Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Ditentukan-Nya Dari Semula

Kejarlah Kasih's picture

Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. Roma 8:30

Prasangka buruk tentang Allah dan ajaran tradisi membuat ayat tersebut ditafsirkan menjadi: Allah menentukan dari semula hanya sebagian kecil manusia yang akan diselamatkan.

Teori yang mengajarkan hanya sebagian manusia selamat dan sebagian lainnya akan disiksa selama-lamanya adalah teori kejam.

Kunci untuk memahami ayat tersebut terletak pada fakta tentang siapa yang dibenarkan-Nya.


Terdapat dokrin dan ajaran Kristen yang menyatakan bahwa Allah menetapkan hanya sebagian manusia yang akan diselamatkan-Nya. Sebagian percaya penetapan tersebut berdasarkan kedaulatan Allah. Sebagian percaya penetapan tersebut berdasarkan pra-pengetahuan Allah. Sebagian percaya pemilihan tersebut berdasarkan iman. Sebagian lainnya mempercayai versi-versi lain.

Bagi saya, semua teori yang menyatakan Allah hanya menetapkan sebagian manusia untuk selamat dan sebagian lainnya untuk menerima siksaan kekal adalah teori kejam. Mengapa? Karena tidak ada seorang manusiapun yang memilih untuk dilahirkan ke dalam dunia ini.

Allah bukan kasih jika Dia menggunakan kekuasaan-Nya untuk membuat manusia ada hanya supaya dapat disiksa-Nya selama-lamanya. Padahal Alkitab dengan terus terang mengajarkan Allah adalah kasih.

Bagaimana mungkin Dia menyiksa anak-anak-Nya sendiri untuk selama-lamanya? Bagaimana mungkin kesalahan manusia selama hidup 80 (delapan puluh) tahun di muka bumi diganjar dengan hukuman siksa selama 7 (tujuh) juta tahun?? Bahkan selama-lamanya? Orang tua jahat mana di bumi ini yang tega menyiksa anaknya sendiri setiap hari, seumur hidup, hanya karena kesalahan yang dilakukan sang anak selama 1 (satu) jam saja?

Bagaimana mungkin Allah diagungkan sebagai Juruselamat semua manusia jika ternyata Dia gagal menyelamatkan semua manusia? Adakah bapa jahat di seluruh penjuru bumi ini yang tega membiarkan anaknya sendiri disiksa setiap hari, sepanjang umurnya, hanya karena anak itu tidak percaya kepada sang ayah?

Berhenti membaca sejenak! Ingat, Allah adalah kasih. Ambil waktu merenungkan kembali pertanyaan-pertanyaan di atas.

Mungkin ada yang hatinya sudah membeku atau sudah tertipu mentah-mentah oleh ajaran-ajaran palsu yang kemudian menjawab: Itu adalah kedaulatan Allah. Benarkah? Mustahil! Dokrin atau ajaran seperti itu tidak sesuai dengan pernyataan Alkitab.

Kedaulatan Allah tidak mewajibkan Dia untuk menyiksa, melainkan memberi Dia kebebasan untuk mengampuni semua manusia.

Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. Roma 8:30

Prasangka buruk tentang Allah yang kejam dan ajaran tradisi turun-temurun membuat ayat itu ditafsirkan menjadi: Allah menentukan dari semula, hanya SEBAGIAN saja manusia yang akan diselamatkan. Padahal bukan itu makna ayat tersebut.

Kunci untuk memahami ayat tersebut terletak pada kesediaan untuk menerima fakta tentang siapa yang telah dibenarkan-Nya. Satu kebenaran yang kita terima akan membuka pintu menuju kebenaran berikutnya. Semua orang telah dibenarkan, itulah kebenaran yang dinyatakan Kitab Suci.

Roma 3:24 dengan tegas menyatakan bahwa semua orang telah dibenarkan. Menerima kebenaran yang dinyatakan Roma 3:24 menjadikan Roma 8:30 mudah untuk dipahami.

