Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Lucifer Bukan Iblis

Mox's picture

Lucifer disebut sebagai iblis, dan ayat dalam kitab suci yang digunakan untuk menafsirkan Lucifer dan iblis adalah Yesaya 14 dan Yehezkiel 28.

Sebenarnya di dalam Yesaya 14, isinya ditujukan kepada raja Babel, dan Yehezkiel 28 ditujukan kepada raja Tirus. Raja Babel dan raja Tirus memiliki sifat jahat, sehingga dia disamakan dengan raja iblis, walaupun sebenarnya raja Babel dan raja Tirus adalah manusia biasa, bukan raja iblis dan penguasa kegelapan yang memerintahkan kerajaan iblis seperti di film Lord Of The Ring atau cerita-cerita lainnya dimana terdapat kerajaan iblis yang berperang melawan kerajaan manusia..

***
 

Kata "Lucifer" digunakan oleh Jerome di abad keempat ketika menerjemahkan Vulgata (Alkitab Latin). Kata Lucifer muncul dalam Alkitab Terjemahan seperti King James Version/ Douay Rheims/ Darby , mungkin diserap dari Alkitab Latin (Vulgata). (dikutip dari wikipedia)

Ayub 11:17
VULGATE
et quasi meridianus fulgor consurget tibi ad vesperam et cum te consumptum putaveris orieris ut lucifer
KJV
And thine age shall be clearer than the noonday: thou shalt shine forth, thou shalt be as the morning.
LAI TB
Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari.

Yesaya 14:12
VULGATE

quomodo cecidisti de caelo lucifer qui mane oriebaris corruisti in terram qui vulnerabas gentes
KJV
How art thou fallen from heaven, O Lucifer, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations!
LAI TB
"Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!


2Petrus 1:19
VULGATE

et habemus firmiorem propheticum sermonem cui bene facitis adtendentes quasi lucernae lucenti in caliginoso loco donec dies inlucescat et lucifer oriatur in cordibus vestris
KJV
We have also a more sure word of prophecy; whereunto ye do well that ye take heed, as unto a light that shineth in a dark place, until the day dawn, and the day star arise in your hearts:
LAI TB
Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

***

Dalam kitab KJV yang sekarang ini digunakan, saya akan mengutip ayat dari Yesaya 14:12, karena hanya pada ayat itu yang terdapat kata Lucifer.

Yesaya 14:12
KJV

How art thou fallen from heaven, O Lucifer, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations!
LAI TB
"Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

Dari ayat tersebut, kata Lucifer dalam bahasa Indonesia adalah Bintang Timur. Dan banyak yang menafsirkan bahwa Lucifer = Bintang Timur = iblis / setan.

***

Jika Lucifer adalah iblis.
Maka kita harus menafsirkan ayat :

Matius
2:1. Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
2:2 dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."

menjadi :
2:1. Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
2:2 dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat iblis-Nya dan kami datang untuk menyembah Dia."

Matius
2:9. Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.
2:10 Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.

menjadi :

2:9. Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, iblis yang mereka lihat itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.
2:10 Ketika mereka melihat iblis itu, sangat bersukacitalah mereka.

2Petrus
1:19. Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

menjadi :
1:19. Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan iblis terbit bersinar di dalam hatimu.

Wahyu
2:28 dan kepadanya akan Kukaruniakan bintang timur.

menjadi :
2:28 dan kepadanya akan Kukaruniakan iblis.

Wahyu

22:16 "Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."

menjadi :
22:16 "Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, iblis yang gilang-gemilang."

Ini berarti orang-orang yang sangat percaya dan yakin 100% kalau Lucifer adalah iblis, maka saya menafsirkan orang-orang tersebut sebagai keturunan dan pengikut iblis.

