Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Semua Telah Dibenarkan

Kejarlah Kasih's picture

Ada sebagian orang Kristen yang mengawali  berita Injil dengan ayat di Roma 3:23, “Semua orang telah berbuat dosa” 

Mereka melakukan hal itu karena diajar demikian oleh para pendahulunya. Tanpa memeriksa lagi, mereka meneruskan kekeliruan itu kepada orang-orang lain. 

Padahal semua manusia telah dibenarkan dengan cuma-cuma. Semua orang sudah dinyatakan tidak bersalah.

Semua orang telah dibenarkan.




Berita Injil adalah berita tentang pembenaran semua orang oleh karena anugerah Kristus Yesus.

 


Ada sebagian orang Kristen yang mengawali  berita Injil dengan ayat di Roma 3:23, “Semua orang telah berbuat dosa” 


Mereka melakukan hal itu karena diajar demikian oleh para pendahulunya. Tanpa memeriksa lagi, mereka meneruskan kekeliruan itu kepada orang-orang lain. Kekeliruan sehingga berita Injil yang adalah kabar sukacita bagi semua umat manusia berubah makna menjadi kabar buruk bagi yang tidak sepaham.

 

Berita Injil dimulai dengan berita bahwa semua manusia telah dibenarkan dengan cuma-cuma.


Kabar sukacita mustahil dimulai dengan pernyataan semua orang telah berbuat dosa. Semua manusia telah berbuat dosa adalah kabar buruk. Itu sudah menjadi masa lalu.

 

Pernyataan semua orang telah berdosa hanya penggalan dari suatu kalimat utuh. Potongan kalimat yang jika dipisahkan dari kalimat utuhnya akan mempunyai makna berbeda dari maksud dari keseluruhan kalimat. Kebenaran yang telah dikebiri sehingga makna sejatinya menjadi tersembunyi. 

 

Mari kita membaca ulang kalimat yang dimaksud dengan cara yang berbeda.

 

Karena semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh anugerah-Nya telah dibenarkan dengan cuma-cuma melalui penebusan dalam Kristus Yesus. Roma 3:23-24

 

Semua orang telah dibenarkan.

Siapa yang dibenarkan? Semua orang. 

Apakah hanya orang Kristen saja yang dibenarkan? Tidak!  Apakah hanya orang percaya saja? Tidak! Apakah hanya orang yang mau menerima saja? Tidak!  Jelas dan tegas, kalimat dalam ayat Alkitab tersebut mengajarkan bahwa semua orang sudah dibenarkan. Semua orang artinya semua orang.


Mereka yang telah memberitakan bahwa semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah perlu setia untuk memberitakan seluruh kebenaran. Jika konsisten maka berdasarkan kalimat yang sama juga harus diberitakan bahwa semua orang telah dibenarkan.


Jika Alkitab adalah pedoman dan standar dalam menentukan ajaran kekristenan maka ajaran kekristenan berkata bahwa semua manusia telah dibenarkan. Jika kekristenan dibangun berdasarkan apa yang tertulis dalam Alkitab maka semua orang telah dibenarkan. Jika satu ayat saja tidak boleh dikebiri dari Alkitab maka pernyataan semua orang telah dibenarkan tidak boleh disembunyikan. Tidak sepatutnya menjual kebenaran hanya demi kelestarian dokrin atau ajaran turun-temurun belaka. 


Kebenaran perjanjian baru dimulai dengan fakta bahwa semua orang telah dibenarkan.


Semua orang. Ya, semua orang telah dibenarkan dengan cuma-cuma.

Dibenarkan artinya dinyatakan benar atau dinyatakan tidak bersalah. Cuma-cuma artinya tanpa syarat apapun juga, tanpa ditukar dengan apapun juga, tanpa disertai kewajiban apapun juga, tanpa disertai ancaman apapun juga.


Berita Injil adalah berita tentang pembenaran semua orang oleh karena anugerah Kristus Yesus.  Allah mengutusNya ke dalam dunia untuk menyelamatkan dunia.

 

Berita Injil adalah kabar sukacita. Kabar sukacita untuk mengawali hidup baru dalam suatu perjanjian baru.


