Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

You are what you eat

karintanojo's picture

“Aduh, beratku nambah!!! Aku harus diet nih”

"Bajuku sudah tidak cukup lagi, nampaknya aku harus puasa makan dulu ya"

"Wah, perutmu menonjol lho keliatan gendut, ayo kurangi makananmu..."

Banyak sekali perempuan bahkan dari yang masih anak-anak sampai ke dewasa mengeluhkan masalah berat badan. Apakah hal ini normal dan tidak berbahaya? Atau apakah kita perlu lebih perhatian terhadap perkembangan anak-anak perempuan yang mengeluhkan tubuhnya secara berlebihan?

Tubuh kita sebenarnya sudah diciptakan sedemikian rupa untuk bisa menikmati semua makanan yang ada, namun ternyata ada makanan-makanan yang bisa membahayakan kesehatan juga seperti makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan makanan instant yang menggunakan MSG.

Makanan juga mempengaruhi perilaku dan tindakan kita-sehari-hari, mengapa? Ternyata makanan juga dapat mempengaruhi mood atau perasaan anda sehari-hari. Bagaimana bisa? Ada makanan-makanan tertentu yang dapat digunakan untuk membantu mendukung mood yang positif sehari-hari, bahkan bisa membantu kita dalam belajar lho.

Makanan yang sehari-hari kita makan dapat diatur sedemikian rupa jika kita mengetahui zat-zat apa yang terkandung didalamnya. Pengetahuan tentang gizi dan manfaat dari suatu bahan makanan akan membantu kita dalam mengonsumsi makanan tersebut. Salah satu contoh ada beberapa bahan makanan yang dapat digunakan untuk meredakan stress seperti beras meja, sari kedelai, jamur, yogurt, dan sebagainya.

Jika kita makan seenaknya dan mengakibatkan naiknya berat badan secara drastis atau mengakibatkan tubuh kita sulit untuk digerakkan, maka itu salah satu bentuk bahwa kita tidak menghargai tubuh kita sendiri. Pemaknaan yang lebih mendalam adalah kita tidak menunjukkan penghargaan kita kepada Pencipta kita yang menyulam diri kita menjadi pribadi-pribadi yang unik.

Diet ketat seperti pada artis korea atau usaha lain untuk mendapatkan tubuh yang ideal merupakan salah satu ambisi para perempuan yang baru mendapatkan kepuasan setelah memperoleh bentuk tubuh yang diidam-idamkannya. Usaha seperti ini bukanlah sesuatu yang salah atau buruk untuk dilakukan, namun jika program diet tersebut menyebabkan kita menjadi mudah sakit atau dilakukan secara berlebihan tentu hasilnya menjadi tidak seindah yang kita bayangkan. 

Oleh karena itu, program diet yang baik perlu disertai dengan olahraga dan asupan nutrisi yang terjaga dengan baik. Hal ini dimaksudkan supaya para perempuan dapat memperoleh bentuk tubuh yang ideal tanpa melupakan hakikatnya sebagai manusia ciptaan Tuhan. Ciptaan Tuhan yang ajaib dan dashyat. Salam sehat!

"Kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."

Kisah Para Rasul 15:29

__________________

Karin Tanojo