Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

MURTAD - Kenapa ya Dosa kepada Roh Kudus tidak Diampuni ?

Debu tanah's picture

Kenapa ya menghujat Roh Kudus tidak diampuni? Sedangkan dosa kepada Bapa & Yesus Kristus akan diampuni? Apakah Roh Kudus lebih tinggi daripada Bapa dan Yesus?

Markus 3:28-29 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal.

Lukas 12:10 Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni.

 

Dosa seperti apa yang tergolong dosa kepada Roh Kudus ? Menurut Alkitab:

Murtad setelah mengecap karunia Sorgawi

Murtad berarti menyangkal Yesus Kristus setelah mengecap karunia Sorgawi.

Tidak mungkin orang yang didalam hatinya berdiam Roh Kudus, mengutuki Allah, tetapi setelah Roh Kudus pergi meninggal-kan dia! Jadi orang yang yang berdosa kepada Roh Kudus adalah orang yang pernah memiliki Roh Kudus di dalam hatinya, kemudian murtad, sehingga Roh Kudus pergi meninggalkan dia.

I Korintus 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.

Kenapa tidak bisa diampuni? Dimana letak masalahnya? Apakah Allah yang tidak mau mengampuni?

Ibrani 6:4-6 Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus, dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang, namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.

Jadi menurut Alkitab, bukan karena Allah tidak mau mengampuni, tetapi karena TIDAK BISA atau TIDAK MUNGKIN DIBAHARUI LAGI !

Kenapa tidak bisa dibaharui lagi?

 

Dosa kepada Roh Kudus bukanlah dosa yang tiba-tiba dapat dilakukan, tetapi merupakan dosa yang berlangsung secara bertahap dan melalui proses yang cukup lama. Orang itu berkali-kali mendukakan Roh Kudus, tidak mau mendengarkan suara Roh Kudus, tetap berbuat dosa sehingga hati nuraninya menjadi tumpul, hingga akhirnya murtad. Pada saat ini lah Roh Kudus meninggalkan dia !!

Roh Kudus itu sangat lemah lembut, Allah Roh Kudus itu tidak bisa marah. Yesus Kristus bisa marah, Allah Bapa bisa marah, tapi Roh Kudus tidak pernah marah, karena Dia sangat lemah lembut! Bila kita berbuat dosa, Roh Kudus tidak akan marah, tetapi Dia akan berduka cita !! Apa bukti Roh Kudus sedang berduka, yaitu bila kita kehilangan suka cita. Bila Roh Kudus berduka karena kita berbuat dosa, maka roh kita juga tidak bisa bersuka cita.

Efesus 4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

Karena Roh Kudus sangat lemah lembut, maka bila ada orang yang berdosa sampai menghujat Roh Kudus sehingga murtad, maka Dia adalah orang benar-benar sangat berdosa. Dosa menghujat Roh Kudus tidak terhapuskan, karena Roh Kudus yang ada dalam hati manusia adalah kasih karunia terbesar Allah Tritunggal kepada manusia, tidak ada yang lebih besar dari pada itu ! Nah bila ada yang menghujat Roh Kudus tidak ada lagi kasih karunia yang mampu memperbaharui orang itu !!

Biarlah kita senantiasa mau mendengar suara Roh Kudus yang ada di dalam hati kita masing-masing. Jangan ada seorangpun diantara kita yang melakukan dosa yang demikian. Allah itu tidak jauh saudara-saudara, Allah ada di dalam hati kita, Allah Roh Kudus ada dalam hati kita !!

 

Saudara-saudaraku di dalam Kristus, mari lah kita menghargai Roh Kudus yang ada di dalam hati kita, mari kita hormati Dia, marilah kita MENGASIHI Dia, karena Dia terlebih dahulu mengasihi kita, teramat mengasihi kita !!

 

 

Tulisan Debu tanah yang lain:

- Mengapa Allah Menciptakan Manusia? baca

- Adil kah Allah ? baca

- Menara Babel baca

- Mengapa Manusia Selalu Memberontak kepada Allah? baca

- Bagaimana Menulis dengan Baik baca

- SORGA dan NERAKA - Tempat Perhentian Manusia baca

- Apa Arti Sebuah Nama baca

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Mendukakan Roh Kudus?

