Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Tips Berpacaran

Aries Yunarta's picture

Pacaran yang di kenan TUHAN

Sebagai anak Tuhan, saya sering melihat sesama anak Tuhan, bahkan hamba/pelayan Tuhan , berpacaran dengan model yang tidak ada bedanya dengan orang – orang dunia. Bahkan terkadang mereka sampai “kebablasan”, alias MBA. Masih untung jika diakhiri dengan pernikahan, ada malah yang berakhir tanpa penyelesaian apapun. Hal ini tentunya dapat dihindari jika kita berpacaran dengan “sehat”, dalam artian sesuai dengan firman Tuhan.             Setelah beberapa lama saya melakukan pengamatan, survey, mengikuti PA kaum muda, dan bertukar pikiran dengan para hamba-hamba Tuhan. Saya membuat suatu kesimpulan bagaimana cara berpacaran yang “sehat”. 

  1. Hindari kontak fisik dengan pasangan sebisa mungkin (bahkan bergandengan sekalipun), dan lebih banyak bicara dengan pasangan. Karena bila kontak fisik sudah lebih dari pembicaraan, maka anda dan pasangan akan mengangap kontak fisik itu biasa, dan akhirnya dapat ber ujung pada sex pra nikah.
  2. Hindari berduaan dengan pasangan ditempat yang kurang pencahayaannya dan/atau sepi (termasuk bioskop, diskotik, dll). Karena akan sangat mudah untuk dapat terbawa untuk berpikir yang tidak-tidak, dan akhirnya melakukan yang tidak berkenan di mata Tuhan.
  3. Belajar untuk peka dengan suara Roh Kudus, dan menaatinya. Karena Roh Kudus akan membimbing kita ke jalan yang benar.
  4. Mintalah pendapat orang tua tentang pasangan kita. Karena orang tua itu adalah wakil Allah dibumi dan pastinya memiliki pertimbangan, apakah pasangan kita itu dapat menjadikan kita lebih baik atau malah lebih buruk dalam hidup.
  5. Mintalah pendapat hamba – hamba Tuhan tentang pasangan kita. Karena mereka dapat menilai keimanan kita, apakah setelah bersama pasangan kita itu, kita menjadi bertambah dalam iman, ataukah malah merosot.

 Saya tahu kesimpulan yang saya jabarkan diatas itu terkesan sok suci, dan pasti banyak yang bilang bahwa saya terlalu berlebihan. Tapi itulah yang saya dapat dari pengalaman saya selama ini. 

Saya sangat berharap hal ini berguna, karena saya tidak ingin lagi melihat anak – anak Tuhan yang terjatuh dalam dosa, oleh karena hal berpacaran. Pacaran itu baik, bila kita mejalankannya dengan baik dan juga sebaliknya. Saya juga mengharapkan komentarnya karena saya ingin mendapat masukan lagi tentang hal ini. 

GBU ALL   Laughing

__________________

Jesus Love Me and You

garamdunia's picture

Keburu Nafsu

Sangat (amat) disayangkan banyak dari teman saya sendiri terluka karena masalah ini (pacar-berpacaran). Dari saling iri, saling melukai hati, bahkan sampai membentuk kelompok-kelompok untuk saling membenci si ini atau si itu karena 'dia telah melukai saya' dan lain sebagainya. Apa bedanya kalau begitu kita sebagai pengikut Tuhan dengan yang bukan??

Saya hanya bisa memberi tambahan dari tips saudara Aries untuk sesama (yang belum menikah, tetapi mencari): sabar, sabar, dan sabar

Menurut Firman Tuhan di Kejadian 2, keinginan untuk berpasangan hidup sangatlah kuat, dan hubungan seksual merupakan ikatan yang sangat kuat, maka hanya pantas digunakan oleh sepasang suami istri.

