Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Tafsir

smile's picture

Suatu malam, tepatnya kemarin, disaat saya sedang membuat blog tentang keberadaan roh jahat, saya menemukan satu ayat dalam kejadian 3 : 8, yang bunyinya sbb :

Kejadian
3:8 Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.

Saya membacanya berulang kali. Dan setelah itu saya sharingkan tentang ayat ini dikotak hijau, dan dijawab oleh Ko Hai Hai.
Lalu beberapa saat setelah itu datanglah banyak ” guest “…
Ada GUEST ( dengan huruf besar ), guest ( dengan huruf kecil ), dan GUEST 911. Tapi dari ketiga “guest “ itu hanya GUEST ( dengan huruf besar ) lah yang memberi masukan kepada saya tentang " TAFSIR “.

Apakah yang GUEST  maksud dengan TAFSIR dalam membaca Alkitab?

Adalah membaca Alkitab dan mencernanya dengan pikiran sendiri, tanpa bimbingan Roh Kudus, dan tentunya tanpa hikmat dari Tuhan,hanya hikmatnya sendiri dan menjadikan itu sebagai standar kebenaran yang dipaksakan dan diumumkan keluar, sehingga orang lain bisa mengetahuinya.

Kemudian GUEST itu berkata, kalau saya harus hurufiah / textbook dalam membaca Alkitab.. Kemuadian saya menjawab dengan “Hurufiah,atau Harafiah (harfiah) ? Tetapi dia menjawab pokoknya harus TEXT BOOK !.

Saya justru membaca alkitab ya bersumber dari alkitab itu sendiri ( TEXT BOOK )., dan tentu saja bukan dari kitab lain saya membacanya. Saya membaca Kejadian 3 : 8 dari alkitab.  Disitu dikatakan secara jelas bahwa :
( saya tulis sekali lagi )

Kejadian 

3:8 Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.

Jadi  setelah saya mebaca kalimat dari Firman Tuhan tersebut, saya mengatakan, berarti Yesus = Tuhan Allah sudah ada di taman Eden sejak Adam dan Hawa diciptakan. Dia sudah menjadi “manusia “ karena TERDENGAR BUNYI LANGKAHNYA…

Dan setelah saya mengatakan hal itu, dikatakannya kalau saya menafsir. Seperti Tafsir Mimpi kah?
Bagaimanakah pengertian akan ayat tersebut jika bukan dibilang TAFSIR?

Menurut saya, Alkitab yang saya baca adalah merupakan STANDAR KEBENARAN.

Tapi jika saya dikatakan salah, saya ingin sekali mengetahui, bagaimana TAFSIR yang tepat akan ayat tersebut.

Saya kemudian berpikir,… Jika membaca alkitab dan dikatakan jangan menafsir seenak sendiri, tentu saja, semua harus memahami satu ayat dengan pengertian dan tafsir yang sama. Tidak bisa setiap orang memahami satu ayat itu dengan berbagai macam pandangan atau pemahaman yang berbeda.
Seharusnya satu ayat itu  ditafsirkan kedalam satu pemahaman saja. Ke dalam satu TAFSIR saja.

Pernyataan saya ini harus DIBENARKAN TANPA KECUALI…Kenapa? Jika ada yang menyangkal dan menolaknya, itu menandakan Alkitab bukan lah standar kebenaran.

Satu ayat satu pemahaman. Titik.
Diluar itu sesat, dan menyesatkan.

Tapi jika dikatakan seperti itu, adakah kitab tambahan, yang berisi kumpulan pemahaman akan penjelasan dari masing masing ayat yang dibakukan dalam satu kitab diluar dari alkitab itu sendiri, yang berdasar kepada keputusan mutlak, dan tidak bisa diganggu gugat, serta dilandasi hukum dan ada ketentuan nya, yang disepakati bersama oleh seluruh pengikut Kristus.

Emang ada?
Kalau ga ada siapa yang dituduh penafsir palsu? Penafsir mimpi, dsb?
Siapa yang dikatakan Penafsir asli? Atau yang diberi talenta untuk itu?

Saya membayangkan, setiap orang membaca alkitab, tentu saja, dia akan membaca dan mengartikannya sendiri, lalu mencari pengetahuan akan apa yang dibacanya, dan ditafsirnya itu benar atau salah.

