Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Tanggapan terhadap ajaran Vantillian: Taurat dan Iman---Keselamatan bangsa Yahudi dan non-Yahudi

Adrina's picture

Saya akan memberikan tanggapan terhadap suatu ajaran yang di yakini oleh Vantillian, tentang hubungan antara Taurat dan iman dalam  keselamatan manusia. Perlu diketahui, ketika saya menanggapi ajaran seperti ini, saya tidak bermaksud untuk menyerang atau menjelek-jelekkan pribadi orang tersebut. Hal ini dilakukan hanya untuk memberi sebuah pandangan alternatif berdasarkan Kitab Suci. Terserah para pembaca, mau mengikuti pandangan saya atau pandangannya.

Karena topik ini cukup penting, saya mengundang partisipasi seluruh pengguna / pembaca SS untuk memberikan saran / masukan, agar kita bisa semakin mengerti dan bertumbuh bersama-sama dalam Firman Tuhan.

Selamat membaca!

Taurat dan Iman---Keselamatan bangsa Yahudi dan non-Yahudi
By Vantillian - Posted on Maret 7th, 2010

Blog ini akan membahas beberapa bagian penting yang berkaitan dengan pernyataan yang dituliskan oleh murid Budi Asali mengenai hubungan Taurat dan keselamatan. Apakah Taurat berperan dalam keselamatan orang percaya? Salah mengerti hubungan ini akan berakibat fatal dalam pemahaman tentang doktrin keselamatan yang diajarkan Alkitab. Itulah yang Paulus jabarkan dengan panjang lebar dalam surat Galatia. Paulus menekankan dengan SANGAT keras mengenai Injil yang lain.

Tanggapan Adrina:
Kitab Suci (termasuk Taurat) adalah wahyu khusus yang diberikan Allah, supaya  manusia dapat mengenal-Nya dengan jelas dan benar. Jadi, wahyu khusus ini memang sangat berperan dalam keselamatan orang percaya.

Apakah Injil yang lain itu? Injil yang lain adalah Injil ditambah dengan ketaatan kepada Taurat. Injil ditambah dengan perbuatan manusia untuk memenuhi Hukum Taurat. Paulus menegur jemaat Galatia karena telah terpesona oleh ajaran yang mengingkari sifat esensial Injil sendiri. Yaitu ajaran yang kembali kepada ketaatan Hukum Taurat. Ajaran untuk mendasarkan kepada perbuatan dan bukan kepada Penyataan Kristus. Saya menamakannya ajaran Injil PLUS. Paulus bahkan mengutuk ajaran Injil PLUS ini dengan perkataan keras.

Galatia 3:1 Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu? Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu?

Galatia 3:2 Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil?

Tanggapan Adrina:
Latar belakang dari surat Galatia ini adalah dikarenakan adanya beberapa guru Yahudi yang mengajarkan bahwa keselamatan itu tidak cukup hanya karena iman / percaya pada Kristus, tetapi harus ditambah dengan melakukan hukum Taurat. Oleh karena itu, rasul Paulus menekankan habis-habisan bahwa manusia bisa dibenarkan / diselamatkan HANYA lewat IMAN pada Kristus.

Gal 2:16  “Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: ‘tidak ada seorangpun yang dibenarkan’ oleh karena melakukan hukum Taurat.”

Rasul Paulus tahu betul, keselamatan diperoleh hanya lewat iman, dan karena itu diapun percaya kepada Kristus dan dibenarkan.

Vant, anda sudah lakukan hal ini atau belum? Sudahkah anda percaya pada Yesus? Ingat beriman / percaya pada Yesus adalah SYARAT agar manusia selamat. Tanpa hal itu, mustahil!

Taurat adalah Hukum yang mengikat semua orang berdosa supaya murka Allah tetap adil berlaku bagi semua manusia. Taurat ada tertulis dan tidak tertulis. Taurat tertulis adalah Taurat yang diturunkan kepada bangsa Israel. Taurat tidak tertulis adalah Taurat yang ada dalam hati nurani setiap bangsa. Kedua STANDAR Taurat itu sama, yaitu sama-sama mengurung manusia dalam dosanya supaya keadilan dan kemurahan Allah dapat dinyatakan.

Tanggapan Adrina:
Kalau hukum Taurat hanya untuk mengurung manusia dalam dosa, berarti Allah ‘jahat’ karena telah memberikan Taurat? lalu apa fungsi dari Taurat itu sendiri? Bagaimana anda menjelaskan Roma 2:12?

Karena itu Allah dapat menyatakan bahwa semua manusia telah berdosa. Baik bangsa Israel maupun non-Israel TELAH GAGAL dalam memenuhi standar hukum Taurat. Karena itu semua bangsa berada di bawah kutuk Taurat. Kutuk dimana TIDAK ada seorangpun yang setia melakukan sesuatu yang tertulis dalam Kitab taurat.

Galatia 3:10 Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat."

Tanggapan Adrina:
Secara teoritis, manusia memang bisa diselamatkan karena berbuat baik / melakukan Taurat, tetapi syaratnya harus sempurna! Hukum hati nurani-pun sama, harus sempurna! Namun, tidak ada seorangpun yang bisa setia melakukan Taurat. Dan karena itu, Paulus menegaskan dalam Gal 2:16, manusia selamat hanya karena iman!

Sementara dari pernyataan Adrina, murid Budi Asali menuliskan :

Adrina: “Inilah konsep keselamatan pada jaman PL. Memang, melakukan hukum Taurat yang tidak tertulis (hati nurani), dapat menyelamatkan manusia, tetapi syaratnya HARUS sempurna! Allah kita adalah Allah yang sempurna / kudus, karena itu Dia menuntut kesempurnaan.”

Adrina: “Bangsa Israel memang adalah bangsa yang ‘special’ karena hanya Israel yang memiliki Taurat. Jadi, kalau dikatakan pilihan atas Israel dapat menyebabkan orang Israel yang meresponi Taurat dengan benar dapat diselamatkan, itu memang benar. Kalau dikatakan hanya orang Israel yang percaya pada Taurat yang akan dibenarkan, itu ada benarnya. Kalau dikatakan orang Israel “menghakimi” bangsa lain karena tidak memiliki Taurat, itu juga ada benarnya, karena memang TANPA Taurat, semua manusia binasa!”

Pernyataan yang menggelikan dari seorang Farisi modern. Menuntut bangsa yang TIDAK memiliki Taurat tertulis HARUS SEMPURNA, namun tidak menuntut bangsa yang ADA memliki Taurat tertulis tidak harus sempurna, CUKUP dengan respon saja.

Tanggapan Adrina:
Kesimpulan anda salah total! Saya percaya, jika seseorang mau selamat dengan melakukan Taurat, secara teoritis bisa, tetapi harus sempurna (Gal 3:10). Itu bukan hanya berlaku bagi orang Israel yang punya Taurat, tetapi juga bagi bangsa non Yahudi yang hanya memiliki hukum hati nurani. Namun, sekali lagi saya katakan hal itu tidak mungkin terjadi. Karena itu, IMAN adalah satu-satunya syarat yang dituntut Allah supaya manusia bisa selamat.  

Bukankah semua manusai telah berbuat dosa, hai Adrina?

Tanggapan Adrina:
Ya, benar hai Vantillian! Saya adalah orang berdosa, andapun demikian dan tanpa penebusan Kristus, jangan pernah bermimpi untuk bisa masuk sorga!

Bukankah bangsa Israel juga dituntut untuk sempurna melakukan Taurat namun kenyataannya mereka TIDAK SETIA dan GAGAL? Bukankah standar ini juga berlaku bagi Taurat tidak tertulis? Jika bangsa Israel diselamatkan karena respon terhadap Taurat tertulis, bukankah bangsa lain juga akan diselamatkan karena respon terhadap Taurat tidak tertulis?

Tanggapan Adrina:
Vant, jangan asal ngoceh ndak karuan! Anda sudah menulis tentang wahyu umum dan wahyu khusus, bukankah berarti anda telah memahaminya? Lalu mengapa, disini anda justru menyamakan keduanya? Wahyu umum (alam semesta dan hati nurani), sama sekali tidak dapat membawa manusia untuk mengenal Allah dengan jelas dan benar. Oleh karenanya, manusia tidak mungkin diselamatkan hanya lewat wahyu umum. Karena itu, Allah memberi wahyu khusus (Kitab Suci [termasuk Taurat] dan Yesus), supaya setiap orang yang meresponinya dengan cara percaya pada Yesus, pasti diselamatkan!  

Bukankah dalam kitab Roma Paulus menyamakan standar Taurat tertulis dengan tidak tertulis?

Roma 2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.

Roma 2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
Roma 2:16 Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

Tanggapan Adrina:
Paulus menyamakan standar Taurat tertulis dengan Taurat tidak tertulis? Menyamakan dalam hal apa? Anda pikir Paulus sedang memaksudkan bahwa wahyu umum (hati nurani) bisa menyelamatkan manusia? Omong kosong!

Paulus juga menyatakan bahwa orang yang tidak mempunyai Taurat akan menghakimi orang yang mempunyai Taurat tetapi yang melanggarnya. Dengan demikian, ini juga membantah BUALAN dari Adrina yang mengatakan : “Kalau dikatakan orang Israel “menghakimi” bangsa lain karena tidak memiliki Taurat, itu juga ada benarnya, karena memang TANPA Taurat, semua manusia binasa!”

Bangsa lain yang tidak memiliki Taurat tertulis juga berhak menghakimi yang punya Taurat tertulis. Ini berarti membuktikan kebenaran bahwa bangsa Israel melakukan Taurat tertulis adalah SAMA DENGAN ketika bangsa lain melakukan Taurat Tidak Tertulis. Sama-sama berhak menghakimi. Ini membuktikan bahwa STANDAR Taurat tertulis dan tidak tertulis adalah SAMA.

Roma  2:27 Jika demikian, maka orang yang tak bersunat, tetapi yang melakukan hukum Taurat, akan menghakimi kamu yang mempunyai hukum tertulis dan sunat, tetapi yang melanggar hukum Taurat.

Tanggapan Adrina:

Kalau menyimpulkan suatu teks, jangan hanya berdasar pada teks itu sendiri, tetapi harus berdasar pada konteks yang ada.

Rom 2:21-27  “Jadi, bagaimanakah engkau yang mengajar orang lain, tidakkah engkau mengajar dirimu sendiri? Engkau yang mengajar: "Jangan mencuri," mengapa engkau sendiri mencuri? Engkau yang berkata: "Jangan berzinah," mengapa engkau sendiri berzinah? Engkau yang jijik akan segala berhala, mengapa engkau sendiri merampok rumah berhala? Engkau bermegah atas hukum Taurat, mengapa engkau sendiri menghina Allah dengan melanggar hukum Taurat itu? Seperti ada tertulis: "Sebab oleh karena kamulah nama Allah dihujat di antara bangsa-bangsa lain." Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat; tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya. Jadi jika orang yang tak bersunat memperhatikan tuntutan-tuntutan hukum Taurat, tidakkah ia dianggap sama dengan orang yang telah disunat? Jika demikian, maka orang yang tak bersunat, tetapi yang melakukan hukum Taurat, akan menghakimi kamu yang mempunyai hukum tertulis dan sunat, tetapi yang melanggar hukum Taurat.”

Ayat ini sedang menjelaskan tentang ketaatan / perbuatan baik. Hukum Taurat dan hati nurani SAMA, bukan karena sama-sama bisa membawa manusia mengenal Allah dengan benar / jelas, tetapi ini hanya berbicara masalah ketaatan. Mereka yang tak memiliki hukum Taurat, tetapi melakukan hukum hati nurani, dapat dianggap sama dengan mereka yang memiliki Taurat.

Roma 2:17-25, memberitahu tentang orang-orang Yahudi yang brengsek, yang sok mengajar dan mendidik orang lain untuk taat pada Taurat, tetapi dia sendiri telah melanggar Taurat itu. Jadi, karena kemunafikan orang Yahudi tersebut, maka orang non Yahudi (yang melakukan Taurat tidak tertulis), akan menghakimi mereka. Disini Paulus ingin menunjukkan betapa munafiknya orang-orang Yahudi tersebut.

Tetapi bagaimana dengan persoalan keselamatan dalam kaitannya dengan Kitab Suci (Taurat)? Apakah bangsa non Yahudi SAMA dengan bangsa Yahudi?

Rom 3:1-2  “Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat? Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.”

Rom 2:12  "Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat."

Hukum Taurat adalah firman Allah yang dipercayakan bagi orang Yahudi. Roma 2:12 berkata: Orang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa! Berarti, bagi non Yahudi, yang tidak memiliki Taurat, PASTI binasa!

Kesimpulannya : Jika bangsa Israel BISA diselamatkan karena respon kepada Taurat tertulis, berarti bangsa lain juga BISA diselamatkan karena respon kepada Taurat tidak tertulis.

Tanggapan Adrina:
Non Yahudi bisa selamat karena respon terhadap Taurat tidak tertulis? Kesimpulan dari mana? Dari Medan? Atau anda sedang mempraktekan ajaran suhu anda si Hai hai? Beritahu pada ‘guru’ anda silahkan belajar lagi dan langsung turun ke medan laga, jangan hanya bersembunyi dibalik ketiak muridnya saja.

Namun apakah Alkitab mengajarkan keselamatan bangsa Israel pada PL adalah karena respon terhadap Taurat mereka? Kita akan membongkar bualan dan kesesatan murid Budi Asali ini.

Tanggapan Adrina: Monggo mas…

TAURAT dan INJIL dalam keselamatan bangsa Israel dan non-Israel

Jika seseorang dibenarkan karena ada hubungannya dengan Taurat, maka itu karena diperhitungkan dalam perbuatannya. Taurat direspon dengan perbuatan, bukan dengan iman. Seluruh bangsa Israel TELAH gagal dalam memenuhi taurat, karena jika ada kebenaran dari taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.

Tanggapan Adrina:

Melakukan hukum Taurat bisa dibenarkan? Waduh…Farisi benar nih orang!

Galatia 3:10 “Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat."

Apakah memang ada, orang yang diselamatkan karena melakukan Taurat? Anda pikir orang bisa setia dalam melakukan hukum Taurat?

Saya kira gelar ‘Reformed Farisi’ lebih cocok ditujukan bagi anda dan bukan untuk saya. Anda bukan hanya Reformed gadungan, tetapi juga Reformed Farisi modern yang sok tahu!

Ayat yang sangat sederhana ini saja tidak namun dipahami oleh reformed Farisi sehingga masih mengajarkan ada kebenaran dari Taurat dengan CARA merespon positif kepada Taurat. Inilah pernyataannya :

Adrina: “Mengapa anda katakan bangsa Israel adalah contoh bahwa semua respon manusia terhadap wahyu Allah TELAH GAGAL dalam mencapai standar keselamatan dari Allah? Contoh yang bagaimana? Apakah respon semua orang Israel terhadap hukum Taurat memang telah gagal? Apakah memang semua orang Israel tidak ada yang memberi respon positif terhadap hukum Taurat ? Apakah dengan mereka percaya dan melakukan apa yang dikatakan oleh hukum Taurat, itu tetap menunjukkan bahwa mereka telah gagal? Omong kosong!”

