Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

MENARA BABEL

Debu tanah's picture

Menara Babel merupakan salah satu pemberontakan manusia kepada Allah. Bangsa pilihan-Nya Israel pun memberontak kepada Allah. Dan pemberontakan manusia kepada Allah akan terus berlanjut hingga kedatangan Yesus yang ke dua kali! 

Kejadian 11:4-7 Juga kata mereka: "Marilah kita dirikan bagi kita sebuah kota dengan sebuah menara yang puncaknya sampai ke langit, dan marilah kita cari nama, supaya kita jangan terserak ke seluruh bumi." Lalu turunlah TUHAN untuk melihat kota dan menara yang didirikan oleh anak-anak manusia itu, dan Ia berfirman: "Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya. Ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang apa pun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana. Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing." 

Manusia telah melawan perintah Allah dengan membangun menara Babel yaitu supaya manusia tidak terserak ke seluruh bumi. Dan karena manusia kuatir Allah akan mendatangkan banjir besar seperti banjir Nuh lagi. Itulah sebab nya Allah bertindak dengan mengacaukan bahasa manusia. Supaya rencana manusia untuk membuat menara Babel gagal dan supaya manusia terserak ke seluruh bumi.  

Namun apa yang dilakukan Allah tersebut tampaknya hanya akan memperlambat apa yang dinubuatkan Allah pada Kejadian 11:6, perlahan-lahan tapi pasti dari jaman ke jaman nubuat ini tampaknya mulai terlaksana.  

Kejatuhan manusia ke dalam dosa telah membuat pikiran manusia menjadi gelap. Manusia tidak mampu lagi merasakan kehadiran Allah. Hal ini tampaknya semakin diperparah oleh semakin bertambahnya pegetahuan & teknologi manusia, sekalipun Yesus Kristus telah datang ke dunia ini menjadi TERANG. Karena pengetahuan manusia membuat manusia sepertinya tidak membutuhkan Allah lagi! 

Pengetahuan manusia bersifat akumulatif dari generasi ke generasi. Apa yang jaman dahulu tidak mungkin dilakukan manusia, dengan pengetahuan manusia yang makin bertambah dapat dilaksanakan. Dulu manusia tidak pernah terpikir dapat pergi ke bulan, tapi sekarang dengan pengetahuan-nya, manusia dapat pergi ke bulan.  Pengetahuan manusia berkembang pesat dengan adanya teknologi internet, sehingga pengetahuan dapat diakses oleh siapapun. Kita tidak tahu di masa yang akan datang apa yang dapat dilakukan manusia. Allah pun mengakui bahwa APAPUN yang direncanakan manusia dapat terlaksana! (Kejadian 11:6).  

Dengan teknologi manusia di bidang genetika, telah membuat manusia bertindak seperti Allah, karena manusia telah mampu mengkloning binatang. Secara teori ini pun inipun dapat dilaksanakan pada manusia. Kita tidak tahu apa yang dapat dilakukan manusia di masa yang akan datang yang dapat membuat manusia meninggikan diri dan berlaku sebagai Allah!

 

Tulisan Debu tanah yang lain:

- Adilkah Allah? baca

- Mengapa Allah Menciptakan Manusia baca

- Mengapa Manusia Selalu Memberontak kepada Allah? baca

- Bagaimana Menulis dengan Baik (Sekedar Saran) baca

- SORGA dan NERAKA - Tempat Perhentian Manusia baca

- Apa Arti Sebuah Nama baca

- Kenapa ya Dosa kepada Roh Kudus tidak Diampuni baca

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

Wah Gawat benar-benar muridnya hai-hai

Dear Debu Tanah, sori gw cuma bisa koment yang gak penting nih... salut deh, kayaknya lo pantas di angkat jadi muridnya hai-hai. marketing yang bagus buat jual blog lo yang lain. teruskan perjuanganmu nak...

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

NoSID's picture

JF = kocak humor

wah JF lagi dapet nih..eh sewot soal mas DETA, ada satu-dua jurus Hai-hai yang belum dicuri DETA, yakni nulis bergaya novelis yang lumayan panjang, sama taste mbelingnya perlu lebih banyak lagi cuman input saja loh =D maju terus DETA Shallom4Ever
Debu tanah's picture

Terima kasih untuk sarannya Nosid.