Jika Salah, siapa yang benar?

Apa bedanya dia yang membaca, dan orang lain yang membaca? Darimana tahu kalau dia benar dan kita salah? Apakah dengan jumlah yang banyak,pasti benar? Bagaimana dengan ajaran sesat yang pengikutnya banyak?

Jika setiap orang membaca alkitab, tentu saja menafsir, maka akan muncul paham sangat banyak, sebanyak jumlah orang yang membaca alkitab.

Mungkin sudah seharusnya pengertian dan TAFSIR jitu akan rincian setiap ayat di bakukan.Jadi tidak ada lagi yang dibilang sebagai PENAFSIR MIMPI tanpa HIKMAT.

Menurut saya pribadi, jika ada yang mengatakan satu ayat itu artinya beda beda, bisa dipahami dengan seribu satu pemahaman…SAYA SENDIRI TIDAK SETUJU…
Mungkin setuju jika, satu ayat itu bisa diterapkan dari beribu atau berjuta pengalaman hidup manusia,bukan beribu atau berjuta pemahaman.

Pemahaman harusnya satu. Pengalaman lah yang banyak.

Maka dari itu banyak muncul kelompok kelompok yang merasa diri paling benar.
Kelompok A menyatakan pemahaman nya benar. TAFSIRnya lah yang harus diikuti.
Kelompok B juga sama, menyatakan pemahaman nya benar. TAFSIRnya lah yang harus diikuti.
dst dst….........................

Jadi jika begitu kenyataannya, siapa yang benar?
Siapa yang paling benar, dan siapa yang harus diikuti oleh siapa…?

GA JELAS SEMUA.
Makanya, lebih baik dibuat buku tambahan ALKITAB :
Judulnya : TAFSIR ALKITAB yang benar menurut konvensi Tingkat Tinggi Negara Negara pengikut Kristus…hua ha ha ha ha ha…

Ada tambahan keterangan :
Buku ini resmi, isinya telah dipatenkan, dimaterai oleh Tuhan, dan oleh Negara.
Peringatan : “ Barang siapa sengaja menyangkal, dan tidak mau mengakui akan tafsiran yang telah disepakati bersama ini, akan dituntut hukuman akhirat : masuk Neraka jahanam, dan hukuman dunia : penjara 200 tahun.

Bagaimana? Apakah ini bisa direalisasikan, agar setiap orang tidak merasa paling benar, dan tidak berbeda pendapat satu dengan yang lainnya?

Dan silahkan dijawab, mana yang dikatakan PENAFSIR dan mana yang dikatakan BERHIKMAT?

Ngomong ngomong, apa yang anda dan kita sekalian gunakan dalam membaca alkitab?

OTAK : LOGIKA DAN RASIO
HATI : IMAN DAN PERCAYA
SIAPA YANG BIMBING? ROH KUDUS.

Bukankah begitu…?
Tapi nyatanya, masih juga dibilang TUKANG TAFSIR MIMPI….semua merasa paling benar,..dan paling pintar….jadinya bingung… dan akhirnya,…takut membaca alkitab, dan takut belajar alkitab, karena takut salah, takut salah TAFSIR, Jadinya baca apaan dong? Masa Baca buku Komik???
Mending nanya ke SF kalo baca komik yang bagus,…hihihi…

Smile
Serba salah
Serba bingung..
Banyak yang bikin bingung
Dan suka bingungin orang
Semoga besar upahmu kelak…..

Februari 03rd -2010

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

sandman's picture

@smile serba salah dan bingung?

Smile ketika aku menuliskan sebuah blog, aku tidak perduli apakah itu benar atau salah, ketika saya unggah berharap mendapat masukan dari orang-orang yang membacanya. entah apakah pemahamanku  yang benar atau tidak itu masalah nanti, jikapun benar pemahamanku  itu adalah bimbingan Roh Kudus, jikapun ada orang yang memberikan masukan dan itu benar adanya maka itu juga pertolongan Roh Kudus melalui orang tersebut.

Sayangnya, banyak juga yang tidak setuju tanpa membangun sebuah dasar atas ketidaksetujuannya. Cuma bermodalkan pepesan kosong, dan asumsi dari orang lain. Apapun yang kamu dapatkan dalam membaca sebuah ayat ataupun pasal, rasanya akan lebih seru jika kita diskusikan bersama-sama tanpa prasangka dan kata-kata ajaib.  Toh tanpa kata kata ajaibpun kita bisa mengajar dan menegur orang lain dengan baik baik.