Debu Tanah Menulis:

Roh Kudus itu sangat lemah lembut, Allah Roh Kudus itu tidak bisa marah, Yesus Kristus bisa marah, Allah Bapa bisa marah, tapi Roh Kudus tidak pernah marah, karena Dia sangat lemah lembut! Bila kita berbuat dosa, Roh Kudus tidak akan marah, tetapi Dia akan berduka cita !! Apa bukti Roh Kudus sedang berduka, yaitu bila kita kehilangan suka cita. Bila Roh Kudus berduka karena kita berbuat dosa, maka roh kita juga tidak bisa bersuka cita.

Apa tanda-tanda roh manusia tidak bersuka cita? Tidak bersuka cita itu sama dengan gak happy, jadi bagaimana cara kerjanya, Roh kudus sedih, roh kita ikut sedih lalu hati kita juga ikut sedih? Emosiku = Emosi Roh Kudus? 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Bila kita mendukakan Roh Kudus

Salam Hai hai yang selalu kritis, Dalam roh manusia yang telah bertobat tinggal Roh Kudus, dimana roh manusia bersekutu dengan Roh Kudus. Matius 26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah." Kisah Daud berikut adalah kisah, dimana Daud kehilangan sukacita karena dia berdosa kepada Tuhan: Mazmur: 32:1 Dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi! 32:2 Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!

32:3 Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari; Debu tanah

32:4 sebab siang malam tangan-Mu menekan aku dengan berat, sumsumku menjadi kering, seperti oleh teriknya musim panas. S e l a 32:5 Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. S e l a 32:6 Sebab itu hendaklah setiap orang saleh berdoa kepada-Mu, selagi Engkau dapat ditemui; sesungguhnya pada waktu banjir besar terjadi, itu tidak melandanya. 32:7 Engkaulah persembunyian bagiku, terhadap kesesakan Engkau menjaga aku, Engkau mengelilingi aku, sehingga aku luput dan bersorak. S e l a 32:8 Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu. 32:9 Janganlah seperti kuda atau bagal yang tidak berakal, yang kegarangannya harus dikendalikan dengan tali les dan kekang, kalau tidak, ia tidak akan mendekati engkau. 32:10 Banyak kesakitan diderita orang fasik, tetapi orang percaya kepada TUHAN dikelilingi-Nya dengan kasih setia. 32:11 Bersukacitalah dalam TUHAN dan bersorak-soraklah, hai orang-orang benar; bersorak-sorailah, hai orang-orang jujur! Jadi bila kita berdosa, maka Roh Kudus berduka cita sehingga roh kita akan tertekan, perhatikan ayat 3, hati nurani kita akan menuduh kita, sehingga selanjutnya kita kehilangan sukacita didalam emosi atau jiwa kita. Bila kita berbuat dosa, segeralah bertobat mengakui dosa-dosa kita, maka Roh Kudus akan kembali bersukacita dan roh (hati nurani) kita tidak lagi menuduh kita, sehingga kita bisa kembali bersukacita.

Debu tanah

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

ARTIKEL NGAMBANG

Dear DETA, tolong berikan contoh konkret menghujat Roh Kudus. daripada bertele-tele. supaya kita tahu, apakah kita masuk neraka atau masuk sorga. jadi kalau ada yang menghujat Roh Kudus, gak selamat lagi, kan bisa berfoya-foya, daripada menderita 2 kali, di bumi dan akhirat. ayo DETA, jangan ngambang.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

Contoh konkret menghujat Roh Kudus

Salam JF, Saya kira sudah saya sebutkan dalam artikel saya, dosa kepada Roh Kudus adalah: - Murtad atau menyangkal iman kepada Yesus Kristus, mungkin kurang konkret ya: Murtad = pindah agama

Debu tanah

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

kairos's picture

to : debu tanah

ada satu pandangan yang mengatakan bahwa menghujat Roh Kudus adalah manusia melakukan dosa yang sama terus menerus padahal dia telah menjadi pengikut Kristus ,jadi dia tau bahwa hal tersebut dilarang tapi tetap dilakukan dengan sengaja. menurut anda bagaimana pandangan tersebut debu tanah ? peace
__________________

peace

Debu tanah's picture

To: Kairos

Salam Sdr Kairos, Saya tidak sependapat dengan pandangan tersebut. Menurut saya dosa menghujat Roh Kudus adalah dosa yang disebutkan dalam Ibrani 6:4-6. Mengenai dosa yang terus-menerus dilakukan oleh pengikut Kristus bukan tergolong menghujat Roh Kudus, tetapi orang Kristen DUNIAWI. I KORINTUS 3:1 Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus. 3:2 Susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Dan sekarang pun kamu belum dapat menerimanya. 3:3 Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi? Orang Kristen DUNIAWI sangat menderita hidupnya, karena Roh Kudus berduka-cita didalam hatinya. Sehingga dia kehilangan sukacita. Namun dia tetap orang Kristen, ya orang Kristen Duniawi yang belum dewasa di dlm Kristus.

