Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

sejarah

moron's picture

alkitab absolut ?

blog ini mungkin akan dianggap sebagai penyesatan atau malah serangan kepada kristen protestan... jadi jika "what your so called faith" belom cukup kuat, mending skip saja, ga usah dibaca... tapi tenang aja, melihat kecenderungan SS belakangan ini, kemungkinan besar blog ini akan lenyap dalam hitungan hari karena diberangus oleh Sang Admin ;-)

mikael1067's picture

Sekilas Kereta Api Indonesia 2

Melanjutkan tulisan ane kemaren.

Penyebab selanjutnya:

3. Sikap masyarakat Indonesia pada fasilitas perkeretaapian.

y-control's picture

Balada 4 Generasi

ada cerita tentang generasi sebuah keluarga. si kakek adalah orang yang pintar dan suka bekerja keras. tapi waktu itu zaman masih susah sehingga ia masih hidup miskin. meski begitu, si kakek terus bekerja keras dan belajar dan berusaha merumuskan satu resep cerdas untuk kaya.

KEN's picture

Pesan Khusus untuk Orang-orang Tionghua

Menurut sepengetahuan saya, orang-orang tionghua mulai masuk ke dalam kepulauan Sunda Kalapa pada abad 16 setelah VOC yang sudah masuk pada abad 15. Masuknya VOC dalam rangka penjajahan, sedangkan masuknya bangsa tionghua adalah dalam rangka berdagang.

king heart's picture

Harta Karun Sejarah

Sebulan terakhir ini, di banyak media cetak maupun TV, diberitakan adanya penemuan artefak / harta karun kuno di perairan Cirebon. Ternyata selama beberapa puluh tahun terakhir, banyak penemuan artefak di perairan Indonesia yang luput dari pemberitaan.

y-control's picture

Profesor yang Membakar Buku

Kata Demi Kata Mengantarkan fantasi, Habis Sudah
Bait Demi Bait Pemicu Anestesi, Hangus Sudah
- Efek Rumah Kaca - Jangan Bakar Buku
 
"Where they have burned books,
they will end in burning human beings."
Heinrich Heine
y-control's picture

Dalih Pembunuhan Massal

Di hari yang diperingati sebagai hari lahir Pancasila, tidak ada salahnya mengapresiasi sebuah buku tentang kejadian yang oleh pemerintahan Orde Baru dijadikan bahan untuk membangun mitos Kesaktian Pancasila.
 
Gerakan 30 September 1965 adalah sebuah gerakan yang dilakukan anggota TNI berhaluan kiri dan yang pro Sukarno dengan didukung beberapa petinggi PKI (termasuk D.N. Aidit) dan diketuai antara lain oleh Sjam alias Kamaruzaman (ketua Biro Chusus, badan rahasia PKI untuk menyusup di militer) yang berencana menculik para perwira petinggi Angkatan Darat berhaluan kanan yang pro Amerika, menghadapkan mereka pada Sukarno agar presiden memecat mereka. Definisi di atas jelas belum lengkap. Masih cukup banyak hal yang dikemukakan oleh buku ini sehubungan dengan kejadian yang sebenarnya kecil, tapi membawa dampak yang sangat besar bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia ini. Buku yang versi Indonesianya diterbitkan pada 2008 dan dikabarkan sedang diteliti oleh Kejaksaan Agung tentang perlu tidaknya dilarang ini memang hanya satu dari banyak buku lain yang membahas tentang gerakan yang oleh Sukarno disebut sebagai Gestok (Gerakan 1 Oktober), oleh pemerintahan Suharto disebut Gestapu (Gerakan September Tigapuluh, plesetan dari Gestapo yaitu nama pasukan Nazi) dan oleh buku pelajaran disebut G 30 S/PKI. 
 
crom's picture

Yesus adalah Tuhan semesta alam

Siapa bisa menyanggah Yesus adalah Tuhan?
Takkan ada satu orangpun yang bisa...

Mengapa demikian....?

Karena kebenaran itu sendiri yang mempertahankan dirinya dan bukan orang yang mempertahankan kebenaran itu...

Loh kok bisa begitu?

Pertama-tama lihat dulu sejarahnya....(Point-pointnya aja yah..kepanjangan nanti tuh..)

y-control's picture

Arus Balik

Sejauh ini, buku ini adalah buku tertebal yang tuntas kubaca. Aku sudah sejak lama berniat menghabiskan semua karya Pram. Sekarang niatku pun makin besar. Yang paling tebal (sepertinya) ternyata bisa dituntaskan. Tapi aku tidak sedang membuat perayaan karena sudah membaca novel 750 lebih halaman. Sejak skripsi dan apalagi pertemuan di hotel Majapahit itu, aku makin sulit objektif dengan karya Pram. Tapi, menurutku itu bukan kesalahan.

gbiajohnthebaptist's picture

Tokoh-tokoh Perjanjian Baru yang Membaptist

Biarlah Dia semakin besar dan aku semakin kecil John the Baptist

gbiajohnthebaptist's picture

Tokoh-tokoh Anabaptis yg Dibunuh

Conrad Grebel 1498-1526 AD.