Dari pengalaman saya sendiri dan teman-teman saudara seiman, pertanyaan yang selalu muncul dalam berpacaran:

- Boleh pegangan tidak?
- Boleh ciuman tidak?
- Boleh ini, boleh itu tidak?

Sekali lagi, akanlah lebih membantu jika kita mundur lebih jauh dan mempertanyakan:

- Mengapa kita harus pegangan, ciuman, ini itu di dalam berpacaran??

Sayangnya, hasrat hubungan fisik sangatlah kuat, apalagi di kalangan muda-mudi. Terlebih lagi, setelah melakukan ini-itu, terlalu sulit untuk tidak saling mengontrol diri, dan melakukan tahap selanjutnya, lebih jauh lagi.

Ingatlah beberapa konsep:

- Berapa lama berpacaran dibanding pernikahan?

Bukankah saling berteman saja lebih baik sewaktu muda, tidak perlu cepat-cepat berpacaran. Lagipula, dengan hanya berteman, lebih banyak kemungkinan berkenalan dengan banyak orang? Siapa tahu kita lebih suka si 'A' daripada si 'B'?

- Takut kedahuluan si 'Z', sehingga si 'A' tidak bisa menjadi pacar saya?

Percayalah kepada Tuhan, kalau memang Tuhan berkehendak, si 'A' tidak akan pergi kemana-mana kok

- 1 Timotius 5:2 "Perlakukanlah wanita yang lebih tua sebagai ibumu sendiri, dan yang muda sebagai adikmu, dengan hanya mempunyai pikiran murni mengenai mereka"

Apakah motivasi kita di dalam berpacaran? Mengenal calon pasangan lebih jauh? Mencicipi hubungan fisik?

 

Aries Yunarta's picture

Thanks

Thanks berat nih buat garamdunia atas tambahannya.

Saya juga setuju atas komentar anda. Dan pertanyaan di akhir komentar anda itu merupakan pertanyaan yang harus kita renungkan bersama.

Mudah -mudahan ada yang memberi tambahan lagi.

GBU ALLLaughing

__________________

Jesus Love Me and You

yandi4578's picture

    " TUHANlah kekuatan

 

 

" TUHANlah kekuatan dan mazmurku, dia gunung batu dan keselamatanku.................."

__________________

" TUHANlah kekuatan dan mazmurku, dia gunung batu dan keselamatanku.................."

Donni's picture

bertanya

Syalom Terimakasih atas ayat Firman Tuhannya yang memotivasi saya untuk hidup dan pacaran sesuai dengan Firman Tuhan. saya mau bertanya:::: saya pacara jarak jauh hanya komunikasi setiap hari pagi,siang dan malam.kami doa sebelum kerja dan berdoa sama sebelum tidur dan sekalian sharing apa yang terjadi pada kami dalam 1 hari itu. BAGAIMANA CARANYA MENJAGA HUBUNGAN KALAU BERPACARAN JARAK JAUH? God bless
jesusfreaks's picture

PACARAN ? PACARAN JARAK JAUH ?

Dear All Brother & Sister, dari semua point Pacaran Sehat, semuanya saya langgar. Pacar pertama saya adalah istri saya sekarang. bukannya gw telat pacaran, tapi karena sering ditolak terus. tapi gw coba tarik rhema dari itu, KALAU MAU PACARAN PASTIKAN LANJUT KE PERNIKAHAN. Artinya sd, smp, smu bahkan mungkin kuliah GAK PERLU PACARAN. kalau lo mau NIKAH baru deh PACARAN. Ngerti ya... SOAL PACARAN JARAK JAUH, SATU PASTIKAN DULU AKAN LANJUT KE PERNIKAHAN. NGOMONG SAMA SI DIA, NGOMONG SAMA ORANG TUANYA. KALAU PERLU BUAT TARGET KAPAN PERNIKAHAN. SELANJUTNYA SERAHKAN PADA TUHAN SANG PENJAGA & PEMBANGUN CINTA. SEKALI LAGI, DILARANG PACARAN, KECUALI MAU MENUJU PERNIKAHAN. Jesus Freaks, "Live X4J, die as a martyr"
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