Herannya masih ada murid Budi Asali yang dengan SOK MENENTANG kebenaran dari Alkitab ini dan mengajarkan bangsa Israel selamat karena ada hubungannya dengan Taurat. Herannya lagi, bahwa setelah meleter dengan blog tak bermutu dan sesat, bahkan menekankan bangsa Israel dapat merespon terhadap Taurat. Pernyataan ini adalah pernyataan paling berbahaya dan menyesatkan yang mengancam kemurnian pengertian Injil. Saya akan menunjukkan HANYA dengan ayat Kitab suci ajaran murid Budi Asali jelas-jelas menentang Injil yang diberitakan Paulus.

Tanggapan Adrina:
Silahkan ungkapkan kebenaran Alkitab dengan menunjukkan bukti dari ayat-ayatnya. Jangan hanya terheran-heran doang, itu bisa disebut sebagai orang yang SOK MENENTANG alias tong kosong yang GEDE suaranya!

Adrina: Jangan bingung Vant, orang yang tidak percaya pada Yesus pasti binasa, dan bagi mereka yang percaya pada-Nya pasti selamat! Pada jaman PL, hanya bangsa Israel yang punya Taurat, jadi bisa dipastikan bahwa semua bangsa non Israel (yang tidak ‘bersentuhan’ dengan Taurat), pasti binasa. Tetapi hal ini juga tidak membuktikan bahwa SELURUH orang Israel pasti selamat. Tentunya keselamatan itu hanya diperuntukkan bagi mereka yang beriman.

Orang Israel JELAS tidak mampu memenuhi tuntutan Taurat. Bahkan mereka TIDAK dapat berespon secara positif terhadap Taurat. Karena jika demikian, maka KEBENARAN dapat diperhitungkan MELALUI Taurat meskipun Israel tidak mampu melakukannya. Lagipula DASAR kebenaran Taurat bukan Iman. Melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup olehnya. Karena itu, murid Budi Asali SESAT karena mengajarkan bangsa Israel DAPAT merespon positif terhadap Taurat. Taurat yang direspon adalah dengan melakukannya, bukan dengan BERIMAN. Karena dasar Taurat BUKAN iman maupun respon positif.

Galatia 3:12 Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.

Karena itu, bangsa Israel TIDAK diselamatkan karena respon mereka terhadap Taurat. Pernyataan murid Budi Asali di atas adalah PENYIMPANGAN dan KESESATAN yang dikecam oleh Paulus. Bukan hanya menyimpang, namun dengan SOMBONG menentang kebenaran Firman. Kebenaran Taurat BUKAN dengan BERIMAN, namun dengan PERBUATAN. Untuk mengerti kebenaran ini saja tidak bisa, apalagi dengan sombong mengajarkan bangsa Israel selamat karena IMAN dalam hubungannya dengan Taurat. Iman kepada Taurat adalah iman kepada Kristus?

Tanggapan Adrina:

Rom 3:20  “Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.”

Rom 10:4  “Sebab Kristus adalah kegenapan tujuan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya.”

(KJV) “ For Christ [is] the end of the law for righteousness to every one that believeth.”

Inilah tujuan hukum Taurat diberikan, supaya manusia sadar akan dosa-dosanya dan lalu datang / percaya pada Kristus.

Anda mau apakan ayat  ini? Masih kurang jelas? Perhatikan ayat berikut:

Joh 5:39-40 “Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.”

Joh 5:45-47  “Jangan kamu menyangka, bahwa Aku akan mendakwa kamu di hadapan Bapa; yang mendakwa kamu adalah Musa, yaitu Musa, yang kepadanya kamu menaruh pengharapanmu. Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku. Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?"

Orang Israel yang tidak percaya / menolak Yesus yang ditulis dalam Taurat, akan didakwa oleh ‘Musa’. Jadi, bangsa Israel yang meresponi Taurat dengan cara percaya pada Kristus yang menjadi tujuan dari hukum Taurat, pasti diselamatkan.

Lalu bagaimana dengan Gal 3:12? Sekali lagi, dalam menafsirkan suatu ayat, kita tak boleh lepas dari konteks yang ada. Ayat ini ada, karena dilatarbelakangi dengan adanya ajaran sesat yang mengatakan bahwa manusia selamat bukan hanya karena iman, tapi juga dengan melakukan Taurat (Gal 3:5). Karena itu, Paulus menekankan selamat hanya karena iman (Gal 2:16; 3:6-9,14). Orang yang ingin masuk surga dengan melakukan hukum Taurat adalah mustahil (Gal 3:10,11). Jadi, Gal 3:12 tidak bisa dipahami bahwa Paulus memang benar-benar mengatakan bahwa dasar hukum Taurat bukan iman, karena kalau demikian akan bertentangan dengan isi dari Taurat (Mis: Kej 15:6), dimana Abraham dibenarkan karena iman. Ini juga akan bertentangan dengan Rom 10:4 dan Yoh 5:39,40,45-47.

Sesuai dengan konteks yang ada, maka Gal 3:12 harus dipahami bahwa mereka yang mendasari keselamatannya karena melakukan Taurat, dan bukan karena iman, pasti tidak akan dapat diselamatkan.  

Haha.. Saya ingin bertanya : Seberapa jelas Kristus disingkapkan oleh pengajar Taurat pada masa itu?

Tanggapan Adrina:
Tentu tidak sejelas dalam PB, tapi saat itupun (dalam Taurat), Kristus TELAH dinyatakan.

Bukankah Yesus ketika datang kepada bangsa Israel DITOLAK oleh Israel?

Tanggapan Adrina:
Anda pikir SELURUH orang Israel telah menolak Kristus? Bagaimana dengan para murid Yesus: Petrus, Yakobus, Yohanes, Andreas, dll ? Gimana dengan perempuan berdosa yang mengurapi Yesus dengan minyak (Luk 7:36-50)? Gimana dengan kepala pemungut cukai yang bernama Zakheus (Luk 19:1-10)? Gimana dengan Maria dan Marta (Yoh 11:1-44)? Gimana dengan penjahat disebelah Yesus (yang bertobat) saat disalib? Gimana dengan rasul Paulus? Apakah mereka semua telah MENOLAK Yesus?

Apakah murid Budi Asali lupa bahwa pada zaman Paulus saja, bangsa Israel sudah mempunyai ciri : “pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya. Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka”. (II Korintus 3 :14-15).

Tanggapan Adrina:
Apakah pikiran SEMUA orang Israel telah menjadi tumpul? Benar-benar TUMPUL pikiran si Vantillian ini!

Bahkan murid-murid Yesus semuanya SALAH PAHAM tentang kedatangan Yesus di dunia ini. Bukankah mereka sangat mengharapkan adanya Mesias jasmani yang akan menajdi raja yang jaya di dunia ini memimpin bangsa Israel? Ini saya tuliskan hanya untuk mengingatkan Adrina sang reformed goblok supaya belajar dengan baik karena menuliskan kalimat : Anda katakan “orang Farisi dan hampir semua bangsa Israel MENOLAK Yesus”. Bukankah TIDAK SEMUA orang Israel menolak Yesus? Contoh: Para murid Yesus, Yakobus, Petrus, Yohanes, dll. Berarti, respon manusia terhadap wahyu khusus tidak gagal toh? ( Anda harus belajar lagi kepada alumni RTS karena anda bukan lawan saya, ok? Mungkin sudah saatnya anda memanggil alumni RTS ke SS sebelum pengertian memalukan dan menyesatkan anda semakin menyebar)

Tanggapan Adrina:
Murid-murid Yesus SEMUANYA salah paham tentang Yesus? Lihat ayat-ayat berikut ini:

Mat 16:13-16 “Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Mat 14:33  “Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau Anak Allah."

Joh 20:28  “Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

Saya tak perduli bagaimana paham / sikap awal dari para murid tersebut. Yang jelas, mereka tidak menolak, bahkan mereka percaya / mengenal Yesus dengan benar: Yesus adalah mesias, Anak Allah, Dia adalah Tuhan! Oleh karena itu, wahyu khusus Allah, sama sekali TIDAK GAGAL!

Hal kedua dari topik ini adalah bahwa dalam surat Roma Paulus juga menekankan bahwa kebenaran yang Allah perhitungkan dalam kebenaran orang percaya adalah kebenaran TANPA hukum Taurat.

Tanggapan Adrina:
Lalu buat apa Hukum Taurat ada? “Kebenaran tanpa Taurat” artinya kebenaran yang diperoleh karena iman dan bukan karena melakukan Taurat.

Iman diperhitungkan sebagai kebenaran SEBELUM Hukum Taurat telah ada. Dengan demikian jelas, bahwa sebelum bangsa Israel ada, kebenaran karena iman telah diperhitungkan. Bukan karena ada hubungan dengan Taurat atau karena bersentuhan dengan Taurat.

Tanggapan Adrina:
Memang demikian, tetapi dalam Tauratpun kebenaran karena iman, juga ada tertulis.

Roma 4:13 Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran, berdasarkan iman.

Roma 4:14 Sebab jika mereka yang mengharapkannya dari hukum Taurat, menerima bagian yang dijanjikan Allah, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu.

Roma  3:21 Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi,

Kitab PL menyaksikan kepada bangsa Israel bahwa mereka TIDAK AKAN bisa mengharapkan kebenaran dari Taurat atau karena mereka adalah bangsa Israel. Kitab PL menyaksikan kepada bangsa Israel bahwa kebenaran dari Allah adalah kebenaran iman. Sunat jasmani tidak akan menyelamatkan, hanya sunat rohani. Taurat tidak dapat membenarkan, hanya iman.

Kebenaran Allah adalah kebenaran TANPA hukum Taurat. Allah mengikat janjiNya dengan umat pilihanNya adalah ketika Taurat belum ada. Karena itulah, iman Abraham akan diperhitungkan bagi bangsa BUKAN Yahudi. Orang Yahudi dan non Yahudi diselamatkan berdasarkan IMAN, bukan RESPON terhadap Taurat. Kalimat di bawah ini dari murid Budi Asali JELAS menunjukkan bahwa keselamatan karena iman ADA hubungannya dengan Taurat. Dan ini merupakan PENGINGKARAN terhadap Injil. Pernyataan GOBLOK dari seorang reformed ini adalah pernyataan orang yang TIDAK membaca dan mengerti Firman dengan baik.

Tanggapan Adrina:

Roma 3:21, telah anda salah tafsirkan! Perhatikan ayat-ayat sebelum dan sesudahnya berikut ini:

Rom 3:20  Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

Rom 3:21  Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi,

Rom 3:22  yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.

Rom 3:23  Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Rom 3:24  dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

Rom 3:25  Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.

Rom 3:26  Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.

Rom 3:27  Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!

Rom 3:28  Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

Rom 3:29  Atau adakah Allah hanya Allah orang Yahudi saja? Bukankah Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain? Ya, benar. Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain!

Rom 3:30  Artinya, kalau ada satu Allah, yang akan membenarkan baik orang-orang bersunat karena iman, maupun orang-orang tak bersunat juga karena iman.

Ayat 21, tidak bisa ditafsirkan terlepas dari ayat 20, 22-31. Disini, Paulus lagi-lagi sedang menekankan selamat hanya karena iman dan bukan karena melakukan Taurat. “Kebenaran tanpa hukum Taurat” dalam ayat 21, artinya: kebenaran yang diperoleh hanya karena iman dalam Yesus Kristus dan bukan karena melakukan hukum Taurat. Yang dimaksud dengan “Kebenaran tanpa hukum Taurat” dalam teks ini, berbicara tentang kebenaran yang dihubungkan dengan persoalan keselamatan. Orang-orang Yahudi sangat menekankan selamat karena mentaati Taurat, makanya Paulus menggempur mereka habis-habisan dengan mengatakan: “Tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan”. Mengapa Paulus mengatakan demikian? Karena selamat HANYA melalui IMAN!

Kalau hukum Taurat bukan kebenaran Allah, lalu buat apa Allah memberi Taurat tersebut?

Rom 3:31  “Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.”

Ayat ini jelas mengatakan bahwa hukum Taurat tidak bisa dibatalkan karena iman, tetapi sebaliknya, justru semakin diteguhkan!

Silahkan anda membaca kembali keseluruhan konteks yang ada, semoga dapat dimengerti dengan baik.

Inilah pengertian kacamata Farisi Modern.

Adrina: “Keselamatan bukan karena menjadi warga Negara Israel, tetapi karena respon yang benar terhadap Taurat yang hanya dimiliki oleh bangsa Israel. Bangsa non Israel bisa diselamatkan kalau dia percaya pada Kristus yang diberitakan dalam Taurat.”

Israel dan non Israel diselamatkan karena “Iman Abraham” dalam arti SEBELUM adanya Hukum Taurat TERTULIS. Dengan demikian, omong kosong murid Budi Asali di atas akan menyesatkan dan mengajarkan suatu Injil PLUS. Taurat TIDAK PERNAH diperhitungkan dalam kebenaran Iman. Taurat hanya diperhitungkan dalam kebenaran karena perbuatan. Tetapi tidak ada manusia yang mampu memenuhi Taurat dengan SEMPURNA. Baik itu orang Israel maupun non-Israel.  Karena itu, keselamatan dari Tuhan tidak memandang dari kebangsaan/kenegaraan maupun apakah ADA taurat tertulis atau tidak ada. Karena kebenaran karena iman SUDAH diperhitungkan Allah sebelum Taurat tertulis itu ada.

Tanggapan Adrina:

Iman Abraham” yang bagaimana? Apa bedanya iman Abraham dengan iman Habel? Apa bedanya iman Abraham dengan iman Petrus dan Paulus? Apa anda pikir yang diimani Abraham, berbeda dengan yang diimani oleh Petrus?

Sebelum Taurat diberikan pada Musa, kebenaran karena iman memang telah ada. Tetapi itu tidak membatalkan pembenaran karena iman yang juga dinyatakan dalam Taurat. Pembenaran karena iman diteruskan dalam Taurat dan juga diteruskan dalam PB. Keseluruhan Kitab Suci mencatat dengan tegas: manusia selamat HANYA karena IMAN dan bukan karena perbuatan baik.

Adrina : Keselamatan memang bukan karena menjadi warga Negara Israel, tetapi karena respon yang benar terhadap Taurat yang hanya dimiliki oleh bangsa Israel. Respon yang bagaimana? Iman / percaya pada Kristus! Zaman PL, sama dengan PB, selamat HANYA karena iman!

Pernyataan yang MEMBINGUNGKAN ini jelas MENENTANG kebenaran Alkitab, bahwa kebenaran Allah sudah diperhitungkan kepada Abraham SEBELUM ada Taurat. Pernyataan Iman kepada Kristus yang diberitakan dalam taurat adalah pernyataan OMONG KOSONG karena jelas, kebenaran iman adalah kebenaran TANPA hukum Taurat.
Meskipun Adrina menuliskan PB dan PL selamat HANYA iman, namun dia mengaitkan iman PL dengan Taurat.