Jadi menurut pandangan saya, Lucifer bukanlah malaikat yang memberontak terhadap Tuhan kemudian disebut sebagai iblis.

chen's picture

jadi apa?

saya tidak mengerti maksud tulisan anda.. kita semua (hampir semua) mengetahui bahwa lucifer adalah malaikat yg kudeta di sorga, kemudian dicampakan ke neraka dan bumi, di neraka dia jadi king, lalu malaikat lain yang mengikut dia kuga dicampakan di neraka. dan menjadi iblis( maka ada yg namanya legia, diablo dsb). lalu ketika tuhan menciptakan langit dan bumi, serta manusia, iblis mencari teman untuk menemaninya di neraka... so lucifer bukan iblis apa artinya? kita tau dari mana? dari ketika manifestasi pelepasan roh jahat, betul? dalam nama Yesus! siapa kau? aku legian, pasukan lucifer... iblis yang beribu2 namanya legian (legiun pasukan tempur). dalam nama Yesus, legian pergi dari anak Tuhan ini.. wuhsss... gitu.. tolong klarifikasi artikel anda di atas.. Tuhan berkati Chen
Daniel's picture

klarifikasi siapa?

saya rasa maksud Mox sebenarnya adalah agar kita lebih memperhatikan lagi dari mana keyakinan2 yang kita miliki itu berasal. semua yang kita yakini, percayai, dan kita rasa kita tahu harus dicek lagi ke sumber asalnya yang terpercaya, dan sumber itu adalah Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang kita miliki.

semestinya yang harus melakukan klarifikasi adalah orang2 yang meyakini tentang lucifer, diablo, legia dan sebagainya itu... dari mana sumbernya? di mana ayatnya dalam Alkitab?

itu menurut saya lho...

chen's picture

so?

jadi gk jelas gitu... pernyataan mox lucifer bukan iblis, so? dia apa? tidak ada kesimpulan yg pasti kan? bisa tolong dijelaskan pernyataan mox berikut ini: "ni berarti orang-orang yang sangat percaya dan yakin 100% kalau Lucifer adalah iblis, maka saya menafsirkan orang-orang tersebut sebagai keturunan dan pengikut iblis. Jadi menurut pandangan saya, Lucifer bukanlah malaikat yang memberontak terhadap Tuhan kemudian disebut sebagai iblis"
Mox's picture

Pengikut iblis

Chen kurang jelas mengenai pernyataan saya, bahwa orang-orang yang yakin 100% kalu Lucifer adalah iblis adalah pengikut iblis.

Saya akan memberikan penjelasan kembali mengenai hal itu.

Wahyu

22:16 "Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."

menjadi :

22:16 "Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, iblis yang gilang-gemilang."

Lucifer = bintang timur = iblis

Di dalam ayat Wahyu yang saya kutip di atas, Yesus di dalam penglihatan Yohanes menyebut bahwa Dia adalah keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.

Jika orang-orang menyatakan bahwa Lucifer = bintang timur = iblis, itu berarti mereka juga menyatakan bahwa Yesus adalah iblis yang gilang-gemilang, dan itu berarti mereka adalah pengikut iblis.

Itu penafsiran untuk orang-orang yang sangat yakin 100% bahwa Lucifer adalah iblis. Sedangkan orang-orang yang hanya sekedar tahu samar-samar dan hanya ikut-ikutan menyatakan bahwa Lucifer adalah iblis, tidak saya golongkan ke dalam pengikut iblis.

***

Mengenai siapa / apa Lucifer itu sebenarnya, saya juga tidak tahu pasti. Saya ingin mempelajarinya, tapi saya tidak bisa bahasa asing, dan bahasa Inggris pun cuma bisa sedikit-sedikit.

Saya akan mencoba mengambil penjelasan dari wikipedia.

