Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Wanita Penggoda

joli's picture

Cinta kuat seperti maut
Birahi kejam seperti neraka

Penggoda suami orang..
Istri tidak setia

 

Itulah cibiran yang selalu diterima oleh istri kedua,  sebaik apapun tetaplah perebut suami..

Itulah juga mungkin yang di rasa Batsyeba.. dikenal sebagai istri tidak setia, penggoda Raja Daud.

Namun di kitab Matius maupun Lukas namanya di sebut sebagai nenek moyang Yesus,  

Yusuf ayah Yesus, adalah keturunan Daud dengan Batsyeba istri Uria yang memperanakan Salomo yang adalah Raja Israel yang terkenal karena hikmatnya (Matius 1:6)

Maria, ibu Yesus, adalah keturunan Daud dengan Batsyeba istri Uria yang memperanakan Natan dst (Lukas 3:31)

Yesus anak Daud dan Batsyeba, bukan dari Abigail istri Daud yang sangat bijak, bukan dari Maakha istri Daud yang juga anak raja? Mengapa Allah memilih seorang wanita yang melakukan pelanggaran untuk menjadi salah satu ibu moyang Yesus? Apa istimewa dari Batsyeba?

 

Batsyeba adalah wanita biasa:

Selama ini Batsyeba lebih dikenal sebagai wanita penyebab Raja Daud seorang yang di perkenan Allah, menjadi berdosa,

Sekali peristiwa pada waktu petang, ketika Daud bangun dari tempat pembaringannya, lalu berjalan-jalan di atas sotoh istana, tampak kepadanya dari atas sotoh itu seorang perempuan sedang mandi; perempuan itu sangat elok rupanya. Lalu Daud menyuruh orang bertanya tentang perempuan itu dan orang berkata: “Itu adalah Batsyeba binti Eliam, isteri Uria orang Het itu.” Sesudah itu Daud menyuruh orang mengambil dia. Perempuan itu datang kepadanya, lalu Daud tidur dengan dia. Perempuan itu baru selesai membersihkan diri dari kenajisannya. Kemudian pulanglah perempuan itu ke rumahnya.(2Sam 11:2-4)

Daud bangun dan berjalan di atas sotoh, sotoh adalah bangunan di bagian atas rumah (klik  SOTOH di sabdanext :)) Karena sotoh terletak di bagian rumah paling atas dan istana pastilah lebih tinggi dan paling tinggi diantara rumah-rumah pada umumnya.

Pada waktu itu Batsyeba sedang mandi, apakah Betsyeba sengaja, mandi di tempat terbuka sehingga bisa dilihat Raja dari istana? apakah Batsyeba sengaja menge-pas-kan waktu sore-sore supaya pas dengan waktunya Raja berjalan-jalan di Sotoh? apakah Batsyeba sengaja melakukan gerakan-gerakan erotis saat mandi supaya Raja tergoda? Mungkin seperti itulah yang sering kita tafsir mengenai Batsyeba.

Siapakah Batsyeba? Batsyeba adalah istri Uria kepala pasukan perang Israel, anak dari Eliam pahlawan perang Daud, dan cucu dari Ahitofel penasihat Raja. Mungkin karena istri, anak, dan cucu orang-orang terpandang di istana sehingga rumahnya dekat dengan istana.

Israel, di sungai atau di sumur, mestinya mereka melakukannya bila sore hari menjelang gelap supaya tidak dilihat orang.

Nah di alkitab tidak disebutkan Betsyeba mandi di tempat umum, kemungkinan di rumahnya mempunyai sumur pribadi, di situlah dia mandi, bila Batsyeba mandi sore-sore di rumahnya sendiri apakah aneh, apakah itu yang disebut sengaja nge-pas-kan waktu untuk di “lihat” Raja dari atas? apakah dia tahu bahwa Raja akan jalan-jalan di sotoh, bukankah waktu itu adalah musim perang, dimana semua Raja sedang pergi berperang..

Juga beranikah dia mempertaruhkan reputasi ayahnya, kakeknya juga nyawanya untuk berani menggoda Sang Raja? karena dia tahu mati adalah hukumnya.

 Apabila seseorang kedapatan tidur dengan seorang perempuan yang bersuami, maka haruslah keduanya dibunuh mati: laki-laki yang telah tidur dengan perempuan itu dan perempuan itu juga.(ul 22:22)

Nah di alkitab tidak disebutkan Betsyeba mandi di tempat umum, kemungkinan di rumahnya mempunyai sumur pribadi, di situlah dia mandi, bila Batsyeba mandi sore-sore di rumahnya sendiri apakah aneh, apakah itu yang disebut sengaja nge-pas-kan waktu untuk di “lihat” Raja dari atas? apakah dia tahu bahwa Raja akan jalan-jalan di sotoh, bukankah waktu itu adalah musim perang, dimana semua Raja sedang pergi berperang..

Juga beranikah dia mempertaruhkan reputasi ayahnya, kakeknya juga nyawanya untuk berani menggoda Sang Raja? karena dia tahu mati adalah hukumnya.

Batsyeba adalah wanita biasa yang di beri anugerah elok rupa.

 

Batsyeba adalah istri yang baik

Ketika Daud menyuruh orang memanggilnya, dan dia datang menghadap Raja, lalu Daud tidur dengan dia.

Mengapa Batsyeba mau datang kepada Daud? ya karena memang tidak bisa menolak panggilan Raja yang berdaulat?

Mengapa Batsyeba tidak menolak untuk ditiduri Daud? ya karena memang tidak bisa perintah Raja yang berkuasa?

Apakah ketika mulut tidak bisa berkata tidak berarti mau?

Apakah ketika diam berarti suka?

Bila Batsyeba suka melakukannya, mengapa Batsyeba pulang ke rumah, dan tidak meminta pertanggung-jawaban dari Raja Daud? Bukankah dengan pulang ke rumah berarti semua beban ada pada Batsyeba, dan Raja akan lepas dari akibat-akibatnya?

Ataukah Raja Daud yang memintanya pulang, yang menjadi membecinya setelah penolakannya? Seperti yang dilakukan Amnon kepada Tamar..

 Ya cinta itu kuat seperti maut, nafsu birahi kejam seperti neraka (terjemahan lepas hai2 unt Kid 8)

Sungguh sebagai seorang istri Batsyeba merasakan penderitaan luar biasa akibat perbuatan Raja, bukan hanya berdosa kepada Tuhan, juga rasa salah dan sesal yang luar biasa terhadap suaminya yang sedang mengadu nyawa untuk Negara, perasaan istri yang tak berdaya .. Ketika mendapati dirinya hamil, Batsyeba memilih memberitahukan kepada Raja untuk mempertimbangkannya, ya pada waktu itu semua orang Israelakan menghadap Raja untuk mengadili perkara-perkara yang mereka hadapi (2 sam 15:6). Batsyeba tidak memberitahukan kepada suaminya supaya tidak mengganggu konsentrasi di medan perang. Batsyeba yang tidak meninggalkan suaminya, Batsyeba diam, dengan diamnya dia tidak mencemarkan suaminya, juga tidak mempermalukan Raja,.. Ya Betsyeba adalah istri yang baik dan istri yang sabar menderita, semua perkara dia coba tanggung sendiri, hingga ketika di puncak kekuatannya lah dia baru mengajukan kepada Raja untuk menimbang perkaranya.

Apa yang dilakukan Raja Daud, yang disebut orang yang berkenan kepada Allah, bukannya mengambil tanggung-jawab, tetapi malah bersembunyi dan berusaha menutupi perbuatannya dengan berusaha memanipulasi keadaan, dengan memanggil Uria suami Batsyeba dari medan pertempuran yang belum selesai untuk menghadap Raja. Meninggalkan medan perang dan pasukan-nya untuk menghadap Raja, hanya untuk mendengar perintah Raja untuk pulang ke rumah, ya suatu perintah yang tidak dapat diterima akal sehatnya. Semua tenaga dan pikiran sedang tercurah bagaimana menghadapi lawan dan bagaimana menyusun strategi bersama pasukan dan Yoab, ya pikiran masih dipenuhi bagaimana Yoab harus segera merubah strategi perangnya karena ada satu posisi yang lobang karena ditinggalkannya.. dengan pikiran masih berkecamuk.. Raja memintanya pulang ke rumah untuk bertemu istrinya, sungguh suatu permintaan yang aneh dan tidak selayaknya.. karena seorang prajurit perang haruslah menjaga diri supaya tetap tahir, juga menjaga diri terhadap perempuan. (klik Upacara Penyucian di sabdanext)

Mengapa Daud meminta Uria pulang ke rumah adalah supaya Uria bisa bersama Batsyeba, dan itu akan menutupi kehamilan Batsyeba akibat perbuatannya, sehingga Daud bisa lepas dari tuduhan dan tanggungjawabnya.

Ketika Uria menolak pulang, maka Daud merencanakan kematian Uria dengan meminta Yoab mengirim Uria di posisi yang paling berbahaya.

Cinta kuat seperti maut
Birahi kejam seperti neraka

Batsyeba tetap diam, tiada keluhan, tiada air mata, semua rasa dan derita dia tanggung sendirian, dalam diamnya nyata kebijakannya… hingga ketika di beritahukan tentang kematian Uria, air mata yang selama ini tertahan, mengalir bersama ratapannya, karena suaminya, suami yang dikasihinya, suami yang disakitinya, suami yang meninggalkannya tanpa sempat memberi waktu kepadanya untuk memberitahukan betapa sesal dan sayangnya dia kepada sang suami.

 

Bersambung

 

Note :

Sotoh, itu apa? Upacara Penyucian apa? Lihat di sabdanext….  

