Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Menghadapi guna-guna

Purnomo's picture
Mencintai Yesus berarti berani membayar ongkos. Ongkosnya adalah mencicipi ketakutan bila menghadapi kuasa gelap. Saya berdoa mohon perlindungan Tuhan. Dengan mata tertutup karena ngeri dan berkeringat dingin, saya menegak habis air teh 1 gelas besar itu. Biar teh itu diberi gula, saya tidak lagi bisa menikmati manisnya. Perasaan sih ada sesuatu yang lain di dalamnya.
– o –
          Staf departemen personalia itu masuk ke kamar kerja saya. Waktu itu saya bertugas di unit pemasaran di sebuah kota yang kantornya disatukan dengan pabrik untuk penghematan biaya. Dengan penyatuan ini maka interaksi antardepartemen bisa dilakukan setiap saat dan cepat. Ia orang Kristen sejak lahir. Istrinya adalah sekretaris saya.
 
          “Aku mau bicara di luar kedinasan,” katanya, “atas nama pribadi.” Dia melirik gelas di meja yang berisi teh manis. “Masih berani minum air sumur artesis pabrik yang kandungan kapurnya tinggi?”
          “Kamu sendiri juga minum, mengapa aku takut?”
 
          Setiap makan siang ia selalu ke kantor saya untuk menemani istrinya menyantap bekalnya. Dan 2 minggu ini ia selalu mendesak saya untuk membawa air minum sendiri. “Bagaimana prestasi kerja Prapto?” tanyanya. Prapto adalah karyawan unit produksi yang berhasil lulus test untuk pindah ke unit pemasaran. Bila ia tidak lulus masa percobaan 3 bulan, ia akan dikembalikan ke unit semula.
 
          “Bagus,” jawab saya. Dan kemudian saya menguraikan “bagus”nya itu apa. Tidak pernah terlambat datang. Target harian yang ditetapkan bisa dicapai, bahkan kadang dilampauinya. Tidak ada keluhan dari toko karena ia bisa tetap sopan walaupun pemilik toko mengomel tanpa alasan yang jelas.
 
         “Kamu pasti tahu seperti apa prestasinya di produksi. Selalu terlambat datang. Sering menghilang dari kantornya untuk mencuri tidur di gudang. Tidak punya team spirit. Tetapi di sini ia berubah. Bahkan aku dengar dari office boy-mu ia datang 1 jam lebih awal membantu menyiapkan minum. Apa kamu tidak mengherani perubahannya yang drastis ini?”
          “Siapa dulu bosnya?” jawab saya bergurau.
 
          Ia menggaruk-garuk kepalanya. “Kalau begini aku harus bicara terus terang. Tapi ini rahasia antara kita. Walau kerjanya di unit produksi jelek, atasannya tidak mau memecatnya. Memberi surat peringatan pun tidak. Tahu sebabnya? Dukunnya kuat. Aku dapat informasi dari sumber yang bisa dipercaya setelah pindah ke sini ia setiap Minggu ke luar kota mengunjungi dukunnya. Itulah sebabnya aku mendesak kamu bawa air minum sendiri. Aku kuatir air teh ini sudah diisi guna-guna sehingga kamu jadi lembek dan tanpa sadar memberinya nilai bagus.” Langsung saja muka saya terasa pucat.
 
          Setelah ia pergi, nanar saya memandangi gelas minum saya. Saya percaya apa yang dikatakannya benar karena ia dikenal sebagai staf yang berdisiplin tinggi, tidak memihak, jujur dan bersih. Ia penatua sebuah gereja. Saya tahu sumber yang bisa dipercayanya adalah mata batinnya sendiri. Walaupun ia orang Kristen, rekan-rekan kerjanya tahu ia masih memiliki ilmu mistik. Ia telah melihat “isi” gelas ini. “Bila perlu bantuan,” katanya ketika berpamitan, “lepas dari kedinasan aku siap mendampingimu. Jika kamu tidak tahu apakah aku sedang memfitnah atau tidak, aku antar kamu ke rumah dukunnya. Tidak jauh, hanya satu setengah jam bermobil.”
 
          Bulu kuduk saya merinding. Ada 3 pilihan bagi saya. Pertama, menghindar, dengan membawa minum dari rumah. Tetapi bila Prapto tahu saya menghindar, bisa saja ia mengirim sesuatu yang lebih dahsyat langsung ke rumah saya. Santet, misalnya. Kedua, menggandeng sekutu, meminum air teh ini dengan meminta penangkalnya dari teman yang punya ilmu putih itu. Ini berarti saya belum siap untuk menjadi mempelai perempuan Tuhan Yesus, tetapi baru memacari-Nya. Bukankah dalam berpacaran kita tidak terikat dengan 1 orang saja? Risikonya, saya bisa menomorduakan Yesus dan menomorsatukan ilmu putih. (Tentang hal ini telah saya tulis dalam blog berjudul “Berapa banyak pacar Yesus?”) Pilihan ketiga, menerima tantangan, meminum air teh itu dengan keyakinan atas perlindungan Tuhan Yesus. Masalahnya, apa betul Yesus akan melindungi saya? Ayub saja yang begitu soleh hidupnya, Tuhan membiarkannya dipermak habis oleh Iblis. Apalagi saya yang masih amburadul. Jika itu terjadi, apa saya kuat menanggungnya?
 
          Mencintai Yesus berarti berani membayar ongkos. Ongkosnya adalah mencicipi ketakutan bila menghadapi kuasa gelap. Saya berdoa mohon perlindungan Tuhan. Kemudian, dengan mata tertutup karena ngeri dan berkeringat dingin, saya menegak habis air teh 1 gelas besar itu. Biar teh itu diberi gula, saya tidak lagi bisa menikmati manisnya. Perasaan sih ada sesuatu yang lain di dalamnya. Hiiii.
 
          Setiap pagi, setelah berdoa panjang, dengan mata terpejam dan hati was-was, saya minum air teh yang tersaji di meja kerja saya. Bila perut saya sakit atau tubuh demam, saya panik sekali. Jangan-jangan . . . . Saya tidak malu mengakui, saat itu saya tidak tahu iman saya sembunyi di mana. Waktu 3 bulan masa percobaan Prapto selesai, saya meneliti kembali nilai-nilai hariannya yang saya buat. Ada beberapa kelemahannya, tetapi tidak berarti. Saya yakin nilai-nilai itu betul karena saya hitung berdasarkan catatan-catatan yang berisi data pendukung. Saya yakin saya tidak dalam pengaruh kuasa supranatural. Saya kirim data itu ke unit pemasaran Jakarta karena memang mereka yang membutuhkan tambahan tenaga. Ia dinyatakan lulus. Saya juga tidak celaka sehingga muncul keraguan apakah betul setiap pagi ia memasukkan sesuatu kedalam minuman saya.
 
          Baru 2 bulan Prapto di Jakarta, staf personalia kantor pusat yang dikhususkan membantu para manajer pemasaran dalam masalah SDM menelepon saya.
          “Bagaimana jika Prapto dimutasi kembali ke kota asalnya agar motivasi kerjanya bisa optimal?”
          “Mana bisa?” tanya saya. “Bapak sendiri tahu daerah saya dihitung dari potensi pasarnya sudah kelebihan tenaga setengah orang. Kalau ditambah 1 orang lagi apakah Bapak bisa memberikan jaminan tertulis saya tidak akan dipenalti oleh direktur pemasaran?”
          “Kalau begitu Prapto kamu tukar dengan 1 orangmu.”
          “Saya bingung. Dari dulu Bapak tidak pernah setuju dua daerah pemasaran saling bertukar SDM karena itu memubazirkan biaya transfer yang harus ditanggung perusahaan. Lagipula dengan keseragaman gaji mana ada orang daerah mau pindah ke Jakarta. Bisa bangkrut dia. Apa itu yang mendorong Prapto meminta Bapak mengembalikannya ke kota asal? Sebaiknya Bapak mengingatkannya surat pernjanjian kerja yang ditandatanganinya pada hari kerja pertamanya yang menyatakan bersedia dipindah ke mana saja dan ke pekerjaan apa saja selama gaji tidak diturunkan.”
          “Pur, cobalah kamu tanya bawahanmu. Siapa tahu ada yang mau bertukar tempat dengan Prapto.”
          “Ada yang saya herani,” kata saya tanpa merespon permintaannya. “Mengapa Prapto tidak mengajukan permintaan ini kepada atasannya untuk kemudian dibahas oleh departemen pemasaran? Jika pemasaran sulit membuat keputusan, baru Bapak akan dilibatkan untuk memberi saran. Maaf Pak, saya hanya mengucapkan undang-undang buatan Bapak sendiri. Pak Rachmat, saya kuatir jangan-jangan Bapak sudah kena guna-guna.”
          “Hus, jangan ngawur,” katanya sambil tertawa. “Guna-guna itu bohong-bohongan untuk menguras duit orang yang sedang bingung. Sudah ya, jangan lupa tanya sama bawahanmu.”
 
          Begitu ia memutuskan telepon, saya menelepon manajer pemasaran unit Jakarta yang kantornya tidak seatap dengan kantor pusat. Ia seorang Katolik yang saleh dan kami sering berdiskusi mencari solusi bagaimana tetap bersih dalam perusahaan ini. Ia memberitahu Prapto rajin bekerja dan berkelakuan baik. Pada akhir bulan pertama di Jakarta, Prapto sudah menyampaikan keinginannya untuk kembali ke kota asalnya. Ia menolak karena tahu daerah saya tidak membutuhkan tambahan tenaga. Ia tidak tahu Prapto telah menghubungi personalia. Tetapi ia tidak mempermasalahkannya selama kebutuhan SDM di daerahnya terpenuhi.
 
          Tidak ada bawahan saya yang mau bertukar tempat. Alih-alih menggunjingkan Prapto mereka malah mengherani Pak Rachmat. Mereka heran bagaimana bisa orang yang sangat teguh menegakkan disiplin kerja dan menjaga peraturan kerja bisa bersikap begitu lunak.
 
          Beberapa bulan kemudian ketika saya dipanggil ke kantor pusat saya menyempatkan diri mampir ke kantor pemasaran Jakarta. Seorang rekan Prapto berbisik kepada saya, “Kata Prapto, Bapak orang kuat. Bapak belajar di mana?” Belajar apaan? Agaknya ia sadar telah kelepasan omong sehingga cepat-cepat merubah topik pembicaraan. Tetapi saya terkejut ketika bertemu Prapto. Ia menyalami saya dengan cara yang tidak pernah dilakukannya sebelumnya. Dengan takzim ia membungkuk dalam-dalam sampai tubuhnya nyaris membentuk sudut 90 derajat seperti lurah bertemu menteri. Lalu ia minta maaf tidak bisa berbincang-bincang dengan saya karena ada yang harus segera dikerjakannya. Apakah ini sikap yang sopan dari seseorang terhadap mantan pelatihnya? Mengapa ia bergegas pergi meninggalkan saya seolah-olah saya black debt collector?
 
          Pasti ia telah meracuni saya selama 3 bulan masa percobaan itu. Saya sangat geram sehingga akan meminta atasannya memanggilnya menghadap untuk saya interogasi. Tetapi saya batal melakukannya kala teringat Firman Tuhan dalam Mazmur 91:9-11. “Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.” Mengapa saya harus mempermalukan orang yang sudah kalah?
 
          Malah jiwa saya diselimuti keharuan. Haru akan perlindungan Tuhan atas diri saya yang sehari-hari masih mengecewakan-Nya.  Ah, mana ada allah seperti Allah kita.
 
(end of session)
* semua nama telah disamarkan.
 
 
Kisah-kisah mistis.
bag 4: Menghadapi guna-guna.
joli's picture

Purnomo, sakti..

Seorang rekan Prapto berbisik kepada saya, “Kata Prapto, Bapak orang kuat. Bapak belajar di mana?”

Wah, benar tuh, bapak Purnomo belajar dimana? kok sakti amat?

Haru akan perlindungan Tuhan atas diri saya yang sehari-hari masih mengecewakan-NyaAh, mana ada allah seperti Allah kita.

Purnomo's picture

Joli, jangan memanasi

blogger lain. Yang sakti itu Big Boss saya. Kalau saya sakti masa saya ketakutan?

Salam.

 

lentin's picture

@Purnomo

RE : Mencintai Yesus berarti berani membayar ongkos. Ongkosnya adalah mencicipi ketakutan bila menghadapi kuasa gelap.

Saya mau tanya, apa klo tidak mencintai Yesus berarti tidak akan  mencicipi ketakutan bila menghadapi kuasa gelap ? Atau sebaliknya ?

Saya rasa mencicipi ketakutan bila menghadapi kuasa gelap.itu bukan harga yang harus di bayar oleh anak-anak Tuhan. Bahkan Tuhan tidak menghendaki anak-anakNya punya rasa takut pada kuasa gelap. Dan Tuhan memberi anak-anakNya kuasa untuk menghancurkan kuasa kegelapan.

RE: Haru akan perlindungan Tuhan atas diri saya yang sehari-hari masih mengecewakan-Nya.  Ah, mana ada allah seperti Allah kita.

Yup saya setuju :)  Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. Mazmur 23:4 
 

Purnomo's picture

Lentin, saya setuju dengan

pernyataan Anda, “Saya rasa mencicipi ketakutan bila menghadapi kuasa gelap  itu bukan harga yang harus di bayar oleh anak-anak Tuhan. Bahkan Tuhan tidak menghendaki anak-anakNya punya rasa takut pada kuasa gelap. Dan Tuhan memberi anak-anakNya kuasa untuk menghancurkan kuasa kegelapan.”

 

          Tetapi begitulah keadaan saya saat itu. Saya takut karena belum bisa memercayakan diri sepenuhnya ke dalam tangan Tuhan seperti yang tersirat dalam kalimat “Saya tidak malu mengakui, saat itu saya tidak tahu iman saya sembunyi di mana.”

 

“Bahkan Tuhan tidak menghendaki anak-anakNya punya rasa takut pada kuasa gelap. Dan Tuhan memberi anak-anakNya kuasa untuk menghancurkan kuasa kegelapan.”

 

          Itu saya amini dan begitu pula yang saya katakan ketika memimpin persekutuan doa. Tetapi ketika saya harus memraktekkan apa yang saya amini itu dalam kehidupan nyata, wah beda sekali. Karena itulah saya sering dalam doa berkata, “Tuhan Yesus saya percaya Engkau. Tolonglah saya yang tidak percaya ini.” (Markus 9:24)

 

Salam.

 

mujizat's picture

@Pak Purnomo, soal tenung dan mantera

Shalom,

Sedikit menanggapi blog bapak,...

