASIH SAMAR NGAWUR, belum lo jawab. Kenapa Tuhan mengusir Adam dari Eden ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Ayatnya Dah jelas

Kenapa Allah mengusir manusia dari taman Eden? Karena Allah khawatir. 

Ayatnya jelas bung. bila mau jelas lagi baca aja dech sendiri. Untuk membacanya silahkan klik di sini.  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pakunoda Harvey's picture

To Hai2

 haii saya anak baru ^^

"Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak"

kalimat di atas artinya apa sih ?

 

maachi ^^

hai hai's picture

@Pakunoda Harvey , Selamat Bergabung

Pakunoda Harvey , selamat bergabung dengan komunitas blogger Kristen SABDA Space. Semoga anda betah. Silahkan gelar dagangan anda juga silahkan menawar bila harganya nggak cocok buat anda. Namun sebelumnya, silahkan klik di sini agar anda tidak kesandung di pasar ini.

Sesungguhnya sudah banyak blogger yang bertanya juga sudah banyak blogger yang mengeritik sebab yakin bahwa kalimat tersebut bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Saya sudah beberapa kali menjelaskan hal itu namun tidak pernah menjelaskannya dengan tuntas. Namun intinya adalah ada suatu misteri tentang siapa yang terbesar di sorga.

Jemaat awam umumnya percaya bahwa yang terbesar di sorga adalah Allah.

Para teolog reformed yang mumpuni meyakini bahwa yang terbesar di sorga adalah Anak Allah yaitu Yesus Kristus. Hal itu terjadi karena Allah menyerahkan KUASA-NYA kepada Anak-Nya. Setelah diserahkan itu berarti yang terbesar adalah Anak Allah.

hai hai mendapat pencerahan bahwa Alkitab mengajarkan SESUATU yang lain dari keyakinan jemaat awam maupun teolog reformed.

Saya mendefinisikan KEBENARAN itu di dalam kalimat:

"Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak"

Setelah membaca 200 lebih blog-blog saya, nampaknya sebagian blogger sudah melihat kebenarannya juga. Itu sebabnya mereka akan senyum-senyum ketika orang bertanya apa arti kalimat tersebut?

Pakunoda Harvey, baiklah saya katakan bahwa kalimat itu adalah MISTERI sistem kasta alam semesta. Semua blog-blog saya nantinya akan BERAMUARA pada sebuah blog yang akan saya beri judul kalimat tersebut.

Jadi, tunggu saja sampai blog itu muncul.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak