Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

YESUS MEMPERTANYAKAN BAPTISAN YOHANES ?

jesusfreaks's picture

Pernahkah saudara mendengar pertanyaan yang sulit ?
Pernahkah saudara mendengar pertanyaan yang tidak ada jawabannya ?
Pernahkah saudara mendengar pertanyaan yang belum ada jawabannya ?

Nah...
Berikut ini adalah salah satu pertanyaan yang masuk kedalam ketiga kategori tersebut :
-----
Dari manakah baptisan Yohanes ? Dari sorga atau dari manusia ?
Matius 21:25a, Markus 11:30, Lukas 20:4.
-----
Gw gak tahu sudah berapa banyak orang kristen yang pernah mencoba menjawab pertanyaan YESUS tersebut. Atau tahu jawabannya.

Adakah pesan yang sangat penting dari pertanyaan tersebut ?
Mengapakah Yesus mengaitkan baptisan Yohanes dengan kuasaNya ?

Apakah Yesus hendak mengidentikkan asal kuasaNya dengan asal baptisan Yohanes ?

Ataukah Yesus hendak membedakan kuasaNya dengan baptisan yohanes ?

Ataukah Yesus hendak menggeser kebesaran Yohanes Pembaptis dibanding diriNya ?

Gw tidak sedang nekad mencoba menjawab pertanyaan tersebut, gw cuma mau memposisikan kedudukan Yesus dengan Yohanes Pembaptis.

Gw cuma memposisikan baptisan air yohanes dengan baptisan Roh Kudus Yesus Kristus.
-----
Seperti yang kita ketahui bahwa yohanes pembaptis bukanlah Mesias (yoh 1:20), bukanlah nabi yang akan datang (yoh 1:21).

Yohanes adalah pembuka jalan bagi kedatangan Kristus, Yohaneslah yang mendengung-dengungkan bahwa Mesias Sudah Datang ke Bumi, Mesias Sudah Hadir di Bumi, Mesias Sudah Dekat. (Yoh 1:29-31)

Pemahaman soal baptisan Yohanes ini sangatlah penting. Terlebih mengingat adanya kontroversi mengenai baptisan.

Apakah Yohanes pembaptis mengerti baptisan ?
Apakah Yohanes pembaptis berhak membaptis ?
YOHANES MENGERTI, BAHKAN SANGAT MENGERTI BAPTISANNYA BUKANLAH APA-APA.

Dalam Yoh 1:25-27 sangat terlihat pemahaman BAPTISAN YANG SEBENARNYA. Karena ternyata BUKAN SEMBARANG ORANG YANG BERHAK MEMBAPTIS.
Bahkan dalam matius 3:14 terlìhat KELUCUAN DARI BAPTISAN YOHANES PEMBAPTIS.

SECARA GARIS BESAR GW CUMA MAU MENYATAKAN BAHWA MASA BAPTISAN AIR YOHANES SUDAH BERLALU, SUDAH EXPIRED, KIRBAT YANG LAMA SUDAH DIGANTIKAN KIRBAT YANG BARU, HUKUM TAURAT DIGANTIKAN HUKUM KASIH.
-----

Kembali kepertanyaan Yesus dari manakah baptisan yohanes ? Dari sorga atau dari manusia ?
Anda mungkin akan terkejut, bahwa jawaban pertanyaan tersebut berasal dari Yohanes Pembaptis itu sendiri.
BAPTISAN YOHANES BERASAL DARI MANUSIA.
Sekali lagi, BAPTISAN YOHANES BERASAL DARI MANUSIA.

Jawaban itu terlihat jelas dalam Yohanes 3:27-31.

Itulah sebabnya YESUS TIDAK PERNAH MEMBAPTIS SECARA BAPTISAN YOHANES.
(yohanes 4:2)

Baca perlahan dan seksama. Maka Anda akan paham soal MANA BAPTISAN YANG BENAR, ATAU ISTILAH DEDEW "SANG NGAWUR", MANA YANG LEBIH BENAR.

Catatan : tulisan ini di inspirasi oleh KE NGAWUR AN Dede Wijaya.

Shalom,
19102008

Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

king heart's picture

@JF : mau tanya

Jika baptisan Yohanes itu berasal dari Yohanes pembaptis sendiri, apakah berarti ia salah atau ngawur  dan tak berkenan di mata Allah atau istilah dedew tidak alkitabiah ?

GBU

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

king heart's picture

Tambahan sharing

Pernah suatu hari saya bertemu dengan seorang penginjil sealiran gereja dengan dede wijaya karena ada kebetulan bersama saudara yang anggota gereja tsb. Dari saling bercakap cakap kemudian sang penginjil bercerita mengenai baptisan sebuah gereja yang memakai baptisan percik dengan nada merendahkan yang kemudian disebutnya tidak alkitabiah. Sang penginjil kemudian memaparkan pandang dan alasannya yang kemudian dikuatkan dengan ayat Alkitab . Pembicaraan kemudian agak memanas karena saya membantah banyak hal yang tak saya setujui dari argumennya.

Sang penginjil itu dengan sangat arogannya mengatakan jika penganut baptisan percik bisa dengan mudah melakukan baptisan, menurutnya tinggal cari air kemasan, dibuka kemudian dipercikkan habis perkara. Saya  sangat jengkel dengan argumen yang  demikian itu.

Dikarenakan menjaga perasaan saudara saya maka saya tak maki maki dia hanya saya kehilangan semangat melanjutkan pembicaraan. Saya cuma mengatakan bahwa saya cenderung mengatakan baptis percik mempunyai bobot lebih alkitabiah sekalipun baptisan selam pun alkitabiah juga. Sebelum dia memotong pembicaraan saya teruskan bahwa saya dibaptiskan selam di gereja karena ketidak-mengertian saya sebelumnya namun baptisan saya sah karena dibaptiskan dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Dibaptiskan itu menuntut sikap hati percaya, beriman dan bertobat, tentunya tak mungkin dilakukan dengan tanpa kekhidmatan dan hormat.

Pembicaraan di akhiri

GBU

 

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

jesusfreaks's picture

@kingheart : BAPTISAN YOHANES EXPIRED

Masalah alkitabiah atau bukan, gw belum bisa tentukan, karena definisi alkitabiah itu sendiri belum dibahas. TAPI SATU HAL YANG PASTI, YOHANES PEMBAPTIS BERKATA : IA harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil. Yohanes juga berkata : membuka tali kasutNYA, ia tidak layak. Yohanes juga berkata : IA akan membaptis kamu dengan Roh Kudus. BAPTISAN YOHANES SUDAH EXPIRED. Sama seperti hukum taurat, sudah EXPIRED.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jofie's picture

Perbedaan baptisan selam & percik

Salam damai,

Dikarenakan pengetahuan saya masih sedikit, mohon bisakah dijelaskan apakah yg mendasari gereja2 sehingga ada yg menggunakan baptis selam dan juga ada yg mneggunakan baptis percik, karena seringkali saya mendengar perbedaan pendapat tentang masalah ini tetapi karena keterbatasan pengetahuan saya sehingga saya tidak mengerti..

Sepanjang pengertian saya selama ini, kedua baptisan tersebut tidak masalah karena menurut saya itu hanya sebuah tanda, yg paling penting adalah apakah hati kita sudah benar2 memutuskan untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.. Mohon maaf apabila ada kesalahan pengertian dari saya.. Terima kasih banyak bagi kakak2 rohani di blog ini yg mau menjelaskan sehingga saya dapat mengerti..

 

Samuel Franklyn's picture

Kuncinya ada dikata baptis

Kuncinya ada di kata baptis. Kalau dibaca dalam bahasa Yunani yang merupakan bahasa asli Firman Perjanjian Baru maka kata baptis diterjemahkan dari kata baptizo. Mari kita lihat artinya di Kamus Alkitab Strong.

bap-tid'-zo
From a derivative of bap'-to; to make whelmed (that is, fully wet); used only (in the New Testament) of ceremonial ablution, especially (technically) of the ordinance of Christian baptism: - baptist, baptize, wash.

bap'-to
A primary verb; to whelm, that is, cover wholly with a fluid; in the New Testament only in a qualified or specific sense, that is, (literally) to moisten (a part of one’s person), or (by implication) to stain (as with dye): - dip.

Jadi artinya dibaptis adalah di selubungi oleh cairan sehingga menjadi basah seluruhnya. Kalau dibaca dalam Firman maka baptisan pertama kali dilakukan di sungai. Berarti praktek baptisan dalam Firman adalah masuk ke dalam air sehingga basah kuyup. Hal ini diperkuat dengan gambaran baptisan yang dilakukan Filipus:

Act 8:36-40
(36)  Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?"
(37)  (Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.")
(38)  Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia.
(39)  Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.
(40)  Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea.

Nah dasar Firman baptis selam sudah saya jabarkan. Sekarang giliran mereka yang berpegang pada baptis percik untuk menjabarkan dasar Firman mereka

bintang seven's picture

sf n all kuncinya bukan dikata baptis

gw rasa kuncinya bukan ada di kata baptis sf tp kuncinya yg bikin perdebatan panjang adalah kaum tertentu menekankan bhw baptisan yg benar hanyalah dg cara diselam... kata hanya selam yg alkitabiah inilah yg ditentang kaum selain selam...

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Samuel Franklyn's picture

Baptisan itu yang penting imannya bukan caranya

Bagiku baptisan itu yang penting imannya bukan caranya. Baptisan adalah suatu tindakan iman. Tanpa iman kepada pengorbanan Yesus Kristus maka baptisan tidak memiliki kuasa rohani. Aku sendiri tetap berpendapat bahwa baptisan yang benar adalah baptisan selam. Tapi aku tidak akan capai-capai berusaha meyakinkan mereka yang percaya baptisan percik untuk di baptis selam. Karena yang penting bukan caranya tapi imannya.

bintang seven's picture

sf satu lagi selain merenungkan

banyak orang yg membaca Alkitab, sekolah teologi dan punya saat teduh yg panjang ttp apa yg mereka katakan ttg firman TUhan  tidak konsisten...pernyataan yg satu bertentangan dg yg lain....yg gw belajar adalah konsisten dan akurat mrp hal yg luar biasa yg dpt kita tiru dr seorang hamba Tuhan yg telah matang.

dan kalimat anda diatas menunjukkan ketidak konsistenan anda, krn jika anda menganggap yg penting imannya dan bukan caranya lalu mengapa sf melanjutkan dan mengatakan aku sendiri tetap berpendapat bhw baptisan yg benar adalah baptis selam.. jika cara tak penting lalu mengapa selam yg benar? bukankah ini tidak konsisten.. mohon pencerahan...