__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jee eiych's picture

@KK: Pernahkah terpikir bahwa keselamatan disangka gratisan?

Gratisan sepertinya kita bisa ambil kapan saja dan bisa dibuang kapan saja.

Kalau kita menulis sesuatu yang sifatnya klaim tentunya kita harus memperkenalkan apa yang kita klaim. Saya menggunakan cara yang persis dengan cara KK yaitu melihat secara keseluruhan ayat. Baca lagi ayat tsb tapi dari ayat 21 sampai ke ayat 24. Sekarang apakah "semua orang" masih berarti semua orang? Di ayat 21 tertulis "karena iman dalam Yesus Kristus".

Yang diberikan ke semua mausia bukan pembenaran. Yang dikenalkan kepada manusia adalah "iman kepada Yesus Kristus".

Jadi walaupun sudah menerima/mendengar/diterangan tentang "iman kepada Yesus Kristus" ke manusia  tetap saja si manusia harus mengenakannya (/mengaminkannya) baru dia dibenarkan. KK, jangan potong-potong dong :-). 

Kejarlah Kasih's picture

@jee, emang gratis

[Gratisan sepertinya kita bisa ambil kapan saja dan bisa dibuang kapan saja.]

Emangnya benda yg bisa diambil dan dibuang? Emangnya dibenarkan itu kata benda?


[Kalau kita menulis sesuatu yang sifatnya klaim tentunya kita harus memperkenalkan apa yang kita klaim.]

Tidak, saya tidak klaim, buat apa saya klaim? Emangnya saya rasul? Yang klaim semua orang telah dibenarkan itu penulis Kitab Roma.



[Baca lagi ayat tsb tapi dari ayat 21 sampai ke ayat 24. Sekarang apakah "semua orang" masih berarti semua orang? Di ayat 21 tertulis "karena iman dalam Yesus Kristus".]

Semua ya artinya semua. Menurut saya itu hal yang sederhana, kenapa dipertanyakan?

Iman dalam Yesus Kristus bukan iman dalam diri kamu, bukan pula iman dalam diri saya. Iman dalam Yesus Kristus pasti bukan iman saya atau iman kamu.

Kenapa? Karena waktu ayat itu ditulis, baik kamu maupun saya belum lahir. Jadi iman dalam  Yesus Kristus itu iman Yesus Kristus. Sederhana bukan? Silakan kamu baca tulisan ini (klik di sini).


[Jadi walaupun sudah menerima/mendengar/diterangan tentang "iman kepada Yesus Kristus" ke manusia  tetap saja si manusia harus mengenakannya (/mengaminkannya) baru dia dibenarkan.]


Kalau itu mah namanya bukan cuma-cuma, tapi harus dibayar. Dibayar dengan mengenakannya/mengaminkannya.


[KK, jangan potong-potong dong :-).]

Memang saya potong-potong, namanya juga sedang belajar makanya sepotong-sepotong alias bertahap alias satu per satu. :-D

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jee eiych's picture

@KK: jangan dibaca dua arah.

[Kalau kita menulis sesuatu yang sifatnya klaim tentunya kita harus memperkenalkan apa yang kita klaim.]
Tidak, saya tidak klaim, buat apa saya klaim? Emangnya saya rasul? Yang klaim semua orang telah dibenarkan itu penulis Kitab Roma.

Jee: ya elah. Yang kamu imani itu yang kamu klaim lah. Takut amat ngakuin nya. Ngeles bajaj dibelokin ke Rasul Paulus segala.

 

[Jadi walaupun sudah menerima/mendengar/diterangan tentang "iman kepada Yesus Kristus" ke manusia  tetap saja si manusia harus mengenakannya (/mengaminkannya) baru dia dibenarkan.]


Kalau itu mah namanya bukan cuma-cuma, tapi harus dibayar. Dibayar dengan mengenakannya/mengaminkannya.

Jee: Lah, kamu kan sudah baca sendiri di Rom 3:23. State awalnya manusia yang berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Dari state A ke state B artinya ada pengubahnya. 

Iman akan Yesus Kristus itu maksudnya: Tuhan Yesus mati supaya semua orang diselamatkan tapi tidak berarti semua orang selamat karena Tuhan Yesus.

