Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Pro dan Kontra Kata ALLAH

NoStressInDepress's picture

Apakah nama Tuhan kita adalah Allah ??

Atau Allah hanya sebuah gelar, jabatan ?  

 

Alkitab (LAI) adalah terjemahan asing (Inggris), dan di dalamnya terdapat tulisan "God", yang berarti "TUHAN", TUHAN ini adalah istilah dari gelar, jabatan, atau status. Pada konsep agama sepupu, TUHAN-nya bernama ALLAH.Sedangkan TUHAN orang Kristen namanya YESUS KRISTUS 

menilik kepada: 

Keluaran

23:13 Dalam segala hal yang Kufirmankan kepadamu haruslah kamu berawas-awas; NAMA allah lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari MULUTMU."

=

23:13 And in all things that I have said unto you be circumspect: and make no mention of the name of other gods, neither let it be heard out of thy mouth.    

       Surat dari Mubaligh kepada Dirjen Bimas Kristen Departemen Agama RI dan Lembaga Alkitab Indonesia, meminta agar kata Allah dalam Alkitab diganti menjadi YAHWEH, tetapi ada juga pendapat  lain dari orang Kristen, sebagai berikut:  

      Agama kristen masuk ke Indonesia sejak abad-16. Karena nama ‘Allah’ sudah menjadi kosa kata bahasa Indonesia dan digunakan oleh orang Arab Kristen, maka tepat kalau LAI menggunakannya sebagai padan kata ‘El, Elohim, Eloah’ maupun ‘Theos’ karena kata ini bukan terjemahan melainkan perkembangan dialek yang asli, ini berbeda dengan kata ‘God’ yang adalah terjemahan. 

       'Dalam terjemahan bahasa Melayu dan Indonesia, kata ‘Allah’ sudah digunakan terus menerus sejak terbitan Injil Matius dalam bahasa Melayu yang pertama (terjemahan Albert Corneliz Ruyl, 1629). Begitu juga dalam Alkitab Melayu yang pertama (terjemahan Melchior Leydekker, 1773) dan Alkitab Melayu yang kedua (terjemahan Hillebrandus Cornelius Klinkert, 1879) sampai saat ini.(Daud Susilo, Forum Biblika, LAI, No.8/1998, h.102). Di Malaysia kasus ini malah lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi di Indonesia, ada yang berpendapat juga kalau surat Mubaligh adalah kongkalingkong dari pihak-pihak pemuja YAHWEH thok. Sekarang juga sudah banyak sekali beredar Alkitab tanpa kata Allah.  

Kesimpulan 

*Jangan menyebut NAMA TUHAN, Allahmu(??), dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut NAMA-Nya dengan sembarangan.(Kel 20:7)

Terlepas dari Pro – Kontra, mengenai kata Allah, dan ayat-ayat yang tegas dalam Alkitab mengenai nama TUHAN. Tetap saja bagi saya ada satu nama yang pasti: YESUS KRISTUS (Yeshua Hamasiah) 

*Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." (Kis 4:12)   

*Itulah sebabnya (Allah ??) YAHWEH sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi. (Filipi2:9-10)  

 

Ada yang punya pendapat lain ?, mari sharing, semoga menjadi berkat :-D  

 

Shallom4EverCool       

__________________

*Shallom4Ever@all

Roelis's picture

Syaloom NostressInDepress...

Syaloom NostressInDepress... Saya setuju dengan anda.. apapun nama Tuhan dipanggil oleh umatnya... asal nama itu dilandaskan dengan nama Yesus Kristus maka itulah Allah orang kristen.. Bahkan apabila seseorang kaum KEDAR yang menyebut nama Allah dengan aksen arab, saya mau katakan Allah yang dia sembah adalah sama dengan yang saya sembah ASAL DIUCAPKAN DALAM NAMA TUHAN YESUS KRISTUS. (ingat.. bukan kata "yesus kristus", tetapi "TUHAN YESUS KRISTUS")... Apakah anda setuju juga??.. Thanks Tuhan memberkati
NoSid's picture

Syallom Roelis

Roelis, anda setuju dengan saya, dan saya setuju dengan anda ok saja. Bagaimana dengan saudara yang lain. Bisa saja hal ini menjadi hal yang penting buat beberapa orang, dan tentunya ayat pada keluaran 23:13  tersebut bukan sebuah pepesan kosong.

 

 

Shallom4Ever

Pengunjung's picture

Tentang Nama Allah

Saya tidak komentar banyak, tapi punya sedikit masukan tentang buku yang cukup berbobot yang bisa dijadikan rujukan.Judulnya:Siapakah Yang Bernama Allah Itu? Penulisnya Herlianto. Atau bisa juga kunjungi situsnya di

http://www.yabina.org

Terima kasih

Yanto

http:www.technologyhealth1.blogspot.com

Pengunjung's picture

Tentang Nama Allah

Saya tidak komentar banyak tapi punya sedikit masukan.Coba baca buku karangan Herlianto judulnya:"Siapakah Yang Bernama Allah Itu?" Atau kunjungi situsnya di http://www.yabina.org

Terima kasih

Yanto

http://www.technologyhealth1.blogspot.com

hai hai's picture

Allah = Elohim

Di dalam Alkitab Perjanjian Lama: Allah = Elohim TUHAN = YHWH Tuhan = Adonai Tuhan = Kurios Allah = Theos Nah, nampak jelas kenapa banyak orang Kristen yang tidak setuju mengganti kata Allah dengan YHWH. Mengenai kata Allah, menurut saya kita sama sekali tidak meminjam dari umat Islam, karena setahu saya, umat Islam Indonesia menyapa Tuhan mereka dengan "Auloh". Saya belum pernah membaca tulisan yang menceritakan ALASAN digunakannya kata "Allah" oleh umat Kristen Indonesia, nah bila ada yang tahu silahkan urun rembuk tuh. Selama ini kita berpendapat bahwa kekeristenan masuk ke Indonesia pada abad ke 16, namun bila tidak salah saya pernah membaca bahwa pada abad ke 7 sudah ada keuskupan di Sumatera. Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Daniel's picture

Elohim = Theos = Allah

Sekadar tambahan informasi,

orang Kristen di Arab dan negara2 yang berbahasa Arab, sudah sejak dulu menggunakan kata Allah dengan tulisan dan lafal yang sama persis dengan cara orang Islam menyebutnya, karena memang itulah satu2nya padanan yang paling tepat untuk kata Elohim (Ibrani) atau Theos (Yunani), dan itulah satu2nya cara mereka melafalkannya. Bahkan orang Islam sendiri memberi kesaksian untuk hal ini (walaupun, lucunya, dengan alasan yang bertolak belakang). Ini salah satu halaman yang saya temukan.

