Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

tebakan yang beruntung : apakah ngasal itu berguna dan membawa berkah??

Raissa Eka Fedora's picture

ini hasil percakapanku sama mami joli waktu tanggal 2 desember lalu..

pertama, aku nggak dapet beasiswa yang aku idam idamkan [ hiks.. ] tapi aku diterima di sekolah alternatif yang bisa dibilang TOP jakarta untuk SMA yang isinya cewek semua [ yaah nggak bisa cuci mata deh hehe ^^, ] tapi yang aku mau bahas bukan masalah sma TOP nya, tapi kisah aneh dibelakangnya.

mulai dari sangat sangat awal...

11 januari 2009: Test GAT tidak terlalu masalah, aku bisa menjawab semua soal dengan logis dan mampu memeriksanya ulang dengan teliti. Aku yakin aku mampu lulus. walau hati berkata tidak. entahlah, aku memang mengatakan mungkin banget aku nggak lulus, tapi pikiranku lagi benar benar fokus pada test itu dan gak mau memikirkan yang lain. Aku seperti hendak meyakinkan Tuhan kalau beasiswa itu pantas untukku.

beberapa hari setelahnya, ketika test di sma alternatif: ah!! mengesalkan! testnya nggak susah sih, tapi capek banget waktu pulang, mana macet total lagi :( gimana kalo nggak lulus dua duanya? gawatt.. gak ngarep lulus sih, malah sangat mengharapkan aku nggak lulus tapi aku lulus GAT aja. cuma mungkin itu pilihan terbodoh. mending lulus dua duanya. tapi mungkin gak ya? udah ku salah salahin tuh jawaban matematikannya, asal asalan 100%, liat aja saingannya buanyakkk banget.. 400 lebih!! biarin ajalah, gak ngarep ini. prediksiku, : aku nggak lulus sma itu tapi lulus GAT, dilihat dari cara aku mengerjakannya. 100% asal di sekolah TOP??? yang aku nggak niat??? huh... pasti nggak lulus lah orang yang mud mud-an begini.

tanggal 2 feb: apaaa?? aku nggak lulus GAT??? how come??? padahal udah aku telitiin banget tapi nggak ada namaku?? astaga.. WHAT??? aku lulus sma itu???? sudah asal asalan kenapa nggak ditolak????? wah.. dunia emang edan.. apa Tuhan gak salah tuh ngasih pemberitahuann?? Tuhan kan liat sendiri aku bener bener asal asalan dan disalah salahin jawaban tes ke sma itu. kenapa Engkau malah meluluskanku kesana ? aku kan gak beriman masuk sana ? prediksiku salah total ! kenapa yang aku asal asalan malah dapet? Itu sekolah besar lho Tuhan, Kau tahu sendiri banyak siswa berminat.. apa Kau gak kasihan sama yang niat tapi ditolak??

yang jadi pemikiranku saat ini, apakah ngasal itu membawa berkah? pernah aku juga mengalami hal yang sama di dua mata pelajaran yang menggunakan rumus rumus yang buanyak :( tapi yang asal asalan malah dapet bagus.. sedangkan yan serius malah dapet jelek :(

masa Tuhan menghargai asal asalan?? Gak mungkin lah..

lalu kenapa aku diterima di sma alternatif TOP jakarta dengan cara yang asal asalan?? aku tidak tahu..

 

 

p.s : boleh nih diujicoba pada try out dan UAN [ kidding, gak mungkin lah ] lalu mami joli bilang, awas ya, jangan sampe UAN asal asalan, nanti joli jewer lho.. untuk jewer kamu gak murah, 1 juta bolak balik jakarta-solo naik garuda, sekaligus preman preman klewer turun tangan untuk jewer kamu, JF dengan cipika cipiki-nya yang malah kayak tampar kanan tampar kiri [ haha.. dasar..] hai hai dan ACC dengan jurus jurus mereka.. awas ya..

@ mami: ampuunnn mamiii...

__________________

Satu lagi pendapat seorang anak kecil yang tersasar ke dunia orang dewasa dan memberanikan pendapat.
-anak kecil berpendapat, didengarkah?-

ebed_adonai's picture

Gpp

Gpp kok Raissa. Saya juga sudah pernah mengalami hal yang hampir mirip. Mati-matian belajar supaya lulus testing masuk STT Jakarta (dan merasa mampu melewatinya), eh, malah gagal. Begitu tes masuk UKDW Jogja, gak begitu serius seperti dulu, eh, malah berhasil. Sekarang, gak jadi pendeta, eh, malah jadi guru, hi3x. Kayaknya emang jalan Tuhan penuh misteri deh, walau saya gak berani bilang ngasal bisa membawa berkah. Enjoy aja.

"...Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu..." (Pkh 11:9)

Shalom!

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

Raissa Eka Fedora's picture

ahaha... ebed, Tuhan itu UNIK, ANEH, dan PENUH KEJUTAN

haha, baru aku sadari sekarang, Tuhan itu UNIK, ANEH, dan PENUH KEJUTAN. tidak biasanya prediksi aku salah total seperti ini.. kalau menurut hukum tabur tuai, mestinya kebalik kan?

soal UAN, jangan sampee..

-anak kecil berbicara, didengarkah?-

__________________

Satu lagi pendapat seorang anak kecil yang tersasar ke dunia orang dewasa dan memberanikan pendapat.
-anak kecil berpendapat, didengarkah?-

joli's picture

@Raisa... AWASSSS !!!!!!

he.. he.. Raisa panggil2 Joli..  mami lagii.. jadi ketahuan kalau Joli udah "dewasa".. padahal paling asik kalu raisa panggil Joli.. kayak sohib..