Mengenal dan belajar alkitab jadi asik ketika nemu blog ini. Terima kasih untuk Tim Net Sabda, untuk Sabdanext nya, setelah nemu Sabdanext, membaca dan belajar firman ternyata selain menyenangkan, juga mengairahkan, jadi ingat ketika pertama kali utak-atik logaritma waktu SMP atau kimia penggaraman di SMU. Sekarang utak-atik link-link ayat2 alkitab.. seru lho.. sampai kaget-kaget bila ketemu apa maksudnya.. kok nggak seperti yang di khotbahkan ya?

 

erick's picture

Huwebatttttttt

Joli memang hebat, baru belajar utal-atik link, blog yg ini keren abisssss!

Satu hal mengenai Batsyeba, ia adalah istri totok. Istri seorang pria bernama Uria. Dia seorang wanita untuk seorang pria.

Namun, semua terjadi untuk sebuah alasan. Allah lah pemilik alasan itu.


__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

joli's picture

Bila istri "di PAKSA"

Thanks Erick, gara-gara yee.. di blog Erick yang berjudul Abigail, membuat Joli penasaran, ternyata ada yang ngalahin Abigail, padahal dulu Joli juga nge-fans ama kakak Abigail. Setelah membaca dan belajar alkitab, ternyata Batsyeba wow, tidak seperti yang dibayangkan.. ternyata Batsyeba WOW.. jadilah tulisan ini..

Erick, Batsyeba memang istri seorang pria.. namun bukan istri-nya totok. Batsyeba istri seorang pria bernama Uria, setelah Uria di "gugur"kan di medan perang, Batsyeba menjadi istri seorang pria bernama Daud.

Ketika ayah melakukan dengan sembunyi, anak melakukannya dengan terang-terangan.. 

Ketika ayah melakukannya dengan "memaksa", anak melakukannya dengan "memperkosa"

Andai seorang istri di "paksa" oleh pencuri, apakah istri tersebut di katakan sebagai istri yang tidak setia, dan istri yang selingkuh?..

Andai Batsyeba di "paksa" oleh raja, apakah Batsyeba bisa dikatakan istri yang tidak setia dan istri yang selingkuh?..

 

 

 

Samuel Franklyn's picture

Menurut saya Batsyeba tidak dipaksa

Menurut saya Batsyeba tidak dipaksa. Menurut saya Daud tidak memperkosa Batsyeba. Hubungan mereka adalah hubungan suka sama suka. Kalau yang dilakukan adalah perkosaan pastilah dicatat dalam Firman. Firman mencatat dosa sebagai dosa. Kalau pembunuhan yang dilakukan Daud terhadap Uria saja dicatat maka tidak mungkin perkosaan Daud terhadap Batsyeba tidak dilaporkan. Kenapa Salomo yang jadi raja menggantikan Daud? Alasan yang wajar adalah karena Batsyeba adalah wanita yang sangat dicintai Daud. Batsyeba memang berselingkuh tapi jelas perselingkuhan Batseyeba disebabkan oleh rayuan Daud jadi yang lebih bersalah jelas Daud.

joli's picture

Cinta beda dengan nafsu

Dear SF..

Hubungan mereka adalah hubungan suka sama suka.

Bagaimana kita tahu kalau itu hubungan suka sama suka? bukankah Daud belum tahu siapa wanita yang elok rupa bila pas mandi itu? sehingga dia bertanya siapa dia? bagaimana bisa cinta bila hanya melihat siluet?  saya kira Daud melihat dan mengingini bukan karena cinta tetapi karena "ingin"

Awal mula saya juga berpikir seperti itu..  hubungan suka sama suka, Daud jatuh cinta kepada Batsyeba, namun setelah membaca kisah Amnon dan Tamar,  seakan "melihat" bahwa Amnon melakukan-nya dengan hard, sedang Daud melakukannya dengan soft.. Apalagi ketika melihat Amnon menyuruh Tamar pergi, bukankah Batsyeba juga pulang ke rumahnya? (meski tidak ditulis apakah itu di suruh Daud pergi) namun bila Daud cinta dan Batsyeba suka..kenapa harus pulang? inilah yang menurut Joli agak janggal.. bisakah SF bantu jelaskan?

Batsyeba adalah anak dari Eliam pahlawan perang Daud, dan cucu dari Ahitofel penasihat Raja. Melihat reputasi ayah dan kakeknya, pastilah Batsyeba tahu peraturan-peraturan yang harus ditaati dan tidak boleh dilanggar..

Batsyeba tahu dosa sehingga dia membersihkan diri dari kenajisannya.

Kenapa Salomo yang jadi raja menggantikan Daud? Alasan yang wajar adalah karena Batsyeba adalah wanita yang sangat dicintai Daud.

Memang benar akhirnya Daud mencintai Batsyeba, namun itu sesudah Batsyeba menjadi istrinya, dan memang Batsyeba, wanita yang pantas menerima cintanya..

Samuel Franklyn's picture

Karena takut hukuman

Bagaimana kita tahu kalau itu hubungan suka sama suka? bukankah Daud belum tahu siapa wanita yang elok rupa bila pas mandi itu? sehingga dia bertanya siapa dia? bagaimana bisa cinta bila hanya melihat siluet?  saya kira Daud melihat dan mengingini bukan karena cinta tetapi karena "ingin"

Antara cinta dan nafsu seringkali sukar dipisahkan buat seorang pria. Buat seorang wanita perbedaannya selalu jelas tapi tidak demikian buat seorang pria. Seorang pria bisa saja mulai dari nafsu lalu mencinta dan bisa saja mulai dari nafsu lalu membenci tapi wanita umumnya tidak mulai dari nafsu. Perbedaan ini sepertinya memang sudah disolder Tuhan kedalam psikis pria dan wanita dan pasti ada alasan yang bagus. He he he.

namun bila Daud cinta dan Batsyeba suka..kenapa harus pulang? inilah yang menurut Joli agak janggal.. bisakah SF bantu jelaskan?

Bukankah kamu sudah posting dibawah bahwa hukuman mereka yang berzinah adalah hukuman mati. Jadi Daud dan Batsyeba sesudah terlena oleh nafsu pasti sadar bahwa hubungan mereka tidak bisa diteruskan. Kalau diteruskan akibatnya bisa fatal.

Batsyeba adalah anak dari Eliam pahlawan perang Daud, dan cucu dari Ahitofel penasihat Raja. Melihat reputasi ayah dan kakeknya, pastilah Batsyeba tahu peraturan-peraturan yang harus ditaati dan tidak boleh dilanggar..

Masalahnya cinta dan nafsu bukanlah masalah rasional. Ini sekedar dugaan: Batsyeba sedang dalam kondisi tekanan seksual tinggi karena di tinggal suami berperang. Daud sedang dalam kondisi yang sama karena bosan nggak ada kerjaan. Begitu mereka berdua ketemu langsung nyambung. Jeger. Kejadian deh. Sesudah seks mereka baru sadar sepenuhnya akan apa yang terjadi. Mereka takut lalu memutuskan untuk berpisah. Batsyeba kembali ke rumah. Tapi Tuhan melihat segalanya dan memutuskan bahwa Daud dan Batsyeba harus menanggung hukuman.

joli's picture

SF.. onderdil pria n wanita beda..

Masalahnya cinta dan nafsu bukanlah masalah rasional. Ini sekedar dugaan: Batsyeba sedang dalam kondisi tekanan seksual tinggi karena di tinggal suami berperang. Daud sedang dalam kondisi yang sama karena bosan nggak ada kerjaan. Begitu mereka berdua ketemu langsung nyambung. Jeger. Kejadian deh. Sesudah seks mereka baru sadar sepenuhnya akan apa yang terjadi. Mereka takut lalu memutuskan untuk berpisah. Batsyeba kembali ke rumah. Tapi Tuhan melihat segalanya dan memutuskan bahwa Daud dan Batsyeba harus menanggung hukuman.

Antara cinta dan nafsu seringkali sukar dipisahkan buat seorang pria. Buat seorang wanita perbedaannya selalu jelas tapi tidak demikian buat seorang pria. Seorang pria bisa saja mulai dari nafsu lalu mencinta dan bisa saja mulai dari nafsu lalu membenci tapi wanita umumnya tidak mulai dari nafsu. Perbedaan ini sepertinya memang sudah disolder Tuhan kedalam psikis pria dan wanita dan pasti ada alasan yang bagus.

Seperti kata SF pria dan wanita berbeda perilaku dalam memandang cinta dan nafsu, ya karena di ciptakan dengan onderdil sparepart yang berbeda sehingga punya perilaku seks yang berbeda. Soo..  wanita lebih bisa bertahan untuk tidak melakukan seks.. mengendalikan dengan pikiran jauh lebih mudah.. jadi Batsyeba sedang dalam tekanan seksual saya kira nggak juga...  Ada pendapat Batsyeba "menggoda" Daud karena berambisi untuk menjadi istri Raja dan Ibunda Raja.... itu lebih masuk akal, di bandingkan alasan tekanan seksual.. karena ambisi wanita.. luar biasa... nah itu yang akan Joli tulis sebagai sambungan "wanita penggoda"

Pernah baca aturan yahudi, bila pria pergi berperang maka, istri di beri surat cerai.. sehingga bila terjadi apa-apa dengan suaminya maka istri bisa menikah lagi.. ada hukumnya.. nanti kalau ketemu pasalnya.. aku tulis menyusul ya..

Bila itu benar berarti...

BUNGUL's picture

Sdkit ttg Batsyeba

Di dalam II Sam. 11:3, dituliskan bahwa Batsyeba adalah anak Eliam. Dan nama Eliam termasuk dalam daftar nama-nama pahlawan Daud, serta disebutkan juga bahwa ia adalah anak Ahitofel orang Gilo [ II Sam. 23 ]. Ahitofel adalah seorang penasihat, dimana nasihatnya diakui baik oleh Daud maupun Absalom, sebagai setara dengan petunjuk yang dimintakan dari Allah [ II Sam. 16:23 ].

