Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Mengapa Tuhan Ijinkan Ini Terjadi?

imcmedia's picture

Seorang Bapak yang baru kehilangan putrinya yang tercinta dalam sebuah kecelakaan mengatakan kepada saya bahwa dia sangat bersyukur akhirnya Tuhan panggil putrinya. Seandainya putrinya tetap hidup, maka bisa jadi dia akan hidup cacat karena otaknya terganggu. Hal ini tentu akan menyiksa dirinya dan membuat repot keluarganya. Bapak ini dapat melihat hal yang baik dibalik ketidakbaikan yang sedang dialaminya. Namun tidak semua orang dapat melakukannya !

Mengapa Tuhan ijinkan Ini terjadi? Pertanyaan ini seringkali muncul di saat mengalami cobaan yang berat. Rasa tidak mampu dan tidak mengerti seringkali membuat frustasi dan menimbulkan sikap pesimis. Parahnya hal ini bukan hanya mempengaruhi diri sendiri, tapi juga mengendorkan semangat dan motivasi untuk melanjutkan apa yang baik, yang dilakukan untuk orang lain maupun Tuhan.

Nasihat Paulus dalam kepada orang-orang di Korintus mungkin bisa memberikan pengertian dan menolong kita untuk bisa mengatasi pencobaan dan tidak cepat putus asa.

 

Pencobaan terjadi seijin Tuhan

Kekuasaan tetap di tangan Tuhan. Kita hanya sempat berpikir mengapa Tuhan ijinkan ini terjadi, tetapi sesungguhnya ada banyak hal yang Tuhan tidak diijinkan terjadi karena melebihi kekuatan kita. Jadi apa yang sedang terjadi sesungguhnya telah melewati takaran (timbangan) Tuhan.

 

Pencobaan diijinkan untuk mendatangkan kebaikan

Tidak ada sesuatu yang diijinkan Tuhan terjadi dalam hidup kita tanpa maksud untuk mendatangkan kebaikan. Allah itu baik dan Dia tidak pernah melakukan hal yang tidak baik. Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi Dia. Seseorang pernah berkata saat Allah ingin melakukan hal yang manis, seringkali Dia memulai dengan hal yang pahit. Dan saat ingin melakukan hal yang luar biasa, seringkali Dia memulai dengan hal yang tidak masuk akal.

 

Pencobaan yang kita alami adalah biasa

Kata biasa berarti tidak melebihi kekuatan manusia. Tapi mengapa saat mengalami sepertinya luar biasa? Sebenarnya pikiran dan perasaan kita sendiri yang telah membuatnya menjadi luar biasa. Kekuatiran terhadap apa yang kita alami membuat kita berpikir hal-hal negatif yang memberatkan hidup kita sendiri, padahal hal tersebut lebih banyak tidak terjadi. Bagaimana kalau begini.....  jangan-jangan begitu...... inilah pikiran-pikiran yang membuat yang biasa menjadi luar biasa. Pada saat kita melihat cobaan itu luar biasa, maka kita melihat Tuhan itu biasa. Tetapi saat kita melihat Tuhan itu luar biasa, maka pencobaan itu biasa.

 

Dia selalu memberikan jalan keluar

Kesetiaan Allah bukan hanya tidak mengijinkan kita mengalami hal-hal yang melebihi kekuatan kita, tetapi juga Dia memberikan jalan keluar. Jadi sebenarnya tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya. Dengan menyadari ini, maka kita tidak perlu putus asa saat mengalami pencobaan, apalagi mengambil jalan pintas yang merugian diri sendiri.

Tetap berjuang dan Semangat !

Johan Kusmanto

www.imcmedia.org

 

virgi24's picture

kita tidak sendiri

Kadang- kadang kita perlu memandang keadaan disekitar kita termasuk memandang kebawah,semua orang punya masalah bukan cuma kita seorang diri, bahkan jika kita lihat banyak orang menanggung masalah yang lebih besar dari pada kita,toh mereka mampu bertahan menghadapinya,sakitnya yang lebih parah,kesepian yang luar biasa,hutangnya yang menumpuk,rumah tangganya yang super kacau dan masih banyak lagi...susah itu bukan milik kita sendiri kok,bukan kita satu-satunya orang yang mengalami keterpurukan didunia ini,yakin dan percayalah semua pasti ada jalan keluarnya.Memang saat kita menunggu pertolongan Tuhan banyak hal akan Tuhan ijinkan terjadi,mungkin kemarahan,sakit hati bahkan tangisan,terima saja relakan dan berhentilah menyalahkan orang lain,Tuhan itu baik koq KASIHNYA nyata dan terbukti,DIA memandang kearah pribadi kita.terus berdoa dan berharap padaNYA

 

thanks GOD