Debu tanah

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

kairos's picture

to : debu tanah

terima kasih untuk pandangan debu tanah,

debu tanah mengatakan,

Murtad = pindah agama

jadi bagaimana bila ada seorang kristen, yang karena sesuatu hal dia pindah agama tetapi beberapa tahun kemudian dia kembali lagi menjadi pengikut Kristus

apakah dia sudah pasti tidak selamat ?

sedangkan debu tanah sendiri menulis bahwa  

Dosa kepada Roh Kudus bukanlah dosa yang tiba-tiba dapat dilakukan, tetapi merupakan dosa yang berlangsung secara bertahap dan melalui proses yang cukup lama.

 peace

__________________

peace

Debu tanah's picture

Menghujat Roh Kudus = pindah agama ?

Salam Sdr. Kairos, Apa yang sampaikan berikut adalah AJARAN Alkitab tentang dosa menghujat Roh Kudus, saya tidak sedang menghakimi disini karena saya tidak berhak untuk itu, hanya Allah yang berhak menghakimi.

Esensi dari menghujat Roh Kudus adalah MENYANGKAL IMAN kepada Yesus Kristus setelah dia PERNAH MENGECAP karunia Sorgawi atau pernah mempunyai Roh Kudus dalam hatinya. Dulunya pernah mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan kemudian menyangkal iman nya (karena bila mengaku Yesus adalah Tuhan, berarti ada Roh Kudus dalam hatinya (1 Korintus 12:3).

Jadi bukan masalah Kristen di KTP atau administrasi negara. PEMAHAMAN saya: 1. Bila ada orang pernah mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan, berarti memiliki Roh Kudus didalam hatinya, pernah mengecap karunia Sorgawi, kemudian pindah agama maka orang itu disebut MURTAD. 2. Bila ada Kristen KTP yang tidak pernah mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan, berarti tidak memiliki Roh Kudus didalam hatinya, tidak pernah mengecap karunia Sorgawi(banyak kali ye), lalu pindah agama maka menurut saya TIDAK tergolong MURTAD. Jadi masih bisa diselamatkan bila percaya kepada Yesus. Namun demikian, tentu apa yang dilakukan orang Kristen KTP tersebut merupakan kesaksian buruk, yang menurut saya akan diampuni oleh Yesus. Demikian pandangan saya.

Debu tanah

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

MELURUSKAN YANG MENGAMBANG

Dear Debu Tanah, sayang sekali pemahaman kamu terlalu dangkal. untuk mengkonkretkan mmenghujat Roh Kudus, dengan kemurtadan. lebih parahnya lo identikkan dengan pindah agama. itulah sebabnya kenapa gw bilang, lo harus kenal TUHAN TRITUNGGAL. kenapa menghujat Roh Kudus tidak diampuni ? LO MAU LEWAT TUHAN MANA LAGI ? pertama kita harus pahami dulu TUHAN TRITUNGGAL. maksud gw gini, ketritunggalan seperti level/step/stage. bicara level/step/stage jangan melihat secara vertikal, tapi horizontal. sejajar. Bapa berada dilevel ketiga, Kristus di level kedua, Roh Kudus di level pertama. maksud gw begini : 1. lo gak mungkin sampai ke BAPA, kalau tidak melalui YESUS KRISTUS. Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 2. lo gak mungkin percaya YESUS KRISTUS sebagai jalan menuju BAPA, tanpa Roh Kudus. I Korintus 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Kudus, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus. nah kalau lo udah menghujat Roh Kudus, lo mau lewat mana lagi. kalau lo menghujat BAPA, ada YESUS KRISTUS yang menjadi jalan pendamaian antara lo dan BAPA. I Yohanes 4:10 Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi BAPA, tetapi BAPA yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. kalau lo menghujat YESUS KRISTUS, masih ada Roh Kudus yang menginsafkan lo. Yohanes 16:8 Dan kalau Roh Kudus datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; nah kalau lo menghujat Roh Kudus, lo mau lewat mana lagi mannn. gak mungkin lo lewat YESUS KRISTUS. Bagaimana lo mau lewat YESUS KRISTUS, wong jalan menuju YESUS KRISTUS ya lewat Roh Kudus. NAH SEKARANG, soal contoh Konkret Menghujat Roh Kudus... mmm... mmm... mmm... wah sori nih, gw tanya BAPA dulu ya... hahaha...

