Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Hubungan Yesus Kristus dan Gereja

agape's picture

Temans, saya rasa penting kita mengetahui hubungan antara Yesus Kristus dan Gereja (GerejaNYA), karena Gereja yang didirikan Tuhan Yesus pasti hanya SATU, seperti Yesus berdoa kepada Bapa bagi para murid dan orang2 yang percaya kepadaNYA: "supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau" (Yohanes 17 : 21).

Yang Penting Yesusnya atau Gerejanya?
Yang penting kan Yesusnya, bukan gerejanya! 
Tidak  penting mau masuk gereja mana saja, yang penting percaya Yesus kan masuk surga. Yang menyelamatkan kan Yesus bukan gerejanya….
Begitulah ungkapan yang sering saya dengan belakangan ini. Tapi apakah sungguh benar pernyataan tersebut?

Yesus pernah berkata “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tiada ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14:6).
Melalui ayat tersebut banyak orang berpikiran bahwa jalan keselaman adalah Yesus. Hal ini memang benar. Namun kelanjutannya orang akan berpikir juga, “kalau gitu yang penting Yesusnya. Yesus yang menyelamatkan !! Bukan gereja !! 
Tidak  pentinglah mau di gereja mana saja, yang penting Yesusnya.” Nah, kelanjutan pemikiran tersebutlah yang perlu dikritisi.

Gereja merupakan jemaat Allah yang dikuduskan dalam Kristus Yesus (I Kor 1:2). Dalam Perjanjian Baru, Gereja disebut juga sebagai Tubuh Kristus. Tubuh Kristus ini erat sekali dengan Kristus, dan merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.
Pada mulanya, dalam I Kor 12:12-13, St. Paulus menegaskan kesatuan umat, mereka memang punya pelayanan Dan panggilan berbeda-beda dalam kehidupannya, tetapi mereka tetap di dalam satu Tubuh Kristus. Selanjutnya dalam surat kepada umat Kolose Dan Efesus, perihal ini dikembangkan.
Efesus1:23: Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.
Efesus 4:15-16….. Dia, Kristus, yang adalah Kepala. Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.
Kolose 1:17-18: Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Dialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

Dalam surat ini, Paulus tidak menjelaskan Tubuh Kristus sebagai kesatuan antar jemaat, melainkan kesatuan antara jemaat dan Yesus sendiri. Kristus dan GerejaNya (jemaatNya) adalah satu. Sama seperti kepala tidak dapat terpisahkan dari tubuh, Kristus tidak dapat dipisahkan dari GerejaNya.
Yesus dan GerejaNya adalah satu kesatuan. Oleh karena itu tidak benar, jika Kita berkata “aku pengikut Yesus,” namun menolak untuk bergabung dengan Gereja. Juga sangat tidak benar mengatakan bahwa semua gereja sama saja karena yang menyelamatkan Yesusnya. Sekali lagi, Yesus dan GerejaNya adalah satu. Karena itu keselamatan datang dari Yesus melalui Gereja.

Apakah gereja menyelamatkan, sementara yang mendirikan gereja adalah manusia?
Tidak benar! Gereja yang dapat menyelamatkan hanyalah Gereja yang didirikan oleh Yesus sendiri.
Matius 16:18: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku Dan alam maut tidak akan menguasainya.

Yesus berkata bahwa Dia mendirikan “jemaat-Ku,” bukan “jemaat-jemaat-Ku.” Yesus tidak mendirikan banyak Gereja, hanya satu Gereja yang benar-benar didirikan Yesus sendiri. Dan hanya terhadap Gereja yang dibangun Yesus sendiri itu, ada janji “alam maut tidak akan menguasainya”.

Ada Sharing dari seorang teman, klik di :http://katolisitas.org/2008/11/08/thank-you-jesus-i-am-home/

Regards, Dominus Vobis cum
 

Anak El-Shadday's picture

secara spesifik: tolong sebutkan

bro/sist agape, mohon secara spesifik anda sebutkan gereja yang didirikan Yesus tu gerja apa?

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

__________________

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

agape's picture

Gereja yang didirikan Tuhan

Gereja yang didirikan Tuhan Yesus sendiri adalah Gereja yang didirikan diatas Petrus (Mat 16 : 18-19) dan sesuai dengan Yoh 21 : 15-17, Petrus lah yang diserahi tugas untuk menggembalakan domba2Nya.

Gereja yang para gembalaNya (Pimpinannya) mempunyai tahbisan yang asli dari Yesus sendiri yang diturunkan mulai dari para rasul (sekarang pengganti para rasul ini adalah para uskup2 di seluruh dunia) dan Petrus sebagai Uskup Roma (Uskup Roma juga biasa disebut Pope/Papa atau Paus dalam bhs Ind).

Pengganti ini tidak terputuskan selama 2000 thn, para penerus Petrus ini dapat diurutkan dari sekarang sampai pada jaman St. Petrus sendiri, dengan mata rantai yang tidak terputus. Inilah yang disebut Apostolik.

Dan Gereja yang didirikan Yesus bersifat SATU, tidak terpecah-pecah, spt yang diinginkan Tuhan Yesus sendiri dalam Yoh 17 : 21.

Gereja dengan ciri2 tsb adalah Gereja Katolik. Terimakasih.

Tuhan beserta kita.

erick's picture

Wah, kalo begini.........

Yang Penting Yesusnya atau Gerejanya?
Yang penting kan Yesusnya, bukan gerejanya! 

 

Apa anda setuju dgn perceraian?

Sepertinya pola pikir anda belum membumi.

Apakah gereja menyelamatkan, sementara yang mendirikan gereja adalah manusia?

Mungkin menurut anda hubungan dengan Yesus satu arah saja, namun entahlah, saya akan belajar bersama anda ketika kaki anda telah jejak dibumi. Namun sementara anda belum membumi, bolehkah saya menarik anda dari awang-awang?

Apa artinya Yesus seorang manusia jika anda menuliskan ini:

Regards, Dominus Vobis cum

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

agape's picture

Maaf sdr erick, saya nggak

Maaf sdr erick, saya nggak ngerti maksud anda dengan komentar diatas. Apakah sdr erick sdh baca sampai akhir tulisan saya diatas? Koq kayaknya ga nyambung....

priester's picture

Agape...

mengapa ada banyak gereja?

mengapa ada banyak kelompok pelayanan dalam satu gereja?

mengapa dalam satu jemaat besar kadang anggotanya tidak saling mengenal?

mengapa ada perbedaan paham dalam satu tubuh Kristus (gerejaNya)?

sudahkah kita tegaskan kepada orang kristen yang baru kita kenal bahwa......

"engkau adalah Saudaraku se-iman dalam tubuh Kristus" walaupun kita berlainan paham dalam ajaranNya" yang penting Saudara percaya YESUS ADALAH TUHAN DAN JURUSELAMAT.

__________________

"Karena Hidup adalah perjalanan untuk belajar menjalani hidup yang sesungguhnya"

hai hai's picture

PETRA bukan Petros

Agape menulis: Yesus berkata bahwa Dia mendirikan “jemaat-Ku,” bukan “jemaat-jemaat-Ku.” Yesus tidak mendirikan banyak Gereja, hanya satu Gereja yang benar-benar didirikan Yesus sendiri. Dan hanya terhadap Gereja yang dibangun Yesus sendiri itu, ada janji “alam maut tidak akan menguasainya”.

Saya setuju dengan tulisannya sebab itulah yang diajarkan oleh Alkitab. Hanya ada satu GEREJA. Namun, yang menjadi MASALAH adalah apa definisi GEREJA? Umat Katolik menganggap GEREJA adalah gereja Katolik, Umat Kristen Protestan menganggap GEREJA adalah gereja Protestan, Umat Pentakosta menganggap GEREJA adalah gereja Pentakosta, umat Karismatik menganggap GEREJA adalah gereja Kharismatik.

Umat Katolik menyatakan bahwa GEREJA adalah gereja Katolik dengan menggunakan ayat Alkitab ini sebagai ayat pendukungnya.

Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Matius 16:16

Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Matius 16:17

Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Matius 16:18

Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." Matius 16:19

Selanjutnya mereka mengajarkan bahwa Petrus adalah PAUS pertama, selanjutnya jabatan PAUS itu terus diwariskan hingga saat ini, Paus ke 265, Paus Benedictus XVI.

Mustahil memungkiri bahwa ucapan Kristus itu ditujukan kepada Simon Petrus. Dan bila membacanya di dalam Alkitab terjemahan bahasa Indonesia tidak salah sama sekali untuk memahami bahwa DI ATAS Petrus-lah gereja didirikan dan alam maut tidak berkuasa atasnya serta dia memegang kunci kerajaan sorga. Karena kita semua tahu bahwa Petrus artinya batu karang. Namun, benarkah hal itu yang tercatat di dalam bahasa aslinya?

Kata Petrus dari nama Simon Perrus diterjemahkan dari kata PETROS, bentuk maskulin, artinya BATU KECIL. Sementara GEREJA didirikan di atas dasar PETRA, bentuk feminim, artinya BATU KARANG.

PETROS jelas berbeda dengan PETRA. Petrus adalah Simon Petrus sementara PETRA adalah Yesus Kristus. Saya membayangkan, saat itu Yesus berkata kepada Petros, "Engkau adalah PETROS,  di atas PETRA Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya." sambil MENEPUK dadanya.

Petros adalah Simon Petrus bin Yunus, sementara PETRA adalah Yesus Kristus. Yesus Kristus sama sekali tidak pernah memberi mandat kepada Petros untuk menjadi PAUS.

Mungkin anda bertanya, bukankah PETRA berkata kepada Petros?

Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." Matius 16:19

Apa yang dimaksudkan dengan KUNCI kerajaan sorga? INJIL! Apakah karena memegang KUNCI kerajaan sorga maka Petrus BERKUASA untuk mengikat dan melepaskan alias MENENTUKAN siapa yang masuk surga dan siapa yang tidak masuk surga? BENAR! Namun, Petrus hanya memegang KUNCINYA sementara PINTUNYA adalah KRISTUS. Pembantu rumah saya memegang kunci rumah saya, namun dia hanya boleh memasukkan tamu-tamu yang saya KEHENDAKI. STaf saya memegang kunci kantor saya, namun dia hanya boleh membuka dan menutup pintu tentang siapa yang boleh masuk, saya yang menentukan.

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, umat Katolik memandang gereja Katolik dengan pemahaman yang salah tersebut. Mereka juga mengagungkan PAUS dengan pemahaman yang salah tersebut.

Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati. Apabila ajaran tentang gereja dan Paus tersebut di atas benar, bukankah seharusnyanya gereja Katolik MENEGAKKANNYA secara konsisten dari generasi ke generasi. Namun sejarah gereja justru mencatat hal sebaliknya.

Semua ajaran gereja Katolik dalam generasi ini didirikan di atas dasar:

Gereja Katolik can do no wrong


Paus can do no wrong


konsili can do no wrong


Bila anda menemukan bahwa Gereja, Paus, Konsili WRONG, silahkan baca lagi ketentuan di atas.

Apabila benar Petrus adalah PAUS pertama, maka Alkitab mencatat bahwa Petrus pernah WRONG itu sebabnya Paulus menegurnya tanpa tedeng aling-aling dan Petrus bertobat dari kesalahannya. Apabila PAUS pertama bisa WRONG, kenapa diajarkan bahwa PAUS can do no Wrong?

Nah, handai taulan sekalian, bila anda hendak mendiskusikan KEBENARAN ajaran gereja Katolik, berhati-hatilah. STANDARD apa yang anda gunakan? Gereja Katolik atau Alkitab?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dennis santoso a.k.a nis's picture

kirain itu...

kirain mau bahas Petros yang lagi kelimpungan gara2 suplai gas nya diblok ama PGN.... ternyata Petros batu kecil toh.... salah klik deh gue :-)

agape's picture

untuk menemukan kebenaran,

untuk menemukan kebenaran, kita harus benar2 membuka pikiran dan hati kita. Kalau kita belum mengerti tentang suatu ajaran agama (apa saja), kita harus mencari tahu mengapa hal itu diajarkan dari agama yang bersangkutan. Jangan membaca ajaran agama A tetapi yang menjelaskan agama/aliran X, itu sama seperti kita menanyakan bagaimana Einstein mengajarkan rumus E=mc2 kepada orang yang hanya lulusan SD, apalagi orang tsb. anti-Einstein; pasti jawaban yang anda peroleh tidak bermutu krn pemahaman yang dangkal dan dibubuhi hal2 yang menjelekkan. Tanyalah ajran Einstein ya kepada orang2 yang memngerti ajaran Einstein (tdk memungkinkan tanya kepada Einstein langsung, krn dia sdh tdk ada di dunia ini) atau cari sumber2 dari Einstein, buku2 dll yang dapat menjelaskan ajaran tsb. Ok, skrg mari kita bahas.....

Dalam Mat 16:18 dikatakan
LAI: "Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya."
NASB: "I also say to you that you are Peter, and upon this rock I will build My church; and the gates of Hades will not overpower it.
RSV: And I tell you, you are Peter, and on this rock I will build my church, and the powers of death shall not prevail against it.
 
Dari kalangan Protestan banyak yang mengartikan bahwa dalam bahasa Yunani, dikatakan bahwa Petrus adalah "Petros" dan batu karang adalah "petra". Dan ini berarti bahwa Petros dan Petro tidak sama, sehingga tidak mungkin Yesus mendirikan Gereja-Nya di atas Petrus, melainkan di atas pengakuan Petrus.
 
Dari tata bahasa Yunani: Penggunaan Petros dan Petra adalah karena tata bahasa Yunani, yang mengenal masculin dan feminim, yang diterapkan bukan hanya terhadap manusia, namun juga terhadap benda-benda. Jadi, dalam hal ini diterjemahkan "Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petros dan di atas Petra ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya."         
Jadi kata Petra tidak dapat digunakan untuk menggantikan nama Petrus, karena kalau demikian sama saja dengan memakai nama Gita untuk Gito atau Fransiska untuk Fransiskus. Sama dg dalam bahasa Indonesia kata Nyanyian dlm bahasa melayu dapat disebut Gita, kalau dikenakan pada perempuan kata Gita tetap Gita, tetapi kalau misal kita mempunyai anak laki2, kalau kita mau menamakan anak tsb dengan arti Nyayian, maka mau tidak mau harus diganti menjadi Gito.

Dan yang paling perlu diingat pada jaman Yesus, bahasa yang dipakai adalah bahasa Aram, sehingga Mat 16 : 18 menjadi "Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Kefas dan di atas Kefas ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya." Yesus memberikan nama Kefas (Petrus) kepada Simon jauh sebelum pengakuan ini, yaitu pada waktu Yesus bertemu dengan Petrus, dimana Yesus berkata "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)." (Yoh 1:42).
 
 
Dari segi kelogisan kalimat
: Kalau kita menafsirkan bahwa Petros adalah Petrus dan kemudian Petra adalah pengakuan Petrus, maka akan terlihat tidak logis dan kira-kira seperti berikut ini:
Yesus berkata kepada Petrus: engkau adalah Petrus dan di atas pengakuanmu aku akan mendirikan Gereja-Ku…
Dua kalimat tersebut tidak berhubungan alias tidak nyambung! Dan kalau kita melihat dari bahasa Greek, dikatakan "Engkau adalah Petrus, dan (memakai "kai") di "taute" (this very) batu karang ini, Aku akan mendirikan Gereja-Ku". Kai (dan) mengindikasikan bahwa kata benda yang dipakai harus merujuk kepada kata benda sebelumnya.
 
Dari Bapa Gereja, kita tahu bahwa Petrus menjadi pondasi dari Gereja, seperti yang dikatakan oleh St. Clement kepada Yakobus.
"
Be it known to you, my lord, that Simon [Peter],
who, for the sake of the true faith, and the most sure foundation of his doctrine, was set apart to be the foundation of the Church, and for this end was by Jesus himself, with his truthful mouth, named Peter, the first fruits of our Lord, the first of the apostles; to whom first the Father revealed the Son; whom the Christ, with good reason, blessed; the called,
and elect
" (Letter of Clement to James 2 [A.D. 221]).