Jadi, marilah kita berproses dalam pembelajaran dengan kerendahan hati. Tanpa harus di kondisikan atau dikendalikan hal-hal diluar kita.

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

smile's picture

@Sandman :

Sand....
Itulah sebabnya saya membuat blog ini,...untuk mengundang reaksi dari orang orang dan ss er...agar kita dapat membahasnya, sehingga tidak terjadi kesesatan, dan kekeliruan yang menyebabkan kerugian, bagi saya, dan orang yang berpikiran sama dengan saya tentang tafsir.

Saya merasa dari sharinglah mungkin Tuhan akan memberi tahu kita melalui mereka, atau siapa saja. Tapi seperti anda bilang, banyak yang hanya bisa mencibir, dan menyatakan salah tanpa bisa memberitahu dimana letak kesalahannya. Dan biasanya mereka mengagulkan jungjungan mereka, dan bila jungjungannya berkata A, mereka bela matia matian A. Itulah yang saya tidak lakukan.

Saya belajar dari setiap orang untuk bisa lebih mengerti, dan mengasah pengetahuan serta keimanan saya sendiri, saya tidak bisa mencerna segala sesuatu itu bulat bulat, sekalipun dari seorang pendeta kenamaan yang sangat diurapi.

Saya akan menyaring semuanya,..yang baik dan benar saya ikuti, yang salah dan bersifat menyombongkan diri tentu saya akan muntahkan.

Anyway, thanks untuk sharing nya, bro,.....
Laporan tambahan : Sementara pasti di Bandung hujan terus yah,..sama sama disini,...hehehehihihi...ga nyambung ya Sand,...biar fresh bro.

 

smile

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

okulasi's picture

@ :)..,pemahaman vs tafsir

sdr smile yang terkasih,

menurut anda apakah perbedaan tafsir dengan pemahaman ?

karena kata kata  penafsiran,pengertian ,pemahaman ,itu mempunyai makna yang hampir sejenis (sama)maka pertanyaan ini saya ajukan.supaya hal ini tidak menjadi awal dari sebuah kesalahpahaman

kalau saya sekilas membaca tulisan anda yang disebut pemahaman dalam kej3:8  menurut anda adalah arti dari sebuah ayat dalam alkitab(kej3:8)secara textbook adalah sbb

kutipan Kejadian  3:8

Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.

kutipan pemahaman anda

Jadi  setelah saya mebaca kalimat dari Firman Tuhan tersebut, saya mengatakan, berarti Yesus = Tuhan Allah sudah ada di taman Eden sejak Adam dan Hawa diciptakan. Dia sudah menjadi “manusia “ karena TERDENGAR BUNYI LANGKAHNYA…

yang dimaksud standard kebenaran (menurut anda)adalah  sebagai berikut:

1.alkitab diartikan secara text book

2.alkitab bisa diartikan diluar textbox/ditafsir tetapi dengan syarat harus ada  bimbingan Rohkudus

untuk point 1,kita tidak bisa menyangkal,tetapi untuk point 2,siapakah didunia ini yang berani menyatakan bahwa dirinya dibimbing oleh roh kudus,dalam menafsirkan alkitab.mengatakan bahwa kita dibimbing oleh roh kudus taruhannya adalah nyawa kita di akherat.mengatakan bahwa kita dibimbing oleh rohkudus berarti apa yang kita sampaikan adalah standard kebenaran.jika apa yang kita sampaikan adalah standard kebenaran ....berarti kita = Tuhan.dan jika kita setiap hari dibimbing roh kudus bukankah bila dikumpulkan penafsiran penafsiran kita yang dibimbing oleh roh kudus itu bisa menjadi ayat ayat baru dalam alkitab,atau minimal penjelasannya.Anda tahu tambahan kitab penganut ajaran Mormon...apakah anda mempercayainya?