So, apakah Batsyeba bukan keturunan orang-orang yang luar biasa di zamannya? Bapanya adalah pahlawan Daud yang dicatat dalam Alkitab, sementara Yoab, yang adalah panglima Daud, tidak dicatat Alkitab sebagai pahlawan. Kakeknya, Ahitofel, diakui memiliki nasihat yang setara dengan petunjuk Allah.

Tetapi, kehidupan rumah tangga Batsyeba dimulai di dalam ketidaktaatan kepada firman Tuhan. Suaminya, sekalipun juga pahlawan Daud yang setia, adalah orang Het. Mengenai perkawinan campur, firman Tuhan tegas menyatakan dalam kitab Ulangan 7:1-3, sebagai berikut, "Apabila Tuhan Allahmu telah membawa engkau ke dalam negeri.orang Het.Janganlah juga engkau kawin-mengawin dengan mereka.".

Jadi, firman Tuhan melarang bangsa Israel, baik laki-laki atau perempuan, untuk kawin dengan orang Het. Kegagalan Batsyeba selanjutnya adalah, tentu saja perselingkuhannya dengan Daud. Sekalipun inisiatifnya datang dari Daud, tetapi Alkitab mencatat, " perempuan itu datang kepadanya." Bagaimanapun juga, perselingkuhan adalah dosa dua orang. Jadi, sebagai isteri, Batsyeba telah gagal dua kali.

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

__________________

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

joli's picture

Karena cinta..

Salam kenal BUNGUL...

bani Het adalah salah satu dari ketujuh bangsa di Kanaan, seharusnya di binasakan oleh orang Israel, namun ternyata tidak seluruhnya dibinasakan (hak 3:5) dan tinggal bersama-sama bangsa Israel, menjadi budak, dan memulai karirnya sebagai tentara karena badan mereka kuat. Ada 2 orang Het yang disebut sebagai pasukan Daud, yaitu Abimeleh dan Uria.

Nah pada waktu itu memang tidak diperbolehkan orang Israel kawin dengan bangsa asing termasuk orang Het, mengapa Batsyeba nekad menjadi istri Uria, orang Het.. bila bukan karena cinta?  cinta bagi wanita adalah segalanya (kata om Hai2).. dan Batsyeba cinta kepada Uria, mengapa harus menggoda Daud? ..

Alkitab mencatat, " perempuan itu datang kepadanya." Bagaimanapun juga, perselingkuhan adalah dosa dua orang. Jadi, sebagai isteri, Batsyeba telah gagal dua kali.

Kenapa perempuan itu datang kepadanya? yah.. mana bisa menolak panggilan Raja? bukankan Sang Raja yang berkuasa yang memanggilnya? 

 

sandman's picture

Motif suka sama suka?

Dalam sebuah hubungan, entah itu hubungan teman, pacar, suami - istri, anak-bapa, ketika hubungan itu rusak, bisakah kita menyalahkan salah satu sisi? ketika suami istri bercerai bisakah salahkah si istri atau si suami? Tentu keduanya tetap harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi, tidak bisa menyalahkan salah satu pihak. Siapa merayu siapa tentu kita tidak tahu, tapi yang jelas pasti mereka telah berzinah, dan mereka telah menerima hukaman masing-masing. Ada harga yang harus dibayar atas perbuatan mereka, walaupun itu lebih ringan dari yang seharusnya.

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Samuel Franklyn's picture

Inisiatif Daud

Dalam konteks Daud dan Batsyeba maka jelas hubungan mereka adalah atas inisiatif Daud. Mereka berdua berzinah tapi hubungan zinah ini inisiatifnya dari Daud. Salah Batsyeba adalah menanggapi ajakan Daud tapi yang mengajak adalah Daud.

joli's picture

Hukuman mati

Dear Sandman..

hukuman mereka adalah mati.

Apabila seseorang kedapatan tidur dengan seorang perempuan yang bersuami, maka haruslah keduanya dibunuh mati: laki-laki yang telah tidur dengan perempuan itu dan perempuan itu juga.(ul 22:22)

sandman's picture

Lebih ringan ..

Ada harga yang harus dibayar atas perbuatan mereka, walaupun itu lebih ringan dari yang seharusnya..

Betul kan?

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

sandman's picture

Pria menang memilih

Pria menang memilih perempuan menang menolak..

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

joli's picture

@sandman.. kalah

Pria menang memilih perempuan menang menolak..

Itulah yang terjadi dalam kasus Daud memilih, Batsyeba menolak

Sayangnya keduanya bukan sama-sama menang namun sama-sama kalah.. karena sama-sama jatuh dalam dosa, sama-sama kehilangan anak..

sandman's picture

@ci joli

Menolak bagaimana ci? Menolak seperti Yusuf yang melarikan diri dari istri potifar?

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

joli's picture

@sandman.. seandainya bisa..

Dear Sandman

Seandainya bisa.. akan dilakukannya..

hai hai's picture

Benarkah Daud Ingin?

Daud punya banyak anak. Apakah Salomo yang paling dikasihinya? Apakah Salomo yang MEMANG ingin dijadikannya Raja? Atau dia TERPAKSA menjadikan salomo Raja karena pernah BERJANJI atas nama Allah?

Apakah Batsyeba memang istri yang paling dicintai Daud? Kenapa tidak mulai menyebutkan nama-nama Istri Daud? Kapan Daud mengawini mereka dan kira-kira apa alasan Daud mengawininya? Dan setelah menikah dengan Daud, apa yang terjadi dengan para wanita itu?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

Absalom anak yang paling di kasihi Daud

Walah Hai-hai.. malah kasih PR..

Anak-anak ini dilahirkan bagi Daud di Hebron. (1 Taw 3: 1-4)

Anak sulungnya ialah Amnon, dari Ahinoam, perempuan Yizreel;
anaknya yang kedua ialah Kileab, dari Abigail, bekas isteri Nabal, orang Karmel
yang ketiga ialah Absalom, anak dari Maakha, anak perempuan Talmai raja Gesur
yang keempat ialah Adonia, anak dari Hagit;
yang kelima ialah Sefaca, anak Abital
yang keenam ialah Yitream, dari Egla, isteri Daud.
 

Inilah yang lahir bagi dia di Yerusalem: (1 Taw 3:5-9, 14:3-7)

Simea, Sobab, Natan dan Salomo, empat orang dari Batsyua binti Amiel,
lalu Yibhar, Elisama, Elifelet,
Nogah, Nefeg, Yafia,
Elisama, Elyada dan Elifelet, sembilan orang.
Semuanya itu anak-anak Daud, belum terhitung anak-anak dari gundik-gundik. Tamar ialah saudara perempuan mereka.

Daud memiliki sejumlah istri, tetapi mereka yang paling dikenal dalam sejarah adalah Abigail dari Karmel (I Taw. 3:1); Mikhal, anak perempuan Saul (I Sam. 18:27); dan Batsyua (I Taw. 3:5).

Batsyua di sebut juga Batsyeba. Memang ada yang masihh belum di mengerti tentang anak Batshua ada 4 yaitu Simea, Sobab, Natan dan Salomo,.. namun yang di ceritakan di Alkitab adalah Salomo penerus Raja Daud, dah ada yang menarik, ada satu lagi anak Batsyua bernama Natan, tidak di ceritakan namun namuanya di tulis di Lukas 3:31 sebagai kakek moyang Yesus dari Maria yang juga ternyata anak Daud dan Batsyua.. (double karunia)

Apakah Salomo yang paling dikasihinya?

Raja daud mengasihi semua anak-anak-nya, namun yang paling dikasihi Daud adalah Absalom. Ketika Amnon mati dibunuh Absalom karena memperkosa Tamar, daud sangat bersedih dan mengoyak jubahnya. Berbeda sikap Daud ketika Absalom mati , meski absalom memberontak, dan membuat daud harus melrikan diri, namun ketika Absalom mati, Daud dengan sedih menangisinya sehingga rela mati juga untuk menggantikannya.

Maka terkejutlah raja dan dengan sedih ia naik ke anjung pintu gerbang lalu menangis. Dan beginilah perkataannya sambil berjalan: "Anakku Absalom, anakku, anakku Absalom! Ah, kalau aku mati menggantikan engkau, Absalom, anakku, anakku!

Kemanakah Salomo ketika itu?

Mari kita lihat berapa umur salomo ketika peristiwa itu terjadi, memang tidak disebutkan berapa umur Salomo, namun sebelum Daud ketemu Batsyeba, anak-anak Daud yang lahir di Hebron sudah beranjak dewasa, itu dapat terlihat di 2 Sam 8:18.. Anak-anak Daud menjadi imam. Jadi ketika Absalom sedang memberontok maka Salomo pastilah ikut Ibu mengungsi mengikuti Raja..

Hai-HAi.. bisa bantu kapan Daud mulai berjanji kepada Batsyeba untuk mengangkat Salomo menjadi pengganti Raja?.. aku cari2 nggak ketemu je..

 

Liesiana's picture

Daud melaksanakan janjinya kepada Batsyeba

Kapan Daud berjanji kepada Batsyeba ? 

Yang jelas Daud sudah berjanji, terbukti dalam 1 Raja Raja, Raja Daud memenuhi janji itu dalam 1 Raja Raja 1 : 

28 Lalu raja Daud menjawab, katanya: "Panggillah Batsyeba." Perempuan itu masuk menghadap raja dan berdiri di depannya. 

 

29 Lalu raja bersumpah dan berkata: "Demi TUHAN yang hidup, yang telah membebaskan nyawaku dari segala kesesakan, 

30 pada hari ini aku akan melaksanakan apa yang kujanjikan kepadamu demi TUHAN, Allah Israel, dengan sumpah ini: Anakmu Salomo akan menjadi raja sesudah aku, dan dialah yang akan duduk di atas takhtaku menggantikan aku."

 

joli's picture

@Lies.. sejak kapan?

