Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Kejarlah Kasih's blog

Kejarlah Kasih's picture

Wasting Time

Menarik untuk melihat apa yang dilakukan Yesus menjelang kematian-Nya.

Pertama adalah respon Yesus terhadap Pilatus, yang bukan orang Yahudi dan bukan penganut hukum Taurat.


Pilatus yang tergolong sebagai bangsa kafir dalam persepsi agama Yahudi, bertanya kepada Yesus. Yesus, tidak hanya bersedia menjawab melainkan mengajari Pilatus tentang tujuan kedatangan-Nya.

Kejarlah Kasih's picture

tulip

Kejarlah Kasih's picture

Dicampakkan Ke Dalam Api

Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Yohanes 15:6

 

Manusia akan dibakar dalam api? Disiksa dengan cara dibakar selama-lamanya di neraka? Pasti bukan! 

Kejarlah Kasih's picture

Kehendak Bebas Manusia

Dengan kehendak bebas, setiap manusia dapat memilih untuk menerima atau menolak keselamatan. Jika menerima pasti masuk sorga, jika menolak pasti disiksa di dalam api neraka untuk selama-lamanya. Kalimat pembodohan seperti itu adalah dongeng turun-temurun yang bertentangan dengan ajaran Yesus Kristus.

 

Allah memang memberi kehendak bebas kepada manusia. Tetapi kehendak bebas manusia hanya berguna di dalam batas-batas yang telah ditentukan-Nya.  

 

Domba dilahirkan oleh domba. Kambing dilahirkan oleh kambing. Jika hendak menjadi domba maka kambing harus dilahirkan kembali sebagai domba.


Urusan ‘dilahirkan’ mustahil terjadi karena pilihan kehendak bebas manusia. 
Kejarlah Kasih's picture

Maut Bagi Semua

Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi SEMUA manusia. Ibrani 2:9


Oleh karena kasih karunia Allah bagi semua orang maka Dia mengalami maut bagi semua manusia.  Yesus menyerahkan diri-Nya menjadi tebusan bagi semua orang.  Semua yang telah ditebus sudah pasti menjadi hak sang penebus.


Seandainya ada seseorang membeli 100  potong rendang dan telah melunasi pembayaran, namun hanya mendapatkan 4 potong rendang; tetapi kemudian diam saja sambil menangis, maka ada kemungkinan orang tersebut adalah orang tolol!


Membayar untuk semua maka berhak mendapatkan semua. Apa yang telah dibayar lunas adalah milik dari yang telah membayar lunas.


Dia telah menyerahkan diri-Nya menjadi tebusan bagi semua orang. Dia mengalami maut bagi semua manusia. Harga telah lunas dibayar. Tentu yang diperoleh-Nya adalah SEMUA manusia!

Kejarlah Kasih's picture

Semua Orang Datang

Dengarlah perkataan Yesus sendiri dan percayalah!


“..dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik SEMUA orang datang kepada-Ku." Yohanes 12:32


Yesus menyatakan, Dia akan menarik semua orang datang kepada-Nya. Tidak ada satu orangpun yang akan dibuang-Nya.


Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Yohanes 6:37


Semua orang berarti: bukan hanya orang Kristen; bukan hanya sebagian orang;  bukan hanya yang percaya; bukan umat Nasrani saja; tetapi semua manusia, tanpa kecuali; semua adalah semua. 


Di bukit Golgota, Allah membuktikan kasih-Nya. Dosa diampuni. Segala kesalahan dan  kejahatan telah diampuni-Nya. 

Kejarlah Kasih's picture

Keselamatan Berdasarkan Pengampunan Dosa

Yesus mengakui bahwa Yohanes Pembaptis adalah utusan yang mempersiapkan jalan bagi Dia dan meluruskan jalan-Nya. Dari semua manusia yang dilahirkan perempuan, tidak ada yang seorangpun yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis.

 

Yohanes Pembaptis adalah nabi Allah Yang Mahatinggi. 

 

untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, Lukas 1:77 

 

Yohanes Pembaptis bernubuat bahwa Anak Domba Allah akan menghapus dosa dunia.

Kejarlah Kasih's picture

Orang-Orang Pilihan Allah

Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka? Roma 8:33

 

Kitab Kejadian mencatat kisah Adam dan Hawa keluar dari Taman Eden. Anak-anak manusia tidak punya pilihan selain harus lahir di negeri yang dinaungi maut. Hidup sementara di alam fana. Alam yang sesungguhnya adalah alam maut.