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

JF kurang tepat nih..

Salam JF, JF menulis: kalau lo menghujat YESUS KRISTUS, masih ada Roh Kudus yang menginsafkan lo. Yohanes 16:8 Dan kalau Roh Kudus datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; nah kalau lo menghujat Roh Kudus, lo mau lewat mana lagi mannn. gak mungkin lo lewat YESUS KRISTUS. Debu tanah menjawab: JF, jangan salah lho. Tidak mungkin bagi orang yang dalam hatinya berdiam Roh Kudus bisa menghujat Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus sendiri. Tidak mungkin itu! Yang namanya menghujat Roh Kudus itu, bukan berarti menghujat "NAMA" Roh Kudus lho. Bila ada orang Non Kristen menghujat Roh Kudus, ini namanya BUKAN dosa menghujat Roh Kudus !! Mereka pasti diampuni! Wajar saja bila orang yang tidak mengenal Allah Tritunggal menghujat Allah Tritunggal: Bapa, Anak & Roh Kudus.

HANYA orang yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia Sorgawi, yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus lah yang bisa melakukan dosa menghujat Roh Kudus.

Misalnya si A, dulunya adalah orang Kristen yang taat, pernah diterangi hatinya, mengecap karunia Sorgawi, pernah ada Roh Kudus tinggal dalam hatinya. Akhir-nya si A ini menyangkal imannya kepada Yesus Kristus, ini hanya bisa terjadi karena Roh Kudus SUDAH meninggalkan dia. Dan proses ini tidaklah tiba-tiba (sekonyong-konyong), tetapi seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya: terjadi berangsur-angsur, karena selalu mendukakan Roh Kudus, tekun berbuat dosa, sehingga NURANI-nya tumpul dan akhirnya MURTAD. Nah ini yang disebut MURTAD dalam Ibrani 6:4-6. Mudah-mudahan cukup jelas ya JF..

Debu tanah

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

galatia220's picture

Markus 3:28-29 "Aku berkata

Markus 3:28-29 "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal." MAKANYA KK KK DISINI KUTIP ALKITAB JGN SETENGAH-SETENGAH BIAR ORANG-ORANG NGERTI. kenapa Yesus berkata seperti itu: karena sebagian dari orang-orang tersebut tidak menghargai karya Roh Kudus. Mereka menyangka Yesus mengusir setan, menyembuhkan orang, membangkitan orang menggunakan kuasa Setan/Iblis. tidak menghargai dalam konteks diatas adalah tidak percaya, menghina, menginjak-nginjak karya Roh Kudus. Yang paling gampang gambarannya ya: tidak percaya akan penembusan Tuhan Yesus Kristus. Karena penembusan Kristus merupakan karya Roh Kudus. Makanya kalau gak percaya Yesus Kristus, tidak akan memperoleh pengampunan. Itu saja gambaran singkat dan jelasnya. TQ Amin
__________________

namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan
Kristus yang hidup di dalam aku.... Galatia 2:20

jesusfreaks's picture

@galatia220 : mana yang karya Roh Kudus ?

Dear brother, kayaknya kamu malah bikin ngambang deh... bagaimana kamu bisa menentukan Karya Roh Kudus. apa maksud kamu HANYA MUJIZAT YESUS YANG TIDAK BISA DIHUJAT. BAGAIMANA DENGAN MUJIZAT2 SELAIN YESUS. terus alkitab ada tertulis : II Tesalonika 2:9 Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, wah bingung nih tambah PR lagi, contoh konkret KARYA ROH KUDUS apa ya ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

To: Galatia220

Salam Galatia220, Sdr Galatia220 juga jangan mengutip Alkitab setengah-setengah, Markus 3:28-29 harus berdampingan dengan Ibrani 6:4-6. Benar lho, kalo ada orang BUKAN KRISTEN yang MENGHUJAT Nama Roh Kudus, Yesus dan Bapa, mereka pasti diampuni ! Karena Roh Kudus belum pernah tinggal dalam hati mereka!

