Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

josia_sembiring's blog

josia_sembiring's picture

Menguji Perasaan dan Pikiran

Tahukah anda bahwa seluruh perasaan dan pikiran telah diuji ? Sang penguji menilainya menggunakan pikiran. Walau sepertinya tidak adil menilai pikiran menggunakan pikiran :)

Mari kita mulai dengan menguji perasaan. Ketika berbicara perasaan, maka yang dimaksud adalah : Sedih, bahagia, suka, duka, benci, marah, dendam, dll. Sang penguji telah melakukan semuanya dan menilai bahwa semua sama saja tidak ada yang lebih dibanding yang lain. Standar penilaian adalah : Kepuasan. Semua perasaan tersebut diatas memiliki batas kepuasan. Semuanya akan berhenti. Artinya semua sia-sia

josia_sembiring's picture

Aku Terang, Kamu Terang. Aku terang didalam TERANG

Yesus adalah terang dunia. Yesus adalah Pokok Anggur yang benar. Yesus adalah Gembala yang baik. Yesus adalah Pintu. Yesus adalah anak Allah. Yesus adalah anak Manusia. 

Itulah beberapa sebutan yang dikumandangkan YESUS mengenai dirinya.

Engkau adalah terang dunia, engkau adalah garam dunia.

Itulah sebutan Yesus kepada orang yang mendengarkan khotbahnya di bukit.

josia_sembiring's picture

Mereka Beruntung Belum Ada tapi Ada dan Akan Ada !

Bagaimana rasanya belum ada? How is feel being not existed yet?

Saya hanya merasakan segala sesuatu pada saat kelima panca indera saya berfungsi dengan normal dan otak saya mampu memproses semua kejadian yang terjadi yang terkirim melalui panca indera. Oleh sebab itu diluar itu semua, saya tidak bisa merasakan apa-apa. Jadi apabila ditanyakan bagaimana rasanya belum ada, maka jawabannya tidak ada. Mungkin pertanyaan bodoh atau mungkin juga pertanyaan aneh.

Tetapi yang lebih bahagia dari pada kedua-duanya itu kuanggap orang yang belum ada, yang belum melihat perbuatan jahat, yang terjadi di bawah matahari.  (PENGKHOTBAH 4:3)

josia_sembiring's picture

Limit Berpikir

Ilmu pengetahuan yang menjadi favorit saya adalah matematika. Ada teori yang beredar mengatakan bahwa umumnya matematika disukai oleh para lelaki, karena lelaki lebih senang dengan angka-angka pasti (hal-hal pasti?). Hal ini bisa kita perhatikan didalam kehidupan sehari-hari. Misalnya contoh :

josia_sembiring's picture

Predestinasi, Free Will dan Past Destinasi

Manusia sangat senang belajar sesuatu yang unik dan rumit seolah mereka sangat pintar membuat istilah-istilah yang kompleks yang sulit dimengerti sesamanya. Ada 2 istilah yang populer didunia kristen, islam dan Yahudi (Agama Samawi). Istilah tersebut adalah Predestinasi dan Freewill. Kedua istilah itu seperti kata mutiara yang wajib untuk dipahami oleh mereka-mereka yang menyematkan dirinya sebagai manusia pilihan "Allah". Dengan berbagai cara mereka menjelaskan seolah mereka memang menguasai maknanya.

Terlepas dari apa yang mereka percayai dan mengerti tentang istilah tersebut, saya akan mengambil posisi sebagai orang awam untuk menjelaskan pengertian saya sendiri. Bahkan saya mengambil istilah baru setelah saya mempelajari kedua istilah tersebut. Istilah baru itu saya sebut sebagai past destinasi. Past Destinasi adalah lawan dari predestinasi menurut pikiran saya.

josia_sembiring's picture

Humanisasi atau Manusia Super yang nyata?

Kitab Yahudi dan Kristen banyak menceritakan bagaiamana Sang Pencipta digambarkan seperti manusia. Pencipta bisa berjalan, bisa berbicara, bisa memiliki emosi dan semua hal-hal yang sama dengan manusia. Hanya saja perbedaaannya adalah Sang Pencipta memiliki kuasa yang luar biasa. Tak heran, hampir semua manusia-manusia yang berhadapan dengan sang pencipta dizaman dahulu memiliki ketakutan yang luar biasa, termasuk orang-orang hebat sekelas Adam, Abraham, Musa. Pertanyaan yang muncul adalah : Mengapa harus takut?

Saya masih ingat pengalaman saya sewaktu berumur 5-17 tahun dimana saya mengenal orang orang yang saya takuti. Orang tersebut adalah : Orang Tua saya, Guru saya. Bagi saya, mereka memiliki kuasa yang luar biasa jauh diatas saya. Hal inilah yang membuat saya takut. Apalagi saya tahu mereka itu sama seperti saya hanya perbedaannya adalah mereka memiliki kuasa lebih dibanding saya. Saya takut dipukul, dimarahi dan hal2 yang tidak menyenangkan bagi saya.

josia_sembiring's picture

Oretan di Pagi Buta

Aku menggerakkan jariku atas kehendakku bukan apakah kehendak-Nya?