Terima kasih Lies.. untuk ayat -nya 1 Raj

Lalu perempuan itu berkata kepadanya: "Tuanku sendiri telah bersumpah demi TUHAN, Allahmu, kepada hambamu ini: Anakmu Salomo akan menjadi raja sesudah aku, dan ia akan duduk di atas takhtaku (1RAJ 1:17)

Namun sejak kapan sumpah diberikan Daud kepada Batsyeba, dan diketahui Natan? apakah ketika anak pertama mereka mati dan Batsyeba dihibur Daud dengan menghampirinya dan di beri anugerah anak bernama Salomo? atau kapan??

ebed_adonai's picture

@joli: sepertinya memang selingkuh...

Ci joli dan kekasih-kekasih lainnya,……

Satu hal yang bisa kita cermati dalam kisah Daud-Batsyeba ini adalah jelasnya pandangan Raja Daud melihat Batsyeba mandi. Malah saking jelasnya, sampai-sampai narator kisah ini mengatakan bahwa paras cantiknya pun ketahuan (2Sam 11:2).
 
Nah, berdasarkan visualisasi Raja Daud yang begitu jelas itulah, diperkirakan jarak tempat mandinya Batsyeba dengan istana Daud lumayan dekat, kalau tidak bisa dibilang bertetangga. Sotoh rumah sendiri, dalam budaya Palestina kuno adalah semacam tempat rekreasi, cari-cari angin. Jadi, agaknya mustahil, jika Batsyeba berani mandi di suatu tempat (di mana pun itu), yang memungkinkan “tetangganya” untuk melihatnya dengan tingkat kejelasan seperti itu.
 
Selain itu, ada keanehan lain yang bisa kita tangkap dari kisah ini. Batsyeba sama sekali tidak menunjukkan perlawanan (kalau memang dia dipaksa oleh Daud), maupun ekspresi kegundahan yang lazimnya muncul dari seorang wanita yang baru saja dipaksa untuk melakukan persetubuhan. Kita bisa membandingkannya dengan kisah Tamar dalam 2Sam 13.
 
Karena itu, muncullah tafsiran seperti ini, kalau sebenarnya Daud dan Batsyeba itu sudah lama selingkuh. Dan acara mandi yang “kebetulan” diintip oleh Raja Daud itu tidak lain dan tidak bukan adalah semacam kode bagi mereka untuk berselingkuh.
 
Penjelasannya begini.
 
Dalam tradisi Yahudi ada dikenal ritual mandi sebagai sarana untuk pentahiran diri wanita yang telah selesai menstruasi (Im 15:19-33). Hal inilah yang menjelaskan kenapa Batsyeba “mempertontonkan” acara mandinya kepada Raja Daud. Ya, Batsyeba bermaksud mengirimkan semacam “sms” kepada Raja Daud, kalau ia sudah suci dari kenajisan menstruasinya (hal ini dikonfirmasi dalam 2Sam 11:4), yang (tentu saja) tidak akan bisa diketahui Daud, jika Batsyeba mandi di tempat yang semestinya, atau jika Daud ikut pergi ke medan perang. Raja Daud, setelah menerima “sms” dari Batsyeba, langsung menyuruh orang untuk menjemputnya. Jadi boleh dikatakan kalau keduanya sebenarnya sudah kong-kalingkong. Adapun niat Daud menyuruh orang untuk menanyakan identitas Batsyeba dalam 2Sam 11:3 bisa dipahami sebagai aksi untuk menutupi perselingkuhan mereka yang sebetulnya sudah lama terjadi. Jadi tafsiran bro SF di atas sudah tepat, kalau Batsyeba bukan dipaksa oleh Raja Daud.
 
Kekasih-kekasih yang budiman, mungkin ada rasa risih dalam hati kita menyimak tafsiran seperti ini. Kok kebangetan betul sih Daud dan Batsyeba ini?
 
Kalau kita cermati perikop tentang kisah Daud dan Batsyeba ini secara keseluruhan, memang begitulah adanya. Malah Raja Daud tega betul membuat skenario agar Uria meninggal di medan tempur dan Batsyeba menjadi miliknya. Kita pasti sering menyimak kisah-kisah roman seperti ini di media massa bukan?
 
Lalu kenapa bisa begitu? Nah, untuk satu hal ini, ada baiknya kita menyimak kembali dua kalimat pertama ci joli dalam blognya ini...
 
Shalom!

(...shema'an qoli, adonai...)

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

joli's picture

@Ebed.. sms Batsyeba not delivered

Akhirnya bisa masuk SS, setelah 2 hari ini modem rusak, sedang dengan hape operamini sudah nulis koment tapi nggak bisa send (kenapa ya?  admin? )

Ebed said: Malah saking jelasnya, sampai-sampai narator kisah ini mengatakan bahwa paras cantiknya pun ketahuan (2Sam 11:2).

Ebed, istilah elok rupanya belum tentu elok parasnya bisa juga bagus tubuhnya seperti Saul juga di sebut elok rupanya (Orang ini ada anaknya laki-laki, namanya Saul, seorang muda yang elok rupanya; tidak ada seorangpun dari antara orang Israel yang lebih elok dari padanya: dari bahu ke atas ia lebih tinggi dari pada setiap orang sebangsanya.1sam 9:2)

Jadi yang di lihat Daud saya kira lebih ke elok tubuhnya.. dan memang make sense bila mikvah Batsyeba dekat dengan istana dan bila mereka bertetangga akan terlihat..  atau bisa juga Daud melihat siluet...  lebih indah daripada aslinya.. krn plus di bayang2kan.. he.. he.. dan menurut teman2 pria, wanita sexi juga sering di bilang cantik, padahal nggak seberapa lo, benerkan wahai para pria?

Ebed said: Dalam tradisi Yahudi ada dikenal ritual mandi sebagai sarana untuk pentahiran diri wanita yang telah selesai menstruasi (Im 15:19-33). Hal inilah yang menjelaskan kenapa Batsyeba “mempertontonkan” acara mandinya kepada Raja Daud. Ya, Batsyeba bermaksud mengirimkan semacam “sms” kepada Raja Daud, kalau ia sudah suci dari kenajisan menstruasinya (hal ini dikonfirmasi dalam 2Sam 11:4),

sms not delivered

Sesudah itu Daud menyuruh orang mengambil dia. Perempuan itu datang kepadanya, lalu Daud tidur dengan dia. Perempuan itu baru selesai membersihkan diri dari kenajisannya. Kemudian pulanglah perempuan itu ke rumahnya.(2Sam 11:2-4)

@Ebed.. Batsyeba membersihkan diri dari kenajisannya setelah tidur dengan Daud, bukan ketika mandi di lihat Daud.

Sesudah itu Daud menyuruh orang mengambil dia. Perempuan itu datang kepadanya, lalu Daud tidur dengan dia. Perempuan itu baru selesai membersihkan diri dari kenajisannya. Kemudian pulanglah perempuan itu ke rumahnya.(2Sam 11:2-4)

kenajisan yang dimaksud bukan dari lelehan menstruasi tetapi dari tumpahan mani... membersihkan diri dari kenajisan.. setelah berhubungan badan..

mani itu, haruslah dicuci dengan air dan menjadi najis sampai matahari terbenam.Juga seorang perempuan, kalau seorang laki-laki tidur dengan dia dengan ada tumpahan mani, maka keduanya harus membasuh tubuhnya dengan air dan mereka menjadi najis sampai matahari terbenam. (Im 15:17-18)

Jadi menurut ayat-ayat diatas Batsyeba mandi adalah hal biasa dan rutin seperti yang dilakukan semua istri dan wanita... setelah melihat bentuk mikvah akan tahu kenapa kok bisa terlihat oleh Daud..

BUNGUL's picture

Mungkinkah Batsyeba menyanyi di kamar mandi???

Buat yang cewek-cewek, apalagi yang cantik-molek, sebaiknya anda waspada kalau lagi di kamar mandi, jangan suka "nyanyi-nyanyi", ntar bisa mengundang "tiit" ... apalagi kalau kamar mandinya banyak lobang ditambah suara merdu, waduh bisa brabe tu ....

Dengan asumsi itu, mungkinkah waktu itu Batsyeba sedang nyanyi-nyanyi ketika mandi sehingga Daud tergoda? Hehe ... maaf cuma iseng ni,

biasa si ...

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

__________________

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

henso's picture

@ bungul : ada alternatif lain...

Mungkin juga mandi sambil kentut dengan keras dan panjang misalnya duuutttt....... sehingga terdengar tetangga, nah tetangga penasaran, kok ada orang kentut keras banget. Waktu dilongok, wah BMW ( bahenol, montok, weleh-weleh ), lalu jadilah hal hal yang dikehendaki (kalo gak dikehendaki kan gak terjadi ).

joli's picture

@henso.. berselera

salam kenal henso..

ternyata kriteria elok rupa bagi Henso adalah BMW ya.. berselera tinggi juga dikau..

BUNGUL's picture

@henso, haha ...

Oya? Masalahnya kalau kasus kentut kepanjangan sih saya belum pernah dengar sehingga seorang raja bisa tergoda. Masa cantik-cantik kentutnya nora haha...

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

__________________

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

hai hai's picture

Ebed Adonai, Tentang Mandi Di Sungai

Saudara Ebed Adonai, mandi di sungai adalah tata ibadah untuk lelaki. Tidak ada catatan bahwa wanita harus mentahirkan diri dengan mandi di sungai (air mengalir).

Masa subur wanita umumnya 14 hari sebelum pendarahan berikutnya. Wanita Israel yang datang bulan, punya waktu satu minggu untuk istirahat lalu delapan hari lagi sebelum tahir. Itu berarti mereka baru boleh bersetubuh ketika mulai memasuki masa subur. Wow ..... Jadi ingat, perintah: Beranak cuculah ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ebed_adonai's picture

@hai-hai: maaf saya lupa menjelaskan....