Lucifer is a Latin word meaning "light bearer" (from lux, lucis, "light", and ferre, "to bear, bring"), a Roman astrological term for the "Morning Star" the planetVenus.[1] The word Lucifer was the translation of the Septuagint Greek heosphoros, ("dawn-bearer"; cf. Greek phosphoros, "light-bearer"; itself the translation of the Hebrew Helel ben Shahar[2], Son of Dawn), used by Jerome in the Vulgate, having mythologically the same meaning as Prometheus who brought fire to humanity. (dikutip dari wikipedia bahasa Inggris)

Saya akan mencoba menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia, kalau ada kesalahan ya makumin aja, saya kurang ngerti bahasa Inggris.

Lucifer dalam bahasa Latin berarti pembawa terang, dalam Roman astrologi berarti "Bintang Fajar" alias planet Venus. Kata Lucifer adalah terjemahan dari Septuagint Greek heosphoros (pembawa fajar; phosphoros : pembawa terang; dan merupakan terjemahan dari bahasa Aram Helel ben Shahar : Putera Fajar). 

 Kata "Lucifer" digunakan oleh Jerome di abad keempat ketika menerjemahkan Vulgata (Alkitab Latin). Ungkapan Ibrani "HEYLEL BEN-SYAKHAR"; "HEYLEL" adalah kata Ibrani untuk "bintang Timur" alias planet Venus, sedangkan "BEN-SYAKHAR" harfiah "anak (putra) Fajar". (dikutip dari wikipedia bahasa Indonesia)

Mungkin kalau ada yang pandai berbahasa Inggris bisa menterjemahkan penjelasan mengenai Lucifer di wikipedia yang berbahasa Inggris di sini.

Terima kasih.

Mox's picture

Mencari sukarelawan

Untuk tambahan, mungkin ada yang mau menjadi sukarelawan untuk menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sebuah artikel mengenai Lilith, istri Adam yang pertama yang kemudian menjadi istri Lucifer. Artikel tersebut ada dalam wikipedia yang berbahasa Inggris.
Penonton's picture

Lilith bukanlah istri adam....

@mox,

 

Mox saya sedang mempelajari text tulisan mengenai "Lilith", yang merupakan tokoh iblis wanita dalam ajaran kepercayaan Yahudi kuno yang juga dikenaldisebut sebagai ajaran Kabballah.

Saya memang belum selesai membaca tulisan tersebut, akan tetapi dalam tulisan tersebut tidak dijelaskan ttg Lilith yang menjadi Istri dari Adam.

Memang dijelaskan bahwa, Lilith berhasil mempengaruhi Adam (diluar kemauan Adam) ,sehingga berhasil mengandung benih Adam, tapi tidak sampai menjadi istri dari Adam.

Untuk lebih lanjutnya, saya akan menuliskan kelanjutan dari tulisan mengenai Lilith, setelah saya selesai mempelajari terjemahan tulisan tersebut. 

 

From Oz far..far...awaay...

__________________

xxx

Rusdy's picture

Teologia Lucifer

Akhirnya, ada juga yang mencoba untuk cari tahu lebih lanjut darimana sih asal-muasal 'Lucifer' itu. Soalnya, saya juga inget pernah diajar tentang hal ini di sekolah, atau dengar dari beberapa orang kristen.

Masalahnya, setelah membaca Alkitab dari depan-belakang-kiri-kanan-atas-bawah dengan mata kepala saya sendiri, gak pernah inget ketemu kata 'Lucifer' tuh Tongue out (versi NIV tapinya). Bahkan yang nyerempet dikiiiiiiiiiiiiit pun belom pernah ketemu, dari iblis dibuang ke bumi, malaikat memberontak, dan lain sebagainya. Saya kira Alkitab saya salah versi! Sealed

Nah, sekarang terserah deh, mau ikut Firman Tuhan, atau ikut gosip  Wink

 

Baca Kitab Suci, doa tiap hari, doa tiap hari, doa tiap hari

Baca Kitab Suci, doa tiap hari, kalau mau tumbuh...

Mox's picture

Sumber penafsiran lainnya

Ayat yang nyerempet dikit ya ada di kitab Yesaya 14 dan Yehezkiel 28.