Logika yang dibolak-balik gini yang bikin iman akan Yesus Kristus jadi murahan. Gratisan yang murahan. Kalau kayak gitu logikanya ... tetep aja jadi Islam, Hindu, Budha. Udah dibenarkan! Dari orang percaya aja bisa terjadi Roh Allah pergi darinya.

 

Kejarlah Kasih's picture

@jee, Tuhan Yesus GAGAL?

[Jee: ya elah. Yang kamu imani itu yang kamu klaim lah. Takut amat ngakuin nya. Ngeles bajaj dibelokin ke Rasul Paulus segala.]

Jee, kamu takut amat untuk mengakui bahwa memang kitab Roma menulis semua orang telah dibenarkan.
 


[Jee: Lah, kamu kan sudah baca sendiri di Rom 3:23. State awalnya manusia yang berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Dari state A ke state B artinya ada pengubahnya. ]

Jee, Roma 3:23 itu state A, state B nya adalah Roma 3:24 yang berkata SEMUA orang TELAH dibenarkan.   Pengubahnya adalah iman dalam Yesus Kristus. Coba kamu baca lagi dengan klik di sini.

 

 

[Iman akan Yesus Kristus itu maksudnya: Tuhan Yesus mati supaya semua orang diselamatkan tapi tidak berarti semua orang selamat karena Tuhan Yesus.]

Hahahaha... kamu mau bilang bahwa Tuhan Yesus gagal ya? Mati supaya semua orang diselamatkan, tetapi gagal! Karena ternyata tidak semua orang selamat? Tuhan Yesus gagal, itu yg kamu imani kan? Takut amat mengakuinya.


 

[Logika yang dibolak-balik gini yang bikin iman akan Yesus Kristus jadi murahan. Gratisan yang murahan. Kalau kayak gitu logikanya ... tetep aja jadi Islam, Hindu, Budha. Udah dibenarkan! Dari orang percaya aja bisa terjadi Roh Allah pergi darinya]

Semua orang telah dibenarkan, itu logika sederhana. Kenapa kamu bolak-balik menjadi rumit?

Kenapa iman dalam Yesus Kristus kamu ubah menjadi iman akan Yesus Kristus?

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jee eiych's picture

@KK: Tidak semua orang mau dibenarkan.

KK: 

Jee, Roma 3:23 itu state A, state B nya adalah Roma 3:24 yang berkata SEMUA orang TELAH dibenarkan.   Pengubahnya adalah iman dalam Yesus Kristus. Coba kamu baca lagi dengan klik di sini.

Jee: Lho bedanya omongan ini dengan omongan saya apa? "Iman dalam Yesus Kristus" itu artinya apa? Melihat diskusi kamu di posting itu... buatmu apa arti "iman dalam..."?samakah dengan (A) "beriman ke.." atau (B) "sebuah benda (abstrak), namanya iman yang berasal dari..."

 

[Iman akan Yesus Kristus itu maksudnya: Tuhan Yesus mati supaya semua orang diselamatkan tapi tidak berarti semua orang selamat karena Tuhan Yesus.]

Hahahaha... kamu mau bilang bahwa Tuhan Yesus gagal ya? Mati supaya semua orang diselamatkan, tetapi gagal! Karena ternyata tidak semua orang selamat? Tuhan Yesus gagal, itu yg kamu imani kan? Takut amat mengakuinya.

 Jee: Yang saya imani: Tuhan Yesus mati untuk semua orang, tapi jika ada satu jiwa orang tidak menerimanya itu artinya Tuhan Yesus gagal untuk menyelamatkannya. Untuk satu jiwa itu, memang gagal. Kalau saya tidak mau mengakui dia sebagai juru selamat saya maka Tuhan Yesus gagal menyelamatkan saya. Karena barang siapa mengakui Dia maka Dia akan menyelamatkannya.