Siapakah yang dibenarkan-Nya? Semua orang! Mereka yang dibenarkan-Nya adalah semua orang.

‘..Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya..’

Siapakah yang dipanggil-Nya? Mereka yang dipanggil-Nya adalah yang dibenarkan-Nya.

Sekarang, kita menerima pernyataan bahwa yang dipanggil-Nya adalah juga yang dibenarkan-Nya. Padahal sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa yang dibenarkan-Nya adalah semua orang. Sehingga kita mempunyai dua pernyataan kebenaran.

Pernyataan pertama: Yang dibenarkan-Nya adalah semua orang.

Pernyataan kedua: Yang dibenarkan-Nya adalah yang dipanggil-Nya.

Berdasarkan dua pernyataan tersebut maka dengan mudah dapat disimpulkan bahwa yang dipanggil-Nya adalah semua orang.

Siapakah yang dipanggil-Nya? Semua orang!

‘Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya.’

Siapakah yang ditentukan-Nya dari semula? Mereka yang ditentukan-Nya dari semula adalah yang dipanggil-Nya.

Pernyataan yang kita terima adalah: Mereka yang dipanggil-Nya adalah sama dengan yang ditentukan-Nya. Selain itu sebelumnya kita telah mengetahui bahwa yang dipanggil-Nya adalah semua orang. Berdasarkan dua hal tersebut maka kita dapat menyimpulkan bahwa yang ditentukan-Nya dari semula adalah semua orang.

Siapakah yang ditentukan-Nya dari semula? Semua orang!

Allah menentukan dari semula, semua orang dipanggil dan dibenarkan-Nya. Allah tidak memilih sebagian melainkan semua manusia. Ini sesuai dengan 1 Timotius 2:4 yang menyatakan bahwa Allah menghendaki agar semua orang diselamatkan. Untuk itu Allah telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. Anak-Nya berhasil. Allah berhasil.

Karena itu, kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia. Tentu kita yang percaya memberitakan dan mengajarkannya kepada semua orang.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

azermikel's picture

siapa saja yang ditentukan dari semula

Mereka yang dipanggil-Nya adalah sama dengan yang ditentukan-Nya. Selain itu sebelumnya kita telah mengetahui bahwa yang dipanggil-Nya adalah semua orang. Berdasarkan dua hal tersebut maka kita dapat menyimpulkan bahwa yang ditentukan-Nya dari semula adalah semua orang.

Pertanyaan saya adalah :

1.Bagaimana dengan mereka yang tidak percaya pada Kristus,apakah mereka juga
   ditentukan-Nya dari semula,dan dibenarkan ?

2. Apakah pengikut Kristus dijamin akan diselamatkan karena telah ditentukan dan             panggil dari semula ?

Mohon penjelasannya ?

 

Kejarlah Kasih's picture

azer, iya betul

1. Iya, betul.

2. Iya, betul.

 

Semua telah dibenarkan. Semua adalah semua. Allah adalah Juruselamat SEMUA manusia.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

azermikel's picture

siapa saja yang ditentukan dari semula

Pertanyaan saya "Bagaimana dengan mereka yang tidak percaya pada Kristus,apakah mereka juga    ditentukan-Nya dari semula,dan dibenarkan ?"

Anda menjawab "Iya betul"

Berarti semua orang diselamatkan baik yang percaya dan tidak kepada Yesus Kristus Sang Penyelamat manusia ?

Lalu siapa yang tidak diselamatkan ? dan siapa yang masuk neraka ?


Kejarlah Kasih's picture

azer, semua orang

[Berarti semua orang diselamatkan baik yang percaya dan tidak kepada Yesus Kristus Sang Penyelamat manusia ?]

Iya betul.



[Lalu siapa yang tidak diselamatkan ? dan siapa yang masuk neraka ?]

Tidak ada.

Tolong beritahu seperti apa neraka dalam konsep anda, supaya saya dapat memberi jawaban yang sesuai kebutuhan anda.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

azermikel's picture

Mat 5:22Tetapi Aku berkata

Mat 5:22

Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah f  terhadap saudaranya harus dihukum; g  siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama h  dan siapa yang berkata: Jahil 1 ! harus diserahkan ke dalam neraka i  yang menyala-nyala.

Mat 5:29

Maka jika matamu yang kanan menyesatkan l  engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.

Mrk 9:43
Dan jika tanganmu menyesatkan w  engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka 1 , x  ke dalam api yang tak terpadamkan.

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Neraka dalam Kristen adalah :

  • Syeol/Hades

Adalah tempat atau bagian dari neraka yang paling atas atau sama dengan tempat penantian. namun di dalam tempat penantian itupun banyak jiwa yang tidak luput dari pandangan para utusan neraka.

  • Gehenna/Neraka

Adalah tempat atau bagian tengah dari neraka. Siksaan di bagian ini lebih kejam daripada di hades.

  • Jurang tak berdasar.

Adalah bagian neraka yang paling dalam. Di tempat ini terdapat lautan api dan belerang dimana para jiwa yang berdosa direndam dalam lautan itu. Di tempat itu pula Allah memenjarakan Sang Naga atau Iblis yang akan dilepaskan pada masa tujuh tahun penderitaan.

Kalau tidak ada neraka lalu apa artinya kita mengejar kasih ,karena KASIH adalah jalan menuju Surga (khotbah seorang pendeta)


Kejarlah Kasih's picture

azer, daging dan darah

Mat 5:22, Saya kutipkan versi MILT:

Matius 5:22 Namun, Aku berkata kepadamu bahwa setiap orang yang menjadi marah tanpa sebab terhadap saudaranya, dia pantas berada dalam hukuman; dan siapa yang berkata kepada saudaranya: Raka, dia pantas berada di hadapan Sanhedrin, dan siapa yang berkata: Dungu, ia pantas berada dalam neraka api.


Perhatikan kata PANTAS. Manusia memang pantas dihukum. Tetapi Allah sudah memilih untuk mengampuni mereka dan membenarkan mereka.



Mat 5:29 dan Mrk 9:43: mata, tangan, dan tubuhmu di bumi ini adalah daging. Daging memang akan binasa. Daging dan darah tidak beroleh tempat dalam kerajaan Allah. Daging dan darah memang akan binasa. Tetapi jiwamu tidak.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

azermikel's picture

Ibr 10:26Sebab jika kita

Ibr 10:26

Sebab jika kita sengaja berbuat dosa  ,   sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, h  maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa.

walaupun sudah ditebus dosanya masih bisa jatuh kedalam dosa lagi.

Mrk 13:13

Kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku.  Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya   ia akan selamat. "

Jadi hanya yang bertahan yang akan selamat

Mat 10:28
Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia  yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.

jadi Jiwa juga akan dibinasakan di neraka .

 

Kejarlah Kasih's picture

azer, jangan minta disuapin mulu

Hahahaha..

Azer, kamu bersemangat sekali untuk membuktikan ada manusia yg akan disiksa terus-menerus selama-lamanya?
Apakah kalau terbukti kamu akan tertawa bahagia?


[Ibrani  10:26 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa.]

Benar sekali, tidak ada korban lagi. Tidak ada satu manusiapun yang akan dikorbankan. Kenapa ? Karena yang ada adalah pengampunan.

   
[Mrk 13:13 Kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku.  Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya   ia akan selamat. "

Jadi hanya yang bertahan yang akan selamat]

Betul, yang bertahan selamat. Bagaimana yang tidak bertahan? Ayat tersebut tidak bilang apa-apa.

Semua telah dibenarkan. (nb: kamu boleh pelajari makna kata selamat sebelum melanjutkan)



[Mat 10:28 Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia  yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.
jadi Jiwa juga akan dibinasakan di neraka .]