Tanggapan Adrina:

Siapa yang mengingkari kebenaran karena iman sebelum ada Taurat? Ayo tunjukkan, Jangan cuma omong doang! Orang yang suka berkoar-koar dengan mengatakan: iman pada Kristus yang ditulis dalam Taurat dapat menyelamatkan manusia itu salah, adalah orang yang suka OMONG KOSONG!  

Ingat, konteks pembicaran yang saya maksudkan adalah mengacu pada Roma 2:12, yang telah kita debatkan sebelumnya. Jadi saya tidak sedang bicara tentang iman Abraham, Habel, Nuh, dsb.

Ini jelas adalah pemahaman yang bukan saja keliru, namun ini adalah pemahaman yang menggelikan dan mengenaskan karena tidak pernah membaca ayat-ayat di bawah ini :

Roma 4:7 "Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya;

Roma 4:8 berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya."

Roma 4:9 Adakah ucapan bahagia ini hanya berlaku bagi orang bersunat saja atau juga bagi orang tak bersunat? Sebab telah kami katakan, bahwa kepada Abraham iman diperhitungkan sebagai kebenaran.

Roma 4:10 Dalam keadaan manakah hal itu diperhitungkan? Sebelum atau sesudah ia disunat? Bukan sesudah disunat, tetapi sebelumnya.

Roma 4:11 Dan tanda sunat itu diterimanya sebagai meterai kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya, sebelum ia bersunat. Demikianlah ia dapat menjadi bapa semua orang percaya yang tak bersunat, supaya kebenaran diperhitungkan kepada mereka,

Sebab bukan karena Taurat, maka janji itu akan berlaku. Tanpa Taurat, janji iman itu telah berlaku. Dengan demikian kebenaran karena iman TIDAK BISA dikurung dan dikekang dalam konsep Taurat tertulis. Dengan demikian, Taurat tertulis yang dimiliki bangsa Israel TIDAK ADA hubungan dalam pembenaran Iman.

Tanggapan Adrina:

Karena pembenaran oleh iman sudah ada sebelum Taurat, maka berarti Taurat tidak ada hubungan dengan pembenaran karena iman? Sungguh kesimpulan amburadul yang sakarepe dewe!

Pembenaran karena iman yang telah ada sebelum sunat (Taurat), itu tidak membuktikan bahwa Taurat tidak menuliskan hal itu.

Roma 4:13 Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran, berdasarkan iman.

Roma 4:14 Sebab jika mereka yang mengharapkannya dari hukum Taurat, menerima bagian yang dijanjikan Allah, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu.

Apa kesimpulan dari ayat-ayat di atas? Adakah peranan Taurat dan sunat dalam kebenaran iman? Jelas tidak. Pengharapan dalam Taurat akan membuat sia-sia kebenaran karena iman. Berharap saja kepada Taurat tidak akan pernah membenarkan, apalagi merespon Taurat. Respon dari hongkong? Kebenaran Iman tidak pernah memperhitungkan kebenaran Taurat.

Tanggapan Adrina:

Lagi-lagi ini merupakan kesimpulan yang asal-asalan TANPA memperhatikan konteks yang ada. Silahkan baca keseluruhan pasal 4 dengan teliti (seperti yang sudah saya contohkan diatas), setelah itu baru bisa menarik  kesimpulan dengan benar. Melakukan Taurat (termasuk sunat) memang tidak punya andil dalam keselamatan. Ingat, konteks pembicaraan Paulus pada ayat itu adalah untuk menyerang ajaran sesat orang Yahudi yang mendasari selamat karena iman dan ketaatan pada Taurat.

Anda mengatakan: “Kebenaran Iman tidak pernah memperhitungkan kebenaran Taurat”. Bukankah kebenaran iman juga dinyatakan dalam Taurat? Lalu mengapa anda ‘membuang’ kebenaran Taurat???

Satu hal yang penting ditekankan adalah kebenaran INJIL telah ada sebelum ada TAURAT. Iman itu telah diperhitungkan sebagai kebenaran SEBELUM ada Taurat. Dan Taurat tidak pernah menjadi kebenaran bagi semua orang, karena dasarnya adalah PERBUATAN, bukan Iman, bukan Respon, bukan atas dasar percaya. Tetapi sebaliknya, Injil telah diberitakan semenjak PL, yang telah hidup dalam “iman Abraham”. Iman inilah yang berlaku untuk semua orang bersunat maupun tidak. Iman inilah yang berlaku untuk yang hidup di bawah taurat tertulis maupun yang tidak.

Tanggapan Adrina:
Kalimat yang saya garis bawahi, jelas adalah ngawur dan ngaco! Dengan menyatakan Taurat BUKAN kebenaran, itu sama dengan telah menghina Kitab Suci (wahyu Allah)!

Galatia 3:6 Secara itu jugalah Abraham percaya kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.

Galatia 3:7 Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham.

Galatia 3:8 Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu segala bangsa akan diberkati."

Lalu bagaimana dengan keselamatan bangsa non-Yahudi? Keselamatan bangsa non Yahudi adalah SAMA seperti keselamatan bangsa Israel yaitu melalui Iman. Iman yang bagaimanakah? Iman dalam kebenaran yang sama seperti diperhitungkan kepada Abraham. Apakah iman itu ada pada zaman PL? Ada. Siapakah yang beriman? Kita tidak tahu. Yang kita tahu adalah yang dicatat dalam Alkitab. Jadi orang non-Yahudi diselamatkan BUKAN karena mereka “bersentuhan” dengan Taurat tertulis ataupun dengan bangsa Israel, namun karena iman mereka. Ajaran “bersentuhan” dengan Taurat dan bangsa Israel adalah ajaran yang tidak ada dalam Alkitab. Bangsa Israel sendiri saja tidak bisa selamat karena taurat tertulis, apalagi bangsa lain?

Tanggapan Adrina:

Kalimat anda yang saya garis bawahi, jelas bertentangan dengan Roma 2:12

Rom 2:12  “Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.”

Ayat ini, sama sekali tidak dijelaskan, namun anda dengan sengaja menghindarinya agar tidak nampak kesesatannya.

Keselamatan non-Yahudi pada zaman PL adalah keselamatan karena iman berdasarkan konsep “iman Abraham”. Apakah iman Abraham itu? Itulah iman karena kepada Allah, Sang Penebus dan Sang Pencipta.

Tanggapan Adrina:

Siapakah yang dimaksudkan dengan Allah Sang Penebus itu? ‘Allah’ yang mana? Jangan kembali menggiring para pembaca untuk mengikuti ajaran Universalisme anda itu!

Yang jelas itu bukan menunjuk pada ‘Allah’ yang menjadi sesembahan SEMUA agama / aliran kepercayaan yang ada. Itu HANYA menunjuk pada Tuhan Yesus Kristus !!!

Roma 4:16 Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, --

Roma 4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa" -- di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada.

Abraham adalah Bapa orang beriman untuk semua bangsa, bukan hanya untuk zaman PB, melainkan sudah berlaku pada zaman PL. Taurat yang SESUDAH itu, tidak pernah bisa memberangus kebenaran Injil yang telah ada pada zaman Abraham. Kebenaran Iman sudah diperhitungkan SEBELUM ada Taurat dan Sunat yang menandakan hukum dan kewargaan bangsa Israel.

Tanggapan Adrina:

Kebenaran Injil bukan baru ada pada zaman Abraham, tetapi telah ada bahkan sejak zaman Adam dan Hawa. Dibenarkan / selamat hanya karena Iman bukan hanya berlaku sejak zaman sebelum Taurat, tetapi itu diteruskan oleh Taurat dan juga semakin diteguhkan dalam Perjanjian Baru. Tanpa iman pada Kristus, MUSTAHIL manusia diselamatkan!  

Namun yang menjadi perbedaannya adalah: dalam PL, manusia beriman pada Kristus yang akan datang, tetapi dalam PB manusia beriman pada Kristus yang telah datang.

Roma 4:11 Dan tanda sunat itu diterimanya sebagai meterai kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya, sebelum ia bersunat. Demikianlah ia dapat menjadi bapa semua orang percaya yang tak bersunat, supaya kebenaran diperhitungkan kepada mereka,

Roma 4:12 dan juga menjadi bapa orang-orang bersunat, yaitu mereka yang bukan hanya bersunat, tetapi juga mengikuti jejak iman Abraham, bapa leluhur kita, pada masa ia belum disunat.

Blog ini telah membuktikan dengan jelas bahwa ajaran Adrina, murid Budi Asali tentang keselamatan PL bahwa bangsa Israel ada hubungannya dengan Taurat adalah menyesatkan. Ini adalah pemahaman paling berbahaya karena akan menjadikan Injil menajdi Injil PLUS. Memberitakan Injil dengan konsep Injil PLUS adalah kekejian bagi Injil itu sendiri.

Tanggapan Adrina:

Roma 2:12 dengan GAMBLANG menyatakan: tanpa Taurat, semua orang berdosa akan BINASA! Karena itu, dapat dipastikan, hampir semua orang non Israel pasti binasa!  

Ini bukanlah Injil PLUS, tapi merupakan kebenaran Alkitab.

Salah satu alasan saya membongkar bualan kosong Adrina  adalah karena dia dikenal sebagai murid Budi Asali. ( kalau tidak berkaitan, emangnya gue pikirin).

Tanggapan Adrina:
Salah satu alasan saya menanggapi bualan Vantillian ini, adalah karena dia dikenal sebagai ‘murid’ suhu Hai hai bidat terbesar di SS (kalau tak berkaitan, EGP).

Saya tidak tahu apakah yang diajarkan Budi Asali memang demikian? Apakah memang Budi Asali mengajarkan ajaran sesat begini? Jikalau demikian adanya, maka golongan ini adalah golongan Kristen Taurat atau Legalis.

Tanggapan Adrina:

Dengarkan baik-baik:

Ketika saya menanggapi bualan anda ini, saya sama sekali tidak pernah berkonsultasi / meminta bantuan beliau untuk menanggapi ajaran anda ini. Sekalipun saya adalah muridnya, itu TIDAK berarti bahwa  SEMUA yang saya tuliskan ini adalah pandangan darinya. Jadi, seandainya ada tanggapan saya yang salah, itu tidak berarti bahwa  pandangan tersebut adalah pandangan dari Pdt. Budi Asali.

Golongan ini adalah golongan yang mengancam Injil yang benar. Golongan ini adalah golongan yang dikutuk keras oleh Paulus :

Galatia 1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

Galatia 1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Tanggapan Adrina:

Ayat yang anda kutip diatas, merupakan teguran keras dari Paulus kepada para pengajar sesat yang mencampurkan iman dan perbuatan baik / taat pada Taurat sebagai syarat keselamatan. Selamat HANYA karena IMAN! Saya rasa anda belum memenuhi tuntutan Allah ini, karena anda sendiri mengatakan bahwa syarat keselamatan BUKAN karena iman / percaya, tetapi karena predestinasi.

Vantillian, cepatlah bertobat, sebelum anda benar-benar menjadi orang yang terkutuk!

NB : Pembahasan blog ini hanya berkisar kebenaran Taurat dan iman dalam keselamatan, bukan mengenai natur dan fungsi Hukum Taurat itu sendiri.

Tanggapan Adrina:

Membahas mengenai hukum Taurat, tanpa menjelaskan fungsi dari Taurat itu sendiri, merupakan kata-kata kosong dari seorang pembual ulung!

Tetapi, secara umum, saya ‘bangga’ dengan Vantillian. Walaupun dalam beberapa hal, kebodohannya masih terlihat dengan jelas, tapi dalam tulisannya ini, dia telah dengan terang-terangan mengakui: manusia selamat hanya karena IMAN dan bukan karena perbuatan baik. Ini sekaligus membantah ajaran sesat yang telah diajarkannya sebelumnya bahwa iman / percaya bukan syarat untuk diselamatan.

Mungkinkah apa yang saya yakini ini benar? Mari kita tunggu apologia Vantillian berikutnya.

ronggowarsito's picture

nubuatan yang tergenapi

Genap sudah nubuatan Sang Manusia Pasir

salam hangat,
rong2

__________________

salam hangat,
rong2

Adrina's picture

@Ronggo, 'Nabi' baru...

Ya, mungkin si manusia pasir adalah 'nabi' baru di SS ini.

Buktinya nubuatannya terjadi  :)

salam 'panas' !

PlainBread's picture

Bumi Bulat

Ketika orang punya prinsip "yang penting beda!", yang sebenarnya dia lakukan adalah menjauh dan terus menjauh dari orang yang dia anggap beda, sampe akhirnya dia tiba di titik di mana orang yang dia anggap beda itu ternyata berada di titik yang sama.

Itulah yang dilakukan Adrina. Trus bergerak menjauhi Vantillan, gak taunya malah sampai di tempat di mana Vantillan berdiri. Mungkin dia lupa kalo bumi bulat.

 

"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

Adrina's picture

@PB, Saya tak akan jatuh cinta

Ketika orang punya prinsip "yang penting beda!", yang sebenarnya dia lakukan adalah menjauh dan terus menjauh dari orang yang dia anggap beda,

"Yang penting beda" maksudnya apa? Prasangka buruk lagi ? Kapan anda bisa sadar?

Saya tidak sedang menjauhi Vant, justru sebaliknya saya sedang mendekatinya.

sampe akhirnya dia tiba di titik di mana orang yang dia anggap beda itu ternyata berada di titik yang sama.

berbeda dalam hal menafsirkan Kitab Suci, itulah yang terjadi diantara Vant dan saya. Kalau memang tak beda, kami tak mungkin debat. Tujuan saya mendebatnya, bukan untuk menyerang / menjelek-jelekkan orangnya, apalagi memaksakannya agar menjadi sepaham dengan saya. Saya hanya memberi pandangan alternatif. Selanjutnya terserah anda !

Itulah yang dilakukan Adrina. Trus bergerak menjauhi Vantillan, gak taunya malah sampai di tempat di mana Vantillan berdiri. Mungkin dia lupa kalo bumi bulat.

PB, saya tidak sedang menjauhinya. Tanggapan yang saya berikan atas ajarannya, merupakan bukti bahwa saya ingin selalu dekat dengannya.

Tapi ingat, saya tak mungkin jatuh cinta padanya, karena saya sudah ada yang punya....  :)

 

 

PlainBread's picture

@Adrina Yang penting Beda

"Yang penting beda" maksudnya apa? Prasangka buruk lagi ? Kapan anda bisa sadar?

Hahahaha. Kalo bukan "yang penting beda", ngapain soal "Israel" dan "seluruh Israel" dibahas? Ngapain soal "murid Yesus" dan "semua murid Yesus" dibahas?

