Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

garamdunia's blog

garamdunia's picture

Tuhan yang Memulai, Dia Juga yang Menyelesaikan

Blog ini diawali oleh kerinduan saya untuk para pembaca dapat mengetahui Kasih Allah.

garamdunia's picture

Bahan Bangunan Gereja, Hanya Kristus!

Rasul Paulus memberi penjelasan panjang lebar di 1 Korintus 1:18 hingga akhir 1 Korintus 2, apa yang dimaksud dengan membangun gereja berdasarkan Kristus semata? Singkatnya:

garamdunia's picture

Tragedi Korintus Terulang Kembali

Rasul Paulus sangat kecewa kepada jemaat di Korintus ketika mereka terpecah belah karena saling iri hati dan perselisihan:

…telah diberitahukan oleh orang-orang dari keluarga Kloe tentang kamu, bahwa ada perselisihan di antara kamu1 Korintus 1:11

garamdunia's picture

Kekristenan Dalam 2-Menit

Pernah ditanya, apa sih kekristenan itu?

Apakah kita langsung jawab dengan:

  1. Yesus cinta saya
  2. Yesus berkorban untuk saya
  3. Berbuat baik
  4. Yesus Tuhan juru selamat saya
  5. dan lain sebagainya

Masalahnya, bagaimana kita menginformasikan prinsip kekristenan, di dalam konteksnya, secara singkat kepada non-kristen atau kepada yang 'lahir baru'?

garamdunia's picture

Tunduk Pada Pemerintah?

Sebagai pengikut Yesus, apakah mengikuti peraturan pemerintah lokal ataupun negara masih perlu atau relevan? Contoh dari kehidupan sehari-hari, kita tidak perlu khawatir untuk membeli DVD, mp3, software bajakan, tidak membayar pajak, dan terlalu banyak contoh lainnya. Alasannya? Kita diselamatkan melalui kematian dan kebangkitan Kristus semata, sehingga lainnya menjadi tidak relevan. Benarkah begitu?

garamdunia's picture

Denominasi Mana yang Paling Benar?

Gereja Kristen Indonesia, Reformed, Gereja Bethel Indonesia, Gereja Kristen Jawa, AbbaLove, Huria Kristen Batak Protestan, atau ini-itu yah? Kok banyak sekali gereja dengan berbagai macam denominasi? Apa bedanya? Penting tidak?

garamdunia's picture

Cara Membaca Alkitab

Melanjutkan tulisan yang sebelumnya, mampukah saya membaca Alkitab di dalam konteksnya, yang lulus sekolah dengan nilai pas-pasan (atau bahkan tidak lulus), membaca buku tebal ini?

garamdunia's picture

Mengapa Membaca Alkitab?

Apakah hanya di sekitar saya saja, atau memang benar terlalu banyak di kalangan kristen sendiri yang jarang (bisa dibilang hampir tidak pernah) membaca Alkitab (baca: Firman Tuhan)? Masalahnya, kalau kita berkata, “Saya pengikut Tuhan”, bagaimana mungkin kita mengikuti sesuatu yang tidak kita kenal? Ngikut saja begitu?

garamdunia's picture

Suami Sebagai Kepala Keluarga?

Dari tulisan yang sebelumnya, peran istri di dalam keluarga menurut Alkitab telah dipaparkan. Kalau mau dipikir-pikir, rasanya kok berat sekali? Sepertinya si suami dapat untungnya saja, apakah benar begitu?

garamdunia's picture

Masturbasi Itu Dosa?

Amat disayangkan bahwa topik seksualitas tidak terlalu banyak didiskusikan (bisa dibilang hampir tidak pernah) di kalangan kristen, karena hal ini dianggap tabu, untuk suami-istri saja atau banyak alasan lainnya. Masalahnya, di dalam pengalaman saya, apalagi di kalangan muda-mudi, mereka sangatlah ingin mengetahui apa pandangan Alkitab di dalam hal ini. Contohnya saja, salah satu kegiatan tambahan di sekolah saya (pada jaman dahulu kala ;) ), pendalaman alkitab, jarang sekali yang meminatinya, tetapi, ketika topik seksualitas muncul, kelas ini langsung penuh! Pesertanya pun sangat aktif dalam berdiskusi dan bertanya.

garamdunia's picture

Berkati Hidup Saya Tuhan!

Tidak sedikit dari kalangan orang kristen, sering menambah ungkapan “semoga Tuhan memberkati” atau “kalau Tuhan menghendaki” di dalam ungkapan mereka. Contoh:

  • “Saya baru saja melamar pekerjaan di perusahaan ‘A’, semoga Tuhan memberkati
  • Kalau Tuhan menghendaki, proposal bisnis saya akan berjalan lancar”
  • “Kami akan menikah beberapa bulan ke depan, semoga Tuhan memberkati
  • “Kalau Tuhan menghendaki, saya akan sembuh dari penyakit ini”

Tentunya, ungkapan ini baik karena mengungkapkan kerendah hatian kita bahwa semuanya memang datang dari Tuhan. Bahkan Alkitab pun menunjukkan ke hal yang sama:

garamdunia's picture

Pasangan Hidup dan Seks

Pernah tidak anda penasaran, mengapa kita sebagai manusia sangat perduli terhadap pasangan hidup? Apalagi sewaktu masa puber, kita mulai lirik-lirik dan bahkan merasa punya pacar merupakan sebuah keharusan. Terlebih lagi, setelah punya pacar, rasanya tidak perduli lagi dengan dunia, semua berbunga-bunga dan indah sekali ;) . Walaupun perang nuklir sedang terjadi, yang penting saling memiliki!

garamdunia's picture

Tanya Kenapa, Tanya Kenapa

Sebagian besar dari pembaca tentunya ingat iklan “Tanya kenapa, tanya kenapa” dari A-Mild (versi polisi ngumpet). Pertama kali saya lihat iklan tersebut, saya tidak bisa berhenti tertawa sendiri. Bukan hanya iklan itu menarik dan lucu, tetapi benar-benar menggelitik hati karena menyinggung setiap diri kita sendiri! Memang benar bahwa kita hanya patuh kalau ada yang melihat, coba, tanya kenapa?

garamdunia's picture

Apa Kekristenan Itu?

Kalau anda ditanya (baik oleh kalangan kristen maupun non kristen), "Mengapa anda menjadi Kristen / Pengikut Yesus?", apa yang anda akan jawab??

Biasanya orang menjawab:

  1. "Saya dibesarkan di keluarga atau lingkungan Kristen"
  2. "Saya mengikuti tradisi keluarga atau teman-teman"
  3. "Agar hidup saya tenang/terberkati"
  4. "Karena Yesus adalah juru selamat satu-satunya"

Jawaban anda akanlah tergantung konteks si penanya tentunya. Tidak jarang saya menemui saudari-saudari dalam Kristus yang mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang sangat sederhana ini. Karena tidak sedikit dari kalangan orang Kristen sendiri yang tidak begitu mengerti apa arti kekristenan itu!