Pertanyaannya kalau begitu apakah itu berarti kita tidak pernah dibimbing Rohkudus?

jawaban:tergantung hubungan kita dengan Allah(mohon maaf jawaban ini mungkin bersifat debatable).karena hubungan manusia dengan Tuhan itu yang biasa disebut vertikal itu adalah hubungan orang perorang.sangat personal.dan hubungan ini tidak bisa dianalogikan dengan hubungan horisontal kita dengan manusia.artinya hubungan itu ya sebatas antara kita dengan tuhan kita secara pribadi.

tetapi kalau kita menggembar gemborkan bahwa kita baru saja berkomunikasi dengan roh kudus ,bukankah itu berarti sebuah kesombongan ,bukankah kta sedang mencuri kemuliaan Tuhan , saya kasih 

 

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

smile's picture

Shalom Okulasi,..salam damai

Shalom Okulasi,..salam damai sejahtera saudaraku ...

Okulasi :untuk point 1,kita tidak bisa menyangkal,tetapi untuk point 2,siapakah didunia ini yang berani menyatakan bahwa dirinya dibimbing oleh roh kudus,dalam menafsirkan alkitab.mengatakan bahwa kita dibimbing oleh roh kudus taruhannya adalah nyawa kita di akherat.mengatakan bahwa kita dibimbing oleh rohkudus berarti apa yang kita sampaikan adalah standard kebenaran.jika apa yang kita sampaikan adalah standard kebenaran ....berarti kita = Tuhan.dan jika kita setiap hari dibimbing roh kudus bukankah bila dikumpulkan penafsiran penafsiran kita yang dibimbing oleh roh kudus itu bisa menjadi ayat ayat baru dalam alkitab,atau minimal penjelasannya.Anda tahu tambahan kitab penganut ajaran Mormon...apakah anda mempercayainya? 

smile : SAMA SEKALI TIDAK....

Pertanyaannya kalau begitu apakah itu berarti kita tidak pernah dibimbing Rohkudus?

jawaban:tergantung hubungan kita dengan Allah(mohon maaf jawaban ini mungkin bersifat debatable).karena hubungan manusia dengan Tuhan itu yang biasa disebut vertikal itu adalah hubungan orang perorang.sangat personal.dan hubungan ini tidak bisa dianalogikan dengan hubungan horisontal kita dengan manusia.artinya hubungan itu ya sebatas antara kita dengan tuhan kita secara pribadi.

tetapi kalau kita menggembar gemborkan bahwa kita baru saja berkomunikasi dengan roh kudus ,bukankah itu berarti sebuah kesombongan ,bukankah kta sedang mencuri kemuliaan Tuhan , saya kasih 

Saya setuju dengan jalan pikiran anda,...Hanya saja, kebanyakan setiap manusia merasa dirinya paling benar, merasa dirinya selalu lebih baik dari orang lain, dan merasa selalu lebih  diurapi lebih dari oranglain.,yang bagi saya itu sah sah saja, kalau tidak dipamerkan didepan orang lain dengan menunjukan sikap sombong, dan memang sudah sepantasnya dekat dengan Allah, dekat dengan Tuhan, tapi didepan Tuhan sajalah, jangan didepan manusia.

Saya ingin bercerita kepada anda,...melihat tulisan anda yang saya beri warna biru, mengingatkan saya akan seorang yang berkata :

( direkam dalam vcd, dan diputar untuk dilihat banyak orang)

" Saya mendapat ( semacam wahyu ) pesan / penglihatan dari Allah,yang katanya bla bla bla,...itu terjadi saat saya berada di tanah suci ( Yerusalem) "

Itulah yang kadang bisa menjadikan orang tersebut dicap sebagai orang sombong,...Dia selalu membicarakan, akhir jaman,...bersiap siaplah,...bla bla dan bla...Apakah harus dipercayai atau harus dihindari?

Jika hal tersebut kita pindahkan kedalam hal tentang tafsir, jadi serba salakah orang yang mengatakan tafsirnya itu adalah berkat bimbingan rohkudus, atau hikmat dari Tuhan,karena lagi lagi bisa dicap sombong, dan mendapat wahyu baru tentunya,... Tapi sejauh ini, saya akan memberikan pandangan saya tentang TAFSIR...secara lebih akurat, ( semoga saja...)