Anda suka menaruh segala sesuatunya di bawah mikroskop? Yang kecil2, yang gak esensial, dibahas. Kata semua, seluruh, banyak, sebagian, dibahas. Untung ini di nternet pake komputer. Mungkin kalo pake tulisan tangan, tanda titik di atas huruf i juga anda bahas. Trus pake ayat alkitab biar alkitabiah, "hendaklah kamu sempurna sama seperti BapaMu di sorga sempurna", jadi debat pun per huruf per kata per kalimat dibahas. Biar sempurna seperti Bapa.

 

Saya tidak sedang menjauhi Vant, justru sebaliknya saya sedang mendekatinya.

berbeda dalam hal menafsirkan Kitab Suci, itulah yang terjadi diantara Vant dan saya. Kalau memang tak beda, kami tak mungkin debat. Tujuan saya mendebatnya, bukan untuk menyerang / menjelek-jelekkan orangnya, apalagi memaksakannya agar menjadi sepaham dengan saya. Saya hanya memberi pandangan alternatif. Selanjutnya terserah anda !

Memberikan pandangan alternatif itu seperti di parlemen, Membaca narasi.  Soal menjelek2an orang, yah silakan, gak ada yang larang.

 

PB, saya tidak sedang menjauhinya. Tanggapan yang saya berikan atas ajarannya, merupakan bukti bahwa saya ingin selalu dekat dengannya.

Tapi ingat, saya tak mungkin jatuh cinta padanya, karena saya sudah ada yang punya....  :)

Lah, sapa juga yang ngomongin soal jatuh cinta? Hehehe.

Saya bilang soal jauh dan dekat itu mengenai masalah perbedaan pandangan. Saya pikir anda terlalu intense mem-versus-kan tulisan2 Vantillian, makanya saya bilang jangan terlalu intense, nanti makin menjauh makin menjauh alias makin berbeda (pandangannya), yang ada malah makin mendekat (pandangannya).

Jadi bukan soal fisik atau bahkan jatuh cinta. Hehehehe.

 

 

 

 

 

"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

Adrina's picture

@PB = Dukun yg suka Prasangka BURUK

"Yang penting beda" maksudnya apa? Prasangka buruk lagi ? Kapan anda bisa sadar?

Hahahaha. Kalo bukan "yang penting beda", ngapain soal "Israel" dan "seluruh Israel" dibahas? Ngapain soal "murid Yesus" dan "semua murid Yesus" dibahas?

Anda sudah tahu tidak apa yang menjadi inti dari tanggapan saya terhadap Vantillian? Saya mendebatnya karena dia telah mengajarkan suatu ajaran sesat yang bernama 'Universalisme'. Ini salah satu contohnya:

Vantiliian: "Puncak Penyataan Wahyu Allah adalah dalam Diri Kristus. Semua kepercayaan adalah RESPON manusia terhadap wahyu Allah. Apa yang disembah oleh agama lain baik dalam bentuk monotheisme dan politheisme adalah GAMBARAN dari respon terhadap WAHYU KEESAAN dan KETRI-TUNGGALAN Allah sendiri. Allah menyatakan diri sebagai Allah yang Esa dan Pribadi yang banyak. Allah menyatakan Diri dalam bentuk Satu dan Banyak."

Apa menurut anda ini bukan mengindikasikan Universalisme? (kecuali anda pake kacamata kuda).

Vant kemudian menanggapi balik dan membuat blog-blog baru yang berhubungan dengan keselamatan. Dia bahkan mengatakan bahwa Israel (termasuk murid-murid Yesus) telah MENOLAK wahyu Allah (Yesus).

Vantillian: "Untuk mengerti kebenaran ini saja tidak bisa, apalagi dengan sombong mengajarkan bangsa Israel selamat karena IMAN dalam hubungannya dengan Taurat. Iman kepada Taurat adalah iman kepada Kristus? Haha.. Saya ingin bertanya : Seberapa jelas Kristus disingkapkan oleh pengajar Taurat pada masa itu? Bukankah Yesus ketika datang kepada bangsa Israel DITOLAK oleh Israel?"

 

Lalu mengapa ketika saya menanggapi ajaran tolol dari Vant, anda bilang saya telah melakukan 'yang penting beda'? Anda seorang DUKUN ya... yang bisa tahu motivasi seseorang?

PB, anda telah BERPRASANGKA BURUK pada saya !

 

Anda suka menaruh segala sesuatunya di bawah mikroskop? Yang kecil2, yang gak esensial, dibahas. Kata semua, seluruh, banyak, sebagian, dibahas. Untung ini di nternet pake komputer. Mungkin kalo pake tulisan tangan, tanda titik di atas huruf i juga anda bahas.

Anda pikir ajaran SESAT Vant tentang Universalisme dan keselamatan bukan sesuatu yang ESENSI untuk ditanggapi? Benar-benar OON loe !

Trus pake ayat alkitab biar alkitabiah, "hendaklah kamu sempurna sama seperti BapaMu di sorga sempurna", jadi debat pun per huruf per kata per kalimat dibahas. Biar sempurna seperti Bapa.

Saya tidak pernah mengklaim bahwa tanggapan saya adalah SEMPURNA.

Disini anda kembali telah BERPRASANGKA BURUK pada saya !

Memberikan pandangan alternatif itu seperti di parlemen, Membaca narasi.  Soal menjelek2an orang, yah silakan, gak ada yang larang.

Saya memberi pandangan alternatif, itu membuktikan bahwa saya tidak pernah memaksakan orang untuk mengikuti pandangan saya. Kalau semua orang hanya diam seribu bahasa TANPA menghancurkan ajaran sesat yang ada, anda pikir itu hal bagus? Gimana kalau ternyata banyak orang yang terpengaruh / mengikuti ajaran sesatnya? Anda suka seperti itu?

Lah, sapa juga yang ngomongin soal jatuh cinta? Hehehe.

Saya bilang soal jauh dan dekat itu mengenai masalah perbedaan pandangan. Saya pikir anda terlalu intense mem-versus-kan tulisan2 Vantillian, makanya saya bilang jangan terlalu intense, nanti makin menjauh makin menjauh alias makin berbeda (pandangannya), yang ada malah makin mendekat (pandangannya).

Saya intens mendebat tulisan2 Vant, karena itu merupakan hal yang ESENSI dan memang HARUS dihancurkan !!!

Jadi bukan soal fisik atau bahkan jatuh cinta. Hehehehe.

Anda katakan saya menjauh dari Vant. Saya bilang tidak, tanggapan yang saya lakukan justru ingin selalu 'dekat' dengannya. Tapi saya ingatkan anda bahwa saya tidak mungkin 'jatuh cinta' padanya (mengikuti pandangannya). Apa itu salah?

PB, gimana kalau anda BOBO aja? Mending elu bobo, ketimbang menjadi DUKUN kristen yang suka BERPRASANGKA BURUK pada saya. Ok?

 

 

PlainBread's picture

@Adrina Universalisme

Anda sudah tahu tidak apa yang menjadi inti dari tanggapan saya terhadap Vantillian? Saya mendebatnya karena dia telah mengajarkan suatu ajaran sesat yang bernama 'Universalisme'. Ini salah satu contohnya:

Vantiliian: "Puncak Penyataan Wahyu Allah adalah dalam Diri Kristus. Semua kepercayaan adalah RESPON manusia terhadap wahyu Allah. Apa yang disembah oleh agama lain baik dalam bentuk monotheisme dan politheisme adalah GAMBARAN dari respon terhadap WAHYU KEESAAN dan KETRI-TUNGGALAN Allah sendiri. Allah menyatakan diri sebagai Allah yang Esa dan Pribadi yang banyak. Allah menyatakan Diri dalam bentuk Satu dan Banyak."

Apa menurut anda ini bukan mengindikasikan Universalisme? (kecuali anda pake kacamata kuda).

 

Adrina, mending anda tulis blog khusus mengenai universalisme. Lalu anda persillakan SSers termasuk saya untuk menguji apakah pandangan anda tentang universalisme adalah benar merupakan universalisme atau merupakan ajaran2 keblinger entah anda dapatkan dari mana.

Keluarlah dari tempurung anda.  Keluarlah dari bawah batu yang selama ini jadi tempat anda bersembunyi. Anda bisa lihat bahwa di luar ada matahari. Terlalu lama hidup berada di dalam tempurung dan di bawah batu menyebabkan badan suka penyakitan dan otak bisa mengeriput (dengan catatan: kalo memang ada otak). Saya sebenarnya menyadari bahwa PRASANGKA anda soal Vantillian menganut universalisme bisa dimaklumi dari mana asalnya.


"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

Adrina's picture

@PB, Buka kaca mata kuda loe...

Adrina, mending anda tulis blog khusus mengenai universalisme. Lalu anda persillakan SSers termasuk saya untuk menguji apakah pandangan anda tentang universalisme adalah benar merupakan universalisme atau merupakan ajaran2 keblinger entah anda dapatkan dari mana.

Loh... bukankah saya sudah menanggapi tulisan Vantillian tersebut? Lihat disini:

 

Racun Universalisme: Sebuah Tanggapan Terhadap Ajaran Vantillian

PB, silahkan anda PLOTOTIN baik-baik dan segera buka KACA MATA kuda loe.

Keluarlah dari tempurung anda.  Keluarlah dari bawah batu yang selama ini jadi tempat anda bersembunyi. Anda bisa lihat bahwa di luar ada matahari. Terlalu lama hidup berada di dalam tempurung dan di bawah batu menyebabkan badan suka penyakitan dan otak bisa mengeriput (dengan catatan: kalo memang ada otak).

Emang saya selama ini ada dibawah tempurung ? Wah....Ternyata anda memang seorang dukun ya? Bisa-bisanya tahu dimana keberadaan seseorang. Lebih parah lagi, ternyata anda Kristen, berarti dukun Kristen...Hancur mina....

Saya sebenarnya menyadari bahwa PRASANGKA anda soal Vantillian menganut universalisme bisa dimaklumi dari mana asalnya.

Emang dari mana asalnya? Mau PRASANGKA BURUK lagi?

PlainBread's picture

@Adrina Memakai Bra di Dada, Bukan di Mata

Loh... bukankah saya sudah menanggapi tulisan Vantillian tersebut? Lihat disini:

Anda bisa baca gak tulisan saya: Blog khusus mengenai Universalisme. Kalo anda masih gak ngerti kalimat tersebut, saya bisa terjemahkan ke bahasa lain, termasuk ke bahasa klingon yang mungkin anda bisa mengerti.

 

Emang saya selama ini ada dibawah tempurung ? Wah....Ternyata anda memang seorang dukun ya? Bisa-bisanya tahu dimana keberadaan seseorang. Lebih parah lagi, ternyata anda Kristen, berarti dukun Kristen...Hancur mina....

Menyuruh orang melepaskan kacamata kuda, padahal memakai bra di atas muka, itu kondisi yang menyedihkan. Mendingan anda pake bra anda di tempat semestinya. Ibu anda mungkin terlalu sibuk untuk mengajarkan anda memakai bra sehingga anda tampak seperti wanita tolol bukan kepalang. Oh ya, saya sengaja membawa2 ibu anda. Karena sebelumnya saya bertanya dan berdiskusi dengan anda baik2, anda ternyata memulai dengan bawa2 "kacamata kuda" dan "dukun kristen". Hahahaha. Anda pikir cuma anda yang bisa meludah? Bahkan dahak pun saya bisa masukkan ke tenggorokan anda.

Anda belajar universalisme dari mana sih? Dikasih tau pendeta anda? Mending anda banyak baca buku soal universalisme daripada menelan mentah2 semua yang ada di bawah batu dan di dalam tempurung. Mungkin benar kata si Vantillian, pendeta anda harusnya balik lagi ke amrik sini, biar belajar lagi yang bener. Yup, ibu anda dan pendeta anda sudah saya masukkan ke dalam karung. Want more?

 

"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

Adrina's picture

@PB, Ibu saya tak bisa disantet

Anda bisa baca gak tulisan saya: Blog khusus mengenai Universalisme. Kalo anda masih gak ngerti kalimat tersebut, saya bisa terjemahkan ke bahasa lain, termasuk ke bahasa klingon yang mungkin anda bisa mengerti.

Anda bisa baca gak: Saya sudah tanggapi tulisan Vantillian mengenai Universalisme. Apa anda pikir itu bukan TULISAN ? Bukan BLOG tentang Universalisme? Apa saya harus gunakan bahasa dukun?

Menyuruh orang melepaskan kacamata kuda, padahal memakai bra di atas muka, itu kondisi yang menyedihkan. Mendingan anda pake bra anda di tempat semestinya. Ibu anda mungkin terlalu sibuk untuk mengajarkan anda memakai bra sehingga anda tampak seperti wanita tolol bukan kepalang. Oh ya, saya sengaja membawa2 ibu anda. Karena sebelumnya saya bertanya dan berdiskusi dengan anda baik2, anda ternyata memulai dengan bawa2 "kacamata kuda" dan "dukun kristen". Hahahaha. Anda pikir cuma anda yang bisa meludah? Bahkan dahak pun saya bisa masukkan ke tenggorokan anda.

Anda telah bawa-bawa ibu saya ke SS ini, mau menyantetnya? Dengar mbah dukun ibu saya tak bisa disantet, karena dia orang yang telah percaya pada Yesus.

Anda belajar universalisme dari mana sih? Dikasih tau pendeta anda? Mending anda banyak baca buku soal universalisme daripada menelan mentah2 semua yang ada di bawah batu dan di dalam tempurung. Mungkin benar kata si Vantillian, pendeta anda harusnya balik lagi ke amrik sini, biar belajar lagi yang bener.

Dari mana tahu saya belajar Universalisme dari pendeta saya? Benar-benar dukun loe ! Silahkan anda tanggapi tulisan saya kalau tak setuju, tanpa harus membawa-bawa pendeta dan ibu saya, karena saya sama sekali tidak menerima masukan dari mereka untuk membantu menghabisi tulisan sesat Vant itu. 

Saya tunggu tanggapan anda !

Yup, ibu anda dan pendeta anda sudah saya masukkan ke dalam karung. Want more?

Mau menyantet ibu dan pendeta saya ? Dasar DUKUN Kristen !

 

 

PlainBread's picture

@Adrina Bagus, anda mulai ngerem

Anda bisa baca gak: Saya sudah tanggapi tulisan Vantillian mengenai Universalisme. Apa anda pikir itu bukan TULISAN ? Bukan BLOG tentang Universalisme? Apa saya harus gunakan bahasa dukun?

Maksud saya untuk menulis blog KHUSUS mengenai Universalisme, adalah supaya anda memaparkan apa pandangan dan definisi yang anda tau tentang Universalisme, TERLEPAS dari diskusi antara anda dan Vantillian.

Alasan saya memintanya karena:

1. Orang cupet seperti anda selalu berpikir sempit. Saya pernah dituduh memihak ini dan itu. Tuduhan yang cuma keluar dari volume otak yang kecil seperti otaknya hobbit.