Ketika Raisa deg-deg-an.. mau peluk Joli kuat-kuat ingat?.. itulah saat ketika ambisi, semangat  dan cemas berbaur jadi satu.. pengalaman dan perasaan  yang indah yang bisa dialami seorang anak manusia..

Test GAT tidak terlalu masalah, aku bisa menjawab semua soal dengan logis dan mampu memeriksanya ulang dengan teliti. Aku yakin aku mampu lulus.....  Aku seperti hendak meyakinkan Tuhan kalau beasiswa itu pantas untukku.

ketika test di sma alternatif: malah sangat mengharapkan aku nggak lulus tapi aku lulus GAT aja.  udah ku salah salahin tuh jawaban matematikannya, asal asalan 100%,

tanggal 2 feb: apaaa?? aku nggak lulus GAT??? how come??? padahal udah aku telitiin banget tapi nggak ada namaku?? astaga.. WHAT??? aku lulus sma itu???? sudah asal asalan kenapa nggak ditolak????? wah.. dunia emang edan.. apa Tuhan gak salah tuh ngasih pemberitahuann??
 

Raisa.. hayoo.. siapa yang disini menjadi tuhan? 

He.. he.. he..

Ancaman AWAS!!!! nya.. masih berlaku.. kalau mau coba-coba menjadi tuhan dan meyakinkan tuhan.. dengan ngasal jawab pas UAN..

Kalau berani main-main dengan UAN.. nanti Joli minta Ari_thok.. wakilin untuk jewer Raisa kalau pas Ari ke Jakarta.. sambil Joli titipin tang (alat penjepit).. jadi lebih efisien dan murah..

SMA cewek.. nggak pa-pa-lah yao.. cowok-cowok SMA nggak bisa buat cuci mata Sa.. culun semua.. nanti aja kalau universitas.. baru.. cari yang banyak cowok cakepnya.. di teknik tuh banyak yang cakep.. (itu sebabnya Joli suka sekolah di teknik.. he.. he..)

Raissa Eka Fedora's picture

haha... ampunn mamii

ahaha.. jadi biasa ngomong mami, nanti sama mrs. light aku dimarahi...

kadang aku sadar kok aku malah ngatur ngatur masa depanku berdasarkan prediksi.. harus ganti standart kebenaran nih,..

ancaman awasnya berlaku?? hai hai.. waa.. gawatt!!!

-anak kecil berbicara, didengarkah?-

__________________

Satu lagi pendapat seorang anak kecil yang tersasar ke dunia orang dewasa dan memberanikan pendapat.
-anak kecil berpendapat, didengarkah?-

jesusfreaks's picture

@ref : benar kan masih kecil

Betulkan kata gw, kamu masih kecil. Buktinya gak dapat beasiswa ngambek n jadi ngasal. Tapi nda apa2 kok, wajar kalau kamu masih ngambek. Hehehe

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Raissa Eka Fedora's picture

haha.. memang bingung JF..

ahaha.. bukannya ngambek sih.. kecewa pasti, cuma karena terlalu fokus sama beasiswa malah test masuk sma alternatif jadi asal asalan.. tapi buktinya masuk tuh ke sma itu, padahal TOP jakarta lho, sma-nya sih cewek semua, asrama, sainganku dari anak anak yang pinter pinter semua. lha kenapa yang asal asalan jadi masuk yah ?

pertanyaanku: kenapa Tuhan lebih memilih yang asal asalan untuk masuk ke SMA yang katanya ngetop itu ???

-anak kecil berbicara, didengarkah?-

__________________

Satu lagi pendapat seorang anak kecil yang tersasar ke dunia orang dewasa dan memberanikan pendapat.
-anak kecil berpendapat, didengarkah?-

Yenti's picture

for Raisa:)

Kejadian ini sebenarnya sama seperti saya .. pas dulu masuk kuliah:). Dengan nilai yang tinggi di SMA - sempat berhenti 2 tahun, kemudian hanay tes di salah Univ di Jakarta. Yang diidam-idamkan saat tes adalah bisa dapat Grade 1,2,3 sehingga tidak usah bayar pas masuk kuliah..Nyatanya malah dapat grade kelulusan terakhir D:p he..he....Pas hari mau tes, itu pertama kali datang Jakarta, dan yang terjadi, kartu tesnya ketinggalan di kos teman. Trus setelah dipikir2, saya yakin banget tesnya diisi dengan benar, wong ujiannya hanya bahasa inggris, Math-aljabar dan saya yakin bisa:). Tapi yah ngak tahu juga deh:p he..he..

Terakhir ngobrol2 dengan satu teman setelah selesai kuliah...ada satu teman yang malah dapat grade A, tapi pas kuliah Ipnya Nasakom. ( 1, sekian ).Sedangkan saya, Puji Tuhan, boleh dapat beasiswa selama kuliah beberapa semester.

Jadi,saya berpikir, "sometimes", pengharapan itu yang membuat kita sehingga tidak mengandalkan Tuhan dan akhirnya mengandalkan diri sendiri, atau saking stressnya diri kita di dalam menghadapi ujian itu, sehingga kita sendiri menjadi tidak konsen:)

Benar tuh kata Cik Joli...Ambil teknik di Universitas,, banyak cowok cakepnya.. jangan2 malah jadi primadona lho di dalam kelas:)

Ok..Selamat:)