Conrad adalah anak laki-laki dari Jacob dan Dorothea Fries Grebel. Grebel adalah keluarga yang terpandang di Swiss oleh karena itu Conrad memiliki pendidikan yang cukup tinggi. Conrad belajar di universitas Basel dan Wina dan terpengaruh humanisme Erasmus. Ia banyak mempelajari karya-karya klasik Yunani dan Perjanjian Baru dari Zwingly. Di tahun 1522 Felix Manz bergabung di kelas dan menjadi murid Zwingly bersama dengan Grebel. Pada awalnya mereka belajar bahasa dan tidak begitu membahas masalah rohani. Ini adalah strategi Zwingly untuk menarik anak-anak muda dalam mendukung program reformasinya.

gbiajohnthebaptist's picture

Munculnya Kaum Anabaptis

Sejak rasul-rasul tiada, sekelompok kecil orang tetap setia mempertahankan kebenaran dan membentuk jemaat lokal yang independen sesuai dengan karakteristik jemaat Kristus di Perjanjian Baru. Mereka dikejar dan dianiaya dan dipaksa oleh gereja negara untuk bersatu tetapi mereka tetap tidak mau bersatu dengan negara. Mereka menjaga kehidupan yang kudus dan membentuk jemaat yang disiplin tinggi di gua-gua, desa-desa terpencil sehingga jauh dari pengaruh kekuasaan Roma. Ketika mereka menjumpai orang-orang yang menganut kepercayaan Katolik, mereka akan mulai menginjili dan menceritakan kebenaran jemaat Kristus. Seandainya orang yang mereka beritakan Injil bertobat maka mereka menuntut orang tersebut untuk dibaptis ulang yaitu dengan cara selam. Karena bagi mereka cara percik tidak berkenan kepada Tuhan Yesus Kristus. Tetapi jika orang tersebut tidak bertobat maka nyawa mereka menjadi taruhanya karena akan dilaporkan pada gereja negara. Di Grecian Armenia tercatat 100.000 orang meninggal karena penganiayaan kaisar Theodora.

KEN's picture

The Passion of the Christ and Superman Returns

NB: Ini bukan tulisan untuk lomba menulis SABDA Space.

Apakah saudara tahu? Cerita komik asli Superman diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joel Shuster di tahun 1930an, awalnya tidak dimaksudkan untuk dibuat mirip dengan kisah Alkitab. Kedua remaja Yahudi ini tersandung begitu saja dalam plot dimana mereka menciptakan kisah petualangan Superman. Mereka menggambar dari pahlawan-pahlawan Alkitab, seperti Samson, yang adalah orang terkuat di Alkitab, dan Musa, yang menolong pembebasan bangsa Israel dari perbudakan. Kisah yang tidak asing lagi tersebut menjadi satu kisah yang mereka gunakan karena nampaknya itu adalah cara yang paling masuk akal untuk membentuk kisah dari seorang pahlawan yang hebat. Superman juga diciptakan dari kisah kehilangan dari ayah Jerry, yang ditembak mati oleh seorang perampok, dan pada waktu Amerika sedang berperang dengan depresi luar biasa dan dunia sedang bertempur dalam perang dunia II. Mereka mencari figur seorang penyelamat yang bisa mereka impikan, seseorang yang bisa memberikan harapan dan menginspirasi mereka, kata Skelton.

Mod's picture

Hitler, orang yang dipilih oleh Tuhan

Holocaust atau pembunuhan masal orang Yahudi tidak akan pernah terlupakan. Suatu tragedi terbesar mengerikan yang pernah terjadi di sejarah umat manusia dan Hitler adalah aktor antagonis utamanya. Adolf Hitler dan rezim-nya bertanggung jawab atas tewasnya 6 juta kaum Yahudi. Peristiwa ini juga merupakan sebagai sebuah hukuman untuk kaum Yahudi.

garamdunia's picture

Tanya Kenapa, Tanya Kenapa

Sebagian besar dari pembaca tentunya ingat iklan “Tanya kenapa, tanya kenapa” dari A-Mild (versi polisi ngumpet). Pertama kali saya lihat iklan tersebut, saya tidak bisa berhenti tertawa sendiri. Bukan hanya iklan itu menarik dan lucu, tetapi benar-benar menggelitik hati karena menyinggung setiap diri kita sendiri! Memang benar bahwa kita hanya patuh kalau ada yang melihat, coba, tanya kenapa?

y-control's picture

Mengingat-ingat Lupa

Saya kira saya termasuk orang yang mudah lupa. Contohnya kemarin, setelah menghabiskan lebih dari 2 jam di warnet, antara lain untuk mendownload 2 buah ebook yang lumayan besar kapasitasnya, ternyata saya lupa memindahkannya ke flash disk saya. Waktu dan biaya yang dihabiskan selama itu sia-sia saja, yang tersisa hanya campuran kesal, menyalahkan diri (bahkan juga menyalahkan warnet yang sempat mengalami gangguan koneksi sehingga membuat pikiran saya bercabang), sedih, kecewa, dan mentertawakan diri saya sendiri.

kurnia's picture

Penyelamat Yang Tertolak

Sejak kecil dia sudah mengalami penolakan. Sampai pada hari kematiannya juga. Sang 'calon ayah' hendak memutuskan pertunangan dengan ibunya karena dia. Sang ibu, dengan was-was dan mungkin juga malu namun tetap tegar, menyimpan rahasia tentang dia. Belum lagi komentar dari tetangga dan kerabatnya (kecuali mungkin dari salah seorang bibinya).

y-control's picture

ngalor-ngidul bulan agustus

Sejarah itu konon identiknya dengan sesuatu yang sudah tua, usang atau malah sudah punah. Tapi beberapa hari lalu saya ke Jogja dan melihat sebuah buku tergeletak di kamar kos teman saya. Buku itu tentang sejarah, tentang Jakarta pada zaman pemerintahan Soekarno. Siapa sangka yang menulis masih seumuran saya, 25 tahun! "Daftar referensinya juga sangar-sangar," kata teman si empunya buku itu. Memang, ada sedikit 'excuse', si penulis itu adalah anak mendiang tokoh terkemuka dalam bidang kajian sosial di Indonesia. Tapi itu tentu bukan alasan untuk memaklumi prestasinya, toh banyak tokoh hebat tapi anaknya tidak melakukan hal yang sama seperti sejarawan muda tadi itu.