Jadi kalo saya ada di blog tanggapan anda ke Vantillian, anda sudah dan akan berpikir bahwa saya memihak orang2 tertentu. Gak perlu jadi dukun untuk tau kaya gitu, cukup baca dan belajar mengenal orang seperti anda.

 

2. Supaya orang lebih mudah membaca tulisan anda yang utuh, tanpa harus quote meng-quote antara anda dan Vantillian, debat berseri anda berdua yang bikin saya sakit mata. Diskusi anda dan Vantillian adalah urusan anda dengan dia. Saya mau blog KHUSUS yang anda tulis soal universalisme terlepas dari debat2 anda dan orang lain yang terlalu mumet dan bertele2.

 

Mau menyantet ibu dan pendeta saya ? Dasar DUKUN Kristen !

Santet itu hukuman, pembalasan.

Saya bukan dukun.

Dan saya tidak percaya santet apalagi dukun.

Tapi kalo hukuman saya percaya.

Dengan melihat tingkah anda seperti ini, saya percaya ibu anda yang memiliki anak seperti anda sudah mendapat hukuman yang sangat berat. Saya berdoa buat ibu anda semoga dia tabah.

 



"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

Adrina's picture

@PB, Anda memang dukun

Anda bisa baca gak: Saya sudah tanggapi tulisan Vantillian mengenai Universalisme. Apa anda pikir itu bukan TULISAN ? Bukan BLOG tentang Universalisme? Apa saya harus gunakan bahasa dukun?

Maksud saya untuk menulis blog KHUSUS mengenai Universalisme, adalah supaya anda memaparkan apa pandangan dan definisi yang anda tau tentang Universalisme, TERLEPAS dari diskusi antara anda dan Vantillian.

Saya sudah memberi definisinya, wah...anda ternyata belum buka kaca mata kudanya, repot juga nih...

Alasan saya memintanya karena:

1. Orang cupet seperti anda selalu berpikir sempit. Saya pernah dituduh memihak ini dan itu. Tuduhan yang cuma keluar dari volume otak yang kecil seperti otaknya hobbit.

Jadi kalo saya ada di blog tanggapan anda ke Vantillian, anda sudah dan akan berpikir bahwa saya memihak orang2 tertentu. Gak perlu jadi dukun untuk tau kaya gitu, cukup baca dan belajar mengenal orang seperti anda.

Dari mana anda tahu saya menuduh / berpikiran seperti itu? Ayo buktikan ! Kalau tak terbukti, berarti anda telah berprasangka buruk lagi pada saya.

2. Supaya orang lebih mudah membaca tulisan anda yang utuh, tanpa harus quote meng-quote antara anda dan Vantillian, debat berseri anda berdua yang bikin saya sakit mata. Diskusi anda dan Vantillian adalah urusan anda dengan dia. Saya mau blog KHUSUS yang anda tulis soal universalisme terlepas dari debat2 anda dan orang lain yang terlalu mumet dan bertele2.

Dengan mendebat langsung tulisan Vantillian, menurut saya itu jauh lebih bagus, agar orang bisa langsung menilai mana yang benar dan mana yang salah. Kalau anda tak suka dengan cara saya seperti ini, gimana kalau BOBO aja ?


Santet itu hukuman, pembalasan.

Saya bukan dukun.

Dan saya tidak percaya santet apalagi dukun.

Tapi kalo hukuman saya percaya.

Dengan melihat tingkah anda seperti ini, saya percaya ibu anda yang memiliki anak seperti anda sudah mendapat hukuman yang sangat berat. Saya berdoa buat ibu anda semoga dia tabah.

Kalau bukan DUKUN, lalu mengapa bisa memprediksi seseorang ? Bahkan bisa BERPRASANGKA BURUK lagi ! Gimana coba? Bukankah anda memang dukun?

PlainBread's picture

@Adrina Gendjer-Gendjer

Hahahaha.

Saudara sekandung sepelayanan seiman segereja sekembar-siamnya Pniel, daripada elu ngoceh gak karuan soal dukun, santet, nyuruh gue bobo, trus mau ngomongin universalisme apalagi bawa2 Firman Tuhan, mending elu nyanyi lagu ini aja abis itu mingkem:

Gendjer-gendjer neng ledokan pating keleler
Gendjer-gendjer neng ledokan pating keleler
Emake thole teka-teka mbubuti gendjer
Emake thole teka-teka mbubuti gendjer
Oleh satenong mungkur sedot sing tolah-tolih
Gendjer-gendjer saiki wis digawa mulih.

Gendjer-gendjer esuk-esuk digawa nang pasar
Gendjer-gendjer esuk-esuk digawa nang pasar
didjejer-djejer diunting pada didasar
dudjejer-djejer diunting pada didasar
emake djebeng tuku gendjer wadahi etas
gendjer-gendjer saiki arep d`iolah.

Gendjer-gendjer mlebu kendil wedange umob
Gendjer-gendjer mlebu kendil wedange umob
setengah mateng dientas digawe iwak
setengah mateng dientas digawe iwak
sega sa piring sambel penjel ndok ngamben
gendjer-gendjer dipangan musuhe sega.


 

"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

Adrina's picture

@All, Kuis Sabda Space..... Cc: Dukun PB

Pernyataan Adrina:

Saya sudah memberi definisinya, wah...anda ternyata belum buka kaca mata kudanya, repot juga nih...

Dari mana anda tahu saya menuduh / berpikiran seperti itu? Ayo buktikan ! Kalau tak terbukti, berarti anda telah berprasangka buruk lagi pada saya.

Dengan mendebat langsung tulisan Vantillian, menurut saya itu jauh lebih bagus, agar orang bisa langsung menilai mana yang benar dan mana yang salah. Kalau anda tak suka dengan cara saya seperti ini, gimana kalau BOBO aja ?

 

Kalau bukan DUKUN, lalu mengapa bisa memprediksi seseorang ? Bahkan bisa BERPRASANGKA BURUK lagi ! Gimana coba? Bukankah anda memang dukun?

Jawaban PB:

Hahahaha.

Saudara sekandung sepelayanan seiman segereja sekembar-siamnya Pniel, daripada elu ngoceh gak karuan soal dukun, santet, nyuruh gue bobo, trus mau ngomongin universalisme apalagi bawa2 Firman Tuhan, mending elu nyanyi lagu ini aja abis itu mingkem:

Gendjer-gendjer neng ledokan pating keleler
Gendjer-gendjer neng ledokan pating keleler
Emake thole teka-teka mbubuti gendjer
Emake thole teka-teka mbubuti gendjer
Oleh satenong mungkur sedot sing tolah-tolih
Gendjer-gendjer saiki wis digawa mulih.

Gendjer-gendjer esuk-esuk digawa nang pasar
Gendjer-gendjer esuk-esuk digawa nang pasar
didjejer-djejer diunting pada didasar
dudjejer-djejer diunting pada didasar
emake djebeng tuku gendjer wadahi etas
gendjer-gendjer saiki arep d`iolah.

Gendjer-gendjer mlebu kendil wedange umob
Gendjer-gendjer mlebu kendil wedange umob
setengah mateng dientas digawe iwak
setengah mateng dientas digawe iwak
sega sa piring sambel penjel ndok ngamben
gendjer-gendjer dipangan musuhe sega.

Kuis SABDA SPACE:

"PB sedang menjawab pernyataan Adrina atau sedang membaca mantra ?"

Jika ada yang bisa menjawabnya, diberikan 'hadiah' !

Ingat jawabannya harus sesuai dengan jawaban saya. Kalau para pembaca SS tak bisa jawab, saya akan menjawabnya.

Sekian Kuis SS, DI TUNGGU...........

Pniel's picture

@Adrina, saya sudah jawab.

Sis, saya sudah jawab. Wah..anda ga lihat ya? Tuch lihat jawaban saya dibawah. Jawabannya adalah : dukun yg lagi mengamen. Hayoo..benar atau salah?

Kalau benar katakan benar, kalau salah katakan salah. Lebih daripada itu berasal dari si jahat lho...Uups..jadi ketularan Hai Hai yg suka edit ayat2 Alkitab...hahaha... ;)

Ditunggu hadiahnya. :)

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Adrina's picture

@Pniel, masih salah....

Jawaban anda memang betul sekali, tetapi itu tak sesuai dengan jawaban saya, 

Baca baik-baik:

Kuis SABDA SPACE:

"PB sedang menjawab pernyataan Adrina atau sedang membaca mantra ?"

Jawabannya hanya 2: PB sedang 'menjawab' atau sedang baca 'MANTRA'  ?

Hayo.....Saya tak mau beri anda 'hadiah' kalau tak bisa jawab.

Pniel's picture

Adrina..lempar ke penonton..

wah...iya ya jawabannya cuma dibatasi 2 aja :) kalau gini aku pasti bisa jawab. Cuma ga enak ah..masak kamu kasi hadiah ke aku. Ntar ada yg kira kita sedang melakukan nepotisme. Aku lempar ke penonton aja dech...

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Adrina's picture

@Pniel, Mari kita tunggu jawaban penonton....

Ya, saya juga berpikir gitu, nanti orang bilang kita nepotisme, dsb. Untung anda belum menjawabnya.

Mari kita tunggu saja jawaban para penonton........ Kalau sampai besok pagi tak ada yang bisa jawab, terpaksa saya akan menjawabnya sendiri  :)

Adrina's picture

Jawaban kuis Sabda Space....Cc: Dukun PB

Karena tak ada yang bisa menjawab kuis / sayembara yang saya ajukan, maka dengan ini saya akan menjawabnya sendiri.

Pertama-tama mari kita lihat dulu jawaban PB atas pernyataan / tanggapan saya sebelumnya:

 

Pernyataan Adrina:

Saya sudah memberi definisinya, wah...anda ternyata belum buka kaca mata kudanya, repot juga nih...

Dari mana anda tahu saya menuduh / berpikiran seperti itu? Ayo buktikan ! Kalau tak terbukti, berarti anda telah berprasangka buruk lagi pada saya.

Dengan mendebat langsung tulisan Vantillian, menurut saya itu jauh lebih bagus, agar orang bisa langsung menilai mana yang benar dan mana yang salah. Kalau anda tak suka dengan cara saya seperti ini, gimana kalau BOBO aja ?

Kalau bukan DUKUN, lalu mengapa bisa memprediksi seseorang ? Bahkan bisa BERPRASANGKA BURUK lagi ! Gimana coba? Bukankah anda memang dukun?

 

Jawaban PB:

Hahahaha.

Saudara sekandung sepelayanan seiman segereja sekembar-siamnya Pniel, daripada elu ngoceh gak karuan soal dukun, santet, nyuruh gue bobo, trus mau ngomongin universalisme apalagi bawa2 Firman Tuhan, mending elu nyanyi lagu ini aja abis itu mingkem:

Gendjer-gendjer neng ledokan pating keleler
Gendjer-gendjer neng ledokan pating keleler
Emake thole teka-teka mbubuti gendjer
Emake thole teka-teka mbubuti gendjer
Oleh satenong mungkur sedot sing tolah-tolih
Gendjer-gendjer saiki wis digawa mulih.

Gendjer-gendjer esuk-esuk digawa nang pasar
Gendjer-gendjer esuk-esuk digawa nang pasar
didjejer-djejer diunting pada didasar
dudjejer-djejer diunting pada didasar
emake djebeng tuku gendjer wadahi etas
gendjer-gendjer saiki arep d`iolah.

Gendjer-gendjer mlebu kendil wedange umob
Gendjer-gendjer mlebu kendil wedange umob
setengah mateng dientas digawe iwak
setengah mateng dientas digawe iwak
sega sa piring sambel penjel ndok ngamben
gendjer-gendjer dipangan musuhe sega.

Kalau saudara perhatikan, ini jelas bukan menjawab / menanggapi pernyataan saya, tetapi LARI ke hal-hal yang lain. Yang sama sekali tidak ada kaitannya.

Dari pernyataan saya diatas, saya menyimpulkan sbb:

1) PB sering pake KACA MATA kuda

2) PB bisa menerawang / memprediksi pikiran seseorang (khusus untuk saya, dia selalu berprasangka buruk)

Oleh karena itu kesimpulan yang dapat diambil ialah:

PB adalah seorang DUKUN !

Dia lalu menyuruh saya menyanyi lagu ini:

Gendjer-gendjer neng ledokan pating keleler
Gendjer-gendjer neng ledokan pating keleler
Emake thole teka-teka mbubuti gendjer
Emake thole teka-teka mbubuti gendjer
Oleh satenong mungkur sedot sing tolah-tolih
Gendjer-gendjer saiki wis digawa mulih.

Gendjer-gendjer esuk-esuk digawa nang pasar
Gendjer-gendjer esuk-esuk digawa nang pasar
didjejer-djejer diunting pada didasar
dudjejer-djejer diunting pada didasar
emake djebeng tuku gendjer wadahi etas
gendjer-gendjer saiki arep d`iolah.

Gendjer-gendjer mlebu kendil wedange umob
Gendjer-gendjer mlebu kendil wedange umob
setengah mateng dientas digawe iwak
setengah mateng dientas digawe iwak
sega sa piring sambel penjel ndok ngamben
gendjer-gendjer dipangan musuhe sega.

Saya tidak ngerti sama sekali arti semua kata-kata ini, bahasa apa ini? Inggris bukan Jerman bukan, Indonesia juga bukan. Mungkin bahasa 'suku'-nya si PB kali. Tapi mengapa dia memberi 'bahasa' yang sama sekali saya tidak mengerti? Mungkinkah dia akan menyantet saya? Apakah dia akan mengguna-guna saya? Up to you !

Jadi, jawaban atas kuis yang saya berikan adalah:

PB sedang komat-kamit / membaca MANTRA untuk Adrina.

Gimana, apa jawaban saya sudah benar? Terserah para pembaca sekalian

Tapi pertanyaannya: Apakah Adrina BISA disantet?

Saya sudah menuliskan Blog bahwa orang Kristen TIDAK BISA di rasuk setan. Itu juga berarti tak bisa disantet ! Silahkan baca disini:

 

Apakah orang percaya bisa di rasuk setan ?

Demikian jawaban kuis dari saya, semoga bermanfaat walau tak sependapat (sori, ikut kata-kata seseorang). :)

Sampai jumpa di kuis selanjutnya....

 

 

Pniel's picture

@Adrina, dukun pengamen.

Sis, dukun hanya mengerti bagaimana menerawang pikiran orang lain. Setelah itu dengan bualan ilmu terawangnya ia mengatakan kepada anda bahwa anda tidak punya bakat menulis tetapi mengamen. Berhubung ia adalah dukunnya para pengamen, maka ia menunjukkan bagaimana caranya mengamen di SS, dengan harapan ada SSer yg memuji suaranya yg sumbang dan memberinya uang receh.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

PlainBread's picture

@Pniel Nyempil Lagi

Saya yakin waktu dulu anda dan Adrina dilahirkan kembar siam (sehingga memiliki alasan valid untuk bergantian ngomong), anda juga tertukar kelamin dengan Adrina makanya si Adrina sering membela anda sebagai saudara laki-lakinya, dan anda suka berlindung di balik ketiak Adrina tapi mulut anda bawel seperti perempuan.