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Samuel Franklyn's picture

Baptis=dibikin jadi basah

Baptis=dibikin jadi basah. Seperti yang dikatakan Vantilian baptizo bisa berarti mencuci. Tapi kalau dicuci kan berarti harus basah kan? Kalau kamu dibaptis dengan cara di guyur air 2-3 gayung maka basah juga kan? Kalau cuma di ciprat 2-3 kali kan belum basah sepenuhnya. Jadi bisa saja baptis percik itu sah kalau pakai air 2-3 gayung. Kalau cuma diciprat sedikit ya bisa sih dibilang basah juga kalau mau ngotot. Tapi apa betul mencuci itu dengan cara menciprat? He he he. Setahu saya mencuci itu menyebabkan barang yang dicuci basah seutuhnya. Nah yang paling sesuai dengan kata baptis jelas dengan di selam. Tapi kalau pakai gayung lalu disiram 2-3 kali ya basah juga. Bagaimana? Saya nggak konsisten ya?

Vantillian's picture

Haha, SF..itu kan tafsiran kamu...

SF, dari penjelasan anda, berarti baptis TIDAK HARUS diselamkan kan? Berarti bisa diguyur sampai basah bukan? Atau disiram sampai basah? Jadi, bukan diselamkan. Lagipula orang Yahudi mencuci bukan hanya cawan, tapi kadang juga perabot rumah mereka. Diselamkan? Haha...Baptis percik sering diartikan hanya sedikit air saja, padahal kepala juga basah? SF, jangan pakai argumen baptizo sebagai menyelamkan kalau memang ternyata juga dipakai dalam arti TIDAK MENYELAMKAN. Kalau memakai standar anda, berarti baptis percik tidak basah donk? Kalau basah semua baru sah? Haha....

Samuel Franklyn's picture

Vantilian bukankah kamu yang bilang mencuci?

Vantilian bukankah kamu yang bilang mencuci? Apakah mencuci itu basah sebagian atau basah semua? Saya sedang berusaha konsisten nih. Tolong kasih tahu ke tidak konsistennannya dong. He he he.

Vantillian's picture

SF, masalahnya bukan basah semua atau tidak

 SF, mungkin anda belum mengerti mengapa saya bertanya begitu kepada anda. Kalau anda mengatakan baptisan mesti diselam hanya dengan merujuk kata baptizo, itu artinya anda tidak konsisten. Karena anda tidak bisa membuktikan bahwa baptizo itu PASTI DISELAMKAN. Praktek mencuci pada adat Yahudi apakah diselamkan? Silakan dicari referensinya. Silakan bercermin apakah anda konsisten MENGGUNAKAN kata BAPTIZO sebagai DISELAMKAN...Hehe

Samuel Franklyn's picture

Anggap saja saya belajar dan berubah pikiran

Anggap saja saya belajar dan berubah pikiran. Dulu saya berpikir baptisan itu harus diselam. Sekarang sesudah saya belajar maka saya berubah pikiran dan saya berpikir yang penting basah sesuai dengan maknanya:

bap-tid'-zo
From a derivative of bap'-to; to make whelmed (that is, fully wet); used only (in the New Testament) of ceremonial ablution, especially (technically) of the ordinance of Christian baptism: - baptist, baptize, wash.

Jadi kalau basah sepenuhnya ("fully wet") baik itu di siram air 2-3 gayung ataupun dengan cara diselam maka baptisan itu sudah sesuai dengan Firman. Bagaimana? Ya saya memang berubah pikiran. Nah bagaimana pemikiran baru saya ini apakah sesuai dengan Firman atau masih menyimpang. Harap di koreksi kalau memang menyimpang dari Firman.

Vantillian's picture

SF, mengenai fully wet

 SF, mengenai basah semua, saya memang tidak pernah mendengar tentang ini. Meskipun saya dibaptis percik, tetapi saya masih ingat rsemua rambut saya basah. Mungkin baptis curah/siram lebih cocok istilahnya. Tetapi mengenai "fully wet", saya belum mempelajari referensi manapun...Ada satu istilah yang memakai kata yang sama dengan baptizo yaitu pembasuhan. Saya juga belum mendapat gambaran apakah pembasuhan adalah benar2 fully wet?

 

ground's picture

@semua; pikirkan yang ini, mengapa?

 Mat.3:16:   Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air ...

Mat 3:16 (NIV): As soon as Jesus was baptized, he went up out of the water.

Bila "fully wet" maunya, kita pastikan saja benar-benar basah dalam arti yang sesungguhnya.

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

jesusfreaks's picture

@ground : berapa lama diselam

Untuk fully wet, berapa lama mereka diselam ? Apalagi mereka pakai jubah ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

ground's picture

@jf;yang penting..

begitu masuk ke dalam air, maka dapat segera keluar dari airlah....terserah mau berapa lama, yang penting "kepala dan tubuh" masuk ke dalam air. Palingan jubahnya mengapung sedikit-sedikit sajalah.


__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

king heart's picture

@SF

Ada seorang pakar teologi ternama mengatakan, pemakaian / penerjemahan baptizo menjadi baptis ( inggris : baptize ) itu tidak tepat karena seharusnya tidak mengambilnya mentah mentah melainkan harus diterjemahkan menjadi selam.

Menurutnya juga, hal ini terjadi karena disengaja untuk mengambil hati raja James oleh penerjemah dalam King James Version dikarenakan si raja merupakan penganut baptisan percik. Jika kata baptizo itu tidak diterjemahkan menjadi baptize maka bisa bisa penerjemah dihukum bahkan kehilangan kepalanya. Untuk LAI karena penerjamahan sebelumnya merujuk KJV akhirnya diterjemahkan menjadi baptis juga.

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Samuel Franklyn's picture

@kingheart: Kamu salah alamat nih.

Kamu salah alamat nih. Vantilian berargumen bahwa baptis itu tidak semata-mata bermakna selam bisa saja bermakna mencuci. Lalu dia memberikan link ke sini. Saya juga punya Strong concordance dari Alkitab elektronik e-Sword.

Dalam link diatas baptis diterjemahkan menjadi :

  1. to dip repeatedly, to immerse, to submerge (of vessels sunk)
  2. to cleanse by dipping or submerging, to wash, to make clean with water, to wash one's self, bathe
  3. to overwhelm

Sedangkan Strong concordance dalam e-Sword berbunyi begini:

bap-tid'-zo
From a derivative of bapto; to make whelmed (that is, fully wet); used only (in the New Testament) of ceremonial ablution, especially (technically) of the ordinance of Christian baptism: - baptist, baptize, wash.

bap'-to
A primary verb; to whelm, that is, cover wholly with a fluid; in the New Testament only in a qualified or specific sense, that is, (literally) to moisten (a part of one’s person), or (by implication) to stain (as with dye): - dip.

Jadi bisa di simpulkan bahwa baptis itu artinya membuat suatu benda ditutupi oleh cairan. Itu makna hakikinya berdasarkan katanya. Tentu saja banyak cara untuk menutupi suatu benda dengan cairan. Bisa dicelupkan dan bisa juga disiram. Karena Vantilian bilang bahwa baptis itu bisa juga diartikan mencuci. Ok lah saya terima. Cuma implikasi logisnya adalah kalau dibaptis itu harus basah kuyup kan kalau mau mengikuti kata aslinya? Soal basah kuyup caranya bagaimana itu lain lagi. Kalau di siram pakai air 2-3 gayung kan juga basah kuyup. Lalu saya beri tahu implikasinya ke Vantilian. Eh dia bilang dia baptisnya nggak basah kuyup cuma basah rambut doang. Terus dia bilang mau cari referensi dulu. He he he. Karena lawan sudah minta time out ya sebagai orang yang fair saya juga berhenti. Bwa ha ha ha. Jadi kamu salah alamat nih. Mustinya kamu ngomong sama Vantilian. Saya sih nggak bakal mendesak lawan yang sudah minta time out.

Vantillian's picture

SF, kenapa tidak kembangkan baptis "basah semua"

SF, anda sudah mendapat suatu arti teologis yang penting dari baptis yaitu FULLY WET. Kenapa anda tidak kembangkan makna baptisan anda berdasarkan apakah basah semua atau tidak? Haha...Saran saya, pelajari dulu baik2 penggunaan baptizo, atau anda akan ditertawakan. Silakan anda menuliskan ide anda mengenai baptisan harus basah semua/basah kuyup, lalu kirim ke percetakan lalu dicetak jadi buku. Saya yakin akan menjadi gebrakan yang luar biasa, hahaha.....Ide anda memang mantap, dan saya yakin ahli teologi di dunia akan tercengang-cengang mendapat makna baptisan yang baru yaitu BASAH KUYUP, haha

Samuel Franklyn's picture

Makna dan cara adalah dua hal berbeda

Vantilian rupanya anda menganggap saya terlalu bodoh. Saya paham betul makna baptisan. Baptisan adalah simbol dan deklarasi dari seseorang yang mengakui pengorbanan Kristus. Karena itu seperti saya sudah bilang ke bintang seven. Baptisan itu yang penting imannya bukan caranya. Karena makna baptisan adalah simbol dan deklarasi iman seseorang akan pengorbanan Kristus. Sedangkan diselam dan di percik hanyalah cara pembaptisan. Banyak orang memperdebatkan cara. Saya terbawa dalam perdebatan ini semata-mata dalam mempermasalahkan cara baptisan. Basah kuyup itu hanyalah konsekuensi logis kalau kita mengikuti cara baptisan sesuai dengan kata baptis. Sedangkan makna baptisan adalah isu yang berbeda. Kalau seseorang bertanya pada saya bagaimana cara baptisan yang benar saya akan tetap menjawab dengan cara diselam. Tapi saya tidak akan membujuk orang yang sudah di baptis percik untuk dibaptis selam. Karena yang terpenting bukanlah cara baptisan melainkan iman dari orang yang dibaptis.