Pada saat seseorang percaya kepada nama Yesus, apalagi sudah lahir baru, maka proteksi ilahi sudah menyertainya, itulah sebabnya seorang kristen sejati nggak mempan guna-guna maupun santet.

Bilangan 23:21-23


21 Tidak ada ditengok kepincangan di antara keturunan Yakub, dan tidak ada dilihat kesukaran di antara orang Israel. TUHAN, Allah mereka, menyertai mereka, dan soraksorak karena Raja ada di antara mereka.

22 Allah, yang membawa mereka keluar dari Mesir, adalah bagi mereka seperti tanduk kekuatan lembu hutan,

23 sebab tidak ada mantera yang mempan terhadap Yakub, ataupun tenungan yang mempan terhadap Israel. Pada waktunya akan dikatakan kepada Yakub, begitu juga kepada Israel, keajaiban yang diperbuat Allah:

Salam,

Mujizat

Purnomo's picture

Mujizat, kuasa gelap itu ada

tetapi penyertaan Tuhan jauh lebih besar daripadanya.

Itu juga yang tersirat dalam blog saya ini.

Terima kasih untuk komentarnya.

Salam.

 

hai hai's picture

@Purnomo, Alkitab Belum Lengkap?

Dia datang kepada dukun, minta jimat agar berwibawa karena menurutnya bila dia berwibawa, maka orang-orang akan SEGAN bahkan TAKUT kepadanya. Ketika seseorang datang kepadanya untuk mendapatkan KUASA demikian, dukun bijaksana akan berpesan agar dia TIDAK menceritakan bahwa dia telah memiliki WIBAWA. Dukun yang sama juga akan menawari dia untuk datang kembali, karena yang dia berikan hanya bersifat sementara. Baru menyentuh kulit, belum merasuk tulang. Dia pulang dengan keyakinan bahwa dia TELAH memiliki WIBAWA dan berprilaku SOK ngebosi kepada yang bisa dia BOSI.

Selalu akan ada yang melihat perubahan prilakunya dan bertanya. Dia akan cerita lalu berpesan, "Jangan cerita siapa-siapa ya!"

Ketika merasa terancam dia akan mengerahkan ilmunya. Ketika lawan CUEK, dia lalu kembali ke dukunnya dan bercerita. Dukun bijaksana akan memberitahunya bahwa orang itu punya KEKUATAN. Yang paling umum, dukun itu akan berkata, "Ada orang tua yang mengikutinya, rambut putih, jenggot putih dan jubah putih." Dukun yang jail akan mengajarinya MANTERA baru yang harus dibaca lalu diludahkan ke dalam air. Dukun bodoh akan menyuruhnya menggunakan air putih dukun bijaksana akan menyuruhnya menggunakan teh namun tidak boleh pakai kopi. Kenapa tidak boleh pakai kopi? Karena orang tua putih SUKA kopi.

"Bila dia sudah minum ludah anak, mustahil tidak takluk." Itulah kata-kata menyemangati dari dukun. Ketika orang itu kembali karena bosnya nggak takluk walaupun sudah minum air putih atau teh ludahnya. Dukun akan beralasan. "Bukankah seharusnya 7 hari, namun anak hanya melakukannya 6 hari. Itu sebabnya tidak manjur." Dukun lalu akan menawarkan produk baru dengan khasiat sama namun kekuatan yang lebih dasyat. Biasanya dia akan memberikan JIMAT yang harus dicelup. JIMAT demikian yang paling mahal adalah TARING macan. Umumnya pelanggan miskin hanya mampu beli taring babi utan.

Ludah + DAKI taring babi utan. Itulah teh yang anda minum. "Gulanya ditambah biar dia berlaku manis kepada anak!" Itulah pesan dukun. Bila uangnya sudah cukup terkuras, biasanya dukun menawarkan air berisi ludahnya yang harus di campurkan ke dalam teh atau air putih.

Ketika hal itu tidak berhasil, dukun akan menyerah guna menjaga reputasinya. "Nak, dia benar-benar kuat! Mbah tidak sanggup melawannya. Bila bertemu dia, hati-hatilah. bila mbah tidak sanggup, dukun lain pun tidak akan sanggup, jadi hormatilah dia. Dia tahu namun dia diam bahkan pura-pura tidak tahu. Jangan membuatnya marah nanti dia balas dendam."

Mencintai Yesus berarti berani membayar ongkos. Ongkosnya adalah mencicipi ketakutan bila menghadapi kuasa gelap. Saya berdoa mohon perlindungan Tuhan. Dengan mata tertutup karena ngeri dan berkeringat dingin, saya menegak habis air teh 1 gelas besar itu. Biar teh itu diberi gula, saya tidak lagi bisa menikmati manisnya. Perasaan sih ada sesuatu yang lain di dalamnya.

Mas Purnomo, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat. Ketika mendengar gosip air minum saya diguna-gunai, yang saya lakukan adalah memanggil orang tersebut lalu menyuguhinya minuman tersebut setelah saya meludahinya. Tentu saja saya berikan ludah saya yang paling KENTAL. Menurut para dukun, itu adalah cara untuk MENGEMBALIKAN guna-guna. Menurut saya itu adalah cara balas dendam. Apabila menurut saya salah dan menurut dukun benar, tho saya tetap untung dan puas? Ha ha ha ha ...

Cerdik seperti merpati tulus seperti ular. Ketika berlaku cerdik, tuluslah seperti merpati. Ketika berlaku tulus, cerdiklah seperti ular. Anak-anak Allah HARUS lebih cerdik dari anak-anak manusia. Itulah cara anak-anak Allah hidup di dunia.

Mengenal lawan dan mengenal diri sendiri. Seratus kali berperang, seratus kali menang. Mengenal diri sendiri namun tidak mengenal lawan. Seratus kali berperang mungkin kalah mungkin menang. Tidak mengenal lawan dan tidak mengenal diri sendiri. Seratus kali berperang, seratus kali kalah.

Itulah yang diajarkan oleh Sunzi di dalam kitab Sunzi bingfa yang diterjemahkan sebagai The Art of War, padahal artinya adalah Filsafat Perang ala Sunzi. Itu sebabnya ketika orang-orang Kristen mencerca dan mengutuki mereka hai hai justru berteman dengan mereka dan mengamati cara mereka bekerja.

Bila guna-guna, susuk, santet, pelet dan segala ilmu lainnya itu memang ada, kenapa Alkitab sama sekali tidak mencatat kisah nabi, Yesus dan para rasul MEMUNAHKAN ilmu-ilmu demikian? Apabila ilmu-ilmu demikian memang ada, itu berarti Alkitab belum LENGKAP.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Purnomo's picture

Tanpa memakipun hai hai tetap menjengkelkan

          Saya tidak akan tergoncang bila Empek mengatakan, “Pur, kamu goblok, guna-guna, santet, pelet dan segala ilmu hitam lainnya itu bohong. Kamu hanya mengarang cerita biar orang mengatakan kamu hebat karena luput dari serangan itu.”

          Saya kaget ketika Empek mulai menulis tentang ludah dan daki.

          Sepertinya Empek dengan ketulusan merpati membisiki saya  “Prapto tidak ke dukun. Ia meramu sendiri guna-gunanya dengan memasukkan ludahnya, dakinya, keringat dari ketiaknya ke dalam air minummu.” Matilah awak. Langsung saja saya mengingat-ingat apakah dulu kaki Prapto kudisan. Jika betul, pasti ia tidak akan memasukkan keraknya karena mudah ketahuan. Tetapi dengan jarinya ia akan mencolek cairannya yang kental putih agak kekuning-kuningan lalu dengan jari itu ia akan mengaduk teh manis saya sambil bersenandung riang.

           Sekak mat! Mendadak sakit mag saya kumat.

          Walau berbeda pendapat, saya tidak menjilat orang yang menjengkelkan ini bila mengatakan imajinasi Empek itu ada manfaatnya. Yaitu, sebaiknya kita membawa air minum sendiri dari rumah.

          Salam.

 

hai hai's picture

@purnomo, Prapto Ke Dukun

Ms Purnomo, Prapto ke dukun. Dia bukan hanya minta NAMUN berguru. Itu sebabnya ketika bertemu dengan anda di Jakarta dia menyalami anda dengan takzim. Dia menghindar karena takut anda menghancurkan apa yang sudah dia capai di Jakarta. Bila Prapto belum mati, silahkan lakukan konfirmasi. Bila saya slaah, saya akan akuin kesalahan saya.

Ketika menghadapi ilmu-ilmu sakti banyak orang yang berimajinasi lalu menentangnya dengan hasil imajinasi mereka. Saya memilih cara yang berbeda yaitu berguru kepada dukun-dukun untuk memahami ilmu mereka dan melihat mereka menolong pelanggannya.

Di dalam dunia dukun ada tradisi dan ada kata-kata. Salah satunya adalah sebelum unjuk kesaktian, dukun akan barkata kira-kira begini, "Ini bukan untuk menyombong, kepada mereka yang seguru-seilmu, tolong jangan mengganggu!"

Bukankah anda tidak membawa minuman sendiri karena TAKUT disebut pengecut? Saya hanya menunjukkan jalan yang lebih mudah. Undang dia dan persilahkan dia minum. bila saya salah, anda tidak rugi apa-apa. Kisah Prapto sudah berlalu mustahil memperbaikinya lagi. Bila anda bertemu kasus yang sejenis. Anda tahu apa yang sesungguhnya terjadi. Silahkan coba jurus saya. Akan tetap akan disalami dengan takzim tanpa harus minum teh campur segala macam.

Ketika ke Medan bulan Desember kemarin, saya sempat kopdar dengan teman-teman dari GRII dan beberapa anggota M2MC (Methodist 2 Magic Club); murid-murid Vantillian. Salah satu anggota M2MC yang membantu saya dengan kesaktiannya ketika seminar juga hadir. Setelah makan kenyang maka saya siap ngobrol dengan ditemani kopi Medan yang wow ... Setelah ngobrol beberapa saat, saya bertanya kepada orang itu, "Apa agama kamu?" Dia menatap saya lalu menjawab pongah, "Atheis." Saya memujinya, "Bagus! Orang-orang Atheis adalah orang-orang yang jujur. Kenapa kamu Atheis?" Dia memandang saya heran sementara saya hanya nyengir. Dia lalu cerita tentang gurunya yang Atheis namun mengaku punya ilmu sakti yang diperoleh dari dewa-dewi.Dia lalu cerita beberapa trik sulap yang dikuasai gurunya yang menurut gurunya didapat dari dewa-dewi. Saya lalu berkata kepadanya, "Orang Atheis selain tidak percaya Tuhan itu ada juga tidak percaya bahwa dewa-dewi itu ada." Dia kembali memandang saya heran dan saya tetap nyengir. Saat itu Vantillian duduk di sampingnya, saya tidak tahu apakah dia mendengar obrolan kami? Ha ha ha ha .... Saya memberitahu dia no. Hp saya tanpa bertanya no. Hp dia karena yakin dia akan mencari saya. Beberapa saat yang lalu dia SMS dan saya membalasnya. Bila Tuhan mengizinkan saya bertemu dengannya tahun ini, mungkin itulah saatnya untuk membangun ikatan pertemanan di antara kami. Tentu saja saya akan ingatkan dia agar berhati-hati karena saya tidak akan bertanggungjawab bila dia menjadi Kristen. Ha ha ha ha ....

Ada dua dukun yang melepas ilmu untuk menjaili Goerge bush waktu dia ke Bogor, keduanya disiarkan di televisi. Namun Goerge Bush sehat walafiat. Anda tahu kenapa Gorge Bush selamat? Karena dia tahu cara untuk memunahkan kedua ilmu tersebut. Itu sebabnya ketika turun dari helikopter Gorege Bush MELOMPAT bukan melangkah agar bisa mendarat dengan kedua kakinya. Itulah cara memunahkan ilmu santet kedua dukun tersebut.

Anda tahu, melompat dari helikopter berbeda dari melompat dari bus. Bila melompat dari bus maka anda harus mendarat dengan kaki kiri lalu berlari mengikuti momentum gerakan bus. Insya Allah anda akan selamat. Namun ketika turun dari helikopter yang belum berhenti mendarat anda harus mendarat dengan kedua kaki, bila tidak anda akan terjengkang atau kaki anda akan keseleo.

Saya mempelajari ilmu melompat dari bus dari para pedagang asongan di bus antar kota dan mempelajari ilmu melompat dari helikopter ketika jadi pecinta alam dan SAR. Oh ya, saya mendengar suara burung, banyak orang Kristen berdoa untuk goerge bush ketika dia ke Jakarta dan Bogor. Itu sebabnya mereka mengagulkan diri telah MEMATAHKAN ilmu santet.

Salah satu dukun yang nyantet goerge Bush mengaku menggunakan ilmu voodo dan telekinesis. Yang lainnya menggunakan ilmu santet made in Indonesia. Secara teori, cara memunahkan ilmu keduanya berbeda. Keduanya sama sekali tidak mengatakn bahwa Goerge bush akan celaka ketika turun dari helikopter namun akan celaka ketika menginjak TANAH Bogor.

Goerge bush melompat dari helikopter dan kakinya terluka. Silahkan membaca beritanya dan melihat filmnya bila masih ada ketika dia turun dari helikopter. Dengan demikian anda akan tahu kenapa dia terluka.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alvarez's picture

@hai-hai, SIHIR?

Hai-hai :

Bila guna-guna, susuk, santet, pelet dan segala ilmu lainnya itu memang ada, kenapa Alkitab sama sekali tidak mencatat kisah nabi, Yesus dan para rasul MEMUNAHKAN ilmu-ilmu demikian? Apabila ilmu-ilmu demikian memang ada, itu berarti Alkitab belum LENGKAP.

Alvarez :

Ada yang ingin saya tanyakan mengenai sihir yang tercatat dalam Alkitab. 

Apakah sihir ini berbeda dengan ilmu-ilmu tersebut dan

Apakah sihir yang dimaksud oleh Alkitab?

 

Thanks sebelumnya

hai hai's picture

@Alvares, Sebutkan ...

Alvares, sebutkan nama sihirnya maka saya akan beritahu anda triknya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alvarez's picture

@hai, nama persisnya tidak tahu

Waktu Musa ketemu dukun Firaun, dukunnya merubah tongkat menjadi ular, namanya mungkin ilmu ular meliuk-liuk hehehe

Ada teman saya yang mau dicelakain sama tetangganya dulu. Berbagai macam hal aneh terjadi kepada teman saya. Suatu kali saya bareng teman saya tersebut ke rumahnya. Teman saya pucat pasi ketika melihat motornya bergelayut ular besar dan memberitahu saya. Ketika saya berteriak marah, tetangganya yang rumahnya memang gabung tapi disebelah keluar dan mengambil linggis. Walaupun yang saya lihat linggis, entah bagaimana teman saya tersebut melihatnya sebagai ular besar. Hal ini masih menjadi pertanyaan buat saya sebenarnya.

hai hai's picture

@Alvares, Sepuluh Tulah

Alvares, baca saja mulai dari Keluaran 7. Setelah anda mulai membacanya silahkan memikirkannya dengan pengetahuan ini: Bila bisa mengubah ular menjadi tongkat, mustahil tidak bisa mengubah ular yang diubah dari tongkat menjadi tongkat kembali. Bayangkan ketika ular dari tongkat harun menelan ular-ular dukun Mesir itu, mereka mengubah kembali ular-ulr itu menjadi tongkat.

Ular makan katak. Katak makan serangga. Ketika tongkat Harun mengubah memunculkan katak bukankah seharusnya dukun-dukun Mesir mengubah tongkat jadi ular untuk makan katak-katak itu?

Ketika tongkat Harun mengubah debu menjadi lalat, bukankah seharusnya dukun-dukun itu memunculkan katak-katak dari bumi untuk makan lalat pikat itu?

Untuk selanjutnya, silahkan belajar memahaminya, kawan.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alvarez's picture

@Hai, belum paham nih

Bila bisa mengubah ular menjadi tongkat, mustahil tidak bisa mengubah ular yang diubah dari tongkat menjadi tongkat kembali. Bayangkan ketika ular dari tongkat harun menelan ular-ular dukun Mesir itu, mereka mengubah kembali ular-ulr itu menjadi tongkat.

Setelah saya renungkan, rasanya saya belum bisa menangkap maksud hai-hai, apakah maksudnya tongkat harun jadi membesar karena makan banyak ular/tongkat lain? kalau memang sudah dicerna seharusnya makanannya dikeluarkan lagi jadi kotoran?

Ular makan katak. Katak makan serangga. Ketika tongkat Harun mengubah memunculkan katak bukankah seharusnya dukun-dukun Mesir mengubah tongkat jadi ular untuk makan katak-katak itu?

Apakah maksud hai-hai bahwa peristiwa tongkat ular dukun Mesir yang dimakan tongkat ular Harun hanyalah perlambang dan bukannya peristiwa sebenarnya? Setelah saya renungkan cukup lama saya merasa tidak mengerti juga maksud hai-hai, daripada mengira-ngira nggak karuan lagi, lebih baik langsung nanya hehehe

 

hai hai's picture

@Alvares, Ular Makan Tongkat

Alvares, pernah lihat ular makan tongkat kayu? Apabila ular-ular yang sedang dimakan oleh ular Harun berubah menjadi tongkat, bukankah ular harus akan keselek tongkat?

Yang dilakukan oleh para dukun Mesir adalah trik sulap. Tidak ada tongkat yang berubah menjadi ular yang ada hanya tongkat berganti tempat dengan ular. Seperti kertas koran yang dimasukan ke dalam topi lalu keluar kelinci. Seperti tongkat yang berubah menjadi bunga.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Hannah's picture

Ilmu sihir ada di Alkitab

2Taw. 33:6 Bahkan, ia mempersembahkan anak-anaknya sebagai korban dalam api di Lebak Ben-Hinom; ia melakukan ramal, telaah dan sihir, dan menghubungi para pemanggil arwah dan para pemanggil roh peramal. Ia melakukan banyak yang jahat di mata TUHAN, sehingga ia menimbulkan sakit hati-Nya.
 
Kalo ilmu sihir itu cuma sulap seharusnya sihir gak termasuk dlm 'daftar' dosa yg dilakukan raja Manasye bin Hizkia. 
Sulap bersifat entertainment jadi kalo sihir = sulap berarti seharusnya Tuhan gak melarang sulap/sihir tp pd kenyataannya gak begitu.
Sihir itu ada dan Tuhan gak suka sihir.
 
Di kitab Wahyu malah dibilang tukang sihir akan mengalami kematian kedua.
Kalo tukang sihir = tukang sulap masak ampe dibilang bakal masuk neraka? Wong tukang sulap itu kan entertainer saja.
 
Why. 21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."
 
"When all think alike, no one is thinking very much." - Walter Lippmann
__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

hai hai's picture

@hannah, Sihir Dari hongkong

Sulap adalah ilmu dan seni melakukan hal-hal gaib yang tidak ajaib. Pesulap menggunakannya untuk menghibur, dukun memanfaatkannya untuk menipu sementara pengkotbah menceritakannya sebagai kekuatan Iblis (okultisme) untuk mencuri kebajikan.

Hannah meyakininya setengah mati karena bloon dan malas belajar serta sok tahu.

Hannah, sihir dan segala tetek bengeknya itu tidak ada karena:

  1. Allah tidak memberi kuasa kepada Iblis dan roh-roh jahat untuk menyamar menjadi dewa-dewi.
  2. Allah tidak memberi kuasa kepada Iblis dan roh-roh jahat untuk melakukan hal-hal gaib yang ajaib.
  3. Hal-gal gaib yang ditunjukkan oleh para dukun dari seluruh dunia tidak lebih dari trik sulap belaka.

hannah, elu tunjukkin trik sakti para dukun generasi ini maka gua akan tunjukin ke elu trik yang mereka gunakan.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Hannah's picture

@Hai2

Kalo sihir gak ada, apa penjelasan elo utk ayat2 di komentar gw itu dan ayat2 di bawah ini?
 
Yes. 2:6 Sungguh, telah Kaubuang umat-Mu, yakni kaum keturunan Yakub, sebab di mana-mana mereka melakukan tenung seperti yang di Timur dan sihir seperti orang Filistin, dan orang-orang asing di antara mereka terlalu banyak.
 
Mi. 5:12 (5-11) Aku akan melenyapkan alat-alat sihir dari tanganmu, dan tukang-tukang peramal tidak akan ada lagi padamu.
 
Nah. 3:4 Semuanya karena banyaknya persundalan si perempuan sundal, yang cantik parasnya dan ahli dalam sihir, yang memperdayakan bangsa-bangsa dengan persundalannya dan kaum-kaum dengan sihirnya.
 
Kalo sihir itu gak ada dan adanya sulap, dan sulap adl sebuah ilmu/seni (kata elo), apa arti ayat di bawah ini yg mensejajarkan sihir dgn perbuatan daging?
 
Gal 5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
 
"When all think alike, no one is thinking very much." - Walter Lippmann
__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

hai hai's picture

@hannah, Sihir Itu sulap Bloon

Hannah, elu ngaku sakit ginjel lalu ke dukun yang namanya Damianus Wera di Surabaya. Elu disuruh tiduran lalu baju elu disingkap. Dia akan melakukan operasi gaib lewat perut elu. Di elus, di kilik-kilik, ditusuk-tusuk. Ada darahnya lalu dia ambil sebuah batu kecil yang katanya batu ginjel elu. Dia lap pake kapas, dan perut lu jadi bersih seperti semula. Muka elu aja yang masih tersipu-sipu karena kegelian. Lu bisa baca di sini dan di sini. jug adi sini.

Elu pengen cowok-cowok terpikat lalu ke untuk pasang susuk. Dia akan tunjukin jarum susuknya, terbuat dari emas murni. Dia sebutin harganya dan setelah elu bayar dia mulai baca mantera. Tentu saja elu akan disuruh telanjang sebab susuknya selain dipasang di muka juga akan dipasang di NENE pake N, pantat, pinggul dan paha. Dukun itu lalu akan mengelus bibir elu lalu dia akan menusukkan susuk di sana. slep, susuknya ngilang, katanya masuk ke daging. Dia lalu akan elus-elus NENE elu dan lakukan hal yang sama. Juga tempat-tempat lainnya. 

elu pulang dang bergaya NGGANJEN karena merasa cantik dan seksi berkat susuk, padahal itu hanya pengaruh elusan si dukun. Sementara itu dukun akan nyengir di rumahnya sambil berkata, "gile bahanol juga tuh cewek? Gua dapat elus, dapat duit lagi." Dia lalu akan membereskan jarum-jarum susuknya. Gak ada jarum susuk masuk ke daging elu sama sekali. Jarum-jarum itu ilang karena dia selipin di jrinya dengan trik sulap.

Elu ngaku di santet orang, lalu pergi ke dukun. Dukun itu akan ambil dua buah telur. Yang satu dia pecahin supaya elu bisa liat isinya. Lalu dia akan suruh elu telanjang. Dengan telur yang satunya lagi dia akan telusuri tubuh telanjang elu. Setelah puas membuat elu merinding, dia lalu akan pecahkan telur itu di piring dan elu akan melihat dengan mata kepala elu betapa telur itu selain isinya utuh juga ada darah, paku payung dan beling di dalamnya. Untuk lihat itu silahkan klik di sini.

Karena mengalami sendiri dan melihat dengan mata sendiri elu akan ngotot bahwa dukun-dukun yang elu kunjungi itu memang melakukan sihir. Sementara itu si dukun akan bilang, "Lumayan, hari ini gua bisa ngelus cewek sampai dia kegelian gak karu-karuan."

Oh ya kalau elu mau panggil arwah anjing elu yang udah mati juga bisa. Dukunnya akan panggil arwah anjing itu merasuki meja. Silahkan klik di sini.

Bagi dukun itu hanya trik sulap di tambah ngasih enak sementara bagi pasien itulah SIHIR alias ELMU.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Hannah's picture

@Hai2, gw perlu tip-ex gak?

Coba deh baca ulang komentar2 gw seblum ini.
Gw lg ngomongin sihir dlm skala luas yg ada di Alkitab yg elo bilang gak ada.
Cuma krn elo tau ada segelintir oknum yg menipu dgn pura2 jadi dukun gak berarti ilmu sihir gak ada krn spt kata gw ke smile di blog yg lain cuma krn banyak pendeta bisa bikin mujizat boongan gak berarti kuasa Yesus itu boong.

Jadi sekali lagi tolong jelasin apa arti ayat2 yg gw sebut di komentar2 gw sblumnya dan kalo emang sihir gak ada, apakah gw harus tip-ex kata2 'sihir' dr Alkitab gw dan menggantinya dgn kata 'sulap'?

"When all think alike, no one is thinking very much." - Walter Lippmann

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

bintang seven's picture

@hannah kayaknya...

Yang dilakukan oleh para dukun Mesir adalah trik sulap. Tidak ada tongkat yang berubah menjadi ular yang ada hanya tongkat berganti tempat dengan ular. Seperti kertas koran yang dimasukan ke dalam topi lalu keluar kelinci. Seperti tongkat yang berubah menjadi bunga.

hannah cuma nyambungin kayaknya itu udah menjawab deh...mungkin maksudnya sihir itu bukan sulap tapi klo lo mau tipe-ex ganti aja dg kata menipu. bayangin raja di tipu...diistananya sendiri dg byk mata...kayaknya orang mesir adalah pesulap yg lebih jago dr david copervield...bayangin waktu perform diindonesia katanya si david copper ini bawa peralatan lebih dari 2 ton...diistana raja ada tongkat yg dan ular yg banyak? gak mendesisi tuh ular2nya?.......

krn kata si suhu sulap itu seni bukan Tipu Menipu...dan orang juga nonton sulap bayar mahal2 bukan utk ditipu.... tp menikmati seni tingkat tinggi...cuma agak aneh ular di siapin duluan...lo kan ahli sihir itu belum tau musa mau ngapain dg bawa2 tongkat....

mungkin maksudnya begitu...klo sihir=tipu, ya = dosa juga...

cuma klo belum puas dg trik sulap ala bangsa mesir yg dia bilang spt topi keluar dari kelinci...bisa lo tanya2 lagi...silahkan dilanjutkan...

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Hannah's picture

@B7 bukan masalah dosa/gak dosa, mas..

B7: hannah cuma nyambungin kayaknya itu udah menjawab deh...mungkin maksudnya sihir itu bukan sulap

Justru Hai2 menganggap sihir itu sulap dan sulap itu cuma trik saja, katanya. Jadi gw cuma mempertanyakan komentar skeptis Hai2 terhadap ilmu sihir scr general.. 

Semua ini terpicu dr komentar Hai2 yg ini:

Bila guna-guna, susuk, santet, pelet dan segala ilmu lainnya itu memang ada, kenapa Alkitab sama sekali tidak mencatat kisah nabi, Yesus dan para rasul MEMUNAHKAN ilmu-ilmu demikian? Apabila ilmu-ilmu demikian memang ada, itu berarti Alkitab belum LENGKAP.

Alkitab emang gak lengkap tp ilmu sihir itu ada dan ilmu sihir itu bukan sulap.
Sulap itu seni entertainment, gw setuju, tp ilmu sihir itu bukan sulap.
Ilmu sihir melibatkan alam roh dan Alkitab mencatat adanya alam roh itu.
Jadi gw gak tau knp Hai2 begitu skeptis thdp ilmu sihir dan me-generalisir bahwa ilmu sihir itu adl trik sulap dan seakan2 semua dukun itu penipu.
Hai2 uda bersikap skeptis tanpa dasar trus ngata2in Hannah pula padahal komentar gw itu ada ayatnya. Tanpa Hai2 sadari dia uda menghina penulis Alkitab tuh   hihi ..

"When all think alike, no one is thinking very much." - Walter Lippmann

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

hai hai's picture

@hannah, Percayalah, Anda Sudah Ditelanjangi

Hannah adalah wanita pintar. Sebelum melihat dengan mata kepala sendiri dan menghitung setiap helainya, dia nggak akan percaya bahwa dia sudah ditelanjangin.

SULAP dibalik = PALUS bukan PALSU

PALSU berasal dari DUA suku kata yaitu: PAL + SU. Entah siapa yang memulai namun kata itu lalu dibalik menjadi SULAP guna menyebut pertunjukkan SIHIR. Itulah yagn diajarkan ETIMOLOGI (ilmu asal-usul kata) bahasa Indonesia tentang kata SULAP.

Belajar tanpa berpikir, sia-sia. Berpikir tanpa belajar, BERBAHAYA.

hannah hanya BERPIKIR namun TIDAK belajar. Hal itu BERBAHAYA.

Withcraft (sihir) gak sama dengan magic tricks (sulap). Yg satu berhubungan dengan dunia roh, yg lainnya menggunakan keahlian dan kecepatan tangan. Sihir tetaplah sihir. Kalo seiring perkembangan jaman kemudian dibuat istilah baru (sulap), itu gak berarti sihir = sulap karena maknanya uda beda.