Sepertinya saya sekarang melihat anda bukan saja bertukar kelamin, tapi ternyata kepala anda sampai sekarang belum terpisah dengan kepala Adrina. Makanya maunya nyempil terus.

 

Saya maklum sekarang, Pniel kalo ternyata memang seperti itu sikonnya. Tapi kalo bisa, selain nyempil, anda jangan cuma ngelindur berasa paling tau soal isi alkitab seperti lagaknya FPI kristen. Ajari saudara kembar siam anda berbahasa Inggris soalnya dia ngaku gak bisa ngomong bahasa Inggris (saya heran, SMP dan SMA di Indonesia diajari bahasa Inggris kan? Masa sih dia gak lulus SMP atau SMA? Atau Adrina lulus SMP nyogok?).

Lalu ajari diri anda juga soal cognitive neuroscience. Jadi anda berdua bisa agak pintar dari sekarang daripada hanya ngomongin dukun, santet, trus berasa tahu soal universalisme. Yang dasar aja dulu, Niel. Pasti bisa kok. Klien saya juga cacat kok, tapi bisa tamat kuliah S1. Kamu juga pasti bisa. Kalo kalian gak ada biaya, pendeta Budi Asali pasti mampu mencarikan dana toh dia juga sempat sekolah sampai ke luar negeri kan.

Nah baru habis itu anda berdua pasti bahagia karena pengetahuan kalian gak sebatas dukun atau santet :)

 

 

"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

Pniel's picture

@PB, kumat..

Sudah berkali saya katakan bahwa SS ini bukan forumnya nenek moyang lu. Dasar orang udik yg pinginnya setiap rumah di dunia maya menjadi rumah pribadinya!

Saya juga tidak berbicara kepada anda tetapi kepada Adrina. Jangan GEER ya? Lagipula saya tunjukkan ketololan anda yang lain dimana anda berlagak sok jadi dukun lalu menyuruh saya bertukar kelamin dgn Adrina. Saya memanggil Adrina 'sis' karena ia memakai deskripsi itu sbg gendernya di SS ini. Saya bilangi ya, Adrina itu laki bukan perempuan. Anda benar2 dukun goblok. Nebak jenis kelamin orang aja ga bisa. Makanya tak heran kalau anda pake kata2 BH segala untuk mengartikan kacamata kuda lu itu. Payah!

Jadi ingat pasien RS jiwa yg kalau lagi kumat sering ngoceh pake bahasa asing. Ngerti istilahnya tetapi ketika diajak diskusi sama sekali ga nyambung namun berlagak mengerti. Kalau udah gini perlu dech ditambah dosis opiumnya. :p

Kalau mau tahu mengenai Univerlisme ala Vant, silahkan baca keseluruhan blog Vant, jangan pake ilmu terawang, apalagi sampai anda ngamen segala disini. Nggak laku tau!

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

PlainBread's picture

@Pniel Adrina Bisexual dan Anda Transgender

Sudah berkali saya katakan bahwa SS ini bukan forumnya nenek moyang lu. Dasar orang udik yg pinginnya setiap rumah di dunia maya menjadi rumah pribadinya!

Wah, hebat, bisa nebak dengan salah keinginan gue!

Elu mau jadi dukun kok gak bilang2? Pantesan elu sama Adrina terobsesi soal dukun. Huahuahauahua.


Saya bilangi ya, Adrina itu laki bukan perempuan. Anda benar2 dukun goblok. Nebak jenis kelamin orang aja ga bisa. Makanya tak heran kalau anda pake kata2 BH segala untuk mengartikan kacamata kuda lu itu. Payah!

Berarti dia bisexual ya, alias di internet jadi cewek di real life jadi cowok, dan anda transgender (laki jadi perempuan). OK. Ngerti2 :)

Jadi ingat pasien RS jiwa yg kalau lagi kumat sering ngoceh pake bahasa asing.

Wah bagus, sering di RS jiwa ya Pniel? Bentar gue tebak -walaupun bukan dukun, cuma iseng aja- Pasti elu sering di sana karena ngunjungin Adrina! Wah Pniel, gak bagus ngomongin si Adrina sodara elu sendiri, Pniel. Tobat donk.

Kalau udah gini perlu dech ditambah dosis opiumnya. :p

Maksudnya yang kemaren gue bilang si dokter nyuntik elu ya? Itu heroin kali bukan opium. Makanya sekolah Pniel biar tau bedanya. Secara medis opium tuh gak ada dosis, kalo bukan heroin, maksud elu morfin kali yang ada dosisnya. Jangan bikin malu diri sendiri ah. Hahaha.

Kalau mau tahu mengenai Univerlisme ala Vant, silahkan baca keseluruhan blog Vant, jangan pake ilmu terawang, apalagi sampai anda ngamen segala disini. Nggak laku tau!

Wah sorry, Pniel, gue gak ngamen. Ntar gue dianggap nyerobot kerjaan elu lagi. Hahaha. Maaf ya, kalo dianggap nyerobot kerjaan elu sebagai dukun dan pengamen.

Kalo gak ngamen, trus ngomongin dukun, trus apa lagi Pniel? Elu banyak banget obsesi untuk profesi dan masa depan elu. Tukang sayur sama tukang becak gak elu bawa2? Kalo elu sekolah, elu gak mesti jadi dukun, pengamen, atau yang lainnya kok Pniel. Makanya sekolah Pniel, itu pendeta elu akhirnya sukses kan abis tamat sekolah dari luar negeri. Jangan cuma dengertin kotbah2 dia donk, ikutin juga donk jejaknya sampe ke ujung dunia. OK? Gpp sih terobsesi ama dukun, pengamen, dll, tapi gue saranin elu ikutin jejak pendeta elu aja.

 

 

"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

bintang seven's picture

@adrina

Vant, anda sudah lakukan hal ini atau belum? Sudahkah anda percaya pada Yesus? Ingat beriman / percaya pada Yesus adalah SYARAT agar manusia selamat. Tanpa hal itu, mustahil!

syarat agar selamat=percaya pada Yesus ya? klo iman itu lebih kecil dari biji sesawi gimana tau/ngeliatnya ya?.....bukankah semua orang kristen di gereja ada pengakuan iman rasuli?....apakah pengakuan iman rasuli=ROh Kudus sedang bekerja menyelamatkan orang2 yg mengucapkannya?

lalu bagaimana ya dg pernyataan  bhw manusia itu tidak bisa percaya klo tidak oleh pekerjaan Roh Kudus?

jadi Allah menetapkan manusia selamat dg SYARAT percaya, TAPI  TIDAK ADA MANUSIA YG BISA PERCAYA? gimana nih,... Allah menetapkan syarat utk selamat supaya tidak ada yg  diselamatkan?

GIMANA MO PERCAYA LA WONG katanya TIDAK ADA SEORANGPUN YG MENCARI ALLAH?....benarkah pernyataan syarat selamat=percaya Yesus...ato ada yg lebih tepat?

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Adrina's picture

@B7, Percaya = selamat

syarat agar selamat=percaya pada Yesus ya?

Ya !

klo iman itu lebih kecil dari biji sesawi gimana tau/ngeliatnya ya?.....

Iman tak bisa dilihat.

bukankah semua orang kristen di gereja ada pengakuan iman rasuli?....apakah pengakuan iman rasuli=ROh Kudus sedang bekerja menyelamatkan orang2 yg mengucapkannya?

Orang yang tiap minggu mengucapkan pengakuan iman rasuli, belum tentu orang yang telah sungguh-sungguh percaya. Jadi, pengakuan iman Rasuli tidak secara otomatis menjadikan kita sebagai anak Allah. Roh Kudus dapat kita terima saat kita percaya pada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dengan sungguh-sungguh!

lalu bagaimana ya dg pernyataan  bhw manusia itu tidak bisa percaya klo tidak oleh pekerjaan Roh Kudus?

Ya, itu benar !

jadi Allah menetapkan manusia selamat dg SYARAT percaya, TAPI  TIDAK ADA MANUSIA YG BISA PERCAYA? gimana nih,... Allah menetapkan syarat utk selamat supaya tidak ada yg  diselamatkan?

GIMANA MO PERCAYA LA WONG katanya TIDAK ADA SEORANGPUN YG MENCARI ALLAH?....

Jika Allah telah menetapkan keselamatan seseorang, maka orang itu PASTI akan percaya. Demikian pula sebaliknya.

benarkah pernyataan syarat selamat=percaya Yesus...ato ada yg lebih tepat?

Percaya Yesus = terima keselamatan ! Itu yang Alkitab katakan (Kis 16:31).

josia_sembiring's picture

tanya dong...

kalau percaya sama Yahshua selamat ga?

Kalau percaya kepada Jesus selamat ga?

Kalau percaya kepada Iesous selamat ga?

Yahshua adalah inkarnasi dari YHWH (baca : adonai) dalam terminologi kekristenan.

Yahshua berkata dalam Yoh 14:6 :

Akulah Jalan dan kebenaran dan hidup.....

Siapa Aku disini? Yahshua atau YHWH (baca: adonai)

Siapa Juruselamat? Yahshua atau YHWH (baca: adonai)

Kalau pencipta dunia ini adalah Yahshua dan orang lain mengenal pencipta alam semesta ini adalah "xxx" apakah orang lain itu bisa selamat kalau dia percaya kepada "xxx" yang notabene adalah Yahshua pencipta alam semesta?

Ketika Yahshua berkata : " Ampunilah mereka Bapa, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan " 

Apakah perkataan Yahshua itu berimplikasi kepada pengampunan kepada orang2 tersebut?

Adakah di SS ini yang berani berkata dia mengenal Yahshua?

 

Adrina's picture

@Josia, Yesus satu-satunya jalan !

kalau percaya sama Yahshua selamat ga?

Kalau percaya kepada Jesus selamat ga?

Kalau percaya kepada Iesous selamat ga?

Yahshua adalah inkarnasi dari YHWH (baca : adonai) dalam terminologi kekristenan.

Ya !

Yahshua berkata dalam Yoh 14:6 :

Akulah Jalan dan kebenaran dan hidup.....

Siapa Aku disini? Yahshua atau YHWH (baca: adonai)

Siapa Juruselamat? Yahshua atau YHWH (baca: adonai)

Yesus !

Yesus adalah YHWH, anda tak boleh pisahkan Yesus (manusia) dengan YHWH, dua hakekat itu ada dalam 1 pribadi. 

Kalau pencipta dunia ini adalah Yahshua dan orang lain mengenal pencipta alam semesta ini adalah "xxx" apakah orang lain itu bisa selamat kalau dia percaya kepada "xxx" yang notabene adalah Yahshua pencipta alam semesta?

Yesus adalah SATU-SATUnya jalan (Yoh 14:6), tanpa manusia percaya pada-Nya, tak mungkin dapat selamat !

Penganut kepercayaan lain, memang bisa saja mengklaim telah menyembah Allah sang pencipta, tetapi mereka tak mau percaya / menyembah Yesus. Tidak percaya / menyembah Yesus = tidak percaya / menyembah YHWH.

Ketika Yahshua berkata : " Ampunilah mereka Bapa, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan " 

Apakah perkataan Yahshua itu berimplikasi kepada pengampunan kepada orang2 tersebut?

Anda tunjukkan dulu, ayat mana yang menyebutkan seperti itu.

Adakah di SS ini yang berani berkata dia mengenal Yahshua?

Ada ! Orang yang tidak kenal Yesus = bukan orang Kristen.

 

josia_sembiring's picture

@adrina

Sesungguhnya kamu belum mengenal Yesus walaupun kamu berkata kamu kenal dia. :)

Cuma mau bilang itu aja mbak :)

 

 

Adrina's picture

@Josia, diskusi yang benar

Sesungguhnya kamu belum mengenal Yesus walaupun kamu berkata kamu kenal dia. :)

Cuma mau bilang itu aja mbak :)

Josia, saya sudah memberi pendapat saya berdasarkan Kitab Suci. Tetapi anda tidak memberi tanggapan yang benar, namun hanya asal mengklaim tanpa dasar sama sekali.

Menurut saya ini bukan cara diskusi yang benar.

Mari kita diskusi dengan cara yang benar tanpa asal megklaim orang.

Thanks.

 

agamaitucandu's picture

@Josia: Saya setuju Adrina

@Josia

Apa yang Anda ungkap dalam komen Anda itu benar-benar cuma opini belaka yang tanpa argumentasi. Tidak selayaknya Anda asal beropini seperti itu dalam diskusi.

Saya berniat baik menegur Anda tidak lain tidak bukan adalah bahwa sayapun punya opini yang sama dengan opini Anda itu soal Adrina. Namun saya menganggap itu tidak dapat diungkapkan jika tidak ada argumentasinya berdasarkan Alkitab. Mohon dimengerti.

Sekian, terima kasih.

GBU

__________________

.

smile's picture

bro Josia S

Bung Jos,...saya setuju dengan adrina dan AIC, karena itulah yang suka dikatakan dengan debat warkop ....jika anda hanya ingin mengetahui adrina sepertu apa, tanpa ada maksud lain untuk mendeskreditkan dia didepan publik, lebih baik anda meng-email dia atau bertanya dan melakukan diskusi dengannya lewat ym atau lewat pm dia di SS....itu menurut saya,..karena jadinya orang yang akan menilai anda jaka sembung....

 

smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

agamaitucandu's picture

@smile jaka sembung lagi

Smile, Anda pakai nama smile dan avatar Mr.smile. Tapi ketika saya sedang sarkas ngejek Adrina dengan seolah-oleh ngomelin Josia, Anda ngira saya sedang serius mbelain Adrina.

Atau Anda emang sedang sarkas juga?

__________________

.

bintang seven's picture

adrina

thx utk jwbn2 pendeknya....thx ya....moga2 gak lg sariawan

Jika Allah telah menetapkan keselamatan seseorang, maka orang itu PASTI akan percaya. Demikian pula sebaliknya.

atas dasar apa ya Allah bapa menetapkan keselamatan seseorang dan membiarkan yg lainnya? bukankah ia tak memandang bulu? bukankah memilih berarti memandang bulu?

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Adrina's picture

@B7, Kedaulatan Allah

thx utk jwbn2 pendeknya....thx ya....moga2 gak lg sariawan

Ok, tapi ingat: saya tak mau minum obat bintang tujuh punya loe...

atas dasar apa ya Allah bapa menetapkan keselamatan seseorang dan membiarkan yg lainnya?

Atas dasar kehendak / kedaulatan-Nya semata.

bukankah ia tak memandang bulu? bukankah memilih berarti memandang bulu?