Dalam bahasa Nusantara (saya tidak bilang Indonesia, karena Indonesia sebagai suatu bangsa baru lahir tahun 1928, dan tahun 1945 sebagai negara) saya pernah lihat sebuah Alkitab dalam bahasa Melayu Kuno (sekitar abad 12 atau 14 kalau tidak salah ingat) dan ditulis dengan aksara Jawi (bukan Jawa lho, ini aksara Arab tapi dimodifikasi untuk menuliskan kata2 Melayu, kami biasa menyebutnya huruf Arab Gundul) dan di dalam Alkitab tersebut, kata Elohim dan Theos juga ditranskrip sebagai Allah.

Maaf, banyak tanda kurung, terlalu banyak yang ingin saya sampaikan, semoga bermanfaat :)

NoSID's picture

Nambah info Thok

Saya sempet nanya-nanya sama temen saya, dia bilang mengapa LAI pakai kata Allah adalah untuk mempermudah misi (penginjilan).

   Di Indonesia agama Islam berkembang lebih dulu dan sangat pesat perkembangannya, maka itu diambil kata Allah agar para muslim tersebut juga bisa lebih "mudah" memahami konsep Alkitab. Ada juga yang bilang mengenai konsep tiga agama = satu Allah (3in1), Islam-Kristen-Yahudi, yakni Allah Ismael=Allah Isahk=Allah Israel.Ada yang bilang juga Allah adalah sebutan dewa bulan.

Ada yang mau nambahain lagi gak?? biar lebih jelas

 

Shallom4Ever  

Puput Manis's picture

Nama Allah

Dear All,

Sudah banyak yang membahas masalah ini. Sekarang ada gerakan atau aliran atau gereja (apa saja lah istilahnya) "Pengagung Nama Yahweh". Pakai Google Search, cari, baca dan bandingkan sana sini sepuasnya dah. Klo bingung, tanya Roh Kudus dalam hati dan percayai dan pegang jawaban-Nya.

Saya pribadi, setuju nama tidak diterjemahkan. Saya juga maklum bahwa waktu Alkitab bahasa Indonesia dibuat, diterjemahkan dari Alkitab bahasa Inggris, jadi waktu itu Lord diterjemahkan Tuhan (Tuan), dan God diterjemahkan Allah. Bahasa manusia 'kan memang terbatas, ga mungkinlah bisa mengekspresikan TUHAN dengan selengkap-lengkapnya.

Bagi bangsa Israel, nama Tuhan itu sangat, sangat sakral, makanya "AKU ADALAH AKU" hanya ditulis singkatannya saja "YHWH" --> kata-kata Ibrani yang berarti "Aku Ada Yang Aku Ada" --> Yang Maha Ada (Hadir) di segala waktu dan di segala tempat. Sampai sekarang pun mereka takut menyebut YHWH atau Yahweh atau Jehovah dengan bibir mereka. Dalam Alkitab kita ditulis TUHAN atau ALLAH (huruf besar semua), tapi di kamus di halaman belakang sudah dijelaskan bahwa itu diterjemahkan dari YHWH. Kalau kita tidak takut, waktu baca itu, baca dengan "Yahweh", kalau masih takut-takut seperti orang Israel, baca Tuhan dengan Adonai, dan baca Allah dengan Elohim, tergantung kadar iman masing-masing. Kalau allah memang sebaiknya dibaca ilah, tapi ya tergantung konteksnya.

PS. Salah satunya coba klik di sini.

 

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

NoSID's picture

@Puput, So..

Tergantung kadar iman masing2 kata Puput, tapi ini khan tertulis jelas di Alkitab (kel 23:13), bisa fatal kalo asal-asalan. jadi to the point saja, apa anda berdoa dengan kata Allah berkenan atau tidak ?? Ada yang bilang boleh aja yang penting iman kepada Allah itu, ya kepada Kristus. kalo kata W shakespeare, apalah arti sebuah nama ??, Btw, Deal or no Deal memakai kata Allah,dalam berdoa?? kalo saya pribadi jarang sekali sih pakai kata itu (main safety),coz belum 100% jelas Shallom4Ever
Puput Manis's picture

Tergantung Iman Masing-masing

Hai NoSID,

Tergantung iman masing-masing itu seperti yang dikatakan rasul Paulus di Roma 14. Untuk sesama anak-anak Tuhan, kita jangan saling menghakimi, karena yang masih lemah iman memanggil nama "Allah" (misalnya) itu kan untuk Tuhan. Yang lebih kuat iman (misalnya) memanggil nama "Bapa Yahweh", itu juga untuk Tuhan. Jadi buat sesama saudara seiman jangan saling menghakimi. Lakukan saja sesuai iman masing-masing.

Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan (dalam hal ini menyebut nama Allah), ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa. (Roma 14:23)

Tapi setelah dapat rhema (misalnya Keluaran 23:13) dan menurut imannya dia harus memanggil Bapa Yahweh, ya dia harus taat, karena :

Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa. (Yakobus 4:17)

Aku mo nanya nih, kamu sendiri kalo doa pada Tuhan, manggilnya apa? Ya, Allah.. Ya, Tuhan.. Ya, Yesus... Ya, Tuhan Roh Kudus.. atau Bapa Yahweh, Yeshua Adonai, Ruakh Hakodesh?