EK4's picture

minta solusi donkkkk

minta solusinya donkk....saya sudah pacaran kurang lebih hampir 2 bulan dan selama saya pacaran,saya tidak pernah memberi ciuman padahal dia selalu menyuruh saya untuk menciumnya tapi saya takut karena kalau nantinya saya menciumnya sekali pasti dia akan memintanya lagi untuk sekian kalinya. dan dalam benak saya juga sich masih ada rasa takut apakah dia benar-benar mencintai saya atau dia hanya menginginkan saya karena ingin memenuhi kepuasan nafsunya saja... jadi gimana donkk??????
toni santoso's picture

PACARAN GA PERLU ADA NYA UJIAN KESETIAAN DENGAN CIUM

buat eka, kamu bener kalo mikir pasti dia minta lagi...minta lagi..dan minta lagi buat dicium...jgn sesekali cium - cium...kalau mau cium..cium kening atau cium pipi aja..itu kasih sayang..nah klo cium bibir itu udah sayang++ nafsu...ciumnya jgn mesra..tapi berupa kecupan kilat aja..nah itu namanya ciuman pacaran yang sehat buat kita dan juga buat rohani kita..klo ciuman dengan mesra kan bisa bertukar hmmm maaf" air ludah" air ludah itu bisa jadi menjadi sarana menyebarkan virus penyakit seperti hepatitis B lho...harus cari pacar yang agama nya sama. biar ada kesamaan. seperti terang dengan terang...terang menyatu bersama dengan gelap itu hal yang mustahil....jadi lah dombaNya yang setia..GBU :D
orangsokberiman's picture

help me!!!:-(

syalom...

saya new person di sini..

 

mau tanya nih..

saya punya pacar.saya gak bisa nahan napsu saya, kalau udah di dalam kamar. saya hampir memasukannya ke dalam miss V. Dan kejadian kaya gitu udah terjadi berkali-kali. aku tahu ini salah. aku tahu ini dosa. Tapi kenapa, aku nggak bisa nahan napsuku?padahal, diriku yang seharunya menguasai napsu.bukan napsuku yang menguasai diriku.imanku bener-bener jatuh, dan aku belum bisa nemukan apa yang bisa mengembalikan diriku ke jalan yang dulu.

 

mohon bantuannya.

Aries Yunarta's picture

yah jgn msk kamar

yah jgn pacaran di kamar lah, di cafe, di mall, kan msh banyak tempat. Jauhi tempat2 yang memungkin kan "itu" terjadi (seperti kisah Yusuf)

Yang perlu di camkan jng kan melakukan, br berpikir untuk melakukan aja ud dosa. So pacaran yang sehat dong.

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

dennis santoso a.k.a nis's picture

kalo serius...

aku belum bisa nemukan apa yang bisa mengembalikan diriku ke jalan yang dulu.

kalo kamu serius nanya, coba cerita dulu, emang kamu DULU nya gimana?

ryan hendra widayat's picture

usahakan ada orang ke tiga

Susah emang melihat kasus yang satu ini...

sangat banyak kasus pranikah tentang seks sebelum nikah ini.. bahkan menurut hasil riset salah seorang pendeta (jogja), dia menemukan perbandingan 7 diantara 10 pasangan yang akan menikah pernah melakukan hubungan seksual. dan di bali, 9 dari 10 pasangan telah melakukan hubungan seksual.

melihat kasus ini sangatlah penting untuk dicermati. saya rasa peran pihak ke tiga sangatlah penting untuk mengendalikannya. memang tidak nyaman bagi pasangan yang terus di ikuti oleh pihak ke tiga namun  ini adalah salah satu cara yang cukup efisien.

ryan hendra widayat

www.rahasiabisakaya.com

orangsokberiman's picture

trims

terima kasih atas saran-saranya..

GBU