Koh hai,

Ritual menyucikan diri dengan air bagi kaum wanita pasca menstruasi memang tidak disebutkan secara eksplisit dalam kitab Imamat. Namun dalam perkembangannya tradisi Yahudi memberlakukan hal ini terhadap kaum wanita, terutama setelah Bait Suci berdiri, dengan Im 15:19-33 sebagai basisnya, dan menjadi bagian dari apa yang di kemudian hari dikenal dengan sebutan mikvah. Nah, tradisi kan tidak muncul dalam semalam koh, melainkan berakar pada sebuah kebiasaan turun-temurun selama bertahun-tahun. Hal inilah yang menjadi landasan tafsiran saya. Memang saya akui hal ini jarang dibahas dalam topik-topik Judaik, yang agaknya disebabkan oleh kuatnya budaya patriarkhal dalam Yudaisme. Koh hai mungkin pernah mendengar Doa Pagi Yahudi, yang isinya antara lain mensyukuri bahwa seseorang diciptakan Tuhan sebagai laki-laki (ada versi lain yang mengganti kata “laki-laki” dengan “Israel”). Hal ini paling tidak bisa memberikan sedikit gambaran bagi kita mengenai kentalnya budaya patriarkhal dalam Yudaisme.
 
Kembali ke masalah ritual adus tadi. Ritual itu memang mensyaratkan adanya sumber air bersih segar, dan karena itu pula sungai menjadi pilihan utama. Namun ritual ini tidak harus dilakukan di sungai. Bukti-bukti arkeologis menyatakan bahwa di Timur Tengah Kuno kanalisasi air sudah dikenal, dan karena itu pula, kamar mandi atau toilet juga sudah ada, walau masih sangat jarang dan bentuknya pun sangat sangat sederhana, dan biasanya hanya keluarga-keluarga kaya atau kaum bangsawanlah yang memilikinya. Oleh sebab itu itu, memang bisa saja Batsyeba melakukan ritual tersebut di tempat tinggalnya, bukan di sungai, kecuali kalau istana Daud terletak di daerah pinggiran sungai (seperti penghuni bantaran kali Ciliwung saja ya kalau begitu, he..he..). Tetapi masalah di mana dan seperti apa tempat mandi Batsyeba itu, menurut opini saya dalam kisah ini tidaklah esensial, koh. Yang menjadi pusat perhatian dalam 2Sam 11:2 itu adalah jelasnya pandangan Raja Daud, dan “ceroboh”nya bu Batyseba, seperti yang sudah saya singgung di atas.
 

Koh hai juga betul. Memang hal ini tidak secara ketat dinyatakan dalam perikop tersebut, apakah Batsyeba saat mandi itu baru selesai menjalani periode menstruasinya, atau tujuh hari lagi setelahnya (Im 15:28-29). Kalau menurut tradisi seharusnya ritual itu dilakukan tujuh hari setelah periode menstruasi selesai. Namun karena yang menjadi hipotesa saya dalam narasi ini adalah mengenai perselingkuhan, dan namanya orang berselingkuh, masak masih mau ingat-ingat ajaran agama (menunggu dulu beberapa hari lagi)? Atau mungkin Daud dan Batsyeba melakukan perselingkuhan “putih” (selingkuh tapi taat ajaran agama) ya, koh hai? Ha..ha..ha..

Shalom!

(...shema'an qoli, adonai...)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

PS: Tadi ada saya lihat tulisan di shoutbox, kalau user noni sedang dirawat di rumah sakit. Saya doakan agar mbak noni cepat sembuh. GBU...

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

Purnawan Kristanto's picture

Tx kan Ebed

Ini yang saya suka dari SS. Dengan nongkrong di sini, saya mendapat perspektif baru. Saya dibuat berujar dalam hati:"Eh, iya...ya. Mengapa nggak pernah kepikiran seperti itu sebelumnya."

Tx kang Ebed. Kehadiran Anda semakin memberi pengetahuan kepada saya bahwa masih sangat banyak yang belum saya tahu.

-------------------------------------------------------------------------------

“Jaman lagi susah, buat apa susah? Susah itu tiada gunanya ”

~Manthous

 

 

 

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

ebed_adonai's picture

@purnawan: sama-sama mas Pur.......

Sami-sami mas Pur,...(aduhhh jadi malu )....saya juga banyak berguru dari mas Pur dan kekasih-kekasih lainnya di SS selama ini,..... malahan lebih banyak saya menerima daripada memberi...........

Senang bisa berbagi sesuatu dengan teman-teman semua........

Shalom!

(...shema'an qoli, adonai...)

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

joli's picture

Spa ala Batsyeba

Mikvah adalah upacara mandi dirancang untuk keperluan upacara pencelupan dalam Judaisme. Arti kata "mikvah", seperti yang digunakan dalam Alkitab Ibrani, secara harfiah berarti "koleksi" - umumnya, kumpulan air.

Alkitab menetapkan beberapa peraturan yang penuh pencelupan dalam air diperlukan untuk upacara.
Sebagian besar bentuk kenajisan dapat tahir melalui pencelupan di dalam kumpulan air.
Seperti mata air atau sumur. Mikvah di design sedemikian rupa sehingga bisa menampung air, tetapi ada saluran yang memungkinkan air terus mengalir dari sumber-nya sehingga air dalam mikvah selalu jernih.

Mikvah harus, sesuai dengan peraturan, memuat air yang cukup untuk menutup seluruh tubuh rata-rata ukuran manusia; berdasarkan mikvah dengan dimensi 3 hasta panjang, 1 hasta lebar, dan 1 hasta mendalam, volume yang diperlukan air diperkirakan sebagai 40 seah air. volume tepat disebut oleh seah menetapkan satu seah adalah 14,3 liter, dan karena itu harus mikvah yang berisi sekitar 575 liter. 

 

diambil dari wikipedia

en.wikipedia.org/wiki/Mikvah

hai hai's picture

Anak Daud Atau Anak Uria?

Kang Ebed, terima kasih atas penjelasannya. Saya percaya yang terjadi adalah selingkuh pertama. Apabila selingkuh itu sudah berjalan sering, pasti nabi Natan udah nongol untuk bercerita sebelumnya. Saya juga setuju dengan anda bahwa itu adalah mandi dalam rangka pentahiran setelah mens. tujuh hari setelah lelehan berakhir. Setelah mandi besih seharusnya Batsyeba pergi kepada Imam.

siklus mens rata-rata 28 hari. Masa subur wanita adalah 14 hari sebelum mens berikutnya. bukankah tepat sekali waktunya untuk hamil?

Kematian anak Daud hasil selingkuhan walau nampak kejam sesungguhnya adalah anugerah. Bila anak itu tidak mati, dinasti Daud akan bingung menentukan pengganti. Sementara itu, mungkin saat ini kita sedang seeru-srunya debat, Yesus anak Daud atau Anak Uria?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ebed_adonai's picture

@hai-hai: Anak Daud atau Uria?

"..Yesus anak Daud atau Anak Uria?.."

Iya, ya koh, kemarin-kemarin pikiran saya tidak nyambung sampai ke situ...

Piye yo,...sik, sik,....sebelum dengan Daud,...dengan Uria.. Hmm, bagaimana mengelaborasikannya ya?.....

Waduh,.... ternyata pikiran saya tidak mampu untuk mengolahnya koh, maklumlah, selama ini tahunya cuma menghamili saja, tidak begitu mengerti kalau yang sebaliknya, ha..ha..ha...

Mungkin ibu-ibu, nyak-nyak, encim-encim bisa memberikan masukan nih.... 

Shalom!

(...shema'an qoli, adonai...)

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

erick's picture

YESUS anak DAUD

Yesus anak Daud lagiiiiiiiiiiiiiiii,

Masa Yesus anak Uria?

Manamungkin?

Yesus khan anak Daud

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

M23's picture

Yesus Anak Daud atau Anak Uria?

Wah...banyak jebakannya nih....biar aman, saya coba begini aja de.... Salomo anak biologis Daud, dan secara status sosial selama "di kandungan" anak Uria. Yesus berasal dari keturunan Daud.

 

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

joli's picture

@M23... Salomo anak Daud

Dear M23..

Pada hari yang ketujuh matilah anak itu. Dan pegawai-pegawai Daud takut memberitahukan kepadanya, bahwa anak itu sudah mati. Sebab mereka berkata: "Ketika anak itu masih hidup, kita telah berbicara kepadanya, tetapi ia tidak menghiraukan perkataan kita. Bagaimana kita dapat mengatakan kepadanya: anak itu sudah mati? Jangan-jangan ia mencelakakan diri!" 2Sam12:18

Kemudian Daud menghibur hati Batsyeba, isterinya; ia menghampiri perempuan itu dan tidur dengan dia, dan perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki, 2 Sam12:24

Jadi Salomo adalah anak Daud..

M23's picture

@joli, Salomo anak Daud

Dear Joli,

Benar sekali, saya salah. Inilah bahayanya, kalau mengandalkan ingatan. Saya lupa bahwa anak hasil selingkungnya mati. Wah, terima kasih banyak nih, lain kali saya akan selalu cross check lagi ke Alkitab.

Tuhan Yesus memberkati.

 

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

mariano nathanael's picture

Tentang Batsyeba

Salam kenal ...

Saya sering baca buku rohani dan dengar khotbah, tetapi rasanya belom pernah mendengar ada yang menyalahkan Batsyeba akibat ulah Daud. Selalu yang disorot dan disalahkan atas peristiwa itu adalah Daud. Jadi, rasanya Batsyeba tidak perlu terlalu dibela karena orang sudah tahu bahwa bukan salah Batsyeba. Yang perlu dibela lebih banyak menurut saya adalah istri Ayub yang sering disalahpahami. (Artikelnya baru saya post)

Tetapi pendalaman Alkitab tentang Basyeba cukup menarik.

erick's picture

Sayangku Mariano nathanael,.....