St. Jerome mengatakan "’But,’ you [Jovinian] will say, ‘it was on Peter that the Church was founded’ [Matt. 16:18]. Well . . . one among the twelve is chosen to be their head in order to remove any occasion for division"(Against Jovinian 1:26 [A.D. 393]).

Dan masih begitu banyak kutipan dari Bapa Gereja yang lain, yang mempertegas posisi ini.

Yesus mendirikan GerejaNya di atas Rasul Petrus (Kepha, Petros) -yang artinya batu karang- (Mat 16:18) dan Tuhan Yesus memberikan kuasa yang khusus kepadanya di atas para rasul yang lain, untuk menggembalakan domba-domba-Nya yang ditegaskan oleh Yesus sampai 3x (Yoh 21:5-7).

Walaupun Kristus juga memberikan kuasa kepada rasul-rasul yang lain (Mat 18:18), hanya kepada Petruslah Ia memberikan kunci- kunci Kerajaan Surga (Mat 16:19) yang melambangkan kuasa untuk memimpin GerejaNya di dunia.
Yesus sang Gembala yang Baik mempercayakan domba-dombaNya kepada Petrus dan mempercayakan tugas untuk meneguhkan iman para rasul yang lain, agar iman Gereja jangan sampai sesat (Luk 22:3-32). Petruslah yang kemudian menjadi pemimpin para rasul setelah hari Pentakosta, mengabarkan Injil, membuat keputusan dan pengarahan (Kis 2:1-41, 15:7-12). Para penerus Rasul Petrus ini dikenal sebagai uskup Roma, yang dipanggil sebagai ‘Paus’ yang artinya Papa/ Bapa.

Gereja Kristus yang sejati adalah yang digembalakan oleh pengganti St. Petrus, yang mana pengganti St. Petrus itu dapat diurutkan dari saat ini kebelakang sampai pada St. Petrus sendiri dan merupakan rantai yang tak teputus. Maka Gereja itu mempunyai ciri2 Apostolik, tahbisan para rasul yang berasal dari Tuhan Yesus sendiri, diturunkan turun-temurun kepada penggantinya setelah pemangku tugas yg terakhir meninggal. Pengganti ini memang harus ada. Kitab Suci menunjukkan bahwa setelah Yudas Iskariot meninggal, juga dipilih rasul baru pengganti Yudas, yaitu Mateas.

Sampai sini dulu, nanti sambung lagi..... pesan saya, sdr hai hai belajar sungguh2 sejarah Gereja, tata bahasa yang digunakan dll. Anda sudah benar, kalau menanyakan ajaran Katolik ya kepada Gereja Katolik atau orang Katolik. Jangan menanyakan ajaran Gereja Katolik kepada orang protestant atau dari membaca buku2 protestant (meskipun yg bertanya adalah orang protestant), apalagi yang memang anti-Katolik. Penjelasannya pasti tidak nyambung krn pemahaman yang dangkal apalagi dibubuhi rasa sentimen, pasti hasilnya menjelek-jelekkan.

Dominus Vobis cum.

 

 

Anak El-Shadday's picture

kira-kira..

Pendeta saya sering banget bilang: "semua gereja pasti ada kekurangannya, gereja kitapun masih sangat banyak kekurangannya".

om/tante agape, kira-kira gereja yang digembalakan oleh pengganti St. Petrus ini ada kekurangannya ga? apa karena udah punya kunci kerajaan surga jadi ga ada kekurangannya blas? 

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

__________________

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

hai hai's picture

Apakah PETRUS = PETRA?

Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Matius 16:16

Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Matius 16:17

Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Matius 16:18

Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." Matius 16:19

Agape menulis:
Dari kalangan Protestan banyak yang mengartikan bahwa dalam bahasa Yunani, dikatakan bahwa Petrus adalah "Petros" dan batu karang adalah "petra". Dan ini berarti bahwa Petros dan Petra tidak sama, sehingga tidak mungkin Yesus mendirikan Gereja-Nya di atas Petrus, melainkan di atas pengakuan Petrus.

Agape menulis:
Dari tata bahasa Yunani: Penggunaan Petros dan Petra adalah karena tata bahasa Yunani, yang mengenal masculin dan feminim, yang diterapkan bukan hanya terhadap manusia, namun juga terhadap benda-benda. Jadi, dalam hal ini diterjemahkan "Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petros dan di atas Petra ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya."
 
Agape menulis:
Jadi kata Petra tidak dapat digunakan untuk menggantikan nama Petrus, karena kalau demikian sama saja dengan memakai nama Gita untuk Gito atau Fransiska untuk Fransiskus. Sama dg dalam bahasa Indonesia kata Nyanyian dlm bahasa melayu dapat disebut Gita, kalau dikenakan pada perempuan kata Gita tetap Gita, tetapi kalau misal kita mempunyai anak laki2, kalau kita mau menamakan anak tsb dengan arti Nyayian, maka mau tidak mau harus diganti menjadi Gito.

Agape, bukankah anda sendiri menyatakan bahwa PETROS bukan PETRA? Bukankah itu berarti apa yang diartikan oleh banyak orang Protestan? Atau anda sedang maksudkan bahwa paragraf kedua dan ketiga tersebut di atas juga adalah pememahaman  orang Protestan? Dan pemahaman tersebut salah karena yang benar adalah:

PETROS = PETRA

Agape menulis:
Dan yang paling perlu diingat pada jaman Yesus, bahasa yang dipakai adalah bahasa Aram, sehingga Mat 16 : 18 menjadi "Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Kefas dan di atas Kefas ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya."

Agape menulis: Yesus memberikan nama Kefas (Petrus) kepada Simon jauh sebelum pengakuan ini, yaitu pada waktu Yesus bertemu dengan Petrus, dimana Yesus berkata "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)." (Yoh 1:42).

 Agape, kita tidak tahu apa yang dikatakan oleh Yesus Kristus SEBENARNYA, namun kita tahu apa yang ditulis oleh Matius. Matius menulis bahwa KEFAS artinya PETROS, bukan PETRA. Dan Yesus mendirikan GEREJA  di atas PETRA, bukan PETROS.

Jadi, kembali lagi, pertanyaannyalah adalah apakah PETRUS = PETRA?

Agape Menulis: Kalau kita menafsirkan bahwa Petros adalah Petrus dan kemudian Petra adalah pengakuan Petrus, maka akan terlihat tidak logis dan kira-kira seperti berikut ini:
Yesus berkata kepada Petrus: engkau adalah Petrus dan di atas pengakuanmu aku akan mendirikan Gereja-Ku …

Saya setuju dengan anda. PETRA di dalam Matius 16:18 MUSTAHIL pengakuan Petrus bahwa "YESUS Kristus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Apabila yang diajarkan oleh orang-orang demikian benar, maka mereka juga harus mengajarkan bahwa TANPA pengakuan Petrus tersebut tidak akan pernah ada GEREJA. Mereka juga seharusnya mengajarkan bahwa PETRUS-lah yang MEMEGANG otoritas untuk MENENTUKAN bahwa Kristus adalah MESIAS, Anak Allah yang hidup.

AGape Menulis: Dari Bapa Gereja, kita tahu bahwa Petrus menjadi pondasi dari Gereja, seperti yang dikatakan oleh St. Clement kepada Yakobus.

"Be it known to you, my lord, that Simon [Peter],who, for the sake of the true faith, and the most sure foundation of his doctrine, was set apart to be the foundation of the Church, and for this end was by Jesus himself, with his truthful mouth, named Peter, the first fruits of our Lord, the first of the apostles; to whom first the Father revealed the Son; whom the Christ, with good reason, blessed; the called,and elect" (Letter of Clement to James 2 [A.D. 221]).

Saudara Agape, maukah anda menjelaskan siapakah St. Clement yang menulis surat kepada Yakobus? Maukah anda juga menjelaskan, kontroversi surat Clement 2? Saya tidak tahu apakah kontroversi itu hanya berlangsung di kalangan Protestan saja atau  berlaku di antara para Theolog Katolik?