 

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

NoSID's picture

Semoga menjadi berkat

Salah satu pertama dan terutama; bagi saya gak ada hakim-hakiman,hanya Tuhan yang mampu menjadi hakim yang adil atas firmanNya sendiri.  Gw bukan hai-hai, gw cuma menghimbau, Puput bisa ngerti maksud saya saat ini jika baca dalam komen di di blog Pelayan Tuhan-anda dituntut tampil sempurna (siapa yang memuja??) dengan adanya blog ALLAH ini, siapa tahu yang lain yang masih bingung bisa terberkati dari blog dan juga kometnya

Pendapat saya sendiri khan sudah saya tulis di Blog, itu yang penting dan esensi utamanya 

Shallom4Ever 

Puput Manis's picture

NoSID, Biar Adil

Hai NoSID,

Tadi aku ngasih link yang berbicara tentang kenapa nama Allah tidak diterjemahkan Yahweh. Sekarang biar seimbang, kamu klik juga yang sisi satunya di sini ya..

 

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

dennis santoso a.k.a nis's picture

Aulloh? Allah? ALLAH? YHWH? Elohim? Yahweh?

Btw, Deal or no Deal memakai kata Allah,dalam berdoa??

kalo gue pribadi, dalam berdoa, gue lebih suka nyebut 'Bapa' atau 'Yesus'. kesannya lebih akrab buat gue, ga ada sangkut pautnya sama 'kebenaran nya secara teologis'.

cuma, tentang masalah 'kebenaran nya secara teologis' itu, gue melihat bahwa kadang kaum kristen/katolik itu terlalu paranoid sama islam sehingga sebutan Allah ini jadi dipermasalahkan cuma sekedar untuk 'ABS' atau 'Asal Bukan iSlam' saja. terkesan cuma sekedar pokoknya beda sehingga gue sih terus terang males deh ngikutin perdebatan nya.

sekian dari si kristen 'ikut2an' :)

control-y's picture

kemunduran kristen di indonesia

setuju! menurut gw mempermasalahkan seperti itu membuat orang kristen menjadi mundur ke belakang.. seperti kembali ke zaman sebelum john wycliffe lahir, dan rasanya yang mempermasalahkan ini cuma di indonesia aja ya?

kecuali orang kristen mau ikut umat agama lain itu, yang mengagung-agungkan bahasa tertentu (dan kebudayaannya juga), dan sepertinya kecenderungan beberapa kalangan kristen menuju ke arah itu juga makin menguat... tapi ya walahualam.. sedihnya, pemikiran kaum fundamentalis, meski agamanya berbeda, kok ternyata jadinya sama saja ya? iih...

NoSID's picture

Jangan Parno dunx

Memang Nis, ada sekelompok tertentu yang demikian,gw pribadi bukan parno-parnoan sih Nis, gw cuma gak mau asal.Tapi gak masalah lah,bukankah Tuhan melihat hati ?, tapi kalo ada yang lebih jelas ya why not !? Shallom4Ever
NoSID's picture

Nambah Info Thok

saya juga udah nanya sama Pak Bambang Pramono, silahkan kalo ada yang mau tahu bisa kesini

 

 

 

 

Shallom4ever

Sigit's picture

Begitulah bahasa Indonesia

Kalau menilik perjanjian lama, bahasa ibraninya adalah Elohim. Kata ini juga dipakai untuk menunjuk ilah atau alah lain dengan kata sama juga elohim (dengan huruf e kecil). Sebelumnya, menambah kata pak hai hai tentang nama-nama Allah: Elohim - Allah : Menunjukkan bahwa Ia adalah pencipta Adonai - Tuhan : Menunjukkan bahwa ia adalah pemilik segala sesuatu Yehovah - TUHAN : Menunjukkan pribadi YHWH - Yahweh : Menunjukkan nama yang sangat pribadi yang Ia perkenalkan kepada bangsa Israel. Tidak boleh sembarangan sedangkan untuk bangsa Israel, menyebutkanNya saja harus mikir berkali-kali, karena terlalu agung dan terlalu mulia. Saya setuju dengan teman-teman, supaya akrab di telinga bangsa Indonesia yang sudah terlebih dahulu familiar, maka diterjemahkanlah dengan kata Allah. Saya juga tidak setuju sih jika diterjemahkan dengan kata ini, namun apa daya, bahasa Indonesia tidak mempunyai padanan yang lain, karena itu dipakailah kata Allah (dengan capital A). Sejauh yang saya tahu dan saya uji, ini tidak apa-apa. Damai sejahteralah yang masih memakai nama Allah... asal jangan dicengkokin dengan lafal arab karena akan menunjuk kepada allah lain (nah lho)

- Be Sharp and Be Wise -

Sigit N.S

__________________

- Be Sharp and Be Wise -

Debu tanah's picture

Siapakah nama Nya?