Vantillian's picture

SF, anda pikir saya tidak bisa membedakan makna dan cara?

 SF, hehe...saya tidak mengganggap anda bodoh, anda sangat kritis ( bahkan merupakan lawan yang tangguh dalam SS), tapi anda sombong. Kenapa mengganggap saya minta time out? Haha, SF.. Saya takut anda berubah pikiran lagi...Dan akhirnya anda tidak punya pegangan yang teguh terhadap baptisan selam. Bacalah baik2 penggunaan kata baptis dalam Alkitab dan tempat terjadinya baptisan. Anda menyarankan baptisan selam, tetapi dengan argumen yang tidak bisa dipertahankan secara total. Kenapa saya menuliskan kenapa anda tidak kembangkan makna baptisan, bukan cara? Karena penganut baptisan selam juga menggunakan argumen dari "CARA" kepada "MAKNA". Cara diselamkan lebih "bermakna" dari cara percik. SF, kalau baptisan yang penting maknanya, setelah anda kaji, apakah baptisan selam merupakan satu-satunya baptisan yang sesuai Firman?

Samuel Franklyn's picture

Baptisan percik sesuai dengan Firman

Maafkan saya kalau persepsi saya anda minta time-out adalah salah. Habis anda bilang kepingin cari referensi dulu. Jadi harap dimaklumi kesalahan saya.

Baptisan percik sesuai dengan Firman. Tapi kalau mau mengikuti kata baptis ya harus sampai basah kuyup. Kalau tidak mau ya sudah. Tidak apa-apa. Toh yang penting maknanya.

hai hai's picture

Baptis Harus .....

Menurut saya mendiskusikan baptis dari arti kata BAPTIZO itu karang berguna. Anda-anda harus mencari tahu dulu apa itu makna baptis. Telusurilah ke perjanjian lama.

Bukankah yang pertama melakukan baptis adalah Yohanes? Baptisan Yohanes adalah Baptisan PERTOBATAN. BAptisan Pertobatan itu adalah PENTAHIRAN di Perjanjian LAMA. Untuk tahir, harus ada KORBAN, darah korban, air dan minyaklah yang digunakan untuk mentahirkan.

Mandi tidak mentahirkan namun hanya mentahirkan tubuh artinya membersihkan tubuh.

TIDAK ada yang baru di bawah matahari ini. Apabila anda menyangka itu baru, percayalah bahwa itu sudah ada diperjanjian Lama.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@sf : kenapa harus selam

Kalau yang penting maknanya, kenapa lo harus merayu untuk diselam ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

@JF: Baptis nggak harus selam.

Baptis nggak harus selam. Pernyataan gua cuma menjelaskan implikasi logis dari pernyataan Vantilian bahwa kata baptis itu bukan cuma berarti selam tapi bisa diartikan mencuci. Nah kalau mencuci harus basah kuyup kan. Lalu ternyata pernyataan gua itu didukung juga oleh definisi dari kamus Strong. Habis gua bilang yang penting maknanya gua dibilang nggak konsisten sama bintang seven. Gua bilang musti basah kuyup dibilang teologia baru. Padahal kan cuma menjelaskan implikasi logis kalau baptis diterjemahkan mencuci. He he he. Buat gua sih baptis yang penting maknanya. Kalau dibaptis dalam pemahaman yang benar dan iman maka baptisan itu memiliki kuasa rohani. Soal caranya bagaimana itu nomor 2.

Vantillian's picture

SF, baptizo dalam Alkitab

 SF, penganut baptis selam sering mendasarkan pada bahasa asli baptis yaitu baptizo. Kalau seandainya baptizo berarti menyelamkan dan itu merupakan arti satu-satunya, maka argumen baptisan selam sah. Tapi sayang, baptizo dalam Alkitab tidak selalu menyelamkan, tetapi bisa juga mencuci, dan dipakai dalam praktek pencucian benda untuk sesuatu hal dalam adat Yahudi. Silakan klik disini untuk dipelajari. Dengan demikian argumen baptisan selam runtuh, karena tidak konsisten.

jesusfreaks's picture

@vantilian : cuci piring

Apakah lo pernah cuci piring ? Atau cuci baju ? Sepertinya untuk mencuci piring, fully wet. Tapi proses mencuci kan TIDAK HANYA fully wet, tapi juga harus digosok gosok, dikucek kucek. Nah apakah dibaptis juga ada acara dikucek kucek ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, fully wet...

JF, kalau yang dipermasalahkan dalam baptisan adalah fully wet, ngapaian mempermasalahkan percik atau selam? Yang penting basah bok...Mencuci itu hubungannya dengan kotor, jadi hanya bagian yang kotor itu dicuci. Hanya bagian yang kotor itu fully wet. Nah, kalau hanya bagian kotor yang fully wet, baptisan itu gmn? Soal digosok2 dan dikucek2, saya gak ada referensi orang Yahudi bagaimana cara mencuci. 

jesusfreaks's picture

@vantilian : SATU-BANYAK BAPTIZO

Brow kita sepihak. Gw cuma melebarkan wawasan baptiso yang lo paparkan. Jadi jelas baptis itu ternyata punya SATU-BANYAK CARA. Hehehe

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Baptizo = Basah Samua

SF, mari kita asumsikan bahwa baptizo = basah semua.  Ketika mem-baptizo tangan artinya membasahi semua bagian tangan yang dibaptizo.

Ketika berbicara tentang BAPTIS, bukankah Alkitab tidak membahas BAGIAN tubuh mana yang harus di-BAPTIZO atau harus BASAH?

Menurut saya, seharusnya para penganut baptis CELUP jangan menggunakan kata SELAM, karena tidak cocok. Gunakan saja baptis CELUP. Karena yang terjadi adalah: Orang yang dibaptis  DICELUP atau DILELEPIN sama sekali tidak DISELAM oleh orang yang membaptis.

Hal kedua, seharusnya mereka menggunakan alasan: Karena Alkitab sama sekali tidak mengajarkan bagian tubuh mana yang harus di-BAPTIZO, itu sebabnya semua bagian tubuh HARUS di-BAPTIZO.

Dengan pemikiran demikian, maka saya setuju bahwa baptis selam lebih alkitabiah dibandingkan dengan baptis SIRAM.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Membaca tapi tidak merenungkan

Benar-benar terlihat bahwa jesusfreaks itu membaca Firman tapi tidak merenungkannya. Yang dapat berkat itu yang merenungkan Firman bukan yang membaca Firman.

Kamu berkata:

"Itulah sebabnya YESUS TIDAK PERNAH MEMBAPTIS SECARA BAPTISAN YOHANES.
(yohanes 4:2)"

Apakah yang kamu maksud Yesus tidak pernah membaptis dengan air? Kalau ini pengertian kamu maka pengertian ini salah. Yesus membaptis dengan air. Yesus bukan hanya membaptis dengan Roh Kudus dan api Dia juga membaptis dengan air.

Joh 4:1-2
(1)  Ketika Tuhan Yesus mengetahui, bahwa orang-orang Farisi telah mendengar, bahwa Ia memperoleh dan membaptis murid lebih banyak dari pada Yohanes
(2)  --meskipun Yesus sendiri tidak membaptis, melainkan murid-murid-Nya, --

Apakah Firman diatas bisa ditafsirkan Tuhan Yesus tidak membaptis dengan air? Tidak. Yang benar adalah Tuhan Yesus membaptis dengan air ke 12 murid-muridnya. Baru ke 12 murid-murid Tuhan Yesus membaptis orang-orang lain yang percaya. Sekalipun sudah dibaptis Roh Kudus tetap harus dibaptis air.

Act 10:45-48
(45)  Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga,
(46)  sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus:
(47)  "Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?"
(48)  Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

Kedua baptisan ini adalah dua baptisan yang berbeda. Kalau kedua baptisan ini adalah hal yang sama maka Firman tidak akan menulis "pelbagai pembaptisan".

Heb 6:1-2
(1)  Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah,
(2)  yaitu ajaran tentang pelbagai pembaptisan, penumpangan tangan, kebangkitan orang-orang mati dan hukuman kekal.
 

jesusfreaks's picture

@SF : PERHATIKAN KATA "TIDAK PERNAH" & "BOLEHKAH".

Dear SF, Kamu memang selalu bermasalah dengan bahasa. YESUS TIDAK PERNAH MEMBAPTIS MURIDNYA DENGAN AIR. Kalau pernah, PASTI TERTULIS. Kenapa ada pertanyaan BOLEHKAH, tidakkah itu berarti saat itu mereka punya pemahaman bahwa yg sudah dibapti Roh Kudus, TIDAK PERLU BAPTIS AIR. Tapi kalau mereka mau, ya tidak apa2, wong baptis air cuma PEPESAN KOSONG.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Murid ikut teladan Guru

Murid ikut teladan Guru. Kalau murid Tuhan Yesus membaptis padahal Yesus tidak membaptis maka itu berarti murid seenaknya sendiri. Perhatikan juga konteks Firman. Ayat tersebut harus ditafsirkan orang Farisi mendengar bahwa Yesus membaptis lebih banyak orang dari Yohanes. Lalu di ayat berikutnya dijelaskan bahwa yang membaptis lebih banyak dari Yohanes bukan Yesus melainkan murid-muridnya Yesus. Yesus membaptis ada ayatnya:

Yohanes 3:22
(22)  Sesudah itu Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke tanah Yudea dan Ia diam di sana bersama-sama mereka dan membaptis.

Nah sekarang silahkan bantah bahwa Yesus tidak membaptis.

Pemahaman kamu akan baptisan Kornelius juga ngawur total.

Kisah 10:47
(47)  "Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?"

Petrus berkata akan hal ini isunya bukan masalah baptis Roh Kudus atau baptis air. Isunya adalah masalah bersekutu dengan orang tidak bersunat. Silahkan baca Kisah 11.