Debu tanah

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@DETA : ASAL COMOT LAGI NIH...

Dear DETA, Ibrani 6 dibacanya dari ayat 1 dong, jangan kamu comot trus ngasal sambungin ke soal menghujat Roh Kudus. bisa sih disambungin, tapi harus benar. galatia 6, itu bicara soal orang-orang yang mengkultuskan agama, ajaran, doktrin, denominasi, dan lain sebaginya. yang membuat "TUHAN" yang baru. TUHAN ITU YA BAPA, ANAK & ROH KUDUS. KESELAMATAN ITU YA ANUGERAH BAPA, ANAK & ROH KUDUS. BUKAN SOAL AGAMA A ATAU AGAMA B, BUKAN SOAL BAPTIS A ATAU BAPTIS B, BUKAN SOAL BAHASA ROH A BAHASA ROH B. nah soal menghujat Roh Kudus, masih belum clear tuh...

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

Deta tidak asal comot

Salam JF, Saya tidak asal comot! Tema blog ini adalah membahas dosa kepada Roh Kudus yang tidak terampun-kan yang ada dalam Markus 3:28-29, Lukas 12:10 dan Ibrani 6:4-6. Hanya ada SATU dosa yang tidak terampunkan! Yaitu dosa yang disebutkan dalam Ibrani 6:4-6. Emangnya ada dosa lain yang tidak dapat disucikan oleh DARAH KRISTUS ? Coba JF sebutkan. Jangan melebar ke dosa-dosa yang lain dong! JF kalo menyanggah harus kasih solusi dong! JF dari tadi menyanggah tapi tidak ada dasar!

Debu tanah

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

NoStressInDepress's picture

Roh Kudus itu PRIBADI

Saat sesorang pindah agama lalu bertobat dengan SUNGGUH saya kira pintu pengampunan masih ada. Karena pindah agama itu hanya fisikal saja, belum tentu hatinya juga.. misal karena pernikahan beda agama(dalam kontex ini). Banyak artis melakukanya,dan mereka belum punya pengetahuan yang CUKUP dalam mengenal kebenaran dengan mutlak. Dosa menghujat Roh Kudus adalah orang yang pernah KENAL Yesus sebagai Tuhan secara mendalam lalu dengan SENGAJA meninggalkanNya, sehingga tidak bisa diampuni dan mendatangkan maut kenapa ?? ya wong dia jadi Bebal dan menolak Jalan dan kebenaran menuju BAPA YANG PUNYA SURGA (Yesus). Roh Kudus adalah Pribadi, Roh Kudus bisa ngambek, saat seseorang mengerasakan hatinya dan terus menari-nari dalam dosa, maka ia telah mendukakan Roh Kudus, lalu Roh Kudus ngambek dan undur darinya. Maka semakin bejad dan bebalah orang itu dalam hidupnya, dan karena Roh Kudus sang peinsyaf tidak ada lagi, bagaimana mungkin seseorang tersebut bisa diampuni? wong bertobat saja ogah. inilah yang disebut * Yang bongkok tak dapat diluruskan, dan yang tidak ada tak dapat dihitung.(Pengkhotbah 1:15) *Shallom4Ever@all
__________________

*Shallom4Ever@all

mencarikebenaran's picture

roh kudus itu pribadi

saya suda membaca artikel dr debu tanah..dan semua comment2nya yg di tuliskan disini... dan menurut saya..saya lbh stuju dgn perkataan"nostressindepress" sewaktu saya melihat comment debu tanah yg dibilang kalaw pindah agama itu menghujat roh kudus... saya rasaa bbnyk skali org yg pindah2 agama...yah...mungkin karna ingin mengikuti orang tuanya....ato mungkin karna ingin menyamakan agamanya dgn kekasihnya.... dan menurut saya roh kudus itu adalah yg di dpt secara rohani bkn duniawi.. dlm pemikiran saya kalau dibilang agama...kan ada macem2 agama..kristen,katolik,islam,hindu,budha..dan yg menurut saya kalau itu sbuah profesi dr duniawi...yg bisa saja agama katolik..islam...bisa saja dia msk ke greja kristen...untuk memuji tuhan..jd secara pribadi...menurut saya roh kudus itu tidak tergantung dgn agama...dan menurut saya agama kristen,katolik,islam,budha dan hindu itu agama yg di buat2 secara duniawi...dan bkn rohani... dan dlm pemahaman saya...cukup kita percaya tuhan ada dlm diri kita dan kita dalam diri-Nya....itu akan membangkitkan roh kudus kita...dan tdk tergantung agama... maap ni..klo comment saya ada yg sala... menurut pemahaman saya kyk gitu..klo ada yg sala..dr perkataan saya tolong perbaiki >.<
Debu tanah's picture

