Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

teologi

Kiem's picture

Renungan : Di Mana Sebenarnya Posisi Theologia?

Salam Sejahtera dalam Kasih Tuhan Yesus bagi kita semua

1 Tesalonika 5 : 23, ........dan semoga ROH, JIWA dan TUBUHmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Berdasarkan ayat tersebut diatas, bahwa MANUSIA terdiri dari 3 unsur, yaitu, roh, jiwa dan tubuh, yang ketiganya “hendaknya” terpelihara SEMPURNA pada Kedatangan Yesus Kristus.

1.    Memelihara TUBUH, pada umumnya anak-anak sekolah sudah mengetahui bahwa memelihara tubuh itu adalah dengan cara :

a.      Makan dan minum teratur.
b.      Istirahat teratur.
c.      Olah Raga teratur.
d.     Kalau cuaca dingin, pakai jaket.
e.      Kalau bawa sepeda motor, pakai jaket agar tidak masuk angin.
f.       Vaksinasi/imunisasi.
g.      Jangan merokok, narkoba, minuman keras.
h.      Dan lain-lain.
Konsultan AHLI atau pembina untuk kesehatan TUBUH ini adalah ahli kesehatan (dokter, bidan, perawat, ahli gizi, baby sister dan Ibu rumah tangga), dan guru olah raga dan Kesehatan.

Yenti's picture

Teologi membosankan ?

 

Akh….Teologi sangat membosankan. Teologi adalah suatu pembahasan yang membosankan bagi orang-orang yang tidak menyukai hal-hal yang terlihat “ berat “. Mungkin ini dikarenakan hidup ini telah sulit dan memusingkan, sehingga tidak perlu lagi menambah kesulitan dengan mempelajari hal-hal yang rumit seperti teologi.

Dua Saksi Yesus's picture

Kesimpulan Mengenai Trinitas

Kesimpulan Mengenai Trinitas        
 
 
 
 

Dua Saksi Yesus's picture

Serangan Terhadap Trinitas

Serangan Terhadap Trinitas       
 
 
 

Dua Saksi Yesus's picture

Ajaran Perjanjian Baru (PB)

Ajaran Perjanjian Baru

      
 
 

Dua Saksi Yesus's picture

Apa itu Trinitas ?

Apa Itu Trinitas

Dua Saksi Yesus's picture

Petunjuk Perjanjian Lama (PL)

Petunjuk Perjanjian Lama

Julius Tarigan's picture

Apa Kabar Teologi dan Para Teolog?

“Ketika kita berpaling kepada para teolog (atau kepada karya-karya teologi) untuk mendapatkan pertolongan dalam memahami suatu hal tertentu,

Purnomo's picture

Anda sukarewelan atau sukarelawan?

Setiap saya mengatakan “Saya mau menyelenggarakan sekolah gratis” orang selalu berpikir betapa kayanya saya. Paling tidak saya mampu menyediakan uang 2 milyar rupiah untuk membeli tanah seluas 1000 meter² dan mendirikan bangunan seluas 500 meter². Mengapa saya harus mendirikan sekolah baru bila yang sudah lama berdiri saja ada yang gulung tikar (seperti yang dikisahkan oleh seorang blogger di situs ini)? Menyelenggarakan tidak perlu membangun atau memiliki. Membuat sekolah gratis bisa dilakukan dengan memindahkan diri sendiri dari hilir ke hulu sungai berkat. Jelasnya begini.

Charles Djimat's picture

Mengubah Paradigma

Mengapa takut terhadap perubahan? Cepat atau lambat, perubahan pasti datang. Segalanya berubah didunia ini. Kata Heraclitus: “tidak mungkin menyeberangi sungai yang sama dua kali”. Suatu ketika perubahan akan melanda setiap manusia yang mendiami bumi tanpa tekecuali sejalan dengan arus globalisasi. Saat itu tidak ada lagi pojok dimana kita bisa bersembunyi. Perubahan terjadi disegala segi kehidupan manusia. Dalam bidang ekonomi dan perdagangan internasional, telekomunikasi dan budaya kita sudah merasakan pengaruh globalisasi. Ilmu pengetahuan dan teknologi apalagi. Keduanya maju dan berkembang terus seiring dengan penemuan – penemuan baru.
 
henso's picture

Mitos Ioanes Rakhmat 3 ( terakhir )

Kali ini saya akan membahas 2 alasan IR yang terakhir.

IR menyatakan :

henso's picture

Mitos Ioanes Rakhmat 2

Tulisan ini melanjutkan "Mitos Ioanes Rakhmat 1"

Tanggal 22 Maret 2009 yang lalu, Ioanes Rahmat ( IR ) menulis di koran
Tempo sebuah artikel berjudul "MITOS SOLA SCRIPTURA".
Menurut doi, ada 6 alasan bahwa sola scriptura hanyalah mitos yang tidak
mungkin dterapkan.