Ia memang tak memandang bulu: Siapa yang percaya selamat, yang tak percaya = tidak selamat. 'Memilih' tidak harus diartikan memandang bulu. Sebagai contoh: Saya menawarkan anda "Mau percaya Yesus atau tidak?" Ketika anda memilih percaya Yesus, apakah berarti anda telah memandang bulu? Apakah dengan memilih keduanya, baru bisa dikatakan tidak memandang bulu?

Ketika Allah memilih seseorang untuk diselamatkan dan yang lain binasa, itu dilakukan hanya atas dasar kehendak / kedaulatan-Nya semata.

Hanya itu jawabannya !

smile's picture

PB and all

Biarkan kebenaran diungkapkan sebenar benarnya,...kalau saya akan menilai tulisannya, bukan orangnya, PB.. dan untungnya kita bicara tentang Yesus yang sama,...Siapa yang bisa mengatakan dengan lantang siapa yang benar dan siapa yang salah , siapa yang SESAT dan siapa yang TERSESAT?

KArena inti dari perdebatan yang baik adalah untuk membuktikan kebenaran itu sendiri, sehingga orang tidak terssat karenanya, bukan hanya menang dalam berdebat hanya untuk mencari ketenaran dan memuaskan diri sendiri saja.

Bagaimana kita bisa tahu dan menentukkan siapa yang benar dan siapa yang salah, kalau dalam kasus ini kedua belah pihak menggunakan standar kebenaran yang sama, dari Firman Tuhan yang sama...dan siapa yang bisa berkata benar selain daripada TUHAN sendiri???

 

(Wallahu a’lam) artinya “Dan Allah Mahatahu/Maha Mengetahui atau Lebih Tahu

Semua itu menafsir, membaca,.mencoba mengerti,....dan jika kita dan anda sekalian mempunyai pengetahuan lebih tentang kebenaran itu, beranikah mengatakan dengan LANTANG SIAPA YANG SALAH dan maaf, agar tidak kelihatan BEGO,bagaimana dengan alasannya sekalian, dngan penjelasannya, agar tidak juga dikatakan berdebat ala warkop?

 

PENAKLUK SEJATI, adalah oRANG yang bisa menaklukkan dirinya sendiri

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Adrina's picture

@Smile, Saya berani berkata...

Biarkan kebenaran diungkapkan sebenar benarnya,...kalau saya akan menilai tulisannya, bukan orangnya,

Saya setuju.

PB.. dan untungnya kita bicara tentang Yesus yang sama,...Siapa yang bisa mengatakan dengan lantang siapa yang benar dan siapa yang salah , siapa yang SESAT dan siapa yang TERSESAT?

Alkitab adalah STANDARnya. Silahkan menilai segala sesuatu berdasarkan Alkitab. Jika kita sungguh-sungguh mempelajari dan mengerti Kitab Suci, kita pasti bisa menilai mana yang SESAT dan siapa yang TERSESAT.

KArena inti dari perdebatan yang baik adalah untuk membuktikan kebenaran itu sendiri, sehingga orang tidak terssat karenanya,

Setuju !

bukan hanya menang dalam berdebat hanya untuk mencari ketenaran dan memuaskan diri sendiri saja.

Yang ini saya tak setuju !

Bagaimana kita bisa tahu dan menentukkan siapa yang benar dan siapa yang salah, kalau dalam kasus ini kedua belah pihak menggunakan standar kebenaran yang sama, dari Firman Tuhan yang sama...

Bagaimana bisa tahu ? Belajarlah Alkitab dengan mati-matian / sungguh-sungguh, kita pasti bisa menilai mana yang benar dan mana yang salah. Misalnya: Apa syaratnya agar manusia selamat? Predestinasi atau percaya pada Yesus? Dengan belajar Alkitab secara benar, kita bisa tahu yang mana yang benar. Alkitab mengajarkan manusia selamat bukan hanya karena penetapan Allah, tetapi juga karena IMAN pada Kristus. Dari sisi Allah, Dia memang telah menetapkan, tapi itu tidak membuang tanggung jawab manusia untuk percaya pada Yesus (Kis 16:31).

Standar kebenaran yang sama, tidak harus menjadikan pemahaman semua orang Kristen menjadi sama. Buktinya sekarang aliran Kristen terpecah-pecah menjadi banyak, dan setiap aliran punya pemahamannya masing-masing.

Bagaimana tahu yang benar? Belajarlah Alkitab dengan sungguh-sungguh sambil berdoa !

 

dan siapa yang bisa berkata benar selain daripada TUHAN sendiri??? 

(Wallahu a’lam) artinya “Dan Allah Mahatahu/Maha Mengetahui atau Lebih Tahu

Allah memang maha tahu, tapi Dia juga memberi Alkitab pada manusia, itu adalah Firman-Nya. Lewat itu, kita bisa tahu apa yang menjadi kehendak / rencana-Nya.

Semua itu menafsir, membaca,.mencoba mengerti,....dan jika kita dan anda sekalian mempunyai pengetahuan lebih tentang kebenaran itu, beranikah mengatakan dengan LANTANG SIAPA YANG SALAH dan maaf, agar tidak kelihatan BEGO,bagaimana dengan alasannya sekalian, dngan penjelasannya, agar tidak juga dikatakan berdebat ala warkop?

Orang yang tak mau percaya pada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, saya berani katakan: Dia bukan hanya SALAH, tapi dia juga PASTI MASUK NERAKA !!!

Ini bukan pendapat saya, tapi itu kata Alkitab (Yoh 3:16).

Sudahkah saudara sekalian PERCAYA pada Yesus ???

 

smile's picture

Adrina : pertanyaan aneh dari orang yang?????

Adrina

Orang yang tak mau percaya pada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, saya berani katakan: Dia bukan hanya SALAH, tapi dia juga PASTI MASUK NERAKA !!!

Ini bukan pendapat saya, tapi itu kata Alkitab (Yoh 3:16).

Sudahkah saudara sekalian PERCAYA pada Yesus ???

YA sudah tentunya,...lagian ini juga blog orang orang kristen ( kebanyakan ), anda kok mabuk nanyanya? atau merasa hanya anda yang percaya Yesus? kalau anda menanyakan seperti itu, jadi selama ini kami kemane aje,...????/hiks,.....huhuhuhuhuhu....(nangis mode on )

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Adrina's picture

@Smile, I love You...

Sudahkah saudara sekalian PERCAYA pada Yesus ???

Smile: YA sudah tentunya,...lagian ini juga blog orang orang kristen ( kebanyakan ), anda kok mabuk nanyanya? 

Smile, apa anda bisa yakin dengan PASTI bahwa SEMUA pengguna SS adalah orang Kristen? Anda yakin SEMUA orang Kristen di SS ini adalah Kristen sejati?

Mat 13:24  Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya.
Mat 13:25  Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi.
Mat 13:26  Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu.
Mat 13:27  Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu?
Mat 13:28  Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu?
Mat 13:29  Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu.
Mat 13:30  Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku."

Orang yang menabur benih yang baik (gandum) adalah Yesus sendiri. Mereka inilah yang disebut anak Allah (Kristen sejati). benih lalang berasal dari iblis, mereka adalah 'anak-anak iblis' (Kristen Palsu / KTP).

Setan tidak menabur lalang itu jauh dari gandum, tapi diantara gandum! Orang Kristen 'KTP' tidak berada diluar gereja, tapi didalam gereja. 

Yesus sendiri memilih 12 rasul / murid. Apakah keduabelas murid itu sudah pasti orang ‘Kristen sejati’ ? Tidak ! salah satu diantaranya (Yudas Iskariot), ternyata seorang penghianat / Kristen KTP. Dalam gereja juga seperti itu, tidak semua anggota jemaat adalah Kristen sejati, pasti ada yang ‘KTP’.

Hal ini bukan hanya berlaku dalam gereja, tetapi juga di ‘Sabda Space’, yang mungkin merupakan komunitas blogger Kristen terbesar di Indonesia.

Mat 13:40  Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman.
Mat 13:41  Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya.
Mat 13:42  Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.
Mat 13:43  Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"

Tuhan tidak memisahkan lalang dan gandum, tapi justru membiarkan lalang itu tumbuh bersama gandum. Apakah Tuhan jahat? Tidak! Dia tentu punya maksud yang baik. Tetapi yang jelas si lalang itu (Kristen palsu) akan dibuang ke neraka!

Karena itu, pemberitaan Injil / seruan pertobatan, sangat penting ditekankan agar si ‘Kristen KTP’ itu bisa bertobat dan diselamatkan.

Smile:  atau merasa hanya anda yang percaya Yesus? kalau anda menanyakan seperti itu, jadi selama ini kami kemane aje,...????/hiks,.....huhuhuhuhuhu....(nangis mode on )

Saya tidak merasa hanya saya yang telah percaya Yesus. Saya tahu banyak yang telah mengaku 'percaya' pada Yesus. Tetapi itu tidak membuktikan bahwa semua orang di SS ini telah percaya dengan sungguh-sungguh.

Saya juga tidak mengklaim anda adalah orang yang tidak percaya / Kristen KTP, jadi jangan nangis ya.....

Smile, I love you !

agamaitucandu's picture

@semena-mena

Lalang dan gandum itu kristen KTP dan kristen sejati???

Tafsir semena-mena... =D

__________________

.

Adrina's picture

@AIC, Menurut anda apa?

Ok, jadi menurut anda itu bicara tentang apa?

PlainBread's picture

lalang dan gandum

Lalang dan Gandum:

1. Lalang tidak pernah menjadi gandum. Gandum tidak pernah menjadi lalang. Orang sudah dipilih adalah gandum. Orang yang tidak pernah terpilih adalah lalang. Itu sebabnya Yesus bilang ke orang2 yang mengaku kristen,"Aku tidak pernah mengenal kamu, hai pembuat kejahatan." Tidak pernah. Bukan pernah, atau sempat kenal. Tapi memang tidak pernah kenal dari awal.

2. Lalang dibiarkan tumbuh bersama dengan gandum: "Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai." Kalo Anak Manusia sudah bilang begitu, kenapa ada orang yang mau berusaha mencabut lalang? Bukannya diperintahkan untuk membiarkan, supaya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Apakah sekarang waktu menuai? Apakah manusia adalah malaikat, yang bisa menyabit lalang dan menyingkirkannya dari gandum?

 

 

 

"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

agamaitucandu's picture

PB dukun

Loe kok tau aja yang mau gue jawab ke adrina nyaris persis kayak gitu (buku contekan kita sama kayaknya). Tp tadi keburu ke gereja dan kotbahnya lama banget, n molor, trus musti ke sono ke sini *alesan*. Balik ke komputer... udah dijawab :p

Kalo dipikir-pikir, Yesus itu Hegelian yah... yang memandang perbedaan itu sebagai sesuatu yang berhadap-hadapan (berdampingan tapi musuhan), yang bertentangan sejak semula, yang emang beda sejak semula.

*kebiasaan jelek, numpang diskusi di lapak orang*

__________________

.

PlainBread's picture

@AIC Bikin satu sama

Ya udah, kalo gitu sekarang kesempatan elu untuk bisa nebak/nubuatan/ancer2 jawaban apa yang Adrina bakal berikan, untuk kontra dengan jawaban gue. Lebih bagus kalo termasuk ayat2nya.

Itung2 elu latihan jadi Deddy Cobuzier :p

 

"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

agamaitucandu's picture

@ogah

Tega banget, masak gue disuruh ngebayangin cara berpikir Adrina, trus musti buka-buka situsnya Budi Asali buat nyari contekan ayatnya. Males banget... desain webnya kayak situs internet-marketing :P

Masih mending buka blognya Dede Wijaya... tampilan grafisnya masih lebih ramah otak.

Lagipula, itu kan tugas pniel untuk nyelip-nyelip dukung Adrina.

__________________

.

Adrina's picture

@AIC, Jangan ikut-ikutan DUKUN

 

Loe kok tau aja yang mau gue jawab ke adrina nyaris persis kayak gitu (buku contekan kita sama kayaknya). Tp tadi keburu ke gereja dan kotbahnya lama banget, n molor, trus musti ke sono ke sini *alesan*. Balik ke komputer... udah dijawab :p

Jangan suka ikut-ikutan mbah dukun, nanti elo terpengaruh jurusnya: dapat memprediksi / berprasangka buruk pada orang lain.

Mending elu jawab pertanyaanku berdasarkan pandangan elu sendiri: 'gandum' itu bicara tentang apa? 'lalang' bicara tentang apa? Dan berikan dasar Kitab Sucinya.

Kalo dipikir-pikir, Yesus itu Hegelian yah... yang memandang perbedaan itu sebagai sesuatu yang berhadap-hadapan (berdampingan tapi musuhan), yang bertentangan sejak semula, yang emang beda sejak semula.

Kita sulit untuk menilai yang mana Kristen asli dan mana yang palsu, karena keduanya 'mirip'. Itulah mengapa penginjilan menjadi hal yang sangat penting.

*kebiasaan jelek, numpang diskusi di lapak orang*

Tak masalah, mari kita diskusi agar kita semakin mengerti Firman Tuhan.

 

 

agamaitucandu's picture

@adrina

Lalang dan Gandum (seperti halnya perumpamaan lain) banyak ulasannya, dari yang bagus sampe yg bagus banget.

Kalo loe nanya pendapat pribadi gue soal makna perumpamaan itu, nanti gue bikin berupa kartun.

 

__________________

.

Adrina's picture

@AIC, Tak usah pake kartun

AIC, saya ingin agar anda menjawabnya dengan menggunakan tulisan, jadi tak usah pake kartun segala.

Lihat jawaban PB mengenai perumpamaan itu, ketika saya serang balik: Dia menjawab P-A-N-C-A-S-I-L-A.

Atau anda ingin ikut kelakuan dukun PB, yang suka ngacir termehek-mehek ketika diserang balik?

agamaitucandu's picture

@adrina

yahh, sayang padahal gw udah bikin sketsa tokohnya, ada elu kembaran ma pniel... ya udah nanti kartunnya pake tokoh pak kiem ma sandman aja.

Ini masih di kampus... ribet. Ntar malem dah gue bikinin telaah kritis belalang dan gandumnya

__________________

.

Adrina's picture

@PB, Apa dasarnya?

Lalang dan Gandum:

1. Lalang tidak pernah menjadi gandum. Gandum tidak pernah menjadi lalang. Orang sudah dipilih adalah gandum. Orang yang tidak pernah terpilih adalah lalang. Itu sebabnya Yesus bilang ke orang2 yang mengaku kristen,"Aku tidak pernah mengenal kamu, hai pembuat kejahatan." Tidak pernah. Bukan pernah, atau sempat kenal. Tapi memang tidak pernah kenal dari awal.

Lalang tidak pernah menjadi gandum? Apa dasarnya?

'gandum' = orang pilihan, 'lalang' = yang tidak dipilih. Apa dasarnya?

Apa anda pikir, orang yang mengaku 'Kristen' memang tak bisa bertobat dan diselamatkan?

