Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

renungan

Pak Tee's picture

Benarkah anak kita lebih berharga dari emas?

      Ya! Tentu saja! Buktinya banyak orang yang menghabiskan uangnya berjuta-juta hanya untuk mengobatkan anaknya yang sakit. Bahkan sampai berhutang. Bukankah itu berarti kita sangat mengasihi anak kita, dan bukankah itu juga berarti anak kita sangat berarti bagi kita. Lebih dari harta yang kita miliki, lebih dari emas.

Purnomo's picture

Menanggung Kekhilafan Sesama

          Menjelang tengah hari hapeku berdering. Walau nomor tak dikenal, aku terima.
          “Pak, apa tadi pagi Bpk yang membeli obat untuk anak Olin di apotik ABC?” tanya suara dari seberang.
          “Betul. Ada apa? Obatnya keliru?” tanya saya waswas.
          “Tidak, Pak. Maaf ya, tadi Bpk belum membayar.”
          “Masa iya? Sebentar, saya tanya istri dulu.”

Purnomo's picture

Surat Ijin Ngebor

        Di sebuah dusun selalu saja setiap kemarau semua sumur penduduknya tak berair sehingga mereka harus berjalan mengambil air dari dusun tetangganya. Sekelompok orang yang kebetulan mengetahuinya menemui Pak Lurah menawarkan bantuan. Mereka akan membuat sumur bor artesis, mendirikan menara air, dan memasang pompa air. Biaya listrik, jaringan pipa ke rumah penduduk, dan perawatan fasilitas itu menjadi tanggung jawab penduduk setempat. Pihak kelurahan menyetujui, Kadus setuju, penduduk dusun menyambut gembira, tetapi tidak dengan 1 orang ini.

widdiy's picture

Pertanyaan Seorang Anak kepada Ayahnya

Anak: "Ayah, apa kita bisa tidak berbuat dosa selamanya?"

Ayah: "Tidak bisa Nak, kita pasti berbuat dosa dalam hidup kita..."

Anak: "Kalau dalam waktu setahun? Bisakah kita tidak berbuat dosa?"

Ayah: "Tidak bisa juga Nak. Dalam waktu setahun, pasti ada perbuatan dosa kita."

Anak: "Kalau dalam waktu sehari? Bisakah kita tidak berbuat dosa Ayah?"

Andreas Priyatna's picture

Who is the next....?

Masih ingatkah film Tujuan Terakhir? Film tersebut cukup menarik dan menegangkan, walaupun ditonton untuk yang kedua kalinya atau bahkan yang ketiga kalinya. Tapi yang akan dituliskan di sini adalah bukan mengenai film itu, tetapi suatu kejadian di kantor kami yang mirip sekali dengan film tersebut, walaupun tidak mengakibatkan kematian. Kejadiannya adalah hanya merupakan mala petaka yang terjadi terus bergilirian di antara kami dalam satu unit kerja hanya dalam waktu dua minggu.

widdiy's picture

Ada Istrinya Mas?

Sudah hampir dua tahun ini aku kerja di Jakarta. Terpisah dari anak dan istri. Seminggu sekali aku pulang, ketemu mereka hari Sabtu, dan hari Minggu malam berangkat lagi ke Jakarta. Melepas rindu dengan anak-anak hari Sabtu dan Minggu. Melepas rindu dan nafsu dengan istri hari Sabtu pas anak-anak pergi sekolah atau malam Minggu setelah anak-anak terlelap tidur.

iik j's picture

Menunggu

Pelajaran yang begitu berharga itu hanya terletak pada sebuah kata, menunggu. 