Selalu yang disorot dan disalahkan atas peristiwa itu adalah Daud. Jadi, rasanya Batsyeba tidak perlu terlalu dibela karena orang sudah tahu bahwa bukan salah Batsyeba.

 

Mereka berdua salah.

 

Istri Ayub disalah pahami, karena ada ayat yang mencatat kesalahannya.

 

Bagaimana Sara yang tertawa karena kepandaian logikanya?

Diusianya yang memasuki menpause, sadar dan paham benar bahwa adalah kemustahilan baginya untuk mengandung apalagi bisa sampai melahirkan!

 

Istri ayub, setia pada Ayub kala kaya dan miskin. Namun ia marepet ketika Ayub tetap menuhankan Tuhannya, dan berdoa, percaya, dan memohon padaNya.

 

Mariano Nathanael, belajarlah lebih banyak dan mengertilah dengan benar.

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

Lala's picture

Maklum pengetahuan nol besar nih..

Maklum yah.boro2 paham.. tahu aja kayaknya belum nih.. makanya nanya..

Ada harga yang harus dibayar atas perbuatan mereka, walaupun itu lebih ringan dari yang seharusnya..

Jadi apa hukuman yang diterima oleh mereka berdua tuh...? Dan apakah setimpal dengan dosanya sama Tuhan dan dosanya sama orang yang disakiti juga?

Karena sama-sama jatuh dalam dosa, sama-sama kehilangan anak..

Setahuku sih.. kalau orang tertimpa musibah, ada juga yang introspeksi terus merasa musibah itu sebagai akibat dari dosanya, tapi belum tentu juga toh.. Gimana tuh...

Cinta kuat seperti maut
Birahi kejam seperti neraka

Sebenarnya paling ga suka sama kalimat itu tuh.. soalnya jadi ngerasa lemah banget yah kalo di-saing-kan sama cinta dan birahi... dan ironisnya cinta dan birahi "yang ga bener" itu justru kekuatan dan kekejamannya jauh melebihi "yang bener".. hiks...seperti buah terlarang itu lebih menggoda daripada buah yang udah disediain di meja...tidak adil..!!

Makanya kalo hukuman atau konsekuensi yang diterima bila berdosa tidak setimpal, ya... jangan2 lebih enak jadi buah terlarang aja dong daripada jadi buah diatas meja yang tersia-sia...

Ehhh... lebih enak jadi wanita penggoda daripada istri setia ??

joli's picture

@Lala.. istri setia

Cinta kuat seperti maut
Birahi kejam seperti neraka

Lala : Sebenarnya paling ga suka sama kalimat itu tuh.. soalnya jadi ngerasa lemah banget yah kalo di-saing-kan sama cinta dan birahi... dan ironisnya cinta dan birahi "yang ga bener" itu justru kekuatan dan kekejamannya jauh melebihi "yang bener"..

Lala, kenapa merasa lemah banget? bila kita tahu cinta kuat seperti maut dan birahi kejam seperti neraka.. kenapa kita tidak mencoba bersahabat dengannya? bersahabat dengan cinta, berteman dengan birahi.. bagaimana caranya.. seperti Alkitab mengatakan.. Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri..

Di dalam diri kita ada cinta, di dalam diri ada birahi.. di dalam diri ada rasa dan perasaan, di dalam diri ada benci, didalam diri ada .... . Dengan mengenali diri sendiri kita akan tahu aoa yang harus kita lakukan..

Dalam hidup ini, tidak semua harus kita alami. Bila ada rasa takut, biasa joli main simulasi.. itulah cara mengalami namun tidak mengalami.. sebelum pacaran, sangat trauma dengan yang no 2.. itulah sebabnya dulu sebelum bilang iya ketika ditembak, Joli bertanya kepada pacar.. maukah janji untuk tidak selingkuh?.. beberapa waktu menunggu akhirnya dia bilang tidak bisa berjanji, namun bersama2 kita akan jaga kepercayaan masing2.. ganti bola di Joli.. masih mau jalan or not.. nah mulailah simulasi bila suami selingkuh apa yang harus dilakukan..

Dalam simulasi, aku bertanya, kepada hatiku.. bisakah memaafkannya? aku tanya kepada tubuhku.. bisakah menerima bekas-nya? aku tanya kepada jiwaku .. masih maukah menerimanya? bila semua bilang iya.. aku akan menerimanya dengan setulusnya.. bila tidak maka akan kulepaskannya.. meski dengan sangat berat.. itulah sebabnya,  aku tetap menjaga diri dan membina diri, untuk hidup selalu siap..

Nah Lala.. apakah wanita penggoda lebih enak dari istri setia .. jawabnya NGGAK.. istri setia lebih enak karena dia berhak untuk mejadi penolong suami.. wanita penggoda just selingan.. soo.. istri adalah istri, dia punya hak.. sedangkan penggoda just mainan sesaat.. nah bila tahu kita punya hak sebagai penolong, bagaimana kita menggunakannya, seperti firman tadi, untuk bisa menjadi penolong, kita harus bisa menolong diri sendiri terlebih dahulu.. berdamai dengan diri dan mencoba mengasihi diri, bersahabat dengan cinta dan berteman dengan birahi, nanti Lala akan lebih mudah berjalan bersama-sama dan bekerja sama untuk menolong suami supaya tidak tolah-toleh, maupun ngintip-ngintip orang mandi...  Lala menjadi istri setia is the best.. istri setia itu adalah jabatan mulia..

 

 

mariano nathanael's picture

Erick yang terkasih

Memang saya menyatakan bahwa

Selalu yang disorot dan disalahkan atas peristiwa itu adalah Daud. Jadi, rasanya Batsyeba tidak perlu terlalu dibela karena orang sudah tahu bahwa bukan salah Batsyeba.

Tetapi memang benar bukan semata-mata kesalahan Daud saja, mau tidak maupun Batsyeba tetap memiliki andil di sana, hanya saja hampir tidak pernah saya mendengar Batsyeba yang disalahkan. Jadi blog ini memberikan sesuatu yang lain yang jarang sekali diungkap orang lain.

ebed_adonai's picture

@joli: anda betul...

Selamat hari Minggu sebelumnya, ci joli, dan kekasih-kekasihku yang kusayangi!

Ci joli, anda tebul, eh, betul. Kata Ibrani tôb (=baik, bagus, indah), yang dalam 2Sam 11:2 itu diterjemahkan sebagai “elok”, memang memiliki penggunaan yang sangat ekstensif, bisa dikenakan pada banyak hal. Mulai dari penilaian terhadap sebuah hasil kreasi (Kej 1:4), sifat Tuhan (Ezr 3:11), sampai pada penampilan seorang gadis (Kej 24:16), dan lain-lain. Jadi memang sangat tergantung pada konteksnya untuk memahami maknanya dalam sebuah teks.
 
Ci joli, anda juga sangat cermat. Makna kalimat “baru selesai membersihkan diri dari kenajisannya” dalam 2Sam 11:4 itu memang masih sering menjadi perdebatan, apakah hal itu dilakukan Batsyeba sebelum bersetubuh dengan Raja Daud, atau sesudahnya. Kedua-duanya memiliki dasar. Kalau gramatika teks Ibraninya sendiri menurut hemat saya tidak jadi masalah. Masalahnya adalah pada “penempatan” kalimat tersebut dalam teks. Kalau dibaca “sebelum”, artinya sebagai ritual penyucian (setelah selesai menstruasi), dan kalau “sesudah”, artinya sebagai ritual penyucian juga (setelah bersetubuh).
 
Wah, wah, membaca tulisan ci joli saya jadi teringat akan srikandi-srikandi tangguh teman sekolah saya dulu. Saya jadi berpikir, jangan-jangan ci joli teman sekolah saya juga dulunya? Apalagi ci joli tahu almamater saya. Hmmm. Jadi curiga, nih. Pokoke, kalau ternyata ci joli adalah salah seorang dari mereka, tak jiwit, kalau suatu saat nanti bisa ketemu, tenan, he..he..he.. . Jadi rindu teman-teman lama.
 
Shalom!

(...shema'an qoli, adonai...)

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

Luky_Gitaris's picture

@Keinginan Raja Daud dapat ditolak!!

II Samuel  11
11:11 Tetapi Uria berkata kepada Daud: "Tabut serta orang Israel dan orang Yehuda diam dalam pondok, juga tuanku Yoab dan hamba-hamba tuanku sendiri berkemah di padang; masakan aku pulang ke rumahku untuk makan minum dan tidur dengan isteriku? Demi hidupmu dan demi nyawamu, aku takkan melakukan hal itu!"
 

Di atas adalah contoh penolakan yang diberikan Uria yang membuat Daud tidak berjalan rencananya untuk menyuruh Uria pulang kerumah.

2.Abigail pernah melakukannya dengan berani saat menasehati Daud dalam masalah dengan Nabal.

3.Nasehat dari penasehat saya yakin bisa merubah rencana daud, bukankah betsyeba anak penasehat hebat, Ahitofel.

Jadi keinginan Raja sebenarnya dapat ditolak dengan memberikan alasan yang jelas!!

Ketidakmenolakan Betsyeba dalam berhubungan seks membuktikan 3 hal :

1.Dia bodoh: Namun saya rasa tidak mingkin karena dia dari keluarga pejabat.

2.Takut : Apakah dia lebih takut pada manusia? jelas kualitas dia masih jauh dibawah abigail!!

3.Dikuasai Nafsu : Ini mungkin karena Daud Raja, Cakap, terkenal. Bukankah tante potifar juga nafsu terhadap Yusuf (Jadi tidak menutup kemungkinan wanita nafsu pada pria)

Namun bagaimanapun, tanpa inisiatif Daud Betsyeba tidak akan melakukan Disa tersebut!!

Lalu alasan apa, yang bisa dipakai untuk menjadi alasan?