Dalam bagian ini saya akan membahas alasan 3 dan 4

Menurut IR :

henso's picture

Mitos Ioanes Rakhmat 1

Tanggal 22 Maret 2009 yang lalu, Ioanes Rahmat ( IR ) menulis di koran
Tempo sebuah artikel berjudul "MITOS SOLA SCRIPTURA".
Menurut doi, ada 6 alasan bahwa sola scriptura hanyalah mitos yang tidak
mungkin dterapkan.

Dalam bagian ini saya akan membahas alasan 1 dan 2.

Menurut IR :

king heart's picture

Iman Tiang pancang

 

Menyimak dan menikmati tulisan “pertarungan” antara Fundamentalis dan Calvinis, melahirkan ide untuk menggambarkan bagaimana seorang Kristen dalam memperdalam pemahaman dan memperkaya wawasan imannya melalui SS ini.
Saya mengilustrasikan pencarian iman itu seperti sebuah tiang pancang yang dihunjamkan ke dalam bumi untuk dengan tujuan sebagai pondasi suatu bangunan yang berdiri di atasnya.
ebed_adonai's picture

Mitos Pergumulan Allah Dalam Kisah Penciptaan

 

Pembaca yang budiman, Kisah Penciptaan dalam Kitab Kejadian tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya banyak hal-hal menarik yang terkubur di dalam kisah Penciptaan tersebut? Mungkin banyak di antara pembaca yang mengingkari adanya polesan mitos yang terpendam di dalam Kanon PL (dan Alkitab secara keseluruhan juga), yang menurut hemat saya, justru hanya bisa dipahami, kalau kita mau mencermati mitosnya (dan bukan membuangnya). Karena itu, tidak heran jika dulu seorang ahli seperti PB Rudolf Bultmann mengatakan bahwa Injil-injil hanya bisa dipahami jika unsur-unsur mitosnya dibuang (demitologisasi). Baiklah, beberapa mitos memang tampaknya seperti berdiri sendiri, dan tidak ada kait-mengaitnya dengan isi Alkitab. Namun banyak juga bagian-bagian yang sulit dalam Kanon PL yang justru bisa diterangkan dengan baik (antara lain seperti yang terdapat dalam kisah Penciptaan ini) melalui mitosnya, sehingga sulit bagi kita untuk memungkiri bahwa keberadaan mitos tidak penting dalam studi Alkitab. Ya, memang itu hak anda masing-masing dalam memandang dan menginterpretasi Alkitab; sebagai dokumen historiskah, teologiskah, atau something in between. Monggo.
desfortin's picture

BERTEOLOGI DISERTAI DENGAN PENGERTIAN YANG BENAR

Blog ini sebagai blog lanjutan dari blog sebelumnya yang berjudul "Pentingnya Belajar Teologi". Kali ini saya akan menulis tentang berdiskusi tentang teologi tetapi disertai oleh pengertian yang sehat dan benar serta dengan konsep ADIL dan KASIH.

Jimmy R.L. Kambey's picture

TEO-EKOLOGI (www.jimmyrlkambey.co.cc)

 

Suatu kenyataan ekologis yang tidak dapat dihindari di awal permulaan abad 21 ini adalah terancamnya planet Bumi tempat berdiam seluruh komunitas makhluk hidup. Ekosistem dalam dunia ini pada tempat-tempat tertentu sudah rusak dan terancam punah. Pencemaran lingkungan dalam berbagai aspek baik itu pencemaran udara (Air Pollution), pencemaran air (Water Pollution), maupun pencemaran tanah/daratan (Soil Pollution) yang berkorelasi dengan problematika seperti penciutan hutan tropis,[1] penipisan lapisan ozon[2]  dan hujan asam[3], makin marak dan massif dengan disertai teknologi mekanisme dan proses industrialisasi yang memakai topeng pembangunan yang membawa masyarakat ke dalam pola-pola hidup mewah dan konsumtif.[4]
abraham sitinjak's picture

Jemaat: Jangan "Gagap Teologi"

JEMAAT: JANGAN “GAGAP TEOLOGI

Judul di atas bukan sebuah peringatan sensasional yang terlalu dibuat-buat. Faktanya berada tak jauh dari sekeliling kita. Bahkan dahulu Rasul Paulus sempat kecewa menghadapinya. Fakta-fakta tersebut teraplikasi dalam kehidupan jemaat dewasa ini, di mana mereka nampak sangat rentan dan kurang bergairah memenuhi tuntutan imannya. Terhadap fenomena itu maka tulisan ini mengajak kita mengamatinya dari dekat.

Stephen's picture

pluralisme agama dan dialog

PLURALISME AGAMA DAN DIALOG: