Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Suatu Perjanjian Baru

Kejarlah Kasih's picture

Dibenarkan karena percaya adalah dasar perjanjian dengan Abraham. Dibenarkan karena melakukan adalah dasar perjanjian Taurat dengan bangsa Israel. Dibenarkan karena percaya dan melakukan adalah dasar perjanjian yang lama. Perjanjian yang telah menjadi tua dan usang. Perjanjian lama yang sudah dekat kepada kemusnahannya.

 

Perjanjian lama sudah berlalu. Perjanjian baru sudah datang.

 

Berikut ini adalah perkataan yang diucapkan Yesus pada malam perjamuan terakhir. Perjamuan yang dimintaNya untuk dilakukan oleh para murid sebagai peringatan akan Dia. Perjamuan yang diperingati untuk menjadi proklamasi kematianNya.

 

Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya, "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku." Demikian juga dilakukan-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata, "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu. Lukas 22:19-20

 

TubuhNya telah diserahkan. DarahNya telah ditumpahkan. Hutang dihapuskan. Pengampunan tanpa syarat diberikan.

 

TUHAN mengikat perjanjian darah dengan bangsa Israel. Taat diberkati, tidak taat dikutuk. Perjanjian seumur hidup dengan ancaman mengerikan bagi pihak yang melanggar. Tidak mungkin batal kecuali digenapi.

 

Perjanjian lama membuktikan tidak ada manusia sempurna yang sanggup mentaati semua hukum.  Manusia belum sempurna. Hukum yang seharusnya mendatangkan hidup malah membuktikan manusia dosa.  Tetapi Allah begitu mengasihi manusia. Ia tidak menghendaki manusia berjalan dalam kesia-siaan menuju kebinasaan. Ia menghendaki manusia sembuh dan tumbuh menjadi sempurna seperti Bapa.

 

Tetapi hukum telah dikeluarkan dan perjanjian telah disepakati. Setiap kesalahan harus menerima hukuman. Tanpa penumpahan darah tidak akan ada pengampunan.

 

Rasul Paulus menjelaskan hubungan tersebut dalam kitab Roma. Seperti sepasang suami isteri yang mengikat perjanjian penikahan seumur hidup. Tidak mungkin batal kecuali maut memisahkan. Siapa saja yang melanggar perjanjian akan menerima ganjaran. Hukum digenapi kalau pelanggar perjanjian diberi ganjaran sesuai dengan sanksi yang disepakati dalam perjanjian. Kapan ikatan pernikahan antara suami istri itu berakhir? Perjanjian pernikahan itu berakhir kalau salah satu pihak mengalami kematian.

 

Sebab seorang istri terikat oleh hukum kepada suaminya selama suaminya itu hidup. Akan tetapi apabila suaminya itu mati, bebaslah ia dari hukum yang mengikatnya kepada suaminya itu. Roma 7:2

 

Yesus mati. DarahNya tertumpah. Perjanjian darah digenapi. Yesus Kristus sudah mati. Perjanjian lama berakhir. Manusia dibebaskan dari ikatan perjanjian yang lama.

 

Sekarang manusia dapat beralih kepada suatu perjanjian baru. Perjanjian yang didasarkan atas anugerah. Manusia dibenarkan oleh anugerah karena karunia kasih Kristus.

 

Hukum yang lama sudah berlalu. Segala perintah dan ketentuan yang ada didalamnya menjadi batal. Namun murid-murid Kristus tidak ditinggalkan tanpa perintah.

 

Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.  Yohanes 13:34

 

Dia meninggalkan satu perintah baru. Perintah itu adalah untuk saling mengasihi diantara sesama manusia. Perintah yang adalah perintah terbesar. Perintah Allah yang tidak boleh ditiadakan.

 

Hanya dengan cara saling mengasihi di antara sesama manusia, maka para murid Kristus dapat bertumbuh dan menjadi sempurna seperti Bapa.

 

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

PB =pengampunan tanpa syarat =iman bukan perbuatan=anugrah

Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.gal 3:12-14
Kejarlah Kasih's picture

@Jlwijaya, pasti bukan iman Jlwijaya

[Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.gal 3:12-14 ]

 

Karena sudah pasti bukan iman JLWijaya yang akan membuat berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, maka sebaiknya kamu periksa lagi kata "kita" dalam ayat yang kamu kutip. 

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

imanmu ,your faith ,kamu percaya ,kamu oleh imanmu

om 1:12  yaitu, supaya aku ada di antara kamu dan turut terhibur oleh iman kita bersama, baik oleh imanmu maupun oleh imanku

Eph 1:15  Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus, 

1Pe 1:9  karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu. 

Joh 20:31  tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya. 

 

Kejarlah Kasih's picture

@jlwijaya, coba kamu pikirkan

Apa kamu sudah lupa untuk tidak asal comot ayat? Supaya nyambung kalau kasih komentar?