Kenapa kesimpulan kamu: Jiwa akan dibinasakan di neraka? Padahal ayat tersebut sama sekali tidak berkata Allah membinasakan jiwa di dalam neraka. Ayat tersebut HANYA berkata Allah punya kuasa membinasakan jiwa dan tubuh di neraka.


Azer, jangan kutip ayat-ayat lagi y.. masa saya harus menjelaskan semuanya? Padahal saya ini boleh dibilang termasuk kategori orang yang malas untuk menyuapi orang lain.

Jadi begini saja:

Silakan kamu tulis blog tentang neraka, apa itu neraka, siksaannya apa, kenapa manusia disiksa di neraka, siapa yang menyiksa manusia, siapa yang menciptakan neraka, kenapa neraka diciptakan dsb.. tulis beserta ayat-ayat Alkitab pendukungnya dan pemahaman kamu tentang ayat2 tersebut.

Kalau tidak cukup 1 blog, buatlah menjadi beberapa blog. Blognya jangan terlalu panjang supaya dapat fokus dan perhatikan juga supaya ayat2 yg kamu kutip nanti konsisten satu dengan yang lainnya. Saran saya bacalah keseluruhan Alkitab terlebih dahulu beberapa kali.

Pikirkan, renungkan dan tulislah sebaik mungkin. Insyaallah, nanti blog kamu akan dikomentari.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

azermikel's picture

anda ahli bahasa

Komentar anda

Benar sekali, tidak ada korban lagi. Tidak ada satu manusiapun yang akan dikorbankan. Kenapa ? Karena yang ada adalah pengampunan.

Betul, yang bertahan selamat. Bagaimana yang tidak bertahan? Ayat tersebut tidak bilang apa-apa.

Padahal ayat tersebut sama sekali tidak berkata Allah membinasakan jiwa di dalam neraka. Ayat tersebut HANYA berkata Allah punya kuasa membinasakan jiwa dan tubuh di neraka.

Setelah saya baca komentar anda saya berkesimpulan anda orang yg pandai memutar balikkan bahasa, semua ditafsirkan dengan akal fikiran sendiri. orang lainpun bisa berbicara seperti itu dengan memutarbalikkan kalimat.

Pertanyaan saya: kalau tidak ada orang yang masuk neraka karena sudah diselamatkan lalu orang bisa seenaknya berbuat jahat didunia buat apa kejar kasih susah2 ,toh masuk surga semua ,saya juga ikut senang dengan fakta tsb.

Kejarlah Kasih's picture

Azer, iri hatikah kamu?

[Setelah saya baca komentar anda saya berkesimpulan anda orang yg pandai memutar balikkan bahasa, semua ditafsirkan dengan akal fikiran sendiri. orang lainpun bisa berbicara seperti itu dengan memutarbalikkan kalimat.]

Azer, janganlah karena setelah sekian banyak ayat yg kamu kutip ternyata tidak mendukung keinginanmu, kemudian kamu menuduh saya memutarbalikkan kalimat.

Silakan kamu menulis blog tentang neraka dan buktikan bahwa pendapat kamu itu didukung oleh Alkitab.



[Pertanyaan saya: kalau tidak ada orang yang masuk neraka karena sudah diselamatkan lalu orang bisa seenaknya berbuat jahat didunia buat apa kejar kasih susah2 ,toh masuk surga semua ,saya juga ikut senang dengan fakta tsb.]

Azer, kenapa kamu bertanya seperti itu? Sedemikian dalamkah keinginanmu untuk melihat orang yang berbuat jahat di bumi ini disiksa terus-menerus untuk selama-lamanya?

Mengapa kamu keberatan karena Allah murah hati dan mengampuni semua?

Azer, Allah mengasihi kamu.

Yesus Kristus mati supaya penghukuman itu tidak perlu kamu tanggung. Semua dilakukan-Nya bukan karena perbuatan baik kamu, tetapi karena Allah baik dan murah hati.