Lupakan... kehendak adalah keinginan atau itikad atau maksud atau tujuan. Ketika saya hendak makan maka saya hendak kenyang :)). Maka tujuan makan dan tujuan kenyang menjadi satu kesatuan. Makan-Kenyang.

josia_sembiring's picture

Seni dalam Menyimpan Rahasia

Dunia ini indah bila dikelola dengan rahasia. Sejak awal telah ditanamkan mengenai rahasia. Rahasia Buah Pohon Pengetahuan, Rahasia Buah Pohon Kehidupan. Rahasia Kematian, Rahasia Hidup Kekal, Rahasia Persona Yang Kuasa, Rahasia YH*H.

josia_sembiring's picture

Titan's Winter

Kebudayaan Yunani nan eksotis menyimpan cerita cerita menarik seputar makhluk-makhluk sakti dan hebat. Cerita-cerita itu dikenal dengan sebutan mitologi Yunani. Tak kalah hebat dengan cerita-cerita kehebatan Allah Israel (YH*H).

Kalau di kisah Israel kita bisa melihat kehebatan Y**H membelah laut merah, maka dikisah Yunani pun banyak hal-hal menarik dan fantastis.

josia_sembiring's picture

Mikro Debu

Jagat raya memang ajaib. Mengapa ajaib? karena belum bisa dipahami oleh akal saya (manusia). Beberapa waktu lalu, saya membuka situs video gratis terkenal di dunia. Disitu saya ketik kata "universe" dan muncullah banyak video-video yang menampilkan hasil foto dari telescope angkasa hubble. Lalu saya membuka beberapa video yang menarik hati saya.

josia_sembiring's picture

"Biarkan sebuah Kakimu diluar lingkaran"

Kebanyakan orang Kristen yang saya kenal bermain aman dalam mempelajari hikmat2 atau filsafat2 ataupun doktrin2 yang beredar luas di Bumi Tercinta ini.

josia_sembiring's picture

Pencipta dari ciptaan "Pencipta"

Iseng mencari film disebuah situs "storage" terbesar di Indonesia membawa saya menemukan Film yang disebut TRON. Sebenarnya saya juga tidak tahu film tentang apa TRON ini awalnya, namun karena animasinya menariklah maka saya memilih untuk mengunduh dan menikmatinya di layar 14 Inchi Notebook Lenovo saya (eh lenovo kantor).

josia_sembiring's picture

Beginikah teori Korban?

Orang2 Kristen percaya dengan kalimat-kalimat Yesus tapi tidak ada yang pernah kritis bertanya : " Doktrin apa ini???"  atau " Theologia model apa ini???"

josia_sembiring's picture

Siapa dia ? Siapa Mereka ?

Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."

Mengapa menyerahkan pengampunan kepada Bapa kalau Yesus sendiri memiliki kuasa untuk mengampuni? Siapa mereka?

Sesungguhnya apa yang terjadi kepada Yesus? Apakah Yesus kehilangan ingatan bahwa Dia mampu mengampuni? Kalau memang tidak kehilangan ingatan, lalu siapa Dia yang disalib itu?

josia_sembiring's picture

Siapa yang mau Jadi TUHAN?

Siapa yang mau jadi TUHAN? Itulah pertanyaan saya kepada dunia ini. Ya, siapa yang mau jadi TUHAN? Sorry yeeee, saya ga minat jadi TUHAN.

josia_sembiring's picture

<Matius 6:1 > Sedekah atau Agama?

1."Ingatlah, jangan kalian melakukan kewajiban agama di depan umum supaya dilihat orang. Kalau kalian berbuat begitu, kalian tidak akan diberi upah oleh Bapamu di surga."

josia_sembiring's picture

Perlu +- 4000 Tahun dan 3 Hari 3 Malam

Berbicara mengenai Yesus, tidak akan habis-habisnya. 4 Buku Injil yang memberi kesaksian tentang kehidupan Yesus di dunia tidak akan habis-habisnya dikupas tuntas. Selalu ada hal baru yang akan muncul setiap hari baik itu pemahaman maupun ajaran yang tersembunyi. Perlu waktu yang khusus mempelajari setiap tulisan tersebut.

josia_sembiring's picture

Kisah Penciptaan dan Konsistensi serta ke-logisan-nya

Memahami  proses penciptaan segala yang ada melalui kitab kejadian sungguh sangat menyenangkan. Proses penciptaan diuraikan secara sistematis dan mudah dipahami. Rangkaian kata demi kata, kalimat demi kalimat saling menerangkan satu sama lain. Awal membaca kisah penciptaan di kejadian 1, sepertinya banyak hal2 yang kita temukan tidak logis dan konsisten. Namun apabila kita baca dengan teliti dan tenang, pasti kita akan melihat jelas bahwa semua kisah penciptaan itu benar2 sangat konsisten dan logis.

josia_sembiring's picture

Kepuasan Diri

Masing masing kita pasti pernah minimal satu kali dalam hidup melakukan perenungan untuk mencari pencerahan didalam hidup ini. Banyak kasus dari zaman dahulu hingga sekarang, dari tokoh Besar hingga tokoh yang tidak diperhitungkan pun melakukan perenungan untuk mencari pencerahan dalam hidupnya.