Saya sudah membuat blog baru, klik di sini

Anyway.. penghayatan cie Joli udah bagus, namun terlalu berlebihan jika mengeluarkan komentar berikut:

Thanks Erick, gara-gara yee.. di blog Erick yang berjudul Abigail, membuat Joli penasaran, ternyata ada yang ngalahin Abigail, padahal dulu Joli juga nge-fans ama kakak Abigail. Setelah membaca dan belajar alkitab, ternyata Batsyeba wow, tidak seperti yang dibayangkan.. ternyata Batsyeba WOW.. jadilah tulisan ini..

Kelebihan Abigail sudah jelas tertulis!! apakah hanya suami malas saja yang perlu isteri seperti dia, seperti kata komentar cie terhadap crom?(gak ada hubungan sih kualitas seseorang sama siapa suaminya) namun kelebihan Betsyeba, mungkin Cie Jolilah yang menulis, selain daripada dia cantik/sexy.

Tapi Khan Yesus mengambil silsilah dari Betsyeba bukan Abigail? Memang benar tapi itu bukan karena kelebihan/kehebatan dia!! karena itu Anugerah 100%, Usaha 0%. Banyak orang berkualitas yang tidak ada dalam silsilah Yesus kok.

Bukankah itu yang dialami Rahab juga, Petrus yang menyangkal tapi dipakai Tuhan, tukang Poliandri Samaria yang dipakai Tuhan memberitakan Yesus sebagai mesias.. Luar biasa Anugerah Allah kita.Amin

PS. Saran ko hai-hai bagus nih!!

Daud punya banyak anak. Apakah Salomo yang paling dikasihinya? Apakah Salomo yang MEMANG ingin dijadikannya Raja? Atau dia TERPAKSA menjadikan salomo Raja karena pernah BERJANJI atas nama Allah?

Apakah Batsyeba memang istri yang paling dicintai Daud? Kenapa tidak mulai menyebutkan nama-nama Istri Daud? Kapan Daud mengawini mereka dan kira-kira apa alasan Daud mengawininya? Dan setelah menikah dengan Daud, apa yang terjadi dengan para wanita itu?

 

 

 

joli's picture

@Luky

Dear Luky si Ganteng..

Thanks untuk komentarnya dan blog baru yang khusus di tulis. nanti Joli komentarin di sana juga ya..

Mari kita kembali membaca 2 Sam 11 kembali..

Sekali peristiwa pada waktu petang, ketika Daud bangun dari tempat pembaringannya, lalu berjalan-jalan di atas sotoh istana, tampak kepadanya dari atas sotoh itu seorang perempuan sedang mandi; perempuan itu sangat elok rupanya. Lalu Daud menyuruh orang bertanya tentang perempuan itu dan orang berkata: “Itu adalah Batsyeba binti Eliam, isteri Uria orang Het itu.” Sesudah itu Daud menyuruh orang mengambil dia. Perempuan itu datang kepadanya, lalu Daud tidur dengan dia. Perempuan itu baru selesai membersihkan diri dari kenajisannya. Kemudian pulanglah perempuan itu ke rumahnya.(2Sam 11:2-4)

Lalu Daud menyuruh orang kepada Yoab mengatakan: "Suruhlah Uria, orang Het itu, datang kepadaku." Maka Yoab menyuruh Uria menghadap Daud. Ketika Uria masuk menghadap dia, bertanyalah Daud tentang keadaan Yoab dan tentara dan keadaan perang..............Tetapi Uria berkata kepada Daud: "Tabut serta orang Israel dan orang Yehuda diam dalam pondok, juga tuanku Yoab dan hamba-hamba tuanku sendiri berkemah di padang; masakan aku pulang ke rumahku untuk makan minum dan tidur dengan isteriku? Demi hidupmu dan demi nyawamu, aku takkan melakukan hal itu

Perhatikan kata-kata, Daud menyuruh orang mengambil.. maka Batsyeba datang kepadanya, Daud minta Yoab menyuruh Uria datang, maka Uria datang menghadap kepadanya..

Luky, baik Batsyeba maupun Uria sama sekali tidak bisa menolak panggilan Raja untuk menghadap, nah kenapa Uria berani tidak melakukan perintah Raja, karena Uria berpikir juga untuk Raja, untuk nyawa dan hidup Raja. Jadi apakah Uria menolak perintah raja? Uria melakukan yang seharusnya tentara dan pasukan lakukan.. melindungi nyawa dan hidup rajanya.. meski mati adalah hukum-nya..

Luki said: ketidakmenolakan Betsyeba dalam berhubungan seks,

Kita lihat Ul 22:22-30

Tetapi jikalau di padang laki-laki itu bertemu dengan gadis yang telah bertunangan itu, memaksa gadis itu tidur dengan dia, maka hanyalah laki-laki yang tidur dengan gadis itu yang harus mati, tetapi gadis itu janganlah kauapa-apakan. Gadis itu tidak ada dosanya yang sepadan dengan hukuman mati, sebab perkara ini sama dengan perkara seseorang yang menyerang sesamanya manusia dan membunuhnya. Sebab laki-laki itu bertemu dengan dia di padang; walaupun gadis yang bertunangan itu berteriak-teriak, tetapi tidak ada yang datang menolongnya.......... Seorang laki-laki janganlah mengambil isteri ayahnya dan jangan menyingkapkan punca kain ayahnya.

Apakah dengan melihat kejadian Daud bisa meniduri Batsyeba PASTI berarti tidak ada penolakan dari Batsyeba? Dalam ulangan 22 tertulis walaupun gadis itu teriak2 tidak akan yang menolong, sama kejadian dengan Tamar, walaupu teriak2 juga tidak ada yang mendengar.. meski di 2 Samuel tidak disebutkan Batsyeba teriak-teriak, namun juga tidak disebutkan batsyeba tidak menolak... NAMUN dari kata Daud menyuruh mengambil, mengambil dalam bahasa mengambil <03947> laqach artinya : to take, get, fetch, lay hold of, seize, receive, acquire, buy,
    bring, marry, take a wife, snatch, take away
Dan kata laqach ini juga dipakai untuk kata mengambil istri ayahnya dari Ul 22:30.. ini lah yang biasa disebut insiatif dari Daud.. namun Joli menterjemahkan SANGAT insiatif, HARD inisiatif.. atau paksa dari Daud (mungkin inikah yang membuat joli disebut berkelebihan oleh Luky)

Luky.. Luky.. Abigail adalah wanita yang paling hebat, Joli mengaguminya, nge-fans padanya.. akan lebih baik bila semua wanita nge-fans ama kakak Abigail, maka para wanita akan membina diri menjadi tangguh dan bijak seperti kakak Abigail.. (baca juga blog TUBUH INDAH) namun bila para cowok yang nge-fans.. itu akan lain ceritanya..

Dan benar PADA WAKTU itu Batsyeba kalah dibandingkan Abigail.. Abigail wanita yang luar biasa.. namun ketika mempelajari Batsyeba.. Joli merasakan WOW.. soo jangan apriori dulu ketika membaca kisahnya.. nanti akan menemukan WOW..

Luky said : Tapi Khan Yesus mengambil silsilah dari Betsyeba bukan Abigail? Memang benar tapi itu bukan karena kelebihan/kehebatan dia!! karena itu Anugerah 100%, Usaha 0%. Banyak orang berkualitas yang tidak ada dalam silsilah Yesus kok.

Bukankah itu yang dialami Rahab juga, Petrus yang menyangkal tapi dipakai Tuhan, tukang Poliandri Samaria yang dipakai Tuhan memberitakan Yesus sebagai mesias.. Luar biasa Anugerah Allah kita.Amin

SETUJU ama Luky semua anugerah.. justru karena ada Rahab, ada Gomer, ada ibu Kaleb.. maka bisa melihat Batsyeba dengan kacamata berbeda..

Insyaallah nanti akan menulis lanjutan tentang Batsyeba.. nunggu dulu.. ni lagi ada trouble modem..  juga karena  belajar/ngobrol dengan mbak Batsyeba-nya belum selesai..

salam,

 

jesusfreaks's picture

Kebiadaban daud dan batsyeba

Daud salah satu nabi favorit gw. Tapi gimanapun daud dan batsyeba telah membayar kebiadaban mereka.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

BUNGUL's picture

JF, Daud itu raja sekaligus nabi?

Anda betul They had to pay what they had done.

Oya, maaf, sedikit bertanya Daud itu nabi sekaligus raja ya?

Terima kasih

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

__________________

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

jesusfreaks's picture

@bungul : daud GAK COCOK

Sebagai nabi dan raja, daud GAK COCOK. Tapi sebagai KEKASIH TUHAN, daud SANGAT COCOK.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

BUNGUL's picture

@JF, oh ... mesti sempurna?

Gitu ya?

so, apakah Daud mesti sempurna baru COCOK disebut raja?

Menurutku dia memang COCOK disebut KEKASIH TUHAN, dan gak COCOK disebut nabi, kenapa? Karena yang kutahu Daud memang bukan nabi, tapi raja, BENARKAH? hehe ...

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

__________________

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

crom's picture

@joli...karena punya kuasa...

Karena punya kuasa maka daud dapat melaksanakan apa yang dia mau...

dan kebetulan uria taat pada pimpinan...

nah bisa jadi batsyeba...miss komunikasi terhadap tugas suaminya...

n masuklah daud dalam mengisi kekosongan... yang sudah direncanakan itu...

dan terjadilah...

tapi itu menurut saya kejam...

kenapa? karna daud melakukan pembunuhan berencana plus mengambil istri orang...

Salam...

__________________

Salam...

joli's picture

@Crom.. Daud menyalah gunakan kekuasaan

Dear Crom,

Benar Daud saat itu adalah Raja yang berkuasa, dan Daud sangat menyadari perannya dan kekuatan dari kuasa seorang Raja. Itulah sebabnya.. Batsyeba hanyalah korban, penyalah gunaan kuasa. Dari mana kita tahu Batsyeba hanyalah korban? padahal kan tidak ada yang menyaksikan.. siapa yang bisa memastikan Batsyeba hanyalah korban? Dari Tuhan melalui nabi Natan.