Kisah 11:2-3
(2)  Ketika Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang dari golongan yang bersunat berselisih pendapat dengan dia.
(3)  Kata mereka: "Engkau telah masuk ke rumah orang-orang yang tidak bersunat dan makan bersama-sama dengan mereka."

Kisah 11:15-18
(15)  Dan ketika aku mulai berbicara, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, sama seperti dahulu ke atas kita.
(16)  Maka teringatlah aku akan perkataan Tuhan: Yohanes membaptis dengan air, tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.
(17)  Jadi jika Allah memberikan karunia-Nya kepada mereka sama seperti kepada kita pada waktu kita mulai percaya kepada Yesus Kristus, bagaimanakah mungkin aku mencegah Dia?"
(18)  Ketika mereka mendengar hal itu, mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya: "Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup."

Orang percaya awal sebagian besar terdiri dari orang Yahudi dan mereka punya pandangan salah bahwa yang boleh dibaptis hanyalah orang Yahudi lagi karena cuma orang Yahudi yang bisa diselamatkan. Tuhan mengguncang pemikiran salah ini dengan jalan memberikan baptisan Roh Kudus terlebih dahulu sebelum baptisan air.

Jesusfreaks sekali lagi tolong Firman direnungkan dulu sebelum diajarkan.

jesusfreaks's picture

@SF : JELAS YESUS MEMBAPTIS, TIDAK DENGAN AIR

Dear SF,

Kamu ini aneh, YA TENTU DONG YESUS MEMBAPTIS.

tapi tidak dengan BAPTISAN YOHANES.

pi ye tho mas...

 

JELAS - JELAS, FIRMAN BERKATA :

Matius 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

ayo renungkan lagi... Yohanes Pembaptis saja sependapat sama saya. kok kamu ngotot maksa Yesus Baptis dengan air.

Soal murid - murid Yesus, come on lah... Kenapa lo begitu yakin mereka meneladani Yesus, ayolah SF... baca lagi kisah mereka... lo pasti ketawa melihat tingkah laku mereka yang lucu - lucu.

LUCU JUGA JADINYA KALAU YESUS MEMBAPTIS DENGAN API, JUGA DENGAN AIR... Benar kata hai - hai, TUHAN punya selera humor...

WAH PANTAS SAJA BANYAK API NYA YANG PADAM... kidding loh... tapi serius...

 

Shalom,

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Baca Firman jangan sepotong-sepotong

Yohanes 3:22
(22)  Sesudah itu Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke tanah Yudea dan Ia diam di sana bersama-sama mereka dan membaptis.

Pada ayat diatas maka Yesus masih membaptis dengan air dan belum membaptis dengan Roh Kudus.

Kisah 1:4-5
(4)  Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku.
(5)  Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

Pada ayat ini maka Yesus belum membaptis murid-murid dengan Roh Kudus. Tapi Yesus bilang tidak lama lagi. Kapan Yesus membaptis dengan Roh Kudus? Pada hari Pentakosta.

Kisah 2:33
(33)  Dan sesudah Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah dan menerima Roh Kudus yang dijanjikan itu, maka dicurahkan-Nya apa yang kamu lihat dan dengar di sini.

Kisah 2:38
(38)  Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Yesus dan murid-murid membaptis dengan air dan Yohanes membaptis dengan air tapi nama yang mereka pakai dalam pembaptisan berbeda. Pola standard di Kisah para Rasul adalah bertobat, percaya pada Yesus, di baptis dengan air dalam nama Tuhan Yesus lalu di baptis dengan Roh Kudus oleh Tuhan Yesus.

Kisah 19:1-6
(1)  Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid.
(2)  Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus."
(3)  Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."
(4)  Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."
(5)  Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
(6)  Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Tentu saja pola standard ini tetap dalam pengaturan kehendak Allah. Pada kasus Kornelius di Kisah 11 maka yang terjadi adalah bertobat, percaya pada Yesus, dibaptis dengan Roh Kudus oleh Yesus lalu dibaptis dengan air dalam nama Tuhan Yesus.

Samuel Franklyn's picture

Arti baptis

Coba kamu baca dengan baik-baik makna baptis yang sudah saya jelaskan. Kalau kamu bilang membaptis tidak dengan air maka kamu akan di ketawakan di jaman itu. Membaptis itu jelas bermakna masuk ke dalam air sehingga basah kuyup. Kalau kata baptis dipakai maka asosiasi normalnya adalah dengan air. Kalau baptis Roh Kudus maka itu perlu penjelasan lebih lanjut karena itulah walaupun Yesus pakai istilah baptis Roh Kudus akan tetapi Petrus pakai istilah menerima Roh Kudus yang lebih gampang dimengerti oleh orang yang tidak pernah bergaul dengan Yesus.

Kisah 1:5
(5)  Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

Kisah 2:38
(38)  Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.
 

jesusfreaks's picture

@JOFIE : PERBEDAAN BAPTIS SELAM & PERCIK

Dear Jofie,

salam kenal.

Perbedaannya gw gak tahu, tapi persamaannya gw tahu.

SAMA - SAMA EXPIRED. GAK BERLAKU LAGI.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jofie's picture

@JF

Salam kenal jg JF

Ehm.. kl diblg expired en ga berlaku lg sih saya krg setuju ( bukan berarti ga setuju ) menurutku pada saat kita menyediakan diri untuk dibaptis selam maupun percik, kita seolah menyatakan kepada orang2 atau dunia bahwa kita telah menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat dan mulai saat itu kita memperoleh identitas baru sebagai anak Allah dan juga bersedia dimuridkan dan melayani bersama2 didlm gereja tersebut..

menurut saya pribadi sih seperti itu, jadi ga bisalah kalo baptisan air atau percik dianggap expired en ga berlaku.. Mohon dapat dibenarkan apabila pemikiran saya ini salah..

Terima kasih

jesusfreaks's picture

@SF : YANG PERTAMA DIKETAWAIN

Dear SF, Yang pertama diketawain, pastinya YOHANES PEMBAPTIS. Lah diakan yang berkoar-koar adanya BAPTISAN ROH KUDUS DAN API. Gimana sih kamu ? Ayat2 yg kamu paparkan sebenarnya mendukung saya ? Ternyata gak cuma Yesus yang mempertanyakan baptisan yohanes, ternyata PAULUSPUN MEMPERTANYAKANNYA ? Lagian kamu aneh, secara tidak langsung kamu malah mengajarkan 2 kali pembaptisan. Pi ye tho mas. Baptisan Yohanes dan Baptisan Yesus. Dan lucunya baptisan yohanes sekarang digabungkan dengan baptisan Yesus, sehingga muncullah baptisan baru, yang kayak sekarang ini. Dengan demikian konsep baptisan bertahap menjadi kacau. Sesuai dengan ayat yang kamu paparkan, SEHARUSNYA Baptisan YOHANES, TIDAK MENGGUNAKAN NAMA YESUS KRISTUS. Apakah SF menerima wahyu baru, sehingga memodifikasi BAPTISAN YOHANES menggunakan nama YESUS. Ayo renungkan lagi baik2. Mustahil saya tidak merenung, 24 jam sehari saya usahakan merenung.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Baptisan air dan baptisan Roh Kudus

Kamu berkata:

"Lagian kamu aneh, secara tidak langsung kamu malah mengajarkan 2 kali pembaptisan. Pi ye tho mas.
Baptisan Yohanes dan Baptisan Yesus.
Dan lucunya baptisan yohanes sekarang digabungkan dengan baptisan Yesus, sehingga muncullah baptisan baru, yang kayak sekarang ini."

Perhatikan baik-baik Kisah 19:1-6. Saya tidak mengajarkan 2 kali pembaptisan. Firman mencatat Paulus membaptis lagi dalam nama Tuhan Yesus orang yang sudah dibaptis oleh Yohanes. Ini bukan pengajaran. Ini apa yang dilakukan oleh Paulus. Ingat baik-baik bahwa ini terjadi. Ini bukan isapan jempol. Yang melakukan adalah Rasul dan bukan nabi palsu. Pembaptisan ulang terjadi dalam Firman. Tapi kalau bicara kondisi saat ini maka nggak ada yang dibaptis oleh Yohanes. Jadi selama orang tersebut sudah dibaptis dalam nama Tuhan Yesus dan orang tersebut sudah bertobat maka tidak perlu baptis lagi. Tapi pada saat itu ada orang-orang yang dibaptis air oleh Yohanes. Orang-orang ini dibaptis lagi oleh Rasul Paulus.

Pada saat Yesus dan Yohanes hidup dan pada saat murid-murid Yesus dan Yohanes hidup maka ada orang yang dibaptis air oleh Yohanes+muridnya dan ada yang dibaptis air oleh Yesus+muridnya. Pemikiran kamu bahwa baptisan air adalah baptisan Yohanes dan baptisan Roh Kudus adalah baptisan Yesus adalah salah total.

Baptisan air dilakukan oleh manusia. Ini cukup dilakukan satu kali saja. Baptisan Roh Kudus dilakukan oleh Tuhan Yesus dan juga cukup satu kali saja. Ada 2 baptisan tapi jelas berbeda prakteknya. Baptisan air jelas harus pakai air. Baptisan pakai air ini baptisan dalam nama Tuhan Yesus tapi dilakukan oleh manusia. Sedangkan baptisan Roh Kudus tidak bisa dilakukan oleh manusia. Manusia bisa mencelupkan/membaptis manusia lain dalam air tapi nggak bisa mencelupkan/membaptis manusia lainnya dalam Roh Kudus. Yang bisa mencelupkan/membaptis manusia dalam Roh Kudus adalah Tuhan Yesus.

jesusfreaks's picture

@jofie : SAYA SETUJU DENGAN KAMU

Dear jofie, Kamu sudah memaknainya dengan benar. BAPTIS TIDAK SELALU DIHUBUNGKAN DENGAN MEDIA FISIKNYA. Mau dipercik kek, mau diselam kek, mau pake debu kek, pake tepung kek. Yang penting DALAM NAMA BAPA, PUTERA, DAN ROH KUDUS.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@SF : KLARIFIKASI BAPTISAN YOHANES

Dear SF, Tolong klarifikasi BAPTISAN YOHANES seutuhnya. Jangan kamu cuma andalkan SELAMNYA aza. Kira-kira kata2 apa yang diucapkan pada BAPTISAN YOHANES. Saya cuma ingatkan, BAPTISAN YOHANES, TIDAK MENGGUNAKAN NAMA YESUS.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Aku membaptis kamu sebagai tanda pertobatan

Mat 3:11
(11)  Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

Kisah 19:4
(4)  Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."