Salam Semuanya, Siapakah NAMA Nya? 1. Allah memperkenalkan diri kepada Musa sebagai YHWH 2. Orang Israel menyebut Nya = ELOHIM, ADONAI 3. Orang Arab & Indonesia menyebutnya ALLAH 4. Orang Inggris menyebutNya LORD, GOD 5. Orang Batak menyebutNya DEBATA Waktu kita berdoa apakah kita cukup berhenti pada nama-Nya saja? Bukankah kita bersekutu dengan PRIBADI ALLAH, bukan dengan Nama-Nya yang bahasa manusia? Itu semua adalah Nama-nama Allah, gelar Allah, julukan Allah oleh manusia! Siapakah yang mengetahui NAMA Allah? Hanya Dia yang tahu! Bahkan nama Yesus pun tidak akan digunakan lagi di Sorga! Wahyu 3:12 Barangsiapa menang, .... dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, .....dan nama-Ku yang baru. Tapi saya setuju dengan Roelis, nama apapun yang kita gunakan kita harus menggunakannya dalam nama YESUS KRISTUS, nama Juru Selamat kita di dunia ini. Namun kita tahu nama itu tidak akan digunakan lagi di sorga, karena di Sorga tidak ada lagi yang perlu diselamatkan! Debu tanah
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

NoSID's picture

Thanx All

Sejauh ini persentase yang Pro dengan kata Allah diatas 90%. Okey dokey, special thanks and credit to: Bro Roelis,Om Hai hai, Mami Puput manis,Mas Daniel, Ko Dennis, Mas Sigit, Bung control-y,dan Bung Debu Tanah.Karena sudah berkomentar dan berbagi link Biarlah hikmat dan marifat dalam takut akan Allah menyertai kita semua. Amen Cheerz Shallom4Ever
Puput Manis's picture

NoSID, Diskusi Udah Diakhiri?

Hai NoSID,

Wah, kamu manggil aku koq mami, aku jadi merasa tua.. Cry Itu tulisan di atas apa artinya? Udah terjual habis? Kalo masih ada yang mo beli, stok udah ga ada? Ayo, Gwan McDohl, buat kesimpulannya dulu biar jelas endingnya gimana.

O ya, kamu berminat beli Kitab Suci Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru versi ILT (Indonesian Literal Translation) ga? Pesen di sini.

 

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

NoSID's picture

Belum koq Put

Dear mami Puput, 

anda khan memang maminya Puput ManisCool, diskusi belum selesai koq kalo ada plus-plus lainnya.Saya tulis sejauh ini, maksudnya adalah sebagai Hipotesa sementara thok

 

so.. yang masih gatel nulis monggo azaSmile

 

Shallom4Ever

jesusfreaks's picture

ALLAH ADALAH BAAL

Dear ALL, koment gw, nama TUHAN yang mampu & layak kita menyebutnya adalah YESUS. sedangkan kata ALLAH, kalau Anda mau tahu darimana asal kata tersebut. Anda mungkin akan shock, dan berpikir beribu-ribu kali untuk menyebut kata ALLAH. silahkan visit ke sini : http://andrewidodo.multiply.com/journal/item/222/Perbedaan_antara_YAHWEH_dan_Allah

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Puput Manis's picture

Termasuk Pengagung Nama YAHWEH?

Hai JF,

Kelihatannya Anda setuju dengan gerakan atau aliran Mesianic? Di akhir zaman memang pengetahuan bertambah dan banyak rahasia-rahasia Kerajaan Allah disingkapkan.

Buat temen-temen yang pengen tahu, bisa baca "Siapa Yang Anda Sembah?" di sini. Dan juga "Yesus Mati di Hari Rabu" (bukan di hari Jum'at Agung) di sini. Ini saya dapat dari gereja di Salatiga, kotanya saudari kita Clara_Anita.

Satu hal yang saya masih 'lom dong itu, pernah ada pembicara Mesianic dari sono yang KKR di sebuah gereja. Beliau menggebu-gebu sekali tentang Allah yang tidak sama dengan Yahweh, tapi beliau tetep tak berani menyebut nama yang sakral itu.

 

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

kurnia's picture

History of Allah

Salam,

 Kebetulan belum lama ini saya baca buku karya bapak Bambang Noersena, "The History of Allah". Menurut saya buku ini sangat bagus, menjelaskan tentang asal usul kata Allah: dari tradisi Yahudi, Aram, hingga Arab, dari sudut pandang sejarah, ilmiah dan bahasa.

Di sini dijelaskan dengan cukup rinci, bahwa dari sisi sematik, kata Allah mengacu pada Tuhan yang disembah Abraham (sebelum muncul istilah YHWH).

Maaf susah untuk saya menjelaskan, tapi mungkin link berikut bisa membantu  http://www.iscs.or.id/do/index.php?option=com_content&task=category&sectionid=1&id=13&Itemid=2

Yang jelas, cerita bahwa Allah adalah sebutan untuk Baal, dewa air atau dewa bulan bisa dibilang salah kaprah dan kurang memahami sejarah. Malah, menurut buku tersebut, orang Kristen Arab jaman sebelum Islam lahir sudah menggunakan kata Allah dalam kitab suci.

 Mohon koreksinya, semoga membantu.

Just as i am,

kurnia

__________________

Just as i am,

kurnia 

NoSID's picture

Allah orang Kristen adalah IMAN pada YESUS

Sorry Bed baru lihat lagi,gw juga baru baca link loe. Gini aza deh; yang mau nyebut kata Allah silahkan yang enggak juga silahkan.sekalipun pakai kata Allah juga;menurut gw bagi orang Kristen, image yang muncul dan dimaksud adalah ALLAH BAPA, Allah Anak, Allah Roh Kudus, dalam agama Islam tentu konsep Allah sangat jauh sekaleee.. dari apa yang disebut ALLAH BAPA~Anak~dan Roh Kudus menurut orang Kristen. Mengenai Kel 23:13, nama tersebut belum digenapi maka yang paling jelasnya adalah AKU adalah AKU (Kel 3:14),tapi sekarang SUDAH digenapi dalam nama Yesus Kristus (Yeshua Hamasiah) sehingga makna Allah bagi orang Kristen MUSTAHIL keluar dari iman pada Kristus, karena Yesus dan BAPA(Elohim=Allah(Indonesia)) adalah satu semoga cukup jelas Shallom4Ever
jesusfreaks's picture

PROPAGANDA

Dear Nosid & All, sid, seperti yg lo bilang soal titah ke 3, nah gw cuma challenge ke kita semua, bagimana kita menyebut allah kita. bisa jadi kata Allah di alkitab indonesia, adalah salah satu bentuk propaganda (ce i le...), ketulusan seperti merpati, dan kecerdikan seperti ular. dengan kata lain, penginjilan yang safety dan lebih leluasa. gw yakin mungkin sebagian gak ngerti kata2 gw diatas, tapi gw sengaja biar gak vulgar.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Puput Manis's picture

Propaganda Maksudnya....