2. Lalang dibiarkan tumbuh bersama dengan gandum: "Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai." Kalo Anak Manusia sudah bilang begitu, kenapa ada orang yang mau berusaha mencabut lalang? Bukannya diperintahkan untuk membiarkan, supaya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Apakah sekarang waktu menuai? Apakah manusia adalah malaikat, yang bisa menyabit lalang dan menyingkirkannya dari gandum?

Siapa yang ingin MENCABUT lalang? Apa yang anda mengerti dari kata 'mencabut' ?

Yesus memberi perintah "membiarkan tumbuh bersama" maksudnya apa? Anda pikir Yesus tak mau agar kita menginjili orang seperti itu?

Saya tidak sedang mencabut 'lalang' tapi sedang menginjili 'lalang'.

 

PlainBread's picture

@Adrina Ini Dasarnya

Selama anda belum bisa kasih liat ke saya bahwa anda adalah orang yang sehat jasmani dan rohani, saya tidak akan serius menanggapi anda.

In the mean time, ini saya jawab pertanyaan anda "apa dasarnya?".

Ini dasarnya:

1. Belief in the one and only God (Ketuhanan yang Maha Esa)
2. Just and civilized humanity (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab)
3. The unity of Indonesia (Persatuan Indonesia)
4. Democracy guided by the inner wisdom in the unanimity arising out of deliberations amongst representatives (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan)
5. Social justice for the whole of the people of Indonesia (Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia)

:)

 

"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

Adrina's picture

@ PB, Jurus andalan....

Selama anda belum bisa kasih liat ke saya bahwa anda adalah orang yang sehat jasmani dan rohani, saya tidak akan serius menanggapi anda.

Emang elu dokter pribadi gua ? Siapa yang tidak sehat? Bukankah anda? Sudah DUKUN, Kristen lagi, jadinya DUKUN KRISTEN dong ! Bukankah itu tanda orang yang tak sehat jasmani dan rohani ? 

In the mean time, ini saya jawab pertanyaan anda "apa dasarnya?".

Ini dasarnya:

1. Belief in the one and only God (Ketuhanan yang Maha Esa)
2. Just and civilized humanity (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab)
3. The unity of Indonesia (Persatuan Indonesia)
4. Democracy guided by the inner wisdom in the unanimity arising out of deliberations amongst representatives (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan)
5. Social justice for the whole of the people of Indonesia (Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia)

Inilah jurus andalan si dukun yang suka ngamen untuk dapetin uang receh: NGACIR TERMEHEK-MEHEK ketika diserang balik.

Saya pikir di SS ini cuma Hai hai yang suka lakukan ini, eh.....ternyata PB juga toh?

Di tanya baik-baik, malah di jawab P-A-N-C-A-S-I-L-A.

Tak heran saudara saya Gondrong bilang: PB pake jurus MABOK !

Sudah dukun, ngacir, mabok lagi, hahahaha....................

Kachian deh loe.

 

PlainBread's picture

@Smile

Maksudnya apa? Kok tiba2 bilang gitu?

 

 

"It's not what I think that's important. It's not what you think that's important. It's what God thinks that's important. Now I'm going to tell you what God thinks!" - Chosen people of God

GONDRONG's picture

Menanti Apolo-Gila Vantiliian

Wah M-AN-T-A-P bro !!!

Saya ambil satu kutipan dari tulisan anda :

Non Yahudi bisa selamat karena respon terhadap Taurat tidak tertulis? Kesimpulan dari mana? Dari Medan? Atau anda sedang mempraktekan ajaran suhu anda si Hai hai? Beritahu pada ‘guru’ anda silahkan belajar lagi dan langsung turun ke medan laga, jangan hanya bersembunyi dibalik ketiak muridnya saja.

Kesimpulan Vantilian bisa selamat karena respon terhadap Taurat tidak tertulis ternyata kesimpulan dari Medan !!! bukan dari Alkitab !!

Bro, suhu hai-hai sekarang memang sedang ber-TAPA dibalik ketiak muridnya.

Mari sekarang kita menunggu apolo-Gila vantilian.

Adrina's picture

@Gondrong, Mau tahu jurus baru Hai hai?

Kesimpulan Vantilian bisa selamat karena respon terhadap Taurat tidak tertulis ternyata kesimpulan dari Medan !!! bukan dari Alkitab !!

Itulah kesimpulan amburadul dari seorang yang suka sakarepe dewe ! Dia bahkan menyamakan antara wahyu umum (hati nurani) dengan wahyu khusus (Kitab Suci / Taurat). Saya rasa dia akan sedang menggiring orang ke Universalisme lagi.

Bro, suhu hai-hai sekarang memang sedang ber-TAPA dibalik ketiak muridnya.

Ya, benar ! Hai hai memang sedang bertapa, dia lagi belajar ilmu / jurus baru. Mau tahu apa nama jurus barunya itu?

Mari kita tunggu saja. Saya sih berharap jurus kunonya: Ngacir, OOT, Fitnah, dsb, bisa dia tinggalin aja, karena sudah ketinggalan jaman.

Mari sekarang kita menunggu apolo-Gila vantilian.

Semoga dia tak mempertahankan pandangannya itu, kalau dia tak mau disebut "Gila" !  Mari kita nantikan !

smile's picture

sekilas info

1.NEGARA BLOK BARAT DAN TIMUR SEDANG MULAI MEMPERSIAPKAN PEPERANGAN,..NEGARA NEGARA NON BLOK AKAN TETAP MENONTON.

2.KAUM TERORIS AKAN MENGENYAHKAN SEGALA BENTUK KETENTRAMAN DIMUKA BUMI INI,..MEREKA SENANG SEKALI MENYEBARKAN TEROR DENGAN SERTA MERTA MEMBAWA AGAMA DAN NAMA JUNJUNGANNYA YANG AKBAR, DGN BERKEDOK SEMUANYA ITU, MEREKA MAMPU MEMPORAK PORANDAKAN NEGARA YANG DAMAI DAN MEMBUAT NYA MENJADI NEGARA YANG TERKENA MUSIBAH DAHSYAT.

3.PETERNAKAN SEGERA DIRESMIKAN DAN HEWAN TERNAK SEGERA DIKEMBANGBIAKAN.

4. KEMAREN KEBUN BINATANG YANG BERMARKAS DI JATENG SELURUH BINATANG BUASNYA KABUR, SEHINGGA BILA TIDAK DITANGKAP DAN DIJINAKKAN KEMBALI AKAN BISA MEMBUNUH MANUSIA / APAPUN YANG DITEMUINYA

5. OBRAL SEGERA DIBUKA DAN PARA PEDAGANG SERTA PEMBELI HARUS SIAP SIAP BEKERJA LEMBUR KARENA AKAN TERJADI TRANSAKSI BESAR

6.LAUT DIKABARKAN AKAN TERJADI GELOMBANG TSUNAMI DAN GEMPA BUMI DIKABARKN AKAN MENGGUNCANG "DUNIA"

DEMIKIAN SEKILAS INFO,..SEKLAS INFO SELANJUTNYA AKAN SEGERA HADIR......BEBERAPA SAAT KEDEPAN

 

 


*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Pniel's picture

@Adrina&Gondrong, kita tdk akan bisa melawan...

Vantillian, cepatlah bertobat, sebelum anda benar-benar menjadi orang yang terkutuk!

Adrina, janganlah anda menaruh harapan pada sesuatu yang sia-sia. Kalau segala upaya yang kita lakukan sudah 'menthok' dan tetap tidak ada tanda-tanda kemajuan, lebih baik tak usah terlalu berjerih lelah dengan menyerukan suara pertobatan kepada para reprobate. Tuhan-pun tak akan melunakkan hati Firaun, dan malah mengeraskan hatinya sehingga ada alasan yang cukup bagi Dia untuk menghukum Firaun karena dosa-dosanya.

Kita tidak akan bisa melawan kekuatan suatu nubuat yang HARUS terjadi dibawah ini :

Matius 18:7 Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan HARUS ada, TETAPI celakalah orang yang mengadakannya.

Tuhan mengecam dunia dengan segala penyesatannya. Namun Ia tidak menghentikan penyesatan itu dengan memberangus para nabi-nabi sesatnya. Ia mengijinkan penyesatan itu ada. Penyesatan berguna untuk MENYELEKSI siapakah diantara orang Kristen yang sungguh mengasihi kebenaran dan yang suka akan dusta. Ada pada mereka Firman Allah (Alkitab) yang secara jelas menyerukan kebenaran. Kalau mereka tak mau percaya kepada Alkitab, mereka juga tak akan bakalan percaya kepada kesaksian (argumentasi) kita. Penyesatan ini akan terus berkembang secara progresif mendekati akhir zaman.

Wahyu.22:11 Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!

Saya mendukung usaha anda membendung arus penyesatan yang ada di SS ini. Namun saya ingin menghindarkan anda daripada suatu usaha yang sia-sia dengan mengharapkan pertobatan nabi-nabi palsu. LEBIH BAIK Firman Allah yang anda beritakan ditujukan saja kepada seadanya orang2 yang membaca tulisan anda ini agar mereka percaya kepada Injil dan menjauhi dusta nabi-nabi palsu sehingga mereka terhindar dari api neraka.

Adrina&Gondrong, Inilah peperangan akhir zaman, bukan peperangan melawan darah dan daging tetapi melawan ide-ide (pengajaran) dan roh-roh yang berusaha merebut sebanyak mungkin kawanan manusia untuk bergabung dengannya melawan Penguasa yang sejati di hari yang dahsyat itu (Efesus.6:10-20). Suara anak-anak Tuhan dan suara orang-orang durhaka akan saling bersautan. Yang satu menyerukan kebenaran dan pertobatan, yang lain menyerukan dusta dan penyangkalan akan kebenaran. Mayoritas terbesar manusia akan lebih mencintai dusta karena itulah natur manusia akhir zaman (II Timotius.3:1-9), seperti zamannya nabi Nuh, mereka lebih suka dusta daripada kebenaran sampai murka Allah turun atas mereka, dan ini sudah terlambat bagi mereka untuk bertobat dan mereka akan menghadapi penghukuman 

Sementara ini saya masih banyak kerjaan. Doa saya menyertai setiap usaha anda demi Kristus dan Injil-Nya agar banyak orang yang diselamatkan. Immanuel.

SOLI DEO GLORIA!

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Adrina's picture

@Pniel, Tujuan saya...

Adrina, janganlah anda menaruh harapan pada sesuatu yang sia-sia. Kalau segala upaya yang kita lakukan sudah 'menthok' dan tetap tidak ada tanda-tanda kemajuan, lebih baik tak usah terlalu berjerih lelah dengan menyerukan suara pertobatan kepada para reprobate. Tuhan-pun tak akan melunakkan hati Firaun, dan malah mengeraskan hatinya sehingga ada alasan yang cukup bagi Dia untuk menghukum Firaun karena dosa-dosanya.

Ya, namun saya bukan hanya melihat dari satu orang saja, apa yang saya lakukan ini lebih saya tujukan bagi semua pembaca SS. Dengan menanggapi ajaran Vantillian ini, saya tetap menaruh harapan semoga para pembaca dapat mempelajarinya dan semoga mendapatkan berkat dari tulisan saya ini.

Saya mendukung usaha anda membendung arus penyesatan yang ada di SS ini. Namun saya ingin menghindarkan anda daripada suatu usaha yang sia-sia dengan mengharapkan pertobatan nabi-nabi palsu. LEBIH BAIK Firman Allah yang anda beritakan ditujukan saja kepada seadanya orang2 yang membaca tulisan anda ini agar mereka percaya kepada Injil dan menjauhi dusta nabi-nabi palsu sehingga mereka terhindar dari api neraka.

Itulah yang menjadi tujuan saya.

Adrina&Gondrong, Inilah peperangan akhir zaman, bukan peperangan melawan darah dan daging tetapi melawan ide-ide (pengajaran) dan roh-roh yang berusaha merebut sebanyak mungkin kawanan manusia untuk bergabung dengannya melawan Penguasa yang sejati di hari yang dahsyat itu (Efesus.6:10-20). Suara anak-anak Tuhan dan suara orang-orang durhaka akan saling bersautan. Yang satu menyerukan kebenaran dan pertobatan, yang lain menyerukan dusta dan penyangkalan akan kebenaran. Mayoritas terbesar manusia akan lebih mencintai dusta karena itulah natur manusia akhir zaman (II Timotius.3:1-9), seperti zamannya nabi Nuh, mereka lebih suka dusta daripada kebenaran sampai murka Allah turun atas mereka, dan ini sudah terlambat bagi mereka untuk bertobat dan mereka akan menghadapi penghukuman 

Mari kita berdoa dan britakan Injil pada orang-orang seperti ini.

Sementara ini saya masih banyak kerjaan. Doa saya menyertai setiap usaha anda demi Kristus dan Injil-Nya agar banyak orang yang diselamatkan. Immanuel.

SOLI DEO GLORIA!

Selamat bekerja Bro, saya tetap menantikan komentar-komentar anda dan Gondrong, tanpa kalian sepi rasanya hatiku :(

Tuhan berkati anda !

Pniel's picture

@Adrina

Ok Sis.

Disini ada orang yang tidak tahu dan mereka tulus bertanya untuk mengetahui, tugas kita adalah menjelaskan kepada mereka ini agar mereka tahu dan boleh datang kepada kebenaran dan mengasihinya.

Tetapi ada juga ada orang yang sudah tahu tetapi pura-pura tidak tahu, lalu mencoba mendebat untuk sekedar menyingkirkan kebenaran dari tempat ini agar tidak ada penghalang baginya untuk menjadi orang yang bisa mempengaruhi orang2 lain dengan pandangan2 bebasnya tanpa mau tunduk kepada kebenaran FT. Terhadap orang spt ini, waspadalah, karena dari luar ia kelihatan Alkitabiah tetapi sembari ia memasukkan sedikit demi sedikit pandangannya yg melawan kebenaran.

Tuhan Yesus memberkati.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Adrina's picture

@Pniel

Ok Sis.

Disini ada orang yang tidak tahu dan mereka tulus bertanya untuk mengetahui, tugas kita adalah menjelaskan kepada mereka ini agar mereka tahu dan boleh datang kepada kebenaran dan mengasihinya.

Ya, saya tahu itu. Semoga 'orang itu' bisa memahaminya.

Tetapi ada juga ada orang yang sudah tahu tetapi pura-pura tidak tahu, lalu mencoba mendebat untuk sekedar menyingkirkan kebenaran dari tempat ini agar tidak ada penghalang baginya untuk menjadi orang yang bisa mempengaruhi orang2 lain dengan pandangan2 bebasnya tanpa mau tunduk kepada kebenaran FT. Terhadap orang spt ini, waspadalah, karena dari luar ia kelihatan Alkitabiah tetapi sembari ia memasukkan sedikit demi sedikit pandangannya yg melawan kebenaran.

Benar, orang seperti ini yang harus kita 'HABISI' !