 

smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

okulasi's picture

@sandman

sandman said:

Sayangnya, banyak juga yang tidak setuju tanpa membangun sebuah dasar atas ketidaksetujuannya. Cuma bermodalkan pepesan kosong, dan asumsi dari orang lain. Apapun yang kamu dapatkan dalam membaca sebuah ayat ataupun pasal, rasanya akan lebih seru jika kita diskusikan bersama-sama tanpa prasangka dan kata-kata ajaib.  Toh tanpa kata kata ajaibpun kita bisa mengajar dan menegur orang lain dengan baik baik.

Jadi, marilah kita berproses dalam pembelajaran dengan kerendahan hati. Tanpa harus di kondisikan atau dikendalikan hal-hal diluar kita.

saya setuju dengan pandangan anda

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

okulasi's picture

@smile : kej3:8

salam damai sejahtera untuk anda smile

ketika dapet salam ini dari anda rasanya mak cleesss gitu,adem..sejuk segar

saya akan menanggapi pemahaman anda tentang kej 3:8

kutipan Kejadian  3:8

Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.

kutipan pemahaman anda

Jadi  setelah saya mebaca kalimat dari Firman Tuhan tersebut, saya mengatakan, berarti Yesus = Tuhan Allah sudah ada di taman Eden sejak Adam dan Hawa diciptakan. Dia sudah menjadi “manusia “ karena TERDENGAR BUNYI LANGKAHNYA…

sebagian besar orang akan menafsirkan bahwa itu tidak dimaknai secara harafiah,tetapi dimaknai seprti semacam perumpamaan lah mengenai bunyi langkah kaki itu ....kenapa demikian,karena kita akan berpikir,masa sich tuhan jalan jalan ,bukankah tuhan tidak berwujud,jika sampai terdengar langkah kaki bukankah itu sebuah kontradiksi.dan selanjutnya ayat ayat seperti ini akan tidak banyak dibahas.karena jawabannya susah

pemahaman anda cukup menarik karena anda mengkaitkannya dengan Yesus,satu satunya penjelasan yang mungkin ,karena Yesus mempunyai wujud.Tetapi apakah anda sadar dengan memasukkan kata Yesus disitu berarti anda sedang tidak textbook...kenapa karena padayat kej3:8 memang tidak tertulis nama Yesus disitu.

Yesus=Tuhan benar tetapi apakah Tuhan=Yesus jawabnya adalah belum tentu karena kita mempercayai pemahaman trinitas karena

Tuhan = bapa,yesus,rohkudus .anda akan mengatakan ..tetapi satu satunya yang mempunyai wujud khan Yesus

tetapi saya mengatakan:..eit nanti dulu

saya punya beberapa ayat pertimbangan

wahyu 1:15

Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah.------>sebesar apakah Dia sampai suaranya sebesar air bah

Kis 7:49  dan Yes 66:1(isinya sama)

Langit adalah takhta-Ku, dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku. Rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, demikian firman Tuhan, tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku?-------->catatan: tafsir saya :berarti Tuhan sedang duduk diats tahtanya yaitu dilangit  dan kakinya sampai kebumi...lalu kira kira sebesar apakah perwujudannya(ya kira kira dari bumi sampai langit tingginya).Apakah anda akan mengatakan ini wujud Yesus...tentu tidak bukan

kembali ke kej 3:8

bagaimana kalu saya menafsirkan bahwa yang datang dengan langkah kaki itu adalah bukan yesus , yang jelas adalah perwujudan yang seperti dikatakan pada Kis 7:49dan wahyu 1:15

dengan dasar diatas boleh kan kalu saya menganggap bahwa pemahaman anda itu juga tafsir(walaupun harus saya akui bahwa pemahaman anda adalah inovatif).

dengan pemaparan inisaya harap anda bisa memahami tentang komen saya yang sebelumnya

 

semoga tidak sependapat walau bermanfaat

(pinjam istilahnya tante paku )hihihihi maaf kebalik

cat:anda belum menjawab perbedaan tafsir dan pemahaman

 

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

smile's picture

Okulasi : tafsir saya...

Dilanjut yah, Okulasi :

Kalo ini :
Langit adalah takhta-Ku, dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku. Rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, demikian firman Tuhan, tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku?