Sudah jelas sekali apa yang diucapkan oleh Yohanes pada waktu membaptis. Yohanes tidak menggunakan nama Yesus tapi merujuk kepada Yesus sebagai Dia yang akan datang kemudian, yang akan membaptis dengan Roh Kudus dan dengan api.

jesusfreaks's picture

@SF : PAULUS MEMBAPTIS DENGAN ROH KUDUS.

Wah baptisan apalagi nih PEMBAPTISAN ULANG. Dear bro, Kamu baca lagi deh komentmu, hanya YESUS yang membaptis dengan Roh Kudus ?! Jelas-Jelas paulus membaptis dengan Roh Kudus. Kamu baca lagi Kisah Para Rasul 19:1-6. Lalu kamu baca lagi komentmu yg berjudul BAPTISAN AIR DAN BAPTISAN ROH KUDUS. Lalu kamu renungkan, maaf loh saya tidak sedang menggurui kamu. BAPTISAN YESUS, BUKAN BAPTISAN AIR. Dan MANDAT YESUS, BUKAN BAPTISAN AIR. Semoga SF paham. SF murid siapa ? Yohanes atau Yesus ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Baptisan Roh Kudus

Coba kamu baca Kisah Rasul pasal 2. Siapa yang membaptis Roh Kudus di situ? Tuhan Yesus. Coba baca Kisah Rasul pasal 10. Siapa yang membaptis Roh Kudus. Tuhan Yesus. Pada Kisah 2 rasul-rasul berkumpul untuk berdoa dan pada saat mereka berdoa mereka dibaptis Roh Kudus. Tidak pakai perantaraan manusia. Pada Kisah 10 Kornelius dan banyak orang berkumpul di rumah Kornelius pada saat mereka sedang mendengarkan khotbah Petrus maka mereka menerima baptisan Roh Kudus. Tidak pakai perantaraan manusia. Coba kamu baca:

Act 19:6
(6)  Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Paulus tidak membaptis dengan Roh Kudus Paulus cuma menumpangkan tangan. Kata baptis mempunyai makna dimasukkan/dicelupkan kedalam suatu cairan sehingga basah kuyup. Jadi baptisan Roh Kudus adalah dimasukkan kedalam Roh Kudus sehingga basah kuyup Roh Kudus. Roh Kudus adalah roh dan jelas tidak berbentuk fisik. Jadi manusia nggak bisa membaptis Roh Kudus. Penumpangan tangan adalah tindakan untuk memohon berkat. Jadi Paulus menumpangkan tangan itu bukan membaptis Roh Kudus tapi memohon berkat Tuhan buat mereka.

Baptisan Yesus adalah baptisan air dan baptisan Roh Kudus. Saya dibaptis air dalam nama Yesus dan juga dibaptis Roh Kudus oleh Tuhan Yesus. Jadi saya dibaptis air tapi bukan murid Yohanes tapi murid Tuhan Yesus.

jesusfreaks's picture

@SF : PAULUS MEMBAPTIS DENGAN ROH KUDUS.

Wah baptisan apalagi nih PEMBAPTISAN ULANG. Dear bro, Kamu baca lagi deh komentmu, hanya YESUS yang membaptis dengan Roh Kudus ?! Jelas-Jelas paulus membaptis dengan Roh Kudus. Kamu baca lagi Kisah Para Rasul 19:1-6. Lalu kamu baca lagi komentmu yg berjudul BAPTISAN AIR DAN BAPTISAN ROH KUDUS. Lalu kamu renungkan, maaf loh saya tidak sedang menggurui kamu. BAPTISAN YESUS, BUKAN BAPTISAN AIR. Dan MANDAT YESUS, BUKAN BAPTISAN AIR. Semoga SF paham. SF murid siapa ? Yohanes atau Yesus ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@sf : mandat Yesus yang mana ?

Simple aza, mandat Yesus yang mana ? Baptisan air atau Baptisan roh kudus ? Sekali lagi, kamu murid yohanes atau murid Yesus ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@sf : dibaptis 2 kali dong.

Wah dibaptis 2 x dong. Atau kamu memadukan 2 baptisan, wah wahyu baru nih, nabi baru. Kapan kamu dibaptis air ? Kapan kamu dibaptis roh kudus ? Gimana caranya dibaptis roh kudus ? Siapa yang baptis kamu ? Apa Yesus sudah turun membaptis kamu ? Apakah kamu tahu mandat Yesus adalah baptis Roh Kudus ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@sf : dibaptis 2 kali dong.

Wah dibaptis 2 x dong. Atau kamu memadukan 2 baptisan, wah wahyu baru nih, nabi baru. Kapan kamu dibaptis air ? Kapan kamu dibaptis roh kudus ? Gimana caranya dibaptis roh kudus ? Siapa yang baptis kamu ? Apa Yesus sudah turun membaptis kamu ? Apakah kamu tahu mandat Yesus adalah baptis Roh Kudus ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Malas jawab

Saya sudah sampai pada tahap malas menjawab pertanyaan kamu. Baca saja Injil dan Kisah Rasul jelas terlihat kok ada 2 baptisan. Yesus jelas membaptis air muridNya, mengajar muridNya selama 3 tahun baru membaptis muridNya dengan Roh Kudus sesudah Dia naik ke surga. Yesus nggak perlu turun dari surga untuk melakukan baptisan Roh Kudus.

greeny's picture

@SF, ga salah tuh baptis dua kali?

kaget juga, topik ini masih seru aja didebatin, padahal udah jadi perdebatan dari zaman baheula.

SF, kalau tidak keberatan dan tidak sibuk, tolong dijelasin lagi dong tentang yang dua baptisan itu, lengkap dengan urutannya dan tentunya tidak hanya sekedar comot ayat (kalau bisa disertai panafsiran anda)

trus apakah anda berpendapat bahwa ketika baptisan dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus dilayankan, Roh Kudusnya tidak ada, sehingga perlu baptisan lagi? apa dasarnya anda punya pendapat demikian

terakhir, kalau tidak keberatan, menurut anda, apakah baptisan itu menyelamatkan atau tidak?

salam

Samuel Franklyn's picture

Dua baptisan jelas terlihat dalam Firman

Dua baptisan jelas terlihat dalam Firman. Baptisan pertama oleh air terlihat dalam para Rasul dalam Yohanes 3:22.

Yohanes 3:22
Sesudah itu Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke tanah Yudea dan Ia diam di sana bersama-sama mereka dan membaptis.

Baptisan oleh Roh Kudus dinyatakan oleh Yesus di Kisah Rasul 1-3.

Kisah 1:5
Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

Baptisan oleh air lalu oleh Roh Kudus juga dinyatakan oleh Yohanes Pembaptis.

Matius 3:11
Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

trus apakah anda berpendapat bahwa ketika baptisan dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus dilayankan, Roh Kudusnya tidak ada, sehingga perlu baptisan lagi? apa dasarnya anda punya pendapat demikian

Itu kan omongan kamu sendiri. Saya cuma menyatakan apa yang tertulis dalam Firman bahwa para rasul mengalami 2 kali baptisan. Silahkan kamu membantah fakta ini. Jangan berprasangka macam-macam dulu. Kita bicara fakta dulu saja.

terakhir, kalau tidak keberatan, menurut anda, apakah baptisan itu menyelamatkan atau tidak?

Markus 16:16
(16)  Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

1 Petrus 3:18
(18)  Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,

1 Petrus 3:21-22
(21)  Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan--maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah--oleh kebangkitan Yesus Kristus,
(22)  yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.

Baptisan itu sama dengan perjamuan kudus. Suatu simbol yang memiliki kekuatan rohani. Tanpa kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus maka baptisan dan perjamuan kudus tidak memiliki kuasa. Kuasa rohani dalam baptisan dan perjamuan kudus adalah karena kematian dan kebangkitan Kristus. Apakah baptisan menyelamatkan? Ya, kalau baptisan  tersebut dilakukan berdasarkan iman kepada Tuhan Yesus. Kalau cuma sekedar di masukan ke air atau dipercik air tapi orang yang melakukannya nggak percaya bahwa Yesus mati buat dosa-dosanya maka baptisan itu tidak menyelamatkan. Lalu bukankah iman yang menyelamatkan? Betul. Iman yang menyelamatkan. Tapi iman tanpa tindakan adalah iman yang mati. Baptisan dan perjamuan kudus memiliki kuasa rohani kalau dilakukan  sebagai tindakan iman. Iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

jesusfreaks's picture

@SF : KAMU MALAS MENERIMA

Dear SF, Sampai MARANATHA pun, Yesus tidak pernah membaptis dengan air, KAMU MENGADA NGADA. Silahkan baca alkitab, 1000 kali bolak balik, kamu TIDAK AKAN MENEMUKAN SATU AYATPUN YANG MENUNJUKKAN YESUS MEMBAPTIS DENGAN AIR.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Kamu malas membaca

Yohanes 3:22
(22)  Sesudah itu Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke tanah Yudea dan Ia diam di sana bersama-sama mereka dan membaptis.

Yohanes 3:22 (KJV)
(22)  After these things came Jesus and his disciples into the land of Judaea; and there he tarried with them, and baptized.

Yohanes 3:22 (ESV)
(22)  After this Jesus and his disciples went into the Judean countryside, and he remained there with them and was baptizing.

Yohanes 3:22 (The Message)
(22)  After this conversation, Jesus went on with his disciples into the Judean countryside and relaxed with them there. He was also baptizing.

Yohanes 3:22 (Basic English)
(22)  After these things Jesus and his disciples went into the land of Judaea, and there he was with them for some time, giving baptism.