Sepertinya aku ngerti maksud JF : Kita mulai dari yang mereka tahu, kita membangun dari yang mereka punya. Gitu 'kan, Bed?

O ya, denger-denger mereka yang kristiani di Malaysia dilarang menggunakan kata Allah? Terus mereka pake apa ya? Di sini aku mau ah latihan (membiasakan diri) pake : Yeshua Adonai (Tuhan Yesus), Yeshua Hamasiah (Yesus Kristus) dan Elohim (God is one Lord), TUHAN atau ALLAH dibatin YHWH, allah dibaca ilah. Truuus .. harusnya belajar bahasa Ibrani, ikut-ikutan tradisi Yahudi, pake kalender Yahudi, memperingati Paskah dan Rabu Agung, plus hari raya hari raya lainnya, juga Natalannya tanggal 14 Oktober..

Wow, satu-satu dulu ah..

 

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

Pengunjung's picture

info

bapak2... ibu2... sekalian kayaknya kalian lebih percaya dengan info2 (link2 diwebsite) dari pada firman Tuhan (alkitab) sendiri. anda mau sebut Allah, Bapa, Tuhan Yesus Kristus, Yesus Kristus semua sah2 saja saya mau sebut Yesus Kristus sah2 aja toh dia Sahabat aku. saya mau sebut Tuhan Yesus Kristus sah2 aja toh dia Tuhan aku. saya mau sebut Bapa sah2 aja toh dia Bapa aku. saya mau sebut Allah sah2 aja toh dia Allah aku. yang penting IMAN, segala sesuatu yang dilakukan tanpa iman adalah Dosa... wekssss dimana ya bunyi FirmanNya, bentar kk... searching dulu di alkitab. :D kalo kita tidak beriman dengan menyebut Allah sebagai YHWH, anda sudah berdosa karena tidak beriman.
gkmin's picture

Saya pilih Tuhan saya adalah YHWH (+ Yesus), bukan Allah...

Saya pembuat http://gkmin.net, tempat menampilkan kerjaan jari-jemari saya bermain keyboard laptop. Mengapa saya (sekarang) memilih menggunakan nama Yahweh dan meninggalkan Allah? Sebagian besar sudah saya tuliskan di beberapa posting di http://gkmin.net

Jauh sebelum saya berkeyakinan seperti sekarang, saya belajar tentang okultisme dengan seorang teman yang punya karunia mengusir setan. Salah satu pernyataan dia adalah bahwa Tuhan orang Kristen berbeda dengan Tuhan-nya orang Islam, Seorang kenalan saya, pendeta yang juga dosen teologi, juga menyatakan hal yang sama, Tuhan orang Kristen BERBEDA dengan Tuhan orang Islam.

Ketika saya bertanya kepada kedua rekan tadi, "Kenapa Bapak juga memanggil Tuhan dengan sebutan ALLAH?" jawaban keduanya sama, "Tetapi Allah yang saya maksud bukan Allah mereka." Aneh..., bagi saya aneh. Sebab dalam logika saya, jika (seandainya) Tuhan Islam memang berbeda dengan Tuhan Kristen, ketika orang Kristen menyebut/menyembah/memuji/berdoa kepada ALLAH, bukankah ALLAH berhak menjawabnya? Dari pada salah sasaran, sudah lama saya berdoa kepada BAPA dalam nama Yesus. dalam perkembangan pemahaman selanjutnya, sekarang saya "berani" menyebut nama YAHWEH (YHWH) dan meninggalkan nama ALLAH.

Silakan jika saudara-saudara tetap mempertahankan kata ALLAH untuk menyebut BAPA, tetapi Kitab Suci JELAS menyebutkan bahwa nama BAPA adalah YHWH, (bukan Allah) Saya mantap mengelola gkmin.net dan memberitakan nama YAHWEH, karena pengalaman-pengalaman spiritual yang kami alami, makin meneguhkan bahwa nama YAHWEH memang luar biasa. Bahwa banyak penentangnya, silakan...dengan argumentasinya masing-masing tidak mau menerima pemberitaan ini, tetapi TERBUKTI, makin banyak orang yang menerima pemberitaan ini.

Seorang tokoh penting yang punya pengalaman spiritual cukup tinggi-pun mau diam-diam datang ke Salatiga (bersama istri dan ajudannya), berdiskusi dengan kami, mengenai hal-hal spiritual, termasuk berkaitan dengan nama Yahweh ini, sekalipun beliau sudah dikunjungi untuk dilayani oleh pendeta-pendeta terkenal seperti Gilbert Lumoindong.

Ini antara lain yang membuat saya makin yakin dengan pemberitaan tentang nama Yahweh bukan hal yang main-main. Saya tidak mau berdebat panjang lebar mengenai nama Yahweh, sudah banyak tulisan, ceramah/kotbah, VCD, yang memaparkannya, silakan terima, ditolak atau diabaikan saja. Dan komitmen saya dan teman-teman, tetap akan terus memberitakan nama Yahweh ini, tetapi saya tegaskan, bahwa kami tidak memaksa Anda menerima pemberitaan ini. Silakan mau diterima ya syukur, ditolak ya tidak apa-apa, tugas kami hanya memberitakan.