Dari mana hannah tahu bahwa Withcraft BEDA dengan magic? Sihir BEDA dengan SULAP? Dari mana hannah TAHU bahwa Withcraft alias SIHIR berhubungan dengan dunia ROH sedangkan SULAP alias magic berhubungan keahlian dan kecepatan tangan?

kembali yang terjadi adalah hannah hanya BEPIKIR namun TIDAK belajar. Itu BERBAHAYA!

Hannah, untuk benar benar memhami SIHIR alias SULAP anda pertama-tama harus belajar dari sumber-sumber pustaka. Setelah itu anda juga harus belajar dari sumber-sumber di lapangan.

contoh belajar dengan cara yang benar.

Anda beli trik sulap korek api melayang di atas kartu. Harganya Rp. 30.000. Anda lalu cari sumber pustaka, siapa penemu trik sulap itu? Bila anda menemukan sumber pustaka yang bagus, misalnya, buku Mind Game - Andre cole. Andre cole adalah penemu trik jalan di atas air. dia pesulap pertama di dunia yang jalan di atas air.

Setelah mempelajari sejarah trik tersebut maka anda akan tahu bahwa trik itu adalah MINIATUR dari trik bulu burung melayang dari para dukun Indian.

hannah, niwei harus tahu bahwa ketika hai hai bilang, trik korek api melayang di atas kartu = trik bulu burung melayang di atas tikar Indian, itu bukan tanpa alasan.

Damianus Wera mengaku menguasai ilmu OPERASI GAIB dari ARWAH ayahnya yang mengunjunginya suatu hari ketika dia masih bekerja sebagai SATPAM di Kalimantan. Saat itu dia diwarisi sebatang pisau puasaka. Pisau pusaka itu hilang namun ilmunya tidak hilang sama sekali. dia bisa mengoperasi dengan pisau Cutter atau pisau apa saja, bahkan bila kepepet menggunakan kukunya.

Dia mengaku Setiap hari memotong minimal SATU ekor ayam untuk persembahan kepada ARWAH ayahnya dan Tuhan. Ayam itu dia potong secara pribadi di dalam kamarnya. Hal itu dia lakukan untuk menjaga kesaktiannya. Selain kesaktian operasi gaib, Damianus Wera juga dikenal dengan kesaktian mengubah kertas tisue menjadi obat. CAranya adalah dia meremas-remas kertas tisue lalu HUP, dia menggengamnya dan ketika dibuka sudah berubah menjadi bungkusan obat atau kapsul.

Dia juga mengaku punya kesaktian menghisap serangan santet dengan telur. Telur, katanya telur mentah. Buktinya dia menunjukkan dua butir telur, yagn satu dipecahkan isinya telur biasa. Yang satu lagi dilakban ke tubuh. Beberrapa saat kemudian, telur itu berubah menjadi telur matang. Santet membuat telur MATANG.

Apakah Damianus Wera membual? TIDAK! Buktinya?

  1. Para dukun mengakui kesaktiannya
  2. Para pengkotbah mantan dukun, Ev. Daud Tony, Pdt. Dr. Eku Hidayat MA, Ev. Harun Jusuf dan banyak lagi, mengakui bahwa kesaktiannya itu ASLi dan diperoleh dari Arwah alias setan. Dari mana mereka tahu? Dari Roh Kudus. Katanya.
  3. Para pengkotbah Alam Roh, Pdt. Gilbert Lomindong, Pdt. Pariadji dan masih banyak lagi, mengakui bahwa kesaktiannya itu ASLi dan diperoleh dari Arwah alias setan.Dari mana mereka tahu? Dari Roh Kudus. Katanya.
  4. Para pengkotbah Reformed, Pdt. Budi Asali, Pdt. Ir. Herlianto, Pdt. Sucipto subeno, dll, mengakui bahwa kesaktiannya itu ASLi dan diperoleh dari Arwah alias setan. Dari mana mereka tahu? Dengan menganalisanya dengan Alkitab sebagai standard kebenaran dan bimbingan Roh Kudus.
  5. Banyak ilmuwan mengakuinya sebagai kesaktian. Dari mana mereka tahu? Dari FILM yang disiarkan oleh telvisi-televisi swasta Indonesia.

Nah, hannah, niwei juga boleh menonton film-filmnya untuk MEMBUKTIKAN bahwa Damianus Wera memang SAKTI. Silahkan klik di sini dan di sini dan di sini. Setelah nonton kasih opini ya? Sebab hai hai bilang yang dilakukan oleh Damianus itu adalah TRIK sulap biasa.

hannah, hai hai selain BELAJAR, dia juga BERPIKIr, itu sebabnya dia BENAR dalam hal SIHIR alias SULAP. Kenapa demikian? KArena dia benar-benar PAHAM yagn ditulisnya, nggak seperti anda yang menyangka dirinya tahu karena BERPIKIr.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

PlainBread's picture

SIHIR Ipad

http://www.youtube.com/watch?v=ATpSPNIuj3M

 

"I'm sorry I didn't tell you about the world"

dReamZ's picture

plain, ipad ?

woa.. gw lagi consider ne mo beli or kaga, makanya sibuk lil' research bbrapa hari ini hihi.. binun beli ga ya, kyakna se keren ...

woala oot,, maap2...

PlainBread's picture

Jasmerah Ipad

Kalo elu perlu banget (urgent) dan mampu, ya beli aja kapan pun elu mau.

Tapi lain cerita kalo elu ada berbagai pertimbangan, misalnya duit. Salah satu slogan Soekarno yang terkenal adalah jasmerah, jangan sekali2 melupakan sejarah. Waktu dulu ipod keluar, orang rame2 beli. Tapi baru sekitar 7-8 bulan, harganya drop sekitar $100. Gitu juga iphone. Orang rame2 beli karena gempuran marketing dan hype di luaran, tapi gak sampe setaun, harganya malah sempet drop sampe $200. Malah gak lama setelah itu iphone keluaran lebih baru dan lebih gede sizenya malah dipatok dengan harga yang sama. Jadi kalo patternnya udah kaya gitu, ya terserah elu, mau nungguin karena kemungkinan besar harganya drop atau keluar produk Ipad lebih bagus dengan harga sama, atau kalo emang perlu bgt ya beli secepatnya.

Kalo elu mau, elu juga bisa beli 2 kok. Satunya kirim ke gue *ngarep* :D

 

 

"I'm sorry I didn't tell you about the world"

bintang seven's picture

numpang tanya,....sihir

Damianus Wera mengaku menguasai ilmu OPERASI GAIB dari ARWAH ayahnya yang mengunjunginya suatu hari ketika dia masih bekerja sebagai SATPAM di Kalimantan. Saat itu dia diwarisi sebatang pisau puasaka. Pisau pusaka itu hilang namun ilmunya tidak hilang sama sekali. dia bisa mengoperasi dengan pisau Cutter atau pisau apa saja, bahkan bila kepepet menggunakan kukunya.

Dia mengaku Setiap hari memotong minimal SATU ekor ayam untuk persembahan kepada ARWAH ayahnya dan Tuhan. Ayam itu dia potong secara pribadi di dalam kamarnya. Hal itu dia lakukan untuk menjaga kesaktiannya. Selain kesaktian operasi gaib, Damianus Wera juga dikenal dengan kesaktian mengubah kertas tisue menjadi obat. CAranya adalah dia meremas-remas kertas tisue lalu HUP, dia menggengamnya dan ketika dibuka sudah berubah menjadi bungkusan obat atau kapsul.

damianus wera mungkin salah satu contoh penipu yg dpt dibongkar kepalsuannya....sama seperti gayus tambunan, ketika gayus tertangkap, mungkinkah kita berkata: semua orang pajak adalah tukang tilep?

dg menangkap damianus wera, apakah berarti sihir itu tidak ada? sejak kapan Yesus di alkitab berkata sihir tidak ada? kata sihir ada di alkitab kok....lalu mengapa tukang sihir tertarik dg mukjizat yg dibuat paulus dan minta roh nya paulus? rohnya tk sihir kalah sakti? berarti sihir ada donk cuma masih kalah sakti ama sihirnya paulus? sejak kapan Yesus menjadikan paulus sbg tukang sihir? jgn2 paulus cuma bermain sulap dg menyembuhkan byk orang sakit.

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@B7, Operasi Gaib

B7, operasi gaib bukan hanya ada di Surabaya namun di bagian Indonesia yang lain juga ada. Saya tahu pasti yang dilakukan oleh seorang dukun di Cirebon dan di puncak, tekniknya sama karena sudah menguji apa ayng mereka lakukan.

Andre cole pernah menguji yang di Pilipina dan di Thailand. Teknik yang mereka gunakan sama walaupun bumbunya berbeda.

Seperti yang sudah saya uraikan, bahwa di dunia ini, SIHIR untuk pertunjukkan baru MUNCUL pada tahun 1700-an. Sebelum itu semuanya dianggap SIHIR alias dilakukan dengan KUASA kegelapan. apakah SIHIR pertunjukkan alias SULAP itu temuan baru? BUKAN! Sebagian besar adalah trik trik kuno. BAru pada jaman Houdinilah para pesulap aliasn MAGICIAN terpicu untuk menciptakan trik-trik baru.

Bagi dunia hiburan, Houdini adalah seorang penghibur besar. Bagi dunia sulap Houdini adalah seorang pesulap hebat. Namun bagi para dukun di Eropa dan Amerika Hoidini adalah seorang PENYIHIR yagn memiliki kekuatan sihir luar biasa.

Apakah SIHIR di dalam Alkitab adalah MUJIZAT yang dilakukan oleh Iblis dan setan-setan atau TRIK SULAP yang dilakukan oleh para dukun? Alkitab mengajarkan bahwa Iblis dan setan-setan TIDAK berkuasa memberi kuasa kepada manusia.

Pertarungan antara Elia dan 450 nabi Baal adalah BUKTI bahwa para dukun itu HANYA main TRIK alias BULL SHIT.

Saibaba dianggap seorang RESI, YOGI bahkan NABI dan AVATAR, titisan Tuhan. Sampai hari ini pun dia diakui sebagai orang yang memiliki kekuatan sihir yang luar biasa oleh para dukun. Dan dianggap seorang yang melakukan MUJIZAT dengan kekuatan dari Iblis oleh para teolog dan pengkotbah Kristen. Keistimewaan dia adalah memunculkan benda-benda dari tangannya, DEBU, CINCIN emas, DAUN, dan lain sebagainya. Namun apa yang terjadi ketika DIA diuji secara diam-diam dengan kamera? Trik sulapnya TERBONGKAR.

Yang pertama kali membongkar trik sulap dia adalah seorang pesulap Kristen, teman Andre Cole. Saat itu Saibaba menawarkan uang 1jt US$ untuk membeli rekaman filmnya namun dia menolaknya mentah-mentah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

@hai2

Bila guna-guna, susuk, santet, pelet dan segala ilmu lainnya itu memang ada, kenapa Alkitab sama sekali tidak mencatat kisah nabi, Yesus dan para rasul MEMUNAHKAN ilmu-ilmu demikian? Apabila ilmu-ilmu demikian memang ada, itu berarti Alkitab belum LENGKAP.

mengapa hrs dimusnahkan? toh penyesatan juga masih dibiarkan, katanya penyesatan memang harus ada tp celaka yg mengadakannya. apa kesimpulannya gak salah suhu? kalau sihir dari dulu tidak ada, gw cuma mikir, Yesus mengadakan mukjizat, bukankah itu menandakan IA sedang menunjukkan bhw Roh Allah juga ada beserta DIA?

 Roh memang tidak kelihatan, tp dpt ditunjukkan dg mukjizat Yesus yg diluar rasio. begitu juga diabolos dan setan2, kalau Yesus punya mukjizat, setan punya sihir.

Yesus jarang mengadakan mukjizat? kalau setan jarang melakukan sihir adlah hak Yesus dan setan2. kalau setan tidak diberi kuasa, mengapa murid2 baru bisa mengusir setan dg kuasa Yesus? bukankah artinya setan itu juga punya kuasa? sehingga murid2 perlu dibekali dulu utk menghadapi mereka?

damianus wera, andre cole, houdini, saibaba yg memakai TRIK dijadikan alasan bhw sihir tidak ada, menurut gw mereka memang bukan tukang sihir mereka tukang sulap yg meniru2 sihir. yg

anehnya kalau toni daud udah ke gereja, kenapa dia gak mengajari sulap? membongkar sihir=sulap?malah nulis buku ttg dunia roh.

coba bandingkan kedua ayat ini:

Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung ;  dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar.

Tetapi Saulus, juga disebut Paulus, yang penuh dengan Roh Kudus  ,  menatap dia

yg satu penuh dg roh kudus dan bisa melakukan mukjizat, yg satu penuh mempunyai roh tenung shg bisa melakukan sihir......

sama spt orng tak penuh dg roh kudus yg menafsirkan alkitab seenak udel berarti damianus wera, cole, houdini tidak penuh dg roh tenung shg gak bisa sihir tuh...hiahiahaiahaia....salam iseeeennngg...orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Hannah's picture

Hai2 menelanjangi dirinya sendiri

Hai2: Hannah adalah wanita pintar. Sebelum melihat dengan mata kepala sendiri dan menghitung setiap helainya, dia nggak akan percaya bahwa dia sudah ditelanjangin. 

Lho kan kata lo gw 'tolol' kok sekarang beda seh? Yang konsisten dong  
Tapi mending kayak gw-lah daripada elo yang mendasarkan konsep absurd bin mboten2 dari permainan bolak balik huruf. Di Yahoo ada tuh game-nya buat bolak2 huruf dalam 1 kata, namanya "Text Twist".

Hai2: SULAP dibalik = PALUS bukan PALSU
PALSU berasal dari DUA suku kata yaitu: PAL + SU. Entah siapa yang memulai namun kata itu lalu dibalik menjadi SULAP guna menyebut pertunjukkan SIHIR. Itulah yagn diajarkan ETIMOLOGI (ilmu asal-usul kata) bahasa Indonesia tentang kata SULAP.

Kalo misalnya emang benar asal muasal kata SULAP berasal dari PALSU, itu pun GAK membuktikan ilmu sihir itu palsu karena ilmu sihir itu sendiri GAK SAMA dengan sulap.
Trus yang dibold ngaco tuh karena sulap itu sebuah pertunjukkan/tontonan/entertainment, bukan sihir.

 Hai2: Belajar tanpa berpikir, sia-sia. Berpikir tanpa belajar, BERBAHAYA.
hannah hanya BERPIKIR namun TIDAK belajar. Hal itu BERBAHAYA.