Baiklah kita batasi diskusi dalam masalah tersebut di atas dulu, sebelum kita memasuki diskusi. Apakah ajaran Petrus adalah PAUS pertama dan MEWARISKAN jabatan dan kuasanya kepada PAUS berikutnya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

agape's picture

hai hai wrote: Agape,

hai hai wrote: Agape, bukankah anda sendiri menyatakan bahwa PETROS bukan PETRA? Bukankah itu berarti apa yang diartikan oleh banyak orang Protestan? Atau anda sedang maksudkan bahwa paragraf kedua dan ketiga tersebut di atas juga adalah pememahaman  orang Protestan? Dan pemahaman tersebut salah karena yang benar adalah:

PETROS = PETRA

Ini penjelasan saya:

Agape: sdr hai hai, bukankah jelas sudah saya tulis diatas, bahwa yang mengatakan  Petros =/= Petra adalah dari kalangan protestant, tepatnya adalah Loraine Boettner, seorang protestant amerika yang sangat2 anti-katolik, bahkan Boettner ini pernah menulis bahwa "hail marry = hail for satan" , lihat bagaimana boettner begitu anti-katolik, hanya sayangnya pemahaman boettner amat sangat dangkal, dan parahnya para protestant (di Indonesia khususnya, sangat percaya dengan provokasi2 boettner ini, tanpa menggunakan pikirannya lagi, hal ini sangat2 memprihatinkan... inilah pembodohan iman!)

 
Di dalam bahasa Yunani, kata "petra" bersifat feminim dan karena Simon adalah seorang laki-laki, maka dalam bahasa Yunani digunakan bentuk maskulin dari kata "petra" yaitu "petros''. Jadi, kita lihat disini perbedaan kata ''petros'' dan ''petra'' hanya dalam hal sifatnya (maskulin dan femine), bukan pada artinya ''batu kecil'' dan ''batu besar'' .
Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa Yesus berbicara menggunakan bahasa Aram. Dalam bahasa Aram nama Simon Petrus adalah Kefas (kepha) lihatlah pada Yoh 1:42. kata "Kepha"  bila diterjemahkan ke Yunani sebenarnya adalah "Petra". Tetapi dalam bahasa Yunani dikenal kata benda betina (Feminime Noun), kata "Petra" adalah Feminim noun dan bila digunakan untuk menyebut Simon Petrus maka agak janggal (tidak mungkin laki-laki dipanggil dengan nama perempuan) oleh karena itu penterjemah menggunakan kata "Petros".  (spt yg saya contohkan "Gita" untuk perempuan dan "Gito" untuk laki-laki, namun artinya adalah tetap sama Gita = Nyanyian, tidak mungkinkan anak laki diberi nama ''Gita".
Klaim ini tidak hanya dibuat Teolog Katolik tetapi juga Protestan(yang benar, tdk anti Katolik) dan Ortodoks.

lihat ayat2 yang lain: 

''Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)." Yoh 1 : 42

''Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan''. Gal 2 : 9 (St. Paulus pun memanggil Petrus dengan Kefas, mereka menggunakan bhs Aram) 

Anda punya arti lain dari kata "Kefas"????
Jadi Pemahaman Petrus =/= Petra itu jelas provokasi orang2 protestant yang memang anti thd Gereja Katolik. Lagi pula sekarang coba anda jelaskan kepada saya sdr hai hai, anda kan dari kalangan protestant yang mengklaim Petrus =/= Petra, karena Petra bersifat feminim dan Petros bersifat maskulin, lalu pertanyaan saya, "Mengapa pengakuan Petrus itu bersifat feminim?" (krn protestant mengatakan Petra adalah mengacu pada pernyataan Petrus, bahwa Yesus adalah Mesias), lalu apa penjelasan anda, mengapa pernyataan itu bersifat feminim?
 
Terimakasih. Tuhan beserta kita.
M23's picture

@agape, Petrus =/= Petra

Salam sejahtera,

Saudara Agape, saya tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam ilmu bahasa, namun ijinkan saya menyampaikan pengertian saya bahwa       Petrus =/= Petra dalam konteks sbb:

Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Matius 16:16

Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Matius 16:17

Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Matius 16:18

Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." Matius 16:19

Mari kita lihat dalam 1 Kor 10:4;  dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus.

Demikianlah pengertian saya.

Tuhan Yesus memberkati.

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

jesusfreaks's picture

@agape : lo mulai menyesatkan

Kekaguman gw kepada para paus tidak pernah surut. Hanya pengagulanlah yang membuat gw ANTI KATOLIK. Silahkan baca blog2 gw yang SECARA SEMBARANGAN MENGIDENTIKKAN KATOLIK DENGAN AGAMA BABEL.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@m23 : knock out

Kalau pake istilah tinju. KNOCK OUT. Agape mulai menyebalkan.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Luky_Gitaris's picture

Wow

Dan Gereja yang didirikan Yesus bersifat SATU, tidak terpecah-pecah, spt yang diinginkan Tuhan Yesus sendiri dalam Yoh 17 : 21.

Gereja dengan ciri2 tsb adalah Gereja Katolik. Terimakasih.

Hebat euy gereja katolik!! tidak terpecah??

 

hai hai's picture

PETROS VS PETRA

Agape, mohon maaf, saya belum pernah membaca buku Loraine Boettner namun pernah membaca tulisan Pdt. Budi Asali yang banyak mengutip tulisannya. Bila menganggap tulisan-tulisannya salah, ada baiknya anda menuliskan kesalahan-kesalahannya di dalam blog anda.

Saya bukan ahli bahasa Yunani dan Aram, pemahaman saya hanya sejauh melihat kamus saja. Oleh karena anda memahaminya, maka baiklah izinkan saya mengajukan beberapa pertanyaan.  

Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)." Yohanes 1:42


Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus (PETROS) dan di atas batu karang (PETRA) ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Matius 16:18

Bukankah kata Petrus dalam Yohanes 1:42 diterjemahkan dari kata PETROS? Bukankah yang tertulis di dalam Matius 16:18 adalah:

PETROS = Batu Karang - maskulin
PETRA = Batu Karang - feminim

Simon bin Yunus = PETROS
Dasar JEMAAT  = PETRA

Anda mengajarkan bahwa Kristus bertutur dalam bahasa Aram, sehingga kata yang digunakan adalah KEFA. Pertanyaannya adalah, apakah di dalam bahasa Aram ada perbedaan kata MASKULIN dan FEMINIM? Sehingga Matius membedakan ucapan Kristus menjadi PETROS dan PETRA? Apabila Kristus memang mendirikan gereja di atas PETROS, kenapa Matius mencatat bahwa Kristus mendirikan gereja di atas PETRA? Apakah Matius salah tulis? Atau itu hanya gaya bahasa Matius untuk menyebut Petros?

Engkau adalah Petrus (PETROS) dan di atas batu karang (PETRA) ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku.

Apabila Kristus memang mendirikan jemaat di atas rasul Petrus, bukankah kalimat di atas nampak ANEH? Kenapa Dia tidak mengatakan:

Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus, Di atasmulah  Aku akan mendirikan jemaat-Ku …

Saudara Agape, apabila PETRA di dalam Matius 16:18 adalah Simon bin Yunus, bagaimana anda memahami ayat yang dikutip oleh M23, 1 Korintus 10:4? Apakah Petra di dalam ayat tersebut di atas adalah PETRUS? Atau ayat tersebut tidak boleh dikaitkan dengan Matius 16:18?

dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang (PETRA) rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang (PETRA) itu ialah Kristus. 1 Korintus 10:4

Agape, menurut anda siapakah yang tidak dikuasai alam maut dalam Matisu 16:18? Apakah dia adalah Petrus yang menjadi dasar GEREJA atau GEREJA yang didirikan oleh Kristus?

Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

J-Lh0's picture

Petros vs Petra

Waduhhhh.....

baru masuk di komunitas ini, aq langsung merasa orang yang tidak tau apa2.....

mau komentar ntar tambah salah.... Satu point yang mungkin bisa saya berikan setelah membaca Petros vs Petra:  "we are one in Jesus" .....

 

GB

agape's picture

Temans sekalian, kiranya

Temans sekalian, kiranya sudah cukup saya memberikan penjelasan2 mengenai Mat 16 : 18. Ringkasnya Petrus = Kefas (kepha) = Petra, semua hanya masalah terjemahan di Injil Matius yang menggunakan bhs Yunani yg menggenal feminine noun dan masculin noun. Karena Yesus berbicara dalam bahasa aram, dan jelas Tuhan Yesus memberikan nama baru kepada Simon bin Yunus, yaitu kepha (english = kefas), dan pada saat Tuhan Yesus berbicara dalam Mat 16 : 13-19 itu, Yesus berbicara didepan para murid yang lain, dan para murid mengerti siapa kepha yang dimaksud Tuhan Yesus, yaitu Petrus.
 
Petrus memang berarti batu karang, hal ini bisa di check di kamus Alkitab (letaknya di halaman belakang Alkitab), baik Versi Protestan (tanpa Deuteriokanonik) maupun versi Katolik sama2 sepakat bahwa "Petrus" berarti "Batu Karang".  Ayat 1 Kor 10 : 4 sangat keluar dari konteks, lagi pula sangat tidak konsisten.... di Mat 16 : 18 protestant mengklaim bahwa batu karang = pernyataan Petrus, lalu di  1 Kor 10:4  mengklaim bahwa batu karang = Yesus sendiri. Wah ini namanya suka2 donk... menafsirkan ayat sesuai kebutuhan (dicocok-cocokkan dan dikait-kaitkan sesuai kebutuhan untuk mendukung argumennya), yang penting harus ditolak pengertian Petrus=Petra=Kefas=Batu Karang! Apakah hanya itu tujuannya??
 
So, yang benar menurut anda, yang anda ikuti yang mana nih....., batu karang versi protestant itu adlah pernyataan Petrus (Yesus adalah Mesias) atau Yesus sendiri (orangnya) ?
Sebenarnya "batu karang"  dalam tradisi ibrani tak pernah dikenakan kepada siapapun kecuali kepada Tuhan, sehingga pemberian nama Kepha (kefas) oleh Yesus kepada Simon adalah menunjukkan keistimewaan pemberian wewenang untuk mewakili diriNYa.
Jangan setiap kata batu karang yang ada di Alkitab lantas dihubung-hubungkan dengan Mat 16 :18, wah bisa kacau nih.... (lihat Kis 27 : 29 dan Why 6 : 15-16, bagaimana anda membaca kata "batu karang" di ayat2 tsb? Jelas ini lepas dengan konteks Mat 16 : 18) 
 
Saya tidak memaksakan anda2 semua untuk percaya bahwa Petrus memang Uskup Roma (biasa disebut Pope atau Paus) yang pertama, dan setelah St. Petrus, Uskup Roma digantikan oleh St. Linus..... lalu St. Anakletus..... lalu St. Klemens I ......  St. Evaristus..... dst samapai sekarang yang ke 265 adalah Pape Benedictus XVI...... temans boleh percaya boleh tidak.... tapi yang penting itulah faktanya.
 
Memang kenalilah buahnya dari pohonnya.... saya tidak heran kalau para reformed sangat anti dengan Gereja Katolik dan Paus. Bagaimana tidak, bapak pendiri reformed injili yaitu stephen tong adalah memang anti katolik dan sangat jealousy dengan Paus, dan ini bukan tuduhan belaka, saya adalah saksi hidup yang pernah mendengar khotbah2 dari stephen tong. Setiap kali kotbah pak tong selalu tidak bisa untuk menahan diri tidak mengolok-olok gereja lain, tidak Katolik tidak sesama protestantnya denominasi lain, teritama pentacosta (karismatik).... kayaknya pak Tong sangat kuatir tidak laku gereja buatannya, takut umatnya sedikit; karena dia sangat mengharapkan perpuluhan dari umatnya. Bahkan seorang penginjil GRII mengajarkan bahwa kalau kita melihat orang miskin atau berkekurangan kita tidak boleh memberikan uang perpuluhan kita kepada orang tsb, meskipun katakan hanya 50% atau 25% nya (dari perpuluhan) itu sekalipun. Perpuluhan harus 100% diberikan kepada ''gereja'', kalau mau memberi orang miskin kita disuruh mengeluarkan uang sendiri lagi di luar perpuluhan itu.
 
Ohhh...tragis...benar2 tragis.... saya trenyuh dan prihatin mendengar hal itu..... ajaran ini benar2 tidak sesuai dengan ajaran kasih Tuhan Yesus sendiri. Bahkan seorang pemuda yang bertanya kepada Yesus tentang bagaimana memperoleh hidup yang kekal, Yesus menjawab : "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." (Mat 19 :21), Tuahan Yesus tidak mengatakan: "Juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada rumah Tuhan....." Seperti klaim protestant bahwa perpuluhan harus dan mutlak hukumnya diberikan kepada rumah Tuhan.
 
Calvin sendiri dilukiskan sbg seorang yang bermuka tegang & tidak ramah dan sangat membenci Paus. Sehingga kita dapat lihat bagaimana pohonnya, begitulah buahnya. Calvin sebagai soko guru dari stephen tong, dan stephen tong sebagai soko guru dari orang reformed.
 
So, manusia mempunyai freewill, saya tidak memaksakan orang2 refomed dan semua denominasi2 protestant untuk mempercayai apalagi mengakui otoritas Uskup Roma/Paus. Jangan sampai nanti diskusi ini berujung pada debat kusir yang tidak ada gunanya sama sekali, apalagi debat kusir yang tidak dengan charity.
 
Bagi siapapun yang merasa jengkel atau sebal dengan tulisan2 saya diatas, saya mohon maaf. Saran saya kalau anda tidak setuju atau tidak sependapat bahkan tidak ingin memikirkan sedikitpun apakah hal itu benar demikian, sebetulnya simple saja.... tinggal anda tidak usah percaya, beres kan?? Memang menjadi Katolik itu berat, dianiaya... difitnah... dari mereka2 yang katanya sama-sama percaya Yesus.... bahkan mereka (protestant) memberikan tuduhan2 yang sangat keji kepada Gereja Katolik dari pada umat agama lain yang tidak mengimani Yesus (non-Kristen).
Pesan Tuhan Yesus kepada murid-muridNYA  inilah yang menguatkan orang Katolik:

"Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia dunia membenci kamu''. (Yoh 15 : 18-19).

Terimakasih. Dominus Vobis cum.

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

tak kusangka tak kuduga

"Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia dunia membenci kamu''. (Yoh 15 : 18-19).

seumur2 gue ga pernah nyangka bahwa akan ada orang katolik yang mengucapkan dua ayat diatas untuk melegitimasi apa yang disebutnya sebagai "berat, dianiaya, difitnah".

biasanya, yang mengucapkan dua ayat ini adalah orang kristen baru yang berasal dari agama lain, yang teraniaya, dimusuhi keluarga, dsb seperti pernah dialami priska dan sekarang sedang dialami oleh dimishia. kasus lain, dua ayat ini, biasanya juga dipakai oleh orang karismatik ketika ajaran2 khas karismatik dicerca oleh orang macam hai2. kasus lain lagi, dua ayat ini adalah favorit kaum anabaptis dimana mereka merasa dizolimi oleh kaum protestan. dsb. dll. etc.

tapi katolik....??? dengan segala kekuatan pendanaan dan politik yang mereka miliki, kok bisa2 nya merasa "berat, dianiaya, difitnah"? ada2 aja, dunia emang udah kebalik2 kayaknya, hahahaha... siancai siancai.

ebed_adonai's picture

@agape: luka hati....

Salam kenal sebelumnya agape...

Tafsiran agape punya dasar tersendiri. Tafsiran teman-teman yang lain juga punya alasan yang kuat. Saya mengerti.Tapi saya tidak akan bicara soal tafsiran.....

Maaf kalau saya salah, tapi saya menangkap adanya luka hati yang dalam dari tulisan anda. Dalam proses rekonsiliasi misalnya, luka hati ini bisa menyulitkan pihak-pihak yang akan berdamai, karena luka hati ini akan membuat seseorang selalu merasa sebagai pihak yang tertindas. Dan jika seseorang sudah merasa dirinya sebagai pihak yang tertindas, akan sulit baginya untuk melihat sebuah peluang di depan untuk berdamai dengan pihak yang dianggap sebagai penindasnya.....

Menurut hemat saya kira dalam debat iman Kristen hal yang sama juga berlaku. Perdebatan agape dan kekasih-kekasih lainnya di blog ini sebenarnya menjadi masukan yang sangat berharga bagi kami semua, sampai saat luka-luka lama yang seharusnya sudah kering di dalam kasih Kristus dibuka kembali. Akan menjadi tambah kisruh, sekiranya kekasih-kekasih yang lain juga terpancing untuk membuka luka-luka lama mereka sendiri, karena sejarah Kekristenan (serta Yudaisme dan Islam juga) penuh dengan kejadian yang menyebabkan luka mendalam bagi masing-masing pihak.....

Maaf kalau ada kata-kata saya yang kurang berkenan.....

Senang mengenal anda, agape kekasihku...

Shalom!

(...shema'an qoli, adonai...)

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

king heart's picture

@agape : Sayang sekali....

Patut disayangkan ternyata sambutan hangat dan terbuka dari teman teman di SS ini ternyata dibalas dengan cara yang kurang terpuji dan terkesan kampungan ( maaf jika salah ).

Anda bisa melihat respon beberapa teman yang mengkritisi tulisan yang beberapa orang yang mengaku alkitabiah terhadap beberapa doktrin katolik maupun hal lain dengan begitu arogan, menyebelah namun tidak berbobot. Itu sebab ketika anda mulai berkomentar bahkan menulis di sini tanggapannya sangat positif. Awalnya tulisan anda cukup berbobot dan santun, sehingga harapannya terjalin diskusi hangat namun saling membangun. Sampai saat anda menulis komentar ini :

Saya tidak memaksakan anda2 semua untuk percaya bahwa Petrus memang Uskup Roma (biasa disebut Pope atau Paus) yang pertama, dan setelah St. Petrus, Uskup Roma digantikan oleh St. Linus..... lalu St. Anakletus..... lalu St. Klemens I ......  St. Evaristus..... dst samapai sekarang yang ke 265 adalah Pape Benedictus XVI...... temans boleh percaya boleh tidak.... tapi yang penting itulah faktanya.
 
Memang kenalilah buahnya dari pohonnya.... saya tidak heran kalau para reformed sangat anti dengan Gereja Katolik dan Paus. Bagaimana tidak, bapak pendiri reformed injili yaitu stephen tong adalah memang anti katolik dan sangat jealousy dengan Paus, dan ini bukan tuduhan belaka, saya adalah saksi hidup yang pernah mendengar khotbah2 dari stephen tong. Setiap kali kotbah pak tong selalu tidak bisa untuk menahan diri tidak mengolok-olok gereja lain, tidak Katolik tidak sesama protestantnya denominasi lain, teritama pentacosta (karismatik).... kayaknya pak Tong sangat kuatir tidak laku gereja buatannya, takut umatnya sedikit; karena dia sangat mengharapkan perpuluhan dari umatnya. Bahkan seorang penginjil GRII mengajarkan bahwa kalau kita melihat orang miskin atau berkekurangan kita tidak boleh memberikan uang perpuluhan kita kepada orang tsb, meskipun katakan hanya 50% atau 25% nya (dari perpuluhan) itu sekalipun. Perpuluhan harus 100% diberikan kepada ''gereja'', kalau mau memberi orang miskin kita disuruh mengeluarkan uang sendiri lagi di luar perpuluhan itu.

Beropini sih boleh saja, ini juga sama berlaku untuk yang lain namun jika opini tanpa disertai bukti, hanya menjadi tumpahan kemarahan, sakit hati, lalu apa bedanya anda dengan orang yang mengaku alkitabiah ( yang di sebut di atas ) ?

Ketika argumen kita kurang bahkan tidak diterima oleh lawan diskusi, selayaknya kita kembali meneruskan diskusi untuk saling menjelaskan argumentasi masing masing pihak. Jika mengambil cara anda, betapa tidak dewasanya jika tidak boleh disebut kurang beradab dan sopan.

Ilustrasi saya adalah demikian :

Ada seorang pedagang pendatang dari pasar lain berjalan jalan melihat keramaian pasar Klewer. Karena tertarik dengan dagangan yang ada, ia pun mulai bertransaksi, danhasil yang diperoleh ternyata menyenangkan semua pihak. Pembeli untung, penujual pun untung, apalagi si pembeli membayar dengan uang kertas baru keluaran terbaru dan masih wangi bau bank. Seorang pedagang senior pun menawarkan si pendatang ini untuk membuka lapak karena melihat selain membeli, si pendatang inipun mempunyai barang yang tampaknya bagus dan berkualitas untik diperdagangkan.

Gayung bersambut, mulailah si pendatang menggelar dagangannya. Respon positifpundatang, terjadi tawar menawar dengan pedagang lain. Ternyata, kenyataan berbicara lain, si pendatang emosi bahkan mulai tampak garang karena merasa dagangannya dipertanyakan kualitasnya. Alih alih menjelaskan, ia pun mulai menaruh kotorannya di antara barang dagangannya.

Beberapa penghuni pasar mulai resah dan geregetan, karena pasar yang lumayan bersih harus mengeluarkan bau kotoran manusia yang merebak ke seantero pasar. Komentar pun mulai berdatangan salah satunya, " kok bisa ya, pedagang ini duduk dengan tenang di antara kotorannya sendiri?"

Entah bagaimana kelanjutannya, namun kelihatannya para pedagang yang lain sepakat bahwa mereka menolak untuk membantu membuangkan kotoran itu karena jangan jangan kotoran lain telah menjadi daki yang menempel di tubuh dan sulit dibersihkan.

Ah.... ternyata srigala berbulu domba.

 

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

jesusfreaks's picture

@AGAPE : SILAHKAN BERKENALAN

Silahkan berkenalan dengan ANDRE WIDODO.

Klik Disini ... http://andrewidodo.multiply.com/

dia akan buka "KEBOROKAN" KATOLIK...

 

pernah dengar istilah BLACK POPE ?!?!

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

agape's picture

Wah.... andrewidodo  koq

Wah.... andrewidodo  koq dibuat soko guru sdr freak? andre widodo itu sih kenalan laaaaamaaaaa sekali, bahkan dulu sering juga sih dispute dengan dia, yang akhirnya dalam setiap dispute diakhiri dg si dodo yang selalu meng-delete potingan2 saya di blognya, bahkan mem-banned.
Andrewidodo itu hanya seorang kacangan.... argumen2nya dan pengetahuan juga pemahamannya sudah sangat baaasiii...... khas Protestant Fundamentalist yang sangat anti katolik!
Andre widodo itu penganut Jack Chick, lorainne boettner dkk. Dia banyak mengusung propaganda2 mereka. Anda tahu tidak sdr freak, bahwa andre widodo (kita biasa panggil dodo...), juga adalah seorang penganut freemanson (jaringan yahudi yang mempunyai cita2 membangun ''bait allah'' yang ketiga).
Kalau si dodo (andre widodo) sih, itu pembual kelas berat! Kalau sdr freaks mengikuti bualan2 andre widodo sih (dan teman kembarnya si loeci, lihat blognya di multiply), sangat kasihan buanget deh..... tapi kalau anda suka andre widodo dan mempercayai propaganda2 si dodo ini.... ya itu juga terserah sdr freaks, bebas2 aja sih.... he...he..he...

Baca juga disini http://inhocsigno.multiply.com/ ini blog untuk me-refute semua kebohongan andre widodo.

Perlu sdr freak dan semuanya ketahui, sebenarnya menghadapi seorang spt andre widodo itu bukan pada tataran kita orang katolik yang mengerti ajaran Katolik, dispute2 si dodo  ini sudah sangat basi dan itu2 saja.... tidak ada yang baru dari fitnahan2 keji protestant.... semua sudah basiii dan sangat dangkal.
Terimakasih. Dominus Vobis cum.
jesusfreaks's picture

@agape : fakta bukan kebenaran

Fakta bukan kebenaran. Tapi kebenaran itu fakta. Hahaha... Saling menuduh freemason. Bukankah fundamentalis, katolik dan freemason SANGAT MENYUKAI ANGKA SATU. Satu pemerintahan dunia. Satu tatanan baru. Hahaha...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

angelcraft's picture

Pertanyaan

Saya mo tanya nich kepada saudara Agape.