Salam Nosid, Terima kasih untuk sarannya. Ini adalah tulisan ke 3 saya yang pernah saya buat & dipublish di internet. Sepertinya 3-tulisan saya masih jauh dari baik. Saya masih harus banyak belajar dalam menuangkan ide-ide supaya menjadi tulisan-tulisan yang berbobot dan enak dibaca.. Debu tanah
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

Sah-sah aza cara jualan

Dear Nosid, thank's untuk membantu menemukan kata-kata saran yang lembut. untuk DETA, gw tetap salut, dan mohon maaf kalau koment gw menimbulkan sesuatu yang gak enak terhadap lo. gw tipe orang yang suka bertempur, gw menang atau kalah. tapi kalau gw lihat gak akan ada yang menang, gw mundur.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

Motivasi Debu tanah menulis...

Salam JF dan Saudara2 di Sabdaspace, Motivasi saya menulis adalah murni membagikan berkat yang sudah terlebih dahulu saya terima dari Tuhan kepada siapapun yang membacanya. Saya sangat berterima-kasih kepada Tuhan, karena Dia telah berkenan memberikan pengertian & pemahaman tentang Firman-Nya. Tanpa firman-Nya kemanakah saya ini? Namun memahami Firman Tuhan tidak lah datang dalam sekejap mata. Anda tahu bagaimana kebenaran Firman-Nya ada di dalam hati saya? Pemahaman saya sekarang adalah hasil pembacaan Alkitab sejak saya kecil, karena saya gemar membaca Alkitab seperti membaca buku cerita, namun ada saatnya saya menjadi "MUAK" membaca firman Nya. Karena sepertinya Dia telah meninggalkan saya. Pengalaman Daud, menjadi pengalaman saya: Mazmur 31:23a Aku menyangka dalam kebingunganku: "Aku telah terbuang dari hadapan mata-Mu." Bertahun-tahun kemudian, banyak hal-hal yang tadinya tidak saya mengerti, hal-hal yang membuat saya meragukan kasih-Nya, meragukan kebaikan-Nya, satu per satu Dia menjawab setiap keraguan saya, ajaib sekali semua jawaban perenungan saya selama belasan tahun tiba-tiba bermunculan. Tuhan membuktikan bahwa Dia setia, walaupun-pun saya tidak setia. Mazmur 31:23b Tetapi sesungguhnya Engkau mendengarkan suara permohonanku, ketika aku berteriak kepada-Mu minta tolong. JF, walaupun kelihatannya saya sering berdebat dengan anda, saya tidak merasa ingin mengadu kemampuan dan pengetahuan dengan siapapun. Kita bisa beradu menang dan kalah tentang hal-hal duniawi, tetapi kita tidak bisa beradu pengetahuan tentang hal-hal yang rohani. Karena menang atau kalah, kita telah kehilangan kualitas seorang anak Allah! Yang menang akan menjadi sombong rohani, dan yang kalah merasa malu, apa Tuhan kita akan berkenan dengan semuanya ini? Beberapa kali saya melayani JF berdebat, namun saya hanya ingin mengatakan kebenaran yang telah Tuhan percayakan kepada saya. Saya tidak pernah bermaksud mengalahkan siapapun! Mencari kebenaran itu seperti menyusun puzzle, kita hanya mengetahui kebenaran yang sepotong-sepotong. Bila setiap saudara menyumbangkan sepotong kebenaran yang dia punya. Bukan kah kita semua akan menikmati kebenaran yang lebih besar lagi secara bersama-sama? Karena pengetahuan manusia itu bersifat akumulatif, bila saudara-saudara dapat mengerti kebenaran yang sudah terlebih dahulu saya terima, bukankah saudara-saudara yang lain dapat menggunakan nya untuk mendapat kan kebenaran yang lebih besar lagi? Kemudian saudara-saudara membagikan nya lagi untuk kita semua! Demikian selanjutnya, hingga mungkin kita mendapat kebenaran yang hampir penuh! Siapa tahu? Atas kasih karunia-Nya? Amsal 27:17 Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya. Kalo saya lihat JF memang suka bertempur untuk mencari menang dan kalah. Namun saya ingin mengingat kan JF, itu mungkin akan menjadi batu sandungan bagi orang lain lho. Siapa tahu tadinya ada orang lain yang tertarik menjadi pengikut Kristus, eh setelah melihat kita sesama saudara saling berdebat untuk saling mengalahkan, dan tidak jarang menggunakan kata-kata yang tidak pantas, dan karena kesaksian kita yang buruk ini, mereka mengurungkan niatnya. Kita ndak mau begitu kan JF? Saya tidak bermaksud menggurui lho, namun saya sangat-sangat terbeban untuk mengatakan ini. Semoga kita semua mau dengar-dengaran kepada Roh Kudus yang ada di dalam hati kita masing-masing! Karena saya percaya Dia berkenan kita menjadi saksinya sampai ke ujung bumi! Debu tanah
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

esti's picture

Kloning manusia . . . DETA"

Waah mas Deta, ini pinter ya, kata2nya sederhana tapi cukup mengena, juga tulisan2 nya saya salut lho. Masih muda tapi punya kendali yang wow.