Sudah tahu bahwa LAI dituntut di pengadilan negeri Jakarta Pusat berkaitan dengan nama Allah ini? Silakan cari sendiri beritanya. Sudah tahu Kitab Suci Indonesian Literal Translation, Edisi perdana sudah dicetak 20.000 exp, dan sudah habis terdistribusi? silakan baca di sini

Saya pernah bertanya via email pada Bapak Herlianto (salah satu penentang gerakan pemulihan nama Yahweh di Indonesia -- seperti halnya Pak Bambang Noorsena) Pertanyaan saya: "jika benar bahwa Allah sudah digunakan oleh pra-islam untuk menyebut Tuhan yang benar, mengapa Mohammad harus (perlu) mendirikan agama baru? kenapa tidak meneruskan "agama" leluhurnya saja.... jawaban beliau: "Mengenai mengapa Muhammad mendirikan agama baru saya rasa bisa dicari jawabannya dalam Al-Quran, pertanyaan ini sama dengan mengapa Yesus membuat agama Kristen dan tidak mengikut saja agama Yahudi nenek moyangnya? Beliau menyatakan "Yesus membuat agama Kristen" Saya tidak lanjutkan pertanyaan saya...(males...), karena dalam pemahaman saya Yesus TIDAK membuat agama Kristen. Yesus mengajarkan tentang BAPA, tentang KERAJAAN SORGA, bukan tentang Agama Kristen. (Yesus tetap "beragama" Yahudi -- karena Yesus-pun mengakui Bapa YHWH, Agama Kristen muncul jauh sesudah Yesus mati -- sangat berbeda dengan Mohammad yang "mendirikan" agama Islam, dengan memperkenalkan Allah sebagai satu-satunya Tuhan)

Saya orang awam, bukan teolog, tidak berpikir macam-macam yang rumit, jika dinyatakan dalam Kitab Suci, (Yesaya 42:8) -->> Aku ini Yahweh, itulah nama-Ku..., ya sudah nurut saja pada Kitab Suci, bahwa nama Tuhan adalah Yahweh. (kalau mau berfilsafat tentang Tuhan, tidak berdasarkan Kitab Suci manapun, jangan sebut Tuhan dengan nama Yahweh atau nama Allah, sepertilah orang Jawa, menyebut Tuhan itu "Gusti kang Murbeng Dumadi" atau "Gusti kang Akarya Jagad" karena dalam pandangan orang Jawa, Tuhan itu, "tan kena kinaya apa, tan kena winirasa") ketika kita menyebut Tuhan dengan nama YAHWEH atau nama ALLAH, sebenarnya sedang tunduk pada ajaran Kristen (Kitab Suci) atau Islam (Quran). Jadi ANEH bila orang Kristen mengakui Tuhannya itu ALLAH.

Saya orang Jawa, belajar tentang salah satu "filsafat Jawa", yang didalamnya diajarkan bahwa "yang menggerakkan alam semesta ini adalah SANG KARSA (Sang Kehendak)". Siapa/apa "SANG KEHENDAK" itu, SANG KEHENDAK adalah "YANG ADA" -->> ini (agak) cocok dengan konsep nama YAHWEH yang berarti "AKU ADA YANG AKU ADA" (AKU YANG ADA, (Keluaran 3:14) Jadi, saya pilih memanggil nama Tuhan dengan sebutan YAHWEH, bukan ALLAH.

Pertanyaan yang sering saya ajukan pada rekan-rekan Kristen:

"Dari mana Anda tahu bahwa ALLAH adalah Tuhan?" -- silakan cari-cari asal-usul "Allah"

Bagi saya, saya tahu bahwa ALLAH adalah Tuhan --->> dari AlQuran

saya tahu bahwa YAHWEH adalah Tuhan -->> dari Kitab Suci (Bible) dan karena saya percaya pada Bible, bukan Quran, maka saya memilih percaya pada YAHWEH dan bukan kepada ALLAH. Sesederhana itu pikiran saya OK, pemikiran2 saya sudah ada di gkmin.net , silakan dilihat-lihat, kalau setuju ya syukur, tidak setuju ya tidak apa-apa, kita tetap saudara, tetap sesama manusia yang perlu saling mengasihi. (saya sudah pernah menerima "umpatan-umpatan" gara-gara tulisan di gkmin.net "dasar bodoh", "jangan mengajarkan kebohongan", "dasar antikris", "dasar otak udang" dan lain-lain --- silakan jika ada di antara anda yang ingin menambah daftar kata-kata "kasih" orang Kristen penyembah Allah (karena teman-teman penyembah Yahweh, sebagian besar setuju dengan tulisan2 saya). Bahkan ada salah seorang pendeta penyembah Allah Bapa di Salatiga-pun berniat membakar tulisan-tulisan saya yang dicetak/print, itu tidak menyurutkan semangat saya untuk memberitakan nama Yahweh, justru makin memperkuat keyakinan saya bahwa Bapa Yahweh yang hadir dalam rupa Yesus yang saya sembah, mengajarkan kasih yang lebih baik, dari pada 'kasih' mereka para penentang-penentang itu, semakin menentang dengan kata-kata kasar dan tindakan-tindakan bodoh, semakin menunjukkan siapa sebenarnya "roh" di balik semua itu.) Jadi.., siapa yang Anda sembah? Bapa Yahweh atau yang lain? (terserah, itu pilihan Anda)

salam, gkmin.net

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

gkmin's picture

@Puput Manis (dari Jogja ya....): GKmin bukan gereja, Mbak....