Kamu mengajukan Galatia 3:12-14, setelah dibantah kamu pindah dengan melakukan copy paste ayat-ayat lainnya. Apa kamu tidak punya argumentasi? HAHAHAHA... makanya lain kali, jangan asal comot ayat!


Mengenai yang tambahan ayat-ayat yang kamu kutip ini, coba kamu pikirkan dan selidiki dulu. Setelah itu silakan kamu ajukan lagi argumentasi disertai kutipan ayat yang menurut kamu paling kuat dan nyambung.

Oiya.. jangan kamu terus search dan copy paste semua ayat2 dengan kata iman di seluruh Alkitab, karena yang seperti itu tidak ada nilai tambahnya . Ingat, komunitas sabdaspace ini pandai-pandai dan bukan bayi rohani yang tidak mampu search ayat alkitab.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

kk:kalau kamu ngak mengerti ayat yang aku kasih ngak apa

-blog kamu sudah bagus ,kalau kamu ngak mengerti maksud ayat yang aku beri ngak apa  ,ngak perlu di tanggapi nanti merusak tulisan kamu di blog yang sudah baik.

-aku memberi ayat bukan untuk berargumen anggaplah pelengkap dan memang mungkin bukan buat kamu sehingga kamu jadi bingung apa maksudnya.

 

 

 

Kejarlah Kasih's picture

@Jlwijaya, tidak butuh

[-blog kamu sudah bagus ,kalau kamu ngak mengerti maksud ayat yang aku beri ngak apa  ,ngak perlu di tanggapi nanti merusak tulisan kamu di blog yang sudah baik.]

Tidak butuh jilatan kamu, jijik!

[-aku memberi ayat bukan untuk berargumen anggaplah pelengkap dan memang mungkin bukan buat kamu sehingga kamu jadi bingung apa maksudnya.]

Ngak mengerti dan bingung? Hahaha.. Memang ada orang yang tidak mengerti dan bingung tapi dapat menulis blog bagus yang sudah baik? hahahaha....

 

Kalau setelah kamu pikirkan dan selidiki, kamu tidak juga mampu berargumentasi atau menemukan ayat yang kuat dan nyambung, ya sudah. Tidak apa-apa. Mungkin saat ini kemampuan kamu memang cuma search-copy-paste.


Jlwijaya, pikirkan dan pelajari lebih giat Alkitabmu dan mulailah dengan RENDAH HATI, supaya pada waktunya kamu akan dapat memahami.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Yohanes Paulus's picture

baca alkitab

Alkitab elektronik buang saja.

Dan mulailah baca alkitab beneran, dari depan sampai belakang. Kalo rajin 10-15pasal sehari, 3-4 bulan kelar satu ronde. Kalo pemalas, 3-5pasal sehari, 8-12 bulan tamat.

Untuk anak-anak, 1 pasal sehari. 3 tahun tamat.

jlwijaya's picture

masing2 ada manfaatnya.,jangan di buang.

-Baik Alkitab elektronik maupun alkitab berupa buku adalah alkitab beneran yang masing2 ada manfaatnya sesuai kebutuhan pemakai jadi jangan ada yang di buang.

-Kalau dalam soal kecil aja kita mengutamakan yang satu dan membuang yang lain jangan2 baca alkitabpun demikian, yang cocok dengan opininya di ingat2 dan di bela mati2an, yang ngak selaras dengan opini daging atau opini golongannya/alirannya di buang atau ditiadakan dengan berbagai macam alasan.

Yohanes Paulus's picture

buang saja

Buang saja. Kalo baca Alkitab sudah tamat, baru boleh instal lagi.

jlwijaya's picture

Dimana-mana banyak yang palsu

bahkan nabi palsupun bermunculan. Itu bukan hal yang baik sekalipun bagi pengangguran.
Yohanes Paulus's picture

tamatin dulu bacanya

Kalau sudah tamat baca alkitab, baru boleh diskusi lagi.

jlwijaya's picture

Nabi palsu

Nabi palsu denganpengelihatan palsu
jlwijaya's picture

Nabi palsu

Nabi palsu dengan pengelihatan palsu menjadi jaksa palsu dengan tuduhan palsu.
Yohanes Paulus's picture

Ya atau tidak

Ga usah banyak omong. Tinggal jawab saja, sudah tamat atau belum baca Alkitab?

Kalau ya katakan ya, kalau tidak katakan tidak.

jlwijaya's picture

Johanes : bersikaplah sopan .

-Johanes kalau kamu tanya apapun pasti saya jawab ,kecuali masalah pribadi dan sangat jauh dari konteks .