Oh ya mas kalau saja kloning manusia diperbolehkan, berarti orang gak perlu lagi mencari teman sepadan/pasangannya?

Untuk beranak cucu cukup melalui kloning saja, bagaimana ya kalau ada kembaran mas Deta kecil, JF kecil, Nosid kecil, Hai-hai kecil, Oma kecil, k Xaris kecil, kayak tuyul kali . . he . . hex2 becanda lho . . .

Salam"

Debu tanah's picture

Soal Kloning Manusia...

Salam Esti, Terima kasih atas pujiannya, semuanya atas kasih karunia-Nya! Haha.. lucu memang membayangkan kalo manusia dikloning, kan udah ada film-nya ya? Kalo ndak salah film-nya Arnold Schwarzenegger. Soal kloning manusia, memang menjadi perdebatan yang hangat etis atau tidak etis. Tapi mungkin saja satu saat pada beberapa generasi setelah kita, kloning manusia akan dilakukan? Bicara soal etika, sekarang aja sudah ada negara yang mengijinkan pasangan gay menikah! Hal yang sudah jelas-jelas melanggar firman Tuhan! Benar-benar gila ya! Bila kita ingat pada pelajaran Fisika di SMA, yaitu HUKUM ENTROPHY yaitu bahwa entrophy (DERAJAT KETIDAK-TERATURAN) alam semesta semakin meningkat. Jadi manusia dengan ilmu pengetahuannya sudah tahu bahwa alam semesta ini sedang menuju kehancuran ! Alkitab pun telah menubuatkan bahwa manusia sedang menuju keadaan yang semakin berdosa. Matius 10:21 Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Wah dunia yang sangat mengerikan ya Esti. Syukurlah kita hanya sementara saja di dunia ini.. Debu tanah
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Genn's picture

Salam kenal Mr.Debu tanah

Hal pengetahuan pasti terus berkembang n ga akan pernah sampe ke ujungnya. Seharusnya ini membuat kita rendah hati n menyadarkan betapa kecilnya kita ini. Hal babel, kita sedang dlm perjalanan menuju Babel baru didepan mata kita. Globalisasi, newage, MLM, barcode, GPS, penyatuan pasar dunia. Wow, kita bener2 hidup diakhir jaman. Karena akan ada sebagian kita utk ikut repture yg kedua, ayo sama2 berharap utk repture pertama. Tuhan memberkati
Debu tanah's picture

Salam kenal juga Genn..

Salam, Senang bisa kenalan dengan anda! Sayangnya hanya sedikit orang berhikmat ya Genn. Lebih banyak yang menjadi sombong karena dia punya gelar, pintar, kaya, dsb. Mengenai rapture (pengangkatan), memang kita hidup diakhir jaman, tapi rasanya kita tidak akan hidup lagi ya pada rapture pertama? Debu tanah
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@DETA : GW CUMA BANTU MELETAKKAN PUZZLE

Dear DETA, gw setuju soal puzzle. katakanlah lo menemukan puzzle-puzzle tersebut, tapi bukankah puzzle itu harus diletakkan dengan tepat ?!?! gw gak tangkap berkat apa yang lo coba bagikan lewat blog ini. pesan yg gw tangkap di blog lo : 1. manusia bisa melakukan apa saja. bahkan kelak akan mampu menjadi sama dengan ALLAH. 2. dan ALLAH gak bisa melakukan apa-apa, cuma bisa memperlambatnya. nah bukankah pesan yang gw tangkap ini sangat berbahaya. bukankah manusia akan mampu menggeser kedudukan TUHAN. SOAL MENARA BABEL, KENAPA TUHAN MENGACAUKANNYA ? INI YANG GW PAHAMI : ADANYA KEINGINAN SATU ORANG UNTUK MENJADI PENGUASA, DAN ALLAH MELIHAT CALON PENGUASA ITU PENYESAT. DALAM ARTIAN AKAN MENIADAKAN ALLAH, PENYESAT ITU AKAN MENYURUH SEMUA MANUSIA MENYEMBAHNYA. SEANDAINYA ALLAH TIDAK MENGACAUKANNYA, MAKA AKAN TERJADI KESESATAN MUTLAK. LANGIT & BUMI & SEGALA ISINYA TINGGAL MENUNGGU WAKTUNYA UNTUK DIMUSNAHKAN. ALLAH SUNGGUH-SUNGGUH MENGASIHI MANUSIA. ALLAH KONSISTEN DENGAN KASIHNYA. ALLAH MENGACAUKAN BAHASA ADALAH SALAH SATU BENTUK PENYELAMATAN DARI PENYESATAN. Semoga saya bisa membantu meletakkan puzzle anda.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