 

Kisah di Taman Eden seringkali dipahami secara negatif sebagai suatu kegagalan. Namun sesungguhnya apa yang terjadi hanyalah sebuah proses yang harus dilalui. Manusia mungkin gagal tetapi Allah mustahil gagal.

 

Allah tidak membuat rencana keji bagi manusia. 

 

Berita Injil adalah kabar sukacita bagi semua manusia. Mereka yang telah menerima Injil hendaklah tidak berlaku picik dengan meninggikan dirinya sendiri diatas manusia-manusia lain dengan membual bahwa Allah hanya memilih sebagian manusia saja yaitu golongan mereka sendiri untuk diselamatkan.

Kejarlah Kasih's picture

Belas Kasihan-Nya Atas Semua

Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya atas mereka semua. Roma 11:32

TUHAN memilih Israel untuk menjadi bangsa pilihan. Ikatan perjanjian TUHAN  dengan Israel telah gagal. Hukum Taurat tidak berlaku lagi. Suatu perjanjian baru telah dimulai. Bangsa-bangsa yang dahulu tidak terpilih kini menerima pilihan kasih karunia.

Tidak ada seorangpun yang sanggup memperoleh keselamatan karena percaya atau karena melakukan sesuatu bagi Dia. Segala kesalehan manusia adalah seperti kain najis dihadapan-Nya. Tetapi Allah memberikan belas kasihan-Nya kepada semua.

Semua telah ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dan segambar dengan-Nya.  Oleh kasih karunia-Nya maka semua orang telah dibenarkan

Sekalipun semua manusia gagal namun Allah sanggup menunjukkan belas kasihan-Nya kepada mereka semua. Belas kasihan menang atas penghakiman.

Kejarlah Kasih's picture

Keharusan Berbahasa Roh, Ajaran Dongeng

Sebab kalau saya berdoa dengan bahasa yang ajaib, roh saya memang berdoa, tetapi pikiran saya tidak bekerja. 1 Korintus 14:14 (BIS)

Mereka yang senantiasa berdoa dalam bahasa roh maka pikirannya perlahan-lahan akan kehilangan fungsi utamanya. Tidaklah terlalu mengherankan kalau para pengajar dongeng bahasa roh sulit dalam melakukan argumentasi logis.

Alkitab menyatakan bahasa roh adalah tanda untuk orang yang tidak beriman. Tetapi para pendongeng mengubahnya menjadi keharusan supaya doa menjadi efektif.

Mereka yang berbahasa roh tidak berguna bagi sesamanya. Mereka adalah orang-orang egois.

Rasul berkata, "Kamu tidak dapat menterjemahkan bahasa lidah? Kamu tutup mulut saja!

Kejarlah Kasih's picture

Ditentukan-Nya Dari Semula

Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. Roma 8:30

Prasangka buruk tentang Allah dan ajaran tradisi membuat ayat tersebut ditafsirkan menjadi: Allah menentukan dari semula hanya sebagian kecil manusia yang akan diselamatkan.

Teori yang mengajarkan hanya sebagian manusia selamat dan sebagian lainnya akan disiksa selama-lamanya adalah teori kejam.

Kunci untuk memahami ayat tersebut terletak pada fakta tentang siapa yang dibenarkan-Nya.

Kejarlah Kasih's picture

Juruselamat Semua Manusia

Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya. Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu. 1 Timotius 4:10-11

 

Umat Kristen yang mengakui Alkitab sebagai Kitab Suci tentu setuju dengan pernyataan tersebut.

 

Allah menghendaki semua orang diselamatkan. Kitab Roma mengajarkan bahwa semua orang telah dibenarkan.

 

Para rasul sepakat mengajarkan bahwa Allah adalah Juruselamat semua manusia.

Kejarlah Kasih's picture

Kuasa Perkataan Iman

Prinsip utama ajaran kuasa perkataan iman adalah kalau kita berkata mati maka kematian akan berkuasa. Kalau kita berkata hidup maka kehidupan akan berkuasa. Apapun yang kita ucapkan akan terjadi sesuai dengan iman kita.