Tuhan Yesus memang mati untuk semua manusia tapi keselamatan tidak untuk semua orang. Contoh bangsa Israel:

1. Berita bahwa "kematian anak sulung tidak terjadi pada orang yang mencoretkan darah domba di tiang pintu" adalah untuk semua orang dan saya yakin juga untuk orang Mesir sekalipun. Tapi kematian itu hanya luput pada orang yang memang mencoretkan itu pada tiang pintunya saja. Sekalipun orang Israel jika tidak melakukannya, anak sulungnya mati juga. Keluputan itu gagal pada orang Israel yang tidak percaya.

 

2. Kesembuhan adalah untuk orang yang menoleh ke Ular Tembaga. Kesembuhan tidak berlaku pada yang menolak memandangnya. Padahal kesembuhan sebenarnya untuk semua orang, tapi tidak semua orang  mau percaya. Kesembuhan karena memandang ular tembaga tidak berhasil pada orang yang tidak percaya.

 

Kejarlah Kasih's picture

@jee, beda SEMUA

[Jee: Lho bedanya omongan ini dengan omongan saya apa? ]

Bedanya ada pada kata SEMUA. Saya tidak menghapus kata SEMUA, kata semua saya terima sebagai SEMUA.



["Iman dalam Yesus Kristus" itu artinya apa? Melihat diskusi kamu di posting itu... buatmu apa arti "iman dalam..."?samakah dengan (A) "beriman ke.." atau (B) "sebuah benda (abstrak), namanya iman yang berasal dari..."]


Ginjal dalam diri kamu adalah ginjal kamu, bukan ginjal saya.
Sukacita dalam saya adalah sukacita saya, bukan sukacitamu.
Iman dalam Kristus Yesus adalah iman Yesus Kristus, bukan iman kamu.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Kejarlah Kasih's picture

teori Yesus payah

[Jee: Yang saya imani: Tuhan Yesus mati untuk semua orang, tapi jika ada satu jiwa orang tidak menerimanya itu artinya Tuhan Yesus gagal untuk menyelamatkannya. Untuk satu jiwa itu, memang gagal.]

Tuhan Yesus  mati untuk semua orang. Tuhan Yesus gagal. Yesus gagal karena ternyata kematianNya tidak menyelamatkan SEMUA orang. Yang tidak selamat BANYAK orang. KegagalanNya tidak berhenti sampai disitu saja. Karena bahkan setelah orang percaya saja, Roh Allah masih bisa meninggalkannya.

Saya sebut teori kamu itu sebagai: teori Yesus payah.



[Tuhan Yesus memang mati untuk semua manusia tapi keselamatan tidak untuk semua orang. ]

Mati untuk semua orang tetapi keselamatan tidak untuk semua orang? Teori Yesus payah milikmu itu memang payah.


[1. Berita bahwa "kematian anak sulung tidak terjadi pada orang yang mencoretkan darah domba di tiang pintu" adalah untuk semua orang dan saya yakin juga untuk orang Mesir sekalipun. Tapi kematian itu hanya luput pada orang yang memang mencoretkan itu pada tiang pintunya saja. Sekalipun orang Israel jika tidak melakukannya, anak sulungnya mati juga. Keluputan itu gagal pada orang Israel yang tidak percaya.]

Itu adalah karena keputusanNya waktu itu adalah yg tidak mati adalah yang mencoretkan darah domba.

Dalam blog ini -dalam kasus dibenarkan-, keputusan tertulisnya adalah SEMUA orang TELAH dibenarkan.
 

[2. Kesembuhan adalah untuk orang yang menoleh ke Ular Tembaga. Kesembuhan tidak berlaku pada yang menolak memandangnya. Padahal kesembuhan sebenarnya untuk semua orang, tapi tidak semua orang  mau percaya. Kesembuhan karena memandang ular tembaga tidak berhasil pada orang yang tidak percaya.]

Ini juga contoh karena keputusanNya waktu itu adalah kesembuhan untuk orang yang menoleh.

Dalam blog ini- dalam kasus dibenarkan -, keputusan tertulisnya adalah SEMUA orang TELAH dibenarkan.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jee eiych's picture

@kk: jadi beginikah menurutmu?

Menurut kamu saya berpendapat spt ini: "Tuhan Yesus  mati untuk semua orang. Tuhan Yesus gagal. Yesus gagal karena ternyata kematianNya tidak menyelamatkan SEMUA orang. Yang tidak selamat BANYAK orang. KegagalanNya tidak berhenti sampai disitu saja. Karena bahkan setelah orang percaya saja, Roh Allah masih bisa meninggalkannya."