To sdr Mencarikebenaran, soal pindah agama.

Salam, Maaf baru bisa jawab, karena di rumah tidak bisa login. Saya mengatakan pindah agama = murtad = berdosa kepada Roh Kudus karena menjawab pertanyaan JF. Tentu yang saya maksud murtad: ya pindah dari agama Kristen ke agama lain, kalo sebaliknya ya tidak murtad, justru namanya "bertobat". Saya sudah menjelaskan bahwa:

Esensi dari menghujat Roh Kudus adalah MENYANGKAL IMAN kepada Yesus Kristus setelah dia PERNAH MENGECAP karunia Sorgawi atau pernah mempunyai Roh Kudus dalam hatinya. Dulunya pernah mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan kemudian menyangkal iman nya (karena bila mengaku Yesus adalah Tuhan, berarti ada Roh Kudus dalam hatinya, 1 Korintus 12:3).

Mencarikebenaran menulis: dlm pemahaman saya...cukup kita percaya tuhan ada dlm diri kita dan kita dalam diri-Nya....itu akan membangkitkan roh kudus kita...dan tdk tergantung agama... Debu tanah menajwab: Pernah baca ayat berikut:

Matius 10:32-33 Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga.

Menurut sdr mencarikebenaran, bila ada yang percaya kepada Yesus, tapi tidak mengakui-nya di depan manusia, kira-kira menurut ayat diatas, apakah Yesus akan mengakui dia didepan bapa di Sorga?

Debu tanah

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

adis's picture

Dear All

Nah........ mending diskusinya kayak begini......... tanpa ada umpatan, saling menyerang bahkan menjatuhkan..........(ini menurutku lo ya..........)................. yg sehat ya.................
tobelo's picture

SALUT

Salut saya baca blog ini....

Pa lagi yg koment kritis2 semua ,cerdas2 sekali yaa anak2 Tuhan sekarang ini, cuma kita sendiri yg bodoh ni, baku tanding ayat2 alkitab lg, luar biasa..., Saya yakin Tuhan Yesus senyum2 saja lihat anaknya pada spt ini.. Coba yaa kita hidup sebelum agama kristen diciptakan pendahulu kita, pasti akan lain arah perdebatan kita...

Ketika saya baca seluruh koment diatas saya bisa tarik benang merahnya bahwa perdebatan kita selalu bermuara pada perbedaan agama, perbedaan tatacara ibdh dsb, disitus lain juga begitu agama vs agama, kemudian slg menghujat, memaki dsb... Ya kita agama kristen (mungkin) mereka agama lain (dimata kita murtad), dan klo murtad dia menghujat rohkudus dsb..dsb

Maaf teman2, apakah Yesus datang kedunia ini (Yoh 3:16) ,membawa agama enggak yaaa..., saya rasa kita sepakat yaa klo Yesus datang kedunia bukan membawa agama kan dan Dia datang bukan untuk mencari org yg benar loo (sapa yaa yg merasa benar disini) tp yaa org2 berdosa ...

Saya setuju dengan debu tanah bagus sekali artikel anda, menguatkan iman percaya saya,teruskan karya anda,Kristus memakai anda sekeluarga menjadi berkat bg byk org..

Coba saya memakai sudut pandang agama di ktp saya yaaa..Hmm memang betul  yaa ketika org yg pindah agama dimata kita itu kita katakan murtad, kafir, durjana, masuk neraka, sampah dsb tp ooh si A pindah ke agama kita, kita tepuk tangan dong, kita katakan bertobat, kasi karangan bunga dsb..Kan jadi banyak teman2 se agama kita bukan, seperti pertandingan bola wah 1 : 0 buat agama X bila umatnya masuk di agama kita... Hore rasain mereka, tp sialnya si A kemuadian kita biarkan dan kita tinggalkan..