Manusia Meninggikan Diri

Salam JF, Terima kasih untuk komentarnya. JF menulis: gw gak tangkap berkat apa yang lo coba bagikan lewat blog ini. pesan yg gw tangkap di blog lo : 1. manusia bisa melakukan apa saja. bahkan kelak akan mampu menjadi sama dengan ALLAH. 2. dan ALLAH gak bisa melakukan apa-apa, cuma bisa memperlambatnya. Debu tanah menjawab, JF, Allah lho yang mengatakan bahwa bahwa APA PUN yang direncanakan akan terlaksana bila manusia bersatu! Allah mengacaukan bahasa manusia supaya rencana mereka gagal. Nah, bukankah GLOBALISASI yang terjadi saat ini, dengan teknologi kemunikasi dan internet, telah membuat manusia kembali bersatu seperti jaman itu? Jadi menurut saya NUBUAT Allah pada Kejadian 11:6 BERLAKU LAGI dong.. Itulah sebabnya saya katakan bahwa Allah hanya memperlambat apa yang dinubuatkan Allah bahwa APA PUN yang direncanakan manusia TIDAK ADA YANG TIDAK AKAN DAPAT TERLAKSANA! Saya sendiri tidak tahu sampai seberapa jauh pengetahuan & kemampuan manusia diijinkan Allah dapat berkembang. Tapi saya menangkapnya bahwa pegetahuan manusia karena akumulasi ilmu pengetahuan dan teknologi manusia pasti akan terus berkembang seperti yang dikatakan Sdr. Genn, ya sampai batas waktu manusia diijinkan hidup di dunia: sampai KIAMAT! Yang ingin saya sampaikan melalui blog ini adalah: Kita bisa lihat sekitar kita, banyak manusia yang karena kenyamanan hidupnya akibat pengetahuan dan teknologi manusia telah melupakan Allah! Merasa tidak membutuhkan Allah lagi! Coba perhatikan dinegara-negara maju, manusia semakin egois, merasa tidak membutuhkan Allah, gereja-gereja kosong. Tingkat kriminalitas meningkat, dunia sedang menuju kemerosotan moral dan kemerosotan nilai-nilai kebenaran! Apa yang dapat dilakukan manusia saat ini sangat luar biasa lho JF. Bisa bayangkan gak bila bila orang-orang jaman Musa dulu melihat kita manusia jaman sekarang dapat menkloning manusia dari sel mati menjadi manusia yang sama persis dengan mereka, saya yakin mereka akan menyangka kita ini Allah lho! Ini serius lho JF! Nah, bayangkan juga suatu teknologi di masa yang akan datang yang sangat luar biasa hebatnya, yang membuat kita manusia jaman sekarang mengira manusia yang akan datang itu bisa melakukan yang hanya bisa dilakukan oleh Allah!! Nah bayangkan lah manusia dengan kemerosotan moral seperti yang saya utarakan diatas mempunyai kemampuan yang bahkan belum bisa kita bayangkan hebatnya, maka manusia bisa saja “meninggikan” diri menjadi seperti Allah bukan? Karena manusia tidak membutuhkan Allah lagi, seperti yang JF katakan kemampuan manusia justru telah MENGGESER KEDUDUKAN Allah! Tentu saja kita sama-sama tahu bahwa manusia meninggikan diri sebagai Allah bukan berarti menusia menjadi sama dengan Allah dong! Mengenai tujuan Allah mengacaukan bahasa manusia, saya sih BELUM melihat bahwa akan ada penyesat? Bagaimana pendapat saudara-saudara yang lain? Namun begitu saya akan coba untuk merenungkan nya kembali, terima kasih untuk masukan JF ! Saya hanya melihat bahwa Allah memang melihat potensi manusia untuk dapat melakukan kemajuan dibidang ilmu pengetahuan bila manusia bersatu, dan menyebabkan manusia melupakan Allah, menggeser kedudukan Allah, karena kencenderungan manusia, semakin makmur, semakin kaya maka manusia cenderung melupakan Allah. Kekristenan cenderung merosot pada negara-negara yang maju dan makmur, tetapi kekristenan justru luar biasa di negara yang miskin dan menderita. Bahkan Yesus mengatakan Matius 19:24 Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada SEORANG KAYA masuk ke dalam Kerajaan Allah." Saya sangat-sangat berterima kasih sekali lho JF telah mempertanyakan apa yang saya tulis dalam blog saya ini. Sehingga terjadi diskusi yang membuat kita dapat melihat lebih jelas lagi melihat kebenaran. Tadinya saya kira tidak akan ada yang melihat sesuatu yang menarik dalam topik yang saya angkat ini, ternyata JF jeli juga ya! Selain itu apa yang saya tulis kan belum tentu betul semua. Walapun tentu saja saya telah berusaha menulis berdasarkan fakta-fakta yang saya dapat kan dalam Alkitab, tapi tetap saja saya hanyalah manusia biasa yang mungkin sekali melakukan kesalahan dalam melakukan analisa pemahaman Alkitab. Mari kita diskusi lagi! Debu tanah
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Debu tanah's picture