Elo tau darimana gw gak belajar? Wong ngomong ma elo gw belajar kok, belajar bersabar!  hahahahaha

Hai2: Dari mana hannah tahu bahwa Withcraft BEDA dengan magic? Sihir BEDA dengan SULAP? Dari mana hannah TAHU bahwa Withcraft alias SIHIR berhubungan dengan dunia ROH sedangkan SULAP alias magic berhubungan keahlian dan kecepatan tangan?

Si oom bacanya cuma sepotong tuh. Gw bilang 'magic tricks', bukan magic.
Magic tricks ma magic itu beda. Coba deh cek google translate.

Gw uda jelasin apa bedanya sihir dengan sulap di komentar gw seblumnya.
Sepengetahuan gw, Alkitab memberi tau kita 2 jenis tukang sihir:

1. Tukang sihir yang punya kuasa untuk bisa langsung mempengaruhi manusia.

Bil. 22:12 Lalu berfirmanlah Allah kepada Bileam: "Janganlah engkau pergi bersama-sama dengan mereka, janganlah engkau mengutuk bangsa itu, sebab mereka telah diberkati."
Bil. 22:35 Tetapi Malaikat TUHAN berfirman kepada Bileam: "Pergilah bersama-sama dengan orang-orang itu, tetapi hanyalah perkataan yang akan Kukatakan kepadamu harus kaukatakan." Sesudah itu pergilah Bileam bersama-sama dengan pemuka-pemuka Balak itu.

Di Bilangan 22 Allah melarang Bileam mengutuki umat Israel.
Hal ini menandakan Bileam sebagai seorang tenung/sihir yang memiliki kuasa untuk mendatangkan celaka ke orang lain. Oleh sebab itu intervensi Allah dibutuhkan untuk mencegah 'ilmu'-nya Bileam mencelakai umat Israel.
Logisnya kalo Bileam cuma tukang SUlap, Allah gak perlu melarang Bileam mengutuki orang Israel karena ilmu sulap itu cuma trik tapi ternyata memang ilmu sihir itu ada makanya Allah ampe intervensi.

2. Tukang sihir yang menjadi pengantara roh (medium):

Kis 16:16 Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar.
16:17 Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya: "Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan."
16:18 Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: "Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Seketika itu juga keluarlah roh itu.
16:19 Ketika tuan-tuan perempuan itu melihat, bahwa harapan mereka akan mendapat penghasilan lenyap, mereka menangkap Paulus dan Silas, lalu menyeret mereka ke pasar untuk menghadap penguasa.

Tukang tenung wanita di kisah di atas dibilang memiliki 'roh tenung'. Hal ini menandakan ilmu wanita itu sebenarnya bukan sebuah keahlian (skill) tapi si wanita hanya berfungsi sebagai pengantara (medium) saja.
Begitu roh tenung itu meninggalkan si wanita, dia tidak lagi memiliki kemampuan untuk melakukan tenung.
Konsep seperti ini hampir sama dengan konsep orang Gerasa yang kerasukan setan (Mrk 5) dalam artian manusia sebagai medium dan dikuasai oleh roh.
Keduanya memberi efek yang supranatural dimana si wanita bisa menenung/sihir dan si orang Gerasa punya kekuatan super ampe bisa mutusin rantainya.

Hai2: Hannah, untuk benar benar memhami SIHIR alias SULAP anda pertama-tama harus belajar dari sumber-sumber pustaka. Setelah itu anda juga harus belajar dari sumber-sumber di lapangan.
contoh belajar dengan cara yang benar.

Sihir bukan sulap. Alkitab sendiri membuktikannya.

Hai2: Anda beli trik sulap korek api melayang di atas kartu. Harganya Rp. 30.000. Anda lalu cari sumber pustaka, siapa penemu trik sulap itu? Bila anda menemukan sumber pustaka yang bagus, misalnya, buku Mind Game - Andre cole. Andre cole adalah penemu trik jalan di atas air. dia pesulap pertama di dunia yang jalan di atas air.

Setelah mempelajari sejarah trik tersebut maka anda akan tahu bahwa trik itu adalah MINIATUR dari trik bulu burung melayang dari para dukun Indian.

Seperti yang gw bilang di komentar gw sebelumnya, cuma karena elo tau trik untuk membuat korek api melayang GAK berarti elo sudah membuktikan sihir itu gak ada karena elo sekedar membuktikan elo cuma bisa MENCONTOH hasilnya saja.

Sewaktu aktor Jim Carrey berjalan di atas air di film Bruce Almighty, dia menggunakan trik. 
Ribuan tahun sebelum film itu dibuat, Yesus dan Petrus pun berjalan di atas air tapi GAK berarti Yesus-Petrus menggunakan trik yang sama seperti Carrey dong.
Jadi pengetahuan elo tentang trik sulap itu sebenarnya gak membuktikan apa2 dalam konteks ini dan malah GAK ada hubungannya dengan ilmu sihir yang ada di Alkitab 

Hai2: Damianus Wera mengaku menguasai ilmu OPERASI GAIB dari ARWAH ayahnya yang mengunjunginya suatu hari ketika dia masih bekerja sebagai SATPAM di Kalimantan...... --- CUT (kepanjangan) ---

Trus napa emangnya kalo misalnya dia tukang sihir asli ato palsu? Apa hubungannya dengan tukang2 sihir yang lain?
Kalo misalnya ada pendeta palsu atau tukang sihir palsu, itu cuma membuktikan kepalsuan mereka sendiri dan GAK membuktikan Yesusnya palsu atau ilmu sihir secara general gak exist.

Hai: hannah, hai hai selain BELAJAR, dia juga BERPIKIr, itu sebabnya dia BENAR dalam hal SIHIR alias SULAP. Kenapa demikian? KArena dia benar-benar PAHAM yagn ditulisnya, nggak seperti anda yang menyangka dirinya tahu karena BERPIKIr.

Elo mengingatkan gw akan tukang obat yang suka jual diri eh mempromosikan dirinya sendiri dan dagangannya: "Saya benar", "Saya hebat", "Obat saya paling manjur", "Ajaran saya paling benar" , "Jangan beli barang itu karena palsu, beli barang saya, dijamin asli" dllsb.
Elo terlalu meresapi istilah 'pasar Klewer' tuh ampe elo jadi kayak tukang obat di pasar   hihi

"When all think alike, no one is thinking very much." - Walter Lippmann

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

hai hai's picture

Hannah, Belajar Sambil Mikir

belajar tanpa berpikir, sia sia. Berpikir tanpa belajar BERBAHAYA.

hannah, kalau mau pinter penuhi keduanya. BELAJAR dan MIKIR. Satu lagi JANGAN potong ayat-ayat Alkitab seenaknya untuk mendukung KEYAKINAN elu.

Kalo misalnya emang benar asal muasal kata SULAP berasal dari PALSU, itu pun GAK membuktikan ilmu sihir itu palsu karena ilmu sihir itu sendiri GAK SAMA dengan sulap. Trus yang dibold ngaco tuh karena sulap itu sebuah pertunjukkan/tontonan/entertainment, bukan sihir.

Sebelum Reginald Scot menerbitkan buku The Discoverie of Witchcraft pada tahun 1584, masyarakat belum tahu BAGAIMANA cara para para tukang SIHIR (Witchcraft) melakukan sihirnya. Buku itulah yang membuka RAHASIA SIHIR para PENYIHIR. Walaupun menunjukkan TANDA-TANDA seolah kekuatan GAIB, namun sesungguhnya TRIK BELAKA.

Jacob Philadelphia (1756-1781) berkeliling mempertontonkannya, BELUM ada tukang sihir yang MEMPERTUNJUKKAN ilmu SIHIRNYA kepada masyarakat untuk HIBURAN dan MENGAJARKAN ilmu pengetahuan. Walaupun NAMPAK gaib namun yang dipertontonkan oleh Jacob Philadelphia adalah TRIK, kebanyakan adalah trik dengan ilmu kimia dan fisika. Apa yang dipertontonkan oleh Jacob Philadelphia adalah ilmu-ilmu sihir para penyihir generasi itu.

Nah, hannah, ketika ngomong "ilmu sihir itu sendiri GAK SAMA dengan sulap" elo BUKAN nggak belajar tapi juga nggak MIKIR tapi SOK tahu. Dari mana elu tahu bahwa SIHIR beda dengan SULAP? Gua jelasin sekali lagi di atas bahwa pada mulanya SULAP adalah SIHIR dan itu nggak pernah berubah sampai hari ini. elo pikir niwei siapa sehingga BILANG beda makanya BEDA? Apa bedanya ilmu sihir dan Sulap? Karena ilmu sihir dari roh sulap pake kecepatan tangan? Bener-bener BLOON! Lu boleh KLAIM gitu sampai kuda gigit JARI, tapi tetep aja itu cuman UCAPAN elu doang yang ngak MIKIR juga nggak BELAJAR.

Si oom bacanya cuma sepotong tuh. Gw bilang 'magic tricks', bukan magic.
Magic tricks ma magic itu beda. Coba deh cek google translate. Gw uda jelasin apa bedanya sihir dengan sulap di komentar gw seblumnya.

hannah, gua tahu magic trick dan magic beda, tapi elu yang nggak paham arti keduanya. MAGIC = SIHIR. MAGIC TRICK = CARA melakukan SIHIR. elu emang jelasin tapi penjelasan elu itu NGACO BELO. Elu tahu apa bedanya MAGIC dan Witchcraft? Bukan karena yang satu pake kecepatan tangan sedangkan yang lain pake roh oon.  Itu cuman ngaco-ngaconya elu aja.

Gua kasih tahu ya. Zaman dahulu kala, yagn disebut MAGIC = perbuatan ajaib. Misal merngubah NIWEI jadi Hannah. Sementara Witchcraft itu misalnya membaca mantera agar si hannah DISUKAI banyak lelaki. Atau disumpahin jatuh miskin.

1. Tukang sihir yang punya kuasa untuk bisa langsung mempengaruhi manusia.

Di Bilangan 22 Allah melarang Bileam mengutuki umat Israel.
Hal ini menandakan Bileam sebagai seorang tenung/sihir yang memiliki kuasa untuk mendatangkan celaka ke orang lain. Oleh sebab itu intervensi Allah dibutuhkan untuk mencegah 'ilmu'-nya Bileam mencelakai umat Israel. Logisnya kalo Bileam cuma tukang SUlap, Allah gak perlu melarang Bileam mengutuki orang Israel karena ilmu sulap itu cuma trik tapi ternyata memang ilmu sihir itu ada makanya Allah ampe intervensi.

Hannah, mbok BELAJAR, jangan cuman MIKIR. Inilah yang dikatakan oleh BILEAM:

Bagaimanakah aku menyerapah yang tidak diserapah Allah? Bagaimanakah aku mengutuk yang tidak dikutuk TUHAN? Bilangan 23:8

TUHAN intervensi? Intervensi dari hongkong? Bileam punya KUASA mengutuk? Kuasa dari hongkong? Bileam itu CUMAN pembual yang BILANG dia punya KUASA untuk mengutuk. Setelah ketemu TUHAN baru dia JUJUR dan NGAKU bahwa yagn punya KUASA mengutuk itu cuman TUHAN. Yang BISA dikutuk itu CUMAN orang yagn DIKUTUK ma TUHAN.

2. Tukang sihir yang menjadi pengantara roh (medium):

Tukang tenung wanita di kisah di atas dibilang memiliki 'roh tenung'. Hal ini menandakan ilmu wanita itu sebenarnya bukan sebuah keahlian (skill) tapi si wanita hanya berfungsi sebagai pengantara (medium) saja.
Begitu roh tenung itu meninggalkan si wanita, dia tidak lagi memiliki kemampuan untuk melakukan tenung.

Hannah WANITA itu GILA. Kalau ngak gila ngapain dia ikutin Paulus dan TERIAK-TERIAK. Kalau dia memang SAKTI udah jadi orang KAYA, bukannya jadi HAMBA. Begitu dia WARAS, bos-bosnya nggak bisa jual KECAP lagi, makanya NGAMUK.

Konsep seperti ini hampir sama dengan konsep orang Gerasa yang kerasukan setan (Mrk 5) dalam artian manusia sebagai medium dan dikuasai oleh roh.

ORang GErasa itu memang kerasukan, tapi BUKANNYA jadi SAKTI tapi GILA. Bisanya cuman menyakiti diri sendiri.

Keduanya memberi efek yang supranatural dimana si wanita bisa menenung/sihir dan si orang Gerasa punya kekuatan super ampe bisa mutusin rantainya.

Kerasukan roh bikin oeerang punay kekuatan SUPER? SUPERMIE kali? Nggak ada SATU ayat Alkitab pun yang mengajarkan bahwa Iblis dan SETAN-SETAN bisa bikin orang SAKTI. Ngak ada satu ayat Alkitab pun yang NGAJARIN bahwa Iblis punya KUASA ngatur idup orang atau punya KESAKTIAN tahu MASA depan. Ayat yang bilang TUKANG RAMAL itu PEMBOHONG ada BANYAK nona.

Mutusin rante itu nggak susah NIWEI. Bahkan banyak orang GILA atau orang BIASA yang bisa memutuskan RANTE yagn teknologinya udah CANGGIH saat ini.  Kalau elu gua rante dan elu tlaten nyentak-nyentak, cepet atau lambat rante itu akan putus karena las sambungannya putus. Jadi sebelum bilang punya kekuetan SUPER elu musti cari tahu dulu kualitas rante yang dipake buat ngerante.

Sihir bukan sulap. Alkitab sendiri membuktikannya.

hannah, hannah, MANA ayat Alkitab yang MENGAJARKAN bahwa SIHIR bukan SULAP? Elo MIMPI ye?

Seperti yang gw bilang di komentar gw sebelumnya, cuma karena elo tau trik untuk membuat korek api melayang GAK berarti elo sudah membuktikan sihir itu gak ada karena elo sekedar membuktikan elo cuma bisa MENCONTOH hasilnya saja.

Hannah, seperti gua bilang, jangan cuman MIKIR tapi BELAJAR. Trik korek api melayang itu = Trik bulu melayang di atas TIKER. Karena trik itu memang asalnya dari SANA. Andre Cole juga membuktikan hal itu. Elo mau bilang NGGAK sama? Jelasin dong bedanya. PERCUMA elo tereak-tereak sampe pohon semangka berdaon sirih klo nggak ada BUKTINYA. TUNJUKIN yang disebut SIHIR beneran maka GUA akan tunjukin TRIKNYA.

NGOCEH beda tanpa BUKTI itu gak ada gunanya nona.

Sewaktu aktor Jim Carrey berjalan di atas air di film Bruce Almighty, dia menggunakan trik.

Dari mana elo tahu Jim Carrey pake TRIK? Elo lihat CARA bikin PILEMNYA?

Ribuan tahun sebelum film itu dibuat, Yesus dan Petrus pun berjalan di atas air tapi GAK berarti Yesus-Petrus menggunakan trik yang sama seperti Carrey dong. Jadi pengetahuan elo tentang trik sulap itu sebenarnya gak membuktikan apa2 dalam konteks ini dan malah GAK ada hubungannya dengan ilmu sihir yang ada di Alkitab 

Nona, JANGAN cuman NGOCEH "beda-beda" tapi nggak ada BUKTI. Buktiin dong SIHIR yang BUKAN sulap. Emangnya karena YEsus dan Petrus jalan di atas air itu berarti SIHIR beda dengan SULAP? Oon bener elu ya?!

Trus napa emangnya kalo misalnya dia tukang sihir asli ato palsu? Apa hubungannya dengan tukang2 sihir yang lain? Kalo misalnya ada pendeta palsu atau tukang sihir palsu, itu cuma membuktikan kepalsuan mereka sendiri dan GAK membuktikan Yesusnya palsu atau ilmu sihir secara general gak exist.

hannah, jangan bloon ah. Gua dah tunjukkin ilmu yang diakui oleh banyak orang sebagai ilmu SIHIR itu adalah SULAP. Jadi elo BUKTIIN dong ilmu SIHIR yang BEDA ma sulap. Emangnya karena elo yakin ada tukang sihir ASLI itu berarti SIHIR yang katanya AJAIB itu ada? MIMPI kalee? DASAR tukang TEREAK doang.

Elo mengingatkan gw akan tukang obat yang suka jual diri eh mempromosikan dirinya sendiri dan dagangannya: "Saya benar", "Saya hebat", "Obat saya paling manjur", "Ajaran saya paling benar" , "Jangan beli barang itu karena palsu, beli barang saya, dijamin asli" dllsb.
Elo terlalu meresapi istilah 'pasar Klewer' tuh ampe elo jadi kayak tukang obat di pasar   hihi

Hannah, gua adalah LEMBAGA konsumen yang MENGUJI semua jualan di pasar KLEWER. Elu adalah TUKANG obat yang TEREAK tanpa BUKTI. Ketika membenarkan maupun ketika menyalahkan gua MENYAJIKAN bukti sehingga semua yagn BACA bisa BUKTIIN sendiri dan MENGUJI sendiri sementara elo hanya TEREAK-TEREAK doang. Gua ingeti lagi.

Elo bilang SIHIR bukan SULAP.

SIHIR dari roh sementara sulap = kecepatan tangan dan keahlian.

BUKTINYA mana? Buktinya mana nona? Buktinya mana niwei? Buktinya di hongkong ya?

Ha ha ha ha ha ha .....

Mana ayat Alkitab yang mengajarkan baha Iblis BERKIASA memberi kesaktian? Mana ayat Alkitab yang mengajarkan bahwa orang menjadi SAKTI mandraguna karena KERASUKAN? hamba perempuan yang GILA itu? Orang Gerasa yang GILA? GILA? YES! SAKTI? No way!

Bileam punya KUASA mengutuk? kuasa dari hongkong? Dia bilang ...... he he he he ... elo baca sendiri dech.

nah, hannah sayang, niwei jangan cuman ngoceh ya, please! Tunjukin sama gua nama DUKUNNYA gua buktiin kalau dia cuman TUKANG sulap doang. Tunjukkin sama gua ilmu sihirnya gua BUKTIIN trik sulapnya.

Uri Geller sampai hari ini masih kekeh jumekeh MENGAKU dirinya punya kekuatan TELEKINESIS. Dia mengaku membengkokkan sendok dengan kekuatan telekinesis. Sampai hari ini masih banyak pengkotbah Kristen yang mengakui kebenaran ucapannya dan menyebutnya mendapat kekuatan itu dari Iblis. FAKTANYA, dia TERBUKTI secara ilmiah HANYA membual doang. non, piknik dong youtube untuk melihat film-film yang membongkar bualannya.

Hannah, coba elu nonton film ini. Namanya Yanagiryuken, dia punya ribuan orang murid di dunia ini. Di dalam dunia persilatan tenaga dalam dia dikenal sebagai salah satu Kiai atau Qi Master paling hebat dan paling banyak muridnya di dunia ini. Anda lihat bagaimana cara dia menghajar murid-muridnya dan membuat murid-muridnya berjatuhan bak daun? apa pendapat elo tentang dia? HEBAT! itu adalah kata yan cocok buatnya.

Suatu hari dia mengadakan tantangan terbuka dengan hadian 5.000 US$ bagi siapa saja yang mampu menghadapinya. coba elu nonton filmnya ketika bertarung dengan seorang petarung muda dengan klik di sini. apa pendapat anda tentangnya sekarang? MENGENASKAN!

Perguruan tenaga dalam Bambu Kuning sangat terkenal baik di Bali, Indonesia maupun dunia. Coba anda nonton film ini. Apa komentar anda tentang tenaga para pendekar perguruan ini? Hebat bukan?

coba anda nonton film ini. Apa pendapat anda tentang ilmu tenaga dalam sekarang?

Hannah, apa yang sesungguhnya terjadi pada para pendekar itu? Kenapa ilmu mereka tiba-tiba HILANG tanpa bekas ketika menghadapi LAWAN yang BUKAN saudara seperguruan? Hannah, bila kamu yang menghadapi mereka, saya yakin kamu akan mengagul-agulkan diri TIDAK mempan tenaga dalam karena memiliki Roh yang lebih besar dari roh yang ada di dunia ini. Namun bukan hal itu yang sesungguhnya terjadi.

Anda tahu? Para pendekar itu sama sekali tidak tahu bahwa MEREKA tidak TAHU. Ketika menghadapi orang luar baru mereka TAHU bahwa mereka TIDAK tahu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Hannah's picture

@Hai2 ngaco absolut

Hai2: hannah, kalau mau pinter penuhi keduanya. BELAJAR dan MIKIR. Satu lagi JANGAN potong ayat-ayat Alkitab seenaknya untuk mendukung KEYAKINAN elu.

Mana ayat yang gw potong2? Coba tunjukin.
Elo sendiri mendukung keyakinan elo tanpa ayat tapi pake ASUMSI dan permainan bolak balik kata ditambah contoh dari segelintir orang yang katanya tukang sihir palsu padahal tukang sulap gak sama dengan tukang sihir.
Gw juga bisa ambil contoh para pendeta palsu yang ampe masuk penjara trus bilang kuasa Yesus itu palsu tapi itu namanya GAK LOGIS jadi gak gw lakuin.

Hai2: Sebelum Reginald Scot menerbitkan buku The Discoverie of Witchcraft pada tahun 1584, masyarakat belum tahu BAGAIMANA cara para para tukang SIHIR (Witchcraft) melakukan sihirnya. Buku itulah yang membuka RAHASIA SIHIR para PENYIHIR. Walaupun menunjukkan TANDA-TANDA seolah kekuatan GAIB, namun sesungguhnya TRIK BELAKA.

Jacob Philadelphia (1756-1781) berkeliling mempertontonkannya, BELUM ada tukang sihir yang MEMPERTUNJUKKAN ilmu SIHIRNYA kepada masyarakat untuk HIBURAN dan MENGAJARKAN ilmu pengetahuan. Walaupun NAMPAK gaib namun yang dipertontonkan oleh Jacob Philadelphia adalah TRIK, kebanyakan adalah trik dengan ilmu kimia dan fisika. Apa yang dipertontonkan oleh Jacob Philadelphia adalah ilmu-ilmu sihir para penyihir generasi itu.

Wah si oom bisanya pake google translate dari sepotong paragraf dari wiki neh. Judul halaman dari kedua orang yang lo tulis di atas adalah 'Magic (Illusion)' yang merupakan sub kategori dari Magic lageee.

Niwei kalo kedua orang itu menyingkap trik sulap para pesulap, so what? Itu gak membuktikan sihir gak ada karena memang sihir gak sama dengan sulap.
Elo aja yang MAKSA menyamakan keduanya tapi elo sendiri GAK BISA menjelaskan kenapa Alkitab memakai kata2 'sihir' dan menghukum berat pelaku sihir. Contoh2 praktisi sihir dalam Alkitab juga gak bisa elo sanggah (seperti tukang sihir di En-Dor, Bileam dan tukang tenung wanita yang gw sebut2 di komentar gw seblumnya).

Hai2: Nah, hannah, ketika ngomong "ilmu sihir itu sendiri GAK SAMA dengan sulap" elo BUKAN nggak belajar tapi juga nggak MIKIR tapi SOK tahu. Dari mana elu tahu bahwa SIHIR beda dengan SULAP? Gua jelasin sekali lagi di atas bahwa pada mulanya SULAP adalah SIHIR dan itu nggak pernah berubah sampai hari ini. elo pikir niwei siapa sehingga BILANG beda makanya BEDA? Apa bedanya ilmu sihir dan Sulap? Karena ilmu sihir dari roh sulap pake kecepatan tangan? Bener-bener BLOON! Lu boleh KLAIM gitu sampai kuda gigit JARI, tapi tetep aja itu cuman UCAPAN elu doang yang ngak MIKIR juga nggak BELAJAR.

Elo tuh yang seharusnya belajar untuk gak ngotot saat uda ketauan salah.
Elo menganggap pengertian elo yang paling benar sementara semua orang lain (sejak Adam) yang mencatat adanya sihir malah elo anggap salah dan boong semua. Elo bisanya ngata2in orang tapi gak bisa ngaca ke absurditas jalan pikiran elo sendiri. Silahkan ngoceh tapi pembaca juga bisa liat elo cuma meneriakkan ke-absurditas-an lo sendiri  hihi
 

Hai2: hannah, gua tahu magic trick dan magic beda, tapi elu yang nggak paham arti keduanya. MAGIC = SIHIR. MAGIC TRICK = CARA melakukan SIHIR. elu emang jelasin tapi penjelasan elu itu NGACO BELO. Elu tahu apa bedanya MAGIC dan Witchcraft? Bukan karena yang satu pake kecepatan tangan sedangkan yang lain pake roh oon.  Itu cuman ngaco-ngaconya elu aja.

 Hahahahaha ELO NGACO! Coba cek kamus deh.
Magic itu memiliki 2 arti: (1) sihir, atau (2) sulap.
Magic tricks itu bisa tipuan sihir atau bisa juga tipuan sulap, tergantung konteks pembicaraan.
Witchcraft, sorcery = sihir.

Kata2 yg dipakai di Alkitab itu witchcraft dan sorcery, BUKAN magic.

Hai2: Bagaimanakah aku menyerapah yang tidak diserapah Allah? Bagaimanakah aku mengutuk yang tidak dikutuk TUHAN? Bilangan 23:8

TUHAN intervensi? Intervensi dari hongkong? Bileam punya KUASA mengutuk? Kuasa dari hongkong? Bileam itu CUMAN pembual yang BILANG dia punya KUASA untuk mengutuk. Setelah ketemu TUHAN baru dia JUJUR dan NGAKU bahwa yagn punya KUASA mengutuk itu cuman TUHAN. Yang BISA dikutuk itu CUMAN orang yagn DIKUTUK ma TUHAN.

Latihan aktifasi otak buat Hai2: Setan2 bisa memasuki tubuh manusia dan membuatnya kehilangan akal sehat. Kemudian Yesus datang mengusir setan2 itu dan setan2 itu masuk ke tubuh babi.
Pertanyaan: Apakah setan2 punya kuasa untuk membuat manusia kehilangan akal?

Saran gw: sblum bilang 'intervensi dari Hongkong' mbok baca baik2 Alkitab elo itu karena jelas2 Allah intervensi di situ dan melarang Bileam mengutuki bangsa Israel.

Pelajaran sekolah minggu: Sebagai bangsa pilihan Tuhan, bangsa Israel dilindungi oleh Tuhan sendiri. Gak ada yang bisa menyentuh bangsa Israel tanpa seijin Tuhan.

Sebagai tukang sihir, Bileam memiliki kuasa untuk menyakiti orang lain tapi biarpun begitu dia harus tunduk pada kuasa Tuhan sama halnya seperti kasus Ayub dimana kuasa Iblis terbentur pada kuasa Tuhan.
Cuma karena bangsa Israel dilindungi Tuhan GAK berarti semua ilmu sihir yang dimiliki dan dipraktekkan oleh bangsa2 non Israel adalah tipuan karena kuasa Bileam itu nyata buat orang2 non Israel makanya Balak ampe manggil Bileam karena nama Bileam uda termashur sebagai tukang sihir.

Kuasa Iblis dan ilmu sihir itu nyata tapi Alkitab bilang anak2 Tuhan punya kuasa yang lebih besar dari itu semua karena Roh Kudus yang ada di dalam mereka. Selain itu Alkitab bilang supaya kita memerangi kuasa2 di udara itu dengan perlengkapan senjata rohani.

Ef 6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Hai2: Hannah WANITA itu GILA. Kalau ngak gila ngapain dia ikutin Paulus dan TERIAK-TERIAK. Kalau dia memang SAKTI udah jadi orang KAYA, bukannya jadi HAMBA. Begitu dia WARAS, bos-bosnya nggak bisa jual KECAP lagi, makanya NGAMUK.

Alkitab bilang wanita itu tukang tenung tuh, bukan gila seperti kata elo. Elo mo bilang penulis Alkitab salah?

Hai2: ORang GErasa itu memang kerasukan, tapi BUKANNYA jadi SAKTI tapi GILA. Bisanya cuman menyakiti diri sendiri.

Yee maksa lo! Wong dibilang orang Gerasa itu mutusin rantai kok! Itu namanya apa kalo bukan sakti heh?
Alkitab juga bilang orang Gerasa itu uda sering kali dibelenggu dan dirantai tapi rantainya diputusin jadi rantainya bukan 1 merek aja tapi mungkin uda pake rantai yang macam2 mereknya tapi gak ada yang mempan tuh.

Hai2: Kerasukan roh bikin oeerang punay kekuatan SUPER? SUPERMIE kali? Nggak ada SATU ayat Alkitab pun yang mengajarkan bahwa Iblis dan SETAN-SETAN bisa bikin orang SAKTI. Ngak ada satu ayat Alkitab pun yang NGAJARIN bahwa Iblis punya KUASA ngatur idup orang atau punya KESAKTIAN tahu MASA depan. Ayat yang bilang TUKANG RAMAL itu PEMBOHONG ada BANYAK nona.