Tp coba (mencoba) kita lihat dari sudut pandang Kristus,apakah seperti itu Dia datang buat kita?? Rasanya tidak yaaa. Coba deh kita lihat pesan Yesus ke kita sebelum naik ke surga (matius 28:19-20), lihat sendiri di alkitab yaaa, kali2 lah buka alkitabb napa...Disitu kok enggak dikatakan  jadikan semua bangsa Kristen yaa dst.....Tp jadikan semua bangsa muridku (bukan pengikutku loo yaaa)..

Nah kesimpulannya bukan masalah agama teman tapi masalah hati (akal, perasaan dan tindakan),Byk teman2 saya b'agama lain kita menangkan, menerima Roh kudus dan mengundang Kristus sbg Tuhan dan Juru Selamat secara probadi tapi masih menjalankan tata ibadah agamanya tuh.Tp dengan begitu malah dia lbh banyak membawa teman2 yg seagamanya dulu menjadi murid Kristus, dengan kata lain sebagai jalan pekabaran injil, wah kalah dong teman2 saya yg ktpnya kristen tp cuma seminggu sekali ibdh, takut pengabarkan injil dan tidak punya beban apa2 bagi mrk yg belum kenal Kristus... Duh sapa yg malu disini yaa...

Kristen tidak lain merupakan tatacara ibdh teman, lain halnya kekristenan yg merupakan suatu kehidupan dimana Allah hidup di dalamnya dan mrpkn hubungan pridadi kita dengan Allah pencipta yg telah menyatakan diri di dlm Yesus Kristus itulah kristen sejati..

Saya setuju jika seseorang tanpa memandang SARA oleh kasih karunia Kristus memalui rohkudus kemudian dia membk pintu hatinya dan menerima penyelamatan Kristus dg memakai akal, perasaan dan tindakannya (bukan di dikte spt kita mau dibatis dulu itu loo) tp dikmdn hari dia menyangkaliNya entah dlm artian menghujat, menolak, mendukakan roh kudus dst, itulah dosa yg tidak terampuni Markus 3:28-29...Okay Trimakasih Tuhan Memberkati Kita semua

 

 

 

 

bintang seven's picture

deta menghujat Roh Kudus

deta konteks markus 3 ttg menhujat Roh Kudus membuat b7 bertanya....

bagaimanakah Rupa RK? apakah ia bermuka jelek shg kita menghujatNYA? apakah kakinyapincang shg kita meledekNYA? apakah RK bisa bersuara dan menyanyi shg kita menghujat suaraNYA yg jelek?

apakah Roh Kudus suka berbicara kasar dan mengajar yg aneh2 shg kita menolakNYA?

bukankah Roh kudus adalah milik orang yg percaya pd Kristus? dan bukankah orang yg percaya akan selalu memuliakan Kristus?

 

dari dulu sampai sekarang gw bingung dg pengajaran

menghujat RK...apakah yg dimaksud menghujat Roh Kudus krn gw takut

jangan2 gw dah melakukannya dan gak bisa diampuni ...bullshit!! tp

skg klo gw merenung konteks markus 3 ini gw jd bertanya mengapa orang

farisi menuduh Yesus mengusir setan dg kuasa setan beelzebul? deta bukankah dengan begitu kita dpt menarik kesimpulan bhw mereka tidak percaya?... tidak percaya bhw Yesus adalah anak Allah yg diurapi dg kuasa Roh Kudus... jika kita tidak percaya kpd

Kristus sekarang bukankah kita telah menghujat Roh Kudus? ttp jika bertobat dan berbalik lalu apakah kita tidak diterimaNYA?

deta tidak bertobat dan  percaya bhw Kristus adalah satu2 nya jalan kesurga  sampai kita mati itulah yg dimaksud dg menghujat Roh Kudus... krn untuk mempertobatkan orang lah maksud dan pekerjaan Roh Kudus bukan mengusir setan beelzeebul spt markus 3 katakan... jadi jika kita masih hidup dan belum bertobat Tuhan masih memberi kesempatan... inilah yg disebut injil atau kabar baik krn Tuhan menjadi jalan bagi keselamatanmu. amin

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.