Mungkin ada juga yang menafsirkannya dari kitab Wahyu, mengenai sepertiga malaikat yang menjadi pengikut iblis di buang ke bumi.

Wahyu
12:3 Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.
12:4 Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya.


Saya sendiri tidak tahu arti sebenarnya dari ayat tersebut. Saya juga tidak tahu, apakah hal-hal tersebut sudah terjadi atau belum terjadi, apakah sangkakala ketujuh sudah ditiup.
JDMPON's picture

Babel = Kekacauan Bahasa

Dear Mox, mengenai bahasa, kayaknya akan selalu menjadi dilema. makanya gw yakin peristiwa babel biang kekacauan semuanya ini. firman mengatakan : jikalau engkau mempunyai iman sebesar biji sesawi, engkau sanggup memindahkan gunung. nah sampai sekarang kayaknya gak ada yang bisa mindahin gunung tuh. soal bintang timur atau bintangnya di timur atau bintangNYA di timur. bisa beribu arti man... lalu kenapa lo bisa yakin lucifer diartikan bintang timur. alkitab bilang putera fajar. kenapa lo biasa artikan bintang timur. ok lo pakai dasar dari wikipedia. kenapa lo yakin dengan para penterjemah itu. mana bahasa aslinya, siapa yang mengungkapkan. gw lebih setuju pernyataan hai-hai soal memahami. gw juga setuju dengan rusdy, baca kitab suci & doa tiap hari. kenapa harus baca tiap hari, harusnya gak perlu tiap hari dong, kan bisa aza setahun baca beres. tapi ternyata alkitab terus berbicara. pointnya simple, bagi gw lo harus pahami ALLAH tritunggal untuk memahami semuanya ini. lo harus kenal man..., trus nyembah man..., bukan sekedar nyembah man..., tapi nyembah dalam roh dan kebenaran man..., menyembah ALLAH BAPA dalam ROH KUDUS dan YESUS KRISTUS Regards, JDMPON
Mox's picture

JDMPON cuma bisa nanya balik.

JDMPON menulis :
lalu kenapa lo bisa yakin lucifer diartikan bintang timur.


Ah, JDMPON cuma bisa nanya balik. Kan saya selalu bertanya, kenapa lo bisa yakin diartikan sebagai iblis. Alkitab bilang bintang timur, kenapa lo bisa artikan sebagai iblis?

2Petrus 1:19
VULGATE

et habemus firmiorem propheticum sermonem cui bene facitis adtendentes quasi lucernae lucenti in caliginoso loco donec dies inlucescat et lucifer oriatur in cordibus vestris
LAI TB
Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.


Menurut JDMPON, apakah Lucifer / bintang timur pada ayat di atas diartikan dengan iblis? Kalau menurut saya sih bukan.
jesusfreaks's picture

Itu berarti lucifer seorang special

Dear Mox, gw gak tahu deh soal tuh bahasa yang lo coba bedah. tapi pointnya, pada mulanya lucifer bukanlah Iblis. lucifer adalah seorang yang special. lucifer adalah sebuah nama, sama seperti gabriel, mikhael. nah kalau lucifer berarti bintang timur, gw rasa sah-sah saja. karena seperti yang gw ketahui pada mulanya lucifer adalah seorang yang special. so pasti arti namanya indah.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

gkmin's picture

Bintang Timur, Yesus atau Lucifer

Pertanyaan saya, justru sebenarnya Bintang Timur itu sebutan untuk Jesus atau Lucifer silakan baca tulisan saya di s_i_n_i oh ya...., kata "iblis" itu bahasa mana ya?