Sayang sekali, meskipun enak didengar di telinga namun ajaran tersebut bertentangan dengan perkataan kebenaran.

Sekalipun engkau mempunyai iman yang sempurna untuk memindahkan gunung namun itu tidak akan pernah membuatmu menjadi manusia yang berguna. Perkataanmu itu sia-sia saja diucapkan.  

Kejarlah Kasih's picture

Tidak Ada Perbedaan

Allah mengasihi kita sejak kita masih ada di dalam dosa.

 

Kebenaran Allah datang karena iman Yesus Kristus bagi semua orang. Bagi orang percaya juga tidak ada perbedaan karena semua orang telah dibenarkan dengan cuma-cuma oleh anugerah-Nya.

 

Semua oleh karena kasih-Nya. Tidak ada perbedaan.

 

Sekalipun ada orang Kristen yang hendak menyembunyikan kebenaran tersebut namun Kitab Suci umat Nasrani tidak menyembunyikannya. 

Kejarlah Kasih's picture

Juruselamat Dunia

Ribuan tahun lalu para gembala berjaga di padang pada waktu malam. Menunggu sunyi sambil duduk dalam kegelapan seperti biasanya. Seorang malaikat Tuhan bersaksi tentang kelahiran Juruselamat dunia, Kristus Tuhan. Suatu tanda ajaib diberikan, bayi Yesus terbaring di dalam palungan.

Roh seperti merpati turun ke atas-Nya. Kristus, Anak Allah diutus menjadi Juruselamat dunia. Kristus menyatakan kasih-Nya kepada dunia. Bagi semua orang dan bagi yang percaya, Kristus adalah Juruselamat. Tidak ada perbedaan.

Kristus adalah Juruselamat dunia. 

Kejarlah Kasih's picture

Tebusan Bagi Semua

Allah adalah kasih. Allah menghendaki supaya semua orang diselamatkan.

Ribuan tahun yang lalu, malaikat Gabriel diutus Allah berkunjung ke Nazaret, sebuah kota di Galilea, kepada Maria untuk memberitakan kelahiran Yesus.

Yohanes menyebut Yesus: Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Yesus Kristus adalah tebusan bagi semua orang.

Kejarlah Kasih's picture

Hukum Yang Utama

Tidak sedikit yang mengajarkan bahwa mengasihi Tuhan lebih utama daripada mengasihi manusia. Itu jelas tidak sesuai dengan pernyataan Alkitab.

 

Hukum yang utama adalah mengasihi manusia. Itulah yang diajarkan Kitab Suci orang Kristen.

 

Tinggalkan dokrin atau ajaran turun-temurun yang bertentangan dengan perkataan kebenaran.  

Kejarlah Kasih's picture

Satu Perbuatan Kebenaran

Sama seperti anak-anak manusia harus mati di luar taman Eden bukan karena mereka tidak beriman, demikian pula anak-anak manusia akan kembali ke dalam taman Eden bukan karena iman mereka.

Sama seperti semua anak manusia harus hidup di luar taman Eden bukan karena perbuatan diri sendiri, demikian pula semua anak manusia akan kembali ke dalam taman Eden bukan karena perbuatan diri sendiri.

Oleh Yesus Kristus maka semua orang telah dibenarkan.

Kejarlah Kasih's picture

Kuasa Lidah

Akibat tidak memahami kuasa lidah dengan benar, banyak orang Kristen mengalami penderitaan yang tidak semestinya di muka bumi ini.

 

Tidak jarang mereka terpaksa mati muda atau hidup sakit-sakitan. Kadang tidak hanya diri mereka sendiri saja yang harus menanggung kesusahan akibat lidah melainkan juga orang-orang yang ada disekeliling mereka.  

 

Manusia memilih penderitaannya sendiri.  

 

Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. Amsal 18:21 

Kejarlah Kasih's picture

Semua Telah Dibenarkan

Ada sebagian orang Kristen yang mengawali  berita Injil dengan ayat di Roma 3:23, “Semua orang telah berbuat dosa” 

Mereka melakukan hal itu karena diajar demikian oleh para pendahulunya. Tanpa memeriksa lagi, mereka meneruskan kekeliruan itu kepada orang-orang lain. 

Padahal semua manusia telah dibenarkan dengan cuma-cuma. Semua orang sudah dinyatakan tidak bersalah.

Semua orang telah dibenarkan.