@Puput_Manis Buat temen-temen yang pengen tahu, bisa baca "Siapa Yang Anda Sembah?" di sini. Dan juga "Yesus Mati di Hari Rabu" (bukan di hari Jum'at Agung) di sini. Ini saya dapat dari gereja di Salatiga, kotanya saudari kita Clara_Anita. gkmin.net bukan gereja dan tidak mewakili gereja. Saya (pembuat situs itu) warga GKJ Salatiga, tetapi tulisan2 saya di gkmin.net adalah tanggungjawab saya pribadi, bukan atas nama gereja. Justru tokoh-tokoh di gereja saya (sebagian majelis dan pendeta) ada yang menentang tulisan-tulisan saya. Tetapi mereka para penentang itu saya sebut "pengecut" karena berkumpul, mendiskusikan dan kemudian membuat pernyataan tertulis membantah tulisan saya, tidak mau mengundang saya sebagai penulisnya untuk berdialog/bertukar pikiran (misalnya latar belakang kenapa kok saya menulis demikian), padahal saya tinggal di rumah persis di belakang gereja. Walau kemudian saya tanggapi balik dengan mengirim surat kepada Majelis dan Pendeta, setelah saya mendapatkan copy tanggapan mereka. Terakhir (yang saya dengar), tulisan saya "SIAPA TUHAN YANG ANDA SEMBAH?" dibahas secara khusus di salah satu komisi (dan kemudian ditanggapi dengan "tidak setuju" -- saya belum mendapatkan copy tanggapannya, tetapi saya dengar2, tulisan saya tidak didukung -->> artinya "tidak setuju" atau "tidak sepenuhnya setuju"), Untung (ya.. terus terang, jujur, saya merasa beruntung -- karena saya tidak perlu lagi menghadapi salah satu 'ahli teologi' di gereja saya) pendeta yang membidani tanggapan itu sekarang sudah (tiba-tiba) menghadap Tuhan (mungkin sekaligus melaporkan kepadaNya tentang kerjaan saya yang memberitakan nama YAHWEH, he he he...). Jadi intinya, gkmin.net bukan atas nama gereja, saya bukan mewakili gereja, dan juga tidak hendak mengajak orang-orang untuk masuk gereja tertentu. Ada teman saya tetap bergereja di gereja "Sidang Jemaat Allah" sekalipun sekarang sudah menerima Yahweh dan meninggalkan Allah. Aneh khan... ya begitulah pemberitaan kami, tidak peduli apa gerejanya, apa denominasinya. Ada juga teman saya yang Katholik-pun sekarang menyebut Yahweh dan meninggalkan Allah -- justru dia menemukan nama Yahweh ini dalam pencariannya bertahun-tahun, sehingga ketika saya suatu kali dolan ke rumahnya untuk memberitakan nama Yahweh, dia ternyata SUDAH TAHU, sekarang dia meninggalkan Allah pula... Oh ya..., di Salatiga ada juga pendeta di sebuah gereja beraliran pantekosta, sudah mengakui Yahweh dan meninggalkan Allah, tetapi belum berani menyampaikannya di mimbar, karena banyak pertimbangan, antara lain kalau langsung disampaikan via mimbar gereja, akan menimbulkan "kebingungan". Pelan tapi pasti, makin banyak yang percaya pada Bapa Yahweh dan meninggalkan Allah Bapa. Kita tunggu saja (antara lain) perkembangan sidang pengadilan tuntutan terhadap LAI tentang masalah kata ALLAH dan YAHWEH dalam Alkitab terbitan LAI. Buat Anda yang menginginkan Kitab Suci yang tidak menggunakan kata ALLAH, dan menggunakan versi (mendekati) King James, tunggu saja cetakan kedua, yang mungkin akan mulai beredar bulan Agustus 2008, setelah mengalami beberapa perbaikan dari cetakan pertama. salam, gkmin.net - salatiga, jawa tengah
__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

dionsultan's picture

Allah

Allah adalah Tuhan ku, satu satu nya Tuhan yang aku sembah....dan seluruh dunia yang seiman dengan ku semua sepakat, yakin dan beriman bahwa Tuhan yang kami sembah adalah Allah....artinya kemanapun saya pergi, dalam negeri maupun luar negeri yang bahasanya beda2...selama orang yang saya jumpai seiman...maka jawaban nya pasti sama, Tuhan kami Allah tanpa harus di translate lagi....

hai hai's picture

dionsultan, Anda Pasti Belum Pernah Keliling Dunia

dionsultan, saya belum pernah keliling dunia, saya juga bukan orang muslim, namun saya tahu, di Eropah banyak orang Islam yang menyebut Sang Pencipta yang mereka sembah sebagai GOD. Di dalam Alquran yang mereka baca, tertulis dengan GAMBLANG, God dan tidak ada kata Allah sama sekali.

Mungkin anda menyebut mereka orang-orang Islam Murtad? Sayangnya hingga saat ini mereka diakui sebagai orang-orang Islam. Tidak ada fatwah sama sekali bahwa mereka murtad.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dionsultan's picture

klarifikasi

God dalam bahasa orang eropa adalah Tuhan, dan nama Tuhan kami adalah Allah..buktinya ketika kami beribadah, maka hanya ada satu kata "Allah" yang kami sebut....buktinya kalimat Laa illa ha illallah = tiada tuhan selain Allah = dalam bahasa inggris = there is no God, but Allah

glitter's picture

Dionsultan:Allah itu pribadi atau Zat.

-Dio aku mau tanya Allah menurut islam itu gimana suatu pribadi atau suatu zat?

hai hai's picture

dionsultan, Anda Harus Memahami

Saudara dionsultan, menurut saya sebaiknya anda pelajari dengan lebih teliti. di antara mat Islam, hingga saat ini masih terjadi perdebatan yang belum berakhir tentang apakah Allah itu nama pribadi Sang Pencipta atau sebutan bagi Sang Pencipta.

Di dalam agama Islam, ada 99 nama Sang Pencipta dan Alquran mencatat bahwa ke 99 nama itu masih kurang untuk menyatakan dengan sempurna siapa Sang Pencipta itu?

Apabila anda beriman bahwa Alquran adalah standard kebenaran, bukankah itu berarti anda telah menyangkalinya ketika menyatakan  Allah adalah satu-satunya nama Sang Pencipta?

Sebenarnya umat Kristen menghadapi masalah yang sama. Ada hampir 300 nama Sang Pencipta yang tercatat di dalam Alkitab yang telah saya ketahui saat ini. Sementara itu ada sebagian orang Kristen yang meyakini bahwa YHWH adalah satu-satunya nama Sang Pencipta.