Silahkan mengkhayal dan membual bahwa Yesus tidak membaptis dengan air. Baptisan diatas adalah baptisan air bukan baptisan Roh Kudus. Kalau baptisan diatas adalah baptisan Roh Kudus Tuhan Yesus nggak mungkin berkata begini sebelum naik kesurga:

Act 1:5
(5)  Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."




 

 

king heart's picture

@JF & SF : berpelukan.......

Dear brothers,

Tampaknya kalo kalian berdua "bertemu" tak pernah ada kata sepakat bayangin di mana dan kapan saja sampai beredisi edisi ha ha ha

Kalau diperhatikan sebenarnya banyak lo kesamaan kalian sama sama berakhiran F bedanya yang satu pake J yang satunya lagi pak S

Tapi seru kok.......

Cuma sedikit saran, kalo tulisan kalian jadinya menjadi berkembang kemana mana karena tulisannya dibarengi emosi gitu, itu sih pandangan saya ( moga moga salah ) ... ha ha ha    peace

GBU

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

jesusfreaks's picture

@SF : YESUS TIDAK MEMBAPTIS DENGAN AIR.

TIDAKKAH AYAT YANG KAMU PAPARKAN SANGAT CUKUP MENJELASKAN BAHWA YESUS TIDAK MEMBAPTIS DENGAN AIR. YOHANES 4 : 2 Sekali lagi, YOHANES 4 : 2 MESKIPUN YESUS SENDIRI TIDAK MEMBAPTIS, MELAINKAN MURID-MURIDNYA. YESUS dianggap membaptis dengan air. Padahal murid-muridNya lah yang membaptis. Baik Yohanes, Yesus dan Paulus, jelas-jelas menyatakan YESUS MEMBAPTIS DENGAN ROH KUDUS. Mengapa SF sulit sekali menerima perkataan Yohanes, Yesus dan Paulus. Tidakkah mereka jelas berkata Yohanes membaptis dengan air, Yesus membaptis dengan ROH KUDUS dan API. Kenapa SF kekeh jumekeh. Yohanes berkata : aku membaptis dengan air... (yoh 1:26, mat 3:11, mark 1:8, luk 3:16) Yesus berkata : sebab yohanes membaptis dengan air...(kisah 1:5) Paulus berkata : dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis ?...(kisah 19:3-4) Nah silahkan SF renungkan lagi, buka pikiran, jangan biarkan doktrin baptisan yang sudah melekat pada SF menghalangi untuk SEJENAK SAJA, SESAAT SAJA SF MENERIMA FAKTA BAHWA YESUS TIDAK PERNAH MEMBAPTIS DENGAN AIR. Shalom,

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Kebenaran harus konsisten

Yohanes 3:22
(22)  Sesudah itu Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke tanah Yudea dan Ia diam di sana bersama-sama mereka dan membaptis.

Joh 4:1-2
(1)  Ketika Tuhan Yesus mengetahui, bahwa orang-orang Farisi telah mendengar, bahwa Ia memperoleh dan membaptis murid lebih banyak dari pada Yohanes
(2)  --meskipun Yesus sendiri tidak membaptis, melainkan murid-murid-Nya, --

Yohanes 4 ayat 2 kalau  ditafsirkan Yesus tidak pernah membaptis maka Yohanes 3 ayat 22 menjadi salah/palsu. Kalau Yohanes 3 ayat 22 dianggap benar dan Yesus membaptis maka Yohanes 4 ayat 22 menjadi salah/palsu.

Dalam hal ini diperlukan penafsiran yang konsisten. Tafsiran yang konsisten menurut saya adalah kita perlu melihat ini dalam perspektif waktu dan pelayanan Yesus. Pada Yohanes 3 ayat 22 Yesus baru memulai pelayanannya jadi dia membaptis murid-muridnya untuk memberikan contoh dan teladan. Pada Yohanes 4 ayat 2 pelayanan Yesus mulai berkembang dan mulai banyak orang dibaptis. Yesus menyerahkan urusan membaptis kepada para murid jadi Dia tidak lagi membaptis. Jadi Yohanes 4 ayat 2 tidak boleh ditafsirkan Yesus tidak pernah membaptis akan tetapi harus ditafsirkan sebagai Yesus tidak lagi membaptis dan menyerahkan urusan baptisan kepada para muridNya.
 

jesusfreaks's picture

@SF : SAYA AKAN BELA HABIS-HABISAN

Dear SF,

wah terima kasih, jikalau itu kebenaran, maka saya akan tegakkan habis-habisan.

BAGAIMANA DENGAN AYAT BERIKUT... KAMU TIDAK BOLEH MENYEBELAH...

 

Yohanes berkata : aku membaptis dengan air... (yoh 1:26, mat 3:11, mark 1:8, luk 3:16)

Yesus berkata : sebab yohanes membaptis dengan air...(kisah 1:5)

Paulus berkata : dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis ?...(kisah 19:3-4)

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Kebenaran tidak perlu dibela

Kebenaran tidak perlu dibela. Jangan meniru mereka yang bikin Front Pembela Islam. He he he. Masak Tuhan di bela manusia. Bwa ha ha ha. Lucu banget kedengarannya.

Ayat yang kamu kutip itu menunjukkan bahwa baptisan Roh Kudus itu akan diterima sesudah baptisan air. Baptisan Roh Kudus normalnya dialami sesudah mengalami baptisan air. Semuanya diawali dengan bertobat dan percaya. Bertobat, percaya dan dibaptis baik dengan air dan Roh Kudus adalah dasar-dasar kehidupan iman orang percaya. Tapi ini cuma dasar. Kalau sekolah mungkin bisa diumpamakan TK dan SD.

jesusfreaks's picture

@sf : KEBENARAN YANG INKONSISTEN ?!?!

Dear bro, Tidakkah kata "normalnya" menunjukkan, ketidak konsistenan. Mana yang KONSISTEN : baptisan yohanes dilanjutkan baptisan Yesus, ATAU baptisan Yesus dulu baru baptisan yohanes ? ATAU cukup baptisan Yesus saja ? ATAU cukup baptisan Yohanes ? KAPAN KAMU DIBAPTIS ROH KUDUS ? BERAPA JARAK BAPTISAN AIRMU DENGAN BAPTISAN ROH KUDUS ? BAGAIMANA KAMU TAHU DIBAPTIS ROH KUDUS ? BERAPA KALI KAMU DIBAPTIS DENGAN AIR ? Pertanyaan diatas kiranya bisa menunjukkan KONSISTENSI KEBENARAN.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

desfortin's picture

@All: apakah baptisan Yohanes =Baptisan Dalam Nama Tuhan?

Sebelum masuk ke penjelasan baptisan Yohanes, saya ingin mengatakan ini dulu:

Yang suka selam silakan, tidak ada yang bisa memaksa, orang yang sudah dibaptis selam asalkan sudah dibaptis sesuai dengan perintah dan prinsip Amanat Agung (dengan nama Allah Tritunggal), maka tidak perlu diulangi lagi atau dipercik lagi. Demikian juga sebaliknya, orang yang sudah dibaptis percik asalkan dengan prinsip yang benar seperti di atas, maka tidak perlu diulangi lagi apalagi harus diselam. Tetapi kalau ada yang mengatakan percik itu salah dan tidak alkitabiah, maka perhatikanlah argumen saya berikut ini:
yang menyebabkan tafsiran selam itu dianggap alkitabiah, biasanya ada 3 alasan, yaitu:

  1. Menganggap Yesus Kristus diselam pada waktu baptisan Yohanes Pembabtis di sungai Yordan itu
  2. Itu untuk membuktikan lambang mati dan bangkit bersama Kristus
  3. Baptizo mutlak diartikan selam

Argumen seperti ini memang kelihatan benar dan enak didengar. Tapi benarkah demikian?
Kalimat ‘Yesus keluar dari air’ telah ditafsirkan secara mutlak oleh golongan Baptis bahwa seluruh tubuh-Nya keluar dari air. Memang Yesus keluar dari air, tapi tidak dikatakan kalau seluruh tubuh-Nya keluar dari air atau kepala-Nya muncul keluar dari air. Orang yang berdiri di atas air, walaupun hanya dengkulnya keluar dari air, itu juga keluar dari air, bukan? Menurut saya adalah suatu keberanian yang luar biasa kalau kita mengatakan bahwa seluruh tubuh-Nya keluar dari air untuk membuktikan itu baptisan selam.

Golongan Baptis mengatakan kalau tidak diselam itu tidak membuktikan kita mati dan bangkit bersama Kristus. Pertanyaan saya: Yesus pernah  dikubur di atas tanah atau dibawah tanah? Dia tidak dikubur di bawah tanah tapi di atas tanah, yaitu di dalam lubang (goa batu) yang ditutup dengan batu. Itu di atas tanah, bukan di bawah tanah, bukan? Kalau selam dipakai sebagai cara baptisan yang benar, maka seharusnya Yesus dikubur di bawah tanah untuk membuktikan mati dan bangkit bersama-Nya. Kalau selam itu dianggap benar sedangkan fakta pendukungnya tidak demikian, bukankah itu justru terbalik?

Dan orang sekarang mengajarkan adanya baptisan ulang bukan karena baptisan Yohanes Pembaptis itu yang perlu diulangi, tapi malah orang yang sudah dibaptiskan dalam nama Tuhan menurut Amanat Agung di Mat 28:19 justru harus diulangi lagi hanya karena orang itu tidak dibaptis selam, padahal CARA BAPTISAN dalam nama Tuhan malah kita tidak lihat.

Lalu kata baptizo oleh kaum Baptis dimutlakkan artinya selam, padahal itu tidak harus demikian. Di dalam PB yang memakai bahasa Gerika itu tidak harus selalu artinya demikian, karena ada sekitar 17 kali kata itu dipakai yang berarti percikan air saja. Jadi, itu tidak boleh dimutlakkan.