Jee: Saya setuju dengan pemahamanmu akan pendapat saya.

Menurut kamu itu sebagai: "teori Yesus payah." 

Kalau dengan cara berpikirmu, saya rasa memang begitu. Dibandingkan teorimu kelihatannya yang saya pegang : Tuhan Yesus menggunakan teori yang payah.

Teori yang kamu bilang Tuhan payah itu pasti nggk akan kamu setujui apalagi setelah melihat sikap kamu atas 2 contoh yang saya kasih. Apakah dengan "keputusanNya waktu itu" si orang yang mati dan tidak menoleh juga dibenarkan?

Buat kamu, Tuhan Yesus pasti berhasil terus. Sehingga kalau ada manusia yang akhirnya binasa penyebabnya cuma satu karena manusia itu memang diputuskanNya tidak selamat.

Teori kamu: Semua manusia (yang Dia sudah tentukan) pasti dibenarkan. Semua manusia (yang Dia sudah tentukan) pasti selamat. 

 

Teori kamu: Kalau ada manusia yang tidak selamat, pasti karena sudah Dia tentukan tidak selamat. Karena sudah diputuskan di awal maka tidak termasuk sebagai yang dibenarkan.

Di teori kamu, perangnya sudah jelas sebelum tanding. Oleh Tuhan: Saya sudah pastikan umat Saya yang Saya benarkan dan yang selamat. Setelah sekian ribu tahun setelah masa penciptaan, Saya akan mampir ke bumi dengan sedikit drama jadi manusia, mati di salib dan kebangkitan dari kematian. Setelah drama itu, yang sudah Saya tetapkan dibenarkan nanti dikumpulin yang sudah ditetapkan selamat. Oh iya, org yang sudah Saya putuskan mati, Saya bikin juga drama penghakiman. Semua jadi (terlihat) sah.

 

Kejarlah Kasih's picture

@jee, kamu benar.

[Jee: Saya setuju dengan pemahamanmu akan pendapat saya.

Menurut kamu itu sebagai: "teori Yesus payah."

Kalau dengan cara berpikirmu, saya rasa memang begitu. ]


Kamu benar.

Teori Yesus payah milikmu itu memang betul-betul payah.

 

Teori Yesus payah gini yang bikin Yesus Kristus jadi murahan. Murahan karena Tuhan Yesus Kristus hanya sanggup membenarkan SEDIKIT orang saja. 

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jee eiych's picture

@KK: dari teori yang payah...

Bukan tujuan saya untuk membelokkan pengertianmu ke pengertian saya.

Dari teori yang menurutmu payah saya pernah belajar: tidak semua manusia mau bekerja sama dengan Tuhan Yesus. Sama seperti babi tidak mengenal mutiara di depannya. Sama juga manusia yang tidak menyadari dia telah dibenarkan dengan kematian Tuhannya di salib.

Dari teori (yang katamu murahan) ini juga saya menyadari bahwa Tuhan Yesus tidak mengejar jumlah jiwa yang mayoritas dimuka bumi ini. Dia mencari orang yang berpikir dan bertindak bukan karena mengejar keselamatan semata tetapi karena cinta kepada Tuhannya. Jumlah orang yang seperti ini jauh lebih sedikit dari yang bisa dibenarkan. Tapi justru orang yang sedikit ini lah yang dibenarkan oleh Tuhan Yesus. Darahnya jadi berharga karena disandang di orang yang sedikit itu.

Teori saya kamu katakan murahan karena Tuhannya tidak bisa membenarkan SEMUA orang karena saya bilang cuma sedikit yang datang mencintai Dia.

Mungkin kamu cukup bangga dengan teori kamu bahwa SEMUA dibenarkan, tetapi sebagian besar diantara SEMUA itu adalah yang menginjak-injak salibNya.

Saya belajar memang sepotong-sepotong kok. Potongan yang tidak berguna saya buang, dan ternyata saya ambil potongan yang kamu buang. 