 

Kejarlah Kasih's picture

Dicampakkan Ke Dalam Api

Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Yohanes 15:6

 

Manusia akan dibakar dalam api? Disiksa dengan cara dibakar selama-lamanya di neraka? Pasti bukan! 

aletheia audio's picture

Renungan Voice Note

Shalom...
senang bisa ikut bergabung di forum ini.

melihat begitu pesatnya pergerakan Kekristenan akhir-akhir ini, kami rindu untuk memberikan warna bagi kegerakan Injil di Indonesia. Dimulai dari beberapa orang yang rindu untuk membagikan Firman Tuhan, kami membuat sebuah web site yang berisi renungan-renungan inspiratif yang pasti dapat menguatkan kita.

Kejarlah Kasih's picture

Kehendak Bebas Manusia

Dengan kehendak bebas, setiap manusia dapat memilih untuk menerima atau menolak keselamatan. Jika menerima pasti masuk sorga, jika menolak pasti disiksa di dalam api neraka untuk selama-lamanya. Kalimat pembodohan seperti itu adalah dongeng turun-temurun yang bertentangan dengan ajaran Yesus Kristus.

 

Allah memang memberi kehendak bebas kepada manusia. Tetapi kehendak bebas manusia hanya berguna di dalam batas-batas yang telah ditentukan-Nya.  

 

Domba dilahirkan oleh domba. Kambing dilahirkan oleh kambing. Jika hendak menjadi domba maka kambing harus dilahirkan kembali sebagai domba.


Urusan ‘dilahirkan’ mustahil terjadi karena pilihan kehendak bebas manusia. 
Kejarlah Kasih's picture

Maut Bagi Semua

Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi SEMUA manusia. Ibrani 2:9


Oleh karena kasih karunia Allah bagi semua orang maka Dia mengalami maut bagi semua manusia.  Yesus menyerahkan diri-Nya menjadi tebusan bagi semua orang.  Semua yang telah ditebus sudah pasti menjadi hak sang penebus.


Seandainya ada seseorang membeli 100  potong rendang dan telah melunasi pembayaran, namun hanya mendapatkan 4 potong rendang; tetapi kemudian diam saja sambil menangis, maka ada kemungkinan orang tersebut adalah orang tolol!


Membayar untuk semua maka berhak mendapatkan semua. Apa yang telah dibayar lunas adalah milik dari yang telah membayar lunas.


Dia telah menyerahkan diri-Nya menjadi tebusan bagi semua orang. Dia mengalami maut bagi semua manusia. Harga telah lunas dibayar. Tentu yang diperoleh-Nya adalah SEMUA manusia!

Kejarlah Kasih's picture

Semua Orang Datang

Dengarlah perkataan Yesus sendiri dan percayalah!


“..dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik SEMUA orang datang kepada-Ku." Yohanes 12:32


Yesus menyatakan, Dia akan menarik semua orang datang kepada-Nya. Tidak ada satu orangpun yang akan dibuang-Nya.


Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Yohanes 6:37


Semua orang berarti: bukan hanya orang Kristen; bukan hanya sebagian orang;  bukan hanya yang percaya; bukan umat Nasrani saja; tetapi semua manusia, tanpa kecuali; semua adalah semua. 


Di bukit Golgota, Allah membuktikan kasih-Nya. Dosa diampuni. Segala kesalahan dan  kejahatan telah diampuni-Nya. 

Kejarlah Kasih's picture

Keselamatan Berdasarkan Pengampunan Dosa

Yesus mengakui bahwa Yohanes Pembaptis adalah utusan yang mempersiapkan jalan bagi Dia dan meluruskan jalan-Nya. Dari semua manusia yang dilahirkan perempuan, tidak ada yang seorangpun yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis.

 

Yohanes Pembaptis adalah nabi Allah Yang Mahatinggi. 

 

untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, Lukas 1:77 

 

Yohanes Pembaptis bernubuat bahwa Anak Domba Allah akan menghapus dosa dunia.

Kejarlah Kasih's picture

Orang-Orang Pilihan Allah

Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka? Roma 8:33

 

Kitab Kejadian mencatat kisah Adam dan Hawa keluar dari Taman Eden. Anak-anak manusia tidak punya pilihan selain harus lahir di negeri yang dinaungi maut. Hidup sementara di alam fana. Alam yang sesungguhnya adalah alam maut.