Apakah kamu  iri hati karena Allah memberikan pengampunan berdasarkan kemurahan-Nya kepada orang-orang jahat?

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

azermikel's picture

Kenapa jadi iri

[Pertanyaan saya: kalau tidak ada orang yang masuk neraka karena sudah diselamatkan lalu orang bisa seenaknya berbuat jahat didunia buat apa kejar kasih susah2 ,toh masuk surga semua ,saya juga ikut senang dengan fakta tsb.]

saya sudah katakan saya juga ikut senang, sekarang kamu balikkan lagi saya iri (bingung saya debat kusir dengan orang yang katanya kejarlah KASIH ,tapi komentarnya penuh dengan ejekan.... anda tahu kasih itu panjang sabar,tidak pemarah dll coba renungkan dulu deh KASIH yang kamu agung2kan itu .

Saya baca diskusi kamu dengan yang lain juga penuh ejekan dan merendahkan orang ....

trus terang saya kecewa mau diskusi malah tambah bingungggggggggggg

Sekedar ekspresi hati saja ,GBU

Kejarlah Kasih's picture

Azer, jangan iri hati

Azer, jangan iri hati.

Tulislah blog tentang neraka untuk belajar, jangan malas!

Pelajarilah Alkitabmu baik-baik. Nanti kalau kamu sudah merasa cukup pintar, silakan kembali untuk meruntuhkan apa yang saya tulis dan pada saat itu kamu boleh mengejek saya sesuka-suka kamu.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

azermikel's picture

Saya sebelumnya sudah

Saya sebelumnya sudah difinisikan neraka tapi anda tidak komentar tapi suruh saya tulis blog ttg neraka .

Saya sudah kutip ayat2 alkitab tapi semuanya di patahkan dengan mudah dengan memutarbalikkan kalimat.

Saya fikir semua ayat2 alkitab dapat di belokkan dengan mudah dengan tafsiran sesuka hati.

Jadi kalo saya tulis blog panjang2 pasti anda dengan mudah memutabalikkan semuanya. percuma kalau cuma debat kusir gak alkitabiah.

 

Kejarlah Kasih's picture

Azer, tulislah

[Saya sebelumnya sudah difinisikan neraka tapi anda tidak komentar tapi suruh saya tulis blog ttg neraka .]

Saya tidak kenal anda dan belum pernah berinteraksi dg anda. Karena itu sy minta anda menjelaskan neraka dalam konsep anda dengan tujuan agar dapat memberikan jawaban yg sesuai dengan pola pikir/level pemahaman  anda.

Anda mereply dg copas wiki. Copas bukan penjelasan dan saya tidak tertarik mengomentari wiki.



[Saya sudah kutip ayat2 alkitab tapi semuanya di patahkan dengan mudah dengan memutarbalikkan kalimat.

Saya fikir semua ayat2 alkitab dapat di belokkan dengan mudah dengan tafsiran sesuka hati.]


Kamu tahu apa itu debat kusir? Inilah contohnya: Kamu menuduh saya memutarbalikkan kalimat dan menafsir sesuka hati. Sedangkan kamu samasekali tidak menunjukkan kepada saya mana yg saya putar-balik/ saya tafsir sesuka hati.

Tunjuk dan jelaskan dimana kesalahannya dan beritahu bagaimana seharusnya yg benar menurut kamu. Begitulah proses berargumentasi.



[Jadi kalo saya tulis blog panjang2 pasti anda dengan mudah memutabalikkan semuanya. percuma kalau cuma debat kusir gak alkitabiah.]

Sy sarankan kamu tulis blog, supaya kamu belajar Alkitab baik-baik dan memahami lebih dalam topik pada blog ini.

Setelah kamu pandai maka tulislah blog untuk meruntuhkan blog-blog saya dan mengajarkan kepada para pembaca bagaimana seharusnya menurut Alkitab. Ketika itu terjadi, kamu boleh menghina dan mengejek saya semau-mau kamu dan sepuas-puasnya.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com