-kalau tanya dengan seseorang maka tulislah namanya di subject dan kalau mau tanya maka tanyalah dengan sopan ?ok

-saya rasa saya baca alkitab ngak di bawah kamu sudah +30 th jika pun dibawah kamu bukan berarti pemahamannya di bawah kamu ..............mau di uji? silakan tapi lisan mau berargumen?saya layani tetapi lisan ....................mengertikah kamu artinya lisan,lisan,lisan.(seandainya di bawah kamupun janganlah menjadi sombong kayak hakim , kalaupun mau jadi hakim jadilah hakim yang GENTELMANT)

 

Yohanes Paulus's picture

Semoga TUHAN menghardik engkau

Katakan, Ya jika Ya dan katakan TIDAK jika TIDAk, selain itu asalnya dari siapa? Tentu saya akan bersikap sopan seperti Mikhail: Semoga TUHAN menghardik engkau.
jlwijaya's picture

paulus:belajarlah sopan santun

belajarlah sopan santun.

yang tampak pada kamu hanya kesombongan dan kekosongan .

sampai disini aja ya, kamu bicara saja dengan yang lain.ok 

sebenarnya mau marah,mau kesel mau ngak sopan ngak apa tapi jangan bernada tengik .......................kamu sangat tengik dengan saya maka sebaiknya kalau memang ngak senang ngak usah bicara.

 

jlwijaya's picture

KK :anak2 lah yang harus di jelasin baru mengerti .

-orang yang mengerti di kasih ayat sudah tahu apa maksudnya tetapi yang masih bayi, di jelasinpun  ngak ngerti2.

-komentar yang di subjectnya tak beralamat adalah untuk umum jadi kalau kamu ngak butuh artinya memang bukan untuk kamu.

 

Kejarlah Kasih's picture

@Jlwijaya, tenangkan dirimu

Coba kamu tenangkan dirimu, ambil waktu dan baca ulang komentar-komentar kamu yang diawali dengan pernyataan:


[-Di PB manusia beroleh kasih karunia karena iman .kesatuan dengan Kristus adalah melalui iman .] Klik di sini.


Perhatikan bagaimana tidak nyambungnya kamu ketika mengutip ayat-ayat.

Ketika ayat yang kamu kutip dibantah, bukannya mengajukan argumen kamu malah mengutip ayat2 lain yang tidak nyambung dengan pernyataan kamu.

Hal yang sama berulang lagi di sini.

 

Itu sebabnya saya bilang mungkin saat ini kemampuan kamu memang cuma search-copy-paste. Kemungkinan yang lain adalah kamu sedang menderita sakit yang mengganggu kemampuan kognitif dan kemampuan kamu dalam memahami bahasa tertulis.

 

Pikirkan dan pelajari saja lebih giat Alkitabmu dan mulailah dengan RENDAH HATI, supaya pada waktunya kamu dapat memahami. 

Sudahlah, Jlwijaya tulislah blogmu sendiri.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

KK; AKU JELASKAN YA NAK .

 

KRONOLOGI PEMBICARAAN KITA DAN PENJELASAN SAYA

 

PB =pengampunan tanpa syarat =iman bukan perbuatan=anugrah

 

Kejarlah Kasih's picture

@Jlwijaya, kronologi ni yeee..

[KAMUKAN BILANG BAHWA PASTI BUKAN IMAN WIJAYA ,BUKAN? MAKA DENGAN 4 AYAT DI ATAS YANG MENYATAKAN IMANMU ,IMANKU BERARTI MENURUT SAYA IMAN DALAM GALATIA 3:14 ADALAH IMANKU DAN IMANMU YANG BERARTI JUGA IMAN JLWIJAYA..................DENGAN DEMIKIAN MAKA MENURUT SAYA PENGERTIAN GAL3;14 ADALAH :...............OLEH IMAN KITA ,KITA BEROLEH ROH YANG DI JANJIKAN ITU .]


Memang sudah pasti bukan iman Wijaya yang akan membuat berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain.

Masakan bangsa-bangsa harus menunggu Wijaya punya iman dulu?  Kapan kamu lahir? Apa kamu pikir berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain setelah kamu lahir? Menunggu iman WIJAYA? Menunggu Wijaya lahir dan punya iman, baru kemudian berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain? Hahahaha... kronologi ni yee...


Kalau kamu mau tahu iman yang dimaksud di Galatia 3:14, silakan kamu baca dengan lengkap kitab Galatia, khususnya pasal 3 (tiga).

Tapi, memang sebaiknya kamu baca Alkitab dulu secara keseluruhan. Supaya kamu paham kronologi, paham makna ayat sesuai dengan kronologinya di Alkitab.



[Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.gal 3:12-14]

Kamu sudah diberitahu untuk memeriksa kata "kita". Bukannya kamu periksa, malahan kamu ubah menjadi:
[GAL3;14 ADALAH :...............OLEH IMAN KITA ,KITA BEROLEH ROH YANG DI JANJIKAN ITU]

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

kk:Saya tdk mengubah terjemahan dari Gal 3:14 ,perhatikan baik2.

Kamu sudah diberitahu untuk memeriksa kata "kita". Bukannya kamu periksa, malahan kamu ubah menjadi: 
[GAL3;14 ADALAH :...............OLEH IMAN KITA ,KITA BEROLEH ROH YANG DI JANJIKAN ITU]

__________________
saya tidak mengubah ayat itu KK saya menyatakan bahwa menurut saya PENGERTIAN Gal 3:14 ,perhatikan lagi ya,jangan di potong:
[KAMUKAN BILANG BAHWA PASTI BUKAN IMAN WIJAYA ,BUKAN? MAKA DENGAN 4 AYAT DI ATAS YANG MENYATAKAN IMANMU ,IMANKU BERARTI MENURUT SAYA IMAN DALAM GALATIA 3:14 ADALAH IMANKU DAN IMANMU YANG BERARTI JUGA IMAN JLWIJAYA..................DENGAN DEMIKIAN MAKA MENURUT SAYA PENGERTIAN GAL3;14 ADALAH :...............OLEH IMAN KITA ,KITA BEROLEH ROH YANG DI JANJIKAN ITU .]
iman di Gal 3:14 menurut saya adalah iman kita ,iman Jlwijaya ,iman semua kaum imani.


-yang lain terserah ngak apa beda ..............ok .tetap Kejarlah kasih ya KK .GBU
Kejarlah Kasih's picture

@Jlwijaya, ngaku aja

Memang kamu ubah. Ngaku aja. Apa perlu dijelaskan lagi? Untuk kesekian kalinya?
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

KK :terserah kamu

-terserah kamu saja .kalau kamu mau bilang 3X7 =27 ya boleh2 aja ngak ada yang melarang .silakan

God bless You 

Kejarlah Kasih's picture

@jlwijaya, yakin?

Terserah saya saja? Apa kamu yakin terserah saya? Tidak akan dijilat lagi? Hahahaha
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

MELALUI PERCAYA yaitu melalui iman kita BEROLEH SELAMAT.

 

1)KK Kalau kamu baca komentar saya ini maka perhatikan isi subjectnya ,di kolom subject saya tak menulis KK atau Lapan atau Deta artinya komentar saya bukan khusus untuk mereka tetapi untuk umum, jadi siapapun mau menanggapi terserah (tetapi bukan berarti kalau di tujukan ke orang tertentu maka orang lain tak boleh menanggapinya)

2)isi subject saya di jelaskan oleh ayat2 yang saya berikan di kolom comment yaitu ayat2 di bawah ini ,saya tidak memberi keterangan pada ayat2 yang saya berikan karena saya rasa pembaca bisa jelas dan juga karena sifat dari comment saya adalah sebuah sharing ,tapi tentu saya jawab jika ada yang bertanya atau ada yang merasa bahwa subject dan ayat yang saya berikan tidak sesuai.

Subject:

MELALUI PERCAYA  yaitu melalui iman kita BEROLEH SELAMAT

Comment

Joh 14:1  "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. 

 

Joh 5:24  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup. 

 

Joh 3:18  Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. 

 

Joh 3:15  supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal

 

Act 16:30  Ia mengantar mereka ke luar, sambil berkata: "Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?" 

Act 16:31  Jawab mereka: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu." 

 

Rom 1:16  Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani. 

Rom 1:17  Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman." 

 

Kejarlah Kasih's picture

@Jlwijaya, GENTELMANT punya kesulitan?


[1)KK Kalau kamu baca komentar saya ini maka perhatikan isi subjectnya ,di kolom subject saya tak menulis KK atau Lapan atau Deta artinya komentar saya bukan khusus untuk mereka tetapi untuk umum, jadi siapapun mau menanggapi terserah (tetapi bukan berarti kalau di tujukan ke orang tertentu maka orang lain tak boleh menanggapinya)]

Hahahaha... kalau memperhatikan jangan sepotong. Memangnya kamu tulis komentar di blog kamu sendiri? hahahaha...


[2)isi subject saya di jelaskan oleh ayat2 yang saya berikan di kolom comment yaitu ayat2 di bawah ini ,saya tidak memberi keterangan pada ayat2 yang saya berikan karena saya rasa pembaca bisa jelas dan juga karena sifat dari comment saya adalah sebuah sharing ,tapi tentu saya jawab jika ada yang bertanya atau ada yang merasa bahwa subject dan ayat yang saya berikan tidak sesuai.]

Hahahaha.. search-copy-paste, silakan di-sharing di blog sendiri. Apa GENTELMANT punya kesulitan untuk menulis blog sendiri?

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com