Sekarang pertanyaannya, kalau baptisan itu musti selam kenapa Yohanes Pembaptis memakai begitu banyak air di Sungai Yordan, padahal sebenarnya sungai Yordan yang dekat dengan Yerusalem itu tidak terlalu dalam sehingga membutuhkan banyak air untuk membaptis ribuan orang?
Yang perlu dipahami: apakah baptisan Yohanes Pembaptis sama dengan baptisan dalam nama Tuhan Yesus (baptisan Kristen)? Jawabannya TIDAK SAMA! Sekalipun misalnya baptisan Yohanes Pembaptis itu dilakukan dengan selam, karena tidak sama fungsinya tadi, maka itu tidak musti menjadi contoh (teladan) bagi kita harus diselam juga.

Jadi, Alkitab tidak mengajarkan baptisan ulang seperti yang diklaim oleh sebagian golongan Kristen sampai saat ini. Karena yang perlu diulangi itu adalah baptisan Yohanes Pembaptis (Kis 19:2-6), yaitu baptisan sebagai lambang pertobatan pada jaman itu, bukan tanda beriman kepada Yesus Kristus karena belum sah. Kenapa belum sah? Karena Yesus belum mati dan bangkit sehingga perlu diulangi ketika Yesus sudah mati dan bangkit menurut Amanat Agung itu. Orang jaman sekarang banyak yang kacau menafsirkan Kitab Suci sehingga ada baptisan ulang segala. Menurut saya inilah kekacauan di dalam penafsiran yang tidak melihat seluruh prinsip kitab suci.

Kalau kita perhatikan di Roma 6, arti baptisan itu adalah MATI dan BANGKIT bersama Kristus, bukan LAMBANG, juga baptisan itu bukan napak tilas (mengutip perkataan Hai hai).

Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis untuk membuktikan bahwa Dialah satu-satunya yang menerima Roh Kudus yang dikirim atas Dia (Baca Yoh 1:30-33), itu tidak ada kaitannya dengan baptisan dalam nama Yesus Kristus.

Yohanes Pembaptis adalah anak seorang imam, yaitu imam Zakaria. Kenapa Yohanes Pembaptis umur 30 tahun baru keluar menjadi hamba Tuhan? Yesus keluar umur 30 tahun juga, kan? Karena memang menurut ajaran Musa bahwa seorang yang mau dilantik sebagai imam, yang mau melayani Tuhan, maka ia haruslah genap berumur 30 tahun. Bagaimana kah cara melantik seorang imam? Seorang yang akan dilantik sebagai imam dibawa ke kemah perhimpunan, lalu dipercikkan air dari atas ke bawah, bukan sebaliknya dari bawah lalu dicelup. Kenapa air dari atas ke bawah? Karena Roh Kudus turun dari atas untuk dituangkan kepada manusia (the outpouring of the Holy Spirit). Jadi dalam Alkitab tidak ada Roh kudus yang ada di bawah lalu kita injak dulu baru kita selam ke dalamnya. TIDAK ADA!

Nah, berdasarkan itu lah orang yang menganut baptis percik melihat seluruh prinsip Kitab Suci yaitu dari imam dilantik dan Roh Kudus turun, pengurapan dari atas. Sedangkan orang selam melihat selam itu alkitabiah karena kalimat ‘Yesus keluar dari air’ yang menurut saya tafsirannya masih lemah. Tapi bagi orang yang awam, yang tidak menyelidiki Alkitab dengan sungguh-sungguh, lebih mudah menerima selam itu sebagai cara yang benar. Yohanes Pembaptis adalah anak seorang iman yang tentunya dia mempelajari kitab suci dan mengetahui dengan ketat apa arti turunnya Roh Kudus.

Tambahan sedikit:

Ada yang berkata, coba perhatikan orang Israel yang melewati laut Koloseum  mereka mengatakan itu juga membuktikan selam. Tidak! Justru orang Israel melewati laut Koloseum itu dengan menginjak di tanah yang kering. Pada waktu air itu dipisahkan seperti dinding-dinding air, lalu dari dinding itu ada percikan-percikan air. PERCIK itu, bukan SELAM. Yang diselam siapa? FIRAUN, hehe ..

Maaf, ada sebagian komentarku yang tidak sesuai dengan blog JF

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

jesusfreaks's picture

@des14 : BAPTISAN KRISTUS

Dear brow, Soal penjabaran baptisan yohanes, thank's untuk menambah hasana. Namun, bagaimana dengan BAPTISAN yang dilakukan oleh KRISTUS. Any further explaination ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

desfortin's picture

@JF: Baptisan Roh Kudus

Di dalam Alkitab tidak pernah tercatat Yesus membaptis dengan air, karena kalau Ia juga membaptis dengan air, maka tidak ada bedanya dengan Baptisan Yohanes. Baptisan Yohanes menunjukkan, mempersiapkan suatu baptisan yang lebih agung, yang lebih penting yang akan dilakukan oleh Mesias yang dijanjikan, yaitu baptisan dari Roh Kudus.

"Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang akan datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan ... Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api." Matius 3:11

Jadi, Kristus membaptis dengan Roh Kudus

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

Samuel Franklyn's picture

Yesus membaptis dengan air dan Roh

Di dalam Alkitab tidak pernah tercatat Yesus membaptis dengan air

Des pernyataan kamu ini salah. Soalnya ada tertulis:

Yohanes

3:26 Lalu mereka datang kepada Yohanes dan berkata kepadanya: "Rabi, orang yang bersama dengan engkau di seberang sungai Yordan dan yang tentang Dia engkau telah memberi kesaksian, Dia membaptis juga dan semua orang pergi kepada-Nya."

Ini jelas-jelas baptisan air karena murid-murid Yohanes membandingkan baptisan Yesus dengan baptisan Yohanes.

Memang didalam pasal 4 Yohanes ada tertulis.

Yohanes

4:1 Ketika Tuhan Yesus mengetahui, bahwa orang-orang Farisi telah mendengar, bahwa Ia memperoleh dan membaptis murid lebih banyak dari pada Yohanes  4:2 --meskipun Yesus sendiri tidak membaptis, melainkan murid-murid-Nya, --

Tapi tafsiran yang konsisten harus dikaitkan dengan ayat:

3:22 Sesudah itu Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke tanah Yudea dan Ia diam di sana bersama-sama mereka dan membaptis.

Jadi makna ayat 4:1-2 kalau dikaitkan dengan pasal 3:22 maka itu berarti Yesus membaptis murid-muridnya dengan air lalu murid-muridnya membaptis dengan air orang banyak. Baptisan murid-murid Yesus disamakan dengan baptisan Yesus karena mereka melakukannya atas perintah Yesus. Pada Yohanes pasal 3-4 baptisannya adalah baptisan air sebab baptisan Roh Kudus belum terjadi. Baptisan Roh Kudus baru terjadi di Kisah Para Rasul:

1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang* -- demikian kata-Nya -- /"telah kamu dengar dari pada-Ku.2  1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."3 

ground's picture

at sf;soal yesus membaptis?

salam kenal ye...

wah, ...bagaimana kalo pandangan saya ini.

Beberapa murid Yesus adalah dari org2 yg mengikuti  Y.Pembaptis (Yoh.1:37,40-42). Dan juga yg lainnya adalah orang-orang yg KEMUNGKINAN BESAR telah dibaptis dgn baptisan Y.Pembaptis karena baptisan Y.Pembaptis adalah "mempersiapkan jalan" bagi Yesus (baptisan pertobatan).

Tidak jelas sekali apakah itu maksudnya Yesus membaptis murid-2Nya di Yoh.3:22.

Namun bagaimana bila melihat dgn cara begini. Yaitu: Yoh.4:1-2 adalah ayat-ayat yang MENJELASKAN apa yg terjadi sebenarnya (yaitu siapa yg membaptis orang-2) di mana "orang-orang luar" tidak tahu pasti namun menyimpulkan bahwa Yesus yang membaptis orang-orang (Yoh.3:22-36 lalu disambung di Yoh.4:1-3).

 

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

Samuel Franklyn's picture

Yesus jelas membaptis dengan air

Tidak jelas sekali apakah itu maksudnya Yesus membaptis murid-2Nya di Yoh.3:22.

Anggaplah Yesus tidak membaptis muridnya di Yohanes 3. Tapi jelas Yesus membaptis dengan air di Yohanes 3:22 sebab baptisan tersebut tidak mungkin baptisan Roh Kudus. Tidak mungkin baptisan yang Yesus lakukan di Yohanes 3:22 itu baptisan Roh Kudus. Kalau itu baptisan Roh Kudus maka Lukas nggak mungkin menuliskan "tapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus" di Kisah 1.

ground's picture

Yesus membaptis

Ya benar, tentu saja di sini bukan dimaksudkan bahwa Yesus membaptis dengan Roh Kudus, karena Yesus belum dimuliakan.

Melainkan di bagian ayat ini bicara mengenai Yesus diam bersama-sama murid-muridNya dan membaptis dgn....air.

Namun kemudian ada perselisihan soal "baptisan dan murid" (ayat 25-26) DAN juga kabar soal yang sama juga  yang sampai ke orang-orang Farisi (Yoh.4:1), maka Yesus pun meninggalkan Yudea dan pergi kembali ke Galilea setelah mempelajari apa yang sedang terjadi (Yoh.4:3, NIV).

Nah, di ayat 2 nya ditunjukkan apa yang sebenarnya dan siapa yang sebenarnya membaptis dengan air di sana.

Tx

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

jesusfreaks's picture

@SF : here we go again - LUCU & BUMERANG

anggaplah Yohanes 3 : 22, tidak bicara Baptisan Roh Kudus.

tapi kok BEGITU LUCUNYA lo anggap Kisah Para Rasul 1 : 5, menyatakan Yesus membaptis dengan air.

come on brow, AYATNYA JANGAN DIPOTONG-POTONG. kenapa lo tampilkan KPR 1 : 5 CUMA SEPOTONG ?!?!

nih ayat lengkapnya :

Kisah Para Rasul 1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

JELAS AYAT ITU MENYATAKAN mana yang membaptis dengan AIR ? mana yang membaptis dengan Roh Kudus ?

Jelas AYAT ITU membandingkan 2 HAL BERBEDA.

 

JADI KPR 1 : 5, TIDAKLAH MENYATAKAN YESUS MEMBAPTIS DENGAN AIR.