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

hai hai's picture

Bintang Timur

Bintang timur, bintang fajar, bintang kejora, sang timur dan banyak lagi nama lainnya. Semuanya itu adalah nama yang digunakan untuk menyebut planet Jupiter. Apabila ada yang mengajarkan bahwa bintang timur itu berbeda dengan bintang fajar, maka maklumin saja mereka, karena mereka tidak tahu bahwa mereka tidak tahu.

disebut bintang timur karena bintang itu ada di timur, disebut bintang fajar karena bintang itu nampak paling terang ketika menjelang fajar. Disebut bintang kejora, nah ini saya tidak tahu.

Bintang timur digunakan untuk simbol Yesus Kristus, juga digunakan untuk ngeledek Iblis atau setan. Bukankah Yesus Kristus juga gambarkan sebagai singa dan singa juga digunakan oleh Petrus untuk ngeledek Setan atau Iblis? Nah, itulah cara Allah menyatakan humornya.

Allah Bapa memiliki selera humor yang luar biasa demikian juga Yesus Kristus. Para nabi, raja suci dan para rasul juga memiliki selera humor yang baik, anda hanya perlu menemukan sela-sela humornya.   

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

Bintang timur sorga

Dari mana Yesus turun ? Dari mana lucifer dilemparkan ? Kayaknya dari tempat yg sama deh.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

konsepku terbatas's picture

konsepku terbatas

gw paling seneng ketika orang memperdebatkan tentang lucifer. tapi dari apa yang kalian perbincangkan yang bisa kasih gw jawaban cuma jesusfreaks.....yang laen ngambang..... sory gak jelas.... Yang jelas KONSEPKU TENTANG "ALLAH" terbatas.
konsepku terbatas's picture

konsepku terbatas

gw paling seneng ketika orang memperdebatkan tentang lucifer. tapi dari apa yang kalian perbincangkan yang bisa kasih gw jawaban cuma jesusfreaks.....yang laen ngambang..... sory gak jelas.... Yang jelas KONSEPKU TENTANG "ALLAH" terbatas.
cucu adam's picture

AGAMA TANPA KONSEP TUHAN

Suatu hal yang aneh jika anda merasa punya agama tetapi tidak tahu tentang konsep tuhan anda. Hal ini menunjukkan bahwa agama yang anda anut memang TIDAK MEMILIKI KONSEP TUHAN. Sehingga anda dilarang untuk mengenal jati diri tuhan anda. mengapa demikian? Karena jelas semakin anda tahu tentang KONSEP TUHAN , anda jelas akan berpaling ke agama lain yaitu yang benar dan memiliki konsep tuhan yang benar pula.
konsepku terbatas's picture

bukan tidak memiliki konsep

sory cucu adam, coba perhatiakan sekali lagi... jangan sampai keluar dati topik pembicaraan di atas.... biar saya jelaskan: "tidak memiliki konsep" dengan "konsep yang terbatas"!!!! jelas beda kan.... PERHATIKAN DENGAN BAIK jangan asal membaca!!! manusia tidak akan pernah sanggup menggambarkan pribadi "ALLAH" yang sebenarnya. karna konsep kita yang terbatas!!!! ingat terbAtas!!! "ALLAh" bagi saya sangat luar biasa. saya tidak ingin sembarang menafsirkan sesuatu tanpa dasar yang nyata. karana sya tidak mampu menggambarkan dia yang sebenarnya... boleh mengatakan lucifer bukan iblis ... tapi jangan jadikan suatu fakta kebenaran yang sejati.... dan tidak perlu ngotot untuk mempertahankan pendapat itu... Cukup 1 bagi saya siapa Dia "ALLAH" sebenarnya... Bagi saya "ALLAH" yang saya kenal adalah ALLAH yang mempunyai karya nyata dalam dunia ini.... jelas kamu tahu siapa "Dia" dan dari situ saya mulai bisa menggmbrakan pribadi "ALLAH" itu seperti apa... meskipun konsep saya terbatas... dan saya tetap percaya bahwa lucifer dulu bukan seorang iblis tapi saat ini dia iblis dan kelak sampai selama-lamanya..... dan bukan suatu fakta apa yang dikatakan jesusfreaks bahwa "ALLAH" mengasihi lucifer... melainkan kita boleh mengatakan mungkinkah "ALLAH" mengasihi si LUcifer
liga21's picture

lucu juga yha..ALLAH yg

lucu juga yha..ALLAH yg mempunyai SERBA MAHA,ternyata tidak maha tahu..