Mana ayat yang bilang tukang ramal itu pembohong? Perasaan yang ada malah elo doang yang maksain ayat dan maksain terjemahan dari bahasa Inggris 

Alkitab mengajar umat untuk menyikapi ilmu sihir dengan serius makanya di jaman PL Allah melarang adanya pelaku sihir dan di jaman PB para rasul memperingati beratnya hukuman bagi para pelaku sihir.

Hai2: Mutusin rante itu nggak susah NIWEI. Bahkan banyak orang GILA atau orang BIASA yang bisa memutuskan RANTE yagn teknologinya udah CANGGIH saat ini.  Kalau elu gua rante dan elu tlaten nyentak-nyentak, cepet atau lambat rante itu akan putus karena las sambungannya putus. Jadi sebelum bilang punya kekuetan SUPER elu musti cari tahu dulu kualitas rante yang dipake buat ngerante.

Jadi maksud elo semua perbuatan supranatural yang Yesus buat juga sebenarnya gak supranatural gitu ya karena semua orang lain juga bisa melakukannya? Berani amat lo ngaconya  hihihi

Hai2: hannah, hannah, MANA ayat Alkitab yang MENGAJARKAN bahwa SIHIR bukan SULAP? Elo MIMPI ye?

Kan uda gw sebutin tuh banyak ayat tentang ilmu sihir yang konotasinya beda ma sulap termasuk terjemahan bahasa Inggrisnya yang beda2. Elo aja yang maksa memakai 1 terjemahan padahal terjemahan 'sulap' yang lo pake itu cuma salah 1 sub kategori dalam kategori Magic.
Alkitab sendiri gak memakai kata 'magic' tapi 'witchcraft' dan 'sorcery' yang secara sempit justru menunjuk kepada sihir, bukan sulap.

Hai2: Hannah, seperti gua bilang, jangan cuman MIKIR tapi BELAJAR. Trik korek api melayang itu = Trik bulu melayang di atas TIKER. Karena trik itu memang asalnya dari SANA. Andre Cole juga membuktikan hal itu. Elo mau bilang NGGAK sama? Jelasin dong bedanya. PERCUMA elo tereak-tereak sampe pohon semangka berdaon sirih klo nggak ada BUKTINYA. TUNJUKIN yang disebut SIHIR beneran maka GUA akan tunjukin TRIKNYA

Dari 'sana' tuh dari mana? Dari Adam? Emang elo atau Andre Cole umurnya setua itu?  
Elo gak perlu percaya kata2 gw. Mending lo baca Alkitab dan percayai bahwa yang ditulis 'sihir' di situ adalah 'sihir' bukan 'sulap'. Yesus jalan di atas air itu sebuah kejadian supranatural, 5 roti 2 ikan buat makan 5000 orang++ itu kejadian supranatural, setan pindah dari orang ke babi itu supranatural dan masih banyak lagi.

Hai2: Dari mana elo tahu Jim Carrey pake TRIK? Elo lihat CARA bikin PILEMNYA?

Jadi elo percaya Jim Carrey di pelem Bruce Almighty bisa jalan di atas air kayak Yesus dan Petrus dulu?

Coba klik ini.
Jadi kalo mo pake LOGIKA aneh bin ajaib versi elo, Yesus berjalan di atas air itu TRIK SULAP karena Jim Carrey di pelem Bruce Almighty membuktikan jalan di atas air itu cuma TRIK saja. Hayo elo berani bilang YESUS PESULAP?  hihi

Selain Jim Carrey, Criss Angel juga bisa lho jalan di atas air biarpun dia blum ngasih tau publik gimana cara dia melakukannya.

Niwei seperti yang uda gw bilang di komentar2 seblumnya, hasil akhirnya mungkin bisa diimitasi tapi itu gak membuktikan cara yang dipakai itu persis sama karena jaman Yesus tentunya blum punya teknologi secanggih waktu pelem Bruce Almighty dibuat dan Yesus gak sama dengan Criss Angel.

Pemikiran elo sama absurdnya dengan pemikiran orang2 skeptis yang bilang Yesus itu penipu karena mereka ternyata bisa mengimitasi mujizat yang Yesus buat padahal logikanya sendiri uda gak nyambung: mengimitasi mujizat gak membuktikan caranya sama.

Hai2: Nona, JANGAN cuman NGOCEH "beda-beda" tapi nggak ada BUKTI. Buktiin dong SIHIR yang BUKAN sulap. Emangnya karena YEsus dan Petrus jalan di atas air itu berarti SIHIR beda dengan SULAP? Oon bener elu ya?!

Elo tuh ngaco gak kira2 ampe secara implisit elo mengisyaratkan penulis Alkitab berdusta dengan memakai kata 'sihir'.
Uda jelas2 ditulis di Alkitab dan sejarah mencatat keberadaan ilmu sihir itu tapi elo seperti biasa kekeuh dan SOK TAU dan MAKSAin bahwa sihir = sulap dan seenaknya ngata2in orang padahal elo sendiri yang NGACO gak ketulungan.

Hai2: hannah, jangan bloon ah. Gua dah tunjukkin ilmu yang diakui oleh banyak orang sebagai ilmu SIHIR itu adalah SULAP. Jadi elo BUKTIIN dong ilmu SIHIR yang BEDA ma sulap. Emangnya karena elo yakin ada tukang sihir ASLI itu berarti SIHIR yang katanya AJAIB itu ada? MIMPI kalee? DASAR tukang TEREAK doang.

Halah baru tau ilmu sulap kelas TERI aja uda sok tau seakan2 elo tau rahasia dunia. Kasian amat seh elo  hahahahaha
Gw percaya sewaktu Alkitab bilang 'sihir' bahwa sihir itu ada karena memang Alkitab sendiri menyatakan adanya alam roh yang mempengaruhi dunia manusia. Itulah sebabnya Paulus nyuruh kita perangi alam roh itu dengan perlengkapan senjata yang rohani juga.
Mending lo baca Alkitab dulu gih seblum ngata2in gw karena akhirnya elo malah ngata2in penulis Alkitab tuh. Jangan lupa minta maap ma Yesus ya ntar malam sblum bobok   hahahaha

Hai2: Hannah, gua adalah LEMBAGA konsumen yang MENGUJI semua jualan di pasar KLEWER. Elu adalah TUKANG obat yang TEREAK tanpa BUKTI. Ketika membenarkan maupun ketika menyalahkan gua MENYAJIKAN bukti sehingga semua yagn BACA bisa BUKTIIN sendiri dan MENGUJI sendiri sementara elo hanya TEREAK-TEREAK doang. Gua ingeti lagi.

Emang elo kapan diangkat jadi lembaga konsumen? Perasaan elo mengangkat diri lo sendiri jadi 'kebenaran absolut' di forum ini dan NGAKU2 jadi lembaga konsumen. Bleh ngikutin kata2 lembaga konsumen kek elo malah bisa nyasar kemana2 dan bukannya ke sorga lage!

Ilmu sihir bukan sulap dan Alkitab menuliskannya. Silahkan elo kata2in gw dengan kata2 jahat apa pun yang lo bisa karena sebenarnya elo bukan ngatain gw tapi ngatain para penulis Alkitab. Arogan absolut tuh namanya!  hahahahaha

"When all think alike, no one is thinking very much." - Walter Lippmann

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

tonypaulo's picture

aktifitas berpikir yang mana Hai?

hannah, kalau mau pinter penuhi keduanya. BELAJAR dan MIKIR. Satu lagi JANGAN potong ayat-ayat Alkitab seenaknya untuk mendukung KEYAKINAN elu.

 

 

Kemudian kira-kira dari kegiatan berpikir yang dilewatkan oleh Hannah, seperti yang anda tuduhkan, dari Thinking Actively in a Social Context (TASC) Problem-Solving Framework, dibawah ini. Kalau anda tidak bisa menentukan aktifitas berpikir mana yang dilewatkan oleh Hannah ketika belajar, maka Hai anda hanya sedang melakukan atraksi sulap…sim sala bim, ketika anda lafalkan mantra “belajar tanpa berpikir” yang sudah usang itu

 

 

hai hai's picture

@Hannah, TOLOL adalah Prilaku

Hannah, seperti yang senantiasa gua bilang, "Tolol adalah prilaku, bukan otak yang daya pikirnya lemah."

Di dalam bahasa Indonesia, SULAP adalah kata baru yang berasal dari kata PALSU yang dibalik. Sebelum ada kata SULAP, kata yang digunakan untuk arti yang sama adalah SIHIR.

DOKTER bukan kata asli Indonesia. Kata asli Melayu untuk dokter adalah TABIB. Di pulau Jawa, TABIB disebut DUKUN. Di Surabaya ada Museum yang namanya Museum SANTET. Umumnya orang-orang KECELE karena menyangka itu adalah MUSEUM ilmu nggak genah-genah. Kenapa demikian? Karena Musium Santet itu milik Departemen Kesehatan. apa yang disebut ilmu santet saat ini pada zamannya adalah ilmu KEDOKTERAN. Musium Santet adalah musium KEDOKTERAN.

Pada tahun 1584, Reginald Scot menulis sebuah buku berjudul: The Discoverie of Witchcraft yang isinya adalah ilmu-ilmu SIHIR para dukun. Pada saat itu dan sebelumnya, pada dukun yagn ketahuan mempraktekkan ilmunya, baik untuk hiburan maupun untuk mencari uang, DIBAKAR oleh JEMAAT Kristen.

Pada tahun 1756 - 1781 Jacob Philadelphia mulai mempertunjukkan SIHIR sebagai HIBURAN. Jean Eugène Robert-Houdin (1805–1871) mulanya adalah seorang TUKANG jam. Pada tahun 1940 membangun Magic Theatre tempat pertunjukkan Ilmu SIHIR. dalam bahasa Inggris SIHIR = MAGIC. Dari Theatre itulah lalu muncul PESIHIR kesohor Harry Houdini (1874-1926). Houdini-lah yang mempopulerkan PERTUNJUKAN sihir di dunia.

Hannah, di Indonesia, SIHIR yang dilakukan untuk menghibur itu disebut SULAP yang berasal dari kata PALSU dibalik.

Pernah nonton film Amerika yang ada dukun Indiannya? Dukun-dukun Indian bisa membuat seseorang masuk ke alam roh. Anda tahu teknik yang mereka gunakan? GANJA, mereka membawa orang masuk ke alam roh dengan MENGISAP ganja. Salah satu unjuk kesaktian para dukun Indian ketika Meeting adalah membuat sebatang bulu burung melayang-layang di atas tikar. Teknik yang digunakan sama dengan yang digunakan oleh para pesulap pemula (anak-anak) membuat sebatang korek api melayang-layang di atas kartu remi.

Bangsa Mesir punya catatan tentang sihir yang cukup banyak di dinding-dinding piramid mereka. Bangsa Tiongkok juga punya catatan-catatan yang lengkap tentang hal demikian. Bangsa Indian dan bangsa Tionghoa masih tetap menjalankan tradisi mereka hingga hari ini. Aliran agama Dao yang masih mempraktekkan ilmu-ilmu sihir mereka saat ini dikenal dengan nama aliran Maosan. Bangsa India juga terkenal dengan ilmu sihirnya. Yang paling top tentu saja para yogi (praktisi Yoga) yang bisa melayang di atas tanah.

Saibaba sangat tekenal di dunia. Dia menyebut dirinya Avatar, bahkan menyebut dirinya titisan Yesus.

Apakah saibaba orang sakti? Bukan. Dia hanya seorang pesulap andal.

Nah, hannah, anda bertanya tentang sihir. Sihir adalah SULAP.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Hannah's picture

@Hai2 PALUS lageee

Hai2: Di dalam bahasa Indonesia, SULAP adalah kata baru yang berasal dari kata PALSU yang dibalik. Sebelum ada kata SULAP, kata yang digunakan untuk arti yang sama adalah SIHIR.

Elo ngaco ah. SULAP dibalik jadi PALUS lagee
Withcraft (sihir) gak sama dengan magic tricks (sulap).
Yg satu berhubungan dengan dunia roh, yg lainnya menggunakan keahlian dan kecepatan tangan.

Sihir tetaplah sihir. Kalo seiring perkembangan jaman kemudian dibuat istilah baru (sulap), itu gak berarti sihir = sulap karena maknanya uda beda.

Hai2: DOKTER bukan kata asli Indonesia. Kata asli Melayu untuk dokter adalah TABIB. Di pulau Jawa, TABIB disebut DUKUN. Di Surabaya ada Museum yang namanya Museum SANTET. Umumnya orang-orang KECELE karena menyangka itu adalah MUSEUM ilmu nggak genah-genah. Kenapa demikian? Karena Musium Santet itu milik Departemen Kesehatan. apa yang disebut ilmu santet saat ini pada zamannya adalah ilmu KEDOKTERAN. Musium Santet adalah musium KEDOKTERAN.

Sekali lagi, liat maknanya dong biar gak NGACO karena sebuah istilah itu berubah2 maknanya sesuai perkembangan jaman.
Istilahnya bisa berubah seiring waktu dan istilah itu beda2 dlm bahasa asing jadi kalo mo membandingkan sesuatu bandingin maknanya dong.

Membandingkan sesuatu cuma berdasarkan istilahnya itu GAK NYAMBUNG namanya. Istilah dukun yg artinya 'tabib' jangan dibandingin dengan istilah dukun yg dipakai jaman sekarang karena makna keduanya aja uda BEDA, yg satu maknanya dokter/ahli kesehatan sedangkan yg lainnya maknanya ahli ilmu gaib/sihir.

Hai2: Pada tahun 1756 - 1781 Jacob Philadelphia mulai mempertunjukkan SIHIR sebagai HIBURAN. Jean Eugène Robert-Houdin (1805–1871) mulanya adalah seorang TUKANG jam. Pada tahun 1940 membangun Magic Theatre tempat pertunjukkan Ilmu SIHIR. dalam bahasa Inggris SIHIR = MAGIC. Dari Theatre itulah lalu muncul PESIHIR kesohor Harry Houdini (1874-1926). Houdini-lah yang mempopulerkan PERTUNJUKAN sihir di dunia.

Bisa tolong tunjukin linknya dimana elo liat kata 'PESIHIR' yg dihubungin ma Harry Houdini? Elo pake google translate ya? 

Harry Houdini itu seorang entertainer, bukan tukang sihir. Dan Brown itu penulis novel fiksi, bukan sejarahwan.. kalo dari awalnya uda ngaco, begini ini jadinya..

Hai2: Hannah, di Indonesia, SIHIR yang dilakukan untuk menghibur itu disebut SULAP yang berasal dari kata PALSU dibalik. 