-------->catatan: tafsir saya(okulasi) :berarti Tuhan sedang duduk diats tahtanya yaitu dilangit  dan kakinya sampai kebumi...lalu kira kira sebesar apakah perwujudannya(ya kira kira dari bumi sampai langit tingginya).Apakah anda akan mengatakan ini wujud Yesus...tentu tidak bukan


-------->catatam tafsir smile :Pengertian saya anda tahu langit ? tidak berbatas...tak ada batasan disaat kita melihat langit...dalam ayat ini saya mengatakan Bahwa Allah memiliki kekuasaan yang tak terbatas,..sabagt besar maka dianamakan Maha Agung, dan bumi, adalah ciptaan dengan semua isi didalamnya, adalah dibawah kekuasaan nya juga, dan manusia itu kecil dihadapan Tuhan. Bayangkan saja, kakinya untuk kita,..berarti, kita itu sudah seharusnya menjadi hambanya, menjadi ciptaanNya, yang seharusnya menurut kepda DIA...

nah, itulah TAFSIR saya, sdr okulasi...

mengenai tafsir, saya sudah buat kesimpiulan nya,..dalam blog baru, hanya menurut saya, kesimpulan itu akan terpecah menjadi beberapa point tambahan, karena diskusi yang mungkin membawa tambahan dan pencerahan.

Kalau pemahaman, adalah pikiran yang dimengerti secara jelas, dan tidak salah lagi.

Bagaimana okulasi... kalo menurut KBBI :

pa·ham 1 n pengertian: pengetahuan banyak, -- nya kurang; 2 n pendapat; pikiran: -- nya tidak bersesuaian dng -- kebanyakan orang; 3 n aliran; haluan; pandangan: ia mempunyai -- nasionalis; 4 v mengerti benar (akan); tahu benar (akan): sebenarnya saya sendiri tidak begitu -- akan perkara itu; 5 a pandai dan mengerti benar (tt suatu hal): ia -- bahasa Sanskerta; ia -- dl pembuatan gula;
angan lalu, -- tertumbuk, pb
suatu hal yg banyak halangannya meskipun tampaknya dapat dilakukan dng mudah;
-- kawasan teori dan tindakan yg didasarkan atas sifat khas kawasan tertentu; -- kesektean semangat atau kecenderungan ke arah pengembangan sekte tertentu dl agama; -- sekuler paham yg bersifat keduniawian atau kebendaan (bukan bersifat keagamaan atau kerohanian); -- skolastik sistem pengajaran di bidang teologi filsafat yg sangat berpengaruh pd Abad Pertengahan;
ber·pa·ham v 1 mempunyai paham (pendapat, pendirian): golongan oposisi ~ lain dng pemerintah; 2 beraliran: pelukis terkenal itu ~ naturalisme; 3 berakal; berbudi; bijaksana; berpengalaman: orang yg tidak ~ tidak layak menjadi pemimpin;
me·ma·hami v 1 mengerti benar (akan); mengetahui benar: ia ~ bahasa dan kebudayaan Arab; 2 memaklumi; mengetahui: pemimpin harus dapat ~ kehendak rakyat;
me·ma·ham·kan v 1 mempelajari baik-baik supaya paham: seorang pengemudi harus ~ tanda-tanda lalu lintas; 2 mengartikan: kalimat dl undang-undang itu harus disusun sebaik-baiknya supaya orang jangan salah ~; 3 menanamkan pengertian: pemerintah ~ perlunya keluarga berencana bagi pasangan usia subur;
ter·pa·hami v dapat dimengerti: khotbahnya tidak ~ para jemaah krn disampaikan dl bahasa Arab;
pe·ma·ham·an n proses, cara, perbuatan memahami atau memahamkan: ~ bahasa sumber dan bahasa sasaran sangat penting bagi penerjemah;
se·pa·ham n 1 satu paham; sependapat; sepengertian: dl hal ini, ia ~ dng saya; 2 satu keyakinan; satu aliran: anggota perkumpulan itu terdiri atas orang-orang yg ~


Salam sejahtera,....
smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

smile's picture

Okulasi : ada tambahan tiga ayat

Okulasi,..ada tiga ayat lagi untuk ditafsir,..bagaimana tafsiran anda?

Hosea  13
13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.

Wahyu  22
22:16
"Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."