contoh silucifer ini / apapun namanya...sebagian ada yg menyebutnya pemimpin IBLIS kaum penyesat..!

jika ALLAH maha tahu ,mengapa DIA menciptakan malaikat yg akhirnya memberontak

serta menimbulkan efek buruk  terhadap banyak manusia?

bingung aku..bingung...!!!

 

liga21's picture

lucu juga yha..ALLAH yg

double..!

Orang Bijak III's picture

Butuh karunia dan kemurahan Allah....

Disaat anda sekalian diperhadapkan pada kebingungan memahami isi Alkitab, itulah saatnya anda harus memperdalam pengalaman rohani anda.

Alkitab sudah menyiratkan semuanya... tetapi tidak semua dalam bentuk yang tertulis dan penjelasan yang lengkap menurut ukuran manusia pada umumnya, karena ada juga yang cukup DIMETERAIKAN. Selain itu... ada banyak kitab-kitab hasil karya para nabi dan rasul yang lenyap karena dibakar ataupun disembunyikan karena situasi dan kondisi di masa jemaat mula-mula yang belum memiliki kebebasan dalam beribadah, bahkan dikejar-kejar dan dibunuh, sehingga mereka harus selalu berpindah tempat ibadah dengan membawa semua dokumen-dokumen yang sempat untuk dilarikan.

Itulah sebabnya kita sangat membutuhkan tuntunan Roh Kudus dalam memahami isi Alkitab. Dan agar kita bisa dituntun oleh Roh Kudus, kita membutuhkan kemurahan Allah melalui doa dan penyembahan kita.

Anda semua mungkin masih bingung... darimana manusia bisa tahu kalo lucifer itu salah satu malaikan sorga yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam menyenangkan hati Allah, dan kenapa dia harus diusir dari sorga.

Seperti kata "liga21", "jika ALLAH maha tahu ,mengapa DIA menciptakan malaikat yg akhirnya memberontakserta menimbulkan efek buruk  terhadap banyak manusia?" 

Saya hanya ingin meluruskan... malaikan ataupun manusia diciptakan disertai dengan satu anugerah, yaitu "Kebebasan untuk memilih", sehingga apa yang lucifer ataupun malaikan yang lain, ataupun manusia lakukan adalah pilihannya sendiri.

Mengenai kejadian-kejadian di sorga seperti yang saya tulis di atas... Percayalah bahwa itu semua demikian adanya. Berdoalah supaya dengan kemurahan Allah, anda diberikan karunia dan disengkapkan rahasia-rahasia sorgawi.

Anda pasti pernah mendengar kesaksian seseorang yang diperkenankan Allah untuk bisa merasakan pengalaman rohani melalui perjalanannya ke Sorga, ataupun perjalanan ke Neraka. Tetapi ada juga yang ingin saya bagikan dengan anda sekalian, ada beberapa orang di dunia dunia ini, khususnya di Indonesia yang sudah melakukan perjalanan rohani seperti yang saya contohkan di atas itu lebih dari satu kali, bahkan berulang kali.

Kesimpulannya adalah... PERCAYA... BERDOA kepada Allah, kiranya dengan kemurahanNya anda juga diperkenankan untuk mengalami pengalaman rohani yang luar biasa itu.

Saya yakin melalui pengalaman itu anda akan lebih memahami banyak hal lagi, termasuk bagaimana memahami tentang Tritunggal Allah (Trinitas).

PERCAYALAH KEPADA ALLAH BAPA, TUHAN YESUS KRISTUS, DAN ROH KUDUS