 

Kisah di Taman Eden seringkali dipahami secara negatif sebagai suatu kegagalan. Namun sesungguhnya apa yang terjadi hanyalah sebuah proses yang harus dilalui. Manusia mungkin gagal tetapi Allah mustahil gagal.

 

Allah tidak membuat rencana keji bagi manusia. 

 

Berita Injil adalah kabar sukacita bagi semua manusia. Mereka yang telah menerima Injil hendaklah tidak berlaku picik dengan meninggikan dirinya sendiri diatas manusia-manusia lain dengan membual bahwa Allah hanya memilih sebagian manusia saja yaitu golongan mereka sendiri untuk diselamatkan.

sandiputra's picture

Makna Natal Bagi Iman Kristiani

Yesus Kristus tidak diketahui kapan tanggal lahirNya, namun mulai abad ke lima tanggal 25 Desember dirayakan setiap tahun dan diterima secara luas sebagai hari kelahiranNya. Terlepas dari pro-kontra penetapan tanggal lahirNya itu, yang terlebih penting dari pada itu adalah mengerti makna 'Natal' itu sendiri bagi kehidupan iman Kristiani. Karena di dalam Alkitab terdapat banyak cerita tentang iman orang-orang pilihan Allah, dan bagaimana mereka merespon Firman Allah yang diterimanya. Tindakan mereka itu yang dapat menjadi teladan bagi orang beriman yang hidup di masa sekarang dan masa yang akan datang.

sandiputra's picture

Hidup Oleh Roh

Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging, supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh. Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. (Rm.8:3-6

kardi's picture

Mencatat yang dilakukan, lakukan yang dicatat

Belum lama ini, terjadi restruktur organisasi dalam kantor saya, dimana motto :mencatat yang dilakukan , lakukan yang dicatat, harus saya sosialisasikan dalam minggu-minggu ini.

Sebenarnya  motto tersebut sudah lama diketahui, tapi mulai jarang dilakukan, karena tidak ada tindakan tegas dari manajement sebelumnya dan belum terbiasa dengan bahasa tulisan, semuanya serba lisan saja.

Keuntungan yang didapat : terhindar dari human error dan meningkatkan kualitas, dan produktivitas.

kardi's picture

Kemarahan yang berdampak positip dalam keluarga.

Menurut Wikipedia ,  Kemarahan adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantungtekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin .

Kemarahan yang bagaimana yang berdampak positip? Memangnya ada?

Berikut ini  penjabarannya :

Kejarlah Kasih's picture

Belas Kasihan-Nya Atas Semua

Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya atas mereka semua. Roma 11:32

TUHAN memilih Israel untuk menjadi bangsa pilihan. Ikatan perjanjian TUHAN  dengan Israel telah gagal. Hukum Taurat tidak berlaku lagi. Suatu perjanjian baru telah dimulai. Bangsa-bangsa yang dahulu tidak terpilih kini menerima pilihan kasih karunia.

Tidak ada seorangpun yang sanggup memperoleh keselamatan karena percaya atau karena melakukan sesuatu bagi Dia. Segala kesalehan manusia adalah seperti kain najis dihadapan-Nya. Tetapi Allah memberikan belas kasihan-Nya kepada semua.

Semua telah ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dan segambar dengan-Nya.  Oleh kasih karunia-Nya maka semua orang telah dibenarkan

Sekalipun semua manusia gagal namun Allah sanggup menunjukkan belas kasihan-Nya kepada mereka semua. Belas kasihan menang atas penghakiman.

sandiputra's picture

Garis Besar Pengajaran Yesus Kristus

Tuhan Yesus Kristus secara garis besar mengajarkan tiga hal kepada murid-murid dan pendengarNya; yaitu bagaimana mereka harus bersikap terhadap dirinya sendiri, bagaimana mereka harus bersikap terhadap orang lain