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

@JF: Kamu tidak teliti

Kamu tidak teliti. Baca lagi posting komentarku. Yohanes 3-4 Yesus membaptis dengan air sedangkan Kisah Rasul 1-3. Yesus membaptis dengan Roh Kudus. Lihat baik-baik lagi komentarku. Aku mengutip Kisah 1:5 juga. Dalam hal ini kamu berkomentar seenaknya sebelum membaca komentarku baik-baik.

jesusfreaks's picture

@sf : daripada debat kusir lagi

Gw cuma tanya satu hal saja : Apakah Baptisan Yohanes BERBEDA dengan Baptisan Yesus ? Cukup jawab Ya ATAU Tidak.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Baptisan Yohanes jelas beda dengan baptisan Yesus

Baptisan Yohanes jelas beda dengan baptisan Yesus. Kalau sama maka peristiwa dibawah tidak akan terjadi:

Kisah 19:1-6
(1)  Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid.
(2)  Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus."
(3)  Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."
(4)  Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."
(5)  Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
(6)  Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.
 

jesusfreaks's picture

@sf : thank's brow

Thank you brow, Gw rasa jawaban lo sudah cukup memuaskan gw. Jadi kita gak perlu debat kusir lagi. Sebagaimana blog ini hanya mengkounter pemahaman dede wijaya.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@sf : air atau api ?

Kok gw jadi bingung ya, Yesus membaptis dengan air dan roh ATAU api dan roh ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

@JF: Baptisan air dan Roh

Pada waktu Yesus masih di dunia dia membaptis dengan air. Kenapa membaptis dengan air? Karena Roh Kudus yang dijanjikan belum tiba. Sesudah Yesus naik ke surga barulah Dia membaptis dengan Roh.

Dalam Kisah Para Rasul kita melihat bahwa para Rasul dan orang percaya macam Ananias (yang membaptis Paulus) membaptis dengan air tapi pada saat mereka membaptis jelas mereka membaptis mewakili Tuhan Yesus karena mereka diperintahkan untuk membaptis. Jadi baptisan air dilakukan oleh orang percaya mewakili Yesus. Sedangkan baptisan Roh Kudus dilakukan langsung oleh Tuhan Yesus sendiri. Jadi Tuhan Yesus yang membaptis dengan air dan Roh Kudus. Sedangkan api itu adalah bahasa simbolik yang merujuk ke Roh Kudus juga. Ini terlihat dalam Kisah Para Rasul 2. Baptisan air yang dilakukan orang percaya apakah itu bukan baptisan Yesus? Kalau kamu bilang baptisan air oleh orang percaya bukan baptisan Yesus berarti kamu menolak otoritas manusia untuk mewakili Tuhan Yesus. Ini sama dengan kamu minta Tuhan Yesus sendiri turun dari surga untuk membaptis kamu dengan air. Mana mungkin. Sedangkan baptisan Roh dilakukan oleh Yesus sendiri. Baptisan Roh tidak bisa dilakukan oleh manusia. Karena Roh Kudus jelas bekerja sesuai dengan kehendak Yesus bukan sesuai dengan kehendak manusia.

jesusfreaks's picture

@sf : tanya donk

Sekedar tambah wawasan. Tolong jelaskan tentang baptis api dong, apa maksudnya ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

@JF: Mengenai baptis api

Mengenai baptis api ada dua penafsiran yang berbeda. Ada yang mengatakan api itu simbol Roh Kudus sesuai dengan Kisah 2. Jadi baptisan api adalah baptisan Roh Kudus. Tapi ada juga yang menafsirkan api itu sebagai aniaya yang timbul karena mengikut Yesus. Jadi dibaptis api artinya mengalami aniaya karena Yesus.

Lukas 12:49-53
(49)  "Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan, api itu telah menyala!
(50)  Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung!
(51)  Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan.
(52)  Karena mulai dari sekarang akan ada pertentangan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga.
(53)  Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya."
 

jesusfreaks's picture

@SF : Tafsiran mana yang lo pilih

Dear brow,

tafsiran mana yang lo pilih ?

kayaknya gw prefer tafsiran kedua, walaupun sepertinya tafsiran pertama adalah tafsiran yang dipahami oleh banyak orang.

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

@JF: Sepertinya dua-duanya benar

Sepertinya dua-duanya benar. Jadi gua pilih dua-duanya.

hai hai's picture

Yesus TIDAK PERNAH Membaptis Dengan Air

Yesus tidak pernah membaptis dengan air. Bila Yesus membaptis dengan air, maka itu menyalahi Standard Operation Prosedur. Ingatlah seruan Yohanes ketika membaptis.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

@Hai-hai: Baptisan Roh cuma bagian Yesus

Menurut saya seruan Yohanes itu tidak menyatakan bahwa Yesus tidak pernah membaptis dengan air melainkan bahwa Yesus mampu melakukan apa yang tidak bisa Yohanes lakukan yaitu membaptis dengan Roh. Baptisan Roh cuma bagian Yesus akan tetapi tidak berarti Yesus tidak membaptis dengan air. Saya yakin paling tidak sebagian dari Rasul dibaptis sendiri oleh Tuhan Yesus. Sebagian dari rasul memang berasal dari murid Yohanes tapi sebagian lagi cuma murid Yesus. Saya yakin Yesus yang membaptis mereka sendiri. Yesus tidak menyuruh mereka ke Yohanes untuk dibaptis. Tapi memang besar kemungkinan di muka bumi ini cuma sebagian rasul saja yang dibaptis Yesus dengan air. Sedangkan baptisan air lainnya di delegasikan Yesus lewat para Rasul. Pemikiran ini timbul setelah membaca Yohanes 3:22-4:2.

ground's picture

soal yohanes pembaptis

yohanes pembaptis memang anak seorang imam, namun dia adalah orang "aneh" yang diutus Allah "langsung" dari padang gurun dan memberitakan pertobatan (mempersiapkan jalan) dan membawa "cara baru" untuk di masanya yaitu adanya baptisan air (dilakukan di sungai Yordan). Jadi cara ataupun "upacara" Yohanes menjadi pelayan Allah benar-benar berbeda dengan para imam PL yg sebelumnya. Tidak ada imam sebelumnya  yg melakukan apa yg Yohanes Pembaptis lakukan, termasuk soal baptisan air.

Jadi, jelas memang dapat diperkuat bahwa cara baptis Yohanes adalah selam/air sepenuhnya pada tubuh.

Tapi bagaimanapun juga, bagi saya, saya prefer ke baptisan secara selam krn itu yang saya lihat. Namun bila ada saudara-saudara yg prefer pada cara percikan, saya tetap menghormati itu dan kita semua harus tidak ragu-ragu dengan apa yang kita mau lakukan , bukan? Tindakan tanpa iman'kan dosa.

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

jesusfreaks's picture

@ground : kamu murid siapa ?

Simple aza brow, Kamu murid siapa ? Murid yohanes pembaptis ATAU murid KRISTUS ? Kalau dilihat dari pemahamanmu mengenai baptisan, SUDAH DIPASTIKAN kamu murid Yohanes Pembaptis. Ingat KERAJAAN ALLAH SUDAH DATANG, BUKAN SUDAH DEKAT.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

cilas's picture

(No subject)

jesusfreaks's picture

@cilas : arti baptis yohanes

Salam kenal brow, Yesus dibaptis, tanda bagi Yohanes, bahwa KERAJAAN BAPA SORGA SUDAH DIDEPAN MATANYA.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

cilas's picture

@jesusfreaks...

Tanda bagi Yohanes?? bagaimana maksudnya?Kenapakah dikatakan bahawa Kerajaan sudah di depan Matanya?

Apakah maksudnya baptisan Yesus oleh Yohanes itu bararti Kerajaan Surga sudah di depan mata?Baptisan Yesus oleh Yohanis sungguh hebat sekali?Sehingga dikatakan surga berada di depan mata?....sesuatu peristiwa yang sangat penting?

jesusfreaks's picture

@cilas : la iya lah penting

Bukankah Yesus itu Raja. Terus Yohanes berkoar koar bilang kerajaan Allah sudah dekat. Makanya baptisan Yohanes, BERHENTI setelah membaptis Yesus.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

ground's picture

at jfreaks; soal murid siapa.

salam kenal ye...

sebelumnya saya mau perjelas dulu, bahwa komen saya di atas adalah "tanggapan" saya dari komen si desfortin mengenai  yohanes pembaptis yg di"baptis" secara imam umumnya sewaktu mulai pelayanannya.

Maaf, jadi komen saya belum "tuntas" dan memang tidak lengkap...ha haha.

Saya hanya menanggapi bahwa Y.Pembaptis adalah orang yg membawa "kantung anggur baru" dibanding dgn cara yang sebelum dia.

Nah, sekarang tambahan saya...Yesus membawa "kantung anggur baru" dibandingkan baptisan Y.Pembaptis. Jadi sebenarnya baptisan Yohanes Pembaptis adalah "kantung anggur lama" karena berdasarkan dasar yg berbeda dengan baptisan air yg di PB.

Bagi Y.Pembaptis Kerajaan surga sudah dekat, tapi sejak Yesus memulai pelayanan-Nya Dia memberitakan juga Kerajaan Surga sudah dekat (bisa juga berarti: Sudah datang, dekat sekali, tiba, di sini atau bahkan "datang padamu" pada konteks tertentu).

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

jesusfreaks's picture

@ground : THANK YOU KITA SEPAKAT

thank's God brow,

akhirnya ada yang sepakat dengan gw.

koment lo SANGAT bagus, dan kayaknya menyimpulkan blog gw dengan SIMPLE, lebih mudah di cerna.

sekali lagi, thank you ya brow.

gw suka BEBEK MADURA, kalau kopdar nanti kita cari BEBEK MADURA...

DAN DAN yang traktir... hehehe...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

ground's picture

at jf: you're welcomelah.

he he he....jf, masa' baru saya yang sepakat dengan kamu?..he h ehe

dan maaf nih, aku gak terlalu suka ayam , apalagi BEBEK (biar diapain pun) he he he....tapi aku suka telur ayam, tapi sekali lagi telur bebek tidak suka jugalah...:)

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)