Kejarlah Kasih's picture

bukan juruselamat dunia

[Dari teori yang menurutmu payah saya pernah belajar: tidak semua manusia mau bekerja sama dengan Tuhan Yesus.]


kalau ikut kerjasama namanya bukan anugerah atuh... tapi upah atau hasil kerjasama... wkwkkkk...

 

[Sama seperti babi tidak mengenal mutiara di depannya. Sama juga manusia yang tidak menyadari dia telah dibenarkan dengan kematian Tuhannya di salib.]

Lah..?? hubungannya dg topik yg dibahas apa ye?

 


[Dari teori (yang katamu murahan) ini ]

 

kamu sebut penjelasan saya sebagai logika bolak balik..
saya balas menyebut teorimu sebagai teori Yesus payah.

 

kamu sebut penjelasan saya: logika yang dibolak-balik gini yang bikin iman akan Yesus Kristus jadi murahan. Gratisan yang murahan...
saya balas menyebut: teori Yesus payah milikmu bikin Yesus Kristus jadi murahan..


cukup fair ya... hehehe

 

[juga saya menyadari bahwa Tuhan Yesus tidak mengejar jumlah jiwa yang mayoritas dimuka bumi ini. Dia mencari orang yang berpikir dan bertindak bukan karena mengejar keselamatan semata tetapi karena cinta kepada Tuhannya. Jumlah orang yang seperti ini jauh lebih sedikit dari yang bisa dibenarkan. ]

 

oh... ternyata... Tuhan Yesus itu bukan Juruselamat dunia ya? Tapi Juruselamat sedikit manusia saja ya?

 

[Tapi justru orang yang sedikit ini lah yang dibenarkan oleh Tuhan Yesus.]

 

bandingkan kalimat kamu dengan: Karena semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh anugerah-Nya telah dibenarkan dengan cuma-cuma melalui penebusan dalam Kristus Yesus. Roma 3:23-24

 

[Darahnya jadi berharga karena disandang di orang yang sedikit itu.]

 

Oooo... kalau lebih sedikit lebih berharga ya? Kalau cuma 1 orang jadi sangat berharga gitu? Kalau tidak ada yg dibenarkan menjadi sangat berharga? Gitu logikanya? wkwkwkwkkwkwkkk...

 

[Teori saya kamu katakan murahan karena Tuhannya tidak bisa membenarkan SEMUA orang]

Memang saya menyebut teori kamu murahan! Karena udah jelas-jelas ayat yg saya kutip di blog ini bilang SEMUA orang telah dibenarkan.



[karena saya bilang cuma sedikit yang datang mencintai Dia.]


Mengenai cinta kepada Dia, silakan kamu baca tulisan ini (klik di sini).



[Mungkin kamu cukup bangga dengan teori kamu bahwa SEMUA dibenarkan, ]

 

kamu bangga dengan menolak pernyataan Kitab Suci yang berkata SEMUA orang telah dibenarkan?


 

 

[tetapi sebagian besar diantara SEMUA itu adalah yang menginjak-injak salibNya.]

 

Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan... jangan-jangan sebagian besar menolak berita pembenaran karena isi beritanya yang tidak benar atau tidak konsisten!

 


[Saya belajar memang sepotong-sepotong kok. Potongan yang tidak berguna saya buang, dan ternyata saya ambil potongan yang kamu buang. ]

hahahaha... potongan mana yg saya buang?  Memangnya kamu sudah melihat semua potongan yg saya punya?

Jee, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Kejarlah Kasih's picture

@jee, kamu keliru.

[Teori yang kamu bilang Tuhan payah itu pasti nggk akan kamu setujui apalagi setelah melihat sikap kamu atas 2 contoh yang saya kasih. ]

 

Jee, kronologis atau urutan waktu penting dalam memahami sesuatu.


[Apakah dengan "keputusanNya waktu itu" si orang yang mati dan tidak menoleh juga dibenarkan?]

 

Mati ya mati. Dibenarkan ya dibenarkan.

Semua artinya semua.

Tentu saja mereka yang tidak menoleh itu dibenarkan, alias tidak dinyatakan bersalah karena tidak menoleh.