JF, Mengapa Allah menyerakkan manusia ke seluruh bumi..

Salam JF, Dalam blog nya Menara Babel & Nimrod (KUTIPAN dari tulisan Andrewidodo), JF menulis: ALLAH TAHU AKAN ADANYA PENYESATAN MASSAL/PENYESATAN MUTLAK (PEMBERONTAKAN TERHADAP ALLAH/PENYEMBAHAN TERHADAP NIMROD). MAKA ALLAH MENGACAUBALAUKAN BAHASA, SEHINGGA PENGARUH NIMRODPUN MENJADI TIDAK BERARTI. Debu tanah komentar, Maaf ya JF, Debu tanah menjawab di sini saja, karena Debu tanah tidak ingin mendukung pengguna yang melanggar policy Sabdaspace yaitu untuk tidak mengcopy paste tulisan orang lain, hehe.. Namun demikian terima kasih untuk bantuannya. Setelah Air bah, Allah memberikan perintah kepada Nuh: Kejadian 9:1 Lalu Allah memberkati Nuh dan anak-anaknya serta berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi. Perintah Allah adalah supaya manusia memenuhi bumi, namun manusia memberontak. Kejadian 11:4 Juga kata mereka: "Marilah kita dirikan bagi kita sebuah kota dengan sebuah menara yang puncaknya sampai ke langit, dan marilah kita cari nama, supaya kita jangan terserak ke seluruh bumi." Kejadian 11:8 Demikianlah mereka diserakkan TUHAN dari situ ke seluruh bumi, dan mereka berhenti mendirikan kota itu. Bila memang hanya 1 orang yaitu: Nimrod yang menjadi masalah, Allah bisa membunuh-nya seperti Allah membunuh Belsyazar anak Nebukadnezar! Menurut Debu tanah, mengapa manusia harus DISERAKKAN adalah: Allah mengetahui bahwa manusia yang telah menjadi daging sehingga manusia cenderung berdosa, karena itu bila manusia berkumpul dalam satu tempat, dan ada sebagian manusia berdosa dan meninggikan diri maka seluruh manusia akan ikut-ikutan melakukan dosa, sama seperti yang terjadi pada manusia sebelum AIR BAH, contoh lainnya adalah Sodom & Gomora, hampir semua manusia di Sodom & Gomora berdosa kecuali Lot orang benar itu dan ke dua anaknya!. Jadi dengan menyerakkan manusia, bila ada manusia yang meninggikan diri, tidak semua manusia ikut-ikutan berdosa memberontak kepada Allah. Allah mengacaukan bahasa manusia untuk menyerakkan manusia memang cara Allah untuk menyelamatkan manusia. Globalisasi dan teknologi informasi sekarang ini telah menyatukan seluruh dunia, dan lihat hasilnya: kejahatan dan dosa manusia tampaknya mengalami percepatan yang luar biasa!! Globalisasi telah membuat manusia dengan cepat belajar berbuat dosa!! Debu tanah
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

NoSID's picture

Globalisasi

Menarik.., globalisasi bisa jadi adalah penggenapan nubuatan Matius 24:14 so.. kita adalah saksi dan pejuang hidup akhir zaman,jendral-jendral yang diutus oleh Tuhan untuk menjungkir_balikan dunia (Final Combat) LUAR BIASA!! Shallom4Ever