Yohanes  8
8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

Dan ayat terakhir, merajuk, ke kejadian 3 : 8

Tuhan Yesus memberkati

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

okulasi's picture

@smile:maksoed loe

saya mengerti maksud anda bahwa anda ingin menyatakan fakta bahwa Yesus Ada sebelum dunia diciptakan .sdr smile untuk hal ini saya sepaham dengan anda.tetapi bukankah bukan ini inti pembicaraan kita

inti pembicaraan kita adalah perwujudan siapakah dalam kej3:8 itu?

anda mengatakan yesus dan saya mengatakan bisa jadi bukan yesus.Walaupun Yesus ada sebelum bumi diciptakan ,bahkan Dia adalah penciptanya.bukan berarti perwujudan tersebut adalah Yesus bukan .

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

smile's picture

Okulasi : tambah 3 lagi

Okulasi,..nambah lagi 3 ayat.....
Wahyu  1
1:8
"Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Wahyu  21
21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.

Wahyu  22
22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."

Siapakah yang mengatakan Aku adalah Alfa dan omega....Jika Yesus, berarti dalam Wahyu, Yesus lah yang berbicara,...dan dilihat oleh Yohanes dalam penglihatannya....

Matur nuwun...

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

okulasi's picture

@smile:intinya

ketika saya mengomentari blog anda ada tujuan yang ingin saya capai ,karena saya menangkap bahwa anda merasa bahwa pemahaman anda tentang kej 3:8 adalah pemahaman yang paling benar dan saya ingin anda menyadari bahwa yang dimaksud pemahaman alkitab adalah satu (harus satu) adalah pemahaman yang seperti tertulis di alkitab itu jadi bukan pemahaman yang saya utarakan ataupun pemahaman yang anda sampaikan.atau pemahaman yang orang lain sampaikan.   walaupun kita merasa kalau  pemahaman kita itu sudah sangat benar.

kalau anda setuju dengan saya boleh dech lain kali dilanjutin

kalau anda tidak  setuju ,mohon maaf karena saya tidak bersedia untuk berdebat dengan tuhan (saya kagak level).

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

okulasi's picture

@smile:anda sedang tidak adil

menurut saya tafsir yang baik adalah  yang textbook,kecuali kita mendapat bimbingan rohkudus baru kita bisa menafsirkannya tidak textbook.

saya hanya mengingatkan anda menafsirkan ayat yang saya berikan tidak text book lho (atau paling tidak mendekati.karena disitu jelas tertulis tumpuan kakinya.anda sedang berlaku tidak adil dalm hal penafsiran kej3:8 dengan Yes 66:1 .dalam kej 3:8 anda sudah menafsirkan mendekati 'textbook'.tapi dalam yes 66:1 anda tidak seperti itu.

jadi bisa saya katakan oklah kalau begitu biarlah pemahaman anda menjadi wacana bagi saya untuk saya gunakan sebagai bahan pengujian terhadap apa yang selama ini telah saya yakini.yang jelas anda paham kan kalu anda menyampaikan keluar pemahaman anda itu kepada pihak lain maka anda harus menyadari seberapaun besar anda merasa benar itu  adalah tafsir.

mengenai perbedaan pendapat kita saya akur akur aja.kalau kita lanjutkan mungkin akan menjadi lebih rumit lagi karena keterbatasan dalam berkomunikasi.ok.

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

smile's picture

Okulasi..: setia menunggu

Saya akan tetap menunggu anda,..walau terbatasnya komunikasi,...jika kebenaran harus diungkapkan, Tuhan pasti akan tunjukan jalan dan mempermudahnya,..

Semoga bisa berlanjut sharing ini,...

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

okulasi's picture

@smile:ok

saya sudah baca kesimpulanmu tentang tafsir dan kalu saya tidak salah menilai kesimpulan mu, saya sependapat dengan anda.

dengan pemahaman anda tentang tafsir itu , andaikan diibaratkan anda menariknya terus ke utara dan saya menariknya keselatan maka kej3:8 itu tidak akan putus.

ayo bro dilanjut diskusinya kej 3:8,,sekarang giliranmu...


Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU

smile's picture

OKUL : secara apa?

Shaloom OKUL :

Kalo menurut anda sendiri, bagaimana kejadian 3 : 8 itu anda artikan, secara TEXT BOOK atau secara TAFSIR,..( pastinya secara TEXT BOOK yah )
ditunggu agar diskusi bisa berlanjut...

 

smiLe LOVE JeSuS CHRisT

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"