Lihatlah ketika Nabi Natan menegor Daud dengan perumpamaan..Batsyeba hanyalah seekor anak domba yang tidak bisa melawan ketika diambil.. sama seperti Daud mengambil Batsyeba..

TUHAN mengutus Natan kepada Daud. Ia datang kepada Daud dan berkata kepadanya: "Ada dua orang dalam suatu kota: yang seorang kaya, yang lain miskin.

Si kaya mempunyai sangat banyak kambing domba dan lembu sapi;

si miskin tidak mempunyai apa-apa, selain dari seekor anak domba betina yang kecil, yang dibeli dan dipeliharanya. Anak domba itu menjadi besar padanya bersama-sama dengan anak-anaknya, makan dari suapnya dan minum dari pialanya dan tidur di pangkuannya, seperti seorang anak perempuan baginya.

Pada suatu waktu orang kaya itu mendapat tamu; dan ia merasa sayang mengambil seekor dari kambing dombanya atau lembunya untuk memasaknya bagi pengembara yang datang kepadanya itu. Jadi ia mengambil anak domba betina kepunyaan si miskin itu, dan memasaknya bagi orang yang datang kepadanya itu."

Lalu Daud menjadi sangat marah karena orang itu dan ia berkata kepada Natan: "Demi TUHAN yang hidup: orang yang melakukan itu harus dihukum mati.

Luky_Gitaris's picture

@Joli, apa salahnya menolak?

Luky, baik Batsyeba maupun Uria sama sekali tidak bisa menolak panggilan Raja untuk menghadap, nah kenapa Uria berani tidak melakukan perintah Raja, karena Uria berpikir juga untuk Raja, untuk nyawa dan hidup Raja. Jadi apakah Uria menolak perintah raja? Uria melakukan yang seharusnya tentara dan pasukan lakukan.. melindungi nyawa dan hidup rajanya.. meski mati adalah hukum-nya...

Jadi kesimpulannya Betsyeba takut ya? nah jelas kualitas ini menunjukan dia dibawah Uria dan Abigail ... lalu jika hukuman Uria adalah mati, kenapa Daud harus membunuhnya dengan cara licik dan sembunyi-sembunyi? bukankah jika emang yang menolak perintah raja hukumannya mati, maka Daud tinggal melakukan itu karena itu bukan kesalahan dia.

Daud adalah orang yang takut akan Tuhan!! semua orang sudah tahu ... maksud saya ditolak adalah dirubah pendiriannya.. jika Betsyeba takut akan Tuhan maka sewajarnya dia mengingatkan Daud ... walaupun seperti yang di ulangan diceritakan tidak akan ada yang menolong, namun menurut saya Betsyeba bisa berbicara supaya Daud tidak memperkosa dirinya, apalagi dia seorang keluarga pejabat tinggi yang saya yakin pandai berbicara ... lah belum usaha kok udah asumsi yang jelek? apa gak punya iman? maka jadilah perdebatan berdasarkan kemungkinan ini...

Demikian asumsi saya menanggapi asumsi acie2!!

Joli: Thanks Erick, gara-gara yee.. di blog Erick yang berjudul Abigail, membuat Joli penasaran, ternyata ada yang ngalahin Abigail, padahal dulu Joli juga nge-fans ama kakak Abigail. Setelah membaca dan belajar alkitab, ternyata Batsyeba wow, tidak seperti yang dibayangkan.. ternyata Batsyeba WOW.. jadilah tulisan ini..

Inilah kalimat yang menurut saya terlalu membabi buta hanya karena cie joli meresapi kehidupan betsyeba ... kenapa anda tidak meresapi abigail lebih lagi, saya yakin kalimat diatas tidak akan keluar (yang berdosa aja diresapi bisa jadi bagus, apalagi yang bijak). masalah cantik sexy, saya tidak yakin semua cowo sependapat dengan Daud!!

Kalu mereka tidak pantas dibandingkan, mengapa anda membandingkannya?

Saya tidak apriori cie, hanya mengingatkan!! tidak peduli anda meresapi betsyeba, asal kata tersebut tidak keluar!! Joli pikir saya tidak pernah mempelajari wanita-wanita di alkitab? wong saya paling suka kalau ada cerita alkitab tentang wanita :-) apa cie-cie pikir luky kurang meresapi seperti cie-cie tentang mereka? tar nanti luky buat Top Five women in the bible deh :-)

Ps. Jika saja betsyeba menolak/menasehati saya rasa ini akan ditulis alkitab, apalagi hal tersebut akan menjadi penentu kejadian selanjutnya dan semakin memperjelas situasi. apalagi ini tentang jatuhnya orang yang diurapi!! sayang, dia takut dan berpikiran tidak akan berhasil dahulu.

Kesimpulan : Semua diskusi ini, tetaplah asumsi masing-masing pribadi sih (subjektif), kalau cie joli merasa apa yang sekarang rasa, ya itu terserah cie-cie... tapi, jangan menganggap orang lain salah dan tidak mengerti cie!! apalagi menjelek-jelekan pendeta... apa mereka tidak pernah belajar alkitab? sotoh? Dll

Anyway ... yah terserah sih!!

GBU

 

joli's picture

@Luky.. Batsyeba adalah korban

 Luky :  Kesimpulan : Semua diskusi ini, tetaplah asumsi masing-masing pribadi sih (subjektif), kalau cie joli merasa apa yang sekarang rasa, ya itu terserah cie-cie... tapi, jangan menganggap orang lain salah dan tidak mengerti cie!! apalagi menjelek-jelekan pendeta... apa mereka tidak pernah belajar alkitab? sotoh? Dll

 Anyway ... yah terserah sih!!

Halo Luky, baru bisa balas koment nich..

Mulai dari kesimpulan aja dulu.. bener apa yang Luky bilang.. asumsi-asumsi yang Joli tulis adalah subyektif, yang Joli dapatkan ketika baca alkitab, pengertian-pengertian baru, yang nampak ketika kepingin belajar Batsyeba, wanita yang seperti apa yang dipilih Tuhan untuk menjadi nenek moyang Yesus, dikasih tahu teman link sabdanext, membaca dan menggali alkitab baru2 ini lho Luky.. jadi exited sekali, lihat dan buka2 link, nemu apa itu sotoh, nemu apa itu api penyucian.. yang selama ini nggak pernah Joli denger di kotbahkan di gereja Joli, nah.. ada pengertian-pengertian baru yang Joli mau share di klewer, dengan harapan mendapat koment2 dari pedagang dan pengunjung klewer.. seperti anda ini... sooo bila Joli mengatakan "tidak seperti yang dikotbahkan" bukan berarti  menjelek-jelekkan pendeta.. coba baca sekali lagi.. apakah Joli menjelek-jelekan pendeta?..

 Luky : Jadi kesimpulannya Betsyeba takut ya? nah jelas kualitas ini menunjukan dia dibawah Uria dan Abigail ... karena cie joli meresapi kehidupan betsyeba ... kenapa anda tidak meresapi abigail lebih lagi, saya yakin kalimat diatas tidak akan keluar (yang berdosa aja diresapi bisa jadi bagus, apalagi yang bijak).......... Kalu mereka tidak pantas dibandingkan, mengapa anda membandingkannya?

Pertanyaan dan keberatan muncul karena dari kalimat   "..... membuat Joli penasaran, ternyata ada yang ngalahin Abigail, padahal dulu Joli juga nge-fans ama kakak Abigail. Setelah membaca dan belajar alkitab, ternyata Batsyeba wow, tidak seperti yang dibayangkan.. ternyata Batsyeba WOW.. "

Lah memang bener kok, Abigail wanita bijak, namun Batsyeba tidak seperti yang dibayangkan selama ini, selalu berperan sebagai wanita yang membuat Daud berdosa.. Batsyeba bukan hanya wanita bertubuh indah namun dia juga belajar dari pengalaman dan menjadi seorang ibu yang bijak ..

Batsyeba hanyalah korban..  sekalipun dia menolak tetaplah menjadi korban dari Raja yang berkuasa yang sedang berkeinginan...  kan tidak ada yang menyaksikan kejadian sesungguhnya? bagaimana kita tahu Batsyeba adalah korban? dari Tuhan melalui perumpamaan nabi Natan..

TUHAN mengutus Natan kepada Daud. Ia datang kepada Daud dan berkata kepadanya: "Ada dua orang dalam suatu kota: yang seorang kaya, yang lain miskin................. Jadi ia mengambil anak domba betina kepunyaan si miskin itu, dan memasaknya.......... (2Sam12:1-4)

 Luky : Joli pikir saya tidak pernah mempelajari wanita-wanita di alkitab? wong saya paling suka kalau ada cerita alkitab tentang wanita :-) apa cie-cie pikir luky kurang meresapi seperti cie-cie tentang mereka? tar nanti luky buat Top Five women in the bible deh :-)

Ditunggu tulisannya.. Top Five women.. kayak top ten nya dedew..

Ari_Thok's picture

SABDA Alkitab Siap Dipakai, yuk Belajar Alkitab .. Asyik ..

Membaca blognya Joli, aku menemukan beberapa kali kata sabdanext  yang mungkin masih asing karena tidak ada keterangan apapun tentang hal itu. Setelah menunggu sekian lama, akhirnya sabdanext nya sudah versi beta1 dan siap dipakai. Selain itu, namanya berubah menjadi SABDA Alkitab.

Coba akses aja http://alkitab.sabda.org, mungkin bisa cari tahu bagaimana Joli bisa menulis blog seperti diatas dengan memakai situs tersebut sebagai alatnya. Hehe, ayo belajar Alkitab .. asyik ... 

*yuk comment jangan hanya ngeblog*


*yuk ngeblog jangan hanya comment*

 

__________________

*yuk komen jangan cuma ngeblog*


*yuk ngeblog jangan cuma komen*