[Teori kamu: Kalau ada manusia yang tidak selamat, pasti karena sudah Dia tentukan tidak selamat. Karena sudah diputuskan di awal maka tidak termasuk sebagai yang dibenarkan.]



Kamu keliru.

Pada blog ini saya menulis SEMUA orang telah dibenarkan. Sama sekali tidak membahas Dia menentukan manusia untuk tidak selamat.

Kenapa kamu sampai berpendapat saya punya teori seperti itu?


[Di teori kamu,...]

Kamu pahami dulu tulisan saya supaya tidak keliru lagi.


Saya usul, mulailah dengan memotong-motong, sepotong demi sepotong.Laughing

potongan pertama: terimalah semua sebagai SEMUA.

selanjutnya...
potongan kedua: dibenarkan sebagai dibenarkan.
potongan ketiga: diselamatkan sebagai diselamatkan.
dst....

 

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jee eiych's picture

@kk, Okay pesan noted

Saya akan coba pelajari seperti pesan anda. 

Veritas's picture

Keselamatan yang jadi perdebatan sepanjang masa :)

Yesus pernah bercerita tentang Pemilik Ladang yang murah hati yang memberi upah 1 dinar kepada orang yang bekerja diladangnya sama rata sesuai perjanjian yang diikat antara pemilik ladang dan pekerja.

Konsepnya bahwa pemilik Ladang sangat pemurah dan memilik hak yang tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun apalagi cuma pekerja :)

Kalau keselamatan itu adalah upah/reward maka sudah sepatutnya setiap pekerja bekerja sesuai dengan perjanjian yang diikatnya dengan Tuannya. Mengapa harus melihat pekerja lain ? Pekerja lain memiliki kontrak tersendiri.

Dan manusia selalu menilai/menghakimi berdasarkan apa yang terjadi atas orang lain bukan atas dasar kontrak/perjanjian yang dibuatnya. Hal ini selalu kita lihat terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika kita melanggar lalu lintas masuk jalur busway dan ditangkap polisi. Lalu kita merasakan ketidakadilan karena hanya kita yang ditangkap, padahal banyak yang lain yang melanggar kenapa tidak ditangkap. Nah pola2 inilah yang selalu kita lakukan. Justifikasi/pembenaran atas kesalahan yang dilakukan karena melihat orang lain melanggar namun tidak dihukum.

Didunia ini, manusia diikat oleh perjanjian yang tertuang didalam undang2 dan peraturan. Jika melanggar akan terkena sanksi. Itu sudah jelas.

Kembali kepada masalah keselamatan, setiap manusia wajib mengerjakan keselamatannya sendiri dan tidak perlu mengurusi keselamatan orang lain. Apa pekerjaan keselamatan anda, maka lakukanlah itu. Anda tidak perlu mengurusi orang lain akan diselamatkan atau tidak. Yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana kontrak anda dengan Tuan anda.

syalom

 

 

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

Kejarlah Kasih's picture

tidak keberatan :)

Saya tidak keberatan dengan konsep pemilik Ladang sangat pemurah, karena Allah memang sabar, murah hati dst :)

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Orang Bijak III's picture

Semuanya tidak salah....

Tidak perlu diperdebatkan... karena anda-anda semua benar...

Tuhan Yesus mati untuk menebus dosa manusia (bukan sekelompok manusia)

Dosa yang mana ??? Dosa warisan dari Adam dan Hawa... Ketika Adam dan Hawa memamakan buah pengetahuan, Adam dan Hawa telah melanggar ketetapan Allah (Berdosa). Setelah memakan buah pengetahuan, maka Adam dan Hawa menjadi memiliki pengetahuan yang baik dan yang jahat, dimana pengetahuan itu sendiri telah menyatu dalam diri Adam dan Hawa, dengan memiliki pengetahuan tersebut, Adam dan Hawa juga jadi mengenal dosa karena sudah memiliki berbagai keinginan, termasuk keinginan daging.