Sebelum Sang Pencipta menciptakan segala sesuatu, apakah Dia sudah punya NAMA? Siapa yang menyapanya saat itu? Nama diberikan untuk membedakan satu dari lainnya. Sebelum Sang Pencipta menciptakan segala sesuatu, Dari apa atau dari siapa Dia perlu DIBEDAKAN?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dionsultan's picture

klarifikasi nama

99 Nama Allah itu adalah sifat Allah, bukan berarti kami bingung bahwa ada 99 nama, dengan kata lain Allah adalah Tuhan kami yang Esa dan memiliki 99 sifat, yang mana 99 nama itu biasa di sebut Asma'ul Husna : 

contoh

Allah maha pemurah ( Ar Rahman )

Allah Maha Penyayang ( Ar Rahim )

dan lain - lain

contoh lain dalam 99 nama itu salah satunya adalah Ar Rahman, namun ketika kita sholat tetap pada saat takbir yang di sebut adalah " ALLAHU AKBAR yang artinya Allah Maha besar " dan tidak  diganti AR RAHMAN AKBAR.

kalimat tauhid dalam Islam = Laa illa ha illallah = tiada Tuhan selain Allah, dan tidak di ganti LAA ILLA HA ILLA RAHMAN.

dalam kalimat syahadat juga demikian : 

ASYHADU ANLA ILLA HA ILLALLAH = saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, tidak di ganti ASYADU ANLA ILLA HA ILLARAHMAN

 

DAN-DAN's picture

@GLITTER, ALLAH itu...

kalo menurut pemahaman saya pribadi tentang isi ALKITAB, maka ALLAh itu "ZAT"atau"YANG TAK TERBATAS" yang menjadi "PRIBADI" atau "YANG SEOLAH2 TERBATAS."

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

saya suka bebek panggang...

glitter's picture

Dan dan : Allah adalah Pribadi

Dan2 Kristen sih percaya Allah adalah Pribadi yg tak terbatas.Dia adalah I AM THAT I AM (kel 3:14)

-

 

hai hai's picture

@dionsultan, Saya Setuju Dengan Anda.

99 Nama Allah itu adalah sifat Allah, bukan berarti kami bingung bahwa ada 99 nama, dengan kata lain Allah adalah Tuhan kami yang Esa dan memiliki 99 sifat, yang mana 99 nama itu biasa di sebut Asma'ul Husna:

Nama "Allah" hanya milik Tuhan Mahakuasa, Sang Kebenaran. Sesuatu yang mengikuti nama ini dianggap sebagai kata sifat yang menggambarkan nama ini, sedangkan nama ini tetap nama yang menunjukkan tuhan Mahabenar. Nama ini mengandung semua sifat-Nya, dan eksistensi nama ini tak perlu lahir dari yang lain, sedangkan sifat-sifat lain dapat dimengerti bila menjadi tambahan bagi nama ini. "Allah" hanya untuk dia saja, tidak dapat digunakan untuk selain Dia. "Allah adalah wujud yang abadi, Yang menciptakan eksistensi, Yang memelihara dan menjaga eksistensi, Yang menciptakan segala yang ada. Apapun yang diciptakan-Nya pasti akan binasa. Konsep Tuhan Menurut islam Yasin T. Al-Jibouri hal 60

Saudara dionsultan, yang anda tulis benar. Namun "Allah" adalah salah satu nama dari 99 nama Tuhan. Apabila ke 99 nama tersebut mengajarkan SIFAT Tuhan, bukankah kata "Allah" juga sifat Tuhan?

Tentang asal usulnya ada yang mengajarkan bahwa "Allah" berasal dari kata "al-ilah". Karena hamzah di awal dan ditengah kata "al-ilah" terasa berat di lidah, maka hamzah tersebut pun dihilangkan sehingga menjadi "Allah".

Ada pula yang mengajarkan bahwa "Allah" berasal dari kata kerja "walaha" (past tense), "yawlahu" (present tense), dari kata dasar "walah". Waw diganti dengan hamzah, seperti terjadi pada wisad dan isnad, wisyah dan isyah, wikaf dan ikaf.

Saudara dionsultan, yang saya kutip dan jelaskan itu adalah pengetahuan dari umat muslim yang mengajarkan bahwa nama Allah boleh diterjemahkan menjadi God dalam bahasa Inggris atau ke dalam bahasa lainnya. Tujuan saya menjelaskannya bukannya ingin menentang tulisan anda namun sekedar membri informasi.

Dalam kalangan Kristen hal yang sama jagu terjadi. Sebagian orang Kristen mengajarkan bahwa YHWH adalah nama Tuhan, itu sebabnya YHWH tidak boleh diterjemahkan ke dalam bahasa lain. Mengganti atau menerjemahkan YHWH berarti menyembah ilah lain bahkan menyembah berhala. Tentang nama-nama Sang Pencipta, inilah pemahaman saya atas ajaran Alkitab. Mungkin pengetahuan itu akan berguna bagi anda. untuk membacanya silahkan klik di sini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DAN-DAN's picture

@GLITTER, I am that i am...

I am tha i am itu menurut anda artinya apa?

Hehehe...mungkin anda belum tau maksut saya saja megnenai BUKANPRIBADI menjadi PRIBADI, karena tulisan saya terlalu singkat dan padet.

hemmm...kalo saya terangkan akan jadi panjang.

Tapi kalo anda berpikir ALLAH itu adalah PRIBADI, saya katakan menurut pribadi saya dan menurut pengetahuan pribadi saya anda sudah berada di jalur yang TUHAN mau, memang menurut saya pribadi  Alkitab mengajarkan kita harus berpikir bahwa ALLAH itu PRIBADI. Dengan itu kita bisa mengenal ALLAH secara PRIBADI pula.

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

saya suka bebek panggang...