PALUS, oom, PALUS!    hahaha

Hai2: Pernah nonton film Amerika yang ada dukun Indiannya? Dukun-dukun Indian bisa membuat seseorang masuk ke alam roh. Anda tahu teknik yang mereka gunakan? GANJA, mereka membawa orang masuk ke alam roh dengan MENGISAP ganja.

Apa hubungannya ganja dengan pembuktian bahwa ilmu sihir itu gak ada?
Ganja itu kan cuma salah 1 alat yg digunakan saja...
Dokter butuh pisau operasi untuk memotong kulit pasien bukan berarti kemampuan dokter itu gak ada. Dia cuma butuh alat saja.
 

Hai2: Salah satu unjuk kesaktian para dukun Indian ketika Meeting adalah membuat sebatang bulu burung melayang-layang di atas tikar. Teknik yang digunakan sama dengan yang digunakan oleh para pesulap pemula (anak-anak) membuat sebatang korek api melayang-layang di atas kartu remi.

Cuma karena elo tau triknya membuat korek api melayang bukan berarti orang lain yg membuat barang melayang menggunakan trik yg sama dengan yg lo pake.
Hasil akhirnya mungkin sama, yaitu barang yg melayang, tapi itu GAK membuktikan trik yg dipakai sama jugalaa.
Emang di antara manusia yg tidak terhitung jumlahnya dr sejak manusia diciptakan ampe sekarang cuma ada SATU cara buat bikin benda melayang? Yah kagalaaaa!

Hai2: Bangsa Mesir punya catatan tentang sihir yang cukup banyak di dinding-dinding piramid mereka. Bangsa Tiongkok juga punya catatan-catatan yang lengkap tentang hal demikian. Bangsa Indian dan bangsa Tionghoa masih tetap menjalankan tradisi mereka hingga hari ini. Aliran agama Dao yang masih mempraktekkan ilmu-ilmu sihir mereka saat ini dikenal dengan nama aliran Maosan. Bangsa India juga terkenal dengan ilmu sihirnya. Yang paling top tentu saja para yogi (praktisi Yoga) yang bisa melayang di atas tanah.

Jadi sihir2 yg dicatat dalam peradaban manusia itu semuanya trik sulap aja gitu?

Hai2: Saibaba sangat tekenal di dunia. Dia menyebut dirinya Avatar, bahkan menyebut dirinya titisan Yesus.
Apakah saibaba orang sakti? Bukan. Dia hanya seorang pesulap andal.

Saibaba itu seorang pemimpin gerakan spiritual, bukan tukang sihir, bukan pesulap. Kalo ada yg mengaku mendapat mujizat karena ngikuti ajarannya, itu gak menjadikan Saibaba sebagai tukang sihir.
Konsepnya sama seperti seorang Kristen yg didoain pendetanya trus mendapat kesembuhan, bukan berarti si pendeta itu tukang sihir atau pun tukang sulap.

Hai2: Nah, hannah, anda bertanya tentang sihir. Sihir adalah SULAP.

Tidak. Sihir bukan sulap dan sudah gw jelasin kenapa.
Elo sendiri masih belum bisa ngasih back-up yang kuat untuk mendukung konsep elo. Elo malah menunjukkan kelemahan dasar pemahaman elo yg sepertinya rancu antara perbedaan istilah VS makna dan antara tukang sihir dengan guru agama (pendeta), ditambah dengan SULAP yg dibalik bisa jadi PALSU padahal jelas2 SULAP dibalik jadi PALUS.

"When all think alike, no one is thinking very much." - Walter Lippmann

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

hai hai's picture

@hannah, Membanggakan Kebodohannya

Orang tolol merasa bangga ketika mengagul-agulkan kebodohannya. Hannah membuktikan dirinya orang demikian. Saya sudah menjelaskan fakta-faktanya bila hannah mau kekeh jumekeh dengan ketololannya, SOK ATUH NENG.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Hannah's picture

Hai2 gak bisa menjawab

Gw tuh heran ma orang2 model kayak elo yg hobi banget memakai kata 'tolol', 'bodoh' dkk sewaktu merasa tersudut dan gak bisa membela kelemahan argumennya sendiri.
Apa lo pikir pembaca itu begitu lugunya ampe perhatian mereka bisa dialihkan dari kenyataan bahwa argumen elo lemah banget dan elo gak punya bukti pendukungnya? Kalo elo merasa pembaca begitu lugunya berarti elo uda merendahkan mereka

Yada kalo gak bisa menjawab pertanyaan2 gw di komen itu, gak apa. Silahkan kasih kesempatan buat yg lain untuk membantu elo.
Oya jangan lupa SULAP dibalik jadi PALUS, bukan PALSU ya!  
 hahahahaha

"When all think alike, no one is thinking very much." - Walter Lippmann

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

bintang seven's picture

sulap jadi palus

emang benar sulap kalo dibalik jadi palus bukan palsu, jangan2 ada yg baca alkitab terus kebalik2 jadi lantang bilang orang tolol dan bodoh...padahal dia bacanya sambil jungkir balik....bisa aja...

apakah membaca alkitab secara jungkir balik adalah sebuah entertainemnt alias seni sulap tingkat tinggi? gw gak tau han....gw gak ahli baca2 alkitab sambil jungkir balik...tp klo ngatain orang tolol bin sesat gw juga bisa......hahahahaaha

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

smile's picture

Hannah : smile minta disihir jadi kodok...

Sister Hannah,...

Smile cuma pengen sharing saja,...smile dulunya percaya sihir itu ada....karena ga tau dengan trik. smile pikir semuanya itu nyata...

Selama smile hidup belum pernah melihat sihir...orang yang katanya punya ilmu kebal..orang yang katanya ga mempan dibacok, dan orang yang katanya ga mempan ditembak, yang katanya bisa mukul tembok jebol,yang katanya bisa nyantet orang, yang katanya bisa terbang yang katanya bisa ngilang, tapi smile ga pernah menyaksikan semuanya dengan mata kepala sendiri,...smile ga melihat trik yang dilakukannya dibelakang layar, ga melihat langsung di tempat kejadiannya.....semuanya itu hanya

 

KATANYA............

kalau Hannah percaya sihir,..coba cari penyihir dan tolong smile disihir jadi kodok,..atau jadi batu....

penyihir itu adalah pesulap, atau orang yang bisa memanipulasi orang,..dan biasanya itu sangat mudah mengingat budaya kita semuanya disambungkan dngan dunia gaib,.....

benar ga seh, sist???

 

sincerely,
smile

*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Hannah's picture

@smile katanya

smile: kalau Hannah percaya sihir,..coba cari penyihir dan tolong smile disihir jadi kodok,..atau jadi batu....

penyihir itu adalah pesulap, atau orang yang bisa memanipulasi orang,..dan biasanya itu sangat mudah mengingat budaya kita semuanya disambungkan dngan dunia gaib,.....

Katanya kalo kita dikuasai Roh Kudus, kita jadi berani, bisa ngomong dalam bahasa2 asing yang kita gak mengerti, bisa meramal (bernubuat) dan masih banyak lagi.

Niwei katanya minta ke roh jahat justru lebih gampang daripada minta ke Roh Kudus lho tapi gw sarankan jangan dicoba yah karena kodok atau batu gak bisa ngeblog padahal Hannah masih pingin baca blognya smile

Penjelasan B7 di atas sangat baik. Secara eksplisit dia menunjukkan bahwa Alkitab sudah membuktikan bahwa kuasa roh dalam diri manusia itu gak terbatas pada kuasa Roh Kudus aja tapi bisa juga kuasa roh jahat. Hasilnya: orang2 yang dikuasai Roh Kudus bisa punya kuasa untuk menyembuhkan, bernubuat dllsb sementara orang2 yang dikuasai roh jahat bisa melakukan sihir atau memiliki kemampuan supranatural.

"When all think alike, no one is thinking very much." - Walter Lippmann

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

bintang seven's picture

hahaha

kalau Hannah percaya sihir,..coba cari penyihir dan tolong smile disihir jadi kodok,..atau jadi batu....

bukannya udah mirip kodok? hahahahaah......

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

smile's picture

Nambahin blog purnomo

setuju,..kalau memang santet ada, kenapa ki gendeng gagal menyantet George Bush waktu datang ke bogor? saya yakin yang ada itu SATE,..BUKAN SANTET...

coba saya meramal,... :

1.Pak,..tahu ini bapak jangan berkendara mobil dengan kecepatan tinggi...coba usahakan dibawah 50 saja, karena jika anda langgar anda akan mendapat musibah kecelakaan , itu menurut terwangan saya ...(HUAHAHAHAHA..TERAWANG PAKE TROPONG DARI HONGKONG???)

2.YANG LAIN : Pak/ ibu,...saya melihat anda akan bisa mempunyai kekayaan tahun ini, jika anda berusaha lebih giat lagi, dan mencoba bekerja walau hari libur, karena dewi fortuna menaungi and dihari hari libur dalam tahun ini, Jika anda telaten, niscaya keberuntungan dan hoki akan menaungi hidup anda,...(hauahahahahaha...ngakak lagi...kalau rajin cari duit ya jelas pemasukan bertambah )

3.Saya liat rumah anda ini letak pintunya terlalu sempit, coba perbesar biar rejekinya juga besar,..(padahal kalau kecil susah orang masuk,,,..hihihihihi)

4. Pa, saya menerawng anda, dalam bulan ini kalau anda melintas jalan raya / jalan besar, harap anda berhati hati,..sebaiknya anda bersabar, dan lihat kana kiri dulu sebelum menyeberang, karena apes dan kecelakaan menanti anda bulan ini,...(dasar tukang kuamya giLA!!!!!, tukang ramal sakit jiwa,....,kalo nyebrang ya dimana mana lihat kana dan kiri dulu dong,..kalau ga bisa disenggol setan lewat....hihihihi...mobil lewat tuh,..namanya juga jalan raya,....)

muak juga dengan mistik mistik yang bodohi masyarakat,.kenapa orang yang percaya Yesus,..orang yang berpendidikan, dan tahu alkitab,....hari gini,....hihihihi...percaya tahayul...boleh percaya yuli, tapi jangan percaya tahayul

 

 


*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Purnomo's picture

Ini komentar paling heboh

          “Kenapa ki gendeng gagal menyantet George Bush waktu datang ke bogor?”

          Jawabnya ada 2 pilihan. Pertama, santet itu tidak ada. Kedua, ilmu santet George Bush lebih tinggi dari milik yang menyantet.

          Smile pasti lebih setuju yang pertama. Mengapa? Karena Smile sudah siap dengan argumen berikutnya, yaitu – “Jika santet itu betul-betul ada, mengapa pasukan Diponegoro bisa dikalahkan oleh Belanda yang seharusnya bisa mereka bunuh dengan santet dari jarak jauh?”

          Tadi pagi di gereja seorang berkata kepada saya, “Aku bingung membaca serial mistismu karena tidak diakhiri dengan sebuah kesimpulan seperti biasanya.” Saya jawab, “Saya memang membuatnya terbuka tidak tertutup agar orang bisa ikutan bicara.” Itu telah saya tulis dalam bagian ke-1:

          keinginan Mercy, “Mengingat dan melihat masih banyaknya diantara kita yg masih bingung tentang hantu, gimana kalau diadakan seminar tentang hantu?” membuat saya berpikir “mengapa tidak?”

 muak juga dengan mistik mistik yang bodohi masyarakat,.kenapa orang yang percaya Yesus,..orang yang berpendidikan, dan tahu alkitab,....hari gini,....hihihihi...percaya tahayul.

           Smile, jangan marah bila saya mengatakan “Memang saya memuakkan” karena memang begitulah saya seperti yang saya jelaskan dalam jawaban komentar Lentin.

           Tetapi mari kita berpikir sejenak. Ketika “orang yang berpendidikan” mulai berusaha menjelaskan fenomena mistis dengan psikologi, mereka yang pintar ini juga mulai mengajarkan para-psikologi yang bisa membuat bingung “orang yang tidak berpendidikan.” Anda pasti ingat sebuah peristiwa di sebuah kamar hotel di Gombel atas terbunuhnya seorang pakar hypnotherapy gara-gara ingin membeli sebuah ilmu gaib (31 Agustus 2008). Psikiater ini sering memberi ceramah di gereja-gereja. Yang membingungkan saya adalah mengapa beliau yang sudah mapan di psikologi kembali menekuni ilmu mistis?

           Jadi? Sebaiknya Smile terlebih dulu minum antimo sebelum membaca blog saya selanjutnya daripada muntah di keyboard. Rugi ‘kan?

          Salam.

 

smile's picture

Purnomo,..saya hanya suka bistik ga suka mistik

hihihi,..bukan anda pur,..tapi orang yang suka berlebihan percaya begituan, padahal pendidikan dan agamanya kuat,..

saya juga pernah berpikir, iya juga,..kalo emang Indonesia sakti sakti,.katanya seperti di banten,..di jawa,...dimanasaja,...mereka bisa punya pukulan BRAJA MUSTI ) musti kabur kalo dikeroyok,..musti makan kalo laper, musti minum antimo kalo mabok,..smile mode on ), punya ilmu LEMBU SEKILAN....PUNYA ILMU TETEPATI,....Punya ILMU ROWO RONTEK,..ngapain JUGA KITA MAHAL MAHAL BELI PERSENJATAAN TEMPUR....

SURUH SAJA SI RAJA PEMBUAL SEPERTI KIJOKO BODO, KI GENDENG KIKUSUMO YANG JADI SELEBRITIS,..DAN SEMUA KI KI KI KI  YANG SAKTI,....UNTUK MELAWAN AMERIKA....ATAU MALAYSIA...BUAT APALAGI ADA TENTARA....TARuH SAJA MEREKA DIBARIS DEPAN,..NANTI MEREKA BISA NYURUH BANGSA JIN YANG JUMLAHNYA BUAAANNNYYYYAK UNTUK MAJU PERANG,....BISA MENGGUNAKAN ILMUNYA UNTUK MELAWAN DALAM PERANG,..HIYYYAAAA.....GUBRAK,....

atau kirim santet ke setiap pasukan musuh yang menyerang,......biar mencret mencret deh,...

Purnomo,.....saya sama sekali tidak percaya lagi dengan yang mistik,...mau tahu kenapa...? karena suhu saya yang jago hanya memberikan ajaran dan itu saya ingat selamanya ;

tentang :

tidak adanya ilmu2 sihir.......

penampakan juga tidak ada,...karena skalinya mereka nampk juga yang lihat cuma Yesus sewaktu dicobai dipadang gurun setelah berpuasa 40 hari lamanya.....

JADI SAYA YAKIN 1000%...dan gak percaya ama segala mistik...saya hanya percaya pada BISTIK,..yumieee....

 


*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"