Keinginan daging adalah dosa, itulah sebabnya sejak Adam dan Hawa memakan buah pengetahuan, sejak itulah manusia JATUH dalam dosa karena pengetahuan itu sendiri telah menyatu dengan manusia dan tak dapat dipisahkan lagi. Karena setiap manusia yang terlahir pasti mewarisi pengetahuan dan keinginan dari Adam dan Hawa tersebut, maka setiap manusia yang terlahir sudah JATUH dalam dosa juga. bukan karena perbuatannya (Bayi belum melakukan perbuatan dosa).

Karena Adam dan Hawa sudah kehilangan kemuliaan Allah, maka setiap manusia menjadi kehilangan kemuliaan Allah.

Semua orang sudah dibenarkan dari dosa di atas (bukan semua perbuatan dosa kita) oleh kematian Tuhan Yesus Kristus (Upah dosa adalah Maut). Benar.... semua orang sudah dibenarkan dengan cuma-cuma (bukan sekelompok orang) agar semua orang menjadi layak kembali memporeh kemuliaan Allah.

Setiap orang telah layak memporelah kemuliaan Allah, tetapi bukan berarti setiap orang berhak memperoleh keselamatan dan hidup yang kekal, melainkan hanya bagi mereka yang PERCAYA kepada Tuhan Yesus Kristus.

Yohanes 3 : 16  "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.


Roma 3 : 22  "yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan".

Jadi, manusia masih bisa untuk berdosa lagi oleh karena perbuatan-perbuatannya.

Itulah sebabnya... anda-anda sekalian sangat dibutuhkan dalam pekerjaan Tuhan, agar semakin banyak jiwa yang bertobat dan diselamatkan, karena tidak akan mungkin tidak ada penyesatan.

Lukas 15 : 10  "Aku berkata kepadamu : Demikianlah juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat"

 

 

 

Kejarlah Kasih's picture

osb = orang sok bijak

osb, harapan bagi orang bebal lebih banyak dari pada bagi orang sok bijak.
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jee eiych's picture

@KK: Semua telah dibenarkan

Saya sudah baca lagi dari awal. Titik awal dimana saya harus mengkonfirmasi adalah pada bagian "telah dibenarkan dengan cuma-cuma" atau dalam KJV: "being justified freely".

Menurut pemahaman kamu "dibenarkan" di sini artinya apa? Apakah sama dengan "diselamatkan"? Apakah orang yang "dibenarkan" di sini dalam kaitannya dengan masa penghakiman nanti?

 

Kejarlah Kasih's picture

spacetime theory


[Menurut pemahaman kamu "dibenarkan" di sini artinya apa?]

Dibenarkan artinya dinyatakan benar, dinyatakan tidak bersalah.



[Apakah sama dengan "diselamatkan"?]

Kata 'dibenarkan' dan 'diselamatkan' memang tidak sama.




[Apakah orang yang "dibenarkan" di sini dalam kaitannya dengan masa penghakiman nanti?]


Hmm... perkara penghakiman nanti dibahas nanti saja.

Teorinya sedang diendapkan sambil menanti beberapa hal, tetapi karena sudah ditanya maka berikut teaser-nya (meniru gaya blogger RDF):


"..Sang Penguasa ditinggikan..  ..seluruh semesta menjadi saksi..  ..Lihatlah, nun jauh di sana.. di atas bidang ruang-waktu, penghakiman dilakukan.."

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

Cara paling gampang menilai blok alkitabiah atau hanya opini !

Jika ulasan sebuah blok nyata2 bertentangan dengan banyak ayat jelas dialkitab, sudah pasti pendapat itu bukan ajaran alkitab yang sejati , karena Allah sebagai pribadi yang berfirman adalah Allah yang maha pintar, yang ngak mungkin menyatakan perkataan yang isinya/pengertiannya saling kontadiksi .Paulus yang menulispun bukan orang bodoh sehingga ngak mungkin menulis surat yang kontradiksi satu dengan yang lain. Jadi mengartikan sebuah ayat / menjelaskan sebuah ayat yang hasilnya bertentangan dengan banyak ayat yang lain adalah kesalahan blogger memberi makna yang di maksud oleh penulis alkitab itu sendiri.
Kejarlah Kasih's picture

sst! jangan berisik!

Blog udah dipajang beberapa minggu kaga dikomentari.. eh begitu nyentil osb yg muncul jlwijaya.. hahahaha..
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com