Siapa yang menentukan pengganti Petrus sebagai Paus?

Bukankah Paulus yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus untuk memberitakan Injil kepada bangsa-bangsa lain selain Israel?

Tetapi firman Tuhan kepadanya: "Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagiKu untuk memberitakan namaKu kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel. Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena namaKu." Kis 9:15-16

Bagaimana pendapat anda mengenai Kitab Wahyu tentang tujuh jemaat? Disitu ada tujuh jemaat yang berbeda-beda, dimana terdapat kelebihan dan kelemahan, hanya ada 2 jemaat yang tidak ditegur Tuhan yaitu jemaat Smirna dan jemaat  Filadelfia. 


 

Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. (Surat Yakobus 1:22)

__________________

Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. (Surat Yakobus 1:22)

BUNGUL's picture

@Agape:PAPALISME dan Primat Petrus

Salam kenal,

Saudara anda memang seorang Katholik yang sangat memahami ajaran katolik anda, saya melihat anda dulunya seorang reformed, tapi reformed yang mengundurkan diri ternyata ya dan sekarang terpaut ke iman katolik. Anda memasuki pasar klewer ini dan mau berdiskusi dengan orang-orang protestan, maka anda memang harus selalu siap sedia menghadapi pertanyaan dan diskusi-diskusi di sini. Saya seorang protestan dan jelas berbeda pandangan dengan anda.

Orang katolik memegang PAPALISME dan primat Petrus. Ayat penting yang menjadi dasarnya adalah di Mat 16:18-19 yang ditafsirkan oleh kalangan anda bahwa di atas Petra (Petrus) akan dibangun jemaat Tuhan, itu berarti di atas kepemimpinan Petrus dan suksesinya yaitu para Paus maka sidang jemaat berdiri. Dari Efesus 2:18-20 bahwa gereja dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi dan dari Wahyu 2:14 disebutkan Yerusalem Baru didirikan di atas 12 batu dasar (petra), yaitu para rasul. Berdasarkan Alkitab, apakah Petra dimaksudkan kepada Petrus secara pribadi? TIDAK!

Perlu diingat bahwa di antara para Rasul, Petrus nampak yang paling bersemangat meledak-ledak, tetapi Petrus juga yang paling sering diperingatkan Yesus tentang penyangkalannya dan ia pernah dimarahi Yesus karena dikuasai iblis (Mat 16:23).

Selain itu, menurut saya, dalam katolikisme peran Roh Kudus jadi tidak jelas sebab digantikan peran gereja dan para imam yang dapat menjadi perantara hubungan Tuhan dan manusia.

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

__________________

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

hai hai's picture

@ Agape, PETRA bukan PETROS

Agape Menulis: Temans sekalian, kiranya sudah cukup saya memberikan penjelasan2 mengenai Mat 16 : 18. Ringkasnya Petrus = Kefas (kepha) = Petra, semua hanya masalah terjemahan di Injil Matius yang menggunakan bhs Yunani yg menggenal feminine noun dan masculin noun.

Agape, penulis kitab Matius adalah Santo Matius. Dia menulis kitab Matius dalam bahasa Yunani. Alkitab bahasa Yunani sama sekali tidak diterjemahkan dari bahasa Aram. Ada sebagian orang Kristen, saya menyebut mereka kaum Namais, yang berusaha menegakkan TEORI bahwa kitab Penjanjian Baru ditulis dalam bahasa Ibrani. Sebuah teori yang menurut saya Lucu, bila dipercayai oleh seorang Katolik sejati.

Agape Menulis:
Karena Yesus berbicara dalam bahasa aram, dan jelas Tuhan Yesus memberikan nama baru kepada Simon bin Yunus, yaitu kepha (english = kefas), dan pada saat Tuhan Yesus berbicara dalam Mat 16 : 13-19 itu, Yesus berbicara didepan para murid yang lain, dan para murid mengerti siapa kepha yang dimaksud Tuhan Yesus, yaitu Petrus.

Agape, Kita tidak tahu apa yang dikatakan oleh Yesus Kristus selain yang dicatat oleh Matius. Dan Matius dengan jelas mencatat bahwa Kepha adalah PETROS sementara Kristus mendirikan gereja di atas PETRA. PETROS bukan PETRA. Agar ajaran Kristus mendirikan gereja di atas PETROS itu benar, anda harus MENGAJARKAN:

1.    Santo Matius SALAH CATAT
2.    Alkitab sudah DIMANIPULASI orang Kristen sehingga Petros jadi Petra

Agape Menulis:
Petrus memang berarti batu karang, hal ini bisa di check di kamus Alkitab (letaknya di halaman belakang Alkitab), baik Versi Protestan (tanpa Deuteriokanonik) maupun versi Katolik sama2 sepakat bahwa "Petrus" berarti "Batu Karang".

Agape, sejak kapan Katolik sejati menjadikan KAMUS Alkitab menjadi STANDARD kebenaran? Ha ha ha … Tentu saja sejak anda menyadari bahwa hal itu mendukung TEORI Kristus mendirikan GEREJA di atas PETRUS.

Agape Menulis:
Ayat 1 Kor 10:4 sangat keluar dari konteks, lagi pula sangat tidak konsisten....

Saudara Agape, anda masih ingat kalimat tulisan anda ini?

Agape menulis:
Pak ha hai, suatu ajaran/doktrin (cth. predestinasi calvin ini) pas atau cocok dengan salah 1 ayat di Alkitab, tetapi bertentangan/kontradiksi dengan ayat2 yang lain di Alkitab, bertentangan dengan 1 ayat saja meskipun serasa pas/cocok di ayat yang lain, otomatis ajaran/doktrin itu gugur dengan sendirinya. Maka itu dalam memahami apa yang dimaksud oleh Wahyu Allah yang ditulis dalam alkitab secara benar, kita tidak boleh asal comot ayat lalu di -pas2 kan dengan faham yang kita anut. Memahami dan mengerti apa yang ingin Allah katakan kepada manusia melalui Alkitab, Alkitab harus dimengerti secara utuh dan menyeluruh.

Saudara Agape, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat; Izinkanlah saya menasehati anda dengan mengutip kalimat-kalimat anda sendiri.

Agape Menulis: di Mat 16 : 18 protestant mengklaim bahwa batu karang = pernyataan Petrus, lalu di  1 Kor 10:4  mengklaim bahwa batu karang = Yesus sendiri. Wah ini namanya suka2 donk... menafsirkan ayat sesuai kebutuhan (dicocok-cocokkan dan dikait-kaitkan sesuai kebutuhan untuk mendukung argumennya), yang penting harus ditolak pengertian Petrus=Petra=Kefas=Batu Karang! Apakah hanya itu tujuannya??

Saudara Agape, memang ada sebagian Theolog Prostestan yang mengajarkan bahwa PETRA adalah PERNYATAAN Petrus: Kristus adalah Mesias, Anak Allah sejati. Bukankah saya sudah menjelaskan kepada anda bahwa TEORI tersebut SALAH? Karena TEORI tersebut SALAH, itu bukan BUKTI bahwa TEORI Kristus mendirikan GEREJA di atas PETROS benar.

Saudara Agape, anda sudah tahu bahwa teori tersebut SALAH, kenapa menjadikannya untuk membenarkan TEORI gereja Katolik?

Agape Menulis: So, yang benar menurut anda, yang anda ikuti yang mana nih....., batu karang versi protestant itu adlah pernyataan Petrus (Yesus adalah Mesias) atau Yesus sendiri (orangnya) ?

Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Matius 16:18

dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus. 1 Korintus 10:4

Yang benar adalah yang diajarkan oleh Alkitab.

Kristus mendirikan GEREJA di atas PETRA bukan PETROS
PETRA adalah KRISTUS bukan PETRUS
Alam MAUT tidak menguasai Kristus namun berkuasa atas PETRUS
Gereja didirikan di atas KRISTUS; KRISTUS mengalahkan MAUT maka alam maut tidak berkuasa atas Gereja


Saudara Agape, SILAHKAN BUKTIKAN bahwa ajaran demikian SALAH. Buktikanlah dengan Alkitab sebagai STANDARD kebenaran, bukan apa KATA orang.

Agape menulis:
Memang kenalilah buahnya dari pohonnya.... saya tidak heran kalau para reformed sangat anti dengan Gereja Katolik dan Paus. Bagaimana tidak, bapak pendiri reformed injili yaitu stephen tong adalah memang anti katolik dan sangat jealousy dengan Paus, dan ini bukan tuduhan belaka, saya adalah saksi hidup yang pernah mendengar khotbah2 dari stephen tong. Setiap kali kotbah pak tong selalu tidak bisa untuk menahan diri tidak mengolok-olok gereja lain, tidak Katolik tidak sesama protestantnya denominasi lain, teritama pentacosta (karismatik) ....

Saudara Agape, Ini daftar buku-bukunya dan ini cuplikan kotbah-kotbah Stephen Tong. Kenapa anda tidak mengutip kata-katanya dan MEMBUKA kedoknya seperti saya membuka Kedok Daud Tony dan Gilbert Lumoindong dan Eku Hidayat? Tanda data yang akurat, anda hanya akan dianggap MEMBUAL kawan.

Agape menulis:
kayaknya pak Tong sangat kuatir tidak laku gereja buatannya, takut umatnya sedikit; karena dia sangat mengharapkan perpuluhan dari umatnya.

Agape, nampaknya walau tahu tentang Theologia Reformed, namun anda sama sekali tidak KENAL gereja Reformed Injili sama sekali. Anda sama sekali tidak tahu sistem keuangan gereja Reformed Injili, dan BUTA sama sekali tentang bagaimana cara Stephen Tong membiayai hidupnya dan dari mana uang yang digunakannya berasal.

Agape menulis:
Bahkan seorang penginjil GRII mengajarkan bahwa kalau kita melihat orang miskin atau berkekurangan kita tidak boleh memberikan uang perpuluhan kita kepada orang tsb, meskipun katakan hanya 50% atau 25% nya (dari perpuluhan) itu sekalipun. Perpuluhan harus 100% diberikan kepada ''gereja'', kalau mau memberi orang miskin kita disuruh mengeluarkan uang sendiri lagi di luar perpuluhan itu.

Agape, bila anda tidak membual, maka penginjil GRII itu memang mengenaskan. Dia sama sekali tidak paham ajaran Alkitab tentang perpuluhan. Kenapa anda tidak menyebutkan namanya sehingga kita dapat melakukan konfirmasi sehingga anda tidak dianggap membual?

Agape menulis:
So, manusia mempunyai freewill, saya tidak memaksakan orang2 refomed dan semua denominasi2 protestant untuk mempercayai apalagi mengakui otoritas Uskup Roma/Paus. Jangan sampai nanti diskusi ini berujung pada debat kusir yang tidak ada gunanya sama sekali, apalagi debat kusir yang tidak dengan charity.

Agape, kita baru membahas bahwa Kristus mendirikan gereja di atas PETRA, bukan PETRUS, PETRA adalah KRISTUS, itu sebabnya alam maut tidak berkuasa atas-Nya dan atas GEREJA yang didirikan di atas-Nya. Kita sama sekali belum diskusi tentang PAUS. Bagaimana bila anda menulis blog tentang hal itu sehingga kita bisa mendiskusikannya?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

BUNGUL's picture

@Hai Hai: di atas dasar petra dengan batu penjuru (Kristus)

Pada prinsipnya saya setuju dengan argumen anda yang sangat argumentatif. Namun bolehkah saya menambahkan bahwa gereja didirikan di atas dasar para rasul dan para nabi dengan mengutip ayat berikut sebagimana saya kutip pada komentar saya di atas?:

Efesus 2:18-20 karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa. Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

dan juga ayat dari

Wahyu 21:14 Tembok kota itu dibangun di atas dua belas batu pondasi. Pada batu-batu pondasi itu tertulis nama-nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

Di Wahyu 21:14 disebutkan Yerusalem Baru didirikan di atas 12 batu dasar (petra), yaitu para rasul. Berdasarkan Alkitab, apakah Petra dimaksudkan kepada Petrus secara pribadi? TIDAK kan?

Mohon yang bengkok diluruskan dan yang salah dikoreksi, maklum saya hanya seorang yang ....

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

__________________

BUNGUL,

-:ujilah dan peganglah apa yang baik dan benar:-

king heart's picture

Konfirmasi tambahan...

Agape menulis: kayaknya pak Tong sangat kuatir tidak laku gereja buatannya, takut umatnya sedikit; karena dia sangat mengharapkan perpuluhan dari umatnya.

Agape, nampaknya walau tahu tentang Theologia Reformed, namun anda sama sekali tidak KENAL gereja Reformed Injili sama sekali. Anda sama sekali tidak tahu sistem keuangan gereja Reformed Injili, dan BUTA sama sekali tentang bagaimana cara Stephen Tong membiayai hidupnya dan dari mana uang yang digunakannya berasal.

Agape menulis: Bahkan seorang penginjil GRII mengajarkan bahwa kalau kita melihat orang miskin atau berkekurangan kita tidak boleh memberikan uang perpuluhan kita kepada orang tsb, meskipun katakan hanya 50% atau 25% nya (dari perpuluhan) itu sekalipun. Perpuluhan harus 100% diberikan kepada ''gereja'', kalau mau memberi orang miskin kita disuruh mengeluarkan uang sendiri lagi di luar perpuluhan itu.

Agape, bila anda tidak membual, maka penginjil GRII itu memang mengenaskan. Dia sama sekali tidak paham ajaran Alkitab tentang perpuluhan. Kenapa anda tidak menyebutkan namanya sehingga kita dapat melakukan konfirmasi sehingga anda tidak dianggap membual?

 

Dalam salah satu sesi tanya jawabnya ( untuk jemaat GRII ), Stephen Tong pernah ditanya mengenai apakah perpuluhan wajib diserahkan kepada gereja ( GRII ) ?

Stephen Tong menjawab, seharusnya iya namun ada beberapa perkecualiannya :

1. Jika gereja tidak ada / tidak mempunyai pengeluaran untuk suatu pos tertentu yang menjadi perhatian jemaat ( dirasa perlu ditolong ), maka jemaat boleh mengambil sebagian perpuluhannya untuk membantu, namun jika sudah ada maka selayaknya semua perpuluhan diserahkan kepada gereja.

2. Jika jemaat tetap hendak memberikan sebagian perpuluhannya untuk membantu pada pos yang dirasa perlu dibantu, maka jemaat bertanggung jawab langsung kepada Tuhan untuk menguji motivasinya dalam memakai sebagian uang perpuluhan untuk gereja.

 

Melihat pelayanan Stephen Tong selama ini nampaknya kekuatiran atau bahkan tuduhan terhadapnya akan tamak kepada harta adalah suatu yang mengada ada. Banyak orang, bahkan dari luar gereja dan lingkup pelayanannya yang tak meragukan kebersihan "tangannya" terhadap harta, itu sebab ketika pembangunan gereja dan sarana yang lain, tak sedikit orang di luar GRII yang dengan suka rela memberi sumbangan. Dan sumbangan itu murni dari dalam negeri tanpa sedikitpun bantuan dari negara asing.

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

angelcraft's picture

Yaaa.... g dicuekin... G

Yaaa.... g dicuekin...

G pernah nonton di metro tv yaa? (lupa dah) waktu itu acaranya tentang profil Paus ke berapa gitu, sebelum Paus yang sekarang kayaknya.. Oh ya benar, waktu itu gencar beritanya mengenai siapa pengganti Paus. Di situ dikatakan Paus pernah berkomentar bahwa semua agama menuju surga.

Yaa... menurut g itu sudah tentu salah...  Jadi bayangkan jika Paus memiliki otoritas tertinggi, Iblis tinggal menyesatkan satu orang aja lalu dibawahnya ikut dech...

Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. (Surat Yakobus 1:22)

__________________

Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. (Surat Yakobus 1:22)